Oct 24, 2014

Terlalu Sayang jika Dilewatkan bagi Profesional Matematika dan Pendidikan Matematika




Ass Wr Wb, berikut ini terlalu sayang jika dilewatkan bagi Profesional bidang Matematika dan
Pendidikan Matematika:
http://homepages.warwick.ac.uk/staff/David.Tall/downloads.html





Selamat mencoba mengakses, semoga bermanfaat. Amin
Wss Wr Wb
Marsigit

30 comments:

  1. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan adanya link-link tersebut guru maupun calon guru dapat mempelajari bagaimana lesson study dilakukan di sekolah. Lesson study tersebut sangat bermanfaat bagi perkembangan kualitas pendidikan matematika. Hal ini dikarenakan lesson study berupa kegiatan pembelajaran di kelas yang didampingi oleh para ahli dan guru lain sebagai pengamat dapat memberikan pembelajaran dan pengetahuan baru bagi guru model. Selain itu guru model juga dapat melakukan evaluasi terkait kesalahan-kesalahan yang dilakukan dalam pembelajaran. Kesulitan-kesulitan dalam melakukan pembelajaran juga dapat diidentifikasi yang kemudian dapat dicari solusinya secara bersama-sama

    ReplyDelete
  2. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Link-link yang ada pada postingan di atas memang sangat penting untuk dicermati, terutama bagi para guru dan calon guru. Salah satu link di atas membahas tentang Lesson Study. Lesson study memang perlu untuk diterapkan untuk dapat meningkatkan profesionalitas matematika dan meningkatkan pendidikan matematika. Dengan lesson study, guru akan belajar mengembangkan pembelajaran yang inovatif dan aktif melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Sehingga akan selalu ada perbaikan pembelajaran yang akan semakin meningkatkan kualitas pendidikan.
    Dengan melihat praktik lesson study yang dilakukan di Jepang, guru dan pengamat pendidikan di Indonesia seharusnya dapat mempelajari bagaimana cara melakukan lesson study yang baik dan mencoba untuk menerapkannya.

    ReplyDelete
  3. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari salah satu link yang memuat file berjudul “The iceberg approach of learning fractions in junior high school”, dapat dipelajari bagaimana tingkatan pembelajaran matematika di sekolah khususnya pada materi pecahan dan bagaimana cara mengajarkannya kepada siswa sesuai dengan tahap perkembangan siswanya. Selain itu, dapat diketahui bahwa sebelum siswa belajar matematika, siswa harus mempersiapkan pikiran dan hatinya terlebih dahulu, agar dalam belajar matematika menjadi bermakna, bukan menjadi suatu bencana.

    ReplyDelete
  4. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Link-link dalam postingan ini berisi mengenai lesson study. Lesson study sendiri adalah upaya yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Lesson study umunya dilakukan di sekolah, tetapi dapat juga dilakukan di universitas seperti postigan lain dalam blog Prof. Marsigit ini.

    ReplyDelete
  5. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study sangat penting dilakukan oleh guru agar dapat mengetahui sejauh mana suatu metode berhasil dilakukan dalam suatu kondisi. Sehingga dapat dilakukan inovasi atau perbaikan, karena metode-metode yang dipakai belum tentu cocok diterapkan di kelas dalam kondisi siswa tertentu.

    ReplyDelete
  6. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study juga dapat dijadikan sebagai suatu bahan penelitian yang dilakukan oleh guru. Penelitian tersebut dapat diterbitkan dalam sebuah jurnal yang nantinya akan sangat bermanfaat oleh guru-guru lain yang membacanya. Dapat dijadikan sumber referensi dan inspirasi dalam mengembangkan pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  7. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson study terus dilakukan dan dikembangkan oleh negara-negara seperti Jepang atau Australia untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan di negara mereka. Sehingga kualitas sumber daya manusia di sana juga kompeten untuk menunjang pertumbuhan Negara tersebut. Oleh karena itu di Indonesia juga perlu untuk diterapkan dan disosialisasikan lebih luas mengenai lesson study ini.

    ReplyDelete
  8. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih kepada Prof. Marsigit yang sudah membagikan link terkait dengan upaya meningkatkan profesionalitas guru. Salah satu upaya tersebut dapat dilakukan dengan Lesson Study. Lesson Study merupakan suatu pendekatan guna meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru. Guru-guru saling bekerja sama untuk mendesain pembelajaran guna mencapai tujuan belajar dan mengantisipasi bagaimana para siswa akan merespon.

