Oct 7, 2013

Akuntabilitas dan Sustainabilitas Pendidikan




Dear all,

Following is the discussion on Accountability and Sustainability of Education:

http://www.linkedin.com/groupAnswers?viewQuestionAndAnswers=&discussionID=264733390&gid=69765&commentID=159190220&trk=view_disc&fromEmail=&ut=3YUJLRKTSUfBY1

Thanks

Marsigit

58 comments:

  1. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Akuntabilitas adalah apa atau bagaimana seorang bisa dipercaya, seberapa jauh seorang dipercaya. Sustainabilitas dapat diartikan sebagai keberlangsungan secara terus menerus. Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan sangat penting dalam mengembangkan profesionalitas dalam pendidikan. Dengan didukung oleh berbagai pihak diantaranya pendidik, supervisor, dan segala komponen yang ada bergerak dalam hal pendidikan. Agar menjadi pendidikan yang mempunyai akuntabilitas dan sustainabilitas yang baik, semua komponen di dalamnya harus peka dengan perkembangan teknologi dan harus menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang ada sekarang ini.

    ReplyDelete
  2. Lana Sugiarti
    16709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan sangat diperlukan dalam pendidikan. Hal ini perlu didukung oleh berbagai pihak yang bergerak dalam hal pendidikan. Berbagai pihak dalam pendidikan tersebut dapat menjaga akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan. Oleh karena itu kerjasama yang baik dari semua pihak dalam pendidikan di Indonesia sangat diperlukan untuk dapat menyelenggarakan sistem pendidikan di Indonesia agar dapat mengembangkan profesionalitasnya. Akuntabilitas penting dan diperlukan oleh setiap pendidik agar peserta didiknya dapat berkembang dan belajar dengan baik. Sedangkan dalam melaksanakannya hendaknya mempunyai sustainabilitas agar semua pendidikan yang dijalankan dapat berjalan dengan maksimal.

    ReplyDelete
  3. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Akuntabilitas pendidikan berarti seberapa besar kepercayaan yang dapat diperoleh suatu institusi pendidikan dari masyarakat. Hal ini berhubungan dengan kualitas pendidikan yang dihasilkan. Jika institusi pendidikan ingin memperoleh kepercayaan tinggi dari masyarakat maka harus meningkatkan kualitasnya. Kemudian sustainbilitas merupakan eksistensi, atau bagaimana cara sebuah institusi pendidikan tersebut mempertahankan keberadaannya. Bagaimana agar tetap eksis dan dipercaya oleh masyarakat. Karena itu, akuntabilitas dan sustainabilitas sangatlah penting dimiliki tak terkecuali seorang guru pun. Hal ini berkaitan dengan konsep Ada, Mengada, dan Pengada. Segala yang ada dan yang mungkin ada disebut Ada jika dapat Mengada, yakni menghasilkan sebuah karya dan menunjukkan eksistensinya. Ketika dia telah Mengada, maka dia baru disebut sebagai Pengada.

    ReplyDelete
  4. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    PPs. P.Mat C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Akuntabilitas dan sustainabilitas merupakan 2 komponen penting dalam pendidikan. Akuntabilitas terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan di suatu institusi. Sedangkan sustainabilitas adalah upaya mempertahankan keberadaannya agar tetap eksis. Dalam pendidikan eksistensi dan kepercayaan sangatlah penting baik bagi pendidik maupun institusi yang mengindikasikan kepiawaiannya/keprofesionalitasnya, serta kualitas pendidikannya. Semakin tinggi tingkat akuntabilitas dan sustainabilitasnya, maka semakin tinggi pula daya minat masyarakat. Jadi, untuk mewujudkan itu semua butuh kerjasama yang baik dari semua pihak.

    ReplyDelete
  5. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Akuntabilitas yang berarti apa dan bagaimana, sejauh mana seseorang bisa dipercaya. Sedangkan sustainbilitas sebagai kelangsungan secara terus menerus. Sebagai calon pendidik dan pendidik sebaiknya menjadi seorang pendidik yang akuntabel, dimana pendidik mempertanggungjawabkan dari apa yang dilakukannya dalam proses belajar mengajar kepada siswa. Apakah akuntabel dalam mengajar dilaksanakan secara kontinu yang berarti sustainabilitas. Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan artinya semua yang bersangkutan harus bertanggung jawab apa yang dilakukan dalam kontribusinya secara terus menerus.

