Feb 26, 2011

Elegi Menggapai fungsi f(x) = 1




Oleh Marsigit

Fungsi:
Wahai variabel x, operator sama dengan, dan bilangan satu. Engkau semua saya panggil kemari karena saya ingin mengadakan pertunjukkan perihal fungsi x sama dengan satu. Oleh karena itu saya ingin mengetahui persiapanmu semua. Engkau juga saya silahkan untuk mengenalkan dirimu masing-masing serta tugas-tugasmu. Silahkan.

Variabel x:
Wahai fungsi f, perkenankanlah diriku untuk mengenalkan terlebih dulu. Namaku adalah variabel. Khususnya namaku adalah variabel x. Fungsiku adalah sebagai rumah semua bilangan. Penghuniku bisa bilangan kontinu, bilangan diskret, bilangan pecah, bilangan realPost Options, bilangan rasional, bilangan kompleks, dst. Maka aku siap menjalankan semua perintah-perintahmu.

Operator sama dengan:
Wahai fungsi f, perkenankanlah diriku untuk mengenalkan terlebih dulu. Namaku adalah operator sama dengan. Lambangku adalah “=”. Fungsiku adalah mengidentikan semua yang ada di sebelah kiriku dan di sebelah kananku. Aku juga mengidentikan sebelum dan sesudahku. Tiadalah dapat terbebas dari hukumku, jika telah aku pasang lambangku. Maka aku siap menjalankan semua perintah-perintahmu.

Bilangan satu:
Wahai fungsi f, perkenankanlah diriku untuk mengenalkan terlebih dulu. Namaku adalah bilangan satu. Aku mempunyai beberapa sifat sekaligus. Bilangan satu itu adalah bilangan ganjil. Aku juga bilangan pertama dari membilang. Aku adalah bilangan rasional. Aku juga bilangan bulat. Aku juga bilangan positif.

Fungsi:
Wahai varfiabel x, aku telah memahami semua keteranganmu. Engkau adalah rumah dari semua bilangan. Tetapi sekarang engkau akan mendapat tugas yang lebih berat. Engkau tidak lagi hanya berfungsi sebagai rumah bilangan, tetapi engkau akan aku beri tugas sebagai rumah dari segala hal. Segala hal yang ada dan yang mungkin ada dalam pikiranmu dan dalam hatimu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Itulah seberat-berat tugasmu yang harus engkau laksanakan.
Wahai operator sama dengan, aku telah memahami semua keteranganmu. Engkau berfungsi menyamakan apapun yang ada di sebelah kirimu dan di sebelah kananmu. Engkau juga berfungsi menyamakan sebelum dan sesudahmu. Tetapi sekarang engkau akan mendapat tugas yang lebih berat.
Tugasmu adalah menyadarkan semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Itulah seberat-berat tugasmu yang harus engkau laksanakan.
Wahai bilangan satu, aku telah memahami semua keteranganmu. Engkau adalah bilangan satu dengan semua sifat-sifatmu. Tetapi sekarang engkau akan mendapat tugas yang lebih berat. Engkau akan aku beri tugas sebagai penunjuk bagi semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Itulah seberat-berat tugasmu yang harus engkau laksanakan.

Variabel x, operator sama dengan dan bilangan satu bersama-sama berkata:
Wahai fungsi f, terimakasih atas tugas-tugas baruku itu. Tetapi sesungguhnya aku belum begitu jelas apakah tugasku secara lebih khusus?

Fungsi:
Wahai variabel x, telah aku tetapkan bahwa engkau adalah semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Itulah seberat-berat tugasmu yang harus engkau laksanakan. Maka kewajibanmu adalah selalu bertanya kepada operator sama dengan tentang penunjukkan dari semua dirimu.
Wahai operator sama dengan, telah aku tetapkan bahwa tugasmu adalah menyadarkan semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga. Maka sadarkanlah semuanya itu.
Wahai bilangan satu, engkau adalah penunjuk bagi semua yang ada dan yang mungkin ada. Padahal semua yang ada dan yang mungkin ada itu meliputi hati dan pikiranmu. Padahal pikiranmu dan hatimu itu berkenaan dengan dunia dan akhirat juga.

