Oct 24, 2015

Whatever your idea about Scientific Method will be useful.

Dear Pembaca yang budiman dan para Mahasiswa S1, S2, S3 dan juga para guru atau khalayak umum yang sempat membaca tulisan ini.


Aslm Wr Wb

Pada Forum ini saya ingin mengetahui : Apa pendapat anda atau apa yang anda ketahui atau bagaimana Pengalaman anda tentang (dalam konteks Kurikulum 2013 atau boleh dalam konteks umum):

1. Makna Metode Saintifik,
2. Manfaat Metode Saintifik,
3. Macam Metode Saintifik,
4. Landasan Metode Saintifik,
5. Relevansi Metode Saintifik dari sisi Siawa (SD, SMP dan SMA),
6. Kedudukan Metode Saintifik,
7. Hubungan Metode Saintifik dengan Metode pbm yang lain.
8. Hasil-hasil Penelitian tentang Metode Saintifik,
9. Pelaksanaan Metode Saintifik,
10. Kesulitan Menerapkan Metode Saintifik, dan Pengalaman Menerapkan Metode Saintifik di Sekolah.
11. Atau yang lainnya tentang Metode Saintifik yang belum disebut diatas.

Pendapat anda akan bermanfaat bagi kita semua yang memerlukannya. Forum ini merupakan sharing ideas untuk kita semua. 
Pendapat boleh Spontan, berdasar Referensi, Hasil Penelitian, atau Pengalaman Mengajar.
Pendapat atau uraian anda cukup ditulis di kolom Comment posting ini.
Boleh dicantumkan Link atau Webblog atau yang lain yang disarankan diakses atau dibaca. 
Demikian saya ucapkan terimakasih atas partisipasi dan kontribusinya.

Wslm Wr Wb

Marsigit UNY, 24 Oktober 2015

11 comments:

  1. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Metode scientific pertama kali diperkenalkan ke ilmu pendidikan Amerika pada akhir abad ke-19, sebagai penekanan pada metode laboratorium formalistik yang mengarah pada fakta-fakta ilmiah (Hudson, 1996; Rudolph, 2005). Metode scientific ini memiliki karakteristik “doing science”. Metode ini memudahkan guru atau pengembang kurikulum untuk memperbaiki proses pembelajaran, yaitu dengan memecah proses ke dalam langkah-langkah atau tahapan-tahapan secara terperinci yang memuat instruksi untuk siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran (Maria Varelas and Michael Ford, 2008: 31). Hal inilah yang menjadi dasar dari pengembangan kurikulum 2013 di Indonesia.

    Metode ilmiah merupakan teknik merumuskan pertanyaan dan menjawabnya melalui kegiatan observasi dan melaksanakan percobaan Dalam penerapan metode ilmiah teradpat aktivitas yang dapat diobservasi seperti mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. (Kemendikbud, 2013:208).

    ReplyDelete
  2. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dalam pembahasan kali ini saya akan sharing ttng pengalaman saya menerapkan kurikulum 2013 di sekolah yang dulu saya mengajar disana waktu KKN. Sekolah saya itu terletak di sebuah kecamatan yang mana daerah itu sangat jauh dari kota dan akses jalan kesana masih sangat minim sinyal hp saja tidak ada. Jikalau mau mencari sinyal harus naik keatas gunung dulu, Relevansi Metode Saintifik dari sisi Siawa (SD, SMP dan SMA). Saat saya menerapkan metode saintifik itu sangat kesulitan karena dari segi siswa dan dari segi guru juga masih belum tahu. Padahal sekolah itu negeri akan tetapi mungkin karena kurangnya informasi. Metode saintifik sangat tidak relevan di terapkan di sekolah itu dan saya dapy mengambil kesimpulan bahwa metode saintif itu relevan jika sekolah-sekolah pertaam yang ebrada di kota, dan yang memang sekolahnya sudah termasuk terfavorit.

    ReplyDelete
  3. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Sama seperti semua hal yang kita lakukan pasti memiliki pro dan kontra setiap metode ataupun pendekan dalam dunia pendidikan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Pendekatan saintifik merupakan pilihan karena diyakini membantu siswa dengan lebih dalam memahami tidak hanya pengetahuan tetapi juga melatih keterampilan dan menerapkan dalam kehidupan nyata dengan fasilitas yang memadai didukung dengan sumber belajar yang baik seperti buku, alat peraga, dan metode pembelajaran yang mendukung membuat pendekatan saintifik menjadi sangat efektif dalam meningkatkan semua aspek yang membentuk siswa menjadi baik.

    ReplyDelete
  4. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Metode saintifik diyakini menjadi cara perkembangan, baik pengembangan sikap, ketrampilan, dan pengetahuan peserta didik. Metode saintifik ini juga diharapkan menjadi metode yang ampuh dalam menyiapkan peserta didik menghadapi perkembangan jaman di masa ini. Metode yang diusung dalam kurikulum 2013 ini merupakan kerangka ilmiah pembelajaran. Saat ini masih banyak guru yang mencoba memahami metode saintifik ini, agar mereka bisa mendidik para muridnya sesuai dengan anjuran dari pemerintah. Bahkan banyak pelatihan-pelatihan yang diadakan oleh sekolah-sekolah untuk menyiapkan para pendidiknya untuk menghadapi pembaharuan ini.

