Oct 24, 2014

Terlalu Sayang jika Dilewatkan bagi Profesional Matematika dan Pendidikan Matematika




Ass Wr Wb, berikut ini terlalu sayang jika dilewatkan bagi Profesional bidang Matematika dan
Pendidikan Matematika:
http://homepages.warwick.ac.uk/staff/David.Tall/downloads.html





Selamat mencoba mengakses, semoga bermanfaat. Amin
Wss Wr Wb
Marsigit

82 comments:

  1. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Lesson Study pada prinsipnya mempelajari tentang bagaimana guru praktek dalam penggunaan strategi pembelajaran dan penilaian. Dengan menyaksikan kegiatan nyata dalam kelas para guru belajar untuk mengembangkan dan menstrasfer fakta itu sebagai objek belajar yang berguna untuk melakukan perbaikan kerja dalam melaksanakan tugas masing-masing. Praktek ini diarahkan untuk mempelajari pendekatan khusus dalam meningkatkan keterampilan siswa sdalam belajar, menguasai materi pelajaran, atau mengembangkan keterampilan bekerja untuk menghasilkan produk belajar. Dalam proses Lesson Study kelompok guru mengidentifikasi kebutuhan murid belajar dan kemajuan mereka dalam proses belajar di dalam kelas serta kebutuhan melakukan perbaikan.

    ReplyDelete
  2. Lana Sugiarti
    16709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Terimakasih untuk link yang diberikan oleh Bapak. Saya merasa bangga melanjutkan study di Unversitas Negeri Yogyakarta karena dibekali banyak ilmu oleh dosen – dosen yang berpengalaman seperti yang saya lihat pada salah satu link yang bapak berikan. Selanjutnya, mengenai Lesson Study, bahwa Lesson Study adalah salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan untuk membangun komunitas belajar. Lesson Study menurut saya baik untuk diterapkan di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia karena banyak masalah terkait pendidikan di Indonesia. Dengan adanya Lesson Study ini diharapkan agar menciptakan terjadinya pemahaman berpikir dan belajar siswa serta meningkatkan kolaborasi pada sesama guru.

    ReplyDelete
  3. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Betapa pentingnya profesional matematika dan pendidikan matematika, maka perlunya peningkatan profesionalitas serta kualitas pendidikan yang berkelanjutan khususnya matematika sehingga tidak ada lagi kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih prof yang telah membagikan sumber serta ilmunya untuk kemajuan pendidikan khususnya pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  4. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Artikel berjudul “The iceberg approach of learning fractions in junior high school” memberikan gambaran kepada guru untuk mampu mengembangkan pembelajaran matematika tentang pecahan di SMP menjadi pembelajaran yang lebih bermakna dengan membangun konsep pecahan dari dunia nyata yang sering dialami dan dijumpai oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pendekatan gunung es dari pembelajaran pecahan di SMP, langkah dasar yang dilakukan guru adalah memberikan gambaran konkret kepada siswa mengenai hal-hal nyata yang berkaitan dengan pecahan, kemudian pembentukan skema dari hal-hal nyata tersebut, selanjutnya membangun pengetahuan siswa dan pada ahkirnya atau puncaknya meneukan sebuah konsep pecahan yang formal abstrak. Untuk dapat memberikan penanaman konsep yang baik dalam pembelajaran matematika seorang guru perlu mengembangkan bermacam-macam metode pembelajaran, pendekatanan pembelajaran dan interaksi yang baik dengan siswanya.

    ReplyDelete
  5. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Adanya internet menjadi media yang sangat membantu, termasuk dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan internet dalam dunia pendidikan dapat memberikan informasi kepada seorang guru yang dapat dijadikan refensi dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan. Seperti link-link diatas dapat dijadikan sebagai referensi bagi seorang guru untuk meningkatkan profesionalismenya.

    ReplyDelete
  6. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dalam informasi di atas sangat bermanfaat bagi kita untuk lebih inovatif dalam pembelajaran. Banyak artikel-artikel serta jurnal yang dapat menambah wawasan kita dalam dunia pendidikan, bahkan bisa kita jadikan referensi dalam pembelajaran dimasa saat ini. Merubah kebiasaan pembelajaran di masa lalu seperti merubah kebiasaan yang sangat susah, namun dengan perlahan kita pasti akan bisa merubah pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  7. Asslamu'alaikum wr.wb.
    Terima kasih bapak, telah menunjukkan link ini. Sangat membantu untuk menemukan beberapa journal-journal pendidikan matematika yang berkualitas. Lesson study kegiatan kolaboratif melalui proses siklus dalam merancang pembelajaran dengan tujuan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Misalnya guru bersama-sama merancang RPP secara rinci, kemudian diaplikasikan oleh salah seorang guru dan diamati oleh guru lain. Hasil pengamatan didiskusikan untuk mencari ide-ide bagaimana meningkatkan pembelajaran yang berkualitas. Lesson Study adalah salah satu kegiatan yang dapat berkontribusi dalam perbaikan kualitas pembelajaran di kelas, oleh karena itu kegiatan seharusnya mendapat aspresiasi dari pelaku-pelaku pendidikan sebagai upaya untuk memperbaiki pendidikan.

