Oct 7, 2013

Akuntabilitas dan Sustainabilitas Pendidikan




Dear all,

Following is the discussion on Accountability and Sustainability of Education:

http://www.linkedin.com/groupAnswers?viewQuestionAndAnswers=&discussionID=264733390&gid=69765&commentID=159190220&trk=view_disc&fromEmail=&ut=3YUJLRKTSUfBY1

Thanks

Marsigit

36 comments:

  1. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Menumbuhkan kepercayaan publik terhadap lembaga penyelenggara pendidikan dapat dilakukan dengan banyak hal. Misalnya dengan adanya laporan petanggungjawaban dari sekolah berupa penilaian siswa. Hal semacam itu merupakan sarana untuk mempertanggungjawabkan proses pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah. Sehigga orang tua dan berbagai pihak yang lain dapat memegang kepercayaan untuk mendukung pembelajaran di sekolah.

    ReplyDelete
  2. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Bukan hanya dalam hal politik, dalam pendidikanpun akuntabilitas dan sustainabilitas sangat diperlukan. Akuntabilitas dalam bidang pendidikan merupakan peningkatan hubungan dengan masyarakat, dan kegiatan-kegiatan manajemen pendidikan secara efektif dan efisien serta peningkatan ini harus berkelanjutan (sustainabilitas) Tujuannya adalah agar tercipta kepercayaan publik terhadap sekolah, menilai kinerja sekolah dan kepuasaan publik terhadap pelayanan. Feedback utamanya bagi sekolah adalah mempengaruhi eksistensi sekolah yang tentunya akan berimbas kepada tujuan-tujuan yang ingin dicapai sekolah.

    ReplyDelete
  3. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan saat ini semakin gencar disuarakan dengan adanya tuntutan masyarakat akan pendidikan yang bermutu. Tujuan akuntabilitas pendidikan adalah agar terciptanya kepercayaan publik terhadap sekolah. Kepercayaan publik yang tinggi akan sekolah dapat mendorong partisipasi yang lebih tinggi pula terdapat pengelolaan manajemen sekolah. Sekolah akan dianggap sebagai agen bahkan sumber perubahan masyarakat. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendidikan hendaknya harus ditingkatkan dan dilajutkan (sustaibilitas) dengan kualitas yang tinggi.

    ReplyDelete
  4. Nikma Husna
    13301244024
    Pendidikan Matematika C 2013
    Untuk meningkatakan akuntabilitas dan sustainabilitas dapat ditempuh dengan bernagai cara, salah satunya yaitu dengan guru selalu mengikuti perkembangan teknologi yang nantinya juga akan berdampak pada perkembangan siswa pula. Guru seharusnya tetap belajar untuk meningkatkan kemampuan belajarnya, menambah referensi untuk mengajar, serta bertambah pengalaman.

    ReplyDelete
  5. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Sejatinya pendidikan akuntabilitas dan sustainabilitas sangat diperlukan. Akuntabilitas dalam bidang pendidikan merupakan peningkatan hubungan dengan masyarakat, dan kegiatan-kegiatan manajemen pendidikan secara efektif dan efisien serta peningkatan ini harus berkelanjutan sustainabilitas Tujuannya adalah agar tercipta kepercayaan publik terhadap sekolah, menilai kinerja sekolah dan kepuasaan publik terhadap pelayanan.Hal semacam itu merupakan sarana untuk mempertanggungjawabkan proses pembelajaran yang diselenggarakan di sekolah.

    ReplyDelete
  6. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Tujuan akuntabilitas pendidikan adalah agar terciptanya kepercayaan publik terhadap sekolah. Kepercayaan publik yang tinggi akan sekolah dapat mendorong partisipasi yang lebih tinggi pula terdapat pengelolaan manajemen sekolah. Sekolah akan dianggap sebagai agen bahkan sumber perubahan masyarakat.Bukan hanya dalam hal politik, dalam pendidikanpun akuntabilitas dan sustainabilitas sangat diperlukan. Akuntabilitas dalam bidang pendidikan merupakan peningkatan hubungan dengan masyarakat, dan kegiatan-kegiatan manajemen pendidikan secara efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  7. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    link yang diberikan diatas samas seperti postingan sebelumnya terkait apa yang harus di fix kan dalam pendidikan jika kita mampu/bosa memfix kan itu,
    jawaban saya adalah asaya ingin memfixkan norma dan formal pendidikan di indonesia, norma nya yaitu bagaiaman siswa belajar dengan bakat masing-masing yang di miliki, dengan kemampuan yang dimiliki, sekarang ini siswa belajar utnuk mencapai kesamaan yang dimiliki, yaitu UN, standar UN membuat siswa di indonesia semua sama sesaidengan standar, yang lebih miris lagi, standar itu hanya sebatas matematika ipa ipa ips bhs indo bhs inggris, padahal kemampuan siswa sangat banyyak sekali,tidak ada standar karakter, tidak ada standar spiritual, ini yang membuat nya materailisme, hedoponisme dll, yang menjadikn aindonesia memiliki permasalahan yang multi dimensi, dari formla bagaiam guru bisa memberikan pendekatan dan metode belajar yang membuat siswa aktif bereksplorasi, guru bisa berkomunikasi dengan sisaw, guru bisa memfasilitasi siswa untuk belajara.

