Oct 22, 2014

Resources for Developing Mathematics Education




Sumber-sumber Pengembangan Pembelajaran Matematika
Dikumpulkan Oleh: Marsigit
A. Sumber Pengembangan Pendidikan Matematika

1. Math Forum Internet Mathematics Library : http://mathforum.org/
2. ERIC (Educational Resources Information Center) Database: http://www.eric.ed.gov/
3. MATHDI, Mathematics Didactics Database: http://www.emis.de/MATH/DI.html
4. The Prime Mathematics Encyclopedia : http://www.mathacademy.com/pr/prime/index.asp
5. Mathematical Atlas A Gateway to Modern Mathematics: http://www.math.niu.edu/~rusin/known-math/
6. Eric Weisstein's World of Mathematics: http://mathworld.wolfram.com/
7. Calculators Online Reference Center: http://www.martindalecenter.com/Calculators2.html
8. A Dictionary of Units: http://www.ex.ac.uk/cimt/dictunit/dictunit.htm
9. How Many? A Dictionary of Units of Measure: http://www.unc.edu/~rowlett/units/index.html
10. MATH2.org: http://www.math2.org/
11. MacTutor: http://www-groups.dcs.st-andrews.ac.uk/~history/
12. MacTutor History of Mathematics: http://www-groups.dcs.st-and.ac.uk/~history/
13. MacTutor Index of Biographies: http://www-history.mcs.st-and.ac.uk/BiogIndex.html
14. Biographies of Women Mathematicians: http://www.agnesscott.edu/lriddle/women/women.htm
15. Mathematicians of the African Diaspora (MAD): http://www.math.buffalo.edu/mad/
16. Mathematical Quotations Server: ">http://math.furman.edu/~mwoodard/mquot.html

B. Referensi Pengembangkan RPP PBM Matematika
1. Maser Generation II Project - General Math Sites: {http://www.svsu.edu/mathsci-center/resources_mathsites.cfm}
2. Ask ERIC Lesson Plans Collection – Mathematics: {http://www.eduref.org/cgi-bin/print.cgi/Resources/Subjects/Mathematics/Lesson_Plans.html}
3. Breaking Away from the Math Book: Creative Projects for K-8: http://www.math.nmsu.edu/ breakingaway/main.html
4. CEC Lesson Plans: http://www.col-ed.org/cur/
5. ENC Lesson Plans-math topics: http://enc.org/weblinks/lessonplans/math/
6. Math Forum - Lesson Plans: http://mathforum.org/library/resource_types/lesson_plans/
C. Referensi Pengembangan PBM Matematika
1. American Mathematics Competitions: http://www.unl.edu/amc/
2. Mathematics Contests, Competitions, and Problems Sets: http://archives.math.utk.edu/contests/
3. PMathschallenge.net: http://mathschallenge.net/
4. 20,000 Problems Under the Sea - Mathematical Treasure on the Web: {http://problems.math.umr. edu/index.htm}
D. Referensi Pengembangan Profesi Guru Matematika
1. American Mathematical Society: Mathematics Research and Scholarship: http://www.ams.org/
2. Association of Teachers of Mathematics (ATM): http://www.atm.org.uk/
3. Association for Women in Mathematics (AWM): http://www.awm-math.org/
4. Mathematical Association of America (MAA): http://www.maa.org/
5. Mathematical Sciences Education Board of the Center for Education (MSEB): http://www7. nationalacademies.org/mseb/
6. National Council of Teachers of Mathematics (NCTM): http://www.nctm.org/
7. School Science and Mathematics Association (SSMA): http://www.ssma.org/
8. TERC: http://www.terc.edu/
9. Math Forum - Teacher Education and Professional Development: http://mathforum.org/ mathed/professional.dev.html
10. World Lecture Hall: {http://web.austin.utexas.edu/wlh/}
11. Math Forum - Public Discussion: http://mathforum.org/discussions/

35 comments:

