Jun 28, 2015

Kuliah Pengembangan Instrument Penelitian Pendidikan (PTK)_Prof. Dr. Marsigit, M.A.

Aslm, silahkan akses ke Video berikut yang ditayangkan pada weblognya Sdr Teguh, Ketua Kelas PPG Mat Gel III, sbb:




Semoga bermanfaat. Amin

Wslm

Marsigit

38 comments:

  1. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    PTK singkatan dari Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu jenis penelitian yang berakar dari suatu masalah tertentu dan di akan dicari solusinya. solusi tersebut adalah mencari metode atau model apa yang cocok lalu diterapkan ke dalam kelas tertentu dan dianalisis data yang diperoleh.

    ReplyDelete
  2. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Penelitian Tindakan Kelas, atau disingkat PTK merupakan penelitian yang seharusnya wajib dilakukan oleh guru untuk mengembangkan metode yang cocok digunakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini disebabkan karena tiap waktu, guru pasti akan menghadapi kelas dengan tipe anak yang berbeda-beda. Sehingga, sudah seharusnya dilakukan PTK ini untuk memperbaiki metode pembelajaran yang digunakan.

    ReplyDelete
  3. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Terima kasih Pak Marsigit, dengan adanya video tersebut kita dapat mengetahui lebih dalam mengetahui penelitian tindakan. PTK yang dilakukan sebenar-benarnya PTK tidaklah mudah, butuh proses dan keilmuan peneliti yang mendalam terlebih dahulu agar pada penelitian tersebut berjalan sebagaimana mestinya.

    ReplyDelete
  4. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas link video yang Bapak berikan, sangat memberikan manfaat tentang PTK bagi calon guru maupun guru.

    ReplyDelete
  5. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih bapak prof Marsigit atas link yang tertera semoga dapat bermanfaat bagi kami untuk mengembangkan kemampuan yang berkaitan dengan Pembelajaran. Terutama saat menjadi guru nanti tentunya PTK menjadi penelitian yang harus kami laksanakan di kelas yang memiliki permasalahan pembelajaran.

    ReplyDelete
  6. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Setelah menonton video dari link yang Bapak sediakan di atas, saya kembali teringat skripsi saya yang mengambil PTK. Walaupun merupakan jenis penelitian yang outdated di dunia pendidikan, namun PTK sebenarnya merupakan unsur penting karena hanya dapat dilakukan di dunia pendidikan. Istilahnya, PTK itu milik dunia pendidikan. Semoga PTK dapat dimodifikasi sehingga kembali hidup di dunia pendidikan, karena di sebagian besar universitas terkenal, sudah anti terhadap PTK.

