Oct 31, 2014

Pertanyaan-pertanyaan Filsafat dari mahasiswa S2 PM D




Pertanyaan-pertanyaan berikut muncul dari para Mahasiswa  pada perkuliahan Filsafat Ilmu program S2 Pendidikan Matematika (PM D) Hari Jum'at, 31Oktober 2014 pk 10.00 sd 11.40 di R. 100 B Gedung PPs Lama Universitas Negeri Yogyakarta. Silahkan para pembaca yang budiman untuk berusaha menjawab atau menanggapi satu atau lebih dari pertanyaan-pertanyaan tersebut. Selamat berfilsafat, semoga selalu diberi kecerdasan pikiran dan hati. Amin.

1. Ahmad Lutfi:
Apa hakekat Politik menurut Filsafat?


2. Ezi Apino:
Apa hakikat Metode Saintifik?


3. Retno Kusuma:
Bagaimana Netralitas/Ketidaknetralan Ilmu menurut Filsafat?


4. Ida Trisnadati
Bagaimana Filsafat di waktu yang akan datang?


5. Nurhayati:
Apa makna sifat Baik-Buruk dan Positif-Negatif dalam Filsafat?


6. Nurul Husnah:
Apa yang dimaksud Kesadaran dari sudut pandang Filsafat?


7. Juz'an Afandi:
Mohon dijelaskan apakah yang dimaksud Filsafat Kritis itu?


8. Libertus Di Umart Alvares:
Bagaimana cara memersiapkan Generasi Muda/Penerus dari kacamata Filsafat?


9. Arini Ulfah Hidayati:
Apa makna bosan atau jenuh?


10. Hanifa Prahastami Pambayun:
Apa makna Hilang?


11. Lisaiha Rodiyya:
Apakah hakekat Menguasai atau Hegemoni?


12. Dita Puspitawedana:
Apakah batasan-batasan dari konsep Hedonisme itu? Dan bagaimana menyikapinya?


13. Ristu Haiban Hirzi:
Bagaimana hubungan antara Sifat-sifat yang Ada dan yang mungkin Ada?

14. Mukhlas Triono:
Bagaimana hubungan antara konsep-konsep Kebenaran yang ada?

15. Apolonia Hendrice Ramda:
Bagaimana Filsafat mampu menjelaskan hakekat Sukses dan Gagalnya sebuah kehidupan?

16. Hafizh Praditya Mahardika:
Apa yang dimaksud sebagai Ego, Superego, Egoist, Egocentris, dan sejenisnya?

17. Rosalia Hera:
Apakah ada konsep berpikir yang sesat di dalam Filsafat? Bagaimana penjelasannya?

18. La Ode Amril:
Apakah yang disebut Fiksi itu?

19. Danis Agung Nugroho:
Bagaiman perjalanan seorang bisa sampai pada tinkatan dapat disebut sebagai Filsuf?

20. Fitriyani:
Apa hakikat Gila dalam Filsafat?

21. Lidrawati:
Bagaimana penjelasannya bahwa seseorang dapat mengetahui Pikiran orang lain? Dan bagaimana penjelasannya bahwa seseorang dapat menjelaskan kepada orang lain apa yang dia ketahui?





60 comments:

  1. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Terkait dengan pertanyaan “Bagaimana perjalanan seorang bisa sampai pada tingkatan dapat disebut sebagai Filsuf?”, bahwa sebenar-benarnya belajar filsafat adalah mempelajari pemikiran para filsuf. Sebenar-benarnya filsafat adalah ilmu yang tidak lain tidak bukan ada dalam pikiranmu. Jadi sebenar-benar filsafat adalah dirimu sendiri.

    ReplyDelete
  2. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Pertanyaan Nomor 6. Apa yang dimaksudkan kesadaran dari sudut pandang filsafat ?
    Keasadaran merupakan suatu keadaan di mana seseorang tahu dan mengerti akan segala sesuatu yang akan, sedang dan sudah dilakukan atau menimpa dirinya. Sadar dalam “ruang dan waktu” terhadap apa yang “ada dan mungkin ada”. Keadaan tersebut membuat seseorang tahu bahwa telah terjadi suatu hal yang menimpa dirinya dan dengan kesadaran yang dimiliki seseorang haruslah memberikan respon atau tanggapan pada sesuatu yang menimpa dirinya tersebut. Dengan kata lain, kesadaran seseorang dapat diukur ketika dia menyedari akan adanya dorongan atau rangsangan yang diberikan sehingga dia mampu untuk merespon dan menanggapi rangsangan itu dengan kesadarannya.

    ReplyDelete
  3. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Saya akan mencoba menjawab pertanyaan nomor 10. Hilang adalah sesuatu hal yang tidak mungkin untuk dapat kita miliki kembali. Hilang lebih dari sekedar lepas. Jika lepas masih mempunyai kemungkinan untuk kita dapatkan kembali, namun untuk hilang sudah pasti akan selamanya tidak mungkin kita pegang, raba, rasakan baik secara verbal maupun non verbal. Dan hilang dapat berarti begitu luas sekali ketika berhubungan dengan sesuatu hal yang tidak berwujud fisik.

    ReplyDelete
  4. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Bagaimana filsafat di waktu yang akan datang? Pertanyaan dari saudari Ida Trisnadati ini sangatlah menarik menurut saya. Jika mengingat perkataan sari Prof Marsigit, filsafat itu adalah diriku sendiri. Dengan filsafat adalah diriku sendiri, bahkan itu yang dianggap oleh orang lain. Selama di dunia ini masih terdapat manusia, pasti filsafat itu pasti akan selalu ada, dan filsafat akan selalu mengikuti perkembangan jaman selayaknya manusia yang akan selalu berkembang dan semakin cerdas dalam perbuahan jaman ini. Sehingga menurutku filsafat akan terus bersahabat dengan waktu, waktu yang akan terus berjalan dan makin baik.

