Jul 22, 2015

All about Learning Trajectory of Mathematics Teaching


All about Learning Trajectory of Mathematics Teaching


The following are all related web with Marsigit’s activities in Lecturing Learning Trajectory for Primary Mathematics School teachers:


http://pd.pps.uny.ac.id/berita/lesson-study-bernuansa-learning-trajectory-ala-p2tk-dikdas.html


35 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Learning Trajectory of Mathematics Teaching ini mempelajari bagaimana cara siswa dalam belajar matematika. Learning Trajectory ini membahas tentang cara belajar siswa yang dikaitkan dengan teori-teori psikologi belajar anak yang tidak dapat langsung mempelajari sesuatu yang abstrak. Siswa dapat menangkap materi pelajaran dengan lebih mudah jika siswa belajar dari hal yang konkret ke abstrak. Menurut Piaget, siswa SD berada pada tahap operasinal konkret sehinga siswa SD akan lebih memahami materi pelajaran jika disampaikan secara kontekstual, siswa belajar melalui hal-hal nyata yang dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa. Tidak ada gunanya seorang guru memberikan materi mengenai matematika formal yang berisi mengenai rumus-rumus saja kepada siswa SD. Siswa SD tidak akan mengetahui makna dari rumus tersebut jika tidak dikaitkan dengan hal-hal yang nyata. Selain itu, siswa harus mengalami sendiri pengalaman-pengalaman yang akan membangun pengetahuannya, sehingga sebaiknya digunakan student centered.

    ReplyDelete
  2. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Learning Trajectory yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana siswa belajar serta bagaimana siswa berpikir, guru juga harus selalu berinovasi jangan bersifat monoton saja dalam pengajaran. Pada learning trajectory guru dapat membangkitkan atao memanggil lagi pengetahuan awal siswa (prior knowlagde). Maka pembelajaran itu sangat penting.

    ReplyDelete
  3. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Learning trajectory sangat diperlukan dalam membangun matematika dalam diri siswa dengan caranya sendiri. Learning trajectory membantu baik guru sebagai fasilitator maupun siswa sebagai subyek belajar agar dengan mudah mencapai tujuan pembelajaran. Learning trajectory fokus pada tujuan setiap materi belajar, pengembangannya, dan media-media yang diperlukan untuk menunjang setiap tujuan belajar agar tercapai.

    ReplyDelete
  4. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Siswa pada tingkat sekolah dasar, belajar melalui sesuatu yang bersifat konkrit berdasarkan fakta dan pengalaman dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, salah satu metode yang dapat diterapkan untuk memfasilitasi siswa belajar dengan kondisi yang demikian adalah Learning Trajectory. Ciri-ciri dari Learning Trajectory adalah
    1. Memperhatikan tahap perkembangan anak baik secara teori maupun berdasarkan hasil observasi
    2. Pembelajaran tidak textbook, tetapi dikembangkan berdasarkan tahap perkembangan siswa
    3. Terdapat keterkaitan antara materi pada tingkat satu dengan tingkat berikutnya

    ReplyDelete
  5. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Learning trajectory mempelajari tentang bagaimana siswa belajar, bagaimana sikap siswa, dan bagaimana cara siswa berpikir dalam proses pembelajaran melalui serangkaian tugas dan instruksi. Kemudian hakikat pembelajaran di sekolah dasar itu adalah pembelajaran dengan aktivitas bukan banyak teori. Sehingga kita perlu menggunakan learning trajectory untuk pembelajaran di sekolah dasar. Supaya mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.

    ReplyDelete
  6. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Learning Trajectory berarti alur belajar yang bersifat hipotetik atau alur belajar hipotetik terdiri atas tiga komponen utama yaitu: tujuan belajar untuk pembelajaran bermakna, sekumpulan tugas untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut, dan hipotesis tentang bagaimana peserta didik belajar dan bagaimana peserta didik berpikir. Tujuan belajar yang dimaksudkan di sini dapat berupa memahami suatu konsep atau memecahkan suatu masalah matematika. Simon pertama kali menggunakan alur belajar hipotetik untuk mendesain suatu pembelajaran singkat yang meliputi satu atau dua kali pertemuan.

