Oct 7, 2013

Akuntabilitas dan Sustainabilitas Pendidikan




Dear all,

Following is the discussion on Accountability and Sustainability of Education:

http://www.linkedin.com/groupAnswers?viewQuestionAndAnswers=&discussionID=264733390&gid=69765&commentID=159190220&trk=view_disc&fromEmail=&ut=3YUJLRKTSUfBY1

Thanks

Marsigit

48 comments:

  1. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Maaf Prof untuk link diatas, udah saya coba klik beberapa kali namun yang keluar “ Unknown Host”. Mungkin bisa dicek Prof., Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diana Prastiwi
      18709251004
      S2 P. Mat A 2018

      Betul sekali Prof, waktu dibuka link nya keluar "Unknown Hoost".

      Delete
  2. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Mohon maaf Pak Marsigit, saya ingin mengakses link yang tertera tetapi terjadi error. Sepertinya bisa diperbaharui linknya sehingga mahasiswa yang lain juga bisa mengaksesnya karena secara pribadi saya sangat ingin mengetahui apa dan bagaimana akuntabilitas dan sustainabilitas dalam pendidikan. terimakasih
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  3. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Sepertinya Q&A tersebut sudah dihapus oleh pihak LinkedIn Prof. Bagi saya, akuntabilitas dan sustainabilitas sangat penting dalam pendidikan.

    ReplyDelete
  4. Muhammad Fendrik
    18706261001
    S3 Dikdas 2018
    Assalamu'alaikum Wr Wb.
    Akuntabilitas berarti pertanggungjawaban sedangkan sustainabilitas adalah keberlanjutannya. Menurut hemat saya akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan merupakan bentuk pertanggungjawaban dan komitmen dari suatu lembaga pendidikan terhadap (stakeholders) pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka pencapaian tujuan dari suatu lembaga pendidikan itu sendiri.

    ReplyDelete
  5. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Mohon maaf Prof. Marsigit, untuk link tersebut masih belum dapat kami akses, namun menilik judul link tersebut saya menjadi tertarik. Menurut saya akuntabilitas harus dimiliki oleh seorang guru atau pendidik dalam mengajar. Hal ini akan memberikan dampak yang lebih bagi siswa. Guru dapat berusaha memperbaharui maupun mengembangkan metode pendidikan untuk mewujudkan kualitas pendidikan yang lebih baik melalui akuntabilitas yang dimilikinya.
    Terimakasih Prof Marsigit

    ReplyDelete
  6. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Maaf, Prof untuk link di atas tidak dapat dibuka. Akuntabilitas pendidikan menjadi sangat penting karena berhubungan erat dengan kepercayaan publik terhadap sekolah. Sedangkan sustainalibiltas pendidikan adalah keberlanjutan proses pembelajaran. Kedua hal tersebut menjadi sangat penting baik bagi sekolah, siswa maupun lingkungan masyarakat.

    ReplyDelete
  7. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Akuntabilitas berkaitan dengan pertanggungjawaban, yaitu berkaitan dengan apa yang bisa dilakukan agar menimbulkan kepercayaan. Akuntabilitas pendidikan bersifat relatif tergantung pada filosofi, ideology pendidikan dan juga konteks pendidikan serta budaya yang dimiliki. Maka akuntabilitas pendidikan perlu dikembangkan sesuai dengan pengembangan budaya. Harapannya pengembangan tersebut dapat menjadi sustainabilitas dari akuntabilitas tersebut. Akuntabilitas yang tidak sustainabel tidaklah cukup. Sustainabilitas merupakan keberlanjutan sehingga akuntabilitas dan sustainabilitas memiliki kaitan yang erat. Semoga akuntabilitas pendidikan di Indonesia dapat selalu dikembangkan dan sustainabel sehingga kita dapat mencapai pendidikan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  8. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Mohon maaf pak untuk link yang Bapak berikan tidak bisa diakses. Namun jika melihat dari judul artikelnya mengenai akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan, itu merupakan suatu hal yang sangat penting dalam mengembangkan profesionalitas dalam pendidikan. Untuk dapat mengembangkan profesionalitas tersebut tentunya perlu suatu dukungan dari berbagai elemen dalam pendidikan seperti pendidik, supervisi, maupun semua elemen yang terlibat dalam bidang pendidikan.

