Oct 24, 2014

Terlalu Sayang jika Dilewatkan bagi Profesional Matematika dan Pendidikan Matematika




Ass Wr Wb, berikut ini terlalu sayang jika dilewatkan bagi Profesional bidang Matematika dan
Pendidikan Matematika:
http://homepages.warwick.ac.uk/staff/David.Tall/downloads.html





Selamat mencoba mengakses, semoga bermanfaat. Amin
Wss Wr Wb
Marsigit

93 comments:

  1. Indriyani Fatmi
    13301244031
    S1 Pendidikan Matematika 2013

    Terimakasih atas sumber-sumber yang Bapak berikan. Semoga berguna bagi mahasiswa dan khalayak umum. Kemuliaan seorang guru dilihat dari murid-muridnya.

    ReplyDelete
  2. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Teriakasih atas postingan Bapak yang berisi link-link yang bermanfaat bagi saya pribadi dan tentu sangat bermanfaat bagi para calon pendidik maupun pendidik guna meningkatkan mutu pendidikan.

    ReplyDelete
  3. Elli susilawati
    16709251073
    Pmat D

    Terimakasih bapak atas link-link yang diberikan tentu sangat bermanfaat. Ketika kita mau belajar dengan berbagai referensi banyak hal yang dapat kita peroleh. Journal internasional juga sebaiknya kita buka juga sbagai tambahan refernsi utk kita.

    ReplyDelete
  4. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Marsigit yang telah membagikan link-link tersebut. Link-link di atas menambah referensi dan juga wawasan saya pribadi tentang pendidikan dan juga pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  5. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Bismillah..
    Terima kasih kepada Bapak Marsigit atas referensi-referensi yang diberikan terkait pembelajaran matematika. Referensi tersebut sangat bermanfaat bagi saya pribadi sebagai calon guru untuk bekal mengajar di kemudian hari.

    ReplyDelete
  6. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. belajar hendaknya dilakukan secara berkelanjutan dan terus menerus agar ilmu yang dimiliki senantiasa berkembang. Terimakasih Prof. Marsigit atas link-link yang diberikan. Sangat bermanfaat dalam menambah wawasan saya tentang dunia pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  7. Tahtalia
    14301241031
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Terimakasih kepada Prof. Marsigit yang telah membagikan link untuk menambah referensi kami. Pendidik profesional sangat berperan penting dalam kemajuan dunia pendidikan. Pendidik profesional akan mampu mengambil sikap yang tepat dan mampu mengelola segala aspek dengan optimal untuk memfasilitasi siswa.

    ReplyDelete
  8. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Proyek Lesson Study dalam APEC membicarakan tentang permasalahan mengapa seorang guru mengajar materi tersebut, bagaimana kita mengajar, dan apa yang telah dipelajari dari pelajaran tersebut. Dalam proyek lesson study tersebut, guru-guru merasa tertantang dengan permasalahan open-ended.

    ReplyDelete
  9. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study yang diadakan antar negara sangat menarik. Menurut saya, lesson study penting dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas dalam mengajar di kelas. Apalagi dalam bacaan ini, lesson study dilakukan antar negara dimana seorang guru dapat berbagi ilmu dan pengalamannya dalam mengajar dengan guru lainnya dari berbagai negara.

    ReplyDelete
  10. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Seorang profesional dalam bidangnya tentu akan terus menerus melakukan inovasi dan tidak malu untuk terus mencari ilmu terkait bidang yang ditekuninya. Sebagai profesional dalam bidang matematika terutama dalam pendidikan, guru dituntut untuk terus melakukan inovasi. Karena guru merupakan ujung tombak bangsa, guru menentukan bagaimana generasi penerus bangsa kelak akan tercipta. Yang namanya inovasi tidak melulu harus menciptakan sesuatu, namun kita dapat melihat di berbagai negara yang sudah maju seperti Jepang, Singapura, Finlandia, dsb. Kita dapat menerapkan metode yang telah dikembangkan di negara lain, kemudian baru kita membuat beberapa perubahan agar sesuai dengan kebutuhan bangsa. Salah satu yang dapat dilakukan guru inovatif adalah lesson study, seperti di negara Jepang. Hal ini terbukti dapat meningkatkan pendidikan menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  11. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    link-link diatas merupakan referensi-referensi yang bagus untuk para profesional matematika dan pendidikan matematika untuk memperkaya pengetahuan. lesson study merupakan suatu kegiatan (bisa dikatakan penelitian) untuk mengembangkan proses pembelajaran agar dapat dievaluasi dan diperbaiki pada waktu-waktu berikutnya. lesson study sangat bermanfaat untuk guru (peneliti) guna mengetahui apa saja kemungkinan yang akan terjadi di dalam kelas (dari segi konstruksi pengetahuan oleh siswa). sehingga guru dapat mengevaluasi dan mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan.

    ReplyDelete
  12. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    Pendidikan Matematika A 2014

    Hal yang tidak boleh di tinggalkan oleh para profesional matematika adalah pengetahuannya tentang sejarah dan penggunaan matematika.

    ReplyDelete
  13. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih atas link yang telah bapak bagikan, sangat bermanfaat bagi saya untuk terus mengkaji lagi lesson study dan bagimana kondisi para pendidik saat ini untuk menngkatkan profesionalitasnya sebagai seorang guru.

