Oct 24, 2014

Terlalu Sayang jika Dilewatkan bagi Profesional Matematika dan Pendidikan Matematika




Ass Wr Wb, berikut ini terlalu sayang jika dilewatkan bagi Profesional bidang Matematika dan
Pendidikan Matematika:
http://homepages.warwick.ac.uk/staff/David.Tall/downloads.html





Selamat mencoba mengakses, semoga bermanfaat. Amin
Wss Wr Wb
Marsigit

33 comments:

  1. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    setelah membaca link terkait lesson study, peneliti Amerika mengatakan bahwa sebelum adanya lesson study, kami biasa berfikir tentang multiple ineligence, constructivisme, dan lain-lain, setelah adanya lesson study, gur bisa lebih fokus dan kongkrit dalam berfikir tentang pedidikan, pembelajran di kelasa, tentang mengapa belajara materi ini, bagaimana siswa membangun materi yang sedang dipelajari dsb.

    ReplyDelete
  2. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    setelah melihat profil dan melihat karya pak marsigit, kemudian saya tertarik untuk melihat karya pak marsigt tentang leson study di daerah disaster area / area rawan bencana, salah satu yang dikembangakn pada lesson study di disaster area adalah permasalah matematika yang berkaitan dengan kondisi disaster area, sehingga permasalahan matematika yang diberikan kepada siswa variatif dan sangat sesuai dengan pikiran dan pengalaman siswanya.

    ReplyDelete
  3. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    Berdasarkan sumber dari http://hrd.apec.org/index.php/Portal:_Lesson_Study, salah satu kesulitan dan tantangan untuk lesson study adalah guru biasanya memiliki cara-cara sendiri dan tidak ingin menunjukkan bagaimana mereka mengajar kepada yang lain. Lesson study harusnya dapat menjadi sarana untuk refleksi diri dan belajar satu sama lain.

    ReplyDelete
  4. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    Maksud saya link http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/. Sumber tersebut berisikan tentang proyek lesson study oleh APEC (Asia-Pacific Economic Cooperation) yang menyebar ke berbagai negara seperti Thailand, Jepang, Singapura, dan masih banyak lagi. Proyek ini bermanfaat untuk inovasi guru dan peneliti dalam mengembangkan pembelajaran.

    ReplyDelete
  5. Retno Widyaningrum
    16701261004
    S3 PEP A
    Dengan adanya lesson study mama praktek pembelajaran di sekolah bisa di kontrol karena mereka ada diskusi hasil evaluasi proses pembelajaran. Hal-hal yang masih kurang bisa langsung di benarkan dan yang sudah baik bisa dilanjutkan.

    ReplyDelete
  6. Retno Widyaningrum
    16701261004
    S3 PEP A
    Belajarlah sampai ke negeri china itu adalah pepatah zaman dulu orang tua kita kepada anaknya, karena zaman dulu mau ke luar negeri rasanya ngga mungkin tidak seperti sekarang dalam waktu beberapa detik saja sudah mengetahui tenang luar negeri tanpa batas. ini megibaratkan bahawa kita untuk mencari ilmu sampai jauh sekali agar kita mendapat ilmu sebanyak-banyaknya, maka lesson strudy dengan perkumpulan teacher diskusi untuk sharing tentang ppermasalahan dan pengembangan pembelajaran matematika sangatlah menarik dan jangan sampai terlewatkan, tentunya banyak hal yang menarik sehingga kita tidak terlalu jauh ketinggalan dengan negara-negara lain dalam kegiatan akademik.

    ReplyDelete
  7. Retno Widyaningrum
    16701261004
    S3 PEP A
    Kompetensi tim pengajar memang bervariasi dengan adanya data statistik tersebut akan lebih memudahkan untuk melihat sejauhmana kompetensi masing-masing orang, semakin banyak kegiatan akademik/ilmiah akan menambah pengetahuan dan pengalaman bagi diri kita masing-masing. Sangat bagus sekali ada data yang akurat sehingga introspeksi pada diri masing-masing untuk memperbaiki dan mengembangkan kembali.

