Jul 16, 2015

Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia

Dear all,



The following reference "

Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia"

will be possibly useful for you:


Thanks

Marsigit

50 comments:

  1. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Terimakasih atas refrensinya Study Prof Marsigit. Saya menyoroti lesson studi ini terlihat dari foto-foto kegiatan beserta refrensinya begitu menarik perhatian. Dari sini saya merangkum dan menambahkan bahwa Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk: (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.
    Sedangkan manfaat yang yang dapat diambil Lesson Study, diantaranya: (1) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (2) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota lainnya, dan (3) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study. Lesson Study dapat dilakukan melalui dua tipe yaitu berbasis sekolah dan berbasis MGMP. Lesson Study dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari: (1) perencanaan (plan); (b) pelaksanaan (do); refleksi (check); dan tindak lanjut (act).

    ReplyDelete
  2. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Sebelum lesson study mulai banyak diterapkan di Indonesia, masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional dalam proses belajar mengajar di kelas. Dalam pembelajaran ini, siswa menjadi pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Setelah itu, biasanya siswa diberikan latihan-latihan soal yang sesuai dengan contoh yang diberikan. Dalam hal ini, siswa tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang menjadikan siswa memiliki pengalaman untuk membangun pengetahuannya sehingga pembelajaran menjadi tidak bermakna. Kegiatan lesson study ini sangat perlu digunakan dan diterapkan dalam bidang pendidikan di Indonesia. Hal ini karena melalui lesson study yang terdiri atas guru model dan tim, serta pengamat akan mendiskusikan bersama (melakukan reflkesi) mengenai pembelajaran yang telah berlangsung. Dalam diskusi ini, guru-guru akan saling memberikan pendapat dan masukan mengenai apa yang bagus dan apa yang kurang dalam pembelajaran. Pendapat dan masukan yang diberikan tidak hanya dapat diterapkan oleh guru model dan tim saja, tetapi dapat diterapkan oleh guru-guru yang lain sehingga diharapkan guru-guru dapat menerapkan pembelajaran yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  3. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Lesson study adalah proses kegiatan pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun learning community”. Peningkatan kompetensi siswa merupakan upaya berkelanjutan selaras dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mengingat bahwa setiap ilmu dalam matematika saling berkelanjutan dan berhubungan satu sama lain maka pengkajian secara kolaboratif baik diterapkan dalam sistem pembelajaran matematika sendiri menerapkan trigonometri dalam mencari solusi diferensial trigonometri atau menggunakan perbandingan sudut dalam menghitung nilai luas bidang suatu bangun datar ataupun dimensi tiga. Ini membuktikan bahwa lesson study sangat baik diterapkan dalam pembelajaran matematika

    ReplyDelete
  4. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Selama pendidikan masih ada, maka selama itu pula masalah-masalah tentang pendidikan akan selalu muncul dan orang pun tak akan henti-hentinya untuk terus membicarakan dan memperdebatkan tentang keberadaannya, mulai dari hal-hal yang bersifat fundamental-filsafiah sampai dengan hal–hal yang sifatnya teknis-operasional. Salah satu masalah atau topik pendidikan yang belakangan ini menarik untuk diperbincangkan yaitu tentang Lesson Study, yang muncul sebagai salah satu alternatif guna mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Seperti dimaklumi, bahwa sudah sejak lama praktik pembelajaran di Indonesia pada umumnya cenderung dilakukan secara konvensional yaitu melalui teknik komunikasi oral. Praktik pembelajaran konvesional semacam ini lebih cenderung menekankan pada bagaimana guru mengajar (teacher-centered) dari pada bagaimana siswa belajar (student-centered), dan secara keseluruhan hasilnya dapat kita maklumi yang ternyata tidak banyak memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran siswa. Dalam hal ini, Lesson Study tampaknya dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran di Indonesia menuju ke arah yang jauh lebih efektif.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kalau berbicara tentang lesson study saya jadi ingat waktu mengikuti kuliah umum dengan dosen tamu Prof. Maitree Imprasitha dari Khon Kaen University Thailand. Kuliah umum ini bertema “Research in Mathematics Education and Writing Scientific Paper”. Dalam pemaparan beliau beliau mengatakan bahwa lesson study sangat berkembang di jepang. Dan hasilnya juga sangat signifikan, sehingga memang negara jepang dalam masalah pendidikan terbukti tinggi. Dan guru di jepang itu selalu melakukan riset setiap kali mengajar, jadi bukan seperti kita melakukan riset hanya utnuk melakukan penelitian doank akan tetapi di jepang sana setiap kali mengajar guru melakukan penelitian jadi selalu ada perbaikan saat mengajar kembali. Semoga kita dan guru-guru lainnya selalu menerapkan lesson study setiap kali mengajar.

