Jul 16, 2015

NARASI BESAR IDEOLOGI DAN POLITIK PENDIDIKAN DUNIA

Dear all,



Saya berharap pemikiran saya berikut dapat dibaca oleh sebanyak-banyaknya para pemikir di Indonesia ataupun di dunia:

https://www.academia.edu/14097700/NARASI_BESAR_IDEOLOGI_DAN_POLITIK_PENDIDIKAN_DUNIA

Semoga bermanfaat.

Marsigit, Indonesia

5 comments:

  1. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dalam dunia sekarang pendidikan dan pengetahuan itu sangat penting yang mana pendidikan dan pengetahuan salah satu dasar membangun suatu negara. Akan tetapi dua hal itu jalannya agak berbeda pendidikan itu mengarah untuk membangun masayarakat lebih baik lagi sedangkan politik itu membangun negara agar negara kita dapat berkembang dan bisa sejajar dengan negara maju kita. Jadi kedua hal itu sangat penting.

    ReplyDelete
  2. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Pengamatan prosesnya paham idealisme dan realisme muncul. Dari yang ada dan mungkin ada, berkembang menjadi tetap dan berubah, kemudian berkembang lagi menjadi yang ada dalam pikir (idealisme) dan yang ada di luar pikir (realisme)

    ReplyDelete
  3. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Berdasarkan artikel tersebut, bisa saya simpulkan terdapat hubungan antara Pendidikan dengan filsafat, politik, dan ideology. Telaahfilsafat telah memberi petunjuk adanya aliran-aliran pemikiran dalam sejarahnya; sedangkan politik dan ideologi telah memberikan konteks, persoalan dan solusi-solusinya. Terdapat benang merah secara filsafat, politik dan ideologis bahwa persoalan multidimensi bangsa Indonesia secara hermeneutika dapat didekati menggunakan narasi-narasi besar dunia di satusisi, dan di sisi lain dapat didekati menggunakan dialog kecerdasan lokal (local genious)

    ReplyDelete
  4. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Pada tabel yang dipaparkan oleh pak marsigit bisa saya ambil ilmu bahwa pendidikan itu ada berbagai macam, antara lain : Pendidikan Kapitalisme, Pendidikan Saintisme, Pendidikan Sosialisme, Pendidikan Spiritualisme, Pendidikan Demokrasi, dan Pendidikan Kontemporer Indonesia. Yang mana semuanya itu slalu berhubungan dengan filsafat, ideology, politik, moral, social, budaya, ilmu, epistemology pendidikan, kurikulum, tujuan pendidikan, teori mengajar, teori belajar, peran guru, kedudukan siswa, dan teori evaluasi

    ReplyDelete
  5. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Saya sangat belajar banyak dari postingan Prof. Marsigit ini. Menarik memang jika kita menarik simpul dari masing-masing aspek yang saling berkaitan antara ideologi dan politik pendidikan di Indoensia. Kemudian yang saya garisbawahi adalah tingginya angka HDI di Indonesia yang mengindikasikan kesenjangan (ada unsur politik) yang sangat tinggi, misalnya antara guru dengan siswa yang sekatnya masih sangat rapat.

    ReplyDelete