    ReplyDelete
  7. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Learning Trajectory dengan Teaching Trajectory mempunyai hubungan, meskipun keduanya merupakan hal yang berbeda. Learning Trajectory dasarnya adalah menjawab pertanyaan bagaimana siswa belajar dan juga mengandung pengertian bagaimana siswa berpikir. Setelah memahami keduanya, maka barulah bagaimana guru menyelenggarakan PBM (Proses Belajar Mengajar), yang biasanya disebut dengan Teaching Trajectory. Mengajar merupakan proses yang komplek, tidak sekedar menyampaikan informasi dari guru kepada siswa, banyak kegiatan maupun tindakan yang harus dilakukan, terutama bila diinginkan hasil belajar yang lebih baik pada siswa. Karena itu banyak terdapat aneka ragam pengertian mengajar, antara lain. Mengajar adalah segala upaya yang disengaja dalam rangka memberi kemungkinan bagi siswa untuk terjadinya proses belajar.

    ReplyDelete
  8. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Learning Trajectory of Mathematics Teaching ini sama dengan mempelajari bagaimana cara siswa dalam belajar matematika.Learning Trajectory itu sendiri merupakan belajar bagaimana siswa itu berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada siswa. Jadi, sangat penting bagi seorang guru untuk mengetahui tahap perkembangan siswanya saat ini dan memahami alur berpikir siswanya agar guru itu tidak memaksakan cara berpikir yang sesuai kehendaknya.
    Learning Trajectory berhubungan dengan Teaching Trajectory. Setelah guru memahami tahap perkembangan dan alur berpikir siswanya, guru dapat mengetahui bagaimana cara untuk mengajar siswanya.

    ReplyDelete
  9. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Learning Trajectory of Mathematics Teaching adalah mempelajari alur berpikir siswa atau bagaimana siswa belajar matematika untuk mengajarkan matematika. Hal ini sangat penting bagi guru, agar selanjutnya guru dapat menentukan bagaimana mengajarkan siswa agar lebih mudah mengerti (menurut alur berpikirnya). Siswa pada pendidikan dasar terutama, mereka belum bisa mengerti hal hal ataupun ilmu yang bersifat abstrak, maka perlu bagi mereka belajar dari hal yang konkret. Hal-hal semacam ini harus selalu diperhatikan.
    Selain itu dalam Learning Trajectory of Mathematics teaching ini haruslah selalu mengaitkan denngan materi sebelumnya (yang memiliki kaitan).

    ReplyDelete
  10. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pembelajaran matematika memang bertujuan tidak hanya agar siswa menguasai materi, namun mampu memahami alur berpikir atau skema untuk mengaitkan konsep-konsep matematika. Guru seharusnya memiliki terlebih dahulu informasi tentang pengetahuan prasyarat, strategi berpikir yang digunakan anak, level berpikir yang mereka tunjukkan dan bagaimana variasi aktivitas yang dapat menolong mereka mengembangkan pemikiran yang dibutukan untuk tujuannya tersebut. Semuanya dapat dilihat dalam alur belajar hipotesis. Alur belajar berfungsi sebagai kompas yang memandu pembelajaran.

    ReplyDelete
  11. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Learning trajectory didasari pada pola tingkatan alamiah yang ada pada siswa. Dalam pembelajaran matematika para siswa tersebut mengikuti suatu pola tingkatan alamiah yaitu belajar kemampuan-kemampuan serta ide-ide dengan cara mereka sendiri. Hal tersebut sangat penting dipahami oleh guru. Karena apabila guru memahami pola tingkatan alamiah tersebut, dan juga aktivitas-aktivitas yang ada maka hal tersebut dapat membangun suatu lingkungan belajar matematika yang tepat dan efektif.