    ReplyDelete
  9. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Lesson Study dilakukan dengan langkah-langkah pokok merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran serta melakukan refleksi. Adanya kegiatan melakukan refleksi dapat menambah masukan bagi guru guna menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  10. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Terima kasih, pak. Karena kecintaan saya terhadap matematika sulit diungkapkan dengan kata2, maka saya akan mencoba untuk tidak melewatkan seluruh arahan berupa referensi-refenrensi yang bapak bagikan demi kebaikan kami. Sekali lagi, terima kasih, pak. Wassalam!!

    ReplyDelete
  11. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Bacaan-bacaan tersebut akan membantu kita dalam meningkatkan kapasitas kita sebagai guru matematika dan juga mendukung penegmbangan pembelajaran yang inovatif. Diantaranya ialah bahasan tentang lesson study. Lesson study merupakan wadah bagi guru-guru untuk berkolaborasi dalam mengatasi permasalahan yang muncul di dalam melakukan pembelajaran, baik mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran di dalam kelas, hingga evaluasinya. Lesson study juga dapat menjadi sarana untuk memperbaiki kesalahan atau kekurangan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang didasarkan pada masalah nyata yang dihadapi. Guru-guru juga dapat saling bertukar pendapat untuk membangun pembelajaran yang inovatif. Lesson study ini sangat penting karena guru tidak mungkin dapat berdiri sendiri untuk menemukan solusi atas semua permasalahan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  12. Junianto
    PM C
    17709251065

    Proses pembelajaran hendaknya mengacu pada sumber yang tidak terbatas. Adanya link-link yang bapak berikan bisa membantu pendidik untuk mengetahui sumber-sumber pembelajaran. Salah satunya mengenai lesson study, dimana terdapat 6 fokus area lesson study dalam pembelajaran matematika:
    1. Mathematical Thinking
    2. Problem Solving
    3. Teachers' Questioning
    4. Board Writing
    5. Note Taking
    6. Facilitating a Whole-Class Discussion

    ReplyDelete
  13. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih Pak Prof. atas sharing link yang berkaitan dengan bidang matematika dan pendidikan matematika. Sumber-sumber belajar ini akan sangat bermanfaat bagi kami para mahasiswa maupun bagi pihak-pihak lain yang membutuhkan. Dimana akan menambah wawasan dalam pengkajian pembelajaran, terutama dalam pengkajian lesson study. Lesson study ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pembelajaran oleh guru sehingga akan membawa pemahaman yang baik bagi guru saat mengajar dan bagi siswa saat belajar.

    ReplyDelete
  14. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Sebenarnya apa yang bapak berikan ini bukan hanya terlalu sayang bagi para profesional matematika dan pendidikan matematika saja, namun bagi para calon profesional guru juga sangat disayangkan jika dilewatkan. Sebenarnya ini merupakan sedikit dari sekian banyak sumber yang harus dibaca dan dipelajari oleh banyak calon profesional pendidik. Karena hal-hal yang menyangkut pendidikan jika kita lihat contohnya pada blog prof. Marsigit, itu sangatlah bermanfaat agar kita tahu posisi murid, guru, baha ajar, kurikulum dan lain sebagainya. Semakain banyak membaca kita akan semakin merasa bodoh.. karena terlalu banyak ilmu yang belum kita dapatkan. Atau bisa dikatakan ilmu yang kita dapatkan masih belum banyak. Jika kita menganut faham foundasionalism, seharusnya apapun yang kita lakukan untuk memberikan ilmu seharusnya selalu berlandaskan pada suatu teori. Namun, ternyata kita sering kali berbagi ilmu sesuai dengan pemahaman kita dengan alasan lupa landasan yang kita anut. Jadi, membaca adalah cara memperkuat landasan kita dalam melakukan berbagai kegiatan.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete

  15. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Terima kasih banyak pak telah banyak berbagi informasi dan ilmunya.Setelah mencoba membuka sebagian link tersebut ,terdapat banyak arsip atau materi terkait dengan matematika.Saya juga menemukan berbagai nama Dosen yang mengajar di Fakaultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Informasi ini akan menambah pengalaman kami dalam mengakses ilmu pengetahuan guna menambah rasa ingin tahu kami dalam menggali sebuah informasi.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  16. Nama : I Nyoman Indhi Wiradika
    NIM : 17701251023
    Kelas : PEP B

    Terima kasih banyak Prof. sekalipun link yang nomor urut dua dari atas tidak dapat saya akses, namun link lainnya dapat saya akses secara leluasa. Sangat berguna bagi kami sebagai pembelajar untuk terus menggali potensi kami. Semoga, referensi-referensi yang kaya akan manfaat lainnya dapat dibagikan ke dalam blog ini.

