All about Learning Trajectory of Mathematics Teaching
The
following are all related web with Marsigit’s activities in Lecturing Learning
Trajectory for Primary Mathematics School teachers:
http://pd.pps.uny.ac.id/berita/lesson-study-bernuansa-learning-trajectory-ala-p2tk-dikdas.html
Septia Ayu Pratiwi
ReplyDelete18709251029
S2 Pendidikan Matematika B
Let me say thank you for those kind of given link above. I suppose that those trajectories are highly beneficial for the majority of people. Those help me specially obtaining many references for my study such as daily knowledge and tasks also my thesis especially.
Rosi Anista
ReplyDelete18709251040
S2 Pendidikan Matematika B
Terima kasih pak untuk informasi link di atas, semoga bisa bermanfaat bagi kami semua dan bisa mempelajari dengan baik tentang "Learning Trajectory of Mathematics Teaching".
Bayuk Nusantara Kr.J.T
ReplyDelete18701261006
PEP S3
Terima kasih untuk beberapa link di atas mengenai learning trajectories, prof. Dari yang saya baca iitu adalah pengembangan perangkat pembelajaran berdasarkan trajectory. Semoga link di atas dapat memberikan manfaat bagi kita semua.
Aizza Zakkiyatul Fathin
ReplyDelete18709251014
Pps Pendidikan Matematika A
Terimakasih Prof atas link mengenai Learning Trajectory of Mathematics Teaching. Learning Trajectory disebut juga alur pembelajaran. Dalam proses memformulasikan alur, tujuan belajar dapat diuraikan dalam sub-sub tujuan, sedangkan proses belajar disusun berdasarkan data empirk. Jika tujuan belajar dapat dikorelasikan dengan proses belajar akan mempermudah guru dalam menyusun rencana pembelajaran.
This comment has been removed by the author.
ReplyDeleteDini Arrum Putri
ReplyDelete18709251003
S2 P Math A 2018
Terimakasih pak sebelumnya atas tautan linknya di atas. Yang saya tahu bahwa learning trajectory adalah belajar tentang bagaiman seorang anak berpikir, mempelajari tahapan-tahapan perkembangan berpikir anak. Pada proses pembelajaran learning trajectory digunakan sebagai alur pembelajaran dengan cara menyusun berbagai tujuan pembelajaran agar lebih efektif untuk diterapkan oleh guru. Karena untuk memulai proses pembelajaran guru perlu merancang skema sebaik mungkin agar dapat berlangsung secara optimal.
Hasmiwati
ReplyDelete18709251023
S2 Pend.Matematika B 2018
Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Learning trajectory sangat diperlukan dalam membangun matematika dalam diri siswa dengan caranya sendiri. Learning trajectory membantu baik guru sebagai fasilitator maupun siswa sebagai subyek belajar agar dengan mudah mencapai tujuan pembelajaran. Learning trajectory fokus pada tujuan setiap materi belajar, pengembangannya, dan media-media yang diperlukan untuk menunjang setiap tujuan belajar agar tercapai.
Fany Isti Bigo
ReplyDelete18709251020
PPs UNY PM A 2018
Link diatas berisi tentang materi yang berhubungan dengan Learning Trajectory khususnya berbagai pengembangan perangkat pembelajaran Learning Trajectory. Learning Trajectory disebut juga dengan alur pembelajaran. Alur pembelajaran dibuat untuk memudahkan guru dalam memberikan pengajaran yang baik sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dengan cara membagi atau menguraikan tujuan tersebut ke dalam beberapa sub bagian. Tidak hanya itu Learning Trajectory juga memperhatikan kebutuhan media pembelajaran yang memiliki dampak besar terhadap keberhasilan pembelajaran.
Umi Arismawati
ReplyDelete18709251037
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamu'alaikum, wr, wb.
Terimakasih kepada Bapak Marsigit yang telah memberikan link pembelajaran tentang learning trajectory dalam pembelajaran matematika. Link tersebut sangat bermanfaat bagi kami untuk bahan belajar dan referensi untuk kami dalam memberikan fasilitas terbaik dalam pembelajaran kepada siswa.
Umi Arismawati
ReplyDelete18709251037
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Assalamu'alaikum, wr, wb.
