tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post2909039308538732341..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : Persepsi Guru tentang pendekatan SaintifikMarsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger84125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-82717525208223191522020-01-02T07:41:03.131+07:002020-01-02T07:41:03.131+07:00Hanifah nabila hendral
S2 PEP A 2019
19701251003
A...Hanifah nabila hendral<br />S2 PEP A 2019<br />19701251003<br />Assalamualaikum<br />Pendekatan saintific memiliki kekurangan yaitu: 1) menimbulkan asumsi bahwa ada kesiapan pikiran untuk belajar. Bagi siswa yang kurang pandai, akan mengalami kesulitan abstrak atau berpikir atau mengungkapkan hubungan antara konsep yang tertulis atau lisan, sehingga pada gilirannya akan menimbulkan frustasi, 2) Hanifah nabila hendralhttps://www.blogger.com/profile/02281215014282340335noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-36369086748520409492020-01-02T07:29:15.448+07:002020-01-02T07:29:15.448+07:00Hanifah nabila hendral
S2 PEP A 2019
19701251003
A...Hanifah nabila hendral<br />S2 PEP A 2019<br />19701251003<br />Assalamualaikum<br />Menurut Hosnan (2014), prinsip pendekatan saintifik dalam kegiatan pembelajaran adalah: 1) Pembelajaran berpusat pada siswa, 2) Pembelajaran membentuk students self concept, 3) Pembelajaran terhindar dari verbalisme, 4) Pembelajaran memberikan kesempatan pada siswa untuk mengasimilasi dan mengakomodasi konsep, Hanifah nabila hendralhttps://www.blogger.com/profile/02281215014282340335noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-33214909867993263562020-01-02T07:29:02.962+07:002020-01-02T07:29:02.962+07:00Hanifah nabila hendral
S2 PEP A 2019
19701251003
A...Hanifah nabila hendral<br />S2 PEP A 2019<br />19701251003<br />Assalamualaikum<br />Langkah-langkah dalam pendekatan saintifik adalah mengamati, menanya, mencoba, mengolah data atau informasi dilanjutkan dengan menganalisis, menalar, menyimpulkan, menyajikan data atau informasi dan menciptakan dan membentuk jaringan<br />Hanifah nabila hendralhttps://www.blogger.com/profile/02281215014282340335noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-72458365628979644222020-01-02T07:28:37.493+07:002020-01-02T07:28:37.493+07:00Hanifah nabila hendral
S2 PEP A 2019
19701251003
A...Hanifah nabila hendral<br />S2 PEP A 2019<br />19701251003<br />Assalamualaikum<br />Pendekatan saintifik dapat memberikan banyak manfaat dalam pembelajaran, yaitu membantu peserta didik untuk memperbaiki dan meningkatkan keterampilan dan proses kognitif, menimbulkan rasa senang pada siswa karena tumbuhnya rasa menyelidiki dan berhasil, menyebabkan siswa mengarahkan kegiatan belajarnya sendiri Hanifah nabila hendralhttps://www.blogger.com/profile/02281215014282340335noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-57872908136577739432020-01-02T07:22:25.052+07:002020-01-02T07:22:25.052+07:00Dalam keilmuan matematika dan sains, pendekatan sa...Dalam keilmuan matematika dan sains, pendekatan saintifik sudah cukup lama ada. Pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik seharusnya tidak menjadi hal baru bagi guru matematika dan sains karena secara ontologi pendekatan ini telah dikenal sebelumnya. Pendekatan saintifik menempatkan siswa layaknya seorang saintis atau matematikawan yang berusaha menggali fenomena atau gejala alam dan Ikhsanudinhttps://www.blogger.com/profile/01524689604455757228noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-44020975394295524692020-01-02T00:33:05.178+07:002020-01-02T00:33:05.178+07:00Achmad Rante Suparman
NIM 19701261010
S3 PEP 2019
...Achmad Rante Suparman<br />NIM 19701261010<br />S3 PEP 2019<br /><br />Pendekatan Saintifik pada dasarnya hampir sama dengan CBSA (cara belajar siswa aktif), hanya saja sekarang lebih ditekankan pada kata-kata saintifiknya. <br />Pendekatan saintifik bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa secara sistematik.<br /><br />Lima langkah dalam saintifik yang berupa mengamati, bertanya, Ante Achmadhttps://www.blogger.com/profile/17670911585527210849noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-26914510174240041172020-01-01T14:50:57.185+07:002020-01-01T14:50:57.185+07:00Muh. Asriadi AM
