Jul 16, 2015

Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia

Dear all,



The following reference "

Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia"

will be possibly useful for you:


Thanks

Marsigit

8 comments:

  1. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Terimakasih atas refrensinya Study Prof Marsigit. Saya menyoroti lesson studi ini terlihat dari foto-foto kegiatan beserta refrensinya begitu menarik perhatian. Dari sini saya merangkum dan menambahkan bahwa Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk: (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.
    Sedangkan manfaat yang yang dapat diambil Lesson Study, diantaranya: (1) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (2) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota lainnya, dan (3) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study. Lesson Study dapat dilakukan melalui dua tipe yaitu berbasis sekolah dan berbasis MGMP. Lesson Study dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari: (1) perencanaan (plan); (b) pelaksanaan (do); refleksi (check); dan tindak lanjut (act).

    ReplyDelete
  2. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Sebelum lesson study mulai banyak diterapkan di Indonesia, masih banyak guru yang menggunakan metode konvensional dalam proses belajar mengajar di kelas. Dalam pembelajaran ini, siswa menjadi pasif dan hanya mendengarkan penjelasan dari guru. Setelah itu, biasanya siswa diberikan latihan-latihan soal yang sesuai dengan contoh yang diberikan. Dalam hal ini, siswa tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang menjadikan siswa memiliki pengalaman untuk membangun pengetahuannya sehingga pembelajaran menjadi tidak bermakna. Kegiatan lesson study ini sangat perlu digunakan dan diterapkan dalam bidang pendidikan di Indonesia. Hal ini karena melalui lesson study yang terdiri atas guru model dan tim, serta pengamat akan mendiskusikan bersama (melakukan reflkesi) mengenai pembelajaran yang telah berlangsung. Dalam diskusi ini, guru-guru akan saling memberikan pendapat dan masukan mengenai apa yang bagus dan apa yang kurang dalam pembelajaran. Pendapat dan masukan yang diberikan tidak hanya dapat diterapkan oleh guru model dan tim saja, tetapi dapat diterapkan oleh guru-guru yang lain sehingga diharapkan guru-guru dapat menerapkan pembelajaran yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  3. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Lesson study adalah proses kegiatan pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip-prinsip kolegialitas dan mutual learning untuk membangun learning community”. Peningkatan kompetensi siswa merupakan upaya berkelanjutan selaras dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mengingat bahwa setiap ilmu dalam matematika saling berkelanjutan dan berhubungan satu sama lain maka pengkajian secara kolaboratif baik diterapkan dalam sistem pembelajaran matematika sendiri menerapkan trigonometri dalam mencari solusi diferensial trigonometri atau menggunakan perbandingan sudut dalam menghitung nilai luas bidang suatu bangun datar ataupun dimensi tiga. Ini membuktikan bahwa lesson study sangat baik diterapkan dalam pembelajaran matematika

    ReplyDelete
  4. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Selama pendidikan masih ada, maka selama itu pula masalah-masalah tentang pendidikan akan selalu muncul dan orang pun tak akan henti-hentinya untuk terus membicarakan dan memperdebatkan tentang keberadaannya, mulai dari hal-hal yang bersifat fundamental-filsafiah sampai dengan hal–hal yang sifatnya teknis-operasional. Salah satu masalah atau topik pendidikan yang belakangan ini menarik untuk diperbincangkan yaitu tentang Lesson Study, yang muncul sebagai salah satu alternatif guna mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Seperti dimaklumi, bahwa sudah sejak lama praktik pembelajaran di Indonesia pada umumnya cenderung dilakukan secara konvensional yaitu melalui teknik komunikasi oral. Praktik pembelajaran konvesional semacam ini lebih cenderung menekankan pada bagaimana guru mengajar (teacher-centered) dari pada bagaimana siswa belajar (student-centered), dan secara keseluruhan hasilnya dapat kita maklumi yang ternyata tidak banyak memberikan kontribusi bagi peningkatan mutu proses dan hasil pembelajaran siswa. Dalam hal ini, Lesson Study tampaknya dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran di Indonesia menuju ke arah yang jauh lebih efektif.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Kalau berbicara tentang lesson study saya jadi ingat waktu mengikuti kuliah umum dengan dosen tamu Prof. Maitree Imprasitha dari Khon Kaen University Thailand. Kuliah umum ini bertema “Research in Mathematics Education and Writing Scientific Paper”. Dalam pemaparan beliau beliau mengatakan bahwa lesson study sangat berkembang di jepang. Dan hasilnya juga sangat signifikan, sehingga memang negara jepang dalam masalah pendidikan terbukti tinggi. Dan guru di jepang itu selalu melakukan riset setiap kali mengajar, jadi bukan seperti kita melakukan riset hanya utnuk melakukan penelitian doank akan tetapi di jepang sana setiap kali mengajar guru melakukan penelitian jadi selalu ada perbaikan saat mengajar kembali. Semoga kita dan guru-guru lainnya selalu menerapkan lesson study setiap kali mengajar.

    ReplyDelete
  6. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Lesson Study dapat dilakukan melalui dua tipe yaitu berbasis sekolah dan berbasis MGMP. Lesson Study dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari : perencanaan (plan), pelaksanaan, refleksi, dan tindak lanjut.

    ReplyDelete
  7. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk : memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar, memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran, meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif, dan membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.

    ReplyDelete
  8. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Memang beberapa penelitian menunjukkan bahwa metode lesson study ini sangat menguntungkan karena peran guru dapat berubah-ubah dan guru bisa saling bertukar pengalaman dan ilmu. Selain itu, seorang guru juga dapat menimba ilmu dari guru lainnya. Namun perlu diperhatikan bahwa kondisi siswa terkadang tidak bisa menerima kehadiran dari guru lain sehingga metode ini perlu dilakukan pembiasaan terlebih dahulu sehingga siswa tidak gugup atau sejenisnya.

    ReplyDelete