    ReplyDelete
  8. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Terima kasih kembali yang tak terhingga kepada bapak prof marsigit yang telah memebrikan link yang berisi ilmu yang sangatb berguna bagi saya kedepannya. Kitya tahu lesson study adalah salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan untuk membangun komunitas belajar. Yang mana lessonnstudy ini guru selalu memebuat penelitian setiap kali mengajar tidak hanya mengajar saja akan tetapi setipa guru mengajar dia memeng selalu bereksperimen. Sehingga lesson study dangatbbaik di terapkan pada pembelajaran sekarang ini. Apalagi di jepang lesson study sudah menajdi bagian kehidupan sehari-hari bagi guru disana yang mengajar.

    ReplyDelete
  9. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Guru memiliki tugas yang berat tetapi mulia. Masa depan negeri ini juga ditentukan oleh kinerja guru dalam mendidik anak-anak bangsa untuk menjadi orang yang berguna. Pada kenyataannya, kinerja guru sampai saat ini mungkin masih kurang maksimal sesuai yang diharapkan. Di dalam kelas pun ketika pembelajaran berlangsung sebagian guru belum mampu menguasai siswa-siswanya. Hingga akhirnya tujuan pembelajaran pun tidak tercapai dengan optimal. Padahal sekarang ini paradigma pembelajaran telah ada perubahan ke arah lebih baik yaitu siswa harus aktif dalam pembelajaran. Tapi, ada guru belum bisa menempatkan diri sebagai seorang fasillitator yang baik dalam kegiatan pembelajaran seperti yang diharapkan sekarang ini yaitu pembelajaran yang bersifat student-centred. Penggunaan media dan metode yang belum begitu bervariasi. Padahal perkembangan teknologi begitu memudahkan segala aktivitas termasuk aktivitas pembelajaran di kelas yang diharapkan dapat lebih optimal dan inovatif jika dibantu dengan penggunaan teknologi yang tepat.

    ReplyDelete
  10. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Sebagai calon guru professional, terutama professional pendidikan matematika, maka sudah sepatutnya kita mencari sumber-sumber belajar dan referensi yang bisa digunakan sebagai bekal mengajar. Terimakasih saya ucapkan kepada Prof. Marsigit yang berkenan membagi link ini untuk bahan belajar. Saya juga menjadi bertambah wawasannya tentang pembelajaran di Jepang yang menerapkan Lesson Study. Ini patut kita contoh sebagai upaya perbaikan dalam bentuk pembelajaran kolaboratif.

    ReplyDelete
  11. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Selama manusia hidup, maka selama itu pula ia akan selalu belajar dimana saja dan kapan saja. Begitu juga sebagai seorang guru. Untuk menggapai guru yang profesional, ia harus selalu belajar, membaca, melakukan penelitian, melakukan lesson study, terbuka akan pembaruan, dsb. Kemajuan IPTEK memberikan dampak positif bagi kita, dimana tidak adanya batasan ruang dan waktu bagi seseorang untuk memperoleh informasi dan memperluas cakrawala pengetahuannya. Ada banyak sekali sumber bacaan yang dapat diakses oleh guru-guru Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi mereka dalam mengelola pembelajaran serta pastinya untuk meningkatkan mutu pendidikan Indonesia. Dan terimakasih Prof, link yang Prof share kepada kita semua sangat kaya akan pengetahuan dan dapat menambah sumber bacaan bagi saya khususnya.

    ReplyDelete
  12. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam tulisan Bapak pada tanggal 4 November 2014, saya mengetahui apa yang dimaksud dengan lesson study. Lesson study merupakan salah satu cara yang dapat digunakan sebagai usaha dalam meningkatkan profesionalitas guru.
    Melalui link yang Bapak bagikan disini, saya menjadi lebih mengetahui tentang lesson study,khususnya di Jepang bagaimana praktik lesson study dilakukan. Banyak kesulitan dan tantangan dalam melakukan lesson study, namun semua itu sebanding dengan manfaat yang didapatkan.

    ReplyDelete
  13. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Pada zaman era globalisasi ini semua akses informasi berkembang sangat cepat. Melalui informasi tersebut mendatangkan dampak yang luar biasa bagi siswa. Oleh karena itu siswa perlu pendamping yang dapat mengimbanginya yang menyesuaikan perkembangan zaman yang ada yaitu guru yang inovatif. Untuk menciptakan guru yang inovatif diperlukan kekerativitas yang tinggi. Kreativitas tersebut dapat dibentuk melalui pelatihan – pelatihan, lesson study, dan perkembangan kompetensi berkelanjutan guru.

