Oct 24, 2014

Terlalu Sayang jika Dilewatkan bagi Profesional Matematika dan Pendidikan Matematika




Ass Wr Wb, berikut ini terlalu sayang jika dilewatkan bagi Profesional bidang Matematika dan
Pendidikan Matematika:
http://homepages.warwick.ac.uk/staff/David.Tall/downloads.html





Selamat mencoba mengakses, semoga bermanfaat. Amin
Wss Wr Wb
Marsigit

11 comments:

  1. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Lesson Study pada prinsipnya mempelajari tentang bagaimana guru praktek dalam penggunaan strategi pembelajaran dan penilaian. Dengan menyaksikan kegiatan nyata dalam kelas para guru belajar untuk mengembangkan dan menstrasfer fakta itu sebagai objek belajar yang berguna untuk melakukan perbaikan kerja dalam melaksanakan tugas masing-masing. Praktek ini diarahkan untuk mempelajari pendekatan khusus dalam meningkatkan keterampilan siswa sdalam belajar, menguasai materi pelajaran, atau mengembangkan keterampilan bekerja untuk menghasilkan produk belajar. Dalam proses Lesson Study kelompok guru mengidentifikasi kebutuhan murid belajar dan kemajuan mereka dalam proses belajar di dalam kelas serta kebutuhan melakukan perbaikan.

    ReplyDelete
  2. Lana Sugiarti
    16709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Terimakasih untuk link yang diberikan oleh Bapak. Saya merasa bangga melanjutkan study di Unversitas Negeri Yogyakarta karena dibekali banyak ilmu oleh dosen – dosen yang berpengalaman seperti yang saya lihat pada salah satu link yang bapak berikan. Selanjutnya, mengenai Lesson Study, bahwa Lesson Study adalah salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan untuk membangun komunitas belajar. Lesson Study menurut saya baik untuk diterapkan di Indonesia untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia karena banyak masalah terkait pendidikan di Indonesia. Dengan adanya Lesson Study ini diharapkan agar menciptakan terjadinya pemahaman berpikir dan belajar siswa serta meningkatkan kolaborasi pada sesama guru.

    ReplyDelete
  3. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Betapa pentingnya profesional matematika dan pendidikan matematika, maka perlunya peningkatan profesionalitas serta kualitas pendidikan yang berkelanjutan khususnya matematika sehingga tidak ada lagi kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Oleh karena itu, saya ucapkan terima kasih prof yang telah membagikan sumber serta ilmunya untuk kemajuan pendidikan khususnya pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  4. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Artikel berjudul “The iceberg approach of learning fractions in junior high school” memberikan gambaran kepada guru untuk mampu mengembangkan pembelajaran matematika tentang pecahan di SMP menjadi pembelajaran yang lebih bermakna dengan membangun konsep pecahan dari dunia nyata yang sering dialami dan dijumpai oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pendekatan gunung es dari pembelajaran pecahan di SMP, langkah dasar yang dilakukan guru adalah memberikan gambaran konkret kepada siswa mengenai hal-hal nyata yang berkaitan dengan pecahan, kemudian pembentukan skema dari hal-hal nyata tersebut, selanjutnya membangun pengetahuan siswa dan pada ahkirnya atau puncaknya meneukan sebuah konsep pecahan yang formal abstrak. Untuk dapat memberikan penanaman konsep yang baik dalam pembelajaran matematika seorang guru perlu mengembangkan bermacam-macam metode pembelajaran, pendekatanan pembelajaran dan interaksi yang baik dengan siswanya.

    ReplyDelete
  5. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Adanya internet menjadi media yang sangat membantu, termasuk dalam dunia pendidikan. Pemanfaatan internet dalam dunia pendidikan dapat memberikan informasi kepada seorang guru yang dapat dijadikan refensi dalam proses pembelajaran guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang telah dirumuskan. Seperti link-link diatas dapat dijadikan sebagai referensi bagi seorang guru untuk meningkatkan profesionalismenya.