    ReplyDelete
  5. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Bagaimana Filsafat di waktu yang akan datang?. Filasafat teleology, yaitu filsafat yang mempelajari tentang keadaan di masa depan. Tidak ada satu manusia pun yang dapat mengetahui apa yang akan terjadi di waktu yang akan datang. Setiap manusia terikat oleh ruang dan waktu. Diriku yang sekarang, berbeda dengan diriku satu menit yang lalu. Aku yang sekarang sedang menatap ke luar jendela, sedangkan aku satu menit yang lalu sedang membaca elegi. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada diri kita kedepannya. Oleh karena itu kita seharusnya selalu berusaha sebaik-baiknya dalam hidup ini, berusaha sebaik-baiknya untuk sesuatu yang kita rencanakan, selalu ikhtiar dan berdoa agar selalu diberi rahmat dan ridhoNya untuk setiap detik, setiap jam, hari, minggu, bulan, dan tahun yang akan datang.

    ReplyDelete
  6. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Apa makna bosan dan jenuh? Pertanyaan Arini Ulfah Hidayati ini saya berpendapat bahwa bosan dan jenuh memiliki makna yang serupa, yaitu keadaan dimana pikiran manusia yang menginginkan perubahan, perubahan yang baru, dan perubahan dari rutinitas yang selama ini terjadi. Memang setiap orang pasti memiliki sisi bosan atau jenuh dalam hidupnya, namun beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi kejunahan biasanya dengan refreshing sejenak dari rutinitas tersebut.

    ReplyDelete
  7. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016
    Satu buah pertanyaan dari Hanifa Prahastami Pambayun tentang Apa makna Hilang?. Hilang berarti adalah tidka ada, artiya suatu dikatakan hilang apabila suatu benda itu tidak ada. ADA hari-harinya menjalani hidup seperti kehilangan makna. Merasa telah menghabiskan waktu untuk melakukan banyak hal, tapi hasil dari pencapaian sama sekali tidak terlihat. Apakah ini karena aku merasa tidak menjadi manusia yang bersyukur? Mungkin saja, tapi aku masih merasa bukan itu. Dan hingga kini, aku masih mencari jawabannya. Jawbaan inilah yang seharusnya kita akan cari. Kehilangan itu memanag sseuatu yang snagat menyedihkan akan tetapi jika kita lkhlas atas kehilangan itu maka feedback yang kita dapatkan akan lebih besar dari pada yang hilang.

    ReplyDelete
  8. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Apa hakikat politik? Politik adaah cara/strategi. Setiap orang tentunya mengenal politik. Dengan disadari atau tidak sebenarnya dalam kehidupan ini kita akan selalu berpolitik. Dari anak kecil hingga orang dewasa serta orang tua pun telah berpolitik. Namun, politik saat ini dipandang negatif oleh masyarakat secara umum. Hal ini disebabkan oleh reduksi pandangan masyarakat tentang politik. Dalam politik, adanya keinginan untuk mendominasi memang selalu ada. Hal ini menunjukkan sikap menguasai dan menggunakan berbagai cara agar apa yang diinginkan dapat tercapai, misalnya dalam mengusung seorang calon pemimpin. Tindakan berpolitik yang baik hendaknya dapat secara bijaksana menghargai pendapat orang lain dan tidak merendahkan orang lain.

    ReplyDelete
  9. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Menanggapi pertanyaan saudara Ezi Apino tentang hakikat metode saintifik, jelas sangat berkaitan dengan filsafat. Metode saintifik merupakan hasil dari perubahan paradigma, dimana teacher-centered menjadi student-centered, serta berkembangnya pembelajaran yang inovatif. Kemudian terkait dengan pertanyaan saudara Ida Trisnadati tentang bagaimana filsafat di waktu yang akan datang. Filsafat adalah dirimu sendiri, perkembangan paradigma tentu berakibat ke perubahan filsafat seseorang. Misalnya saja perubahan dari paham positivism menjadi pospositivisme.

    ReplyDelete
  10. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Apa hakikat Metode Saintifik?
    Metode yang berbasis sains, yaitu suatu metode yang digunakan untuk mendapatkan konsep serta skema konseptual yang berhubungan satu sama lain dan tumbuh sebagai hasil eksperimentasi dan observasi, serta berguna untuk diamati dan dieksperimentasikan lebh lanjut. Dalam hal pendidikan, metode saintifik terdiri dari 5 aspek, yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan.

    ReplyDelete
  11. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Apa makna sifat Baik-Buruk dan Positif-Negatif dalam Filsafat?
    Tidak ada makna baik buruk maupun positif negative. Mengapa? Karena di dalam filsafat terbebas dari ruang dan waktu. Semua berdasarkan sudut pandang mana yang kita pilih akan sesuatu. Saya memandang absolut itu sangat penting di dalam kehidupan, baik dan buruk tergantung kita memposisikannya. Absolut akan aspek spiritual yaitu percaya akan adanya Tuhan merupakan suatu yang absolut. Namun bagi guru yang mengajar di kelas absolut tidak begitu baik diterapkan di kelas, karena penerapan matematika terbuka untuk koreksi dan lainnya dikenal dengan falibilis. Jadi semua kembali pada ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  12. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Bagaimana penjelasannya bahwa seseorang dapat mengetahui Pikiran orang lain? Dan bagaimana penjelasannya bahwa seseorang dapat menjelaskan kepada orang lain apa yang dia ketahui?
    Seseorang dapat mengathui pikiran orang lain jika orang tersebut mengkmunikasikannya berupa pesan, pesan tersebuut adalah bahasa. Jadi pikiran bukan material. Namun dari pikiran dapat ditransformasikan menjadi material melalui bahasa formal. Oleh karenanya seseorang dapat mengatahui pikiran seseorang melalui bahasa formal.

