tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post3843016704265756134..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : KOMPONEN PEMBELAJARAN INOVATIFMarsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger63125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-20690722630408952002020-01-13T20:06:20.186+07:002020-01-13T20:06:20.186+07:00Galih Istiningsih
19706261009
S3 Pendidikan Dasar
...Galih Istiningsih<br />19706261009<br />S3 Pendidikan Dasar<br /><br />Pembelajaran Tradisional dan Inovatif Nampak jelas dipersiapkan saat perencanaan dan pelaksanaan. Saat perencanaan perangkat pembelajaran dimulai dari RPP, Bahan Ajar, Materi Ajar, Penilaian komprehensif dan inovatif. Dalam pelaksanaan pembelajaran memiliki ciri menekan aktivitas siswa. Dalam Penilaian melingkupi ranah Lih Galihhttps://www.blogger.com/profile/08188239749706999883noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-34513060804302300242020-01-08T07:13:00.294+07:002020-01-08T07:13:00.294+07:00Annisa Nur Arifah
18709251058
S2 Pendidikan Matema...Annisa Nur Arifah<br />18709251058<br />S2 Pendidikan Matematika C 2018<br /><br />Pendidikan matematika realistik atau Realistic Mathematics Education (RME) diketahui sebagai pendekatan yang telah berhasil di Nederlands. Realistic Mathematics Education adalah suatu teori dalam pendidikan matematika yang berdasarkan pada ide bahwa matematika adalah aktivitas manusia dan matematika yang harus Annisa Nur Arifahhttps://www.blogger.com/profile/05478185678213308619noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-31019847562156354582020-01-08T07:12:44.534+07:002020-01-08T07:12:44.534+07:00Annisa Nur Arifah
18709251058
S2 Pendidikan Matema...Annisa Nur Arifah<br />18709251058<br />S2 Pendidikan Matematika C 2018<br /><br />Terkait dengan kurikulum integrative, pendekatan integratif atau terpadu adalah ancangan (kebijakan) pembelajaran bahasa dengan menyajikan bahan ajar secara terpadu, yaitu dengan menyatukan, menghubungkan, atau mengaitkan bahan ajar sehingga tidak ada yang berdiri sendiri atau terpisah-pisah. Pendekatan ini terdiriAnnisa Nur Arifahhttps://www.blogger.com/profile/05478185678213308619noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-26473393021239788672020-01-08T07:12:28.373+07:002020-01-08T07:12:28.373+07:00Annisa Nur Arifah
18709251058
S2 Pendidikan Matema...Annisa Nur Arifah<br />18709251058<br />S2 Pendidikan Matematika C 2018<br /><br />Teori Konstruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari. Pendekatan konstruktivisme mempunyai beberapa konsep umum seperti: (1) Pelajar aktif membina pengetahuan berasaskan pengalaman yang sudah ada. (2) Dalam konteks Annisa Nur Arifahhttps://www.blogger.com/profile/05478185678213308619noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-13827495259184163632020-01-08T07:12:11.407+07:002020-01-08T07:12:11.407+07:00Annisa Nur Arifah
18709251058
S2 Pendidikan Matema...Annisa Nur Arifah<br />18709251058<br />S2 Pendidikan Matematika C 2018<br /><br />Gagne seorang ahli psikologi pendidikan mengatakan bahwa transfer dapat digolongkan dalam empat kategori yaitu :<br />a. Transfer positip dapat terjadi dalam diri seseorang apabila guru membantu si belajar untuk belajar dalam situasi tertentu dan akan memudahkan siswa untuk belajar dalam situasi-situasi lainnya. Annisa Nur Arifahhttps://www.blogger.com/profile/05478185678213308619noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-90455250138357115672020-01-08T07:11:48.519+07:002020-01-08T07:11:48.519+07:00Annisa Nur Arifah
18709251058
S2 Pendidikan Matema...Annisa Nur Arifah<br />18709251058<br />S2 Pendidikan Matematika C 2018<br /><br />Transfer of learning berarti : pemindahan atau pengalihan hasil belajar yang diperoleh dalam bidang studi yang satu ke bidang studi yang lain atau ke kehidupan sehari-hari diluar lingkup pendidikan sekolah. Pemindahan atau pengalihan ini menunjuk pada kenyataan, bahwa hasil belajar yang diperoleh, digunakan di Annisa Nur Arifahhttps://www.blogger.com/profile/05478185678213308619noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-41622549720362607832020-01-07T23:43:25.809+07:002020-01-07T23:43:25.809+07:00Dea Armelia
19709251072
Pendidikan Matematika D 20...Dea Armelia<br />19709251072<br />Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Untuk isi pelajaran seperti lebih “tailor made”, tersedianya pelajaran pilihan, dimungkinkannya pembahasan tema atau topik yang aktual yang dialami bersama, disediakan pedoman dan kerangka bantuan (perancah= scaffold) untuk penguasaan pelajaran dll. Dea Armeliahttps://www.blogger.com/profile/08589086882764927348noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-45921506810734050482020-01-07T23:39:54.372+07:002020-01-07T23:39:54.372+07:00Dea Armelia
19709251072
Pendidikan Matematika D 20...Dea Armelia<br />19709251072<br />Pendidikan Matematika D 2019<br />Untuk waktu belajar yang fleksibel seperti interaksi tatap mukan disesuaikan dengan peluang dan keter sediaan waktu pembelajar, belajar mandiri atau kelompok dapat dilaksanakan kapan saja berdasarkan kesepakatan bersama, interaksi tatap muka disesuaikan dengan peluang dan ketersediaan waktu pemelajar, belajar mandiri atau Dea Armeliahttps://www.blogger.com/profile/08589086882764927348noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-69411835213445932412020-01-07T23:38:38.992+07:002020-01-07T23:38:38.992+07:00Dea Armelia
19709251072
Pendidikan Matematika D 20...Dea Armelia<br />19709251072<br />Pendidikan Matematika D 2019<br />Ciri-ciri pembelajaran inovatif yang telah disebutkan di atas, salah satunya skema pembelajaran yang fleksibel. <br />pembelajaran yang fleksibel merupakan suatu pembelajaran yang memberikan kesempatan lebih banyak kepada peserta didiknya untuk memilih apa, dimana dan kapan belajar yang sesuai dengan ke-perluan dan kondisinya.<Dea Armeliahttps://www.blogger.com/profile/08589086882764927348noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-73699876457613832682020-01-06T14:42:13.097+07:002020-01-06T14:42:13.097+07:00Dini Senjaningrum
19709251067
Pendidikan Matematik...Dini Senjaningrum<br />19709251067<br />Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Dalam pembelajaran inovatif, bukan hanya siswa yang dituntut untuk menjadi kreatif. Dalam mempersiapkan pembelajaran inovatif, guru juga dituntut untuk kreatif merencanakan pembelajaran yang bervariasi dari berbagai sumber. Guru juga perlu melakukan pendekatan kepada siswa agar terjadi interaksi yang baik dalam Dini Senjaningrumhttps://www.blogger.com/profile/16383809120674104163noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-7346543693706612442020-01-06T14:29:34.081+07:002020-01-06T14:29:34.081+07:00Dini Senjaningrum
19709251067
Pendidikan Matematik...Dini Senjaningrum<br />19709251067<br />Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Dari komponen-komponen pembelajaran yang telah di jelaskan, terlihat bagaimana perbedaan antara pembelajaran tradisional dan pembelajaran inovatif. Proses perubahan dari pembelajaran tradisional ke pembelajaran inovatif merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang semula hanya mentransfer ilmu Dini Senjaningrumhttps://www.blogger.com/profile/16383809120674104163noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-24407778353778251422020-01-04T20:59:00.430+07:002020-01-04T20:59:00.430+07:00Yufida Afkarina Nizar Isyam
19709251073
S2 Pendidi...Yufida Afkarina Nizar Isyam<br />19709251073<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Ciri dan komponen pembelajaran inovatif dapat menjadi tuntunan bagi guru agar dapat mengembangkan dan meningkatkan kemampuan mengajar secara inovatif. Sehingga diharapkan peserta didik tidak merasa jenuh dengan pembelajaran yang ada. Dalam pembelajaran inovatif, guru sangat berperan penting dalam Yufida Afkarina Nizar Isyamhttps://www.blogger.com/profile/02434503842789333027noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-51796109576232173142019-12-31T15:07:30.609+07:002019-12-31T15:07:30.609+07:00Heriansyah
19701261017
PEP S3 2019