    ReplyDelete
  7. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dari video yang saya tonton atas rekomendasi dari bapak, saya menjadi tahu bahwa RPP juga dapat menjadi instrument penelitian. Karena selama ini saya selalu menganggap bahwa RPP merupakan instrument pembelajaran. Sebenarnya untuk praktek Penelitian Tindakan Kelas saya masih sangat dini dalam mengetahuinya. Memang benar jika komentar dari mbak Isoka yang mengatakan bahwa PTK itu penting. Namun, jika kita lihat, PTK memang merupakan penelitian yang bisa dikatakan tidak dapat diprediksi waktunya, karena adanya siklus dalam pelaksanaannya. Jika dulu saya kuliah, dosen saya menyarankan agar tidak melakukan penelitian tindakan kelas, selain karena waktu yang lumayan lama dan persiapan yang sangat matang sekali dalam pelaksanaannya, PTK juga merupakan penelitian yang sebenarnya lebih cocok digunakan oleh para guru, bukan peneliti pemula seperti saya ini. Kenapa demikian? Karena pada dasarnya untuk menyimpulkan hasil dari penelitian PTK, dibutukan pemahaman terhadap karakter siswa. Sehingga kita sebagai peneliti pemula dimana kita mencari sekolah dengan siswa-siswi yang sama sekali kita belum tahu karakternya dan kemampuannya, kita susah melakukan penelitian tindakan kelas tersebut.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  8. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Assalammualaikum, Wr.Wb
    Terimakasih bapak link videonya, dengan melihat videonya saya merasa berada di dalam kelas mengikut mata kuliah tersebut. Dari video yang saya lihat dapat saya simpulkan bahwa PTK bermain-main dengan teori, karena berawal dari teori dan akan menghasilkan sebuah kesimpulan yang merupakan sebuah teori. PTK berangkat dari teori normatif (Landasan Teori), dokumen formal (sebagai fasilitas yang dapat dipercaya) dan dari etigenpra yang dapat kita dapatkan ketika ppl sehingga nantinya kita mendapatkan sebuah latar belakang untuk pendahuluan. Setelah itu akan lahir yang namanya kategori, lalu indikator, dan dari indikator dapat dibuat sebuah kisi-kisi, dan dari kisi-kisi dapat kita buat sebuah instrumen. Dari mengembangkan kisi-kisi menjadi instrumen menggunakan metodologi penelitian PTK. Macam-macam instrumen yang dapat kita buat seperti RPP, LKS, Lembar Observasi, Angket, dan perangkat lainnya. Instrumen-instrumen ini dapat dijadikan instrumen pada PTK yang diterapkan dalam siklus. Pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) minimal melakukan 2 siklus, karena PTK harus memperbaiki keadaan. Dari sebuah masalah yang ada di latar belakang, lalu dilakukan yang namanya siklus 1, dan di lanjutkan dengan siklus 2.

    Semoga semakin banyak video seperti ini yang akan di share, karena saya lebih mudah memahami suatu pembelajaran dengan melihat video seperti ini daripada teori dalam buku.

    ReplyDelete
  9. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2015

    Assalamualaikum Prof,
    Perkuliahaan yang direkam tersebut membahas tentang penelitian tindakan kelas. Menurut video tersebut, PTK diawali dengan bukti pendahuluan yang menjadi latar belakang penelitian. Selain itu dapat dimulai dari teori normatif yang dijadikan landasan teori dan disertai dengan dokumen formal. Dokumen formal misalnya Kurikulum 2013, hal ini yang menjadi akuntabilitasnya. Dari hal-hal tersebut akan diperoleh kategori, kemudian dapat disusun indikator dan kisi-kisi. Hingga diperoleh berbagai instrumen seperti perangkat pembelajaran (RPP dan LKS), lembar observasi, angket, dll. Pembelajaran di dalam PTK diterapkan dalam bentuk siklus, minimal 2 siklus. Dari siklus satu disimpulkan kemudian diperbaiki di siklus 2. Selanjutnya dari sikulus 2 juga disimpulkan. Sehingga diperoleh kesimpulan secara umum. Dari penelitian ini diperoleh teori yang bisa digunakan oleh orang lain.

    ReplyDelete
  10. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika

    Assalam. terima kasih atas video yang bapak bagikan. semoga bermanfaat bagi kita semua. dalam beberapa kasus, video sebagai instrument belajar memang sangat dibutuhkan.

    ReplyDelete
  11. Junianto
    17709251065
    PM C

    Dalam melakukan sebuah penelitian tentu tidak pernah terlepas dari instrumen penelitian, karena instrumen lah yang akan digunakan untuk melakukan penelitian. Maka dari itu, keberhasilan penelitian sangat ditetukan oleh kevalidan instrumen. Instrumen juga harus bersifat valid dan reliabel. Dengan demikian, hasil penelitian pun juga akan menjadi valid dan bisa dipertanggungjawabkan di hadapan publik.

