Jul 16, 2015

Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia

Dear all,



The following reference "

Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia"

will be possibly useful for you:


Thanks

Marsigit

23 comments:

  1. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Setelah membaca PPT bapak yang berjumlah 167 tersebut, saya sedikit memberikan kesimpulan bahwa pada intinya Re-Conceptualism ini diadakan guna menghadapi kurikulum 2013, karena masih banyak sekali guru-guru yang belum paham betul akan mengajar matematika yang baik, termasuk saya. Jika dilihat dari gambar yang diberikan bapak, saya mengambil kesimpulan bahwa belajar itu mengerti apa yang ada di lingkungan kita, lalu meluas ke alam, serta menjuku ke pemahaman yang hakiki.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  2. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Saya ingin menarik benang merah dari apa yang Prof sampaikan dalam konferensi teknologi. Lesson study dipandang sebagai cara dalam mengubah paradigma pembelajaran matematika dan pendidikan matematika. Lesson study juga menjadi kerangka yang berguna dan efektif dalam mengembangkan profesionalisme guru. Lesson study dilakukan untuk menunjukkan akuntabilitas dan sustainabilitas mengajarnya. Lesson study dilakukan melalui kolaborasi diantara berbagai praktisi pendidikan, yaitu guru-guru, pengawas, dosen-dosen dan pemegang kebijakan pendidikan. Lesson study diawali dengan kegiatan perencanaan proses belajar mengajar yang meliputi meninjau silabus, mengembangkan rencana pembelajaran, mengembangkan LKS, mengembangkan lembar observasi, dan menyiapkan manajemen kelas. Selanjutnya dilakukan proses pembelajaran oleh guru model yang diobservasi oleh guru-guru lainnya. Dari proses tersebut kemudian akan didiskusikan dan direfleksikan.

    ReplyDelete
  3. Junianto
    17709251065
    PM C
    Lesson Study merupakan suatu metode pembelajaran yang menekankan bahwa pada hakikatnya yang belajar tidak hanya siswa tetapi guru juga harus selalu belajar. Guru juga harus selalu mengupgrade kapasistasnya dalam mengajar karena hal tersebut akan menunjang proses pembelajaran di kelas. Di Jepang, metode ini sudah diterapkan dan hasilnya pun sangat bagus. Guru tidak cukup belajar dari satu sumber saja, guru juga tidak cukup hanya menguasai materi pembelajaran, tetapi seorang guru harus mampu menguasai teknik penyampaian materi pembelajaran agar siswa mudah menerima dan memahami materi. Terlebih, guru juga harus mampu membimbing siswa untuk mengkonstruksi konsep/ skema mereka. Kemampuan inilah yang akan menunjang profesi guru, dan dengan adanya Lesson Study, guru terus melakukan evaluasi dalam pembelajaran dan kemampuannya dalam memfasilitasi siswa.

    ReplyDelete
  4. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum
    Dari link sumber belajar yang terdapat pada postingan ini, terdapat penyajian tentang “lesson study” di Indonesia. Hal yang dapat saya cermati adalah, lesson study merupakan suatu pendekatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru didalam kelas, yang dilaksanakan oleh guru. Lesson study ini sebaiknya didukung oleh seluruh komponen yang berada dalam ruang lingkup kependidikan. Dan untuk mencapai keberhasilan dari pendekatan ini, diperlukan tekad untuk tetap konsisten dalam melanjutkan program ini.
    Dalam pelaksanaan lesoon study terdapat tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan tahap refleksi atau evaluasi. Sedangkan tujuan dari lesson study ini adalah untuk mengembangkan profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
    Maka, melalui lesson study ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi pelajaran dengan cara merubah cara penyampaian materi oleh guru, dari yang bersifat klasikal menjadi eksploratif.

    ReplyDelete
  5. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Pemberian definisi yang bagi saya sangat menarik dari Ebbut dan Straker, yang menyatakan bahwa Matematika adalah sebuah pencarian pola dan hubungan, Matematika adalah aktivitas penyelesaian masalah, Matematika adalah investigasi dan komunikasi. Tentu jika kita mencari di Google tentang hakekat Matematika, akan banyak sekali definisi-definisi yang diberikan oleh masing-masing penulis. Seperti saya dan teman-teman saya alami sewaktu kami diberikan tugas untuk mencari apa hakekat matematika. Saking banyaknya sampai kepala pening. Ternyata disini telah dijelaskan secara lengkap. Terima kasih pak

    ReplyDelete
  6. Insan A N/Magister PMat C 2017
    Pemaparan tentang mengkonsep ulang proses pembelajaran menjadi sangat penting. Guru sudah terbiasa dengan pembelajaran yang orientasinya adalah ujian, nilai ujian yang bagus. Sehingga seringkali dalam pembelajaran guru cenderung hanya menyampaikan informasi tanpa pemaknaan yang dalam, selain itu guru menjadi tidak kreatif dalam proses pembelajaran karena slalu dikejar untuk membantu siswa meraih nilai ujian yang baik.

    ReplyDelete
  7. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Proses pembelajaran mengharuskan guru untuk merancangnya dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berbekal dengan kurikulum yang baru, diharapkan proses pembelajaran dapat lebih bermakna bagi siswa. Kebermakaan pembelajaran mungkin tidak bisa dilihat dalam jangka waktu yang pendek, namun dengan pendekatan saintifik ini diharapkan membawa angin segar bagi pembelajaran di Indonesia sehingga dapat meningkatkan daya saing Indonesia di Kancah dunia

    ReplyDelete
  8. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah

    Masalah pembelajaran matematika di Indonesia adalah merubah tradisi yang masih menganggap siswa sebagai wadah kosong menjadi pembelajaran yang kontruktif. Hal ini menjadi tugas besar para pendidik di Indonesia pada zaman globalisasi seperti ini. Guru melalui MGMP juga dapat menyampaikan keluhan dalam proses pembelajaran sehingga dapat dilakukan evaluasi guna untuk memperbaiki pendekatan yang sudah digunakan agar bisa lebih sempurna lagi. Contoh masalah-masalah yang sudah disebutkan dalam PPt tersebut adalah terllau banyak siswa di satu kelas (pada tahun ini di SD sudah mulai diterapkan bahwa 1 kelas hanya diisi ole 28 anak saja), butuh waktu untuk mengenalkan inovasi, proses belajar mengajar yang terllau berorientasi pada UN, dan lain sebagainya. Hal ini dapat didiskusikan, sehingga tidak hanya menjadi sebuah catatan saja, tetapi menjadi langkah nyata dalam memperbaiki pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  9. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb,,,Terimakasih banyak yang tiada henti-hentinya kepada Bapak.Yang pastinya semua Link yang dibagikan pada blog ini sangat bermanfaat bagi kami.Tiada kata yang paling indah yang kami ucapkan melainkan ucapan terimakasih kami kepada Bapak yang telah rela menyumbangkan ilmunya kepada kami.Wassalamualikum wr wb.

    ReplyDelete
  10. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B 2017

    Kualitas pendidikan di Indonesia sangat perlu diperbaiki dan ditingkatkan secara bertahap dari waktu ke waktu. Selama ini masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional, bukan hal yang mudah tentunya untuk mencapai tingkatan dimana siswa tidak hanya "disuapi" oleh guru. Untuk menuju pada pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi, pembelajaran haruslan berpusat pada siswa. Berdasarkan hal tersebut guru haruslah terus-menerus belajar, salah satunya melalui Lesson Study. Lesson Study merupakan proses pengkajian pembelajaran. Proses pembelajaran hendaknya dikaji dari waktu ke waktu agar guru dapat lebih meningkatkan efektifitas sebagai uapaya meningkatkan hasil belajar siswa.

    ReplyDelete
  11. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PMB 2017

    Leson study yang dapat saya pahami adalah merupakan suatu peroses pembelajaran yang menekankan keterlibatan semua objek dalam lingkungan pembelajaran. Sehingga ketercapaian dalam proses pembelajaran dapat diraih. Selain itu proses belajar mengajar juga diharapkan tidak hanya berpaku pada nial UN, sehingga hakikat dari belajar itu tersamarkan bahkan menjadi hilang. Oleh karena oriantasinya harus diperbaiki.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  12. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Menurut saya sangat menarik mempelajari konsep-konsep matematika melalui lesson study. Pada lesson study ini proses belajar tidak hanya berfokus di ruang kelas saja, namun belajar dengan langsung mempraktekkan, belajar melalui lingkungan dan guru berperan sebagai pendamping siswa saat belajar. Kemudian, penekanan dalam lesson study ini lebih mengarah kepada affective-cognitive skills. Menurut saya, belajar tidak hanya berfokus pada olah pikir saja namun juga olah rasa.

    Saya menjadi teringat saat duduk di bangku SMA, guru saya menggunakan metode presentasi secara berkelompok saat belajar matematika. Menurut saya ini sangat memudahkan saya dan teman-teman untuk memahami konsep dan latihan matematika itu sendiri. Saya pribadi merasa senang saat berdiskusi di kelas bersama teman-teman dan bagi saya sangat membantu teman-teman yang kurang paham dengan konsep matematika. Point utama yang dapat saya pelajari dari tanggapan ini, yakni saat guru mengajar dengan metode yang kreatif maka siswa akan mampu belajar secara mandiri.

    ReplyDelete
  13. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Terima kasih postingannya Prof, dari sumber-sumber di atas saya dapat mengambil pelajaran mengenai lesson study. Lesson study berperan penting dalam dunia pendidikan terutama proses belajar mengajar saat ini, karena dengan adanya lesson study, kualitas guru akan meningkat sehingga guru dapat mengkonsep proses pembelajaran dengan baik

    ReplyDelete
  14. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Link yang diberikan pada postingan ini terdapat ppt yang berisi materi mengenai Lesson Study. Dari PPT yang dibuat oleh bapak Marsigit merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Lesson study ini salah satunya memiliki fungsi untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar.

    ReplyDelete
  15. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Pembelajaran di sekolah menjadi salah satu bagian penting dalam pendidikan yang turut andil dalam menentukan perkembangan bangsa. Dalam hal ini, guru memiliki peran yang sangat vital sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh sebab itu, seorang guru dituntut untuk dapat menciptakan suasana belajar yang baik dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai. Untuk dapat melakukannya guru harus melakukan beberapa hal berikut: Dapat merencanakan (plan) pembelajaran dengan sebaik mungkin dengan mengacu pada perkembangan kognitif peserta didik dan potensi yang dimilikinya. Pada tahap ini seorang guru juga di haruskan untuk mengembangkan kreativitasnya dalam membuat suatu skenario pembelajaran yang nantinya dapat menfasilitasi siswa untuk mampu membangun pengetahuannya. Selanjutnya, guru juga dituntut untuk mampu melakukan kegiatan pembelajaran (do) secara sistematis sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Setelah kegiatan pembelajaran selesai selanjutnya dilakukan evaluasi (see) mengenai apa yang telah dilakukan. Hal ini selanjutnya dapat dijadikan sebagai dasar perbaikan dalam pembelajaran berikutnya.

    ReplyDelete
  16. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Konsep yang sangat luar biasa, dilihat dari pandangan beberapa ahli dan konsep awal lahirnya ilmu matematika, sayangnya itu dibuat dari PowerPoint sehingga perlu penjelasan lebih untuk bisa memahaminya secara utuh karena yang di tampilkan di link hanya poin-poinnya saja, meski begitu cukup memberikan gambaran tentang konsep pembelajaran matematika. Terima kasih banyak atas link dan ilmu yang Bp. berikan.

    ReplyDelete
  17. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    In lesson study, teachers will collaborate on learning from start preparation, teaching, and reflection. With this collaboration is expected each teacher to gain new experience in teaching. Teachers will give each other feedback. So that in the future the teacher will be better in teaching.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Terimaksih Pak sudah membagikan ppt yang sangat bermanfaat sekali, saya izin download filenya ya Pak. Pada ppt tersebut dipaparkan mengenai lesson study. Lesson study merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan merujuk pada tujuan pembelajaran yang diharapkan. Dimana fokus utama dari lesson study ini adalah aktivitas siswa, dengan harapan aktivitas siswa terkait dengan aktivitas guru selama mengajar.

    ReplyDelete
  20. Terimakasih bapak atas ilmunya yang membagikan tentang lesson study di Indonesia, saya rasa sebaiknya para guru di Indonesai juga membaca postingan bapak mengenai lesson study ini, guna membantu guru dalam system kurikulum 2013 yang berbeda orientasinya dengan kurikulum yang lama yaitu KTSP.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  21. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Terima kasih Bapak atas rujukan laman yang sangat menarik dan penuh akan makna pengetahuan kususnya pembelajaran matematika. Konsep pembelajaran kita telah lama terjebak ke dalam sistem pembelajaran tradisional. Sistem pembelajaran tradisional lebih menekankan pada transfer ilmu satu arah yaitu dari guru ke siswa. Selain itu cara penyampaian pada pembelajaran tradisional cenderung ceramah dan jauh dari sifat-sifat kongkret. Berbeda dengan kontrukstivis yang dekat dengan pengengembangan pengetahuan siswa melalui potensi mereka masing-masing sehingga dapat memunculkan pengetahuan intuitif siswa.

    ReplyDelete
  22. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Berdasarkan slide yang telah disampaikan di atas, menurut pendapat saya apabila guru dapat melakukan lesson study tersebut maka akan mengubah total pandangan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Pembelajaran yang lebih mengedepankan student center, inovatif, tidak monoton, dan bermakna harapannya tidak hanya indah di RPP saja namun benar-benar dilaksanakan. Saya teringat dengan kalimat dari seorang dosen bahwa “ apabila akan sama-sama melakukan kegiatan, mengapa tidak melakukan hal yang sempurna, karena akhrirnya mengalami kelelahan yang sama”. Sehingga hal ini sama dengan juga ketika seorang guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan lebih mengedepankan pemikiran siswa mengapa masih harus menggunakan teacher center, padahal tingkat kelelahannya apabila saya pikirkan, lebih lelah ketika mengajar teacher center

    ReplyDelete
  23. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Dari masalah-masalah yang telah disingkap sebelumnya mengenai tatanan pendidkan di Indonesia terkait guru, siswa, dan seperangkat pembelajaran seperti RPP, buku, LKS dan lain-lain.Kekurangan-kekurangan yang terjadi di dalam penerapan pendidikan dapat diminimalisir dengan hadirnya model pembelajaran berupa lesson study.Jikalau selama ini guru lebih aktif ketimbang siswa maka munculnya lesson study lebih menekankan siswa yang lebih aktif agar lebih mandiri di dalam belajar.Selaian itu seorang guru diditekankan untuk bekerja sama guna membangun pengalaman dan kretivitas di dalam pembelajaran.Guru diharapkann mempu mengembangkan seperangkat pembelajaran agar tidak terfokus pada perangkat pembelajaran yang telah ada

    ReplyDelete