Nov 1, 2015

Persepsi Guru tentang pendekatan Saintifik

Persepsi tentang pemahaman pendekatan Saintifik, implementasi, faktor pendukung dan kesulitan-kesulitannya, ditanyakan kepada 9 (orang) guru kelompok Peer Teaching Matematika SMA/SMK, Oktober 2015, sebagai berikut:

1. Sumber informasi yang diperoleh guru tentang pendekatan Saintifik
 Guru menyampaikan informasi bahwa mereka mengetahui tentang metode Saintifik bersumber
dari: Sekolah tempat bekerja, kegiatan mengikuti Pelatihan, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Internet, media masa Koran.

2. Persepsi guru tentang ciri-ciri metode Saintifik adalah sebagai berikut.
Pendekatan Saintifik mempunyai ciri-ciri : berpusat kepada siswa, guru hanya berfungsi sebagai fasilitator, terdapat sintak pembelajaran yang terdiri dari mengamati-menanya-mencoba-menalar dan mengomunikasikan, murid menentukan konsep dari lingkungan, guru berfungsi sebagai motivator, metode saintifik dapat dipadukan dengan metode yang lain yang selaras.

3. Persepsi guru tentang kecocokan dengan subjek didiknya.
Guru berpendapat bahwa pendekatan Saintifik cocok digunakan untuk pembelajaran baik di SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi.

4. Kelebihan/keunggulan pendekatan Saintifik
Guru berpendapat bahwa pendekatan Saintifik mempunyai keunggulan diantaranya: siswa lebih kreatif,  siswa dapat belajar mandiri maupun berkelompok, siswa dapat mengeksplor potensinya sendiri, pengetahuan yang diperoleh siswa bersifat lebih stabil dan bertahan lama, siswa berpikir kritis,  siswa berperan aktif dalam pembelaaran, siswa menemukan sendiri ilmunya, siswa merasa senang karena merasa lebih dihargai, suasana demokratis dapat dibangun, guru tidak bosan mengajar, guru juga memperoleh pengetahuan baru, siswa lebbih dapat berkreasi, hubungan antar siswa dapat terjalin lebih baik, siswa lebih bertanggung jawab.

5. Metode lain yang dapat dipadukan dengan pendekatan Saintifik
Guru berpendapat bahwa terdapat beberapa metode yang dapat dipadukan dengan pendekatan Saintifik yaitu : PBL, PjBL, Discovery Learning, Inquiry, Coopeatif Learning, Pembelajaran Kontekstual, dan Metode Diskusi.

6. Kelemahan dan penghambat dilaksanakannya pendekatan Saintifik
Guru berpendapat bahwa kelemahan pendekatan Saintifik meliputi: membutuhkan waktu yang lebih lama, membutuhka persiapan mengajar yang lebih banyak, penilaian siswa menjadi lebih rumit, anak-anak berprestasi rendah akan mengalami kesulitan belajar, pendekatan Saintifik kurang cocok untuk materi yang sukar, siswa merasa tugasnya (PR) lebih banyak, perlu waktu untuk mengubah kebiasaan siswa bersikap ilmiah,

7. Faktor pendukung dilaksanakannya pendekatan Saintifik
Guru berpendapat untuk melaksanakan pendekatan Saintifik, terdapat faktor pendukung antara lain: tersedianya buku pedoman, tersedianya alat peraga, tersedianya fasilitas belajar, kemampuan dan profesionalitas guru, tersedianya akses informasi baik untuk guru maupun untuk muridnya, adanya pelatihan guru, penggunaan ICT, kesiapan belajar siswa, dan kesiapan Sekolah.

8. Penerapan pendekatan Saintifik pada berbagai macam Mata Pelajaran
Guru berpendapat bahwa pendekatan Saintifik dapat diterapkan untuk seluruh Mapel dengan alasan: pendekatan Saintifik bersifat luas dan universal, setiap objek belajar dapat diamati.

9. Kesulitan menerapkan pendekatan Saintifik
Guru berpendapat mereka mengalami kesulitan menerapkan metode Saintifik sebagai berikut: tidak semua materi mudah dituangkan dengan pendekatan Saintifik,  kesulitan dalam melakukan apersepsi, kesulitan membuat penilaian berdasarkan pendekatan saintifik, kesulitan pada langkah/proses MENANYA, tidak paham seluk beluk landasan dan filosofi pendekatan Saintifik.


85 comments:

  1. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika B

    Menyoal tentang persepsi tidak akan pernah ada habisnya. Setiap orang mempunyai pandangannya masing-masing terhadap suatu hal. Tentang pendekatan saintifik, setiap guru pasti mempunyai pemahamannya masing-masing. Terkadang pemahaman antara satu guru dengan guru yang lainnya tidak melulu sama. Oleh sebab itu, muncul banyak versi dalam pendekatan saintifik tersebut. Di samping itu, terdapat kelebihan dan kekurangan dalam munculnya berbagai persepsi tentang pendekatan ini. Kelebihannya yaitu guru dapat mengaplikasikan pendekatan ini secara luas. Dan juga, guru tidak hanya terpaku pada satu definisi sehingga guru bisa mengembangkan sesuai dengan kondisi di lapangan pada saat itu. Kekurangannya yaitu, banyak versi membuat bingung dalam memilih mana yang sebaiknya di terapkan. Persepsi guru tentang pendekatan saintifik yang telah ditulis oleh Prof. Marsigit diatas, memang terdapat di lapangan. Saya juga sepakat tentang beberapa hal yang terdapat pada poin-point diatas. Kemudian, Kedepannya semoga pendekatan saintifik tersebut dapat digunakan secara terus menerus untuk mengembangkan pengajaran dan pembelajaran.

    ReplyDelete
  2. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Menurut saya pendekatan saintifik memang memiliki banyak kelebihan namun tentu saja juga memiliki kekurangan. Tentu dalam pembelajaran kita menemui banyak sekali karakteristik siswa yang berbeda-beda dan juga tingkat kemampuan intelektual yang berbeda pula. Hal tersebut tentu menjadi hal yang sangat mempengaruhi penerapan pendekatan saintifik karena pendekatan tersebut berpusat pada siswa dimana siswa yang berperan utama dalam pembelajaran sedangkan guru sebagai fasilitator yang membimbing siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Disinilah peran kita sebagai calon guru untuk lebih ditekankan agar nanti dalam menghadapi keberagaman karakteristik peserta didik kita lebih siap dalam mengarahkan dan membimbing siswa-siswa kita.

    ReplyDelete
  3. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pendekatan saintifik merupakan pendekataan dalam kurikulum 2013. Tahapan pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dam mengkomunikasikan. Dalam implementasinya yang kini sudah memasuki tahun ke 5 tentunya banyak sekali presepsi yang bermunculan terutama oleh guru. Seperti yang telah disebutkan dalam artikel bahwa pendekatan saintifik dipersepsikan baik dan ada yang dipersepsikan buruk. Persepsi yang kurang baik ini yang harusnya mulai diperhatikan oleh pemerintah seperti penerapan santifik yang sudah dan memerlukan waktu lama, pendekatan Saintifik kurang cocok untuk materi yang sukar, dll. Dengan pelatihan guru yang terus-menerus mungkin dapat mengurangi persepsi guru yang buruk tersebut.

    ReplyDelete
  4. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Saya tertarik dengan Metode lain yang dapat dipadukan dengan pendekatan Saintifik. Dalam penerapan pendekatan saintifik dapat dipadupadankan dengan metode lain seperti PBL, PjBL, Discovery Learning, Inquiry, Coopeatif Learning, Pembelajaran Kontekstual, dan Metode Diskusi. Hal ini dappat menjadi suatu tantangan bagi guru untuk dapat pembuat pembelajaran yang efektif menarik dan cocok untuk siswa dengan memadupadankan berbagai metode sebagai salah satu sarana dalam memfasilitasi siswa.