    ReplyDelete
  9. Aji Joko Budi Pramono
    PEP-S3-2018
    18701261003

    Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan sangat penting dalam mengembangkan profesionalitas dalam pendidikan. Hal ini perlu didukung oleh berbagai pihak diantaranya pendidik, supervisor, dan segala komponen yang ada bergerak dalam hal pendidikan. Akuntabilitas merupakan perwujudan kewajiban seseorang atau unit organisasi untuk mempertanggungjawabkan pengelolaan dan pengendalian sumber daya dan pelaksanaan kebijakan yang dipercayakan kepadanya dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui media pertanggungjawaban secara periodik. Sumber daya ini merupakan masukan bagi individu maupun unit organisasi yang seharusnya dapat diukur dan diidentifikasikan secara jelas

    ReplyDelete
  10. Samsul Arifin / 18701261007 / S3 PEP 2018

    Dalam Pendidikan Akuntabilitas dan Sustainabilitas merupakan suatu hal yang harus dipegang oleh unsur-unsur yang terlibat di dalammya..Akuntabilitas berarti pertanggungjawaban sedangkan sustainabilitas adalah keberlanjutannya. Pengelola dan guru serta tenaga kependidikan harus memiliki akubtabilitas untuk sebuah keberhasilan visi dan misi sekolah yang telah ditentukan. Sustainabilitas, mengharuskan proses Pendidikan yang terjadi sebelumnya merupakan dasar untuk proses Pendidikan selanjutnya dan harus berlangsung secara terus menerus....

    ReplyDelete
  11. SUHERMI
    18709251007
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA A

    Maaf Pak linknya tidak bisa di buka. Untuk sekarang saya belum memiliki gambaran seperti apa akuntabilitas dan sustainabilitas dalam pendidikan. Akuntabilitas bermakna pertanggungjawaban, dan sustainabilitas merupakan keberlanjutan. Semoga ke depannya linknya bisa di buka kembali. Terima kasih.

    ReplyDelete
  12. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat siang Prof.
    Akuntabilitas dan sustainabilitas sangat diperlukan dalam pendidikan. Akuntabilitas berfungsi sebagai komponen penggerak dalam pendidikan. Dengan adanya proses ini, diharapkan dapat menciptakan sebuah sistem pendidikan yang berkualitas. Sustainabilitas berfungsi sebagai proses memperjuangkan sistem pendidikan itu. Hal ini semakin diperkuat dengan perkembangan pendidikan yang dimiliki oleh Indonesia. Tantangan global saat ini menjadi motivasi dalam meningkatkan sustainabilitas yang baik dan tinggi lagi. Terima kasih.

    ReplyDelete
  13. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Mohon maaf Prof webnya tidak terbaca tetapi menurut pendapat singkat saya akuntabilitas dan sustainbilitas sangat penting dalam dunia pendidikan karena menyangkut evaluasi akhir yang harus objektif dan dampaknya akan berkelanjutan. Jika dalam pendidikan contohnya evaluasi nya tidak akuntabilitas maka tentu ada dampak lanjutan (sustainbilitas) yang mempengaruhi objek pendidikan ( peserta didik).

    ReplyDelete
  14. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Mohon maaf sebelumnya Prof, link webnya sudah tidak dapat diakses, akan tetapi saya akan coba memaparkan terkait pemahan saya pada akuntabilitas dan sustainabilitas. Sustainabilitas diambil dari kata sustainable, dari segi bahasa sustainable adalah kemampuan untuk tetap mempertahankan sumber daya dengan mengatur penggunaan, perkembangan dan perlindungan terhadap sumber daya alam dan fisik dengan tidak menyebabkan kerusakan suatu ekologi sehingga generasi masa depan tetap dapat menikmati atau mengkomsumsi sumberdaya yang tersedia saat ini. Sustainable adalah kemampuan untuk tetap mempertahankan. Atau sustainabel juga diartikan sebagai suatu yang berkelanjutan. Akuntabilitas diambil dari kata akuntable, dari segi bahasa akuntable adalah kepercayaan. Kepercayaan adalah suatu hal yang mahal. Kepercayaan adalah bentuk dari amanah dan tanggung jawab.

