Jul 16, 2015

Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia

Dear all,



The following reference "

Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia"

will be possibly useful for you:


Thanks

Marsigit

94 comments:

  1. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Lesson study merupakan suatu kegiatan yang dianggap remeh oleh para guru. Padahal dengan dilaksanakannya secara terus-menerus akan berdampak baik untuk perkembangan pengajaran dan pembelajaran di kelas. Secara dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat, pengajar dituntut untuk berkembang mengikuti zaman untuk bidang pendidikan sekalipun.

    ReplyDelete
  2. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menjadi guru yang berkompeten hanya dapat diraih dengan latihan yang baik dalam mengajar, latihan ini seperti yang tertera dalam artikel didapat dari pengamatan dalam lesson study yang dilakukan. Lesson study adalah upaya beberapa guru sebagai pengamat untuk melihat permasalahan secara langsung didalam kelas dan bagaimana menyelsaikan permasalahan tersebut.

    ReplyDelete
  3. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Lesson study adalah suatu proses sistematis yang digunakan oleh guru-guru Jepang untuk menguji keefektifan pengajarannya dalam rangka meningkat hasil pembelajaran. Lesson study merupakan salah satu metode pengembangan profesional guru. Guru-guru secara kolaboratif mengembangkan rencana dan perangkat pembelajaran, melakukan observasi, refleksi dan revisi rencana pembelajan secara bersiklus dan terus menerus.

    ReplyDelete
  4. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Salah satu masalah atau topik pendidikan yang belakangan ini menarik untuk diperbincangkan yaitu tentang Lesson Study, yang muncul sebagai salah satu alternatif guna mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran. Tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran.

    ReplyDelete
  5. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari File Presentasi yang berjudul "Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia", saya menemukan sebuah topik tentang permasalahan pembelajaran di Indonesia. Masalah pembelajaran yang masih ada di Indonesia yaitu masih secara tradisional, guru memberikan pengetahuannya kepada ibarat teko (guru) menuangkan air dalam botol-botol (siswa) sehingga tidak bisa mengembangkan lagi idenya lebih besar. Sedangkan pembelajaran yang seharusnya dicapai yaitu pembelajaran yang konstruktivisme, ibarat pohon (guru) yang berbuah (siswa) sehingga biji yang berada di dalam buah akan tumbuh besar dan atau malah lebih besar dari pohon induknya.

    ReplyDelete
  6. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih atas referensinya Pak, dari file tersebut terlihat bahwa permasalahan pendidikan di Indonesia adalah metode yang digunakan masih tradisional, dimana pembelajaran berpusat pada guru, guru menjelaskan materi secara langsung tanpa memberikan kesempatan siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya sendiri, hal ini dapat berakibat siswa menjadi pasif dan kemampuan berpikir yang sulit berkembang, pembelajaran seperti itu dirasa kurang begitu bagus sehingga terdapat pembaharuan-pembaharuan mengenai proses pembelajaran yang bersifat konstruktivisme.

    ReplyDelete
  7. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson study merupakan salah satu solusi untuk memperbaiki pembelajaran yang dirasa kurang efektif. dengan adanya pengevaluasian bersama kelompok guru secara kolaboratif dan berkelanjutan dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru

    ReplyDelete
  8. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Konsep dan praktik Lesson Study pertama kali dikembangkan oleh para guru pendidikan dasar di Jepang, yang dalam bahasa Jepang-nya disebut dengan istilah kenkyuu jugyo. Adalah Makoto Yoshida, orang yang dianggap berjasa besar dalam mengembangkan kenkyuu jugyo di Jepang. Keberhasilan Jepang dalam mengembangkan Lesson Study tampaknya mulai diikuti pula oleh beberapa negara lain, termasuk di Amerika Serikat yang secara gigih dikembangkan dan dipopulerkan oleh Catherine Lewis yang telah melakukan penelitian tentang Lesson Study di Jepang sejak tahun 1993. Sementara di Indonesia pun saat ini mulai gencar disosialisasikan untuk dijadikan sebagai sebuah model dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran siswa, bahkan pada beberapa sekolah sudah mulai dipraktikkan. Meski pada awalnya, Lesson Study dikembangkan pada pendidikan dasar, namun saat ini ada kecenderungan untuk diterapkan pula pada pendidikan menengah dan bahkan pendidikan tinggi.

    ReplyDelete
  9. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran. Lesson Study bukan sebuah proyek sesaat, tetapi merupakan kegiatan terus menerus yang tiada henti dan merupakan sebuah upaya untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam Total Quality Management, yakni memperbaiki proses dan hasil pembelajaran siswa secara terus-menerus, berdasarkan data. Lesson Study merupakan kegiatan yang dapat mendorong terbentuknya sebuah komunitas belajar (learning society) yang secara konsisten dan sistematis melakukan perbaikan diri, baik pada tataran individual maupun manajerial.

    ReplyDelete
  10. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari file presentasi yang Prof tulis, ada beberapa poin yang dapat dipelajari. Yang pertama adalah dijabarkannya masalah pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah pembelajaran matematika yang formal dan tradisional. Hal yang dapat dilakukan adalah merubah hal tersebut, pembelajaran matematika formal menjadi pembelajaran matematika sekolah, pembelajaran yang tradisional menjadi pembelajaran yang inovatif

    ReplyDelete
  11. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hal lain dalam file presentasi di link tersebut yaitu berbagai paradigma baru yang sedang dipromosikan, diantaranya adalah perubahan teacher centered menjadi student centered, orientasi pembelajaran jangka pendek menjadi orientasi pembelajaran jangka panjang, bukan kompetisi melainkan kerjasama, dan juga bukan menekankan aspek kognitif saja melainkan afektif, kognitif, dan keterampilan. Hal tersebut telah dirumuskan dalam kurikulum 2013 dan sedang berusaha diterapkan

    ReplyDelete
  12. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran matematika di sekolah memiliki karakteristik tertentu, diantaranya yaitu matematika adalah mencari pola dan hubungan, matematika adalah aktivitas pemecahan masalah, dan matematika sebagai komunikasi. Hal tersebutlah yang menjadi acuan bagi para guru dalam menerapkan pembelajaran di sekolah agar siswa juga tidak merasa kesulitan dalam belajar matematika

    ReplyDelete
  13. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Pada lesson study yang bapak berikan ini sebagai pembanding bagi kami para endidik agar mampu lebih meningkatkan iovasi dalam pengembangan pendidikan lebih baik kedepannya. Serta kesulitan guru dalam pembelajaran menemukan solusi titi terangnya dan benang merahnya. Dalam diskusi ini, guru-guru akan saling memberikan pendapat dan masukan mengenai apa yang bagus dan apa yang kurang dalam pembelajaran. Pendapat dan masukan yang diberikan tidak hanya dapat diterapkan oleh guru model dan tim saja, tetapi dapat diterapkan oleh guru-guru yang lain sehingga diharapkan guru-guru dapat menerapkan pembelajaran yang lebih baik lagi

    ReplyDelete
  14. Lesson study adalah salah satu alternatif dalam pengembangan profesi. Lesson study dapat dilakukan di forum MGMP Kabupaten atau Sekolah atau gabungan beberapa sekolah. Lesson study telah dikembangkan di beberapa negara seperti Amerika Serikat, Australia, Thailand, Inggris, China, Malaysia, dan Jepang. Lesson study juga sudah mulai dikembangkan di Indonesia dan ditindak lanjuti dengan kegiatan simposium dan konferensi internasional. Siklus dalam pembelajaran lesson plan yaitu: plan (merencanakan), do (melaksanakan) dan see (merefleksi) yang berkelanjutan. Dengan kata lesson study merupakan suatu cara peningkatan mutu pendidikan yang tak pernah berakhir (continous improvement).

