Jul 22, 2015

All about Learning Trajectory of Mathematics Teaching


All about Learning Trajectory of Mathematics Teaching


The following are all related web with Marsigit’s activities in Lecturing Learning Trajectory for Primary Mathematics School teachers:


http://pd.pps.uny.ac.id/berita/lesson-study-bernuansa-learning-trajectory-ala-p2tk-dikdas.html


29 comments:

  1. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B
    Terima kasih banyak Pak atas telah berbagi laman yang sangat bermanfaat bagi kami secara khusus dan pendidikan secara umum. Semoga laman yang telah dibagikan dapat kami manfaatkan sebagai pengembangan ilmu yang sesuai dengan landasan-landasan berilmu dan semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

    ReplyDelete
  2. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas link link yang dibagikan. Mohon ijin untuk menyimpan link link di atas untuk saya baca pada lain waktu. Pada salah satu link di atas, saya membaca tentang beberapa kegiatan perkuliahan Prof Marsigit, beberapa lengkap dengan gambarnya. Membaca artikel berkenaan dengan perkuliahan Prof Marsigit membawa saya pada perkuliahan perkuliahan yang pernah saya ikuti. Tentu dengan variasi metode yang sangat menarik dan tidak membosankan. Salah satu variasi perkuliahan saya baca pada link di atas, di mana Prof Marsigit melaksanakan kegiatan Lesson Study di SD Negeri Sodo Gunungkidul. Bukan saja para mahasiswa yang mendapatkan pengalaman baru dan berharga, tapi juga masyarakat di sana sangat antusias dengan kehadiran kawan kawan mahasiswa. Sungguh, luar biasa, belajar yang sesungguhnya ialah berguna bagi yang lainnya.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Learning trajectory dapat dipahami sebagai suatu rangkaian kegiatan yang disiapkan guru ketika akan menyampaikan suatu materi (konsep) kepada siswa yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa dan urutan materi pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Penting bagi calon guru maupun guru untuk mempelajari tentang learning trajectory agar dapat menyusun rencana pembelajaran yang baik. Dengan rencana penyampaian materi yang baik tentunya akan mendukung proses pembelajaran agar lebih terencana dan terurut sesuai dengan kemampuan siswa sehingga mempermudah siswa dalam memahami materi.

    ReplyDelete
  4. Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    terimakasih informasinya pak
    lagi-lagi banyak ilmu baru yang saya dapat, tentang bagaimana guru memberikan pelajaran yang sesuai dengan tingkatam dan kebutuhan siswanya
    dikarenakan siswa sendiripun memiliki bakat yang berbeda-beda
    dengan ilmu-ilmu yang baru, insyallah menjadikan generasi guru-guru yang lebih kreatif untuk siswanya

    ReplyDelete
  5. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Sebagai pendidik, referensi yang digunakan memang perlu diperkaya. Terimakasih atas link-link yang telah dishare prof. Ada beberapa gambar mengnenai pembelajaran Prof., ada RPP dan juga bahan kuliah dari prodi lain yang mungkin suatu hari akan berguna bagi saya. Sekali lagi, terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  6. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Bagi saya, sebenarnya Learning Trajectory adalah hal yang baru saya dengar dan temukan saat berkuliah di PPs UNY. Tapi pembelajaran ini menarik untuk dipelajari agar kelak dapat saya implementasikan dalam pembelajaran. Terima kasih banyak pak untuk link yang bapak bagikan pada artikel inimkarena telah menambah wawasan dan sangat menginspirasi. Semoga dari link-link yang bapak share ini akan bermanfaat.

    ReplyDelete
  7. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dalam membuat learning trajectory diharapkan guru memiliki kreativitas dalam merancang alur belajar yang akan terjadi pada proses pembelajaran. Learning trajectory ini sangat bermanfaat karena mengajarkan suatu materi yang sulit fengan cara atau angkah-langkah yang mudah dipahami oleh siswa. Di dalamnya, guru membuat hypothetical learning trajectory, dimana hipotesis-hipotesis yang memungkinkan akan dilakukan siswa dalam belajar. Untuk itu diperlukan adanya pemahaman guru akan langkah yang tepat yang akan diambil dalam hal ini.

