May 7, 2015

Perangkat PBM Sekolah Dasar

Bagi yang berkepentingn dengan pengembangan perangkat pbm di SD silahkan simak dan cermati akses berikut:




http://www.teach-nology.com/gold/worksheets.html

Semoga bermanfaat.

Marsigit

120 comments:

  1. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Perangkat pembelajaran merupakan suatu yang wajib dimiliki, dikuasai dan dibuat oleh guru yang akan mengajar di kelas. Karena efektif atau tidaknya proses pembelajaran di kelas tergantung dari perangkat tersebut. Di dalam perangkat memuat perencaan, materi dan LKS, proses, evaluasi. Guru yang membuat perangkat pembelajaran saja tidak selalu sama persis dengan yang diharapkan, apalagi dengan guru yang tidak membuat perangkat pembelajaran sama sekali.

    ReplyDelete
  2. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Perencanaan pembelajaran matematika sangatlah penting dilakukan oleh seorang guru agar pembelajaran bisa tercapai tujuannya. Guru harus mempersiapkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri. Guru juga harus mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan didalam kehidupan dan dunia yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efektif, dan efisien. Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  3. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Banyak yang telah mengembangkan perangkat pembelajaran matematika. Dalam skripsi utamanya penelitian pengembangan juga telah banyak dikembangkan berbagai macam perangkat pembelajaran dengan macam model, macam pendekatan dan lain lin. perangkat pembelajaran dapat berupa RPP dan LKS. RPP yang baik adalah RPP yang dapat memfasilitasi siswa mnemukan konsep.

    ReplyDelete
  4. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran di tingkat SD tidak bisa disamakan dengan pembelajaran di SMP maupun SMA. Siswa SD yang berada di tahap operasional kongkrit memiliki kemampuan yang terbatas. Mereka masih memahami benda kongkrit, bukan definisi maupun konsep tertulis. Sehingga diharapkan perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP, LKS, dan lainnya dapat disesuaikan dengan kemampuan siswa. Pembelajaran dapat dikemas dengan permainan, mengeksplorasi contoh di kehidupan sehari-hari, dan sebagainya. Tidak memaksakan anak untuk memahami definisi dan teorema

    ReplyDelete
  5. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Perangkat pembelajaran adalah salah hal mempengaruhi kualitas pembelajaran. Perangkat pembelajaran misalnya silabus, RPP, LKS, lembar penilaian, materi ajar, dsb. Tentu tidak sembarang perangkat pembelajaran dibuat oleh guru. Guru harus kreatif dan inovatif terutama jika mengajarkan materi ke siswa SD, dimana siswa SD belum bisa menerima materi yang abstrak. Guru dituntut untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sekreatif dan seinovatif mungkin agar materi yang diajarkan membuat siswa paham akan materi yang diajarkan, senang dan tidak bosan belajar.

    ReplyDelete
  6. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Perangkat pembelajaran seperti RPP dan LKS harus banyak dikembangkan untuk memyesuaikan tuntutan kurikulum 2013 yang berorientasi pada siswa. Semakin banyak pengembangan perangkat pembelajaran maka semakin banyak referensi untuk kita untuk bisa mendidik di dalam kelas. Semua cara tidak ada yang salah akan tetapi setiap kondisi ada cara yang lebih tepat dalam mengatasi permasalahan.

    ReplyDelete
  7. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Keberhasilan pendidikan sangatlah tergantung pada gurunya, jika gurunya profesional maka keterlaksana pendidikan akan menjadi lebih baik. Diamping itu pula ketersediannya media serta alat yang dapat membantu menunjangnya proses pendidikan lebih baik kedepannya. Dengan banyak membaca dan mencari informasi maka kualitas pembelajaran akan lebih baik dengan mengaplikasikan apa yang di baca. Dengan adanya referensi ini akan membantu para guru dalam mengembangkan metode pembelajarannya agar lebih baik

    ReplyDelete
  8. Perangkat pembelajaran terdiri dari KI-KD, silabus, RPP, Materi, bahan ajar, LKS, dan perangkat penilaian. KI dan KD merupakan standar minimal yang dipelajari oleh siswa, guru dapat mengolah atau menambah KD yang akan dipelajari sesuai dengan kemmapuan dan karakteristik siswa. Dengan adanya silabus dan RPP maka pembelajaran yang dilakukan menjadi terarah dan bahan yang akan digunakan telah disiapkan. Segala sesuatu jika telah dipersiapkan maka akan berjalan dengan baik harapannya.

    ReplyDelete
  9. Elli Susilawati
    16709251073
    PMat D pps

    Mempersiapkan bahan ajar secara matang dan sesuai merupakan tugas seorang guru agar kegiatan belajar mengajar bisa lebih terarah dan maksimal. Membuat bahan ajar bagi guru bukanlah pekerjaan yang mudah oleh karenanya tentu link yang Prof berikan sangat bermanfaat bagi kita semua.

    ReplyDelete
  10. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya mengucapkan terimakasih atas link yang telah dibagikan Pak Marsigit. Di dalamnya terdapat berbagai perangkat pbm untuk sekolah dasar. Perangkat pembelajaran untuk SD jelas sangat berbeda dengan SMP maupun SMP. Perangkat tersebut yang antara lain terdiri dari RPP dan LKS harus mampu memfasilitasi siswa dalam membangun konsep-konsep dasar untuk membangun pengetahuan yang lebih lanjut lagi. Sehingga bisa diibaratkan, pembelajaran untuk SD merupakan pondasinya.

    ReplyDelete
  11. Fina Fitri Nurjannah
    14301244005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Perangkat pembelajaran adalah komponen penting dalam pembelajaran. Salah satu perangkat pembelajaran adalah LKS. LKS digunakan guru dalam memfasilitasi berbagai kompetensi yang dimiliki siswa. LKS berisi langkah-langkah sistematis yang membantu siswa dalam mengkonstruk pengetahuan. Oleh karena itu, sangat diperlukan LKS yang berkualitas, inovatif, menarik, dan membantu siswa dalam mengkonstruk pengetahuan.

    ReplyDelete
  12. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Keberhasilan dalam proses pembelajaran sangatlah diharapkan oleh seorang guru. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan perssiapan yang matang salah satu diantaranya yaitu perangkat pembelajaran. Pengertian perangkat pembelajaran sendiri yaitu sebuah media yang digunakan sebagai pedoman atau petunjuk pada sebuah proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran sendiri memiliki tujuan untuk memenuhi suatu keberhasilan guru dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Endryana Listyarini
    14301241034
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sebelumnya terimakasih atas link yang Bapak berikan. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi calon guru dan juga guru yang ingin menerapkan PBM dalam pembelajaran di kelas. PBM merupakan pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif dengan disajikannya sekumpulan masalah yang dapat membantu mereka menemukan konsep untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran sendiri, seorang guru wajib untuk menyiapkan perangkat pembelajaran yang dapat mendukung aktivitas dikelas. Perangkat pembelajaran yang cukup penting adalah RPP yang didukung LKS. Link yang Bapak berikan sangat menginsipirasi bagi calon guru maupun guru untuk membuat LKS yang mendukung PBM.

    ReplyDelete
  14. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Dalam sebuah pembelajaran tentunya dibutuhkan perangkat-perangkat yang mendukungnya sehingga pembelajaran akan tetap berlangsung dan mempunyai pegangan serta arah yang jelas. Perangkat pembelajaran selain RPP, dapat berupa LKS, PPT, Audio Video, dan lain sebagainya. Setiap guru pasti mempunyai perangkat pembelajaran. Jika tidak berarti guru tersebut tidak sesuai dengan ruang dan waktu. Perangkat pembelajaran yang inovatif tentunya dapat memafasilitasi semua karakter siswa.

    ReplyDelete
  15. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebagai seorang guru, wajib untuk memperhatikan perangkat pembelajaran saat mengajar, perangkat pembelajaran tersebut meliputi RPP, LKS, Silabus dan sebagainya. terlebih untuk mengajar kepada siswa SD, harus diperhatikan media yang akan digunakan, karena dalam pembelajaran SD umumnya dilakukan pembelajaran realistik atau konseptual sehingga persiapan perangkat media yang digunakan harus benar-benar baik.