    ReplyDelete
  5. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Terkait topik bahasan mengenai Persepsi Guru tentang pendekatan Saintifik bahwa berdasarkan pandangann guru terhadap pendekatan saintifik pada artikel ini adalah ditulisnya sejumlah kasus bahwa terdapat kelenbihan dan kelemahaan, penerimaann dan penolakan, dan sebagainya terhadap persepsi guru kepada pendekatan saintifik. Akan tetapi, dilihat lagi konteks atau semesta pembicaraannya.

    ReplyDelete
  6. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Berdasarkan persepsi dari guru mengenai pendekatan saintifik, maka, saya menyimpulkan bahwa pendekatan saintifik harus dilakukan evaluasi selama proses penerapannya. Melalui evaluasi tersebut, maka, dapat diketahui kekurangan yang harus diperbaiki dan juga kelebihannya. Setelah itu, perlu adanya sosialisasi terhadap guru mengenai pendekatan saintifik ini sehingga guru tidak merasa gagap ketika menerapkan pendekatan saintifik.

    ReplyDelete
  7. eni kusrini
    s3 dikdas 2018
    18706261005
    Hal ini dappat menjadi suatu tantangan bagi guru untuk dapat pembuat pembelajaran yang efektif menarik dan cocok untuk siswa dengan memadupadankan berbagai metode sebagai salah satu sarana dalam memfasilitasi siswa.

    ReplyDelete
  8. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat pagi, Prof.
    Banyak guru juga masih belum tahu apa itu pendekatan saintifik secara keseluruhan. Pernah mendengarnya, tetapi secara mendalam dan penerapannya masih dangkal. Bahkan bukan hanya saintifik, K-13 saja masih banyak yang hanya tahu nama namun tak mampu mempraktikkannya. Hal ini diakibatkan oleh proses sosialisasi yang tidak terkontrol dengan baik. Seperti halnya memindahkan air menggunakan gayung bocor. Sampai ditujuan airnya tinggal sedikit bahkan kosong. Itulah pengalaman yang saya peroleh saat mengikuti pelatihan K13 di daerah saya.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  9. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat pagi Prof.
    Pendekatan saintifik dapat dikatakan salah satu pendekatan yang ramah dengan kurikulum saat ini, yaitu kurikulum 2013. Kondisi ini menyebabkan guru-guru harus memahami pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum saat ini. Tidak dapat dipungkiri pendekatan saintifiklah yang paling banyak digemari oleh guru-guru dalam memberikan pembelajaran. Kelebihan bahkan kekurangan dari pendekatan saintifik inipun tidak dapat dihindari. Guru menguasai penerapan pendekatan saintifik menjadi kelebihan yang dimiliki guru tersebut sehingga siswa dapat menerima materi pembelajaran dengan mudah. Disisi lain guru juga mengalami kesulitan dalam menerapkan pendekatan saintifik ini. Artinya guru tersebut belum terlalu memahami bagaimana seharusnya menerapkan pendekatan ini sehingga menciptakan pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa-siswa terhadap pembelajaran. Terima kasih.

    ReplyDelete
  10. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Pendekatan saintifik merupakan salah satu pendeketan yang mendukung teori belajar konstruktivisme. Karena dalam pendekatan saintifk, siswa dituntut untuk melaksanakan metode ilmiah dalam membangun pengetahuannya. Sehingga belajar yang mereka lakukan lebih bermakna. Hal ini menjadi tugas guru untuk mengarahkan siswa melakukan metode ilmiah tersebut. Guru harus merancang sedemikian rupa dengan dukungan berbagai sarana dan prasarana serta metode belajar yang mendukung pendeketan saintifik.

    ReplyDelete
  11. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Pendekatan saintifik ini sudah seperti menjadi kewajiban dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Namun, pada kenyataanya guru masih sulit untuk melaksanakannya. Salah satu kelemahan yang telah disebutkan adalah membutuhkan waktu yang lama padahal materi yang harus dikuasai siswa itu banyak. Maka dari itu penting sekali untuk diadakan pelatihan secara rutin, agar dari pelatihan tersebut guru bisa mengevaluasi dan memperbaiki pembelajarannya serta dapat mengatur strategi yang tepat agar pendekatan saintifik tetap belajar dan tuntutan materi belajar siswa juga dapat terlaksana.

    ReplyDelete
  12. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Persepsi merupakan pandangan dan pemahaman seseorang terhadap sesuatu..Persepsi anatar satu orang dengan orang lain, tergantung wawasan, pengetahuan dan intuisi yang dimiliki masing-masing orang. Jadi menyangkut soal presepsi terhadap sesuatu tidaklah ada batasnya..Begitu juga dengan presepsi guru tentang pendekatan saintifik tentunya sangat beragam..Namun yang perlu di batasan dari persepsi tentang saintifik adalah bahwa saintifik dalam proses pembelajaran merupakan pendekatan ilmiah dalam memperoleh suatu pengethuan.

    ReplyDelete
  13. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Berdasarkan artikel tersebut, pembelajaran dengan metode saintifik adalah pembelajaran yang dirancang agar siswa dapat secara aktif mengonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati, merumuskan masalah,merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan.metode ini diharapkan siswa dapat mengkontruksikan dalam penemuan konsep sendiri sehingga akan menjadi pembelajaran yang menarik.

    ReplyDelete
  14. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Manfaat dari metode saintifik dalam pembelajaran adalah metode ini memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan berkesan. Dimana siswa diajak untuk mengamatai suatu permasalahan sehingga siswa dituntut untuk berpikir lebih kritis. Selain itu, dengan metode ini, dapat menumbuhkan rasa percaya diri dan rasa bangga terhadap kemampuan yang diperolehnya. Sehingga siswa dapat menerapkan pada kehidupan sehari-hari untuk menyelesaikan masalah atau membuat inovasi.

    ReplyDelete
  15. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Tambahan dari komentar diatas, bahwa beberapa metode pembelajaran yang sejalan dengan prinsip pendekatan saintifik adalah Problem Based Learning, Project Based Learning, Inkuiri, dan Group Investigation. Beberapa metode ini bertujuan untuk mengenalkan, merumuskan, menyelesaikan, dan menyimpulkan suatu permasalahan kepada siswa. dari metode yang digunakan siswa dapat mencari konsep sendiri yaitu berbasis penelitian atau eksperimen yang merupakan sikap ilmiah yang akan dicapai.

    ReplyDelete
  16. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    "1. Sumber informasi yang diperoleh guru tentang pendekatan Saintifik" saya dulu memperoleh info tentang saintifik melalui dinas pendidikan. Lalu banyak kabar tentang saintifik dari media massa baik itu cetak maupun internet. Dulu yang ada di benak saya apakah bisa dengan target mentri semuanya berjalan secepat itu? Namun, dengan berjalannya waktu, ternyata butuh adaptasi yang panjang. Sampai tahun 2018, belum juga terlaksana secara menyeluruh.

    ReplyDelete
  17. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    "Persepsi guru tentang ciri-ciri metode Saintifik" Pendekatan saintifik meliputi lima ciri dalam pembelajaran, yaitu: mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan. Pembelajaran dengan pendekatan saintifik menekankan pembelajaran berbasis fakta atau fenomena yang dapat dijelaskan dengan logika atau penalaran tertentu. Mendorong dan menginspirasi siswa berpikir secara kritis, analistis, dan tepat dalam mengidentifikasi, memahami, memecahkan masalah, dan mengaplikasikan materi pembelajaran.

    ReplyDelete
  18. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    "Persepsi guru tentang kecocokan dengan subjek didiknya." bagi beberapa guru dengan keadaan siswa menengah ke bawah (kecerdasan intelektualnya kurang) sangat sulit untuk mengimplementasikannya. Secara teori sih bagus, namun sangat sulit bagi guru dengan keadaan siswa yang seperti itu. Butuh workshop khusus tentang cara pengajaran menggunakan metode saintifik

    ReplyDelete
  19. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    "Kelebihan/keunggulan pendekatan Saintifik" metode saintifik memiliki banyak keunggulan. Salah satunya adalah mendorong siswa untuk aktif dalam belajar yang implikasinya adalah siswa menjadi kreatif. Dengan metode ini siswa akan belajar dahulu dirumah karena ada sintaks "menanya". Sehingga siswa akan terbiasa untuk mempersiapkan materi sebelum pembelajaran di mulai. Dari sinilah siswa aktif dan mandiri dalam belajar.