  1. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Dalam proses pengembangan kemapuan matematis banyak cara dan sumber yang dapat dilalui serta digunakan diantaranya melalui link-link di atas. Terima kasih Prof atas sumber referensi yang diberikan. Melaui referensi tersebut dapat membantu saya dalam mengembangkan kemampuan pedagogis dalam bermatematika. Karena siswa yang hebat secara langsung ataupun tidak dibentuk melalui guru yang hebat pula,

    ReplyDelete
  2. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Terimakasih pak atas link-link di atas. Jika dimanfaatkan dengan benar tentu akan mengembangkan pembelajaran matematika sesuai dengan judul artikel ini. Dengan semakin banyaknya sumber-sumber yang mendukung pengembangan pembelajaran tentu harusnya tidak ada lagi keluhan keterbatasan pedoman dalam pelaksanaan proses pembelajaran selain dari rasa malas dan ketidakbukaan diri pendidik untuk bergerak meninggalkan pembelajaran tradisional menuju perubahan pendidikan yang lebih maju.

    ReplyDelete
  3. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dalam dunia pendidikan permasalahan-permasalahan tidak semuanya merupakan permasalahan matematis, namun matematika memiliki peranan yang sangat sentral dalam menjawab permasalahan keseharian itu.Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetensi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga pendidikan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh hasil maksimal.Sehingga dalam penyelesaian suatu masalah butuh proses.

    ReplyDelete
  4. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Pada era dimana teknologi informasi ini, sangat memudahkan dalam membagikan informasi dan ilmu yang bermanfaatn. Kami meyakini bahwa link-link disajikan ini akan sangat membantu guru dan calon guru dalam menyusun pembelajaran matematika di kelas untuk menuju arah yang lebih baik lagi. Akan tetapi hal ini tidak akan berjalan dengan baik apabila guru tidak mampu memanfaatkan hal itu serta tidak mengimplementasikannya dengan baik pada saat dia mengajar. Kami merasa salah satu faktor penyebabnya adalah karena waktu pembelajaran di sekolah dan jumlah jam pelajaran tidak seimbang, sehingga kami merasa perlu adanya perbaikan dari dua sisi, yaitu di sisi pemerintah sebagai pemangku kebijakan dan sisi guru sebagai pelaksana kebijakan dalam pendidikan, sehingga kami berharap agar mendatang pendidikan di Indonesia akan lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  5. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Terima kasih Prof. Marsigit atas link yang sangsat bermanfaat tersebut. Banyak di antara kami maupun guru-guru yang akan terbantu dengan adanya link tersebut. Kecanggihan teknologi pada ssaat ini memang harus pandai menggunakannya dengan batasasn tidak melakukan plagiarisme. Bismillah

    ReplyDelete
  6. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Terima Kasih banyak Prof atas share link diatas. Tentunya link-link diatas akan sangat bermanfaat bagi para guru sebagaibahan referensi mengajarnya dan bagi kami yang masih awam. Dalam berbaai link diatas kami temui bermacam – macam bacaan tentang matematika dan yang menjadi hal yang menarik adalah bacaan terkait “Biographies of Women Mathematician”. Baru di blog ini kami menemui link yang membahas peran perempuan atau tokoh perempuan dalam matematika. Setalah membuka link tersebut ternyata banyak tokoh-tokoh perempuan dalam perkembangan matematika meskipun mereka tak terkenal bahkan tak terlihat jasanya oleh public contohnya “ Maria Gaetana agnesi”. Melalui biografi ini semoga dapat menjadi bahan acuan dan motivasi kami untuk belajar matematika. Terima Kasih