    ReplyDelete
  14. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Banyak pembelajaran dari link-link yang Prof berikan. Dan perlu pendalaman dalam mengkajinya hingga kita bisa mengimplementasinya dalam proses pembelajaran yang kita lakukan. Terimakasih banyak atas sharing linknya Prof. Yang sangat saya pahami dari salah satu link tersebut adalah tentang lesson study, lesson study adalah kegiatan pengembangan pengajaran yang perlu memahami dan membahas tentang multiple intellegences, konstruktivisme, dan sebagainya. Namun dalam proyek Lesson tudy, yang dapat dikembangkan dari lesson study dapat berupa isi pengajarannya, yaitu tentang materinya, mengapa kita mengajari materi tsb, bagaimana kita mengajarinya, dan apa yang dipelajari siswa dari pembelajaran tsb.

    ReplyDelete
  15. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Lesson study merupakan model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Tetapi guru sebagai pendidik cenderung menyukai caranya mengajar dan tidak ingin menunjukkan cara mereka mengajar pada orang lain. Sehingga hal ini menimbulkan pekerjaan rumah bagi para pembina pelatihan untuk melihat kekurangan-kekurangan dalam proses pembelajaran dan dalam upaya memperbaikinya.

    ReplyDelete
  16. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Terima kasih atas beberapa link yang telah Bapak berikan. Dari informasi tersebut saya dapat mengetahui apa itu lesson study, bagaimana praktik leson study, kesulitan-kesulitan dalam praktik lesson study, dll yang sejujurnya sebelumnya saya masih awam dan sangat asing tentang istilah lesson study. Semoga link yang Bapak berikan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua dan dapat dijadikan referensi tentang lesson study. Dari beberapa link tersebut secara garis besar lesson study merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme guru atau kualitas guru dalam proses pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  17. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Profesional pada bidang pendidikan matematika dan matematika dalam melakukan penelitian, untuk mengembangkan dan meningkatkan diri dalam mengajar, memberi inovasi dalam strategi mengajar, dan juga menjadi referensi untuk yang lainnya untuk terus belajar dan memberikan kontribusinya terhadap pendidikan.

    ReplyDelete
  18. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Link-link mengenai gambaran lesson study tersebut sangat bermanfaat bagi para pembaca khususnya pendidik dan calon pendidik sebagai pengetahuan maupun referensi dalam kita nantinya melakukan / mengelola kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh guru

    ReplyDelete
  21. ORIZA DEVI FERBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Salah satu masalah atau topik pendidikan yang belakangan ini menarik untuk diperbincangkan yaitu tentang Lesson Study, yang muncul sebagai salah satu alternatif guna mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Seperti dimaklumi, bahwa sudah sejak lama praktik pembelajaran di Indonesia pada umumnya cenderung dilakukan secara konvensional yaitu melalui teknik komunikasi oral. Praktik pembelajaran konvesional semacam ini lebih cenderung menekankan pada bagaimana guru mengajar (teacher-centered) dari pada bagaimana siswa belajar (student-centered)

    ReplyDelete
  22. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran.

    ReplyDelete
  23. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih atas artikel artikel yang telah Bapak berikan, artikel artikel tersebut sangat bermanfaat terkhusus bagi saya yang masih awam mengenai hal hal tersebut, dan dapat menjadi acuan saya untuk kedepan ketika saya bisa menjadi guru

    ReplyDelete
  24. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya setuju dengan artikel artikel tersebut
    Lesson study dapat megubah dari teacher center ke student center
    pembelajaran yang masih menggunakan teacher center membuat siswa sulit berkembang karena siswa hanya mendengarkan apa yang dijelaskan oleh guru dan siswa tidak diberi kesempatan untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri

    ReplyDelete
  25. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Lesson study dapat meningkatkan hasil pembelajaran siswa. siswa diarahkan untuk mengkonstruk pengetahuaannya sendiri, ini adalah konsep meaningfull learning. suat pembelajaran dikatakan bermakna ketika siswa dapat mengkonstruk pengetahuaannya sendiri.

    ReplyDelete
  26. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Salah satu link yang saya buka ialah studi kolaboratif mengenai inovasi untuk pengajaran dan pembelajaran matematika dalam budaya yang berbeda diantara negara anggota APEC. Salah satu kesulitan dalam pembelajaran berasal dari kebiasaan dan guru jarang mengajak siswa untuk ikut berpartisipasi dalam pembelajaran matematika seperti proses menemukan suatu konsep matematika. Kebanyakan guru berpendapat bahwa suatu pembelajaran tidak berhasil atau tidak dapat mencapai tujuan yang diharapkan dikarenakan kurikulum yang digunakan, buku teks yang digunakan guru, orang tua dan berasal dari siswa itu sendiri. Salah satu cara untuk memecahkan masalah tersebut ialah dengan Lesson Study, dimana siswa dapat mengutarakan ide atau gagasannya dalam proses pembelajaran sehingga pembelajaran yang terjadi tidak hanya satu arah.

    ReplyDelete
  27. Fina Fitri Nurjannah
    14301244005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih Prof.Marsigit yang sudah memberikan banyak sumber belajar yang sangat bermanfaat untuk menambah ilmu. Salah satu artikel yang saya baca adalah Pendekatan Saintifik dan Implementasinya dalam Kurikulum 2013. Dalam kurikulum 2013 yang sejalan dengan paradigm constructivism terdapat banyak pilihan pendekatan seperti pendekatan kontekstual, kolaborasi, problem-based learning, invertigasi, dan lain-lain yang dapat digunakan guru untuk memfasilitasi berbagai karakteristik siswa dalam menemukan ide-ide mereka ketika membangun konsep.

