Oct 22, 2014

Resources for Developing Mathematics Education




Sumber-sumber Pengembangan Pembelajaran Matematika
Dikumpulkan Oleh: Marsigit
A. Sumber Pengembangan Pendidikan Matematika

1. Math Forum Internet Mathematics Library : http://mathforum.org/
2. ERIC (Educational Resources Information Center) Database: http://www.eric.ed.gov/
3. MATHDI, Mathematics Didactics Database: http://www.emis.de/MATH/DI.html
4. The Prime Mathematics Encyclopedia : http://www.mathacademy.com/pr/prime/index.asp
5. Mathematical Atlas A Gateway to Modern Mathematics: http://www.math.niu.edu/~rusin/known-math/
6. Eric Weisstein's World of Mathematics: http://mathworld.wolfram.com/
7. Calculators Online Reference Center: http://www.martindalecenter.com/Calculators2.html
8. A Dictionary of Units: http://www.ex.ac.uk/cimt/dictunit/dictunit.htm
9. How Many? A Dictionary of Units of Measure: http://www.unc.edu/~rowlett/units/index.html
10. MATH2.org: http://www.math2.org/
11. MacTutor: http://www-groups.dcs.st-andrews.ac.uk/~history/
12. MacTutor History of Mathematics: http://www-groups.dcs.st-and.ac.uk/~history/
13. MacTutor Index of Biographies: http://www-history.mcs.st-and.ac.uk/BiogIndex.html
14. Biographies of Women Mathematicians: http://www.agnesscott.edu/lriddle/women/women.htm
15. Mathematicians of the African Diaspora (MAD): http://www.math.buffalo.edu/mad/
16. Mathematical Quotations Server: ">http://math.furman.edu/~mwoodard/mquot.html

B. Referensi Pengembangkan RPP PBM Matematika
1. Maser Generation II Project - General Math Sites: {http://www.svsu.edu/mathsci-center/resources_mathsites.cfm}
2. Ask ERIC Lesson Plans Collection – Mathematics: {http://www.eduref.org/cgi-bin/print.cgi/Resources/Subjects/Mathematics/Lesson_Plans.html}
3. Breaking Away from the Math Book: Creative Projects for K-8: http://www.math.nmsu.edu/ breakingaway/main.html
4. CEC Lesson Plans: http://www.col-ed.org/cur/
5. ENC Lesson Plans-math topics: http://enc.org/weblinks/lessonplans/math/
6. Math Forum - Lesson Plans: http://mathforum.org/library/resource_types/lesson_plans/
C. Referensi Pengembangan PBM Matematika
1. American Mathematics Competitions: http://www.unl.edu/amc/
2. Mathematics Contests, Competitions, and Problems Sets: http://archives.math.utk.edu/contests/
3. PMathschallenge.net: http://mathschallenge.net/
4. 20,000 Problems Under the Sea - Mathematical Treasure on the Web: {http://problems.math.umr. edu/index.htm}
D. Referensi Pengembangan Profesi Guru Matematika
1. American Mathematical Society: Mathematics Research and Scholarship: http://www.ams.org/
2. Association of Teachers of Mathematics (ATM): http://www.atm.org.uk/
3. Association for Women in Mathematics (AWM): http://www.awm-math.org/
4. Mathematical Association of America (MAA): http://www.maa.org/
5. Mathematical Sciences Education Board of the Center for Education (MSEB): http://www7. nationalacademies.org/mseb/
6. National Council of Teachers of Mathematics (NCTM): http://www.nctm.org/
7. School Science and Mathematics Association (SSMA): http://www.ssma.org/
8. TERC: http://www.terc.edu/
9. Math Forum - Teacher Education and Professional Development: http://mathforum.org/ mathed/professional.dev.html
10. World Lecture Hall: {http://web.austin.utexas.edu/wlh/}
11. Math Forum - Public Discussion: http://mathforum.org/discussions/

94 comments:

  1. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Terima kasih Pak atas referensinya, sangat membantu kami dalam memahami pengembangan pembelajaran matematika

    ReplyDelete
  2. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pengembangan pembelajaran matematika saat ini ditekankan pada pengembangan profesi guru. Pemerintah mencanangkan program PPG untuk pada calon guru muda. Pengembangan bentuk lain bisa dengan lesson study berupa adanya MGMP disetiap wilayah dan pembuatan penelitian PTK oleh setiap guru. Hal ini bertujuan untuk mengembangan profesionalitas guru dan skill guru.

    ReplyDelete
  3. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    terimakasih Prof. Marsigit atas referinsi yang diberikan untuk pengembangan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  4. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Alhamdulillah, terimakasih saya ucapkan kepada Pak Marsigit yang telah berbagi link-link tentang pengembangan pendidikan matematika. Link-link tersebut sangat bermanfaat untuk saya karena menambah referensi dan wawasan saya dalam pengembangan pembelajaran matematika

    ReplyDelete
  5. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. terimakasih Prof. Marsigit atas link-link yang diberikan. Sangat bermanfaat untuk menambah wawasan saya tentang pendidikan matematika yang inovatif.

    ReplyDelete
  6. Tahtalia
    14301241031
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Pendidikan memang perlu dikembangkan untuk menuju ke arah yang lebih baik. Pendidik yang baik harus peka dan terus berupaya untuk melakukan pengembangan dari berbagai aspek agar tujuan dari pendidikan dapat tercapai.

    ReplyDelete
  7. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya tertarik membaca tentang Biographies of Women Mathematicians. Hal menarik yang saya temukan adalah bahwa wanita pun bisa menjadi matematikawan dan kesetaraan gender tersebut menjunjung derajat wanita di dunia. Salah satu biografi matematikawan wanita yaitu Maryam Mirzakhan. Maryam Mirzakhani yang berasal dari Iran adalah wanita pertama yang mendapatkan penghargaan Fields Medal, yaitu penghargaan tertinggi yang diberikan dalam bidang matematika (dibandingkan dengan Piala Nobel). Namun sayangnya, belum ada biografi matematikawan dari Indonesia. Semoga bacaan ini bisa menjadi motivasi bagi kita semua dalam belajar matematika. Aamiin.

