Oct 22, 2014

Resources for Developing Mathematics Education




Sumber-sumber Pengembangan Pembelajaran Matematika
Dikumpulkan Oleh: Marsigit
A. Sumber Pengembangan Pendidikan Matematika

1. Math Forum Internet Mathematics Library : http://mathforum.org/
2. ERIC (Educational Resources Information Center) Database: http://www.eric.ed.gov/
3. MATHDI, Mathematics Didactics Database: http://www.emis.de/MATH/DI.html
4. The Prime Mathematics Encyclopedia : http://www.mathacademy.com/pr/prime/index.asp
5. Mathematical Atlas A Gateway to Modern Mathematics: http://www.math.niu.edu/~rusin/known-math/
6. Eric Weisstein's World of Mathematics: http://mathworld.wolfram.com/
7. Calculators Online Reference Center: http://www.martindalecenter.com/Calculators2.html
8. A Dictionary of Units: http://www.ex.ac.uk/cimt/dictunit/dictunit.htm
9. How Many? A Dictionary of Units of Measure: http://www.unc.edu/~rowlett/units/index.html
10. MATH2.org: http://www.math2.org/
11. MacTutor: http://www-groups.dcs.st-andrews.ac.uk/~history/
12. MacTutor History of Mathematics: http://www-groups.dcs.st-and.ac.uk/~history/
13. MacTutor Index of Biographies: http://www-history.mcs.st-and.ac.uk/BiogIndex.html
14. Biographies of Women Mathematicians: http://www.agnesscott.edu/lriddle/women/women.htm
15. Mathematicians of the African Diaspora (MAD): http://www.math.buffalo.edu/mad/
16. Mathematical Quotations Server: ">http://math.furman.edu/~mwoodard/mquot.html

B. Referensi Pengembangkan RPP PBM Matematika
1. Maser Generation II Project - General Math Sites: {http://www.svsu.edu/mathsci-center/resources_mathsites.cfm}
2. Ask ERIC Lesson Plans Collection – Mathematics: {http://www.eduref.org/cgi-bin/print.cgi/Resources/Subjects/Mathematics/Lesson_Plans.html}
3. Breaking Away from the Math Book: Creative Projects for K-8: http://www.math.nmsu.edu/ breakingaway/main.html
4. CEC Lesson Plans: http://www.col-ed.org/cur/
5. ENC Lesson Plans-math topics: http://enc.org/weblinks/lessonplans/math/
6. Math Forum - Lesson Plans: http://mathforum.org/library/resource_types/lesson_plans/
C. Referensi Pengembangan PBM Matematika
1. American Mathematics Competitions: http://www.unl.edu/amc/
2. Mathematics Contests, Competitions, and Problems Sets: http://archives.math.utk.edu/contests/
3. PMathschallenge.net: http://mathschallenge.net/
4. 20,000 Problems Under the Sea - Mathematical Treasure on the Web: {http://problems.math.umr. edu/index.htm}
D. Referensi Pengembangan Profesi Guru Matematika
1. American Mathematical Society: Mathematics Research and Scholarship: http://www.ams.org/
2. Association of Teachers of Mathematics (ATM): http://www.atm.org.uk/
3. Association for Women in Mathematics (AWM): http://www.awm-math.org/
4. Mathematical Association of America (MAA): http://www.maa.org/
5. Mathematical Sciences Education Board of the Center for Education (MSEB): http://www7. nationalacademies.org/mseb/
6. National Council of Teachers of Mathematics (NCTM): http://www.nctm.org/
7. School Science and Mathematics Association (SSMA): http://www.ssma.org/
8. TERC: http://www.terc.edu/
9. Math Forum - Teacher Education and Professional Development: http://mathforum.org/ mathed/professional.dev.html
10. World Lecture Hall: {http://web.austin.utexas.edu/wlh/}
11. Math Forum - Public Discussion: http://mathforum.org/discussions/

76 comments:

  1. Lana Sugiarti
    16709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Terimakasih untuk link yang diberikan Bapak. Sangat bermanfaat bagi saya. Untuk dapat mengembangkan pendidikan matematika memang perlu adanya berbagai sumber daya. Pengembangan profesi guru matematika merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam mengembangkan pendidikan matematika. Pengembangan kompetensi guru matematika dapat dilakukan melalui banyak hal, salah satunya dengan berbagai model pembelajaran, lesson study, ataupun PTK. Kompetensi guru sering dikaitkan dengan kegiatannya sebagai profesi sehingga keahlian, keterampilan, kemampuan, teknik dan prosedurnya sangat berkaitan dengan profesionalitasnya.

    ReplyDelete
  2. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Pentingnya pendidikan, khususnya pendidikan matematika maka diperlukan sumber pengembangan yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan, khususnya kualitas pendidikan matematika. Sumber-sumber pengembangan pembelajaran matematika meliputi pendidikan matematika, RPP PBM matematika, pengembangan PBM matematika, dan profesi guru matematika. Terimakasih prof atas link yang diberikan.

