Oct 7, 2013

Akuntabilitas dan Sustainabilitas Pendidikan




Dear all,

Following is the discussion on Accountability and Sustainability of Education:

http://www.linkedin.com/groupAnswers?viewQuestionAndAnswers=&discussionID=264733390&gid=69765&commentID=159190220&trk=view_disc&fromEmail=&ut=3YUJLRKTSUfBY1

Thanks

Marsigit

33 comments:

  1. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027
    Mohon maaf Prof. saya mencoba menelusuri link diatas namun tidak dapat diakses lagi dari device yang saya gunakan. Namun, saya mencoba untuk memahami apa makna akuntabilitas dan substansibilitas pendidikan dari berbagai sumber. Pendidikan sebagai salah satu investasi penting masa depan dalam kehidupan manusia memang harus bersifat akuntabilitas dan substansibilitas. Akuntabilitas artinya dapat dipercaya dan dapat dipertanggung jawabkan. Maka dari itu, seluruh komponen dalam dunia pendidikan mulai dari pembuat kebijakan, pelaksana lapangan, hingga komponen penerima seperti siswa didik, semuanya harus mampu untuk dipercaya dalam proses pelaksanaan pendidikan. Sedangkan sustansibilitas berkaitan dengan keajekan. Dalam hal ini pendidikan berlangsung secara terus menerus dan berkelanjutan.

    ReplyDelete
  2. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan merupakan hal yang cukup krusial dalam mengembangkan aspek keilmuan diberbagai bidang pendidikan. Akuntabilitas menekankan kepada transparansi baik dari segi finansial maupun akademik. Dengan adanya akuntabilitas disekolah maka manajemen sekolah akan lebih terstruktur dan unsure-unsur yang terlibat dalam bidang pendidikan disekolah akan lebih tertata rapi. Sedangkan sustainabilitas melakukan monitoring yang berkelanjutan terhadap aspek-aspek yang masih dianggap kurang optimal dalam pelaksanaannya. Dengan melihat kepada kedua unsure pendidikan tersebut maka dapat memberikan kita gambaran bagaimana membuat manajemen pendidikan yang sesuai dengan kondisi yang ada saat ini.

    ReplyDelete
  3. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Maaf Pak, link di atas sudah tidak bisa diakses. Namun saya mencoba menyampaikan komentar. Akuntabilitas dan sustainabilitas adalah prinsip yang tidak boleh tinggal dalam pembelajaran. Maksud dari akuntabilitas adalah bagaimana aspek pendidikan (materi, sumber belajar, dll) tersebut dapat dipercaya dan pertanggungjawabkan. Sedangkan sustainabilitas berarti pendidikan adalah proses yang berkelanjutan (berlangsung secara terus menerus). Dengan demikian untuk menjaga akuntabilitas dan sustainabilitas, maka guru sebagai aktor dalam pembelajaran harus terus meningkatkan kualitas keilmuannnya dan senantiasa selalu memberikan pemahaman bahwa pendidikan adalah sesuatu yang berkelanjutan maka siswa diharapkan untuk selalu semangat belajar.

    ReplyDelete
  4. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Dua hal yang harus diperhatikan guru yaitu Akuntabilitas dan sustainabilitas.Akuntabilitas aadalah apa atau bagaimana seorang bisa dipercaya,seberapa jauh seorang itu dipercaya . Setiap orang mempertanyakan dapat dipercaya atau tidak. Semua yang ada dan mungkin ada dapat dipertanyakan akuntabilitasnya,bahkan sampai ajal menjemput pun dunia akan tetpa dipertanyakan akuntabilitasnya. jadi Akuntabilitas itu adalah kondisi seseorang yang dinilai oleh orang lain karena kualitas performanya dalam menyelesaikan tujuan yang menjadi tanggung jawabnya.