    ReplyDelete
  12. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Learning trajectory adalah alur belajar atau alur berpikir yang siswa gunakan, bagaimana siswa memulai langkahnya dari satu titik sampai menuju ke suatu tujuan. Dalam pembelajaran matematika dengan tujuan menemukan konsep maka, siswa membutuhkan materi prasyarat sebagai titik awal, kemudian menggunakan cara atau metode dan langkah-langkah yang sesuai dengan tingkatan berpikir mereka sebagai jalur yang mereka gunakan untuk mencapai konsep itu. Oleh sebab itu guru harus bisa memahami alur berpikir siswa dan bisa mengajar sesuai alur belajar itu, sehingga proses belajar dapat berjalan optimal.

    ReplyDelete
  13. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidikan Matematika A 2014 (S1)

    Learning trajectory menggambarkan tujuan pembelajaran, proses belajar dan berpikir siswa pada berbagai macam level, dan aktivitas pembelajaran yang mungkin menarik bagi mereka. Ini sangatlah penting bagi seorang guru. Karena seorang guru harus bisa mengorganisasikan materi yang dapat dipahami oleh siswa dan itu bermakna tanpa membuat siswa merasa keberatan (cognitive over loud).

    ReplyDelete
  14. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Learning trajectory dapat dijadikan sarana guru untuk memahami cara pikir siswa. Hal ini juga disesuaikan dengan perkembangan kognitif siswa. Untuk melaksanakan pembelajaran guru perlu mengetahui Learning Trajectory karena ini sangat penting dan bepengaruh untuk kegiatan inti pembelarajan sehingga perlu diperhatikan oleh guru agar dapat memfasilitasi secara optimal.

    ReplyDelete
  15. Aditya Raenda Ananta
    14301241036
    S1 Pend Matematika A 2014

    Learning trajectory adalah ilmu yang memperlajari tentang bagaimana siswa berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada siswa. Seorang guru yang mampu mengetahui bagaimana cara siswa berpikir maka akan memudahkan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Sejatinya guru adalah seorang fasilitator bagi siswa dengan adanya learning trajectory diharapkan guru mampu membuat perangkat pembelajaran untukk memfasilitasi siswa belajar matematika sesuai dengan cara berpikir siswa.

    ReplyDelete
  16. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    All about learning trajectory of mathematics teaching adalah pembelajarn matematika yang disusun dengan tujuan agar siswa mengkonstruksi pembelajaran matematika itu sendiri. Disini guru berperan sebagai fasilitator dan buka menjadi sumber ilmu bagi para siswanya. Dalam menyusun lembar kerja siswa sebaiknya memperhatikan perbedaan peserta didik, perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, motivasi belajar, bakat, potensi, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan peserta didik. Semua itu adalah beberapa hal yang memang secara tidak langsung mempengaruhi pembelajaran dikelas.

    ReplyDelete
  17. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    berdasaarkan link http://harinipujiastuti.blogspot.co.id/: Learning Trajectory adalah mengetahui latar belakang dan kondisi siswa khususnya bagaimana siswa belajar sampai dimana, dan kedudukannya sebagai apa. Dalam membelajari siswa, guru mempergunakan pembelajaran yang cocok untuk anak Sekolah Dasar agar tidak menghancurkan intuisi dan nuraninya. Oleh karena itu guru harus bijaksana dalam membelajari siswa. Pembelajaran yang diberikan guru selama ini terlalu dipengaruhi pandangan bahwa pembelajaran yang diajarkan adalah alat yang siap pakai. Guru cenderung mentransfer pengetahuan yang dimiliki ke pikiran siswa dan siswa menerimanya dengan pasif serta tidak kritis. Salah satu cara agar siswa termotivasi dalam proses pembelajaran adalah dengan mengaitkan pembelajaran dengan realita kehidupan.

    ReplyDelete
  18. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Learning trajectory adalah belajar tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Learning trajectory bisa dikatakan sebagai suatu tahapan belajar siswa dimana mendapatkan pembelajaran konsep suatu materi kemudian materi lanjutan dan adanya materi yang pada tingkatan yang lebih tinggi lagi.