    ReplyDelete
  13. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Saya akan mencoba mengutarakan pendapat saya mengenai Bagaimana Filsafat di waktu yang akan datang?
    Menurut saya filsafat akan terus berkembang, filsafat tidak akan pernah berhenti, selagi manusia masih hidup maka filsafat akan selalu ada di dimensi ruang dan waktu nya. filsafat adalah kita, Kita adalah filsafat dan sebenar-benarnya filsafat adalah diri kita dan orang lain. Mungkin akan muncul paham paham filsafat lainnya, namun mereka tetap dalam satu kesatuan yang dapat membangun oleh pikir manusia yang reflektif.

    ReplyDelete
  14. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Pertanyaan mengenai apa makna sifat baik-buruk dan positif-negatif dalam filsafat dapat dilihat dari mengenai sifat baik-buruk itu sendiri. Baik buruk dalam filsafat dapat dilihat dari sisi etika, dan indah tidak indah dapat dilihat dari sisi estetika. Etika mengenai baik buruk sendiri tidak benar-benar mutlak antara satu orang dan orang lainnya. Sebab dalam filsafat baik buruknya segala sesuatu bergantung pula pada sudut pandang seseorang dalam memandang suatu hal atau permasalahan.

    ReplyDelete
  15. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    6. Nurul husna:
    Apa yang dimaksud kesadaran dari sudut pandang filsafat?

    Kesadaran berarti mengetahui yang sebenar- benarnya. Sadar mengenai yang baik atau yang buruk dalam diri, akan menjadi acuan inovasi kehidupan kedepannya. Dengan kesadaran, kita akan mencapai tujuan hidup sebenarnya yaitu dunia dan akhirat. Karena sebenarnya kesadaran itu juga sebagai pengendalian diri kita masing- masing.

    ReplyDelete
  16. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Saya tertarik membahas pertanyaan Arini Ulfah Hidayati yaitu “Apa makna bosan atau jenuh?”
    Rasa jenuh bisa muncul akibat menjalankan rutinitas yang sama setiap harinya. Pada awalnya kehidupan yang teratur terasa begitu menyenangkan. Namun seiring berjalannya waktu, kita justru bisa merasa bosan dengan kegiatannya. Kejenuhan bisa kita atasi dengan memberikan variasi-variasi pada rutinitas kita. Sesekali kita memang membutuhakan liburan untuk mengecharge semangat kita

    ReplyDelete
  17. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Fiksi adalah sebuah Prosa naratif yang bersifat imajiner, meskipun imajiner sebuah karya fiksi tetaplah masuk akal dan mengandung kebenaran yang dapat mendramatisasikan hubungan-hubungan antar manusia.

    ReplyDelete
  18. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Hakekat filsafat itu adalah kritis pada dirinya sendiri, bukan hanya bertanya sehingga malah menonjolkan kecenderungan defaistik dan diimunisasikan terhadap segala kritik. Kritis maksudnya adalah terus mencari jawaban-jawaban tetapi jawaban yang dipertanggungjawabkan secara rasional. Artinya setiap langkah terbuka terhadap segala pertanyaan dan sangkalan serta harus dipertahankan secara argumentatif dengan argumen yang dapat dimengerti secara intersubjektif.Filsafat adalah suatu seni kritik, bukan membatasi pada destruksi atau takut pada pandangan positif. Kritis karena tak pernah puas diri, tidak memotong perbincangan, tak membiarkan suatu masalah sebagai sudah selesai, membuka perdebatan, bersifat dialektis dalam arti bahwa setiap kebenaran menjadi lebih benar dengan setiap putaran tesis – antitesis dan antitesisnya antitesis.

    ReplyDelete
  19. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Pertanyaan Ida Trisnadati mengenai bagaimana filsafat di waktu yang akan datang? Filsafat berlangsung dari awal zaman sampai akhir jaman. Filsafat bersumber pada pemikiran-pemikiran para filsuf. Semakin dikembangkan pada kehidupan kedepan maka akan semakin banyak ditemui kontradiksinya. Akan tetapi kontradiksi yang terjadi akan semakin memerbaiki dan semakin mengembangkan pemikiran para filsuf bukan untuk menggantinya.

    ReplyDelete
  20. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Apa makna sifat baik-buruk dan positif-negatif dalam Filsafat? Menurut saya dalam filsafat sifat baik dan buruk, positif dan negatif dilihat dari bagaimana kita memandang. Agak susah menentukan baik dan buruk, positif dan negatif apabila dipandang melaui kacamata filsafat. Karena filsafat adalah diri kita sendiri, sehingga baik akan terlihat baik jika di ruang dan waktu tertentu, buruk akan terlihat buruk jika di ruang dan waktu tertentu, positif akan terlihat positif jika di ruang dan waktu tertentu, negatif akan terlihat negatif jika di ruang dan waktu tertentu.