    ReplyDelete
  5. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Menyambung komentar dari beberapa komentar sebelumnya, benar bahwa link tersebut teah broken, sehingga untuk komentar kali ini saya mencoba menguraiukan mengenai akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan. Menurut hemat saya. akuntabilitas pendidikan merupakan salah satu hal yang harus diperjuangkan dan dilaksanakan secara konsisten. Akuntabilitas pendidikan dengan menukil pendapat dari H.H. Mc Ashaan meliputi bebrapa hal, yaitu : (1) program dan manajemen personalia yang mengarah kepada tujuan, (2) penekanan manajemen yang efektif dan efisien, dan (3) pengembangan program, pengembangan personalia, peningkatan hubungan dengan masyarakat, dan kegiatan-kegiatan manajemen. Hal ini jika dilakukan sesuai dengan prosedur dan dilakukan dengfan sebenar-benarnya serta istiqomah, maka kualitas pendidikan di Indonesia dapat diperbaiki dan dinaikkan semaksimal mungkin. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  6. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Sedangkan mengenai sustaiabilitas pendidikan, menurut pemahaman saya sustainabilitas pendidikan meliputi merupakan konsep keberlanjutan atau keberlangsungan pendidikan untuk proses yang lebih lama dan tentunya lebih baik. Sustainabilitas pendidikan dpat diusahakan dengan memperbaiki kurikulum dan proses pendidikan yang dilkaukan serta dengan memningkatkan kualitas pendidik yang ada di Indonesia. Tidak hanya itu, penelitian di bidang pendidika juga membutuhkan ruang yang luas demi sustainabilitas yang lebih nyata. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  7. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Mohon maaf Prof karena kelalaian dan keterlambatan saya, link diatas telah tutup seperti yang tuturkan saudara dan sausari diatas. Namun, kami mencoba memahami bahwa akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan merupakan hal yang tidak bisa dipisahkan. Akuntabilitas berkaitan dengan hal yang dapat dipercaya dan sustainabilitas berkaitan bahwa hal tersebut saling berkesinambungan. Oleh karena itu, Pendidikan harus dapat dipercaya dan prosesnya berkesinambungan dengan yang lain. Terima Kasih

    ReplyDelete
  8. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Akuntabilitas dapat diartikan dengan dipercaya, sedangkan sustainabilitas ialah berkesinambungan. Seharusnya Pendidikan bisa dijaga akuntabilitasnya agar masyarakat lebih semangat dan memiliki kesadaran tinggi dalam hal pendidikan. Selain itu, pendidikan itu harus bisa dilaksanakan secara berkesinambungan sehingga suatu proses itu akan terus berjalan tanpa adanya benang yang putus. Sehinga hal ini dapat menjadikan pendidikan benar-benar berfungsi dalam melahirkan generasi bangsa yang membawa kemajuan.

    ReplyDelete
  9. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Akuntabilitas dan Sustainabilitas merupakan dua hal yang diperlukan dalam sistem pendidikan. Keduanya merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam dunia pendidikan. Dengaan meningkatkan akuntabilitas dan sustainibilitas, diharapkan pendidikan di Indonesia dapat lebih berkualitas dan lebih bermutu. Terima kasih Prof. untuk link yang sudah di share, akan tetapi mohon maaf Prof., saya mengalami hal serupa dengan teman-teman di atas, link yang bapak berikan sudah tidak dapat di akses lagi.

    ReplyDelete
  10. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Mohon maaf prof, untuk link sudah tidak dapat di akses. Sya berkomentar tentang akuntabilitas pendidikan. Pendidikan harus mempunyai dasar filsafat, ideology yang jelas. Tanpa ada dasar falsafah maupun ideology nya maka pendidikan tidak akuntabel. Dalam pendidikan juga harus ada system, yang berdasar ideologinya, system bersifat fleksibel dan dapat dijalankan semua pelaksana pendidikan. Tidak ada yang dicedrai maupun mencederai. Maka akuntablitas pendidikan terpenuhi

    ReplyDelete
  11. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Pada bahasan suntainibilitas pendidikan, berdasarkan ideology yang dianut, pendidikan mempunyai tujuan jangka panjang, menegah, pendek. Antara tujuan-tujuan tersebut tentunya saling terkait satu dengan yang lain. Maka dibutuhkan suatu proses yang berkelanjutan, system pendidikan yang berkelanjutan sampi tujuan tercapai.

    ReplyDelete
  12. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Akuntabilitas pendidikan adalah kemampuan sekolah mempertanggungjawabkan kepada publik segala sesuatu mengenai kinerja yang telah dilaksanakan.Tujuan akuntabilitas pendidikan adalah agar terciptanya kepercayaan publik terhadap sekolah. Kepercayaan publik yang tinggi akan sekolah dapat mendorong partisipasi yang lebih tinggi pula terdapat pengelolaan manajemen sekolah.

