Jun 28, 2015

Kuliah Pengembangan Instrument Penelitian Pendidikan (PTK)_Prof. Dr. Marsigit, M.A.

Aslm, silahkan akses ke Video berikut yang ditayangkan pada weblognya Sdr Teguh, Ketua Kelas PPG Mat Gel III, sbb:




Semoga bermanfaat. Amin

Wslm

Marsigit

7 comments:

  1. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2015

    Assalamualaikum Prof,
    Perkuliahaan yang direkam tersebut membahas tentang penelitian tindakan kelas. Menurut video tersebut, PTK diawali dengan bukti pendahuluan yang menjadi latar belakang penelitian. Selain itu dapat dimulai dari teori normatif yang dijadikan landasan teori dan disertai dengan dokumen formal. Dokumen formal misalnya Kurikulum 2013, hal ini yang menjadi akuntabilitasnya. Dari hal-hal tersebut akan diperoleh kategori, kemudian dapat disusun indikator dan kisi-kisi. Hingga diperoleh berbagai instrumen seperti perangkat pembelajaran (RPP dan LKS), lembar observasi, angket, dll. Pembelajaran di dalam PTK diterapkan dalam bentuk siklus, minimal 2 siklus. Dari siklus satu disimpulkan kemudian diperbaiki di siklus 2. Selanjutnya dari sikulus 2 juga disimpulkan. Sehingga diperoleh kesimpulan secara umum. Dari penelitian ini diperoleh teori yang bisa digunakan oleh orang lain.

    ReplyDelete
  2. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika

    Assalam. terima kasih atas video yang bapak bagikan. semoga bermanfaat bagi kita semua. dalam beberapa kasus, video sebagai instrument belajar memang sangat dibutuhkan.

    ReplyDelete
  3. Junianto
    17709251065
    PM C

    Dalam melakukan sebuah penelitian tentu tidak pernah terlepas dari instrumen penelitian, karena instrumen lah yang akan digunakan untuk melakukan penelitian. Maka dari itu, keberhasilan penelitian sangat ditetukan oleh kevalidan instrumen. Instrumen juga harus bersifat valid dan reliabel. Dengan demikian, hasil penelitian pun juga akan menjadi valid dan bisa dipertanggungjawabkan di hadapan publik.

    ReplyDelete
  4. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum
    Terima kasih Pak Prof. atas link belajar yang Bapak berikan. Link belajar ini akan sangat bermanfaat bagi kami para mahasiswa untuk mempelajari penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan video dari link tersebut, saya memahami bagaimana penelitian tindakan kelas (PTK), dimulai dari teori yang melatarbelakanginya, hingga terbentuk indikator, kisi-kisi, dan instrumen yang digunakan dalam PTK seperti RPP, LKS, dan angket. Pada PTK pembelajarannya berlangsung dalam dua siklus. Kesimpulan antara siklus satu dan siklus dua akan digodog untuk menarik kesimpulan secara umum. Dan PTK ini, berangkat dari teori yang ada, dan akan menghasilkan teori pada akhirnya.

    ReplyDelete
  5. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru/peneliti yang sudah memiliki kelas tetap, dalam PTK objek penelitianya adalah siswa. Penelitian tidakan kelas terdiri dari beberapa siklus biasanya banyaknya siklus tergantung dari penelitian yang dibutuhkan, apabila peneliti sudah merasa ada peningkatan baik dari segi prestasi maupun dari segi proses pelaksanaannya peneliti dapat menghentikan tindakan tersebut. Tujuan dari PTK biasanya untuk melihat peningkatan proses pembelajaran yang biasanya dinilai dari hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  6. Insan A N/ PPs S2 PM C 2017
    Penelitian tindakan kelas seperti penjelasan dalam video, tida harus membuat instrumen khusus seperti pada penelitian umumnya. RPP, LKS, observasi dapa menjadi instrumen dalam PTK. Selain itu guru atau peneliti dapat mengulang atau menyempurnakan instrumen jika pada tindakan awal belum diketahui secara pasti hasilnya.

    ReplyDelete
  7. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih atas informasi tentang seputar penelitian tindakan kelas (PTK) yang bapak sharing melalui link di blog ini, berupa rekaman video perkuliahan bapak yang membahas tentang penelitian tindakan kelas. Dari video ini dapat kita ketahui apa saja unsur-unsur yang ada dalam PTK lalu bagaimana teknis pelaksanaan PTK serta pemberian beberapa nasehat/masukan berupa saran dan motivasi terkait pelaksanaan PTK. PTK dalam bahasa inggris disebut Classroom Action Research (CAR) ini fungsinya adalah untuk “memperbaiki keadaan” melalui siklus-siklus dan evaluasi yang dilakukan disetiap siklusnya untuk mendapatkan kesimpulan umum dari kelas yang diteliti.

    ReplyDelete