    ReplyDelete
  15. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih atas file presentasi yang telah Pak Marsigit bagikan di sini. Salah satu hal yang menurut saya menarik dalam presentasi tersebut adalah tentang pembelajaran yang seharusnya diterapkan di Indonesia. Pembelajaran tersebut seharusnya akan seperti sebuah pohon yang mulai tumbuh dari akar, batang, daun, hingga nanti berbuah. Buah tersebut pun merupakan hasil dari pengetahuan yang dibangun sendiri oleh siswa.

    ReplyDelete
  16. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014 UNY

    Ada 3 langkah dalam menerapkan lesson study, yaitu plan, do, and see. Langkah pertama berarti persiapan. Hal yang perlu disiapkan antara lain silabus, RPP, LKS, lembar observasi, dan manajemen kelas. Langkah kedua yaitu penerapan dan pengamatan. Hal yang diterapkan dan akan diamati adalah seorang model guru dan yang mengamati adalah guru lain. Langkah terakhir yaitu refleksi atau review. Guru model merefleksi pembelajarannya. Adanya diskusi antara guru model, supervisi, pengamat, dan pengampu kebijakan (dalam hal ini adalah kepala sekolah) menimbulkan munculnya ide-ide bagaimana mengembangkan kualitas mengajar. Contoh penerapan lesson study terdapat di Bantul, dilaksanakan se MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) selama 1 tahun

    ReplyDelete
  17. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Terimakasih atas postingan Bapak, dari postingan tersebut dapat diketahui bahwa masalah dalam dunia pendidikan di Indonesi salah satunya yaitu masih diterapkannya pendidikan ekspositor. Salah satu hasil dari pembelajaran ekspositor yaitu sikap siswa yang pasif. Pada pembelajaran ekspositori guru menjelaskan dan siswa mendengarkan. Sehingga siswa tidak membangun sendiri pengetahuannya.

    ReplyDelete
  18. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Lesson study yaitu kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok guru terkait rencana pelaksanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran.
    Lesson study penting untuk diterapkan. Dengan begitu guru dapat refleksi kegiatan pembelajaran yang telah diterapkan kemudian bersama-sama mencari solusi guna meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  19. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Lesson study adalah suatu study yang dilakukan pendidik dalam mendapatkan ilmu atau gagasan baru dengan rekan profesinya. Lesson study ini lebih pada pengembangan profesi. Misalnya saja MGMP Matematika dimana peserta dari MGMP itu adalah semua guru matematika baik tingkat kabupaten atau provinsi dimana guru2 matematika saling share pengalamannya dalam mengajar matematika pada siswa.

    ReplyDelete
  20. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    Pendidikan Matematika A 2014

    Terima kasih atas refrensinya Pak. Refrensi tersebut sangat perlu untuk dicermati bagi para guru dan calon guru. Dari situ kita dapat belajar bahwa lesson study merupakan kegiatan merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran, perlu adanya kerjasama antara guru, kepala sekolah, dan para peneliti pendidikan. Karena dalam perencanaan guru perlu memperkirakan respon yang mungkin muncul dari siswa. kemudian, dalam kegiatan evaluasi, guru, kepala sekolah, dan para peneliti pendidikan perlu melakukan refleksi untuk mengecek keberhasilan pelaksanaan pembelajaran dan mencari solusi jika terdapat masalah. Sehingga, dengan lesson study tersebut dapat direncanakan pembelajaran yang inovatif yang diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah di Indonesia.

    ReplyDelete
  21. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Hakekat manusia yaitu tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan atau interaksi dengan orang lain. begitupula dengan seorang pendidik. sebagai seorang pendidik diharapkan saling komunikasi dan bertukar pengalaman terkait dengan pembelajaran di kelas, guna saling merefleksikan diri agar kedepannya pembalajaran menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  22. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Salah satu cara yang dilakukan sekolompok guru untuk berkolaborasi mengevaluasi pembelajaran di kelas yaitu dengan Lesson study, dengan lesson study guru bersama-sama saling memberikan masukan terhadap pembelajaran agar menemukan suatu metode pembelajaran yang efektif yang tepat untuk menyampaikan materi, agar pembelajaran matematika di kelas menjadi lebih bermakna.

    ReplyDelete
  23. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Lesson study memang sudah terbukti keampuhannya untuk meningkatkan pembelajaran matematika di berbagai negara, terutama di Jepang. Harapannya di Indonesia, guru-guru dapat menerapkan lesson study dengan baik demi kemajuan pendidikan. Karenanya, link yang bapak berikan sangat bermanfaat bagi kami calon guru. Dan mungkin masih banyak guru yang belum mengetahui tentang lesson study. Semoga, link tersebut dapat dijadikan acuan atau contoh untuk menerapkan lesson study yang baik dan benar.

    ReplyDelete
  24. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Lesson Study sangatlah berperan penting dalam dunia pendidikan dalam hal mengajar untuk saat ini karena dengan adanya Lesson Study, mutu guru akan meningkat sehingga mampu mengkonsep pembelajaran dengan baik. Sehingga siswa dapat membangun konsep pengetahuanna sendiri dengan bimbingan dari gurunya.

    ReplyDelete
  25. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dari powerpoint di atas terdapat adanya perubahan atau transformasi dari pembelajaran secara tradisonal hingga modern saat ini. Jika pembelajaran tradisional, pembelajaran yang terjadi teacher center dan saat ini butuh adanya paradigma yang mengganti pembelajaran berpusat pada guru diubah menjadi pembelajaran berpusat pada siswa, berorientasi pada hasil diubah menjadi berorientasi pada proses dan hasil, menekankan pengetahuan diubah menjadi pengetahuan dan ketrampilan, dari kognitif diubah menjadi afektif, kognitif dan ketrampilan siswa lebih diutamakan.