    ReplyDelete
  20. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    "Metode lain yang dapat dipadukan dengan pendekatan Saintifik." Banyak sekali metode pembelajaran yang dapat dipadukan dengan pendekatan saintifik. Salah satunya adalah dengan pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif memberikan banyak keuntungan untuk guru dan peserta didik. Banyak keuntungan ini timbul dari kekuatan motivasi intrinsik pembelajaran kooperatif dan sejauh mana mendorong dan menumbuhkan pembelajaran siswa, perubahan perilaku dan sikap, dan kesempatan untuk sukses

    ReplyDelete
  21. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    "Kelemahan dan penghambat dilaksanakannya pendekatan Saintifik" Beberapa guru dengan keadaan siswa menengah ke bawah (kecerdasan intelektualnya kurang) sangat sulit untuk mengimplementasikannya. Untuk membuat siswa bertanya saja sulit karena motivasi siswa untuk belajar masih rendah. Selain itu waktu peralihan dari ktsp ke k13 tidak secepat yang di bayangkan. Butuh proses yang cukup panjang untuk beradaptasi. Mengingat guru sebagai pentransfer ilmu juga butuh proses dalam melaksanakannya

    ReplyDelete
  22. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    "Faktor pendukung dilaksanakannya pendekatan Saintifik" faktor pendukungnya tak lepas dari beberapa komponen berikut. Yaitu sekolah sebagai penyedia fasilitas agar terlaksana metode saintifik. Guru sebagai penggerak dalam metode ini. Siswa sebagai objek utama dalam metode saintifik. Ketiga komponen ini harus bersinergi. Sekolah menyediakan sumber bacaan (fasilitas) guru sebagai pendamping dan siswa sebagai objek utama.

    ReplyDelete
  23. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    "Penerapan pendekatan Saintifik pada berbagai macam Mata Pelajaran". Metode ini berlaku secara universal. Semua mata pelajaran bisa diawali dengan mengamati suatu masalah. Lalu siswa menanyakan terkait masalah yang di berikan. Lalu siswa mencoba untuk menyelesaikan masalah tersebut, lalu siswa menggunakan nalarnya dalam menyelesaikan masalah dan pada kahirnya mengomunikasikan hasil pemikirannya.

    ReplyDelete
  24. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    "Kesulitan menerapkan pendekatan Saintifik". Hal tersulit antara mengamati, menanya, mencoba, menalar dan mengomunikasikan adalah "menanya". Sulit sekali membuat siswa secara spontan menanya. Harus ada stimulus dari guru dahulu. Bahkan yang bertanya adalah gurunya. Namun, dengan berjalannya waktu dan ke konsistenan dari kurikulum ini, maka siswa akan terbiasa bertanya kepada guru.

    ReplyDelete
  25. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Setiap guru tentunya memiliki persepsi masing-masing mengenai pendekatan saintifik. Adanya perbedaan tersebut dikarenakan pemahaman yang berbeda setiap guru terhadap pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang menuntut guru dan siswa untuk menjadi pribadi yang kreatif dan berpikir ilmiah. Agar dapat mewujudkan hal tersebut maka seorang guru harus mampu untuk mengelola kelas dengan baik. Maka dari itu untuk dapat mendukung pembelajaran yang dilakukan di kelas guru harus dapat mempersiapkan pembelajaran secara maksimal.

    ReplyDelete
  26. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pembelajaran berpusat pada siswa merupakan salah satu ciri dalam pembelajaran saintifik. Dimana siswa dibebaskan untuk dapat mengkonstruksi pengetahuan yang dimilikinya melaui pengalaman-pengalaman belajar yang mereka lakukan. Peran seorang guru di kelas hanya sebagai fasilitator siswa atau pendamping siswa untuk dapat membentuk pengetahuan yang dimilikinya. Diharapkan dengan siswa membentuk pengetahuannya sendiri akan membuat siswa lebih memahami mengenai hal yang dipelajari.

    ReplyDelete
  27. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Tujuan diadakannya pembelajaran di kelas adalah tidak lain untuk membentuk perilaku dan watak siswa agar menjadi pribadi yang baik. Dalam ppendekatan saintifik seorang guru tidak hanya berfokus kepada unsur kognitif saja, melainkan juga harus menyeimbangkannya dengan unsur afektif. Dimana pembelajaran yang diharapkan dalam pembelajran saintifik yaitu pembelajaran yang mampu meningkatakan kompetensi, kerjasama, dan kreativitas yang dimiliki oleh siswa.

    ReplyDelete
  28. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Dalam setiap pendekatan pembelajaran pasti memiliki keunggulan maupun kelemahan. Misalnya saja pada pendekatan saintifik yang dirasa baik diterapkan disekolah ternyata memiliki beberapa kekurang juga. Salah satu kekurangan tersebut yaitu pada penerapannya guru membutuhkan waktu yang lebih lama, persiapan yang lebih banyak, penilaian siswa menjadi lebih rumit, anak yang memiliki kemampuan lebih rendah susah untuk menyesuaikan, tugas siswa lebih banyak, dan perlunya waktu untuk merubah kebiasaan tersebut. Perubahan kurikulum yang cenderung mengharuskan pendekatan saintifik menjadi kesulitan tersendiri bagi guru. untuk itu, perlu adanya waktu dalam menyesuaikan perubahan tersebut dan tidak langsung diterapkan pada semua sekolah apalagi sekolah yang tertinggal karena hal tersebut masih sulit untuk diterapkan apalagi keterbatasannya sarpras maupun SDM nya.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  29. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Implementasi pendekatan saintifik tidak begitu saja dapat diterima dengan baik oleh guru maupun siswa di sekolah. Membutuhkan waktu yang lama untuk dapat menerapkan pendekatan saintifik dengan baik dalam proses pembelajaran di kelas. Selain itu untuk dapat menerapkannya diperlukan fasilitas-fasilitas di sekolah yang memadai. Sedangkan kita tahu bahwa masih ada yang memiliki fasilitas yang jauh dari apa yang diharapkan. Oleh karena itu, hal yang haru dilakukan oleh pemerintah adalah diadakannya pemerataan fasilitas sekolah sebagai pendukung proses pembelajaran yang berlangsung.

    ReplyDelete
  30. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Saya ingin mengutip masalah no 9 yaitu
    Guru berpendapat mereka mengalami kesulitan menerapkan metode Saintifik sebagai berikut: tidak semua materi mudah dituangkan dengan pendekatan Saintifik, kesulitan dalam melakukan apersepsi, kesulitan membuat penilaian berdasarkan pendekatan saintifik, kesulitan pada langkah/proses MENANYA, tidak paham seluk beluk landasan dan filosofi pendekatan Saintifik.

    ReplyDelete
  31. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Saya ingin menanggapi kesulitan pada proses MENANYA. Mungkin cara lain dapat diusahakan untuk mengatasinya, salah satunya dengan guided question. Mungkin di awal guru dapat memberikan gambaran-gambaran inti materi yang ingin dicapai dengan memberikan guided question kepada siswa. Maksudnya, guru dapat memancing dengan pertanyaan-pertanyaan yang dapat mengundang rasa ingin tahun siswa sendiri dan akhirnya mereka memiliki sikap menanya.