Variabel x, operator sama dengan dan bilangan satu bersama-sama berkata:
Wahai fungsi f, terimakasih atas tugas-tugas baruku itu. Tetapi sesungguhnya aku belum begitu jelas apakah tugasku secara lebih khusus?

Fungsi:
Wahai semuanya kita adalah fungsi x sama dengan satu. Jika ditulis dalam bentuk lambang maka kita adalah f(x) =1, dimana x adalah semua yang ada dan yang mungkin ada; “=” adalah kesadaranmu semua tentang yang satu; “1” adalah penunjukkan bahwa tiadalah sesuatu itu terlepas dari kehendak Nya. Maka cukup jelaslah kiranya, bahwa tiadalah di dunia dan akhirat itu terlepas dari kehendak Nya.

32 comments:

  1. Dita Nur Syarafina
    NIM. 16709251003
    PPs Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Matematika bukanlah ilmu yang terpisah dengan dunia. Dalam pandangan filsafat, matematika dapat dihubungkan dengan kehidupan manusia bahkan kehidupan manusia akan Tuhannya. Seperti halnya fungsi f(x)=1 dalam matematika menyadarkan kita bahwa fungsi dari semua yang ada dan yang mungkin ada adalah bentuk kesadaran bahwa tidak ada sesuatu yang terlepas dari satu, satu kekuatan besar yang menciptakan seluruh alam semesta. Dialah Allah SWT. Maka belajar, bersin, batuk, bercanda, berjalan, berlari, semuanya atas kehendak dan izin Allah SWT dan didedikasikan pula kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  2. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Assalamualaikum Wr.Wb
    Begitu dalam nilai yang dapat dipetik dari elegi ini. Elegi ini menyadarkan kita bahwa kita adalah fungsi f(x)=1. x meliputi segala yang ada dan yang mungkin ada. Apapun itu jika dimasukkan ke dalam fungsi tersebut akan bernilai 1. Yaitu kehendak Allah SWT. Segala apapun yang kita usahakan dan harapkan, semua kembali lagi pada ketentuanNya.
    Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  3. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Variabel x menyatakan semua yang ada dan yang mungkin ada. Sedangkan simbol = adalah kesadaran kita tentang satu. Dan 1 menandakan bahwa segala sesuatunya tidak terlepas dari kehendak Allah. Sehingga sejatinya kita adalah fungsi x sama dengan satu atau jika ditulis dalam symbol adalah f(x)=1. Segala yang ada di dunia ini hanyalah titipan, semua milik Allah dan berada di bawah kehendak Allah. Allah mengetahui segala sesuatu, baik yang tersembunyi maupun yang dinyatakan. Maka sudah selayaknya kita sebgai makhluk ciptaan Allah selalu taat kepada perintah-Nya dan senantiasa menjauhi larangannya.

    ReplyDelete
  4. Ika Nailatul Muna
    13301241050
    Pendidikan Matematika A 2013

    Elegi di atas mengajarkan kepada kita bahwa matematika memiliki arti yang luas seperti f(x)=1 yang mengartikan tiadalah di dunia dan akhirat itu terlepas dari kehendak Nya.

    ReplyDelete
  5. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    F(x)=1 merupakan simbol matematika, yg dalam filsafat dapat diuraikan hingga mencapai spiritual. Dalam filsafat f merupakan fungsi yg bertugas membeti perintah, sedangkan x merupakan variabel yang mencakup segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. = memberikan kesadaran bahwa segala yang ada dan yang mungkin ada memiliki 1 kesamaan, yaitu semua adalah ciptaan Tuhan dan tidak terlepas dari kehendakNya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  6. Martalia Ardiyaningrum
    16701269002
    PPs UNY PEP Kelas A

    Assalamu'alaikum, Wr.Wb.
    Melalui elegi ini saya memperoleh pengetahuan baru tentang fungsi f(x)=1. Filsafat dapat memasuki segala ilmu kehidupan, tidak terkecuali matematika. Melalui fungsi tersebut, filsafat memperkenalkan kehendak-Nya terhadap segala objek/subjek di dalam pikiran maupaun hati baik di dunia dan di akhirat.
    Segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada mengada atas kehendak-Nya, segala sesuatu yang terjadi di dunia dan di akhirat juga atas kehendak-Nya. Sama halnya yang disampaikan dalam fungsi f(x)=1, berapapun nilai x maka nilai fungsi f terhadap x tetap yaitu 1.

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum Wr. Wb
    Elegi menggapai fungsi f(x)=1 ini menjelaskan bahwa kita semua yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini tidak akan terlepas dari dari kehendak Allah SWT. oleh karena itu senantiasalah bersyukur dengan apa yang telah terjadi karena apa yang ada didunia ini dan akhira kelak adalah kehendak Allah SWT.
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    ReplyDelete
  8. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    Fungsi f(x)=1 tidaklah hanya ada dalam matematika, tetapi juga ada dalam kehidupan kita. x merupakan variabel dari segala sesuatu yang ada di dunia dan di akhirat, baik yang ada dan yang mungkin ada. = merupakan kesadaran kita tentang yang satu. 1 adalah penunjukan bahwa segala sesuatu itu tidaklah terlepas dari kehendak Tuhan. Artinya kita haruslah menyadari bahwa segala sesuatu yang ada di dunia an di akhirat merupakan kehendak Nya. Umur, kekayaan, kesehatan, segalanya merupakan kehendak Nya, oleh karena itu hendaklah kita berserah diri kepada Nya, hendaklah kita menyingkirkan segala kesombongan yang kita miliki karena hakekatnya apa yang kita miliki hanyalah titipan dan apabila Tuhan berkehendak maka semua itu sangatlah mudah hilang dari kita.

    ReplyDelete
  9. Afifah Nur Indah Sari
    13301244006
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Kita dapat memaknai makna f(x)=1 dengan begitu dalam. Ya, karena filsafat adalah ilmu pikir yang dibangun dari masing-masing individu. Elegi di atas menggambarkan bagaiman kita belajar filsafat. Filsafat itu adalah ilmu yang obyeknya adalah yang ada dan yang mungkin ada, maka kita perlu berpikir kritis untuk menyadari keberadaan obyek tersebut. Tetapi dalam belajar filsafat kita harus punya pegangan ilmu agama agar pikiran kita tidak putus dan terbang terlalu jauh, karena sesungguhnya apapun yang terjadi itu adalah kehendak-Nya.

    ReplyDelete
  10. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016




    Filsafat merupakan ilmu yang luar biasa. Semua bidang ilmu yang ada dikehidupan ini dapat dikaji dengan menggunakan filsafaf bahkan matematika yang abstrak sekalipun. Dengan mempelajari flsafat banyak hal yang dapat kita manfaatkan untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas kehidupan kita untuk bisa menggapai Ridho-Nya.

    ReplyDelete
  11. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Elegi diatas menggambarkan bahwa kita hidup di dunia tidak lain dan tidak bukan atas kehendak Allah SWT. Jadi jika ingin memperoleh kebahagian maka laksanakan semua aturan dan perintahnya serta meninggalkan apa yang telah dilarangnya.

    ReplyDelete
  12. Yazid Fathoni
    NIM 13301241076
    Pendidikan Matematika C 2013

    Fungsi f(x)=1 ini berlaku untuk semua hal, setiap hal yang ada di dunia ini dan di akhirat sekalipun. Dari fungsi f(x)=1 ini dengan variabel x meliputi semua yang ada dan yang mungkin ada yang akhirnya menjadi semua kehendak Allah SWT, ini dapat diartika semua hal yang ada di dunia maupun di akhirat semuanya adalah kehendak Allah SWT. Rezeki, kematian, jodoh, semua hal itu atas kehendak Allah, sehingga kita seharusnya terus beribadah memohon ridha dari Allah SWT agar memberikan yang kita butuhkan bukan yang kita inginkan.

    ReplyDelete
  13. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Di dalam f(x) = 1 terdapat empat simbol matematika yaitu f ‘fungsi’, x ‘variabel’, = ‘sama dengan’, 1 ‘angka pertamasatu’. Dalam kehidupan,fungsi f(x) = 1 dapat ditafsirkan sebagai semua yang dilakukan oleh manusia yang mencakup pikiran, perkataan, pebuatan(variabel x) harus selalu berorientasi atau sesuai dengan kehendak Tuhan YME yang adalah satu-satunya penjamin keselamatan kehidupan kita baik di dunia maupun akhirat.

    ReplyDelete
  14. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Dalam kehidupan,fungsi f(x) = 1 dapat ditafsirkan sebagai semua perbuatan manusia (sebagai salah satu pengganti variabel x) harus selalu berorientasi untuk menggapai Ridhlo dari yang 1, yaitu Sang Pencipta, Allah SWT. Secara umum, untuk menggapai Ridhlo dari Allah SWT kita harus selalu berusaha untuk melaksanakan semua perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya dengan penuh keihlasan.

    ReplyDelete
  15. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika I 2013

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Well, this is really wonderful elegy. I am really like this elegy. In my opinion, this elegy said that human should do our best to do our task for life in the world and in the hereafter. There are balance between them. After we do our best, we should give all of decision to God. There are no one that can refuse God's fate. I think that is enough. Thank you.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  16. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Elegi di atas menjelaskan makna dari variabel x merupakan segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada, ‘=’ merupakan kesadaran semua tentang yang satu, dan ‘1’ melambangkan bahwa segala sesuatu merupakan kehendak-Nya. Jadi apapun yang menjadi x merupakan kehendak Tuhan. Jadi matematika fungsi ternyata dapat digunakan sebagai pesan kehidupan. Itulah salah satu hebatnya matematika.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  17. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    F(x)=1 merupakan salah satu bentuk refleksi kita pada Tuhan. Segala ikhtiar kita itu untuk mendapatkan ridho dari Allah. Disebutkan fungsi f sebagai fungsi yang menghubungkan x terhadap “1”. X itu dapat bermacam-macam, termasuk perbuatan kita juga bermacam-macam, kemudian dihubungkan oleh fungsi f menuju “1”, artinya semua perbuatan kita ditujukan kepada 1 hal, yaitu Tuhan. Jadi semua perbuatan kita hanya ditujukan untuk memperoleh ridho Allah.

    ReplyDelete
  18. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Nah itulah satu contoh filsafat dalam matematika. Karena sesungguhnya kita ini hanya variabel-variabel yang terikat masing-masing dengan sifatnya. Tidaklah ilmu itu rusak dan kotor. Fungsi itu juga mengantarkan kita melihat makna tauhid. Dan bukan hanya fungsi saja yang mengajarkan tentang tauhid, masih banyak lagi yang bisa kita renungkan dalam matematika atau ilmu-ilmu lain sehingga bisa memantapkan iman kita bahwa segala sesuatu itu bersumber daripada-Nya.

    ReplyDelete
  19. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Elegi menggapai fungsi f(x)=1. Sebenar-benarnya fungsi filsfat (f) adalah berfikir kritis terhadap segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada (x) agar kita bisa sadar (=) betapa besar keEsaan (1) ALLAH SWT.
    Atau bisa dipahami bahwa filsafat (f) itu sebagai proses refleksi diri bahwa segala sesuatu yang kita miliki (x) harus disadari (=) bahwa kesemuanya itu hanyalah milik ALLAH SWT semata dan pada akhirnya juga akan kembali kepada ALLAH SWT (1)

    ReplyDelete
  20. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Luar biasa, dengan filsafat kita mampu mengungkapkan dan memaknai semua objek yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini. Seperti halnya dalam elegi ini, Prof. Marsigit telah mengungkapkan makna yang terkandung dalam salah satu objek matematika ke dalam kehidupan spiritual. Dalam elegy ini, fungsi f(x)=1 dianalogikan sebagai kesadaran tentang ke-Esa-an Allah SWT. x dimaknai sebagai segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada, sedangkan = bertugas untuk menyadarkan semua yang ada dan yang mungkin ada tersebut, dan 1 sebagai penunjukkan atas ke-Esa-an Tuhan. Dengan fungsi x, elegi ini mengungkapkan bahwa segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada ialah atas kehendak Allah SWT. Segala daya, upaya, kekuatan, potensi, kemampuan, dan takdir yang kita miliki merupakan atas kehendak-Nya. Segala sesuatunya itu pasti akan kembali kepada-Nya dan akan dimintai pertanggungjawaban oleh-Nya.