    ReplyDelete
  14. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study menjadi tolak ukur atau indikator suatu guru bagaimana niat mereka untuk meningkatkan kualitas kompetensi mengajarnya. dengan berkolaborasi dengan guru yang lain untuk menentukan suatu pembelajaran yang efektif, guru dapat menambah wawasan mereka mengenai metode, variasi media dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  15. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Terima kasih buat dosen pengampu mata kuliah kami yang telah membuat blog yang sangat baik dimana di dalamnya telah terdapat link-link internet yang sangat bermanfaat bagi kami. Semoga perkembangan bidang matematika dapat selalu berjalan dan berkembang, sehingga kami sebagai calon pendidik ataupun yang sudah menjadi pendidik dapat membuat inovasi-inovasi di dalam pembelajaran matematika Ilmu jika disebarluaskan dalam bentuk tulisan akan lebih bermakna jika hanya disimpan di dalam pikiran. Dengan adanya informasi di atas akanmemberikan wawasan kepada kita para guru untuk lebih inovatf dalam pembelajaran berdasarkan ilmu dan informasi terbaru yang telah diperoleh. Teruslah mencari informasi yang ada agar inovasi pembelajaran lebih baik dari sebelumnya.

    ReplyDelete
  16. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan adanya link-link tersebut guru maupun calon guru dapat mempelajari bagaimana lesson study dilakukan di sekolah. Lesson study tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan kualitas pendidikan matematika. Hal ini dikarenakan lesson study berupa kegiatan pembelajaran di kelas yang didampingi oleh para ahli dan guru lain sebagai pengamat dapat memberikan pembelajaran dan pengetahuan baru bagi guru model. Selain itu guru model juga dapat melakukan evaluasi terkait kesalahan-kesalahan yang dilakukan dalam pembelajaran. Kesulitan-kesulitan dalam melakukan pembelajaran juga dapat diidentifikasi yang kemudian dapat dicari solusinya secara bersama-sama

    ReplyDelete
  17. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Link-link yang ada pada postingan di atas memang sangat penting untuk dicermati, terutama bagi para guru dan calon guru. Salah satu link di atas membahas tentang Lesson Study. Lesson study memang perlu untuk diterapkan untuk dapat meningkatkan profesionalitas matematika dan meningkatkan pendidikan matematika. Dengan lesson study, guru akan belajar mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan aktif melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Sehingga akan selalu ada perbaikan pembelajaran yang akan semakin meningkatkan kualitas pendidikan.
    Dengan melihat praktik lesson study yang dilakukan di Jepang, guru dan pengamat pendidikan di Indonesia seharusnya dapat mempelajari bagaimana cara melakukan lesson study yang baik dan mencoba untuk menerapkannya.

    ReplyDelete
  18. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari salah satu link yang memuat file berjudul “The iceberg approach of learning fractions in junior high school”, dapat dipelajari bagaimana tingkatan pembelajaran matematika di sekolah khususnya pada materi pecahan dan bagaimana cara mengajarkannya kepada siswa sesuai dengan tahap perkembangan siswanya. Selain itu, dapat diketahui bahwa sebelum siswa belajar matematika, siswa harus mempersiapkan pikiran dan hatinya terlebih dahulu, agar dalam belajar matematika menjadi bermakna, bukan menjadi suatu bencana.

    ReplyDelete
  19. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Link-link dalam postingan ini berisi mengenai lesson study. Lesson study sendiri adalah upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Lesson study umunya dilakukan di sekolah, tetapi dapat juga dilakukan di universitas seperti postigan lain dalam blog Prof. Marsigit ini.

    ReplyDelete
  20. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study sangat penting dilakukan oleh guru agar dapat mengetahui sejauh mana suatu metode berhasil dilakukan dalam suatu kondisi. Sehingga dapat dilakukan inovasi atau perbaikan, karena metode-metode yang dipakai belum tentu cocok diterapkan di kelas dalam kondisi siswa tertentu.

    ReplyDelete
  21. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study juga dapat dijadikan sebagai suatu bahan penelitian yang dilakukan oleh guru. Penelitian tersebut dapat diterbitkan dalam sebuah jurnal yang nantinya akan sangat bermanfaat oleh guru-guru lain yang membacanya. Dapat dijadikan sumber referensi dan inspirasi dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  22. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study terus dilakukan dan dikembangkan oleh negara-negara seperti Jepang atau Australia untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan di negara mereka. Sehingga kualitas sumber daya manusia di sana juga kompeten untuk menunjang pertumbuhan Negara tersebut. Oleh karena itu di Indonesia juga perlu untuk diterapkan dan disosialisasikan lebih luas mengenai lesson study ini.

    ReplyDelete
  23. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih kepada Prof. Marsigit yang sudah membagikan link terkait dengan upaya meningkatkan profesionalitas guru. Salah satu upaya tersebut dapat dilakukan dengan Lesson Study. Lesson Study merupakan suatu pendekatan guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Guru-guru saling bekerja sama untuk mendesain pembelajaran guna mencapai tujuan belajar dan mengantisipasi bagaimana para siswa akan merespon.

    ReplyDelete
  24. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson Study dilakukan dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran serta melakukan refleksi. Adanya kegiatan melakukan refleksi dapat menambah masukan bagi guru guna menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  25. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Terima kasih, pak. Karena kecintaan saya terhadap matematika sulit diungkapkan dengan kata2, maka saya akan mencoba untuk tidak melewatkan seluruh arahan berupa referensi-refenrensi yang bapak bagikan demi kebaikan kami. Sekali lagi, terima kasih, pak. Wassalam!!

    ReplyDelete
  26. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Bacaan-bacaan tersebut akan membantu kita dalam meningkatkan kapasitas kita sebagai guru matematika dan juga mendukung penegmbangan pembelajaran yang inovatif. Diantaranya ialah bahasan tentang lesson study. Lesson study merupakan wadah bagi guru-guru untuk berkolaborasi dalam mengatasi permasalahan yang muncul di dalam melakukan pembelajaran, baik mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, hingga evaluasinya. Lesson study juga dapat menjadi sarana untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang didasarkan pada masalah nyata yang dihadapi. Guru-guru juga dapat saling bertukar pendapat untuk membangun pembelajaran yang inovatif. Lesson study ini sangat penting karena guru tidak mungkin dapat berdiri sendiri untuk menemukan solusi atas semua permasalahan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  27. Junianto
    PM C
    17709251065

    Proses pembelajaran hendaknya mengacu pada sumber yang tidak terbatas. Adanya link-link yang bapak berikan bisa membantu pendidik untuk mengetahui sumber-sumber pembelajaran. Salah satunya mengenai lesson study, dimana terdapat 6 fokus area lesson study dalam pembelajaran matematika:
    1. Mathematical Thinking
    2. Problem Solving
    3. Teachers' Questioning
    4. Board Writing
    5. Note Taking
    6. Facilitating a Whole-Class Discussion

    ReplyDelete
  28. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih Pak Prof. atas sharing link yang berkaitan dengan bidang matematika dan pendidikan matematika. Sumber-sumber belajar ini akan sangat bermanfaat bagi kami para mahasiswa maupun bagi pihak-pihak lain yang membutuhkan. Dimana akan menambah wawasan dalam pengkajian pembelajaran, terutama dalam pengkajian lesson study. Lesson study ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pembelajaran oleh guru sehingga akan membawa pemahaman yang baik bagi guru saat mengajar dan bagi siswa saat belajar.

    ReplyDelete
  29. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Sebenarnya apa yang bapak berikan ini bukan hanya terlalu sayang bagi para profesional matematika dan pendidikan matematika saja, namun bagi para calon profesional guru juga sangat disayangkan jika dilewatkan. Sebenarnya ini merupakan sedikit dari sekian banyak sumber yang harus dibaca dan dipelajari oleh banyak calon profesional pendidik. Karena hal-hal yang menyangkut pendidikan jika kita lihat contohnya pada blog prof. Marsigit, itu sangatlah bermanfaat agar kita tahu posisi murid, guru, baha ajar, kurikulum dan lain sebagainya. Semakain banyak membaca kita akan semakin merasa bodoh.. karena terlalu banyak ilmu yang belum kita dapatkan. Atau bisa dikatakan ilmu yang kita dapatkan masih belum banyak. Jika kita menganut faham foundasionalism, seharusnya apapun yang kita lakukan untuk memberikan ilmu seharusnya selalu berlandaskan pada suatu teori. Namun, ternyata kita sering kali berbagi ilmu sesuai dengan pemahaman kita dengan alasan lupa landasan yang kita anut. Jadi, membaca adalah cara memperkuat landasan kita dalam melakukan berbagai kegiatan.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete

  30. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Terima kasih banyak pak telah banyak berbagi informasi dan ilmunya.Setelah mencoba membuka sebagian link tersebut ,terdapat banyak arsip atau materi terkait dengan matematika.Saya juga menemukan berbagai nama Dosen yang mengajar di Fakaultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Informasi ini akan menambah pengalaman kami dalam mengakses ilmu pengetahuan guna menambah rasa ingin tahu kami dalam menggali sebuah informasi.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  31. Nama : I Nyoman Indhi Wiradika
    NIM : 17701251023
    Kelas : PEP B

    Terima kasih banyak Prof. sekalipun link yang nomor urut dua dari atas tidak dapat saya akses, namun link lainnya dapat saya akses secara leluasa. Sangat berguna bagi kami sebagai pembelajar untuk terus menggali potensi kami. Semoga, referensi-referensi yang kaya akan manfaat lainnya dapat dibagikan ke dalam blog ini.

    ReplyDelete
  32. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Terimakasih atas link-link yang telah bapak posting, walau nomor urut 2 sudah tidak bisa di buka lagi.
    Link bacaan yang telah bapak bagikan merupakan bacaan yang ada di dunia pendidikan dengan tujuan untuk membuat para guru lebih suka membaca agar menambah pengetahuan dalam membuat pembelajaran di kelas lebih maksimal dan berkesan bagi siswa. Bacaan tersebut juga akan sangat membantu guru dalam membuat rencana belajar yang lebih kreatif, dan mengaplikasikan rencana pembelajaran yang telah disusun itu.

    ReplyDelete
  33. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof atas link yang di share pada artikel diatas. Insya Allah akan sangat bermanfaat bagi kami selaku calon tenaga pendidik.

    ReplyDelete
  34. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Terimakasih pak atas link yang suda dibagikan pada postingan ini. Dari beberapa link yang ada ini menjelaskan mengenai lesson study namun ada satu laman yang sudah tidak bisa diakses lagi. Dari salah satu link yang saya baca ada yang mengatakan bahwa guru biasanya menyukai cara mengajarnya sendiri dan tidak mau memperlihatkan kepada orang lain. Namun, lesson study penting salah satunya untuk membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya. Selain itu dengan lesson study guru dapat merefleksikan pembelajaran dia selama ini apakah masih ada yang perlu diperbaiki agar siswa lebih termotivasi, efektif dan dapat memahami apa yang disampaikan pada pembelajaran yang diberikan oleh guru.

    ReplyDelete
  35. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Dalam link-link diatas disajikan tentang lesson study. Lesson study sendiri dipandang sebagai suatu sarana yang dapat digunakan oleh guru model sebagai bahan acuan tentang sejauh mana kualitas pembelajaran yang telah ia lakukan sehingga nantinya dapat mengubah kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan menjadi lebih bailk. Yang dihaapkan dapat berguna meningkatkan kualitas guru serta pemahaman siswa. Karena dalam lesson study pengamatan langsung dilakukan oleh para ahli dibidangnya, sehingga menjadikan hasil evaluasi lebih berkualitas.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  36. indah purnama sari
    17701251035
    PEP B 2017

    terimakasih prof atas ilmu yang diberikan melalui link link diatas, dari link link tsb memberikan saya info tentang lesson study, yang mana dari lesson studu guru dapat menjadi model pembelajaran sebagai acuan tentang sejauh mana kualitas pembelajaran yang telah ia berikan dan nantinya dr acuan tersebut membuat dia dapat melakukan pengajaran dalam pembelajaran menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  37. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Pada link di atas terdapat link staff atau dosen fmipa uny. Pendidikan, penelitian, dan pengabdian merupakan tiga kewajiban utama bagi setiap dosen. Hal ini tentunya akan berguna bagi dosen di kampus lain atau bagi calon-calon dosen.

    ReplyDelete
  38. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih Bapak atas share link-link di atas. Semoga kami dapat memanfaatkan referensi-referensi tersebut dengan maksimal dan bijaksana.

    ReplyDelete
  39. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Mengomentari sebuah artikel dari beberapa pilihan di atas, saya tertarik dengan lesson study yang diadakan di beberapa negara anggota APEC. Para guru mengakui biasanya mereka hanya peduli bagaimana siswa belajar, siswa memahami, dan lain-lainnya namun dengan adanya lesson study membuka pikiran bahwa style mengajar guru yang berbeda-beda juga patut dijadikan suatu fokus dan kajian mendalam. Dengan latar belakang yang berbeda-beda di setiap negara, guru yang berasal dari negara A mengajar di kelas yang berisi siswa dari negara B akan merasakan perbedaan yang sangat jauh walaupun percakapan sudah diterjemahkan. Selain itu, tantangan untuk mengotak atik atau meng-custom perangkat pembelajaran yang sudah didesain oleh pemerintah memang menjadi kajian yang sangat menarik, mengingat sebagian besar guru mungkin hanya megimplementasikan yang sudah ada tanpa berusaha mencocokkan dengan gaya dan budaya di sekitarnya. Lesson study lintas negara dalam kurun waktu yang panjang ternyata menghasilkan berbagai temuan-temuan menarik sesuai dengan yang terjadi di lapangan.

    ReplyDelete
  40. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Terimakasih Bapak Marsigit atas ilmu yang telah dibagikan. Ini sangat membantu bagi kami calon pendidik. Pandangan kita menjadi luas dan kita dpat mendesian pembelajaran yang cocok diterapkan. Ketika menerapkan juga harus melihat kesesuaian dengan siswa dilihat dari karakteristik siswa dan kemampuan berfikir siswa.

    ReplyDelete
  41. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Salah satu laman dari link yang dibagikan di atas membahas mengenai lesson study. Lesson study merupakan program pengembangan profesional guru yang pertama kali dikembangkan di Jepang. Lesson study bertujuan untuk membuat pembelajaran di kelas lebih bermakna melalui riset kolaboratif. Skema pembelajaran lesson study terdiri dari 3 tahap yaitu, Plan, Do, and See. Plan merupakan perencanaan awal lesson study berisi pengkajian masalah awal kemudian menyiapkan perangkat serta model pembelajaran yang sesuai. Do merupakan pelaksanaan lesson study oleh tim guru, seorang menjadi guru model, beberapa orang lain berperan sebagai guru pendukung (asisten guru model) dan beberapa praktisi pendidikan yang berperan sebagai obserser. Tahap terakhir yaitu See, yang merupakan refleksi dari pelaksanaan lesson study. Dalam hal ini disampaikan hasil pelaksanaan dan saran yang berfungsi sebagai masukan untuk perbaikan dari pelaksanaan lesson study tersebut.

    ReplyDelete
  42. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pada salah satu artikel bapak pada academia.edu, disebutkan bahwa matematika ada dua yaitu matematika murni dan matematika sekolah. Matematika murni disini bersifat analitik apriori, karena merupakan hal yang abstrak dan tidak terikat ruang dan waktu. Sedangkan matematika sekolah bersifat sintetik aposteori karena nyata dan terikat ruang dan waktu. Guru perlu memahami dua macam matematika tersebut sehingga dalam mengajarkan matematika kepada siswa bisa sesuai perkembangan pikiran mereka.

    ReplyDelete
  43. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Iya benar sekali Pak terlalu sayang jika dilewatkan bagi calon pendidik matematika, sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak Pak atas link yang Bapak berikan. Dari link-link tersebut saya dapat mempelajari mengenai kajian kurikulum matematika, bagaimana cara mengatasi krisis bangsa melalui pendidikan, khususnya pendidikan matematika, dan juga mengenai lesson study. Lesson study merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan merujuk pada tujuan pembelajaran yang diharapkan. Dimana fokus utama dari lesson study ini adalah aktivitas siswa, dengan harapan aktivitas siswa terkait dengan aktivitas guru selama mengajar.

    ReplyDelete
  44. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Ilmu yang dimiliki seseorang akan lebih bermanfaat apabila dapat dibagikan kepada orang lain dengan cara menjadikan ilmunya sebagai sumber belajar. Sumber belajar dapat berasal dari mana saja, e-book, buku, blog, visual, audio, dll. Sumber bacaan tersebut dapat dijadikan oleh kita sebagai sumber referensi dan berbagai macam penelitian dan pendapat orang sudah terangkum dalam berbagai sumber bacaan. Tinggal kita yang memiliki kemauan untuk membaca atau tidak apalagi dengan teknologi yang semakin maju semakin memudahkan kita dalam mencari ilmu, karena semua itu tergantung niat seseorang apakah dengan membaca sumber bacaan mau menambah pengetahuan atau tidak?

    ReplyDelete
  45. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Terima kasih atas tambahan ilmu yang bapak berikan melalui link-link diatas. Link-link tersebut Insya Allah akan memberikan banyak manfaat kepada kami, apalagi saya dan beberapa teman disini yang berasal dari lulusan s1 matematika yang belum mendapatkan ilmu pendidikan pada jenjang s1.

    ReplyDelete
  46. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Link-link yang diberikan di atas sangat bermanfaat bagi kami, karena link-link tersebut memuat banyak materi dan hasil penelitian besertakajian tentang pendidikan matematika. Hal tersebut akan menambah wawasan dan juga memotivasi kami untuk bisa berkarya untuk meningkatkan profesionalisme kami sebagai pendidik.

    ReplyDelete
  47. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Dari beberapa link tersebut, ada yang sudah kadaluarsa prof. Terimakasih sudah share link mengenai matematika prof. Salah satunya mengenai artikel yang untuk saat ini sangat ebrmanfaat bagi saya untuk menjadikan referensi dalam penulisan penelitian sebagai tugas kuliah. Dan juga saya mendapatkan ilmu dari prof marsigit tentang pembelajaran lesson studi di luar negri.

    ReplyDelete
  48. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Terimakasih pak atas sharing link di atas. Sebagaimana judul artikel ini, saya secara khusus menyimpan postingan ini agar sewaktu-waktu dapat dijadikan referensi. Dari https://uny.academia.edu/MarsigitHrd saya juga mohon ijin pak untuk mendownload beberapa artikel untuk dijadikan bahan inspirasi/rujukan tugas. Untuk http://hrd.apec.org/index.php/Portal:_Lesson_Study sudah tidak bisa diakes pak. Untuk link terakhir juga tidak kalah menarik, kami bisa kenal lebih dekat dengan dosen-dosen pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  49. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Seiring dengan perkembangan jaman, guru matematika dituntut harus bisa profesional dimana guru harus dapat mengikuti perkembangan IPTEK. Guru harus bisa menyikapi perkembangan IPTEK dengan menggunakannya dalam pembelajaran. Karena dengan perkembangan IPTEK yang semakin maju diharapkan guru dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan. IPTEK dapat digunakan guru sebagai referensi dalam memilih metode, materi dan hal-hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru profesional harus dapat mengikuti perkembangan jaman dengan baik, denga harapan semakin memperudah siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  50. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C
    Membuka salah satu link terseburt saya menemukan artikel menarik mengenai pembelajaran aritmatika dan aljabar yang bermakna. Dalam artikel tersebut mengulas bahwa pembelajaran baiknya diawali dengan praktik, seperti dengan mengamati kamudian mendeskripsikan apa yang mereka temukan pada objek yang mereka amati, kemudian latihan berhitung, mulai dikenalkan pada konsep aritmatika serta menganalisis hubungan antar komponen yang mereka pelajari. Hal ini selaras dengan pembelajaran kontekstual yang digembor-gemborkan dapat meningkatkan kebermaknaan pembelajaran di kelas. Hal ini bukan hanya teori semata, melainkan telah banyak dilakukan penelitian yang mendukung fakta ini. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  51. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Sedangkan jika membuka link academia milik Prof. Marsigit, banyak sekali sumber bacaan yang dapat kita akses untuk meningkatkan nosi kita, terlebih mengenai learning trajectory maupun filsafat matematika. Saya sendiri memiliki ketertarikan terhadap learning trajectory yang amat membantu guru dalam prose pembelajaran, karena learning trajectori melampaui RPP dengan menambahkan respon siswa yang mungkin muncul dan feedback guru yang dapat diberikan sehingga guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  52. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Setiap individu harus menyadari bahwa evaluasi dan inovasi terhadap pemebalajaran sangatlah penting. Terima Kasih Prof karena berbagai link diatas memberikan kami informasi dan membukan mata kami untuk membaca dan belajar dari orang lain mengenai inovasi pembelajaran agar pembelajaran bermakna dan menyenangkan. Contohnya yang bebagai artikel dalam link “warwick” salah satu artikel “Long term effect of sense-making and anxiety in algebra” yang menyajikan topic menggali leboh dalam kecemasan akan aljabar. Terima Kasih

    ReplyDelete
  53. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Terima kasih Prof. karena sudah berbagi informasi kepada kami, meskipun ada beberapa link yang tidak bisa di akses. Dalam penggunaan IPTEK pada proses pembelajaran, saya rasa Prof. sudah bisa dikatakan berhasil dalam menerapkannya. Media-media pembelajaran yang digunakan berupa blog yang dapat kami akses dimanapun. Ini sangat menginspirasi dan dapat memotivasi kami untuk dapat mengembangkan media-media yang up to date dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  54. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Terimakasih link yang diberikan Prof, saya membuka link pertama, bnayak sekali penelitian yang dilakukan oleh David Tall terkait dengan aljabar. Aljabar menjadi momok tersendiri bagi siswa kita. Hal ini bisa jadi karena kita terlalu mengacu pada buku teks yang sangat asbtrak, ideal, dan tidak sesuai kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian menyebutkan bahwa dalam pembelajaran aljabar perlu diberikan koneksi real di kehidupan siswa. Menggunakan pembelajaran kontekstual untuk mengkontekstualkan aljabar

    ReplyDelete
  55. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Karena beberapa link sudah expired, saya membuka link academia UNY Prof Marsigit. Ada banyak artikel dari Prof yang terposting. Salah satunya learning trajectory. Jalan dalam pembelajaran yang membahas tentang urutan materi, cara penyampaian, dan aktivitas yang dilakukan. Sebagai contoh dalam pembelajaran grafik fungsi trigonometri, maka apa yang harus diajarkan dulu kepada siswa ? bagaimana cara mengajarkannya ? aktivitas apa yang dilakukan ? learning trajectory menjadi solusinya

    ReplyDelete
  56. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Link-link yang dibagikan ini memberikan gambaran mengenai lesson study. Dalam lesson study seorang guru model menerapkan pembelajaran di dalam kelas kemudian diamati oleh observer yang memang ahli dibidangnya. Kemudian setelah melakukan praktik mengajar, diadakan evaluasi yang disampaikan oleh para observer. Dari hasil evaluasi ,guru dapat mengetahui kekurangnnya selama proses pembelajaran, sehingga guru dapat langsung melakukan perbaikan. Hal itu sangat bermanfaat untuk kemajuan guru dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika. Terimakasih

    ReplyDelete
  57. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Pembelajaran lesson study ini sangat terkenal di negri Jepang. lesson study ini, karena secara bersama-sama bersinergi dengan beberapa pihak kemudian untuk memajukan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Kesimpulan dari uraian tersebut adalah agar guru mampu mencari solusi dari semua persoalan tersebut di atas, intinya guru perlu melakukan overhauled atau perubahan persepsi atau perubahan paradigma, yaitu dengan cara memromosikan: Matematika Sekolah, Pembelajaran Konstruktivisme, Matematika yang Plural, Belajar adalah membangun atau menkonstruksi, Mengajar adalah kegiatan riset atau to teach is to research, dst.

    ReplyDelete
  58. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Terimakasih Pak Mrsigit atas link di atas terutama tentang lesson study. Dapat menambah referensi bacaan kami para guru dan calon guru terkait dengan merencanakan pembelajaran di kelas khususnya matematika. Baik sumber dari luar negeri maupun dalam negeri berupa karya-karya atau tulisan dosen-dosen matematika Universitas Negeri Yogyakarta.

    ReplyDelete
  59. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Link-link ini merupakan referensi-referensi yang sangat bermanfaat, yang mampu menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai pembelajaran-pembelajaran yang efektif, yang dapat digunakan, dan hal-hal yang berkaitan dengan pbm matematika baik dari siswa, gurunya maupun dari pendidikannya itu sendiri. Melalui link-link tersebut dapat mengetahui para ahli-ahli di bidang matematika dan juga bisa mengetahui penelitian-penelitian yang dilakukannya sehingga dapat menjadi referensi bagi kita dalam menyusun tugas akhir. Sekian dan terima kasih
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  60. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam artikel ini memuat tentang alamat wesite rujukan yang berisikan tentang lesson study. Dalam website tersebut terdapat tokoh yang mampu menjadi rujukan mahasiswa pendidikan pmat untuk mengetahui lebih dalam tentang lesson study. Terdapat website yang berisikan tentang artikel studi kolaboratif dalam inovasi mengajar dan belajar matematik dalam budaya yang berbeda.

    ReplyDelete
  61. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Pada link http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/, saya setuju terhadap pernyataan guru dari Amerika bahwa kita sering membahas tentang kemampuan multiple intelegence seperti berfikir kritis, kreatif dan sebagainya, tetapi mengapa kita jarang sekali membahas tentang konten atau isi yang akan diajarkan guru kepada siswa. Mengapa kita harus mengajarkan materi ini kepada siswa, apa yang akan dicapai siswa setelah mendapatkan materi ini atau apa yang akan siswa dapatkan dalam pembelajaran ini.

    ReplyDelete
  62. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Melalui lesson study inilah kita dapat membangun pandangan guru terhadap kondisi siswa dengan materi pelajaran. Misalnya dalam pembelajaran menyediakan masalah (pertanyaan) terbuka untuk menggali apa yang ada di dalam pikiran siswa yang belum di eksplor. Jika siswa merasa tertantang dengan masalah atau pertanyaan tersebut, maka kita dapat mengetahui bahwa siswa telah membangun kepercayaan dirinya terhadap mata pelajaran yang diikuti. Terima kasih banyak Prof atas sharingnya link-link artikel yang sangat bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  63. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkrkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran.

    ReplyDelete
  64. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Walaupun lesson study pertama kali dikembangkan di Jepang, akan tetapi mulai banyak yang menerapkannya di Indonesia. Upaya ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar dan membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya. Terkadang dilakukan oleh guru dalam satu sekolah ataupun guru-guru MGMP.

    ReplyDelete
  65. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Pada jaman sekarang ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang. Penggunaan teknologi menjadi hal yang sangat penting. Bahkan teknologi bisa dibilang menjadi sebuah kebutuhan pokok. Dimana dengan adanya teknologi semua pekerjaan kita menjadi lebih mudah. Tettapi ternyata adanya perkembangan teknologi ini bisa berdampak positif dan negatif. Sebagai seorang yang bijaksana sebaiknya kita bisa memanfaatkan teknologi untuk suatu hal yang positif. Memanfaatkan teknologi untuk saran belajar dan mencari ilmu pengetahuan. Kita dapat mencari suatu informasi dengan mudah dengan meanfaatkan teknologi sekarang. Sehingga dengan informasi yang kita peroleh ini, nantinya dalam proses pembelajaran akan meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.

    ReplyDelete
  66. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Terimakasih kepada Prof. yang telah membagikan link ini. Salah satu link yang Prof. bagikan adalah http://staff.uny.ac.id/file/fmipa?tid=211 . link ini berisi daftar nama-nama Staff FMIPA Jurusan Pendidikan Matematika. Terus terang saya belum terlalu mengenal siapa saja staff dosen jurusan Matematika di UNY. Akan tetapi, karena link ini dibagikan pada tahun 2014, maka bisa jadi ada beberapa staff yang sudah ganti, bertambah ataupun berkurang. Atau web ini selalu update? Karena ada dosen jurusan Matematika yang telahsaya kenal, tidak masuk dalam daftar staff pada link tersebut.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  67. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    pada saat awal membaca judul postingan ini sudah membuat saya tertarik, saya penasaran "apa sih yang sangat penting, yang sayang jika dilewatkan oleh profesional matematika dan pendidikan matematika". ternyata didalamnya terdapat link-link yang sangat bermanfaat bagi kita. terimakasih prof. karena telah diberikan link-link tersebut, dapat kami jadikan sebagai tambahan ilmu dan referensi.

    ReplyDelete
  68. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Terima kasih Pak Marsigit, karena telah membagikan link yang dapapt bermanfaat bagi kami sebagai informasi, sumber belajar, bahan referensi, dan bahan bacaan bagi kalangan umum.

    ReplyDelete
  69. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Semua ilmu yang diberikan memang sesungguhnya sangat sayang jika tidak diketahui oleh semua kalangan. Karena pada dasarnya haus akan ilmu merupakan ciri khas dari orang yang ingin berusaha merubah kehidupan mereka untuk menjadi lebih baik dalam memberikaan informasi dan menerima informasi. Karena jika tidak haus akan ilmu, maka hal tersebut akan memiliki arti bahwa kita sudah nyaman pada zona kita sehingga akan sulit abgi kita untuk berkembang lagi.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  70. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Sumber belajar dapat berasal dari mana saja, e-book, buku, blog, visual, audio, dll. Berbagai macam penelitian dan pendapat orang sudah terangkum dalam berbagai sumber bacaan, termasuk sumber bacaan di atas. Dengan membaca sumber bacaan di atas akan menambah pengetahuan.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  71. Terimakasih bapak telah membagikan link-link yang berguna bagi yang berprofesi dalam bidang matematika dan pendidikan matematika. semoga kami dapat menerapkan ilmu yang terdapat dalam link tersebut guna perbaikan dalam proses pembelajaran yang di lakukan di lapangan/kelas.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  72. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Terimakasih atas sumber yang diberikan, Prof. Melalui link tersebut akan memberikan tambahan pengetahuan bagi mahasiswa calon guru maupun guru terkait pembelajaran matematika. Salah satu penyebab kurang bermakna nya pembelajaran matematika di Indonesia adalah minimnya inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Guru cenderung menggunakan metode konvensional sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Meskipun hal ini sudah diantisipasi dengan adanya kurikulum 2013 tetapi masih saja ada yang menggunakan metode tersebut. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa calon guru maupun guru untuk mempelajari dan menggali informasi lebih dalam tentang inovasi pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  73. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Terlepas dari beberapa link yang tidak dapat diakses dari yang disampaikan Prof Marsigit, ilmu itu banyak tersebar. Namun kadang kala kita terkendala akses, terkendala dengan dimana harus menemukan sumber belajar yang baik dan valid. Melalui postingan-postingan di blog ini, setidaknya kita mendapatkan tambahan pengetahuan dan pengalaman untuk mengerti contoh sumber belajar yang baik. Banyak sekali pengetahuan, khususnya tentang pembelajaran dan pengajaran matematika saya dapat dari blog ini. Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  74. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terimakasih Prof Marsigit atas beberapa referensi yang ditampilkan dalam blog ini, meskipun beberapa link sudah tidak bisa dibuka karena sudah kadaluarsa. Namun beberapa link yang lain masih bisa dibuka dan memberikan kemanfaatan bagi kami. Semakin banyak sumber referensi harusnya membuat kami menjadi semakin baik. Seperti kata Einstein, kita tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan banyak kesalahan.

    ReplyDelete
  75. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Begitu banyak upaya yang dilakukan guna memperbaiki kinerja dan profesionalisme seorang tenaga pendidik terutama seorang guru. Realita di lapangan menunjukkan bahwa kinerja guru masih belum begitu optimal. Guru masih kurang total dalam mengajar, ada pula yang belum bisa menempatkan diri sebagai seorang fasillitator yang baik dalam kegiatan pembelajaran seperti yang diharapkan sekarang ini yaittu pembelajaran yang bersifat student-centred. Penggunaan media dan metode yang belum begitu bervariasi. Padahal perkembangan teknologi begitu memudahkan segala aktivitas termasuk aktivitas pembelajaran di kelas yang diharapkan dapat lebih optimal dan inovatif jika dibantu dengan penggunaan teknologi yang tepat.

    ReplyDelete
  76. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terima kasih Prof link yang Anda share sangat membantu saya dalam mencari referensi dan rujukan untuk menunjang perkuliahan saya khususnya mata kuliah Etnomatematika. Walaupun untuk tambahan pengetahuan saya, link yang lesson study tidak bisa saya akses.

    ReplyDelete
  77. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Berdasarkan tautan http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/, saya memeroleh informasi bahwa: (1) sebelum melaksanakan lesson study sebaiknya tidak hanya mengkaji mengenai kecerdasaan majemuk dan konstruktivisme dalam pemebelajaran, tetapi juga perlu dikaji lebih mendalam pada konten/materi yang akan diajarkan dalam lesson study--materinya, alasan membelajarkan materi tersebut, cara membelajarkan materi tersebut, dan cakupan materi yang perlu dipelajari oleh siswa dan (2) dalam pelaksanaan lesson study masih ditemukan kendala-kendala (dalam sisi budaya), seperti adanya guru yang enggan untuk menunjukkan cara mengajarnya kepada guru-guru lain.

    ReplyDelete
  78. M. Zainudin
    16701261019
    PEP
    Terima kasih atas informasi link nya Prof.

    ReplyDelete
  79. Qorry Aina Fitroh
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241047

    Terima kasih Prof atas link yang telah dibagikan, insyaAllah akan bermanfaat bagi kami untuk mencari referensi. Untuk link yang lesson study tidak bisa diakses Prof untuk saat ini.

    ReplyDelete
  80. Raudhah Nur Pratiwi
    15301244009
    Pend. Matematika A 2015

    Terimakasih banyak Pak atas link-link yang dishare. Sangat bermanfaat sekali untuk kami.
    Mohon maaf Pak untuk link yang lesson study untuk saat ini tidak bisa diakses.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  81. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Terima kasih Pak Marsigit, atas link-link yang telah bapak share. Link-link tersebut dapat memberikan bekal pengetahuan bagi saya seagai calon guru matematika baik untuk referensi pembelajaran kuliah maupun dalam merencanakn kegiatan pembelajaran nantinya.

    ReplyDelete
  82. Terlalu sayang
    Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Terimakasih Pak Marsigit atas link yang dibagikan, dari link ini akan menjadi sumber reference saya dalam mngerjakan tugas dan juga untuk menambah pengetahuan saya untuk menjadi pendidk yang baik dan tidak biasa-biasa saja.

    ReplyDelete
  83. Siti Efiana
    S-1 P. Matematika I 2015
    15301241029

    Dari alamat http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/. Saya tahu bahwa tahapan lesson study ada 3 yaitu plan  research lesson  reflection. Menurut saya meskipun dalam pelaksanaannya masih ditemukan kendala seperti tidak semua guru mau menunjukkan cara mengajarnya pada orang lain tetapi lesson study ini penting sebagai evaluasi agar proses pembelajaran ke depan bisa lebih baik lagi. Selain itu, guru model dan guru pengamat pun menjadi tahu mengenai kesalahan-kesalahan dalam proses belajar yang mungkin selama ini seringkali tidak disadari sehingga nantinya ke depan hal itu tidak terulang lagi.
    .
    Selain itu dari http://staff.uny.ac.id/file/fmipa?tid=211, saya bisa lebih mengenal lagi dosen-dosen di jurusan P.Matematika. Terima kasih, Pak.

    ReplyDelete
  84. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih banyak Prof atas link yang telah di share. Hal tersebut sangat bermanfaat bagi pendidik dan calon-calon pendidik sebagai referensi dalam merencanakan kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  85. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof untuk link-link yang diberikan, memberikan referensi dan bekal pengetahuan bagi saya sebagai calon pendidik. Lesson study merupakan hal yang penting dalam memperbaiki kualitas pendidikan, dari link http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/ dan yang pernah disampaikan oleh Prof bawhwa lesson study terdiri dari 3 tahap yaitu plan,research lesson, dan reflection.

    ReplyDelete
  86. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Terima kasih Prof. atas informasi dan ilmunya yang telah dibagikan. Dari informasi tersebut saya menjadi bertambah wawasan tentang berbagai macam lesson study yang digunakan sebagai skenario pelaksanaan pembelajaran di kelas. Dan menambah referensi tentang berbagai macam informasi yang diperlukan sebagai calon pendidik khususnya di bidang matematika.

    ReplyDelete
  87. Rosmiyati Putri UtamiMay 13, 2018 at 4:32 PM

    Rosmiyati Putri Utami
    15301241031
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih prof atas informasi link-link yang insyaallah akan bermanfaat bagi kami, dan dapat dijadikan sumber referensi dalam membuat perencanaan pembelajaran.

    ReplyDelete
  88. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih prof telah membagikan link-link yang sangat bermanfaat. Tetapi ada beberapa link yang sudah tidak aktif lagi prof. seperti link yang kedua tentang lesson study. Saya membuka link Prof. Marsigit di academia ada berbagai macam artikel yang bermanfanfaat termasuk juga RPS untuk menunjang kegiatan kuliah. Sangat bermanfaat prof bagi mahasiswa untuk menyipkan perkuliahan di sesi berikutnya.

    ReplyDelete
  89. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    Pendidikan Matematika A 2015/S1
    15301241046
    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Terimakasi Prof sudah mmbagikan link yang sangat bermanfaat tersebut. Sayangnya, beberapa link sudah tidak bisa diakses lagi. Dari link-link yang mih dapat diakses saya medapatkan berbagi referensi baru untuk penunjang pengetahua dan tugas saya.

    ReplyDelete
  90. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof telah membagikan link di atas. Link tersebut sangat bermanfaat untuk saya. Tapi, dari beberapa link di atas sudah tidak dapat diakses Prof. Semoga link tersebut dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Aamiin

    ReplyDelete
  91. Isykarima Nur S
    15301241032
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Terimakasih Prof atas referensi link-link yang telah diberikan, akan sangat membantu kami dalam membuat rencana pembelajaran sebagai calon guru, agar menjadi guru yang tidak biasa biasa saja.

    ReplyDelete
  92. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015
    Terima kasih pak atas link yang telah diberikan. Link tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi pendidik dan calon pendidik khususnya saya terkait dengan tahapan-tahapan lesson study. Memang dalam kenyataannya terkadang pendidik enggan untuk menunjukan cara belajarnya kepada oranglain adalah suatu hal yang menjadi kendala karena pengamat menjadi kurang mengetahui terkait dengan evaluasi-evaluasi dalam pembelajaran. Apakah sudah tepat atau masih ada yang perlu untuk di evaluasi. Perihal ini masuk dalam tahap reflection, walaupun reflection bisa dinilai oleh individu itu sendiri, akan tetapi reflection akan semakin bermakna apabila ada hasil dari pengamatan dari oranglain. Hal ini perlu ada sutau jalinan kerjasama antara pengamat dan pendidik supaya kesalahan-kesalahan yang muncul dapat diminimalisir bahkan dapat dihilangkan.

    ReplyDelete
  93. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih Pak atas link yang telah diberikan. Link tersebut sangat bermanfaat bagi kami calon pendidik. Berdasarkan link tersebut saya mengetahui bahwa lesson plan terdiri dari 3 tahapan yaitu plan, research lesson dan reflection. Hal ini menambah wawasan saya yang sebelumnya belum mengerti maksut dari lesson study tersebut. Sangat membantu :)

    ReplyDelete