    ReplyDelete
  8. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih sekali kepada bapak yang telah menyertakan link-link pada postingan ini. Pendidikan matematika merupakan sesuatu yang kompleks. Banyak unsur atau faktor-faktor yang menjadi pendukung untuk menciptakan pendidikan matematika yang baik. Mulai dari pendidikan matematika itu sendiri, perangkat pembelajaran, proses belajar mengajar, dan kompetensi guru. Sehingga jika guru ingin memberikan pendidikan yang terbaik bagi siswa nya maka guru harus selalu mengembangkan setiap komponen yang ada didalamnya. Berbagai link di atas merupakan contoh yang dapat kita jadikan sebagai referensi untuk mengembangkan komponen-komponen pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  9. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas berbagai referensi yang bapak sampaikan. Untuk saat ini saya simpan terlebih dahula karena keterbatasan saya. Semogo kembali bermanfaat pada diri sendiri maupun yang lainnya. Terus membaca untuk menggapai pikiran yang lebih luas.

    ReplyDelete
  10. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Terimakasih atas informasinya mengenai referensi dalam membangun pendidikan matematika. Semoga bermanfaat. Tetapi dari keseluruhan sumber didominasi oleh website luar Indonesia. Mohon maaf saya mengharapkan adanya informasi mengenai sumber-sumber website dari Indonesia, demi membangun pendidikan matematika di Indonesia. Hal ini karena keterbatasan bahasa, dan juga rasa. Jika sumbernya berasal dari Indonesia, tentu saja lebih menghayati mengenai pendidikan yang ada di negaranya sendiri. Selain itu, saya merasa website bapak adalah salah satu sumber membangun pendidikan matematika di Indonesia dengan bahasa dan author adalah orang Indonesia asli. Di setiap tulisan bapak saya merasakan bahwa ini benar-benar dapat bermanfaat bagi kepentingan dunia pendidikan di Indonesia. Demikianlah yang saya rasakan. Terimakasih.

    ReplyDelete
  11. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebagai seorang pendidik, diharapkan mampu untuk mengembangkan perangkat pembelajaran, karena pendidikan itu berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, guru tidak boleh terpaku hanya pada satu metode pembelajaran saja.

    ReplyDelete
  12. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Variasi pembelajaran di kelas membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna, untuk meningkatkan wawasan guru mengenai variasi pembelajaran, guru diharapkan mengembangkan metode pembelajarannya sehingga kegiatan pembelajaran akan lebih menarik dan guru akan dapat mengetahui kelemahan dari setiap metode pembelajaran yang digunakan.

    ReplyDelete
  13. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Jika kita mau mencari informasi maka sebenarnya telah banyak di internet. Namun, informasi yang harus kita pilih haruslah informasi yang bermutu karena banyak artikel-artikel di internet yang kesahihannya masih belum diperhatikan. Dengan adanya informasi yang disediakan oleh Beliau maka kita sebagai pelajar telah diberi kejelasan informasi yang sesuai dengan kebutuhan serta bermutu.

    ReplyDelete
  14. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sumber pengembangan pendidikan matematika, referensi pengembangan RPP PBM Matematika dan Referensi pengembangan PBM matematika penting untuk dipelajari dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan matematika. Dengan adanya sumber sumber mengenai pengembangan matematika maka pendidik, dinas kependidikan dan pihak-pihak kependidikan lainnya dapat mempelajari dan menerapkan perkembangan Pendidikan matematika sehingga perbaikan kualitas Pendidikan dapat dilakukan. Dengan adanya referensi RPP PBM dalam matematika membantu guru dan calon guru dalam pembuatan RPP yang sesuai dengan kurikulum.

    ReplyDelete
  15. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Sumber belajar dapat dimanfaatkan oleh guru untuk meningkatkan aktivitas atau kegiatan siswa. Secara khusus sumber belajar dapat dirancang dan dikembangkan sebagai komponen sistem instruksional untuk memberikan fasilitas belajar, serta untuk keperluan pembelajaran, seperti buku teks atau bahan ajar, multi media, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  16. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Sumber belajar merupakan sarana dalam kegiatan belajar mengajar guna mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Link ini dapat dijadikan referensi oleh guru, karena semua guru dapat berbagi semua hal atau semua masalah pengajaran dan pembelajaran matematika. Itulah salah satu manfaat dari perkembangan teknologi internet yang dapat digunakan untuk berbagi segala sesuatu atau ide-ide dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  17. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sebagai calon guru, memang sudah seharusnya saya mempelajari cara mengembangkan pembelajaran matematika yang baik dan dapat memfasilitasi siswa dengan kemampuan yang dibutuhkan. Link-link yang berada di postingan ini sangat membantu saya dalam belajar dan menambah banyak pengetahuan saya tentang cara mengembangkan pembelajaran yang baik. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  18. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pendidikan matematika merupakan salah satu aspek kehidupan yang penting dan harus selalu ditingkatkan kualitasnya. Peningkatan kualitas pendidikan matematika dapat dilakukan dengan meningkatkan pengembangan pembelajaran matematika. Selain itu dapat juga dilakukan peningkatan profesionalitas guru. Dalam postingan di atas, ada banyak sumber tersedia yang dapat membantu untuk mengembangkan pendidikan matematika. Terima kasih Pak atas link-linknya. Semoga dengan membaca sumber-sumber tersebut dapat meningkatkan pengembangan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  19. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Terima kasih kepada Bapak yang telah memberikan kami berbagai bahan sebagai sumber belajar. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang memakai berbagai sumber belajar, sehingga saling melengkapi satu sama lain dalam menggali informasi/pengetahuan. Apalagi bagi seorang guru, sumber belajar yang harus dimiliki tidak boleh hanya satu saja, akan tetapi harus memiliki berbagai sumber sehingga pengetahuan/infromasi/konsep yang nantinya akan diajarkan kepada siswa benar-benar valid/sah kebenarannya.

    ReplyDelete
  20. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Dari artikel Bapak di atas tentang kecemasan dan permasalahan guru matematika, saya dapat menyimpulkan bahwa guru matematika seharusnya membuat buku teks pelajarannya sendiri, melakukan pembelajaran yang inovatif, mengembangkan rencana pembelajaran secara mendalam, memanajemen/mengatur alokasi waktu dengan baik, membuat LKS yang dapat mengembangkan kemampuan/keterampilan siswa dalam memecahkan masalah, dan tidak serta merta pembelajaran difokuskan pada hal yang berkaitan dengan ujian nasional saja akan tetapi juga pada aplikasi/penerapan matematika itu sendiri pada kehidupan sehari-hari juga perlu diajarkan.

    ReplyDelete
  21. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Seseorang akan menjadi guru yang ideal jika telah melakukan hal tersebut. Maka mari kita jadikan hal ini sebagai bahan renungan untuk mengevaluasi diri sejauh mana kita sudah melakukannya. Semoga kita menjadi guru yang baik. Amin

    ReplyDelete
  22. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)
    Sumber-sumber Pengembangan Pembelajaran Matematika yang telah dikumpulkan oleh Prof Marsigit layak diapresiasi, dengan keikhlasan dan ketekunan beliau mengumpulkan sumber-sumber pengembangan pembelajaran matematika. Dari mulai referensi pengembangan RPP hingga referensi pengembangan profesi guru matematika ini dapat menambah wawasan kita semua, khususnya saya. Semoga nantinya dapat menjadi guru professional yang ikhlas dalam rangka mendidik siswa dengan tujuan memajukan pendidikan di Indonesia dan mencetak generasi platinum di jaman kontemporer ini. Semoga kita semua dapat memanfaatkan sumber-sumber pengembangan pembelajaran matematika dengan baik.

    ReplyDelete
  23. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terima kasih pak karena sudah membagikan informasi perting tentang berbagai referensi online yang berkaitan dengan mathematics education yang dapat kami access dan manfaatkan sebagai referensi belajar untuk menunjang serta mendukung kebutuhan kami sebagai mahasiswa.

    ReplyDelete
  24. Auliaul Fitrah Samsuddin
    17709251013
    PPs P.Mat A 2017

    Thank you so much sir, for sharing this helpful information. I personally often access http://mathforum.org/ since i was in college. Even nowadays, i still use it to answer questions i have on mathematics.

    ReplyDelete
  25. Junianto
    PM C
    17709251065

    Terimakasih atas sumber-sumber pengembangan pembelajaran matematika yang telah Prof Marsigit berikan. Semakin banyak sumber belajar yang digunakan guru dalam mengajar siswa tentu akan membuat pembelajaran semakin beragam dan harapannya akan muncul inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan. Pembelajaran yang kreatif dan inovatif saat ini tengah menjadi dambaan bagi setiap siswa.

    ReplyDelete
  26. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    terimakasih atas sumber-sumber yang diberikan. Banyak sumber-sumber yang dapat digunakan oleh guru matematika untuk meningkatkan wawasan dan kemampuannya dalam melakukan kegiatan belajar mengajar. Seperti halnya yang disajikan di atas. Sumber-sumber tersebut berisi tentang pengembangan pembelajaran matematika, baik untuk meningkatkan profesionalisme guru maupun peningkatan kualitas pembelajaran. Kita dapat merujuk sumber-sumber yang kita butuhkan dalam melakukan pembelajaran, seperti RPP, media pembelajaran, sumber pembelajaran, video, lesson study, dan lain sebagainya. Sumber-sumber tersebut juga penting untuk mendukung upaya kita dalam melakukan inovasi pembelajaran.

    ReplyDelete
  27. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum Wr.Wb
    Terimakasih banyak pak atas postingannya. Postingan ini sangat bermanfaat bagi saya sebagai calon seorang guru. Pada postingan ini banyak referensi-referensi sebagai penunjang ketika nantinya saya menjadi guru matematika khususnya. Referensi pengembangan pendidikan matematika sebagai panduan, atau tutorial bagaimana nantinya kita (saya) dapat menginovasi pada pembelajaran matematika sehingga matematika akan digemari oleh para siswa. Referensi mengembangkan RPP PBM matematika bertujuan agar nantinya guru dapat membuat RPP / Rancangan study yang baik, tersusun dan sesuai kurikulum. Referensi pengembangan PBM juga akan membantu dalam kegiatan belajar mengajar. Disini guru akan lebih kreatif mengembangkan PBM matematika. Dan yang terakhir ada referensi pengembangan profesi guru matematika, disini sebagai alat bantu agar guru matematika menjadi guru yang profesional nantinya. Sekali lagi terimakasih pak atas referensi-referensi penunjang yang telah bapak posting.

    ReplyDelete
  28. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    terimakasih banyak atas informasi yang telah bapak bagikan. Postingan ini sangat berguna bagi kami sebagai guru muda. Banyak sumber-sumber yang akan sangat berguna untuk membantu para guru dan mahasiswa untuk meningkatkan mutu dan ilmu pendidikannya. Referensi pada postingan di atas banyak mengembangkan pembelajaran matematika yang bertujuan untuk membantu para guru agar lebih kreatif dan porfesional untuk membuat suasana pembelajaran matematika menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  29. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Thank you very much for always sharing your knowledges and your sourches about mathematics education. Hope it will increase our understanding about mathematics education. Many sources you serve us, what a poor if we don’t use it as well as possible. Benefits things shouldn’t be ignored. So that always read everythings increase our knowledges. So we can understand more. More and more we read, more and more knowledges we get.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  30. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Terima kasih atas informasi tentang beragam sumber pengembangan pembelajaran matematika yang bapak Prof Marsigit berikan. Sekarang guru memang sangat dituntut dalam membuat berbagai macam variasi dan inovasi perangkat pembelajaran baik dari segi metode, pendekatan, atau model pembelajaran maupun dari segi media pembelajaran yang digunakan baik berbasis IT maupun yang berbasis paper biasa. Semua itu tujuannya tidak lain adalah untuk memfasilitasi siswa agar merasa nyaman dengan iklim belajar yang buat oleh guru ketika berada di sekolah khususnya di dalam kelas.

    ReplyDelete
  31. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Pembelajaran matematika di sekolah tidak hanya dimaksudkan untuk mencapai tujuan pendidikan matematika yang bersifat material, tetapi juga untuk membekali siswa agar menguasai matematika dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Namun lebih dari itu, pembelajaran matematika juga dimaksudkan untuk mencapai tujuan pendidikan matematika yang bersifat formal, yaitu untuk menata nalar siswa dan membentuk kepribadiannya.

    Pembelajaran matematika hendaknya dirancang sedemikian rupa sehingga tidak hanya dimaksudkan untuk mencapai tujuan dalam ranah kognitif, tetapi juga untuk mencapai tujuan dalam ranah afektif dan psikomotor. Pembelajaran matematika yang baik tidak hanya dimaksudkan untuk mencerdaskan siswa, tetapi juga dimaksudkan untuk menghasilkan siswa yang berkepribadian baik.

    ReplyDelete

  32. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Thanks a lot sir of sharing this link for us.We hope that we can explore our knowledge by reading a lot of script that you gave.Everyday, irealize i get new something of reading your write.And probably, not only me, all of students can guess as it.Talking about Mathematics are very hard for me,but I never stop to learn step by step.Because it is the key how to solve our problem.Once again,I want to say thanks very much.Wassalamaualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  33. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Terima kasih Pak Prof. atas informasi sumber-sumber pengembangan pembelajaran matematika. Tentunya sumber-sumber ini akan sangat bermanfaat bagi kami para mahasiswa, calon guru, dan guru dalam rangka mengembangkan pembelajaran matematika dan juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi terhadap apa yang telah dilaksanakan ketika pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  34. Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    thank you very much sir on for sharing these kind of resourches. http://mathforum.org/ is one example of a website that is very helpful in improving learning in the classroom for both teachers and students.

    ReplyDelete
  35. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Terimakasih bapanyak pak atas kepedulian bapak kepada para pembaca blog bapak ini karena telah memberikan kemudahan dalam memperoleh referensi sumber-sumber pengembangan pembelajaran matematika. Pengembangan pembelajaran matematika dari hari ke hari semakin berkembang sehingga kita sebagai orang-orang yang insyaAllah peduli dengan perkembangan pendidikan matematika sudah seharusnya untuk memperbanyak referensi sumber-sumber bacaan seperti ini agar tidak tertinggal dengan negara lainnya. Dan, saya mohon izin untuk menyambung informasi ini kepada teman-teman ataupun guru-guru yang membutuhkan informasi ini. Semoga kebaikan bapak dibalas dengan sebaik-baiknya balasan dari Allah SWT. Aamiin

    ReplyDelete
  36. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Terima kasih banyak atas sumber-sumber pengetahuan yang diberikan. Untuk dapat belajar saat ini kita harus mampu menembus ruang dan waktu. Teknologi akan bermanfaat baik jika digunakan secara bijak, namun manusia dapat menjadi patung apabila candu terhadap teknologi.

    ReplyDelete
  37. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs Pm B 2017

    Dalam zaman yang serba modern dan digital ini. Atau lebih dikenal dengan digital learning. Pelajar dan pendidik khusunya harus mampu dan terampil dalam memanfaatkan teknologi guna menjadikan pembelajarn lebih berkualitas. Kenapa demikian?. Karena saat ini segala hal apapun yang ingin diketahui dapat diakses dengan mudah di internet. Sehingga buku-buku serta sumber belajar lainnya dapat ditemukan hanya dalam sekali “enter”. Oleh karena itu rajin dan tekunlah dalam mencari sumber bacaan agar ilmu semakin berkembang. Sama halnya dalam bidang ilmu matematika. Saat ini berbagai inovasi baru dalam matematika telah dilakukan, termasuk pembelajaran menggunakan teknologi serta internet. Dengan harapan semoga matematika menjadi pelajaran yang menyenangkan dan disenangi.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  38. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih Bapak atas share link tentang referensi pembelajaran. Karena sebagai calon pendidik yang inovatif tentunya kami harus melalui proses baik dari segi mencari pengetahuan maupun dengan pengalaman lapangan. Memiliki berbagai sumber belajar seperti referensi di atas akan memberikan banyak bantuan bagi kami untuk terus belajar dan mengasah kemampuan.

    ReplyDelete
  39. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Terimakasih Prof. atas referensi-refrensi yang diberikan, sangat bermanfaat bagi kami untuk mengembangkan diri dan untuk pengembangan pendidikan.

    ReplyDelete
  40. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Terimakasih Bapak Marsigit atas referensi yang telah dibagikan. Pada xaman sekarang guru memiliki peran penting dalam proses pembelajaran. Salah satu perannya sebagai fasilitator, sehingga guru dituntut untuk kreatif dalam menyajikan materi. Kreatifitas guru ini diharapkan agar siswa dapat mengkritisi apa yang disajikan. Hal ini disebabkan, pada saat ini, siswa harus bisa berfikir kritis dan menemukan sendiri konsep materi, semata-mata berguna demi kebaikan mereka.

    ReplyDelete
  41. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pada laman agnesscot.edu, memaparkan tentang biografi-biografi ahli matematika wanita. Selama ini matematika identik dengan pria. Misalkan dalam halaman awal buku kalkulus karangan edwin j. purcell, semua matematikawan yang ditampilkan adalah pria semua. Salut terhadap web ini. Pada saat membuka web maka akan muncul foto tokoh matematika perempuan secara acak. Saat saya membuka webnya, muncul tokoh matematika Marjorie Lee Browne. Diwebsite ini dijelaskan biografi singkat mengenai tokoh perempuan yang ada, seperti riwayat pendidikan, alasan tertarik pada matematika dan dedikasinya untuk matematika.

    ReplyDelete
  42. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Sungguh ini semua adalah sumber ilmu yang sangat berharga sekali, semua link yang Bapak berikan ini sangat bermanfaat sekali, terimaksih banyak Pak. Sumber-sumber yang terkait dengan pengembangan pendidikan matematika, pengembangan RPP PBM Matematika, pengembangan PBM Matematika, dan pengembangan profesi guru matematika tersebut sangat layal dijadikan acuan bagi kita untuk diterapkan dalam proses pembelajaran sekarang ini. Mengingat negara-negara yang sudah menggunakan berbagai pengembangan perangkat pembelajaran tersebut sistem pendidikannya sangat berkualitas. Setidaknya dengan adanya referensi ini dapat mengurangi sedikit demi sedikit persoal-persoalan yang tak kunjung habis adanya.

    ReplyDelete
  43. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    dengan begitu banyak sumber yang bermanfaat dan dapat mendukung peran guru serta calon guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Namun sayangnya sangat sedikit guru dan calon guru yang melek teknologi dan mau memanfaatkan teknologi untuk membantu pengembangan pembelajaran dan meningkatkan kualitas peserta didik. Dengan didukung pemerintah yang mengadakan kebijakan pelatihan guru untuk memperbaiki kualitas guru kedepannya diharapkan bahwa guru memiliki sikap inovatif dan kreatif dalam memberikan pembelajaran dalam kelas.
    sehingga dibantu dengan sumber-sumber diatas sebagai referensi dan dipraktikan dalam kelas untuk menunjang pembelajaran yang sukses kedepannya.

    ReplyDelete
  44. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Sumber belajar dapat berasal dari mana saja, e-book, buku, blog, visual, audio, dll. Berbagai macam penelitian dan pendapat orang sudah terangkum dalam berbagai sumber bacaan, dengan sering membaca sumber bacaan akan menambah ilmu pengetahuan tidak ada salahnya untuk membaca sumber-sumber yang telah ada. Rasa malas harus dikalahkn dengan keinginan kita untuk terus membaca. Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih atas sumber bacaan yangtelah di share dalam blog ini.

    ReplyDelete
  45. Kartika Pramudita
    17701251021
    S2 PEP B

    Untuk menciptakan pembelajaran matematika yang inovatif diperlukan kreativitas guru. Kreativitas guru akan muncul apabila guru memiliki banyak wawasan dan pengetahuan. Wawasan dan pengetahuan tersebut harus selalu diasah dengan cara menambah bacaan dan berlatih untuk merencanakan sampai mengevaluasi pembelajaran. Dalam merencanakan pembelajaran diperlukan rencana pelaksanaan pembelajaran yang runtut dan sesuai dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan. RPP yang berkualitas akan menunjang kualitas pembelajaran pula. Saya ingin mengucapkan terimakasih atas informasi Bapak tentang kumpulan sumber-sumber pengembangan pembelajaran matematika. Dengan sumber-sumber yang Bapak informasikan kepada kami semoga dapat menambah wawasan kami untuk terus berjuang belajar dan meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Aamiin.

    ReplyDelete
  46. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Terimakasih atas sumber belajar yang telah dipost prof. Akan sangat berguna bagi calon guru maupun yang sudah menjadi guru untuk menambah pengetahuannya terhadap pembelajaran terkini dan dari banyak negara sehingga bisa memperkaya wawasan dan meningkatkan mutu pendidikan agar lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  47. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Terima kasih bapak atas informasi yang bapak berikan diatas. Bertambah lagi bookmark di browser laptop saya. Semoga referensi-referensi tersebut dapat memberikan banyak pengetahuan kepada kami dan memperluas wawasan kami tentang matematika dan pendidikan matematika. The link about women mathematicians in particular, has inspired me to join them as a (woman) mathematician in the future, sir.

    ReplyDelete
  48. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Dalam proses pengembangan kemapuan matematis banyak cara dan sumber yang dapat dilalui serta digunakan diantaranya melalui link-link di atas. Terima kasih Prof atas sumber referensi yang diberikan. Melaui referensi tersebut dapat membantu saya dalam mengembangkan kemampuan pedagogis dalam bermatematika. Karena siswa yang hebat secara langsung ataupun tidak dibentuk melalui guru yang hebat pula,

    ReplyDelete
  49. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Terimakasih pak atas link-link di atas. Jika dimanfaatkan dengan benar tentu akan mengembangkan pembelajaran matematika sesuai dengan judul artikel ini. Dengan semakin banyaknya sumber-sumber yang mendukung pengembangan pembelajaran tentu harusnya tidak ada lagi keluhan keterbatasan pedoman dalam pelaksanaan proses pembelajaran selain dari rasa malas dan ketidakbukaan diri pendidik untuk bergerak meninggalkan pembelajaran tradisional menuju perubahan pendidikan yang lebih maju.

    ReplyDelete
  50. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dalam dunia pendidikan permasalahan-permasalahan tidak semuanya merupakan permasalahan matematis, namun matematika memiliki peranan yang sangat sentral dalam menjawab permasalahan keseharian itu.Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetensi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga pendidikan harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh hasil maksimal.Sehingga dalam penyelesaian suatu masalah butuh proses.

    ReplyDelete
  51. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Pada era dimana teknologi informasi ini, sangat memudahkan dalam membagikan informasi dan ilmu yang bermanfaatn. Kami meyakini bahwa link-link disajikan ini akan sangat membantu guru dan calon guru dalam menyusun pembelajaran matematika di kelas untuk menuju arah yang lebih baik lagi. Akan tetapi hal ini tidak akan berjalan dengan baik apabila guru tidak mampu memanfaatkan hal itu serta tidak mengimplementasikannya dengan baik pada saat dia mengajar. Kami merasa salah satu faktor penyebabnya adalah karena waktu pembelajaran di sekolah dan jumlah jam pelajaran tidak seimbang, sehingga kami merasa perlu adanya perbaikan dari dua sisi, yaitu di sisi pemerintah sebagai pemangku kebijakan dan sisi guru sebagai pelaksana kebijakan dalam pendidikan, sehingga kami berharap agar mendatang pendidikan di Indonesia akan lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  52. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Terima kasih Prof. Marsigit atas link yang sangsat bermanfaat tersebut. Banyak di antara kami maupun guru-guru yang akan terbantu dengan adanya link tersebut. Kecanggihan teknologi pada ssaat ini memang harus pandai menggunakannya dengan batasasn tidak melakukan plagiarisme. Bismillah

    ReplyDelete
  53. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Terima Kasih banyak Prof atas share link diatas. Tentunya link-link diatas akan sangat bermanfaat bagi para guru sebagaibahan referensi mengajarnya dan bagi kami yang masih awam. Dalam berbaai link diatas kami temui bermacam – macam bacaan tentang matematika dan yang menjadi hal yang menarik adalah bacaan terkait “Biographies of Women Mathematician”. Baru di blog ini kami menemui link yang membahas peran perempuan atau tokoh perempuan dalam matematika. Setalah membuka link tersebut ternyata banyak tokoh-tokoh perempuan dalam perkembangan matematika meskipun mereka tak terkenal bahkan tak terlihat jasanya oleh public contohnya “ Maria Gaetana agnesi”. Melalui biografi ini semoga dapat menjadi bahan acuan dan motivasi kami untuk belajar matematika. Terima Kasih

    ReplyDelete
  54. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Terima kasih banyak Prof. Untuk link-link yang telah di share kepada kami dan dapat menambah sumber referensi kami dalam mengembangkan pembelajaran. Meskipun belum saya baca dan pahami semuanya, saya yakin akan bermanfaat apabila digunakan sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  55. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Terimakasih atas info mengenai sumber-sumber pengembangan pembelajaran matematika. Semakin banyak sumber artinya semakin banyak referensi. Banyaknya referensi mengenai pembelajaran matematika akan membantu guru dalam membuat inovasi proses pembelajaran. Inovasi dalam proses pembelajaran diperlukan agar pembelajaran tidak monoton sehingga dapat lebih variatif. Proses pembelajara yang lebih variatif akan meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal itu secara tidak langsung akan berpengaruh pada pemahaman siswa terhadap materi. Terimakasih

    ReplyDelete
  56. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Bismillah, Alhamdulillah, terimaksih banak atas sumber referensi yang diberikan prof. tentunya bermanfaat untuk pengembangan pembelajaran, dan juga mengembangkankan notion kita sebagai praktisi pendidikan

    ReplyDelete
  57. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Terima kasih atas referensi yang diberikan oleh Bapak, semoga bermanfaat bagi kita dan menjadi amal jariah kepada bapak. Referensi ini sangat penting untuk para guru guna Pembelajaran di pada perlajaran matematika akan lebih bermakna jika siswa ikut langsung dalam pembelajaran. Salah satu pendekatan yang bisa digunakan adalah pendekatan berbasis masalah. Dimana siswa dalam mempelajari suatu konsep melalui pemberian masalah pada awal pembelajaran. Kemudian pula yang perlu disiapkan oleh seorang guru adalah berupa perangkat pembelajaran sehingga siswa di kelas bisa aktif di kelas. Perangkat berupa LKS yang terpenting.

