Oct 11, 2011

Elegi Mengintip Seminar International Pendidikan Matematika




Ass Wr Wb

Untuk semua Mahasiswa saya S1 dan S2 baik yang sedang mempelajari Filsafat Ilmu, Psikologi Belajar Matematika, Bahasa Inggris untuk Pendidikan Matematika serta Bahasa Inggris untuk Matematika, saya persilahkan untuk mempelajari aspek pelaksanaan Seminar dan Konferensi tentang Pendidikan Matematika, yang akan diselenggarakan di Thailand, 1-6 Nopember 2011, dengan akses ke:

http://apec-lessonstudy.kku.ac.th

Untuk Posting ini, buatlah Comment, bisa tentang konferensi atau tentang Makalah yang saya presentasikan. Hanya makalah perlu di download dulu.

Untuk download makalah, maka menuju ke halaman 2 dengan klik NEXT dibagian bawah halaman pertama. Kemudian dibagian bawah halaman 2, klik Document DOWNLOAD.

Demikian semoga setiap hal mampu menyerdaskan hati dan pikiran kita. Amin

NB:
Berikut saya nukilkan saran dari

'Afifatul Muslikhah 11709251005 P Mat B

Sekedar ingin memudahkan akses makalah Pak, agar teman2 tidak mengalami kesulitasn seperti yang saya alami, yaitu kesulitan mencari makalah Bapak. Oleh karena itu saya ingin share link makalah Bapak, coba

http://apec-lessonstudy.kku.ac.th/upload/paper%20apec/Marsigit.pdf

Saya tambahkan jika ingin melihat makalah yang lain berarti bisa akses ke:


http://apec-lessonstudy.kku.ac.th/upload/paper%20apec


Terimakasih mbak Afifatul Salikhah






Marsigit

15 comments:

  1. Nira Arsoetar
    16709251018
    PPS UNY Pendidikan Matematika
    Kelas A

    Dalam makalah disebutkan bahwa guru SMK mengalami kesulitan dalam mengembangkan textbook, padahal melalui textbook siswa dapat terbantu dalam hal pemecahan masalah. Sesuai dengan solusi yang disebutkan bahwa salah satu alternatif dalam mengatasi masalah pembelajaran matemtaika adalah dengan menggunakan pendekatan pemecahan masalah. Sehingga inovasi guru dalam hal pengembangan textbook diperlukan guna menunjang terlaksannaya pendidikan yang bermutu.

    ReplyDelete
  2. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    The ideal program for providing the needs of the books containing problem solving approach is crucial policies to improve the quality of teaching learning processes.

    The teachers need to plan the scenario of teaching, plan students activities, plan teachers’ roles, distribute the assignments, develop assessment methods, and monitor the progress of students. By developing teaching materials teachers could encourage the students to do problem solving more efficiently. And, the students suggested that have their right to select and by their own books without intervention by other, the teacher or the school.

    Problem solving activities that developed by teacher more effectively encourage the student to make good atmosphere learning, have to need: 1) Implement various teaching methods and teaching learning resources, 2) Giving the chances for their students to perform their initiatives, 3) Promote cooperative learning, 4) Support the students to be the active learner.

    ReplyDelete
  3. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Berdasarkan makalah tersebut hal yang yang dipahami adalah bagaimana sebuah pembelajaran membutuhkan buku. Selain itu bagaiamana cara guru tersebut mengembangkan pembelajaran dengan buku sehingga dapat membantu proses pemecahan masalah yang akan dilakukan oleh siswa. Buku sendiri berfungsi sarana kepastian tentang apa yang dipelajari, alat kontrol untuk mengetahui seberapa banyak dan seberapa jauh ia menguasai materi pelajaran, sebagai alat belajar untuk dapat menemukan petunjuk, teori, konsep, dan bahan-bahan latihan atau evaluasi.

    ReplyDelete
  4. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Dalam peroses belajar mengajar disekolah, akan lebih efektif jika siswa memiliki panduan atau buku pedoman untuk mereka baca atau pelajari. Sehingga siswa akan terbantu dalam belajar sendiri atau sesama temannya dan juga sangat membantu guru karena dengan adanya buku maka akan membantu mengefesienkan waktu dalam proses pembelajaran. Namun pada kenyataannya beberapa sekolah belum memberikan fasilitas tersebut pada siswa dikarenakan banyak faktor.

