Jun 28, 2015

Kuliah Pengembangan Instrument Penelitian Pendidikan (PTK)_Prof. Dr. Marsigit, M.A.

Aslm, silahkan akses ke Video berikut yang ditayangkan pada weblognya Sdr Teguh, Ketua Kelas PPG Mat Gel III, sbb:




Semoga bermanfaat. Amin

Wslm

Marsigit

101 comments:

  1. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dalam penyusunan suatu PTK terdiri dari teori - teori yang saling berhubungan dan menjadi satu. Tentu hasil akhirnya nanti juga berupa teori. Nah teori tersebut dapat dipraktikkan ketika mengajar di kelas. Hal tersebut dapat dilakukan karena proses dari PTK termuat di dalam kurikulum yang mengharuskannya.

    ReplyDelete
  2. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di lingkungan belajar untuk mengetahui permasalahan dan penyelesaian masalah belajar yang terjadi secara langsung dalam dunia pendidikan. PTK sering dijadikan hanya sebagai syarat untuk guru mengejar sertifikasi atau kenaikan pangkat tanpa melihat sebenarnya penting PTK sebagai sumbangsih pengetahuan untuk guru yang lain. PTK pada dasarnya dapat menjadi acuan bagaimana meningkatkan kualitas guru dalam menghadapi siswa dengan beragam karakteristik yang berbeda.

    ReplyDelete
  3. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian yang salah satunya bertujuan untuk memperbaiki proses belajar dan meningkatkan hasil belajar. Dalam PTK terdapat beberapa siklus yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran. PTK sendiri terkait dengan teori, karena orang yang membuat PTK akan menghasilkan kesimpulan yang pada akhirnya jelas merupakan sebuah teori. Sehingga dalam PTK diperlukan banyak bacaan-bacaan yang relevan terkait dengan penelitian yang dilakukan.

    ReplyDelete
  4. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    PTK adalah penelitian yang bermanfaat untuk guru maupun siswa. Dalam PTK ada yang diperbaiki. Terdapat beberapa model penelitian PTK yaitu model kemis dan MC Taggart, model Ebbut, model Elliot, model McKernan dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  5. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Setiap guru idelanya melaksanakan PTK dengan tujuan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di kelasnya. Hal-hal yang dapat dijadikan bahan dalam melaksanakan PTK antara lain terkait metode mengajar, strategi belajar, media pembelajaran, prosedur evaluasi, dsb. Dengan melaksanakan PTK, manfaat yang dapat diperoleh antara lain dapat mendorong terwujudnya proses pembelajaran yang menarik, menantang, nyaman, menyenangkan, dan melibatkan siswa karena strategi, metode, teknik, dan atau media yang digunakan dalam pembelajaran demikian bervariasi dan dipilih secara sungguh-sungguh.

    ReplyDelete
  6. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    PTK atau penelitian tindakan kelas sebaiknya dilakukan rutin oleh guru. Dengan PTK guru dapat mengevaluasi kegiatan pembelajarannya, guru dapat mengetahui kekurangan apa yang ada di dalam kelas baik dari segi siswa, model pembelajaran, perangkat pembelajaran, dll. Setelah mengetahui kekurangan di dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan, guru dapat mencari solusi untuk permasalahan yang ditemukan, apabila solusi tersebut dirasa kurang optimal, guru dapat memperbaiki solusi tersebut, sampai ditemukan solusi yang paling optimal, sehingga kualitas pembelajaran juga meningkat.

    ReplyDelete
  7. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dengan melakukan PTK (Penelitian Tindakan Kelas), guru dapat mencari solusi terhadap masalah yang dihadapi secara aktual di dalam kelas. Solusi ini dapat berupa metode pembelajaran dan RPP yang sesuai dengan kelas tersebut.

    ReplyDelete
  8. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D 16

    Salah satu tujuan diadakannya PTK adalah meningkatkan dan memperbaiki kualitas dari kegiatan pembelajaran. PTK dapat dikatakan tindakan guru dalam mengorganisasi kegiatan pembelajaran secara sistematik untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

    ReplyDelete
  9. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Instrumen penelitian dibutuhkan dalam suatu penelitian untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ada bermacam-macam, seperti observasi, wawancara, dan tes. Observasi dilakukan di kelas yang diamati hngga mendapatkan masalah yang akan dipecahkan. Wawancara dilakukan tergantung subjek yang akan diteliti, jika akan meneliti perilaku siswa maka diperlukan wawancara siswa. Tes juga dapat dilakukan saat penelitian yang dilakukan memerlukan data kuantitatif

    ReplyDelete
  10. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penelitian tindakan kelas sangat bermanfaat bagi para guru dalam rangka menyelesaikan atau mencari tindakan mengatasi suatu masalah dalam suatu kelas. Bisa jadi masalah di suatu kelas berbeda dengan kelas yang lain. Maka apabila di Indonesia guru dapat melaksanakan penelitian jenis ini, akan banyak dan berragam referensi yang akan digunakan oleh para guru dalam mengatasi masalah di kelasnya masing-masing

    ReplyDelete
  11. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Dalam metode pengumpulan data sudah ditetapkan bagaimana data itu dikumpulkan.
    Sekarang bagaimana caranya ? Untuk itu kita harus tetapkan instrumen-instrumen dari
    metode yang ditetapkan tersebut
    Misalkan sudah ditetapkan data dikumpulkan dengan cara menyebar angket atau
    kuesioner. Untuk itu instrumen yang harus dibuat bisa berbentuk kuesioner terbuka,
    tertutup, atau menggunakan checklist.
    Langkah-langkah menyusun instrumen penelitian :
    • Mengidentifikasi variabel-variabel penelitian
    •Menjabarkan variabel tersebut menjadi sub-variabel
    • Menderetkan diskriptor dari setiap indikator
    • Merumuskan setiap deskriptor menjadi butir-butir instrumen.

    ReplyDelete
  12. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan oleh guru untuk mengatasi permasalahan yang dialami dalam pembelajarannya. Dengan melakukan PTK, guru melakukan analisis permasalahan mengajukan solusinya kemudian dibuat laporannya. Dengan melakukan penelitian tindakan maka diharapkan pembelajarannya akan meningkat dan berkualitas. Dengan penelitian maka guru menyadari adanya permasalahan yang dihadapi dan mencoba untuk menyelesaikannya.

    ReplyDelete
  13. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Penelitian tindakan kelas adalah salah satu wujud penelitian yang meneliti permasalahan dari siswa atau guru yang ada didalam kelas selama pembelajaran. PTK ini membuat guru berperan ganda sebagai praktisi dan peneliti. PTK ini jika dibuat secara benar maka akan sangat bermanfaat dalam pembelajaran. Guru menjadi lebih tahu apa saja permasalahan yang dihadapi oleh siswanya dan bagaimana cara menanganinnya.

    ReplyDelete
  14. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Agar guru tetap dikatakan ada, maka dia harus mengada dan menjadi pengada. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan menghasilkan karya-karya. Karya dapat berupa tulisan atau penelitian. Penelitian yang sering dilakukan adalah PTK karena terfokus pada permasalahan di dalam kelas. PTK tersebut menjadi salah satu cara agar semua siswa dapat terfasilitasi dengan baik. Selain tiu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. ketika membuat PTK tentunya juga tidak asal membuat, dibutuhkan pengembangan instrumen yang baik dan benar.

