Jul 9, 2015

Angket Terbuka Kesulitan Penyusunan RPP

ANGKET


ANALISIS KESULITAN DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SESUAI KURIKULUM 2013



Yth. Semua Mahasiswa PPG Mat Angkatan ke III, Mahasiswa S1 Matkul Etnomatematika dan Ethnomathematics, Mahasiswa S1 Mat Kul Mikroteaching dan Mahasiswa Mat Kul Learning Trajectory S2 Pendidikan Dasar.

Kami memohon dengan hormat kesediaan Saudara/i untuk mengisi angket ini sesuai dengan pengalaman dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembeajaran berdasarkan Kurikulum 2013 (termasuk lampirannya yaitu Lembar Kerja Siswa dan penilaiannya). Pengisian angket ini bertujuan untuk mengumpulkan data mengenai kesulitan atau kendala dalam menyusun RPP sesuai dengan Kurikulum 2013. Dengan diketahuinya letak kesulitan penyusunan RPP ini, kami sebagai peneliti akan berusaha menyampaikan kepada pemangku kebijakan berbagai saran dan usulan sebagai upaya agar calon guru atau guru tidak lagi mendapatkan kendala dalam menyusun RPP sesuai kurikulum 2013 di masa yang akan datang. Lebih khusus hasil penelitian ini akan saya gunakan untuk masukkan perbaikan program PPG Matematika, Matakuliah Etnomatematika dan Learning Trajectory, dan Microteaching.

Atas partisipasi dan kerja sama yang diberikan, disampaikan terima kasih.
Mohon Angket yang sudah diisi dapat dikirim kembali ke alamat emil:  marsigitina@yahoo.com

Yogyakarta, 9 Juli 2015
Hormat kami,

Prof Dr Marsigit, MA dan tim peneliti
Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta


Nama                                   :
Asal Perguruan Tinggi S1 :
Alamat Rumah                  :



Pernyataan:
Angket ini saya isi sesuai dengan pengalaman yang saya miliki selama menyusun RPP berdasarkan Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran matematika.

Tanggal           :




Petunjuk pengisian:
Angket ini terdiri dari Bagian A, B dan C.

Jawablah pertanyaan sesuai dengan pilihan yang diberikan dan dengan menuliskan hasil refleksi terhadap pengalaman penyusunan RPP yang dimiliki.


BAGIAN A. Komponen dan Sistematika RPP

1.       Apakah Anda menyusun RPP sesuai dengan sistematika yang ditentukan di dalam kurikulum 2013 yaitu seperti yang tercantum pada Permendikbud No. 103 Tahun 2014? Pilih salah satu jawaban dan tuliskanlah alasan Anda.

Pilihan
Alasan
a.       Ya, selalu






b.      Kadang-kadang






c.       Saya tidak tahu format tersebut








2.       RPP Kurikulum 2013 memiliki banyak komponen. Seberapa mudah atau sulit menyusun komponen tersebut, pilih skor (dengan memberikan tanda x) sesuai hasil penilaian terhadap diri Anda sendiri.
Skor diberikan antara 1 sampai dengan 9, dimana skor 1: sangat mudah ------- Skor 9: sangat sulit

No.
Seberapa mudah atau sulit menyusun komponen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1.
Identitas sekolah









2.
Kompetensi Inti









3.
Kompetensi Dasar









4.
Indikator Pencapaian Kompetensi









5.
Uraian materi









6.
Pendekatan/metode/strategi pembelajaran









7.
Media/alat pembelajaran









8.
Sumber belajar









9.
Banyaknya pertemuan









10.
Alokasi waktu tahap pembelajaran












No.
Seberapa mudah atau sulit menyusun komponen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
11.
Kegiatan pembuka pembelajaran:
mengkondisikan siswa









12.
Kegiatan apersepi (materi prasyarat)









13.
Kegiatan saintifik dalam pembelajaran inti









14.
Lembar kerja siswa









15.
Mengarahkan siswa ke tujuan pembelajaran









16.
Kegiatan penutup pembelajaran









17.
Teknik penilaian hasil belajar









18.
Instrumen penilaian









19.
Remedial









20.
Pengayaan











3.       Komponen manakah dalam RPP yang perlu dan tidak perlu.

No.
Seberapa mudah atau sulit menyusun komponen
Perlu
Tidak perlu
Tidak tahu
1.
Identitas sekolah