Mengajar tidak hanya semata-mata mentransfer ilmuyang dimiliki guru ke siswa. tugas guru adalah menfasilitasi belajar siswa dan berikan kesempatan siswa untuk mengkonstruksikan ilmunya sendiri. Untuk itu sangat penting bagi guru untuk mengetahui bagaimana siswa belajar. Learning trajectory membantu guru untuk dapat memahami bagaimana siswa belajar sehingga guru mampu merubah pembelajaran dikelas sesuai dengan temuan-temuan berdasarkan penelitian agar pembelajaran lebih bermakna.
Deden Hidayat
ReplyDelete18709251032
S2 Pendidikan Matematika B 2018
Terimakasih banyak Prof atas link-link situs mengenai Learning Trajectory of Mathematics Teaching yang telah diberikan. Learning trajectory merupakan suatu gambaran mengenai urutan pembelajaran yang harus ditempuh sehingga anak dapat memahami suatu materi yang dipelajari dengan baik. Tugas kita sebagai calon pendidik sebaiknya mampu membuat suatu learning trajectory tersebut demi tercapainya tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
Endah Kusrini
ReplyDelete18709251015
S2 Pendidikan Matematika A 2018
Learning trajectory adalah alur belajar yang dilalui oleh siswa dalam mempelajari suatu materi. Dalam setiap pembelajaran, guru disarankan untuk menyusun dugaan alur belajar atau hypothetical learning trajectory. Salah satu fungsi adanya dugaan alur belajar adalah memudahkan guru dan memberi gambaran kepada guru terkait dugaan kesulitan-kesulitan yang dialami oleh siswa selama proses pembelajaran dan bagaimana mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut. Hypothetical learning trajectory pertama kali dicetuskan oleh Martin A. Simon. Simon (1995) berpendapat bahwa hypothetical learning trajectory terdiri dari tiga komponen utama yaitu: tujuan pembelajaran yang menentukan arah pembelajaran, serangkaian aktivitas pembelajaran yang mendukung tercapainya tujuan yang diharapkan, serta hipotesis pembelajaran yang akan dilalui oleh siswa.
Eka Puspita Sari
ReplyDelete18709251035
S2 PM B 2018
Dari beberapa referensi yang diberika mengenai Learning Trajectory, dapat disimpulkan bahwa Learning Trajectory adalah belajar tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Dengan mempelajari tentang Learning Trajectory diharapkan guru lebih santun kepada siswa. Dimana hendaknya guru tidak memaksakan kehendaknya kepada siswa. Kita tidak dapat memaksakan kehendak kita kepada siswa, karena pola berpikir mereka tidak sama dengan orang dewasa. Anak-anak mempunyai tahap-tahap berpikirnya sendiri, yang merupakan sudah menjadi tugas guru untuk memahami pola pikir siswa yang berbeda-beda.
Hendra B
ReplyDeletePEP S3 2018
terima kasih atas informasinya linknya semoga bermanfaat bagi kami dan menjadi bahan rujukan untuk pembelajaran trajektory mathematics teaching
Sintha Sih Dewanti
ReplyDelete18701261013
PPs S3 PEP UNY
Terimakasih atas link yang diberikan. Link ini bermanfaat bagi pengajar untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis learning trajectory. Hypothetical learning trajectory merupakan dugaan mengenai tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan proses berpikir siswa dalam memahami konsep materi pembelajaran. Learning trajectory digunakan untuk mendesain pembelajaran baik itu tujuan, kegiatan, bahan ajar dan penilaian.
sintha fardu anggraeni
ReplyDelete19709251071
S2 pendidikan matematika /D
terimakasih banyak Bapak Prof Marsigit telah memberikan link tersebut kepada kami. Semoga dapat bermanfaat untuk kami menjadi bahan rujukan pembelajaran matematika menggunakan learning trajectory.
Ahmad Syajili
ReplyDelete19709251066
S2 PMD 2019
Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Prof. atas sumber-sumber belajar yang diberikan. Dari postingan ini saya mulai mengenal “Learning Trajectory”, karena memang sebelumnya saya belum mengetahuinya.