    Sedangkan Sustainabilitas pendidikan adalah sistem pendidikan yang mampu menciptakan pembelajaran yang inovatif serta terus melakukan perubahan dan pengembangan secara kontinu sehingga dapat melakukan perubahan menuju pendidikan yang lebih baik lagi. Pada konsep ini terdapat dua fokus utama yaitu pengembangan dan lingkungan, yang keduanya sangat berkaitan erat dengan kehidupan manusia dan mulai diimplementasikan dalam pendidikan.

    ReplyDelete
  13. Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan merupakan hal penting dalam mengembangkan profesionalitas dalam pendidikan. Akan tetapi, hal ini perlu mendapat dukungan oleh berbagai pihak diantaranya pendidik, supervisor, dan segala komponen yang bergerak dalam hal pendidikan. Kolaborasi yang baik antara komponen-komponen pendidikan tersebut dapat menjaga akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan.

    ReplyDelete
  14. Mohon maaf Pak Marsigit, link yang bapak berikan sepertinya sudah kadaluarsa atau berganti sehingga tidak dapat dibuka. Semoga dapat diperbarui lagi agar dapat menjadi tambahan sumber bacaan tentang akuntabilitas dan sustainbilitas pendidikan bagi kami. Sedikit pengertian akuntabilitas dan sustainbilitas yang saya ketahui terkait dengan pendidikan ialah berupa penilaian. Akuntabel artinya penilaian berdasarkan data empirik, yaitu ada bukti nyata. Sedangkan sustainable ialah penilaian secara berkelanjutan dari awal kegiatan pembelajaran hingga akhir kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  15. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Istilah akuntabilitas berasal bahasa Inggris accountability yang artinya pertanggunganjawab atau keadaan untuk dipertanggungjawabkan atau keadaan untuk diminta pertanggunganjawab. Akuntabilitas ini. berfungsinya seluruh komponen penggerak jalannya kegiatan perusahaan, sesuai tugas dan kewenangannya masing-masing. Akuntabilitas dapat diartikan sebagai kewajiban-kewajiban dari individu-individu atau penguasa yang dipercayakan untuk mengelola sumber-sumber daya publik dan yang bersangkutan dengannya untuk dapat menjawab hal-hal yang menyangkut pertanggungjawabannya.

    ReplyDelete
  16. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Siswa yang merasa senang dalam pembelejaran karena mereka diberi kesempatan untuk bereksplorasi. Pada gambar tersebut terlihat orang tua ataupun guru lain yang ikut melihat jalannya pembelajaran. Guru yang akuntabel atau guru yang dapat dipercaya, tidak akan malu ketika pembelajarannya dilihat bahkan dinilai oleh orang lain karena dengan pembelajarannya dilihat oleh orang lain, terutama praktisi, malah akan dapat dinilai bagaimana akuntabilitas pembelajarannya dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Guru yang dapat dipercaya akan mengajar sesuai dengan porsinya, tidak berlebih dan juga tidak kurang, memberikan kesempatan kepada siswanya, dan membuat siswa senang, paham, serta menguasia life skill dan materi pelajaran

    ReplyDelete
  17. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Terima kasih sebelumnya, Prof atas sharing ilmunya tentang akuntabilitas dan sustainabilitas terhadap pendidikan. Tetapi, link di atas tidak dapat di akses kembali. Semoga bisa diperbaharui dan di share kembali. Mengenai akuntabilitas dan sustainabilitas terhadap pendidikan, menurut pendapat saya, akuntabilitas merupakan kemampuan seseorang atau kelompok tentang pertanggungjawaban terhadap pendidikan. Sedangkan sustainabilitas merupakan proses membangun pendidikan yang berkelanjutan sehingga menciptakan keseimbangan antara pendidikan dan perkembangan zaman.

