Jun 28, 2015

Kuliah Pengembangan Instrument Penelitian Pendidikan (PTK)_Prof. Dr. Marsigit, M.A.

Aslm, silahkan akses ke Video berikut yang ditayangkan pada weblognya Sdr Teguh, Ketua Kelas PPG Mat Gel III, sbb:




Semoga bermanfaat. Amin

Wslm

Marsigit

53 comments:

  1. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    PTK merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru di lapangan. Dengan melaksanakan PTK, guru mempunyai peran ganda : praktisi dan peneliti.

    ReplyDelete
  2. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Setelah saya menonton video unggahan bapak di youtube,ternyata sangat bermanfaat kalau ingin mengambil penelitian menggunakan PTK ini,. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah suatu model penelitain yang dikembangkan dikelas karena banyak fenomena teori yang dibuat berbeda jauh dengan prakteknya di kelas, maka muncullah PTK ini. Dan video bapak sangat berguna sekali buat para peneliti ataupun guru. Terima kasih bapak

    ReplyDelete
  3. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu cara ilmiah dalam memecahkan masalah pembelajaran yang memerlukan sebuah instrumen pengumpulan data yang tepat untuk menghasilkan suatu data yang diharapkan. Karena sebuah penelitian memerlukan data-data empiris.

    ReplyDelete
  4. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dalam sebuah PTK diperlukan adanya alat atau instrumen untuk mengumpulkan data terkait kegiatan pembelajaran. Alat tersebut hendaknya dapat mencerminkan cara pelaksanaan pembelajaran. Instrumen ini menjadi sesuatu yang vital dalam penelitian, karena tanpa adanya instrumen tidak akan dapat tercapai tujuan yang diinginkan. Berdasarkan Video yang telah saya tonton, adapun instrument dalam penelitian tindakan kelas adalah Observasi, wawancara, dan Tes.

    ReplyDelete
  5. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika

    Memang sebenarnya banyak sekali fenomena dalam praktik pembelajaran yang kadang tidak cukup terindikasi hanya dari teori. Masaah atau problem dalam suatu kelas dipahami hanya oleh guru kelas. Oleh karena itu tujuan dari PTK adalah tindakan dalam suatu kelas untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Harapannya, PTK dapat memberikan masukan perbaikan bagi guru ke depannya.

    ReplyDelete
  6. Muhammad Nur Fariza
    143401241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    PTK adalah penelitian yang wajib dilaksanakan oleh seorang guru kelas. Sehingga seorang guru harus mempersiapkan intsrumen pembelajaran untuk melaksanakan PTK. Tujuan dari PTK adalah guru bisa menentukan tindakan yang tepat untuk mengatasi permasalahan kelasnya. Dalam siklus PTK dianggap
    selesai saat berhasil mengatasi permasalahan kelas dengan suatu tindakan tertentu.

    ReplyDelete
  7. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan salah satu metode penelitian untuk memecahkan masalah dalam pembelajaran yang berbasis evaluasi diri. PTK atau sering dikenal dengan istilah “Action Reseach” yang dilakukan secara berkala dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  8. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Menyusun instrumen merupakan langkah penting dalam prosedur penelitian. Instrumen berfungsi sebagai alat bantu dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Untuk menyusun instrumen, diawali dengan aspek yang ingin diteliti. Dari aspek-aspek tersebut maka lahirlah kategori, selanjutnya dari kategori disusun indikator, kriteria, kisi-kisi, dan dari kisi-kisi, disusunlah instrumen penelitian.
    Menyusun instrumen pada dasarnya adalah menyusun alat evaluasi, karena mengevaluasi adalah memperoleh data tentang sesuatu yang diteliti, dan hasil yang diperoleh dapat diukur dengan menggunakan standar yang telah ditentukan sebelumnya oleh peneliti. Dalam hal ini terdapat dua macam alat evaluasi yang dapat dikembangkan menjadi instrumen penelitian, yaitu tes dan non-tes.

    ReplyDelete
  9. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  10. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Instrumen penelitian merupakan bagian yang sangat penting dalam suatu penelitian, bahkan mungkin jika tanpa instrumen penelitian pun tidak akan berjalan dengan lancar. PTK adalah penelitian yang diwajibkan untuk dilakukan oleh guru-guru saat ini. Dalam kurung waktu minimal empat tahun, seorang guru diwajibkan melakukan penelitian. Selain untuk memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas, hal itu berguna untuk menaikkan angka kredit yang memiliki akibat dalam kenaikkan golongan.

    ReplyDelete
  11. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    PTK (penelitian tindakan kelas) ini adalah cara guru untuk "mencari obat" bagi permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran, sehingga dapat ditemukan cara yang tepat dan cocok untuk pembelajaran yang akan datang. Dan kita membutuhkan dokumen formal, karena dari dokumen formal kita dapat membuat RPP.

    ReplyDelete
  12. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Penelitian Tindakan kelas merupakan penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di kelas. Ciri yang paling terlihat pada penelitian tindakan kelas adanya perubahan dari setiap perlakuan, perubahan itu adanya di proses bukan hasil.

    ReplyDelete
  13. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dalam penyusunan suatu PTK terdiri dari teori - teori yang saling berhubungan dan menjadi satu. Tentu hasil akhirnya nanti juga berupa teori. Nah teori tersebut dapat dipraktikkan ketika mengajar di kelas. Hal tersebut dapat dilakukan karena proses dari PTK termuat di dalam kurikulum yang mengharuskannya.

    ReplyDelete
  14. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di lingkungan belajar untuk mengetahui permasalahan dan penyelesaian masalah belajar yang terjadi secara langsung dalam dunia pendidikan. PTK sering dijadikan hanya sebagai syarat untuk guru mengejar sertifikasi atau kenaikan pangkat tanpa melihat sebenarnya penting PTK sebagai sumbangsih pengetahuan untuk guru yang lain. PTK pada dasarnya dapat menjadi acuan bagaimana meningkatkan kualitas guru dalam menghadapi siswa dengan beragam karakteristik yang berbeda.

    ReplyDelete
  15. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian yang salah satunya bertujuan untuk memperbaiki proses belajar dan meningkatkan hasil belajar. Dalam PTK terdapat beberapa siklus yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran. PTK sendiri terkait dengan teori, karena orang yang membuat PTK akan menghasilkan kesimpulan yang pada akhirnya jelas merupakan sebuah teori. Sehingga dalam PTK diperlukan banyak bacaan-bacaan yang relevan terkait dengan penelitian yang dilakukan.

    ReplyDelete
  16. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    PTK adalah penelitian yang bermanfaat untuk guru maupun siswa. Dalam PTK ada yang diperbaiki. Terdapat beberapa model penelitian PTK yaitu model kemis dan MC Taggart, model Ebbut, model Elliot, model McKernan dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  17. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Setiap guru idelanya melaksanakan PTK dengan tujuan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di kelasnya. Hal-hal yang dapat dijadikan bahan dalam melaksanakan PTK antara lain terkait metode mengajar, strategi belajar, media pembelajaran, prosedur evaluasi, dsb. Dengan melaksanakan PTK, manfaat yang dapat diperoleh antara lain dapat mendorong terwujudnya proses pembelajaran yang menarik, menantang, nyaman, menyenangkan, dan melibatkan siswa karena strategi, metode, teknik, dan atau media yang digunakan dalam pembelajaran demikian bervariasi dan dipilih secara sungguh-sungguh.

    ReplyDelete
  18. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    PTK atau penelitian tindakan kelas sebaiknya dilakukan rutin oleh guru. Dengan PTK guru dapat mengevaluasi kegiatan pembelajarannya, guru dapat mengetahui kekurangan apa yang ada di dalam kelas baik dari segi siswa, model pembelajaran, perangkat pembelajaran, dll. Setelah mengetahui kekurangan di dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan, guru dapat mencari solusi untuk permasalahan yang ditemukan, apabila solusi tersebut dirasa kurang optimal, guru dapat memperbaiki solusi tersebut, sampai ditemukan solusi yang paling optimal, sehingga kualitas pembelajaran juga meningkat.

    ReplyDelete
  19. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan melakukan PTK (Penelitian Tindakan Kelas), guru dapat mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi secara aktual di dalam kelas. Solusi ini dapat berupa metode pembelajaran dan RPP yang sesuai dengan kelas tersebut.