    ReplyDelete
  17. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Terimakasih atas link-link yang telah bapak posting, walau nomor urut 2 sudah tidak bisa di buka lagi.
    Link bacaan yang telah bapak bagikan merupakan bacaan yang ada di dunia pendidikan dengan tujuan untuk membuat para guru lebih suka membaca agar menambah pengetahuan dalam membuat pembelajaran di kelas lebih maksimal dan berkesan bagi siswa. Bacaan tersebut juga akan sangat membantu guru dalam membuat rencana belajar yang lebih kreatif, dan mengaplikasikan rencana pembelajaran yang telah disusun itu.

    ReplyDelete
  18. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof atas link yang di share pada artikel diatas. Insya Allah akan sangat bermanfaat bagi kami selaku calon tenaga pendidik.

    ReplyDelete
  19. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Terimakasih pak atas link yang suda dibagikan pada postingan ini. Dari beberapa link yang ada ini menjelaskan mengenai lesson study namun ada satu laman yang sudah tidak bisa diakses lagi. Dari salah satu link yang saya baca ada yang mengatakan bahwa guru biasanya menyukai cara mengajarnya sendiri dan tidak mau memperlihatkan kepada orang lain. Namun, lesson study penting salah satunya untuk membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya. Selain itu dengan lesson study guru dapat merefleksikan pembelajaran dia selama ini apakah masih ada yang perlu diperbaiki agar siswa lebih termotivasi, efektif dan dapat memahami apa yang disampaikan pada pembelajaran yang diberikan oleh guru.

    ReplyDelete
  20. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Dalam link-link diatas disajikan tentang lesson study. Lesson study sendiri dipandang sebagai suatu sarana yang dapat digunakan oleh guru model sebagai bahan acuan tentang sejauh mana kualitas pembelajaran yang telah ia lakukan sehingga nantinya dapat mengubah kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan menjadi lebih bailk. Yang dihaapkan dapat berguna meningkatkan kualitas guru serta pemahaman siswa. Karena dalam lesson study pengamatan langsung dilakukan oleh para ahli dibidangnya, sehingga menjadikan hasil evaluasi lebih berkualitas.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  21. indah purnama sari
    17701251035
    PEP B 2017

    terimakasih prof atas ilmu yang diberikan melalui link link diatas, dari link link tsb memberikan saya info tentang lesson study, yang mana dari lesson studu guru dapat menjadi model pembelajaran sebagai acuan tentang sejauh mana kualitas pembelajaran yang telah ia berikan dan nantinya dr acuan tersebut membuat dia dapat melakukan pengajaran dalam pembelajaran menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  22. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Pada link di atas terdapat link staff atau dosen fmipa uny. Pendidikan, penelitian, dan pengabdian merupakan tiga kewajiban utama bagi setiap dosen. Hal ini tentunya akan berguna bagi dosen di kampus lain atau bagi calon-calon dosen.

    ReplyDelete
  23. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih Bapak atas share link-link di atas. Semoga kami dapat memanfaatkan referensi-referensi tersebut dengan maksimal dan bijaksana.

    ReplyDelete
  24. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Mengomentari sebuah artikel dari beberapa pilihan di atas, saya tertarik dengan lesson study yang diadakan di beberapa negara anggota APEC. Para guru mengakui biasanya mereka hanya peduli bagaimana siswa belajar, siswa memahami, dan lain-lainnya namun dengan adanya lesson study membuka pikiran bahwa style mengajar guru yang berbeda-beda juga patut dijadikan suatu fokus dan kajian mendalam. Dengan latar belakang yang berbeda-beda di setiap negara, guru yang berasal dari negara A mengajar di kelas yang berisi siswa dari negara B akan merasakan perbedaan yang sangat jauh walaupun percakapan sudah diterjemahkan. Selain itu, tantangan untuk mengotak atik atau meng-custom perangkat pembelajaran yang sudah didesain oleh pemerintah memang menjadi kajian yang sangat menarik, mengingat sebagian besar guru mungkin hanya megimplementasikan yang sudah ada tanpa berusaha mencocokkan dengan gaya dan budaya di sekitarnya. Lesson study lintas negara dalam kurun waktu yang panjang ternyata menghasilkan berbagai temuan-temuan menarik sesuai dengan yang terjadi di lapangan.