    ReplyDelete
  28. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Lesson study adalah suatu proses sistematis yang digunakan oleh guru-guru Jepang untuk menguji keefektifan pengajarannya dalam rangka meningkat hasil pembelajaran. Lesson study merupakan salah satu metode pengembangan profesional guru. Guru-guru secara kolaboratif mengembangkan rencana dan perangkat pembelajaran, melakukan observasi, refleksi dan revisi rencana pembelajan secara bersiklus dan terus menerus.

    ReplyDelete
  29. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Terimakasih untuk Link-link di atas Pak Prof, saya jadinya tahu bahwa dosen-dosen saya telah meneliti banyak hal dan in menjadi motivasi untuk saya agar dapat melakukan hal yang sama. Sebagai sebuah negara yang besar, Indonesia membutuhkan SDM yang profesional dan handal dalam mendidik calon-calon penerus bangsa. Untuk menjadi yang lebih baik, Indonesia tidak hanya berbicara tentang kekayaan alam dan manusianya saja, tetapi melalui dunia pendidikan tinggi, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti mengambil langkah untuk mengelola tenaga pendidik agar menjadi lebih handal, aktif, dan kreatif. Berangkat dari hal itulah pada tanggal 30 Maret-1 April 2017, Direktorat Pembelajaran Ditjen Belmawa melaksanakan kegiatan Sosialisasi Lesson Study for Learning Community untuk dosen beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta yang berasal dari wilayah Indonesia bagian barat dan timur. Kegiatan ini bertujuan untuk membangun komunitas pembelajaran antar dosen sehingga terjadi kolaborasi dalam mengembangkan kualitas pembelajaran yang pada akhirnya tercipta kondisi dosen dan mahasiswa yang saling berkolaborasi dalam kegiatan transfer ilmu di perguruan tinggi. Maka para tenaga pendidik di perguruan tinggi memerlukan upaya yang lebih daripada menyampaikan ceramah di depan kelas tetapi bagaimana menjadi kreatif dan aktif agar dapat menciptakan mahasiswa yang professional, aktif, dan kreatif pula. Oleh karena itu sosialisasi kegiatan Lesson Study for Learning Community diharapkan mampu menjadi jembatan ke arah tersebut melalui pertukaran informasi dalam metode pembelajaran, penyusunan usulan program dan pelaporan Lesson Study.

    ReplyDelete
  30. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Sumber tautan yang bapak bagikan dalam tulisan ini sangat penting sekali. Terutama tentang Lesson Study. Karena tidak banyak bahasan tentang Lesson Study dari kelas kuliah. Sehingga sebagai mahasiswa, sebagai pendidik matematika, atau sebagai pemerhati pendidikan matematika harus mengetahui tentang Lesson Study ini. Karena ternyata, dengan melakukan Lesson Study, kita dapat dengan mudah memperbaiki proses belajar mengajar agar sesuai dengan keadaan dan kebutuhan pelajar. Tentu kembali lagi, jika kita ingin melakukan Lesson Study, harus sudah memiliki gambaran dan pengetahuan dulu tentang Lesson Study.

    ReplyDelete
  31. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study yang sudah umum dilaksanakan di Jepang hendaknya menjadi referensi kita dalam menerapkannya juga di Indonesia. Kita tahu bahwa pembelajaran yang baik dan inovatif salah satu caranya adalah dengan mengevaluasi pembelajaran yabg telah dilaksanakan dan memperbaikinya menjadi lebih baik. Lesson study memberikan fasilitas untuk menjalankan hal tersebut. Dengan saling bekerjasama dan saling berdiskusi, akan didapat cara atau hasil pengamatan yang efektif dan mendekati pembelajaran inovatif yang ideal, yaitu pembelajaran yang berbasis student centered

    ReplyDelete
  32. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Inovasi pembelajaran adalah suatu perubahan yang baru dan kualitatif dari hal yang sudah ada sebelumnya, serta sengaja diusahakan untuk meningkatkan kemampuan guna mencapai tujuan tertentu dalam pembelajaran. Pembelajaran adalah suatu sistem, maka inovasi pembelajaran harus mencakup hal-hal yang berhubungan dengan komponen sistem tersebut, baik dalam artian kurikulum, media, metode, kebijakan, maupun hal lain yang berhubungan dengan pembelajaran (Muzid, 2011). Salah satu cara untuk meningkatkan pengalaman adalah dengan banyak mmbaca. Lalu menterjemahkan apa yang ia baca melalui proses pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  33. Guru ataupun calon guru memang kita harus membekali diri kita dengan banyak ilmu dan wawasan. Dari sekian banyak artikel dalam referensi di link tersebut, pendekatan realistik menjadi hal yang menarik bagi saya. Pendekatan realistik adalah suatu upaya untuk menyatukan pure mathematics dan school mathematic secara bertahap. Matematika realistik dimulai dari benda-benda konkret sebagai titik awal bagi siswa guna memperoleh konsep matematika yang akan dimanipulasi siswa untuk untuk menunjang proses matematisasi konkret ke abstrak. Matematika realistik menjadi dasar dalam pembelajaran matematika. Sebagai dasar maka harus kokoh dan mampu menopang bangunan diatasnya. Matematika realistik sebagai pondasi. Matematika realistik diajarkan pada jenjang sekolah dasar atau materi yang terkait dengan masalah nyata.