    ReplyDelete
  20. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D 16

    Salah satu tujuan diadakannya PTK adalah meningkatkan dan memperbaiki kualitas dari kegiatan pembelajaran. PTK dapat dikatakan tindakan guru dalam mengorganisasi kegiatan pembelajaran secara sistematik untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

    ReplyDelete
  21. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Instrumen penelitian dibutuhkan dalam suatu penelitian untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ada bermacam-macam, seperti observasi, wawancara, dan tes. Observasi dilakukan di kelas yang diamati hngga mendapatkan masalah yang akan dipecahkan. Wawancara dilakukan tergantung subjek yang akan diteliti, jika akan meneliti perilaku siswa maka diperlukan wawancara siswa. Tes juga dapat dilakukan saat penelitian yang dilakukan memerlukan data kuantitatif

    ReplyDelete
  22. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penelitian tindakan kelas sangat bermanfaat bagi para guru dalam rangka menyelesaikan atau mencari tindakan mengatasi suatu masalah dalam suatu kelas. Bisa jadi masalah di suatu kelas berbeda dengan kelas yang lain. Maka apabila di Indonesia guru dapat melaksanakan penelitian jenis ini, akan banyak dan berragam referensi yang akan digunakan oleh para guru dalam mengatasi masalah di kelasnya masing-masing

    ReplyDelete
  23. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dalam metode pengumpulan data sudah ditetapkan bagaimana data itu dikumpulkan.
    Sekarang bagaimana caranya ? Untuk itu kita harus tetapkan instrumen-instrumen dari
    metode yang ditetapkan tersebut
    Misalkan sudah ditetapkan data dikumpulkan dengan cara menyebar angket atau
    kuesioner. Untuk itu instrumen yang harus dibuat bisa berbentuk kuesioner terbuka,
    tertutup, atau menggunakan checklist.
    Langkah-langkah menyusun instrumen penelitian :
    • Mengidentifikasi variabel-variabel penelitian
    •Menjabarkan variabel tersebut menjadi sub-variabel
    • Menderetkan diskriptor dari setiap indikator
    • Merumuskan setiap deskriptor menjadi butir-butir instrumen.

    ReplyDelete
  24. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan oleh guru untuk mengatasi permasalahan yang dialami dalam pembelajarannya. Dengan melakukan PTK, guru melakukan analisis permasalahan mengajukan solusinya kemudian dibuat laporannya. Dengan melakukan penelitian tindakan maka diharapkan pembelajarannya akan meningkat dan berkualitas. Dengan penelitian maka guru menyadari adanya permasalahan yang dihadapi dan mencoba untuk menyelesaikannya.

    ReplyDelete
  25. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Penelitian tindakan kelas adalah salah satu wujud penelitian yang meneliti permasalahan dari siswa atau guru yang ada didalam kelas selama pembelajaran. PTK ini membuat guru berperan ganda sebagai praktisi dan peneliti. PTK ini jika dibuat secara benar maka akan sangat bermanfaat dalam pembelajaran. Guru menjadi lebih tahu apa saja permasalahan yang dihadapi oleh siswanya dan bagaimana cara menanganinnya.

    ReplyDelete
  26. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Agar guru tetap dikatakan ada, maka dia harus mengada dan menjadi pengada. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menghasilkan karya-karya. Karya dapat berupa tulisan atau penelitian. Penelitian yang sering dilakukan adalah PTK karena terfokus pada permasalahan di dalam kelas. PTK tersebut menjadi salah satu cara agar semua siswa dapat terfasilitasi dengan baik. Selain tiu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. ketika membuat PTK tentunya juga tidak asal membuat, dibutuhkan pengembangan instrumen yang baik dan benar.

    ReplyDelete
  27. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian terhadap permasalahan yang terjadi di kelas, biasanya PTK ini hanya dilakukan oleh guru, PTK sekarang ini tidak dianjurkan dilakukan oleh mahasiswa untuk menyusun tugas akhir. dengan PTK ini, guru dapat menentukan penyebab masalah yang terjadi di kelas, dengan melakukan PTK ini, guru senantiasa melakukan perbaikan dan mnemukan solusi yang efektif agar pembelajaran ke depan menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  28. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Penelitian tindakan kelas atau yang biasa kita kenal dengan PTK memerlukan persiapan yang baik dari tahap perumusan teori-teori normatif untuk dibawa ke dokumen formal dan bukti pendahuluan. Dari hal tersebut muncul kategori, indikator, institusi, dan instrumen ysng dirumuskan sebagai kerangka yang akan lebih mudah dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas.

    ReplyDelete
  29. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Penelitian Tindakan Kelas adalah salah satu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru. Pada penelitian ini, guru melakukan evaluasi dari pembelajaran yang telah ada di kelas. Guru selanjutnya mengidentifikasi permasalahan yang muncul di kelas, kemudian melakukan penelitian untuk mengetahui solusi terbaik dari permasalahan yang ada di kelas.

    ReplyDelete
  30. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research (CAR) didefinisikan sebagai penelitian yang dilakukan oleh guru di dalam kelasnya sendiri melalui refleksi diri, dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru, sehingga hasil belajar siswa menjadi meningkat. Dalam model penelitian ini, si peneliti (guru) bertindak sebagai pengamat (observer) sekalligus sebagai patisipan.

    ReplyDelete
  31. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Menurut sumber yang saya baca, insip-prinsip yang mendasari pelaksanaan PTK adalah sebagai berikut:

    1. PTK merupakan kegiatan nyata yang dilakukan di dalam situasi rutin. Oleh karena itu peneliti PTK (guru) tidak perlu megubah situasi rutin/alami yang terjadi. Jika PTK dilakukan di dalam situasi rutin hasil yang di peroleh dapat digunakan secara langsung oleh guru tersebut.
    2. PTK dilakukan sebagai kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja peneliti (guru) yang bersangkutan. Guru melakukan PTK karena menyadari adanya kekurangan di dalam kinerja dan karena itu ingin melakukan perubahan.
    3. Pelaksanaan PTK tidak boleh mengganggu komitmennya sebagai pengajar. Oleh karena itu, guru hendaknya memperhatikan tiga hal. Pertama, guru perlu perlu menyadari dalam mencobakan sesuatu tindakan pembelajaran yang baru, selalu ada kemungkinan hasilnya tidak sesuai dengan yang dikehendaki. Kedua, siklus tindakan dilakukan degan selaras dengan keterlaksanaan kurikulum secara keseluruhan, khususnya dari segi pembentukan kompetensi yang dicantumkan dalam Standar Isi, yang sudah dioperasionalkan dalam bentuk silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Ketiga, penetapan siklus tindakan dalam PTK mengacu pada penguasaan kompetensi yang ditargetkan pada tahap perencanaan. Jadi pedoman siklus PTK bukan ditentukan oleh ketercukupan data yang diperoleh peneliti, melainkan mengacu kepada seberapa jauh tindakan yang dilakukan itu sudah dapat memperbaiki kinerja yang menjadi alasan dilaksanakan PTK tadi.

    ReplyDelete
  32. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    4. PTK dapat dimulai dengan melakukan analisis SWOT, yang dilakukan dengan menganalisis kekuatan (S = Strength) dan kelemahan (W = Weaknesses) yang dimiliki, dan faktor eksternal dari luar yaitu peluang atau kesempatan yang dapat diraih (O = Opportunity), maupun ancaman (T = Treath). Empat hal tersebut dapat dipandang dari sudut guru yang melaksanakan maupun siswa yang dikenai tindakan.
    5. Metode pengumpulan data yang digunakan tidak menuntut waktu yang berlebihan dari guru sehingga berpelang mengganggu proses pembelajaran. PTK sejauh mungkin menggunakan prosedur pengumpulan data yang dapat ditangani sendiri oleh guru dan ia tetap aktif berfungsi sebagai guru yang bertugas secara penuh. Oleh karena itu perlu dikembangkan teknik-teknik perekaman yang cukup sederhana, namun dapat menghsilkan informasi yang cukup berarti dan dapat dipercaya.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  33. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    6. Metode yang digunakan harus cukup reliabel, sehingga memungkinkan guru mengidentifikasi dan merumuskan hipotesis secara cukup meyakinkan, mengembangkan strategi yang dapat diterapkan pada situasi kelasnya, serta memperoleh data yang dapat digunakan untuk menguji hipotesis yang dikemukakannya. Oleh karena itu, meskipun pada dasarnya memperbolehkan kelonggaran, namun penerapan asas-asas dasar tetap harus dipertahankan.
    7. Masalah penelitian yang dipilih guru seharusnya merupakan masalah yang cukup merisaukanya. Pendorong utama pelaksanaan PTK adalah komitmen profesional untuk memberikan layanan terbaik kepada siswa.

    ReplyDelete
  34. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    8.Dalam penyelenggaraan PTK, guru harus selalu bersikap konsisten, memiliki kepedulian tinggi terhadap prosedur etika yang berkaitan dengan pekerjaannya. Hal ini penting ditekankan karena selain melibatkan anak-anak manusia, PTK juga hadir dalam suatu konteks organisasional, sehingga penyelenggaraannya harus mengindahkan tata krama kehidupan berorganisasi.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  35. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penetian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang muncul dari kesenjangan antara teori yang diungkapkan oleh ahli dengan kenyataan suatu kelas yang dirasa berbeda oleh guru. Artinya, penelitian ini merupakan upaya perbaikan dan pengembangan kesalahan dan kekurangan di dalam kelas untuk dapat diperbaiki menggunakan berbagai teori belajar yang diungkapkan oleh ahli.

    ReplyDelete
  36. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Instrumen penelitian dalam sebuah penelitian pendidikan merupakan satu hal penting yang perlu untuk diperhatikan. Karena, dengan instrumen penelitian yang baik, yang valid dan reliabel, maka akan menghasilkan data penelitian yang baik pula. Oleh karena itu instrumen penelitian harus selalu dikembangkan, untuk mendapatkan hasil penelitian yang valid dan akurat, sehingga mempunyai dampak pada mpengembangan teori dan ilmu pengetahuan yang diteliti.

    ReplyDelete
  37. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Marsigit atas link yang telah dibagikan. Link tersebut dapat sangat bermanfaat karena kami dapat melihat penjelasan Bapak kepada Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru PPG SM-3T UNY 2015 mengenai Penelitian Tindakan Kelas. Kami dapat ikut belajar meskipun kami tidak berada dalam kelas tersebut.

    ReplyDelete
  38. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) adalah penelitian tindakan yang dilaksanakan oleh guru di dalam kelas. Penelitian ini dapat dilakukan oleh guru, dan tidak diizinkan untuk bahan skripsi mahasiswa karena guru lah yang lebih berhak melakukan penelitian di kelas. Jika guru melakukan penelitian tindakan kelas ini berarti guru telah menerapkan paradigma "to teach to research" yang telah banyak dikembangkan di luar negeri.

    ReplyDelete
  39. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    PTK merupakan penelitian yang sebaiknya dan seharusnya dilakukan oleh guru, tujuan dari PTK sendiri adalah agar guru dapat menentukan tindakan yang tepat dalam mengelola kelas dalam pembelajaran , sehingga guru dapat menggunakan metode, pendekatan yang tepat untuk siswanya. Karena dengan pemberian tindakan yang tepat maka pembelajaran akan lebih efektif lagi.

    ReplyDelete
  40. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Salah satu prinsip PTK yakni berupa kegiatan nyata yang dilakukan di dalam situasi rutin. Oleh karena itu peneliti PTK (guru) tidak perlu megubah situasi rutin/alami yang terjadi. Jika PTK dilakukan di dalam situasi rutin hasil yang diperoleh dapat digunakan secara langsung oleh guru tersebut.

    ReplyDelete
  41. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dalam penelitian apapun dan bagaimanapun jenisnya, intrument penelitian atau isntrument pengumpulan data menjadi hal yang paling penting dalam sebuah penelitian. Intrument penelitian sebagai pedoman dalam pengumpulan data, apa saja informasi yang ingin digali terdapat dalam instrumen penelitian. Dalam hal ini instrument penelitian PTK, adapun sebelum kita membuat instrumen penelitian terlebih dahulu kita membuat rumusan masalah dan hipotes penelitian yang nantinya akan menghasilkan tujuan penelitian. Sehingga nantinya baru akan dirancang bagaimana pengembangan instrumentnya, begitu juga dalam menentukan bagaimana bentuk instrumentnya.

    ReplyDelete
  42. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    PTK dilakukan sebagai kesadaran diri untuk memperbaiki kinerja peneliti (guru) yang bersangkutan. Guru melakukan PTK karena menyadari adanya kekurangan di dalam kinerja dan karena itu ingin melakukan perubahan.

    ReplyDelete
  43. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Instrumen adalah hal yang sangat diperlukan dalam melakukan penelitian pendidikan. Hal ini di karenakan instrument adalah alat yang digunakan sebagai pengumpul data yang diperlukan dalam menjawab pertanyaan penelitian pendidikan. Selain itu instrument adalah alat yang dapat digunakan oleh peneliti untuk menarik kesimpulan dari penelitian yang dilakukan. Sehingga instrument yang baik dan sesuai dengan penelitian yang dilakukan adalah salah satu hal yang terpenting dalam penelitian. Pelatihan dan pembelajaran dalam pengembangan instrument penelitian akan membantu peneliti agar terbiasa dan terlatih dalam pembuatan instrument penelitian.

    ReplyDelete
  44. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih kepada Pak Marsigit yang telah memberikan link sebagai referensi bagi kami dalam mengembangkan instrument penelitian pendidikan (PTK). Penelitian Tindakan Kelas adaalh penelitian yang ditujukan untuk mengatasi atau mengetahui secara detail masalah – masalah yang terjadi di dalam kelas secara khusus. Masalah ini hanya terjadi pada lingkup yang kecil tidak seacara umum. Sehingga instrument yang digunakan untuk melakukan penelitian pun terdapat perebdaan dengan penelitian biasanya.

    ReplyDelete
  45. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    PTK (Penelitian Tindakan Kelas) sangat baik dilakukan karena dapat membantu guru untuk memahami berbagai kondisi kelas yang ada. PTK dilakukan disebabkan oleh masalah maslah yang ada. dan sebaiknya guru melakukan PTK agar mengetahui macam kondisi kelas yang belum pernah ditemui.

    ReplyDelete
  46. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penelitian tindakan kelas merupakan salah satu jenis penelitian yang digunakan untuk mengetahui solusi atau jalan keluar dari suatu permasalahan yang terjadi di suatu kelas tertentu, atau akan dicari metode maupun perangkat pembelajaran yang cocok digunakan dalam pembelajaran. Oleh karena itu, objek penelitian dalam jenis penelitian tindakan kelas ini beragam. Mulai dari guru, siswa, proses pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran

    ReplyDelete
  47. Harumas Anom
    14301244013
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    PTK atau penelitian tidndakan kelas adalah penelitian yang bermanfaat untuk guru maupun siswa demi pembelajaran kelas. Dalam PTK selalu ada hal untuk diubah dan diperbaiki. Terdapat beberapa model penelitian PTK yaitu model Kemis dan MC Taggart, model Ebbut, model Elliot, model McKernan dan masih banyak lagi yang lainnya.

    ReplyDelete
  48. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan Wikipedia, penelitian tindakan kelas adalah penelitian melalui praktek untuk memperbaiki pembelajaran di kela yang berupaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Sehingga dalam hal ini lebih seperti evaluasi yang dilakukan oleh guru. Sehingga dalam tugasnya gur sebenarnya dapat menjadi peneliti tinggal kemamuannya saja untuk menuliskannya.

    ReplyDelete
  49. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    PTK singkatan dari Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu jenis penelitian yang berakar dari suatu masalah tertentu dan di akan dicari solusinya. solusi tersebut adalah mencari metode atau model apa yang cocok lalu diterapkan ke dalam kelas tertentu dan dianalisis data yang diperoleh.

    ReplyDelete
  50. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Penelitian Tindakan Kelas, atau disingkat PTK merupakan penelitian yang seharusnya wajib dilakukan oleh guru untuk mengembangkan metode yang cocok digunakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini disebabkan karena tiap waktu, guru pasti akan menghadapi kelas dengan tipe anak yang berbeda-beda. Sehingga, sudah seharusnya dilakukan PTK ini untuk memperbaiki metode pembelajaran yang digunakan.

    ReplyDelete
  51. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Terima kasih Pak Marsigit, dengan adanya video tersebut kita dapat mengetahui lebih dalam mengetahui penelitian tindakan. PTK yang dilakukan sebenar-benarnya PTK tidaklah mudah, butuh proses dan keilmuan peneliti yang mendalam terlebih dahulu agar pada penelitian tersebut berjalan sebagaimana mestinya.

    ReplyDelete
  52. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas link video yang Bapak berikan, sangat memberikan manfaat tentang PTK bagi calon guru maupun guru.

    ReplyDelete
  53. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih bapak prof Marsigit atas link yang tertera semoga dapat bermanfaat bagi kami untuk mengembangkan kemampuan yang berkaitan dengan Pembelajaran. Terutama saat menjadi guru nanti tentunya PTK menjadi penelitian yang harus kami laksanakan di kelas yang memiliki permasalahan pembelajaran.

    ReplyDelete