    ReplyDelete
  8. Arif Dwihantoro
    13301244012
    Pendidikan Matematika C 2013

    Lesson study bisa menjadi salah satu cara guru mengajarkan matri dalam pembelajaran. Guru dapat menggunakan caranya sendiri untuk mengembangkan kemampuanya dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  9. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Lesson Study saat ini menjadi sudut pandang baru di dunia terkait peningkatan dan pengembangan keproesionalan guru. Awalnya Lesson Study berasal dari Jepang kuno saat periode Meiji dimana guru mengembangkan dan merefleksikan kemampuan mengajar mereka dengan cara berkolaborasi dengan guu lain. Kemudian setelah tahun 1960an diadakanlah seminar tentang lesson study sehingga lesson study menjadi tersebar di seluruh dunia.

    Menurut saya pribadi lesson study sangat bagus untuk mengembangkan dan meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar, karena kita bercermin dan menjadi cermin dari orang lain. Sehingga kita bisa mengetahui kekurangan kita dan memperbaikinya.

    Sumber bacaan :
    http://www.academia.edu/27849919/Lesson_Study_Among_the_Move_of_Educational_Reformation_in_Indonesia

    ReplyDelete
  10. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Ada lima kegiatan utama di dalam proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, yaitu:
    1. Mengamati
    Mengamati dapat dilakukan antara lain melalui kegiatan mencari informasi, melihat, mendengar, membaca, dan atau menyimak.
    2. Menanya
    Menanya untuk membangun pengetahuan peserta didik secara faktual, konseptual, dan prosedural, hingga berpikir metakognitif, dapat dilakukan melalui kegiatan diskusi, kerja kelompok, dan diskusi kelas.
    3. Mencoba
    Mengeksplor/mengumpulkan informasi, atau mencoba untuk meningkatkan keingintahuan peserta didik dalam mengembangkan kreatifitas, dapat dilakukan melalui membaca, mengamati aktivitas, kejadian atau objek tertentu, memperoleh informasi, mengolah data, dan menyajikan hasilnya dalam bentuk tulisan, lisan, atau gambar.
    4. Mengasosiasi
    Mengasosiasi dapat dilakukan melalui kegiatan menganalisis data, mengelompokan, membuat kategori, menyimpulkan, dan memprediksi/mengestimasi.
    5. Mengkomunikasikan
    Mengomunikasikan adalah sarana untuk menyampaikan hasil konseptualisasi dalam bentuk lisan, tulisan, gambar/sketsa, diagram, atau grafik, dapat dilakukan melalui presentasi, membuat laporan, dan/ atau unjuk kerja

    ReplyDelete
  11. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Kriteria sebuah pendekatan pembelajaran dapat dikatakan sebagai pembelajaran scientific, yaitu:
    1. Materi pembelajaran berbasis pada fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu; bukan sebatas kira-kira, khayalan, legenda, atau dongeng semata.
    2. Penjelasan guru, respon siswa, dan interaksi edukatif guru-siswa terbebas dari prasangka yang serta-merta, pemikiran subjektif, atau penalaran yang menyimpang dari alur berpikir logis.
    3. Mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran.
    4. Mendorong dan menginspirasi siswa mampu berpikir hipotetik dalam melihat perbedaan, kesamaan, dan tautan satu sama lain dari materi pembelajaran.
    5. Mendorong dan menginspirasi siswa mampu memahami, menerapkan, dan mengembangkan pola berpikir yang rasional dan objektif dalam merespon materi pembelajaran.
    6. Berbasis pada konsep, teori, dan fakta empiris yang dapat dipertanggungjawabkan.
    7. Tujuan pembelajaran dirumuskan secara sederhana dan jelas, namun menarik sistem penyajiannya.

