Jul 22, 2015

All about Learning Trajectory of Mathematics Teaching


All about Learning Trajectory of Mathematics Teaching


The following are all related web with Marsigit’s activities in Lecturing Learning Trajectory for Primary Mathematics School teachers:


http://pd.pps.uny.ac.id/berita/lesson-study-bernuansa-learning-trajectory-ala-p2tk-dikdas.html


158 comments:

  1. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Learning trajectory merupakan bagian dari lesson study. Learning trajectory merupakan pembelajaran dengan lintasan belajar yang memberikan prior knowledge sebagai langkah awal untuk beranjak ke pengetahuan berikutnya, selain itu dapat menggambarkan bagaimana proses di dalam pikiran siswa baik iu dari metode maupun tingkat berpikirnya. Learning trajectory akan merujuk ke teaching trajectory. Teaching trajectory memiliki empat dimensi di dalamnya. Tak lain tak bukan adalah dimensi spiritual, normatif, formal dan material.

    ReplyDelete
  2. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Learning Trajectory pada pembelajaran matematika berperan dalam mengatur lintasan yang baik dalam pembelajaran matematika. Lintasan ini memberikan penjelasan kepada guru bagaimana mengatur kelas yang baik sesuai dengan sintak-sintak pembelajaran yang ada. Dengan learning trajectory kita dapat mengarahkan cara siswa berpikir dan bagaimana siswa diarahkan untuk belajar matematika.

    ReplyDelete
  3. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Learning Trajectory of Mathematics adalah memahami bagaimana siswa belajar. Bagaimana siswa belajar tentu berkaitan dengan perkembangan siswa (psikologi). Learning trajectory of mathematics penting bagi seorang guru dikarenakan agar konsep yang akan diajarkan oleh guru dapat dengan mudah diterima oleh siswa.

    ReplyDelete
  4. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    penting bagi seorang guru untuk paham apa itu learning trajectory. Learning trajectory sangat bermanfaat bagi guru karena jika guru paham akan learning trajectory maka guru akan paham alus siswa berfikir sehingga guru akan lebih mudah dalam menyampaikan materi dan siswa juga akan lebih mudah memahami apa yang disampaikan guru.

    ReplyDelete
  5. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Learning trajectory adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari bagaimana cara siswa belajar. Membangun learning trajectory merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Dengan mengerti tentang tentang learning trajectory, guru akan dengan mudah menetapkan model pembelajaran apa yang tepat untuk diterapkan di dalam kelas sehingga hasil pembelajaran optimal dan lebih bermakna.

    ReplyDelete
  6. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Learning trajectory adalah belajar tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Saat ini banyak guru yang memaksakan kehendak kepada siswa, mereka tidak sadar bahwa sebenarnya anak memiliki pola pikir yang berbeda atau mempunyai pendapat sendiri. Oleh karena itu, dengan mempelajari learning trajectory ini, guru diharapkan dapat memahami alur berpikir siswa, sehingga tidak lagi memaksakan cara berpikir “yang paling benar” kepada siswa.

    ReplyDelete
  7. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    Pendidikan Matematika I 2014

    Learning trajectory sangat dibutuhkan guru dalam mempelajari alur berpikir siswa dalam mempelajari suatu materi matematika tertentu. Saat siswa belajar suatu materi pastilah melalui tahapan-tahapan tertentu, dimana di setiap langkah tersebut (secara runtut) siswa memahami pengetahuan-pengetahuan yang diperlukan (prior knowledge). Sehingga diharapkan guru mampu mengenali kemampuan siswa dan menerapkan metode yang tepat untuk pembelajaran matematika melalui learning trajectory yang telah tersusun.

    ReplyDelete
  8. learning trajectory merupakan pembelajaran yang menuntut guru untuk memahami matematika kan memahami pengetahuan siswa tentang matematika. dengan pemahaman tersebut guru dapat membuat hypotetical learning trajectory yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. pembelajaran dengan lintasan belajar ini sangat membantu meningkatkan kemampuan anak untuk membangun pengetahuannya. guru memperkirakan kemana arah belajar siswa sehingga guru dapat mengantisipasi setiap aktivitas yang akan terjadi di dalam proses pembelajaran. dalam pembelajaran ini guru yang menyesuaikan diri terhadap siswa. guru sebagai fasilitator dan pembimbing siswa. pembelajaran ini berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  9. Nurrita Sabrina (14301244010)
    Pendidikan Matematika I 2014
    S1 Pendidikan Matematika UNY

    4. Seperti yang di sampaikan oleh dosen pembimbing mikro saya salah satu hal penting yang harus di perhatikan oleh seorang mahasiswa kependidikan (calon guru) dalam merancang lesson plan adalah rute belajar siswa (learning trajectory). Ini penting untuk mengetahui seberapa luas dan dalam cakupan materi yang akan disampaikan. Selain itu learning trajectory ini juga bermanfaat untuk para calon guru belajar mengorganisasikan penyampaian materi sehingga rute belajar siswa terorganisir dan memudahkan siswa dalam menerima materi pelajaran.

    ReplyDelete
  10. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Learning trajectory perlu diperhatikan dalam pembelajaran. Hal ini adalah suatu langkah yang dapat diambil guru untuk memahami cara pikir siswa. Setelah dapat memahami cara pikir siswa guru dapat mengolah materi pembelajaran agar lebih mudah dipahami oleh siswa.

    ReplyDelete
  11. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika

    Learning trajectory yaitu rute belajar yang memberikan gambaran tentang pengetahuan prasyarat yang telah dimiliki siswa (sebagai titik start) dan setiap langkah dari satu titik ke titik berikutnya, menggambarkan proses berpikir yang siswa gunakan, metode yang siswa pakai, ataupun tingkat-tingkat berpikir yang siswa tunjukkan. Learning trajectory mempelajari bagaimana siswa belajar matematika. siswa akan merasa kesulitan jika langsung mempelajari sesuatu yang abtrak, namun siswa akan mudah menangkap penjelasan matematika dari konkret ke abstark.

    ReplyDelete
  12. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Teaching trajectory berkaitan dengan bagaimana cara mengajar kepada siswa. Oleh karena itu membangun learning trajectory dan menerapkannya dalam teaching trajectory akan memaksimalkan kemampuan berpikir siswa. Hal tersebut hanya akan dapat dicapai oleh guru professional. Guru yang berkompeten akan selalu mencari inovasi-inovasi pembelajaran yang berguna untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebuah alur belajar memberikan petunjuk bagi guru untuk menentukan dan merumuskan tujuan-tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Selanjutnya guru dapat membuat keputusan-keputusan tentang langkah-langkah strategi yang akan digunakan untuk mewujutkan tujuan-tujuan tersebut. Sebelum menentukan langkah-langkah yang akan ditempuh dalam pembelajaran atau pemecahan masalah, guru seharusnya memiliki terlebih dahulu informasi tentang pengetahuan prasyarat, strategi berpikir yang digunakan anak, level berpikir yang mereka tunjukkan dan bagaimana variasi aktivitas yang dapat menolong mereka mengembangkan pemikiran yang dibutukan untuk tujuannya tersebut. Semuanya termuat dalam alur belajar hipotesis.

    ReplyDelete
  14. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Learning trajectory mempelajari tentang bagaimana siswa berpikir dan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Seorang guru harus mengetahui bagaimana tahap siswa dalam berpikir dan belajar. Dengan begitu, guru dapat menyusun dan mengorganisasikan materi pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan berpikir siswa agar tidak memberatkan siswa itu sendiri.

    ReplyDelete
  15. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Peran dan posisi Hypothetical learning Trajectory (HLT) dalam setiap tahapan design research (Bakker, 2004) adalah Tahap Preparation and design, Tahap Design Experiment, dan Tahap Restrospective Analysis.

    ReplyDelete
  16. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Learning Trajectory merupakan suatu pembelajarn yang mengarah kepada bagaimana siswa berpikir, bagaimana siswa belajar dalam memahami suatu konsep. Dengan Learning Trajectory seorang guru dapat belajar bagaimana memahami setiap karaker dari siswanya dengan begitu guru dapat mengeksplore kemampuan anak secara maksimal.

    ReplyDelete
  17. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika
    Dalam teori learning trajectory terbagi menjadi 4 dimensi. Pertama aspek spiritual yang merupakan dimensi tertinggi dalam learning trajectory. Kedua yaitu aspek material yang berupa konteks dan konten meliputi fisik (artefak), lingkungan atau budaya, sampai pada perangkat pembelajaran yang lain. Ketiga yaitu aspek formal yang berupa dokumen resmimisalnya RPP, LKS. Dan yang terakhir yaitu aspek normative meliputi buku, makalah, journal, dan sumber referensi lainnya.

    ReplyDelete
  18. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Learning Trajectory matematika mempunyai tiga bagian penting yakni: tujuan pembelajaran matematika yang ingin dicapai, lintasan perkembangan yang akan dikembangkan oleh siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran,dan seperangkat kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tingkatan berpikir pada lintasan perkembangan yang akan membantu anak dalam mengembangkan proses berpikirnya bahkan sampai pada proses berpikir tingkat tinggi.

    ReplyDelete
  19. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Learning trajectory adalah belajar tentang bagaimana anak berpikir, guru tidak boleh memaksakan pola berpikir siswa, karena sesungguhnya dalam pembelajaran siswa diberi kebebasan untuk menggunakan caranya sendiri dalam memahami materi karena setiap anak memiliki keunikan nya masing-masing, memiliki pola pikirnya masing masing, dengan learning trajectory ini diharapkan guru dapat mengerti alur berpikir siswa, sehingga tidak lagi memaksakan cara berpikir siswa.

    ReplyDelete
  20. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Bagi setiap anak perjalanan dari konkrit ke abstrak dapat saja berbeda. Ada yang cepat dan ada yang lamban sekali. Bagi yang cepat mungkin tidak memerlukan banyak tahapan, tetapi bagi yang tidak cepat, tidak mustahil perlu melalui banyak tahapan. Dengan demikian bagi setiap anak mungkin saja memerlukan learning trajectory atau alur belajar yang berbeda. Sebuah alur belajar memberikan petunjuk bagi guru untuk menentukan dan merumuskan tujuan-tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Selanjutnya guru dapat membuat keputusan-keputusan tentang langkah-langkah strategi yang akan digunakan untuk mewujudkan tujuan-tujuan tersebut.

    ReplyDelete
  21. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Sebelum menentukan langkah-langkah yang akan ditempuh dalam pembelajaran atau pemecahan masalah, guru seharusnya memiliki terlebih dahulu informasi tentang pengetahuan prasyarat, strategi berpikir yang digunakan anak, level berpikir yang mereka tunjukkan dan bagaimana variasi aktivitas yang dapat menolong mereka mengembangkan pemikiran yang dibutukan untuk tujuannya tersebut. Semuanya termuat dalam alur belajar hipotesis. Informasi-informasi itu dapat diperoleh melalui observasi, pretes, atau penilaian lain. Berdasarkan observasi, penilaian, dan informasi lain yang telah dikumpulkan, guru dapat mengetahui alur belajar ataupun tingkat berpikir yang dimiliki anak saat itu. Dengan mengetahui level dan alur pikir yang dimiliki anak, dalam proses pembelajaran kita dapat mengetahui mana yang harus didahulukan dalam proses pengembangannya. Alur belajar memberikan suatu kerangka kerja bagi guru untuk mengembangkan pengetahuan tentang berpikir dan belajar peserta didik.

    ReplyDelete
  22. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari salah satu blog di atas yang telah saya baca, learning trajectory pada siswa SD menggunakan pendekatan matematika realistik, yaitu matematika konkret, matematika semi konkret, matematika semi formal, kemudian matematika formal. Sebelum pembelajaran, guru dapat menentukan masalah kontekstual yang akan dipelajari oleh siswa, lalu menentukan prior knowledge yang semestinya dimiliki siswa untuk menjadi pertimbangan pembelajaran yang akan dilakukan.

    ReplyDelete
  23. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Istilah Learning Trajectory pertama kali digunakan oleh Simon yang mengajukan konsep tentang hypothetical learning trajectory. Learning trajectory yaitu lintasan atau rute belajar yang memberikan gambaran tentang pengetahuan prasyarat yang telah dimiliki siswa (sebagai titik start) dan setiap langkah dari satu titik ke titik berikutnya, menggambarkan proses berpikir yang siswa gunakan, metode yang siswa pakai, ataupun tingkat-tingkat berpikir yang siswa tunjukkan. Ada tiga komponen utama dari learning trajectory, yaitu tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan hipotesis proses belajar siswa. Tujuan pembelajaran sebagai komponen pertama mengindikasikan perlunya perumusan tujuan pembelajaran sebagai bentuk hasil yang akan kita tuju atau capai setelah proses pembelajaran. Penentuan tujuan pembelajaran sangat bermanfaat dalam penentuan arah dan strategi pembelajaran yang akan digunakan. Berdasarkan tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan maka kegiatan pembelajaran sebagai jalan untuk mencapai tujuan pembelajaran bisa dirancang. Kegiatan dalam pembelajaran dapat disusun menjadi sub-sub kegiatan dengan sub-sub tujuan pembelajaran. Komponen terakhir dari learning trajectory adalah hipotesis proses belajar siswa yang berguna untuk merancang tindakan ataupun alternative strategi untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin dihadapi siswa dalam proses pembelajaran. Learning trajectory atau bagaimana cara anak-anak berpikir ketika mereka belajar untuk mencapai tujuan spesifik dari proses pembelajaran, melalui serangkaian tugas-tugas instruksional yang dirancang untuk menimbulkan proses-proses mental atau tindakan yang dihipotesiskan untuk memindahkan anak-anak melalui pengembangan perkembangan berfikir anak.
    Dapat disimpulkan lintasan belajar menggambarkan tujuan pembelajaran, proses belajar dan berpikir anak pada berbagai tingkatan, dan aktivitas pembelajaran yang mungkin menarik bagi siswa.

    ReplyDelete
  24. Fina Fitri Nurjannah
    14301244005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih banyak atas link yang Prof.Marsigit berikan mengenai Learning Trajectory of Mathematics Teaching. Salah satu web yang saya buka adalah http://pd.pps.uny.ac.id/berita/lesson-study-bernuansa-learning-trajectory-ala-p2tk-dikdas.html. Di dalam link tersebut terdapat artikel berjudul LESSON STUDY BERNUANSA LEARNING TRAJECTORY ALA P2TK DIKDAS, yang berisi kegiatan di luar kelas mata kuliah Learning Trajectory yang diampu oleh Prof. Dr. Marsigit, M.A., dilaksanakan pada hari Sabtu 23 Mei 2015, kelas P2TK Dikdas UNY. Terdapat statement yang penting dan menarik bagi saya “Ketika siswa belajar dengan urutan dan tahapan yang benar siswa sudah dapat membangun pengetahuannya sendiri. Seorang guru memang harus belajar bagaimana siswa itu belajar. Jika semua guru memahami bagaimana urutan dan tahapan siswa itu belajar tentu siswa itu akan dapat mengembangkan potensinya.”. Saya merasa ini sangat penting bagi saya pribadi ketika kelak mengajar di kelas. Proses belajar yang memperhatikan urutan dan tahapan siswa akan lebih menyenangkan dan tidak menjadi beban atau bencana bagi siswa.

    ReplyDelete
  25. Learning trajectory (jalur belajar) merupakan suatu desain pembelajaran yang memperhatikan tingkat berpikir anak sesuai dengan teori Piaget dan Vigotsky. Jalur belajar dapat dilakukan untuk membuat desain pembelajaran Matematika maupun untuk membuat rancangan pembelajaran pada level tertentu. Jalur belajar menggambarkan tujuan pembelajaran, proses belajar dan berpikir anak pada berbagai macam level, dan aktivitas pembelajaran yang mungkin menarik bagi mereka. Mengingat pentingnya pendidikan yang berkesinambungan dari sisi konten dan proses, Learning Trajectory menjadi isu penting dalam pembelajaran. Proses pembuatan Learning Trajectory memang membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Meskipun demikian, isu ini penting untuk dapat dilakukan/ditindaklanjuti. Anak-anak memerlukan guru/pendidik yang benar-benar menjadi fasilitator bagi mereka dalam mempelajari suatu ide besar.

    ReplyDelete
  26. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dalam learning trajectory kita belajar berbagai bentuk pengetahuan dan pengalaman. Baik berupa, formal, normatif, spiritual, maupun material. Bentuk formal, yaitu dalam bentuk dokumen antara lain UUD, UU, Perpu, Permendikbud, Kurikulum, Silabus, RPP, LKS. Bentuk normatif, misalnya buku, makalah ilmiah, penelitian, jurnal, filsafat (hakikat, metode, etik dan estetika). Hakikat sendiri ada dua, yaitu berupa wadah (berupa sintak, bisa berhierarki) dan isi (kategori). Bentuk yang lain yaitu bentuk spiritual yang berupa syariat, hakikat, makrifat. Dan yang terakhir yaitu bentuk material, yaitu dalam bentuk konteks dan konten.

    ReplyDelete
  27. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dalam membangun Lerning Trajectory(LT) dan menerapkannya ke dalam Teaching Trajectory (TT) membutuhkan proses,yang di dalamnya terdapat proses menerjemahkan dan diterjemahkan. Setelahmemahami Learning Trajectory sehingga diaplikasikannya ke dalam Teaching Trajectory yaitu bagaimana cara mengajarkannya kepada siswa. Sehingga guru yang berkompeten itu adalah guru yang memiliki beberapa kompetensi seperti pengetahuan, sikap, keterampilan, pengalaman dari segi normatifnya.

    ReplyDelete
  28. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    sudah banyak mahasiswa yang menulis skripsinya berkaitan dengan learning trajectory. terutama mahasiswa pendidikan matematika. artinya memang learning trajectory sangat penting dipahami guru artinya ini akan terus dikembangkan terus menenerus agar kualitas guru dalam mengajar menjadi lebih baik sehingga kualitas anak didik di Negeri ini menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  29. Indriyani Fatmi
    13301244031
    S1 Pendidikan Matematika 2013

    Learning trajectory adalah belajar tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Pembelajaran ini sangat berguna bagi guru dan orang tua, agar mereka dapat memahami bagaimana pola pikir anak dan bisa memberikan metode pengajaran yang sesuai.

    ReplyDelete
  30. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas link yang diberikan pada postingan ini. Semoga bermanfaat untuk saya dan teman-teman saya.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  31. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    menurut sepemahaman saya learning trajectory adalah alur berpikir siswa. untuk mewujudkan pembelajran yang optimal dan sesuai dengan karakteristik siswa, maka pendekatan ini perlu dilakukan. guru perlu untuk mengetahui alur berpikir siswa, agar guru dapat merancang kegiatan pembelajaran, prediksi respon siswa, serta tindakan antisipasi kemungkinan terburuk yang akan terjadi pada proses pembelajaran di dalam kelas.

    ReplyDelete
  32. Agus Cahyanto
    14301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Learning trajectory merupakan belajar berdasarkan cara berpikir anak dan tahap-tahap berpikir pada anak. Dalam hal ini, learning trajectory penting dipahami oleh guru, karena diharapkan dapat memahami alur berpikir anak, sehingga tidak memaksakan konsep berpikir kepada anak. Khususnya untuk anak sekolah dasar yang memiliki pola pikir yang berbeda atau mempunyai pendapat sendiri.

    ReplyDelete
  33. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Learning Trajectory adalah proses/alur belajar dan berfikir siswa dalam mempelajari sesuatu. Pola berfikir siswa dan sudut pandang siswa terhadap sesuatu hal tidaklah sama oleh karena itu dengan mempelajari learning trajectory dapat memudahkan guru dalam mengetahui pola pikir siswa, sehingga proses pembelajaran dapat lebih mudah dilakukan. Selain itu, dengan mempelajari learning trajectory dapat membantu guru mengevaluasi proses pembelajaran dikelas, guru dapat mengetahui apakah metode, strategi, model dan media yang digunakan sudah tepat dan dapat diterima serta mudah dipahami oleh siswa atau masih membutuhkan perbaikan.

    ReplyDelete
  34. Endryana Listyarini
    14301241034
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dari link yang Bapak berikan ini, saya jadi mengerti apa itu learning trajectory. Sebelumnya saya sering mendengar orang menyebutkan mengenai learning trajectory. Tetapi baru kali ini saya memahami apa itu learning trajectory. Menurut sumber yang saya baca dari link Bapak ini, learning trajectory adalah alur belajar. Dalam pembelajaran, learning trajectory merupakan hal yamg harus diperhatikan. Bagi seorang guru, penting untuk memperhatikan learning trajectory siswanya. Untuk itu sebaiknya guru dapat memahami dirinya sendiri agar bisa memahami siswanya.

    ReplyDelete
  35. Endryana Listyarini
    14301241034
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ada empat aspek dalam learning trajectory yang saling berkaitan, diantaranya: aspek spiritual, aspek normatif, aspek formal, dan aspek material. Aspek spiritual meliputi syariat, hakikat, dan ma’rifat. Maksudnya, sebagai guru hendaknya menuntun siswanya membangun pengetahuan, sehingga nantinya ilmu yang diberikan pada siswa ini bisa menjadi amal bagi guru. Aspek normatif meliputi jurnal, penelitian, makalah, buku prosiding, dan sumber referensi lainnya. Dengan membaca segala sumber-sumber belajar diharap kita bisa memahami pikiran kita sendiri. Dalam hal ini penting bagi guru untuk tidak memaksakan pikiran siswa sama seperti gurunya. Aspek formal meliputi UUD 1945, Pancasila, UU, Perpu, Permen, Kurikulum, perangkat pembelajaran, variasi, interaksi belajar, dan assesmen. Sedangkan yang terakhir, aspek material meliputi lingkungan belajar siswa. (sumber: http://ariefahnur12.blogspot.co.id)

    ReplyDelete
  36. ‘Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas link-link yang Bapak Marsigit berikan, dari link-link tersebut dapat saya baca dan saya ambil manfaatnya sehingga saya mengetahui lebih banyak tentang learning trajectory, tidak hanya sekadar arti harfiahnya saja yaitu alur belajar.

    ReplyDelete
  37. ‘Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya membaca salah satu link yaitu http://ikanoviananuppy.blogspot.co.id/2015/06/refleksi-learning-trajectory-dalam.html. Dalam link tersebut, dijelaskan bahwa learning trajectory yang digunakan berimplikasi pada teaching trajectory atau alur mengajar. Learning trajectory tersebut digunakan dalam Lesson Study di salah satu SD yaitu SD Negeri Sodo. Pada bagian apersepsi menggunakan cara memberikan soal kecil, lalu terdapat kegiatan diskusi yaitu tentang jaring-jaring kubus, tetapi masih menggunakan LKS yang seragam, menggunakan media yang nyata, menggunakan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME), kemudian sampai pada tahap mengomunikasikan juga.

    ReplyDelete
  38. ‘Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Learning trajectory jika dipelajari lebih lanjut dapat dikembangkan juga menjadi perangkat pembelajaran di kelas. Saya melihat beberapa link di atas berisi tentang karya mahasiswa terkait pengembangan perangkat pembelajaran berbasis learning trajectory, diantaranya http://abiybelajarkreatif.blogspot.co.id/ dan http://umiwuryanti.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  39. Indri Ardiati
    14301241047
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Saya sering mendengar tentang learning trajectory tetepi saya belum memahami betul apa makna sebenarnya. Dari link yang bapak berikan dalam postingan ini saya menjadi tahu mengenai learning trajectory. Yang saya pahami disini adalah bahwa pembelajaran menggunakan learning trajectory guru harus mengetahui latar belakang siswanya yaitu bagaimana cara berfikir siswanya, sehingga guru dapat merancang pembelajaran sedemikian sehingga guru tidak hanya mentransfer pengetahuan tetapi memberi kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan ide yang ada di dalam pikirannya atau dengan kata lain terjadi pengalaman belajar pada siswa yang mana akan selalu melekat dalam benak siswa.