    ReplyDelete
  12. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum
    Terima kasih Pak Prof. atas link belajar yang Bapak berikan. Link belajar ini akan sangat bermanfaat bagi kami para mahasiswa untuk mempelajari penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan video dari link tersebut, saya memahami bagaimana penelitian tindakan kelas (PTK), dimulai dari teori yang melatarbelakanginya, hingga terbentuk indikator, kisi-kisi, dan instrumen yang digunakan dalam PTK seperti RPP, LKS, dan angket. Pada PTK pembelajarannya berlangsung dalam dua siklus. Kesimpulan antara siklus satu dan siklus dua akan digodog untuk menarik kesimpulan secara umum. Dan PTK ini, berangkat dari teori yang ada, dan akan menghasilkan teori pada akhirnya.

    ReplyDelete
  13. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru/peneliti yang sudah memiliki kelas tetap, dalam PTK objek penelitianya adalah siswa. Penelitian tidakan kelas terdiri dari beberapa siklus biasanya banyaknya siklus tergantung dari penelitian yang dibutuhkan, apabila peneliti sudah merasa ada peningkatan baik dari segi prestasi maupun dari segi proses pelaksanaannya peneliti dapat menghentikan tindakan tersebut. Tujuan dari PTK biasanya untuk melihat peningkatan proses pembelajaran yang biasanya dinilai dari hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  14. Insan A N/ PPs S2 PM C 2017
    Penelitian tindakan kelas seperti penjelasan dalam video, tida harus membuat instrumen khusus seperti pada penelitian umumnya. RPP, LKS, observasi dapa menjadi instrumen dalam PTK. Selain itu guru atau peneliti dapat mengulang atau menyempurnakan instrumen jika pada tindakan awal belum diketahui secara pasti hasilnya.

    ReplyDelete
  15. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih atas informasi tentang seputar penelitian tindakan kelas (PTK) yang bapak sharing melalui link di blog ini, berupa rekaman video perkuliahan bapak yang membahas tentang penelitian tindakan kelas. Dari video ini dapat kita ketahui apa saja unsur-unsur yang ada dalam PTK lalu bagaimana teknis pelaksanaan PTK serta pemberian beberapa nasehat/masukan berupa saran dan motivasi terkait pelaksanaan PTK. PTK dalam bahasa inggris disebut Classroom Action Research (CAR) ini fungsinya adalah untuk “memperbaiki keadaan” melalui siklus-siklus dan evaluasi yang dilakukan disetiap siklusnya untuk mendapatkan kesimpulan umum dari kelas yang diteliti.

    ReplyDelete
  16. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    PTK merupakan penelitian tindakan yang dilakukan untuk "menyembuhkan penyakit" dalam proses pembelajaran. PTK dilakukan berdasarkan observasi dan menelaah karakter siswa, kemudian menyusun alternatif solusi dan mencoba menerapkannya dalam proses pembelajaran, sehingga tercipta hasil pembelajaran yang tidak lagi menampakkan gejala yang tidak diinginkan tersebut secara simultan. RPP, media pembelajaran, lembar observasi dan sebagainya memang memegang peranan penting dalam PTK. Kemajuan proses dan hasil pembelajaran diobservasi dan dianalisis secara komprehensif, kemudian dari kekurangan pembelajaran yang dilakukan akan digunakan sebagai patokan untuk memperbaiki rencana atau bahkan proses pembelajaran yang akan datang.

    ReplyDelete
  17. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Dalam PTK dapat pula disusun HLT di setiap pertemuan guna mambantu guru dalam proses pembelajaran dan membantu guru "menyembuhkan" proses pembelajaran di kelas. Dalam HLT diuraikan stimulus yang akan dilakukan oleh guru, dibahas pula perkiraan macam-macam respon siswa dan diuraikan pula alternatif penyelesaian yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Namun sebelum membuat HLT, wajib bagi guru untuk memahami secara mendalam karakteristik setiap siswanya, sehingga dapat dirumuskan respon-respon siswa yang mungkin muncul atas stimulan yang diberikan. dari setiap respon siswa, alangkah baiknya guru memberikan tidak hanya satu alternatif solusi yang dapat digunakan, hal ini tentu saja dimaksudkan agar guru dapat dengan sigap mengcover segala kemungkinan yang ada. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  18. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Dalam video tersebut dijelaskan bahwa asal mula dari PTK diawali dari teori yang melatar belakangi yaitu teori normatif, dokumen formal, pendahuluan. Kemudian kategori, indikator, kisi-kisi, dan instrumen (misal RPP, LKS, Perangkat, Handout), lembar observasi, angket. Kemudian PTK diterapkan dalam 2 sikulus, minimal terdapat 2 siklus. Setelah itu disimpulkan disetiap siklus. Terimakasih pak sudah berbagi videonya.