    ReplyDelete
  12. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Ada banyak model pembelajaran dan beberapa yang disarankan di dalam kurikulum 2013 diantaranya adalah:
    1. Inquiry Based Learning
    Langkah-langkah atau sintaks nya adalah sebagai berikut:
    • Observasi/Mengamati
    • Mengajukan pertanyaan
    • Mengajukan dugaan atau kemungkinan jawaban/ mengasosiasi atau melakukan penalaran
    • Mengumpulkan data yang terakait dengan dugaan atau pertanyaan yang diajukan/memprediksi dugaan
    • Merumuskan kesimpulan-kesimpulan berdasarkan data yang telah diolah atau dianalisis, mempresentasikan atau menyajikan hasil temuannya.
    2. Discovery Based Learning
    Langkah-langkah atau sintaks nya adalah sebagai berikut:
    • Stimulation (memberi stimulus); bacaan, atau gambar, atau situasi, sesuai dengan materi pembelajaran/topik/tema.
    • Problem Statement (mengidentifikasi masalah); menemukan permasalahan menanya, mencari informasi, dan merumuskan masalah.
    • Data Collecting (mengumpulkan data); mencari dan mengumpulkan data/informasi, melatih ketelitian, akurasi, dan kejujuran, mencari atau merumuskan berbagai alternatif pemecahan masalah
    • Data Processing (mengolah data); mencoba dan mengeksplorasi pengetahuan konseptualnya, melatih keterampilan berfikir logis dan aplikatif.
    • Verification (memferifikasi); mengecek kebenaran atau keabsahan hasil pengolahan data, mencari sumber yang relevan baik dari buku atau media, mengasosiasikannya menjadi suatu kesimpulan.
    • Generalization (menyimpulkan); melatih pengetahuan metakognisi peserta didik.

    ReplyDelete
  13. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    3. Project Based Learning
    Langkah-langkah atau sintaks nya adalah sebagai berikut:
    • Orientasi pada masalah; mengamati masalah yang menjadi objek pembelajaran.
    • Pengorganisasian kegiatan pembelajaran; menyampaikan berbagai pertanyaan (atau menanya) terhadap malasalah kajian.
    • Penyelidikan mandiri dan kelompok; melakukan percobaan (mencoba) untuk memperoleh data dalam rangka menyelesaikan masalah yang dikaji.
    • Pengembangan dan Penyajian hasil; mengasosiasi data yang ditemukan dengan berbagai data lain dari berbagai sumber.
    • Analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah;
    4. Problem Based Learning
    Langkah-langkah atau sintaks nya adalah sebagai berikut:
    • Menyiapkan pertanyaan atau penugasan proyek; langkah awal agar peserta didik mengamati lebih dalam terhadap pertanyaan yang muncul dari fenomena yang ada.
    • Mendesain perencanaan proyek; menyusun perencanaan proyek bisa melalui percobaan.
    • Menyusun jadwal sebgai langkah nyata dari sebuah proyek.
    • Memonitor kegiatan dan perkembangan proyek; mengevaluasi proyek yang sedang dikerjakan.
    • Menguji hasil; Fakta dan data dihubungkan dengan berbagai data lain.
    • Mengevaluasi kegiatan/pengalaman; mengevaluasi kegiatan sebagai acuan perbaikan untuk tugas proyek pada mata pelajaran yang sama atau mata pelajaran lain.

    ReplyDelete
  14. Khaerudin
    16701621009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Pendekatan Saintifik dan Implementasi dalam Kurikulum 2013. Sistem pendidikan di Indonesia dengan kurikulum 2013-nya yang mengadopsi dari Aguste Comte dengan pembelajaran berbasis Saintifik, menurut saya lebih cocok ke kolom Technological Pragmatise.

    ReplyDelete
  15. berdasarkan link tsb dapat sy simpulkan bahwa lesson study merupakan hal baik untuk alur kegiatan pembelajaran khsusus pembelajaran dg menggunakan pendekatan saintifik. kemudian Dalam pembelajaran matematika terdapat kesulitan dan tantangan. Oleh karena itu, seorang guru haruslah fokus dalam memecahkan kesulitan yang dihadapi oleh murid dan seorang guru harus mempunyai metode-metode tersendiri dalam mengajar.