19701251008
S2 PEP A 2019
Pemahama...Muh. Asriadi AM<br />19701251008<br />S2 PEP A 2019<br />Pemahaman saya dari artikel ini yaitu ada tentang pendekatan saintifik, setiap guru pasti mempunyai pemahamannya masing-masing. Tahapan pendekatan saintifik yang meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dam mengkomunikasikan. Terkadang pemahaman antara satu guru dengan guru yang lainnya tidak melulu sama. Oleh Muh. Asriadi AMhttps://www.blogger.com/profile/14006483847477440738noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-30755002292953946782019-12-26T07:51:32.647+07:002019-12-26T07:51:32.647+07:00Vera Yuli Erviana
NIM 19706261005
S3 Pendidikan Da...Vera Yuli Erviana<br />NIM 19706261005<br />S3 Pendidikan Dasar 2019<br /><br />Assalamu’alaikum Wr. Wb.<br />Dalam tulisan di atas terkandung persepsi guru tentang pendekatan saintifik. Metode ini merupakan metode yang berpusat kepada siswa, guru sebagai fasilitator dan motivator, murid yang menentukan konsep dari lingkungan, serta digunakannya faktor pendukung pelaksanaan pendekatan saintifik. Vera Yuli Ervianahttps://www.blogger.com/profile/09801624142562571897noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-37744824143344762382019-12-25T10:44:25.110+07:002019-12-25T10:44:25.110+07:00Puspitarani
19709251062
S2 Pendidikan Matematika D...Puspitarani<br />19709251062<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Tujuan utama dalam pendekatan saintifik yaitu pembelajaran yang berpusat pada siswa dan mendorong siswa aktif dalam pembelajaran. Namun, pada kenyataannya masih ada guru yang kurang memahami bagaimana melakukan pembelajaran dengan pendekatan saintifik. Tak hanya itu, pembelajaran kebanyakan masih berpusat pada guru. GuruRani Puspitahttps://www.blogger.com/profile/00219632095117059331noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-59676466035737831182019-12-20T17:38:53.424+07:002019-12-20T17:38:53.424+07:00Wiwin Mistiani
NIM 19701261011
S3 PEP 2019
Saya Sa...Wiwin Mistiani<br />NIM 19701261011<br />S3 PEP 2019<br />Saya Sangat Setuju jika tidak semua materi mudah dituangkan dengan pendekatan Saintifik, Karena materi materi tertentu seperti materi kegamaan terutama tentang keimanan sangat sulit diterpakan dengan mengunakan metode saintifif dalam hal ini saintifik dipahami sebagai proses Pembelajaran yang diawali mengamati-menanya-mencoba-menalar dan Wiwin Mistianihttps://www.blogger.com/profile/12963486493214256194noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-34988464377759480302019-12-18T23:54:46.890+07:002019-12-18T23:54:46.890+07:00Dini Senjaningrum
19709251067
Pendidikan Matematik...Dini Senjaningrum<br />19709251067<br />Pendidikan Matematika D 2019<br />Pendekatan Saintifik adalah pendekatan yang wajib digunakan pada pembelajaran di sekolah berdasarkan kurikulum 2013. Tujuan pebelajaran dengan menggunakan pendekatan ini adalah untuk mengembangkan karakter siswa, selain itu juga meningkatkan kemampuan berfikir siswa. Dalam pendekatan saintifik langkah-langkah dalam Dini Senjaningrumhttps://www.blogger.com/profile/16383809120674104163noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-21778825295718583312019-12-17T22:04:29.240+07:002019-12-17T22:04:29.240+07:00Rochyati
19709251074
S2 P. Mat D 2019
Tidak ada m...Rochyati<br />19709251074<br />S2 P. Mat D 2019<br /><br />Tidak ada metode pendekatan yang sempurna, semua ada kekurangan dan kelebihannya, pun begitu dengan pendekatan saintifik. Oleh karena itu guru harus bisa memilih dan memilah metode atau memadukan metode pendekatan yang sesuai dalam mengajar, baik karena karakter siswa, materi, dan atau faktor lain. Walaupun punya kekurangan, tetapi tetap Rochyatihttps://rochyati.wordpress.com/noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-70188046448910548302019-12-17T17:47:35.681+07:002019-12-17T17:47:35.681+07:00Rifki Rinaldo
19709251070