    ReplyDelete
  21. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pada tulisan bapak ini, rasa ingin tahu saya semakin meningkat karena setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh mahasiswa S2 membuat saya ingin mencaritahu jawabannya.
    pada pertanyaan saudara Ezi Apino, yaitu Apa hakikat Metode Saintifik?
    Sudah sering menjadi pembahasan dalam perkuliahan kami bersama Prof. Marsigit tentang pendekatan saintifik. Sejatinya, pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang terpusat pada siswa, siswa yang melakukan kegiatan m=pembeljaran sendiri, siswa merekonstruksi sendiri pengetahuannya. Guru hanyalah fasilitator.
    Metode saintifik adalah metode pembelajaran studentcenter yang menerapkan 5M dalam proses pembelajarannya, yaitu Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi, Mengasosiasi dan Mengomunikasi.
    Selain itu, dalam metode saintifik diperlukan apresepsi yang baik, yaitu berupa kuis untuk mengukur sejauh mana siswa mengetahui pembelajaran sebelumnya.

    ReplyDelete
  22. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Cara untuk mempersiapkan generasi penerus salahsatunya dengan pendidikan. Melalui pendidikan diharapkan generasi penerus menjadi generasi yang siap bersaing dengan generasi lain di zaman yang kian maju. Ada ahli yang mengatakan bahwa sebenarnya pendidikan sedang mempersiapkan siswa untuk menghadapi masalah-masalah yang belum ada saat ini. Itulah masalah yang dihadapi setiap bangsa untuk mempersiapkan generasinya melalui pendidikan

    ReplyDelete
  23. Jeanete Nenabu
    PPS PMAT D (15709251004)

    Untuk pertanyaan nomor 6. Menurut pendapat saya, kesadaran merupakan suatu keadaan di mana seseorang tahu dan mengerti akan segala sesuatu yang akan, sedang dan sudah dilakukan atau menimpa dirinya. Keadaan tersebut membuat seseorang tahu bahwa telah terjadi suatu hal yang menimpa dirinya dan dengan kesadaran yang dimiliki seseorang haruslah memberikan respon atau tanggapan pada sesuatu yang menimpa dirinya tersebut. Dengan kata lain, kesadaran seseorang dapat diukur ketika dia menyadari akan adanya dorongan atau rangsangan yang diberikan sehingga dia mampu untuk merespon dan menanggapi rangsangan itu dengan kesadarannya.

    ReplyDelete
  24. Jeanete Nenabu
    PPS PMAT D (15709251004)

    Untuk nomor 9. Apa makna bosan atau jenuh?
    Untuk mendefenisikan makna tersebut tentunya kita harus melihat dari berbagai sudut pandang. Setiap orang pernah mengalami rasa bosan atau jenuh dalam hal apapun dalam ruang dan waktu yang berbeda. Banyak hal yang menjadi penyebab timbulnya rasa kejenuhan tersebut. Apabila kita sudah sampai pada titik kejenuhan, sebaiknya kita harus mencari solusi atau jalan keluarnya sehingga bisa merasakan sesuatu yang benar-benar bisa menyenangkan diri kita.

    ReplyDelete
  25. Elli susilawati
    16709251073
    Pmat D

    Metode saintifik merupakan metode dimana siswa difasilitasi untuk mencari tahu pengetahuan dari berbagai sumber. Guru hanya sebagai fasilitator saja. Sedangkan menanggapi pertanyaan hilang itu apa, menurut saya hilang itu mungkin ada mungkin tdk ada, ketika ada tetapi hilang tidak terlihat tidak nampak. Ketika tidak ada mungkin lenyap.

    ReplyDelete
  26. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Saya tertarik dengan pertanyaan Sdri. Arini Ulfah: “Apa makna bosan atau jenuh?”
    Menurut saya, bosan atau jenuh bermakna bahwa diri kita tidak puas dengan keadaan yang sudah ada dan menginginkan adanya perubahan serta pembaharuan. Bosan bisa terjadi karena kita sudah lelah dengan aktivitas yang monoton dan itu-itu saja. Selain itu, rasa jenuh juga bisa terjadi karena kita kurang bersyukur atas apa yang selama ini telah kita miliki dan telah kita jalani. Rasa bosan perlu dikelola dengan baik agar tidak membuat kita semakin terjerumus dalam kejenuhan.

    ReplyDelete
  27. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Dari pertanyaan-pertanyaan yang ada disini, saya tertarik menjawab pertanyaan, “apa makna hilang?”
    Menurut saya, objek dikatakan hilang ketika objek tersebut tidak lagi berada pada lintasan peredarannya dan pemiliknya tidak tahu keberadaannya. Tetangga saya kehilangan tv. TV nya hilang, karena sudah tidak berada di rumahnya lagi. Tetangga saya tidak tahu keberadaan tv nya. Saudara saya kehilangan handphone. Handphonenya sudah tidak berada sama saudara saya lagi. Saudara saya tidak tahu handphone nya ada dimana. Motivasi saya hilang, sehingga saya tidak tahu keberadaan motivasi saya. Sehingga saya harus mencari motivasi lagi.

    ReplyDelete
  28. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari berbagai pertanyaan yang disajikan, hanya ada beberapa yang dapat saya jawab berdasarkan pengetahuan yang saya miliki. selain pertanyaan tentang saintifik, saya tertarik dengan pertanyaan dari saudara Arini Ulfah Hidayati yaitu Apa makna bosan atau jenuh?
    dari kacamata psikologi, bosan atau jenuh adalah suatu kondisi perasaan yang tidak menyenangkan dan bersifat sementara, yang seseorang merasakan suatu kehilangan minat dan sulit konsentrasi terhadap aktivitas yang sedang dilakukannya. Apabila bosan atau jenuh dipaksakan, kemungkinan terburuk yang dialami seseorang adalah depresi. Biasanya seseorang mengalami bosan atau jenuh ketika lelah mengerjakan, tak ada sesuatu yang dikerjakan atau aketidakmampuan untuk terikat dalam suatu aktivitas tertentu.

