Oct 24, 2014

Terlalu Sayang jika Dilewatkan bagi Profesional Matematika dan Pendidikan Matematika




Ass Wr Wb, berikut ini terlalu sayang jika dilewatkan bagi Profesional bidang Matematika dan
Pendidikan Matematika:
http://homepages.warwick.ac.uk/staff/David.Tall/downloads.html





Selamat mencoba mengakses, semoga bermanfaat. Amin
Wss Wr Wb
Marsigit

29 comments:

  1. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Dari beberapa link tersebut, ada yang sudah kadaluarsa prof. Terimakasih sudah share link mengenai matematika prof. Salah satunya mengenai artikel yang untuk saat ini sangat ebrmanfaat bagi saya untuk menjadikan referensi dalam penulisan penelitian sebagai tugas kuliah. Dan juga saya mendapatkan ilmu dari prof marsigit tentang pembelajaran lesson studi di luar negri.

    ReplyDelete
  2. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Terimakasih pak atas sharing link di atas. Sebagaimana judul artikel ini, saya secara khusus menyimpan postingan ini agar sewaktu-waktu dapat dijadikan referensi. Dari https://uny.academia.edu/MarsigitHrd saya juga mohon ijin pak untuk mendownload beberapa artikel untuk dijadikan bahan inspirasi/rujukan tugas. Untuk http://hrd.apec.org/index.php/Portal:_Lesson_Study sudah tidak bisa diakes pak. Untuk link terakhir juga tidak kalah menarik, kami bisa kenal lebih dekat dengan dosen-dosen pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  3. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Seiring dengan perkembangan jaman, guru matematika dituntut harus bisa profesional dimana guru harus dapat mengikuti perkembangan IPTEK. Guru harus bisa menyikapi perkembangan IPTEK dengan menggunakannya dalam pembelajaran. Karena dengan perkembangan IPTEK yang semakin maju diharapkan guru dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang disampaikan. IPTEK dapat digunakan guru sebagai referensi dalam memilih metode, materi dan hal-hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru profesional harus dapat mengikuti perkembangan jaman dengan baik, denga harapan semakin memperudah siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  4. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C
    Membuka salah satu link terseburt saya menemukan artikel menarik mengenai pembelajaran aritmatika dan aljabar yang bermakna. Dalam artikel tersebut mengulas bahwa pembelajaran baiknya diawali dengan praktik, seperti dengan mengamati kamudian mendeskripsikan apa yang mereka temukan pada objek yang mereka amati, kemudian latihan berhitung, mulai dikenalkan pada konsep aritmatika serta menganalisis hubungan antar komponen yang mereka pelajari. Hal ini selaras dengan pembelajaran kontekstual yang digembor-gemborkan dapat meningkatkan kebermaknaan pembelajaran di kelas. Hal ini bukan hanya teori semata, melainkan telah banyak dilakukan penelitian yang mendukung fakta ini. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  5. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Sedangkan jika membuka link academia milik Prof. Marsigit, banyak sekali sumber bacaan yang dapat kita akses untuk meningkatkan nosi kita, terlebih mengenai learning trajectory maupun filsafat matematika. Saya sendiri memiliki ketertarikan terhadap learning trajectory yang amat membantu guru dalam prose pembelajaran, karena learning trajectori melampaui RPP dengan menambahkan respon siswa yang mungkin muncul dan feedback guru yang dapat diberikan sehingga guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan baik. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  6. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Setiap individu harus menyadari bahwa evaluasi dan inovasi terhadap pemebalajaran sangatlah penting. Terima Kasih Prof karena berbagai link diatas memberikan kami informasi dan membukan mata kami untuk membaca dan belajar dari orang lain mengenai inovasi pembelajaran agar pembelajaran bermakna dan menyenangkan. Contohnya yang bebagai artikel dalam link “warwick” salah satu artikel “Long term effect of sense-making and anxiety in algebra” yang menyajikan topic menggali leboh dalam kecemasan akan aljabar. Terima Kasih