2.
Kompetensi Inti



3.
Kompetensi Dasar



4.
Indikator Pencapaian Kompetensi



5.
Uraian materi



6.
Pendekatan/metode/strategi pembelajaran



7.
Media/alat pembelajaran



8.
Sumber belajar



9.
Banyaknya pertemuan



10.
Alokasi waktu tahap pembelajaran



11.
Kegiatan pembuka pembelajaran:
mengkondisikan siswa



12.
Kegiatan apersepi (materi prasyarat)



13.
Kegiatan saintifik dalam pembelajaran inti



14.
Lembar kerja siswa



15.
Mengarahkan siswa ke tujuan pembelajaran



16.
Kegiatan penutup pembelajaran



17.
Teknik penilaian hasil belajar



18.
Instrumen penilaian



19.
Remedial



20.
Pengayaan






4.       Tambahan catatan hasil refleksi/komentar mengenai sistematika dan komponen RPP dalam Kurikulum 2013:






BAGIAN B. Pengembangan RPP

1.       Penyusunan indikator pencapaian kompetensi dasar
a.       Jelaskan perbedaan antara indikator pembelajaran dengan kompetensi dasar.





b.      Jelaskan dasar penyusunan indikator pembelajaran.





c.       Apakah tujuan menyusun indikator pencapaian kompetensi dasar.





d.      Berikut ini adalah salah satu kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013.
Menentukan luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas.
Tentukan indikator pencapaian kompetensi dasar tersebut:







e.      Berikut ini adalah salah satu kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013.
Memprediksi pola barisan dan deret aritmatika dan geometri atau barisan lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya.
Tentukan indikator pencapaian kompetensi dasar tersebut:






f.        Refleksikan kendala atau kesulitan yang dialami ketika menyusun indikator pencapaian kompetensi dasar






2.       Penyusunan skema pencapaian kompetensi
a.       Jelaskan yang dimaksud dengan skema pencapaian kompetensi.





b.      Apakah hubungan antara skema pencapaian kompetensi dengan indikator pencapaian kompetensi dasar.





c.       Apakah tujuan menyusun skema pencapaian kompetensi.





d.      Jelaskan bagaimana Anda menyusun uraian materi dalam RPP.







e.      Jelaskan bagaimana Anda memilih pendekatan/metode/strategi pembelajaran.







f.        Refleksikan kendala atau kesulitan yang dialami ketika menyusun skema pencapaian kompetensi dasar











3.       Pengembangan materi apersepsi
a.       Jelaskan yang dimaksud dengan apersepsi.





b.      Apakah hubungan antara skema pencapaian kompetensi dengan materi apersepsi.





c.       Jelaskan bagaimana Anda menyusun kegiatan apersepsi.





d.      DIberikan indikator pencapaian kompetensi adalahmenentukan panjang garis singgung persekutuan dalam.Menurut Anda, bagaimana kegiatan apersepsi yang diperlukan untuk pencapaian kompetensi ini.







e.      Jelaskan bagaimana Anda memilih strategi atau teknik pelaksanaan apersepsi.






f.        Refleksikan kendala atau kesulitan yang dialami ketika mengembangkan kegiatan/materi apersepsi.











4.       Pengembangan aktivitas pembelajaran inti
a.       Jelaskan yang dimaksud dengan pembelajaran inti.





b.      Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam mengembangkan aktivitas pembelajaran inti.






c.       Apakah Lembar Kerja Siswa selalu diperlukan dalam pembelajaran inti? Mengapa?







d.      Jelaskan apa saja yang perlu dituliskan di RPP pada komponen pembelajaran inti.







e.      Jelaskan bagaimana Anda memilih pendekatan/metode/strategi pembelajaran inti.







f.        Refleksikan kendala atau kesulitan yang dialami ketika mengembangkan aktivitas pembelajaran inti.









a.       Jelaskan mengapa perlu menarik kesimpulan pada akhir pembelajaran.





b.      Jelaskan strategi/teknik apa saja yang Anda gunakan untuk mengembangkan kegiatan menarik kesimpulan.





c.       Apa yang Anda lakukan ketika alokasi waktu yang direncanakan untuk kegiatan menarik kesimpulan ternyata tidak sesuai dengan pelaksanaan.





d.      Diberikan indikator pencapaian kompetensi: menemukan jaring-jaring kubus.
Menurut Anda, apa kesimpulan pembelajarannya?







e.      Pada akhir pembelajaran, selain menarik kesimpulan apakah ada kegiatan lain yang perlu dikembangkan?





f.        Refleksikan kendala atau kesulitan yang dialami ketika menyusun skema pencapaian kompetensi dasar