    ReplyDelete
  18. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Mohon maaf Pak karena link yang tersedia tersebut sudah tidak dapat diakses. Akan tetapi saya ini mencoba memberikan komentar saya mengenai akuntabilitas dan sustainabilias pendidikan. Akuintabilitas dan sustainibilitas pendidikan akan mempengaruhi mutu pendidikan. Akuintibilitas pendidikan adalah kemampuan sekolah mempertanggungjawabkan kepada masyarakat umum segala sesuatu mengenai kinerja yang telah dilaksanakan sehingga muncul kepercayaan masyarakat umum terhadap sekolah/pendidikan. Sedangkan sustainibilitas pendidikan adalah pendidikan itu harus berkonsep berkelanjutan, yaitu selain pendidikan sendiri dilaksanakan secara bekerlanjutan/berkesinambungan karena tujuan dari pendidikan bukan hanya untuk jangka pendek melainkan untuk jangka panjang, demi masa depan yang berkelanjutan.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  19. Akuintibilitas dan sustainabilitas pendidikan mempengaruhi masyarakat untuk berpatisipasi dalam pendidikan, atau dengan kata lain masyarakat ingin memiliki/menempuh pendidikan karena pendidikan dipercayai mampu memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan dalam membangun kehidupan yang lebih baik. Sehingga mutu pendidikan pun akan meningkat dan kehidupan bangsa pun akan meningkat pula. Sekian dan terima kasih.

    ReplyDelete
  20. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Wah judul yang menarik membawa saya ke sini.. tapi apa daya ketika link dibuka sudah tak bisa diakses lagi. Saya kurang cepat ya Prof. dalam mencari pengetahuan mengenai ini. Menjadi pelajaran bagi saya untuk tidak menunda pembelajaran pribadi diri saya.

    ReplyDelete
  21. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    PPs PMat C

    Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan sangat penting dalam mengembangkan profesionalitas dalam pendidikan. Hal ini perlu didukung oleh berbagai pihak diantaranya pendidik, supervisor, dan segala komponen yang ada bergerak dalam hal pendidikan. Kolaborasi yang baik antara komponen-komponen pendidikan tersebut dapat menjaga akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan. Oleh karena itu pentingnya kolaborasi yang baik dari semua komponen pendidikan di Indonesia dalam menyelenggarakan sistem pendidikan di Indonesia agar dapat mengembangkan profesionalitas setiap komponennya.

    ReplyDelete
  22. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Arti akuntabilitas adalah dipercaya, sedangkan sustainabilitas berarti keberlangsungan secara terus menerus. Untuk menjadi guru kita hendaknya menjadi guru yang akuntabel dan sustainabel, karena guru yang diharapkan adalah seorang guru yang dapat dipercaya oleh siswa dan orang tua siswa untuk melakukan pendidikan atau pengajaran yang terus menerus. Dapat dipercaya berarti guru mempunyai pengakuan atas kemampuannya hingga dia bisa mengajar secara terus menerus hingga batas yang tidak ditentukan.

    ReplyDelete
  23. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Mohon maaf sebelumnya Prof, link yang telah dibagikan ternyata sudah tidak dapat diakses kembali.

    ReplyDelete
  24. Nurika Mitahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan sangat penting dalam mengembangkan profesionalitas dalam pendidikan. Hal ini perlu didukung oleh berbagai pihak diantaranya pendidik, supervisor, dan semua komponen yang terlibat dalam bidang pendidikan. Kolaborasi yang baik antar komponen-komponen pendidikan tersebut dapat menjaga akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan. Oleh karena itu pentingnya kolaborasi yang baik dari semua komponen pendidikan di Indonesia dalam menyelenggarakan sistem pendidikan di Indonesia agar dapat mengembangkan profesionalitas setiap komponennya.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  25. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. akuntabilitas pendidikan dilakukan agar tercipta kepercayaan publik terhadap sekolah. Kepercayaan publik yang tinggi akan sekolah dapat mendorong partisipasi yang lebih tinggi pula terdapat pengelolaan manajemen sekolah. Tujuan utama akuntabilitas adalah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja sekolah sebagai salah satu syarat untuk terciptanya sekolah yang baik dan terpercaya. Akuntabilitas bermanfaat untuk menilai kinerja sekolah dan kepuasaan publik terhadap pelayanan pendidikan yang diselenggarakan oleh sekolah, untuk mengikutsertakan publik dalam pengawasan pelayanan pendidikan dan untuk mempertanggungjawabkan komitmen pelayanan pendidikan kepada publik.