    ReplyDelete
  29. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pertanyaan selanjutunya yang sering saya temui sama seperti pertanyaan yang diajukanoleh saudara Hanifa Prahastami Pambayun yaitu Apa makna Hilang?
    Hilang sering dikaitkan dengan barang, akan tetapi makna hilang tidak selalu berupa barang. Bagi saya, segala sesuatu yang kita miliki akan tetapi tidak dipergunakan dengan semestinya sudah menjadi makna hilang.
    Sebagai contoh adalah hati. Hati yang kita miliki, seharusnya dipergunakan hanya untuk Sang Maha Pencipta Hati. akan tetapi, sering kita melupakanNya dan tidak menggunaka hati kita atau mendekatkan hati kita kepadaNya. Disitulah makna hilang sesungguhnya.

    ReplyDelete
  30. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Terkait pertanyaan dari sauadari Fitriyani: Apa hakikat Gila dalam Filsafat?

    Orang gila,atau yang akalnya sedikit terganggu .. merekapun tentunya memiliki dunia panca indera yang sekomplit orang waras dan kalau dunia indera yang menjadi parameter ilmu pengetahuan maka seharusnya orang gila atau yang nyaris gilapun dapat memiliki ilmu pengetahuan sekomplit orang waras,lalu mengapa orang orang gila tak dapat memilikinya ? Hume mengatakan bahwa, semua pengetahuan dimulai dari pengalaman indra sebagai dasar, ia percaya bahwa seluruh pengetahuan tentang dunia berasal dari indra …. Dan ..suatu saat ada ‘orang orang yang iseng’ dan memiliki kepenasaran dengan pandangan Hume tersebut dan karenanya berkeinginan membuat eksperiment berdasar prinsip David hume tersebut.maka dikumpulkanlah beberapa jenis orang yang gila,yang mereka kategorikan sebagai : yang gila beneran-yang baru setengah gila dan yang baru seperempat gila yang dunia inderawinya masih komplit tentunya untuk memenuhi persyaratan ilmiah sebagaimana yang dikonsepsikan oleh faham empirisme.lalu orang orang iseng itu mendesain suatu eksperiment sedemikian rupa agar orang orang gila itu dapat masuk ke suatu dunia pengalaman tertentu yang sengaja disetting berbeda beda untuk kelak dapat mengetest kemampuan mereka dalam menganalisa serta merumuskan apa yang telah mereka alami Setelah semua orang gila itu dapat dikumpulkan maka dibawalah mereka masuk ke eksperiment dunia pengalaman yang berbeda beda-beraneka ragam itu. dan setelah dirasa mereka memiliki unsur pengalaman yang cukup untuk memenuhi syarat memperoleh ilmu pengetahuan maka dipanggillah mereka,lalu ditanyailah mereka satu persatu.yang gila beneran ketika ditanyai perihal pengalaman yang telah ia terima maka ternyata ia hanya tertawa tawa-tersenyum senyum tanpa memberi penjelasan apapun,ia seperti tak memperoleh kesan apapun atau impressi impressi bagaimanapun terhadap apa yang telah ia alami dan apalagi untuk membuat analisa serta lalu membuat rumusan. ketika ia diminta menceriterakan pengalamannya dan diminta untuk membuat analisa dan lalu membuat rumusan atau kesimpulan berdasar pengalamannya itu maka dengan lancar ia menceriterakan semua pengalamannya bahkan hampir mendetail,ia pun memiliki kesan kesan-impressi yang lebih baik,dan ia dapat menganalisa dan lalu menyambungkan potongan potongan pengalamannya menjadi suatu rumusan.tetapi cara menyambungkannya itulah yang ganjil sehingga bangunan kesimpulan atau rumusan yang ia buat nampak ganjil-aneh alias tak masuk akal.ketika ia diuji coba konsep dualisme benar-salah,baik buruk nampak iapun menguasainya tetapi sayangnya nampaknya gagasan dualisme nya terbalik (!) dimana yang seharusnya dinilai benar malah cenderung dinilai salah dan yang seharusnya dinilai salah malah cenderung dianggap benar.dan ketika ia diuji coba dengan berbagai gagasan lain maka ia dapat mengungkapkannya secara lancar hanya sayangnya gagasannya cenderung nampak ganjil-sulit masuk akal dan Nampak terlalu spekulatif karena tidak mempertimbangkan unsur kelogisan.contoh,ketika kepadanya disodorkan gagasan konsep pengadilan Tuhan-sorga neraka ia mengatakan bahwa sorga tidak rasional karena tak bisa dibuktikan secara empirik (!) .. padahal jawaban yang seharusnya adalah : sorga tidak empirik karena memang tak bisa dibuktikan secara empirik bukan ‘tidak rasional’ (karena rasionalitas tidak bersandar atau berdasar pada metode empirik tentunya)

    ReplyDelete
  31. Kesadaran merupakan keadaan seseorang yang memahami dan mengerti. Memahami dimensinya, memahami kekurangan dan kelebihannya, mengetahui batasnya. Dengan kesadaran tersebut maka manusia dapat mengetahui berbagai hal yang ada di dunia. Sadar menjadi syarat agar sesorang ingin mempelajari ilmu. Dengan kesadarannya maka pengetahuan dapat dipahami dan dimengerti dengan baik.

    ReplyDelete
  32. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Untuk mempersiapkan generasi muda/penerus dari kaca masa filsafat adalah dengan cara menjadikan membaca itu sebagai budaya pada geneasi muda/penerus. Dengan membaca, membaca dan membaca generasi penerus akan siap menghadapi perubahan yang terjadi di masa yang akan datang berbekal banyak ilmu yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  33. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    pertanyaan dari Arini Ulfah Hidayati : apa makna bosan dan jenuh.
    bosan adalah tidak suka lagi dengan sesuatu karena terlalu sering atau terlalu banyak. poin pentingnya adalah rasa tidak suka lagi, sudah ada perubahan ketertarikan pada sesuatu tersebut. jenuh adalah adalah suatu keadaan yang tidak bisa bergerak lagi, mungkin karena kelebihan muatan, beban, tugas, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  34. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah.....
    Berikut beberapa pertanyaan yang dapat saya jawab, sesuai dengan pemahaman saya,
    1. –
    2. Metode saintifik merupakan pengembangan dan elaborasi dari penalaran ilmiah dan penyidikan tidak langsung. Sedangkan prosesnya berupa proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Adapun langkah-langkahnya meliputi pengamatan, membentuk hipotesis untuk menjelaskan fenomena alam, memprediksi yang dibuat berdasarkan hipotesis, menguji dengan melakukan eksperimen, dan menyimpulkan.
    3. –
    4. Filsafat di waktu yang akan datang tetaplah filsafat. Karena filsafat merupakan sebuah ilmu yang mengkaji tentang hakikat, kebenaran, dan kebermanfaatan ilmu-ilmu lain. Di dunia, kita dituntut untuk mencari ilmu setinggi mungkin, sehingga kajian filsafat tentunya masih sangat dibutuhkan hingga akhir zama.
    5. Makna dari sifat baik adalah sifat yang sesuai dengan ruang dan waktu, sedangkan sifat buruk berarti sifat yang tidak sesuai dengan ruang dan waktu.
    6. Kesadaran berarti kita tahua atau kita mengerti akan semua fenomena atau kejadian yang ada di lingkungan kita. lebih dari itu, kita mengetahui apa yang sebenarnya kita lakukan baik dari segi makna, maupun manfaatnya. Sadar juga berarti bahwa kita mengerti akan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  35. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah.....
    8. Cara menyiapkan generasi muda atau generasi penerus yakni melalui pendidikan. Tidka hanya pendidikan untuk menjadikan anak pandai atau terampil. Namun juga pendidikan karakter, itu lah yang terpenting. Percuma jika kita mempunyai generasi yang cerdas namun tidak berkarakter. Kita harus mempunyai generasi penerus yang cerdas dan berkarakter.
    9. Bosan dan jenuh berarti kita tidak membuat inovasi atau perubahan. Yang kita lakukan hanyalah itu itu saja, monoton. Yang membuat bosan sejatinya berasal dari dalam diri kita masing-masing, karena perubahan itu dimulai dari diri sendiri, bukan dari orang lain.
    10. Makna dari hilang adalah kita dia tidak mengada dan bukan merupakan pengada, maka dia tidak adakan ada atau hilang. Hilang berarti dari yang ada menjadi tidak ada. Ketika seseorang tidka membuat sebuah karya berarti dia tidak mengada. Ketika tidak mengada maka dia bukanlah pengada. Sehingga dia menjadi tidak ada.

    ReplyDelete
  36. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Bagaimana cara memersiapkan Generasi Muda/Penerus dari kacamata Filsafat?
    Salah satu cara mempersiapkan generasi penerus bangsa adalah melalui pendidikan. Pendidikan membelajarkan mengenai pengetahuan, keterampilan, serta sikap. Ketika generasi muda telah dilengkapi dengan berbagai kemampuan serta akhlak yang baik, diharapkan mereka mampu mengatasi masalah yang dihadapi bangsa dan mampu memajukan bangsanya.

    ReplyDelete
  37. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Apa makna hilang?
    Hilang berarti lenyap, dari yang semula ada menjadi tidak ada lagi. Terkadang kita menganggap kalau yang bisa hilang itu hanyalah benda konkret. Akan tetapi, hal-hal lain seperti karakter diri, kepercayaan, hingga hati pun bisa hilang jika tidak dijaga.

    ReplyDelete
  38. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. saya akan mencoba menjawan pertanyaan apa itu hegemoni. Istilah hegemoni berasal dari bahasa Yunani Kuno, ‘eugemonia’. Konsep hegemoni banyak digunakan oleh sosiolog untuk menjelaskan fenomena terjadinya usaha untuk mempertahankan kekuasaan oleh pihak penguasa. Penguasa disini memiliki arti luas, tidak hanya terbatas pada penguasa negara saja. Hegemoni dapat didefinisikan sebagai dominasi oleh satu kelompok terhadap kelompok lainnya, dengan atau tanpa ancaman kekerasan, sehingga ide-ide yang didiktekan oleh kelompok dominan terhadap kelompok yang didominasi dapat diterima sebagai sesuatu yang wajar.

    ReplyDelete
  39. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    7. rini Ulfah Hidayati:
    Apa makna bosan atau jenuh?