    ReplyDelete
  6. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Akuntabilitas dan sustainabilitas dapat terwujud dengan upaya guru selalu berkembang bersama perkembangan zaman, guru selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran sehingga nantinya muncul kepercayaan terhadap lembaga ajar, dimana kepercayaan tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan dari segi dimana pendidikan dapat dipercaya kualitasnya.

    ReplyDelete
  7. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Akuntabilitas adalah apa atau bagaimana seorang bisa dipercaya, seberapa jauh seorang dipercaya. Dan setiap orang selalu dipertanyakan, dapat dipercaya atau tidak. Semua yang ada dan yang mungkin ada dapat dipertanyakan akuntabilitasnya, bahkan sampai kita meninggal dunia akan tetap dipertanyakan akuntabilitasnya. Sustainabilitas dapat diartikan sebagai keberlangsungan secara terus menerus.Agar menjadi guru yang mempunyai akuntabilitas dan sustainabilitas yang baik, guru harus peka dengan perkembangan teknologi, guru harus peka dengan perkembangan siswa, seorang guru harus menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang ada sekarang ini. Bahkan, seorang guru yang notabene telah mengenyam pendidikan tinggi, tetap harus belajar, meningkatkan kemampuan mengajarnya, mereferensi dari pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain, belajar dari kehidupan

    ReplyDelete
  8. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Akuntabilitas adalah sebuah pertanggungjawaban sedangkan sustainabilitis adalah pembangunan secara berkelanjutan. Akuntabilitas dan sustainabilitas sangat diperlukan pada bidang pendidikan. Pendidikan tanpa pertanggungjawaban dari pemerintah dan semua pihak yang terlibat bagaimana bisa berkembang. Karena pendidikan menjadi titik tolak bagi suatu negara dalam menilai negara lain. Jadi kualitas pendidikan Indonesia menjadi tolak ukur kemajuan negara ini. Selanjutnya, pendidikan tanpa pembangunan bagaimana bisa maju. Sehingga keduanya harus dilakukan untuk pendidikan ini.

    ReplyDelete
  9. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Akuntabilitas berarti dapat dipercaya, sedangkan sustainabilitas bersifat dilakukan berulang-ulang dan berkelanjutan. Maka dari itu siswa dalam proses pembelajarannya tidaklah terikat oleh ruang dan waktu. Agar menjadi guru yang mempunyai akuntabilitas dan sustainabilitas yang baik, guru harus peka dengan perkembangan teknologi, guru harus peka dengan karakter dan perkembangan siswa, seorang guru harus mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan yang ada sekarang ini.

    ReplyDelete
  10. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Pendidikan harus bisa dijaga kepercayaannya agar masyarakat lebih semangat dan memiliki kesadaran tinggi dalam hal pendidikan. Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan tindakan yang kongkrit untuk mewujudkan hal tersebut. Baik dari sistem yang dapat dipercaya maupun tenaga pendidik yang berkompeten di bidangnya. Selain itu, pendidikan itu harus bisa dilaksanakan secara berkesinambungan. Mengapa? Karena ilmu bidang lain bersumber dari pendidikan. Dengan pembekalan ilmu yang memdai dari pendidikan formal maupun informal, maka ilmu – ilmu yang belum tampak menjadi terlihat dan dapat digunakan aplikasinya.

    ReplyDelete
  11. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Akuntabilitas pendidikan berartiseberapa besar kepercayaan yang didapat oleh suatu institusi pendidikan dari masyarakat. Hal tersebut erat hubungannya dengan kualitas pendidikan yang dihasilkan oleh suatu institusi pendidikan. Jika institusi pendidikan ngin mendapatkan kepercayaan yang tinggi dari masyarakat maka institusi itu harus berusaha untuk meninkatkan kualitas yang ada didalamnya. Sustainbilitas adalah eksistensi, cara yang dilakukan institusi pendidikan untuk tetap mempertahankan keberadaannya agar tetap mendapatkan kepercayaan dari masyarakat. Maka akuntabilitas dan sustainbilitas memang sangatlah dibutuhkan dan penting untuk institusi pendidikan, begitu pun untuk para orang.