BAGIAN C: Aspek Pelaksanaan Kurikulum 2013

A.       Butir-butir angket ini bersifat terbuka. Kami harap Anda berkenan menjawab berdasarkan pengalaman Anda.
1.       Secara umum, aspek apa dari Kurikulum 2013 yang menurut Anda sulit untuk dilaksanakan?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

2.       Menurut Anda, apakah terdapat perbedaan signifikan antara RPP berdasarkan KTSP dengan RPP berdasarkan Kurikulum 2013? Jelaskan.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
3.       Aspek apa yang Anda pertimbangkan saat merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

4.       Apakah Anda mengalami kesulitan saat merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi? Jika iya, apa kesulitan Anda dan strategi apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

5.       Saat menyusun Tujuan Pembelajaran, aspek apa yang Anda pertimbangkan dan adakah kesulitan yang Anda alami? Jelaskan.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

6.       Saat merencanakan Kegiatan Pembelajaran, sebutkan dua langkah Pendekatan Saintifik (5M) yang menurut Anda paling sulit. Jelaskan alasan Anda.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

7.       Saat merencanakan Kegiatan Pembelajaran, sebutkan dua langkah Pendekatan Saintifik (5M) yang menurut Anda paling mudah. Jelaskan alasan Anda.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..




8.       Jelaskan hal-hal yang Anda pertimbangkan dalam memilih metode/model/strategi pembelajaran.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..




9.       Saat menyusun penilaian, aspek apa yang Anda pertimbangkan dan adakah kesulitan yang Anda alami? Jelaskan.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..





10.   Dari keseluruhan komponen RPP berdasarkan Kurikulum 2013, komponen apa yang menurut Anda sulit untuk dibuat?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

11.   Informasi ataupun pelatihan seperti apa yang Anda butuhkan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menyusun RPP berdasarkan Kurikulum 2013? Jelaskan alasan Anda.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

16 comments:

  1. Junianto
    17709251065
    PM C

    Rencana Pelaksanaan Pembelajran merupakan hal wajib yang harus dipersiapakan guru sebelum melakukan pembelajran di kelas. RPP memuat berbagai hal yang akan disampaikan kepada siswa berikut langkah-langkah penyampaian materi pembelajaran. Dengan menggunakan RPP, pembelajran akan menjadi lebih terarah dan memudahkan siswa dalam memahami materi. Maka dari itu, penyusunan RPP pun harus dilakukan dengan matang dan memperhatikan kondisi siswa meskipun terkadang kondisi di kelas tidak sesuai dengan rencana. Postingan Bapak tersebut tentu sangat membantu kami sebagai mahasiswa calon pendidik untuk merencanakan pembelajaran agar terarah dan berjalan sesuai dengan rencana.

    ReplyDelete
  2. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Bagi kita yang membaca, postingan di atas sebenarnya juga memberikan pengetahuan tentang bagaimana menyusun RPP yang baik dan sebagai refleksi apakah benar atau tidak RPP yang sudah kita buat selama ini. Dari beberapa butir pertanyaan di atas, saya tertarik dengan pertanyaan "Apakah Anda mengalami kesulitan saat merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi? Jika iya, apa kesulitan Anda dan strategi apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut?". Menurut saya, merumuskan indikator termasuk bagian yang susah-susah gampang dalam pembuatan RPP. Indikator pembelajaran dalam RPP haruslah yang terukur atau menggunakan kata-kata operasional (ex: menghitung, menyelesaikan, menjelaskan). Terkadang, indikator yang dibuat dalam RPP tidak terukur karena lupa atau tidak memahami kata-kata operasional. Sehingga, hal yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi masalah ini ialah dengan mandaftar atau memperbanyak kosa kata operasional dan kemudian memahaminya. Jadi untuk kedepannya, kita sudah mengetahui yangmana kata operasional yangmana yang bukan.

    ReplyDelete
  3. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Saya menyadari ada hal baru yang selama ini tidak pernah saya lakukan, yaitu memuat komponen Remedial dan Pengayaan pada RPP. RPP yang saya tulis hanya sampai pada instrumen penilaian. Merujuk pada pertanyaan di angket seputar kesulitan pada langkah saintifik, saya pribadi merasa sulit memahami langkah MENANYA, sehingga seringkali saya tidak terlalu memperhatikan aspek tersebut dan fokus pada langkah lainnya.