    Jenuh atau bosan adalah perasaan yang lelah akan segala sesuatu yang dilakukan yang kedatangannya tidak diharapkan dan kita tidak tahu kapan datangnya. Setiap orang pasti pernah mengalaminya, siapapun dia pasti pernah mengalami kejenuhan dalam hidup. Namun, sebaik- baiknya sikap setelah jenuh yaitu adalah bangkit dari kejenuhan yaitu dengan beribadah kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  40. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Apa makna bosan atau jenuh?
    Setiap individu pasti pernah mengalami bosan atau jenuh. ketika kita merasa bosan dapat mengarah ke perilaku positif ataupun negatif. Menurut Sayyid Muhammad Nuh, Jenuh atau futur ialah suatu penyakit hati (rohani) yang efek minimalnya timbulnya rasa malas, lamban dan sikap santai dalam melakukan sesuatu amaliyah yang sebelumnya pernah dilakukan dengan penuh semangat dan menggebu-gebu serta efek maksimalnya terputus sama sekali dari kegiatan amaliyah tersebut. Untuk itu ketika kita mengalami kejenuhan atau kebosanan lakukan hal-hal positif yang dapat membuat kita semangat dan bahagia kembali.

    ReplyDelete
  41. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Apa makna Hilang?
    Hilang artinya sesuatu yang sebelumnya ada kemudian tidak ada. Dalam hidup ini kita tidak dapat menghindari yang namanya hilang, sebagai contohnya kita harus siap untuk kehilangan orang-orang yang ada disekitar kita nanti. Memahami makna hilang, sebaiknya kita slalu mempersiapkan diri, salalu dapat mengantisipasi dengan sesuatu yang akan nantinya hilang. untuk itu nikmatilah setiap detiknya dalam hidup ini.

    ReplyDelete
  42. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Menurut saya, hakikat metode saintifik adalah memperlakukan siswa sebagai subjek dalam matematika atau membiarkan siswa menemukan konsep matematika sendiri. Melalui metode saintifik, siswa benar-benar belajar matematika sekolah. Pembelajaran akan berlangsung dengan student center atau yang biasa kita sebut dengan guru berperan sebagai fasilitator.

    ReplyDelete
  43. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menanggapi pertanyaan dari Mbak Arini Ulfah Hidayati tentang “Apa makna bosan atau jenuh?”. Menurut saya keadaan bosan adalah keadaan di mana seseorang ingin suatu hal yang berbeda dari apa yang dilakukannya secara rutinitas. Suatu kebosanan dapat diatasi dengan cara melakukan pergantian aktivitas.

    ReplyDelete
  44. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menanggapi pertanyaan dari Mas Libertus Di Umart Alvares tentang “Bagaimana cara memersiapkan Generasi Muda/Penerus dari kacamata Filsafat?” Menurut saya Upaya mempersiapkan Generasi Muda atau penerus bangsa Indonesia jika dipandang dari kacamata Filsafat yaitu melalui peningkatan bidang pendidikan. Dengan meningkatnya pendidikan akan melahirkan manusia yang cerdas sebagai upaya untuk memberdayakan bangsa ini agar bisa semakin berkembang dan menjadi negara maju.

    ReplyDelete
  45. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menanggapi pertanyaan dari Mbak Hanifa Prahastami Pambayun yaitu “Apa makna Hilang?”
    Makna hilang menurut saya adalah keadaan di mana sebelumnya pernah ada dan menjadi tidak ada. Keadaan di mana keadaan yang dirindukan dan dinantikan tiba-tiba lenyap tiada sisa.

    ReplyDelete
  46. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Apa hakikat Gila dalam Filsafat?
    Gila artinya ketika pikiran kita tidak mampu berpikir lagi secara nalar dan logika.
    Manusia dalam keadaan tersebut tidak akan mampu menyelesaikan permasalahan yang ada sehingga menjadikan manusia melakukan berbagai tindakan hingga nantinya akan mengarah pada perbuatan tercela. Sebaiknya ketika manusia mengalami kebuntuan dalam pikirannya, dekatkanlah diri kepada-Nya sehingaa nantinya akan diberi petunjuk untuk menyelesaikan permasalahan yang ada.

    ReplyDelete
  47. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Bagaimana Filsafat mampu menjelaskan hakekat Sukses dan Gagalnya sebuah kehidupan?
    Sukses ittu ketika kita memiliki mimpi atau harapan, mimpi dan harapan itu terlaksana dengan tuntas. sedangkan gagal itu ketidakberhasilan apa yang kita lakukan. ketika gagal tidak perlu menyesalinya berlarut-larut, lebih baik berpikirlah sebagai koreksi dan motivasi untuk mengapai impian-impian lainnya.

    ReplyDelete
  48. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Dari pertanyaan pertanyaan yang ada, saya tertarik dengan pertanyaan no 9 yaitu apa makna bosan atau jenuh? Rasa bosan dan jenuh pasti semua orang pernah merasakan, bahkan sering merasakan. Kadang saya sendiri merasa bosan tapi tidak tau mengapa saya bisa bosan dan jenuh, dan alasan bosannya kadang beda beda dan terkadang malah tidak ada alasannya. Rasa bosan mungkin rasa dimana hati kita sedikit mengalami kehampaan. Sehingga perlu adanya motivasi agar tetap semangat. Dan motivasi bisa dating dari mana saja dan kapan saja, motivasi yang paling utama adalah ibadah untuk Allah SWT.