    ReplyDelete
  19. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C 2017

    Action research pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan-riset-tindakan- …”, yang dilakukan secara siklik, dalam rangka memecahkan masalah, sampai masalah itu terpecahkan. Action research lebih bertujuan untuk memperbaiki kinerja, sifatnya kontekstual dan hasilnya tidak untuk digeneralisasi. Namun demikian hasil action research dapat saja diterapkan oleh orang lain yang mempunyai latar yang mirip dengan yang dimliki peneliti. PTK dapat meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi profesional. PTK merupakan suatu kebutuhan bagi guru untuk meningkatkan profesional seorang guru karena guru tidak lagi sebagai seorang praktis, yang sudah merasa puas terhadap apa yang dikerjakan selama bertahun-tahun tanpa ada upaya perbaikan dan inovasi, namun juga sebagai peneliti di bidangnya.

    ReplyDelete
  20. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam video perkuliahan tersebut dijelaskan tentagn teori normative, dokumen formal dan evidence kemudian lahirlah katergori kemudian muncul indikator sehingga memunculkan kisikisi yang digunakan dalam instrument. Kalo PTK,diantara kisi kisi dan instrument dapat dimasuki metodolagi penelitian sehingga muncullah berbagai macam instrument, misalnya rpp, lks (sebagai instrument perangkat).

    ReplyDelete
  21. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    PTK memperbaiki keadaan, siklus 1 disimpulkan kemudian diperbaiki di siklus 2 kemudian disimpulkan lagi. Kesimpulan umum merupakan dua kesimpulan dari dua siklus tadi. Yang diujikan dapat bermacam macam tergantung dengan toeri yang digunakan. Latar belakangnya dapat berupa penelitian pendahuluan, akuntabilitas dapat berupa dokumen formal. Landasan toerinua berupa teori normative. Kesimpulan akhirnya berupa teori yang dapat dipakai oleh orang lain.

    ReplyDelete
  22. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb,,,terimakasih banyak pak karena telah memposting link vidionya.Saya melihat di dalam video tersebut menjelaskan tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Disamping itu ,dijelaskan tentang kategori,indikator, kisi-kisi, dan perangkat pembelajaran terkait dalam Penelitian Tindakan kelas.Secara langsung dengan adanya video tersebut, mengajarkan kepada kami bagaimana cara mengajar yang baik, dan bagaiamana cara berhadapan dengan siswa ketika mengajar.Semoga video tersebut dapat diknimati oleh banyak kalangan dan bermanfaat bagi semua orang.Aminn.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  23. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B 2017

    Instrumen pada dasarnya terbagi menjadi dua jenis (tes dan non tes). Instrumen digunakan berdasarkan jenis penelitian yang akan dilakukan, sehingga data yang dikumpulkan dapat memberikan informasi yang diinginkan dan diperlukan oleh penelitian. Instrumen disusun berdasarkan indikator dan tujuan dalam penelitian. Kualitas hasil penelitian sangat ditentukan oleh validitas dan reliabilitas pada instrumen yang digunakan. Sehingga , rumusan pertanyaan penelitian yang sesuai dengan indikator dan tujuan penelitian dapat terjawab.

    ReplyDelete
  24. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Cara bapak mengenalkan PTK melalui vidio sangat membantu, serta menjadikan sebuah alternatif yang dapat menjadi acuan bagi kami untuk nantinya dapat menggunakan media berbasis teknologi dalam mengajar nantinya. Adapun terkait uraian dalam vidio tersebut tentang PTK, PTK merupakan sebuah penelitian yang mengkaji tindakan-tindakan, untuk mencari sebuah pemecahan masalah. Teori ini didasari oleh teori normatif, serta dokumen formal.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  25. Nama : I Nyoman Indhi Wiradika
    NIM : 17701251023
    Kelas : PEP B

    PTK merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang guru. Proses pembelajaran yang baik hendaknya berlandaskan riset tentang penggunaan metode pembelajaran yang efektif. Selain itu, dalam penggunaan metode, dapat juga dilaksanakan dalam rangka lesson study di mana ada kerjasama antar guru. Bekal yang sangat berguna bagi para pendidik.

    ReplyDelete
  26. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah yang terdapat pada kelas yang diampu oleh seorang guru. Pernah ada dosen yang mengatakan bahwa penelitian tindakan kelas ini bertujuan mencari obat bagi kondisi kelas yang sedang mengalami sakit, baik itu dari suasana kelas, suasana belajar mengajar maupun dari siswanya sendiri, bahkan bisa juga dari gurunya juga. Dalam penelitian tindakan kelas juga diperlukan instrumen-intrumen dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan Link yang diberikan oleh bapak membantu saya untuk mengingat kembali mengenai penelitian tindakan kelas yang telah dipelajari.

    ReplyDelete
  27. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dalam melaksanakan penelitian, Instrumen menjadi salah satu komponen dalam prosedur penelitian yang memiliki andil besar dalam menentukan kualitas dari penelitian tersebut. Sebuah instrumen penelitian yang baik harus memenuhi dua syarat utama yakni valid dan reliabel, artinya instrumen tersebut harus dapat mengukur apa yang hendak diukur dengan mengacu pada teori dan kebenarannya dapat diterima secara umum dan logis; dan hasil pengukurannya bersifat konsisten dari waktu ke waktu. Dengan demikian, hasil penelitian yang dilakukan akan bersifat valid dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

    ReplyDelete
  28. Junianto
    17709251065
    PM C

    Peneltian Tindakan Kelas (PTK) merupakan peneltian yang berakar dari observasi masalah yang terjadi dalam pembelajaran. Kemudian peneliti ingin mengupayakan solusi dari permasalahan tersebut. Tentu penelitian ini membutuhkan instrumen yang digunakan untuk mengambil data yang akan diolah. Maka dari itu, kevalidan instrumen harus diuji karena akan menentukan kevalidan penelitian. Hasil penelitian juga sangat bergantung pada kualitas dan kevalidan instrumen. Semakin bagus dan valid instrumen, maka hasil penelitian juga diharapkan semakin valid.

    ReplyDelete
  29. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Terimakasih atas videonya. Pengembangan instrumen penelitian pendidikan perlu untuk kemajuan dunia pendidikan. PTK sebagai penyempurna kegiatan pembelajaran yang selalu dinamis dan berkembang dari waktu ke waktu membutuhkan pengembangan instrumen penelitian pendidikan.

    ReplyDelete
  30. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    terimakasih pak atas pembelajaran melalui vidio ini. Penelitian tindakan kelas menurut saya adalah salah satu metode penelitian yang sangat efektif mengetahui bagaimana cara atau teori yang kita gunakan berhasil atau tidak pada pembelajaran anak tersebut. Dan rata rata hasil dari penelitian tindakan kelas itu sendiri adalah peningkatan hasil belajar yang ada didalam kelas pada saat pembelajaran.

    ReplyDelete
  31. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Menarik selama mengikuti kuliah filsafat ilmu, mahasiswa diminta merekam audio perkuliahan bapak, jadi saat di kelas kita fokus berpikir dan berpikir. Rekaman audio bisa kita putar kembali di rumah, jadi informasi yang diterima menjadi utuh. Begitu pula dengan video pembelajaran yang membahas tentang PTK diatas, bisa menjadi sumber belajar alternatif selain buku.

    ReplyDelete
  32. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Terimaksih Pak atas kebaikan Bapak dengan mambagikan link video tersebut. Menurut pendapat saya PTK lebih cocok dilakukan oleh seorang guru untuk melakukan perbaikan-perbaikan selama mengajarnya, juga untuk mengetahui peningkatan yang dialami oleh siswa. Hal itu perlu dilakukan karena seorang guru perlu melakukan perbaikan-perbaikan baik dari segi model yang digunakan, pendekatannya dan juga metodenya. Mengingat karakter dan kebutuhan tiap zaman berbeda-beda, maka tergantung bagaimana kondisi siswa, apa yang dibutuhkan siswa dan apa yang dialami siswa.

    ReplyDelete
  33. Devi Nofriyanti
    17709251041
    S2 P.Mat UNY kelas B 2017

    Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan penelitian yang dilakukan guru untuk memperbaiki kualitas pmbelajarannya. penelitian ini berawal dari permasalahan yang ditemukan guru di kelas. saya belum pernah melakukan penelitian jenis ini, semoga ke depannya kelas bisa saya realisasikan. thanks for sharing prof.

    ReplyDelete
  34. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini hanya dapat dilakukan oleh guru-guru yang telah memiliki kelas sendiri. Penelitian tindakan kelas terdiri dari beberapa siklus dimana siklus tersebut dapat dihentikan apabila tujuan pembelajaran yang dinginkan telah tercapai dengan baik. Dalam PTK banyak sekali indikator-indikator pencapaian yang dapat diperbaiki dan diteliti sesuai dengan konteks yang diinginkan oleh guru.

    ReplyDelete
  35. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Berdasarkan pengalaman teman saya yang pernah melakukan Penelitian Tindakan Kelas, hasil dari penelitian tersebut sangat membantu proses evaluasi dalam belajar. Dalam penelitian PTK juga membutuhkan waktu yang cukup panjang. Hal ini dikarenakan adanya kurun waktu tertentu yang diharapkan berbeda hasilnya atau diharapkan memiliki peningkatan dari waktu ke waktu. Sangat menarik, jika dalam penelitian mengkombinasikan antara teori normatif, dokumen formal dan evidence lainnya. Menurut saya, hasil dari PTK dapat meningkatkan performa belajar siswa.

    ReplyDelete
  36. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Video yang diunggah di YouTube tersebut menjelaskan mengenai PTK, menurut saya PTK sangat cocok dilakukan oleh guru, dimana guru tidak hanya mengajar saja namun tetap melakukan penelitian yang salah satunya dengan PTK. Karena PTK dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa. Sehingga gurulah yang lebih memahami karakteristik siswanya dan bagian mana kemampuan siswa yang harus ditingkatkan. Dengan adanya penelitian tindakan jkelas yang dilakukan oleh guru diharapkan semakin membuat guru menyadari pentingnya penelitian untuk mewujudkan siswa yang cerdas dan berkarakter

    ReplyDelete
  37. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Instrumen merupakan hal yang penting dalam kegiatan penelitian. Instrument memiliki berbagai macam bentuk diantaranya instrument test berupa soal dan instrument non test (angket, lembar observasi). Sebelum dipakai dalam penelitian, instrument harus divalidasi terlebih dahulu agar bisa mengukur apa yang ingin di ukur. Suatu Instrumen adalah bagian yang penting,karaena instrumen dalam penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan sebuah data yang akan dianalisis sehingga dapat dilihat kebermanfaatan dari suatu penelitian dan juga pengembangan sebuah intrumen pembelajaran yang baru.

    ReplyDelete