    ReplyDelete
  3. guru sebagai seorang pendidik diharapkan mampu melakukan suatu bentuk pendekatan kepada para siswa agar mereka tidak merasa malu dan sungkan untuk bertanya kepada guru. Hal ini akan menjadikan siswa menjadi lebih aktif dan berperan penting dalam pembelajaran. Guru sebagai seorang pendidik diharapkan mampu melakukan suatu bentuk pendekatan kepada para siswa agar mereka tidak merasa malu dan sungkan untuk bertanya kepada guru. Hal ini akan menjadikan siswa menjadi lebih aktif dan berperan penting dalam pembelajaran. Guru sebagai seorang pendidik sebisamungkin mempertimbangkan media apa yang sekiranya cocok dan pas untuk diterapkan pada kegiatan pembelajaran. Tujuan dari pengaplikasian media itu sendiri adalah agar para siswa bisa menyerap materi pelajaran yang diajarkan oleh gurunya tanpa merasa jenuh dan tentunya menjadikan mereka ikut terlibat aktif pada proses pembelajaran

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah... terima kasih Prof atas link yang diberikan. Inshaa Allah bermanfaat bagi kami semua, khususnya saya, dalam mempelajari kembali seluk beluk pendidikan matematika. Informasi dan teknologi informasi mempercepat akses untuk saling bertukar informasi, belajar dan bertukar pendapat, baik secara teori maupun praktek. Teori-teori yang dihasilkan dalam pendidikan matematika diaplikasikan dalam praktek di sekolah, selanjutnya dievaluasi, harapannya ke depan dapat lebih meningkatkan kualitas pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  5. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Sumber belajar merupakan sarana dalam kegiatan belajar mengajar guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Link ini dapat dijadikan referensi oleh guru, karena semua guru dapat berbagi semua hal atau semua masalah pengajaran dan pembelajaran matematika. Itulah salah satu manfaat dari perkembangan teknologi internet yang dapat digunakan untuk berbagi segala sesuatu atau ide-ide dalam pembelajaran matematika. Dari blog yang telah disusun Prof Marsigit ini banyak informasi yang bisa kita gali. Dari mulai referensi pengembangan RPP hingga referensi pengembangan profesi guru matematika ini dapat menambah wawasan kita semua,

    ReplyDelete
  6. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Jujur saya link bapak berikan sangat membantu bagi para peneliti yang ingin mengambil penelitian pengembangan yang mana link yang bapa berikan sangat lengkap dari pendidikan samapi ke profesi pendidikan matematika. Link ini akan saya share kepada temen-teman saya yang mmerluakan bantuan buat referensi penelitian pengembangan.

    ReplyDelete
  7. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Saya sangat berterimakasih kepada Prof. Marsigit yang membagi link ini sebagai bahan kami untuk belajar. Memang dalam mengembangkan pembelajaran matematika, kita membutuhkan pemahaman mengenai pengembangan pendidikan matematika, kemudian pengembangan perangkat pembelajaran (misalnya RPP), pengembangan PBM Matematika yang bisa jadi mengadopsi dari metode yang diterapkan di luar egeri, dan pengembangan profesi guru matematika. Link di atas juga tidak terbatas di Indonesia, tetapi juga referensi pengembangan pendidikan matematika di luar negeri.

    ReplyDelete
  8. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Terimakasih Prof atas link yang dishare kepada kami. Sangat bermanfaat dan dapat menambah wawasan saya. Pembelajaran bukanlah sesuatu yang stabil dan monoton itu itu saja. Pembelajaran harus terbuka akan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Oleh karena itu, seorang guru dituntut kreatif dan inovatif dalam mengelola pembelajaran matematika khususnya. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi siswa membangun pengetahuannya. Beberapa hal yang dapat dilakukan seperti penggunaan metode, media, sumber dan interaksi pembelajaran yang bervariasi, melaksanakan lesson study, mengikuti pelatihan, melakukan penelitian tindakan kelas, selalu belajar dimana saja dan kapan saja untuk meningkatkan kualitas cara mengajar dan kemampuan mengelola pembelajaran, terbuka akan pembaruan, dsb.

    ReplyDelete
  9. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dimasa dewasa ini dimana teknologi informasi sudah sangat membantu dalam perkembangan di dunia ini, seperti link-link di atas yang akan sangat membantu guru dalam menyusun pembelajaran matematika di kelas untuk menuju ke arah yang lebih baik lagi. Semua itu tidak akan berjalan dengan baik saat seorang guru tidak memanfaatkan dan tidak mempraktekkan pada proses pembelajaran. Hal ini mungkin terjadi karena waktu pembelajaran di sekolah serta jumlah jam pelajaran kurang sesuai, sehingga harus mendapat perbaikan. Perbaikan yang diharapkan terjadi dari pemerintah pula.

    ReplyDelete
  10. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Pengembangan profesi guru matematika setidaknya dilakukan secara berkelanjutan. Karena suatu perkembangan tidak dapat ditentutak titik maksimumnya dan hal ini terjadi secara terus menerus. Perkembangan ini dapat dilakukan secara mandiri oleh guru sendiri, dapat dilakukan secara berkelompok antar rekan mata pelajaran maupun dilakukan secara sekelompok besar seperti sosialisasi atau pelatihan yang dilakukan dari pusat yaitu dinas pendidikan.