    ReplyDelete
  49. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya tertarik dengan pertanyaan pada poin ke 19 yaitu “Bagaimana perjalanan seseorang bisa sampai pada tingkatan dapat disebut sebagai Filsuf?”, saya tidak mengetahui persis bagaimana hingga disebut seorang filsuf. Akan tetapi, terdapat cara-cara agar nantinya dapat disebut seorang filsuf. Yang pertama adalah mempersiapkan pikiran Anda, maksudnya sebelum memulai semuanya buatlah pikiran netral tidak memihak ke sesuatu hal; kemudian bacalah tulisan tentang filsafat, sebenarnya tidak hanya filsafat, kunci besarnya adalah baca, baca, dan baca, tetapi karena akan menjadi filsuf, maka yang banyak dibaca adalah tentang filsafat; berpikir besar, maksudnya tidak hanya berpikir sempit pada area nyaman saja tetapi juga coba pikirkan hal-hal di luar yang masih sangat luas; libatkan diri dalam diskusi, jika memiliki pemikiran, banyak-banyaklah melakukan diskusi dan sharing dengan orang lain agar pemikirannya diketahui banyak orang.

    ReplyDelete
  50. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Menurut saya hakikat metode saintifik yaitu metode yang digunakan dengan menggunakan dasar-dasar ilmiah dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum 2013. Metode saintifik merupakan salah stau metode yang digunakan guru untuk membuat siswanya melakukan berbagai pengalaman belajar melalui observasi dan menjelaskan hasil pengamatan. Metode ini memudahkan guru dalam memperbaiki proses pembelajaran dengan membagi proses ke dalam langkah-langkah yang terperinci yang memuat [erintah agar siswa melakukan kegiatan pembelajaran. Metode ini juga memiliki peran penting dalam mengembangkan kurikulum.

    ReplyDelete
  51. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Hakekat politik secara filsafat yaitu bahwa politik dalah tempat menerapkan ide filsafat, sehingga ada sebutan filsafat politik. Dimana filsafat politik adalah suatu upaya untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan politik secara sistematis, logis, bebas, mendalam, serta menyeluruh. Filsafat Politik berarti pemikiran-pemikiran yang berkaitan tentang politik. Dengan adanya filsafat politik ini maka pengajuan konsep-konsep politik yang telah berlaku untuk didefinisikan ulang dapat dilakukan. Selain itu, filsafat politik mampu menjadi alat untuk melakukan kritik ideologi serta mengubah tatanan sosial dari politik yang berlaku.

    ReplyDelete
  52. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Saya akan menanggapi pertanyaan “apa itu filsafat kritis?”. Pengertian filsafat dapat dipandang sebagai olah pikir. Filsafat mempelajari dan menyelidiki kebenaran secara menyeluruh. Filsafat terus mempertanyakan kebenaran yang ada. Karena terus menerus mempertanyaakan kebenaran yang ada di dalam dan luar dirinyalah yang dapat menyebabkan filsafat dianggap sebagai ilmu kritis. Filsafat tidak berhenti pada suatu kebenaran yang fundamental dan mencari jawaban secara rasional dan bertanggung jawab

    ReplyDelete
  53. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ketika kita ingin paham maka kita harus mengenal. Sama halnya jika ingin mngetahui, paham tentang pendidikan maka salah satu caranya adalah membaca postingan Prof. Marsigit. Untuk belajar tentang pendidikan kita perlu belajar mengenai filsafat pendidikan dan untuk belajar filsafat pendidikan kita perlu belajar mengenai filsafat terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  54. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah pembelajaran yang terdiri atas kegiatan 5M yaitu mengamati, merumuskan pertanyaan, mencoba/mengumpulkan data (informasi) dengan berbagai teknik, mengasosiasi dan mengkomunikasikan hasil yang terdiri dari kesimpulan untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan dan sikap.

    ReplyDelete
  55. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Dalam pembelajaran saintifik maka diperlukan kegiatan diskusi. Hal ini sejalan dengan diterapkan nyakurikulum 2013. Dengan diskusi kelompok dapat membantu siswa agar bisa mengeluarkan ide-ide mereka dan juga membagikan cara pemikiran mereka dalam menyelesaikan masalah. Di sini juga siswa bisa mendapatkan kegiatan 5M yang berguna untuk melatih siswa bersikap ilmiah.

    ReplyDelete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik memerlukan apresepsi yang tepat sebelum mengawali pembelajaran inti. Apresepsi berkaitan dengan pengetahuan yang telah diperoleh di mata pelajaran sebelumnya. Apresepsi yang tepat dari guru dapat memancing siswa untuk ingin tahu lebih lanjut tentang materi yang akann dipelajari, terutama di mata pelajaran matematika.

    ReplyDelete
  58. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penerapan pembelajaran dengan pendekatan saintifik membantu siswa untuk bisa mengembangkan ide dan pikirannya, sesuai yang diharapkan di tujuan pendekatan saintifik kurikulum 2013. Memang saat ini penerapan pendekatan saintifik masih belum bisa maksimal dan beberapa sekolah masih memakai kurikulum KTSP, akan tetapi kedepannya diharapkan kurikulum 2013 dapat dikapai di setiap sekolah di Indonesia.

    ReplyDelete
  59. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Mengenai pertanyaan nomor 9. Yaitu apa makna bosan dan jenuh?. Menurut saya, setiap orang pasti pernah mengalami kebosanan, misalnya kebosanan yang berkiatan dengan masalah makanan, pekerjaan, benda yang dimiliki, pemandangan ataukah tentang obrolan. Akumulasi dari kebosanan atau ketidakpuasan adalah salah satu langkah menuju kejenuhan.

    ReplyDelete
  60. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Jenuh merupakan fenomena psikis yang berbicara tentang suatu perasaan dan mental. Sehingga dapat dikatakan bosan yaitu perasaan ketika melakukan sesuatu yang tidak menyenangkan atau monoton, sedangkan jenuh yaitu perasaan lelah ketika telah melakukan suatu aktifitas secara terus-menerus.

    ReplyDelete