Oct 23, 2014

KOMPONEN PEMBELAJARAN INOVATIF




Hasil Diskusi/Brainstorming Dosen dan Mahasiswa Pendidikan Matematika Internasional 2012
pada Perkuliahan Strategi Pembelajaran Matematika, Kamis, 23 Oktober 2014, pk 15.30 di R. D07.310, FMIPA UNY

Dari Pembelajaran Tradisional menuju ke Pembelajaran Inovatif

Ciri-ciri Pembelajaran Tradisional:
1. Mengandalkan Metode Ceramah/Expository
2. Guru sebagai satu-satunya sumber belajar
3. Paradigma pembelajaran sesuai dengan misal Behaviorisme
4. Siswa diperlakukan sebagai objek bejalar, akibatnya siswa kurang aktif, kurang kreatif, dst
5. Hanya mengandalkan media Papan Tulis dan Kapur/spidol
6. Menerapkan psikologi belajar: Transfer of Learning dan S-R
7. Matematika bersifat Formal/aksiomatis/matematika murni
8. Kurikulum sebagai Instrument

Ciri-ciri Pembelajaran Inovatif:
1. Student Center
2. Variasi Media Pembelajaran (berbagai macam sumber belajar)
3. Variasi Metode Pembelajaran
4. Variasi Interaksi: Klasikal, Kelompok, Individual
5. Construktivisme
6. Matematika Sekolah
7. Realistik
8. Bruner, Piaget, Vigotsky
9. Kurikulum Interaktif
10. Guru sebagai Fasilitator
11. Education is for all
12. Skema pembelajaran fleksibel

Komponen Pembelajaran Inovatif:
1. RPP mempersiapkan pembelajaran inovatif
2. LKS mempersiapkan /memfasilitasi kegiatan belajar Kelompok dan Individu
3. Appersepsi (persiapan siswa, bukan guru oriented, tidak cukup hanya guru berceramah/memberitahu/mengingatkan, dst; tetapi memberi kesempatan kepada siswa untuk melakukan kegiatan (kecil) langsung.
4. Diskusi Kelompok (baik bentuk maupun substansinya)
5. Variasi Metode
6. Variasi Media
7. Variasi Interaksi
8. Skema Pencapaian Kompetensi Siswa/Outcome (Skema Kognisi/Rantai Kognitif: Uraian Materi)
9. Refleksi Siswa (hasil kegiatan diskusi kelompok)
10. Kesimpulan OLEH SISWA

11. Authentic Assesment









14 comments:

  1. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Dari beberapa komponen dalam Pembelajaran Tradisional menuju ke Pembelajaran Inovatif, terdapat beberapa perbedaan antara pembelajaran tradisional dan pembelajaran inovatif. Perbedaan yang mencolok adalah pada pembelajaran yang berpusat pada guru dan siswa. Jika pada pembelajaran tradisional, pembelajarannya berpusat pada guru sehingga pembelajarannya cenderung monoton karena siswa hanya sebagai pendengar. Sedangkan pada pembelajaran inovatif, pembelajaran berpusat pada siswa sehingga pembelajaran lebih bervariasi dan siswa bisa lebih aktif lagi.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Proses pembelajaran yang dilakukan di sekolah berawal dari pembelajaran tradisional. Pada pembelajaran ini mengandalkan metode ceramah dan guru sebagai satu-satunya sumber belajar. hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang aktif. Namun pembelajaran saat ini sudah mengalami perekembangan dari yang awalnya pembelajaran berpusat pada guru, sekarang menjadi berpusat pada siswa. Pada kegiatan ini siswa diminta untuk mencari pengetahuannya sendiri, sedangkan guru sebagai fasilitator. Hal ini akan membuat siswa lebih aktif, kreatif, dan leih paham karena mereka menemukan konsep dengan pengalaman secara langsung sehingga lebih berkesan.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Perubahan paradigma berpikir sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan zaman membuat pendidikan harus mengubah gaya dan sudut pandangnya. Sudut pandang pembelajaran konvensional harus diubah menjadi pembelajaran inovatif yang memiliki perbedaan komponen yang cukup jauh berbeda dari pembelajaran konvensional. Pada pembelajaran inovatif, siswa adalah aktor utama dalam pembelajaran dan guru sebagai fasilitator yang seharusnya dapat mewujudkan kebutuhan siswa dan menyesuaikan arah pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  4. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika B

    Terdapat perbedaan dalam pembelajaran tradisional dan pembelajaran inovatif. Pembelajaran tradisional menggunakan metode ceramah yaitu dimana pembelajaran masih berpusat pada guru. Pembelajaran tradisioanl ini menggunakan konsep behaviorisme yaitu pembelajaran berdasarkan perilaku. Sedangkan pada pembelajaran inovatif, pembelajaran berubah menjadi student centered atau pembelajaran berpusat pada siswa. Pembelajaran ini menggunakan pendekatan kontruktivisme yaitu anak mengkonstruk sendiri pengetahuan-pengetahuannya. Guru berperan sebagai fasilitator yang mengarahkan anak membentuk pengetahuannya sendiri. Sumber-sumber pengetahuan bisa didapat dari lingkungan sekitar dan budayanya. Pada dasarnya perubahan pembelajaran traditional ke pembelajaran inovatif adalah merupakan perkembangan sisitem pendidika yang sedang dibutuhkan oleh guru dan siswa. Pembelajaran inovatif ini dapat membantu guru untuk menyalurkan kemampuan mengajarnya supaya menjadi lebih kreatid dan inovatif. Sedangkan untuk siswa, mereka dilibatkan dalam proses pembelajaran sehingga apa yang ia peroleh menjadi lebih bermakna.

    ReplyDelete
  5. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Dari postingan komponen pembelajaran inovatif, saya belajar bahwa ciri-ciri pembelajaran tradisional salah satunya menggunakan metode ceramah atau expository yang kemudian menjadi inovatif menggunakan metode student center dan pembelajaran lebih bervariasi. Pembelajaran inovatif juga mempunyai komponen pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman dalam pembelajaran yaitu RPP yang di dalamnya terdapat rancangan pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  6. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Kegiatan pembelajaran secara tradisional dan modern bisa dikombinasikan menjadi inovatif atau pembelajaran secara tradisional sebenarnya cikal bakal munculnya pembelajaran inovatif masa kini. Bila tidak melalui atau bila tidak ada pembelajaran tradisonal maka pembelajaran inovatif hanyalah suatu inovasi tanpa beralaskan ilmu sebelumnya. Komponen dalam pembelajaran inovatif bisa ditambahkan untuk guru yang menjadi fasilitator yang akan dikembangkan dengan bantuan fasilitator lainnya. Bila pembelajaran inovatif menghilangkan sisi tradisional, maka akan menjadi paten hanya inovatif tidak berdasar pada kegiatan pembelajaran jaman dulu.

    ReplyDelete
  7. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, dalam dunia pendidikanpun pembelajaran di kelas berubah dari pembelajaran yang sifatnya tradisional kedalam pembelajaran inovatif. Munculnya pembelajaran inovatif tentunya untuk mendukung para siswa untuk dapat mengembangkan potensi yang dimiliki dengan optimal. Salah satu ciri dalam pembelajaran inovatif adalah student center, dimana pembelajaran berpusat pada siswa. Pembelajaran berpusat pada siswa memungkinkan siswa untuk dapat mengkonstuk pemahamannya sendiri dan peran guru di kelas yaitu sebagai fasilitator.

    ReplyDelete
  8. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    Dari sini kita bisa memahami bahwa pembelajaran inovatif merupakan suatu pembelajaran pembaharuan dari pembelajaran konvensional. Dalam pembelajaran inovatif ini, guru menjadikan kedudukan dan kebutuhan siswa sebagai titik acuan dalam perencanaan dan proses pembelajaran. Adanya kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri membuat mereka tidak lagi memperoleh pengetahuan yang cenderung artifisial melainkan spengetahuan yang bermakna dan tidak terpisah dari pengalaman dan kehidupan sehari-harinya. Dari pembelajaran inovatif ini pula siswa akan menyadari dan memanfaatkan berbagai sumber belajar yang beragam karena pada dasarnya sumber belajar tidak semata-mata hanya berasal dari guru semata seperti yang ada pada pembelajaran konvensional.