    ReplyDelete
  15. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Seorang guru atau pendidik penting untuk memiliki sifat akuntabilitas dan sustainabilitas. Tentu bukan persoalan yang mudah untuk menjadi guru yang akuntabel tersebut. Diperlukan adanya usaha dan kerja keras guru untuk mengemban tanggung jawab dari kepercayaan yang diterimanya. Guru harus benar-benar menyusun dan melaksanakan pembelajaran yang baik dan matang agar dapat memperoleh hasil belajar siswa yang baik.

    ReplyDelete
  16. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Guru yang sustainable adalah guru yang mampu memberikan pembelajaran yang berkelanjutan dan menanamkan betapa pentingnya belajar secara kontinu. Artinya guru harus bisa menyajikan pembelajaran yang menarik minat dan keinginan siswa utuk terus belajar. Keinginan untuk belajar tersebut tidak hanya saat siswa ada di kelas dan di sekolah tetapi juga saat mereka da di rumah. Guru yang akuntabel (dapat dipercaya) adalah guru yang dengan sungguh-sungguh mengerahkan segenap jiwa dan raganya untuk menjalankan fungsinya untuk tidak hanya mengajar tapi juga mendidik para siswanya.

    ReplyDelete
  17. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    Mohon maaf pak prof Link terkait sudah tidak dapat diakses. Akuntabilitas adalah suatu peningkatan dari rasa tanggung jawab, suatu yang lebih tinggi mutunya dari suatu tanggung jawab sehingga memuaskan atasan. Selain itu akuntabilitas adalah kondisi seseorang yang dinilai orang lain karena kualitas performannya menyelesaikan tujuan yang menjadi tanggung jawab. terimakasih

    ReplyDelete
  18. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Mohon maaf prof, untuk link diatas masih belum bisa dikases, tapi menurut saya akuntabilitas dalam dunia pendidikan yaitu bagaimana seorang guru dapat bertanggungjawab dalam menjalankan kewajibannya atau tugas-tugasnya. Seorang guru yang akuntable seorang guru yang dapat melaksanakan pembelajaran yang mendidik, inovatif dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  19. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Seperti yang dinyatakan para pembaca yang budiman, link tidak dapat diakses. Namun, saya penasaran dengan akuntabilitas dan sustainabilitas. Maka saya mencari-cari sumbernya dan saya sedikit memperoleh gambaran mengenai akuntabiitas dan sustainabilitas dalam konteks pendidikan. Akuntabilitas merupakan segi pertanggungjawaban yang wajib untuk melaporkan pelaksanaan pekerjaan pekerjaan kepada pihak atasan. Tujuan dari akuntabilitas pendidikan adalah untuk mendorong terciptanya kinerja sekolah yang baik dan terpercaya, menilai kinerja sekolah dan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan pendidikan. Sekolah dikatakan memiliki akuntabilitas tinggi apabila proses dan hasil kinerjanya sesuai dengan rencana dan tujuan.

    ReplyDelete
  20. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Sustainabilitas pendidikan bertujuan untuk menyediakan dan memfasilitasi pembelajaran, pelatihan dan pengalaman praktis pada pendidikan formal dan non-formal. Strategi pembelajaran yang dapat diterapkan untuk mendukung sutainabilitas pendidikan adalah experiential learning, project based learning, story-telling, values education, inquiry learning, appropriate assessment, future problem-solving, learning outside the classroom, & community problem solving.