    ReplyDelete
  16. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sebelum mengajar, guru harus memperhatikan mengenai perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran antara lain silabus, RPP maupun LKS. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh guru antara lain adalah RPP dan LKS. Dalam menyusun dan mengembangkan RPP dan LKS, guru harus melihat serta menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan siswa, Sehingga pembelajaran yang dilakukan akan mudah dipahami oleh siswa dan tidak memberatkan siswa.

    ReplyDelete
  17. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Perangkat pembelajaran merupakan sebuah media yang digunakan sebagai pedoman atau petunjuk pada sebuah proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran memiliki tujuan untuk memenuhi suatu keberhasilan guru dalam pembelajaran. Karena itu, perangkat pembelajaran juga dapat membantu memberi panduan, serta teknik mengajar seorang guru juga dapat berkembang dengan baik pula. Itulah sebabnya, perangkat pembelajaran merupakan bagian yang sangat krusial dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  18. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Pembelajaran matematika untuk anak Sekolah Dasar (SD) tentunya sangat berbeda dengan anak tingkatan Sekolah Menengah. Untuk anak SD, pola pikirnya masih pada tahap operasional konkret belum berpikir pada ranah abstrak. Untuk itu, seorang guru harus memahami psikologi dan karakter anak-anak. Perangkat pembelajaran yang dibuat harus sesuai dipertimbangkan dari segala macam segi, dan juga harus menggunakan media alat peraga apabila dibutuhkan, sehingga anak mudah untuk menerima materi dan memahaminya. Sehingga tujuan pembelajaranpun dapat tercapai. Hendaknya seorang guru, dapat menciptakan suasana pembelajaran yang konndusif, nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak, sehingga membuat pembelajaran matematika itu menyenangkan.

    ReplyDelete
  19. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    perangkat pbm pada sekolah dasar, yang dibutuhkan adalah menggunakan benda-benda konkrit. karena pada seusia anak sekolah dasar, pemahaman mereka terkait matematika berdasarkan dari aktivitas atau pengalaman. sehingga metode yang sebaiknya diterapkan di dalam kelas adalah berupa aktivitas aktivitas yang dilakukan oleh siswa agar siswa juga dapat berperan aktif.

    ReplyDelete
  20. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran di kelas tentunya membutuhkan persiapan dari guru. Hal yang perlu dipersiapkan adalah perangkat pembelajaran, yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, dan penilaian. Semakin matang persiapan sebelum pembelajaran akan semakin ideal pula pembelajaran yang akan dilaksanakan

    ReplyDelete
  21. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perangkat pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan kognitif siswa. Sehingga tercapai pembelajaran yang efektif. Untuk perangkat PBM siswa sekolah dasar, maka siswa membutuhkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual matematika realistik, atau etnomatematika

    ReplyDelete
  22. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terima kasih pak atas link yang diberikan. Menyusun perangkat pembelajaran sebelum mengajar memang perlu dilakukan oleh guru. Sehingga guru memiliki perencanaan pembelajaran dan evaluasi yang akan dilakukannya. Perangkat pembelajaran diantaranya yaitu ada silabus, RPP, LKS, dan lain-lain. Perangkat pembelajaran tersebut harus disusun dengan baik sedemikian sehingga dapat membuat siswa aktif dalam belajar dan dapat memfasilitasi siswa untuk belajar dengan baik.

    ReplyDelete
  23. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pembelajaran matematika di SD memang berbeda dengan Pembelajaran Matematika bagi orang dewasa. Di SD matematika adalah aktivitas yang dapat memfasilitasi pemahaman siswa. Dengan adanya aktivitas itu siswa tidak menganggap Matematika sebagai suatu sistem yang eksklusif melainkan dekat dengan dunia sehari-hari nya. Harapannya adalah Matematika akan lebih mudah untuk siswa.

    ReplyDelete
  24. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Terimakasih banyak atas saran yang diberikan bapak, semoga hal ini bermanfaat bagi para guru SD yang membutuhkan hal tersebut. Karena pada dasarnya para guru SD membutuhkan pembimbing seperti bapak ini guna mengembangkan kemampuan anak SD. Jika kemampuan anak SD semakin baik, maka semaik baik pulan pada jenjang-jenjang berikutnya. Karena dasar pendidikan setelah keluarga adalah pendidikan dasar yang salah satunya adalah SD. Semoga bapak selalu berada di dalam lindungan Alloh AWT dan selalu bisa mengembangkan pendidikan di Indonesia agar menjadi lebih baik. Aamiin.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  25. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Terima kasih prof, link http://www.teach-nology.com/gold/worksheets.html sangat bermanfaat untuk kami para pendidik dalam mengembangkan bahan ajar. Dari link tersebut saya melihat terdapat 20.000 lebih sumber lembar kerja matematika. LKS tersebut disusun secara menarik dan mendukung proses pembelajaran konstruktivis. Sumber-sumber tersebut menarik untuk dapat kita jadikan referensi dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Sumber-sumber tersebut juga mendukung untuk melakukan perubahan paradigma inovasi pembelajaran.

    ReplyDelete
  26. Junianto
    17709251065
    PM C

    Proses dan perangkat pembelajaran di sekolah dasar memerlukan berbagai macam inovasi yang mampu membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Inovasi-inovasi yang dibutuhkan juga harus mudah diterima dan disenangi siswa. Ditambah lagi, masih ada sebagian guru SD yang kurang memperhatikan kelengkapan administarasi mengajar. Hal ini menjadikan pembelajran tidak dapat berjlan dengan lancar karena administreasi dianggap sesuatu yang sepele. Maka dari itu, perangkat pembelajaran dan inovasi pembelajaran harus terus dilakukan untuk menuju ke arah pendidikanyang lebih baik.

    ReplyDelete
  27. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 Kelas B

    Meskipun saya bukan seorang guru (secara formal), akan tetapi saya merasa perlu ikut menelusuro dan mempelajari perangkat pbm. Karena apa? karena saya juga menjadi salah satu yang harusnya tergerak dan ikut bertanggung jawab dengan pendidikan di Indonesia. Tentu saja, penacapaian kualitas pendidikan pada tataran nasional sangat bergantung pada kualitas pendidikan pada tataran di bawahnya atau hingga tingkat mikro. Pada tataran mikro inilah betapa pentingnya perangkat pbm untuk memfasilitasi siswa untuk mengeksplor potensi-potensi yang mereka miliki. Saya setuju dengan komentas Bapak junianto yang menyebutkan bahwa perangkat pbm memerlukan berbagai macam inovatif, menyesuaikan dengan subjeknya dan menyesuaikan dengan waktunya.

    ReplyDelete
  28. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum wr.wb
    Saya ingin berterima kasih kepada Bapak atas link yang Bapak bagikan dalam postingan ini. Link ini akan sangat bermanfaat, terutama bagi guru maupun calon guru Sekolah Dasar. Seperti yang saya lihat dari web tersebut, GetWorksheet.com menyajikan berbagai macam worksheet dalam jumlah yang banyak. Contohnya worksheet untuk Matematika, terdapat lebih dari 20.000 worksheet. Worksheet disusun sejelas dan semenarik mungkin, didukung dengan visualisasi dan warna yang menarik. Dengan tampilan yang menarik, tentunya akan menambah ketertarikan siswa untuk belajar dan memahami materi.

    ReplyDelete
  29. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Terima kasih atas link yang bapak sajikan di atas. Di era peradaban teknologi saat ini, dinamika PMB dalam dunia pendidikan harus bergerak dinamis dan progresif dalam menghadapi perkembangan zaman. Dalam hal ini, sebagai calon pendidik, link yang bapak sajikan di atas tentu sangat bermanfaat bagi kita semua yang peduli pada pendidikan terutama dalam hal teknis yang terkait dengan PMB. Sejatinya, seorang pendidik tidak hanya dituntun untuk menguasai materi ajar melainkan bagaimana seorang pendidikan dapat mendesain materi atau bahan ajar menjadi seperangkat instrument pendidikan yang inovatif.