    ReplyDelete
  40. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Dalam mengajarkan matematika hendaknya guru memperhatikan segala asperk yang berkaitan dalam diri siswa, termasuk aspek psikologis. Dengan adanya learning trajectory, guru dapat mempelajari bagaimana cara mengajarkan matematika dengan baik dan benar. Tujuan utamanya adalah siswa menerima matematika dengan baik dan benar. Termasuk di dalamnya bagaimana cara memanage materi agar mudah diterima oleh siswa. bagaimana guru harus bersikap sehingga siswa mau belajar matematika, bagaimana cara materi disampaikan sehingga semua siswa dapat memahaminya.

    ReplyDelete
  41. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya mengucapkan terimakasi kepada bapak Prof. marsigit telah memfasilitasi saya khususnya untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai learning trajectory karena kemarin sewaktu mata kuliah metodologi pendidikan dosen saya sempat membahas researchnya mengenai learning trajectory dan saya sedikit tertarik akan tetapi masih kesulitan dalam memahami maksud learning trajectory tersebut.

    ReplyDelete
  42. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam tulisan di http://pd.pps.uny.ac.id/berita/lesson-study-bernuansa-learning-trajectory-ala-p2tk-dikdas.html bahwa setelah mahasiswi melakukan pengajaran diadakannya evaluasi langsung. Hal ini mirip dengan pembelajaran di Australia yang telah di sampaikan dan saya rasa diadopsi oleh Pak Prof. marsigit dalam perkuliahannya. Dimana mahasiswa lain pembantu guru model bersama-sama dengan guru model dan guru mengevaluasi pembelajaran yang telah dilakukan sebelumnya agar kedepannya dappat menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  43. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menurut link yang saya baca ini http://iznaceria.blogspot.co.id/2015/06/cari-jodoh.html learning trajectory tidak dapat dipisahkan dengan teaching trajectory dimana keduanya saling berkaitan satu sama lain dalam mengembangkan suatu proses pembelajaran sesuai dengan rute berpikir siswa belajar.

    ReplyDelete
  44. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan matematika I 2014
    Dalam tulisan ini http://iznaceria.blogspot.co.id/2015/06/cari-jodoh.html ketika kita ingin mengembangkan pembelajaran berbasis learning trajectory kita disarankan untuk memiliki literatur yang banyak. Selain itu kita juga diminta bepikir bagaimana siswa memandang objek pembelajaran tersebut. Jika kita akan mengajar matematika maka kita harus merubah pandangan kita menjadi siswa tersebut bagaimana cara dia memandang matematika tersebut. hal ini dikatakan penting untuk mengatur skema pembelajaran serta waktu pembelajarannya.

    ReplyDelete
  45. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Tulisan dalam link http://iznaceria.blogspot.co.id/2015/06/cari-jodoh.html menyatakan bahwa learning trajectory memiliki empat bentuk yakni material, formal, normatif serta spiritual. Material disini merupakan hal yang nyata dan berbentuk fisik dalam etnomatematika sendiri materialnya dapat berupa objek non formalnya. Sedangkan bentuk formal disini dapat dinyatakan segala sesuatu yang berhubungan dengan dokumen resmi seperti kurikulum , perangkat pembelajaran dan lain sebagainya. Bentuk normatifnya dapat berupa segala sumber yang digunakan seperti buku,jurnal dan lain sebagainya. Serta bentuk spiritualnya yakni berupa syariat,hakikat dan makrifatya.

    ReplyDelete
  46. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Dijelaskan dalam http://iznaceria.blogspot.co.id/2015/06/cari-jodoh.html bahwa guru harus mampu melihat keterkaitan antar materi dalam mengembangkan pembelajaran berbasis learning trajectory. seperti yang dinyatakan dalam tulisan tersebut guru SD kelas 4 ketika mengajar harus melihat keterkaitan materi kelas 4 dengan kelas 3 dan 5 sehingga nanti pembelajaran diharapkan akan menajdi bermakna.

    ReplyDelete
  47. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Dalam membangun matematika sangat diperlukan learning dalam diri siswa dengan caranya sendiri. Learning trajectory membantu guru maupun siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sebab learning trajectory menunjang setiap tujuan dalam belajar.

    ReplyDelete
  48. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Learning trajectory merupakan suatu alur belajar atau alur penyampaian materi kepada siswa, banyak penelitian yang telah mengembangkan learning trajectory guna untuk menentukan alur belajar yang efektif yang dapat diimplementasikan di kelas agar materi yang diberikan tersampaikan kepada siswa dan siswa memahami materi yang disampaikan guru.

    ReplyDelete
  49. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Learning trajectory mempelajari mengenai bagaimana siswa berpikir dan bagaimana siswa belajar untuk mencapai tujuan. Untuk itu seorang guru harus memahami betul bagaimana siswa berpikir dan belajar sehingga pembelajaran akan lebih mudah dipahami dan tidak menyebabkan cognitive over load bagi siswa. Selain itu dengan learning trajectory guru mampu mengembangkan dan mengeksplor kemampuan siswa secara maksimal.

    ReplyDelete
  50. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Anak-anak, khususnya yang duduk di kelas rendah (1 – 3) di sekolah dasar, mengikuti suatu pola tingkatan alamiah ketika mereka belajar maupun dalam proses perkembangannya. Sebagai contoh, pada awalnya mereka belajar merangkak, berjalan, lalu berlari, dan melompat dengan kecepatan dan kecekatan yang terus meningkat seiring dengan perkembangan fisiknya. Begitupula ketika mereka belajar. Dalam belajar matematika misalnya, mereka juga mengikuti suatu pola tingkatan alamiah, yakni belajar kemampuan-kemampuan dan ide-ide matematika dengan cara mereka sendiri. Ketika para guru memahami pola tingkatan alamiah tersebut, serta aktivitas-aktivitas yang tersusun didalamnya, maka mereka telah membangun suatu lingkungan belajar matematika yang tepat dan efektif. Pola tingkatan alamiah tersebut merupakan dasar dalam membuat learning trajectories atau lintasan belajar. Lintasan belajar sangat berguna bagi guru, khususnya dalam hal menjawab berbagai pertanyaan seperti: apa tujuan pembelajaran yang akan kita capai? bagaimana kita memulainya? bagaimana kita mengetahui tentang langkah-langkah yang akan kita lakukan? bagaimana kita bisa mencapai tujuan tersebut? dan seterusnya.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  51. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Lintasan belajar mempunyai tiga bagian penting yakni: tujuan pembelajaran matematika yang ingin dicapai, lintasan perkembangan yang akan dikembangkan oleh anak atau siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, dan seperangkat kegiatan pembelajaran ataupun tugas-tugas, yang sesuai dengan tingkatan berpikir yang ada pada lintasan perkembangan yang akan membantu anak tersebut dalam mengembangkan proses berpikirnya bahkan sampai pada proses berpikir tingkat tinggi.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  52. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Bagian pertama dari sebuah lintasan belajar adalah tujuan pembelajaran matematika. Tujuan pembelajaran seorang guru merupakan The Big Ideas of Mathematics yakni pengelompokan konsep-konsep dan kemampuan-kemampuan yang secara matematis merupakan hal yang pokok dan saling berhubungan, konsisten dengan pemikiran siswa, serta berguna dalam pembelajaran berikutnya.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  53. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Bagian kedua dari lintasan belajar terdiri dari tingkatan-tingkatan berpikir, mulai dari yang mudah sampai yang rumit, untuk membawa siswa agar dapat mencapai tujuan pembelajaran matematika yang telah ditetapkan. Progres perkembangan yang dibuat oleh guru menggambarkan sebuah lintasan yang akan diikuti oleh anak atau siswa dalam mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka tentang suatu topik matematika. Perkembangan kemampuan matematika seseorang dimulai sejak mereka hidup di dunia. Sebagaimana yang kita lihat, anak-anak mempunyai suatu kompetensi yang mirip dengan kompetensi matematika dalam hal bilangan, indera spasial, dan pola atau bentuk dari sejak lahir. Namun, ide dan interpretasi anak-anak tentang suatu situasi atau kondisi merupakan sesuatu yang unik dan berbeda dengan ide dan interpretasi yang dimiliki oleh orang dewasa. Oleh karena itu, seorang guru yang baik akan sangat berhati-hati dengan tidak mengasumsikan bahwa anak-anak “melihat” situasi, masalah ataupun penyelesaian dari masalah tersebut sebagaimana orang dewasa melihatnya. Melainkan, guru yang baik adalah guru yang mampu menginterpretasi apa yang sedang dilakukan dan dipikirkan oleh anak didiknya dan berusaha melihat permasalahan tersebut dari sudut pandang anak didik tersebut. Sama halnya ketika guru tersebut berinteraksi dengan siswa, dia juga mempertimbangkan tugas-tugas pembelajaran serta tindakan yang ia lakukan dari sudut pandang siswa. Hal ini membuat pembelajaran di sekolah dasar, khususnya di kelas rendah (1 – 3) menantang sekaligus memberi kebanggaan tersendiri.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  54. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Bagian ketiga dari lintasan belajar terdiri dari sekumpulan tugas-tugas pembelajaran yang bersesuaian dengan tingkat berpikir siswa yang ada dalam lintasan perkembangan yang telah dibuat. Tugas-tugas tersebut disusun untuk membantu siswa belajar tentang ide-ide dan kemampuan-kemampuan yang dibutuhkan untuk mencapai suatu tingkatan berpikir. Oleh karena itu, sebagai seorang guru, kita dapat menggunakan tugas-tugas tersebut untuk mendorong perkembangan berpikir siswa dari satu level ke level berikutnya.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  55. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Hypothetical Learning Trajectory (HLT) merupakan suatu instrument yang menjadi panduan pada proses pelaksanaan penelitian design research, sebagai perluasan dari percobaan pikiran (tought experiment) yang dikembangkan oleh Freudenthal.

    HLT digunakan sebagai bagian dari apa yang disebut siklus mengajar matematika (mathematical learning cycle) untuk satu atau dua pembelajaran, atau bahkan untuk lebih dari dua pembelajaran. HLT dapat menghubungkan antara teori pembelajaran (instructional theory) dan percobaan pembelajaran secara konkrit. HLT digunakan untuk membimbing proses percobaan pembelajaran agar sesuai dengan spesifikasi materi dan hipotesis pembelajaran yang sudah ditentukan dalam bentuk HLT.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  56. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    HLT berperan pada setiap tahapan design research, berikut ini adalah peran dan posisi HLT dalam setiap tahapan design research (Bakker, 2004).

    Tahap Preparation and design : pada tahap ini, HLT dirancang untuk membimbing proses perancangan bahan pembelajaran yang akan dikembangkan dan diadaptasi. Konprontasi antara pemikiran umum dengan kegiatan konkrit sering mengarah pada HLT yang lebih spesifik. HLT dirancang selama tahap preparation and design.
    Tahap Design Experiment : Selama percobaan pembelajaran, HLT berfungsi sebagai pembimbing (guideline) untuk guru dan peneliti apa yang akan difokuskan dalam proses pembelajaran, wawancara dan observasi. Peneliti dan guru perlu menyesuaikan HLT dengan kegiatan pembelajaran untuk pertemuan pembelajaran. Dengan HLT, proses penelitian dan pengembangan bisa lebih efisien. Perubahan dalam HLT biasanya dipengaruhi oleh kejadian di kelas yang belum dapat diantisipasi, strategi yang belum terlaksana, serta kegiatan yang terlalu sulit untuk dilaksanakan. Perubahan HLT dilakukan untuk menghasilkan kondisi yang optimal dan merupakan bagian dari data yang akan dianalisis. Perubahan HLT harus dilaporkan untuk mendukung proses pembentukan teori. HLT dapat berubah selama tahap teaching experiment.
    Tahap Restrospective Analysis : Pada tahap ini, HLT berperan sebagai petunjuk dalam menentukan fokus analisis bagi peneliti. Karena prediksi dibuat berkaitan proses belajar siswa, maka peneliti dapat membandingkan antisipasi dari prediksi melalui observasi selama percobaan pembelajaran (teaching experiment). Analisis seperti ini, menyangkut saling mempengaruhi antara HLT dan dan pengamatan empiris dapat menjadi dasar pembentukan teori. Setelah tahap ini, HLT diformulasikan kembali berdasarkan hasil temuan observasi dan analisis yang dilakukan. HLT yang baru akan menjadi petunjuk pada tahap rancangan (design phase) berikutnya.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  57. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Learning trajectory dibedakan menjadi dua jenis, yaitu learning trajectory fungsional dan learning trajectory struktural. Learning trajectory fungsional berhubungan dengan tujuan pembelajaran siswa yang erat kaitannya dengan proses abstraksi. Learning trajectory struktural hubungannya dengan urutan pembelajaran yang akan dipelajari siswa sesuai dengan tahapan proses berpikirnya.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  58. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dari salah satu makalah yang saya baca yaitu makalah dari Margareta Widiyasanti mengenai pengembangan perangkat pembelajaran tematik integratif di SD berdasarkan Learning Trajectory ialah yang didalamnya terdapat kegiatan inti dalam pembelajaran di kelas melalui tahapan mengumpulkan informasi atau mengamati, menanya, menalar, menalar dan mencoba, mengkomunikasikan, dan generalization. Pengembangan trajectory juga dapat dikembangkan untuk kurikulum 2013 karena dengan pengembangan ini guru diharapkan mampu untuk memaham akan perkembangan pemahaman anak terhadap suatu materi yang dimulai dari proses untuk memahami suatu materi mulai dari sesuatu yang nyata menuju ke abstrak.

    ReplyDelete
  59. Zuharoh Yastara Anjani
    14301241025
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Learning trajectory berkaitan dengan strategi penyampaian urut-urutan materi. Antar materi dalam matematika saling berkaitan sehingga guru diharapkan mampu menyusun materi mana yang perlu disampaikan terlebih dahulu, sehingga siswa lebih mudah dalam memahami materi

    ReplyDelete
  60. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Assalamu'alaykum Wr.Wb.
    Saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak atas ilmu yang telah diberikan. Learning Trajectory atau lintasan belajar merupakan suatu desain pembelajaran yang memperhatikan tingkat berpikir siswa sesuai dengan teori Piaget dan Vigotsky.

    ReplyDelete
  61. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Jika siswa belajar dengan urutan dan tahapan yang benar maka siswa sudah dapat membangun pengetahuannya sendiri. Guru memang perlu belajar mengetahui bagaimana siswa itu belajar. Jika semua guru memahami bagaimana urutan dan tahapan siswa itu belajar tentu siswa akan dapat mengembangkan potensinya dengan baik.

    ReplyDelete
  62. Ainun Fidyana Syafitri
    14301244006
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Learning trajectory adalah belajar bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Siswa pada sekolah dasar memiliki pola berpikir yang berbeda, maka dari itu guru perlu memahami alur berpikir siswa tersebut yaitu dengan mempelajari learning trajectory. Dengan memahami alur berpikir siswa diharapkan guru tidak lagi memaksakan kehendak siswa.
    Learning trajectory terdiri dari tiga komponen : tujuan pembelajaran yang mendefinisikan arah (tujuan pembelajaran), kegiatan belajar, dan hipotesis proses belajar untuk memprediksi bagaimana pikiran dan pemahaman siswa akan berkembang dalam konteks kegiatan belajar.

    ReplyDelete
  63. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Learning trajectory dapat membantu guru dalam membuat rencana pembelajaran dengan mengetahui perkiraan bagaimana proses belajar yang baik untuk diterapkan di dalam kelas. Pelaksaan kegiatan belajar mengajar ini didasari dari berbagai teori belajar yang telah ada.

    ReplyDelete
  64. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan adanya referensi teori belajar, guru diharapkan bisa melakukan hipotesis learning trajectory, bagaimana siswa berpikir dan memahami materi pelajaran dengan mempertimbangkan kedudukan siswa dan benar-benar memahami tentang karakteristik peserta didiknya.

    ReplyDelete
  65. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Learning trajectory merupakan belajar bagaimana siswa belajar dan berpikir. Guru perlu memahami bagaimana cara siswa belajar dan bagaimana cara siswa berpikir. Setelah guru dapat memahami itu, barulah guru dapat mengadakan pembelajaran atau teaching trajectory. Guru perlu memahami bahwa siswa memiliki karakteristik dan potensi yang berbeda. Sehingga guru tidak dapat memaksakan siswa berpikir sesuai kehendak guru sendiri. Namun sebaliknya, guru harus dapat memfasilitasi siswa agar dapat belajar dengan caranya sendiri namun juga dapat mencapai tujuan belajar.

    ReplyDelete
  66. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Learning Trajectory (LT) hal yang memang juga masih sangat asing bagi saya. Bisa dikatakan karena minimnya saya membaca sehingga tentang hal ini saya baru saja mengetahui. Mungkin jika tidak ikut mata kuliah bapak ini saya mengetahui LT dengan jalan yang berbeda. Sekali lagi terimakasih atas informasinya. Disini ada banyak sekali contoh pengajaran matematika menggunakan LT dimana LT ini merupakan alur belajar yang jika diamati sekilas memang bagus diterapkan khususnya bagi anak-anak SD dalam memahami matematika. Semoga ilmu yang bapak berikan bermanfaat dan memberikan kemudahan saya untuk mnegembangkan kemampuan saya dalam belajar matematika. Jazaakallohu Khoro Al Jazaa…. Semoga selalu dibalas sesuai dengan apa yang bapak berikan. Aamiin.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  67. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Blog ini sangat kaya akan ilmu. Ssebaik-baiknya manusia adalah yang berguna bagi sesama (termasuk membagikan ilmu). Semoga pahala terus mengalir kepada kita semua Prof aamiin.
    Kali ini ilmu tentang learning trajectory yang saya dapat. Sebuah desain pembelajaran yang memperhatikan urutan dan tingkat berfikir anak. Desain pembelajaran ini disusun berdasarkan tujuan pembelajaran matematika, perkembangan yang akan dicapai siswa dalam mencapai tujuan, dan seperangkat kegiatan atau aktivitas-aktivitas di dalam pembelajaran. Learning trajectory memberikan pre assessment di awal untuk mendapatkan data siswa. Untuk selanjutnya diharapkan Learning trajectory akan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  68. Junianto
    17709251065
    PM C

    Learning trajectory tentu sangat membantu dalam proses pembelajaran di kelas. Learning trajectory melibatkan teori-teori belajar yang dikemukakan para ahli terdahulu, seperti Bruner, Piaget, Vygotsky, dll.Pembelajaran seperti ini tidak hanya sekedar transfer ilmu, tetapi mengedepankan kondisi psikologis siswa. Siswa dibimbing untuk membangun konsep secara mandiri karena pada hakikatnya siswa sendirilah yang paling mengetahui kemampuan pribadinya. Pembelajaran yang mengedepankan keaktivan siswa juga sangat dianjurkan. Dengan demikian ilmu yang siswa peroleh secara mandiri dengan bimbingan guru akan lebih bermakna dan melekat pada diri siswa.

    ReplyDelete
  69. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Learning Trajectory sebenarnya adalah istilah yang baru saya dengar. Setelah membaca link-link di atas, saya baru mengetahui (walaupun baru sedikit) apa yang dimaksud dengan learning trajectory. Berdasarkan sumber-sumber yang ada, learning trajectory adalah suatu proses dimana seorang guru memahami tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Oleh karena itu, dengan mempelajari learning trajectory ini, guru diharapkan dapat memahami alur berpikir siswa, sehingga tidak ada lagi kejadian guru memaksakan cara berpikirnya kepada siswa. Learning trajectory ini sangat baik untuk kegiatan belajar mengajar, karena dengan begitu siswa akan merasa bahwa guru memahami mereka. Mereka akan merasa nyaman dan senang untuk melakukan kegiatan belajar. Jika siswa merasa senang, maka ilmu akan lebih mudah dipahami oleh siswa.

    ReplyDelete
  70. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Pak Prof. atas sumber-sumber belajar yang diberikan. Dari postingan ini saya mulai mengenal “Learning Trajectory”, karena memang sebelumnya saya belum mengetahuinya.
    Dari link web yang terkait dengan learning trajectory, saya mengetahui bahwa learning trajectory adalah proses belajar mengajar yang sesungguhnya. Dimana dalam pembelajarannya, guru harus benar-benar memahami teori belajar yang akan digunakan sehingga mampu memfasilitasi siswa untuk mendapatkan pembelajaran yang baik. Dalam hal ini, guru memberi ruang gerak kepada siswanya untuk berpendapat, berkreasi dan berinovasi sehingga dapat membangun ilmu pengetahuan, baik itu berdasarkan pengalaman dan logika berpikirnya.
    Dengan demikian, mau tidak mau guru harus benar-benar memahami tentang teori-teori pembelajaran sebelum melaksanakan proses belajar mengajar. Dan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran tersebut dapat dilakukan dengan kegiatan lesson study.

    ReplyDelete
  71. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih untuk berbagai link mengenai learning trajectory yang bapak posting. Terus terang saja, sebelum ini saya belum pernah mengetahui atau mengenal apa itu learning trajectory. Ini sangat membantu saya untuk mengetahui dan memahami apa dan bagaimana learning trajectory itu dilaksanakan. Implikasinya dalam pembelajaran matematika, guru yang memahami learning trajectory tentunya juga akan memahami cara memfasilitasi siswa belajar matematika sesuai dengan cara berpikir dan belajar matematika siswa.

    ReplyDelete
  72. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Teaching trajectory sebagai penerapan learning trajectory ini baru pertama kali saya dengar. Selama tiga tahun pengalaman saya mengajar di kelas, saya mempunyai masalah ketika menghadapi siswa yang dianggap "nakal". Tetapi kemudian setelah membaca artikel diatas saya jadi mengetahui bagaimana trik menghadapi siswa seperti ini.

    ReplyDelete
  73. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Istilah hipotesis lintasan belajar digunakan oleh Simon (1995)dengan istilah Hypothetical Learning Trajectory (HLT) yang merupakan suatu intrumen yang menjadi panduan pada proses pelaksanaan penelitian design research sebagai perluasan dari percobaan pikiran. Dengan HLT ini kita sebagai tenaga pendidik benar-benar dituntut untuk kreatif dalam menguasai kelas, karena dengan pembelajaran berbasis LT tersebut siswa dituntut benar-benar mandiri dengan catatan guru harus tetap bisa bertindak sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran yang dilakukan.

    ReplyDelete
  74. Insan A N/Magister PMat C 2017
    Beberapa link sudah tdk related ke learning trajectry. Learning trajectory sebenarnya merupakan bantuan untuk guru dalam mengelola kelas, bagaimana harus bertindak dan bersikap ketika pembelajaran tdk sesuai yang diharapkan. Guru harus berlatih membuat learning trajectory yang baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

    ReplyDelete
  75. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Trayek belajar siswa membantu guru untuk menghandle pembelajaran di kelas dengan baik. Dalam trayek belajar siswa dijabarkan dengan rinci kemungkinan respon siswa disertai dengan alternatif solusi yang dapat diberikan oleh guru. Sejalan dengan kemudahan yang diberikan oleh trayek belajar siswa ini, dalam membuat HLT (Hypothetical Learning Trajectory) ini memerlukan ketelatenan dan kemampuan guru dalam mengeksplor karakteristik siswa dan kamampuan guru meramu solusi tentatif yang dapat digunakan nantinya.

    ReplyDelete
  76. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Berdasarkan pengalaman saya dalam membuat HLT, kesulitan yang mungkin dialami oleh guru ialah melist semua kemungkinan respon siswa terhadap stimulus yang diberikan. Sedangkan dalam pelaksanaannya, saat menerapkan HLT yang telah disusun dalam kegiatan pembelajaran, guru tidak boleh terlalu terpaku pada HLT. Karena banyak respon siswa yang tidak diprediksi terjadi dalam proses pembelajaran. HLT sangat membantu dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah dibuat. Alangkah lebih baiknya dalam HLT meramu kemungkinan respon siswa serta beberapa alternatif solusi yang dapat dilaksanakan oleh guru tidak hanya dalam aspek kegiatan pembelajaran di kelas, namun juga dalam pengerjaan soal tugas, dan sebagainya.

    ReplyDelete
  77. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C

    Sebelumnya, terima kasih untuk share tentang Learning Trajectory nya Pak. Setelah membuka beberapa link di atas, saya jadi mengerti bahwa dalam Learning Trajectory seorang guru itu harus mengetahui jati diri siswa, maka dari itu siswa sebagai warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang adil. Guru sebagai fasilitator harus mengeksplor dan menggali potensi yang ada pada siswa.

    ReplyDelete
  78. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Sebelumnya saya belum tahu istilah Learning Trajectory. Setelah saya membuka link atas, saya mulai paham bagaimana pentingnya learning trajectory. Learning trajectory itu sendiri membahas tentang bagaimana proses belajar mengajar yang sesungguhnya dan untuk membangun itu, dibutuhkan oleh guru , karena guru akan terbantu. Pada salah satu link, beliau menggunakan RME pada pembelajaran Matematika di SD. Pertanyaan saya, apakah RME juga dengan mudahnya dapat diterapkan oleh guru di SMA pada setiap materi yang diajarkan? Karena RME merupakan metode pembelajaran yang paling saya suka dalam mengajarkan matematika di kelas. Karena megajarkan siswa secara mudah dengan membangun pengalaman yang sudah pernah ia dapatkan.

    ReplyDelete
  79. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Learning trajectory merupakan sebuah lintasan belajar yang disusun atau dikembangkan oleh guru atau peneliti yang berdasarkan hasil pengamatan dan observasi menyeluruh baik pada siswa atau pada materi yang akan diajarkan. Learning trajectory bertujuan untuk memudahkan siswa dalam menemukan atau mendapatkan sebuah konsep. Dalam Learning Trajectory dikembangkan secara jelas langkah atau kegiatan apa yang akan dilakukan siswa, dan bagaimana siswa mengeksplorasi serta bagaimana siswa memaparkan yang telah diperoleh. Alangkah baiknya jika Laerning trajectory yang ingin disusun itu dengan menggunakan konsep RME, karena pada pengembangannya RME sangat berkaitan dengan learning trajectory itu sendiri. Hasil dari Learning Trajectory ini sangat membantu guru atau peneliti dalam mengembangkan langkah pembelajaran selanjutnya. Kekurangan dalam Learning Trajectory adalah membutuhkan waktu yang lama dalam mengobservasi dan menyusun langkah yang sesuai dengan kemampuan siswa yang beragam dalam satu kelas.

    ReplyDelete
  80. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb,,,Ucapan terimakasih kami yang mendalam kepada Bapak,karena telah banyak berbagi tentang Ilmu pengetahuan kepada kami.Berbagai macam link yang telah dibagikan sangat bermanfaat buat kami.Dengan banyak membaca akan memberikan wawasan yang luas dan mengasah kemampuan berpikir kami.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  81. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B 2017

    Learning Trajectory merupakan hal penting dalam pembelajaran pada tingkatan tertentu. Dalam menerapkan Learning Trajectory ini dituttut kemampuan guru dalam menerapkan teori-teroi pembelajaran sehingga sesuai dengan keadaan kelas, keadaan siswa dan alokasi waktu. Dengan Learning Trajectory anak dapat menjadi lebih aktif dan dapat mengkontruksi pengetahuannya sendiri, karena Learning Trajectory dapat menghubungkan antara teori pembelajaran dengan percobaan pembelajaran secara konkrit. Pada artikel ini disampaikan langkah membuat lintasan belajar yng menganut sistem spiral ( materi disampaikan dari yang sederhana menuju ke materi yang lebih rumit ).

    ReplyDelete
  82. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Setiap pendekatan dan metode pembelajaran mempunyai kelemahan dan kelebihan, begitu pula pada HLT ini. Banyak sekali kelebihan-kelebihan dari HLT ini. sebaliknya kelemahan HLT ini hanya sedikit, yaitu dari segi waktu. Dalam menyusun HLT perlu observasi dan pengematan yang mendalam dan menyeluruh, serta mendesain HLT juga memerlukan waktu yang lama. Supaya setiap kegiatan harus lah tersusun baik, dimulai dengan kegiatan mengeksplorasi sampai menarik sebuah kesimpulan dari sebuah materi atau konsep.

    ReplyDelete
  83. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Terimakasih pak ada link yang sudah bapak bagikan. Adapun hal yang dapat saya simpulkan bahwa Learning Trajectory adalah cara mengetahui cara berfikir anak dan tahapan-tahapan mereka dalam berfikir, sehingga jika seorang guru mengetahui bagaimana tahapan siswa berfikir sangat membantu dalam proses mengajar kepada siswa. Agar proses pemahaman siswa lebih baik.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  84. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Sebagai seorang guru dan calon guru matematika pengetahuan mengenai learning trajectory tentu saja menjadi sesuatu yang sangat lah penting. Pasalnya, dengan mempelajari dan memahami learning trajectory ini, seorang guru maupun calon guru nantinya akan dapat membuat rencana pelaksanaan pembelajaran yang sistematis dan melaksanakannya dengan baik. Guru dapat melakukan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan tingkat perkembangan kognitif siswa dan sesuai dengan apa yang mereka butuhkan pada level tertentu dengan memberikan langkah yang sistematis. Tidak hanya cukup sampai disitu, guru juga diharapkan akan mampu menjadi kreatif untuk menyediakan media belajar dan menjadi fasilitator bagi siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya. Hal ini tentunya akan membuat peserta didik lebih mudah memahami apa yang mereka pelajari dalam kegiatan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  85. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Menurut saya learning trajectory sangat efektif untuk pelajaran apa saja. Hal ini dikarenakan dalam proses belajar mengajar sangat perlu bagi guru untuk memahami cara berpikir anak didiknya. Jika seorang guru dapat memahami kapasitas masing-masing siswa tentunya membuat anak merespons hal yang positif saat belajar. Contohnya, saat anak merasa senang dengan proses belajar di kelas, ia akan berusaha untuk memahami pelajaran dengan sendirinya. Ini juga tidak membuat anak merasa tertekan saat mempelajari mata pelajaran yang sulit, seperti ilmu eksak.

    ReplyDelete
  86. Terima kasih bapak atas ilmunya… Saya baru mengetahui tentang Learning Trajectory (LT). Pembelajaran dengan Learning Trajectory (LT) dengan berdasarkan tahapan berfikir pada anak, akan membuat anak memahami pembelajaran secara bertahap. Dengan mengunakan Learning Trajectory (LT) siswa dapat belajar sesuai dengan kondisi dirinya dan lingkungan belajar yang nyaman baginya.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  87. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih atas postingannya Pak Prof, terima kasih atas link-link yang sangat berguna tersebut. Dari sumber-sumber tersebut saya dapat mengatahui tentang model pembajaran yang masih terbilang baru untuk saya yaitu learning trajectory. Learning trajectory merupakan pembelajaran yang melihat siswa dari bagaimana tahap-tahap berpikir anak. Dari pembelajaran tersebut, guru diharapkan dapat memahami alur berpikir siswa, sehingga tidak lagi memaksakan cara berpikir siswa harus sama dengan guru tersebut. Guru adalahseorang pendidik dan pengajar yang tentunya tidak lepas dari kesalahan. Oleh karena itusebagai seorang guru harus selalu mawas diri dan sering melakukan refleksi kepada diri sendiri agar dapat memikirkan kembali apakah yang dilakukan selama ini sudah benar atau belum. Guru juga harus terus belajar dan mau mendengarkan pendapat dari orang lain agar pikiran menjadi terbuka terhadap segala kemajuan ataupun pembaharuan yang ada.

    ReplyDelete
  88. Wisniarti
    1770921037
    PM B Pascasarjana

    Terimakasih pak atas link-link mengenai Learnig Trajectory. Learning Trajectory merupakan pembelajaran yang baru saya dengar. Namun dengan membuka link yang diberikan oleh bapak ini, saya memiliki gambaran mengenai Learning Trajectory. Learning Trajectory merupakan belajar tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Sehingga dengan mempelajari Learning Trajectory guru dapat memberikan pembelajaran sesuai dengan cara berpikir siswa/anak dan diharapkan siswa dapat tertarik belajar.

    ReplyDelete
  89. Learning trajectory merupakan sarana membantu dan memudahkan dalam pembelajaran. Dengan ini guru bukanlah satu-satunya sumber belajar, bahkan siswa sendiri lah yang mencari dan membangun konsep mereka. Learning trajectory melibatkan teori-teori belajar yang dikemukakan para ahli terdahulu, seperti Bruner, Piaget, Vygotsky, dll. Dengan demikian ilmu yang siswa bangun sendiri akan melekat lebih lama pada diri siswa sebagaimana pembelajaran bermakna yang jelaskan oleh Ausubel.

    ReplyDelete
  90. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Terima kasih atas artikelnya. Learning trajectory adalah belajar tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Saat ini banyak guru sekolah dasar yang memaksakan kehendak kepada siswa, mereka tidak sadar bahwa sebenarnya siswa sd memiliki pola pikir yang berbeda dengan siswa smp, begitu juga sma. Oleh karena itu, dengan mempelajari learning trajectory ini, guru diharapkan dapat memahami alur berpikir siswa, sehingga tidak lagi memaksakan cara berpikir kepada siswa.

    ReplyDelete
  91. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Guru adalah seorang pendidik dan pengajar yang tentunya tidak lepas dari kesalahan. Oleh karena itu sebagai seorang guru harus selalu mawas diri dan sering melakukan refleksi kepada diri sendiri agar dapat memikirkan kembali apakah yang dilakukan selama ini sudah benar atau belum. Guru juga harus terus belajar dan mau mendengarkan pendapat dari orang lain agar pikiran menjadi terbuka terhadap segala kemajuan ataupun pembaharuan yang ada.

    ReplyDelete
  92. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih bapak atas beberapa link untuk memperoleh referensi tentang memahami learning trajectory. Sebagai seorang pendidik, memiliki kemampuan ini tentunya menjadi sebuah keharusan. Karena untuk materi matematika yang bersifat spiral, kita akan dipermudah untuk menyusun kegiatan belajar mengajar jika menguasai tentang learning trajectory terutama dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  93. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Pada intinya learning trajectory artinya lintasan belajar. Tingkatan usia yang berbeda maka membutuhkan pola belajar dan berpikir yang berbeda-beda. Penting bagi pendidik untuk memahami tingkat berpikir siswanya berada pada tahap berpikir seperti apa agar siswa mudah menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru.

    ReplyDelete
  94. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Pak Marsigit yang telah berkenan membagikan beberapa link terkait learning trajectory of mathematics teaching. Mneurut sumber yang saya baca dari link diatas learning trajectory merupakan suatu proses pembelajaran dimana seorang guru harus memahami cara berpikir siswanya. Untuk mengetahui cara berpikir siswa, guru dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpendapat, berinovasi, menyalurkan kreatifitasnya. Sehingga siswa dapat membangun intuisi mereka sesuai dengan pengalaman maupun dari pengetahuannya. Dengan menggunakan learning trajectory ini guru berharap siswa merasa nyaman dalam belajar, karena siswa tidak dipaksa harus berpikir sesuai dengan yang diperintah guru, melainkan berpikir sesuai dengan kreatifitas masing-masing.

    ReplyDelete
  95. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Cara berpikir siswa dengan guru tentunya berbeda. Guru hadir dalam proses pembelajaran harus menyesuaikan dengan tingkatan berpikir siswa. Adanya learning trajectory bisa membantu guru dalam memahami alur berpikir siswa, sehingga pembelajaran bisa berjalan lancar tanpa adanya beban pikiran pada diri siswa.

    ReplyDelete
  96. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Terima kasih banyak Pak atas telah berbagi laman yang sangat bermanfaat bagi kami secara khusus dan pendidikan secara umum. Semoga laman yang telah dibagikan dapat kami manfaatkan sebagai pengembangan ilmu yang sesuai dengan landasan-landasan berilmu dan semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

    ReplyDelete
  97. Devi Nofriyanti
    17709251041
    S2 P.Mat UNY kelas B 2017

    Learning trajectory adalah lintasan atau rute belajar yang memberikan gambaran tentang pengetahuan prasyarat yang telah dimiliki siswa (sebagai titik start) dan setiap langkah dari satu titik ke titik berikutnya, menggambarkan proses berpikir yang siswa gunakan, metode yang siswa pakai, ataupun tingkat-tingkat berpikir yang siswa tunjukkan. guru perlu memahami bagaiaman cara siswa belajar agar bisa mendesain metode pembelajaran yang tepat.

    ReplyDelete
  98. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Jujur saja saya baru pertama mendengar istilah learning trajectory. Setelah membaca beberapa referensi tersebut saya tertarik dengan learning trajectory karena saya dapat mengetahui alur belajar siswa. Tentu saja ketika mengetahui alur belajar siswa akan semakin memudahkan seorang guru dalam menentukan strategi, model, serta pendekatan pembelajaran bagi siswa yang selanjutnya dapat digunakan Selain itu dengan adanya learning trajectory guru juga dapat lebih memahami psikolgi siswanya guru untuk membuat modul dan LKS. Diharapkan guru juga semakin kreattif dan inovatif.

    ReplyDelete
  99. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Learning Trajectory merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana siswa belajar serta bagaimana siswa berpikir yang diaplikasikan dalam Teaching Trajectory tentang bagaimana guru menyelenggarakan proses belajar mengajar. Membahas teaching trajectory berarti membicarakan tentang bagaimana guru mengajar, bagaimana cara guru menyelenggarakan pembelajaran kepada siswa, bagaimana guru memenuhi kebutuhan belajar siswa yang dikemas secara inovatif dan bermakna.

    ReplyDelete
  100. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh


    Dalam belajar matematika , terdapat suatu pola tingkatan alamiah yang diikuti, yakni belajar kemampuan-kemampuan dan ide-ide matematika dengan cara mereka sendiri. Ketika para guru memahami pola tingkatan alamiah tersebut, serta aktivitas-aktivitas yang tersusun didalamnya, maka mereka telah membangun suatu lingkungan belajar matematika yang tepat dan efektif. Pola tingkatan alamiah tersebut merupakan dasar dalam membuat learning trajectories atau lintasan belajar

    ReplyDelete
  101. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Berbagai link diatas memberikan kami informasi yang gamblang dan unik mengenai learning Trajectory khususnya pada pembelajaran matematika. Berdasarkan informasi diatas Learning Trajectory sebagai salah satu solusi di tengan proses pembelajaran di sekolah dimana selama ini siswa di tuntut untuk belajar sesuai materi pembelajaran dan jarang disesuaikan dengan kondisi sejati siswa sebagai manusia yang selalu mengalami perkembangan secara fisik maupun mental (cara berpikir).namun kondisi ini tidak bisa disalahkan dari sisi guru karena guru juga dituntut dari segi administrasi dan untuk mengahabiskan semua materi yang telah dirancang oleh yang memiliki power. Maka dengan adanya learning trajectory membuat kita belajar untuk merancang proses pembelajaran yang disesuaikan dengan tahap perkembangan pikiran siswa, dan mencoba mengolah informasi dari materi pembelajaran di rancang dalam konteks kehidupan sehari-hari siswa. Dengan merancang pembelajaran yang disesuaikan tahap berpikir siswa dan mengkontekstualkan sesuai kehidupan sehari-hari, menungkinkan siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri dan tentunya tetap dalam bimbingan guru. Memang tidak mudah melaksanakan rancangan pembelajaran baru seperti ini, apalagi kami belum pernah belajar. Namun, hal ini baiknya tetap di coba dan di selalu evaluasi untuk mendapatkan hasil yang maksimal sehingga siswa mampu belajar dengan nyaman. Terima Kasih

    ReplyDelete
  102. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B
    Terima kasih banyak Pak atas telah berbagi laman yang sangat bermanfaat bagi kami secara khusus dan pendidikan secara umum. Semoga laman yang telah dibagikan dapat kami manfaatkan sebagai pengembangan ilmu yang sesuai dengan landasan-landasan berilmu dan semoga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

    ReplyDelete
  103. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas link link yang dibagikan. Mohon ijin untuk menyimpan link link di atas untuk saya baca pada lain waktu. Pada salah satu link di atas, saya membaca tentang beberapa kegiatan perkuliahan Prof Marsigit, beberapa lengkap dengan gambarnya. Membaca artikel berkenaan dengan perkuliahan Prof Marsigit membawa saya pada perkuliahan perkuliahan yang pernah saya ikuti. Tentu dengan variasi metode yang sangat menarik dan tidak membosankan. Salah satu variasi perkuliahan saya baca pada link di atas, di mana Prof Marsigit melaksanakan kegiatan Lesson Study di SD Negeri Sodo Gunungkidul. Bukan saja para mahasiswa yang mendapatkan pengalaman baru dan berharga, tapi juga masyarakat di sana sangat antusias dengan kehadiran kawan kawan mahasiswa. Sungguh, luar biasa, belajar yang sesungguhnya ialah berguna bagi yang lainnya.

    ReplyDelete
  104. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Learning trajectory dapat dipahami sebagai suatu rangkaian kegiatan yang disiapkan guru ketika akan menyampaikan suatu materi (konsep) kepada siswa yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa dan urutan materi pembelajaran agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Penting bagi calon guru maupun guru untuk mempelajari tentang learning trajectory agar dapat menyusun rencana pembelajaran yang baik. Dengan rencana penyampaian materi yang baik tentunya akan mendukung proses pembelajaran agar lebih terencana dan terurut sesuai dengan kemampuan siswa sehingga mempermudah siswa dalam memahami materi.

    ReplyDelete
  105. Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    terimakasih informasinya pak
    lagi-lagi banyak ilmu baru yang saya dapat, tentang bagaimana guru memberikan pelajaran yang sesuai dengan tingkatam dan kebutuhan siswanya
    dikarenakan siswa sendiripun memiliki bakat yang berbeda-beda
    dengan ilmu-ilmu yang baru, insyallah menjadikan generasi guru-guru yang lebih kreatif untuk siswanya

    ReplyDelete
  106. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Sebagai pendidik, referensi yang digunakan memang perlu diperkaya. Terimakasih atas link-link yang telah dishare prof. Ada beberapa gambar mengnenai pembelajaran Prof., ada RPP dan juga bahan kuliah dari prodi lain yang mungkin suatu hari akan berguna bagi saya. Sekali lagi, terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  107. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Bagi saya, sebenarnya Learning Trajectory adalah hal yang baru saya dengar dan temukan saat berkuliah di PPs UNY. Tapi pembelajaran ini menarik untuk dipelajari agar kelak dapat saya implementasikan dalam pembelajaran. Terima kasih banyak pak untuk link yang bapak bagikan pada artikel inimkarena telah menambah wawasan dan sangat menginspirasi. Semoga dari link-link yang bapak share ini akan bermanfaat.

    ReplyDelete
  108. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Dalam membuat learning trajectory diharapkan guru memiliki kreativitas dalam merancang alur belajar yang akan terjadi pada proses pembelajaran. Learning trajectory ini sangat bermanfaat karena mengajarkan suatu materi yang sulit fengan cara atau angkah-langkah yang mudah dipahami oleh siswa. Di dalamnya, guru membuat hypothetical learning trajectory, dimana hipotesis-hipotesis yang memungkinkan akan dilakukan siswa dalam belajar. Untuk itu diperlukan adanya pemahaman guru akan langkah yang tepat yang akan diambil dalam hal ini.

    ReplyDelete
  109. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Learning trajectory atau persiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran sangatlah penting dalam menentukan proses pembelajaran itu efisien atau tidak. Sebagai guru yang baik tentunya informasi tentang learning trajectory ini perlu dicari dan digali. Oleh karena itu, publikasi semacam ini sangat membantu para pendidik maupun calon pendidik untuk bisa menambah wawasan tentang apa dan bagaimana mengembangkan learning grajectory, khususnya bagi siswa sekolah dasar.

    Meskipun prodi saya berfokus pada pendidikan sekolah menengah yang usianya sudah remaja. Namun saya tertarik mempelajari tentang bagaimana mempersiapakan kegiatan pembelajaran pada siswa sekolah dasar. Hal ini karena karakteristik siswa sekolah dasar itu masih murni anak-anak yang masih belum berkembang logika berpikirnya, sehingga memerlukan pembelajaran berbasis kegiatan bukan ilmu abstrak. Tugas guru ialah memfasilitasi anak untuk membangun pengetahuannya tanpa mengekang atau membuat depresi pikiran siswa. Tentu tidak menutu kemungkinan bahwa ada siswa sekolah menengah yang karakteristiknya masih seperti anak sekolah dasar. Semoga dengan membaca materi dari link-link tersebut kita bisa mengembangkan learning trajectory sesuai dengan kondisi siswa kita masing-masing.

    ReplyDelete
  110. Latifah Fitriasari
    PM C

    Dalam kegiatan pembelajaran, semua siswa diharapkan mempunyai pemahaman yang sama, dengan cara yang sama, pada setiap akhir pembelajaran. Lintasan belajar bersifat hipotetis karena, sampai siswa betul-betul belajar dengan masalah yang ada, kita tidak bisa yakin apa yang akan mereka lakukan atau apa dan bagaimana memahami suatu masalah yang terjadi. Learning trajectory mempunyai tiga bagian penting yakni: tujuan pembelajaran matematika yang ingin dicapai, lintasan perkembangan yang akan dikembangkan oleh anak atau siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran, dan seperangkat kegiatan pembelajaran ataupun tugas-tugas.

    ReplyDelete
  111. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Trajectory learning baru pertama kali saya mendengarnya. Sebagai calon pendidik saya merasa harus mempelajari lebih lanjut terkait Trajectory learning. Terima kasih sebelumnya Prof atas link-link diatas yang sudah di share kepada kami. Sekali lagi, saya berharap blog ini mampu membuka wawasan tidak hanya untuk mahasiswa UNY saja tetapi untuk luar UNY juga.

    ReplyDelete
  112. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Terima Kasih Pak Marsigit karena telah membagikan link terkait learning trajectory ini. Learning trajectory merupakan ungkapan yang baru saya kenal hanya ketika S2. Postingan ini memberikan gambaran bagaimana pengaplikasian pembelajaran dengan learning trajectory, sehingga akhinya dapat menjadi gambaran dalam menyusun pembalajaran yang bermakna yang dimana urutan dan tahapannya sesuai dengan pemahaman dan cara belajar/karakateristik siswa sehingga siswa pun benar-benar membangun pengetahuannya sendiri. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  113. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Terima kasih atas artikelnya. Learning trajectory adalah belajar tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Saat ini banyak guru sekolah dasar yang memaksakan kehendak kepada siswa, mereka tidak sadar bahwa sebenarnya siswa sd memiliki pola pikir yang berbeda dengan siswa smp, begitu juga sma. Oleh karena itu, dengan mempelajari learning trajectory ini, guru diharapkan dapat memahami alur berpikir siswa, sehingga tidak lagi memaksakan cara berpikir kepada siswa.

    ReplyDelete
  114. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Learning Trajectory merupakan hal penting dalam pembelajaran matematika, penghubung antara teori-teori pembelajaran secara konkrit atau biasa disebut dengan lintasan pembelajaran. Learning trajectory melibatkan teori-teori pembelajaran seperti yang diungkapkan oleh Piaget, Vigotsky, dan Bruner. Pembelajaran ini disesuaikan dengan psikologis siswa sehingga pengembangan dalam learning trajectory diharapkan guru dapat memilih model, strategi atau pendekatan yang tepat untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  115. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Terimakasih atas link-link mengenai pembelajaran trajektori dalam pembelajaran matematika ini. Learning trajectory disebut juga alur pembelajaran. Dalam proses memformulasikan alur belajar hipotetik, tujuan belajar (learning goals) dapat diuraikan dalam sub-sub tujuan (subgoals), sedangkan proses belajar disusun berdasarkan data empirik. Jika tujuan belajar (learning goals) dapat dikorelasikan dengan proses belajar akan mempermudah seorang guru dalam menyusun kerangka kerja untuk mendesain pembelajaran dan penilaian.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  116. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Leraning Trajectory sangat diperlukan guna membangun matematika dalam diri pada siswa dengan caranya sendiri. Leraning Trajectory ini dapat membantu baik itu guru sebagai faslitator maupun siswa sebagai subjek belajar supaya dapat dengan mudan mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Leraning Trajectory ini fokus pada tujuan setiap materi belajar, pengembangannya serta media yang diperlukan untuk menunjang pembelajaran.

    ReplyDelete
  117. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Adanya learning Trajectory akan membuat pembelajran lebih terencana dan terarah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Dengan learning trajectory, guru dipandu untuk memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan situasi dan materi yang akan disampaikan. Sebagai seorang guru, penyususnan rencana pembelajran sangat dibutuhkan. Hal itu agar pembelajran yang dijalankan mampu membimbing siswa dalam menemukan dan mengkonsdtruksi pengetahuannya. Sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran. Terimakasih

    ReplyDelete
  118. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof link-link yang diberikan dapat menjadi referensi dan bahan belajar serta memberikan inspirasi dalam pembelajaran. Pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan anak. Saya tertarik salah satunya dengan pembelajaran di SD yang menerapkan pendekatan gunung es matematika realistik. Pembelajaran tersebut dilakukan sesuai dengan perkembangan anak, dan menggunakan materi pembelajaran yang dekat dengan dunia anak.

    ReplyDelete
  119. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pembelajaran yang baik memang memerlukan alat pembelajaran yang baik juga. Sebab, alat pembelajaran yang baik dapat membantu kegiatan pembelajaran yang diterima oleh siswa menjadi lebih baik juga. Sekarang, jika kita lihat di abad 21 ini, jika siswa hanya belajar dengan penjelasan dari guru saja, maka kemampuan siswa tidak akan berkembang dengan baik. Namun, jika difasilitasi alat pemmbelajaran yang mendukung, maka akan memungkinkan memberikan dampak yang sangat baik kepada pemahaman siswa.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  120. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Terima kasih Prof untuk link yang telah Prof bagikan. Sejujurnya istilah learning trajectory (lintasan pembelajaran) merupakan hal asing untuk saya. Namun dengan membaca referensi lain saya menjadi mengetahui maksud dari istilah tersebut berarti pemahaman tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Maka benarlah membaca, membaca, dan membaca akan menambah wawasan dan pengetahuan.

    ReplyDelete
  121. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Learning Trajectory membangun pengetahuan siswa dari tahap-tahap yang sesuai dengan teori milik Bloom. Dengan adanya learning trajectory yang baik, diharapkan siswa dapat memaksimalkan cara berpikir dan belajarnya hingga kemampuan berpikir yang tertinggi. Learning trajectory adalah sesuatu yang penting jika ingin membuat pembelajaran yang inovatif. Maka dari itu, jika mahasiswa hanya ingin menjadi guru yang bersifat tradisional maka tidak perlu mempelajari Learning Trajectory. Sebaliknya jika ingin menjadi guru yang inovatif, harus mempeljari Learning Trajectory. Terimakasih Prof, telah menyediakan banyak referensi mengenai learning trajectory bagi kami.

    ReplyDelete
  122. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Kurikulum 2013 dirancang berdasarkan pada prinsip pembelajaran Tematik Integratif dengan menggunakana pendekatan Saintifik. Di dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) di dalamnya memuat adanya Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Metode maupun Langkah-langkah Pembelajaran. Kaitannya dengan Learning Trajectory maka dalam penyusuna RPP perlu melihat Kompetensi dasar apa yang telah dipelajari di kelas sebelumnya dan kompetensi dasar apa yang akan dipelajari pada kelas selanjutya. Salah satu contoh analisis Kompetensi ketika akan melaksanakan pembelajaran di kelas 2 maka perlu memperhatikan bagaimana kompetensi dasar di kelas 1 dan di kelas 3.

    ReplyDelete
  123. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terima kasih Prof Marsigit atas kompilasi referensi yang ditampilkan dalam blog ini. Bagi saya pribadi Trajectory of Mathematics Teaching adalah hal baru yang sebelumnya tidak pernah saya dengar. Sehingga pengenalan mengenai Trajectory of Mathematics Teaching beserta sumber referensi yang dicantumkan akan memberikan banyak manfaat bagi kami.

    ReplyDelete
  124. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    A Learning trajectory merupakan sebuah lintasan belajar belajar yang akan dilalui siswa, dengan langkah-langkah dari learning trajectory itu disusun oleh guru. Dalam penyusunannya diperhatikan juga konsep yang akan diperoleh oleh siswa. Learning trajectori juga lebih dekat dengan pendakatan realistik. sehingga dalam penyusunan learning trajectory harus diperhatikan langkah pembelajaran yang sesuai dengan ice berg.

    ReplyDelete
  125. Eka Zuliana
    17703261019
    IP S3 A (Konsentrasi Pendidikan Matematika)
    PPs UNY

    Learning trajectory adalah lintasan belajar yang dilalui oleh siswa. Dalam mendesain pembelajaran, guru dapat menyusun dugaan lintasan belajar (hypothetical learning trajectories) terlebih dahulu sebagai acuan pembelajaran

    ReplyDelete
  126. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301241046

    terimakasih pak Marsigit atas daftar link tersebut. Sangat bermandaat bagi saya yang masih belajar bagaimana menjadi guru yang baik. Learning trajectory merupakan hal penting yang harus disiapkan guru sebelum mengajar. Sayangnya, selama perkuliahan yang sudah saya lakukan belum pernah membahas mengenai learning trajectory ini.

    ReplyDelete
  127. Puspitarani
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244008

    Assalamualaikum Pak, saya sangat berterima kasih atas beberapa link yang Bapak share. Saya sendiri belum pernah mempelajari dan belum pernah ada dosen yang membahas mengenai learning trajectory selama kuliah. Saya berharap suatu saat nanti Bapak Ibu dosen dapat membahasnya untuk kami, mengingat learning trajectori merupakan lintasan belajar yang dilalui oleh siswa. Sangat membantu guru untuk dapat menyusun dugaan belajar sebagai acuan pembelajaran.
    Terima kasih, wassalamualaikum...

    ReplyDelete
  128. Puspitarani
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244008

    Assalamualaikum Pak, terima kasih atas link yang Bapak share kepada kami. Sejujurnya saya baru mendengar learning trajectory, dan selama kuliahpun belum ada dosen yang membahasnya. Namun setelah saya membuka salah satu link yang Bapak berikan, saya sedikit tahu mengenai Learning Trajectory. Ternyata learning trajectory sangatlah bermanfaat untuk mengajar terutama dalam bidang matematika.
    Terima kasih,
    Wassalamualaikum

    ReplyDelete
  129. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Bismillah...
    Dari link yang Bapak share, saya baru mengetahui apa itu learning trajectory. Ternyata learning trajectory itu menggambarkan tujuan pembelajaran, proses belajar dan berpikir anak pada berbagai tingkatan, dan aktivitas pembelajaran yang mungkin menarik bagi peserta didik. Disini pun saya belajar bagaimana saya sebagai bakal calon pendidik dalam membangun lerning trajectory, sudah semestinya seorang pendidik nantinya harus mampu menyesuaikan keadaan, harus mampu menyesuaikan ruang dan waktu, tidak merasa puas dengan pengetahuan yang telah dimiliki, harus selalu belajar, tapi tidak hanya belajar saja melainkan juga harus senantiasa tawakal, tekun, rajin dan sabar.

    ReplyDelete
  130. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Pak Marsigit untuk referensi link mengenai Learning Tajectory yang diberikan. Untuk pertama kalinnya saya mendengar istilah ini. Ternyata Learning Trajectory penting bagi seorang guru begitu juga bagi kami sebagai mahasiswa prodi pendidikan penting untuk mengenal Learning Trajectory ini. Dari sini saya belajar bahwa Learning Trajectoy dapat membantu seorang guru untuk menentukan rangkaian penyampaian materi kepada siswa yang disesuaikan dengan tigkat kemampuan siswa sehingga bisa mencapai tujuan secara optimal.

    ReplyDelete
  131. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih atas referensi link learning trajectory yang Bapak share kepada kami. Sebelumnya selama perkuliahan saya belum mengetahui apa itu learning trajectory. Setelah membuka dan membaca beberapa link tersebut, saya jadi mengetahui apa itu learning trajectory, serta bagaimana pentingnya learning trajectory pada pembelajaran khususnya pembelajaran matematika. Pada kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik, pendidik diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang bermakna bagi peserta didiknya khususnya dalam pembelajaran matematika yang dapat menjadi momok bagi peserta didik. Melalui learning trajectory, pembelajaran matematika diharapkan dapat menarik bagi peserta didik sehingga peserta didik akan terdorong untuk memaknai suatu materi pada pembelajaran yang dilakukan. Melalui learning trajectory, pendidik dapat menentukan dan merumuskan tujuan-tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Selain itu, pendidik juga dapat membuat keputusan terhadap langkah-langkah pembelajaran yang sesuai berdasarkan berbagai strategi yang tersedia guna menunjang tujuan yang akan dicapai. Pengetahuan akan learning trajectory tentulah sangat bermanfaat karena dengan pengetahuan ini kita dapat mengetahui apa saja yang harus disiapkan oleh pendidik sebelum kegiatan pembelajaran di kelas dimulai.

    ReplyDelete
  132. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  133. Qorry Aina Fitroh
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241047

    Terimakasih kepada Prof Marsigit yang telah berbagi pengetahuan kepada kami mengenai learning trajectory. Saya baru mendengar istilah learning trajectory ketika membaca blog ini. Menambah pengetahuan dan insyaAllah akan bermanfaat bagi kami mahasiswa pendidikan untuk kedepannya.

    ReplyDelete
  134. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Terima kasih pak atas link-link yang telah Bapak share. Sebelumnya saya sudah mendengar istilah "learning trajectory" namun belum mengetahui apa learning trajectory itu. Setelah membaca bersumber dari link-link tersebut, saya menjadi tahu ternyata learning trajectory berkaitan erat dengan bagaimana siswa berpikir dan bagaimana guru melaksanakan proses mengajar.