    ReplyDelete
  19. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Learning trajectory merupakan bagian dari lesson study. Learning trajectory merupakan pembelajaran dengan lintasan belajar yang memberikan prior knowledge sebagai langkah awal untuk beranjak ke pengetahuan berikutnya, selain itu dapat menggambarkan bagaimana proses di dalam pikiran siswa baik iu dari metode maupun tingkat berpikirnya. Learning trajectory akan merujuk ke teaching trajectory. Teaching trajectory memiliki empat dimensi di dalamnya. Tak lain tak bukan adalah dimensi spiritual, normatif, formal dan material.

    ReplyDelete
  20. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Learning Trajectory pada pembelajaran matematika berperan dalam mengatur lintasan yang baik dalam pembelajaran matematika. Lintasan ini memberikan penjelasan kepada guru bagaimana mengatur kelas yang baik sesuai dengan sintak-sintak pembelajaran yang ada. Dengan learning trajectory kita dapat mengarahkan cara siswa berpikir dan bagaimana siswa diarahkan untuk belajar matematika.

    ReplyDelete
  21. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Learning Trajectory of Mathematics adalah memahami bagaimana siswa belajar. Bagaimana siswa belajar tentu berkaitan dengan perkembangan siswa (psikologi). Learning trajectory of mathematics penting bagi seorang guru dikarenakan agar konsep yang akan diajarkan oleh guru dapat dengan mudah diterima oleh siswa.

    ReplyDelete
  22. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    penting bagi seorang guru untuk paham apa itu learning trajectory. Learning trajectory sangat bermanfaat bagi guru karena jika guru paham akan learning trajectory maka guru akan paham alus siswa berfikir sehingga guru akan lebih mudah dalam menyampaikan materi dan siswa juga akan lebih mudah memahami apa yang disampaikan guru.

    ReplyDelete
  23. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Learning trajectory adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana cara siswa belajar. Membangun learning trajectory merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dengan mengerti tentang tentang learning trajectory, guru akan dengan mudah menetapkan model pembelajaran apa yang tepat untuk diterapkan di dalam kelas sehingga hasil pembelajaran optimal dan lebih bermakna.

    ReplyDelete
  24. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Learning trajectory adalah belajar tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Saat ini banyak guru yang memaksakan kehendak kepada siswa, mereka tidak sadar bahwa sebenarnya anak memiliki pola pikir yang berbeda atau mempunyai pendapat sendiri. Oleh karena itu, dengan mempelajari learning trajectory ini, guru diharapkan dapat memahami alur berpikir siswa, sehingga tidak lagi memaksakan cara berpikir “yang paling benar” kepada siswa.

    ReplyDelete
  25. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    Pendidikan Matematika I 2014

    Learning trajectory sangat dibutuhkan guru dalam mempelajari alur berpikir siswa dalam mempelajari suatu materi matematika tertentu. Saat siswa belajar suatu materi pastilah melalui tahapan-tahapan tertentu, dimana di setiap langkah tersebut (secara runtut) siswa memahami pengetahuan-pengetahuan yang diperlukan (prior knowledge). Sehingga diharapkan guru mampu mengenali kemampuan siswa dan menerapkan metode yang tepat untuk pembelajaran matematika melalui learning trajectory yang telah tersusun.

    ReplyDelete
  26. learning trajectory merupakan pembelajaran yang menuntut guru untuk memahami matematika kan memahami pengetahuan siswa tentang matematika. dengan pemahaman tersebut guru dapat membuat hypotetical learning trajectory yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. pembelajaran dengan lintasan belajar ini sangat membantu meningkatkan kemampuan anak untuk membangun pengetahuannya. guru memperkirakan kemana arah belajar siswa sehingga guru dapat mengantisipasi setiap aktivitas yang akan terjadi di dalam proses pembelajaran. dalam pembelajaran ini guru yang menyesuaikan diri terhadap siswa. guru sebagai fasilitator dan pembimbing siswa. pembelajaran ini berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  27. Nurrita Sabrina (14301244010)
    Pendidikan Matematika I 2014
    S1 Pendidikan Matematika UNY

    4. Seperti yang di sampaikan oleh dosen pembimbing mikro saya salah satu hal penting yang harus di perhatikan oleh seorang mahasiswa kependidikan (calon guru) dalam merancang lesson plan adalah rute belajar siswa (learning trajectory). Ini penting untuk mengetahui seberapa luas dan dalam cakupan materi yang akan disampaikan. Selain itu learning trajectory ini juga bermanfaat untuk para calon guru belajar mengorganisasikan penyampaian materi sehingga rute belajar siswa terorganisir dan memudahkan siswa dalam menerima materi pelajaran.

