Jul 16, 2015

Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia

Dear all,



The following reference "

Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia"

will be possibly useful for you:


Thanks

Marsigit

4 comments:

  1. Praktek pendidikan seringkali membingungkan karena kurangnya pembahasan yang mudah dipahami dan mudah dilaksanakan. Semacam penuntun. Membaca pembahasan yang ditulis bapak memberikan pencerahan seputar banyak hal. Terima kasih untuk link yang sangat membantu ini.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  2. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Berdasarkan link yang dibagikan di atas, hal yang dapat saya pahami adalah permasalahan pendidikan di Indonesia terletak pada keterlaksanaan pembelajaran di kelas yang masih menggunakan pembelajaran tradisional dimana guru memberikan transfer belajar dengan mengharapkan siswa memiliki pemahaman yang sama seperti apa yang guru inginkan akibatnya pembelajaran di kelas hanya sebatas sebagai ambisi guru untuk menjadikan siswa sama seperti dirinya. Karena itu untuk dapat mengatasi masalah tersebut maka guru harus mampu meninggalkan zona nyaman dalam mengajar dengan mampu menerapkan pembelajaran inovatif dengan membebaskan siswa untuk dapat membangun senidiri pemahaman dan pengetahuannya dalam matematika.

    ReplyDelete
  3. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016

    Pembelajaran adalah kegiatan belajar yang menimbulkan interaksi antara guru dan siswa ataupun siswa dengan siswa di kelas. Pembelajaran yang baik adalah guru melibatkan siswa secara aktif di dalam kelas dan menghargai pengetahuan dan pengalaman siswa. Pendidikan sekarang ini masih banyak yang hanya menggunakan sistem tradisional yang memandang guru sebagai pusat pembelajaran tanpa melibatkan siswa. Padahal, siswa juga perlu dilibatkan secara aktif di dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  4. Menurut pandangab filsafat selayang pandang orang yang berfikir terhadap realita pendidikan, khususnya pendidikan di Indonesia masoh sangat jauh dikatakan baik untuk dapat menggapai nilai dari pendidikan yang sesungguhnya.

    Yang mudah kita amati saja, pendidikan bukanlah transfer pengetahuan dari guru ke siswa dengan netode tertentu. Namun lebih dari itu, saya sependapat dengan ahli yabg menyatakan bahwa pendidikan adalah salah satu sara untuk membuat manusia belajar, dan dari belajar tersebut akan menumbuhkan karakter yang dokehendaki sesuai proses pembelajaran, misalnya saja dalam pendekatan ketrampilan proses siswa dituntut sebuah kejujuran untuk melakukan seluruh proses pembelajaran inkuiri misalkan dalam observasi obyek biologi.

    Pendidikan dalam menggapai karakter lebih esensial menurut saja, ketimbang pengetahuan yang tidak diterapkan. Mengingat pada sekarang ini krisis yang di alami bukanlah kebutaan akan ilmu pengetahuan, karena dunia sudah berubah dengan kecanggihannya. Namun krisis yang lebih berbahaya adalah moral.

    Ketika output dari proses pendidikan dengan nilai moral yang tidak cukup baik, maka saya rasa apa yabg akan dilakukan di masa depan pun kurang bisa dikatakan baik.

    16701251016
    PEP B S2

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.