Jul 22, 2015

All about Learning Trajectory of Mathematics Teaching


All about Learning Trajectory of Mathematics Teaching


The following are all related web with Marsigit’s activities in Lecturing Learning Trajectory for Primary Mathematics School teachers:


http://pd.pps.uny.ac.id/berita/lesson-study-bernuansa-learning-trajectory-ala-p2tk-dikdas.html


12 comments:

  1. Junianto
    17709251065
    PM C

    Learning trajectory tentu sangat membantu dalam proses pembelajaran di kelas. Learning trajectory melibatkan teori-teori belajar yang dikemukakan para ahli terdahulu, seperti Bruner, Piaget, Vygotsky, dll.Pembelajaran seperti ini tidak hanya sekedar transfer ilmu, tetapi mengedepankan kondisi psikologis siswa. Siswa dibimbing untuk membangun konsep secara mandiri karena pada hakikatnya siswa sendirilah yang paling mengetahui kemampuan pribadinya. Pembelajaran yang mengedepankan keaktivan siswa juga sangat dianjurkan. Dengan demikian ilmu yang siswa peroleh secara mandiri dengan bimbingan guru akan lebih bermakna dan melekat pada diri siswa.

    ReplyDelete
  2. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Learning Trajectory sebenarnya adalah istilah yang baru saya dengar. Setelah membaca link-link di atas, saya baru mengetahui (walaupun baru sedikit) apa yang dimaksud dengan learning trajectory. Berdasarkan sumber-sumber yang ada, learning trajectory adalah suatu proses dimana seorang guru memahami tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Oleh karena itu, dengan mempelajari learning trajectory ini, guru diharapkan dapat memahami alur berpikir siswa, sehingga tidak ada lagi kejadian guru memaksakan cara berpikirnya kepada siswa. Learning trajectory ini sangat baik untuk kegiatan belajar mengajar, karena dengan begitu siswa akan merasa bahwa guru memahami mereka. Mereka akan merasa nyaman dan senang untuk melakukan kegiatan belajar. Jika siswa merasa senang, maka ilmu akan lebih mudah dipahami oleh siswa.

    ReplyDelete
  3. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Prof. atas sumber-sumber belajar yang diberikan. Dari postingan ini saya mulai mengenal “Learning Trajectory”, karena memang sebelumnya saya belum mengetahuinya.
    Dari link web yang terkait dengan learning trajectory, saya mengetahui bahwa learning trajectory adalah proses belajar mengajar yang sesungguhnya. Dimana dalam pembelajarannya, guru harus benar-benar memahami teori belajar yang akan digunakan sehingga mampu memfasilitasi siswa untuk mendapatkan pembelajaran yang baik. Dalam hal ini, guru memberi ruang gerak kepada siswanya untuk berpendapat, berkreasi dan berinovasi sehingga dapat membangun ilmu pengetahuan, baik itu berdasarkan pengalaman dan logika berpikirnya.
    Dengan demikian, mau tidak mau guru harus benar-benar memahami tentang teori-teori pembelajaran sebelum melaksanakan proses belajar mengajar. Dan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut dapat dilakukan dengan kegiatan lesson study.

    ReplyDelete
  4. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih untuk berbagai link mengenai learning trajectory yang bapak posting. Terus terang saja, sebelum ini saya belum pernah mengetahui atau mengenal apa itu learning trajectory. Ini sangat membantu saya untuk mengetahui dan memahami apa dan bagaimana learning trajectory itu dilaksanakan. Implikasinya dalam pembelajaran matematika, guru yang memahami learning trajectory tentunya juga akan memahami cara memfasilitasi siswa belajar matematika sesuai dengan cara berpikir dan belajar matematika siswa.

    ReplyDelete
  5. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Teaching trajectory sebagai penerapan learning trajectory ini baru pertama kali saya dengar. Selama tiga tahun pengalaman saya mengajar di kelas, saya mempunyai masalah ketika menghadapi siswa yang dianggap "nakal". Tetapi kemudian setelah membaca artikel diatas saya jadi mengetahui bagaimana trik menghadapi siswa seperti ini.

    ReplyDelete
  6. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Istilah hipotesis lintasan belajar digunakan oleh Simon (1995)dengan istilah Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang merupakan suatu intrumen yang menjadi panduan pada proses pelaksanaan penelitian design research sebagai perluasan dari percobaan pikiran. Dengan HLT ini kita sebagai tenaga pendidik benar-benar dituntut untuk kreatif dalam menguasai kelas, karena dengan pembelajaran berbasis LT tersebut siswa dituntut benar-benar mandiri dengan catatan guru harus tetap bisa bertindak sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran yang dilakukan.