    ReplyDelete
  28. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Learning trajectory perlu diperhatikan dalam pembelajaran. Hal ini adalah suatu langkah yang dapat diambil guru untuk memahami cara pikir siswa. Setelah dapat memahami cara pikir siswa guru dapat mengolah materi pembelajaran agar lebih mudah dipahami oleh siswa.

    ReplyDelete
  29. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika

    Learning trajectory yaitu rute belajar yang memberikan gambaran tentang pengetahuan prasyarat yang telah dimiliki siswa (sebagai titik start) dan setiap langkah dari satu titik ke titik berikutnya, menggambarkan proses berpikir yang siswa gunakan, metode yang siswa pakai, ataupun tingkat-tingkat berpikir yang siswa tunjukkan. Learning trajectory mempelajari bagaimana siswa belajar matematika. siswa akan merasa kesulitan jika langsung mempelajari sesuatu yang abtrak, namun siswa akan mudah menangkap penjelasan matematika dari konkret ke abstark.

    ReplyDelete
  30. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Teaching trajectory berkaitan dengan bagaimana cara mengajar kepada siswa. Oleh karena itu membangun learning trajectory dan menerapkannya dalam teaching trajectory akan memaksimalkan kemampuan berpikir siswa. Hal tersebut hanya akan dapat dicapai oleh guru professional. Guru yang berkompeten akan selalu mencari inovasi-inovasi pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  31. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebuah alur belajar memberikan petunjuk bagi guru untuk menentukan dan merumuskan tujuan-tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Selanjutnya guru dapat membuat keputusan-keputusan tentang langkah-langkah strategi yang akan digunakan untuk mewujutkan tujuan-tujuan tersebut. Sebelum menentukan langkah-langkah yang akan ditempuh dalam pembelajaran atau pemecahan masalah, guru seharusnya memiliki terlebih dahulu informasi tentang pengetahuan prasyarat, strategi berpikir yang digunakan anak, level berpikir yang mereka tunjukkan dan bagaimana variasi aktivitas yang dapat menolong mereka mengembangkan pemikiran yang dibutukan untuk tujuannya tersebut. Semuanya termuat dalam alur belajar hipotesis.

    ReplyDelete
  32. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Learning trajectory mempelajari tentang bagaimana siswa berpikir dan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Seorang guru harus mengetahui bagaimana tahap siswa dalam berpikir dan belajar. Dengan begitu, guru dapat menyusun dan mengorganisasikan materi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan berpikir siswa agar tidak memberatkan siswa itu sendiri.

    ReplyDelete
  33. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Peran dan posisi Hypothetical learning Trajectory (HLT) dalam setiap tahapan design research (Bakker, 2004) adalah Tahap Preparation and design, Tahap Design Experiment, dan Tahap Restrospective Analysis.

    ReplyDelete
  34. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Learning Trajectory merupakan suatu pembelajarn yang mengarah kepada bagaimana siswa berpikir, bagaimana siswa belajar dalam memahami suatu konsep. Dengan Learning Trajectory seorang guru dapat belajar bagaimana memahami setiap karaker dari siswanya dengan begitu guru dapat mengeksplore kemampuan anak secara maksimal.

    ReplyDelete
  35. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika
    Dalam teori learning trajectory terbagi menjadi 4 dimensi. Pertama aspek spiritual yang merupakan dimensi tertinggi dalam learning trajectory. Kedua yaitu aspek material yang berupa konteks dan konten meliputi fisik (artefak), lingkungan atau budaya, sampai pada perangkat pembelajaran yang lain. Ketiga yaitu aspek formal yang berupa dokumen resmimisalnya RPP, LKS. Dan yang terakhir yaitu aspek normative meliputi buku, makalah, journal, dan sumber referensi lainnya.

    ReplyDelete