    ReplyDelete
  7. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Terima kasih banyak Prof. Untuk link-link yang telah di share kepada kami dan dapat menambah sumber referensi kami dalam mengembangkan pembelajaran. Meskipun belum saya baca dan pahami semuanya, saya yakin akan bermanfaat apabila digunakan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  8. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Terimakasih atas info mengenai sumber-sumber pengembangan pembelajaran matematika. Semakin banyak sumber artinya semakin banyak referensi. Banyaknya referensi mengenai pembelajaran matematika akan membantu guru dalam membuat inovasi proses pembelajaran. Inovasi dalam proses pembelajaran diperlukan agar pembelajaran tidak monoton sehingga dapat lebih variatif. Proses pembelajara yang lebih variatif akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal itu secara tidak langsung akan berpengaruh pada pemahaman siswa terhadap materi. Terimakasih

    ReplyDelete
  9. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Bismillah, Alhamdulillah, terimaksih banak atas sumber referensi yang diberikan prof. tentunya bermanfaat untuk pengembangan pembelajaran, dan juga mengembangkankan notion kita sebagai praktisi pendidikan

    ReplyDelete
  10. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Terima kasih atas referensi yang diberikan oleh Bapak, semoga bermanfaat bagi kita dan menjadi amal jariah kepada bapak. Referensi ini sangat penting untuk para guru guna Pembelajaran di pada perlajaran matematika akan lebih bermakna jika siswa ikut langsung dalam pembelajaran. Salah satu pendekatan yang bisa digunakan adalah pendekatan berbasis masalah. Dimana siswa dalam mempelajari suatu konsep melalui pemberian masalah pada awal pembelajaran. Kemudian pula yang perlu disiapkan oleh seorang guru adalah berupa perangkat pembelajaran sehingga siswa di kelas bisa aktif di kelas. Perangkat berupa LKS yang terpenting.

    ReplyDelete
  11. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Terimakasih Pak Marsigit atas link sumber bacaannya, saya sangat tertarik terutama dengan link tentang referensi pengembangan PBM Matematika. Walaupun ada link yang sudah expired, tetapi sebaian masih bisa dibuka. Saya tertarik karena pembelajaran matematika di sekolah khususnya di Indonesia masih monoton alias menggunakan metode pembelajaran itu-itu saja, kebanyakan yang sering digunakan iala metode ceramah. Padahal banyak materi matematika khususnya materi sekolah dasar dan menengah yang lebih efektif jika dibelajarkan menggunakan metode yang bervariasi sesuai dengan topiknya. Sehingga link tersebut dapat menjadi tambahan sumber bacaan saya terkait bagaimana mengembangkan metode pembelajaran yang efektif.

    ReplyDelete
  12. Latifah Fitriasari
    PM C

    Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetensi dalam perkembangan pendidikan. Banyak sekolah-sekolah yang telah melaksanakan pembelajaran matematika dengan baik yaitu meningkatkan mutu dan kualitas peserta didik. Hal itu bertujuan dapat meningkatkan kualitas lulusan, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing di dunia persaingan global. Karena era global yang ditandai dengan perekonomian yang menyebar rata, perubahan permintaan dunia kerja, migrasi global yang tidak diperkirakan, serta ketidakstabilan iklim menuntut adanya penyesuaian dalam penyiapan sumber daya manusia.

    ReplyDelete
  13. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Nafsu dimiliki oleh setiap manusia. Nafsu tidak selalu berarti buruk, karena pada dasarnya terdiri dari nafsu baik dan nafsu buruk baik. Nafsu yang kita miliki sering digunakan oleh iblis untuk menjerat dan menggoda kita untuk berbuat dosa.
    Pada kenyataannya setiap orang memiliki keinginan buruk, hanya perbedaannya adalah, keahlian setiap orang untuk mengendalikan nafsulah berbeda. Ada orang-orang yang lemah, sehingga mudah didominasi oleh nafsu, namun ada orang dapat mengontrol hasrat buruk, sehingga tidak mudah terjerumus dalam dosa.
    Dalam mengendalikan keinginan buruk, kita harus menempatkan ketulusan di atas segalanya. kita juga harus melibatkan pikiran dan hati nurani kita dalam melakukan sesuatu. Dengan hati yang bersih kita akan terhindar dari perbuatan tercela

