Jul 16, 2015

NARASI BESAR IDEOLOGI DAN POLITIK PENDIDIKAN DUNIA

Dear all,



Saya berharap pemikiran saya berikut dapat dibaca oleh sebanyak-banyaknya para pemikir di Indonesia ataupun di dunia:

https://www.academia.edu/14097700/NARASI_BESAR_IDEOLOGI_DAN_POLITIK_PENDIDIKAN_DUNIA

Semoga bermanfaat.

Marsigit, Indonesia

3 comments:

  1. Terima kasih untuk link dan tulisannya, Pak. Permasalahan ideologi dan politik memang merupakan permasalahan yang sangat penting untuk dibahas. Bahkan bukan hanya dalam ilmu pendidikan, dua tema tersebut juga dibahas dalam berbagai ranah yang lain termasuk dalam sastra. Tulisan yang sangat mencerahkan dan sangat penting untuk dibaca para calon pendidik.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  2. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Antara ideologi dan politik memiliki perannya masing-masing terhadap dunia pendidikan. Dan narasi besar untuk kedua hal ini seperti yang dijelaskan di atas adalah tentang pendidikan demokrasi. Dimana dunia pendidikan harus menciptkan kebebasan. Kebebasan untuk berpikir. Melakukan segala sesuatu dengan ikhlas agar semuanya memiliki nilai yang bermanfaat bagi seluruh komponen yang ada.

    ReplyDelete
  3. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016

    Pendidikan demokrasi menonjolkan tentang bagaimana kebebasan bagi siswa untuk mengeksplorasi sumber belajar dan pengetahuan lain. Siswa diberikan kebebasan untuk aktif di kelas dan menyampaikan pendapat dan bertanya kepada guru apabila belum memahami sesuatu. Siswa diberikan kebebasan berpikir tergantung pada ruang dan waktunya. Ideologi dan politik sebenarnya sulit digabungkan dengan dunia pendidikan, namun semunya pasti memiliki hubungan yang saling mempengaruhi satu sama lain.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.