Jun 28, 2015

Kuliah Pengembangan Instrument Penelitian Pendidikan (PTK)_Prof. Dr. Marsigit, M.A.

Aslm, silahkan akses ke Video berikut yang ditayangkan pada weblognya Sdr Teguh, Ketua Kelas PPG Mat Gel III, sbb:




Semoga bermanfaat. Amin

Wslm

Marsigit

38 comments:

  1. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Berdasarkan video tersebut, saya belajar bahwa PTK sangat bermanfaat untuk guru-guru. Guru-guru yang membuat PTK berarti tahu bagaimana kelasnya. Misalnya kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran berlangsung. Kemudian guru membuat alternative/ solusi mengatasinya. Jika solusi tersebut dapat mengatasi kesulitan siswaya, maka guru menemukan solusi dan diabuat laporannya. Dengan pembuatan PTK, guru dapat meningkatkan kualitas dirinya dalam mengelola kelas dan siswanya.

    ReplyDelete
  2. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika B

    Video dalam tayangan youtube yang diunggah oleh Sdr Teguh sangat membantu dan bermanfaat sekali. Video tersebut sangat menarik sekali untuk dipelajari lebih lanjut. Pemaparan PTK disampaikan oleh Prof. Marsigit sangat jelas dan mudah dipahami. PTK biasanya digunakan oleh guru untuk melakukan penelitian langsung di dalam kelas. Dalam hal ini biasanya guru sangat memahami situasi dan kondisi yang terjadi di dalam kelas, baik kondisi siswa maupun kondisi ruang kelas. PTK digunakan untuk menemukan solusi yang harapannya dapat diterapkan langsung di dalam kelas. Dengan penelitian TIndakan Kelas ini, diharapkan guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan kualitas diri dalam mengorganisir kelas dan memange siswanya.

    ReplyDelete
  3. Ameliasari Tauresia Kesuma
    18701261015
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

    Penelitian tindakan kelas intinya refleksi untuk memperbaiki kegiatan pembelajaran. Diawali dengan kesulitan guru saat menyampaikan suatu materi di kelas, diawali dengan mengenal karakteristik siswa di kelas - Guru mencari solusi dengan melakukan tindakan tertentu untuk dilakukan di kelas. Solusi yang dipilih berdasarkan teori teori yang ada.

    Membuat perencanaan, dilakukan di kelas, diobservasi kemudian guru melakukan refleksi atas tindakan yang dilakukannya (siklus 1), dari refleksi tersebut dapat dilihat bagaimana harapan tujuan awal tercapai atau tidak, jika tidak kemudian dilakukan pengembangan dan inovasi tindakan awal (siklus 2) untuk mencapai tujuan yang ditetapkan diawal untuk menyelesaikan permasalahan pembelajaran di kelas tadi.

    Permasalahan yang ditemui di lapangan, selain harus tepat memilih tindakan (pendekatan, strategi, metode dan model pembelajaran) yang dilakukan, juga instrumen yang tepat untuk mengukur apakah tindakan yang dilakukan dapat memenuhi tujuan penelitian.

    ReplyDelete
  4. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Keberadaan Instrumen dalam penelitian tindakan kelas memiliki fungsi yang sangat strategis. Dikatakan demikian karena instrumen merupakan alat yang digunakan untuk mengukur keberhasilan tindakan dan atau digunakan untuk mengumpulkan data-data yang dibutuhkan dalam penelitian. Instrumen yang akan digunakan harus disesuaikan dengan prosedur dan langkah-langkah PTK. Instrumen ditinjau dari sisi proses harus bisa dijelaskan melalui kerangka berpikir peneliti melakukan PTK. Dalam membuat kerangka pikir terdapat komponen-komponen yaitu kondisi awal, tindakan, dan kondisi akhir. Oleh karenanya, instrumen ditinjau dari proses dalam PTK harus dapat menjangkau masalah yang berkaitan dengan input (kondisi awal), proses (saat berlangsungnya tindakan), dan output (hasil/kondisi akhir yang diharapkan).

    ReplyDelete
  5. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Dengan adanya video di atas maka tampak bahwa sangatlah penting PTK. Dalam hal ini guru tentu sudah mengetahui situasi , kondisi bahkan sedikit karakteristik siswa di dalam kelas sehingga lebih mudah untuk dapat melakukan penelitian langsung di dalam kelas dan dapat melihat masalah-masalah apa yang ditemui serta direncakan solusinya.