    ReplyDelete
  21. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Akuntabilitas bararti dapat dipercaya, semantara sustainabilitas berarti berkesinambungan. Pendidikan harus bisa dijaga akuntabilitasnya agar masyarakat lebih semangat dan memiliki kesadaran tinggi dalam hal pendidikan. Selain itu, pendidikan itu harus bisa dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga suatu proses itu akan terus berjalan tanpa adanya benang yang putus. Hal ini akan menjadikan pendidikan benar-benar berfungsi dalam melahirkan generasi bangsa yang membawa kemajuan.

    ReplyDelete
  22. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Belajar adalah suatu proses dalam hidup yang tidak akan pernah selesai selama manusia hidup. Tempat pembelajaran terbaik adalah kehidupan itu sendiri, atau kalau boleh saya sebut sebagai universitas kehidupan, dengan menggunakan metode hidup yang menghidupkan.

    ReplyDelete
  23. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Akuntabilitas adalah apa atau bagaimana seorang bisa dipercaya, seberapa jauh seorang dipercaya. Dan setiap orang selalu dipertanyakan, dapat dipercaya atau tidak. Semua yang ada dan yang mungkin ada dapat dipertanyakan akuntabilitasnya, bahkan sampai kita meninggal dunia akan tetap dipertanyakan akuntabilitasnya. Sustainabilitas dapat diartikan sebagai keberlangsungan secara terus menerus. Terkadang kegagalan memang keberhasilan yang tertunda memanglah benar, agar kita selalu berikhtiar. Kaitannya dengan hal ini, sebagai guru, ada dua hal yang harus diperhatikan, yaitu: akuntabilitas dan sustainabilitas.

    ReplyDelete
  24. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Agar menjadi guru yang mempunyai akuntabilitas dan sustainabilitas yang baik, guru harus peka dengan perkembangan teknologi, guru harus peka dengan perkembangan siswa, seorang guru harus menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang ada sekarang ini. Bahkan, seorang guru yang notabene telah mengenyam pendidikan tinggi, tetap harus belajar, meningkatkan kemampuan mengajarnya, mereferensi dari pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain, belajar dari kehidupan. Bahkan bisa dikatakan, seorang guru pun selamanya akan menjadi murid dari kehidupan itu sendiri.

    ReplyDelete
  25. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Mohon maaf prof, link yang diberikan sudah tidak dapat diakses lagi. Saya akan coba menjelaskan Akuntabilitas dan Sustainabilitas Pendidikan dalam beberapa komentar.

    ReplyDelete
  26. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Konsepsi tentang akuntabilitas berkembang dari pendapat bahwa siapapun yang diserahi tugas mendidik harus dapat mempertanggungjawabkan tugasnya itu. Pengertian tanggungjawab disini masih mengandung ukuran yang kabur. Masih banyak orang yang mengukur tanggungjawab itu dari segi masukan kealatan semata. dalam hal ini mereka menganggap telah berhasil melaksanakan tanggungjawabnya bila telah mengajar, memberikan buku,atau secara lebih makro lagi telah membangun gedung-gedung, serta mencetak jutaan buku pelajaran.

    ReplyDelete
  27. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Pelaksanaan konsep akuntabilitas dalam pendidikan di Indonesia saat ini sedang disorot mengingat banyak sekali masalah yang menghinggapi, mulai dari kinerja pendidik atau guru yang tidak sesuai dengan kompetensinya, sampai pada lembaga pendidikan itu sendiri yang lebih mengutamakan bisnis daripada mutu layanan pendidikan yang dijalankannya, sehingga banyak masyarakat yang mempertanyakan mengapa hal ini bisa terjadi demikian. Untuk itu, memang tidak mudah menerapkan akuntabilitas pendidikan yang baik, karena dibutuhkan kerjasama yang baik dari semua pihak

    ReplyDelete
  28. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Tujuan akuntabilitas adalah menilai kinerja sekolah dan kepuasaan publik terhadap pelayanan pendidikan yang diselenggarakan oleh sekolah, untuk mengikutsertakan publik dalam pengawasan pelayanan pendidikan dan untuk mempertanggungjawabkan komitmen pelayanan pendidikan kepada publik. Rumusan tujuan akuntabilitas di atas hendak menegaskan bahwa akuntabilitas bukanlah akhir dari sistem penyelenggaran manajemen sekolah, tetapi merupakan faktor pendorong munculnya kepercayaan dan partisipasi yang lebih tinggi lagi. Bahkan, boleh dikatakan bahwa akuntabilitas baru sebagai titik awal menuju keberlangsungan manajemen lembaga pendidikan yang berkinerja tinggi