    ReplyDelete
  34. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari link http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/, disebutkan hasil proyek lesson study dari APEC, bahwa secara umum proyek lesson study bermanfaat dalam perkembangan kualitas pendidikan matematika, dan diperlukan dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran inovatif. Namun pastilah dijumpai kesulitan dan tantangan dalam pengimplementasian lesson study, yaitu keterbatasan budaya. Tetapi yang ditekankan adalah, bahasa ataupun budaya bukan menjadi halangan dalam melaksanakan lesson study

    ReplyDelete
  35. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dijelaskan pula pada link seperti diatas, dipaparkan pula cara berbagi pengalaman lesson study yang baik, yaitu dengan mengembangkan model pengajaran menggunakan video. Selanjutnya yaitu berbagi lewat siaran langsung lewat internet. Selanjutnya mengembangkan teori-teori lokal untuk pengajaran matematika melalui lesson study.

    ReplyDelete
  36. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Lesson study sangat bermanfaat bagi perkembangan pendidikan di Indonesia bahkan negara negara lainnya. untuk mengembangkan pembelajaran bisa menggunakan media pembelajaran dll, kesulitan dan hambatan pasti akan ada, namun semua pasti ada solusinya.

    ReplyDelete
  37. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Perkembangan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintif mulai terlihat, sudah hampir sebagian sekolah di Indonesia menerapkan kurikulum 2013 sesuai dengan yang diputuskan pemerintah. pembelajaran dilakukan secara inovatif dan mengedepankan student center yaitu siswa mengkonstruksi pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  38. Indriyani Fatmi
    13301244031
    S1 Pendidikan Matematika 2013

    Terimakasih atas sumber-sumber yang Bapak berikan. Semoga berguna bagi mahasiswa dan khalayak umum. Kemuliaan seorang guru dilihat dari murid-muridnya.

    ReplyDelete
  39. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Teriakasih atas postingan Bapak yang berisi link-link yang bermanfaat bagi saya pribadi dan tentu sangat bermanfaat bagi para calon pendidik maupun pendidik guna meningkatkan mutu pendidikan.

    ReplyDelete
  40. Elli susilawati
    16709251073
    Pmat D

    Terimakasih bapak atas link-link yang diberikan tentu sangat bermanfaat. Ketika kita mau belajar dengan berbagai referensi banyak hal yang dapat kita peroleh. Journal internasional juga sebaiknya kita buka juga sbagai tambahan refernsi utk kita.

    ReplyDelete
  41. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Marsigit yang telah membagikan link-link tersebut. Link-link di atas menambah referensi dan juga wawasan saya pribadi tentang pendidikan dan juga pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  42. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Bismillah..
    Terima kasih kepada Bapak Marsigit atas referensi-referensi yang diberikan terkait pembelajaran matematika. Referensi tersebut sangat bermanfaat bagi saya pribadi sebagai calon guru untuk bekal mengajar di kemudian hari.

    ReplyDelete
  43. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. belajar hendaknya dilakukan secara berkelanjutan dan terus menerus agar ilmu yang dimiliki senantiasa berkembang. Terimakasih Prof. Marsigit atas link-link yang diberikan. Sangat bermanfaat dalam menambah wawasan saya tentang dunia pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  44. Tahtalia
    14301241031
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Terimakasih kepada Prof. Marsigit yang telah membagikan link untuk menambah referensi kami. Pendidik profesional sangat berperan penting dalam kemajuan dunia pendidikan. Pendidik profesional akan mampu mengambil sikap yang tepat dan mampu mengelola segala aspek dengan optimal untuk memfasilitasi siswa.

    ReplyDelete
  45. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Proyek Lesson Study dalam APEC membicarakan tentang permasalahan mengapa seorang guru mengajar materi tersebut, bagaimana kita mengajar, dan apa yang telah dipelajari dari pelajaran tersebut. Dalam proyek lesson study tersebut, guru-guru merasa tertantang dengan permasalahan open-ended.

    ReplyDelete
  46. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study yang diadakan antar negara sangat menarik. Menurut saya, lesson study penting dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas dalam mengajar di kelas. Apalagi dalam bacaan ini, lesson study dilakukan antar negara dimana seorang guru dapat berbagi ilmu dan pengalamannya dalam mengajar dengan guru lainnya dari berbagai negara.