    ReplyDelete
  9. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Suatu proses pembelajaran yang dikatakan berhasil jika materi sampai dengan baik kepada siswa, dan siswa dapat memahami dengan baik materi yang disampaikan, jiga bisa mempelajari proses dari pembelajaran tersebut. Cara pendidik dalam menyampaikan materi tentunya menjadi sorotan dalam pembelajaran tersebut. Banyak cara yang dapat dilakukan oleh pendidik, misalnya dengan pembelajaran tradisional dan inovatif. Cara guru menyampaikan materi pembelajaran dapat disesuaikan dengan kondisi kelas ataupun karakteristiki peserta didiknya. Namun pembelajaran yang inovatif memang lebih diangap menarik seiring dengan perkembangan dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  10. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dari postingan ini dapat mengkategorikan pembelajaran di Indonesia sudah mulai berubah ke arah pembelajaran inovatif walaupun belum sepenuhnya. Hal ini dapat dilihat dari kurikulum yang masih bersifat instrument. Kurikulum masih menjadi kebijkan pemerintah pusat. Dalam mengembangkan kurikulum guru dan siswa belum dilibatkan. Namun, pemerintah selalu mengupayakan agar pendidikan di Indonesia menjadi lebih berkualitas.

    ReplyDelete
  11. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dari komponen pembelajaran inovatif yang dijelaskan salah satunya adalah LKS. LKS dalam pembelajaran inovatif adalah LKS yang dapat mempersiapkan atau memfasilitasi kegiatan belajar kelompok dan individu yang bertujuan untuk mengarahkan siswa dalam membangun suatu konsep. Namun, pada kenyataanya dilapangan masih banyak guru menggunakan LKS yang hanya berisi soal-soal saja atau ringkasan singkat dari suatu materi matematika. Hal ini perlu menjadi perhatian khususnya untuk Saya sebagai calon guru untuk membuat LKS yang dapat memfasilitasi siswa dalam mengkonstruk suatu konsep matematika.

    ReplyDelete
  12. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Dari artikel di atas, dpaat diketahui bahwa perkembangan selalu terjadi. Bisa saja dulu pembelajaran tradisional adalah pembelajaran paling baik pada zamannya. Ketika pembelajaran tersebut diterapkan pada saat ini, maka, akan berbeda. Bisa saja tidak memberikan pengaruh apapun. Oleh karena itu, perubahan merupakan hal yang sangat penting selama memang perubahan itu mendukung proses berpikir siswa.

    ReplyDelete
  13. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Salah satu komponen pembelajaran inovatif yaitu variasi media. Variasi media dengan teknologi informasi pada masa digital saat ini, memberikan kontribusi yang nyata. Dalam perkembangannya diharapkan dapat menciptakan pembelajaran inovatif yang lebih meluas dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga pembelajaran dapat dengan mudah direalisasikan sedikit demi sedikit pada tujuan student center, hal ini akan mengurangi peran dominan guru dalam kelas, guru dapat berperan sebagai fasilitator pembelajaran

    ReplyDelete
  14. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat siang Prof.
    Pembelajaran inovatif menjadi tantangan bagi guru. Guru harus memikirkan metode, strategi, atau pendekatan yang sesuai dengan karakteristik siswa. Pembelajaran inovatif artinya menuntut guru untuk selalu kreatif dalam menerapkan metode, strategi, atau pendekatan. Dalam kondisi saat ini, banyak aspek yang dapat membantu guru dalam menciptakan metode, strategi, atau pendekatan yang menarik dan inovatif. Salah satunya adalah dengan menerapkan blended learning. Blended learning membantu guru menciptakan pembelajaran yang berbeda. Artinya guru memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran. Pada setiap metode, strategi, atau pendekatan yang digunakan tentunya memiliki tantangan tersendiri. Tantangan ini menjadi tanggung jawab guru untuk mengatasinya. Pada akhirnya, diharapkan guru dapat menciptakan pembelajaran yang inovatif dan siswa mampu memahami materi pelajaran dengan baik pula. Terima kasih.

    ReplyDelete