    ReplyDelete
  14. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Dunia IPTEK semakin maju dan canggih dan sebagai orang yang berkecimpung di dunia pendidikan pun kita tidak boleh melewatnya, dengan sebaik mungkin harus dimanfaatkan. Pendidikan Matematika juga berkembang, banyak penelitian-penelitian telah dilakukan yang berkaitan dengan solusi mengatasi permasalahan-permasalahan pbm matematika, maupun mengenai strategi pembelajaran terkini. Oleh karena itu semakin canggihnya dunia iptek harus kita gunakan untuk memperoleh informasi tersebut demi kepentingan pendidikan matematika itu sendiri, bagi siswa, maupun guru. Sehingga terima kasih Pak Prof. Marsigit yang telah membagikan link-link ini yang dapat menjadi refrensi bagi kita untuk mencari masalah-masalah, strategi pembelajaran terkini yang dapat menjadi ide tugas akhir kita maupun untuk menyusun pbm matematika di sekolah. Sekian dan Terima Kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  15. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalama rtikel tersebut disebutkan banyak sumber untuk mengembangkan pembelajaran matematika. perlu guru mengetahui hal ini. Pengetahuna pengembangan opembelajran matematika ini diperlukan agar siswa tidak bosan dengan pelajaran matematika yang monoton. Seiswa lebih tertarik dengan pembelajaran matematika dan lebih termotivasi untuk belajar dengan senang.

    ReplyDelete
  16. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Terima kasih banyak Prof sharingnya atas link-link yang berkaitan dengan matematika dan pendidikan matematika. Jujur ketika S1 saya hanya mengetahui link dari NCTM saja, ternyata banyak sekali link-link yang dapat dijadikan referensi penelitian, pembelajaran dan pengajaran terkait bidang studi matematika. Semoga dengan adanya akses online ini referensi karya ilmiah kita semakin lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  17. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Di era globalisasi ini sumber-sumber belajar dapat diakses dengan mudah melalui internet. Ada berbagai macam sumber yang tersedia, dari teks sampai ke video. Hal ini sangat memudahkan para guru untuk menerapkan pembelajaran inovatif di kelas.

    ReplyDelete
  18. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Terimakasih untuk referensi-referensinya pak, akan sangat berguna bagi kami ini yang akan mendidik. Yang saya perhatikan sepertinya pengembangan RPP di luar negeri itu jauh lebih simpel dari di Indonesia. Di Indonesia sepertinya sangat sulit administrasinya. Saya juga tidak tahu kenapa sebenarnya, tapi melihat referensi tersebut saya jadi ingin membandingkan mana yang lebih efektif.

    ReplyDelete
  19. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Terimakasih Pak, telah memberikan link-link mengenai sumber-sumber pengembangan. Semoga memberikan manfaat bagi kami, agar kelak dapat menjadi guru yang mempunyai banyak inovasi dalam mengajar.Hal yang harus diperhatikan ketika akan menerapkan pembelajaran inovatif adalah komponen-kompenen pendukungnya apakah sudah disiapkan dengan baik, misalnya seperti RPP,LKS,Media. Dengan adanya sumber-sumber yang Bapak berikan akan meningkatkan kualitasnya.

    ReplyDelete
  20. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Terimakasih atas link-link yang telah bapak bagikan, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menulis dan menyusun langkah-langkah dalam pembelajaran pendidikan matematika. Setiap link mempunyai tujuannya sendiri sesuai dengan judul referensi yang dibagikan. Bahan yang dibagikan tetap menjadi referensi bagi guru, dengan menyesuaikan pada karakteristik siswa-siswa di kelas. Tujuannya tetap sama, yaitu siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran matematika dan mampu mengabstraksikan matematika tersebut.