    ReplyDelete
  5. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika I 2013

    Assalamualaikum Wr.Wb.
    In my opinion, mathematics has always the best way to solve the problem. Well, mathematics problem solving is the best way to solve mathematics problem. From mathematics problem solving, we can think criticaly, creatively, actively, etc. Memorize and understand are different way. Understand is greater than memorize. If we can understand the proble, then we can find the solution for that problem. Just like in mathemtics. mathematics problem solving is alsi like that. Isn't it? I think that is enough. Thank you.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  6. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Terimakasih sebelumnya atas makalah internasioanl yang telah Bapak bagikan. Semoga dapat kami manfaatkan menambah ilmu dalam bidang pendidikan. Makalah tersebut membahas tentang simulasi pembelajaran menggunakan textbook matematika yang berdasarkan pemecahan masalah di SMK Indonesia. Pemecahan masalah dalam matematika sangat perlu dilatih dalam diri siswa. Sehingga kedepannya para siswa dapat mengaplikasikan kemampuan mereka dalam memajukan kualitas bangsa.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  7. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Pembelajaran yang baik itu sebaiknya menggunakan bahan ajar, salah satunya adalah buku teks pembelajaran. Anak-anak memiliki kecenderungan gaya belajar yang visual, jadi contoh-contoh dalam buku tes pelajaran terutama dalam matematika haruslah dibuat menarik sehingga siswa menjadi termotivasi untuk belajar. Bukan hanya itu kemampuan tersebut dapat memancig imajinasi siswa dalam membayangkan konsep matematika yang abstrak.

    ReplyDelete
  8. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    According the article, i`m very-very agree that In order to motivate the students, a textbook should have a good lay out, supporting references, clear cognitive scheme, clear applications of mathematics, examples of daily life, and history of mathematics. Further a textbook should facilitate all students without any exceptionally. It should be used by the students both individually or collaboratively. And furthermore a textbook should provide: (1) trial and error schema, (2) activities of making diagrams, (3) activities of manipulating the tables, (4) finding the pattern, (5) breaking down the goal, and (6) considering possibilities. All of them aimed to solving problem in Vocational Senior High School Mathematics Teaching in Indonesia

    ReplyDelete
  9. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Dalam pembelajaran siswa sendiri yang membangun pengetahuannya sendiri. Siswa dapat belajar melalui apa yang dilihat, dirasakan, disentuh dan lain sebagainya. Oleh karena itu diperlukan media yang tepat yang digunakan dalam belajar. Buku, bahan ajar, modul adalah salah satu panduan penting dalam belajar. Oleh karena itu mengembangkan buku yang dapat memfasilitasi siswa dalam membangun pengetahuannya adalah hal yang penting. Dengan buku siswa tidak hanya dapat belajar dikelas melainkan dapat juga belajar dimanapun berada. Sehingga hal ini akan memberikan pengalaman siswa yang lebih dalam belajarnya.

    ReplyDelete
  10. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Buku teks merupakan salah satu sarana dan prasarana yang penting dalam upaya meningkatkan kualitas dan hasil belajar para peserta didik. Menyediakan buku ajar yang berkualitas yang dibuat oleh guru akan memudahkan peserta didik dalam memahami apa yang akan dipelajari. Karena guru adalah pihak yang paling mengetahui apa yang dibutuhkan oleh peserta didiknya. Sehingga diperlukan kreativitas dan dimintakan kepada para guru agar dapat berlatih untuk menulis buku yang baik guna menunjang kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  11. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Dalam Makalah tersebut membahas tentang simulasi pembelajaran menggunakan textbook matematika yang berdasarkan pemecahan masalah di SMK Indonesia. didunia pendidikan SMK banyak pendidik yang mengalami kesulitan ketika dihadapkan dengan penggunaan textbook padahal Pemecahan masalah dalam matematika sangat perlu dilatih dalam diri siswa dan salah satu caranya dengan penggunaan textbook dengan baik. Sehingga kedepannya para siswa dapat mengaplikasikan kemampuan mereka dalam memajukan kualitas pendidikan di negara dewasa ini.

    ReplyDelete
  12. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Makalah yang disampaikan dalam seminar tersebut membahas tentang simulasi simulasi pembelajaran menggunakan textbook matematika yang berdasarkan pemecahan masalah di SMK. Pembahasan tersebut didasari oleh alasan bahwa tidak ada satu sumber belajar yang sempurna dan baik yang dapat digunakan untuk semuanya. Maka dari itu, penyediaan buku sebagai sumber belajar merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan oleh guru. Hal ini karena gurulah yang benar-benar mengetahui kebutuhan dan karakteristik siswa, sedangkan buku yang beredar di pasaran belum tentu sesuai dengan karakteristik siswa dan kebutuhan siswa. Maka hal ini juga memberikan implikasi bahwa seharusnya siswa diberikan kebebasan dalam memilih buku yang akan digunakan sesuai dengan kebutuhannya sendiri. Namun, kenyataannya untuk membuat buku tidaklah mudah. Diperlukan keterampilan guru dalam menulis buku, pengetahuan guru tentang materi, pengetahuan guru tentang karakteristik siswa, dan masih banyak lagi.

    ReplyDelete
  13. Erlinda Rahma Dewi
    16709251006
    S2 PPs Pendidikan Matematika A 2016

    Pemecahan masalah berbasis teksbook matematika di Sekolah Menengah Kejuruan di Indonesia dapat dikembangkan menurut ciri-ciri yang disarankan oleh Polya yaitu :1) trial and eror; 2) membuat diagram; 3)mencoba untuk kasus sederhana; 4)membuat tabel; 5)menemukan pola; 6) memecah tujuan; 7) memikirkan kemungkinan-kemungkinan; 8) berpikir logis; 9) berpikir dari belakang; 10) mengidentifikasi yang tidak mungkin.

    ReplyDelete
  14. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Para guru dalam rangka untuk mempromosikan kegiatan pemecahan masalah secara lebih efektif, mereka diharapkan untuk membuat suasana yang baik dalam kegiatan belajar mengajar, melaksanakan berbagai metode pengajaran dan sumber daya pembelajaran, memberikan kesempatan bagi siswa untuk melakukan inisiatif mereka, mempromosikan pembelajaran kooperatif, dan mendukung siswa untuk menjadi siswa yang aktif. Menyediakan buku-buku adalah salah satu kebijakan penting untuk meningkatkan kualitas proses belajar mengajar. Penyediaan kebutuhan buku-buku yang berisi pendekatan pemecahan masalah seharusnya tidak oleh satu lembaga, tapi membiarkan sekolah untuk memilih kebutuhan mereka sendiri sehingga siswa memiliki hak mereka untuk memilih buku mereka sendiri. Banyak guru yang belum bisa menghasilkan buku teks sendiri karena kurangnya keterampilan menulis dan menghasilkan kualitas yang baik berisi pendekatan pemecahan masalah.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  15. Aprisal
    16709251019
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Assalamu alaikum

    Matematika merupakan alat untuk memberikan cara berpikir, menyusun pemikiran yang jelas, tepat, dan teliti. Tentunya dalam mengajarkan matematika di Sekolah Dasar tidak semudah dengan apa yang kita bayangkan, selain siswa yang pola pikirnya masih pada fase operasional konkret, juga kemampuan siswa juga sangat beragam. Pengalaman akan benda-benda kongkrit yang dimiliki anak sangat membantu dalam mendasari pemahaman konsep-konsep yang abstrak. Matematika di sekolah adalah adalah lebih mengarah sebagai suatu aktivitas sosial, bukanlah matematika formal seperti matematika bagi orang dewasa. Selain itu, pembelajaran matematika SD, diharapkan terjadi penemuan kembali (reinvention). Penemuan kembali adalah menemukan suatu cara penyelesaian secara informal dalam pembelajaran di kelas. Selanjutnya dalam pembelajaran matematika harus terdapat keterkaitan antara pengalaman belajar siswa sebelumnya dengan konsep yang akan diajarkan. Sehingga diharapkan pembelajaran yang terjadi merupakan pembelajaran menjadi lebih bermakna, siswa tidak hanya belajar untuk mengetahui sesuatu, tetapi juga belajar, belajar menjiwai, dan belajar bagaimana seharusnya belajar, serta bagaimana bersosialisasi dengan sesama temannya.

    Waalaikum salam wr.wb

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id