    ReplyDelete
  6. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Sangat bagus sekali pak tayangan tersebut. Penelitian tindakan kelas merupakan suatu penelitian yang bisa digunakan oleh pendidik dalam mengontrol situasi di dalam kelas dan juga menemukan solusi untuk permasalahan yang sudah ditemui sebelumnya. Tentunya permasalahan tersebut bisa datang dari siswa ataupun situasi kelas yang kurang efektif. Semoga dengan video ini kami semua dapat memanfaatkannya dengan baik dan lebih memahami tentang penelitian tindakan kelas.

    ReplyDelete
  7. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Penelitian tindakan kelas atau yang biasa disingkat PTK, adalah penelitian yang dilakukan oleh guru mengenai kondisi kelasnya. Penelitian ini bermanfaat untuk mengetahui proses pembelajaran. Oleh karena itu, guru perlu memahami proses penyelenggaraan PTK sehingga dapat diterapkan.

    ReplyDelete
  8. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian khusus yang dilakukan oleh guru mengenai kondisi dikelasnya. penelitian ini sangat bermafaat untuk guru agar dapat menyelesaikan persoalan di kelasnya sendiri. Tayangan tersebut sangat bermanfaat bagi kami untuk lebih memahami tentang ptk.

    ReplyDelete
  9. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Dari video diatas, PTK dilakukan dengan diawali oleh suatu kajian terhadap masalah tersebut secara sistematis. Hal kajian ini kemudian dijadikan dasar untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam proses pelaksanaan rencana yang telah disusun, kemudian dilakukan suatu observasi dan evaluasi yang dipakai sebagai masukan untuk melakukan refleksi atas apa yang terjadi pada tahap pelaksanaan. Hasil dari proses refeksi ini kemudian melandasi upaya perbaikan dan peryempurnaan rencana tindakan berikutnya. Tahapan-tahapan di atas dilakukan berulang-ulang dan berkesinambungan sampai suatu kualitas keberhasilan tertentu dapat tercapai.

    ReplyDelete
  10. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dari video dalam postingan ini, telah dijelaskan penting PTK bagi guru. Penelitian Tindakan Kelas adalah sarana evaluasi diri guru sendiri. Karena dengan PTK guru menjadi tahu bagaimana kondisi kelasnya, pengajarannya, kesulitan, dan hal-hal lain yang dapat dijadikan bahan refleksi guru untuk memperbaiki kualitas pembelajarnnya di kelas.

    ReplyDelete
  11. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Penelitian Tindakan Kelas tidak sembarangan orang bisa melakukannya. Jika salah dalam memahami apa yang terjadi dengan siswa, maka bisa salah juga metode yang digunakan untuk dapat membantu siswa dalam belajar. dalam hal ini PTK baik dilaksanakan oleh guru, karena gurulah yang paling mengerti siswanya dan mengetahui apa yang diperlukan oleh siswanya sehingga bisa memberikan yang terbaik bagi siswanya.
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  12. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Penelitian tindakan kelas memerlukan persiapan yang baik dari tahap perumusan teori-teori normatif untuk di breakdown ke dokumen formal dan eviden pendahuluan. Dari hal tersebut muncul kategori, indikator, institusi, dan isntrumen. Dengan merumuskan kerangka tersebut diharapkan akan lebih mudah dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas.

    ReplyDelete
  13. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Instrumen yang digunakan dalam penelitian harus valid dan reliabel. Instrumen dibagi menjadi dua yaitu instrumen tes dan instrumen non tes. Validitas instrumen dilakukan oleh validator ahli, serta dengan melakukan uji coba secara langsung ke kelas kecil. Instrumen bersifat valid artinya yaitu instrumen tersebut mengukur apa yang seharusnya diukur sendangkan instrumen bersifat reliabel berarti instrumen tersebut hasil pengukurannya selalu konsisten.

    ReplyDelete
  14. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Menyusun instrumen merupakan langkah penting dalam pola prosedur penelitian. Instrumen berfungsi sebagai alat bantu dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Menyusun instrumen pada dasarnya adalah menyusun alat evaluasi, karena mengevaluasi adalah memperoleh data tentang sesuatu yang diteliti, dan hasil yang diperoleh dapat diukur dengan menggunakan standar yang telah ditentukan sebelumnya oleh peneliti. Dalam hal ini terdapat dua macam alat evaluasi yang dapat dikembangkan menjadi instrumen penelitian, yaitu tes dan non-tes.

    ReplyDelete
  15. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    CAR (Classroom Action Research) atau dalam bahasa Indonesia sering disebut Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru atau praktisi pendidikan sebagai upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran yang dilaksanakan guru demi tercapainya tujuan pembelajaran. PTK ini dilalkuakn guna untuk mengatahui dan meningktan pengetahuan peserta didik dalam pembelajaran, sehingga permasalahan-permasalahan yang ada dikelas yang paham dan kontinue di ketahui oleh guru sehingga penelitian ini digunakan untuk menyeesaikan masalah yang ada pada siswa dan untuk meningkatkan kemampuan siswa.

    ReplyDelete
  16. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu jenis peneletian yang sudah sejak lama diterapkan dan diteliti. Dimana pada penelelitiannya lebih kepada untuk meningkatkan ketercapaian pembelajaran di kelas. Untuk mencapainya membutuhkan intrumen yang jelas dan kesiapan dari peneliti apabila bertindak sebagai guru di kelas, karena keberhasilan suatu penelitian tindakan kelas sangat bergantung pada penyampaian materi guru di kelas. Untuk melihat peningkatan prestasi belajar siswa maka diperlukan tes lanjut atau siklus 2 karena pada penelitian tindakan kelas syarat umumnya minimal melaksanakan penelitian dengan dua siklus. Dari siklus tersebut peneliti mengkaji data prestasi belajar siswa apakah meningkat atau konstan ataukah menurun.

    ReplyDelete
  17. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Penelitian tindakan kelas merupakan sebuah sarana untuk memperbaiki atau mengevaluasi mengenai bagian-bagian pembelajaran yang masih kurang. Penelitian tindakan kelas memiliki sebuah manfaat yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran di kelas, yaitu apakah proses pembelajaran di kelas sudah mampu memfasilitasi siswa dalam memahami sebuah konsep atau belum. Oleh sebab itu, sangat penting bagi seorang guru untuk memahami mengenai PTK sendiri dan kemudian dapat menerapkannya dalam pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  18. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Dalam video tersebut Penelitian Tindakan Kelas berawal dari Teori Normatif, dokumen Formal dan Etigen Pendahuluan kemudian lahirlah kategori, indikator, kisi-kisi. Kemudian ditentukannya metodelogi penelitian hingga lahirnya instrumen penelitian, seperti RPP, LKS, lembar observasi, dan angket. Yang kemudian diterapkan dalam siklus-siklus, dimana minimal terdiri dari 2 siklus. Pada dasarnya PTK itu dilakukan untuk memerbaiki keadaan, dimana keadaan yang kurang dalam siklus satu disimpulkan kemudian diperbaiki dalam siklus dua. Kesimpulan yang diperoleh dalam melakukan Penelitian Tindakan Kelas menghasilkan sebuah teori, berawal dari teori dan kemudian diakhiri dengan sebuah teori kembali yang dapat digunakan oleh orang orang lain. Penelitian Tindakan Kelas seperti bermain-main dan masuk kedalam aliran sungai. Maka sebagai bekalnya diperlukan membaca-membaca dan membaca. Penelitian Tindakan Kelas mengingatkan kita bahwa dalam hidup diperlukan adanya tejemah dan diterjemahkan, jika sebuah siklus masih belum mencerminkan ketercapaian sebuah harapan dari penelitaian, maka siklus tersebut perlu diterjemahkan kekurangan-kekurangan nya yang kemudian diperbaiki pada siklus berikutnya. Dan begitulah hidup, selalu ada kesempatan untuk memperbaiki diri.

    ReplyDelete
  19. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    PTK ialah suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh guru yang sekaligus sebagai peneliti, sejak disusunnya suatu perencanaan sampai penilaian terhadap tindakan nyata di dalam kelas yang berupa kegiatan belajar-mengajar, untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilakukan. Selain itu, PTK bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang diselenggarakan oleh guru, yang dampaknya diharapkan tidak ada lagi permasalahan yang mengganjal di kelas.

    ReplyDelete
  20. Kartianom
    18710261001
    S3 PEP 2018

    Dalam metodologi penelitian pendidikan, jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) memiliki banyak sekali manfaat dalam dunia kependidikan di Indonesia. Hasil-hasil dari PTK dapat digunakan untuk para pengajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Selain itu penelitian tindakan kelas juga dalam rangka meningkatkan profesionalisme guru.

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. Ahmad syajili
    19709251066
    S2 PMD 2019


    Dari video tersebut PTK itu sangat penting karena dengan adanya PTK guru dapat mengendalikan kelas dan dapat mengetahui kesulitan pembelajaran. Dan juga dengan adanya PTK pembelajaran pun lebih berkualitas

    ReplyDelete
  23. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 Pendidikan matematika /D

    terimakasih banyak Bapak Prof Marsigit.
    instrumen penelitian merupakan komponen yang sangat penting dalam suatu penelitian terutama pada penelitian dibidang sosial sains khususnya dalam pendidikan. instrumen merupakan sebagai alat yang sangat penting oleh peneliti dalam melaksanakan sebuah penelitian. tanpa instrumen maka sebuah penelitian tidak akan bisa berjalan dengan baik. pada saat ini, penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan penelitian yang wajib dilakukan oleh guru, minimal dalam kurun waktu setidaknya empat tahun seorang guru harus membuat sebuah penelitian kecil. hal tersebut berguna dalam penaikan angka kredit yang berimbas pada kenaikan golongan, dan harapannya dengan melakukan PTK tersebut tidak hanya sekedar untuk mendapatkan angka kredit, lebih utama untuk meningkatkan kualitas kegiatan pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  24. Assalamu'alaikum wr.wb
    Novi Indriyani Kones
    PEP S2 A 2019
    19701251002

    Jiwa dari sebuah penelitian adalah instrumen penelitian karena dengan instrumen maka data yang kita butuhkan dalam penelitian didapatkan. Istrumen penelitian awalnya berasal dari teori normatif, dokumen, dan evendemen yang kemudian berkembang menjadi indikator dan kisi-kisi. Istrumen penelitian dapat berupa RPP, LKS, Observasi, Angket dan masih banyak lagi. Suatu instrumen dapat digunakan sebagai alat pada penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian dimana guru melakukan langsung tindakan di kelas dan menganalisis hasil pembelajaran.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  25. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom Action Research memiliki manfaat untuk pendidikan Indonesia. Hasil-hasil dari PTK dapat langsung dimanfaatkan untuk meningkatkan atau memperbaiki kualitas pembelajaran di dalam kelas.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  26. Wilis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Penelitian tindakan di lingkup kelas dilakukan untuk memberikan perbaikan serta peningkatan kualitas pembelajaran. Penelitian tindakan kelas bermula dari permasalahan-permasalahan yang dihadapi suatu kelas pada proses pembelajaran tertentu, PTK akan dinilai berhasil apabila penelitian yang dilakukan mampu memberikan peningkatan kualitas pembelajaran dan juga dapat sebagai solusi atau obat dari permasalahan yang dihadapi sebelumnya.

    ReplyDelete
  27. Khintoko Intan Permatasari
    19701251020
    S2 PEP A 2019

    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau CAR (Classroom Action Research) merupakan penelitian tindakan yang dilakukan oleh guru sebagai upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran yang dilaksanakan guru demi tercapainya tujuan pembelajaran. Empat langkah utama dalam PTK yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Empat langkah tersebut sering disebut dengan istilah siklus.Tahapan-tahapan (siklus) di atas dilakukan berulang-ulang, saling terkait sampai suatu kualitas keberhasilan tertentu dapat tercapai. PTK minimal diadakan dalam dua siklus. Instrumen penting yang digunakan dalam melakukan PTK adalah berupa lembar observasi (siklus), RPP, dan LKS.

    ReplyDelete
  28. Jewish Van Septriwanto
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    19709251077

    Penelitian Tindakan Kelas (PTK)bertujuan untuk memperbaiki kondisi kelas guru yang menitikberatkan pada peningkatan kondisi belajar yang sesuai dengan yang diharapkan guru. PTK dilaksanakan oleh guru kelas yang bermasalah dan dalam hal ini guru yang secara rutin melakukan refleksi akan mudah menemukan permasalahan PTK. Disisi lain, kita mengenal Lesson Study yang dipopulerkan oleh Jepang. Lesson Study mengkaji permasalahan melalui Do, see, plan. Dan yang menjadi perbedaan utama adalah perencanaan dalam melakukan Lesson Study harus benar-benar matang dan didukung oleh jumlah pengamat yang besar.

    ReplyDelete
  29. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    PTK atau biasa disebut Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu jenis penelitian yang dilakukan di sekolah khususnya di dalam kelas. PTK dilakukan untuk memperbaiki sistem belajar yang ada di dalam kelas sehingga dapat meningkatkan proses pembelajaran. Empat langkah utama dalam PTK yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Empat langkah tersebut disebut dengan siklus. Siklus itu dilakukan berulang-ulang sehingga mencapai suatu keberhasilan yang telah ditentukan, yaitu mampu memberikan peningkatan kualitas pembelajaran dan dapat memberikan solusi atau obat dari permasalahan yang dihadapi sebelumnya di dalam kelas.

    ReplyDelete
  30. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, PTK adalah menjadi salah satu jenis penelitian dalam Pendidikan. Focus utamanya adalah perbaikan akan tindakan pembelajaran, tindakan pengorganisasian kelas dan manajemen lain dalam siklus untuk pebaikan dan kebaikan. Oleh sebab itu, pengembangan instrument PTK yang menjadi tolok ukur keberhasilan PTK harus dikembangkan dengan baik, tentunya dengan data-data dan sumber rujukan yang sesuai agar valid, reliabel dan objektif. Contoh jenis-jenis Instrumen Penelitian Tindakan Kelas adalah :
    a. Observasi (Pengamatan).
    b. Interview (Wawancara).
    c. Field Note (Catatan Lapangan).
    d. Tes.

    Terimakasih.

    ReplyDelete
  31. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019

    Saat ini saya menempuh program S1. Di jenjang ini mahasiswa belum diperkenankan untuk mengambil penelitian dengan metode PTK atau penelitian tindakan kelas namun video yang bapak bagikan sangat bermanfaat. Saya jadi memahami bahwa dalam penelitian tindakan kelas intrumen-instrumen seperti RPP, LKS, angket, dll yang digunakan untuk mengatasi masalah yang ada dalam kelas itu ada setelah melalui banyak proses dimulai dari memahami teori normative, dokumen formal lalu timbulah kategori yang kemudian dikembangkan menjadi indicator dilanjutkan kisi-kisi baru tercipta instrument-instrumen tersebut.

    ReplyDelete
  32. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  33. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Bismillah, Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. PTK juga dapat diartikan sebagai proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut

    ReplyDelete
  34. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Dalam video tersebut disebutkan bahwa PTK bertujuan untuk memperbaiki keadaan proses belajar guna memperoleh hasil yang lebih baik dari sebelumnya. Dalam penerapannya, PTK dilakukan dengan menerapkan siklus 1 dan siklus 2. Karena tujuannya adalah memperbaiki proses belajar, maka minimal yang harus diterapkan adalah 2 siklus agar terlihat perbedaannya. Peneliti harus mengambil kesimpulan apa yang terjadi pada siklus satu dan juga siklus dua, lalu menggabungkannya sehingga mendapatkan kesimpulan secara umum. Dalam PTK pasti menggunakan teori dalam proses penyusunan maupun pelaksanaannya, dan nantinya kesimpulan yang didapatkan oleh peneliti akan menjadi teori pula yang akan digunakan oleh peneliti lain.

    ReplyDelete
  35. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian Tindakan Kelas penting untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas guru. Selain itu juga penting untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas peserta didik. Contohnya dengan adanya PTK dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas prosedur dan alat evaluasi yang digunakan dalam mengukur proses dan hasil belajar peserta didik.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  36. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Penelitian Tindakan Kelas merupakan penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Melalui PTK ini diharapkan mampu memberikan sumbangan- sumbangan ide dan inovatif untuk pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  37. Muh. Asriadi AM
    19701251008
    S2 PEP A 2019
    Dari artikel di atas yang saya pahami yaitu Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan salah satu penelitian yang dilakukan pada lingkup pendidikan yang berorientasi pada penerapan tindakan. Hal ini mempunyai tujuan meningkatan mutu atau pemecahan masalah pada sekelompok subyek yang diteliti dan mengamati tingkat keberhasilan atau akibat tindakannya. Kemudian diberikan tindakan lanjutan yang bersifat penyempurnaan tindakan penelitian yang sistematis. Penyempurnaan itu dilakukan oleh peneliti (guru) dari mulai mencari latar belakang masalah, pemecahan masalah, penelitian, dan evaluasi. Proses ini dilakukan untuk memperbaiki proses belajar mengajar yang ada di dalam kelas sehingga bermanfaat meminimlisir masalah yang ada di dalam kelas. Untuk Instremen pada PTK memang harus diperhatikan tingkat ke validan dan realibiltasnya sebelum digunakan dalam mengambil data.

    ReplyDelete
  38. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete