Nov 1, 2015

Politics and Ideology of Education



17 comments:

  1. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Tabel diatas menunjukan ideologi suatu pendidikan yang mana menurut paul ernest . yang menariknya pada tabel tersebut itu adalah ernest membedakan theory of learning dan theory of teaching yanag mana pada saat sekarang kalau melihat sistem pengajaran guru, seharusnya menggunakan theory of learning karena dengan menggunakan teori tersebut siswa dapat diajak berpikir ktitis dan kreatif pada suatu masalah.

    ReplyDelete
  2. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    PPs. P.Mat C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Menurut Paul Ernest tabel di atas menunjukkan ideologi pendidikan dimana pada bagian Evaluation ditinjau dari Industrial Trainer, Technological Pragmatism, dan Old Humanism memiliki kesamaan yaitu dengan External test, sedangkan Evaluation ditinjau dari Progressive Educator dan Public Educator memiliki kesamaan yaitu dengan Portofolio.

    ReplyDelete
  3. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Paul Ernest membagi peta pendidikan dunia ke dalam 5 ideologi matematika yang dihubungan dengan kelompok sosial yaitu kelompok industrial trainers, technical pragmatist, old humanist, progressive educator, dan public educator. Kelompok industrial trainer mempersiapkan siswa dalam menghadapi dunia kerja, pendidikan tinggi bagi masa depan siswa tidak begitu diatur. Technical pragmatist adalah kelompok modern yang turun dari industri trainer yang mempromosikan versi modern dari tujuan utilitarian (berfaedah/kemanfaatan) dan mereka khawatir dengan kelanjutan kepentingan industri melalui pengembangan teknologi. Old humanist mencoba melestarikan dan menciptakan budaya tinggi sebagai suatu karakter. Progressive educator memandang siswa sebagai makhluk sosial yang aktif. Pada teori ini, belajar yang paling baik itu apabila dikaitkan dengan situasi kehidupan nyata siswa. Pembelajarannya harus terpusat pada peserta didik. Sementara bagi public educator sebagai kaum yang demokratis, beranggapan bahwa semua orang mendapatkan kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan karena pendidikan adalah penting bagi negara yang demokratis.

    ReplyDelete
  4. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Tabel di atas dapat berguna untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan kita mengenai politik dan ideologi dari pendidikan. Pendidikan yang selalu berkembang mengikuti perbuahan jaman dalam menghadapi persaingan global dunia saat ini, dan tabel ini dapat dijadikan acuan untuk menghadapi perkembangan itu.

    ReplyDelete
  5. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Sangat menarik untuk dapat mengetahui masing-masing hubungan antara politik dan ideologi pendidikan. Masing-masing direfleksikan sesuai dengan karakter masing-masing. Menurut saya elemen-elemen yang baik terdapat pada kolom progresive educator, sehingga setiap komponen dalam ideologi pendidikannya dapat baik pula.

    ReplyDelete
  6. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Tabel tersebut menunjukkan tentang politik dan ideologi pendidikan berlandaskan teori pilosofi filsafat pendidikan matematika oleh Paul Ernest. Sudah seharusnya suatu pembelajaran memperihatikan teori ini. Pada tabel dijelaskan tentang 5 aspek ideologi pendidikan. Kemudian ada teori tentang siswa. Apa yang perlu diperhatikan tentang itu.

    ReplyDelete
  7. Budiharti
    16703261068
    PPS IP kons PSD

    dalam tabel terssebut menunjukkan bahwasannya ada kesatuan, jika suatu negara menganut politik demokrasi maka seharusnya untuk pengetahuan, siswa, pembelajarannya dan evaluasinya juga sesuai. Namun, kenayataannya di Indonesia yang menganut politik demokrasi, belum bisa melaksanakan penndidikan sepenuhnya sesuai dengan kolom Public Educator, pembelajaran terkasang masih belum memfasilitasi untuk siswa membangun pengetahuan sendiri (konstruktivis) meskipun pembelajarannya sudah berpusat ke siswa. selain itu, evaluasi juga masih menggunakan tes tertulis (UN) belum sepenuhnya menggunakan portfolio/social context.

    ReplyDelete
  8. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dari tabel diatas dapat saya simpulkan bahwa terdapat lima macam peta pendidikan menurut Paul Ernest, yaitu: Industrial Trainer, Technological Pragmatist, Old Humanist, Progressive Educator, dan Public Educator. Kelima peta ini merupakan urutan dari jenis mendidik, dimulai dari Industrial Trainer yang bertipe teacher centre sampai pada Public Educator yang student centre.

    ReplyDelete
  9. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Kelima jenis cara mendidik tersebut merupakan hal yang biasa digunakan pengajar. Tidak ada yang jelek dari kelima pembelajaran tersebut. Semuanya pasti dipakai dalam suatu pembelajaran. Hanya intensitas pemakaiannya yang perlu di manage kembali. Jika ingin siswa yang kau ajar berkualitas maka seorang guru juga harus berusaha untuk mengkualitaskan diri. Untuk menggapai kebaikan memang tidak mudah. Perlu komitmen yang kuat untuk mengusahakannya. Selalu berdoalah pada Allah SWT agar setiap guru menjadi bermanfaat untuk siswa mereka.