    ReplyDelete
  12. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Akuntabilitas adalah seberapa jauh seorang dipercaya. Dan setiap orang selalu dipertanyakan, dapat dipercaya atau tidak. Sustainabilitas dapat diartikan sebagai keberlangsungan secara terus menerus. Agar menjadi guru yang mempunyai akuntabilitas dan sustainabilitas yang baik, guru harus peka dengan perkembangan teknologi, guru harus peka dengan perkembangan siswa, seorang guru harus menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang ada sekarang ini. Seorang guru tetap harus belajar, meningkatkan kemampuan mengajarnya, mereferensi dari pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain, belajar dari kehidupan.

    ReplyDelete
  13. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Akuntabilitas dan suistainabilitas pendidikan berkaitan dengan sejauh mana pendidikan itu dapat dipercaya dan kelanjutannya. Sistem pendidikan yang akuntabel dapat dilihat dari sejauh mana sistem yang diterapkan dipercaya dapat mencapai tujuan pendidikan yang seharusnya, dan bagaimana sistem pendidikan itu peka melihat perkembangan zaman dan kebutuhan pendidikan, sehingga menerapkan program-program pendidikan yang mampu meningkatkan tingkat keberhasilan di bidang pendidikan. Disisi lain dibutuhkan semua pihak agar mampu mendukung pendidikan yang akuntabel.

    ReplyDelete
  14. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPSMAT D 2016
    Akuntabilitas pendidikan juga perlu bersifat timbal-balik. Setiap elemen dalam sistem memiliki beban dan bentuk tanggung jawab yang berbeda terhadap elemen lain. Bukan hanya siswa yang bertanggung jawab memastikan dirinya memuaskan keinginan pemerintah, namun seluruh elemen secara berimbang ditentukan dan dituntut memenuhi akuntabilitasnya.

    ReplyDelete
  15. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Begitu banyak alat akuntabilitas pendidikan yang dapat digunakan dalam sistem keseluruhan yang lebih berimbang. School Quality Reviews, misalnya, digunakan di Inggris dan Selandia Baru. Dalam SQR, penilai profesional melakukan evaluasi sekolah secara mendalam setiap 4-5 tahun. Hasilnya berupa laporan dan rekomendasi perbaikan. Sekolah yang memerlukan bantuan khusus akan dievaluasi secara lebih intensif. Alat akuntabilitas lain adalah Classroom Evidence of Learning. Model ini mengevaluasi sekolah berdasar hasil karya nyata siswa, misal proyek riset, presentasi oral, karya esei, serta pemecahan masalah dalam situasi nyata. Kemampuan kognitif tingkat tinggi serta pembelajaran mendalam akan mampu tercandra dengan alat ini.

    ReplyDelete
  16. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Akuntabilitas baerati dapat dipercaya alias amanah, semantara sustainabilitas berarti berkesinambungan. Dalam pendidikan kedua istilah ini sangat penting untuk diterapkan dan dilaksanakan. Dalam dunia Pendidikan, maka harus bisa dijaga akuntabilitasnya agar masyarakat lebih semangat dan memiliki kesadaran tinggi dalam hal pendidikan. Selain itu, pendidikan itu harus bisa dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga suatu keilmuan dapat menjadi lebih terfokus.
    Kerja sama yang baik antara komponen-komponen pendidikan tersebut dapat menjaga akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan. Oleh karena itu pentingnya kerjasama yang baik dari semua komponen pendidikan di Indonesia dalam menyelenggarakan sistem pendidikan di Indonesia agar dapat mengembangkan profesionalitas setiap komponennya.

    ReplyDelete
  17. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Akuntabilitas berhubungan dengan kepercayaan sedangkan sustainabilitas berarti berkelanjutan. Segala sesuatu yang ada dan yang mungkin ada dapat dipertanyakan akuntabilitasnya. Akuntabilitas dan sustainabilitas dalam pendidikan sangat penting. Proses belajar baik siswa maupun guru harus terus terjadi. Karena ilmu pengetahuan di dunia ini tidak akan pernah habis.