    ReplyDelete
  32. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Menjadi tenaga pendidik memang dituntut untuk terus terus belajar hal-hal baru. Terutama soal metode pembelajaran dan penerapannya di kelas. Salah satu pendekatan yang wajib diterapkan dalam kurikulum 2013 adalah metode Saintifik. Dengan kelebihan dan kelemahan yang dimiliki metode tersebut, sudah menjadi tugas guru untuk terus berimprovisasi dan berinovasi agar siswa mudah mengikuti suatu metode pembelajaran. Perbaikan terus diperlukan agar pembelajaran semakin efektif dalam proses belajar dan mengajar di kelas dan dapat memfasilitasi belajar siswa dengan maksimal.

    ReplyDelete
  33. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Tugas seorang guru adalah memfasilitasi siswa dalam belajar. Salah satunya dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang menarik inovatif. Mau tidak mau hal ini mendorong guru untuk terus belajar dalam memilih pendekatan yang tepat untuk siswanya. Tidak ada satu pendekatan atau metode yang dapat memfasilitasi semua siswa yang beragam. Untuk itu, guru harus menggunakan pendekatan atau metode yang bermacam-macam dan bervariasi. Sehingga diharapkan semua siswa yang beragam tersebut dapat terfasilitasi.

    ReplyDelete
  34. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Manusia unik dengan segala perbedaannya, perbedaan pemikiran yang terjadi diantara manusia tidak seharusnya menjadikan hal tersebut untuk peluang untuk bermusuhan. Maka wajarlah saja jika terdapat perbedaan persepsi diantara para guru tentang pemahamannya terhadap pendekatan saintifik. Dan tugas pemerintah adalah hendaknya memeperbanyak pelatihan atau bimbingan terhadap para guru, agar persepsi yang terbentuk dibenar guru sesuai dengan persepsi yang dimaksudkan oleh para pemangku kebijakan. Hal tersebut juga guna meminimalisir kesalahan dalam penerapan pendekatan saintifik.

    ReplyDelete
  35. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Setiap manusia memiliki persepsi yang berbeda-beda, begitu juga dengan persepsi guru tentang pendekatan saintifik. Sebagian guru ada yang merasa kesulitan dalam menerapkan pendekatan saintifik kepada siswanya di kelas, namun disisi lain ada juga guru yang merasa terbantu dengan pendekatan saintifik. Kelebihan dan kekurangan pendekatan saintifik hendaknya perlu dikembangkan oleh setiap guru agar dapat memajukan proses pembelajaran menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  36. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Ketika berbicara mengenai pendekatan pembelajaran yang paling baik maka jawabannya tidak ada. Kita tidak bisa mengatakan bahwa pendekatan dengan pendekatan atau metode saintifik , expository atau yang lainnya itu terbaik. Karena suatu pendekatan, metode, model pembelajaran dikatakan baik ketika hal tersebut sesuai dengan faktor faktor seperti situasi, kondisi/karakter siswa, materi yang akan disampaikan, tempat, waktu dan lain sebagainya. pendekatan pembelajaran itu banyak sekali, dan yang terbaik itu tidak ada karena setiap pendekatan pembelajaran itu saling melengkapi. pendekatan pembelajaran dikatakan efektif apabila sesuai dengan materi, penerimaan siswa, karena setiap amteri dalam pembelajaran matematika tidak hanya dapat menggunakan satu pendekatan. misal untuk materi yang berhubungan dengan keadaan sehari -hari dapat digunakan pendekatan kontekstual atau realistik, namun untuk materi aljabar akan lebih baik menggunakan pendekatan yang lain dan sebagainya. setiap pendekatan akan lebih efektif jika disesuaikan dengan konteks materi dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

    ReplyDelete
  37. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pendekatan saintifik merupakan suatu pendekatan yang sering kali kita dengar dan dapati khusunya belakangan ini pada kurikulu 2013. Pendekatan saintifik adalah suatu pendekatan yang pembelajarannya berpusat pada siswa, dan guru hanya sebai fasilitator dalam belajar. Pendekatan ini juga merupakan salah satu pendekatan yang sering diterapkan dikelas ketika mengajar khususnya pada mata pelajaran matematika, namun perlu diketahui bahwa pendekatan saintifik tidak dapat diterapkan pada setiap materi yang diajarkan, maksudnya adalah guru harus mampu melihat kondisi/kebutuhan siswa di kelas yang berkaitan untuk penggunaan pendekatan yang cocok dalam proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  38. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Berdasarkan persepsi guru tentang pendekatan saintifik, banyak hhal yang diperoleh dalam hasil temuan di atas. Seperti terdapat kelemahan dan kelebihan dari pendekatan saintifik setelah bebrapa guru mencoba menerpaknannya di kelas. Dan berdasar temuan itulah guru mendeskripsikan bahwa ada hal-hal yang perlu menjadi pertimbangan dalam menerapkan penedekatan saintifik, seperti kesesuaian waktu dan kesiapan guru dalam mengajar.

    ReplyDelete
  39. Endah Kusrini
    18709251015
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Pendekatan Saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang diusung dan dikenalkan melalui Kurikulum 2013. Pendekatan saintifik merupakan hal yang masih tergolong baru bagi sebagian besar guru di Indonesia. Sampai saat ini pun, belum semua sekolah di Indonesia menerapkan Kurikulum 2013, seperti sekolah tempat saya mengajar. Menurut pendapat saya, pendekatan saintifik memiliki tujuan yang sangat baik dalam mendukung dan meningkatkan kompetensi siswa dalam pembelajaran di sekolah. Akan tetapi, menerapkan sesuatu yang baru, dengan kata lain merubah kebiasaan yang lama tentu bukanlah hal yang mudah. Perlu kerja sama dan komitmen dari berbagai pihak untuk dapat mensukseskan penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran di sekolah.

    ReplyDelete
  40. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Postingan ini pun memberikan hasil yang tidak jauh berbeda dengan artikel yang ditulis oleh Retnawati (2015) terkait hambatan implementasi K-13 di jenjang SMP. Terdapat 4 hasil penelitian yang menjadikan hambatan impelemtasinya sehingga menimbulkan kesulitan. Empat hambatan tersebut adalah pelatihan dan sosialisasi belum dapat memberikan pemahaman yang baik dan menyeluruh mengenai Kurikulum 2013, guru kesulitan mengatur waktu pada perencanaan
    pembelajaran, merencanakan pembelajaran, merencanakan penilaian sikap, dan memilah pengetahuan dan keterampilan pada penyusunan instrumen penilaian, keterbatasan waktu dalam pelaksanaan pembelajaran, kesulitan berkaitan dengan perangkat pembelajaran, dan kesulitan mengaktifkan siswa, dan sistem penilaian yang rumit dan perlu waktu yang lama untuk menyusun laporan.

    ReplyDelete
  41. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Sebegitu pentingnya pendidikan du dunia hingga menimbulkan banyak metode dan media yang dikembangkan demi melancarkan sistem penddikan. Tetapi sebenarnya tidak masalah guru menggunakan metode apapun asalkan siswa menjadi lebih paham dan menjadi lebih kreatif. Bila mengikuti kurikulum pemerintah yang mengalami perubahan tiap waktu hingga menggunakan pendekatam saimtifik yang memang inti pendekatan ini adalah lebih berfokus kepada siswa, siswa diberikan pengalaman blajar yang benar-benar dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari siswa dan bisa dikembangkan dengan metode yang digabungkan.

    ReplyDelete
  42. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Dalam sudut pandang asesmen pendidikan, K-13 dengan Pendekatan Saintifik itu sendiri memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan. Salah satu kelebihannya, siswa menjadi lebih aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas. Siswa juga membangun konsep melalui beberapa penyelidikan dengan dibantu oleh guru, sehingga konsep yang mereka temukan sendiri akan lebih melekat pada ingatan mereka. Namun, pendekatan ini juga memiliki kekurangan. Beberapa materi, khususnya matematika, sulit diterapkan dengan pendekatan saintifik.