    ReplyDelete
  15. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian terhadap permasalahan yang terjadi di kelas, biasanya PTK ini hanya dilakukan oleh guru, PTK sekarang ini tidak dianjurkan dilakukan oleh mahasiswa untuk menyusun tugas akhir. dengan PTK ini, guru dapat menentukan penyebab masalah yang terjadi di kelas, dengan melakukan PTK ini, guru senantiasa melakukan perbaikan dan mnemukan solusi yang efektif agar pembelajaran ke depan menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  16. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Penelitian tindakan kelas atau yang biasa kita kenal dengan PTK memerlukan persiapan yang baik dari tahap perumusan teori-teori normatif untuk dibawa ke dokumen formal dan bukti pendahuluan. Dari hal tersebut muncul kategori, indikator, institusi, dan instrumen ysng dirumuskan sebagai kerangka yang akan lebih mudah dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas.

    ReplyDelete
  17. Anis Kurnia Ramadhani
    14301241020
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Penelitian Tindakan Kelas adalah salah satu jenis penelitian yang dilakukan oleh guru. Pada penelitian ini, guru melakukan evaluasi dari pembelajaran yang telah ada di kelas. Guru selanjutnya mengidentifikasi permasalahan yang muncul di kelas, kemudian melakukan penelitian untuk mengetahui solusi terbaik dari permasalahan yang ada di kelas.

    ReplyDelete
  18. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    PTK singkatan dari Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu jenis penelitian yang berakar dari suatu masalah tertentu dan di akan dicari solusinya. solusi tersebut adalah mencari metode atau model apa yang cocok lalu diterapkan ke dalam kelas tertentu dan dianalisis data yang diperoleh.

    ReplyDelete
  19. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Penelitian Tindakan Kelas, atau disingkat PTK merupakan penelitian yang seharusnya wajib dilakukan oleh guru untuk mengembangkan metode yang cocok digunakan dalam proses belajar mengajar. Hal ini disebabkan karena tiap waktu, guru pasti akan menghadapi kelas dengan tipe anak yang berbeda-beda. Sehingga, sudah seharusnya dilakukan PTK ini untuk memperbaiki metode pembelajaran yang digunakan.

    ReplyDelete
  20. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Terima kasih Pak Marsigit, dengan adanya video tersebut kita dapat mengetahui lebih dalam mengetahui penelitian tindakan. PTK yang dilakukan sebenar-benarnya PTK tidaklah mudah, butuh proses dan keilmuan peneliti yang mendalam terlebih dahulu agar pada penelitian tersebut berjalan sebagaimana mestinya.

    ReplyDelete
  21. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas link video yang Bapak berikan, sangat memberikan manfaat tentang PTK bagi calon guru maupun guru.

    ReplyDelete
  22. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih bapak prof Marsigit atas link yang tertera semoga dapat bermanfaat bagi kami untuk mengembangkan kemampuan yang berkaitan dengan Pembelajaran. Terutama saat menjadi guru nanti tentunya PTK menjadi penelitian yang harus kami laksanakan di kelas yang memiliki permasalahan pembelajaran.

    ReplyDelete
  23. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Setelah menonton video dari link yang Bapak sediakan di atas, saya kembali teringat skripsi saya yang mengambil PTK. Walaupun merupakan jenis penelitian yang outdated di dunia pendidikan, namun PTK sebenarnya merupakan unsur penting karena hanya dapat dilakukan di dunia pendidikan. Istilahnya, PTK itu milik dunia pendidikan. Semoga PTK dapat dimodifikasi sehingga kembali hidup di dunia pendidikan, karena di sebagian besar universitas terkenal, sudah anti terhadap PTK.

    ReplyDelete
  24. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Dari video yang saya tonton atas rekomendasi dari bapak, saya menjadi tahu bahwa RPP juga dapat menjadi instrument penelitian. Karena selama ini saya selalu menganggap bahwa RPP merupakan instrument pembelajaran. Sebenarnya untuk praktek Penelitian Tindakan Kelas saya masih sangat dini dalam mengetahuinya. Memang benar jika komentar dari mbak Isoka yang mengatakan bahwa PTK itu penting. Namun, jika kita lihat, PTK memang merupakan penelitian yang bisa dikatakan tidak dapat diprediksi waktunya, karena adanya siklus dalam pelaksanaannya. Jika dulu saya kuliah, dosen saya menyarankan agar tidak melakukan penelitian tindakan kelas, selain karena waktu yang lumayan lama dan persiapan yang sangat matang sekali dalam pelaksanaannya, PTK juga merupakan penelitian yang sebenarnya lebih cocok digunakan oleh para guru, bukan peneliti pemula seperti saya ini. Kenapa demikian? Karena pada dasarnya untuk menyimpulkan hasil dari penelitian PTK, dibutukan pemahaman terhadap karakter siswa. Sehingga kita sebagai peneliti pemula dimana kita mencari sekolah dengan siswa-siswi yang sama sekali kita belum tahu karakternya dan kemampuannya, kita susah melakukan penelitian tindakan kelas tersebut.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  25. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Assalammualaikum, Wr.Wb
    Terimakasih bapak link videonya, dengan melihat videonya saya merasa berada di dalam kelas mengikut mata kuliah tersebut. Dari video yang saya lihat dapat saya simpulkan bahwa PTK bermain-main dengan teori, karena berawal dari teori dan akan menghasilkan sebuah kesimpulan yang merupakan sebuah teori. PTK berangkat dari teori normatif (Landasan Teori), dokumen formal (sebagai fasilitas yang dapat dipercaya) dan dari etigenpra yang dapat kita dapatkan ketika ppl sehingga nantinya kita mendapatkan sebuah latar belakang untuk pendahuluan. Setelah itu akan lahir yang namanya kategori, lalu indikator, dan dari indikator dapat dibuat sebuah kisi-kisi, dan dari kisi-kisi dapat kita buat sebuah instrumen. Dari mengembangkan kisi-kisi menjadi instrumen menggunakan metodologi penelitian PTK. Macam-macam instrumen yang dapat kita buat seperti RPP, LKS, Lembar Observasi, Angket, dan perangkat lainnya. Instrumen-instrumen ini dapat dijadikan instrumen pada PTK yang diterapkan dalam siklus. Pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) minimal melakukan 2 siklus, karena PTK harus memperbaiki keadaan. Dari sebuah masalah yang ada di latar belakang, lalu dilakukan yang namanya siklus 1, dan di lanjutkan dengan siklus 2.

    Semoga semakin banyak video seperti ini yang akan di share, karena saya lebih mudah memahami suatu pembelajaran dengan melihat video seperti ini daripada teori dalam buku.

    ReplyDelete
  26. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2015

    Assalamualaikum Prof,
    Perkuliahaan yang direkam tersebut membahas tentang penelitian tindakan kelas. Menurut video tersebut, PTK diawali dengan bukti pendahuluan yang menjadi latar belakang penelitian. Selain itu dapat dimulai dari teori normatif yang dijadikan landasan teori dan disertai dengan dokumen formal. Dokumen formal misalnya Kurikulum 2013, hal ini yang menjadi akuntabilitasnya. Dari hal-hal tersebut akan diperoleh kategori, kemudian dapat disusun indikator dan kisi-kisi. Hingga diperoleh berbagai instrumen seperti perangkat pembelajaran (RPP dan LKS), lembar observasi, angket, dll. Pembelajaran di dalam PTK diterapkan dalam bentuk siklus, minimal 2 siklus. Dari siklus satu disimpulkan kemudian diperbaiki di siklus 2. Selanjutnya dari sikulus 2 juga disimpulkan. Sehingga diperoleh kesimpulan secara umum. Dari penelitian ini diperoleh teori yang bisa digunakan oleh orang lain.