    ReplyDelete
  5. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Tantangan yang saya miliki jika mempraktikkan pendekatan saintifik ada pada pelaksanaannya. Ternyata tidak semua sekolah serta merta dapat menerapkan metode saintifik. Perlu penyesuaian dan kemauan seluruh civitas pendidikan di sekolah jika ingin menerapkan pendekatan saintifik. Karena beberapa hal srring menjadi kendala diantaranya, guru yang kurang minat dengan pendekatan ini karena persiapan yang membtuhkan tenaga dan waktu ekstra dan siswa yang pola berpikirnya terbiasa dengan pola pikir yang berkembang jika menggunakan pendekatan konvensional.

    ReplyDelete
  6. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut saya, makna dari metode saintifik adalah untuk memberikan pengalaman belajar kepada siswa agar mereka dapat mengonstruk pengetahuan mereka sendiri, sehingga metode ini sangat mendukung untuk pembelajaran yang menitikberatkan pada keaktifan siswa dalam belajar. Metode ini dapat dipadukan dengan pembelajaran matematika realistik, kontekstual, kooperatif atau lainnya. Sehingga, pembelajaran dengan metode ini tidak monoton dan mempunyai banyak variasinya.
    Menurut pengetahuan saya mengenai pelaksanaan metode saintifik, para guru masih kesusahan karena selain memerlukan persiapan yang lebih banyak (karena guru harus memfasilitasi kegiatan siswa), tidak semua materi dalam pelajaran matematika dapat dengan mudah dilakukan dengan metode saintifik. Alasan lainnya adalah, waktu yang diperlukan untuk menggunakan metode saintifik lebih banyak apabila dibandingkan dengan metode konvensional.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Berdasarkan pengalamn saya walaupun makna dalam pembelajaran saintifik diharapkan tercipta kondisi pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk mencari tahu informasi dari berbagai sumber melalui observasi, dan bukan hanya diberi tahu. Kenyataan dilapangan saya alami, siswa masih bersifat pasif dalam memperoleh pengetahuan masih ingin pengetahuan itu ditransferkan oleh gurunya. Karna sudah terbiasa dimanja dengan kurikulum sebelumnya yaitu guru yang aktif mentransferkan ilmu. Berbeda jauh dengan apa yang diharapkan pada K13, yang mana guru hanya sebagai fasilisator.

    ReplyDelete
  9. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    20. Berdasarkan pengalaman saya tentang pelaksanaan Metode Saintifik bahwa Kebanyakan guru masih menggunakan LKS yang dari penerbit, kemudian RPP yang digunakan dalam pembelajaran pun bukan hasil kerja sendiri. Kebanyakan copy paste dan hasil downloadan, sehingga apa yang diharapkan dalam pendekatan saintifik tidak terlaksana secara maksimal dikarenakan guru itu sendiri tidak tahu apa yang akan dia lakukan di dalam kelas dengan perangkat pembelajaran yang dia punya.

    ReplyDelete
  10. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pembelajaran Saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang berlandaskan paham positivisme. Sehingga ketika pembelajaran matematika misalnya pada zaman sebelum matematika modern diajarkan dengan metode ceramah atau konvensional, pada pendekatan saintifik ini guru memberikan inovasi dalam mengembangkan model pembelajaran. Inovasi ini diperlukan dalam perannya guru sebagai fasilitator siswa agar mengkonstruk pengetahuannya sendiri. Model pembelajaran yang dianjurkan diantaranya adalah Discovery Learning, Problem Based Learning, atau Project Based Learning, dan masih banyak inovasi pembelajaran lainnya. Namun, dalam prakteknya masih terdapat kekurangan disana sini. Ini pun saya alami ketika mengajar murid SMP di kecamatan saya yang level kemampuannya di bawah rata-rata. Untuk menumbuhkan motivasi siswa dalam bertanya pun susah, sehingga guru perlu melakukan pembiasaan-pembiasaan dengan memancing pertanyaan terlebih dahulu sehingga menimbulkan rasa ingin tahu syaa. Penilaian dalam pembelajarans aintifik (asesmen autentik) pun termasuk portofolio, yaitu hasil pekerjaan harian siswa bahkan lembar kegiatan yang dilakukan siswa. Ini sangat dibutuhkan untuk membantu guru mengevaluasi kinerja siswa dan mengidentifikasi kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  11. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidikan Matematika A 2014 (S1)

    Pembelajaran dengan metode saintifik memiliki beberapa manfaat, diantaranya yaitu :
    Meningkatkan kemampuan intelektual, khususnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa; Membentuk kemampuan siswa dalam menyelesaikan suatu masalah secara sistematik; Memperoleh hasil belajar yang tinggi; Melatih siswa dalam mengomunikasikan ide-ide, khususnya dalam menulis karya ilmiah; serta Mengembangkan karakter siswa.
    Kelebihan metode saintifik dengan metode ceramah adalah bahwa metode saintifik dapat mengembangkan kemampuan berfikir kritis dan inovatif, bekerjasama/kolaborasi, berkomunikasi, kreativitas.

    ReplyDelete