    ReplyDelete
  18. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari bacaan di atas bahwa seorang guru harus lebih memperhatikan dan mengerti tentang perkembangan anak. Sehingga dalam proses pembelajarannya akan sesuai dengan tahap perkembangan si anak. Matematika dewasa lebih abstrak sehingga sulit dimengerti, inilah alasan mengapa matematika dewasa tidak cocok untuk anak-anak.

    ReplyDelete
  19. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pendidikan haruslah akuntabel dan terus (sustain). Penting untuk menjaga kedua hal tersebut dari pendidikan. Karena kedua hal itulah Pendidikan menjadi hal yang diprioritaskan sampai saat ini. Ketika hilang satu sifat diantara dua itu maka akan terjadi hal yang tidak mengenakan.

    ReplyDelete
  20. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Akuntabilitas adalah sejauh mana sesuatu hal itu dapat dipercaya dan sustainabilitas adalah bagaimana sesuatu hal mempertahannya keeksistensiannya. Akuntabilitas dan sustainabilitas suatu institusi pendidikan haruslah ada. Institusi pendidikan yang mempunyai akuntabilitas tentunya dapat dipercaya mencetak lulusan-lulusan yang berkualitas. Jika suatu institusi pendidikan sudah akuntabel/dapat dipercaya maka secara otomatis institusi tersebut sustainabel/tidak diragukan lagi keeksistensiannya.

    ReplyDelete
  21. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Penentu bergeraknya proses pembelajaran yang efektif ddisekolah yaitu guru. Namun pada kenyataannya masih banyak guru yang bisa dikatakan belum akuntable dalam menjalankan tugasnya sebagai guru. Sudah cukup jelas, bahwa kewajiban seorang guru bukanlah mengajar saja, lebih dari itu guru berperan dalam membantu siswa membangun pengetahuannya sendiri, membantu siswa daam pembentukan karakter.

    ReplyDelete
  22. Penyelengaraan pendidikan harus berjalan secara akuntabel dan sustain. Akuntabel berarti dapat dipercaya. Segala kegiatan yang dilaksanakan dalam pendidikan dapat dipertangungjawabkan. Mulai dari pengetahuan yang diajarkan, proses pembelajaran, dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan. Dan penyelenggaraan pendidikan terjadi secara terus menerus. Terus menerus untuk meningkatkan kualitasnya.

    ReplyDelete
  23. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pendidikan memang sudah seharusnya untuk bersifat akuntabel dan sustain. Karena melalui pendidikanlah dibentuk karakter-karakter untuk masa depan peserta didik dan juga untuk bangsa dan negara. Dengan mempertahankan kedua sifat tersebut, maka dapat membuat sistem pendidikan yang bagus karena ada tujuan yang dipertahankan.

    ReplyDelete
  24. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam pendidikan akuntabel artinya bahwa pendidikan harus dapat dipercaya untuk dapat mengembangkan karakter dan potensi peserta didiknya. Sedangkan sustain dalam pendidikan artinya bahwa pendidikan terjadi secara terus menerus, karena sesungguhnya pengetahuan dapat diperoleh kapanpun dimanapun dan dengan siapapun.

    ReplyDelete
  25. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pendidikan merupakan suatu hal penting dalam suatu negara. Munculnya generasi-generasi baru hendaknya disiapkan dengan bekal yang baik, yaitu dengan pendidikan. Maka dari itu perlu pelaksanaan pendidikan yang berkelanjutan, karena menyiapkan suatu generasi bukan hal yang didapatkan secara cepat dan langsung, namun membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu sustainabilitas pendidikan sangatlah diperlukan

    ReplyDelete
  26. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    akuntabilitas merupakan sebuah kepercayaan, sedangkan sustanbilitan bisa diartika berkelanjutan. dalam pendidikan perlu adanya akuntabilitas dan sustanbilitas, sebagai contoh ketika guru mengajar siswa harus meiliki kepercayaan terhadap guru yang mengajar sehingga siswa benar benar menghargai guru dan memahami materi, namun ketika kepercayaan itu sudah tidak ada maka siswa akan tidak peduli dengan apa yang dijelaskan oleh guru. demi menggapai tujuan pendidikan maka perlu adanya akuntabilitas dan sustanbilitas.