    ReplyDelete
  8. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Akuntabilitas membutuhkan aturan, ukuran atau kriteria, sebagai indikator keberhasilan suatu pekerjaan atau perencanaan yang dapat memberikan hasil kerja sesuai dengan criteria yang telah di tentukan bersama sehingga memberikan rasa puas pihak lain yang berkepentingan secara berkelanjutan (Substainabilitas). Maka dalam mewujudkan akuntabilitas dan substainabilitas yang bagus sekolah harus meningkatkan kualitas faktor sistem menyangkut aturan-aturan dan tradisi organisasi. Dan faktor orang menyangkut motivasi, persepsi dan nilai-nilai yang dianutnya yang mempengaruhi kemampuannya akuntabilitas.

    ReplyDelete
  9. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Bicara tentang pendidikan, sangat erat kaitannya dengan akuntabilitas dan sustainabilitas. Sebab tanpa kepercayaan dan proses yang berkelanjutan, dapat dipastikan pendidikan itu tidak akan sempurna. Bagaimana seseorang akan mendapatkan ilmu dari pendidikannya, jika ia sendiri tidak percaya akan apa yang ia pelajari. Dengan akuntabilitas atau kepercayaan, pendidikan akan berjalan dengan baik. Begitu juga dengan sustainabilitas, pendidikan juga butuh proses yang berkelanjutan, pisau yang tajam jika tidak pernah diasah sekian lama, pasti akan tumpul. Begitu juga ilmu dalam dunia pendidikan, butuh proses yang berkelanjutan.

    ReplyDelete
  10. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Pendidikan formal (Sekolah) maupun pendidikan Non Formal perlu menciptakan akuntabilitas dan sustainbilitas. Membangun kedaua hal tersebut perlu adanya peninjauan faktor faktor atau indikator penilaiannya. Kepercayaan yang diberikan adalah bagian dari hal tersebut. Kepercayaan tersebut perlu dipertahankan, tujuannya bukan untuk pada satu sudut pandang saja, melainkan pada hal hal yang memang seharunya diwujudkan secara berkelanjutan.

    ReplyDelete
  11. Menurut saya Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan sangat penting dalam mengembangkan profesionalitas seorang guru dalam dunia pendidikan. Hal ini memerlukan kerjasama yang baik antara pendidik dan segala yang terkait dalam dunia pendidikan karena kerja sama yang baik tersebut dapat menjaga akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan.


    M. Saufi Rahman
    S3 PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  12. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Tujuan akuntabilitas pendidikan adalah agar terciptanya kepercayaan publik terhadap sekolah. Kepercayaan publik yang tinggi akan sekolah dapat mendorong partisipasi yang lebih tinggi pula terdapat pengelolaan manajemen sekolah. Sekolah akan dianggap sebagai agen bahkan sumber perubahan masyarakat. Slamet (2005:6) menyatakan: Tujuan utama akuntabilitas adalah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja sekolah sebagai salah satu syarat untuk terciptanya sekolah yang baik dan terpercaya. Penyelenggara sekolah harus memahami bahwa mereka harus mempertanggungjawabkan hasil kerja kepada publik.

    ReplyDelete
  13. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Akuntabilitas dan Sustainabilitas sangat diperlukan di dalam dunia pendidikan. Untuk mencapai Akuntabilitas dan Sustainabilitas yang tinggi dalam pendidikan maka harus adanya kerja sama yang berkelanjutan yang terlibat di dalam dunia pendidikan maupun di luar pendidikan. Pendidikan di Indonesia dalam tahap meningkatkan akuntabilitas dan sustainabilitas. Tugas kita adalah membantu program pemerintah apa yang bisa kita lakukan saat ini. Karena sekecil apapun usaha kita tidak ada kata percuma.