    ReplyDelete
  25. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Terimakasih Bapak Marsigit atas ilmu yang telah dibagikan. Ini sangat membantu bagi kami calon pendidik. Pandangan kita menjadi luas dan kita dpat mendesian pembelajaran yang cocok diterapkan. Ketika menerapkan juga harus melihat kesesuaian dengan siswa dilihat dari karakteristik siswa dan kemampuan berfikir siswa.

    ReplyDelete
  26. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Salah satu laman dari link yang dibagikan di atas membahas mengenai lesson study. Lesson study merupakan program pengembangan profesional guru yang pertama kali dikembangkan di Jepang. Lesson study bertujuan untuk membuat pembelajaran di kelas lebih bermakna melalui riset kolaboratif. Skema pembelajaran lesson study terdiri dari 3 tahap yaitu, Plan, Do, and See. Plan merupakan perencanaan awal lesson study berisi pengkajian masalah awal kemudian menyiapkan perangkat serta model pembelajaran yang sesuai. Do merupakan pelaksanaan lesson study oleh tim guru, seorang menjadi guru model, beberapa orang lain berperan sebagai guru pendukung (asisten guru model) dan beberapa praktisi pendidikan yang berperan sebagai obserser. Tahap terakhir yaitu See, yang merupakan refleksi dari pelaksanaan lesson study. Dalam hal ini disampaikan hasil pelaksanaan dan saran yang berfungsi sebagai masukan untuk perbaikan dari pelaksanaan lesson study tersebut.

    ReplyDelete
  27. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Pada salah satu artikel bapak pada academia.edu, disebutkan bahwa matematika ada dua yaitu matematika murni dan matematika sekolah. Matematika murni disini bersifat analitik apriori, karena merupakan hal yang abstrak dan tidak terikat ruang dan waktu. Sedangkan matematika sekolah bersifat sintetik aposteori karena nyata dan terikat ruang dan waktu. Guru perlu memahami dua macam matematika tersebut sehingga dalam mengajarkan matematika kepada siswa bisa sesuai perkembangan pikiran mereka.

    ReplyDelete
  28. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Iya benar sekali Pak terlalu sayang jika dilewatkan bagi calon pendidik matematika, sebelumnya saya ucapkan terimakasih banyak Pak atas link yang Bapak berikan. Dari link-link tersebut saya dapat mempelajari mengenai kajian kurikulum matematika, bagaimana cara mengatasi krisis bangsa melalui pendidikan, khususnya pendidikan matematika, dan juga mengenai lesson study. Lesson study merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan merujuk pada tujuan pembelajaran yang diharapkan. Dimana fokus utama dari lesson study ini adalah aktivitas siswa, dengan harapan aktivitas siswa terkait dengan aktivitas guru selama mengajar.

    ReplyDelete
  29. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Ilmu yang dimiliki seseorang akan lebih bermanfaat apabila dapat dibagikan kepada orang lain dengan cara menjadikan ilmunya sebagai sumber belajar. Sumber belajar dapat berasal dari mana saja, e-book, buku, blog, visual, audio, dll. Sumber bacaan tersebut dapat dijadikan oleh kita sebagai sumber referensi dan berbagai macam penelitian dan pendapat orang sudah terangkum dalam berbagai sumber bacaan. Tinggal kita yang memiliki kemauan untuk membaca atau tidak apalagi dengan teknologi yang semakin maju semakin memudahkan kita dalam mencari ilmu, karena semua itu tergantung niat seseorang apakah dengan membaca sumber bacaan mau menambah pengetahuan atau tidak?

    ReplyDelete
  30. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Terima kasih atas tambahan ilmu yang bapak berikan melalui link-link diatas. Link-link tersebut Insya Allah akan memberikan banyak manfaat kepada kami, apalagi saya dan beberapa teman disini yang berasal dari lulusan s1 matematika yang belum mendapatkan ilmu pendidikan pada jenjang s1.

    ReplyDelete