    ReplyDelete
  8. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Learning trajectory atau persiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran sangatlah penting dalam menentukan proses pembelajaran itu efisien atau tidak. Sebagai guru yang baik tentunya informasi tentang learning trajectory ini perlu dicari dan digali. Oleh karena itu, publikasi semacam ini sangat membantu para pendidik maupun calon pendidik untuk bisa menambah wawasan tentang apa dan bagaimana mengembangkan learning grajectory, khususnya bagi siswa sekolah dasar.

    Meskipun prodi saya berfokus pada pendidikan sekolah menengah yang usianya sudah remaja. Namun saya tertarik mempelajari tentang bagaimana mempersiapakan kegiatan pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Hal ini karena karakteristik siswa sekolah dasar itu masih murni anak-anak yang masih belum berkembang logika berpikirnya, sehingga memerlukan pembelajaran berbasis kegiatan bukan ilmu abstrak. Tugas guru ialah memfasilitasi anak untuk membangun pengetahuannya tanpa mengekang atau membuat depresi pikiran siswa. Tentu tidak menutu kemungkinan bahwa ada siswa sekolah menengah yang karakteristiknya masih seperti anak sekolah dasar. Semoga dengan membaca materi dari link-link tersebut kita bisa mengembangkan learning trajectory sesuai dengan kondisi siswa kita masing-masing.

    ReplyDelete
  9. Latifah Fitriasari
    PM C

    Dalam kegiatan pembelajaran, semua siswa diharapkan mempunyai pemahaman yang sama, dengan cara yang sama, pada setiap akhir pembelajaran. Lintasan belajar bersifat hipotetis karena, sampai siswa betul-betul belajar dengan masalah yang ada, kita tidak bisa yakin apa yang akan mereka lakukan atau apa dan bagaimana memahami suatu masalah yang terjadi. Learning trajectory mempunyai tiga bagian penting yakni: tujuan pembelajaran matematika yang ingin dicapai, lintasan perkembangan yang akan dikembangkan oleh anak atau siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, dan seperangkat kegiatan pembelajaran ataupun tugas-tugas.

    ReplyDelete
  10. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Trajectory learning baru pertama kali saya mendengarnya. Sebagai calon pendidik saya merasa harus mempelajari lebih lanjut terkait Trajectory learning. Terima kasih sebelumnya Prof atas link-link diatas yang sudah di share kepada kami. Sekali lagi, saya berharap blog ini mampu membuka wawasan tidak hanya untuk mahasiswa UNY saja tetapi untuk luar UNY juga.

    ReplyDelete
  11. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Terima Kasih Pak Marsigit karena telah membagikan link terkait learning trajectory ini. Learning trajectory merupakan ungkapan yang baru saya kenal hanya ketika S2. Postingan ini memberikan gambaran bagaimana pengaplikasian pembelajaran dengan learning trajectory, sehingga akhinya dapat menjadi gambaran dalam menyusun pembalajaran yang bermakna yang dimana urutan dan tahapannya sesuai dengan pemahaman dan cara belajar/karakateristik siswa sehingga siswa pun benar-benar membangun pengetahuannya sendiri. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  12. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Terima kasih atas artikelnya. Learning trajectory adalah belajar tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Saat ini banyak guru sekolah dasar yang memaksakan kehendak kepada siswa, mereka tidak sadar bahwa sebenarnya siswa sd memiliki pola pikir yang berbeda dengan siswa smp, begitu juga sma. Oleh karena itu, dengan mempelajari learning trajectory ini, guru diharapkan dapat memahami alur berpikir siswa, sehingga tidak lagi memaksakan cara berpikir kepada siswa.

    ReplyDelete
  13. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Learning Trajectory merupakan hal penting dalam pembelajaran matematika, penghubung antara teori-teori pembelajaran secara konkrit atau biasa disebut dengan lintasan pembelajaran. Learning trajectory melibatkan teori-teori pembelajaran seperti yang diungkapkan oleh Piaget, Vigotsky, dan Bruner. Pembelajaran ini disesuaikan dengan psikologis siswa sehingga pengembangan dalam learning trajectory diharapkan guru dapat memilih model, strategi atau pendekatan yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  14. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Terimakasih atas link-link mengenai pembelajaran trajektori dalam pembelajaran matematika ini. Learning trajectory disebut juga alur pembelajaran. Dalam proses memformulasikan alur belajar hipotetik, tujuan belajar (learning goals) dapat diuraikan dalam sub-sub tujuan (subgoals), sedangkan proses belajar disusun berdasarkan data empirik. Jika tujuan belajar (learning goals) dapat dikorelasikan dengan proses belajar akan mempermudah seorang guru dalam menyusun kerangka kerja untuk mendesain pembelajaran dan penilaian.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  15. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Leraning Trajectory sangat diperlukan guna membangun matematika dalam diri pada siswa dengan caranya sendiri. Leraning Trajectory ini dapat membantu baik itu guru sebagai faslitator maupun siswa sebagai subjek belajar supaya dapat dengan mudan mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Leraning Trajectory ini fokus pada tujuan setiap materi belajar, pengembangannya serta media yang diperlukan untuk menunjang pembelajaran.