    ReplyDelete
  29. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Mungkin bagi kita arti dari sustainable itu tidak jelas. Sama halnya dengan menterjemahkan konsep demokrasi dan keadilan, yang sangat sulit kita wujudkan dalam masyarakat. Sustainbility yabg dimaksud disini adalah pendidikan untuk pengembangan berkelanjutan karena istilah tersebut yang sering digunakan di tibgkat internasional. Di tingkat nasional upaya pendidikan untuk pengembangan berkelanjutan mungkin digambarkan dengan istilah yang berbeda karena perbedaan bahasa dan budaya, tetapi semuanya berkaitan dengan pengembangan berkelanjutan, hanya karena nama dan isinya harus disesuaiakan dengan budaya setempat.

    ReplyDelete
  30. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Perlu dibedakan antara pendidikan tentang pengembangan berkelanjutan dan pendidikan untuk pengembangan berkelanjutan. Kata pertama mempunyai makna pembelajaran untuk kesadaran atau pembahasan secara teoritis. Sedangkan kata yang kedua, pendidikan digunakan sebagai upaya, sebagai alat atau cara untuk mencapai sustainbilitas. Tentu saja yang dimaksud bukan hanya sekedar pembahasan secara teoritis. Pengembangan berkelanjutan pada hal maksud sebenarnya adalah pendidikan sebagai tujuan.

    ReplyDelete
  31. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Jadi, Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan sangat penting dalam mengembangkan profesionalitas dalam pendidikan. Hal ini perlu didukung oleh berbagai pihak diantaranya pendidik, supervisor, dan segala komponen yang ada bergerak dalam hal pendidikan. Kolaborasi yang baik antara komponen-komponen pendidikan tersebut dapat menjaga akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan. Oleh karena itu pentingnya kolaborasi yang baik dari semua komponen pendidikan di Indonesia dalam menyelenggarakan sistem pendidikan di Indonesia agar dapat mengembangkan profesionalitas setiap komponennya.

    ReplyDelete
  32. Hendra b.
    18701261008

    mohon maaf, linknya belum dapat akses.

    ReplyDelete
  33. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PM D 2019

    Assalamualaikum wr.wb

    Mohon maaf sebelumnya Pak, link pada tulisan di atas sudah tidak dapat ditemukan sehingga saya tidak dapat mengakses artikel mengenai diskusi akuntabilitas dan sustainabilitas dalam pendidikan yang Bapak maksud. Sekiranya Bapak berkenan untuk memuat ulang artikel tersebut sehingga kami para mahasiswa bisa mengaksesnya kembali. Termia kasih Pak

    ReplyDelete
  34. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Mohon maaf Prof, link tersebut tidak dapat dibuka, kemungkinan sudah dihapus oleh pihak web linkdn. Kemudian saya mencoba mencari tau sendiri apa itu Akuntabilitas dan Sustainabilitas Pendidikan. Akuntabilitas berarti pertanggungjawaban sedangkan sustainabilitas adalah keberlanjutannya. Keduanya sangat penting dalam proses pendidikan. Akuntabilitas (accountability) yaitu berfungsinya seluruh komponen penggerak jalannya kegiatan pembelajaran, sesuai tugas dan kewenangannya masing-masing.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  35. Sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika /D/ 2019
    mohon maaf Bapak Prof Marsigit untuk link tidak dapat dibuka namun saya coba search baca baca untuk penjelasan singkat tentang akuntabilitas dalam penidikan adalah sebagai berikut: Akuntabilitas dalam bidang pendidikan, seperti yang di katalkan oleh H.H. Mc Ashaan, yaitu : (1) program dan manajemen personalia yang mengarah kepada tujuan, (2) penekanan manajemen yang efektif dan efisien, dan (3) pengembangan program, pengembangan personalia, peningkatan hubungan dengan masyarakat, dan kegiatan-kegiatan manajemen.

    ReplyDelete
  36. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019

    Sebelumnya mohon maaf Prof, link terkait akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan yang dibagikan sudah tidak dapat diakses lagi. Namun saya kan mencoba memberikan komentar terkait akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan. Akuntabilitas merupakan kewajiban seseorang atau unit organisasi dalam mempertanggungjawabkan pengelolaan dan pengendalian sumber daya dan pelaksanaan kebijakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan dan dilaksanakan secara periodic. Akuntabilitas pendidikan dapat diartikan sebagai bentuk kewajiban organoisasi pendidikan dalam mempertanggungjawabkan pengelolaan sumber daya sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan yang dilaksanakan perperiode. Sedangkan sustainabilitas diartikan sebagai pembangunakan yang berkelanjutan.

    ReplyDelete
  37. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Akuntabilitas adalah salah satu kemampuan yang juga harus dimiliki oleh seorang pendidik. Akuntabilitas merupakan sebuah konsep etika yang dekat dengan administrasi publik pemerintahan mempunyai beberapa arti antara lain, hal ini sering digunakan secara sinonim dengan konsep-konsep seperti yang dapat dipertanggungjawabkan (responsibility), kemampuan memberikan jawaban (answerability).

    ReplyDelete
  38. Ngaenun Nangim
    19709251058
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dalam dunia pendidikan, akuntabilitas dan sustainbilitas memanglah diperlukan. Pembelajaran matematika misalnya, kedua prinsip itu haruslah ada. Setiap sistem penilaian yang digunakan dan hasilnyapun harus akuntable. Materi pelajarannya pun harus akuntable. Siswa dan gurunya pun harus akuntable. Begitupun sustainbilitas. Setiap komponen materinya haruslah berlangsung terus menerus. Penilaiannya pun harus terus menerus agar hasil yang diperolehpun dapat menggambarkan kemampuan siswa dengan lebih akurat walaupun tidak mungkin seseorang dapat mengukur kemampuan orang lain secara sempurna.

    ReplyDelete
  39. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Mohon maaf Prof. sebelumnya, karena link yang dicantumkan tidak bisa dibuka, mungkin ada kesalahan teknis dan apakah ada alternatif link yang dapat dicantumkan ?
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  40. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.
    Mohon maaf Prof., link yang diberikan apabila diakses muncul "Page not found". Saya akan mencoba menjabarkan pengertiannya. Akuntabilitas adalah suatu peningkatan dari rasa tanggung jawab, suatu yang lebih tinggi mutunya dari suatu tanggung jawab sehingga memuaskan atasan. Selain itu akuntabilitas adalah kondisi seseorang yang dinilai orang lain karena kualitas performannya menyelesaikan tujuan yang menjadi tanggung jawab.

    Sedangkan sustainabilitas adalah keberlanjutan. Maksudnya pendidikan berkelanjutan ditujukan untuk menyediakan dan memfasilitasi pembelajaran, pelatihan dan pengalaman praktis baik pada pendidikan formal maupun non-formal untuk menghadapi pengembangan berkelanjutan dan membekali sikap peduli lingkungan.

    ReplyDelete
  41. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terimakasih Prof atas link yang disarankan, namun mohon maaf link tersebut tidak dapat diakses lagi. Saya mencoba memahami makna akuntabilitas dan substansibilitas pendidikan dari sumber lain. Akuntabilitas menurut filsafat pendidikan matematika yaitu tuntutan bagi seorang guru agar menjadi guru yang dapat dipercaya. Dalam filsafat, akuntabilitas juga dapat diartikan sebagai isi yaitu isi ilmu yang diamanahkan kepada guru tersebut dapat diaplikasikan dalam hal pembuatan hasil karya ilmiah berupa media pendidikan, alat peraga, pengembangan instrumen pendidikan yang inovatif serta jurnal ilmiah pendidikan yang memberikan sumbangsih terhadap dunia pendidikan. Sedangkan substansibilitas yaitu kemampuan guru dalam memiliki isi/muatan/content yang berguna untuk dibagikan isinya kepada orang lain. Substansibilitas juga berarti kemampuan guru sebagai wadah bagi murid-muridnya dan memiliki ilmu yang akan dibagikan ke murid-muridnya.