    ReplyDelete
  43. Hendra B
    18701261008
    PEP S3 2018

    untuk menghasilkan sesuatu yang baik dan berkualitas maka diperlukan faktor-fakotr pendukung dan penunjang dalam mencapai tujuan itu. Termasuk pada pembelejaran santifik saya sependapat dengan dengan guru yang mengatakan bahwa tersedianya buku pedoman, tersedianya alat peraga, tersedianya fasilitas belajar, kemampuan dan profesionalitas guru, tersedianya akses informasi baik untuk guru maupun untuk muridnya, adanya pelatihan guru, penggunaan ICT, kesiapan belajar siswa, dan kesiapan Sekolah.

    ReplyDelete
  44. Dari menghadapi dan mendukung pelaksanaan kurikulum 13 dan menyongsong pendidikan 4.0 sangat diperlukan model pembelajaran yang inovatif yaitu salah satunya pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dapat mendukung pembentukan keterampilan abad 21 yang dikenal 4C yang meliputi (1) Communication (komunikasi), (2) collaboration (kolaborasi), (3) critical thinking and problem solving (berpikir kritis dan menyelesaikan masalah), dan (4) creative and innovative (kreatif dan innovatif). Selain itu, penerapan pendekatan sainifik dalam pembelajaran dapat membantu guru untuk memberikan pengalama belajar kepada siswa para ranah berpikir tingkat tinggi (higher order thinking skills/HOTS)

    ReplyDelete
  45. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Berdasarkan persepsi guru tentang pendekatan saintifik, saya setuju dengan point 4 yaitu tentang kelebihan atau keunggulan pendekatan saintifik. Dengan pelaksanaan pendekatan saintifik, guru bisa melatih siswa untuk mengeksplor dirinya sendiri sehingga membentuk siswa menjadi seorang yang kreatif dan kritis. Disini guru melatih siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Dengan siswa menemukan sendiri ilmunya, maka pengetahuan yang diperoleh oleh siswa akan lebih stabil dan tahan lama.
    Namun, dibalik kelebihan tentunya ada kelemahannya. Dari point 6 saya setuju bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga melebihi alokasi waktu yang telah direncanakan. Selain itu, guru sedikit kesulitan dalam persiapan mengajar karena dibutuhkan persiapan yang ekstra untuk melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Dan dari sisi siswanya, siswa juga merasa tugas yang mereka terima sedikit lebih banyak dari yang biasa sehingga membutuhkan waktu yang lama bagi siswa untuk beradaptasi dengan pembelajaran pendekatan saintifik ini.

    ReplyDelete
  46. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Persepsi setiap orang tentang suatu hal tentu akan berbeda. Perbedaan ini bisa jadi karena faktor internal atau pun eksternal. Salah satu hal yang membedakan persepsi orang adalah karena perbedaan ruang. Kaitannya dengan pendekatan saintifik adalah adanya perbedaan sarana dan prasarana sekolah serta adanya perbedaan karakter siswa yang dihadapi sehingga ada banyak sekali persepsi guru tentang pendekatan saintifik. Meskipun perbedaan ruang ini menjadikan adanya perbedaan persepsi, seorang pendidika tetap membutuhkan persepsi dari pendidik lain, kenapa? Karena semakin banyak persepsi yang dilihat maka diharapkan akan semakin memudahkan guru ketika menghadapi ruang yang lain, misalnya menghadapi murid yang berbeda, menghadapi sekolah dengan kondisi yang berbeda. Salah satu cara menambah persepsi dengan saling berbagi antar pendidik.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  47. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pendidikan matematika /D

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.
    yang saya ketahui pada kurikulum 2013 terbaru lebih mengarahkan guru untuk melakukan pembelajaran saintifik dengan 5M, kurikulum 2013 banyak proses yang butuh penyempurnaan termasuk pembiasaan. saya merasa guru membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri dan belajar bagaimana membelajarkan siswa dengan 5M. Pada saat ini saya merasa masih ada beberapa guru dan siswa yang merasa berat, namun seiring berjalannya waktu saya berharap bahwa guru akan berproses dan kalau sudah terbiasa itu bukan sebuah beban lagi namun kebutuhan untuk membelajakan pada siswa dengan menggunakan pendekatan saintifik.

    ReplyDelete
  48. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PMD 2019

    Assalamualaikum wr.wb
    Berdasarkan persepsi guru tentang pendekatan saintifik, saya setuju dengan point 4 yaitu tentang kelebihan atau keunggulan pendekatan saintifik. Dengan pelaksanaan pendekatan saintifik, guru bisa melatih siswa untuk mengeksplor dirinya sendiri sehingga membentuk siswa menjadi seorang yang kreatif dan kritis. Disini guru melatih siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Dengan siswa menemukan sendiri ilmunya, maka pengetahuan yang diperoleh oleh siswa akan lebih stabil dan tahan lama.
    Namun, dibalik kelebihan tentunya ada kelemahannya. Dari point 6 saya setuju bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran pendekatan saintifik memerlukan waktu yang cukup lama, sehingga melebihi alokasi waktu yang telah direncanakan. Selain itu, guru sedikit kesulitan dalam persiapan mengajar karena dibutuhkan persiapan yang ekstra untuk melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Dan dari sisi siswanya, siswa juga merasa tugas yang mereka terima sedikit lebih banyak dari yang biasa sehingga membutuhkan waktu yang lama bagi siswa untuk beradaptasi dengan pembelajaran pendekatan saintifik ini.

    ReplyDelete
  49. Assalamu'alaikum wr. wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    PEP S2 A 2019

    Pengalaman PPL dan mengajar, memang pendekatan saintifik itu baik untuk peningkatan kualitas pendidikan dengan prosedur yang sistematis melalui pembelajaran yang mengutamakan siswa aktif sehingga siswa dapat mengeksplor kemampuannya dengan guru yang membimbing mereka. Namun, dalam prakteknya pendekatan saintifik ini menjadi sulit dilakukan apalagi untuk materi-materi yang memang butuh penjelasan secara utuh dari guru, terbatas oleh waktu, dan hal yang lain. Sehingga pendekatan ini perlu dievaluasi dan dimanage oleh guru dan siswa serta staheholder yang lain agar berjalan secara maksimal.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr. Wb

    ReplyDelete
  50. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Pendekatan saintifik dirancang agar siswa lebih aktif dan kreatif. Meskipun, pada kenyataannya pendekatan saintifik ini terkendala waktu dan masalah lainnya. Maka, guru dapat saling berdiskusi dengan pihak lain untuk mencari jalan keluar dari masalah yang timbul saat pendekatan saintifik dilakukan.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  51. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Terima kasih Bapak atas artikel yang telah Bapak share kepada kami. dari yang saya tahu mengenai pembelajaran saintifik selama ini juga hampir sama dengan apa yang dikemukakan oleh 9 guru tersebut. Pembejalaran saintifik merupakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, guru hanya berperan sebagai fasilitator. pendekatan saintifik sangat cocok diterapkan untuk anak SD, SMP, SMA bahkan Perguruan Tinggi.

    ReplyDelete
  52. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Pendekatan saintifik juga dapat di mix dengan beberapa metode, seperti inkuiri, discovery learning, problem based learning, project based learning dan sebagainya yang tujuannya adalah untuk penemuan, entah penemuan rumus, teorema atau yang lain. Misalnya kita mengaplikasikan pendekatan saintifik pada materi luas dan keliling bangun datar SMP kelas VII, khususnya untuk menemukan rumus luas persegi. kita bisa memadukan metode inkuiri untuk matateri tersebut. guru membimbing siswa untuk menemukan bahwa luas persegi itu sisi dikalikan dengan sisi, untuk mempermudah mempelajarinya guru dapat memberikan contoh bangun persegi yang ada di dalam kehidupan sehari-hari misalnya keramik berbentuk persegi.

    ReplyDelete
  53. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Menurut saya pendekatan saitifik mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan. Kelebihan dari pendekatan saintifik diantaranya karena siswa menemukan sendiri suatu rumus makan siswa akan lebih lama dalam mengingatnya. namun di setiap pendekatan pasti ada kekurangan, kekurangan dari pendekatan saintifik adalah dibutuhkan waktu yang cukup banyak.