    ReplyDelete
  14. Akuntabilitas dan sustainabilitas dalam pendidikan merupakan aspek tanggungjawab yang berhubungan dengan pemberian keterangan/laporan tentang keadaan/peristiwa/kebijaksanaan dan tercapainya/tidak tercapainya sasaran. Sehingga akan melahirkan tata pamong dalam pendidikan yang baik diantaranya: Akuntabel, Transparan, Responsif, Inklusif dan merata, Efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  15. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dalam menyelenggarakan pendidikan dengan salah satu tujuannya adalah untuk memajukan generasi muda bangsa maka dibentuk satuan-satuan pendidikan yang menunjang itu. Akan tetapi ketika telah terbentuk itu maka diperlukan kepercayaan publik yang tinggi terhadap penyelenggara-penyelenggara pendidikan tersebut baik secara Akuntabel maupun secara sustainabel. sehingga sebagai guru agar ia dapat terus akuntabel dan sustainabel guru harus selalu mengikuti perkembangan teknologi yang tujuannya adalah untuk mengembangkan siswa agar dapat bersaing dalam dunia global.

    ReplyDelete
  16. SHALEH
    S3 PEP A 2016
    16701261010

    Berbagai kasus hukum yang menerjang dunia pendidikan dewasa ini seolah telah merobek benteng akuntabilitas pendidikan kita. Kepercayaan masyarakat ternodai, karena anggapan bahwa dunia pendidikan adalah wilayah "suci" tidak terbukti. Untuk ini lembaga-lembaga pendidikan sudah seharusnya meningkatkan akuntabilitas dalam pelayanan publik di bidang pendidikan yang berintegritas.

    ReplyDelete
  17. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Akuntabilitas adalah sejauh mana sesuatu dapat dipercaya. Sedangkan Sustainabilitas dapat diartikan sebagai keberlangsungan secara terus menerus. Maka akuntabilitas dan Sustainabilita pendidikan adalah kemampuan sekolah mempertanggungjawabkan kepada publik segala sesuatu mengenai kinerja yang telah dilaksanakan dan kinerja tersebut dapat dipertahankan atau berkelanjutan. Artinya dalam dunia pendidikan dipercayakan bahwa pendididikan mampu mencerdaskan bangsa dan dapat menjadi penerus pembangunan sumber daya manusia dalam membangun bangsa baik dalam social, politik, ekonomi, teknologi dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  18. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Akuntabilitas pendidikan adalah kemampuan sekolah mempertanggungjawabkan kepada publik segala sesuatu mengenai kinerja yang telah dilaksanakan. Akuntabilitas pendidikan memiliki tujuan untuk menciptakan kepercayaan publik terhadap sekolah. Akuntabilitas bukanlah akhir dari sistem penyelenggaran manajemen sekolah, tetapi merupakan faktor pendorong munculnya kepercayaan dan partisipasi yang lebih tinggi lagi.

    ReplyDelete
  19. Mifta Tyas Laksita Sari
    Pend. Matematika A 2013
    13301241005

    Dalam rangka menciptakan pendidikan yang memiliki prinsip-prinsip keberlanjutan dan pendidikan akuntabilitas diperlukan perbaikan tidak hanya dari guru, tetapi dari semua orang seperti pemerintah, kepala sekolah, siswa dan orang tua. Menurut (www.atcontent.com) dalam pendidikan ada tiga jenis utama dari sistem akuntabilitas: (a) sesuai dengan peraturan, (b) kepatuhan terhadap norma-norma profesional, dan (c) hasil. Jadi sekolah bisa menjalankan sistem akuntabilitas didasarkan pada seperangkat prinsip dengan menggunakan berbagai strategi implementasi.

    ReplyDelete
  20. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Akuntabilitas adalah seberapa jauh seorang dipercaya. Dan setiap orang selalu dipertanyakan, dapat dipercaya atau tidak. Sustainabilitas dapat diartikan sebagai keberlangsungan secara terus menerus. Agar menjadi guru yang mempunyai akuntabilitas dan sustainabilitas yang baik, guru harus peka dengan perkembangan teknologi, guru harus peka dengan perkembangan siswa, seorang guru harus menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang ada sekarang ini. Seorang guru tetap harus belajar, meningkatkan kemampuan mengajarnya, mereferensi dari pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain, belajar dari kehidupan.

    ReplyDelete
  21. Mengajar merupakan suatu perilaku yang kompleks. Seorang guru harus memiliki kemampuan mengajar. Ada dua hal yang perlu diperhatikan guru dalam upaya mengajar, yaitu akuntabilitas dan sustainabilitas. Apa itu akuntabilitas? akuntabilitas adalah kondisi seseorang yang dinilai oleh orang lain karena kualitas performannya dalam menyelesaikan tujuan yang menjadi tanggungjawabnya. Artinya Akuntabilitas bagi guru yaitu apa atau bagaimana ia bisa dipercaya, seberapa jauh ia dipercaya. Tujuan akuntabilitas pendidikan adalah agar terciptanya kepercayaan publik terhadap sekolah. Sementara Sustainabilitas dapat diartikan sebagai keberlangsungan secara terus menerus. Agar menjadi guru yang mempunyai akuntabilitas dan sustainabilitas yang baik, guru harus peka dengan perkembangan teknologi, Guru juga harus bisa mengakomodir semua keinginan anak didiknya.
    Abidin
    16709251002
    S2 Pmat A 2016

    ReplyDelete
  22. Umi Arismawati
    13301241032
    Pendidikan Matematika A 2013

    Pendidikan merupakan salah satu ranah yang penting. Sehingga semua hal dalam pendidikan harus akuntabilitas dan sustainabilitas. Guru memiliki tugas untuk mengajar. Mengajar haruslah dapat dipertanggungjawabkan. Proses mengajar yang baik juga harus dilakukan secara berkelanjutan.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Defy kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Pada dasarnya setiap perbuatan pasti ada pertanggungjawaban yang diminta. Ketika seorang guru melakukan pembelajaran, maka pembelajaran tersebut juga harus dapat dipertanggungjawabkan. Begitu juga dengan pendidikan, akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan sangat diperlukan. Hal ini penting untuk menumbuhkan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga pendidikan. Ketika masyarakat memiliki kepercayaan yang tinggi terhadap suatu lembaga pendidikan, maka eksistensi lembaga pendidikan tersebut tinggi.

    ReplyDelete
  25. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Akuntabilitas dalam pendidikan yaitu suatu sistem pendidikan yang dapat dapat dipercaya untuk dapat mempertanggungjawabkan pendidikan yang ada terhadap semua pihak yaitu siswa, guru, sekolah, dan lainnnya. Pendidikan yang sustainabilitas adalah sistem pendidikan yang mampu menciptakan pembelajaran yang inovatif, pendidikan yang dapat melakukan perubahan menuju pendidikan yang lebih baik lagi.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  26. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Akuntabilitas dan sustainabilitas dapat terwujud dengan upaya guru selalu berkembang bersama perkembangan zaman, guru selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran sehingga nantinya muncul kepercayaan terhadap lembaga ajar, dimana kepercayaan tersebut dapat meningkatkan kualitas pendidikan dari segi dimana pendidikan dapat dipercaya kualitas nya.

    ReplyDelete
  27. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP A UNY

    Akuntabilitas pendidikan adalah kemampuan sekolah mempertanggungjawabkan kepada publik segala sesuatu mengenai kinerja yang telah dilaksanakan. Untuk dapat mewujudkan kemampuannya, maka diperlukan suatu instrumen, aturan, ukuran dan kriteria sebagai indikator dari keberhasilan pekerjaan tersebut

    ReplyDelete
  28. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP A UNY

    Kegagalan mutu pendidikan sekolah biasanya terkait dengan masalah manajemen. Masalah tersebut adalah kegagalan pimpinan sekolah atau institusi pendidikan dalam menyusun perencanaan ke depan. Kebanyakan perencanaan yang saat ini ada adalah bukan serangkaian untuk meningkatan mutu tetapi hanya sekedar melaksanakan desakan manajemen diatasnya tentang apa yang harus dan tidak boleh dilakukan agar sekolah berjalan baik.