    ReplyDelete
  26. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Sebagai pertanggungjawaban proses pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah, lembaga penyelenggara pendidikan membuat laporan petanggungjawaban dari sekolah berupa penilaian siswa. Hal tersebut dilakukan agar kualitas pendidikan selalu terpantau dengan jelas sehingga dapat selalu diketahui dan ditingkatkan kualitasnya.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  27. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Selain agar kualitas pendidikan selalu terpantau dengan jelas sehingga dapat selalu diketahui dan ditingkatkan kualitasnya, pemberitahuan kemampuan siswa juga dapat membuat orang tua dan berbagai pihak yang lain memegang kepercayaan untuk mendukung pembelajaran di sekolah.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  28. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Mohon maaf Prof sepertinya link diatas sudah tidak aktif lagi namun, terlepas dari itu sepemahaman saya akuntabilitas dan sustainabilitas merupakan dua hal yang sangat penting dalam pengembangan kualitas pendidikan di berbagi aspek. Akuntabilitas merupakan merupakan pertanggungjawaban (sekolah atau institusi pendidikan negeri) dalam pencapaian tujuan pendidikan itu sendiri dan sustainabilitas sendiri lebih menekankan pada monitoring terhadap aspek aspek yang masih perlu ditingkatkan.

    ReplyDelete
  29. 370. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Akuntabilitas adalah wujud tanggung jawab yang harus dilakukan oleh para guru. Guru harus akuntabel dimana ia harus bisa dipercaya, tidak hanya dipercaya oleh siswanya saja, melainkan sesame guru, kepala sekolah, dan orang tua siswa. Guru yang akuntabel tentu akan menjadi role model bagi lingkungan sekitarnya.

    ReplyDelete
  30. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Berpikir yang baik di dalam filsafat adalah berpikir berdasarkan logika atau pengalaman. Karena berpikir yang berasal dari logika atau pengalaman tidak aka nada akhirnya. Sehingga, kita dapat mencapai ke titik yang disebut dengan Sustainabel yaitu berfikir tentang ilmu pengetahuan yang bersifat berkelanjutan. Namun, selain harus bersifat sustainabel pemikiran juga harus bersifat Akuntabel yang berarti bahwa apa yang telah diucapkan serta direalisasikan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

    ReplyDelete
  31. Widuri Asmaranti
    17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum wr.wb Prof
    Maaf pak, sepertinya link di atas tidak bisa dibuka lagi. Menurut yang saya dapatkan di sumber lain, bahwa akuntabilitas adalah tanggung jawab akan sesuatu, jadi yang harus dilakukan. Kalau sustainabilitas yaitu sesuatu yang berklelanjutan.

    ReplyDelete
  32. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B
    Salah satu impian dari sistem pendidikan termasuk sistem pendidikan yang ada di Indonesia adalah suatu sistem yang semua pihak dapat bertangung jawa dan sadar akan pentingnya pendidikan berkelanjutan. Hal itulah yang disebut sebagai akuntabilitas dan sustainbilitas dalam pendidikan. Dimana akuntabilitas adalah hal yang dapat dipertanggungjawabkan. Sustainbilitas adalah sesuatu yang berkelanjutan. Terimkasih

    ReplyDelete
  33. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Guru menjadi salah satu penentu bergeraknya proses pembelajaran yang efektif di sekolah. Namun pada kenyataannya masih banyak guru yang belum akuntable dalam menjalankan tugasnya sebagai tenaga pendidik. Sudah sangat jelas bahwa kewajiban guru tidak hanya mentransfer pengetahuan saja, lebih dari itu peran guru dalam membantu siswa membangun pengetahuannya sendiri, membantu pembentukan karakter baik siswa dan memfasilitasi segala aktifitas siswa dalam rangka menciptakan iklim pembelajaran yang efektif. Di lain pihak, memang telah banyak tenaga pengajar profesional yang hadir guna memperbaiki sistem pendidikan yang belum begitu stabil di Indonesia. Mereka yang total memberikan segala kemampuan terbaiknya guna menciptakan pendidikan yang lebih baik lagi ini tentu harus sustainable terhadap kewajibannya. Artinya tetap mempertahankan keprofesionalismean dalam mengajar, terus belajar hal baru guna memperbaiki cara mengajar atau cara berfikirnya.

    ReplyDelete