    ReplyDelete
  7. Insan A N/Magister PMat C 2017
    Beberapa link sudah tdk related ke learning trajectry. Learning trajectory sebenarnya merupakan bantuan untuk guru dalam mengelola kelas, bagaimana harus bertindak dan bersikap ketika pembelajaran tdk sesuai yang diharapkan. Guru harus berlatih membuat learning trajectory yang baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

    ReplyDelete
  8. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Trayek belajar siswa membantu guru untuk menghandle pembelajaran di kelas dengan baik. Dalam trayek belajar siswa dijabarkan dengan rinci kemungkinan respon siswa disertai dengan alternatif solusi yang dapat diberikan oleh guru. Sejalan dengan kemudahan yang diberikan oleh trayek belajar siswa ini, dalam membuat HLT (Hypothetical Learning Trajectory) ini memerlukan ketelatenan dan kemampuan guru dalam mengeksplor karakteristik siswa dan kamampuan guru meramu solusi tentatif yang dapat digunakan nantinya.

    ReplyDelete
  9. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Berdasarkan pengalaman saya dalam membuat HLT, kesulitan yang mungkin dialami oleh guru ialah melist semua kemungkinan respon siswa terhadap stimulus yang diberikan. Sedangkan dalam pelaksanaannya, saat menerapkan HLT yang telah disusun dalam kegiatan pembelajaran, guru tidak boleh terlalu terpaku pada HLT. Karena banyak respon siswa yang tidak diprediksi terjadi dalam proses pembelajaran. HLT sangat membantu dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dibuat. Alangkah lebih baiknya dalam HLT meramu kemungkinan respon siswa serta beberapa alternatif solusi yang dapat dilaksanakan oleh guru tidak hanya dalam aspek kegiatan pembelajaran di kelas, namun juga dalam pengerjaan soal tugas, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  10. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C

    Sebelumnya, terima kasih untuk share tentang Learning Trajectory nya Pak. Setelah membuka beberapa link di atas, saya jadi mengerti bahwa dalam Learning Trajectory seorang guru itu harus mengetahui jati diri siswa, maka dari itu siswa sebagai warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang adil. Guru sebagai fasilitator harus mengeksplor dan menggali potensi yang ada pada siswa.

    ReplyDelete
  11. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Sebelumnya saya belum tahu istilah Learning Trajectory. Setelah saya membuka link atas, saya mulai paham bagaimana pentingnya learning trajectory. Learning trajectory itu sendiri membahas tentang bagaimana proses belajar mengajar yang sesungguhnya dan untuk membangun itu, dibutuhkan oleh guru , karena guru akan terbantu. Pada salah satu link, beliau menggunakan RME pada pembelajaran Matematika di SD. Pertanyaan saya, apakah RME juga dengan mudahnya dapat diterapkan oleh guru di SMA pada setiap materi yang diajarkan? Karena RME merupakan metode pembelajaran yang paling saya suka dalam mengajarkan matematika di kelas. Karena megajarkan siswa secara mudah dengan membangun pengalaman yang sudah pernah ia dapatkan.

    ReplyDelete
  12. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Learning trajectory merupakan sebuah lintasan belajar yang disusun atau dikembangkan oleh guru atau peneliti yang berdasarkan hasil pengamatan dan observasi menyeluruh baik pada siswa atau pada materi yang akan diajarkan. Learning trajectory bertujuan untuk memudahkan siswa dalam menemukan atau mendapatkan sebuah konsep. Dalam Learning Trajectory dikembangkan secara jelas langkah atau kegiatan apa yang akan dilakukan siswa, dan bagaimana siswa mengeksplorasi serta bagaimana siswa memaparkan yang telah diperoleh. Alangkah baiknya jika Laerning trajectory yang ingin disusun itu dengan menggunakan konsep RME, karena pada pengembangannya RME sangat berkaitan dengan learning trajectory itu sendiri. Hasil dari Learning Trajectory ini sangat membantu guru atau peneliti dalam mengembangkan langkah pembelajaran selanjutnya. Kekurangan dalam Learning Trajectory adalah membutuhkan waktu yang lama dalam mengobservasi dan menyusun langkah yang sesuai dengan kemampuan siswa yang beragam dalam satu kelas.

    ReplyDelete