    ReplyDelete
  26. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Setelah membaca PPT bapak yang berjumlah 167 tersebut, saya sedikit memberikan kesimpulan bahwa pada intinya Re-Conceptualism ini diadakan guna menghadapi kurikulum 2013, karena masih banyak sekali guru-guru yang belum paham betul akan mengajar matematika yang baik, termasuk saya. Jika dilihat dari gambar yang diberikan bapak, saya mengambil kesimpulan bahwa belajar itu mengerti apa yang ada di lingkungan kita, lalu meluas ke alam, serta menjuku ke pemahaman yang hakiki.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  27. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Saya ingin menarik benang merah dari apa yang Prof sampaikan dalam konferensi teknologi. Lesson study dipandang sebagai cara dalam mengubah paradigma pembelajaran matematika dan pendidikan matematika. Lesson study juga menjadi kerangka yang berguna dan efektif dalam mengembangkan profesionalisme guru. Lesson study dilakukan untuk menunjukkan akuntabilitas dan sustainabilitas mengajarnya. Lesson study dilakukan melalui kolaborasi diantara berbagai praktisi pendidikan, yaitu guru-guru, pengawas, dosen-dosen dan pemegang kebijakan pendidikan. Lesson study diawali dengan kegiatan perencanaan proses belajar mengajar yang meliputi meninjau silabus, mengembangkan rencana pembelajaran, mengembangkan LKS, mengembangkan lembar observasi, dan menyiapkan manajemen kelas. Selanjutnya dilakukan proses pembelajaran oleh guru model yang diobservasi oleh guru-guru lainnya. Dari proses tersebut kemudian akan didiskusikan dan direfleksikan.

    ReplyDelete
  28. Junianto
    17709251065
    PM C
    Lesson Study merupakan suatu metode pembelajaran yang menekankan bahwa pada hakikatnya yang belajar tidak hanya siswa tetapi guru juga harus selalu belajar. Guru juga harus selalu mengupgrade kapasistasnya dalam mengajar karena hal tersebut akan menunjang proses pembelajaran di kelas. Di Jepang, metode ini sudah diterapkan dan hasilnya pun sangat bagus. Guru tidak cukup belajar dari satu sumber saja, guru juga tidak cukup hanya menguasai materi pembelajaran, tetapi seorang guru harus mampu menguasai teknik penyampaian materi pembelajaran agar siswa mudah menerima dan memahami materi. Terlebih, guru juga harus mampu membimbing siswa untuk mengkonstruksi konsep/ skema mereka. Kemampuan inilah yang akan menunjang profesi guru, dan dengan adanya Lesson Study, guru terus melakukan evaluasi dalam pembelajaran dan kemampuannya dalam memfasilitasi siswa.

    ReplyDelete
  29. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum
    Dari link sumber belajar yang terdapat pada postingan ini, terdapat penyajian tentang “lesson study” di Indonesia. Hal yang dapat saya cermati adalah, lesson study merupakan suatu pendekatan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guru didalam kelas, yang dilaksanakan oleh guru. Lesson study ini sebaiknya didukung oleh seluruh komponen yang berada dalam ruang lingkup kependidikan. Dan untuk mencapai keberhasilan dari pendekatan ini, diperlukan tekad untuk tetap konsisten dalam melanjutkan program ini.
    Dalam pelaksanaan lesoon study terdapat tiga tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan tahap refleksi atau evaluasi. Sedangkan tujuan dari lesson study ini adalah untuk mengembangkan profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran.
    Maka, melalui lesson study ini diharapkan mampu meningkatkan pemahaman siswa dalam memahami materi pelajaran dengan cara merubah cara penyampaian materi oleh guru, dari yang bersifat klasikal menjadi eksploratif.

    ReplyDelete
  30. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Pemberian definisi yang bagi saya sangat menarik dari Ebbut dan Straker, yang menyatakan bahwa Matematika adalah sebuah pencarian pola dan hubungan, Matematika adalah aktivitas penyelesaian masalah, Matematika adalah investigasi dan komunikasi. Tentu jika kita mencari di Google tentang hakekat Matematika, akan banyak sekali definisi-definisi yang diberikan oleh masing-masing penulis. Seperti saya dan teman-teman saya alami sewaktu kami diberikan tugas untuk mencari apa hakekat matematika. Saking banyaknya sampai kepala pening. Ternyata disini telah dijelaskan secara lengkap. Terima kasih pak

    ReplyDelete
  31. Insan A N/Magister PMat C 2017
    Pemaparan tentang mengkonsep ulang proses pembelajaran menjadi sangat penting. Guru sudah terbiasa dengan pembelajaran yang orientasinya adalah ujian, nilai ujian yang bagus. Sehingga seringkali dalam pembelajaran guru cenderung hanya menyampaikan informasi tanpa pemaknaan yang dalam, selain itu guru menjadi tidak kreatif dalam proses pembelajaran karena slalu dikejar untuk membantu siswa meraih nilai ujian yang baik.

    ReplyDelete
  32. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Proses pembelajaran mengharuskan guru untuk merancangnya dengan baik, sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Berbekal dengan kurikulum yang baru, diharapkan proses pembelajaran dapat lebih bermakna bagi siswa. Kebermakaan pembelajaran mungkin tidak bisa dilihat dalam jangka waktu yang pendek, namun dengan pendekatan saintifik ini diharapkan membawa angin segar bagi pembelajaran di Indonesia sehingga dapat meningkatkan daya saing Indonesia di Kancah dunia

    ReplyDelete
  33. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah

    Masalah pembelajaran matematika di Indonesia adalah merubah tradisi yang masih menganggap siswa sebagai wadah kosong menjadi pembelajaran yang kontruktif. Hal ini menjadi tugas besar para pendidik di Indonesia pada zaman globalisasi seperti ini. Guru melalui MGMP juga dapat menyampaikan keluhan dalam proses pembelajaran sehingga dapat dilakukan evaluasi guna untuk memperbaiki pendekatan yang sudah digunakan agar bisa lebih sempurna lagi. Contoh masalah-masalah yang sudah disebutkan dalam PPt tersebut adalah terllau banyak siswa di satu kelas (pada tahun ini di SD sudah mulai diterapkan bahwa 1 kelas hanya diisi ole 28 anak saja), butuh waktu untuk mengenalkan inovasi, proses belajar mengajar yang terllau berorientasi pada UN, dan lain sebagainya. Hal ini dapat didiskusikan, sehingga tidak hanya menjadi sebuah catatan saja, tetapi menjadi langkah nyata dalam memperbaiki pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  34. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb,,,Terimakasih banyak yang tiada henti-hentinya kepada Bapak.Yang pastinya semua Link yang dibagikan pada blog ini sangat bermanfaat bagi kami.Tiada kata yang paling indah yang kami ucapkan melainkan ucapan terimakasih kami kepada Bapak yang telah rela menyumbangkan ilmunya kepada kami.Wassalamualikum wr wb.

    ReplyDelete
  35. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B 2017

    Kualitas pendidikan di Indonesia sangat perlu diperbaiki dan ditingkatkan secara bertahap dari waktu ke waktu. Selama ini masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional, bukan hal yang mudah tentunya untuk mencapai tingkatan dimana siswa tidak hanya "disuapi" oleh guru. Untuk menuju pada pendidikan yang sesuai dengan perkembangan zaman dan teknologi, pembelajaran haruslan berpusat pada siswa. Berdasarkan hal tersebut guru haruslah terus-menerus belajar, salah satunya melalui Lesson Study. Lesson Study merupakan proses pengkajian pembelajaran. Proses pembelajaran hendaknya dikaji dari waktu ke waktu agar guru dapat lebih meningkatkan efektifitas sebagai uapaya meningkatkan hasil belajar siswa.

    ReplyDelete
  36. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PMB 2017

    Leson study yang dapat saya pahami adalah merupakan suatu peroses pembelajaran yang menekankan keterlibatan semua objek dalam lingkungan pembelajaran. Sehingga ketercapaian dalam proses pembelajaran dapat diraih. Selain itu proses belajar mengajar juga diharapkan tidak hanya berpaku pada nial UN, sehingga hakikat dari belajar itu tersamarkan bahkan menjadi hilang. Oleh karena oriantasinya harus diperbaiki.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  37. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Menurut saya sangat menarik mempelajari konsep-konsep matematika melalui lesson study. Pada lesson study ini proses belajar tidak hanya berfokus di ruang kelas saja, namun belajar dengan langsung mempraktekkan, belajar melalui lingkungan dan guru berperan sebagai pendamping siswa saat belajar. Kemudian, penekanan dalam lesson study ini lebih mengarah kepada affective-cognitive skills. Menurut saya, belajar tidak hanya berfokus pada olah pikir saja namun juga olah rasa.

    Saya menjadi teringat saat duduk di bangku SMA, guru saya menggunakan metode presentasi secara berkelompok saat belajar matematika. Menurut saya ini sangat memudahkan saya dan teman-teman untuk memahami konsep dan latihan matematika itu sendiri. Saya pribadi merasa senang saat berdiskusi di kelas bersama teman-teman dan bagi saya sangat membantu teman-teman yang kurang paham dengan konsep matematika. Point utama yang dapat saya pelajari dari tanggapan ini, yakni saat guru mengajar dengan metode yang kreatif maka siswa akan mampu belajar secara mandiri.

    ReplyDelete
  38. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika kelas A 2017

    Assalamualaikum wr.wb

    Terima kasih postingannya Prof, dari sumber-sumber di atas saya dapat mengambil pelajaran mengenai lesson study. Lesson study berperan penting dalam dunia pendidikan terutama proses belajar mengajar saat ini, karena dengan adanya lesson study, kualitas guru akan meningkat sehingga guru dapat mengkonsep proses pembelajaran dengan baik

    ReplyDelete
  39. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Link yang diberikan pada postingan ini terdapat ppt yang berisi materi mengenai Lesson Study. Dari PPT yang dibuat oleh bapak Marsigit merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Lesson study ini salah satunya memiliki fungsi untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar.

    ReplyDelete
  40. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Pembelajaran di sekolah menjadi salah satu bagian penting dalam pendidikan yang turut andil dalam menentukan perkembangan bangsa. Dalam hal ini, guru memiliki peran yang sangat vital sebagai fasilitator dalam proses pembelajaran di kelas. Oleh sebab itu, seorang guru dituntut untuk dapat menciptakan suasana belajar yang baik dengan menggunakan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai. Untuk dapat melakukannya guru harus melakukan beberapa hal berikut: Dapat merencanakan (plan) pembelajaran dengan sebaik mungkin dengan mengacu pada perkembangan kognitif peserta didik dan potensi yang dimilikinya. Pada tahap ini seorang guru juga di haruskan untuk mengembangkan kreativitasnya dalam membuat suatu skenario pembelajaran yang nantinya dapat menfasilitasi siswa untuk mampu membangun pengetahuannya. Selanjutnya, guru juga dituntut untuk mampu melakukan kegiatan pembelajaran (do) secara sistematis sesuai dengan apa yang telah direncanakan. Setelah kegiatan pembelajaran selesai selanjutnya dilakukan evaluasi (see) mengenai apa yang telah dilakukan. Hal ini selanjutnya dapat dijadikan sebagai dasar perbaikan dalam pembelajaran berikutnya.

    ReplyDelete
  41. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Konsep yang sangat luar biasa, dilihat dari pandangan beberapa ahli dan konsep awal lahirnya ilmu matematika, sayangnya itu dibuat dari PowerPoint sehingga perlu penjelasan lebih untuk bisa memahaminya secara utuh karena yang di tampilkan di link hanya poin-poinnya saja, meski begitu cukup memberikan gambaran tentang konsep pembelajaran matematika. Terima kasih banyak atas link dan ilmu yang Bp. berikan.

    ReplyDelete
  42. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    In lesson study, teachers will collaborate on learning from start preparation, teaching, and reflection. With this collaboration is expected each teacher to gain new experience in teaching. Teachers will give each other feedback. So that in the future the teacher will be better in teaching.

    ReplyDelete
  43. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Terimaksih Pak sudah membagikan ppt yang sangat bermanfaat sekali, saya izin download filenya ya Pak. Pada ppt tersebut dipaparkan mengenai lesson study. Lesson study merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dengan merujuk pada tujuan pembelajaran yang diharapkan. Dimana fokus utama dari lesson study ini adalah aktivitas siswa, dengan harapan aktivitas siswa terkait dengan aktivitas guru selama mengajar.

    ReplyDelete
  44. Terimakasih bapak atas ilmunya yang membagikan tentang lesson study di Indonesia, saya rasa sebaiknya para guru di Indonesai juga membaca postingan bapak mengenai lesson study ini, guna membantu guru dalam system kurikulum 2013 yang berbeda orientasinya dengan kurikulum yang lama yaitu KTSP.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  45. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Terima kasih Bapak atas rujukan laman yang sangat menarik dan penuh akan makna pengetahuan kususnya pembelajaran matematika. Konsep pembelajaran kita telah lama terjebak ke dalam sistem pembelajaran tradisional. Sistem pembelajaran tradisional lebih menekankan pada transfer ilmu satu arah yaitu dari guru ke siswa. Selain itu cara penyampaian pada pembelajaran tradisional cenderung ceramah dan jauh dari sifat-sifat kongkret. Berbeda dengan kontrukstivis yang dekat dengan pengengembangan pengetahuan siswa melalui potensi mereka masing-masing sehingga dapat memunculkan pengetahuan intuitif siswa.

    ReplyDelete
  46. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Berdasarkan slide yang telah disampaikan di atas, menurut pendapat saya apabila guru dapat melakukan lesson study tersebut maka akan mengubah total pandangan seorang guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika. Pembelajaran yang lebih mengedepankan student center, inovatif, tidak monoton, dan bermakna harapannya tidak hanya indah di RPP saja namun benar-benar dilaksanakan. Saya teringat dengan kalimat dari seorang dosen bahwa “ apabila akan sama-sama melakukan kegiatan, mengapa tidak melakukan hal yang sempurna, karena akhrirnya mengalami kelelahan yang sama”. Sehingga hal ini sama dengan juga ketika seorang guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan lebih mengedepankan pemikiran siswa mengapa masih harus menggunakan teacher center, padahal tingkat kelelahannya apabila saya pikirkan, lebih lelah ketika mengajar teacher center

    ReplyDelete
  47. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Dari masalah-masalah yang telah disingkap sebelumnya mengenai tatanan pendidkan di Indonesia terkait guru, siswa, dan seperangkat pembelajaran seperti RPP, buku, LKS dan lain-lain.Kekurangan-kekurangan yang terjadi di dalam penerapan pendidikan dapat diminimalisir dengan hadirnya model pembelajaran berupa lesson study.Jikalau selama ini guru lebih aktif ketimbang siswa maka munculnya lesson study lebih menekankan siswa yang lebih aktif agar lebih mandiri di dalam belajar.Selaian itu seorang guru diditekankan untuk bekerja sama guna membangun pengalaman dan kretivitas di dalam pembelajaran.Guru diharapkann mempu mengembangkan seperangkat pembelajaran agar tidak terfokus pada perangkat pembelajaran yang telah ada

    ReplyDelete
  48. efi septianingsih
    pep
    kelas b
    17701251013

    pendidikan matematika diindonesia masih banyak sekali guru-guru atau tenaga pendidiknya yang kurang kreatif
    banyak yang mengajarkan berdasarkan metode pengajaran jaman guru sebagai teacher center, dan murid hanya mengikuti kelas
    pada umumnya ini terjadi disekolah negeri dan daerah2 yang masih kurang tenaga pendidik
    tetapi ada pula sekolah diindonesia yang berbasis yayasan, swasta dll sudah lebih maju dan guru dituntut kreatif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah metode pengajaran jaman guru sebagai teacher center selalu lebih buruk dibandingkan dengan student center?

      Delete
    2. Kalau menurut saya, lihat dulu karakteristik siswanya terlebih dahulu. Baik buruk, kelebihan kelemahan disetiap metode pasti ada. Metode apapun itu jika sesuai dengan karakteristik siswa, hasil nya akan lebih maksimal baik itu metode yang berpusat pada guru maupun yang berpusat pada siswa.

      Delete
  49. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B
    Terima kasih Bapak atas rujukan laman yang sangat menarik dan penuh akan makna pengetahuan kususnya pembelajaran matematika. Konsep pembelajaran kita telah lama terjebak ke dalam sistem pembelajaran tradisional. Sistem pembelajaran tradisional lebih menekankan pada transfer ilmu satu arah yaitu dari guru ke siswa. Selain itu cara penyampaian pada pembelajaran tradisional cenderung ceramah dan jauh dari sifat-sifat kongkret. Berbeda dengan kontrukstivis yang dekat dengan pengengembangan pengetahuan siswa melalui potensi mereka masing-masing sehingga dapat memunculkan pengetahuan intuitif siswa.

    ReplyDelete
  50. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh


    Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Salah satu tujuan dari Lesson Study adalah untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar. Pemahaman yang baik dalam proses pembelajaran akan diharapkan dapat membuat siswa dapat menerima pelajaran dengan lebih efektif.

    ReplyDelete
  51. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Rekonstruksi, mengkonstruksi kembali. Hal ini memperlihatkan jika pendidikan di Indonesia memang belum berada pada jalur yang diharapkan, itu artinya pendidikan saat ini belum berada pada lintasan yang tepat sasaran untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.
    Pendidikan saat ini masih terjebak pada pola pola pendidikan tradisional, seperti teacher center learning ditambah dengan kurangnya inovasi pembelajaran. Bukan bermaksud untuk menambah beban guru, tapi tugas seorang guru memanglah sangat berat. Dalam membangun pembelajaran di kelas, sudah semestinya seorang guru harus bisa menyesuaikan dengan keadaan (muridnya). Secara filsafat seorang guru harus bisa menyesuaikan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  52. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Lesson study merupakan salah satu kegiatan yang perlu dilakukan oleh guru. Lesson study membantu guru untuk dapat saling bertukar pikiran dan melihat kelebihan serta kekurangan dirinya dan guru lain. Dengan lesson study guru dapat saling belajar dan bersama- sama mencari jalan keluar dari berbagai permasalahan yang muncul di dalam kelas.

    ReplyDelete
  53. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami merasa bahwa sebenarnya apabila Lesson Study bisa diterapkan sebagai SOP di Indonesia akan sangat bermanfaat untuk guru-guru saat ini, karena dapat menambah wawasan bagaimana mengajarfkan sebuah materi pada siswa. Seorang guru yang mendapat amanat sebagai guru model pasti akan berusaha dan senantiasa belajar untuk menigkatkan kemampuan diri sehingga bisa menjadi contoh untuk rekan-rekannya sesama profesi guru. Kami merasa hal ini akan berdampak positif terhadap kemampuan guru-guru yang lain karena akan termotivasi dan belajat untuk mengikuti cara atau proses pembelajaran yang dilakukan oleh koleganya dalam Lesson Study tersebut.

    ReplyDelete
  54. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Evaluasi merupakan bagian penting dari sebuh pelaksanaan system maupun program. Lesson study dapat menjadi solusi atas keterlaksanaan pembelajaran saat ini. Dengan adanya lesoon study, memberi kesempatan bagi guru untuk berdiskusi tentang berbagai permasalahan dan kendala yang dialami saat mengajar. Selain berdampak pada kemampuan mengajar, adanya lesson studi dapat pula menjadi motivasi bagi guru agar lebih merasa percaya diri atas kemampuannya serta kepercayaan diri tampil didepan kelas. Terima Kasih

    ReplyDelete
  55. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Apabila Lesson Study dapat dilaksanakan dengan baik, saya rasa manfaat yang dirasakan akan sangat besar. Lesson Study dapat meningkatkan motivasi dan kemampuan guru-guru dalam pembelajaran sehingga dapat menghasilkan guru-guru yang berkualitas.Saat ini, guru harus memikirkan cara-cara penyampain materi yang akan digunakan di dalam kelas agar tidak membosankan, guru harus mulai merubah cara menyampaikan ilmunya, dari yang bersifat hanya sekedar penyampaian materi menjadi eksploratif.

    ReplyDelete
  56. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Setelah membaca dan mencermati materi pada link tersebut saya tertarik dengan hermeneutics of live. Materi ini juga pernah disampaikan oleh Pak Marsigit pada perkuliahan filsafat ilmu di prodi S2 pendidikan matematika kelas A. dijelaskan bahwa kehidupan manusia ini tidaklah linear tetapi juga siklik yang akhirnya membentuk infinite regress. Artinya kehidupan manusia yang sebenera-benarnya ialah menjalani apa yang dipikirkan dan memikirkan apa yang dijalaninya. Manusia bisa mengulang hari setiap seminggu sekai tetapi tidak akan sama apa yang dia alami pada hari-hari sebelumnya maupun hari kedepannya. Oleh karena itu, kehidupan kita pada hari sebelumnya atau masa lalu direfleksi demi kemajuan kehidupan di hari selanjutnya, dan kehidupan kita di hari selanjutnya atau masa depan kita rencanakan berdasarkan pengalaman agar lebih baik lagi begitu seterusnya saling mendukung dan berkelanjutan.

    ReplyDelete
  57. Latifah Fitriasari
    PM C

    Pemahaman konsep adalah Kemampuan yang dimiliki seseorang untuk mengemukakan kembali ilmu yang diperolehnya baik dalam bentuk ucapan maupun tulisan. Tetapi waktu pembelajaran rata-rata di kelas di Indonesia jauh lebih lama dibandingkan dengan waktu pembelajaran di tujuh negara lain. Kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan melalui pembelajaran matematika di sekolah ataupun perguruan tinggi sehingga dalam waktu pembelajaran yang cukup lama harus benar-benar dimanfaatkan oleh guru dan siswa. Sehingga diharapkanpara pendidik mengkaji dan memperbaiki kembali praktik-praktik pengajaran yang selama ini dilaksanakan.

    ReplyDelete
  58. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Menyusun pembelajaran matematika yang bermakna, yang efektif bukanlah hal yang mudah. Banyak kendala yang dihadapi oleh guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif/bermakna, baik yang disebabkan oleh karakteristik siswa, materi maupun dari guru sendiri. Akan tetapi melalui kegiatan Lesson study (kerjasama antara guru dgn guru, dengan dosen, dosen dengan dosen) dapat membantu guru-guru untuk mengetahui kemudian menentukan strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi, dan pemasalahan yang dihadapinya tersebut. Sehingga akhirnya pembelajaran yang diterapkan pun tidak akan bersifat tradisional lagi namun sudah bersifat innovative. Sekian dan Terima Kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  59. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  60. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Assalamu'alaikum wr.wb
    Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Dengan adanya lesson study diharapkan dapat menjadikan pembelajaran yang efektif dan bermakna. Dan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  61. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Dengan adanya lesson study diharapkan dapat menjadikan pembelajaran yang efektif dan bermakna. Dan dapat meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran yang inovatif.

    ReplyDelete
  62. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Pengembangan teknik pendidikan yang digagas Jepang, LESSON STUDY, merupakan proses belajar mengajar yang melibatkan guru untuk berkreasi lebih dari biasanya. Lesson study meliputi 3 tahapan yakni merencanakan (plan), melaksanakan (do) dan mengevaluasi (see). Di Jepang, proses pembelajaran ini sudah banyak diterapkan. Guru harus merancang dan siap betul dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan saat itu. Biasanya masih digabungkan dengan open-ended approach yang mengizinkan siswa untuk berfikiran luas dan tidak bersekat-sekat.

    ReplyDelete
  63. Pada Lesson Study ini, guru tidak dibiarkan sendiri mengajar di ruang kelas. Melainkan ada yang mensupervisi pekerjaan guru sehingga memungkinkan untuk dapat mengevaluasi kinerja guru.
    Lesson study juga memiliki suatu misi yang dibawa bersamannya, yaitu adalah menggeser pembelajaran yang tradisional menuju ke yang lebih memfasilitasi siswa dengan baik. Oleh karena itu, perlu ada nya plan yang matang. mulai dari awal pembelajaran hingga evaluasi pembelajaran.

    ReplyDelete
  64. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Lesson Study merupakan salah suatu wahana peningkatan kualitas pembelajaran yang berasal dari negeri sakura, Jepang. Lesson Study berkembang di Jepang sejak awal tahun 1990-an. Melalui kegiatan tersebut guru-guru di Jepang mengkaji pembelajaran melalui perencanaan dan observasi bersama yang bertujuan untuk memotivasi siswa untuk aktif belajar mandiri. Lesson Study merupakan terjemahan langsung dari bahasa Jepang “jugyokenkyu”, yang merupakan gabungan dari dua kata yaitu jugyo yang berarti lesson atau pembelajaran, dan kenkyu yang berarti study atau research atau pengkajian.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  65. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Di Indonesia Lesson Study berkembang melalui Indonesia Mathematics and Science Teacher Education Project (IMSTEP) yang diimplementasikan sejak sejak Oktober tahun 1998 di tiga IKIP yaitu IKIP Bandung (sekarang bernama Universitas Pendidikan Indonesia, UPI), IKIP Yogyakarta (sekarang bernama Universitas Negeri Yogyakarta, UNY) dan IKIP Malang (sekarang menjadi Universitas Negeri Malang) bekerja sama dengan JICA (Japan International Cooperation Agency). Tujuan umum dari IMSTEP adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan Matematika dan IPA di Indonesia. Namun, pada perkembangannya kegiatan Lesson Study ini dapat diadaptasi untuk disiplin keilmuan apa pun baik MIPA maupun non-MIPA.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  66. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Lesson study merupakan suatu pendekatan/upaya peningkatan hasil serta kualitas pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru secara kolaboratif dan berkelanjutan dengan langkah-langkah pokok yakni merancang pembelajaran untuk mencapai tujuan, melaksanakan pembelajaran, mengamati pelaksanaan pembelajaran tersebut serta melakukan refleksi untuk mendiskusikan pembelajaran yang dikaji tersebut untuk bahan penyempurnaan dalam rencana pembelajaran berikutnya. Hal ini dilakukan karena para guru ini sadar bahwa proses pembelajaran yang selama ini telah dilaksanakan harus dikaji dari waktu ke waktu agar dapat lebih meningkatkan efektivitasnya bagi upaya meningkatkan hasil belajar siswa.

    ReplyDelete
  67. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C


    Di Indonesia memang belum semua dapat melaksanakan lesson study dalam setiap pembelajaran yang dilakukan. Namun tetapi belajar lebih baik dengan lesson study dapat menjadi pilihan. Lesson study merupakan metode yang sangat baik karena sangat memperhatikan setiap detail pembelajaran agar berdampak baik langsung pada siswa dengan tiga tahap yaitu merencanakan,melaksanakan dan mengevaluasi.

    ReplyDelete
  68. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Pengetahuan matematika yang diterima oleh peserta didik, tidak bisa hanya menggunakan pemahaman otak mereka, sehingga peserta didik yang usianya masih muda sangat sulit jika mereka hanya memahami matematika abstrak. Peserta didik yang masih muda mereka belajar bukan dari apa yang mereka pahami hanya dari logika mereka, namun mereka belajar dari pengalaman dengan pendekatan atau bantuan dunia nyata. Karena pada dasarnya mereka yang usainya masih dini lebih memahami apa yang mereka pelajari dari apa yang mereka lihat lalu dipikirkan, buka apa yang dapat mereka bayangkan. Intinya, dunia peserta didik adalah dunia nyata, bukan dunia pemikiran.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  69. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Merekonstruksi konsep pembelajaran memang bukan hal yang mudah terlebih bagi guru yang sudah merasa nyaman dengan gaya pembelajarannya. Guru saat ini memang hharus dituntut untuk berkembang dan meninggalkan zona nyamannya. Mengajar kelas dewasa ini tidak cukup menggunakan ceramah saja bahkan metode ceramah telah disebut sebagai metode tradisional. Guru Indonesia harus berkaca kepada guru-guru dari luar negeri, hal baik apa sajakah yang cocok dan dapat diterapkan pada pembelajarannya di kelas.

    ReplyDelete
  70. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Di Jepang, lesson study sudah menjadi sesuatu yang sangat berpangaruh dalam peningkatan profesionalisme guru. Maka dari itu, lesson study sangat direkomendasikan untuk diterapkan di Indonesia. Dengan adanya lesson study, guru dapat lebih memahami ide-ide maupun teori dalam pendidikan melalui prakteknya sebagai guru, dapat memperbaiki perspektif mengenai cara mengajar atau mendidik yang baik, dan mendapat koreksi melalui respon siswa maupun para ahli. Koreksi dan semua hal tersebut tentunya akan memberbaiki kinerja guru yang akan berakibat pada kemajuan pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  71. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    Lesson study merupakan salah satu cara yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. hal tersebut tentu tidaklah mudah, membutuhkan dorongan/leinginan yang kuat terutama dari diri sendiri untuk dapat meningkatkan kualitas dan profesional guru. hal tersebut harusnya disadari oleh semua guru. untuk selanjutnya dapat diterapkan di Indonesia.

    ReplyDelete
  72. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof, menurut saya sebenarnya jika lesson study dapat diterpakan di indonesia akan memberikan banyak manfaat utamanya pada tenanga pendidik. Seperti yang diketahui bahwa lesson study memungkinkan kita melihat pembelajaran murid dalam fokus yang jauh lebih tajam dengan melihat kesenjangan antara apa yang kita anggap sedang terjadi dan apa yang sebenarnya sedang terjadi. Hal ini akan membawa guru untuk merencanakan pembelajaran yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa

    ReplyDelete
  73. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terima kasih Prof Marsigit atas referensi materi yang disediakan dalam link tersebut. dengan mempelajari hal demikian, pemahaman guru mengenai pembelajaran, lesson study akan bertambah. Hal demikian akan memberikan manfaat pada guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas-kelas. Yang pada ujungnya akan memberikan kemanfaatan bagi para peserta didik.

    ReplyDelete
  74. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Lesson study memberikan warna baru bagi pendidikan di Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Pembelajaran yang dulu-dulu lebih mengedepankan transfer ilmu dan driling soal, beberapa tahun belakangan ini sudah mulai bergeser ke pembelajaran yang mendorong siswa aktif. Dalam hal mengembangkan pembelajaran yang semakin baik, kegiatan seperti lesson study ini sangat bagus dilakukan. Hal ini karena melalui lesson study yang terdiri atas guru model dan tim, serta pengamat akan mendiskusikan bersama (melakukan reflkesi) mengenai pembelajaran yang telah berlangsung. Dalam diskusi ini, guru-guru akan saling memberikan pendapat dan masukan mengenai apa yang bagus dan apa yang kurang dalam pembelajaran. Sehingga dapat terus diperbaiki kedepannya agar lebih maksimal.

    ReplyDelete
  75. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Berdasarkan referensi yang berjudul "Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia" tersebut, dapat diperoleh informasi bahwa penerapan lesson study di Indonesia berangkat dari keinginan untuk mengubah paradigma belajar mengajar di Indonesia. Paradigma yang dimaksud di sini meliputi paradigma yang berkaitan dengan kurikulum/silabi, metode pembelajaran, sumber belajar mengajar, dan evaluasi pembelajaran. Pendidikan dan belajar seharusnya tidak lagi dipandang sebagai suatu investasi dan kewajiban tetapi suatu kebutuhan. Selain itu, pemebalajaran yang semula berpusat pada guru, diharapkan berganti menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa.

    ReplyDelete
  76. Siti Efiana
    S-1 P. Matematika I 2015
    15301241029

    Dari link diatas, salah satunya dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Indonesia memang perlu berbenah diri, mulai dari segi kurikulum, metode mengajar, sumber belajar, penilaian, termasuk juga peran guru. Sudah bukan masanya lagi untuk teacher centered dan siswa hanya diam mendengarkan penjelasan dari guru. Pembelajaran akan lebih bermakna jika siswa aktif dan guru hanya sebagai fasilitator. Selain itu, guru sebisa mungkin harus mendekatkan pelajaran itu dalam kehidupan siswa, misalkan menggunakan masalah-masalah kontektstual yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Terakhir, guru juga harus menciptakan konteks yang bisa membuat rasa ingin tahu siswa muncul dan mau mengeksplor lebih jauh mengenai materi tersebut. Jika hal ini diterapkan, maka insyaa Allah pendidikan Indonesia akan lebih baik dari sebelumnya.

    ReplyDelete
  77. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Konsep pembelajaran kita masih menggunnakan cara konvensional(tradisonal ) dimana proses pembelajrran ini masih berpusat pada guru dan guru menjadi satu-satunya sumber belajar. Komunikasi satu arah dari guru ke siswa dan siswa tidak memahami secara atau menemukan rumus secara langsung dari penemuannya. Lesson study membantu meningkatkan pemahamana dan juga bagaimana cara mengajar, agar tujuan dari proses pembelajaran dapat tercapai dengan baik dan siswa dapat memahami materi dengan baik.

    ReplyDelete
  78. Nur Sholihah
    15301241020
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Dari file presentasi Bapak pada seminar internasional Jurusan kita, ATCM 2014 tersebut saya sangat terkesan. Kami sebagai calon pendidik harusnya sadar akan hal-hal yang harus dibenahi dalam pendidikan di Indonesia, terutama terkait transisi dari teacher centered ke student centered dan juga guru yang bukan lagi sebagai pelaksana kurikulum tapi sebagai pengembang kurikulum agar kurikulum pembelajaran menjadi lebih interaktif. Selain itu, hal penting lainnya yaitu mengenai tanggung jawab guru yang tidak hanya tekait kognitif siswa namun juga mencakup ketrampilan dan afeksi siswa. Saya berharap Bapak bisa menjadi pembicara ATCM lagi dengan materi-materi yang lebih luar biasa dan semoga saya bisa menjadi salah satu peserta seminar. Aamiin

    ReplyDelete
  79. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Terima kasih Pak Marsigit. Pembelajaran di Indonesia pada umumnya menggunakan metode pembelajaran dengan guru sebagai pusat pembelajaran. Penerapan metode tersebut hendaknya dikurangi, karena sistem pembelajaran saat ini lebih mengutamakan peserta didik sebagai pusat pembelajaran. Selain itu, guru juga dituntut agar kreatif dalam menyajikan pembelajaran di kelas. Untuk mewujudkannya, lesson study merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru agar dapat saling bertukar pikiran dan belajar bersama mengenai pembelajaran yang baik untuk diterapkan di kelas.

    ReplyDelete
  80. Julialita Muhariani
    15301241004
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Pak telah membagikan link tersebut. Meskipun pada saat ini sekolah-sekolah formal di Indonesia telah menerapkan kurikulum 2013 dimana kegiatan pembelajaran itu beorientasi (berpusat) kepada siswa, tetapi tetap saja masih sulit dipraktekkan. Masih ada guru-guru yang menggunakan metode ekspositori (ceramah) dimana kegiatan pembelajaran yang berpusat guru. Hendaknya guru-guru menerapkan berbagai metode pembelajaran dimana siswa itu berperan sebagai tokoh utama dalam kegiatan pembelajaran. Guru juga sebaiknya menciptakan suatu model pembelajaran yang kreatif agar siswa mengikuti kegiatan pembelajaran dengan semangat sehngga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara maksimal.

    ReplyDelete
  81. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Lesson Study merupakan hal yang penting dalam pendidikan karena dengan adanya lesson study maka guru dapat memperbaiki dan meningkatkan mutu pendidikan yang ada. Melalui lesson study ini sekelompok guru berdiskusi, berkolaborasi mengidentifikasi permasalahan pendidikan yang ada dan mencari solusi bersama. Dengan adanya lesson study guru dapat salling bertukar pikiran dan ilmu untuk meningkatkan kualitas atau mutu pendidikan dan meminimalisir kesalahan dalam praktik pendidikan. Contohnya saja dalam kurikulum 2013 guru berperan sebagai fasilitator, namun ternyata dalam praktiknya pembelajaran masih berpusat pada guru, dari permasalahan itu maka perlu diadakan lesson study sehingga peran guru sebagai fasilitator benar-benar nampak.

    ReplyDelete
  82. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Terima kasih Prof. atas informasi dan ilmunya yang telah dibagikan. Dari sumber informasi pada link di atas menambah pengetahuan saya tentang hal-hal yang harus diperbaiki dari pendidikan yang ada di Indonesia. Salah satunya yaitu kebiasaan pembelajaran yang masih konvensional, yaitu teacher centered yangmana seharusnya lebih diorentasikan untuk siswa sebagai subjek dalam pembelajaran. Dan pemikiran inilah yang menjadi landasan pada Kurikulum 2013 untuk lebih mengarahkan pada pembelajaran yang student centered.

    ReplyDelete
  83. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Terimkasih Prof atas sumber belajarnya. Memang, penerapan kurikulum 2013 terasa tidak semudah yang dibayangkan. Masih banyak pihak yang merasa kesulitan mulai dari guru, orangtua, juga siswa. Tujuan kurikulum 2013 sangatlah baik, namun implementasinya masih perlu diperbaiki. Akhir yang baik tercapai tidak dengan cara yang instan, perlu proses yang panjang dan terstruktur.

    ReplyDelete
  84. Bayu Widyanto
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301244010

    Terima kasih Prof. Marsigit atas ilmu yang telah dibagi. Semoga bermanfaat bagi saya dan yang lain serta semoga menambah pengetahuan bagi yang belum tau. Dari link diatas dapat diketahui bahwa memang benar pendidikan di indonesia masih banyak yang perlu diperbaiki. Dulu pembelajaran masih berpusat pada guru dan gurulah yang berperan aktif dalam pembelajaran, sekarang pembelajaran berpusat pada siswa dan siswalah yang berperan aktif.

    ReplyDelete
  85. Okta Islamiati
    15301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2105

    Dari file presentasi tersebut menyadarkan kita sebagai calon pendidik dan juga para pendidik bahwa kita harus bersama-sama saling berbenah untuk pendidikan. Kita harus bisa benar-benar menerapkan kurikulum yang ada dan mulai mengubah pandangan kita mengenai pembelajaran teacher centered. Kita harus fokus kepada siswa agar mereka dapat membangun pengetahuan dengan kreativitas yang mereka miliki. Hal tersebut dapat difasilitasi dengan adanya lesson study dimana guru dan siswa saling bertukar pikiran dan memaparkan argumen-argumen yang mereka miliki.

    ReplyDelete
  86. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Dari file yang sudah prof bagikan saya memahami bahwa guru seharusnya memiliki pemahaman yang jelas tentang apa itu pembelajaran matematika, matematika realistic dan pembelajaran konstruktivistik. Kemudian guru harus dapat mengorganisasikan pembelajaran dan membuat pembelajaran memiliki alur berpikir yang logis. Guru harus mampu meningkatkan pengetahuannya dalam materi-materi dasar yang diajarkan. Tidak lupa pula guru juga harus mampu mengembangkan metode-metode pembelajaran agar pembelajaran menjadi lebih bermakna. Dari sini saya melihat betapa besar usaha yang harus dilakukan oleh guru sebelum dan selama kegiatan belajar mengajar. Namun itu semua dilakukan untuk suatu ketercapaian yang diharapkan oleh semua pihak di lingkungan Pendidikan.

    ReplyDelete
  87. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    Pendidikan Matematika A 2015/S1
    15301241046
    Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Di Indonesia saat ini pendidikan sudah mulai bergeser. Dari pembelajaran yang berpusat pada guru, menjadi pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dengan pembelajaran yang berpusat pada siswa diharapkan pembelajaran akan menjadi lebih bermakna dan pengetahuan yang dipelajari siswa tidak hanya sebatas “hafalan” tetapi menjadi sebuah pemahaman.

    ReplyDelete
  88. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Terimakasih prof, atas link yang diberikan. Dari link tersebut saya buka dan saya mendapat sumber belajar yang baru lahi. Dari itu dapat membuka wawasan saya sebagai calon guru masa depan untuk mampu membuat pembelajaran matematika menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Dimana harus sesuai dengan penerapan kurikulum yang baru. Untuk saat ini perlu diterapkan kurikulum 2013 yang menempatkan siswa sebagai pokok dari pembelajaran, berbeda dengan pembelajaran tradisional dimana guru masih mendominasi pembelajaran. Dalam pembelajaran student centered maka siswa diharapkan mampu mengkonstruksi sendiri konsep yang sedang dipelajari, sehingga diharapkan siswa akan lebih memahami materi dengan baik.

    ReplyDelete
  89. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih prof atas link yang sudah dibagikan. Dengan mempelajari hal tersebut, maka akan menambah wawasan guru tentang lesson study. Menurut saya, pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga diharapkan siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan dapat membangun pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  90. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  91. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Dari PPT tersebut saya tertarik dengan Iceberg Approach in Realistic Mathematics. Bongkahan es yang tampak di permukaan menunjukan konsep yang telah dipahami oleh siswa sedangkan bongkahan es yang tidak terlihat menunjukkan tahapan-tahapan siswa dalam mengkonstruk pengetahuannya berdasarkan konteks yang disediakan. Bongkahan es di bawah yang lebih besar juga menginteprestasikan bahwa proses kognitif yng dilalui siswa untuk merubah Matematika dalam bentuk konkret ke bentuk formal.

    ReplyDelete