    ReplyDelete
  21. Bismillah
    RatihKartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016



    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh

    Bahwa dalam f(x)=1 kita bisa belajar tentang ilmu spiritual darinya. Bahwa segala sesuatunya tidak pernah bisa lepas dari genggaman dankehendak Allah. Sehingga sudah sepatutnya kita mencari Allah dulu, Allah lagi dan Allah terus dalam hidup ini.



    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  22. Areani Eka Putri
    12301249003
    Pend.Matematika

    Elegi ini menjelaskan bahwa apapun dari yang ada dan yang mungkin ada merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Sebanyak apapun yang kita miliki sesungguhnya hanyalah satu yang memiliki yaitu Sang Pencipta. F(x) = 1 Mengisyaratkan keabsolutan Sang Pencipta tehadap ciptaannya..

    ReplyDelete
  23. Cinta Adi Kusumadewi
    13301241056
    Pendidikan Matematika I 2013

    Elegi ini mengajarkan kita bahwa sebuah fungsi yang diibaratkan dengan sebuah wadah, terbuat dari apapun wadah itu, seberapa besar wadah itu, siapakah yang menggunakan wadah itu, wadah tetaplah menjadi wadah yang tidak berubah. Wadah yang berisi ilmu pengetahuan yang meliputi ada dan yang mungkin ada. Seperti manusia yang mengisi wadah hidupnya dengan berbagai ilmu pengetahuan. Namun, hal yang perlu diingat bahwa seberapapun besar wadah itu, ia akan tetap memiliki batasan ukuran. Sehingga isi wadah pun memiliki kapasitas, tidak boleh melampaui batas. Sama hanya dengan keinginan manusia yang begitu banyak milyaran keinginan yang tak pernah berujung. Tapi, semua itu dibatasi oleh kehendakNya, yang tidak seorangpun bisa menolaknya ketika datang.

    ReplyDelete
  24. Cinta Adi Kusumadewi
    13301241056
    Pendidikan Matematika I 2013

    Adanya fungsi pengingat f(x)=1 bukan lain adalah menyadarkan kita akan adanya keterlibatan Allah dalam setiap langkah kita berkehidupan. Ada campur tanganNya dan kehendakNya.

    ReplyDelete
  25. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Elegi menggapai fungsi f(x) = 1 ini mengajarkan bahwa hidup ini meliputi semua yang ada dan mungkin ada yang tidak akan terlepas dari kehendak dan ridhoNya. Ketika x meliputi semua yang ada dan yang mungkin ada, = meliputi semua kesadaran tentang yang satu dan 1 yang menunjukkan bahwa tiadalah segala sesuatu itu terlepas dari kehendakNya yang kesemuanya ini menandakan bahwa semua yang ada dan mungkin ada tidak ada yang terlepas dari genggamannya.

    ReplyDelete
  26. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Matematika bukan hanya berkaitan dengan ilmu dunia saja dan tetapi juga dengan ilmu akhirat. Didalam Al Quran juga banyak hitungan matematikanya dari yang tesirat maupun tersurat. Misalnya dalam pembagian warisan, zakat, sedekah, hitungan waktu, hitungan fisika, astronomi, biologi, malam dan siang dan masih banyak yang lainnya. Seperti f(x)=1 ini menjelaskan bahwa kita semua yang ada dan yang mungkin ada di dunia ini tidak akan terlepas dari dari kehendak Allah SWT. Allah yang Ahad, tidak ada sekutu bagi-Nya dan Allah tidak bergantung kepada sesuatu.