    ReplyDelete
  54. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    PEP A S2 2019

    Assallamuallaikum wr.wb

    Suatu pendekatan, metode, model pembelajaran dikatakan baik apabaila hal tersebut sesuai dengan faktor-faktor situasi, kondisi/karakter siswa, materi yang akan disampaikan, tempat, waktu, dan lain sebagainya.
    Disini, pendekatan saintifik memberikan satu pilihan alternatif dalam memberikan materi kepada siswa. Guru harus selektif menggunakan pendekatan ini dengan materi yang akan diajarkan karena kelemahan dari pendekatan ini adalah tidak bisa diterapkan pada semua materi. Ada beberapa materi yang membutuhkan waktu yang cukup lama dan tidak efisisen jika menggunakan pendekatan saintifik.

    ReplyDelete
  55. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Salah satu tujuan diterapkannya kurikulum 2013 adalah mengubah paradigma pembelajaran yang semula berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa. Guru menjadi fasilitator bagi siswa untuk belajar. Sehingga guru diharapkan menerapkan pendekatan saintifik dalam kegiatan pembelajaran. Meskipun dalam pelaksanaannya ditemukan beberapa kendala, terutama jika materi yang diajarkan termasuk sukar.

    ReplyDelete


  56. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Menurut pandangan saya, pembelajaran saintifik hampir sama dengan pembelajaran kooperatif lainnya. Hanya saja yang membedakan pembelajarannya pendekatannya secara kontekstual dengan 5 M. 5 M meliputi kegiatan mengamati-menanya-mencoba-menalar dan mengomunikasikan. Pendekatan saintifik mendorong siswa untuk berjiwa investigatif, memiliki rasa ingin tahu (curiosity) yang tinggi, hingga dapat membangun konsep sendiri melalui pengalaman belajar yang dialaminya.

    ReplyDelete
  57. Hanifah Nabila Hendral
    19701251003
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum
    Pendekatan saintifik memang bagus, namun masih guru yang belum mengerti bagaimana penerapannya dalam pembelajaran di kelas. pendekatan saintifik hanya ditulis oleh guru di rpp saja, namun dalam prakteknya guru masihnya 'aku yang lama'. karena itu perlu diadakannya pelatihan dan penyuluhan tentang hal ini, dan tentunya guru perlu di bimbing lebih intens terutama bagi guru-guru yang kekeh dengan pendekatan yang lama.
    pendekatan saintifik juga tidak cocok untuk semua tipe siswa. siswa dengan kemampuan rendah mengalami kesulitan jika menggunakan pendekatan saintifik.menurut saya, bagi siswa dengan kasus ini guru haruslah lebih perhatian kepada dia tanpa melupakan siswa yang lainnya. bimbing siswa dengan kemmapuan rendah dengan sabar

    ReplyDelete
  58. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Kajian ilmu pengetahuan merupakan luapan pemikiran mengenai objek-objek filsafat yaitu semua yang ada dan yang mungkin ada baik yang sudah ada di dalam pikiran mau yang ada diluar pikiran. Seperti halnya pendekatan saintifik yang menggunakan langkah 5M di dalam pelaksanaannya adalah lahir dari pemikiran positivistik, empirisme dan realisme yang juga didukung oleh dasar-dasar pemikiran yang lain. Mengkaji ilmu pengetahuan adalah upaya dalam kehidupan, yang sebenar-benarnya kecerdasan dalam melalui kehidupan adalah menembus ruang dan waktu, di dalam konteks yang benar di sini guru memiliki peranan yang besar sebagai fasilitator dalam pembelajaran berbasis pendekatan saintifik.

    Terimakasih Prof...

    ReplyDelete
  59. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Pendekatan saintifik merupakan pendekatan yang saat ini sedang digencarkan oleh pemerintah untuk mendukung terwujudnya pembelajaran yang menuntut siswa untuk mandiri, mandiri dalam belajar, mandiri dalam mencari tahu dan mandiri dalam berdiskusi. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mewujudkan pendekatan ini adalah dengan memadukannya dengan pendekatan lain, contohnya dengan PBL, PjBL, Discovery Learning, Inquiry, Coopeatif Learning, Pembelajaran Kontekstual, dan Metode Diskusi. Dalam memadukan beberapa metode pembelajaran, guru memiliki tantangan tersendiri karena harus menyesuaikan sintak atau langkah dalam kedua metode pembelajaran tanpa memberatkan sebelah. Dengan memadukan metode pembelajaran diharap guru dapat dengan maksimal mengambil kelebihan dari metode tersebut dan meminimalkan kekurangan pada kedua metode. Oleh karena itu dibutuhkan pemahaman oleh guru agar dapat memadukan kedua metode dengan maksimal.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  60. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Dalam perkuliahan Filsasat PEP, Prof. Marsigit menegaskan bahwa menerapkan pendekatan saintifik, khususnya MENANYA, sebab adanya mispersepsi dan kesalahpahaman. MENANYA dimaknai sebatas siswa bertanya kepada guru. Padahal, sejatinya yang dimaksud MENANYA adalah HIPOTESIS. Namun mengingat kepentingan keselarasan singkatan, maka yang mestinya HIOTESIS dibuat MENANYA. Hal ini menjadi tidak bias ketika istilah MENANYA tidak terhenti, melainkan dilanjutkan dengan kalimat “Menanya untuk menghasilkanhipotesis”.
    Demikian dan terima kasih.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  61. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Bismillah, pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang ditemukan,namun saya masih ingat yang dikatakan oleh prof. bahwa ada salah satu bagian yang dihapuskan dalam saintifik di indonesia yaitu hipotesis.
    dikarenakan bukan budaya indonesia dalam hal itu, ini merupakan PR besar bagi kami calon - calon penerus pendidik agar pendekatan saintifik bisa lebih sempurna dalam komponennya.

    terima kasih prof.atas ilmu yang diberikan

    ReplyDelete
  62. Jewish Van Septriwanto
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    19709251077

    terima kasih pak atas tulisan ini,
    Pada matakuliah yang lain, saya dan teman-teman sekelas mendiskusikan hal yang menjadi kelemahan pendekatan saintifik, salah satunya adalah bahwa pendekatan saintifik termasuk kepada pendekatan induktif yaitu dari khusus ke umum. Sementara tidak semua materi dapat di perlakukan seperti itu, dan pada implementasinya terdapat kekhawatiran bahwa siswa akan cenderung membawa konsep dengan soal. contohnya, ketika diminta untuk membuktikan rumus, maka yang menjadi kekhawatiran adalah siswa mencoba membuat contoh soal dari rumus tersebut. Dan nmenurut saya, siswa yang aktif dalam diskusi ketika siswa tersebut sudah memiliki pemahaman dan penalaran yang kuat ataupun yang sudah kuat dalam prior knowledgenya. Tetapi pada dasarnya, pendekatan saintifik jika dilakukan dengan sebenar-benarnya maka akan mendapatkan hasil yang maksimal.

    ReplyDelete
  63. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Pendekatan saintifik sangat erat kaitannya dengan kurikulum 2013, yang mana pembelajaran dibuat sedemikian sehingga siswa yang lebih berperan aktif dalam pembelajaran (student center). Penerapan pendekatan saintifik di dalam pembelajaran dapat memudahkan ketika dilakukan tetapi juga dapat menyulitkan, tergantung dari gurunya apakah guru tersebut sudah paham dengan cara menerapkan pendekatan saintifik atau tidak. Memahami pendekatan saintifik itu sangat penting, karena apabila guru tersebut belum paham bisa mengakibatkan proses pembelajaran akan menjadi terhambat. Namun terlepas dari itu semua, diharapkan guru dapat melakukan pendekatan saintifik dengan baik dan benar sehingga tujuan yang ingin dicapai bisa terlaksana.