    ReplyDelete
  27. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    akuntabilitas dan sustanbilitas pendidikan sangat diperlukan. pendidikan perlu dipercaya sebagai usaha untuk mencerdaskan generasi muda, dan pembangunan pendidikan dilakukan dengan berkelanjutan karena perkemabangan pendidikan itu berlangsung terus menerus sehingga perbaikan nya pun juga harus berkelanjutan.

    ReplyDelete
  28. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pendidikan juga memerlukan kualitas yang baik. Mulai dari kurikulum, pelaku pendidikan, kesiapan dalam menyelenggarakan pendidikan, hingga keadaan lingkungan yang mendukung terselenggaranya pendidikan. Semua itu akan berjalan baik apabila terdapat kepercayaan satu sama lain. Hal ini dimulai dari kebijakan pendidikan yang dikeluarkan oleh stake holder yang bersangkutan, yang mana diharapkan terjadinya pendidikan yang akuntabel

    ReplyDelete
  29. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Sayangnya halaman tautan yang bapak sertakan dalam tulisan ini sudah tidak ada. Namun, saya memiliki sedikit komentar tentang akuntabilitas dan sustainabilitas. Akuntabilitas sering memiliki sinonim dengan dapat dipertanggungjawabkan. Sedangkan sustainabilitas memiliki sinonim dengan keberlangsungan. Sehingga akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan dapat diartikan sebagai, bahasan yang membahas tentang dapat dipertanggungjawabkan dan keberlangsungan pendidikan. Pendidikan harus bisa dipertanggungjawabkan. Apabila tidak demikian, prosesnya akan jadi main-main. Karena hasilnya tidak dipertanggungjawabkan. Sedangkan pendidikan juga harus sustainabilitas, artinya harus berlanjut sampai tutup usia. Karena kehidupan berdinamika, zaman selalu berubah. Apabila tidak belajar melalui pendidikan, maka jadi fakirlah ia.

    ReplyDelete
  30. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014


    Dua komponen penting dalam dunia pendidikan adalah akuntabilitas dan sustainbilitas. Akuntabilitas berkaitan dengan kepercayaan masyarakat terhadap suatu institusi pendidikan. Sedangkan sustainbilitas berkaitan keberlangsungan suatu institusi tersebut. Seorang pendidik haruslah memiliki akuntabilitas, agar peserta didik dapat berkembang dengan baik dan tujuan dari pembelajaran tercapai.

    ReplyDelete
  31. Tahtalia
    14301241031
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Akuntabilitas artinya dapat dipercaya, sementara sustainabilitas artinya berkesinambungan. Pendidikan harusnya bisa dijaga akuntabilitasnya agar masyarakat lebih semangat dan memiliki kesadaran yang tinggi akan pendidikan. Selain itu, pendidikan juga harus dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga proses dalam memperoleh pengetahuan terus berjalan. Hal tersebut akan menjadikan pendidikan dapat benar-benar berfungsi dalam melahirkan generasi muda yang memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan yang baik.

    ReplyDelete
  32. Tahtalia
    14301241031
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan sangat penting dalam mengembangkan profesionalitas. Hal tersebut dikarenakan untuk menjaga akuntabilitas dan sustainabilitas diperlukan dukungan dari berbagai pihak diantaranya pendidik, supervisor, dan segala komponen yang bergerak dalam bidang pendidikan.

    ReplyDelete
  33. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. akuntabilitas pendidikan dilakukan agar tercipta kepercayaan publik terhadap sekolah. Kepercayaan publik yang tinggi akan sekolah dapat mendorong partisipasi yang lebih tinggi pula terdapat pengelolaan manajemen sekolah. Tujuan utama akuntabilitas adalah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja sekolah sebagai salah satu syarat untuk terciptanya sekolah yang baik dan terpercaya. Akuntabilitas bermanfaat untuk menilai kinerja sekolah dan kepuasaan publik terhadap pelayanan pendidikan yang diselenggarakan oleh sekolah, untuk mengikutsertakan publik dalam pengawasan pelayanan pendidikan dan untuk mempertanggungjawabkan komitmen pelayanan pendidikan kepada publik.

    ReplyDelete
  34. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Akuntabilitas berarti dapat dipercaya dan dapat dipertanggungjawabkan. Sementara itu, sustainabilitas berarti dapat dipertahankan, terus menerus. Pendidikan harus bersifat sustain dan akutabel. Artinya, pendidikan harus berlangsung secara terus menerus, dapat dipercaya, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat umum.

    ReplyDelete
  35. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Siswa yang merasa senang dalam pembelejaran karena mereka diberi kesempatan untuk bereksplorasi. Pada gambar tersebut terlihat orang tua ataupun guru lain yang ikut melihat jalannya pembelajaran. Guru yang akuntabel atau guru yang dapat dipercaya, tidak akan malu ketika pembelajarannya dilihat bahkan dinilai oleh orang lain karena dengan pembelajarannya dilihat oleh orang lain, terutama praktisi, malah akan dapat dinilai bagaimana akuntabilitas pembelajarannya dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru yang dapat dipercaya akan mengajar sesuai dengan porsinya, tidak berlebih dan juga tidak kurang, memberikan kesempatan kepada siswanya, dan membuat siswa senang, paham, serta menguasia life skill dan materi pelajaran.

    ReplyDelete
  36. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada perkuliahan etnomatematika yang saya ikuti yang diampu oleh Bapak Marsigit, seringkali membahas tentang akuntabilitas dan sustainabilitas. Akuntabilitas berarti dapat dipercaya, dan sustainabilitas berarti terus atau mungkin dapat diartikan istiqomah. Segala sesuatu harus akuntabilitas dan sustainabilitas agar dapat menghasilkan sesuatu yang baik, maka begitu pula dengan pendidikan, harus dapat dipercaya dan terus agar pendidikan tersebut dapat melahirkan generasi-generasi yang hebat.

    ReplyDelete
  37. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Akuntabilitas dan sustainabalitas merupakan dua hal yang harus dijaga mengingat keduanya merupakan hal yang penting bagi pendidikan. Baayangkan saja jika pendidikan kehilangan salah satu diantara kedua itu. Kalau pendidikan tidak sustain maka yang terjadi bertentangan dengan pendidikan sepanjang hayat. Jika pendidikan tidak akuntabel maka pertanyaannya untuk apa pendidikan diselenggarakan. Untuk itu keduanya haruslah dijaga agar pendidikan tak kehilangan jatidirinya.

    ReplyDelete
  38. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Akuntabilitas yaitu bagaimana pendidikan tersebut dapat dipercaya. untuk menjaga bahwa pendidikan bersifat akuntabilitas bermuara pada faktor bagaimana guru memberikan pengajarannya didalam kelas, guru yang akuntabel atau dapat dipercaya menjadikan pembelajaran bermakna sehingga pendidikan menjadi akuntabel.

    ReplyDelete
  39. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pendiidkan yang bersifat akuntabilitas akan menjadikan pendidikan tersebut menjadi lebih baik dan terus berkelanjutan. Proses pendidikan yang saling berkesinambungan tersebut dinamakan dengan pendidikan ynag sustainabel. Pendidikan yang sustainabel memberikan pandangan bahwa pendidikan merupakan suatu proses belajar tanpa henti atau sepanjang hayat.

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Elli susilawati
    16709251073
    Pmat D

    Tujuan akuntabilitas pendidikan adalah agar terciptanya kepercayaan publik terhadap sekolah. Kepercayaan publik yang tinggi akan sekolah dapat mendorong partisipasi yang lebih tinggi pula terdapat pengelolaan manajemen sekolah. Sekolah akan dianggap sebagai agen bahkan sumber perubahan masyarakat.

    ReplyDelete
  42. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pendidikan yang dapat berlangsung secara baik melibatkan banyak orang dan instansi. Masing-masing dari elemen ini harus bekerja secara jujur dan maksimal sehingga menumbuhkan rasa saling percaya. Jika sudah saling percaya maka bisa bekerja sama mencapai tujuan awal untuk memajukan pendidikan Indonseia.

    ReplyDelete
  43. S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Akuntabilitas dan sustainabilitas dalam pendidikan mempunyai peranan penting. Akuntabilitas didasari oleh rasa saling percaya antar elemnen pendidikan. Sedangkan sustainabilitas artinya setelah berjalanannya suatu program maka harus terus berkelanjutan sehingga menghasilkan output yang terus meningkat.

