Jul 16, 2015

Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia

Dear all,



The following reference "

Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia"

will be possibly useful for you:


Thanks

Marsigit

4 comments:

  1. Junianto
    17709251065
    PM C
    Lesson Study merupakan suatu metode pembelajaran yang menekankan bahwa pada hakikatnya yang belajar tidak hanya siswa tetapi guru juga harus selalu belajar. Guru juga harus selalu mengupgrade kapasistasnya dalam mengajar karena hal tersebut akan menunjang proses pembelajaran di kelas. Di Jepang, metode ini sudah diterapkan dan hasilnya pun sangat bagus. Guru tidak cukup belajar dari satu sumber saja, guru juga tidak cukup hanya menguasai materi pembelajaran, tetapi seorang guru harus mampu menguasai teknik penyampaian materi pembelajaran agar siswa mudah menerima dan memahami materi. Terlebih, guru juga harus mampu membimbing siswa untuk mengkonstruksi konsep/ skema mereka. Kemampuan inilah yang akan menunjang profesi guru, dan dengan adanya Lesson Study, guru terus melakukan evaluasi dalam pembelajaran dan kemampuannya dalam memfasilitasi siswa.

    ReplyDelete
  2. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum
    Dari link sumber belajar yang terdapat pada postingan ini, terdapat penyajian tentang “lesson study” di Indonesia. Hal yang dapat saya cermati adalah, lesson study merupakan suatu pendekatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru didalam kelas, yang dilaksanakan oleh guru. Lesson study ini sebaiknya didukung oleh seluruh komponen yang berada dalam ruang lingkup kependidikan. Dan untuk mencapai keberhasilan dari pendekatan ini, diperlukan tekad untuk tetap konsisten dalam melanjutkan program ini.
    Dalam pelaksanaan lesoon study terdapat tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan tahap refleksi atau evaluasi. Sedangkan tujuan dari lesson study ini adalah untuk mengembangkan profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
    Maka, melalui lesson study ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi pelajaran dengan cara merubah cara penyampaian materi oleh guru, dari yang bersifat klasikal menjadi eksploratif.

    ReplyDelete
  3. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Pemberian definisi yang bagi saya sangat menarik dari Ebbut dan Straker, yang menyatakan bahwa Matematika adalah sebuah pencarian pola dan hubungan, Matematika adalah aktivitas penyelesaian masalah, Matematika adalah investigasi dan komunikasi. Tentu jika kita mencari di Google tentang hakekat Matematika, akan banyak sekali definisi-definisi yang diberikan oleh masing-masing penulis. Seperti saya dan teman-teman saya alami sewaktu kami diberikan tugas untuk mencari apa hakekat matematika. Saking banyaknya sampai kepala pening. Ternyata disini telah dijelaskan secara lengkap. Terima kasih pak

    ReplyDelete
  4. Insan A N/Magister PMat C 2017
    Pemaparan tentang mengkonsep ulang proses pembelajaran menjadi sangat penting. Guru sudah terbiasa dengan pembelajaran yang orientasinya adalah ujian, nilai ujian yang bagus. Sehingga seringkali dalam pembelajaran guru cenderung hanya menyampaikan informasi tanpa pemaknaan yang dalam, selain itu guru menjadi tidak kreatif dalam proses pembelajaran karena slalu dikejar untuk membantu siswa meraih nilai ujian yang baik.

    ReplyDelete