S2 Pendidikan Matematika...Rifki Rinaldo<br />19709251070<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Dari yang telah prof jelaskan, pendekatan scientifik mempunyai kelebihan/keunggulan dan kekurangan. Namun hal ini juga bergantung pada ruang dan waktunya. pendekatan baru ini membutuhkan adaptasi oleh guru dan siswa pada khususnya. sehingga dalam pelaksanaannya bisa meminimalisir kekurangannya. ada beberapa model yangRifki Rinaldohttps://www.blogger.com/profile/01429357594401288965noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-13400912442267998932019-12-17T15:26:21.141+07:002019-12-17T15:26:21.141+07:00Latifa Krisna Ayu
19709251060
S2 Pendidikan Matema...Latifa Krisna Ayu<br />19709251060<br />S2 Pendidikan Matematika D<br /><br />Terkait poin dua tentang persepsi guru tentang ciri-ciri metode saintifik tertulis salah satunya adalah guru berfungsi sebagai motivator. Saya rasa hal ini masih banyak belum disadari oleh guru-guru. Saya memaknai guru sebagai motivator bahwa guru haruslah merefleksikan hal baik dalam dirinya, sehingga ia dapat Latifa Krisnahttps://www.blogger.com/profile/03184693311475046710noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-85377789899546972092019-12-17T15:18:32.761+07:002019-12-17T15:18:32.761+07:00Rona Happy Mumpuni
19709251059
S2 Pendidikan Matem...Rona Happy Mumpuni<br />19709251059<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Dari artikel "Persepsi Guru tentang pendekatan Saintifik" saya dapat menyimpulkan bahwasannya penerapan metode Saintifik oleh guru di sekolah masih dirasa banyak sekali kesulitan, diantaranya: tidak semua materi mudah dituangkan dengan pendekatan Saintifik, kesulitan dalam melakukan apersepsi, kesulitanRona Happy Mumpunihttps://www.blogger.com/profile/10166402912873148094noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-56461382664365179812019-12-17T12:36:41.764+07:002019-12-17T12:36:41.764+07:00Fitria Restu Astuti
19709251069
S-2 Pendidikan Mat...Fitria Restu Astuti<br />19709251069<br />S-2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Pendapat saya untuk mennaggapi kelemahan metode saintifik di poin ke enam yaitu memang betul metode saintifik memerlukan lebih banyak persiapan guru selebum mengajar. Akan tetapi semua itu kembali kepada guru, saat guru berusaha mempersiapkan pembelajaran dengan baik maka siswa akan mendapat fasilitas yang lebihFitria Restu Astutihttps://www.blogger.com/profile/02808481214399412761noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-8660482636016890982019-12-15T22:08:26.549+07:002019-12-15T22:08:26.549+07:00Choirul Amri
(19709251078 S2 Pendidikan Matematika...Choirul Amri<br />(19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)<br />Bismillah, secara teori Pendekatan Saintifik yang pertama dikenalkan bersama Kurikulum 2013 memiliki keunggulan bila disbanding dengan KBK (K 2004). Namun realitanya guru Indonesia belum siap untuk menerapkan pendekatan saintifik K.13 ini dengan baik. Walau dalam wawancara misalnya Guru berpendapat bahwa pendekatan Choirul Amrihttps://www.blogger.com/profile/04516221656193302026noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-81371339191164478762019-12-15T19:57:27.178+07:002019-12-15T19:57:27.178+07:00Yufida Afkarina Nizar Isyam
19709251073
S2 Pendidi...Yufida Afkarina Nizar Isyam<br />19709251073<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Memang masih ada beberapa kesulitan yang dialami oleh guru-guru dalam penerapan pendekatan saintifik pada pembelajaran kurikulum 2013 kini. Oleh karena itu lah kegiatan pendampingan secara intensif terus dilakukan sebagai penguatan pada guru sehingga mampu melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Yufida Afkarina Nizar Isyamhttps://www.blogger.com/profile/02434503842789333027noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-47212125913370786612019-12-15T17:05:54.101+07:002019-12-15T17:05:54.101+07:00Annisa Nur Arifah
18709251058