    ReplyDelete
  44. S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada saat perkuliahan etnomatematika, Bapak Prof. Marsigit mencontohkan apa itu yang dinamakan akuntabilitas. Beliau menelpon istrinya, dan bertanya apa yang sedang dilakukan istrinya. Dan Prof. Marsigit juga memberitahukan kegiatan yang sedang dilakukan saat itu yaitu sedang berada di kelas mengampu perkuliahan etnomatematika. Komunikasi jujur adalah salah satu ciri dari apa itu akuntabilitas. Tidak melebih-lebihkan dan tidak mengurangi, tapi apa adanya dikatakan.

    ReplyDelete
  45. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pendidikan yang memiliki akuntabilitas dan sustainabilitas sangat diperlukan dalam pendidikan. Karena dengan adanya akuntabilitas maka pendidikan akan mudah untuk segera dievaluasi untuk menjadi pendidikan yang lebih baik. Dan sustaibilitas itu sangat perlu, sehingga perlu kerjasama dari segala elemen pendidikan bahkan masyarakat untuk mendukuk kesustainannya dalam hal agar ilmunya terus dapat digunakan dimana saja, dan siswa dapat mengeksplor sendiri pengetahuannya sehingga menjadi pengetahuan yang lebih tinggi

    ReplyDelete
  46. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Akuntabilitas artinya adalah dipercaya, pendidikan itu harus dapat dipercaya, dipercaya melalui kegiatannya dapat meningkatkan kecerdasan siswa dan generasi muda. Dan sustainbiltas dapat diartikan sebagai keberlanjutan atau continue, pendidikan itu harus berkelanjutan tidak hanya berhenti di satu grade. Sehingga akuntabilitas dan sustainbiltas ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Peningkatan kualitas ini perlu seiring perkembangan zaman dan pendidikan akan terus berkembang.

    ReplyDelete
  47. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menumbuhkan kepercayaan publik terhadap lembaga penyelenggara pendidikan dapat dilakukan dengan banyak hal. Misalnya dengan adanya laporan petanggungjawaban dari sekolah berupa penilaian siswa. Hal semacam itu merupakan sarana untuk mempertanggungjawabkan proses pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah. Sehigga orang tua dan berbagai pihak yang lain dapat memegang kepercayaan untuk mendukung pembelajaran di sekolah.

    ReplyDelete
  48. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pendidikan yang baik ketika pendidikan itu dapat dipercaya atau akuntabel dalam mengembangkan kemampuan siswa dan membimbing siswa untuk membangun pengetahuan siswa itu sendiri. Selain itu pendidikan yang baik juga harus berlangsung terus – menerus. Pendidikan itu dapat digunakan sekarang maupun di masa yang akan datang. Tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi perubahn – perubahan menuju lebih baik dari pendidikan itu sendiri.

    ReplyDelete
  49. Zuharoh Yastara Anjani
    14301241025
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Akuntabilitas pendidikan dapat diartikan sebagai pendidikan yang dapat dipercaya. Agar pendidikan dapat dipercaya, maka kualitas pendidikan, khususnya dalam hal pembelajaran di kelas perlu dirancang sebaik mungkin. Pembelajaran yang efektif akan menghasilkan peserta didik yang berhasil. Oleh karena itu, guru harus mampu memfasilitasi pembelajaran yang menarik, menantang, dan bermakna bagi para peserta didik. Dengan demikian, lembaga atau instritusi pendidikan dapat akuntabel (dapat dipercaya).

    ReplyDelete
  50. Yuni Astuti
    14301241035
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Kepercayaan terhadap pendidikan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan pendidikan untu seterusnya. Upaya yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan kepercayaan itu misalnya saja keterbukaan dari sekolah mengenai hasil nilai siswanya yang ditujukan kepada masyarakat. Sehingga diharapkan dengan begitu masyarakat dapat memberikan dukungan terhadap pendidikan di sekolah.

    ReplyDelete
  51. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Dilihat dari akuntabilitas pendidikan dewasa ini, terdapat beberapa pokok persoalan dalam pendidikan kita, antara lain: pertama, masalah kebijakan pemerintah yang menyatakan bahwa anggaran penyelenggaraan pendidikan nasional sekurang-kurangnya 20% dari anggaran pendapatan belanja Negara. Namun, dalam kenyataan tidak memberikan relevansi yang nyata. Bahkan riil, anggaran pendidikan hanya berkisar 10% dari APBN, dan itu pun hanya untuk membiayai anggaran rutin seperti penyediaan alat-alat belajar, gaji guru, karyawan dan sebagainya.