    ReplyDelete
  47. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Seorang profesional dalam bidangnya tentu akan terus menerus melakukan inovasi dan tidak malu untuk terus mencari ilmu terkait bidang yang ditekuninya. Sebagai profesional dalam bidang matematika terutama dalam pendidikan, guru dituntut untuk terus melakukan inovasi. Karena guru merupakan ujung tombak bangsa, guru menentukan bagaimana generasi penerus bangsa kelak akan tercipta. Yang namanya inovasi tidak melulu harus menciptakan sesuatu, namun kita dapat melihat di berbagai negara yang sudah maju seperti Jepang, Singapura, Finlandia, dsb. Kita dapat menerapkan metode yang telah dikembangkan di negara lain, kemudian baru kita membuat beberapa perubahan agar sesuai dengan kebutuhan bangsa. Salah satu yang dapat dilakukan guru inovatif adalah lesson study, seperti di negara Jepang. Hal ini terbukti dapat meningkatkan pendidikan menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  48. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    link-link diatas merupakan referensi-referensi yang bagus untuk para profesional matematika dan pendidikan matematika untuk memperkaya pengetahuan. lesson study merupakan suatu kegiatan (bisa dikatakan penelitian) untuk mengembangkan proses pembelajaran agar dapat dievaluasi dan diperbaiki pada waktu-waktu berikutnya. lesson study sangat bermanfaat untuk guru (peneliti) guna mengetahui apa saja kemungkinan yang akan terjadi di dalam kelas (dari segi konstruksi pengetahuan oleh siswa). sehingga guru dapat mengevaluasi dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan.

    ReplyDelete
  49. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    Pendidikan Matematika A 2014

    Hal yang tidak boleh di tinggalkan oleh para profesional matematika adalah pengetahuannya tentang sejarah dan penggunaan matematika.

    ReplyDelete
  50. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih atas link yang telah bapak bagikan, sangat bermanfaat bagi saya untuk terus mengkaji lagi lesson study dan bagimana kondisi para pendidik saat ini untuk menngkatkan profesionalitasnya sebagai seorang guru.

    ReplyDelete
  51. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study menjadi tolak ukur atau indikator suatu guru bagaimana niat mereka untuk meningkatkan kualitas kompetensi mengajarnya. dengan berkolaborasi dengan guru yang lain untuk menentukan suatu pembelajaran yang efektif, guru dapat menambah wawasan mereka mengenai metode, variasi media dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  52. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Terima kasih buat dosen pengampu mata kuliah kami yang telah membuat blog yang sangat baik dimana di dalamnya telah terdapat link-link internet yang sangat bermanfaat bagi kami. Semoga perkembangan bidang matematika dapat selalu berjalan dan berkembang, sehingga kami sebagai calon pendidik ataupun yang sudah menjadi pendidik dapat membuat inovasi-inovasi di dalam pembelajaran matematika Ilmu jika disebarluaskan dalam bentuk tulisan akan lebih bermakna jika hanya disimpan di dalam pikiran. Dengan adanya informasi di atas akanmemberikan wawasan kepada kita para guru untuk lebih inovatf dalam pembelajaran berdasarkan ilmu dan informasi terbaru yang telah diperoleh. Teruslah mencari informasi yang ada agar inovasi pembelajaran lebih baik dari sebelumnya.

    ReplyDelete
  53. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih Prof. Marsigit atas link yang diberikan. Sangat bermanfaat dan membuka mata saya sebagai calon pendidik khususnya bidang matematika.

    ReplyDelete
  54. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Kompetensi harus dimiliki oleh tenaga profesional di bidangnya, khususnya dalam bidang pendidikan guru harus memiliki kompetensi agar tujuan dalam pendidikan nasional dapat diwujudkan. Kompetensi ini akan terus berkembang, salah satunya dapat melalui lesson study. Mengapa guru harus berkembang? Mengapa guru harus kreatif? Guru harus mengikuti perkembangan zaman agar pembelajaran menjadi inovatif dan menyenangkan sehingga muncul kesenangan siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  55. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Pendidik yang profesional memang sangat berperan penting dalam kemajuan dunia pendidikan. Pendidik yang profesional akan mampu mengambil sikap yang tepat dan mampu mengelola segala aspek sumber daya dengan optimal untuk memfasilitasi peserta didik mencapai prestasi optimalnya. Pendidik yang profesional akan mampu mengembangkan pengetahuannya menjadi lebih baik dengan mengikuti trend baru dunia pendidikan tanpa melupakan asar-asar dalam pembelajaran dan keprofesionalitasnya sebagai pendidik.

    ReplyDelete
  56. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menjadi Guru Matematika atau semua praktisi dalam bidang pendidikan matematika harus terlebih dahulu mempunyai banyak referensi. Referensi pengetahuan yang bervariasi akan membuat kita menjadi lebih terbiasa dan lebih mudah dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam bidang pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  57. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih Pak atas referensi yang diberikan. Dengan adanya referensi yang berlimpah ini saya yakin saya bisa menyelesaikan skripsi saya dengan baik. Saya bisa membaca referensi dari Bapak tentang Learning trajectory yang kebetulah merupakan salah satu fokus saya dalam skripsi saya. Semoga skripsi saya bisa lancar, maksimal, dan dipermudahkan serta bermanfaat untuk banyak orang.