    ReplyDelete
  6. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Lesson Study dapat dilakukan melalui dua tipe yaitu berbasis sekolah dan berbasis MGMP. Lesson Study dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari : perencanaan (plan), pelaksanaan, refleksi, dan tindak lanjut.

    ReplyDelete
  7. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk : memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar, memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran, meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif, dan membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.

    ReplyDelete
  8. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Memang beberapa penelitian menunjukkan bahwa metode lesson study ini sangat menguntungkan karena peran guru dapat berubah-ubah dan guru bisa saling bertukar pengalaman dan ilmu. Selain itu, seorang guru juga dapat menimba ilmu dari guru lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa kondisi siswa terkadang tidak bisa menerima kehadiran dari guru lain sehingga metode ini perlu dilakukan pembiasaan terlebih dahulu sehingga siswa tidak gugup atau sejenisnya.

    ReplyDelete
  9. Myhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    File presentasi yang ada dari link di atas sangat menarik. hal yang saya dapatkan adalah pembelajaran menggunakan konteks sebagai titik awalnya. Seperti divisualisasikan dengan gunung es, untuk menuju matematika formal diperlukan konteks sebagai awalannya, kemudian model nyata, model formal baru ke matematika formal. Akan lebih baik bila konteks yang digunakan meggunakan unsur budaya yang sesuai dengan adat istiadat setempat sehingga pembelajaran matematika akan lebih familiar dengan keseharian siswa.

    ReplyDelete
  10. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Lesson study memiliki manfaat ntuk guru-guru muda untuk mengembangkan kemampuannya dalam proses mengajar. Sedangkan untuk guru-guru model pasti akan berusaha untuk meningkatkan kemampuan agar dapat menjadi contoh untuk teman guru yang lainnya. Bahkan guru-guru yang lainnya dapat menjadi guru model untuk lesson study, karena hal tersebut dapat menjadi bahan mengembangkan diri seoran guru agar menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  11. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Lesson study adalah model pembinaan (pelatihan) profesi pendidik melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun komunitas belajar. dengan menerapkan lesson study tentu dapat mengumpulkan ide-ide kreatif guru bagaimana cara untuk mengajar yang menyenangkan dikelas. karena adanya kolaboratif dengan guru lain dapat menjadi ajang bagi guru untuk bertukar pikiran dan pendapat guna menambah pengalaman guru tentang bagaimana mengajar di kelas yang notabennya kelas akan selalu berubah setiap tahunnya.

    ReplyDelete
  12. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Mengkonsepkan kembali apa yang telah kita ajarkan dengan harapan lebih baik lagi dengan adanya diskusi sesama guru. Dimana guru saling berkolaboratif memberikan kritik dan saran atas permasalahan atau kekurangan yang ada di kelas selama proses belajar mengajar. Disinilah pentingnya peran lesson study sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan. Banyak sekali manfaat lesson study diantaranya (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif..

    ReplyDelete
  13. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Lesson study merupakan suatu kegiatan yang dianggap remeh oleh para guru. Padahal dengan dilaksanakannya secara terus-menerus akan berdampak baik untuk perkembangan pengajaran dan pembelajaran di kelas. Secara dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, pengajar dituntut untuk berkembang mengikuti zaman untuk bidang pendidikan sekalipun.

    ReplyDelete
  14. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menjadi guru yang berkompeten hanya dapat diraih dengan latihan yang baik dalam mengajar, latihan ini seperti yang tertera dalam artikel didapat dari pengamatan dalam lesson study yang dilakukan. Lesson study adalah upaya beberapa guru sebagai pengamat untuk melihat permasalahan secara langsung didalam kelas dan bagaimana menyelsaikan permasalahan tersebut.