    ReplyDelete
  64. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Pendekatan saintifik merupakan pendekatan yang dirancang sedemikian rupa dimana pengetahuan siswa dapat diperoleh dari mana saja dan tidak hanya berpusat pada guru sehingga pengetahuan yang diperoleh akan lebih bermakna bagi siswa itu sendiri. Sasaran pembelajaran saintifik mencakup pengembangan ranah sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dielaborasikan untuk setiap satuan pendidikan dan ketiga ranah kompetensi tersebut diperoleh dari proses yang berbeda-beda.

    ReplyDelete
  65. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Berdasarkan penelitian Neni Hasnunidah, dkk (2018) menyatakan bahwa persentase pemahaman guru tentang pendekatan saintifik yang paling besar yaitu mengenai pendekatan pembelajaran berdasarkan langkah-langkah ilmiah yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan menyaji. Selain itu, mengenai pembelajaran dengan berpikir Ilmiah.

    ReplyDelete
  66. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Sedangkan persentase pemahaman guru tentang pendekatan saintifik yang paling kecil yaitu mengenai (1) pendekatan dengan berfikir aktif, (2) pembelajaran yang mengembangkan keterampilan, mengamati danmembuat inferensi, (3) mengembangkan indikatornya, kemudian dikembangkan kegiatan pendahuluan inti dan penutup serta untuk menunjang dibuat LKS dan penilaiannya, (3) pembelajaran secara pengamatan, mengkomunikasikan, dan mendemostrasikan, dan (4) mengembangkan sikap baik religi maupun sosial, pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam mengaplikasikan materi.

    ReplyDelete
  67. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Memang masih ada beberapa kesulitan yang dialami oleh guru-guru dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran kurikulum 2013 kini. Oleh karena itu lah kegiatan pendampingan secara intensif terus dilakukan sebagai penguatan pada guru sehingga mampu melaksanakan pembelajaran sesuai dengan karakteristik kurikulum 2013 secara optimal. Kegiatan pendampingan dapat dilakukan melalui wadah yang telah ada dan diakui keberadaannya secara nasional yaitu dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan fungsi KKG ataupun MGMP yang juga bisa dengan berkolaborasi dengan perguruan tinggi sebagai agen inovasi.

    ReplyDelete
  68. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)
    Bismillah, secara teori Pendekatan Saintifik yang pertama dikenalkan bersama Kurikulum 2013 memiliki keunggulan bila disbanding dengan KBK (K 2004). Namun realitanya guru Indonesia belum siap untuk menerapkan pendekatan saintifik K.13 ini dengan baik. Walau dalam wawancara misalnya Guru berpendapat bahwa pendekatan Saintifik mempunyai keunggulan diantaranya: siswa lebih kreatif, siswa dapat belajar mandiri maupun berkelompok, siswa dapat mengeksplor potensinya sendiri, pengetahuan yang diperoleh siswa bersifat lebih stabil dan bertahan lama, siswa berpikir kritis, siswa berperan aktif dalam pembelaaran, siswa menemukan sendiri ilmunya, siswa merasa senang karena merasa lebih dihargai, suasana demokratis dapat dibangun, guru tidak bosan mengajar, guru juga memperoleh pengetahuan baru, siswa lebih dapat berkreasi, hubungan antar siswa dapat terjalin lebih baik, siswa lebih bertanggung jawab. Namun jauh lebih itu, apakah siswa dapat benar-benar menjalani prinsip student centered itu?. Inilah kelebihan yang harus mampu dimiliki oleh guru untuk dapat menerapkan pendekatan saintifik yaitu membuat siswa memiliki kemauan tinggi untuk belajar.
    terimakasih.

    ReplyDelete
  69. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019

    Pendapat saya untuk mennaggapi kelemahan metode saintifik di poin ke enam yaitu memang betul metode saintifik memerlukan lebih banyak persiapan guru selebum mengajar. Akan tetapi semua itu kembali kepada guru, saat guru berusaha mempersiapkan pembelajaran dengan baik maka siswa akan mendapat fasilitas yang lebih baik pula dalam pembelajaran sehingga siswa mampu memperoleh ilmu dengan alur erpikir yang lebih logis. Dalam menerapkan metode saintifik guru harus pandai mengatur waktu sehingga pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan rencana yang sudah dibuat. Sebelum membelajarkan materi dengan menggunakan metode saintifik guru dituntut untuk membuat suatu rencana pembelajaran yang kemudian digunakan sebagai panduan dalam mengajar.

    ReplyDelete
  70. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dari artikel "Persepsi Guru tentang pendekatan Saintifik" saya dapat menyimpulkan bahwasannya penerapan metode Saintifik oleh guru di sekolah masih dirasa banyak sekali kesulitan, diantaranya: tidak semua materi mudah dituangkan dengan pendekatan Saintifik, kesulitan dalam melakukan apersepsi, kesulitan membuat penilaian berdasarkan pendekatan saintifik, kesulitan pada langkah/proses MENANYA, tidak paham seluk beluk landasan dan filosofi pendekatan Saintifik. Dari kesulitan-kesulitan tersebut, guru diharapkan lebih kreatif sehingga mempunyai terobosan atau inovasi untuk meminimalisirnya.

    ReplyDelete
  71. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    Terkait poin dua tentang persepsi guru tentang ciri-ciri metode saintifik tertulis salah satunya adalah guru berfungsi sebagai motivator. Saya rasa hal ini masih banyak belum disadari oleh guru-guru. Saya memaknai guru sebagai motivator bahwa guru haruslah merefleksikan hal baik dalam dirinya, sehingga ia dapat dijadikan contoh dan siswa dapat menjadikan guru tersebut sebagai standar evaluasi bagi diri siswa tersebut. Kemudian guru juga harus memperhatikan bagaimana ia merespon siswa sehingga responnya tidak berdampak buruk bagi siswa dan tidak menyebabkan perubahan perilaku ke arah negatif. Namun sayangnya kini masih banyak guru yang tidak memberikan contoh yang baik kepada siswa, sehingga dirinya sendiri tidak bisa memotivasi siswa untuk menjadi lbih baik.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  72. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dari yang telah prof jelaskan, pendekatan scientifik mempunyai kelebihan/keunggulan dan kekurangan. Namun hal ini juga bergantung pada ruang dan waktunya. pendekatan baru ini membutuhkan adaptasi oleh guru dan siswa pada khususnya. sehingga dalam pelaksanaannya bisa meminimalisir kekurangannya. ada beberapa model yang dapat digunakan untuk pendekatan ini seperti PBL yang dalam pelaksanaan memberikan masalah terlebih dahulu kepada siswa. Dalam hal ini agar siswa bisa melakukan riset atas permasalahan tersebut dan menemukan jawabannya. Hal ini akan cenderung membuat siswa menjadi tertantang dengan masalah yang diberikan.

    ReplyDelete
  73. Rochyati
    19709251074
    S2 P. Mat D 2019

    Tidak ada metode pendekatan yang sempurna, semua ada kekurangan dan kelebihannya, pun begitu dengan pendekatan saintifik. Oleh karena itu guru harus bisa memilih dan memilah metode atau memadukan metode pendekatan yang sesuai dalam mengajar, baik karena karakter siswa, materi, dan atau faktor lain. Walaupun punya kekurangan, tetapi tetap dimaksimalkan kelebihannya.

    ReplyDelete
  74. Dini Senjaningrum
    19709251067
    Pendidikan Matematika D 2019
    Pendekatan Saintifik adalah pendekatan yang wajib digunakan pada pembelajaran di sekolah berdasarkan kurikulum 2013. Tujuan pebelajaran dengan menggunakan pendekatan ini adalah untuk mengembangkan karakter siswa, selain itu juga meningkatkan kemampuan berfikir siswa. Dalam pendekatan saintifik langkah-langkah dalam pembelajaran adalah sebagai berikut : Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi dan mengkomunikasikan. Dari pendekatan ini memiliki kelebihan dan kekurangan, akan tetapi sebagai seorang pengajar kita harus bisa menyajikan dan mengajarkan materi agar siswa dapat dengan mudah menerima penjelasan dan penyampaian kita. Karena tidak ada metode yang sempurna, setiap metode belajar pasti memiliki kelebihan dan kekurangan.