    ReplyDelete
  58. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Terimakasih Pak Marsigit atas link sumber bacaannya, saya sangat tertarik terutama dengan link tentang referensi pengembangan PBM Matematika. Walaupun ada link yang sudah expired, tetapi sebaian masih bisa dibuka. Saya tertarik karena pembelajaran matematika di sekolah khususnya di Indonesia masih monoton alias menggunakan metode pembelajaran itu-itu saja, kebanyakan yang sering digunakan iala metode ceramah. Padahal banyak materi matematika khususnya materi sekolah dasar dan menengah yang lebih efektif jika dibelajarkan menggunakan metode yang bervariasi sesuai dengan topiknya. Sehingga link tersebut dapat menjadi tambahan sumber bacaan saya terkait bagaimana mengembangkan metode pembelajaran yang efektif.

    ReplyDelete
  59. Latifah Fitriasari
    PM C

    Pendidikan memegang peranan penting dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu berkompetensi dalam perkembangan pendidikan. Banyak sekolah-sekolah yang telah melaksanakan pembelajaran matematika dengan baik yaitu meningkatkan mutu dan kualitas peserta didik. Hal itu bertujuan dapat meningkatkan kualitas lulusan, sehingga mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan mampu bersaing di dunia persaingan global. Karena era global yang ditandai dengan perekonomian yang menyebar rata, perubahan permintaan dunia kerja, migrasi global yang tidak diperkirakan, serta ketidakstabilan iklim menuntut adanya penyesuaian dalam penyiapan sumber daya manusia.

    ReplyDelete
  60. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Nafsu dimiliki oleh setiap manusia. Nafsu tidak selalu berarti buruk, karena pada dasarnya terdiri dari nafsu baik dan nafsu buruk baik. Nafsu yang kita miliki sering digunakan oleh iblis untuk menjerat dan menggoda kita untuk berbuat dosa.
    Pada kenyataannya setiap orang memiliki keinginan buruk, hanya perbedaannya adalah, keahlian setiap orang untuk mengendalikan nafsulah berbeda. Ada orang-orang yang lemah, sehingga mudah didominasi oleh nafsu, namun ada orang dapat mengontrol hasrat buruk, sehingga tidak mudah terjerumus dalam dosa.
    Dalam mengendalikan keinginan buruk, kita harus menempatkan ketulusan di atas segalanya. kita juga harus melibatkan pikiran dan hati nurani kita dalam melakukan sesuatu. Dengan hati yang bersih kita akan terhindar dari perbuatan tercela

    ReplyDelete
  61. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Dunia IPTEK semakin maju dan canggih dan sebagai orang yang berkecimpung di dunia pendidikan pun kita tidak boleh melewatnya, dengan sebaik mungkin harus dimanfaatkan. Pendidikan Matematika juga berkembang, banyak penelitian-penelitian telah dilakukan yang berkaitan dengan solusi mengatasi permasalahan-permasalahan pbm matematika, maupun mengenai strategi pembelajaran terkini. Oleh karena itu semakin canggihnya dunia iptek harus kita gunakan untuk memperoleh informasi tersebut demi kepentingan pendidikan matematika itu sendiri, bagi siswa, maupun guru. Sehingga terima kasih Pak Prof. Marsigit yang telah membagikan link-link ini yang dapat menjadi refrensi bagi kita untuk mencari masalah-masalah, strategi pembelajaran terkini yang dapat menjadi ide tugas akhir kita maupun untuk menyusun pbm matematika di sekolah. Sekian dan Terima Kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  62. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalama rtikel tersebut disebutkan banyak sumber untuk mengembangkan pembelajaran matematika. perlu guru mengetahui hal ini. Pengetahuna pengembangan opembelajran matematika ini diperlukan agar siswa tidak bosan dengan pelajaran matematika yang monoton. Seiswa lebih tertarik dengan pembelajaran matematika dan lebih termotivasi untuk belajar dengan senang.

    ReplyDelete
  63. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Terima kasih banyak Prof sharingnya atas link-link yang berkaitan dengan matematika dan pendidikan matematika. Jujur ketika S1 saya hanya mengetahui link dari NCTM saja, ternyata banyak sekali link-link yang dapat dijadikan referensi penelitian, pembelajaran dan pengajaran terkait bidang studi matematika. Semoga dengan adanya akses online ini referensi karya ilmiah kita semakin lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  64. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Di era globalisasi ini sumber-sumber belajar dapat diakses dengan mudah melalui internet. Ada berbagai macam sumber yang tersedia, dari teks sampai ke video. Hal ini sangat memudahkan para guru untuk menerapkan pembelajaran inovatif di kelas.

    ReplyDelete
  65. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Terimakasih untuk referensi-referensinya pak, akan sangat berguna bagi kami ini yang akan mendidik. Yang saya perhatikan sepertinya pengembangan RPP di luar negeri itu jauh lebih simpel dari di Indonesia. Di Indonesia sepertinya sangat sulit administrasinya. Saya juga tidak tahu kenapa sebenarnya, tapi melihat referensi tersebut saya jadi ingin membandingkan mana yang lebih efektif.

    ReplyDelete
  66. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Terimakasih Pak, telah memberikan link-link mengenai sumber-sumber pengembangan. Semoga memberikan manfaat bagi kami, agar kelak dapat menjadi guru yang mempunyai banyak inovasi dalam mengajar.Hal yang harus diperhatikan ketika akan menerapkan pembelajaran inovatif adalah komponen-kompenen pendukungnya apakah sudah disiapkan dengan baik, misalnya seperti RPP,LKS,Media. Dengan adanya sumber-sumber yang Bapak berikan akan meningkatkan kualitasnya.