    ReplyDelete
  30. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Terimakasih Pak, beberapa LKS dalam http://www.teach-nology.com/gold/worksheets.html sangat menarik dan cocok sekali untuk pembelajaran di Sekolah Dasar. Terdapat gambar-gambar kartun hewan, buah-buahan, dan gambar unik lainnya yang memacu para siswa SD untuk lebih suka dengan matematika. Kalau sudah suka dengan matematika, memahaminya pun semakin mudah. Namun hendaknya dalam LKS tidak hanya berisi soal-soal saja, melainkan bagaimana persoalan atau masalah dalam LKS tersebut menuntun para siswa untuk menemukan konsep sendiri. Dalam pembelajaran, saya lebih sering membuat LKS sendiri dengan mengacu pada ketentuan LKS berbasis konstruktivisme. Semoga referensi LKS-LKS dalam link tersebut akan memperkaya pengetahuan saya dalam mengembangkan LKS saya agar lebih menarik dan inovatif.

    ReplyDelete
  31. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Assalamu'alaikum

    Terima kasih banyak pak, pada situs tersebut terdapat bnyk sekali lembar kerja yang bisa di manfaatkan terutama bagi saya dan teman-teman pengajar yang biasanya kami kehabisan bahan latihan soal untuk siswa kami.

    ReplyDelete
  32. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Pada saat ini masih banyak guru di lapangan yang kurang kreatif dalam mempersiapkan bahan ajar terutama pada penyediaan lembar kerja siswa (LKS). sekolah dan para pengajar biasanya lebih sering membeli LKS yang sudah jadi padahal sebagusnya lembar kerja siswa kita sendiri yang membuat karena kita lebih memahami kemampuan siswa yang diajar. selain itu kita juga bisa menuangkan segala macam ide kreatif kita di dalam LKS yang dibuat sehingga kedepannya kita bisa melakukan refleksi diri.

    ReplyDelete
  33. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum wr.wb. dan
    Selamat malam bapak,

    Terima kasih bapak atas informasi mengenai link yang berisi LKS-LKS yang dapat digunakan pada saat pembelajaran di kelas ini. LKS merupakan salah satu unsur penting dalam pembelajaran di kelas, karena LKS berfungsi untuk membantu dan membimbing siswa untuk menemukan pengetahuan sehingga LKS tidak boleh di buat sembarangan. LKS yang disediakan pada situs ini cukup menarik dan karena sudah disajikan berdasarkan materi-materinya sehingga mempermudah untuk mencari LKS mengenai materi yang kita butuhkan dan dapat menjadi bahan referensi untuk membuat LKS yang diperlukan dalam pembelajaran di kelas. Demikianlah yang dapat saya sampaikan dan sekali lagi terima kasih.

    Selamat Malam, dan
    Wassalamualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  34. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    I have opened some links from the website. I think there are some differences between worksheet for elementary students and worksheet for junior or high school students. The link are really useful to those who are concentrate to elementary education or just want to know about it. Thank you.

    ReplyDelete
  35. Insan A N/ PPs S2 PM C 2017
    referensi yang bagus untuk mengembangkan lembar kerja siswa yang kreatif, menyenangkan, dan tentunya tetap berfokus pada kemampuan kognitif siswa. Dengan desain yang menarik akan bagus meningkatkan antusias siswa.Dan yang lebih penting, akan menghemat waktu guru dalam pembuatan perangkat lks, sehingga guru juga bisa berfokus membimbing akhlak anak usia sd.

    ReplyDelete
  36. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Laman yang ditautkan dalam postingan bapak ini sangat bermanfaat sekali untuk mempermudah guru dalam menyampaikan pelajaran matematika di tingkat SD. Karena menggunakan menggunakan banyak gambar yang menarik perhatian siswa. Hanya saja sebagia tantangan untuk guru dalam membuat worksheet tersebut menjadi useable ke siswa SD di Indonesia.

    ReplyDelete
  37. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Laman worksheet ini dapat menjadi sumber untuk pembelajran guru dikelas. Siswa dapat menemukan kembali konsep yang akan diajarkan guru melalui worksheet yang telah disediakan. Dengan begitu siswa dapat langsung terlibat aktif dalam pembelajaran dan pembelajaran tersebut menjadi pembelajaran bermakna untuk siswanya.

    ReplyDelete
  38. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih pak, link kumpulan berbagai macam worksheets ini sangat membantu dan bermanfaat untuk menyusun perangkat pembelajaran yang lebih interaktif terutama dalam pembelajaran matematika. Ada lebih dari 20.000+ math worksheets dan sudah saya lihat beberapa worksheetnya, begitu menarik dan menurut saya sangat mendukung bagi siswa sekolah dasar dalam membangun konsep dan pemahaman dasar mereka dalam mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  39. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Terimakasih sudah berbagi link yang sangat menarik pak. Dalam link tersebut dapat memberikan contoh aneka variasi dalam membuat LKS yang kreatif dan memiliki desain yang menarik. Soal-soalnya pun menjadi unik bagi siswa untuk mengerjakannya. Hal ini membuat siswa tidak cepat bosan dan lelah matanya. Desain visual yang ditampilkan memberikan banyak ide bagi para pendidik dalam membuat LKS yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  40. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Setelah mengunjungi web tersebut dan membuka beberapa sample page LKS pada web, saya sudah mendapat gambaran betapa pentingnya tampilan LKS yang menarik dan tidak monoton bagi siswa terutama pada tingkat Sekolah Dasar. Siswa akan lebih tertarik apabila terdapat sesuatu yang baru, atau tidak biasa pada LKS. LKS yang monoton dan selalu seperti itu pada setiap pertemuan akan membuat siswa bosan. Untuk kedepannya apabila saya perlu membuat LKS, saya akan mengusahakan sedemikian rupa agar LKS tampak beda dari yang lainnya.

    ReplyDelete
  41. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Pengembangan LKS atau worksheet pada situs tersebut memiliki kepraktisan dan keefektifitas yang baik. Dengan desain yang menarik sehingga tidak menimbulkan kebosanan para siswa yang mengerjakan, serta dapat menjadi referensi bagi guru untuk membuat LKS yang tidak monoton. Sehingga membuat pelajaran Matematika menjadi lebih asyik karena pembelajaran dengan media yang kreatif.

    ReplyDelete
  42. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2017

    Sebelumnya terima kasih untuk link yang Bapak berikan. Dalam link tersebut terdapat banyak lembar-lembar soal yang dapat kami pelajari untuk referensi bahan latihan soal siswa kami nantinya.

    ReplyDelete
  43. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2017

    Setelah membuka link yang Bapak tautkan, saya mendapat gambaran betapa pentingnya tampilan dalam Lembar Kerja Siswa (LKS) yang sebaiknya tampak menarik dan tidak monoton, terutama untuk siswa Sekolah Dasar (SD). Dengan begitu, siswa tidak akan bosan dan diharapkan siswa menjadi lebih mudah memahami isi dari LKS tersebut.

    ReplyDelete
  44. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B 2017

    Perangkat pembelajaran merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran. Dalam perangkat pembelajaran tertuang metode, media dan juga penilaian yang digunakan dalam proses pembelajaran.
    Lembar Kerja Siswa (LKS) merupakan salah satu perangkat pembelajaran. Kebanyakan LKS yang dipakai dalam proses pembelajaran hanyalah kumpulan soal, padahal seharusnya LKS tidak hanya kumpulan soal saja. Seperti LKS untuk tingkatan SD dalam link ini, LKS disusun secara menarik, dengan gambar dan warna yang dekat dengan dunia anak. Dengan demikian anak menjadi lebih tertarik dan semangat untuk belajar menggunakan LKS tersebut, sehingga tujuan pembelajaran akan lebih mudah tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  45. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Terimakasih atas postingan bapak tentang pembelajaran di tingkat sekolah dasar (SD). Pembelajaran di SD merupakan suatu hal yang memerlukan perhatian khusus. Hal ini dikarenakan salah satu langkah awal yang bisa dilakukan untuk membantu memahamkan konsep yang baik dalam pikiran anak adalah dengan melaksakan metode pembelajaran yang baik bagi anak, sehingga jika pondasi pemahaman anak baik dikonsep yang sangat dasar, maka anak akan lebih memahami konsep-konsep selanjutnya dengan mudah ditingkat pendidikan selanjutnya.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  46. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Pada tingkat sekolah dasar merupakan landasan awal kemampuan yang perlu dikuasai siswa secara matang sebelum beranjak ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi, jika landasannya sudah kokoh, maka pemahaman pada materi pembelajaran yang lebih tinggi dapat dicapai dengan mudah. Untuk itu perlu dicermati dan dikembangkan PBM pada tahap sekolah dasar.

