Oct 7, 2013

Akuntabilitas dan Sustainabilitas Pendidikan




Dear all,

Following is the discussion on Accountability and Sustainability of Education:

http://www.linkedin.com/groupAnswers?viewQuestionAndAnswers=&discussionID=264733390&gid=69765&commentID=159190220&trk=view_disc&fromEmail=&ut=3YUJLRKTSUfBY1

Thanks

Marsigit

8 comments:

  1. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Akuntabilitas adalah apa atau bagaimana seorang bisa dipercaya, seberapa jauh seorang dipercaya. Sustainabilitas dapat diartikan sebagai keberlangsungan secara terus menerus. Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan sangat penting dalam mengembangkan profesionalitas dalam pendidikan. Dengan didukung oleh berbagai pihak diantaranya pendidik, supervisor, dan segala komponen yang ada bergerak dalam hal pendidikan. Agar menjadi pendidikan yang mempunyai akuntabilitas dan sustainabilitas yang baik, semua komponen di dalamnya harus peka dengan perkembangan teknologi dan harus menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang ada sekarang ini.

    ReplyDelete
  2. Lana Sugiarti
    16709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan sangat diperlukan dalam pendidikan. Hal ini perlu didukung oleh berbagai pihak yang bergerak dalam hal pendidikan. Berbagai pihak dalam pendidikan tersebut dapat menjaga akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan. Oleh karena itu kerjasama yang baik dari semua pihak dalam pendidikan di Indonesia sangat diperlukan untuk dapat menyelenggarakan sistem pendidikan di Indonesia agar dapat mengembangkan profesionalitasnya. Akuntabilitas penting dan diperlukan oleh setiap pendidik agar peserta didiknya dapat berkembang dan belajar dengan baik. Sedangkan dalam melaksanakannya hendaknya mempunyai sustainabilitas agar semua pendidikan yang dijalankan dapat berjalan dengan maksimal.

    ReplyDelete
  3. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Akuntabilitas pendidikan berarti seberapa besar kepercayaan yang dapat diperoleh suatu institusi pendidikan dari masyarakat. Hal ini berhubungan dengan kualitas pendidikan yang dihasilkan. Jika institusi pendidikan ingin memperoleh kepercayaan tinggi dari masyarakat maka harus meningkatkan kualitasnya. Kemudian sustainbilitas merupakan eksistensi, atau bagaimana cara sebuah institusi pendidikan tersebut mempertahankan keberadaannya. Bagaimana agar tetap eksis dan dipercaya oleh masyarakat. Karena itu, akuntabilitas dan sustainabilitas sangatlah penting dimiliki tak terkecuali seorang guru pun. Hal ini berkaitan dengan konsep Ada, Mengada, dan Pengada. Segala yang ada dan yang mungkin ada disebut Ada jika dapat Mengada, yakni menghasilkan sebuah karya dan menunjukkan eksistensinya. Ketika dia telah Mengada, maka dia baru disebut sebagai Pengada.

    ReplyDelete
  4. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    PPs. P.Mat C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Akuntabilitas dan sustainabilitas merupakan 2 komponen penting dalam pendidikan. Akuntabilitas terkait dengan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap pendidikan di suatu institusi. Sedangkan sustainabilitas adalah upaya mempertahankan keberadaannya agar tetap eksis. Dalam pendidikan eksistensi dan kepercayaan sangatlah penting baik bagi pendidik maupun institusi yang mengindikasikan kepiawaiannya/keprofesionalitasnya, serta kualitas pendidikannya. Semakin tinggi tingkat akuntabilitas dan sustainabilitasnya, maka semakin tinggi pula daya minat masyarakat. Jadi, untuk mewujudkan itu semua butuh kerjasama yang baik dari semua pihak.

    ReplyDelete
  5. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Akuntabilitas yang berarti apa dan bagaimana, sejauh mana seseorang bisa dipercaya. Sedangkan sustainbilitas sebagai kelangsungan secara terus menerus. Sebagai calon pendidik dan pendidik sebaiknya menjadi seorang pendidik yang akuntabel, dimana pendidik mempertanggungjawabkan dari apa yang dilakukannya dalam proses belajar mengajar kepada siswa. Apakah akuntabel dalam mengajar dilaksanakan secara kontinu yang berarti sustainabilitas. Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan artinya semua yang bersangkutan harus bertanggung jawab apa yang dilakukan dalam kontribusinya secara terus menerus.

    ReplyDelete
  6. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Akuntabilitas dan sustainabilitas dapat terwujud dengan upaya guru selalu berkembang bersama perkembangan zaman, guru selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran sehingga nantinya muncul kepercayaan terhadap lembaga ajar, dimana kepercayaan tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan dari segi dimana pendidikan dapat dipercaya kualitasnya.

    ReplyDelete
  7. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Akuntabilitas adalah apa atau bagaimana seorang bisa dipercaya, seberapa jauh seorang dipercaya. Dan setiap orang selalu dipertanyakan, dapat dipercaya atau tidak. Semua yang ada dan yang mungkin ada dapat dipertanyakan akuntabilitasnya, bahkan sampai kita meninggal dunia akan tetap dipertanyakan akuntabilitasnya. Sustainabilitas dapat diartikan sebagai keberlangsungan secara terus menerus.Agar menjadi guru yang mempunyai akuntabilitas dan sustainabilitas yang baik, guru harus peka dengan perkembangan teknologi, guru harus peka dengan perkembangan siswa, seorang guru harus menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang ada sekarang ini. Bahkan, seorang guru yang notabene telah mengenyam pendidikan tinggi, tetap harus belajar, meningkatkan kemampuan mengajarnya, mereferensi dari pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain, belajar dari kehidupan

    ReplyDelete
  8. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Akuntabilitas adalah sebuah pertanggungjawaban sedangkan sustainabilitis adalah pembangunan secara berkelanjutan. Akuntabilitas dan sustainabilitas sangat diperlukan pada bidang pendidikan. Pendidikan tanpa pertanggungjawaban dari pemerintah dan semua pihak yang terlibat bagaimana bisa berkembang. Karena pendidikan menjadi titik tolak bagi suatu negara dalam menilai negara lain. Jadi kualitas pendidikan Indonesia menjadi tolak ukur kemajuan negara ini. Selanjutnya, pendidikan tanpa pembangunan bagaimana bisa maju. Sehingga keduanya harus dilakukan untuk pendidikan ini.

    ReplyDelete