    M. Saufi Rahman
    S3 PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  16. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    terkait dengan link-link artikel yang telah dikemukakan, terdapat salah satu artikel yang membahas tentang Lesson study yang dimana dalam proses pembelajaran dapat terkontrol dengan baik karena proses pembelajaran yang berlangsung dapat didiskusikan dengan siswa sehingga pola-pola pembelajaran yang berlangsung dapat menjadi sangat menarik, dan juga guru dapat terus mengembangkan kreatifitasnya untuk mengembangkan proses pembelajaran yang ada.

    ReplyDelete
  17. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Sungguh usaha penyebarluasan ilmu yang sangat bermanfaat. Terima kasih buat dosen pengampu mata kuliah kami yang telah membuat blog yang sangat baik dimana di dalamnya telah terdapat link-link internet yang sangat bermanfaat bagi kami. Semoga perkembangan bidang matematika dapat selalu berjalan dan berkembang, sehingga kami sebagai calon pendidik ataupun yang sudah menjadi pendidik dapat membuat inovasi-inovasi di dalam pembelajaran matematika.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  18. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    Sangatlah penting menyusun rencana pembelajaran atau Lesson plan karena sebuah perencanaan merupakan langkah awal yang harus dilakukan sebelum kita melaksanakan segala sesuatu agar tujuan yang kita harapkan dapat tercapai secara maksimal. Dengan perencanaan yang baik dan tepat, masalah-masalah yang berpotensi muncul dalam proses pelaksan pembelajaran dapat diminimalisir.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  19. Umi Arismawati
    13301241032
    Pendidikan Matematika A 2013

    Link yang sangat bermanfaat. Dapat menambah pengetahuan para pendidik khususnya pendidikan matematika. Terima kasih

    ReplyDelete
  20. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Lesson study merupakan model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Tetapi guru sebagai pendidik cenderung menyukai caranya mengajar dan tidak ingin menunjukkan cara mereka mengajar pada orang lain. Sehingga hal ini menimbulkan pekerjaan rumah bagi para pembina pelatihan untuk melihat kekurangan-kekurangan dalam proses pembelajaran dan dalam upaya memperbaikinya.

    ReplyDelete
  21. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Terimakasih banyak atas sharing linknya Pak. Sungguh menarik sekali untuk dipahami, dibahas dan didalami tulisan-tulisan dalam link tersebut. Ada sebuah statement menarik yang saya baca dari link kedua: bahwa sebelum lesson study, perlu memahami dan membahas tentang multiple intellegences, konstruktivisme, dan sebagainya, namun dalam proyek Lesson tudy, yang harus dibahas adalah mengenai isi pengajarannya, yaitu tentang materinya, mengapa kita mengajari materi tsb, bagaimana kita mengajarinya, dan apa yang dipelajari siswa dari pembelajaran tsb.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  22. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Terimakasih sebelumnya atas link yang Bapak bagikan. Link tersebut di dalamnnya terdapat banyak sekali pengetahuan tentang pendidikan matematika. Pada link www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/ terdapat penjelasan tentang lesson study. Kesulitan lesson study pada dasarnya berasal dari kebiasaan. Peneliti sebagai ilmuwan biasanya ingin menjadi pengamat. Guru biasanya tidak ingin menunjukkan praktik mereka kepada orang lain. Pemerintah ingin memiliki bukti statistik cepat sebelum mempertimbangkan berbagai upaya untuk perbaikan dalam pendidikan. Mengembangkan teori-teori lokal untuk mengajar matematika melalui lesson study, mengharapkan publikasi pendekatan pengajaran pemecahan masalah apa yang cocok untuk mengembangkan model praktek, bagaimana cara mengembangkan berpikir matematika di kelas, dan bagaimana mengembangkan argumentasi matemtika di kelas.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  23. Lesson study merupakan salah satu cara ampuh untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Untuk itu diharuskan semua guru pernah terlibat dalam kegiatan ini.
    Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    ReplyDelete
  24. Metode saintifik mesti melakukan lesson study dalam pembelajaran. Apalagi menuju guru profesional. Guru profesional akan tercapai jika perbaikan demi perbaikan dilakukan. Perbaikan itu tentunya akan dilakukan jika guru menyadari kekurangan yang mereka miliki. Kekurangan dapat diperoleh dari diri sendiri maupun orang lain. Lesson study merupakan wadah untuk membuka diri melihat kekurangan dan mencarikan solusinya.
    Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    ReplyDelete
  25. Postingan ini dapat menjadi bahan masukan bagi guru, bagaimana kegiatan lesson study dilakukan. Tentunya ini snagat bermanfaat bagi guru dalam membuka cakrawala berpikir dari semula tidak mengetahui dan bagaimana melakukannya, dengan video ini akan menjawab pertanyaan tersebut.
    Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Dari salah satu link di atas, dipaparkan terkait Lesson Study di APEC dan beberapa gambar yang sangat menarik yang ditulis dengan menggunakan bahasa inggris. Beberapa link lainnya juga memberikan beberapa sumber terkait pembelajaran matematika yang sangat bermanfaat untuk dikaji. Terima kasih pak.