S2 Pendidikan Matema...Annisa Nur Arifah<br />18709251058<br />S2 Pendidikan Matematika C 2018<br /><br />Sedangkan persentase pemahaman guru tentang pendekatan saintifik yang paling kecil yaitu mengenai (1) pendekatan dengan berfikir aktif, (2) pembelajaran yang mengembangkan keterampilan, mengamati danmembuat inferensi, (3) mengembangkan indikatornya, kemudian dikembangkan kegiatan pendahuluan inti dan penutup serta Annisa Nur Arifahhttps://www.blogger.com/profile/05478185678213308619noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-27742371720243777042019-12-15T17:05:35.562+07:002019-12-15T17:05:35.562+07:00Annisa Nur Arifah
18709251058
S2 Pendidikan Matema...Annisa Nur Arifah<br />18709251058<br />S2 Pendidikan Matematika C 2018<br /><br />Berdasarkan penelitian Neni Hasnunidah, dkk (2018) menyatakan bahwa persentase pemahaman guru tentang pendekatan saintifik yang paling besar yaitu mengenai pendekatan pembelajaran berdasarkan langkah-langkah ilmiah yaitu mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan menyaji. Selain itu, mengenai pembelajaran dengan Annisa Nur Arifahhttps://www.blogger.com/profile/05478185678213308619noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-24763494205942646052019-12-14T12:23:40.556+07:002019-12-14T12:23:40.556+07:00Sri Ningsih
19709251064
S2 Pendidikan Matematika ...Sri Ningsih <br />19709251064<br />S2 Pendidikan Matematika kelas D<br /> <br />Pendekatan saintifik merupakan pendekatan yang dirancang sedemikian rupa dimana pengetahuan siswa dapat diperoleh dari mana saja dan tidak hanya berpusat pada guru sehingga pengetahuan yang diperoleh akan lebih bermakna bagi siswa itu sendiri. Sasaran pembelajaran saintifik mencakup pengembangan ranah sikap, Sri Ningsihhttps://www.blogger.com/profile/02896347110502401197noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-5205839260985322762019-12-14T11:41:27.701+07:002019-12-14T11:41:27.701+07:00Tiara Wahyu Anggraini
19709251065
S2 Pendidikan Ma...Tiara Wahyu Anggraini<br />19709251065<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Pendekatan saintifik sangat erat kaitannya dengan kurikulum 2013, yang mana pembelajaran dibuat sedemikian sehingga siswa yang lebih berperan aktif dalam pembelajaran (student center). Penerapan pendekatan saintifik di dalam pembelajaran dapat memudahkan ketika dilakukan tetapi juga dapat menyulitkan, Tiara Wahyu Anggrainihttps://www.blogger.com/profile/15534275556645199033noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-38673012497687076652019-12-12T14:40:39.297+07:002019-12-12T14:40:39.297+07:00Jewish Van Septriwanto
S2 Pendidikan Matematika D ...Jewish Van Septriwanto<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br />19709251077<br /><br />terima kasih pak atas tulisan ini,<br />Pada matakuliah yang lain, saya dan teman-teman sekelas mendiskusikan hal yang menjadi kelemahan pendekatan saintifik, salah satunya adalah bahwa pendekatan saintifik termasuk kepada pendekatan induktif yaitu dari khusus ke umum. Sementara tidak semua materi dapat di Jewish Van Septriwantohttps://www.blogger.com/profile/08626323898028358186noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-6365053102040378992019-12-11T16:39:59.504+07:002019-12-11T16:39:59.504+07:00Alfiana Dewi
19701251005
S2 PEP A 2019
Bismillah...Alfiana Dewi<br />19701251005<br />S2 PEP A 2019 <br /><br />Bismillah, pendekatan saintifik merupakan proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik,MARSIGIT PHILOSOPHY 2019 ALFIANA DEWIhttps://www.blogger.com/profile/14648902102133518437noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-6935384036064822662019-11-28T23:21:31.098+07:002019-11-28T23:21:31.098+07:00M. Ikhsan Ghozali
19701261003
PEP S3 2019
Assalam...M. Ikhsan Ghozali<br />19701261003<br />PEP S3 2019<br /><br />Assalamu'alaikum wr.wb<br />Dalam perkuliahan Filsasat PEP, Prof. Marsigit menegaskan bahwa menerapkan pendekatan saintifik, khususnya MENANYA, sebab adanya mispersepsi dan kesalahpahaman. MENANYA dimaknai sebatas siswa bertanya kepada guru. Padahal, sejatinya yang dimaksud MENANYA adalah HIPOTESIS. Namun mengingat kepentingan eM. Ikhsan Ghohttps://www.blogger.com/profile/01097346171815044107noreply@blogger.com