    ReplyDelete
  11. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Link di atas adalah link-link yang sangat bermanfaat ketika kita berupaya menjadi guru yang profesional di bidang matematika khususnya. Semoga link link di atas dapat saya praktekkan dalam mengajar. Terima kasih Prof atas linknya. Sebaik-baiknya guru adalah guru yang selalu berubahan menjadi baik dengan terus berkembang.

    ReplyDelete
  12. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dari sumber-sumber dan referensi pengembangan diatas, terlihat bahwa IPTEK terutama media online dan elektronik memiliki peran penting dalam upaya mengembangkan ilmu pengetahuandan teknologi. Dengan media-media ini, banyak pembelajaran baru yang diperoleh para pembaca mengenai pengembangan pendidikan matematika, pengembangan RPP matematika, pengembangan PBM matematika dan pengembangan profesi guru matematika.

    ReplyDelete
  13. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Lesson plan atau rencana pembelajaran sangat dibutuhkan oleh guru dalam upaya merencanakan proses belajar mengajar dengan efektif dan efisisen. Dengan rencana pembelajaran, guru dapat bergerak memiliki petunjuk mengenai apa yang akan dilakukan dalam kelas. Guru juga harus mempertimbangkan ketersesuaian kuantitas, metode, pendekatan dan strategi dengan materi dan tujuan pelajaran yang akan diberikan.

    ReplyDelete
  14. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Kita tahu bahwa pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetensi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga pendidikan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknyauntuk memperoleh hasil maksimal. Pendidikan hendaknya dikelola baik secara kualitas maupun kuantitas. Hal tersebut dapat dicapai dengan terlaksananya pendidikan yang tepat waktu dan tepat guna untuk mencapai tujuan pembelajaran, yang dilaksanakan dalam bentuk proses belajar mengajar yang merupakan pelaksanaan dari kurikulum sekolah melalui kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  15. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Saya sangat berterimakasih kepada Bapak, link-link tersebut sangat bermanfaat untuk saya (secara pribadi) dan untuk para calon pendidik. Pengembangan pembelajaran matematika tentu diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  16. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Terimakasih Pak. Mengembangkan pendidikan matematika dari segala sisi ada pada link diatas. Referensi ini sangat berguna untuk meningkatkan diri dalam pembelajaran matematika juga untuk belajar. Pendidikan matematika mungkin sudah tidak asing lagi kita dengar dalam kehidupan kita. Dimana dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Lanjutan pendidikan matematika selalu dipelajari. Tidak hanya itu, pada kehidupan sehari-hari pun secara tidak langsung kita telah mempelajari matematika

    ReplyDelete
  17. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Terimakasih karena postingan Prof. Marsigit diatas sangat bermanfaat bagi para pendidik dan calon pendidik yang nantinya akan mengelola pembelajaran. Link-link tersebut sangat bermanfaat sebagai referensi dalam menyusun segala bentuk kegiatan di kelas agar lebih baik dan bermakna bagi siswa.

    ReplyDelete
  18. Elli Susilawati
    16709251073

    Alhamdulillah Bapak, terima kasih atas link yang telah diberikan, itu merupakan sumber belajar kami sebagai pendidik. Karena demi terciptanya kegiatan pembelajaran yang inovatif harus didukung berbagai referensi dari banyak sumber. Banyak sekali pengembangan-pengembangan yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar matematika, pengembangan pendidikan, pengembangan RPP, serta pengembangan profesi Guru. dan refernsi ini sangat bermanfaat bagi kami. Semoga kita semua tidak pernah lelah untuk belajar dan terus berkembang.

    ReplyDelete
  19. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam membangun dan mengembangkan pendidikan matematika salah satu yang dapat dilakukan sebagai seorang pendidik yaitu dengan mengadakan lesson study. Lesson Study merupakan komunitas belajar dan salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan. Lesson study ini dapat meningkatkan kualitas pendidik dalam mengajar di kelas. Manfaat lain yang dapat dirasakan bagi para guru yaitu guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya dan memperoleh umpan balik.

    ReplyDelete
  20. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Sumber-sumber pengembangan pembelajaran yang Bapak berikan sangat membantu bagi guru maupum calon guru agar dapat lebih baik dalam proses belajar mengajar dikelas dan agar pembelajaran yang terjadi merupakan pembelajaran yang bermakna. Salah satu link yang saya buka ialah referensi pengembanagn PBM matematika yaitu http://mathschallenge.net/ yang berisikan tantangan atau masalah-masalah yang ada dalam materi pembelajaran matematika seperti persegi ajaib 3x3 yang berisikan angka 1 sampai 9 yang jika dijumlahkan secara horizontal, vertikal, diagonal selalu memiliki jumlah yang sama dengan menggunkana rotasi dan refleksi menjadi setara dan masih banyak lainnya yang sangat membantu guru dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  21. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih atas link link yang telah Bapak berikan, sungguh bermanfaat bagi saya dan menambah referensi saya. saya sadari dalam melakukan porses pemeblajaran kelak ketika saya dapat menajdi guru, pasti berdasar pada berbagai macam sumber, sehingga link link tersebut sangat bermanfaat bagi saya.

    ReplyDelete
  22. Fina Fitri Nurjannah
    14301244005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih banyak Prof.Marsigit sudah memberikan banyak sumber berupa link yang sangat bermanfaat. Link ini menjadi sumber pengetahuan baru dan juga sebagai sarana belajar untuk mendapatkan ilmu yang semoga dapat diamalkan dan dilaksanakan ketika menjadi guru kelak. Sehingga dapat mendidik siswa-siswa secara lebih inovatif salah satunya adalah mengembangkan dan melaksanakan RPP dengan baik. Amin. Insyaallah.

    ReplyDelete
  23. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih Pak Marsigit atas berbagai sumber terkait pembelajaran matematika yang bermanfaat. Saya pernah membuka salah satu diantaranya yaitu ERIC untuk mencari referensi makalah. Dalam situs tersebut terdapat beberapa artikel imiah yang gratis untuk di-download. Sebagai calon guru saya belajar untuk memberikan sumber-sumber belajar yang beragam bagi siswa-siswanya. Hal ini penting untuk mengembangkan kemampuan literasi siswa dan membudayakan membaca untuk siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  24. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Terimakasih Prof. untuk link yang telah diberikan. Semoga bisa bermanfaat untuk kami semua. Memang di jaman yang terus berkembang ini, pendidikan tentunya juga berkembang sehingga perangkat pembelajaran, materi dan hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan matematika pun juga ikut berkembang. Guru dituntut untuk terus mengembangkan perangkat pembelajaran, materi dan hal-hal yang berhubungan agar pendidikan yang diajarkan juga sesuai dengan perkembangan dan kemajuan jaman.

    ReplyDelete
  25. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dengan berbagi pengalaman seorang guru dapat membantu meningkatkan keprofesionalan seorang guru lainnya dan dirinya sendiri. Pengalaman mengajar seorang guru senior akan membantu seorang guru junior yang baru mengawali pengalamannya, sedang ilmu yang masih “baru” yang dimilik seorang guru junior dapat membantu seniornya. Forum diskusi seperti ini sangat penting, karena itu terimaksih Pak Prof untuk Informasi ini.

    ReplyDelete
  26. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Terimakasih pak marsigit. Tautan yang bapak bagikan sangat bermanfaat. Dengan tautan-tautan ini, saya sebagai mahasiswa pendidikan matematika menjadi terbantu untuk mencari sumber acuan dalam perkuliahan. Sebetulnya ada banyak sumber lain, namun apabila dosen tidak memberikan rambu-rambu mana sumber yang menjadi sumber wajib untuk dijadikan acuan, mahasiswa menjadi bingung untuk mengerjakan tugas, sebaiknya menggunakan sumber yang mana. Karena beda sumber, tentunya beda isi.

    ReplyDelete
  27. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Pendidikan merupakan hal yang penting. Setiap orang sebenarnya membutuhkan pendidikan. Pendidikan akan berhasil jika didukung oleh kondisi sekolah, guru, siswa, kepala sekolah, pemerintah, dan elemen – elemen yang lainnya. Suatu negara jika ingin maju tentunya juga harus memajukan pendidikannya. Pembelajaran yang berhasil di dalam kelas memerlukan pengelolaan kelas yang baik dari guru. Perangkat pembelajaran merupakan komponen utama dalam pengajaran. Oleh karena itu link ini sangat bermanfaat bagi pendidikan terutama dalam mencari referensi di bidang pendidikan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  28. Pendidikan menciptakan manusia yang berkualitas kemudian manusia yang berkualitas kan menciptakan pendidikan yang berkualitas. Kualitas akan mengikuti perkembangan zaman. Kualitas sekarang dengan menerapkan iptek dalam pembelajaran. menggunakan media internet. Kalitas pendidikan dan sumberdaya manusia akan berjalan secara spiral.

    ReplyDelete
  29. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih atas postingan pak Prof mengenai bermacam-macam referensi yang dapat kami rujuk dalam belajar. Akan lebih bermanfaat apabila fasilitas yang kita miliki ini digunakan untuk mendukung kerja dan belajar kita dalam menjadi pendidik yang profesional, dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh Indonesia saat ini

    ReplyDelete
  30. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Setelah saya membuka beberapa link, banyak sekali hal yang bermanfaat dan dapat kita terapkan dalam menyusun RPP atau LKS seperti pembagian materi untuk jenjang/usia siswa tertentu, atau bahkan bisa diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran kita, dapat kita ambil dari berbagai jurnal maupun melihat penerapan-penerapan berbagai metode dari penelitian yang telah dilakukan

    ReplyDelete
  31. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    SEbagai calon pendidik, tentu kita harus senantiasa memperbarui dan memperkaya pengetahuan kita. Link-linnk yang Prof Marsigit berikan di atas akan sangat membantu sebagai refensi dan sumber belajar bagi para calon pendidik. Semoga Prof Marsigit senaniasa diberikan kesehatan dan umur yag panjang agar dapat senantiasa membantu para calon pendidik untuk mengembangkan pengetahuannya. Aamiin

    ReplyDelete
  32. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Terimakasih atas link link yang telah Bapak berikan , dapat menambah referensi saya dalam mendalami ilmu pendidikan, setelah saya buka banyak sekali ilmu ilmu yang bermanfaat untuk saya yang ingin menjadi guru, sehingga dapat mejadi bekal saya mengajar kelak.