    ReplyDelete
  21. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Terimakasih atas referensi untuk mengembangan pendidikan matematika yang Prof. bagikan. Semoga banyak para pendidik secara umum maupun pendidik matematika khususnya yang melihat sumber-sumber yang bermanfaat ini. Mohon ijin juga untuk share link ini. Sumber pengembangan RPP dan pengembangan profesi guru pasti akan sangat membantu bagi guru-guru sehingga dapat mengembangkan kompetensi-kompetensi yang diharapkan.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  22. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Sumber-sumber yang dibeirkan memberikan banyak sekali ilmu bagi kita semua. Hal ini juga akan membantu kita semua untuk mencari referensi sumber dalam mengembangkan pendidikan matematika agar momok bangsa kita terhadap pandangan mereka bahwa matematika itu sulit/
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  23. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    terimakasih pak atas link-link yang telah prof. berikan. banyak sekali manfaat yang didapatkan dari blog ini. semoga link-link yang prof. berikan mampu dipelajari dan diterapkan, sehingga dapat mengembangkan pendidikan di Indonesia terutama pembelajaran matematika

    ReplyDelete
  24. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    link-link tersebut juga bisa dijadikan referensi dalam mempelajari dan berinovasi cara untuk mengembangkan pendidikan matematika di Indonesia agar tidak kalah saing dengan negara lain. melangkah pelan, tapi istiqomah.

    ReplyDelete
  25. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Teknologi dapat membantu pengembangan pembelajaran dan meningkatkan kualitas peserta didik selain itu sumber-sumber lain yang bermanfaat dan dapat mendukung peran guru serta calon guru
    Sebagai seorang guru tidak boleh berhenti dalam berinovasi serta menambah pengetahuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  26. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B

    Terima kasih banyak pak atas sharing infonya. saya melihat dari link di atas dan menemukan hal-hal yang menarik, dan sangat bermanfaat bagi kita semua untuk mengembangkan pendidikan matematika dan sistem pendidikan.

    ReplyDelete
  27. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Sumber belajar dapat berasal dari mana saja, e-book, buku,blog, visual, audio, dll. Berbagai macam penelitian dan pendapat orang sudah terangkum dalam berbagai sumber bacaan. Dalam menambah ilmu pengetahuan tidak ada salahnya untuk membaca sumber-sumber yang telah ada.
    Terima kasih Pak, memberitahu sumber bacaan yang terbaik dalam blog ini.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  28. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Sebagai upaya untuk menjadi guru berstandar Internasional, seorang guru haruslah terus belajar dan belajar. Guru harus berupaya untuk belajat mengembangkan rencana pembelajaran, mengembangkan pembelajaran, dan mengembangkan profesionalitas sebagai seorang guru. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah mempelajari berbagai referensi luar terkait pengembangan RPP PBM, pengembangan PBM, dan pengembangan profesi guru seperti yang sudah dibagikan di blog ini.

    ReplyDelete
  29. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Berdasarkan salah satu link, saya mendapat sebuah pengetahuan baru bahwa untuk membuat kelas menjadi lebih hidup. “Sebuah kelas yang “hidup” menjadikan tujuan semua guru yang mengajar dengan hati “. Salah satu tantangan yang dihadapi diantaranya adalah mengkondisikan kelas agar menjadi nyaman dan peserta betah belajar dikelas, nyaman dalam artian menyenangkan, dapat membuat peserta senang belajar dan pada gilirannya tujuan pembelajaran akan tercapai. Salah satu cara agar membuat kelas lebih hidup adalah siswa diminta bekerja secara berpasangan atau dalam kelompok. Cara ini membuat peserta meningkatkan kemampuan untuk berbagi ide, dan pada saat yang sama mendapatkan ide lain dari rekan sesama peserta didik. Dengan bekerja secara kelompok, peserta diharapkan aktif dan mempunyai kemampuan bekerja sama dalam tim sehingga terjadi interaksi antara sesama peserta didik.