    ReplyDelete
  16. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Adanya learning Trajectory akan membuat pembelajran lebih terencana dan terarah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan learning trajectory, guru dipandu untuk memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan materi yang akan disampaikan. Sebagai seorang guru, penyususnan rencana pembelajran sangat dibutuhkan. Hal itu agar pembelajran yang dijalankan mampu membimbing siswa dalam menemukan dan mengkonsdtruksi pengetahuannya. Sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Terimakasih

    ReplyDelete
  17. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof link-link yang diberikan dapat menjadi referensi dan bahan belajar serta memberikan inspirasi dalam pembelajaran. Pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan anak. Saya tertarik salah satunya dengan pembelajaran di SD yang menerapkan pendekatan gunung es matematika realistik. Pembelajaran tersebut dilakukan sesuai dengan perkembangan anak, dan menggunakan materi pembelajaran yang dekat dengan dunia anak.

    ReplyDelete
  18. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pembelajaran yang baik memang memerlukan alat pembelajaran yang baik juga. Sebab, alat pembelajaran yang baik dapat membantu kegiatan pembelajaran yang diterima oleh siswa menjadi lebih baik juga. Sekarang, jika kita lihat di abad 21 ini, jika siswa hanya belajar dengan penjelasan dari guru saja, maka kemampuan siswa tidak akan berkembang dengan baik. Namun, jika difasilitasi alat pemmbelajaran yang mendukung, maka akan memungkinkan memberikan dampak yang sangat baik kepada pemahaman siswa.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  19. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Terima kasih Prof untuk link yang telah Prof bagikan. Sejujurnya istilah learning trajectory (lintasan pembelajaran) merupakan hal asing untuk saya. Namun dengan membaca referensi lain saya menjadi mengetahui maksud dari istilah tersebut berarti pemahaman tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Maka benarlah membaca, membaca, dan membaca akan menambah wawasan dan pengetahuan.

    ReplyDelete
  20. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Learning Trajectory membangun pengetahuan siswa dari tahap-tahap yang sesuai dengan teori milik Bloom. Dengan adanya learning trajectory yang baik, diharapkan siswa dapat memaksimalkan cara berpikir dan belajarnya hingga kemampuan berpikir yang tertinggi. Learning trajectory adalah sesuatu yang penting jika ingin membuat pembelajaran yang inovatif. Maka dari itu, jika mahasiswa hanya ingin menjadi guru yang bersifat tradisional maka tidak perlu mempelajari Learning Trajectory. Sebaliknya jika ingin menjadi guru yang inovatif, harus mempeljari Learning Trajectory. Terimakasih Prof, telah menyediakan banyak referensi mengenai learning trajectory bagi kami.

    ReplyDelete
  21. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Kurikulum 2013 dirancang berdasarkan pada prinsip pembelajaran Tematik Integratif dengan menggunakana pendekatan Saintifik. Di dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di dalamnya memuat adanya Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Metode maupun Langkah-langkah Pembelajaran. Kaitannya dengan Learning Trajectory maka dalam penyusuna RPP perlu melihat Kompetensi dasar apa yang telah dipelajari di kelas sebelumnya dan kompetensi dasar apa yang akan dipelajari pada kelas selanjutya. Salah satu contoh analisis Kompetensi ketika akan melaksanakan pembelajaran di kelas 2 maka perlu memperhatikan bagaimana kompetensi dasar di kelas 1 dan di kelas 3.

    ReplyDelete
  22. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terima kasih Prof Marsigit atas kompilasi referensi yang ditampilkan dalam blog ini. Bagi saya pribadi Trajectory of Mathematics Teaching adalah hal baru yang sebelumnya tidak pernah saya dengar. Sehingga pengenalan mengenai Trajectory of Mathematics Teaching beserta sumber referensi yang dicantumkan akan memberikan banyak manfaat bagi kami.