    ReplyDelete
  67. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Terimakasih atas link-link yang telah bapak bagikan, semoga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam menulis dan menyusun langkah-langkah dalam pembelajaran pendidikan matematika. Setiap link mempunyai tujuannya sendiri sesuai dengan judul referensi yang dibagikan. Bahan yang dibagikan tetap menjadi referensi bagi guru, dengan menyesuaikan pada karakteristik siswa-siswa di kelas. Tujuannya tetap sama, yaitu siswa mampu mencapai tujuan pembelajaran matematika dan mampu mengabstraksikan matematika tersebut.

    ReplyDelete
  68. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Terimakasih atas referensi untuk mengembangan pendidikan matematika yang Prof. bagikan. Semoga banyak para pendidik secara umum maupun pendidik matematika khususnya yang melihat sumber-sumber yang bermanfaat ini. Mohon ijin juga untuk share link ini. Sumber pengembangan RPP dan pengembangan profesi guru pasti akan sangat membantu bagi guru-guru sehingga dapat mengembangkan kompetensi-kompetensi yang diharapkan.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  69. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Sumber-sumber yang dibeirkan memberikan banyak sekali ilmu bagi kita semua. Hal ini juga akan membantu kita semua untuk mencari referensi sumber dalam mengembangkan pendidikan matematika agar momok bangsa kita terhadap pandangan mereka bahwa matematika itu sulit/
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  70. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    terimakasih pak atas link-link yang telah prof. berikan. banyak sekali manfaat yang didapatkan dari blog ini. semoga link-link yang prof. berikan mampu dipelajari dan diterapkan, sehingga dapat mengembangkan pendidikan di Indonesia terutama pembelajaran matematika

    ReplyDelete
  71. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    link-link tersebut juga bisa dijadikan referensi dalam mempelajari dan berinovasi cara untuk mengembangkan pendidikan matematika di Indonesia agar tidak kalah saing dengan negara lain. melangkah pelan, tapi istiqomah.

    ReplyDelete
  72. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Teknologi dapat membantu pengembangan pembelajaran dan meningkatkan kualitas peserta didik selain itu sumber-sumber lain yang bermanfaat dan dapat mendukung peran guru serta calon guru
    Sebagai seorang guru tidak boleh berhenti dalam berinovasi serta menambah pengetahuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  73. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B

    Terima kasih banyak pak atas sharing infonya. saya melihat dari link di atas dan menemukan hal-hal yang menarik, dan sangat bermanfaat bagi kita semua untuk mengembangkan pendidikan matematika dan sistem pendidikan.

    ReplyDelete
  74. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Sumber belajar dapat berasal dari mana saja, e-book, buku,blog, visual, audio, dll. Berbagai macam penelitian dan pendapat orang sudah terangkum dalam berbagai sumber bacaan. Dalam menambah ilmu pengetahuan tidak ada salahnya untuk membaca sumber-sumber yang telah ada.
    Terima kasih Pak, memberitahu sumber bacaan yang terbaik dalam blog ini.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  75. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Sebagai upaya untuk menjadi guru berstandar Internasional, seorang guru haruslah terus belajar dan belajar. Guru harus berupaya untuk belajat mengembangkan rencana pembelajaran, mengembangkan pembelajaran, dan mengembangkan profesionalitas sebagai seorang guru. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah mempelajari berbagai referensi luar terkait pengembangan RPP PBM, pengembangan PBM, dan pengembangan profesi guru seperti yang sudah dibagikan di blog ini.

    ReplyDelete
  76. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Berdasarkan salah satu link, saya mendapat sebuah pengetahuan baru bahwa untuk membuat kelas menjadi lebih hidup. “Sebuah kelas yang “hidup” menjadikan tujuan semua guru yang mengajar dengan hati “. Salah satu tantangan yang dihadapi diantaranya adalah mengkondisikan kelas agar menjadi nyaman dan peserta betah belajar dikelas, nyaman dalam artian menyenangkan, dapat membuat peserta senang belajar dan pada gilirannya tujuan pembelajaran akan tercapai. Salah satu cara agar membuat kelas lebih hidup adalah siswa diminta bekerja secara berpasangan atau dalam kelompok. Cara ini membuat peserta meningkatkan kemampuan untuk berbagi ide, dan pada saat yang sama mendapatkan ide lain dari rekan sesama peserta didik. Dengan bekerja secara kelompok, peserta diharapkan aktif dan mempunyai kemampuan bekerja sama dalam tim sehingga terjadi interaksi antara sesama peserta didik.

    ReplyDelete
  77. Terimakasih atas sumber referensi yang telah bapak bagikan kepada kami. Dengan menggunakan referensi pengembangan pendidikan matematika, hal ini dapat membantu kami para guru dan pendidik untuk mengingat kembali ilmu pengetahuan seputar pendidikan matematika. dengan adanya refrensi pengembangan rpp, kami para pendidik dapat mengevaluasi rpp yang selama ini telah kami buat, yang mungkin telah kurang relevan. Dengan refrensi pengembangan pbm dan profesi guru, hal ini akan menambah wawasan guru untuk merubah strategi mengajarnya menjadi lebih baik lagi.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  78. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Terimakasih Pak atas referensi-referensi yang sangat bermakna ini. Sebagian besar referensi tersebut berasal dari luar negeri dan ini tentu akan membuka wawasan saya mengenai metode atau perangkat pembelajaran matematika di luar negeri. Selain itu pengguanaan Bahasa Inggris dalam perangkat tersebut, juga membantu saya agar lebih familiar dengan referens-referensi internasional.

    ReplyDelete
  79. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Terimakasih prof. Marsigit atas link-link anda sajikan di blog ini. Saya sangat bersyukur berkesempatan membaca dan membuka blog anda, dan selalu membawa saya membuka link-link yang sama sekali belum pernah saya buka. Semuanya tentu sangat bermanfaat untuk menambah wawasan saya. Baru kali ini pula saya membaca tentang peran perempuan dalam matematika. Ternyata banyak tokoh-tokoh perempuan dalam perkembangan matematika meskipun mereka tak begitu terkenal bahkan tak terlihat jasanya oleh publicmisalnya adalah Maria Gaetana agnesi. Melalui biografi ini semoga dapat menjadi bahan acuan, motivasi, dan inspirasi kami untuk belajar matematika. Semoga referensi-referensi di atas benar-benar terbaca oleh publik agar kemanfaatannya terasa untuk meningkatkan kualitas pendidikan bangsa.