    ReplyDelete
  7. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Terima kasih Prof. karena sudah berbagi informasi kepada kami, meskipun ada beberapa link yang tidak bisa di akses. Dalam penggunaan IPTEK pada proses pembelajaran, saya rasa Prof. sudah bisa dikatakan berhasil dalam menerapkannya. Media-media pembelajaran yang digunakan berupa blog yang dapat kami akses dimanapun. Ini sangat menginspirasi dan dapat memotivasi kami untuk dapat mengembangkan media-media yang up to date dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  8. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Terimakasih link yang diberikan Prof, saya membuka link pertama, bnayak sekali penelitian yang dilakukan oleh David Tall terkait dengan aljabar. Aljabar menjadi momok tersendiri bagi siswa kita. Hal ini bisa jadi karena kita terlalu mengacu pada buku teks yang sangat asbtrak, ideal, dan tidak sesuai kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian menyebutkan bahwa dalam pembelajaran aljabar perlu diberikan koneksi real di kehidupan siswa. Menggunakan pembelajaran kontekstual untuk mengkontekstualkan aljabar

    ReplyDelete
  9. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Karena beberapa link sudah expired, saya membuka link academia UNY Prof Marsigit. Ada banyak artikel dari Prof yang terposting. Salah satunya learning trajectory. Jalan dalam pembelajaran yang membahas tentang urutan materi, cara penyampaian, dan aktivitas yang dilakukan. Sebagai contoh dalam pembelajaran grafik fungsi trigonometri, maka apa yang harus diajarkan dulu kepada siswa ? bagaimana cara mengajarkannya ? aktivitas apa yang dilakukan ? learning trajectory menjadi solusinya

    ReplyDelete
  10. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Link-link yang dibagikan ini memberikan gambaran mengenai lesson study. Dalam lesson study seorang guru model menerapkan pembelajaran di dalam kelas kemudian diamati oleh observer yang memang ahli dibidangnya. Kemudian setelah melakukan praktik mengajar, diadakan evaluasi yang disampaikan oleh para observer. Dari hasil evaluasi ,guru dapat mengetahui kekurangnnya selama proses pembelajaran, sehingga guru dapat langsung melakukan perbaikan. Hal itu sangat bermanfaat untuk kemajuan guru dan meningkatkan pemahaman siswa terhadap matematika. Terimakasih

    ReplyDelete
  11. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Pembelajaran lesson study ini sangat terkenal di negri Jepang. lesson study ini, karena secara bersama-sama bersinergi dengan beberapa pihak kemudian untuk memajukan dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Kesimpulan dari uraian tersebut adalah agar guru mampu mencari solusi dari semua persoalan tersebut di atas, intinya guru perlu melakukan overhauled atau perubahan persepsi atau perubahan paradigma, yaitu dengan cara memromosikan: Matematika Sekolah, Pembelajaran Konstruktivisme, Matematika yang Plural, Belajar adalah membangun atau menkonstruksi, Mengajar adalah kegiatan riset atau to teach is to research, dst.

    ReplyDelete
  12. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Terimakasih Pak Mrsigit atas link di atas terutama tentang lesson study. Dapat menambah referensi bacaan kami para guru dan calon guru terkait dengan merencanakan pembelajaran di kelas khususnya matematika. Baik sumber dari luar negeri maupun dalam negeri berupa karya-karya atau tulisan dosen-dosen matematika Universitas Negeri Yogyakarta.

    ReplyDelete
  13. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Link-link ini merupakan referensi-referensi yang sangat bermanfaat, yang mampu menambah wawasan dan pengetahuan kita mengenai pembelajaran-pembelajaran yang efektif, yang dapat digunakan, dan hal-hal yang berkaitan dengan pbm matematika baik dari siswa, gurunya maupun dari pendidikannya itu sendiri. Melalui link-link tersebut dapat mengetahui para ahli-ahli di bidang matematika dan juga bisa mengetahui penelitian-penelitian yang dilakukannya sehingga dapat menjadi referensi bagi kita dalam menyusun tugas akhir. Sekian dan terima kasih
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  14. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam artikel ini memuat tentang alamat wesite rujukan yang berisikan tentang lesson study. Dalam website tersebut terdapat tokoh yang mampu menjadi rujukan mahasiswa pendidikan pmat untuk mengetahui lebih dalam tentang lesson study. Terdapat website yang berisikan tentang artikel studi kolaboratif dalam inovasi mengajar dan belajar matematik dalam budaya yang berbeda.