Sekedar menamb...Heriansyah<br />19701261017<br />PEP S3 2019<br /><br />Sekedar menambahkan, ciri-ciri pembelajaran inovatif lain antara lain meningkatkan learning to know menjadi Learning to do, Learning to be dan Learning to live together (belajar hidup bersama).<br />Sebagai mahasiswa Penelitian dan evaluasi Pendidikan, pembelajaran inovatif harus diikuti dengan penilaian inovatif, yakni penilaian yang tidakHeriansyahhttps://www.blogger.com/profile/11265607861777117185noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-8317894707763917222019-12-29T14:36:24.534+07:002019-12-29T14:36:24.534+07:00Yufida Afkarina Nizar Isyam
19709251073
S2 Pendidi...Yufida Afkarina Nizar Isyam<br />19709251073<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Pembelajaran inovatif dapat menumbuhkan dan mengembangkan pilar pilar pembelajaran pada siswa, mampu mendorong siswa untuk mengembangkan semua potensi dirinya secara maksimal, dengan ditandai oleh keterlibatan siswa secara aktif, kreatif dan inovatif selama proses pembelajaran di sekolah. Pembelajaran Yufida Afkarina Nizar Isyamhttps://www.blogger.com/profile/02434503842789333027noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-33560244929315124062019-12-28T23:02:20.631+07:002019-12-28T23:02:20.631+07:00Latifa Krisna Ayu
19709251060
S2 Pendidikan Matema...Latifa Krisna Ayu<br />19709251060<br />S2 Pendidikan Matematika D<br /><br />Pembelajaran tradisional adalah pembelajaran yang sederhana, alat yang digunakan pun hanya lah papan tulis dan kapur dan metode yang digunakan umumnya ialah ceramah. Pembelajaran tradisional sulit untuk membuat siswa tertarik akan pembelajaran karena siswa dipandang sebagai sebuah objek untuk transfer ilmu. Sedangkan Latifa Krisnahttps://www.blogger.com/profile/03184693311475046710noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-35307462016573784702019-12-25T23:30:19.886+07:002019-12-25T23:30:19.886+07:00Rona Happy Mumpuni
19709251059
S2 Pendidikan Matem...Rona Happy Mumpuni<br />19709251059<br />S2 Pendidikan Matematika D<br /><br />Selain komponen-komponen di atas, ada beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk menciptakan pembelajaran yang inovatif, yaitu:<br /> 1. Kuasai teori pembelajaran<br />2. Perkaya pemahaman pada metode pembelajaran<br />3. Pelajari kembali materi yang akan diajarkan<br />4. Kenali kondisi kelas dan peserta didiknya<brRona Happy Mumpunihttps://www.blogger.com/profile/10166402912873148094noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-60281854173419556702019-12-25T20:46:36.923+07:002019-12-25T20:46:36.923+07:00Assalamu'alaykum wr wb
Dwi Kawuryani
19709251...Assalamu'alaykum wr wb <br />Dwi Kawuryani<br />19709251061<br />Pendidikan Matematika S2 D<br />Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Prof. Dr. Masigit yang telah memberikan referensi kepada saya tentang pembelajaran yang inovatif. Untuk membentuk pembelajaran yang inovatif guru perlu mempersiapkan banyak hal sebelum melakukan kegiatan pembelajaran. Dalam mempersiapkan nya Dwi Kawuryanihttps://www.blogger.com/profile/17640754123405812199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-44351411555886692522019-12-20T18:13:37.608+07:002019-12-20T18:13:37.608+07:00Rifki Rinaldo
19709251070
S2 Pendidikan Matematika...Rifki Rinaldo<br />19709251070<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Berdasarkan tulisan diatas, Adanya perbedaan ciri-ciri pembelajaran inovatif dan tradisional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inovatif merupakan pembelajaran yang memusatkan kegiatan belajar pada siswa dengan mengkonstruk pikiran siswa dalam lingkungan realistik dengan berbagai macam metode agar Rifki Rinaldohttps://www.blogger.com/profile/01429357594401288965noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-30307787637662663602019-12-20T14:57:58.163+07:002019-12-20T14:57:58.163+07:00Choirul Amri