    ReplyDelete
  80. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terimakasih Prof Marsigit atas beberapa referensi yang ditampilkan dalam blog ini. Sesusai dengan judulnya, Resources for developing mathematics education, link-link yang ditampilkan pada blog ini bertujuan agar menjadi sumber referensi dalam mengembangkan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  81. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Di era digital seperti sekarang ini informasi cepat sekali tersebar, kemudahan ini tentu harus bisa kita manfaatkan. Misalnya dengan mencari berbagai sumber referensi terkait apa yang kit butuhkan di media berbasis internet. Ada banyak sekali sumber yang dapat kita gali dan manfaatkan. Hanya saja kita juga perlu selektif dalam memilih dan memilahnya agar tidak terjebak dalam kesesatan. Apa yang disampaikan oleh Prof. Marsigit ini tentu sangat bermanfaat bagi kami, para guru dan calon guru. Sumber-sumber ini memberikan kami banyak pencerahan mengenai berbagai hal di bidang pendidikan matematika. Bahwa dlam pendidikan matematika, tidak melulu soal matematika dan bagaimana mengajarkan dan belajar matematika saja yang harus kita pelajari, namun lebih dari itu juga menyangkup karakter dan pengembangan potensi secara lebih umum.

    ReplyDelete
  82. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Kegiatan belajar mengajar akan lebih efektif dan efisien dalam usaha pencapaian tujuan instruksional, jika melibatkan komponen sumber belajar secara terencana. Sebab sumber belajar merupakan komponen penting dan sangat besar manfaatnya. Pola komunikasi dalam belajar siswa sangat dipengaruhi oleh peranan sumber belajar yang dimanfaatkan dalam proses belajar. Sedangkan guru mempunyai peranan sebagai penunjang atau fasilitator. peranan guru dalam interaksi dengan peserta didik lebih banyak sebagai konsultan, pengelola belajar, pengarah, pembimbing, penerima hasil kemajuan belajar peserta didik.

    ReplyDelete
  83. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Terima kasih Prof. Marsigit atas link-linknya yang telah dibagikan. Harapannya dengan link website tersebut dapat menambah referensi saya untuk mengembangkan pengetahuan tentang pendidikan matematika--mengembangkan RPP dan pembelajaran matematika--dan mempersiapkan diri untuk menjadi seorang pendidik kelak.

    ReplyDelete
  84. Qorry Aina Fitroh
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241047

    Terima kasih Prof Marsigit telah berbagi berbagai link yang sangat bermanfaat bagi kami calon pendidik dalam bidang matematika. Referensi tersebut akan bermanfaat dalam pengembangan RPP, pengembangan pengetahuan pendidikan matematika, dan pengembangan mengenai profesi guru matematika.

    ReplyDelete
  85. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Terimakasih Pak Marsigit atas link yang udah dibagikan ke kami tentang sumber pengembangan Pendidikan Matematika. Dari sumber sumber ini mampu meningkatkan kemmapuan pedagogis saya dalam meningkatkan kemampuan saya dalam melakukan proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran dan memahamkan siswa akan materi yang diajarkkan.

    ReplyDelete
  86. Siti Efiana
    S-1 P. Matematika I 2015
    15301241029

    Terima kasih atas link-linknya, Prof. Insyaa Allah sangat bermanfaat bagi pendidik matematika. Sebagai pendidik, kita memang harus rajin membaca agar pengetahuannya semakin bertambah dan semakin bisa menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi yang terus berubah. Selain itu, dengan semakin sering membaca, maka seorang pendidik akan mempunyai banyak referensi untuk menyusun perangkat pembelajaran yang semakin berkualitas sehingga diharapkan output yang dihasilkan pun akan semakin baik.

    ReplyDelete
  87. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih Prof atas link-link sumber belajar yang telah dibagikan. Diharapkan dengan mempelajari sumber-sumber tersebut dapat menambah wawasan saya dalam mengembangkan perangkat pembelajaran serta merencanakan pembelajaran matematika yang berkualitas.

    ReplyDelete
  88. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Terima kasih Prof. atas informasi dan ilmunya yang telah dibagikan. Dari sumber informasi pada link tersebut saya banyak belajar tentang sumber-sumber yang dapat dipakai untuk mengembangkan pendidikan matematika. Berbagai sumber ilmu dan kemauan untuk selalu beradabtasi dengan perkembangan zaman merupakan hal yang sangat dibutuhkan karena penting untuk memfasilitasi peserta didik di dunia pendidikan. Karena setelah selesai masa studi, mereka aka terjun ke dunia nyata yang fluktuatif dan fleksibel.

    ReplyDelete
  89. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Terima kasih Pak Marsigit, atas link-link yang telah dibagikan. Link-link tersebut dapat menambah referensi saya khususnya dalam pengembangkan RPP, pengembangkan pengetahuan tentang pendidikan matematika, serta pengembangan profesi guru. Sehingga sebagai calon guru nantinya, saya dapat menyusun pembelajaran matematika di kelas dengan lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  90. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih Prof atas link yang telah dibagikan. Link tersebut sangat bermanfaat terutama mengenai cara mengembangan RPP pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  91. Rosmiyati Putri UtamiMay 13, 2018 at 11:20 PM

    Rosmiyati Putri Utami
    15301241031
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih prof atas informasi link-link tentang pembelajaran matematika di atas. Link-link di atas akan sangat membantu dalam memenuhi tugas untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran matematika dan dapat dijadikan sumber referensi dalam membuat artikel, jurnal, serta dapat menambah wawasan di bidang pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  92. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Terima kasih atas link yang Bapak berikan. Semakin hari, sumber belajar juga semakin banyak dan semakin mudah diperoleh. Semoga dengan link-link yang Bapak berikan dapat menambah wawasan kami dalam mempersiapkan diri sebagai calon pendidik.

    ReplyDelete
  93. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015
    Terima kasih pak atas link-link yang sudah diberikan. Link tersebut sangat bermanfaat sekali bagi saya sebagai calon pendidik khususnya dalam bidang matematika. Banyak sekali informasi yang saya gali dari link yang Bapak berikan. Semoga dengan informasi dari link-link bisa membuka pintu pengetahuan bagi calon-calon pendidik demi membekali diri dalam mempersiapkan dan/atau melaksanakan pembelajaran.

    ReplyDelete