Dari link web yang terkait dengan learning trajectory, saya mengetahui bahwa learning trajectory adalah proses belajar mengajar yang sesungguhnya. Dimana dalam pembelajarannya, guru harus benar-benar memahami teori belajar yang akan digunakan sehingga mampu memfasilitasi siswa untuk mendapatkan pembelajaran yang baik. Dalam hal ini, guru memberi ruang gerak kepada siswanya untuk berpendapat, berkreasi dan berinovasi sehingga dapat membangun ilmu pengetahuan, baik itu berdasarkan pengalaman dan logika berpikirnya.
Dengan demikian, mau tidak mau guru harus benar-benar memahami tentang teori-teori pembelajaran sebelum melaksanakan proses belajar mengajar. Dan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut dapat dilakukan dengan kegiatan lesson study.
Aulia Nur Arivina
ReplyDelete18709251051
S2 Pendidikan Matematika C 2018
Assalamu’alaikum wr.wb.
Terimakasih Pak atas sharing tautan link yang berkaitan dengan Learning Trajectory di pembelajaran matematika. Link tersebut sangat bermanfaat karena memberikan referensi saya dalam mempelajari Pendidikan matematika. Semoga para pembaca juga dapat memperoleh ilmu yang telah Bapak bagikan.
Aulia Nur Arivina
ReplyDelete18709251051
S2 Pendidikan Matematika C 2018
Assalamu’alaikum wr.wb.
Setelah saya membaca http://psychologypower.blogspot.com/, dapat disimpulkan bahwa Learning Trajectory terdiri dari 4 dimensi, yaitu spiritual, normative, formal, dan material.
Learning Trajectory merupakan suatu desain pembelajaran yang memperhatikan tingkat berpikir anak sesuai dengan teori belajar Piaget dan Vigotsky. Ketika guru telah memahami pola tingkatan alamiah tersebut, serta aktivitas-aktivitas yang tersusun didalamnya, maka guru telah membangun suatu lingkungan belajar matematika yang tepat dan efektif.
Assalamu'alaikum wr. wb
ReplyDeleteNovi Indriyani Kones
19701251002
PEP S2 A 2019
Berdasarkan link ke-4 pada artikel ini, ilmu berawal dari pertanyaan-pertanyaan untuk orang lain maupun diri sendiri. Pertanyaan untuk diri sendiri digunakan untuk instropeksi diri karena setinggi-tingginya ilmu jika mampu instropeksi diri. Manusia yang mau belajar dan membaca untuk memperoleh ilmu melalui proses belajar yang panjang dari batu kemudian pecahan batu kemudian kerikil kemudian menyatu dengan air dan penuh hingga memcapai gunung ilmu. Setinggi-tingginya ilmu adalah mampu membedakan begitu juga dengan guru yang harus mampu membedakan setiap karakteristik siswa dan kebutuhan setiap siswa sehingga mampu memfasilitasi berbagai metode mengajar sesuai kebutuhan siswa yang disebut sebagai learning trajectory. Learning trajectory yang dimiliki oleh guru SD maka akan berimplikasi menjadi teaching trajectory.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum wr.wb
Assalamu'alaikum wr. wb
ReplyDeleteNovi Indriyani Kones
19701251002
PEP S2 A 2019
Berdasarkan link terakhir pada artikel ini, intasan belajar matematika mempunyai tiga bagian penting yakni:tujuan pembelajaran (goal) yang ingin dicapai, perkembangan yang akan dikembangkan oleh siswa (development),dan seperangkat kegiatan pembelajaran yang akan membantu anak dalam mengembangkan proses berpikirnya bahkan sampai pada berpikir tingkat tinggi.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum wr.wb
Assalamu'alaikum wr. wb
ReplyDeleteNovi Indriyani Kones
19701251002
PEP S2 A 2019
Terimakasih banyak Prof atas link-link yang telah dibagikan pada artikel blog ini. Dengan adanya link-link ini yang berisi tentang konsep learnig trajectory sampai perkembangan kearning trajectory untuk pembelajaran matematika untuk SD menjadikan saya lebih memahami metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan siswa.