    ReplyDelete
  15. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Lesson study adalah suatu proses sistematis yang digunakan oleh guru-guru Jepang untuk menguji keefektifan pengajarannya dalam rangka meningkat hasil pembelajaran. Lesson study merupakan salah satu metode pengembangan profesional guru. Guru-guru secara kolaboratif mengembangkan rencana dan perangkat pembelajaran, melakukan observasi, refleksi dan revisi rencana pembelajan secara bersiklus dan terus menerus.

    ReplyDelete
  16. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Salah satu masalah atau topik pendidikan yang belakangan ini menarik untuk diperbincangkan yaitu tentang Lesson Study, yang muncul sebagai salah satu alternatif guna mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran. Tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran.

    ReplyDelete
  17. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari File Presentasi yang berjudul "Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia", saya menemukan sebuah topik tentang permasalahan pembelajaran di Indonesia. Masalah pembelajaran yang masih ada di Indonesia yaitu masih secara tradisional, guru memberikan pengetahuannya kepada ibarat teko (guru) menuangkan air dalam botol-botol (siswa) sehingga tidak bisa mengembangkan lagi idenya lebih besar. Sedangkan pembelajaran yang seharusnya dicapai yaitu pembelajaran yang konstruktivisme, ibarat pohon (guru) yang berbuah (siswa) sehingga biji yang berada di dalam buah akan tumbuh besar dan atau malah lebih besar dari pohon induknya.

    ReplyDelete
  18. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih atas referensinya Pak, dari file tersebut terlihat bahwa permasalahan pendidikan di Indonesia adalah metode yang digunakan masih tradisional, dimana pembelajaran berpusat pada guru, guru menjelaskan materi secara langsung tanpa memberikan kesempatan siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri, hal ini dapat berakibat siswa menjadi pasif dan kemampuan berpikir yang sulit berkembang, pembelajaran seperti itu dirasa kurang begitu bagus sehingga terdapat pembaharuan-pembaharuan mengenai proses pembelajaran yang bersifat konstruktivisme.

    ReplyDelete
  19. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study merupakan salah satu solusi untuk memperbaiki pembelajaran yang dirasa kurang efektif. dengan adanya pengevaluasian bersama kelompok guru secara kolaboratif dan berkelanjutan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru

    ReplyDelete
  20. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Konsep dan praktik Lesson Study pertama kali dikembangkan oleh para guru pendidikan dasar di Jepang, yang dalam bahasa Jepang-nya disebut dengan istilah kenkyuu jugyo. Adalah Makoto Yoshida, orang yang dianggap berjasa besar dalam mengembangkan kenkyuu jugyo di Jepang. Keberhasilan Jepang dalam mengembangkan Lesson Study tampaknya mulai diikuti pula oleh beberapa negara lain, termasuk di Amerika Serikat yang secara gigih dikembangkan dan dipopulerkan oleh Catherine Lewis yang telah melakukan penelitian tentang Lesson Study di Jepang sejak tahun 1993. Sementara di Indonesia pun saat ini mulai gencar disosialisasikan untuk dijadikan sebagai sebuah model dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran siswa, bahkan pada beberapa sekolah sudah mulai dipraktikkan. Meski pada awalnya, Lesson Study dikembangkan pada pendidikan dasar, namun saat ini ada kecenderungan untuk diterapkan pula pada pendidikan menengah dan bahkan pendidikan tinggi.

    ReplyDelete
  21. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran. Lesson Study bukan sebuah proyek sesaat, tetapi merupakan kegiatan terus menerus yang tiada henti dan merupakan sebuah upaya untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam Total Quality Management, yakni memperbaiki proses dan hasil pembelajaran siswa secara terus-menerus, berdasarkan data. Lesson Study merupakan kegiatan yang dapat mendorong terbentuknya sebuah komunitas belajar (learning society) yang secara konsisten dan sistematis melakukan perbaikan diri, baik pada tataran individual maupun manajerial.

    ReplyDelete
  22. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari file presentasi yang Prof tulis, ada beberapa poin yang dapat dipelajari. Yang pertama adalah dijabarkannya masalah pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah pembelajaran matematika yang formal dan tradisional. Hal yang dapat dilakukan adalah merubah hal tersebut, pembelajaran matematika formal menjadi pembelajaran matematika sekolah, pembelajaran yang tradisional menjadi pembelajaran yang inovatif

    ReplyDelete
  23. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hal lain dalam file presentasi di link tersebut yaitu berbagai paradigma baru yang sedang dipromosikan, diantaranya adalah perubahan teacher centered menjadi student centered, orientasi pembelajaran jangka pendek menjadi orientasi pembelajaran jangka panjang, bukan kompetisi melainkan kerjasama, dan juga bukan menekankan aspek kognitif saja melainkan afektif, kognitif, dan keterampilan. Hal tersebut telah dirumuskan dalam kurikulum 2013 dan sedang berusaha diterapkan

    ReplyDelete
  24. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran matematika di sekolah memiliki karakteristik tertentu, diantaranya yaitu matematika adalah mencari pola dan hubungan, matematika adalah aktivitas pemecahan masalah, dan matematika sebagai komunikasi. Hal tersebutlah yang menjadi acuan bagi para guru dalam menerapkan pembelajaran di sekolah agar siswa juga tidak merasa kesulitan dalam belajar matematika

    ReplyDelete
  25. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Pada lesson study yang bapak berikan ini sebagai pembanding bagi kami para endidik agar mampu lebih meningkatkan iovasi dalam pengembangan pendidikan lebih baik kedepannya. Serta kesulitan guru dalam pembelajaran menemukan solusi titi terangnya dan benang merahnya. Dalam diskusi ini, guru-guru akan saling memberikan pendapat dan masukan mengenai apa yang bagus dan apa yang kurang dalam pembelajaran. Pendapat dan masukan yang diberikan tidak hanya dapat diterapkan oleh guru model dan tim saja, tetapi dapat diterapkan oleh guru-guru yang lain sehingga diharapkan guru-guru dapat menerapkan pembelajaran yang lebih baik lagi

    ReplyDelete
  26. Lesson study adalah salah satu alternatif dalam pengembangan profesi. Lesson study dapat dilakukan di forum MGMP Kabupaten atau Sekolah atau gabungan beberapa sekolah. Lesson study telah dikembangkan di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, Thailand, Inggris, China, Malaysia, dan Jepang. Lesson study juga sudah mulai dikembangkan di Indonesia dan ditindak lanjuti dengan kegiatan simposium dan konferensi internasional. Siklus dalam pembelajaran lesson plan yaitu: plan (merencanakan), do (melaksanakan) dan see (merefleksi) yang berkelanjutan. Dengan kata lesson study merupakan suatu cara peningkatan mutu pendidikan yang tak pernah berakhir (continous improvement).

    ReplyDelete
  27. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih atas file presentasi yang telah Pak Marsigit bagikan di sini. Salah satu hal yang menurut saya menarik dalam presentasi tersebut adalah tentang pembelajaran yang seharusnya diterapkan di Indonesia. Pembelajaran tersebut seharusnya akan seperti sebuah pohon yang mulai tumbuh dari akar, batang, daun, hingga nanti berbuah. Buah tersebut pun merupakan hasil dari pengetahuan yang dibangun sendiri oleh siswa.

    ReplyDelete
  28. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014 UNY

    Ada 3 langkah dalam menerapkan lesson study, yaitu plan, do, and see. Langkah pertama berarti persiapan. Hal yang perlu disiapkan antara lain silabus, RPP, LKS, lembar observasi, dan manajemen kelas. Langkah kedua yaitu penerapan dan pengamatan. Hal yang diterapkan dan akan diamati adalah seorang model guru dan yang mengamati adalah guru lain. Langkah terakhir yaitu refleksi atau review. Guru model merefleksi pembelajarannya. Adanya diskusi antara guru model, supervisi, pengamat, dan pengampu kebijakan (dalam hal ini adalah kepala sekolah) menimbulkan munculnya ide-ide bagaimana mengembangkan kualitas mengajar. Contoh penerapan lesson study terdapat di Bantul, dilaksanakan se MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) selama 1 tahun

    ReplyDelete
  29. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Terimakasih atas postingan Bapak, dari postingan tersebut dapat diketahui bahwa masalah dalam dunia pendidikan di Indonesi salah satunya yaitu masih diterapkannya pendidikan ekspositor. Salah satu hasil dari pembelajaran ekspositor yaitu sikap siswa yang pasif. Pada pembelajaran ekspositori guru menjelaskan dan siswa mendengarkan. Sehingga siswa tidak membangun sendiri pengetahuannya.

    ReplyDelete
  30. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Lesson study yaitu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok guru terkait rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.
    Lesson study penting untuk diterapkan. Dengan begitu guru dapat refleksi kegiatan pembelajaran yang telah diterapkan kemudian bersama-sama mencari solusi guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  31. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Lesson study adalah suatu study yang dilakukan pendidik dalam mendapatkan ilmu atau gagasan baru dengan rekan profesinya. Lesson study ini lebih pada pengembangan profesi. Misalnya saja MGMP Matematika dimana peserta dari MGMP itu adalah semua guru matematika baik tingkat kabupaten atau provinsi dimana guru2 matematika saling share pengalamannya dalam mengajar matematika pada siswa.

    ReplyDelete
  32. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    Pendidikan Matematika A 2014

    Terima kasih atas refrensinya Pak. Refrensi tersebut sangat perlu untuk dicermati bagi para guru dan calon guru. Dari situ kita dapat belajar bahwa lesson study merupakan kegiatan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran, perlu adanya kerjasama antara guru, kepala sekolah, dan para peneliti pendidikan. Karena dalam perencanaan guru perlu memperkirakan respon yang mungkin muncul dari siswa. kemudian, dalam kegiatan evaluasi, guru, kepala sekolah, dan para peneliti pendidikan perlu melakukan refleksi untuk mengecek keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dan mencari solusi jika terdapat masalah. Sehingga, dengan lesson study tersebut dapat direncanakan pembelajaran yang inovatif yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah di Indonesia.

    ReplyDelete
  33. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hakekat manusia yaitu tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan atau interaksi dengan orang lain. begitupula dengan seorang pendidik. sebagai seorang pendidik diharapkan saling komunikasi dan bertukar pengalaman terkait dengan pembelajaran di kelas, guna saling merefleksikan diri agar kedepannya pembalajaran menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  34. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Salah satu cara yang dilakukan sekolompok guru untuk berkolaborasi mengevaluasi pembelajaran di kelas yaitu dengan Lesson study, dengan lesson study guru bersama-sama saling memberikan masukan terhadap pembelajaran agar menemukan suatu metode pembelajaran yang efektif yang tepat untuk menyampaikan materi, agar pembelajaran matematika di kelas menjadi lebih bermakna.

    ReplyDelete
  35. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Lesson study memang sudah terbukti keampuhannya untuk meningkatkan pembelajaran matematika di berbagai negara, terutama di Jepang. Harapannya di Indonesia, guru-guru dapat menerapkan lesson study dengan baik demi kemajuan pendidikan. Karenanya, link yang bapak berikan sangat bermanfaat bagi kami calon guru. Dan mungkin masih banyak guru yang belum mengetahui tentang lesson study. Semoga, link tersebut dapat dijadikan acuan atau contoh untuk menerapkan lesson study yang baik dan benar.

    ReplyDelete
  36. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Lesson Study sangatlah berperan penting dalam dunia pendidikan dalam hal mengajar untuk saat ini karena dengan adanya Lesson Study, mutu guru akan meningkat sehingga mampu mengkonsep pembelajaran dengan baik. Sehingga siswa dapat membangun konsep pengetahuanna sendiri dengan bimbingan dari gurunya.

    ReplyDelete
  37. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dari powerpoint di atas terdapat adanya perubahan atau transformasi dari pembelajaran secara tradisonal hingga modern saat ini. Jika pembelajaran tradisional, pembelajaran yang terjadi teacher center dan saat ini butuh adanya paradigma yang mengganti pembelajaran berpusat pada guru diubah menjadi pembelajaran berpusat pada siswa, berorientasi pada hasil diubah menjadi berorientasi pada proses dan hasil, menekankan pengetahuan diubah menjadi pengetahuan dan ketrampilan, dari kognitif diubah menjadi afektif, kognitif dan ketrampilan siswa lebih diutamakan.

    ReplyDelete
  38. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran. Lesson Study bukan sebuah proyek sesaat, tetapi merupakan kegiatan terus menerus yang tiada henti dan merupakan sebuah upaya untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam Total Quality Management, yakni memperbaiki proses dan hasil pembelajaran siswa secara terus-menerus, berdasarkan data. Lesson Study merupakan kegiatan yang dapat mendorong terbentuknya sebuah komunitas belajar (learning society) yang secara konsisten dan sistematis melakukan perbaikan diri, baik pada tataran individual maupun manajerial.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  39. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Lesson Study memiliki 4 (empat) tujuan utama, yaitu untuk : (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang dapat dimanfaatkan oleh para guru lainnya, di luar peserta Lesson Study; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  40. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Dua tipe penyelenggaraan Lesson Study, yaitu Lesson Study berbasis sekolah dan Lesson Study berbasis MGMP. Lesson Study berbasis sekolah dilaksanakan oleh semua guru dari berbagai bidang studi dengan kepala sekolah yang bersangkutan. dengan tujuan agar kualitas proses dan hasil pembelajaran dari semua mata pelajaran di sekolah yang bersangkutan dapat lebih ditingkatkan. Sedangkan Lesson Study berbasis MGMP merupakan pengkajian tentang proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh kelompok guru mata pelajaran tertentu, dengan pendalaman kajian tentang proses pembelajaran pada mata pelajaran tertentu, yang dapat dilaksanakan pada tingkat wilayah, kabupaten atau mungkin bisa lebih diperluas lagi.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  41. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Menurut Wikipedia (2007) bahwa Lesson Study dilakukan melalui empat tahapan dengan menggunakan konsep Plan-Do-Check-Act (PDCA).
    Dalam tahap perencanaan, para guru yang tergabung dalam Lesson Study berkolaborasi untuk menyusun RPP yang mencerminkan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Perencanaan diawali dengan kegiatan menganalisis kebutuhan dan permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran, seperti tentang: kompetensi dasar, cara membelajarkan siswa, mensiasati kekurangan fasilitas dan sarana belajar, dan sebagainya, sehingga dapat ketahui berbagai kondisi nyata yang akan digunakan untuk kepentingan pembelajaran. Selanjutnya, secara bersama-sama pula dicarikan solusi untuk memecahkan segala permasalahan ditemukan. Kesimpulan dari hasil analisis kebutuhan dan permasalahan menjadi bagian yang harus dipertimbangkan dalam penyusunan RPP, sehingga RPP menjadi sebuah perencanaan yang benar-benar sangat matang, yang didalamnya sanggup mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi selama pelaksanaan pembelajaran berlangsung, baik pada tahap awal, tahap inti sampai dengan tahap akhir pembelajaran.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  42. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Pada tahapan yang kedua, terdapat dua kegiatan utama yaitu: (1) kegiatan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh salah seorang guru yang disepakati atau atas permintaan sendiri untuk mempraktikkan RPP yang telah disusun bersama, dan (2) kegiatan pengamatan atau observasi yang dilakukan oleh anggota atau komunitas Lesson Study yang lainnya.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  43. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Tahapan ketiga merupakan tahapan yang sangat penting karena upaya perbaikan proses pembelajaran selanjutnya akan bergantung dari ketajaman analisis para perserta berdasarkan pengamatan terhadap pelaksanaan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Kegiatan refleksi dilakukan dalam bentuk diskusi yang diikuti seluruh peserta Lesson Study yang dipandu oleh kepala sekolah atau peserta lainnya yang ditunjuk.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  44. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Lesson study merupakan salah satu inovasi di bidang pendidikan. Lesson study dilaksanakan dengan tujuan dapat mendapatkan evaluasi atau saran dan perbaikan mengenai proses pembelajaran yang telah dilaksanakan. Lesson study dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu Plan (merencanakan), Do (melaksanakan), See (merefleksi). Dengan kata lain lesson study dapat dikatakan sebagai cara peningkatan mutu pendidikan yang tidak pernah berakhir. karena dapat diprediksi bahwa akan selalu ada masalah dan solusi yang berbeda-beda pada setiap pembelajaran yang ada.

    ReplyDelete
  45. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Lesson study berfungsi untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru dan dilaksanakan secara kolaboatif dan continue oleh sekelompok guru, hal ini juga sebagai sarana evaluasi dan mencari solusi bersama untuk bagaimana membuat pembelajaran yang berkualitas dan sesuai dengan kurikulum yang ada. Dalam diskusinya guru akan saling memberikan pendapatnya mengenai permasalahan permasalahan yang ditemui.

    ReplyDelete
  46. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Konsep dan praktik Lesson Study pertama kali dikembangkan oleh para guru pendidikan dasar di Jepang, yang dalam bahasa Jepang-nya disebut dengan istilah kenkyuu jugyo. Adalah Makoto Yoshida, orang yang dianggap berjasa besar dalam mengembangkan kenkyuu jugyo di Jepang. Keberhasilan Jepang dalam mengembangkan Lesson Study tampaknya mulai diikuti pula oleh beberapa negara lain, termasuk di Amerika Serikat yang secara gigih dikembangkan dan dipopulerkan oleh Catherine Lewis yang telah melakukan penelitian tentang Lesson Study di Jepang sejak tahun 1993.

    ReplyDelete
  47. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Pengembangan pendidikan menjadi sangat penting dalam rangka menghasilkan pendidikan yang optimal khususnya pada pelajaran matematika. Tujuan dari pengembangan pada hakekatnya adalah agar mendapatkan inovasi-inovasi baru dalam dunia pendidikan. Inovasi-inovasi ini tentunya memiliki dampak untuk bagaimana perbaikan pendidikan, khususnya dalam pelajaran matematika. Selain untuk mendapatkan inovasi-inovasi pendidikan, juga menjadi penting untuk menanamkan kembali secara matang dan bermakna konsep matematika dalam benak siswa. Lesson study dapat dijadikan sebagai kegiatan untuk mengembangkan dunia pendidikan. Pendekatan Lesson Study, sesuai dengan tulisan diatas biasanya membahas tentang hal-hal sebagai berikut :
    1. kerjasama antar siswa dalam pembelajaran,
    2. pembelajaran kontekstual (termasuk juga Re-Conceptualizing),
    3. keterampilan hidup,
    4. aktivitas langsung,
    5. kurikulum dan pengembangan silabus yang interaktif, dan
    6. otonomi guru dan siswa.

    ReplyDelete
  48. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Saat ini di Indonesia mulai gencar disosialisasikan untuk dijadikan sebagai sebuah model dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran siswa, bahkan pada beberapa sekolah sudah mulai dipraktikkan. Meski pada awalnya, Lesson Study dikembangkan pada pendidikan dasar, namun saat ini ada kecenderungan untuk diterapkan pula pada pendidikan menengah dan bahkan pendidikan tinggi.

    ReplyDelete
  49. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study sangat diperlukan bagi perkembangan Pendidikan di Indonesia yang sampai saat ini belum menunjukkan perubahan dan peningkatan kualitas yang signifikan. Lesson study dapat dijadikan sebagai alternative untuk mengevaluasi cara mengajar guru, serta kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru ketika melakukan proses pembelajaran di kelas. Komentar-komentar yang diberikan oleh guru lain dan juga para ahli akan menambah pengetahuan guru serta kemampuan guru untuk memperbaiki cara mengajarnya. Selain itu dengan adanya lesson study tingkat keprofesionalitasan guru dapat mengalami peningkatan. Jika hal ini terjadi, maka peningkatan kualitas guru akan memberikan dampak bagi perbaikan Pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  50. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Jika saya sebutkan pembelajaran matematika yang baik untuk Indoneia itu pembelajaran matematika yang memerhatikan kemampuan siswanya. Siswa menjadi subjek pendidikan, sehingga kurikulum menyesuaikan subjeknya yaitu siswa. Hal itu disebabkan siswa itu harus membangun pengetahuannya sendiri sehingg dalam pembelajarannya guru harus menyipkan segala variasi pembelajaran agar hal tersebut diatas terwujud. Mungkin hal itu sedikit lama mendapatkan hasil yang baiknya. Namun dalam memahaminya, haruslah memahami prosesnya, sehingga mendapatkan proses yang lebih baik pula.

    ReplyDelete