    ReplyDelete
  33. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    adanya lesson study dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, dengan lesson study dapat diketahui kesulitan kesulitan yang dihadapi oleh guru dan dapat didiskusikan bagaimana cara nya mengatasi kesulitan kesulitan tersebut.

    ReplyDelete
  34. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Terima kasih Pak atas referensinya, sangat membantu kami dalam memahami pengembangan pembelajaran matematika

    ReplyDelete
  35. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pengembangan pembelajaran matematika saat ini ditekankan pada pengembangan profesi guru. Pemerintah mencanangkan program PPG untuk pada calon guru muda. Pengembangan bentuk lain bisa dengan lesson study berupa adanya MGMP disetiap wilayah dan pembuatan penelitian PTK oleh setiap guru. Hal ini bertujuan untuk mengembangan profesionalitas guru dan skill guru.

    ReplyDelete
  36. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    terimakasih Prof. Marsigit atas referinsi yang diberikan untuk pengembangan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  37. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Alhamdulillah, terimakasih saya ucapkan kepada Pak Marsigit yang telah berbagi link-link tentang pengembangan pendidikan matematika. Link-link tersebut sangat bermanfaat untuk saya karena menambah referensi dan wawasan saya dalam pengembangan pembelajaran matematika

    ReplyDelete
  38. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. terimakasih Prof. Marsigit atas link-link yang diberikan. Sangat bermanfaat untuk menambah wawasan saya tentang pendidikan matematika yang inovatif.

    ReplyDelete
  39. Tahtalia
    14301241031
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Pendidikan memang perlu dikembangkan untuk menuju ke arah yang lebih baik. Pendidik yang baik harus peka dan terus berupaya untuk melakukan pengembangan dari berbagai aspek agar tujuan dari pendidikan dapat tercapai.

    ReplyDelete
  40. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya tertarik membaca tentang Biographies of Women Mathematicians. Hal menarik yang saya temukan adalah bahwa wanita pun bisa menjadi matematikawan dan kesetaraan gender tersebut menjunjung derajat wanita di dunia. Salah satu biografi matematikawan wanita yaitu Maryam Mirzakhan. Maryam Mirzakhani yang berasal dari Iran adalah wanita pertama yang mendapatkan penghargaan Fields Medal, yaitu penghargaan tertinggi yang diberikan dalam bidang matematika (dibandingkan dengan Piala Nobel). Namun sayangnya, belum ada biografi matematikawan dari Indonesia. Semoga bacaan ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua dalam belajar matematika. Aamiin.

    ReplyDelete
  41. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih sekali kepada bapak yang telah menyertakan link-link pada postingan ini. Pendidikan matematika merupakan sesuatu yang kompleks. Banyak unsur atau faktor-faktor yang menjadi pendukung untuk menciptakan pendidikan matematika yang baik. Mulai dari pendidikan matematika itu sendiri, perangkat pembelajaran, proses belajar mengajar, dan kompetensi guru. Sehingga jika guru ingin memberikan pendidikan yang terbaik bagi siswa nya maka guru harus selalu mengembangkan setiap komponen yang ada didalamnya. Berbagai link di atas merupakan contoh yang dapat kita jadikan sebagai referensi untuk mengembangkan komponen-komponen pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  42. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas berbagai referensi yang bapak sampaikan. Untuk saat ini saya simpan terlebih dahula karena keterbatasan saya. Semogo kembali bermanfaat pada diri sendiri maupun yang lainnya. Terus membaca untuk menggapai pikiran yang lebih luas.

    ReplyDelete
  43. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Terimakasih atas informasinya mengenai referensi dalam membangun pendidikan matematika. Semoga bermanfaat. Tetapi dari keseluruhan sumber didominasi oleh website luar Indonesia. Mohon maaf saya mengharapkan adanya informasi mengenai sumber-sumber website dari Indonesia, demi membangun pendidikan matematika di Indonesia. Hal ini karena keterbatasan bahasa, dan juga rasa. Jika sumbernya berasal dari Indonesia, tentu saja lebih menghayati mengenai pendidikan yang ada di negaranya sendiri. Selain itu, saya merasa website bapak adalah salah satu sumber membangun pendidikan matematika di Indonesia dengan bahasa dan author adalah orang Indonesia asli. Di setiap tulisan bapak saya merasakan bahwa ini benar-benar dapat bermanfaat bagi kepentingan dunia pendidikan di Indonesia. Demikianlah yang saya rasakan. Terimakasih.

    ReplyDelete
  44. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebagai seorang pendidik, diharapkan mampu untuk mengembangkan perangkat pembelajaran, karena pendidikan itu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, guru tidak boleh terpaku hanya pada satu metode pembelajaran saja.

    ReplyDelete
  45. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Variasi pembelajaran di kelas membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna, untuk meningkatkan wawasan guru mengenai variasi pembelajaran, guru diharapkan mengembangkan metode pembelajarannya sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih menarik dan guru akan dapat mengetahui kelemahan dari setiap metode pembelajaran yang digunakan.