    ReplyDelete
  42. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    Sebelumnya terima kasih atas niat baik Prof. Marsigit berbagi ilmu dengan berbagi link tersebut. Namun maaf pak, link yang bapak rekomendasikan sudah tidak bisa diakses lagi. Mungkin link sudah diperbaharui atau dihapus.
    Akuntabilitas menurut Lessinger, adalah kajian hubungan antara apa yang sudah dilakukan sekolah dengan dana yang digunakan dengan hasil belajar yang diperoleh.
    Wooltorton (White, 2008) merekomendasikan konsep sustainability diimplementasikan dalam pendidikan sebagaimana kutipannya, “zeal in the pursuit of sustainability education goes so far as to recommend ‘that education systems and schools include education for sustainability as their primary purpose…”.Pendidikan berkelanjutan ditujukan untuk menyediakan dan memfasilitasi pembelajaran, pelatihan dan pengalaman praktis baik pada pendidikan formal maupun non-formal untuk menghadapi pengembangan berkelanjutan dan membekali sikap peduli lingkungan (Medrick, 2013).
    Terima kasih

    ReplyDelete
  43. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Mohon maaf sebelumnya bapak, saya sudah membuka link yang diberikan tapi hasilnya page not found. Tapi saya berterima kasih karena bapak Prof. Marsigit yang sudah berniat membagikan pengetahuan baru bagi kami anak didikmu.

    ReplyDelete
  44. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Saya juga ada mencari pengertian sedikit pengertian dari akuntabilitas dan sustainbilitas secara umum. Istilah akuntabilitas berasal dari istilah dalam bahasa Inggris accountability yang berarti pertanggunganjawab atau keadaan untuk dipertanggungjawabkan atau keadaan untuk diminta pertanggunganjawab. Sedangkan sustainbilitas dalam wikipedia yaitu dalam ekologi, keberlanjutan (bahasa Inggris: sustainablity), berasal dari kata 'sustain' yang artinya 'berlanjut' dan 'ability' yang artinya 'kemampuan'; yaitu sebuah sistem biologis yang tetap mampu menghidupi keanekaragaman hayati dan produktivitas tanpa batas.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  45. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Akuntabilitas dapat diartikan sebagai kewajiban-kewajiban dari individu-individu atau penguasa yang dipercayakan untuk mengelola sumber-sumber daya publik dan yang bersangkutan dengannya untuk dapat menjawab hal-hal yang menyangkut pertanggungjawabannya. Akuntabilitas pendidikan juga dapat diartikan sebagai pertanggungjawaban atas keberhasilan proses belajar mengajar dan perkembangan peserta didik dalam mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Pertanggungjawaban ini termasuk adanya kesediaan untuk disalahkan apabila terjasi kegagalan dalam proses pendidikan tersebut.

    ReplyDelete
  46. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Istilah sustainability education berawal dari munculnya konsep berkelanjutan (sustainability) yang merupakan sebuah konsep yang pertama kali dikeluarkan pada tahun 1987 dalam laporan World Commission on Environment and Development atau yang lebih dikenal dengan laporan Brundtland (Brundtland Report) oleh United Nations. Konsep sustainability sangat berkaitan erat dengan istilah lingkungan, ekonomi dan sosial untuk generasi di masa depan. Sustainabilitas Pendidikan berarti pendidikan yang berkelanjutan. Pendidikan berkelanjutan ditujukan untuk menyediakan dan memfasilitasi pembelajaran, pelatihan dan pengalaman praktis baik pada pendidikan formal maupun non-formal untuk menghadapi pengembangan berkelanjutan dan membekali sikap peduli lingkungan.

    ReplyDelete