    ReplyDelete
  29. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP A UNY


    Dengan adanya akuntabilitas pendidikan akan tercipta kepercayaan publik yang tinggi terhadap sekolah. Dapat pula dinilai kinerja sekolah dan kepuasan publik terhadap pelayanan pendidikan yang diselenggarakan oleh sekolah. Sekolah juga dapat melibatkan publik dalam pengawasan pelayanan pendidikan dan untuk mempertanggungjawabkan komitmen pelayanan pendidikan kepada publik

    ReplyDelete
  30. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP A UNY

    Sebagai pendidik, agar menjadi guru yang mempunyai akuntabilitas yang tinggi dan sustainabilitas yang baik, maka kita harus terus melakukan inovasi dan peka terhadap perkembangan teknologi dan informasi. Memahami karakter siswa dan dapat mengakomodir bakat dan kemampuan siswa

    ReplyDelete
  31. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Akuntabilitas dan sustainabilitas yang baik dari seorang guru yaitu guru harus peka dengan perkembangan teknologi, perkembangan siswa, seorang guru harus menyesuaikan diri dengan perkembangan lingkungan yang ada pada masa sekarang. Seorang guru yang sudah berpendidian tingg pun tetap harus belajar, meningkatkan kemampuan belajarnya, mereferensi dari pengalaman sendiri maupun pengalaman orang lain, belajar dari kehidupan yang dijalaninya. Atau dengan kata lain dapat dikatakan bahwa seorang guru selamanya akan menjadi murid dari kehidupan yang dijalaninya tersebut.

    ReplyDelete
  32. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Akuntabilitas berkaitan dengan pertanggungjawaban, yaitu berkaitan dengan apa yang bisa dilakukan agar menimbulkan kepercayaan. Akuntabilitas pendidikan bersifat relatif tergantung pada filosofi, ideology pendidikan dan juga konteks pendidikan serta budaya yang dimiliki. Maka akuntabilitas pendidikan perlu dikembangkan sesuai dengan pengembangan budaya. Harapannya pengembangan tersebut dapat menjadi sustainabilitas dari akuntabilitas tersebut. Akuntabilitas yang tidak sustainabel tidaklah cukup. Sustainabilitas merupakan keberlanjutan sehingga akuntabilitas dan sustainabilitas memiliki kaitan yang erat. Semoga akuntabilitas pendidikan di Indonesia dapat selalu dikembangkan dan sustainabel sehingga kita dapat mencapai pendidikan yang lebih baik. Aamiin.

    ReplyDelete
  33. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Guru dan juga dosen sebaiknya menjadi seorang pendidik yang akuntabel, dimana pendidik mempertanggungjawabkan secara ilmiah dari apa yang dilakukannya dalam mengajar kepada diri siswa, tak terkecuali kepada kepala sekolah, masyarakat maupun komunitas pendidik. Tempat yang baik untuk mewujudkan akuntabilitas mengajar pendidik adalah lesson study. Kemudian pendidik yang sustainabel artinya pendidik membudayakan perubahan dan ini juga ada pada lesson study. Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan artinya semua yang bersangkutan harus bertanggung jawab apa yang dilakukan dalam kontribusinya, dan juga membudyakan perubahan. Tak terkecuali peserta didiknya.

    ReplyDelete
  34. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Akuntabilitas dan sustainabilitas pendidikan merupakan pertanggungjawaban dan ketahanan pendidikan itu sendiri. Sampai sejauh mana pendidikan yang telah dilakukan dapat dipertahankan dan dipertanggungjawabkan. Semua hal yang kita lakukan pasti ada hal yang harus kita pertanggungjawabkan, begitu pula dalam pendidikan. Kita sebagai pendidik harus mampu mempertanggungjawabkan pembelajaran yang telah kita lakukan, mempertanggungjawabkan hasil pembalajarn, dan lain-lain.

    ReplyDelete
  35. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Usaha mencapai Akuntabilitas dan sustainabilitas tidak hanya dalam ranah politik, tetapi juga mencakup ranah pendidikan. dalam bidan pendidikan, akuntabilitas dilakukan dengan melakukan hubungan yang baik antara sekolah dengan masyarakat dengan melakukan serangkaian kegiatan-kegiatan atau proses dalam melakukan suatu perbaikan kinerja sekolah yang terus menerus (sustainabilitas) sehingga mendapatkan kepercayaan masyarakat terhadap sekolah yang akan berpengaruh terhadap eksistensi sekolah. Hal ini juga akan berdampak terhadap tujuan yang ingin diraih oleh sekolah.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    ReplyDelete
  36. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Akuntabilitas dan sustainabilitas adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Akuntabilitas pendidikan berkaitan dengan hal-hal yang bisa dikembangkan yang bersifat relatif tergantung pada filosofi, ideology pendidikan dan juga konteks pendidikan serta budaya yang dimiliki. Akuntabilitas menjadi tidak bermakna ketika tidak sustainabel. Sustainabilitas merupakan keberlanjutan dari akuntabilitas. Sehingga untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan nasional akuntabilitas harus tetap ditingkatkan dan harus sustainabilitas.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id