    ReplyDelete
  47. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Isi dari website di atas sangat menarik sekali dan mampu menciptakan pemikiran yang kreatif dan inovatif. Teringat saat saya duduk di Sekolah Dasar, ada beberapa math worksheets yang menyerupai. Suasana belajar terasa mengasyikkan saat buku bacaan sangat colorful. Ulasan soal-soal pada worksheets-nya sangat cocok digunakan untuk anak-anak yang duduk di Sekolah Dasar. Bahkan saya pribadi juga suka membaca berulang-ulang buku bacaan yang memiliki tampilan menarik. Buku bergambarlah yang membuat saya suka membaca. Hobi saya ini bermula sejak saya duduk di bangku SD. Selain itu, orangtua saya menyediakan fasilitas bahan bacaan di rumah, seperti majalah bobo dan sebagainya.

    Selain math worksheets, worksheet terkait reading comprehension juga membuat saya tergelitik untuk membaca teks yang ada di dalamnya. Gambar yang disertakan seakan bercerita mengenai teksnya dan butir pertanyaan yang mendahului teks mendorong anak untuk membaca isi teksnya saat ingin menjawab pertanyaan. Cerita pendek sangat cocok untuk anak-anak usia sekolah (middle childhood).

    ReplyDelete
  48. Nama : I Nyoman Indhi Wiradika
    NIM : 17701251023
    Kelas : PEP B

    Terima kasih banyak prof, saya rasa laman tersebut sangat berguna sebagai rujukan para pendidik. Perangkat pembelajaran yang menarik sangat dibutuhkan bagi anak SD. Pola pemikiran yang masih konkret menjadikan tantangan tersendiri bagi guru untuk kreatif dalam mengembangkan perangkat pembelajaran dan mencari sumber menarik. Sangat penting menjadi pertimbangan pendidik dalam mencari sumber adalah dengan menyesuaikan dengan konteks pembelajaran di kelasnya masing-masing.

    ReplyDelete
  49. Nama : Kartika Pramudita
    Nim : 17701251021
    Kelas : PEP B (S2)

    Terimakasih Pak
    Perangkat PBM untuk anak yang lengkap. Perangkat yang menarik dan tidak membosankan untuk dibaca. Perangkat PBM tersebut dapat mempermudah guru dalam PBM. Selain itu juga dapat menginspirasi untuk menyusun bahan pembelajaran untuk mengajar anak SD. Menggunakan perangkat tersebut guru juga lebih mudah dalam mengorganisasi siswa.

    ReplyDelete
  50. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Terimakasih pak atas link-nya. Link ini sangat bermanfaat untuk referensi bagi para guru-guru sekolah dasar. Namun tidak selalu guru SD yang mendapatkan manfaat dari link tersebut. Pada link tersebut ditampilkan banyak sekali contoh dan LKS yang cocok digunakan untuk siswa SD karena LKSnya full warna dan gambar-gambar yang membuat siswa tertarik untuk belajar. Selain itu LKS tersebut juga menuntun siswa untuk menarik kesimpulan sendiri mengenai apa yang sedang dia pelajari. Pada LKS yang ditampilkan dalam link tersebut juga memberikan materi-materi pengantar kepada siswa agar siswa memperoleh informasi untuk dapat menjawab soal-soal yang diberikan pada LKS. Sangat bermanfaat pak. Terimakasih

    ReplyDelete
  51. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Pada link tersebut banyak sekali tersedia perangkat pembelajaran SD mulai dari lembar kerja, RPP, rubrik, bahkan sampai puzzle. Sangat berguna bagi guru SD sebagai referensi pembelajaran, dan juga berguna bagi orangtua siswa untuk membimbing anak-anaknya belajar di rumah.

    ReplyDelete
  52. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017


    Terimakasih Bapak atas share referensi ini. Dengan adanya referensi seperti ini kita menjadi menambah pengetahuan tentang tipe-tipe soal yang bisa digunakan dalam pembelajaran. Namun bukan sekedar soal saja karena beberapa soal yang menarik juga akan menumbuhkan semangat siswa dalam mengikuti pelajaran.

    ReplyDelete
  53. Junianto
    PM C
    17709251065

    Sekolah Dasar merupakan jenjang pendidikan yang sangat rentan. Hal ini disebabkan, disinilah awal siswa itu diberikan ilmu meskipun ada PAUD. Maka dari itu, guru SD harus hati-hati dalam memberikan dan menyampaikan ilmu pengetahuan. Jika guru salah memberi konsep, maka pada jenjang selanjutnya juga akan berpengaruh. Disisi lain, proses dan perangkat pembelajaran di sekolah dasar memerlukan berbagai macam inovasi yang mampu membantu siswa dalam memahami materi pelajaran. Ini yang menjadi salah satu PR bagi guru yang memang harus dilakukan secara berkelanjutan.

    ReplyDelete
  54. Kartika Kirana
    1770125039
    S2 PEP B

    Trimakasih Pak Marsigit...
    Link link yang memperkaya PBM semacam ini selalu menjadi bahan inspiratif Dan bermanfaat.
    Guru jadi belajar, membaca, dan para murid pun jadi punya berbagai pengalaman belajar yang mengesan.

    ReplyDelete
  55. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Terima kasih atas link diatas pak, guru memang perlu mengikuti perkembangan teknologi terkini. Teknologi bisa dimanfaatkan untuk membantu pembelajaran. Kolaborasi antara teknologi dan pengajaran, akan menciptakan pembelajaran yang inovatif dan tidak monoton.

    ReplyDelete
  56. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    PBM yang kreativ dan inovatif untuk sekolah dasar merupakan hal yang tidak mudah, sehingga membutuhkan kejelian dan perhatian yang khusus. Dalam membuat LKS untuk siswa sekolah dasar harus dengan variasi, inovasi, kreasi yang semenarik mungkin, supaya siswa tertarik dan tidak bosan terutama dalam belajar matematika. Selain itu juga, dengan LKS yang dapat menarik perhatian mereka, dapat meningkatkan motivasi belajar mereka dan meningkatkan prestasi akademiknya juga. Meskipun saya bukan spesifikasi sebagai calon guru sekolah dasar, tetapi saya sangat tertarik pada semua worksheet di blog tersebut, khususnya worksheet math.

    ReplyDelete
  57. Terimakasih bapak tentang info pengembangan perangkat pmb di SD. Saya yang pernah mengajar di SDIT yang menerapkan lesson plan di sekolah kami, mengawali setiap pembelajaran dengan apersepsi, menghubungkan pembelajaran dengan kehidupan nyata, mengingatkan materi terdahulu, pemberian semangat sebelum pembelajaran berlangsung, saya akan membagikan info pengembangan perangkat ini di sekolah dasar tempat saya dahulu mengajar, semoga ke depannya sekolah kami menjadi lebih baik lagi dalam mendidik siswa-siswi nya.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  58. Devi Nofriyanti
    17709251041
    S2 P.Mat UNY kelas B 2017

    Menjadi seorang guru matematika harus kreatif dalam membuat bahan ajar. Alhamdulillah saat ini kita sudah terbantu dengan kecanggihan teknologi. Ada banyak bahan ajar yang bisa kita ambil dari internet, salah satunya seperti yang bapak share di atas. link nya sudah saya save pak, semoga suatu saat bermanfaat. terimakasih banyak :)