    ReplyDelete
  10. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Setiap cell menggambarkan situasi yang berbeda untuk politik dan ideologi pendidikan yang berbeda pula. Menjadi menarik memang jika di anti tesiskan. Perbedaannya sangat jelas terlihat misalnya antara old humanism dengan progressive educator dalam teori of teaching. Old humanism cenderung dengan ekspositori sedangkan progressive educator lebih menekankan pada konstruk dimana seseorang memiliki kemampuan dalam mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Perbedaan ini tentunya muncul karena perbedaan dimensi. Saya belajar banyak dari tabel ideologi pendidikan yang mana menurut paul ernest ini. Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  11. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    Pend. Matematika A 2014

    Terdapat lima macam peta pendidikan menurut Paul Ernest, yaitu: Industrial Trainer, Technological Pragmatist, Old Humanist, Progressive Educator, dan Public Educator. Kelima peta ini merupakan urutan dari jenis mengajar, dimulai dari Industrial Trainer yang bertipe teacher centre sampai pada Public Educator yang student centre.

    Pada tabel tersebut dijelaskan bagaimana karakteristik dari masing-masing cara mengajar.

    Dari tabel diatas, dapat diketahui bahwa sistem pengajaran yg ideal adalah Public Educator. Hal ini dikarenakan pembelajaran yg terpusat pada siswa. Pembelajaran yang seperti ini membuat siswa lebih kritis dan dapat menyelesaikan masalah. Siswa dapat mengkonstruk ilmu yang mereka dapatkan sendiri.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  12. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Politik sebenarnya menuntut sebuah komitmen untuk mampu sejujur mungkin terhadap pribadi terkait dengan bias personal mengenai asumsi dan prasangka. Sedangkan pendidikan dapat kita lihat sebagai suatu rangkaian belajar. Dilihat dari perspektif tersebut pendidikan tidaklah sebatas sekolah namun merupakan suatu proses sepanjang hayat, yang bisa mengambil tempat diberbagai lingkungan dan konteks yang tak terbatas. Konservatisme, liberalisme, dan kritisme-radikal adalah tiga ideologi besar yang mendasari praktek penyelanggaraan pendidikan di banyak negara.indonesia sendiri berlaku politik demokrasi. Terlepas dari perbedaan pandangan dan percabangan pemikiran dari masing-masing ideologi tersebut, yang pasti ketiganya menyediakan ajaran tentang cara hidup dan cara pandang dalam menghadapi realitas, serta mengatur dan memberikan batas-batas terhadap aktivitas keseharian.

    ReplyDelete
  13. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Menurut Paul Ernest ideologi pendidikan dihubungkan menjadi lima kelompok sosial, yaitu industrial trainer, technological pragmatism, old humanism, progressive educator dan public educator. Saya terfokus pada theory of learning dan theory of teaching. Jelas terlihat perbedaanya sekarang. Jika mengajar siswa tidak ikut terlibat, namun dalam pembelajaran siswa turut terlibat di dalamnya.

    ReplyDelete
  14. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Wacana PBI dalam hubungannya dengan globalisasi dan pendidikan nasional berkembang melalui proses kepemimpinan intelektual dan moral, melalui kepemimpinan politik dan ideologis yang didukung oleh kaum intelektual. Wacana pengetahuan oleh intelektual merasionalisasi PBI sebagai solusi terhadap permasalahan pendidikan nasional menghadapi tantangan globalisasi. Hal ini kemudian menghasilkan permasalahan politik, sosial, ekonomi, dan budaya dalam bentuk-bentuk standarisasi pendidikan, kapitalisasi dan komodifikasi pendidikan, stratifikasi pendidikan, pencitraan kualitas internasional, dan marginalisasi identitas budaya sebagai akibat dari berbagai faktor kuasa: politik pendidikan, otonomi manajemen pendidikan, globalisasi dengan berbagai ideologi turunannya dan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional dan IPTEK.

    ReplyDelete
  15. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan pemetaan di atas terdapat hal yang menarik pada sisi keberagaman yang ada pada ideologi progressive educator dan public educator. Dalam dua ideologi tersebut memperhatikan keberagaman. Dalam praktiknya dapat diterapkan untuk pembelajaran open-ended baik beraagam solusinya , beragam caranya atau beragam solusi dan caranya.

    ReplyDelete
  16. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ideologi diatas merupakan ideologi pendidikan dari Paul Ernest. ideologi tersebut sangat bagus. Paul Ernest membagi menajdi 5 ideologi matematika yang masing masing dihubungkan dengan aspeknya masing masing. Paul Ernest lebih menekankan pada sumber pembelajaran harus bersifat aktif, bervariasi dan sosial.

    ReplyDelete
  17. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan tabel di atas, diadaptasi dari teori Paul Ernest, politik dan ideologi pendidikan terbagi oleh 5 aspek. Pada aspek public educator, semua komponen berhak untuk berdemokrasi dan mengeluarkan pendapatnya. Semuanya setara dan mempunyai kemerdekaan dalam mengeluarkan idenya.

    ReplyDelete