    ReplyDelete
  30. Terimakasih atas sumber referensi yang telah bapak bagikan kepada kami. Dengan menggunakan referensi pengembangan pendidikan matematika, hal ini dapat membantu kami para guru dan pendidik untuk mengingat kembali ilmu pengetahuan seputar pendidikan matematika. dengan adanya refrensi pengembangan rpp, kami para pendidik dapat mengevaluasi rpp yang selama ini telah kami buat, yang mungkin telah kurang relevan. Dengan refrensi pengembangan pbm dan profesi guru, hal ini akan menambah wawasan guru untuk merubah strategi mengajarnya menjadi lebih baik lagi.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  31. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Terimakasih Pak atas referensi-referensi yang sangat bermakna ini. Sebagian besar referensi tersebut berasal dari luar negeri dan ini tentu akan membuka wawasan saya mengenai metode atau perangkat pembelajaran matematika di luar negeri. Selain itu pengguanaan Bahasa Inggris dalam perangkat tersebut, juga membantu saya agar lebih familiar dengan referens-referensi internasional.

    ReplyDelete
  32. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Terimakasih prof. Marsigit atas link-link anda sajikan di blog ini. Saya sangat bersyukur berkesempatan membaca dan membuka blog anda, dan selalu membawa saya membuka link-link yang sama sekali belum pernah saya buka. Semuanya tentu sangat bermanfaat untuk menambah wawasan saya. Baru kali ini pula saya membaca tentang peran perempuan dalam matematika. Ternyata banyak tokoh-tokoh perempuan dalam perkembangan matematika meskipun mereka tak begitu terkenal bahkan tak terlihat jasanya oleh publicmisalnya adalah Maria Gaetana agnesi. Melalui biografi ini semoga dapat menjadi bahan acuan, motivasi, dan inspirasi kami untuk belajar matematika. Semoga referensi-referensi di atas benar-benar terbaca oleh publik agar kemanfaatannya terasa untuk meningkatkan kualitas pendidikan bangsa.

    ReplyDelete
  33. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terimakasih Prof Marsigit atas beberapa referensi yang ditampilkan dalam blog ini. Sesusai dengan judulnya, Resources for developing mathematics education, link-link yang ditampilkan pada blog ini bertujuan agar menjadi sumber referensi dalam mengembangkan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  34. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Di era digital seperti sekarang ini informasi cepat sekali tersebar, kemudahan ini tentu harus bisa kita manfaatkan. Misalnya dengan mencari berbagai sumber referensi terkait apa yang kit butuhkan di media berbasis internet. Ada banyak sekali sumber yang dapat kita gali dan manfaatkan. Hanya saja kita juga perlu selektif dalam memilih dan memilahnya agar tidak terjebak dalam kesesatan. Apa yang disampaikan oleh Prof. Marsigit ini tentu sangat bermanfaat bagi kami, para guru dan calon guru. Sumber-sumber ini memberikan kami banyak pencerahan mengenai berbagai hal di bidang pendidikan matematika. Bahwa dlam pendidikan matematika, tidak melulu soal matematika dan bagaimana mengajarkan dan belajar matematika saja yang harus kita pelajari, namun lebih dari itu juga menyangkup karakter dan pengembangan potensi secara lebih umum.

    ReplyDelete
  35. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kegiatan belajar mengajar akan lebih efektif dan efisien dalam usaha pencapaian tujuan instruksional, jika melibatkan komponen sumber belajar secara terencana. Sebab sumber belajar merupakan komponen penting dan sangat besar manfaatnya. Pola komunikasi dalam belajar siswa sangat dipengaruhi oleh peranan sumber belajar yang dimanfaatkan dalam proses belajar. Sedangkan guru mempunyai peranan sebagai penunjang atau fasilitator. peranan guru dalam interaksi dengan peserta didik lebih banyak sebagai konsultan, pengelola belajar, pengarah, pembimbing, penerima hasil kemajuan belajar peserta didik.

    ReplyDelete