    ReplyDelete
  59. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Perangkat pembelajaran untuk tingkat sekolah dasar dibuat dan dikondisikan dengan karakter siswa. Siswa sekolah dasar biasanya lebih suka bermain dibandingkan dengan belajar. Maka sebaiknya bermain yang dimaksud agar tercipta di kelas yaitu dengan membuat aktivitas belajar di kelas sesuai dengan pengalaman mereka. Karena pembelajaran berdasarkan pengalaman akan lebih bermakna dan lebih bertahan lama, sehingga siswa tidak merasa bosan dalam belajar. Perangkat pembelajaran disini cotohnya adalah LKS. Untuk menarik minat siswa dalam belajar, LKS yang dibuat sebaiknya tidak hanya monoton dan berisi soal-soal saja, langkah-langkah yang dibuat dalam LKS dibuat semenarik mungkin dengan tidak menghilangkan esensi dari LKS dan tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  60. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Link tersebut menyampaikan contoh pembuatan worksheet, RPP, dan beberapa games yang tentu akan semakin membuat tertarik siswa SD dalam menggunakan maupun mengerjakannya perangkat belajar mengajar tersebut. Sedangkan tugas guru adalah bukan hanya mengcopy saja perangkat tersebut, namun dapat sebagai sumber referensi perangkat belajar mengajar yang nantinya dapat mengembangkan dan membuat sendiri perangkat pembelajaran agar semakin sesuai dengan kondisi siswa yang diajarnya dan siswa juga akan semakin termotivasi dalam belajar.

    ReplyDelete
  61. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Kualitas suatu pembelajaran dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, salah satunya adalah perangkat pembelajaran yang dugunakan. Perangkat pembelajaran yang baik sangat dibutuhkan untuk menciptakan proses pembelajaran yang berkualitas. Oleh sebab itu, seorang guru hendaknya mempersiapkan dengan sebaik - baiknya perangkat pembelajaran yang akan digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam menyusun suatu perangkat pembelajaran, misalnya LKS, guru harus memperhatikan kondisi dan tingkat kemampuan berfikir anak. Misalnya untuk siswa SD, akan lebih baik jika guru menyusun perangkat pembelajaran yang dihubungkan dengan masalah - masalah konkrit yang nyata dan erat dengan kehidupan sehari - hari siswa. Dengan demikian siswa akan lebih mudah untuk memahami apa yang tengah dipelajari.

    ReplyDelete
  62. efi septianingsih
    pep
    kelas b
    17701251013

    terimakasih pak untuk link dan informasinya
    belajar jadi lebih kreatif menggunakan sosial media dan banyak yang saya belum tahu jadi lebih tahu lagi

    ReplyDelete
  63. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh


    Perangkat pembelajaran merupakan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran tak terkecuali juga untuk guru SD. Perangkat pembelajaran ini misalnya adalah Silabus dan RPP, yang akan digunakan atau dipakai guru untuk panduan dalam proses belajar mengajar dikelas. Semoga dengan adanya situs http://www.teach-nology.com/gold/worksheets.html dapat memudahkan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa SD.

    ReplyDelete
  64. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika

    Salah satu kemampuan yang harus dikuasai guru di semua jenjang pendidikan, termasuk pendidikan dasar adalah mengembangkan perangkat pembelajaran. Sebagai upaya mengembangkan perangkat pembelajaran, guru dapat mencari referensi perangkat pemeblajaran sehingga pembelajarand dapat lebih inovatif. Meskipun begitu perangkat pembelajaran yang diperoleh dari berbagai sumber tetap harus dipelajari oleh guru agar guru dapat menyesuaikan perangkat pembelajaran tersebut dengan kondisi kelas yang diajar.

    ReplyDelete
  65. Nurika Miftahuljannah
    17709251060
    PPs Pend. Matematika Kelas C
    Assalamu'alaikum wr. Wb.
    Terimakasih Prof. Karena telah berbagi situs web ini. Setelah saya klik dan membuka isinya ternyata web ini sangat menarik apalagi jika yang membuka adalah guru SD, sudah pasti sangat meningkatkan gairah dalam mengajar karena mendapatkan ide-ide baru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas.tidak hanya trik pembelajaran yang baru tetapi juga pengemasan gambar berwarna-warni yang bagus dan pasti sangat disukai oleh siswa-siswa SD sehingga dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajarnya. Web ini sangat bermanfaat Prof. Saya yakin tidak hanya guru SD tetapi semua guru, bahkan semua ibu agar nantinya bisa mendidik dan membimbing anaknya dengan baik.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  66. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami memahami bahwa kurikulum yang berlaku saat ini adalah menekankan pada kegiatan pemecahan masalah (problem solving) di dalam kegiatan pembelajarannya. Sehingga perangkat pembelajaran berbasis masalah yang disajikan ini, kami merasa akan sangat bermanfaat untuk digunakan oleh guru-guru sekolah dasar. Jika perangkat ini dapat digunakan oleh banyak guru-guru SD dengan baik dan optimal maka kami yakin bahwa siswa-siswa Indonesia pasti akan lebih maju dan bisa menyusun pengetahuannya sendiri. Sehingga ketika pada fase berikutnya siswa akan lebih mudah menerima pembelajaran dan menyusun pengetahuannya.

    ReplyDelete
  67. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Saya sungguh senang ketika membuka link di atas. Begitu banyaknya worksheet yang dapat diunduh. Sayangnya semua dalam Bahasa Inggris. Saya kira, guru-guru Indonesia wajib mengembangkan diri menjadi lebih kreatif lagi dalam membuat worksheet sehingga dapat dicontoh oleh guru-guru lain.

    ReplyDelete
  68. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Terima kasih banyak pak untuk linknya. Perangkat pembelajaran yang disajikan dalam link ini diharapkan dapat menginspirasi dan menjadikan kami lebih termotivasi untuk mengembangkan perangkat-perangkat pembelajaran yang bervariasi dan inovatif. Dengan perangkat pembelajaran yang baik, guru diharapkan dapat mengoptimalkan kemampuan siswa sehingga siswa dapat memahami pelajaran dengan baik dan dapat mengembangkan kemampuan berpikirnya.

    ReplyDelete
  69. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  70. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Terima kasih banyak Prof. link diatas sangat bermanfaat bagi kami, terutama bagi guru-guru yang membutuhkan referensi untuk mengajar dengan model pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah. Link diatas juga dapat menjadi acuan bagi kami dan guru untuk mengembangkan berbagai media pembelajaran maupun bahan ajar yang kontekstual dan pemecahan masalah. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  71. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Twrima kasih atas Link yang telah diberikan. Link ini merupakan link untuk mencari LKS untuk sekolah dasar.Pembelajaran di Sekolah Dasar pada perlajaran matematika akan lebih bermakna jika siswa ikut langsung dalam pembelajaran. Salah satu pendekatan yang bisa digunakan adalah pendekatan berbasis masalah. Dimana siswa dalam mempelajari suatu konsep melalui pemberian masalah pada awal pembelajaran. Kemudian pula yang perlu disiapkan oleh seorang guru adalah berupa perangkat pembelajaran sehingga siswa dikelas bisa aktif dikelas. Perangkat berupa LKS yang terpenting.

    ReplyDelete
  72. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Terima kasih untuk link yang telah Prof bagikan. Sungguh bermanfaat dan menyenangkan sekali untuk pembelajaran anak usia sekolah dasar. Meskipun dalam bahasa inggris, guru sekolah dasar di Indonesia dapat memodifikasinya atau bahkan dapat langsung dicetak sehingga anak juga dapat belajar bahasa inggris.

    ReplyDelete
  73. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Terimakasih Pak Marsigit atas sumber bacaannya. Meskipun saya bukan calon guru sekolah dasar secara professional. Tetapi saya merasa bacaan tersebut bermanfaat bai saya terutama ketika kelak saya memiliki anak usia sekolah dasar. Sehingga saya dapat memahami bagaimana sarana belajar anak saya. Karena konsentrasi saya pada pendidikan sekolah menengah. Bebrapa perangkat mungkin sama secara wadah tetapi berbeda secara isi. Karena pembelajran di sekola dasar merupakan kegiatan anak itu sendiri, belum memasuki pembelajaran formal apalagi abstrak.