(19709251078 S2 Pendidikan Matematika...Choirul Amri<br />(19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)<br /><br />Bismillah, Menurut saya pembelajaran inovatif merupakan pembelajaran yang dirancang oleh guru, bersifat baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya dan bertujuan untuk memberikan fasilitas bagi siswa dalam membangun pengetahuannya sendiri dalam rangka proses perubahan perilaku ke arah yang lebih baik sesuai denganChoirul Amrihttps://www.blogger.com/profile/04516221656193302026noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-34774512261145851572019-12-18T11:07:18.854+07:002019-12-18T11:07:18.854+07:00Kritikan terhadap Ciri-ciri Pembelajaran Inovatif:...Kritikan terhadap Ciri-ciri Pembelajaran Inovatif:<br />1. Student Center<br />2. Variasi Media Pembelajaran (berbagai macam sumber belajar)<br />3. Variasi Metode Pembelajaran<br />4. Variasi Interaksi: Klasikal, Kelompok, Individual<br />5. Construktivisme<br />6. Matematika Sekolah<br />7. Realistik<br />8. Bruner, Piaget, Vigotsky<br />9. Kurikulum Interaktif<br />10. Guru sebagai Fasilitatormarsigit2019-hubertushttps://www.blogger.com/profile/03264689331168874532noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-26758363557917708212019-12-18T04:14:23.205+07:002019-12-18T04:14:23.205+07:00Fitria Restu Astuti
19709251069
S-2 Pendidikan Mat...Fitria Restu Astuti<br />19709251069<br />S-2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Dengan diberlakukannya kurikulum 2013, pendidikan di Indonesia dituntut untuk begerak menjadi pendidikan yang inovatif. Salah satu pendekatan pembelajaran yang digencarkan untuk menunjang keterlaksanaan Kurikulum 2013 yaitu pendekatan saintifik yang kemudian ditunjang lagi dengan berbagai model pembelajaran. Fitria Restu Astutihttps://www.blogger.com/profile/02808481214399412761noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-46243258958820401312019-12-12T14:36:11.020+07:002019-12-12T14:36:11.020+07:00Jewish Van Septriwanto
S2 Pendidikan Matematika D ...Jewish Van Septriwanto<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br />19709251077<br /><br />Terimakasih bapak Prof Marsigit<br />Pada tulisan diatas ciri-ciri pembelajaran inovatif adalah adanya berbagai variasi dari berbagai hal seperti media pembelajaran, metode, dan interaksi. Bedasarkan definisinya, inovasi adalah penemuan baru yang berbeda dari sesuatu yang ada. Inovasi diperlukan dalam setiap Jewish Van Septriwantohttps://www.blogger.com/profile/08626323898028358186noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-68273452982286943392019-11-21T14:39:00.601+07:002019-11-21T14:39:00.601+07:00Sintha fardu anggraeni
19709251071
S2 pend matemat...Sintha fardu anggraeni<br />19709251071<br />S2 pend matematika/ D/ 2019<br /><br />Terimakasih bapak Prof Marsigit. Pembelajaran merupakan suatu sistem yang terdiri atas beberapa komponen yang saling berhubungan satu sama lain. Komponen pembelajaran meliputi komponen tujuan pembelajaran, siswa, guru, materi pelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Komponen MARSIGIT SINTHA FARDU ANGGRAENIhttps://www.blogger.com/profile/07557930204613910527noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-61480633263775313702019-11-05T20:14:01.090+07:002019-11-05T20:14:01.090+07:00Dhamar Widya Safitri
19701251009
S2 PEP A 2019
As...Dhamar Widya Safitri<br />19701251009<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Assalamualaikum.<br />Saat ini pembelajaran tradisional memang dirasa tidak menarik minat belajar siswa. Dengan adanya pembelajaran inovatif, siswa lebih aktif dan mampu mengasah kemandirian siswa. Namun, pasti guru akan menemui kesulitan dalam proses perubahan dari pembelajaran tradisional menuju pembelajaran inovatif. Guru jugaDhamar Widya Safitrihttps://www.blogger.com/profile/01795775915306520308noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-71917826242370682902019-10-26T22:54:54.037+07:002019-10-26T22:54:54.037+07:00Ahmad Syajili
19709251066
S2 PM D 2019
Assalamua...Ahmad Syajili <br />19709251066<br />S2 PM D 2019<br /><br />Assalamualaikum wr.wb<br /><br />Terima kasih Pak atas pengelompokan ciri-ciri pembelajaran tradisional dan pembelajaran inovatif. Sangat jelas dan mudah dipahami. Namun tidak bisa dipungkiri memang bukan suatu hal yang mudah untuk mengubah pembelajaran dari tradisional ke pembelajaran yang inovatif. Dibutuhkan kesiapan antara guru dan Ahmad syajilihttps://www.blogger.com/profile/06090833089732083612noreply@blogger.com