    ReplyDelete
  52. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Persoalan yang tak kalah genting yaitu masalah visi pendidikan nasional yang belum bisa berpihak pada rakyat jelata. Dari kasus-kasus di atas , sebagai pelaku pemenangnya adalah mereka yang hanya memiliki uang saja. Kebijakan pemerintah dan visi pendidikan nasional belum bisa menyentuh kepentingan rakyat jelata. Oleh karena itulah setiap kasus yang terjadi selalu meletakkan posisi rakyat jelata sebagai yang kalah.

    ReplyDelete
  53. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Ketiga, masalah kesadaran masyarakat Indonesia yang belum mencapai tahapan “kesadaran kritis”. Setiap kasus yang terjadi selalu memposisikan masyarakat bawah sebagai yang tertindas, namun mereka tidak kuasa melawan penindasan itu. Istilah Paulo Freire, mereka telah tenggelam dalam “budaya bisu”. Kondisi mereka selalu tertekan, namun tidak kuasa untuk meluapkan seluruh aspirasi karena otoritas kekuasaan pemerintah yang sangat dominan.

    ReplyDelete
  54. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sudah semestinya pendidikan itu akuntabel dan sustainabel, sebab pendidikan memegang peran penting dalam kemajuan bangsa ini kedepannya. Pendidikan yang akuntabel dapat dimulai dari seorang guru yang akuntabel, artinya seorang guru tersebut dapat dipercaya oleh semua komponen. Dengan adanya akuntabilitas guru menandakan bahwa guru mampu bertanggung jawab akan kegiatan pembelajarannya. Akuntabilitas guru juga menandakan salah satu indikator akuntabilitas pendidikan yang nantinya akan menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan.

    ReplyDelete
  55. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sustainabilitas pendidikan salah satunya dapat diwujudkan dengan menjalankan program pendidikan (pembelajaran) yang berkelanjutan. Maksudnya ialah jelas dan terstrukturnya kurikulum yang semakin baik dari waktu ke waktu dengan harapan perkembangan dan inovasi pendidikan guna menciptakan suasana belajar yang tik itu-itu saja, akan tetapi suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan bagi siswa.

    ReplyDelete
  56. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Secara filsafat Akuntabilitas adalah dapat dipercaya. Akuntabilitas Pendidikan adalah pendidikan yang dapat dipercaya yang dapat memberikan dampak yang baik, baik bagi perkembangan pengetahuan siswa maupun mutu Pendidikan. Secara filsafat sustainabilitas adalah terus atau berkelanjutan. Sustainabilitas Pendidikan adalah pendidikan yang berkelanjutan, yang terus mengalami perubahan dan perkembangan kearah yang lebih baik.

    ReplyDelete
  57. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)
    Akuntabilitas artinya dapat dipercaya, sedangkan sustainabilitas artinya berkesinambungan. Akuntabilitas dan sustainabilitas dalam pendidikan itu sangat penting, sehingga menjadikan pendidikan pendidikan benar-benar memiliki tujuan dan fungsi dalam melahirkan generasi penerus bangsa yang membawa kemajuan.

    ReplyDelete
  58. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Ketika kita menginginkan menjadi guru yang mempunyai akuntabilitas dan sustainabilitas yang baik, maka kita harus peka dengan perkembangan perkembangan siswa, teknologi, menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang telah melaju cepat mengikuti jaman. Selain itu, ketika kita ingin menjadi guru yang mepunyai akuntabilitas dan sustainabilitas yang baik maka tetap harus belajar, belajar, dan belajar. Meskipun kita mungkin sudah mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Hal tersebut berfungsi untuk diri kita sendiri demi meningkatkan kemampuan mengajar kita, kita mampu merefleksikan pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain untuk dijadikan pelajaran hidup yang sangat berharga. Oleh karena itu, kita sebagi guru hendak lah rajin belajar, tak mengenal lelah, karena sesungguhnya kita pun sebagai guru selamanya akan menjadi murid bagi kehidupan kita.

    ReplyDelete