    ReplyDelete
  28. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan link di atas yang terkait mengenai lesson study, bahwa lesson study dapat digunakan untuk mengembangkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, serta lesson study juga dapat meningkatkan komunikasi di kelas, yaitu karena adanya diskusi di dalam pelajaran. Serta lesson study juga dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan pedagogi melalui perencanaan (plan), research lesson, dan refleksi.

    ReplyDelete
  29. Luthfannisa Afif Nabila
    13301241041
    Pendidikan Matematika A 2013
    Terima kasih Pak atas informasinya. Benar-benar sangat disayangkan untuk melewatkan mengakses link di atas. Link-link diatas sangat bermanfaat untuk kami.

    ReplyDelete
  30. Bismillah Berkah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh¬
    RPP merupakan hal penting dalam setiap pembelajaran. RPP merupakan ringkasan dan gambaran mengenai sebuah pembelajaran dilakukan. Dengannya kita bisa mencapai tujuan yang diinginkan seorang guru terhadap anak anaknya. Dengan perencanaan yang baik dan tepat, masalah-masalah yang berpotensi muncul dalam proses pelaksan pembelajaran dapat diminimalisir.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  31. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    dari link http://www.criced.tsukuba.ac.jp/math/apec/ dapat kita petik ilmu tentang penyelenggaraan Lesoon study yang dilaksanakan oleh APEC. Selain itu, dalam link tersebut juga dimuan kesulitan dan tantangan dalam melakukan lesson study serta dijelaskan bagaimana solusi yang dapat diambil dengan mengambil langkah tertentu agar lesson study berjalan dengan baik.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  32. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih Pak Prof Marsigit yang telah memberikan link-link informasi yang bermanfaat. Salah satu link di atas juga memberikan informasi bagi saya bahwa ternyata masih banyak sekali guru yang kebingungan dengan penerapan kurikulum yang terbaru. Hal ini memberikan pelajaran bagi saya agar lebih keras dalam belajar dan berusaha memahami kurikulum yang terbaru agar kedepannya sebagai calon pendidik bisa menerapkan sesuai dengan tujuan pendidikan.

    ReplyDelete
  33. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Sebelumnya terima kasih prof terkait link yang disuguhkan kepada kami.
    Dalam Lesson study Project dijelaskan bahwa sebelum memulai pemeblajaran penting bagi guru untuk membangkit semangat belajar siswanya dengan diberikan motivasi terlebih dahulu, menjelaskan terkait apa yang akan dipelajari dan dikaitkan dengan hubungannya dengan kehidupan sehari-hari sehingga siswa paham apa yang akan dipelajar pada ssat itu dan mengapa dia harus belajar materi itu.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id