    ReplyDelete
  75. Wiwin Mistiani
    NIM 19701261011
    S3 PEP 2019
    Saya Sangat Setuju jika tidak semua materi mudah dituangkan dengan pendekatan Saintifik, Karena materi materi tertentu seperti materi kegamaan terutama tentang keimanan sangat sulit diterpakan dengan mengunakan metode saintifif dalam hal ini saintifik dipahami sebagai proses Pembelajaran yang diawali mengamati-menanya-mencoba-menalar dan mengomunikasikan. OLeh karena itu seperti apa yang Prof jelaskan sebelumnya bahwa segala sesuatu memiliki ruang dan waktunya sendiri.

    ReplyDelete
  76. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Tujuan utama dalam pendekatan saintifik yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa dan mendorong siswa aktif dalam pembelajaran. Namun, pada kenyataannya masih ada guru yang kurang memahami bagaimana melakukan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Tak hanya itu, pembelajaran kebanyakan masih berpusat pada guru. Guru memberikan LKS pada siswa, namun LKS tersebut hanya berisi soal-soal, bukan cara yang digunakan untuk menemukan konsep matematika yang diberikan guru.

    ReplyDelete
  77. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Dalam tulisan di atas terkandung persepsi guru tentang pendekatan saintifik. Metode ini merupakan metode yang berpusat kepada siswa, guru sebagai fasilitator dan motivator, murid yang menentukan konsep dari lingkungan, serta digunakannya faktor pendukung pelaksanaan pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik dapat diaplikasikan untuk pembelajaran baik di SD, SMP, SMA, maupun perguruan tinggi. Pendekatan ini memiliki keunggulan dan kelemahan. Sehingga, masih diperlukannya perbaikan dalam metode pendekatan yang digunakan.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  78. Muh. Asriadi AM
    19701251008
    S2 PEP A 2019
    Pemahaman saya dari artikel ini yaitu ada tentang pendekatan saintifik, setiap guru pasti mempunyai pemahamannya masing-masing. Tahapan pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dam mengkomunikasikan. Terkadang pemahaman antara satu guru dengan guru yang lainnya tidak melulu sama. Oleh sebab itu, muncul banyak versi dalam pendekatan saintifik tersebut. Namun demikian tidak semua mata pelajaran cocok dengan motode saintifik, seprti pelajaran bahasa atau pun seni. Metode santifik lebih cocok padaa pelajaran sains atau yang serumpun dengannya.

    ReplyDelete
  79. Achmad Rante Suparman
    NIM 19701261010
    S3 PEP 2019

    Pendekatan Saintifik pada dasarnya hampir sama dengan CBSA (cara belajar siswa aktif), hanya saja sekarang lebih ditekankan pada kata-kata saintifiknya.
    Pendekatan saintifik bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa secara sistematik.

    Lima langkah dalam saintifik yang berupa mengamati, bertanya, mengumpulkan data, menalar, dan mengkomunikasikan pada dasarnya telah kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari, akan tetapi kita tidak sadar bahwa inilah yang disebut dengan saintifik.
    bahkan dalam memilih pasangan hiduppun menggunakan pendekatan saintifik.

    Jadi pendekatan saintifik sangat tepat jika digunakan dalam proses pembelajaran, karena didalamnya ada unsur pengamatan dan kehati-hatian serta kemampuan mengkomunikasikan hal0hal tertentu.

    ReplyDelete
  80. Dalam keilmuan matematika dan sains, pendekatan saintifik sudah cukup lama ada. Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik seharusnya tidak menjadi hal baru bagi guru matematika dan sains karena secara ontologi pendekatan ini telah dikenal sebelumnya. Pendekatan saintifik menempatkan siswa layaknya seorang saintis atau matematikawan yang berusaha menggali fenomena atau gejala alam dan matematis. Pengalaman atau proses belajar lebih ditekankan dalam pendekatan ini sehingga konsep, hukum, teori, formula, dan sebagainya yang dipelajari dimunculkan belakangan. Dengan penerapan pendekatan ini, siswa diharapkan dapat mengetahui konsep secara lebih bermakna. Lebih jauh lagi, pengalaman belajar dapat menjadi kebiasaan yang baik untuk menghadapi permasalahan yang ditemukan di kemudian hari. Siswa dapat menemukan solusi atas suatu masalah dengan caranya sendiri secara mandiri. Dalam hal pembelajaran, guru menjadi fasilitator untuk mendukung proses belajar siswa.

    Ikhsanudin (PEP-S3/19701261001)

    ReplyDelete
  81. Hanifah nabila hendral
    S2 PEP A 2019
    19701251003
    Assalamualaikum
    Pendekatan saintifik dapat memberikan banyak manfaat dalam pembelajaran, yaitu membantu peserta didik untuk memperbaiki dan meningkatkan keterampilan dan proses kognitif, menimbulkan rasa senang pada siswa karena tumbuhnya rasa menyelidiki dan berhasil, menyebabkan siswa mengarahkan kegiatan belajarnya sendiri dengan melibatkan akalnya dan motivasi sendiri, berpusat pada siswa dan guru berperan sama-sama aktif mengeluarkan gagasan.

    ReplyDelete
  82. Hanifah nabila hendral
    S2 PEP A 2019
    19701251003
    Assalamualaikum
    Langkah-langkah dalam pendekatan saintifik adalah mengamati, menanya, mencoba, mengolah data atau informasi dilanjutkan dengan menganalisis, menalar, menyimpulkan, menyajikan data atau informasi dan menciptakan dan membentuk jaringan

    ReplyDelete
  83. Hanifah nabila hendral
    S2 PEP A 2019
    19701251003
    Assalamualaikum
    Menurut Hosnan (2014), prinsip pendekatan saintifik dalam kegiatan pembelajaran adalah: 1) Pembelajaran berpusat pada siswa, 2) Pembelajaran membentuk students self concept, 3) Pembelajaran terhindar dari verbalisme, 4) Pembelajaran memberikan kesempatan pada siswa untuk mengasimilasi dan mengakomodasi konsep, hukum, dan prinsip, 5) Pembelajaran mendorong terjadinya peningkatan kemampuan berpikir siswa, 6) Pembelajaran meningkatkan motivasi belajar siswa dan motivasi mengajar guru, 7) Memberikan kesempatan kepada siswa untuk melatih kemampuan dalam komunikasi, 8) Adanya proses validasi terhadap konsep, hukum, dan prinsip yang di konstruksi siswa dalam struktur kognitifnya.

    ReplyDelete
  84. Hanifah nabila hendral
    S2 PEP A 2019
    19701251003
    Assalamualaikum
    Pendekatan saintific memiliki kekurangan yaitu: 1) menimbulkan asumsi bahwa ada kesiapan pikiran untuk belajar. Bagi siswa yang kurang pandai, akan mengalami kesulitan abstrak atau berpikir atau mengungkapkan hubungan antara konsep yang tertulis atau lisan, sehingga pada gilirannya akan menimbulkan frustasi, 2) Tidak efisien untuk mengajar jumlah siswa yang banyak, karena membutuhkan waktu yang lama untuk membantu menemukan teori atau pemecahan masalah lainnya, 3) harapan yang terkandung dalam model pendekatan ini bisa buyar berhadapan dengan siswa dan guru yang sudah terbiasa dengan cara belajar yang lama, 4) pengajaran discovery lebih cocok untuk mengembangkan pemahaman, sedangkan aspek konsep, keterampilan dan emosi secara keselluruhan kurang mendapat perhatian, 5) tidak menyediakan kesempatan untuk berpikir yang akan ditemukan.

    ReplyDelete