    ReplyDelete
  46. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Jika kita mau mencari informasi maka sebenarnya telah banyak di internet. Namun, informasi yang harus kita pilih haruslah informasi yang bermutu karena banyak artikel-artikel di internet yang kesahihannya masih belum diperhatikan. Dengan adanya informasi yang disediakan oleh Beliau maka kita sebagai pelajar telah diberi kejelasan informasi yang sesuai dengan kebutuhan serta bermutu.

    ReplyDelete
  47. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Biographies of Women Mathematicians: http://www.agnesscott.edu/lriddle/women/women.htm
    Dalam sumber tersebut termuat banyak biografi wanita dunia yang berperan dalam pengembangan matematika. Kaitannya dengan pembelajaran matematika, sumber tersebut dapat digunakan guru untuk rujukan dalam pembelajaran di kelas dengan pendekatan/strategi pembelajaran HoM (History of Mathematics) yang notabene belum banyak dikembangkan di Indonesia.

    ReplyDelete
  48. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Referensi pengembangan RPP dalam sumber Math Forum - Lesson Plans: http://mathforum.org/library/resource_types/lesson_plans/ menawarkan berbagai fitur. Dalam stus tersebut, pengunjung disediakan materi yang ingin diambil serta jenjang kelasnya. Selain itu, terdapat pula beberapa artikel yang inovatif yang dapat digunaan guru dalam pembelajaran di Indonesia. Seperti mengadakan Laptop Learning Challenge dan yang lainnya.

    ReplyDelete
  49. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    PMathschallenge.net: http://mathschallenge.net/, sesuai dengan namanya, pada web tersebut memberkan tantangan-tantangan untuk siswanya sehingga dapat menimbulkan persaingan yang sehat dalam memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya. Hal menarik lainnya, siswa dapat memilih tantangan berdasarkan tingkat kesulitannya, didefinisikan tingkat kesulitannya mulai dari bintang 1 hingga bintang 4. Pembelajaran di Indonesia dapat menerapkan pembelajaran tersebut berbasis web agar timbul motivasi belajar yang lebih tinggi lagi.

    ReplyDelete
  50. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pengembangna Pembelajaran yang baik hasil maupun prosesnya, dipengaruhi oleh pengembangan profesi gurunya. Berdasarkan sumber Association of Teachers of Mathematics (ATM): http://www.atm.org.uk/, pengembangan profesi guru di Indonesia masih jauh dari kata sempurna. Banyak pengembangan yang didapatkand dari web tersebut, mulai dari jurnal internasional, penelitian kelas, training guru serta berita-berita terbaru tentang profesi guru. Menurut saya Sumber ini perlu dibaca dan dipelajari baik untuk calon guru maupun guru untuk mewujudkan pendidikan yang maju.

    ReplyDelete
  51. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menanggapi beberapa komentar dari rekan-rekan di postingan ini, sebagai calon pendidik hendaknya kita mulai memperbanyak sumber-sumber pembelajaran yang relevan untuk bisa diterapkan di Indonesia, sehingga terdapat banyak variasi dan inovasi-invasi pembelajaran matematika. Saya sependapat dengan komentar yang dituliskan oleh Ujang herlan dimana guru tidak seharusnya terpaku pada satu metode dalam mengajar. Dan referensi-referensi tersebut, dapat dijadikan acuhan dalam menyusun pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  52. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    terimakasih Prof. Marsigit atas referinsi yang diberikan untuk pengembangan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  53. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Perbaikan memang harus selalu dilakukan setiap saat untuk menuju ke arah yang lebih baik. Pendidik yang baik harus peka dan terus berupaya untuk melakukan pengembangan dari berbagai aspek. Sehingga pembelajaran student center bisa terlaksana dan tercapai dengan baik pula.

    ReplyDelete
  54. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan adanya banyak referensi tentang pengembangan pembelajaran matematika, guru bisa lebih leluasa membuat pembelajaran menjadi lebih inovati. Terima kasih Pak atas referensi yang diberikan. Kami bisa mencari artikel yang sebagian bisa diunduh gratis di web-web tersebut.

    ReplyDelete
  55. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    National Council of Teachers of Mathematics (NCTM): http://www.nctm.org/ berisi banyak jurnal-jurnal pendidikan yang ditujukan untuk guru-guru matematika. Situs ini cukup terkenal dikalangan para praktisi pendidikan. Saya mulai mengenal situs ini saat perkuliahan wawasan kajian MIPA.

    ReplyDelete
  56. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Bagi calon guru dan guru pengembangan Profesi Guru Matematika sangat penting dilakoikan. Hal ini untuk meningkatkan kinerja guru dalam kelas saat pembelajaran matematika. Banyak tempat untuk berdiskusi dan mencari penyelesaian atas berbagai kasus masalah di kelas. Salah satu forum untuk bisa berdiskusi adalah dengan mendaftar di Math Forum - Public Discussion: http://mathforum.org/discussions/

    ReplyDelete
  57. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Berdasarkan salah satu link, saya mendapat sebuah pengetahuan baru bahwa untuk membuat kelas menjadi lebih hidup. “Sebuah kelas yang “hidup” menjadikan tujuan semua guru yang mengajar dengan hati “. Salah satu tantangan yang dihadapi diantaranya adalah mengkondisikan kelas agar menjadi nyaman dan peserta betah belajar dikelas, nyaman dalam artian menyenangkan, dapat membuat peserta senang belajar dan pada gilirannya tujuan pembelajaran akan tercapai. Salah satu cara agar membuat kelas lebih hidup adalah siswa diminta bekerja secara berpasangan atau dalam kelompok. Cara ini membuat peserta meningkatkan kemampuan untuk berbagi ide, dan pada saat yang sama mendapatkan ide lain dari rekan sesama peserta didik. Dengan bekerja secara kelompok, peserta diharapkan aktif dan mempunyai kemampuan bekerja sama dalam tim sehingga terjadi interaksi antara sesama peserta didik.