    ReplyDelete
  58. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Lesson Study harus banyak diadakan di Indonesia. Lesson study akan bisa membantu para guru dalam menyikapi setiap permasalahan di dalam kelas. Dengan adanya diskusi guru dan pakar pendidikan maka mereka akan bisa tukar pendapat untuk memberukan solusi terbaik dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  59. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Matematika dan pendidikan matematika dapat dipandang sebagai proses hidup yang dinamis yang selalu memerlukan inovasi dan perbaikan dari waktu ke waktu sejalan dengan perkembangan zaman. Inovasi matematika dan pendidikan matematika termasuk pengembangan Lesson Study maupun Learning Trajectory diperlukan pemahaman tentang sejarah, landasan, filosofi, ideologi dan paradigma.

    ReplyDelete
  60. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Terima kasih Pak Marsigit, telah memberikan link yang bermanfaat sekali bagi pendidik dan calon pendidik seperti saya. Link tersebut membantu saya dalam menyelesaikan tugas akhir, karena saya membutuhkan banyak sekali referensi yang berkualitas.

    ReplyDelete
  61. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Jaman yang semakin maju dan modern membuat ilmu pengentahuan dan teknologi semakin berkembang. Sekarang ini, penggunaan teknologi semakin marak dan penting. Teknologi seperti kebutuhan pokok bagi masyaratkat saat ini. Begitu pula dengan internet sebagai salah satu teknologi informasi yang amat kita rasakan dampaknya.

    ReplyDelete
  62. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Penggunaan internet semakin marak, hampir disetiap aktivitas kita. Adanya internet menjadi media yang sangat membantu, termasuk dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan internet dalam dunia pendidikan dapat memberikan informasi kepada seorang guru yang dapat dijadikan refensi dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan. Seperti link-link diatas dapat dijadikan sebagai referensi bagi seorang guru untuk meningkatkan profesionalismenya.

    ReplyDelete
  63. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih aas pemberian referansi yang sangat berguna ini.
    Lesson study adalah model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar (Sumar Hendayana, dkk, 2009: 5). Sehingaga dengan adanya lesson study maka para peneliti dapat menukarkan ide dan gagasannya serta saling bertukar pikiran mengenai berbagai konsep yang ingin mereka buktikan.

    ReplyDelete
  64. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Jaman moderen pada abad pertengahan adalah titik balik cara pandang manusia terhadap dunia dan mencapai puncaknya hingga sekarang sebagai jaman kontemporer. Bangsa Indonesia yang besar secara geografis, tetapi masih kecil jika dilihat peran dan kontribusinya dalam menentukan narasi besar dan praksis pendidikan dan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  65. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Lesson study dapat membantu guru dalam meningkatkan kualitasnya. Lesson study ini pelaksaannya berkolaborasi dengan guru lain agar dapat saling mengevaluasi dan saling memberikan solusi terhadap kesulitan dan hambatan yang ditemu oleh guru. Selain itu sesame guru dapat bertukar pengalaman agar kedepannya pembelajaran yang dilakukan oleh guru dapat lebih maksimal dan tepat sasaran/tindakan yang dilakuakn oleh guru dalam pemilihan metode/pendekatan/media sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan siswa.

    ReplyDelete
  66. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam pembelajaran inovatif, siswa harus membangun pengetahuannya sendiri bukan guru memberikan pengetahuan untuk siswa. Pengetahuan yang dibangun oleh siswa akan teus berada di dalam long term memory sehingga siswa tidak mudah lupa dengan materi yang telah diberikan.

    ReplyDelete
  67. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran inovatif hendaknya mengaitkan matematika sekolah dengan kehidupan di luar sekolah. Siswa dapat mengetahui manfaat matemtaika yang dipelajari dengan kehidupan nyata sehingga siswa akan lebih mudah mencapai pemahaman.

    ReplyDelete
  68. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam pembelajaran inovatif peran guru adalah sebagai fasilitator. Guru hanya memfasilitasi siswa membangun pengetahuannya dan mengembangkan ketrampilan.

    ReplyDelete
  69. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas link yang Prof berikan. Dari link tersebut saya dapat mengetahui apa itu lesson study, bagaimana praktik leson study, kesulitan-kesulitan dalam praktik lesson study, dll. Walaupun saya belum memahami dengan jelas, tapi ini merupakan awal agar saya lebih banyak belajar lagi.

    ReplyDelete
  70. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ternyata, lesson study tidak hanya dilakukan di sekolah-sekolah atau universitas saja, tetapi bahkan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) atau kerjasama ekonomi asia pasifik pun juga melakukan lesson study, cek di http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/. Ini menunjukkan betapa pentingnya lesson study untuk membenahi pembelajaran yang dilakukan oleh guru, sehingga lembaga-lembaga yang lain pun turut andil dalam membenahi pendidikan, bukan hanya lembaga pendidikan saja.

    ReplyDelete
  71. Nurrita SAbrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasi pak atas referensinya ini berguna bagi saya untuk melihat perkembangan mengenai lesson study yang mana kebanyakan pendekatan yang digunakan dalam lesson study ini adalah open-ended yang kebetulan juga menjadi judul skripsi saya.

    ReplyDelete
  72. Nurrita SAbrina
    14301244010
    S1 Pendidikan matematika I 2014

    Pada postingan http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/ dijelaskan bahwa dalam persiapan melakukan lesson study yang menjadi fokus guru adalah bahan ajar , alasan urgensitas mempelajari materi tersebut, bagaimana mebajarnya serta apa yang siswa dapatkan ketika belajar materi tersebut. Ketika 4 hal tersebut dipertimbangkan guru menjadi lebih siap terkait materi yang akan disampaikan.

    ReplyDelete
  73. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pedndidikan Matematika I 2014

    Sepemahaman mengenai kesulitan penerapan lesson study adalah budaya guru yang terkadang memang kurang suka mengekspos bagaimana cara menagajar mereka padahal hal ini dapat meningkatkan kemapuan guru tersebut karena cara mengajar mereka diberikan masukan untuk menjadi lebih baik lagi. Mengutip dari http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/ yang mengatakan bahwa tantangannya merupakan budaya mereka sendiri.

    ReplyDelete
  74. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan adanya link-link tersebut guru maupun calon guru dapat mempelajari bagaimana lesson study dilakukan di sekolah. Lesson study tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan kualitas pendidikan matematika. Hal ini dikarenakan lesson study berupa kegiatan pembelajaran di kelas yang didampingi oleh para ahli dan guru lain sebagai pengamat dapat memberikan pembelajaran dan pengetahuan baru bagi guru model. Selain itu guru model juga dapat melakukan evaluasi terkait kesalahan-kesalahan yang dilakukan dalam pembelajaran. Kesulitan-kesulitan dalam melakukan pembelajaran juga dapat diidentifikasi yang kemudian dapat dicari solusinya secara bersama-sama

    ReplyDelete
  75. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Link-link yang ada pada postingan di atas memang sangat penting untuk dicermati, terutama bagi para guru dan calon guru. Salah satu link di atas membahas tentang Lesson Study. Lesson study memang perlu untuk diterapkan untuk dapat meningkatkan profesionalitas matematika dan meningkatkan pendidikan matematika. Dengan lesson study, guru akan belajar mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan aktif melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Sehingga akan selalu ada perbaikan pembelajaran yang akan semakin meningkatkan kualitas pendidikan.
    Dengan melihat praktik lesson study yang dilakukan di Jepang, guru dan pengamat pendidikan di Indonesia seharusnya dapat mempelajari bagaimana cara melakukan lesson study yang baik dan mencoba untuk menerapkannya.

    ReplyDelete
  76. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari salah satu link yang memuat file berjudul “The iceberg approach of learning fractions in junior high school”, dapat dipelajari bagaimana tingkatan pembelajaran matematika di sekolah khususnya pada materi pecahan dan bagaimana cara mengajarkannya kepada siswa sesuai dengan tahap perkembangan siswanya. Selain itu, dapat diketahui bahwa sebelum siswa belajar matematika, siswa harus mempersiapkan pikiran dan hatinya terlebih dahulu, agar dalam belajar matematika menjadi bermakna, bukan menjadi suatu bencana.

    ReplyDelete
  77. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Link-link dalam postingan ini berisi mengenai lesson study. Lesson study sendiri adalah upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Lesson study umunya dilakukan di sekolah, tetapi dapat juga dilakukan di universitas seperti postigan lain dalam blog Prof. Marsigit ini.

    ReplyDelete
  78. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study sangat penting dilakukan oleh guru agar dapat mengetahui sejauh mana suatu metode berhasil dilakukan dalam suatu kondisi. Sehingga dapat dilakukan inovasi atau perbaikan, karena metode-metode yang dipakai belum tentu cocok diterapkan di kelas dalam kondisi siswa tertentu.

    ReplyDelete
  79. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study juga dapat dijadikan sebagai suatu bahan penelitian yang dilakukan oleh guru. Penelitian tersebut dapat diterbitkan dalam sebuah jurnal yang nantinya akan sangat bermanfaat oleh guru-guru lain yang membacanya. Dapat dijadikan sumber referensi dan inspirasi dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  80. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study terus dilakukan dan dikembangkan oleh negara-negara seperti Jepang atau Australia untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan di negara mereka. Sehingga kualitas sumber daya manusia di sana juga kompeten untuk menunjang pertumbuhan Negara tersebut. Oleh karena itu di Indonesia juga perlu untuk diterapkan dan disosialisasikan lebih luas mengenai lesson study ini.

    ReplyDelete
  81. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih kepada Prof. Marsigit yang sudah membagikan link terkait dengan upaya meningkatkan profesionalitas guru. Salah satu upaya tersebut dapat dilakukan dengan Lesson Study. Lesson Study merupakan suatu pendekatan guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Guru-guru saling bekerja sama untuk mendesain pembelajaran guna mencapai tujuan belajar dan mengantisipasi bagaimana para siswa akan merespon.

    ReplyDelete
  82. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson Study dilakukan dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran serta melakukan refleksi. Adanya kegiatan melakukan refleksi dapat menambah masukan bagi guru guna menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete