Ass Wr Wb, berikut ini terlalu sayang jika dilewatkan bagi Profesional bidang Matematika dan
Pendidikan Matematika:
http://homepages.warwick.ac.uk/staff/David.Tall/downloads.html
Selamat mencoba mengakses, semoga bermanfaat. Amin
Wss Wr Wb
Marsigit
Marsigit
Rindang Maaris Aadzaar
ReplyDelete18709251024
S2 Pendidikan Matematika 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Terimakasih atas link yang diberikan karena sangat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan. Salah satu web yang saya kunjungi adalah http://uny.academia.edu/MarsigitHrd. Dari beberapa artikel yang terdapat di situs tersebut, ada artikel yang menarik perhatian saya yaitu adalah artikel dengan judul INOVASI PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM TANTANGAN GLOBAL. Seiring dengan kemajuan zaman, pendidikan seakan-akan mulai bergeser dalam era yang lebih maju lagi. Pendidikan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja guna untuk mengembangkan potensi siswa. Salah satunya dengan menggunakan multimedia pembelajaran yang dapat memuat tampilan materi dengan menggunakan suara, gambar, video dan animasi untuk mendorong kemampuan berpikir kritis siswa untuk pemecahan masalah matematis. Selain itu pembelajaran bisa semakin inovatif sehingga tidak membosankan.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Saya membaca artikel yang berjudul The iceberg approach of learning fractions in junior high school yang diakses pada halaman web dengan link https://www.academia.edu/8886434/The_ICEBERG_Approach_of_Learning_Fractions_in_Junior_High_School memberikan gambaran pembelajaran matematika tentang pecahan di SMP adalah pembelajaran yang akan lebih bermakna jika guru membangun konsep pecahan dari dunia nyata yang sering dialami dan dijumpai oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari. Dalam pendekatan iceberg dari pembelajaran pecahan di SMP, langkah awal yang dilakukan guru adalah memberikan gambaran konkret kepada siswa mengenai hal-hal nyata yang berkaitan dengan pecahan. Ini berarti mengajak siswa untuk menggabungkan prior knowledgenya dengan materi yang akan dipelajari sehingga siswa tidak mengalami cognitif confusing, kemudian pembentukan skema dari hal-hal nyata tersebut, selanjutnya mengkonstruk pengetahuan siswa dan pada ahkirnya atau puncaknya meneukan sebuah konsep pecahan yang formal abstrak. Untuk dapat memberikan penanaman konsep yang baik dalam pembelajaran matematika seorang guru perlu mengembangkan bermacam-macam metode pembelajaran, pendekatanan pembelajaran dan interaksi yang baik dengan siswanya.
ReplyDeleteSeptia Ayu Pratiwi
ReplyDelete18709251029
S2 Pendidikan Matematika B
Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih kepada Prof. Marsigit yang sudah memberikan link-link yang sangat bermanfaat. Beberapa artikel yang sudah saya abaca dalam link diatas mengandung terobosan-terobosan terbaru bagi pembelajaran matematika. Misalnya dalam konferensi internasional di universitas Tsukuba jepang merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang ditujukan untuk memperbaiki cara mengajar guru-guru matematika di kelas. Praktek lesson study juga sudah dilaksanakan di Indonesia, diantaranya ada beberapa peneliti yang mengadakan penelitian tentang lesson study di suatu sekolah di Indonesia. menurut saya lesson study ini sangat menarik untuk diterapkan di sekolah di Indonesia secara regular. Lesson study juga merupakan salah satu jawaban dari kritik pendidikan kita selama ini. Hasil dari lesson study (yang pernah diungkapkan dalam sebuah kuliah tamu) sangat efektif untuk memberikan evaluasi terhadap keberlangsungan mengajar guru di sekolah. Sekali lagi terima kasih untuk artikel-artikel yang sangat bermanfaat tersebut. dengan adanya artikel-artikel diatas saya dapat menambah wawasan saya tentang isu-isu pendidikan di berbagai negara.
Rosi anista
ReplyDelete18709251040
S2 Pendidikan Matematika B
Assalamualaikum wr wb
Terimakasih pak untuk link di atas. Artikel nya sangat menginspirasi kami sebagai calon pendidik agar lebih inovatif dalam membuat suatu pembelajaran yang epik dan menyenangkan. Selain itu hal utama yang menjadi pokok penting dalam pembelajaran matematika yaitu adalah penanaman konsep matematika itu sendiri. Artikel di atas memberi kami banyak gambaran bagaimana salah satu cara menerapkan penanaman konsep matematika yang baik dalam suatu proses pembelajaran.
Bayuk Nusantara Kr.J.T
ReplyDelete18701261006
PEP S3
Saya membaca Learning in Doing: Social, Cognitive and Computational Perspectives: How Humans Learn to Think Mathematically: Exploring the Three Worlds of Mathematics. Dalam artikel tersebut terdapat Professor David Tall reveals the reasons why mathematical concepts that make sense in one context may become problematic in another. Artinya mungkin saja bisa berbeda hasilnya ketika kita menerapkan metode belajar. Oleh karena itu, bisa saja guru menggunakan beberapa metode mengajar karena karakteristik siswa berbeda.
Totok Victor Didik Saputro
ReplyDelete18709251002
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Selamat siang Prof.
Referensi ini sangat mendukung dalam proses pembelajaran matematika. Hal yang menjadi ketertarikan saya adalah mengenai lesson study. Sebagai calon guru sudah seharusnya memahami apa saja yang diperlukan untuk menjadi guru yang profesional. Lesson study dapat membantu guru dalam mencapai tujuan tersebut. Menurut saya, lesson study tidak hanya diterapkan di sekolah dasar atau menengah saja melainkan diterapkan pula di sekolah tinggi. Artinya sebagai calon pendidik yang sedang mempersiapkan diri untuk menjadi guru profesional sudah merasakan terlebih dahulu euforia lesson study. Hal ini diperlukan agar guru tersebut tidak terkejut ketika sampai pada waktunya sekolah mengadakan lesson study tersebut. Artinya guru sungguh memiliki persiapan yang mantap dalam menyongsong lesson study. Terima kasih.
Elsa Apriska
ReplyDelete18709251005
S2 PM A 2018
Terimakasih atas link yang dibagikan kepada kami Pak. Yang menjadi perhatian saya adalah mengenai lesson study. Seperti yang sudah diketahui bersama lesson study merupakan suatu pendekatan yang dilakukan untuk meningkatkan kualiatas pembelajaran. Dimana guru melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran tersebut. Menurut saya ini sangat penting untuk dilakukan dalam pembelajaran guna memperbaiki dan meningkatkan kualitas proses belajar mengajar.
Nur Afni
ReplyDelete18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
terimakasih pak prof sudah berbagi link yang sangat bermanfaat dan memang sungguh sangat disayangkan jika dilewatkan begitu saja. Menambah wawasan dan referensi kami sebagai pembaca sekaligus calon guru matematika terkait lesson study khususnya. Saya sangat tertarik sekali dimana lesson study dapat membantu guru untuk mengembangkan kompetensinya melalui refleksi melihat tingkah laku sendiri saat mengajar dan juga respon siswa. terimakasih
Surya Shofiyana Sukarman
ReplyDelete18709251017
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Salah satu artikel dalam postingan ini membahas mengenai Inovasi Pendidikan Matematika dalam Tantangan Global. Pendekatan saintifik merupakan salah satu pendekatan yang sangat terkenal di kurikulum 2013, yang digunakan sebagai pengusung metode pembelajaran bererangka ilmiah. Metode saintifik ini bersifat induktif, yang artinya berangkat dari objek-objek konkrit, investigasi, memperoleh pengetahuan baru, atau mengoreksi dan memadukan pengetahuan sebelumnya. Dengan diimplementasikannya kurikulum 2013 diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia
Yoga Prasetya
ReplyDelete18709251011
S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
Terimakasih atas postingannya yang telah berbagi ilmu untuk mengispirasi kami bagi calon pendidik. Semoga postingan tersebut dapat memberikan ilmu dan pengetahuan yang baru sebagai dasar dalam proses pembelajaran. Dan kami dapat menerapkan salah satu konsep pada pembelajaran matematika. Saya tertarik juga dengan Lesson Study yang menggunakan hasil refleksi dari siswa dan guru dalam proses pembelajaran untuk perbaikan mengajar kedepannya. Semoga kedepan Indonesia bisa menerapkan lesson study untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas dalam proses pembelajaran.
Dita Aldila Krisma
ReplyDelete18709251012
PPs Pendidikan Matematika A 2018
Hasil penelusuran dari link pertama, saya memperoleh paper yang membahas tentang algebra disertai pendahulunya yaitu aritmetika. Hal yang dapat saya ambil adalah aljabar menggunakan bilangan dan variable dalam penyelesaian masalah, sedangkan aritmetika materi dasar dari semua cabag matematika yang terkait dengan komputasi bilangan yakni operasi bilangan penjumlahan, perkalian, pembagian, dan pengurangan.
Dita Aldila Krisma
ReplyDelete18709251012
PPs Pendidikan Matematika A 2018
Pada link yang ketiga mengarah pada kumpulan tulisan Prof. Marsigit. Pada file Philosophical And Theoretical Ground Of Mathematics Education terdapat point tentang ideology of education yang direntangkan ke dalam beberapa paham. Paham tersebut adalah radical, concervative, liberal, humanist, progressive, socialist, dan democracy. Masing-masing paham terdapat tokoh pemikirya. Berdasarkan dari berbagai sumber terdapat tokoh-tokoh yang saya peroleh. Radical – James. Concervative – Burke, Hooker, Carlyle. Liberal – Locke, Hobbes, Smith. Humanist – Maslow, Dewey. Progressive – James, Dewey, Vaihinger. Socialis – Owen, Simon, Moore. Democracy – Locke. Dalam memnentukan tokoh ini, saya merasa ada kekurnagan atau mungkin tidak sejalan dengan pendapat orang lain, oleh sebab itu, saya berharap ada masukan dan konfirmasi dari berbagai pihak
Dita Aldila Krisma
ReplyDelete18709251012
PPs Pendidikan Matematika A 2018
Saya rasa lesson study memberikan dampak yang positif bagi komponen-komponen yan terlibat. Lesson study menmberikan beberapa manfaat, diantaranya membantu guru mengobservasi pembelajan, membantu guru mendalami dan memahami materi, saling bertukar pengetahuan, dan meningaktkan kolaborasi sesame guru. Secara kolaboratif ini, guru dapat merumuskan dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tujuan serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji, menyempurnakanya, dan merencanakan pembelajaran berikutnya
Hasmiwati
ReplyDelete18709251023
S2 Pend.Matematika B 2018
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Terima kasih kepada Prof. Dr. Marsigit, M.A. yang telah membagikan link untuk menambah referensi. Pendidik profesional sangat berperan penting dalam kemajuan dunia pendidikan. Pendidik yang profesional akan mampu mengambil sikap yang tepat dan mampu mengelola segala aspek sumber daya dengan optimal untuk memfasilitasi siswa mencapai prestasi optimalnya.
Darwis Cahyo Nugroho
ReplyDelete18709251038
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamualaikum wr.wb
Terimakasih kepada Prof. Marsigit yang telah memberikan link sangat bermanfaat ini. Beberapa artikel yang telah saya baca mengandung informasi baru dalam pembelajaran matematika. Misalnya dalam konferensi internasional di universitas Tsukuba jepang adalah inovasi pembelajaran yang ditujukan untuk memperbaiki cara mengajar guru-guru matematika di kelas. Praktek lesson study juga sudah dilaksanakan di Indonesia, diantaranya ada peneliti yang mengadakan penelitian tentang lesson study di suatu sekolah di Indonesia. menurut saya lesson study ini sangat menarik untuk diterapkan di sekolah di Indonesia. Lesson study juga merupakan salah satu jawaban metode pembelajaran kita selama ini.
Fabri Hidayatullah
ReplyDelete18709251028
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Bacaan-bacaan tersebut akan membantu kita dalam meningkatkan kapasitas kita sebagai guru matematika dan juga mendukung penegmbangan pembelajaran yang inovatif. Diantaranya ialah bahasan tentang lesson study. Lesson study merupakan wadah bagi guru-guru untuk berkolaborasi dalam mengatasi permasalahan yang muncul di dalam melakukan pembelajaran, baik mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, hingga evaluasinya. Lesson study juga dapat menjadi sarana untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang didasarkan pada masalah nyata yang dihadapi. Guru-guru juga dapat saling bertukar pendapat untuk membangun pembelajaran yang inovatif. Lesson study ini sangat penting karena guru tidak mungkin dapat berdiri sendiri untuk menemukan solusi atas semua permasalahan dalam pembelajaran
Deden Hidayat
ReplyDelete18709251032
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Terimakasih banyak Prof. atas link-link untuk meningkatkan pengetahuan kami mengenai matematika dan pendidikan matematika. Semoga dengan link-link tersebut kami dapat semakin mengembangkan pengetahuan yang dimiliki mengenai bagaimana merencanakan suatu pembelajaran yang baik maupun bagaimana menghadapi keberagaman karakteristik siswa yang berada di kelas agar semua siswa tersebut terfasilitasi dalam membangun suatu konsep.
Deden Hidayat
ReplyDelete18709251032
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Salah satu link yang diberikan adalah membahas mengenai Lesson study. Dimana lesson study tersebut merupakan proses belajar dari suatu pembelajaran. Tujuan diadakannya lesson study adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru di dalam kelas. Untuk dapat meningkatkan kualitas tersebut seorang guru melakukan proses refleksi dan evaluasi yang dilakukan oleh guru lainnya atau seorang observer yang berkompeten dalam bidang pendidikan. Diharapkan melalui refleksi dan evaluasi pembelajaran tersebut membuat seorang guru dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan pada pembelajaran sebelumnya.
Kartianom
ReplyDelete18701261001
S3 PEP 2018
Terimakasih banyak atas beberapa link yang Prof bagikan. Terdapat banyak sekali refrensi yang bisa dimanfaatkan menambah pengetahuan dalam dunia kependidikan.
Ahmad Syajili
ReplyDelete19709251066
S2 PMD 2019
Assalamualaikum wr.wb
Terima kasih Pak Prof. atas sharing link yang berkaitan dengan bidang matematika dan pendidikan matematika. Sumber-sumber belajar ini akan sangat bermanfaat bagi kami para mahasiswa maupun bagi pihak-pihak lain yang membutuhkan. Dimana akan menambah wawasan dalam pengkajian pembelajaran, terutama dalam pengkajian lesson study. Lesson study ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pembelajaran oleh guru sehingga akan membawa pemahaman yang baik bagi guru saat mengajar dan bagi siswa saat belajar.
sintha fardu anggraeni
ReplyDelete19709251071
S2 pendidikan matematika /D/ 2019
terimakasih Bapak Prof Marsigit. terdapat ilmu baru dan informasi yang saya dapatkan dari link tersebut sehingga menambah wawasan dalam mengkaji pembelajaran sehingga merupakan upaya meningkatkan pembelajaran dalam dunia pendidikan.