    ReplyDelete
  15. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Pada link http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/, saya setuju terhadap pernyataan guru dari Amerika bahwa kita sering membahas tentang kemampuan multiple intelegence seperti berfikir kritis, kreatif dan sebagainya, tetapi mengapa kita jarang sekali membahas tentang konten atau isi yang akan diajarkan guru kepada siswa. Mengapa kita harus mengajarkan materi ini kepada siswa, apa yang akan dicapai siswa setelah mendapatkan materi ini atau apa yang akan siswa dapatkan dalam pembelajaran ini.

    ReplyDelete
  16. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Melalui lesson study inilah kita dapat membangun pandangan guru terhadap kondisi siswa dengan materi pelajaran. Misalnya dalam pembelajaran menyediakan masalah (pertanyaan) terbuka untuk menggali apa yang ada di dalam pikiran siswa yang belum di eksplor. Jika siswa merasa tertantang dengan masalah atau pertanyaan tersebut, maka kita dapat mengetahui bahwa siswa telah membangun kepercayaan dirinya terhadap mata pelajaran yang diikuti. Terima kasih banyak Prof atas sharingnya link-link artikel yang sangat bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  17. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkrkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran.

    ReplyDelete
  18. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Walaupun lesson study pertama kali dikembangkan di Jepang, akan tetapi mulai banyak yang menerapkannya di Indonesia. Upaya ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar dan membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya. Terkadang dilakukan oleh guru dalam satu sekolah ataupun guru-guru MGMP.

    ReplyDelete
  19. Ulivia Isnawati Kusuma
    17709251015
    PPs Pend Mat A 2017

    Pada jaman sekarang ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang. Penggunaan teknologi menjadi hal yang sangat penting. Bahkan teknologi bisa dibilang menjadi sebuah kebutuhan pokok. Dimana dengan adanya teknologi semua pekerjaan kita menjadi lebih mudah. Tettapi ternyata adanya perkembangan teknologi ini bisa berdampak positif dan negatif. Sebagai seorang yang bijaksana sebaiknya kita bisa memanfaatkan teknologi untuk suatu hal yang positif. Memanfaatkan teknologi untuk saran belajar dan mencari ilmu pengetahuan. Kita dapat mencari suatu informasi dengan mudah dengan meanfaatkan teknologi sekarang. Sehingga dengan informasi yang kita peroleh ini, nantinya dalam proses pembelajaran akan meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.

    ReplyDelete
  20. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Terimakasih kepada Prof. yang telah membagikan link ini. Salah satu link yang Prof. bagikan adalah http://staff.uny.ac.id/file/fmipa?tid=211 . link ini berisi daftar nama-nama Staff FMIPA Jurusan Pendidikan Matematika. Terus terang saya belum terlalu mengenal siapa saja staff dosen jurusan Matematika di UNY. Akan tetapi, karena link ini dibagikan pada tahun 2014, maka bisa jadi ada beberapa staff yang sudah ganti, bertambah ataupun berkurang. Atau web ini selalu update? Karena ada dosen jurusan Matematika yang telahsaya kenal, tidak masuk dalam daftar staff pada link tersebut.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  21. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    pada saat awal membaca judul postingan ini sudah membuat saya tertarik, saya penasaran "apa sih yang sangat penting, yang sayang jika dilewatkan oleh profesional matematika dan pendidikan matematika". ternyata didalamnya terdapat link-link yang sangat bermanfaat bagi kita. terimakasih prof. karena telah diberikan link-link tersebut, dapat kami jadikan sebagai tambahan ilmu dan referensi.

    ReplyDelete
  22. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Terima kasih Pak Marsigit, karena telah membagikan link yang dapapt bermanfaat bagi kami sebagai informasi, sumber belajar, bahan referensi, dan bahan bacaan bagi kalangan umum.

    ReplyDelete
  23. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Semua ilmu yang diberikan memang sesungguhnya sangat sayang jika tidak diketahui oleh semua kalangan. Karena pada dasarnya haus akan ilmu merupakan ciri khas dari orang yang ingin berusaha merubah kehidupan mereka untuk menjadi lebih baik dalam memberikaan informasi dan menerima informasi. Karena jika tidak haus akan ilmu, maka hal tersebut akan memiliki arti bahwa kita sudah nyaman pada zona kita sehingga akan sulit abgi kita untuk berkembang lagi.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  24. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Sumber belajar dapat berasal dari mana saja, e-book, buku, blog, visual, audio, dll. Berbagai macam penelitian dan pendapat orang sudah terangkum dalam berbagai sumber bacaan, termasuk sumber bacaan di atas. Dengan membaca sumber bacaan di atas akan menambah pengetahuan.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  25. Terimakasih bapak telah membagikan link-link yang berguna bagi yang berprofesi dalam bidang matematika dan pendidikan matematika. semoga kami dapat menerapkan ilmu yang terdapat dalam link tersebut guna perbaikan dalam proses pembelajaran yang di lakukan di lapangan/kelas.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  26. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Terimakasih atas sumber yang diberikan, Prof. Melalui link tersebut akan memberikan tambahan pengetahuan bagi mahasiswa calon guru maupun guru terkait pembelajaran matematika. Salah satu penyebab kurang bermakna nya pembelajaran matematika di Indonesia adalah minimnya inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Guru cenderung menggunakan metode konvensional sehingga siswa tidak terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran. Meskipun hal ini sudah diantisipasi dengan adanya kurikulum 2013 tetapi masih saja ada yang menggunakan metode tersebut. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa calon guru maupun guru untuk mempelajari dan menggali informasi lebih dalam tentang inovasi pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  27. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Terlepas dari beberapa link yang tidak dapat diakses dari yang disampaikan Prof Marsigit, ilmu itu banyak tersebar. Namun kadang kala kita terkendala akses, terkendala dengan dimana harus menemukan sumber belajar yang baik dan valid. Melalui postingan-postingan di blog ini, setidaknya kita mendapatkan tambahan pengetahuan dan pengalaman untuk mengerti contoh sumber belajar yang baik. Banyak sekali pengetahuan, khususnya tentang pembelajaran dan pengajaran matematika saya dapat dari blog ini. Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  28. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terimakasih Prof Marsigit atas beberapa referensi yang ditampilkan dalam blog ini, meskipun beberapa link sudah tidak bisa dibuka karena sudah kadaluarsa. Namun beberapa link yang lain masih bisa dibuka dan memberikan kemanfaatan bagi kami. Semakin banyak sumber referensi harusnya membuat kami menjadi semakin baik. Seperti kata Einstein, kita tidak memiliki banyak waktu untuk melakukan banyak kesalahan.

    ReplyDelete
  29. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Begitu banyak upaya yang dilakukan guna memperbaiki kinerja dan profesionalisme seorang tenaga pendidik terutama seorang guru. Realita di lapangan menunjukkan bahwa kinerja guru masih belum begitu optimal. Guru masih kurang total dalam mengajar, ada pula yang belum bisa menempatkan diri sebagai seorang fasillitator yang baik dalam kegiatan pembelajaran seperti yang diharapkan sekarang ini yaittu pembelajaran yang bersifat student-centred. Penggunaan media dan metode yang belum begitu bervariasi. Padahal perkembangan teknologi begitu memudahkan segala aktivitas termasuk aktivitas pembelajaran di kelas yang diharapkan dapat lebih optimal dan inovatif jika dibantu dengan penggunaan teknologi yang tepat.

    ReplyDelete