    ReplyDelete
  23. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    A Learning trajectory merupakan sebuah lintasan belajar belajar yang akan dilalui siswa, dengan langkah-langkah dari learning trajectory itu disusun oleh guru. Dalam penyusunannya diperhatikan juga konsep yang akan diperoleh oleh siswa. Learning trajectori juga lebih dekat dengan pendakatan realistik. sehingga dalam penyusunan learning trajectory harus diperhatikan langkah pembelajaran yang sesuai dengan ice berg.

    ReplyDelete
  24. Eka Zuliana
    17703261019
    IP S3 A (Konsentrasi Pendidikan Matematika)
    PPs UNY

    Learning trajectory adalah lintasan belajar yang dilalui oleh siswa. Dalam mendesain pembelajaran, guru dapat menyusun dugaan lintasan belajar (hypothetical learning trajectories) terlebih dahulu sebagai acuan pembelajaran

    ReplyDelete
  25. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301241046

    terimakasih pak Marsigit atas daftar link tersebut. Sangat bermandaat bagi saya yang masih belajar bagaimana menjadi guru yang baik. Learning trajectory merupakan hal penting yang harus disiapkan guru sebelum mengajar. Sayangnya, selama perkuliahan yang sudah saya lakukan belum pernah membahas mengenai learning trajectory ini.

    ReplyDelete
  26. Puspitarani
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244008

    Assalamualaikum Pak, terima kasih atas link yang Bapak share kepada kami. Sejujurnya saya baru mendengar learning trajectory, dan selama kuliahpun belum ada dosen yang membahasnya. Namun setelah saya membuka salah satu link yang Bapak berikan, saya sedikit tahu mengenai Learning Trajectory. Ternyata learning trajectory sangatlah bermanfaat untuk mengajar terutama dalam bidang matematika.
    Terima kasih,
    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  27. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Bismillah...
    Dari link yang Bapak share, saya baru mengetahui apa itu learning trajectory. Ternyata learning trajectory itu menggambarkan tujuan pembelajaran, proses belajar dan berpikir anak pada berbagai tingkatan, dan aktivitas pembelajaran yang mungkin menarik bagi peserta didik. Disini pun saya belajar bagaimana saya sebagai bakal calon pendidik dalam membangun lerning trajectory, sudah semestinya seorang pendidik nantinya harus mampu menyesuaikan keadaan, harus mampu menyesuaikan ruang dan waktu, tidak merasa puas dengan pengetahuan yang telah dimiliki, harus selalu belajar, tapi tidak hanya belajar saja melainkan juga harus senantiasa tawakal, tekun, rajin dan sabar.

    ReplyDelete
  28. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Pak Marsigit untuk referensi link mengenai Learning Tajectory yang diberikan. Untuk pertama kalinnya saya mendengar istilah ini. Ternyata Learning Trajectory penting bagi seorang guru begitu juga bagi kami sebagai mahasiswa prodi pendidikan penting untuk mengenal Learning Trajectory ini. Dari sini saya belajar bahwa Learning Trajectoy dapat membantu seorang guru untuk menentukan rangkaian penyampaian materi kepada siswa yang disesuaikan dengan tigkat kemampuan siswa sehingga bisa mencapai tujuan secara optimal.

    ReplyDelete
  29. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih atas referensi link learning trajectory yang Bapak share kepada kami. Sebelumnya selama perkuliahan saya belum mengetahui apa itu learning trajectory. Setelah membuka dan membaca beberapa link tersebut, saya jadi mengetahui apa itu learning trajectory, serta bagaimana pentingnya learning trajectory pada pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Pada kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik, pendidik diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didiknya khususnya dalam pembelajaran matematika yang dapat menjadi momok bagi peserta didik. Melalui learning trajectory, pembelajaran matematika diharapkan dapat menarik bagi peserta didik sehingga peserta didik akan terdorong untuk memaknai suatu materi pada pembelajaran yang dilakukan. Melalui learning trajectory, pendidik dapat menentukan dan merumuskan tujuan-tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Selain itu, pendidik juga dapat membuat keputusan terhadap langkah-langkah pembelajaran yang sesuai berdasarkan berbagai strategi yang tersedia guna menunjang tujuan yang akan dicapai. Pengetahuan akan learning trajectory tentulah sangat bermanfaat karena dengan pengetahuan ini kita dapat mengetahui apa saja yang harus disiapkan oleh pendidik sebelum kegiatan pembelajaran di kelas dimulai.

    ReplyDelete