Jewish Van Septriwanto
ReplyDeleteS2 Pendidikan Matematika D 2019
19709251077
Terimakasih atas link-link yang ditautkan pada tulisan diatas Pak, saya akan mencoba memamahami apa yang menjadi isi dari link-link yang diberikan. Namun sekilas, hal ini berkaitan dengan lesson study sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran guru tidak hanya mengajar tetapi ikut serta belajar. Guru yang belajar juga dapat dilakukan dengan lesson study.
Rochyati
ReplyDelete19709251074
S2 P. Mat D 2019
Situs-situs tersebut sangat bermanfaat bagi kami mahasiswa yang menggeluti dunia pendidikan matematika. Dari situs-situs tersebut kita dapat mengais banyak ilmu untuk membekali kita sebagai calon guru dan tentunya menambah wawasan kita terkait dunia pendidikan, khususnya pendidikan matematika. Semoga kita dapat memanfaatkan situs-situs tersebut dengan baik.
Fitria Restu Astuti
ReplyDelete19709251069
S-2 Pendidikan Matematika D 2019
Terimakasih prof telah membagikan link-link yang sangat bermanfaat. Tetapi ada beberapa link yang sudah tidak aktif lagi prof. seperti link yang kedua tentang lesson study. Saya membuka link Prof. Marsigit di academia ada berbagai macam artikel yang bermanfanfaat termasuk juga RPS untuk menunjang kegiatan kuliah. Sangat bermanfaat prof bagi mahasiswa untuk menyipkan perkuliahan di sesi berikutnya.
Rifki Rinaldo
ReplyDelete19709251070
S2 Pendidikan Matematika D 2019
Terimakasih atas referensi yang bapak berikan tentang pembelajaran matematika. Saya tertarik pada tema yang membicarakan tentang lesson study. Lesson study sangat membantu untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik. Dengan menggunakan lesson study diharapkan pendidik dapat merefleksikan kegiatan pembelajaran dengan cepat, memperbaiki kesalahan mengajar dan sebagainya. Walaupun demikian, dalam penerapannya pendidik dibutuhkan pelatihan terlebih dahulu sehingga penggunaan lesson study menjadi efiektif.
Assalamu'alaykum wr wb
ReplyDeleteDwi Kawuryani
19709251061
Pendidikan Matematika S2 D
Terima kasih kepada Bapak yang sudah memberikan banyak sumber untuk kami para mahasiswa untuk terus belajar baik itu belajar secara mandiri atau terbimbing. Dengan semakin banyaknya sumber belajar yang dimiliki mahasiswa sehingga diharap semakin banyak juga ilmu dan pengetahuan yang dimiliki untuk menjadi pengajat yang baik.
Wassalamu'alaikum wr wb
Sekar Hidayatun Najakh
ReplyDelete19701251007
S2 PEP A 2019
Assalamualaykum wr wb...
Matematika merupakan salah mata pelajaran yang unik. Hal ini disebabkan paradigma yang diberikan kepada peserta didik mengenai matematika adalah hasil dari paradigma dewasa, bahwa matematika adalah ilmu. Sedangkan dalam menyampaikan pelajaran matematika untuk usia anak-anak seyogyanya diberikan paradigma bahwa pelajaran yang ada di sekolah adalah sebuah kegiatan. Dimana dalam kegiatan tersebut, guru sebagai fasilitator mendorong peserta didik untuk menemukan arti atau paradigma pada setiap mata pelajaran. Sehingga pelajaran adalah sesuatu yang harus dilalui dengan cara dan jalannya masing-masing, bukan suatu doktrin yang mengekang. Seringnya, anak-anak merasa berat disebabkan karena doktrin tersebut. Sebagai calon pendidik, memang perlu sumber belajar yang terus disuplai baik secara mandiri dan juga terbimbing. Sebab menyampaikan suatu pengetahuan, memerlukan pengetahuan yang harus lebih banyak baik secara rasional maupun secara empiris.
Terimakasih Prof...
Latifa Krisna Ayu
ReplyDelete19709251060
S2 Pendidikan Matematika D
Sebelumnya terima kasih atas referensi yang telah Prof Marsigit bagikan di atas. Namun saya ingin menyampaikan bahwa terdapat beberapa link yang sudah tidak dapat diakses.
Lesson Study merupakan suatu pendekatan peningkatan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif, dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut, serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya. Fokus utama pelaksanaan lesson study adalah aktivitas siswa di kelas, dengan asumsi bahwa aktivitas siswa tersebut terkait dengan aktivitas guru selama mengajar di kelas. Dalam lesson study dapat dipilih dan diterapkan berbagai metode/strategi pembelajaran atau materi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, atau masalah pembelajaran yang dihadapi siswa dan pendidik.
Terima kasih
Assalamualaikum wr. wb
ReplyDeleteNovi Indriyani Kones
19701251002
PEP S2 A 2019
Pada link yang pertama pada artikel ini terdapat salah satu paper yang berjudul From Biological Brain to Mathematical Mind: The Long-term Evolution of Mathematical Thinking. Dalam paper tersebut, saya melihat hal yang baru tentang ilmu biologi yang dapat dikaitkan dengan berpikir matematika. Paper ini menjadi kajian yang baru menurut saya karena yang baru saya tahu matematika dapat dikaitkan dengan ilmu PKN. Terimakasih Prof paper ini dapat saya jadikan sebagai ispirasi untuk pengembangan penelitian saya.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum wr.wb
Assalamualaikum wr. wb
ReplyDeleteNovi Indriyani Kones
19701251002
PEP S2 A 2019
Pada link yang berisi tulisan-tulisan Prof pada academia edu sangat bermanfaat untuk para calon guru pendididkan matematika, guru pendidikan matematika, dan ahli pendidikan matematika yang lain. Pada link tersebut berisi permasalahan-permasalahan pada pembelajaran matematika yang pastinya dilihat pada sisi filsafat. Penjelasan dari sisi filsafat ini dapat menambah pemahaman baik secara teori dan praktik.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum wr.wb
Yufida Afkarina Nizar Isyam
ReplyDeleteS2 Pendidikan Matematika D 2019
19709251073
Terimakasih Prof atas link yang diberikan. Beberapa link diatas dapat memberikan pembelajaran bagi guru dan calon guru mengenai lesson study, inovasi pembelajaran matematika, dan kesulitan pembelajaran. Tentunya hal ini memberikan manfaat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.
Dea Armelia
ReplyDeleteS2 Pendidikan Matematika D 2019
19709251072
Salah satu artikel dalam postingan ini membahas mengenai Inovasi Pendidikan Matematika dalam Tantangan Global yang mana ada penjelasan tentang pengembangan kompetensi guru matematika melalui lesson study.
Dengan demikian lesson study merupakan kegiatan pengkajian pembelajaran oleh sekelompok guru, yang secara kolaboratif berusaha untuk meningkatkan keprofesionalan mereka dalam situasi kelas yang nyata, yang pada akhirnya akan meningkatkan mutu pendidikan. Falsafah yang terkandung dalam lesson study yakni guru harus belajar agar dapat mengajar dengan lebih baik, demikian juga siswa berhak untuk belajar, karena tidak ada proses pembelajaran yang sempurna. Lesson study bukanlah suatu metode pembelajaran atau strategi pembelajaran. Akan tetapi dalam pelaksanaan lesson study dapat menggunakan berbagai metode, strategi, atau pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik kondisi dan permasalahan yang dihadapi guru di lapangan.
Annisa Nur Arifah
ReplyDelete18709251058
S2 Pendidikan Matematika C 2018
Pada penghargaan inovasi Prof. Marsigit saya menemukan resume Etnomatematika yang menjelaskan bahwa etnomatematika teknik penyampaian pembelajaran matematika yang berfokus pada budaya yang berkembang di lingkungan sekitar. Menurut saya, pembelajaran ini sangat cocok diterapkan di Indonesia terutama pada tingkat sekolah dasar.