    ReplyDelete
  4. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    S2 Pendidikan Matematika A

    RPP merupakan suatu perangkat pembelajaran yang penting untuk disusun oleh guru sebagai acuan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Berdasarkan pengalaman saya, pembuatan RPP terkadang sedikit kesulitan karena kondisi siswa yang sebenarnya masih sulit diajak untuk mengikuti K13. Beberapa siswa masih condong memahami materi jika dijelaskan dengan KTSP. artinya siswa belum siap untuk diajak lebih aktif. Namun, guru perlu untuk kreatif dalam menyusun RPP dan menerapkannya di kelas agar siswa lebih aktif dan paham.
    Di luar hal tersebut, guru juga perlu menambah pengetahuan dan referensi mengenai K13 agar dalam pelaksanaannya berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
  5. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 Kelas B

    Saya bukan guru (secara formal, yang mengajar di sekolah). Akan tetapi semasa saya kuliah S1 dahulu pernah membuat proposal penelitian tindakan sekolah yang berusaha untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun RPP. Semenjak saat itulah saya mengetahui betapa pentingnya RPP bagi seorang guru dan bagi pembelajaran. Meskipun pada saat itu, saya hanya menyusun proposal, akan tetapi saya mulai bertanya kepada kakak-kakak teman saya yang berprofesi sebagai guru dan ditambah dengan beberapa pengalaman saya penelitian di sekolah-sekolah. Saya melihat satu fenomena bahwa, RPP bagi beberapa guru bukan menjadi hal yang "keramat", RPP baru sekedar formalitas. Kenapa? Karena RPP yang sejatinya disusun guru sebelum proses belajar mengajar dimulai, baru lahir ketika akhir semester.

    ReplyDelete
  6. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Menurut Pasal 3 Ayat 1 Permendikbud nomor 103 Tahun 2014 disebutkan bahwa pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan RPP. Selanjutnya pada ayat 2 dijelaskan bahwa: RPP sebagaimana dimaksud pada ayat 1 disusun oleh guru dengan mengacu pada silabus dengan prinsip: (a) memuat secara utuh kompetensi dasar sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan keterampilan; (b) dapat dilaksanakan dalam satu atau lebih dari satu kali pertemuan;(c) memperhatikan perbedaan individual peserta didik;(d) berpusat pada peserta didik; (e) berbasis konteks; (f) berorientasi kekinian; (g) mengembangkan kemandirian belajar; (h) memberikan umpan balik dan tindak lanjut pembelajaran; (i) memiliki keterkaitan dan keterpaduan antarkompetensi dan/atau antarmuatan; dan (j) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Berdasarkan beberapa prinsip di atas saya akan menggaris bawahi tentang RPP yang berorientasi pada kekinian. Bahwa RPP yang disusun dapat memfasilitasi siswa memenuhi kebutuhan bersaing secara global. Artinya bahwa sebagian besar kegiatan yang direncanakan guru dalam RPP dapat mendukung kompetensi 4C siswa abad 21, yang meliputi creative, critical thinking, communicative dan collaborative.

    ReplyDelete
  7. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas, banyak persiapan yang harus dilakukan guru, salah satunya adalah merangcang RPP. Dengan adanya RPP, akan sangat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.
    Melalui postingan di atas, secara tidak langsung telah mengarahkan saya melakukan evaluasi diri terhadap RPP yang pernah saya susun ketika melaksanakan PPL dulu. Berdasarkan pengalaman saya, menyusun sebuah RPP tidaklah mudah. Banyak aspek yang harus dicermati terlebih dahulu, seperti kemampuan siswa, alokasi waktu, materi pembelajaran, hingga ke hal-hal yang lebih mendetail lainnya.

    ReplyDelete
  8. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Bagi seorang guru dan juga mahasiswa calon guru, menyusun RPP adalah hal yang sangat perlu sehingga wajib dipelajari dan dicermati bagaimana penyusunannya. RPP adalah rencana pembelajaran, dimana guru menuliskan akan dibawa kemana dan akan seperti apa pembelajaran yang dilaksanakan di kelasnya. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam membuat RPP akan ditemukan kesulitan-kesulitan. Bagi saya salah satunya adalah menentukan metode belajar yang tepat untuk siswa sesuai dengan karakter siswa dan topik bahasan. Terlebih dalam suatu kelas, tentunya terdapat berbagai macam siswa dengan karakteristiknya masing-masing. Bagaimana memilih metode belajar yang tepat dan sesuai dengan keadaaan kelas yang sangat heterogen.

    ReplyDelete
  9. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    S2 Pendidikan Matematika A

    Dalam penyususnan RPP, khususnya RPP kurikulum 2013. Terkadang saya mengalami kesulitan dalam penyususnan kegiatan inti. Sebagai contoh pengalaman yang telah saya lakukan saat PPL kemarin. Setelah melakukan observasi kondisi kelas dan siswa, saya menyusun RPP sedemikian rupa, namunternayta siswa masih saja menyukai metode konvensional (ekspositori). Apalagi siswa kelas 10 dalam masa transisi dari kurikulum KTSP.
    Di luar hal tersebut, guru juga perlu menambah pengetahuan dan referensi mengenai K13 agar dalam pelaksanaannya berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
  10. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    RPP merupakan pondasi dasar kita dalam mengajar karena dengan RPP kita bisa mengatur waktu dan melihat apa saja kegiatan proses pembelajaran yang akan kita lakukan di kelas. Dengan melihat struktur RPP yang bapak posting bisa menjadi salah satu acuan saya bagaimana RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013 karena bantuk RPP yang selama ini saya ikuti di pelatihan-pelatihan kurikulum 2013 sangat bervariasi sehingga terkadang membuat saya bingung seperti apakah RPP yang baik dan benar sesuai tuntutan dalam kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  11. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Menyusun RPP memang merupakan hal yang tidak mudah. terutama pada kurikulum 2013. untuk itu saya sangat setuju jika diadakan angket, dan penelitian terkait dengan hal ini merupakan hal yang menarik. agar ke depannya bisa dibuat kebijakan yang bisa mempermudah guru dalam menyusun RPP.

    ReplyDelete
  12. Insan A N/Magister PMat C 2017
    Menanggapi angket kesulitan rpp di atas, terutama pada pertanyaan hal apa yang paling susah dalam penyusunan rpp, bahwa dalam k13 hal yang sulit dalam pembuatan rpp adalah tahap-tahap yang harus dituliskan. Secara pribadi saya kesulitan jika diminta menuliskan bagian kegiatan di tahap mengamati, menanya, dan seterusnya.

    ReplyDelete
  13. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    RPP merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang penting untuk dilaksankan oleh guru. Dengan memahami dalam pembuatan dan melaksankan RPP dengan baik dan benar, maka pembelajaran dalam kelas akan terasa lebih terorgansir. Karena dalam RPP guru telah menjelaskan langkahlangkah apa saja yang akan dikerjakan untuk pembelajaran.

    ReplyDelete
  14. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Semua tahapan dalam pendekatan saintifik ini memliki tujuan dan maksud yang saling terkait satu dengan lainnya. Didukung dengan media yang menunjang pembelajran sehingga siswa dapat memahami pelajaran matematika dengan bersemangat. Banyak sekali aspek yang harus diperhatikan dalam membuat RPP berdasarkan kurikulum 2013. Merupakan sebuah tantangaan bagi guru untuk menyiapkan RPP yang semenarik mungkin untuk dilakukan di kelas.

    ReplyDelete
  15. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Banyak guru yang melaksanakan pembelajaran mengadopsi dari RPP yang dibuat guru lain. Hal tersebut tentunya tidak dapat disalahkan, namun pengetahuan dan keterampilan menyusun RPP harus dikuasai oleh setiap guru. Beberapa guru mungkin kesulitan dalam menjawab mengapa beliau memilih strategi tertentu dalam RPPnya dan selanjutnya akan diaplikasikan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Keterkaitan antara kegiatan apersepsi dan asesmen tyang dilakukan kemungkinan sulit juga dijawab karena sebagian guru masih merasa kesulitan dalam menyusun dan mencari apersepsi yang tepat dalam ekgiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  16. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Angket mengenai kesulitan RPP itu sangat berguna sebagai bahan evaluasi terhadap semua pendidik agar lebih memahami lebih dalam mengenai penyusunan RPP yang saat ini sudah berbasi kurikulum 2013. Dalam membuat RPP, guru juga tidak asal-asalan. Karena RPP merupakan alat yang digunakan sebagai penunjang proses belajar mengajar. Salah satu kesulitan saya dalam menyusun RPP adalah membangun apersepsi. Karena beberapa siswa memiliki jangka pendek untuk menyimpan pengetahuan yang lama. Sehingga untuk menghubungkan pengetahuan baru dengan yang sudah pernah didapatkan perlu pemikiran yang cukup matang agar guru berhasil membangun apersepsi siswa.

    ReplyDelete