Terimakasih
Wassalamu'alaikum wr.wb
Jewish Van Septriwanto
ReplyDeleteS2 Pendidikan Matematika D 2019
19709251077
Terimakasih Pak atas referensi yang diberikan. Learning trajectory memberikan gambaran tentang cara anak berpikir ketika belajar tidak hanya melalui pembelajaran berupa tugas-tugas yang diberikan oleh guru tetapi juga proses pembelajaran ditinjau dari proses berpikir anak dalam berbagai tingkatan sehingga diperlukaan penyesuaian guru terhadap ruang dan waktu untuk memasuki dunia berpikir anak. Untuk membangun learning trajectory, guru juga perlu mengetahui mengenai teori-teori belajar dari para ahli untuk memprediksi alur belajar siswa.
Annisa Nur Arifah
ReplyDelete18709251058
S2 Pendidikan Matematika C 2018
Berdasarkan Sulistiya Ingwarni (2015) yang telah Bapak berikan informasi link nya di atas, bisa disimpulkan bahwa learning trajectory membantu pembelajaran agar lebih bermakna dan ideal dalam ranah persiapan rencana pelaksana pembelajaran. Karena learning trajectory didefinisikan sebagai teori belajar dan tahapan belajar berdasarkan dengan karakteristik siswa.
Choirul Amri
ReplyDelete(19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)
Bismillah, terimakasih Bapak atas kumpulan pengetahuan dalam link yang bapak berikan tersebut. Dari ilmu yang bapak bagikan tersebut, saya dapat mengerti tentang trajectory itu sendiri. Pembelajaran mengandung arti interaksi siswa yang belajar (learning) dan guru yang mengajar (Teaching) . Berarti trayektori pembelajaran harusnya terdiri dari dua hal yaitu trayektori belajar (Learning Trajectory) dan trayektori Mengajar (Teaching Trajecetory). Untuk menyusun sebuah trayektori mengajar, guru perlu mengetahui dan menyusun trayektori belajar. Penyusunan trayektori belajar mempertimbangakan berbagai teori belajar dan pemahaman tentang bagaimana siswa belajar. ketika telah mengetahui bagaimana siswa belajar maka disusunlah sebuah trayektori mengajar. Namun apa yang disusun berdasarkan pengetahuan umum tentang bagaimana siswa belajar dan pengalaman empiris guru terkait dengan bagaimana siswa belajar tetaplah merupakan dugaan dugaan berdasarkan pada teori dan fakta empiris untuk diterapkan pada siswa yang akan belajar. Inilah yang dinamakan hipotesis trayektori pembelajaran.
Terimakasih.
Fitria Restu Astuti
ReplyDelete19709251069
S-2 Pendidikan Matematika D 2019
Terimakasih prof sudah membagikan link-link yang sangat bermanfaat. Sebelumnya saya belum paham betul tentang apa itu learning trajectory akan tetapi setelah kuliah bersama Prof. Marsigit saya menjadi sedikit memahami dan tertarik mempelajarinya lebih dalam.
Rona Happy Mumpuni
ReplyDelete19709251059
S2 Pendidikan Matematika D
Alhamdulillah mendapatkan sumber-sumber baru tentang learning trajectory, terima kasih prof atas informasi link yang diberikan. Dari http://psychologypower.blogspot.com/, saya mendapatkan hal yang menarik yaitu ada empat dimensi Learning trajectory, diantaranya: Sprititual, Normatif, Formal dan Material. Aspek spiritual merupakan aspek tertinggi dari pembelajaran learning trajectory.
Aspek spiritual pada learning trajecory meliputi Ma`rifat, hakikat dan syariat. Pada aspek normatif, filsafat merupakan dasar dari aspek normatif pada learning trajector yang meliputi buku, makalah, hasil penelitian, jurnal, blog, web dan sumber referensi lainnya. Aspek formalnya berupa dokumen resmi seperti peraturan di negara kita yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Undang-Undang, Peraturan pemerintah pengganti Undang-Undang, peraturan presiden, peraturan menteri, sampai pada kurikulum, silabus, RPP, LKS dan penilaian (Asessmen). Sedangkan, pada aspek materialnya dalam bentuk sebagai konteks dan konten yang meliputi, fisik, lingkungan atau budaya, sampai pada perangkat pembelajaran yang lain.
Tiara Wahyu Anggraini
ReplyDelete19709251065
S2 Pendidikan Matematika D 2019
Terima kasih pak atas link-link yang telah Bapak bagikan kepada kami. Sebelumnya saya sudah mendengar istilah "learning trajectory" namun belum mengetahui apa itu learning trajectory. Setelah membaca bersumber dari link-link tersebut, saya menjadi tahu ternyata learning trajectory berkaitan erat dengan bagaimana siswa berpikir dan bagaimana guru menyelenggarakan proses mengajar.
Latifa Krisna Ayu
ReplyDelete19709251060
S2 Pendidikan Matematika D
Learning trajectory adalah tahapan atau alur pembelajaran yang dirancang untuk siswa mempelajari suatu konsep. Dalam perencanaan learning trajectory, ada banyak hal yang harus diperhitungkan. Salah satu hal yang harus diperhatikan ialah karakteristik siswa. Guru harus memahami dengan baik teori-tori belajar dan psikologi yang berkaitan dengan proses pembelajarna agar dapat menganalisis apa kira-kira respon yang muncul saat siswa melalui suatu tahapan. sehingga dapat direncanakan apa yang harus dilakukan pada tahapan berikutnya. Selain itu, dalam merencanakan learning trajectory kesinambungan atas konsep yang akan diajarkan juga harus diperhatikan.
Terima kasih
Puspitarani
ReplyDelete19709251062
S2 Pendidikan Matematika D 2019
Terimakasih atas daftar link yang bapak berikan. Setelah membaca beberapa sumber diatas, ternyata learning trajectory merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan guru dan disesuaikan dengan tingkat berpikir anak agar anak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik
Yufida Afkarina Nizar Isyam
ReplyDelete19709251073
S2 Pendidikan Matematika D 2019
Learning trajectory yaitu lintasan atau rute belajar yang memberikan gambaran tentang pengetahuan prasyarat yang telah dimiliki siswa (sebagai titik start) dan setiap langkah dari satu titik ke titik berikutnya, menggambarkan proses berpikir yang siswa gunakan, metode yang siswa pakai, ataupun tingkat-tingkat berpikir yang siswa tunjukkan. Dengan adanya link tersebut kita bisa belajar untuk mengembangkan learning trajectory yang sesuai dengan keadaan siswa agar tujuan pembelajaran tercapai seacara maksimal dan siswa dapat memahami pembelajaran dengan baik.
Lovie Adikayanti
ReplyDelete19709251068
S2 Pendidikan Matematika D
Assalamualaikum wr.wb
leaming trajectory (lintasan belajar) merupakan suatu gambaran terhadap tujuan pembelajaran, proses belajar dan tingkat berpikir yang dilakukan oleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, dan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan tingkatan berpikir siswa untuk memfasilitasinya dalam menuju tingkat berpikir yang lebih tinggi. Lebih lanjut, learning trajectory dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mendesain pembelajaran yang konstruktif dan bermakna bagi siswa
M. Ikhsan Ghozali
ReplyDelete19701261003
PEP S3 2019
Assalamu'alaikum wr.wb.
Terima kasih banyak Prof. atas tambahan ilmu dan pengetahuan yang diberikan melalui link di atas. Learning trajectory merupakan hal baru bagi saya. Semoga sumber-sumber di atas dapat menambah pengetahuan dan memotivasi saya secara pribadi untuk mampu mengelola dan mengembangkan pembelajaran yang lebih bermakna dan konstruktif. Semoga ilmu dan pengetahuan ini bisa saya bagikan pula kepada rekan-rekan sejawat saya dengan maksud yang sama.
Demikian dan terima kasih.
Wassalamu'alaikum wr.wb.
Muh. Asriadi AM
ReplyDelete19701251008
S2 PEP A 2019
Dari sekian banyak link di atas saya memilih http://iznaceria.blogspot.com/. Setelah membaca isi bacaannya saya menyimpulkan keajaiban sabar dan syukur akan bisa dipereleh dari manusia yang tanggung. Setipa orang pasti memiliki maslah dalam hidupnya namun maslaah itu bukan menjadi penghalan tapi menjadi batu loncatan untuk meraih sebuah kesuksesan.