    ReplyDelete
  27. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Dalam kehidupan, fungsi f(x) = 1 dapat ditafsirkan sebagai semua aktivitas (amal/perbuatan) manusia (sebagai salah satu pengganti variabel x) harus selalu berorientasi untuk menggapai Ridho dari yang 1, yaitu Sang Pencipta, Allah SWT. Apapun dari yang ada dan yang mungkin ada merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa. Sebanyak apapun yang kita miliki sesungguhnya hanyalah satu yang memiliki yaitu Sang Pencipta. F(x) = 1 Mengisyaratkan keabsolutan Sang Pencipta tehadap ciptaannya.

    ReplyDelete
  28. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    fungsi dari x adalah fungsi dari keadaan yang ada dan yang mungkin ada. Yang ada adalah kenyataan dan yang mungkin ada adalah pikiran. Kenyataan di bawa ke angka yang sama dengan satu. Berarti kenyataan haruslah satu. Kenyataan itu bisa bercabang namun hakekatnya semua kenyataan itu cabang semua kebenarannya adalah satu. Yang mungkin ada adalah apa yang kita pikirkan. Jadi yang mungkin ada adalah kita sendiri yaitu kita adalah satu. Yaitu diri kita sendiri. Dan x adalah diri kita sendiri. Sehingga menuju ke kebenaran absolut yaitu Allah.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  29. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    fungsi dari x adalah fungsi dari keadaan yang ada dan yang mungkin ada. Yang ada adalah kenyataan dan yang mungkin ada adalah pikiran. Kenyataan di bawa ke angka yang sama dengan satu. Berarti kenyataan haruslah satu. Kenyataan itu bisa bercabang namun hakekatnya semua kenyataan itu cabang semua kebenarannya adalah satu. Yang mungkin ada adalah apa yang kita pikirkan. Jadi yang mungkin ada adalah kita sendiri yaitu kita adalah satu. Yaitu diri kita sendiri. Dan x adalah diri kita sendiri. Sehingga menuju ke kebenaran absolut yaitu Allah.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  30. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Menurut Freudenthal, matematika adalah suatu bentuk aktivitas manunjukkan bahwa Freundenthal tidak menempatkan matematika sebagai produk jadi, melainkan sebagai suatu bentuk aktivitas atau proses. Maka dengan demikian matematika tidak bisa dipisahkan dari dunia nyata. Banyak permasalahan-permasalahan yang ada di dalam dunia ini dapat dipecahkan dengan menggunakan model matematika. Dalam elegi f(x)=1 di atas mengggambarkan bahwa kehidupan kita di dunia ini tujuannya tidak lain tidak bukan hanya untuk menuju kepada yang satu yaitu Tuhan pencipta alam semesta, Allah SWT. Segala perbuatan, tindakan, dari hal yang besar sampai hal yang terkecil pun akan kita pertanggung jawabkan di hadapan Allah SWT. F(x) adalah fungsi yang menunjukkan perbuatan kita apakah itu perbuatan yang baik atau justru perbuatan buruk yang semuanya itu akan dimintai pertanggung jawabannya di akhirat kelak.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete
  31. NUR AZIZAH
    16709251017
    PMAT KELAS A PPS UNY 2016

    Matematika sejatinya tidak sekedar ilmu tentang keduniaan saja. Tetapi dengan matematika kita bisa membuat analogi-analogi yang dapat meningkatkan struktur spiritualitas kita. Seperti halnya fungsi f(x) =1 yang menyimbolkan bahwa yang ada dan yang mungkin ada baik di dunia maupun diakherat ini tidak bisa lepas dari semua kehendak dan kuasa Alloh. Oleh sebab itu kiranya manusia bisa merencanakan yang ada dan yang mungkin ada tapi pada akhirnya Alloh adalah sebaik-baiknya penentu yang adil.

    ReplyDelete
  32. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Lewat f(x)=1 inilah kita menyadari bahwa segala sesuatu sudah ada garisnya. Setiap yang terjadi sudah menjadi titah Sang Maha Kuasa. Segala daya, upaya, kekuatan, potensi, kemampuan, dan takdir yang kita miliki merupakan atas kehendak-Nya. Segala sesuatunya itu pasti akan kembali kepada-Nya dan akan dimintai pertanggungjawaban oleh-Nya. Tak perlulah sombong, tak perlulah jumawa.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id