    ReplyDelete
  135. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Pak Marsigit atas daftar link learning trajectory. Sebelumnya saya belum pernah mendengar istilah learning trajectory. Setelah membaca sumber dari link tersebut saya menjadi mengetahui betapa pentingnya learning trajectory dalam kegiatan pembelajaran. Learning trajectory dapat menjadi petunjuk bagi guru dalam untuk menentukan dan merumuskan pembelajaran yang hendak dicapai . Selanjutnya guru dapat membuat keputusan-keputusan tentang langkah-langkah strategi yang akan digunakan untuk mencapai dan mewujudkan tujuan-tujuan tersebut.

    ReplyDelete
  136. Nur Sholihah
    15301241020
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih Bapak atas ilmu-ilmunya mengenai learning trajectory. Learning trajectory ini sangat menarik bagi saya, karena belum pernah saya dengar di bangku perkuliahan namun saat saya membaca skripsi kakak tingkat banyak yang mengambil topik ini. Link-link tersebut sangat bermanfaat untuk menjawab rasa penasaran saya.

    ReplyDelete
  137. Siti Efiana
    S-1 P. Matematika I 2015
    15301241029

    Terima kasih atas link-link nya Pak. Insyaa Allah sangat bermanfaat bagi calon pendidik. Istilah Learning Trajectory sedikit asing untuk saya, namun ketika saya membaca beberapa link, ternyata istilah ini sangat akrab dalam kehidupan perkuliahan, yaitu tentang bagaimana proses berlajar mengajar yang sesungguhnya. Membangun learning trajectory ini sangat penting karena pendidik akan dapat melaksanakan proses belajar yang tepat jika sudah mengetahui teori belajar yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga nantinya proses pembelajaran akan berjalan dengan baik dan siswa pun akan lebih bisa memahami materi yang disampaikan.

    ReplyDelete
  138. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Terimakasih Prof. Marsigit atas referensi link-linknya tentang learning trajectory. Saya baru mengetahui learning trajectory dari artikel ini, learning trajectory menjelaskan tujuan , proses dan juga cara mengajar dalam berbagai tingkatan. Semoga dengan ini bisa menjadi bekal mahasiswa dalam mengajar kedepannya menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  139. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih Pak atas ilmunya mengenai learning trajectory. Istilah tersebut sebenarnya masih cukup asing di telinga saya. Dengan membaca dari sumber-sumber yang bapak berikan saya jadi lebih mengerti mengenai makna learning trajectory sekaligus manfaatnya dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  140. Julialita Muhariani
    15301241004
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Pak telah membagikan link-link di atas. Informasi yang ada pada artikel ini sangat bermanfaat bagi Saya. Saya sendiri baru mendengar istilah Learning Trajectory. Learning Trajectory memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran sehingga perlu mendapat perhatian lebih dari guru. Learning trajectory adalah belajar tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Oleh karena itu, diharapkan guru dapat memahami alur berpikir siswa, sehingga tidak lagi memaksakan cara berpikir kepada siswa. Learning trajectory memiliki 4 dimensi, yaitu dimensi material (menurut konteks dan kontennya), dimensi formal (dokumen resmi), dimensi normatif, dan dimensi spiritual.

    ReplyDelete
  141. Gandes Sih Mustika
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241015

    Terimakasih atas daftar link yang bapak berikan. Setelah membaca beberapa sumber diatas, ternyata learning trajectory merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan guru dan disesuaikan dengan tingkat berpikir anak agar anak dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

    ReplyDelete
  142. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Terima kasih Prof. atas informasi dan ilmunya yang telah dibagikan. Dari beberapa sumber pada link di atas menambah pengetahuan saya tentang learning trajectory. Yangmana sangat bermanfaat sebagai calon pendidik tentang bagaimana proses belajar dan mengajar yang ideal seharusnya berlangsung, sehingga dapat benar-benar memfasilitasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  143. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih Prof, sumber-sumber di atas sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan saya mengenai learning trajectory. Learning trajectory adalah serangkaian kegiatan yang dirancang oleh guru menyesuaikan dengan dengan tingkat berpikir anak

    ReplyDelete
  144. Bayu Widyanto
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301244010

    Terimakasih atas link atau sumber-sumber referensi mengenai Learning Trajectory. Semoga bisa bermanfaat bagi saya dan yang lain. Dari beberapa sumber yang saya baca, Learning Trajectory merupakan sebuah rangkaian/rute/lintasan yang memberi gambar mengenai pengetahuan prasyarat siswa dan setiap langkah dari satu ke yang satunya serta metode yang siswa pakai ataupun tingkat berpikir siswa.

    ReplyDelete
  145. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih prof sudah membagikan link-link yang sangat bermanfaat. Sebelumnya saya belum paham betul tentang apa itu learning trajectory akan tetapi setelah kuliah bersama Prof. Marsigit saya menjadi sedikit memahami dan tertarik mempelajarinya lebih dalam.

    ReplyDelete
  146. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Terimakasih Prof, telah membagikan link yang sangat bermanfaat. Learning Trajectory merupakan rangkaian kegiatan yang dirancang oleh guru dan menyesuaikan tingkat berpikir siswa agar dapat mengikutim pembelajaran dengan baik. Semoga kelak ketika menjadi seorang pendidik saya dapat emnerapkan hal tersebut dengan baik. amiin

    ReplyDelete
  147. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih pak atas link nya mengenai learning trajectory, ini sangat bermanfaat bagi saya. Sebelumnya saya sering mendengan mengenai learning trajectory, namun belum terlalu paham tentang hal itu. Namun, dengan adanya link tersebut saya dapat memaham tentang learning trajectory.

    ReplyDelete
  148. Lisfiyati Mukarromah
    15301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof sudah membagikan link-link di atas yang sangat bermanfaat bagi saya.
    Jujur, saya baru pertama kali mendengar istilah learning trajectory. Dengan adanya link-link tersebut, saya jadi sedikit lebih memahami learning trajectory. Ternyata lerning trajectory merupakan hal penting yang harus disiapkan guru sebelum mengajar.
    Terimakasih Prof.


    ReplyDelete
  149. Rina Musannadah
    15301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Wah, terimakasih banyak Pak atas laman-laman yang bapak share mengenai learning trajectory. Hal tersebut sangat berguna bagi saya karena kebetulan saya sedang memperdalam pengetahuan mengenai learning trajectory. Saya sangat tertarik dengan untuk mempelajari learning trajectory karena dengan mempelajarinya guru dapat mengerti dan memahami siswa dan mengerti alur belajar siswa. Sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat menjadi pembelajaran yang bermakna, dan ada kontinuitas di dalamnya.

    ReplyDelete
  150. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Terima kasih banyak Prof. Marsigit atas tautan-tautan mengenai learning trajectory (lintasan belajar) untuk guru matematika sekolah dasar. Melalui tautan tersebut, harapannya saya dapat belajar lebih banyak mengenai apa to learning trajectory itu dan apa manfaat dari learning trajectory dalam mendesai pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  151. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Berdasarkan postingan yang berjudul "Makalah Tugas Akhir Semester" yang dimuat pada http://psychologypower.blogspot.co.id , saya memperoleh pengetahuan bahwa learning trajectory (lintasan belajar) merupakan suatu gambaran terhadap tujuan pembelajaran, proses belajar dan tingkat berpikir yang dilakukan oleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, dan aktivitas pembelajaran yang sesuai dengan tingkatan berpikir siswa untuk memfasilitasinya dalam menuju tingkat berpikir yang lebih tinggi. Lebih lanjut, learning trajectory dapat dimanfaatkan oleh guru untuk mendesain pembelajaran yang konstruktif dan bermakna bagi siswa.

    ReplyDelete
  152. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Setelah membaca postingan di http://psychologypower.blogspot.co.id yang berjudul "Makalah Tugas Akhir Semester", saya baru mengetahui bahwa learning trajectory (lintasan belajar) dapat dimanfaatkan untuk menyusun/mendesain/mengembangkan teaching trajectory. Lebih lanjut, untuk mengembangkan teaching trajectory ini dapat dilakukan dengan menyelenggarakan team teaching, salah satunya yaitu lesson study. Melalui lesson study, dapat diketahui mana strategi, metode, dan media pembelajaran yang akan sesuai digunakan yang dapat memfasilitasi belajar siswa secara optimal.

    ReplyDelete
  153. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015
    Terima kasih pak atas link-link yang telah Bapak berikan, informasi tersebut sangat membantu saya dalam mengembangkan model dan metode pembelajaran yang tepat dalam mempersiapkan diri sebagai calon pendidik. Sesuai dengan pengembangan kurikulum saat ini, dimana pendidikan sedang gencar-gencarnya mengembangkan model dan metode pembelajaran yang efektif. Learning trajectory adalah salah satu metode yang sekiranya tepat untuk diterapkan kepada peserta didik khususnya tingkat sekolah dasar karena learning trajectory merupakan metode pembelajaran yang mengedepankan bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir dari anak. Menurut saya metode ini sangat sesuai untuk peserta didik tingkat SD karena peserta didik tersebut dalam pembelajaran khususnya matematika masih mengikuti pola berpikirnya secara alamiah yakni belajar tentang kemampuan-kemampuan dan ide-ide dalam matematika berdasarkan cara mereka sendiri. Dari hal tersebut, pendidik harus bisa memahami pola pembelajaran dan pola berpikir yang terbentuk di dalamnya beserta dengan aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh peserta didik. Sehingga, pada dasarnya peserta didik tersebut sedang menyusun suatu konsep matematika dengan efektif.

    ReplyDelete
  154. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Setelah membaca postingan yang berjudul “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan Sekolah Dasar Berbasis Learning Trajectory (Proses Belajar Mengajar Mengajar dan Refleksinya) pada http://ojoodumeh.blogspot.co.id saya memperoleh informasi bahwa learning trajectory dapat digunakan oleh guru untuk merumuskan tujuan pembelajaran, menentukan/merumuskan tujuan pembelajaran, dan mengetahui tingkat kemampuan siswa. Dengan mengetahui tingkat kemampuan siswa dan dengan learning trajectory yang ada, guru dapat mengetahui mana yang terlebih dahulu dipelajari oleh siswa.

    ReplyDelete
  155. Zayan Nur Ansito Rini
    15301241003
    S1 Pendidikan Matematika

    Kerap sekali saya mendengar mengenai learning trajectory tetapi belum tahu secara pasti karena belum mengeksplor lebih dalam. Terimakasih kepada Profesor Marsigit atas rekomendasi sumber-sumber yang sangat membantu. Dari beberapa sumber tersebut saya dapat tahu bahwa secara sederhana learning trajectory adalah alur belajar. Dengan memahami learning trajectory, guru juga dapat memahami bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Sehingga dengan memahami hal tersebut, tidak ada lagi guru yang memaksakan kehendak, memaksakan cara berpikir tertentu kepada anak karena sejatinya tumbuh kembang anak (khususnya dalam hal ini cara berpikir) memiliki tahap dan masanya sendiri. Hal inilah yang learning trajectory berusaha kupas untuk membantu guru dalam melaksanakan proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  156. Yuni Pratiwi
    15301241005
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof atas link yang sudah dibagikan. Learning trajectory merupakan suatu pembelajaran yang mengarah kepada bagaimana siswa berpikir, bagaimana siswa belajar dalam memahami suatu konsep. Dengan learning trajectory seorang guru dapat belajar bagaimana memahami setiap karakter dari siswanya dengan begitu guru dapat mengeksplore kemampuan siswa secara maksimal.

    ReplyDelete
  157. Intan Heryani Putri
    15301241011
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terima kasih atas link-link berisi materi, ilmu, dan contoh silabus tentang Trajectory yang telah dibagikan, Prof. Menurut yang saya baca, bahwa Learning Trajectory atau Lintasn Belajar adalah belajar tentang bagaimana anak berpikir dan bagaimana tahap-tahap berpikir pada anak. Sehingga dengan ini, guru diharapkan dapat memahami alur berpikir siswa dan tidak memaksakan suatu cara berpikir kepada siswa.

    ReplyDelete