    ReplyDelete
  6. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Dalam informasi di atas sangat bermanfaat bagi kita untuk lebih inovatif dalam pembelajaran. Banyak artikel-artikel serta jurnal yang dapat menambah wawasan kita dalam dunia pendidikan, bahkan bisa kita jadikan referensi dalam pembelajaran dimasa saat ini. Merubah kebiasaan pembelajaran di masa lalu seperti merubah kebiasaan yang sangat susah, namun dengan perlahan kita pasti akan bisa merubah pembelajaran berpusat pada guru menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  7. Asslamu'alaikum wr.wb.
    Terima kasih bapak, telah menunjukkan link ini. Sangat membantu untuk menemukan beberapa journal-journal pendidikan matematika yang berkualitas. Lesson study kegiatan kolaboratif melalui proses siklus dalam merancang pembelajaran dengan tujuan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Misalnya guru bersama-sama merancang RPP secara rinci, kemudian diaplikasikan oleh salah seorang guru dan diamati oleh guru lain. Hasil pengamatan didiskusikan untuk mencari ide-ide bagaimana meningkatkan pembelajaran yang berkualitas. Lesson Study adalah salah satu kegiatan yang dapat berkontribusi dalam perbaikan kualitas pembelajaran di kelas, oleh karena itu kegiatan seharusnya mendapat aspresiasi dari pelaku-pelaku pendidikan sebagai upaya untuk memperbaiki pendidikan.

    ReplyDelete
  8. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Terima kasih kembali yang tak terhingga kepada bapak prof marsigit yang telah memebrikan link yang berisi ilmu yang sangatb berguna bagi saya kedepannya. Kitya tahu lesson study adalah salah satu model pembinaan profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan untuk membangun komunitas belajar. Yang mana lessonnstudy ini guru selalu memebuat penelitian setiap kali mengajar tidak hanya mengajar saja akan tetapi setipa guru mengajar dia memeng selalu bereksperimen. Sehingga lesson study dangatbbaik di terapkan pada pembelajaran sekarang ini. Apalagi di jepang lesson study sudah menajdi bagian kehidupan sehari-hari bagi guru disana yang mengajar.

    ReplyDelete
  9. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Guru memiliki tugas yang berat tetapi mulia. Masa depan negeri ini juga ditentukan oleh kinerja guru dalam mendidik anak-anak bangsa untuk menjadi orang yang berguna. Pada kenyataannya, kinerja guru sampai saat ini mungkin masih kurang maksimal sesuai yang diharapkan. Di dalam kelas pun ketika pembelajaran berlangsung sebagian guru belum mampu menguasai siswa-siswanya. Hingga akhirnya tujuan pembelajaran pun tidak tercapai dengan optimal. Padahal sekarang ini paradigma pembelajaran telah ada perubahan ke arah lebih baik yaitu siswa harus aktif dalam pembelajaran. Tapi, ada guru belum bisa menempatkan diri sebagai seorang fasillitator yang baik dalam kegiatan pembelajaran seperti yang diharapkan sekarang ini yaitu pembelajaran yang bersifat student-centred. Penggunaan media dan metode yang belum begitu bervariasi. Padahal perkembangan teknologi begitu memudahkan segala aktivitas termasuk aktivitas pembelajaran di kelas yang diharapkan dapat lebih optimal dan inovatif jika dibantu dengan penggunaan teknologi yang tepat.

    ReplyDelete
  10. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Sebagai calon guru professional, terutama professional pendidikan matematika, maka sudah sepatutnya kita mencari sumber-sumber belajar dan referensi yang bisa digunakan sebagai bekal mengajar. Terimakasih saya ucapkan kepada Prof. Marsigit yang berkenan membagi link ini untuk bahan belajar. Saya juga menjadi bertambah wawasannya tentang pembelajaran di Jepang yang menerapkan Lesson Study. Ini patut kita contoh sebagai upaya perbaikan dalam bentuk pembelajaran kolaboratif.

    ReplyDelete
  11. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Selama manusia hidup, maka selama itu pula ia akan selalu belajar dimana saja dan kapan saja. Begitu juga sebagai seorang guru. Untuk menggapai guru yang profesional, ia harus selalu belajar, membaca, melakukan penelitian, melakukan lesson study, terbuka akan pembaruan, dsb. Kemajuan IPTEK memberikan dampak positif bagi kita, dimana tidak adanya batasan ruang dan waktu bagi seseorang untuk memperoleh informasi dan memperluas cakrawala pengetahuannya. Ada banyak sekali sumber bacaan yang dapat diakses oleh guru-guru Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi mereka dalam mengelola pembelajaran serta pastinya untuk meningkatkan mutu pendidikan Indonesia. Dan terimakasih Prof, link yang Prof share kepada kita semua sangat kaya akan pengetahuan dan dapat menambah sumber bacaan bagi saya khususnya.

    ReplyDelete