    ReplyDelete
  27. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika

    Assalam. terima kasih atas video yang bapak bagikan. semoga bermanfaat bagi kita semua. dalam beberapa kasus, video sebagai instrument belajar memang sangat dibutuhkan.

    ReplyDelete
  28. Junianto
    17709251065
    PM C

    Dalam melakukan sebuah penelitian tentu tidak pernah terlepas dari instrumen penelitian, karena instrumen lah yang akan digunakan untuk melakukan penelitian. Maka dari itu, keberhasilan penelitian sangat ditetukan oleh kevalidan instrumen. Instrumen juga harus bersifat valid dan reliabel. Dengan demikian, hasil penelitian pun juga akan menjadi valid dan bisa dipertanggungjawabkan di hadapan publik.

    ReplyDelete
  29. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum
    Terima kasih Pak Prof. atas link belajar yang Bapak berikan. Link belajar ini akan sangat bermanfaat bagi kami para mahasiswa untuk mempelajari penelitian tindakan kelas (PTK). Berdasarkan video dari link tersebut, saya memahami bagaimana penelitian tindakan kelas (PTK), dimulai dari teori yang melatarbelakanginya, hingga terbentuk indikator, kisi-kisi, dan instrumen yang digunakan dalam PTK seperti RPP, LKS, dan angket. Pada PTK pembelajarannya berlangsung dalam dua siklus. Kesimpulan antara siklus satu dan siklus dua akan digodog untuk menarik kesimpulan secara umum. Dan PTK ini, berangkat dari teori yang ada, dan akan menghasilkan teori pada akhirnya.

    ReplyDelete
  30. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah penelitian yang dilakukan oleh guru/peneliti yang sudah memiliki kelas tetap, dalam PTK objek penelitianya adalah siswa. Penelitian tidakan kelas terdiri dari beberapa siklus biasanya banyaknya siklus tergantung dari penelitian yang dibutuhkan, apabila peneliti sudah merasa ada peningkatan baik dari segi prestasi maupun dari segi proses pelaksanaannya peneliti dapat menghentikan tindakan tersebut. Tujuan dari PTK biasanya untuk melihat peningkatan proses pembelajaran yang biasanya dinilai dari hasil belajar siswa dan keaktifan siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  31. Insan A N/ PPs S2 PM C 2017
    Penelitian tindakan kelas seperti penjelasan dalam video, tida harus membuat instrumen khusus seperti pada penelitian umumnya. RPP, LKS, observasi dapa menjadi instrumen dalam PTK. Selain itu guru atau peneliti dapat mengulang atau menyempurnakan instrumen jika pada tindakan awal belum diketahui secara pasti hasilnya.

    ReplyDelete
  32. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih atas informasi tentang seputar penelitian tindakan kelas (PTK) yang bapak sharing melalui link di blog ini, berupa rekaman video perkuliahan bapak yang membahas tentang penelitian tindakan kelas. Dari video ini dapat kita ketahui apa saja unsur-unsur yang ada dalam PTK lalu bagaimana teknis pelaksanaan PTK serta pemberian beberapa nasehat/masukan berupa saran dan motivasi terkait pelaksanaan PTK. PTK dalam bahasa inggris disebut Classroom Action Research (CAR) ini fungsinya adalah untuk “memperbaiki keadaan” melalui siklus-siklus dan evaluasi yang dilakukan disetiap siklusnya untuk mendapatkan kesimpulan umum dari kelas yang diteliti.

    ReplyDelete
  33. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    PTK merupakan penelitian tindakan yang dilakukan untuk "menyembuhkan penyakit" dalam proses pembelajaran. PTK dilakukan berdasarkan observasi dan menelaah karakter siswa, kemudian menyusun alternatif solusi dan mencoba menerapkannya dalam proses pembelajaran, sehingga tercipta hasil pembelajaran yang tidak lagi menampakkan gejala yang tidak diinginkan tersebut secara simultan. RPP, media pembelajaran, lembar observasi dan sebagainya memang memegang peranan penting dalam PTK. Kemajuan proses dan hasil pembelajaran diobservasi dan dianalisis secara komprehensif, kemudian dari kekurangan pembelajaran yang dilakukan akan digunakan sebagai patokan untuk memperbaiki rencana atau bahkan proses pembelajaran yang akan datang.

    ReplyDelete
  34. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Dalam PTK dapat pula disusun HLT di setiap pertemuan guna mambantu guru dalam proses pembelajaran dan membantu guru "menyembuhkan" proses pembelajaran di kelas. Dalam HLT diuraikan stimulus yang akan dilakukan oleh guru, dibahas pula perkiraan macam-macam respon siswa dan diuraikan pula alternatif penyelesaian yang dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Namun sebelum membuat HLT, wajib bagi guru untuk memahami secara mendalam karakteristik setiap siswanya, sehingga dapat dirumuskan respon-respon siswa yang mungkin muncul atas stimulan yang diberikan. dari setiap respon siswa, alangkah baiknya guru memberikan tidak hanya satu alternatif solusi yang dapat digunakan, hal ini tentu saja dimaksudkan agar guru dapat dengan sigap mengcover segala kemungkinan yang ada. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  35. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Dalam video tersebut dijelaskan bahwa asal mula dari PTK diawali dari teori yang melatar belakangi yaitu teori normatif, dokumen formal, pendahuluan. Kemudian kategori, indikator, kisi-kisi, dan instrumen (misal RPP, LKS, Perangkat, Handout), lembar observasi, angket. Kemudian PTK diterapkan dalam 2 sikulus, minimal terdapat 2 siklus. Setelah itu disimpulkan disetiap siklus. Terimakasih pak sudah berbagi videonya.

    ReplyDelete
  36. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C 2017

    Action research pada hakikatnya merupakan rangkaian “riset-tindakan-riset-tindakan- …”, yang dilakukan secara siklik, dalam rangka memecahkan masalah, sampai masalah itu terpecahkan. Action research lebih bertujuan untuk memperbaiki kinerja, sifatnya kontekstual dan hasilnya tidak untuk digeneralisasi. Namun demikian hasil action research dapat saja diterapkan oleh orang lain yang mempunyai latar yang mirip dengan yang dimliki peneliti. PTK dapat meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi profesional. PTK merupakan suatu kebutuhan bagi guru untuk meningkatkan profesional seorang guru karena guru tidak lagi sebagai seorang praktis, yang sudah merasa puas terhadap apa yang dikerjakan selama bertahun-tahun tanpa ada upaya perbaikan dan inovasi, namun juga sebagai peneliti di bidangnya.

    ReplyDelete
  37. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Dalam video perkuliahan tersebut dijelaskan tentagn teori normative, dokumen formal dan evidence kemudian lahirlah katergori kemudian muncul indikator sehingga memunculkan kisikisi yang digunakan dalam instrument. Kalo PTK,diantara kisi kisi dan instrument dapat dimasuki metodolagi penelitian sehingga muncullah berbagai macam instrument, misalnya rpp, lks (sebagai instrument perangkat).

    ReplyDelete
  38. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    PTK memperbaiki keadaan, siklus 1 disimpulkan kemudian diperbaiki di siklus 2 kemudian disimpulkan lagi. Kesimpulan umum merupakan dua kesimpulan dari dua siklus tadi. Yang diujikan dapat bermacam macam tergantung dengan toeri yang digunakan. Latar belakangnya dapat berupa penelitian pendahuluan, akuntabilitas dapat berupa dokumen formal. Landasan toerinua berupa teori normative. Kesimpulan akhirnya berupa teori yang dapat dipakai oleh orang lain.

    ReplyDelete
  39. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb,,,terimakasih banyak pak karena telah memposting link vidionya.Saya melihat di dalam video tersebut menjelaskan tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Disamping itu ,dijelaskan tentang kategori,indikator, kisi-kisi, dan perangkat pembelajaran terkait dalam Penelitian Tindakan kelas.Secara langsung dengan adanya video tersebut, mengajarkan kepada kami bagaimana cara mengajar yang baik, dan bagaiamana cara berhadapan dengan siswa ketika mengajar.Semoga video tersebut dapat diknimati oleh banyak kalangan dan bermanfaat bagi semua orang.Aminn.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  40. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B 2017

    Instrumen pada dasarnya terbagi menjadi dua jenis (tes dan non tes). Instrumen digunakan berdasarkan jenis penelitian yang akan dilakukan, sehingga data yang dikumpulkan dapat memberikan informasi yang diinginkan dan diperlukan oleh penelitian. Instrumen disusun berdasarkan indikator dan tujuan dalam penelitian. Kualitas hasil penelitian sangat ditentukan oleh validitas dan reliabilitas pada instrumen yang digunakan. Sehingga , rumusan pertanyaan penelitian yang sesuai dengan indikator dan tujuan penelitian dapat terjawab.

    ReplyDelete
  41. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Cara bapak mengenalkan PTK melalui vidio sangat membantu, serta menjadikan sebuah alternatif yang dapat menjadi acuan bagi kami untuk nantinya dapat menggunakan media berbasis teknologi dalam mengajar nantinya. Adapun terkait uraian dalam vidio tersebut tentang PTK, PTK merupakan sebuah penelitian yang mengkaji tindakan-tindakan, untuk mencari sebuah pemecahan masalah. Teori ini didasari oleh teori normatif, serta dokumen formal.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  42. Nama : I Nyoman Indhi Wiradika
    NIM : 17701251023
    Kelas : PEP B

    PTK merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang guru. Proses pembelajaran yang baik hendaknya berlandaskan riset tentang penggunaan metode pembelajaran yang efektif. Selain itu, dalam penggunaan metode, dapat juga dilaksanakan dalam rangka lesson study di mana ada kerjasama antar guru. Bekal yang sangat berguna bagi para pendidik.

    ReplyDelete
  43. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengatasi masalah-masalah yang terdapat pada kelas yang diampu oleh seorang guru. Pernah ada dosen yang mengatakan bahwa penelitian tindakan kelas ini bertujuan mencari obat bagi kondisi kelas yang sedang mengalami sakit, baik itu dari suasana kelas, suasana belajar mengajar maupun dari siswanya sendiri, bahkan bisa juga dari gurunya juga. Dalam penelitian tindakan kelas juga diperlukan instrumen-intrumen dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan Link yang diberikan oleh bapak membantu saya untuk mengingat kembali mengenai penelitian tindakan kelas yang telah dipelajari.

    ReplyDelete
  44. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Dalam melaksanakan penelitian, Instrumen menjadi salah satu komponen dalam prosedur penelitian yang memiliki andil besar dalam menentukan kualitas dari penelitian tersebut. Sebuah instrumen penelitian yang baik harus memenuhi dua syarat utama yakni valid dan reliabel, artinya instrumen tersebut harus dapat mengukur apa yang hendak diukur dengan mengacu pada teori dan kebenarannya dapat diterima secara umum dan logis; dan hasil pengukurannya bersifat konsisten dari waktu ke waktu. Dengan demikian, hasil penelitian yang dilakukan akan bersifat valid dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

    ReplyDelete
  45. Junianto
    17709251065
    PM C

    Peneltian Tindakan Kelas (PTK) merupakan peneltian yang berakar dari observasi masalah yang terjadi dalam pembelajaran. Kemudian peneliti ingin mengupayakan solusi dari permasalahan tersebut. Tentu penelitian ini membutuhkan instrumen yang digunakan untuk mengambil data yang akan diolah. Maka dari itu, kevalidan instrumen harus diuji karena akan menentukan kevalidan penelitian. Hasil penelitian juga sangat bergantung pada kualitas dan kevalidan instrumen. Semakin bagus dan valid instrumen, maka hasil penelitian juga diharapkan semakin valid.

    ReplyDelete
  46. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Terimakasih atas videonya. Pengembangan instrumen penelitian pendidikan perlu untuk kemajuan dunia pendidikan. PTK sebagai penyempurna kegiatan pembelajaran yang selalu dinamis dan berkembang dari waktu ke waktu membutuhkan pengembangan instrumen penelitian pendidikan.

    ReplyDelete
  47. Indah Purnama Sari
    17701251035
    PEP B 2017

    terimakasih pak atas pembelajaran melalui vidio ini. Penelitian tindakan kelas menurut saya adalah salah satu metode penelitian yang sangat efektif mengetahui bagaimana cara atau teori yang kita gunakan berhasil atau tidak pada pembelajaran anak tersebut. Dan rata rata hasil dari penelitian tindakan kelas itu sendiri adalah peningkatan hasil belajar yang ada didalam kelas pada saat pembelajaran.

    ReplyDelete
  48. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Menarik selama mengikuti kuliah filsafat ilmu, mahasiswa diminta merekam audio perkuliahan bapak, jadi saat di kelas kita fokus berpikir dan berpikir. Rekaman audio bisa kita putar kembali di rumah, jadi informasi yang diterima menjadi utuh. Begitu pula dengan video pembelajaran yang membahas tentang PTK diatas, bisa menjadi sumber belajar alternatif selain buku.

    ReplyDelete
  49. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Terimaksih Pak atas kebaikan Bapak dengan mambagikan link video tersebut. Menurut pendapat saya PTK lebih cocok dilakukan oleh seorang guru untuk melakukan perbaikan-perbaikan selama mengajarnya, juga untuk mengetahui peningkatan yang dialami oleh siswa. Hal itu perlu dilakukan karena seorang guru perlu melakukan perbaikan-perbaikan baik dari segi model yang digunakan, pendekatannya dan juga metodenya. Mengingat karakter dan kebutuhan tiap zaman berbeda-beda, maka tergantung bagaimana kondisi siswa, apa yang dibutuhkan siswa dan apa yang dialami siswa.

    ReplyDelete
  50. Devi Nofriyanti
    17709251041
    S2 P.Mat UNY kelas B 2017

    Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan penelitian yang dilakukan guru untuk memperbaiki kualitas pmbelajarannya. penelitian ini berawal dari permasalahan yang ditemukan guru di kelas. saya belum pernah melakukan penelitian jenis ini, semoga ke depannya kelas bisa saya realisasikan. thanks for sharing prof.

    ReplyDelete
  51. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran di dalam kelas. Penelitian ini hanya dapat dilakukan oleh guru-guru yang telah memiliki kelas sendiri. Penelitian tindakan kelas terdiri dari beberapa siklus dimana siklus tersebut dapat dihentikan apabila tujuan pembelajaran yang dinginkan telah tercapai dengan baik. Dalam PTK banyak sekali indikator-indikator pencapaian yang dapat diperbaiki dan diteliti sesuai dengan konteks yang diinginkan oleh guru.

    ReplyDelete
  52. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Berdasarkan pengalaman teman saya yang pernah melakukan Penelitian Tindakan Kelas, hasil dari penelitian tersebut sangat membantu proses evaluasi dalam belajar. Dalam penelitian PTK juga membutuhkan waktu yang cukup panjang. Hal ini dikarenakan adanya kurun waktu tertentu yang diharapkan berbeda hasilnya atau diharapkan memiliki peningkatan dari waktu ke waktu. Sangat menarik, jika dalam penelitian mengkombinasikan antara teori normatif, dokumen formal dan evidence lainnya. Menurut saya, hasil dari PTK dapat meningkatkan performa belajar siswa.

    ReplyDelete
  53. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Video yang diunggah di YouTube tersebut menjelaskan mengenai PTK, menurut saya PTK sangat cocok dilakukan oleh guru, dimana guru tidak hanya mengajar saja namun tetap melakukan penelitian yang salah satunya dengan PTK. Karena PTK dilakukan untuk meningkatkan kemampuan siswa. Sehingga gurulah yang lebih memahami karakteristik siswanya dan bagian mana kemampuan siswa yang harus ditingkatkan. Dengan adanya penelitian tindakan jkelas yang dilakukan oleh guru diharapkan semakin membuat guru menyadari pentingnya penelitian untuk mewujudkan siswa yang cerdas dan berkarakter

    ReplyDelete
  54. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Instrumen merupakan hal yang penting dalam kegiatan penelitian. Instrument memiliki berbagai macam bentuk diantaranya instrument test berupa soal dan instrument non test (angket, lembar observasi). Sebelum dipakai dalam penelitian, instrument harus divalidasi terlebih dahulu agar bisa mengukur apa yang ingin di ukur. Suatu Instrumen adalah bagian yang penting,karaena instrumen dalam penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan sebuah data yang akan dianalisis sehingga dapat dilihat kebermanfaatan dari suatu penelitian dan juga pengembangan sebuah intrumen pembelajaran yang baru.

    ReplyDelete
  55. efi septianingsih
    pep
    kelas b
    17701251013

    terimakasih informasinya dalam mataeri pengembangan instrumen penelitian pendidikan (classroom action research)
    bapak merupakan salah satu dosen yang kreatif dalam pengembangan dalam ilmu pembelajaran, menggunakan media yang sebagai satu kebutuhan pokok bagi manusia saat ini

    ReplyDelete
  56. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh


    Instrumen memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan mutu suatu penelitian, karena validitas atau kesahihan data yang diperoleh akan sangat ditentukan oleh kualitas atau validitas instrumen yang digunakan, di samping prosedur pengumpulan data yang ditempuh. Hal ini mudah dipahami karena instrumen berfungsi mengungkapkan fakta menjadi data, sehingga jika instrumen yang digunakan mempunyai kualitas yang memadai dalam arti valid dan reliabel maka data yang diperoleh akan sesuai dengan fakta atau keadaan sesungguhnya di lapangan. Sedangkan jika kualitas instrumen yang digunakan tidak baik dalam arti mempunyai validitas dan reliabilitas yang rendah, maka data yang diperoleh juga tidak valid atau tidak sesuai dengan fakta di lapangan, sehingga dapat menghasilkan kesimpulan yang keliru. Semoga dengan menonton video yang telah dibuat oleh prof. Marsigit tersebut saya bias lebih baik lagi dalam menyusun istrumen penelitian pendidikan dalam penyusuna jurnal dan tesis

    ReplyDelete
  57. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  58. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Inovasi yang dikembangkan guru dalam mengatasi masalah dalam pembelajaran dapat berupa pengembangan media maupun metode pembelajaran. Inovasi yang telah dikembangkan guru perlu diujicobakan dalam penelitian tindakan kelas untuk melihat keefektifan instrumen yang buat buat, kekurangan, dan kelebihannya, dan terus memperbaikinya berdasarkan kondisi di kelas. Maka guru juga perlu untuk mengembangkan instrument penelitian. Instrumen penelitian ini dapat beruba soal pretest dan posttest, angket, maupun draft wawancara dan observasi. Karena itulah penting pula untuk seorang calon guru mempelajari cara mengembangkan instrument yang valid sehingga hasil penelitian juga lebih valid.

    ReplyDelete
  59. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami meyakini bahwa instrument penelitian merupakan komponen yang sangat penting dalam suatu penelitian, terutama pada penelitian dibidang sosial sains khususnya dalam pendidikan. Instrumen ini merupakan alat yang digunakan oleh peneliti dalam melaksanakan sebuah penelitian, tanpa isntrumen maka sebuah penelitian tidak akan bisa berjalan dengan lancar. Saat ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian yang wajib dilakukan oleh guru-guru. Saat ini minimal dalam kurun waktu seidaknya empat tahun seorang guru harus membuat sebuah penelitian kecil. Hal ini berguna dalam penaikan angka kredit yang berimbas pada kenaikan golongan, dan tentu saja harapannya dengan melakukan PTK tersebut tidak hanya sekedar untuk mendapatkan angka kredit, yang lebih utama adalah meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  60. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Instrument penelitian pendidikan memiliki peranan penting dalam pelaksanaan penelitian. Dengan adanya pengembangan instrument akan menghasilkan instrument yang sesuai dengan prosedur pengembangan yang baik. Untuk itu diperlukan pelatihan pengembangan instrument bagi guru maupun calon pendidik. Sekarang guru, tidak hanya sekedar mengajar di kelas, namun juga bisa melakukan penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK, ada tahap perencanaan, dimana guru merancang perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS untuk pelaksanaan pembelajaran. Dengan adanya pengetahuan mengenai pembuatan instrument peenelitian akan memudahkan guru dalam pelaksanaan penelitian.

    ReplyDelete
  61. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Terima kasih pak untuk informasinya. Instrumen merupakan salah satu hal pokok dalam pelaksanaan penelitian. Dengan instrumen yang baik, penelitian dapat berjalan sesuai apa yang diharapkan peneliti dan nantinya diharapkan dapat memberi manfaat bagi peneliti-peneliti lain serta dapat diimplementasikan dalam pembelajaran (instrumen penelitian pada bidang pendidikan). Dengan pengetahuan yang baik dalam membuat instrumen, akan dapat membantu guru apabila suatu saat akan mengadakan penelitian di kelas, contohnya dalam Penelitian Tindakan Kelas.

    ReplyDelete
  62. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Intrumen memegang peranan penting dan tak tergantikan dalam sebuah penelitian ataupun pengukuran. Oleh karena itu, instrument yang digunakan dalam penelitian maupun pengukuran harus benar-benar valid. Berdasarkan uraian dan penjelasan dalam video diatas dapat kami tangkap bahwa dalam mengambangkan instrument penelitian tidak boleh asal-asalan. Instrumen harus berdasarkan dasar tertentu, misalnya bentuk instrument harus sesuai dengan apa yang akan diukur, isi instrument harus sesuai dnegan indicator-indikator dari apa yang mau di ukur pula. Oleh karena itu, dalam menyususn instrument , peneliti harus merencanakan sebaik mungkin agar tidak salah langkah. Terima Kasih

    ReplyDelete
  63. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Penelitian Tindakan Kelas merupakan metode ilmiah untuk memecahkan masalah pembelajaran. Dalam penelitian sebuah instrumen diperlukan untuk pengumpulan data yang tepat untuk menghasilkan suatu data valid dan empiris. Dengan kata lain instrumen adalah suatu hal yang vital dalam sebuah penelitian. Oleh karena itu penyusunan instrumen penelitian tidak boleh sembarangan. Apabila instrumen tidak baik, maka instrumen tidak dapat mengukur apa yang ingin diukur sehingga data yang didapat menjadi tidak bermakna.

    ReplyDelete
  64. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Penelitian tindakan kelas ialah penelitian yang dilaksanakan guru untuk kelasnya atau rombongan belajarnya yang memiliki kasus atau permasalahan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuannya ialah menemukan solusi dari permasalahan tersebut, baik berupa treatment baru atau strategi pembelajaran yang lebih efektif. Dalam hal ini, peneliti (guru) perlu mengembangkan istrumen dalam pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini. Semoga dengan tayangan tersebut dapat memberi semangat para guru dan calon guru untuk dalam mengembangkan instrument penelitian tindakan kelas.

    ReplyDelete
  65. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Instrument penelitian adalah nyawa dari sebuah penelitian pendidikan, karena penelitian mampu terlaksana karena adanya instrument penelitian dan jika instrumen penelitian tidak valid dan realiable maka penelitian yang terlaksana pun tidak akan berjalan dengan benar sesuai dengan landasan teori dan dokumen formal (kurikulum); tidak mampu mengatasi masalah yang sesungguhnya terjadi di lapangan serta tidak mampu mengukur apa yang diinginkan oleh peneliti, dan hasil penelitian pun akan diragukan hasilnya. Oleh karena itu instrumen penelitian baik itu perangkat pembalajaran, lembar observasi, angket, pedoman wawancara haruslah direncanakan, disusun dengan matang yaitu dengan valid dan reliable. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  66. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Penelitian Tindakan kelas adalah suatu bentuk kajian yang bersifat reflektif. Sebelum dilaksanakan penelitian, peneliti perlu melakukan berbagai persiapan sehingga semua komponen yang direncanakan dapat dikelola dengan baik karena langkah merencanakan merupakan langkah pertama. Tanpa rencana, kegiatan yang kita lakukan tidak akan terarah. Rencana akan menjadi acuan dalam melaksanakan tindakan. Tujuan utama PTK adalah untuk memecahkan permasalahan nyata yang terjadi di dalam kelas sekaligus mencari jawaban ilmiah.

    ReplyDelete
  67. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Dalam penelitian, menyusun dan mengembangkan instrumen merupakan langkah yang sangat penting. Hal ini dikarenakan instrumen menjadi salah satu penentu kualitas dari hasil penelitian. Setelah melihat video pada link yang tertaut di atas, instrumen yang digunakan tergantung pada jenis datanya. Dalam PTK dapat digunakan RPP atau perangkat pembelajaran lainnya untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

    ReplyDelete
  68. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Instrumen penelitian merupakan sarana yang penting untuk menunjang suksesnya sebuah penelitian. Instrumen memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan mutu suatu penelitian, karena validitas atau kesahihan data yang diperoleh akan sangat ditentukan oleh kualitas atau validitas instrumen yang digunakan. Hal ini mudah dipahami karena instrumen berfungsi mengungkapkan fakta menjadi data, sehingga jika instrumen yang digunakan mempunyai kualitas yang memadai dalam arti valid dan reliabel maka data yang diperoleh akan sesuai dengan fakta atau keadaan sesungguhnya di lapangan.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  69. Eka Luthfiana LAthifah
    17709251062
    PPs P.Mat C


    dalam mengembangkan penilaian instrumen, perlu dipelajari dengan baik, karena instrumen merupakan salah satu unsur yang penting dalam sebuah penelitian. terdapat beberapa macam instrumen, instrumen yang akan digunakan tergantung pada jenis data penelitian yang dilakukan

    ReplyDelete
  70. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Intrumen penelitian yang dihasilkan oleh peneliti akan memberikan dampak yang besar bagi penelitian mereka jika dibuat dan divalidasi dengan baik oleh orang-orang yang kompeten. Karena pada dasarnya ruh dari penelitian adalah indtrumen penelitian. Jika instrumen penelitian yang diberikan tidak baik atau tidak dapat mengukur apa yang akan diteliti, maka instrumen tersebut tidak bisa memberikan kontribusi yang banyak terhadap hasil dari sebuah penelitian
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  71. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Instrumen penelitian merupakan kunci dari sebuah penelitian tanpanya kita tidak bisa mendapatkan data yang akan kita teliti. Instrumen penelitian adalah alat bantu yang dipilih dan digunakan oleh peneliti dalam kegiatannya mengumpulkan agar kegiatan tersebut menjadi sistematis dan dipermudah olehnya. Instrumen pengumpulan data adalah cara-cara yang dapat digunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data. Instumen sebagi alat bantu dalam menggunakan metode pengumpulan data merupakan sarana yang dapat diwujudkan dalam benda, misalnya angket ,perangkat tes, pedoman wawancara, pedoman observasi, skala dan sebaginya.

    ReplyDelete
  72. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Vidio tersebut memang sangat menarik untuk dicermati, karena memuat hal yang sagat dibutuhkan guru dalam mengembangakan ataupun membuat sebuah intrumen. Dan ini merupakan hal yang penting yang harus dimengerti dalam melakukan penelitian. Terimakasih atas video yang telah dibagikan.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  73. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Instrumen merupakan alat untuk mengukur sesuatu. Instrumen penelitian pendidikan merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data. Setiap jenis penelitian memiliki instrumen yang sedikit banyak berbeda dan ada pula yang saling beririsan. Adanya isntrumen ini akan memudahkan peneliti dalam mengukur apa yang hendak di ukur.

    ReplyDelete
  74. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau CAR (Classroom Action Research) merupakan penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru atau praktisi pendidikan sebagai upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran yang dilaksanakan guru demi tercapainya tujuan pembelajaran. PTK ini dilalkuakn guna untuk mengatahui dan meningktan pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran, sehingga permasalahan-permasalahan yang ada dikelas yang paham dan kontinue di ketahui oleh guru sehingga penelitian ini digunakan untuk menyeesaikan masalah yang ada pada siswa dan untuk meningkatkan kemampuan siswa.

    ReplyDelete
  75. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih prof atas video pengembangan instrumen yang disajikan. Seperti diketahui bahwa PTK merupakan salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh guru utamanya dalam hal kenaikan pangkat dimana hal initentunya diharapkan bukan hanya menjadi syarat administrasi bagi guru tapi juga menjadi wadah untuk mengembangkan professionalitas dan inovatif.

    ReplyDelete
  76. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action research merupakan sebuah langkah bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang ia lakukan. Dalam melakukan action research, guru perlu melihat, mengobservasi, menganalisis lalu menyimpulkan apa yang sebenarnya menjadi permasalahan dalam kelas tempat ia mengajar. Melalui pemahaman masalah tersebut, guru kemudian merumuskan metode atau langkah apa yang tepat digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. action research merupakan metode penelitian yang sangat cocok dan pas untuk dilakukan oleh para guru. Karena manfaat praktis dari penelitian tersebut akan kembali lagi kepada guru.

    ReplyDelete
  77. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research merupakan penelitian yang wajib dilakukan oleh guru-guru. Saat ini minimal dalam kurun waktu seidaknya empat tahun seorang guru harus membuat sebuah penelitian kecil. Dengan ini, guru dapat mengamati dan mencari solusi atas permasalahannya di dalam kelas terlebih ketika ia mengajar. Melalui video yang diberikan, instrumen penelitian tindakan kelas dapat direvisi dan diperbaiki tergantung kebutuhan guru akan meneliti apa dan bagaimana. Karena instrumen penelitian yang dihasilkan oleh peneliti akan memberikan dampak yang besar bagi penelitian mereka jika dibuat dan divalidasi dengan baik oleh orang-orang yang kompeten dan ahli di dalamnya. Sehingga hasil penelitian akan lebih akurat, dan solusi yang dicari juga didapat dan tepat.

    ReplyDelete
  78. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Instrumen penelitian pendidikan tentu perlu dikembangkan seiring dengan berkembanganya dunia pendidikan dan juga teknologi. Instrumen dikembangkan untuk menemukan solusi dari permasalahan-permasalahan yang semakin beragam dan semakin kompleks. Perkuliahan mengenai hal ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa untuk belajar mengembangkan instrumen penelitian pendidikan yang sudah ada sebelumnya.

    ReplyDelete
  79. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Banyak orang tentu sepakat bahwa instrumen menjadi salah satu bagian penting dalam penelitian pendidikan maupun penelitian pada umumnya. Saya pun demikian. Menurut saya, instrumen memagang peranan yang sangat besar atas keberhasilan suatu penelitian. Dengan kata lain berhasil atau tidaknya penelitian, salah satunya, ditentukan oleh instrumen. Instrumen yang baik akan mampu menghasilkan data yang valid, dari data yang valid akan mampu ditarik kesimpulan yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan. Instrumen yang salah akan sangat mungkin menghasilkan data yang tidak benar, sehingga apa yang disimpulkan menjadi tidak baik. Oleh sebab itu kemampuan menyusun instrumen sesuai dengan kaidahnya harus dimiliki oleh setiap peneliti.

    ReplyDelete
  80. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Terimakasih Pak Prof atas link yang telah bapak bagikan..
    Instrumen adalah salah satu alat yang penting dalam penelitian, baik yang dilakukan guru maupun peneliti. Dengan adanya perkembangan instrumen penelitian, maka dapat membantu peneliti awaal atau peneliti baru dalam mendapatkah hasil penelitian yang diinginkan.

    ReplyDelete
  81. Febriana Putri Hutami
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241007
    Terimakasih Prof, atas pemaparannya. Semakin menambah wawasan saya mengenai PTK (Penelitian Tindakan Kelas), yang pastinya sering dilakukan oleh setiap guru. PTK ini biasanya dilakukan oleh Guru mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tertentu yang dialami suatu rombel tertentu, serta untuk meningkatkan kualitas siswa. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa siklus, sampai masalah yang dihadapi dapat teratasi. Setelah permasalahan ini teratasi, hasil dari PTK ini akan menjadi teori yang dapat digunakan orang lain yang mungkin memiliki kasus dan karakteristik yang sama. Sehingga orang yang akan melaksanakan PTK perlu membaca penelitian sebelumnya. Karna pada dasarnya hasil PTK ini seperti sungai teori, mempelajari teori dan kemudian menghasilkan teori.

    ReplyDelete
  82. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Terimakasih Prof atas informasinya, intrumen adalah hal penting dalam sebuah penelitian karena instrumen ini akan menunjukan bagaimana cara dalam melakukan penelitian dan juga proses untuk dilakuknnya sebuah penelitian. dari link ini saya menjadi tahu bagaimana PTK dilakukan oleh guru dan bagaimana proses pelaksanaan PTK.

    ReplyDelete
  83. Nur Sholihah
    15301241020
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih Bapak atas ilmunya. Sebagai seorang calon pendidik kami harus tau mengenai PTK ini, karena ketika menjadi guru bukan berarti tugas kami hanya mengajar namun juga melakukan penelitian untuk memajukan pendidikan. Salah satu penelitian yang dapat dilakukan oleh seorang guru yaitu PTK ini. Mengapa guru harus tau mengenai PTK? karena, pada dasarnya seorang guru harus mempunyai sifat suka meneliti dan penilitian PTK ini tidak dapat dilakukan oleh mahasiswa, hanya boleh dilakukan oleh seorang pengajar yang notabene sudah tau mengenai keseharian kelas tersebut.

    ReplyDelete
  84. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Terima kasih Prof, atas ilmu yang telah disampaikan. PTK (Penelitian Tindakan Kelas) memang sangat penting untuk dilakukan oleh seorang guru, karena PTK berfungsi untuk mengatasi masalah pembelajaran di kelas yang diampu oleh guru tersebut dalam bentuk treatment baru atau strategi pembelajaran yang lebih efektif. Selain itu, PTK juga wajib dilakukan oleh seorang guru sebagai penaikan angka kredit untuk kenaikan golongan.

    ReplyDelete
  85. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih Pak atas ilmunya. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadi salah satu hal penting yang harus diketahui oleh setiap guru, karena melalui PTK guru dapat meneliti dan mencari alternatif solusi yang efektif untuk mengatasi masalah-masalah yang timbul selama pembelajaran di kelas. Sehingga dengan diadakannya PTK diharapkan guru dapat melaksanakan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien sesuai dengan karakteristik siswa.

    ReplyDelete
  86. Julialita Muhariani
    15301241004
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof telah membagikan informasi baru yang sangat bermanfaat. Menurut yang telah Saya pahami terkait PTK, PTK merupakan penelitian yang cocok untuk dilakukan oleh seseorang yang telah menjadi guru, ide-ide muncul saat kegiatan pembelajaran di kelas dimulai. Guru menemukan suatu permasalahan dan kemudian melakukan penelitian dalam rangka menciptakan suatu solusi terhadap permsalahan yang terjadi agar dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

    ReplyDelete
  87. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    Pendidikan matematika A 2015

    Terimakasih prof untuk link video yang telah dibagikan. Penelitian Tindakan elas merupakan salah satuhan yang harus dilakukan oleh mahasiswa PPG dan yang biasa diakukan oleh guru mata pelajaran. PTK merupakan salah satu upaya yang dimaksudkan untuk memperbaiki atau meningkatkan pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan dalam beberapa siklus sampai tujuan dalam pembelajaran tersebut tercapai. Dari setiap siklus yang ada disimpulkan kemudian dirangkum. Kesimuplan dari penelitian tersebut menghasikan teori yang dapt dipakai oleh orang lain. Berarti bahwa dari teori-teori yang awalnya digunakan utnuk penelitian akan menghasilkan kesimpulan yang juga berupa teori. Oleh karena itu, membaca, membaca dan membaca merupakan hal yang wajib untuk menjadi guru yang profesional.

    ReplyDelete
  88. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Terima kasih Prof. atas informasi dan ilmunya yang telah dibagikan. PTK memang sangat penting untuk dijadikan penelitian bagi guru-guru yang sudah professional mengajar di kelas sesungguhnya. Pendidik adalah garda terdepan yang paling mengerti situasi dan kondisi peserta didiknya. Sehingga, sangatlah bermanfaat jika melakukan PTK karena dapat menjadi refleksi dan membuka peluang untuk munculnya solusi sebagai ide dan inovasi baru dalam dunia pendidikan.

    ReplyDelete
  89. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Saat ini saya menempuh program S1. Di jenjang ini mahasiswa belum diperkenankan untuk mengambil penelitian dengan metode PTK atau penelitian tindakan kelas namun video yang bapak bagikan sangat bermanfaat. Saya jadi memahami bahwa dalam penelitian tindakan kelas intrumen-instrumen seperti RPP, LKS, angket, dll yang digunakan untuk mengatasi masalah yang ada dalam kelas itu ada setelah melalui banyak proses dimulai dari memahami teori normative, dokumen formal lalu timbulah kategori yang kemudian dikembangkan menjadi indicator dilanjutkan kisi-kisi baru tercipta instrument-instrumen tersebut.

    ReplyDelete
  90. Isykarima Nur S
    15301241032
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Terimakasih Prof atas ilmu yang diberikan. PTK atau Penelitian Tindakan Kelas adalah hal penting yang harus diketahui oleh setiap guru. PTK tersebut dilakukan untuk mencari alternative solusi untuk mengatasi permasalahan yang muncul pada kegiatan belajar mengajar di kelas. Dengan solusi tersebut diharapkan guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan lebih efektif dan efisien serta sesuai dengan karakteristik siswa di kelas tersebut.

    ReplyDelete
  91. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih pak atas informasinya tentang penelitian tindakan kelas. PTK adalah penelitian yang dilakukan melalui praktek di kelas untuk memperbaiki pembelajaran yang ada di kelas demi tercapainya tujuan pembelajaran. Sehingga dalam hal ini lebih seperti evaluasi yang dilakukan oleh guru.

    ReplyDelete
  92. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    15301241046
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.
    Terimaksih atas link yang diberikan Prof, sangat dibutuhkan bagi mahasiswa pendidikan untuk gambaran bagaimana penelitian tindakan kelas dilakukan karena saat ini penelitian tindakan kelas tidak diizinkan untuk mahasiswa S1. Peelitian tindakan kelas tentunya sangat penting dilakukan oleh guru, karena selain untuk syarat penaikan angka kredit untuk kenaikan golongan, penelitian tindakan kelas juga berguna untuk mengetahui pembelajaran seperti apa yabf baik bagi siswa dan membuat inovasi baru dalam pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  93. Lisfiyati Mukarromah
    15301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof atas ilmu yang telah dibagikan.
    Video tersebut bisa memberikan kami gambaran tentang Penelitian Tindakan Kelas meskipun saat ini kami mahasiswa S1 belum boleh mengambil penelitian dengan metode PTK.
    PTK menjadi hal yang sangat penting bagi seorang guru untuk mengatasi masalah yang muncul dalam kegiatan belajar mengajar.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  94. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof atas link yang di share kepada kami. Pada video tersebut kita belajar tentang Penelitian Tindakan Kelas meskipun kami mahasiswa S1 tidak di perbolehkan untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian Tindakan Kelas digunakan untuk memperbaiki masalah yang muncul dalam proses pembelajaran di kelas agar tercapainya tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  95. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Terimakasih Prof atas link yang Prof berikan. Mengenai PTK (Penelitian Tindakan Kelas). PTK merupakan hal yang penting bagi guru agar dapat mengetahui dan mengatasi masalah apa yang muncul pada saat pembelajaran di kelas. Namun sayanya penelitian ini belum diperbolehkan bagi kami mahasiswa S1.

    ReplyDelete
  96. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    Terimakasih Prof atas link yang telah dibagikan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bertujuan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Upaya ini merupakan salah satu upaya guru dalam berbagai bentuk kegiatan untuk memperbaiki kualitas dan mutu pembelajaran di kelas. Dengan perbaikan kualitas pembelajaran di kelas diharapkan pemahaman dan hasil belajar siswa kedepannya menjadi semakin baik.

    ReplyDelete
  97. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015
    Terimakasih pak atas informasinya, semoga dengan video ini saya bisa lebih baik lagi dalam mengembangkan instrumen penelitian. Instrumen adalah suatu hal yang penting dalam penelitian. Karena dalam penelitian, instrumen digunakan untuk mengubah suatu hal yang bersifat fakta menjadi sebuah data. Sehingga, dengan adanya instrument kita bisa mengetahui suatu fakta yang ada di lingkungan penelitian yang dituliskan dalam suatu data. Semakin valid instrumen tersebut maka data yang diperoleh berdasarkan instrumen tersebut akan semakin tepat dengan fakta yang ada. Sebaliknya, apabila instrumen yang dikembangkan tidak valid, maka data yang diperoleh berdasarkan instrumen tersebut akan tidak bermakna atau tidak bisa menggambarkan fakta yang ada di lingkungan penelitian.

    ReplyDelete
  98. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Terima kasih Prof. Marsigit atas ilmu yang telah dibagikan kepada kami. Salah satu jenis peneilitain pendidikan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini berangkat dari adanya suatu masalah pembelajaran di kelas dan guru ingin mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan suatu strategi atau metode pembelajaran tertentu. Ada beberapa tujuan dari dilakukannya penelitian jenis ini, yaitu memperdalam pengetahuan dan pemahaman guru terhadap masalah pembelajaran di kelasnya dan memperbaiki serta meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  99. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Bahwa salah satu elemen terpenting dari suatu penelitian adalah instrumen penelitian. Instrumen penelitian ini digunakan untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan dalam penelitian. Berdasarkan video tersebut, saya memperoleh informasi bahwa dalam penelitian tindakan kelas, RPP, LKS, Handout bisa dijadikan sebagai instrumen--diturunkan dari kisi-kisi.

    ReplyDelete
  100. Yuni Pratiwi
    15301241005
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan penelitian yang dilakukan untuk memperbaiki masalah-masalah pembelajaran yang dihadapi oleh guru, memperbaiki mutu dan hasil pembelajaran dan mencoba hal-hal baru dalam pembelajaran demi peningkatan mutu dan hasil pembelajaran. PTK juga merupakan kebutuhan bagi guru untuk meningkatkan profesionalitasnya sebagai guru.

    ReplyDelete
  101. Intan Heryani Putri
    15301241011
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terima kasih atas ilmunya tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Prof. Saya setuju dengan pemberian ilmu melalui video pembelajaran yang interaktif, tidak hanya monoton tulisan saja. PTK sebagai penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas dapat dilakukan oleh para guru dan pendidik demi pemecahan masalah dan peningkatan mutu di berbagai bidang khususnya pendidikan.

    ReplyDelete