    ReplyDelete
  58. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih atas berabgai referensi yang telah dibagiakan semoga bermanfaat.
    Sedikit review tentang mathschallenge.net dengan tampilan yang klasik dan mudah digunakan maka pembelajaran matematika dapat menggunakan media pembelajaran yang berasal dari website ini. Dengan berbagai varisi media pembelajran didalamnya sehingga diharapkan guru dapat memanfaatkan dalam pembelajran. Namun tidak serats persen menggunkan computer untuk mengaksesnya guru juga dapat mengkolaborasikannya dengan beragam media nyata lainnya.

    ReplyDelete
  59. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Guru belum optimal dalam menyusun RPP, dipengaruhi oleh faktor yang bervariasi. Faktor penyebab kesenjangan berasal dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM),terutama guru sebagai pendidik masih perlu pengembangan bersama, dan kerjasama guru belum nampak. Akar penyebab yang mempengaruhi adalah kompetensi para guru di bidang pembelajaran masih belum optimal. Sebelum mengembangkan pembelajaran , akan lebih baik ketika guru menyusun RPP dengan lebih optimal lagi.

    ReplyDelete
  60. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Pengembangan pembelajaran dapat dilakukan juga dengan lesson study. Kenapa? Karena kelebihan lesson study adalah dapat diterapkan di setiap bidang mulai seni, bahasa, sampai matematika dan olahraga dan pada setiap tingkatan kelas, serta dapat dilaksanakan antar/ lintas sekolah.

    ReplyDelete
  61. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Media pembelajaran, berupa alat bantu proses pembelajaran untuk menyampaikan materi pelajaran. Sumber belajar, dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar, atau sumber belajar lain yang relevan. Media pembelajaran akan membantu siswa memahami materi. Ketika media pembelajaran yang digunakan membuat siswa mudah membayangkan atau menggambarkan hal yang abstrak, maka itulah inovasi media pembelajaran yang akan mampu membuat pembelajaran lebih berhasil.

    ReplyDelete
  62. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Pengembangan matematika memang perlu dilakukan seiring dengan perkembangan zaman, pengemabnagan matematika ini dimaksutkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika di Indonesia. Salah satu yang dikemabangkan adalah pengembangan profesi guru dan pengemabangan media pembelajaran siswa. Pengemabangan profesi guru ini penting agar guru lebih trampil lagi dalam melakukan proses pembelajaran dan dalam memberikan fasilitas kepada siswa. Pengembangan media pembelajaran ini penting untuk mempermudah siswa dalam memahami materi dimana pemahaman siswa merupakan satu dari tujuan pendidikan yang hendak dicapai.

    ReplyDelete
  63. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas link-link yang Bapak berikan kepada pembaca. Pada bagian pengembangan matematika, banyak link yang berupa forum matematika, ada pula yang merupakan ensiklopedia pendidikan matematika yaitu http://platonicrealms.com/encyclopedia/. Sehingga, jika suatu saat kita membutuhkan referensi tentang pendidikan matematika, kita dapat membuka link-link tersebut. Sekali lagi terima kasih kepada Bapak Marsigit.

    ReplyDelete
  64. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya sangat tertarik dengan link http://mathforum.org/library/selected_sites/lesson_plans.algebra.html yang berisikan berbagai macam lesson plan matematika. Saya mencoba membuka link tersebut dan memilih materi aljabar, dan munculah berbagai macam cara membelajarkan suatu materi, tentunya bukan dengan cara yang biasa-biasa saja, tetapi dengan cara yang spesial yaitu dengan game atau permasalahan sehari-hari dan ditampilkan semenarik mungkin. Judul pada link tersebut adalah Algebra – Fun with Calendar, memahami konsep aljabar menggunakan kalender.

    ReplyDelete
  65. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih kepada Prof. Marsigit telah memberikan berbagai link mengenai sumber-sumber belajar yang sangat bervariasi mulai dari sumber pengembangan pendidikan matematika, referensi pengembangan RPP PBM Matematika, referensi pengembangan PBM Matematika, dan Referensi Pengembangan Profesi Guru Matematika. InshaAllah semoga dapat memanfaatkan link-link tersebut dengan sebaik-baiknya untuk dapat menciptakan variasi pembelajaran.

    ReplyDelete
  66. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan MAtematika I 2014

    Terimakasi pak untuk link-link yang telah diberikan menambah daftar referensi saya dalam mengembangkan pengeolaan PBM yang menarik dan inovatif untuk persiapan PPL besok.

    ReplyDelete
  67. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ketika saya membuka beberapa link ada yang dapat diakses ada juga yang sudah tidak dapat diakses. Pada link http://math.rice.edu/~lanius/Lessons/calen.html disini bisa dijadikan alternatif pembelajaran mengenai implementasi aljabar. Menarik sekali sederhana dan dapat dijadikan referensi untuk diberikan kepada siswa setelah mempelajari konsep aljabar ataupun sebagai pengantar ketika mempelajari aljabar.

    ReplyDelete
  68. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sumber pengembangan pendidikan matematika, referensi pengembangan RPP PBM Matematika dan Referensi pengembangan PBM matematika penting untuk dipelajari dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan matematika. Dengan adanya sumber sumber mengenai pengembangan matematika maka pendidik, dinas kependidikan dan pihak-pihak kependidikan lainnya dapat mempelajari dan menerapkan perkembangan Pendidikan matematika sehingga perbaikan kualitas Pendidikan dapat dilakukan. Dengan adanya referensi RPP PBM dalam matematika membantu guru dan calon guru dalam pembuatan RPP yang sesuai dengan kurikulum.

    ReplyDelete
  69. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Sumber belajar dapat dimanfaatkan oleh guru untuk meningkatkan aktivitas atau kegiatan siswa. Secara khusus sumber belajar dapat dirancang dan dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar, serta untuk keperluan pembelajaran, seperti buku teks atau bahan ajar, multi media, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  70. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Sumber belajar merupakan sarana dalam kegiatan belajar mengajar guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Link ini dapat dijadikan referensi oleh guru, karena semua guru dapat berbagi semua hal atau semua masalah pengajaran dan pembelajaran matematika. Itulah salah satu manfaat dari perkembangan teknologi internet yang dapat digunakan untuk berbagi segala sesuatu atau ide-ide dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  71. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sebagai calon guru, memang sudah seharusnya saya mempelajari cara mengembangkan pembelajaran matematika yang baik dan dapat memfasilitasi siswa dengan kemampuan yang dibutuhkan. Link-link yang berada di postingan ini sangat membantu saya dalam belajar dan menambah banyak pengetahuan saya tentang cara mengembangkan pembelajaran yang baik. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  72. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pendidikan matematika merupakan salah satu aspek kehidupan yang penting dan harus selalu ditingkatkan kualitasnya. Peningkatan kualitas pendidikan matematika dapat dilakukan dengan meningkatkan pengembangan pembelajaran matematika. Selain itu dapat juga dilakukan peningkatan profesionalitas guru. Dalam postingan di atas, ada banyak sumber tersedia yang dapat membantu untuk mengembangkan pendidikan matematika. Terima kasih Pak atas link-linknya. Semoga dengan membaca sumber-sumber tersebut dapat meningkatkan pengembangan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  73. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Terima kasih kepada Bapak yang telah memberikan kami berbagai bahan sebagai sumber belajar. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang memakai berbagai sumber belajar, sehingga saling melengkapi satu sama lain dalam menggali informasi/pengetahuan. Apalagi bagi seorang guru, sumber belajar yang harus dimiliki tidak boleh hanya satu saja, akan tetapi harus memiliki berbagai sumber sehingga pengetahuan/infromasi/konsep yang nantinya akan diajarkan kepada siswa benar-benar valid/sah kebenarannya.

    ReplyDelete
  74. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Dari artikel Bapak di atas tentang kecemasan dan permasalahan guru matematika, saya dapat menyimpulkan bahwa guru matematika seharusnya membuat buku teks pelajarannya sendiri, melakukan pembelajaran yang inovatif, mengembangkan rencana pembelajaran secara mendalam, memanajemen/mengatur alokasi waktu dengan baik, membuat LKS yang dapat mengembangkan kemampuan/keterampilan siswa dalam memecahkan masalah, dan tidak serta merta pembelajaran difokuskan pada hal yang berkaitan dengan ujian nasional saja akan tetapi juga pada aplikasi/penerapan matematika itu sendiri pada kehidupan sehari-hari juga perlu diajarkan.

    ReplyDelete
  75. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Seseorang akan menjadi guru yang ideal jika telah melakukan hal tersebut. Maka mari kita jadikan hal ini sebagai bahan renungan untuk mengevaluasi diri sejauh mana kita sudah melakukannya. Semoga kita menjadi guru yang baik. Amin

    ReplyDelete
  76. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)
    Sumber-sumber Pengembangan Pembelajaran Matematika yang telah dikumpulkan oleh Prof Marsigit layak diapresiasi, dengan keikhlasan dan ketekunan beliau mengumpulkan sumber-sumber pengembangan pembelajaran matematika. Dari mulai referensi pengembangan RPP hingga referensi pengembangan profesi guru matematika ini dapat menambah wawasan kita semua, khususnya saya. Semoga nantinya dapat menjadi guru professional yang ikhlas dalam rangka mendidik siswa dengan tujuan memajukan pendidikan di Indonesia dan mencetak generasi platinum di jaman kontemporer ini. Semoga kita semua dapat memanfaatkan sumber-sumber pengembangan pembelajaran matematika dengan baik.

    ReplyDelete