    ReplyDelete
  74. Latifah Fitriasari
    PM C

    Bagi seorang Guru Perangkat Pembelajaran merupakan acuan dan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan. Selain penunjang kegiatan pembelajaran agar mencapai tujuan kurikulum tentunya hal ini juga dibutuhkan dalam urusan kenaikan pangkat dan bisa menambah pengalaman dan mengasah kekreatifan. Dalam halini misalnya banyak sekolah yang sudah memulai untuk melengkapi ruang kelas dengan satu komputer . Dengan memaksimal kan peran satu komputer di kelas, siswa akan merasakan manfaat yaitu bertambahnya pengetahuan tentang tehnik informatika.

    ReplyDelete
  75. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Setelah saya buka link tersebut ternyata isinya bagus sekali untuk mengembangkan bahan ajar yaitu berupa worksheet atau lebih dikenal dengan LKS atau lembar kerja siswa. Karena ranahnya tingkat SD maka worksheet tersebut disertai dengan gambar-gambar yang menarik minat siswa untuk mengerjakannya. Akan tetapi kita tidak bisa membuka semua worksheet yang ada di link tersebut karena kita belum memiliki member, kita hanya bisa membuka contoh-contoh beberapa workshop yang disediakan dari sekitar ribuan worksheet yang ada.

    ReplyDelete
  76. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Sebelumnya terima kasih untuk tautan link yang Prof berikan sebagai sumber belajar kami. Perangkat pembelajaran merupakan alat penunjang yang menjadi bagian penting dalam proses pembelajaran. Namun banyak perangkat pembelajaran yang digunakan saat ini belum sesuai dengan karakteristik yang menjadi tujuan pembelajaran. Di dalam perangkat pembelajaran mencakup komponen yang harus diperhatikan dalam penyusunannya seperti silabus, RPP, LKS dan bahan ajar yang diharapkan menghasilkan pembelajaran yang berkualitas seperti sumber belajar yang Prof berikan di atas.

    ReplyDelete
  77. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C


    Jika pembelajaran PBM lebih menekankan pada aktivitas siswa hal ini akan membuat pembelajaran matematika lebih menarik. Guna memandu aktivitas siswa, perlu adanya LKS agar tujuan-tujuan pada setiap pembelajaran tercapai. Untuk menunjang hal tersebut, perlu diperhatikan pula konten dan contoh-contoh yang dibuat sedemikian hingga menggunakan hal-hal yang dekat dengan siswa atau konkret bagi siswa.

    ReplyDelete
  78. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    terimakasih atas link yang telah diberikan. alangkah bagusnya jika guru-guru di Indonesia juga membuat worksheet terkait dengan pembelajaran. sekarang ini sedang maraknya pembelajaran dengan pendekatan saintifik, namun masih jarang sekali perangkat pembelajaran yang berbasis seperti pendekatan saintifik terutama LKS. maka dari itu, perlu adanya pengembangan perangkat pembelajaran salah satunya LKS yang berbasis pendekatan saintifik

    ReplyDelete
  79. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Perangkat yang diberikan ini dapat menajdi acuan mereka para guru SD. Jadi kalau yang saya pikirkan, bahwa seorang guru SD itu harus secara kreatif dalam memberikan perrangkat pembelajaran. Karena yang kita tahu bahwa anak SD merupakan cikal bakal yang akan menjadi pemimpin di masa depan. Jika anak SD diberikan fasilitas yang baik dalam pembelajaran, maka anak SD akan lebih mudah berkembang dibandingakan dengan anak SD yang tidak diberikan fasilitas. Sebenarnya, perangkat yang diberikan bukan satu-satunya perangkat yang bisa digunakan, namun bagi guru bisa mengembangkannya sesuai dengan kemampuan dan karakteristik para murid.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  80. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 pmat c 207

    Terimakasih bapak telah menyediakan link tersebut. Setelah membuka link,saya menemukan banyak referensi untuk pengembangan lks maupun rpp. Walaupun kelak tidak akan mengajar SD namun semua hal yang ada dalam website tersebut dapat menjadi motivasi untuk berinovasi dalam pengembangan perangkat pembelajaran.

    ReplyDelete
  81. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Perangkat pembelajaran merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran disusun untuk membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Perangkat pembelajaran bisa berupa RPP, LKS, Modul dan lain sebagainya. Seperti dalam link tersebut adalah salah satu perangkat pembelajaran berupa worksheet atau LKS yang diguakan untuk mengajar siswa SD. Terimakasih Prof, link LKS ini sangat bermanfaat untuk saya. Dengn adanya LKS siswa akan lebih mudah belajar hingga kemampuan bernalar, berpikir kritis, pemecahan masalah dan lain-lain dapat berkembang.

    ReplyDelete
  82. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Menjadi guru sekolah dasar bukanlah hal mudah. Karena sekolah dasar merupakan titik awal seorang anak bertemu berbagai ilmu yang baru dan ini adalah titik awal dimana anak akan membuat persepsinya tentang pelajaran yang ia pelajari. Dari sisni anak mulai bisa mengukai dan tidak menyukai pelajaran. Dan disini juga anak anak akan mulai membangun pondasi untuk mempelajari materi selanjutnya. Sehingga guru harus benar-benar memahami kedudukan mereka yang sangat urgent.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  83. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    LKS adalah panduan siswa dalam belajar dan membangun pengetahuannya. Oleh karena itu guru harus membuat LKS yang bermakna, LKS yang benar-benar dapat berperan bagi belajar siswa. Karena LKS bukanlah sekumpulan soal-soal. Link ini manambah wawasan kita bagaimana bentuk-bentuk LKS yang dapat digunakan pada pbm SD. Oleh karena itu terima kasih kepada Pak Marsigit yang telah membagikan informasi ini.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  84. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPs P.Mat A

    Terimakasih Prof. atas link yang diberikan terkait dengan perangkat PBM Sekolah Dasar.
    Perangkat pembelajaran merupakan hal yang vital dan harus disusun guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran ini akan digunakan sebagai panduan guru dalam pembelajaran tidak hanya RPP, namun perangkat pembelajaran yang lengkap akan memuat media pembelajaran, bahan ajar yang digunakan, berserta assesment nya. Adanya semua unsur dalam perangkat pembelajaran ini akan memudahkan guru untuk melaksanakan kegiatan pembelajaran.

    ReplyDelete
  85. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih prof atas segala sumber informasi yang diberikan kepada kami. Sebenarnya saya sangat tertartik dengan pembelajaran di sekolah dasar dan berniat untuk meneliti mengenai topik yang berhubungan dengan pembelajaran di sd namun di UNY membatasi jurusan pendidikan matematika untuk hanya meneliti di tingkat SMP dan SMA padahal menurut saya matematika merupakan mata pelajaran yang khusus dimana pengembangannya lebih baik dilakukan oleh jurusan matematika sendiri utamanya di SD dimana persepsi siswa tentang matematika mulai dibangun. Semoga ke depannya bisa menjadi bahan pertimbangan.

    ReplyDelete
  86. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Perangkat pembelajaran merupakan komponen penting dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya daya kreatif guru untuk mengembangkan perangkat pembelajaran, maka akan menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan karena selalu ada inovasi dalam setiap proses pembelajaran. Apalagi untuk siswa SD yang masih asyik dengan dunia bermain. Mereka akan semakin menikmati proses pembelajaran, jika perangkat pembelajaran yang dikemabangkan lebih beragam dan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan siswa. Terimakasih

    ReplyDelete
  87. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Saya memang tidak secara langsung terjun dalam dunia pendidikan dasar, mengingat latar belakang study saya yang bukan berada pada wilayah pendidikan dasar. Namun ketika membuka link yang disediakan, saya melihat tampilan yang begitu kreatif dan sangat cocok untuk menjadi referensi dalam pengembangan perangkat proses belajar mengajar pada sekolah dasar. Kita mengetahui bahwa karakter menonjol pada anak usia sekolah dasar adalah dunia bermain, dunia berwarna, bersenang-senang, maka menyesuaikan perangkat pembelajaran dengan psikologi anak adalah hal yang perlu dilakukan.

    ReplyDelete
  88. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Pembelajaran yang kontekstual diperlukan bagi siswa sekolah dasar yang pada dasasrnya masih pada tahapan berpikir konkret. Pembelajaran yang berkaitan dengan budaya juga dapat menarik minat dan motivasi siswa untuk belajar matematika. Jadi, perangkat pembelajaran matematika di SD seharusnya memperhatikan aspek kontekstualitas dan menyisipkan unsur-unsur budaya di dalamnya.

    ReplyDelete
  89. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Setiap guru harus mempu dan memiliki keterampilan dalam menyusun perangkat pembelajaran. Tidak hanya di SD, namun disetiap level pendidikan. Hanya saja di level SD ini guru harus benar-benar selektif dan memhami bagaimana anak belajar matematika. Anak pada level ini belajar dengan berbagai aktivitas mengamai benda konkret, kemudian baru sedikit demi sedikit mengarah ke konsep abstrak, anak juga belajar dari contoh dulu bukan melulu langsung definisi. Oleh sebab itu, kemampuan guru memahami situasi ini dan menuangkannya dalam perangkat pembelajaran sangat penting, sehingga guru dapat memfasilitasi siswa dalam belajar dan mencapai prestasi optimalnya. ALkhamdulillah di sini disampaikan begitu banyak referensi terkait perangkat pembelajaran untuk level SD.

    ReplyDelete
  90. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Dalam pembelajaran siswa Sekolah Dasar (SD), sebaiknya dimulai dengan hal-hal yang konkrit atau diberikan pengalaman yang nyata bagi siswa sebelum di bawa ke dunia abstrak. urutan yang baik sesuai dengan ICE BERG. maka sebagai guru yang baik, haruslah menyusun segala kegiatan PBM siswa dengan urutan yang baik pula dan sesuai pula dengan karakteristik siswa yang ada di kelas.

    ReplyDelete
  91. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk siswa SD haruslah berbasis kontekstual. Siswa SD dalam mempelajari suatu materi khususnya matematika menggunakan sebagian besar dari intuisi mereka. Intuisi itulah dibangun menggunakan pengalaman-pengalaman. Pengalaman tersebut dapat dibangun dengan mengkaitkan matematika dengan kehidupan sehari-hari siswa. Oleh karena itu guru harus kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembelajaran matematika kontekstual.

    ReplyDelete
  92. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Salah satu usaha yang dapat dilakukan oleh guru untuk mengembangkan pengetahuan, kompetensi dan keterampilan dalam memfasilitasi belajar adalah dengan mengeksplor referensi-referensi di internet terkait dengan cara mendesain pembelajaran dan media pembelajaran. Salah satu referensi yang dapat digunakan adalah TeAch-nology.com. Pada laman TeAch-nology.com tersebut, guru dapat mengeksplor lembar kegiatan siswa dan materi-materi yang dapat digunakan untuk mengembangkan pengetahuan tentang belajar mengajar serta cara mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran.

    Dengan mengeksplor berbagai referensi terkait dengan belajar mengajar, diharapkan guru dapat mengembangakan TPACK (Technological, Pedagogical and Content Knowledge).

    ReplyDelete
  93. M. Zainudin
    16701261019
    PEP
    Perangkat pembelajaran merupakan bagian penting dalam proses belajar mengajar

    ReplyDelete
  94. Nur Sholihah
    15301241020
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    LKS atau worksheet merupakan salah satu hal penting dalam pembelajaran terutama di era kurikulum 2013. Mengapa? Karena di kurikulum 2013 ini menerapkan sistem student center sehingga peran LSK atau yang sekarang disebut LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) ini sangat penting untuk proses pembelajaran. Terlebih lagi untuk siswa SD, diperlukan LKPD dengan konteks yang dapat dipahami oleh siswa mengingat siswa SD belum bisa diajak berpikir abstrak. Terimakasih Bapak atas link sumber belajarnya.

    ReplyDelete
  95. Puspitarani
    15301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    Terima kasih Bapak atas link tentang perangkat pembelajaran sekolah yang sudah Bapak share kepada kami. Perangkat pembelajaran memang salah satu yang wajib harus ada, tujuannya adalah untuk mendukung proses belajar mengajar di kelas. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai guru di semua jenjang pendidikan, termasuk pendidikan dasar adalah mengembangkan perangkat pembelajaran. Sebagai upaya mengembangkan perangkat pembelajaran, guru dapat mencari referensi perangkat pemeblajaran sehingga pembelajarand dapat lebih inovatif. Meskipun begitu perangkat pembelajaran yang diperoleh dari berbagai sumber tetap harus dipelajari oleh guru agar guru dapat menyesuaikan perangkat pembelajaran tersebut dengan kondisi kelas yang diajar.

    ReplyDelete
  96. Febriana Putri Hutami
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241007
    Dengan adanya perkembangan teknologi, guru saat ini dapat dengan mudah mengakses materi pembelajaran yang ada di berbagai sumber, contohnya internet. Link yang Prof berikan yaitu http://www.teach-nology.com dapat digunakan untuk mencari referensi mengenai perangkat pembelajaran yang inovatif. Karena di laman tersebut banyak contoh LKS, selain untuk pembelajaran matematika, juga terdapat LKS untuk pembelajaran selain matematika. Sehingga dengan adanya laman seperti ini, guru dapat mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif. Sehingga siswa pun tidak bosan dengan LKS yang berbentuk sama, jika LKS dibuat bervariasi, nantinya siswa akan tertarik dengan pembelajaran dan akan mendapat hasil belajar yang memuaskan juga.

    ReplyDelete
  97. Siti Efiana
    S-1 P. Matematika I 2015
    15301241029
    Terima kasih atas share linknya, Prof. Insyaa Allah sangat bermanfaat untuk para pendidik. Perangkat pembelajaran merupakan hal yang sangat penting saat mengajar, di dalam website terdapat banyak contoh LKS untuk siswa SD sehingga bisa dijadikan referensi saat membuat LKS. LKS ini sangat penting karena LKS adalah salah satu sarana agar siswa terfasilitasi untuk mengonstruk sendiri pengetahuannya. Dalam pembuatannya, tentu saja diperlukan konteks (soal, langkah-langkah) yang baik yang bisa membangkitkan rasa ingin tahun siswa dan tidak membosankan.

    ReplyDelete
  98. Perangkat PBM Sekolah dasar
    Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Terimakasih Pak atas linknya. Perangkat pembelajaran menjadi alat utama dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pengembangan perangkat pembelajaran ini disesuaikan dengan tingkat pendidikan. Dalam link ini dijelaskan tentang pengembangan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah dasar yang meliputi RPP, assesment, media , LKS dan juga bahan ajar. Perangkat pembelajaran berbasis konstektual ini sesuai dengan karakteristik dari peserta didik yang masih berpikir tentang suatu benda yang konkrit.

    ReplyDelete
  99. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Terima kasih, Pak Marsigit. Walaupun kelak nanti bukan mengajar di SD, namun web tersebut memberikan inspirasi bagi saya dalam membuat perangkat pembelajaran yang kreatif dan inovatif nantinya . Yaitu dengan harapan, perangkat pembelajaran yang dibuat dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  100. Julialita Muhariani
    15301241004
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih banyak Pak atas link yang telah di bagikan. Link yang berisi contoh-contoh LKS terutama LKS untuk pembelajaran matematika. LKS merupakan salah satu media pembelajaran yang dapat menunjang kegiatan belajar membelajarkan. Dengan adanya contoh-contoh LKS di atas, diharapkan dapat membantu guru untuk menyusun LKS-LKS yang tepat dan efektif pada pembelajaran matematika sehingga tujuan pembelajaran akan tercapai.

    ReplyDelete
  101. Rina Anggraeni
    15301241043
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Terima kasih untuk pemberitahuan link tersebut yang berguna bagi saya untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Meskipun nanti saya mungkin tidak mengajar di SD, namun itu sangat berguna agar dapat mengetahui bagaimana membuat perangkat pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan yang dapat diminati oleh peserta didik. Dengan adanya perangkat pembelajaran yang inovatif, guru dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan menarik peserta didik.

    ReplyDelete
  102. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof atas link nya. Sangat bermanfaat bagi para pendidik dan juga calon-celon pendidik sebagai referensi dalam pembuatan perangkat pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Sehingga dapat membuat siswa tertarik dan bersemangat dalam mengikuti pembelajaran. Dan sehingga tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai.

    ReplyDelete
  103. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof untuk link yang diberikan. Link tersebut sangat bermanfaat untuk pendidik karena terdapat contoh-contoh LKS untuk siswa SD. Pendidik dapat mengaksesnya untuk memperoleh referensi membuat LKS yang inovatif. Dengan LKS yang inovatif ini akan membuat siswa tidak bosan dalam pembelajaran dan membantu siswa untuk membangun pengetahuannya.

    ReplyDelete
  104. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Terima kasih Prof. atas informasi dan ilmunya yang telah dibagikan. Dari informasi di link tersebut saya bertambah pengetahuan tentang perangkat pembelajaran berupa LKS dengan bermacam contohnya. LKS merupakan bagian dari skenario pembelajaran yang harus diciptakan dalam rangka memfasilitasi peserta didik dalam mengkonstruk ilmu pengetahuan yang diperoleh dari proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  105. Raudhah Nur Pratiwi (15301234009)
    S1- Pend. Matematika A 2015

    Bismillah,
    Terimakasih banyak Prof atas link yang diberikan.
    Begitu membuka link tersebut, mata saya langsung tertuju kepada komentar :
    "For a teacher...it's like being a kid in a candy store with unlimited money!"
    - Jane R ., Middle Level Teacher
    Dan benar saja, begitu saya membuka link tersebut, rasanya seperti pergi ke toko permen dengan membawa uang yang tak terhingga banyaknya. Banyak sekali worksheet2 atau LKS yang dapat diunduh dan semuanya menarik sekali. Seorang guru SD (khususnya) akan senang sekali mendapatkan link ini. Guru dapat mengembangkan pembelajaran dengan lebih kreatif lagi di kelas.
    Sebelumnya saya mohon izin untuk share link ini nggih Prof.
    Maturnuwun.

    ReplyDelete
  106. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih telah berkenan membagikan link yang sangat bermanfaat Prof. Setelah saya buka ternyata terdapat bannyak sekali worksheets yang sangat menarik yang pastinya akan menginspirasi setiap guru yang membuka link ini khususnya untuk guru-guru sekolah dasar. Aplikasi ini sangat membantu guru dalam mengembangkan perangkat pembelajaran di dalam proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  107. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof untuk link yang sudah di share kepada kami. Link tersebut berisikan contoh-contoh LKS untuk pembelajaran matematika siswa SD. Link tersebut dapat dijadikan referensi oleh pendidik atau guru dalam pembuatan perangkat pembalajaran yang kreatif dan inovatif. Dengan LKS yang kreatif dan inovatif diharapkan tujuan pembelajaran dapat tercapai dan pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa.

    ReplyDelete
  108. Bayu Widyanto
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301244010

    Terima kasih Prof untuk link yang telah dibagi kepada kami. Link tersebut berisikan macam variasi worksheet, adapula tema dan template yang cukup menarik bagi anak-anak SD. Dari link tersebut guru-guru SD pasti sangat terbantu dalam pengembangan perangkat pembelajaran. Jadi, semoga dari link tersebut guru-guru SD dapat terinspirasi untuk membuat perangkat pembelajaran yang kreatif dan menarik.

    ReplyDelete
  109. Isykarima Nur S
    15301241032
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Terimakasih atas link nya, Prof. Program tersebut sangat menginspirasi pembelajaran dengan kreatif dan inovatif. Sehingga siswa tidak merasa bosan dan tertekan karena belajar yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  110. Alvi Khoirunnisak
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241012

    PBM atau Problem Based Learning adalah salah satu strategi pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum nasional yang menganut sistem saintifik.
    Karena dalam PBM, siswa melakukan kegiatan pemecaham masalah lalu menemukan solusinya. Sehingga siswa dapat membangun sendiri pengetahuannya dan memiliki daya ingat lebih lama.

    ReplyDelete
  111. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    15301241046
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    Terima kasih banyak Prof, link tersebut sangat bermanfaat terutama bagi calon guru yang membutuhkan referensi untuk mengetahui pembelajaran yang baik. Link di atas bisa menjadi referensi untuk mengajar dengan model pembelajaran yang menekankan pada pemecahan masalah sertamengembangkan berbagai media pembelajaran maupun bahan ajar yang kontekstual dan dapat dengan mudah dipelajari oleh siswa.

    ReplyDelete
  112. Lisfiyati Mukarromah
    15301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2015


    Terimakasih Prof sudah membagikan link tersebut.
    Setelah saya buka ternyata isinya sangat menarik dan sangat inspiratif. Di antaranya yaitu terdapat 20.000+ math worksheet yang sangat cocok untuk anak SD karena dikemas dengan sangat kreatif sehingga kegiatan belajar mengajar akan menjadi menyenangkan.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  113. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Terimakasih Prof atas link yang telah dibagikan. Isi dalam web tersbut sangat bermanfaat dan memberikan banyak inspirasi untuk melakukan pembelajaran dikelas dengan mencapai tujuan yang ingin dicapai. Dari link diatas berisi contoh LKS untuk pelajaran matematika yang sangat kreatif untuk menunjang pelajaran. Dengan adanya link tersebut diharapkan dapat membantu guru untuk menyusun LKS dengan baik agar tujuan pembelajaran dapat dicapai.

    ReplyDelete
  114. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    Terimakasih Prof atas link yang telah dibagikan. Dari link yang telah dibagikan tersebut menambah pengetahuan saya dalam membuat perangkat pembelajaran yang menarik bagi siwa. Sehingga dalam proses pembelajaran siswa tidak merasa jenuh dengan perangkat pembelajaran dalam hal ini LKS yang itu bentuk, model dan susunannya begitu-begitu saja. Terimakasih.

    ReplyDelete
  115. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih pa katas link yang sudah dibagikan, dalam menempuh pembelajaran agar dapat tercapai tujuan pembelajaran maka dibutuhkan variasi pembelajaran yang mendukung. Salah satunya adalah perangkat pembelajaran yang bervariasi seperti yang sudah prof bagikan. Maka dengan adanya variasi perangkat pembelajaran siswa dapat termotivasi untuk belajar.

    ReplyDelete
  116. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015
    Terima kasih pak, atas informasi terkait perangkat PBM tersebut. Perangkat PBM adalah suatu hal yang penting dalam dunia pendidikan. Setiap pendidik perlu untuk menyiapkan perangkat-perangkat tersebut dalam pelaksanaan PBM. Hal ini dikarenakan, perangkat-perangkat PBM sangat membantu pendidik dalam mencapai indikator ketercapaian pembelajaran. Selain itu, dengan adanya perangkat PBM tersebut, pendidik menjadi semakin terarah dan terstruktur dalam menyampaikan materi pembelajaran sehingga materi yang disampaikan akan lebih bermakna bagi peserta didik. Semoga dengan adanya contoh perangkat-perangkat PBM tersebut, membuat pendidik dan calon pendidik menjadi semakin baik dalam mempersiapkan perangkat PBM dan semakin sesuai dengan kebutuhan peserta didik.

    ReplyDelete
  117. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih pak atas link yang diberikan terkait perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) bagi sekolah dasar. Seperti yang kita ketahui, salah satu cara yang dapat dilakukan guru agar siswa merasa senang dan tertarik dalam belajar matematika adalah dengan menerapkan PBM. Dengan mengimplementasikan PBM, siswa dihadapkan dengan permasalahan yang dekat dengan keseharian mereka, sehingga diharapkan siswa dapat lebih tertarik dan lebih mudah dalam memahami materi yang ingin disampaikan oleh guru. Keberhasilan PBM sendiri tidak lepas dari perangkat PBM yang mendukungnya. Diharapkan dengan mempelajari link yang profesor berikan dapat menambah ilmu saya dalam menyusun perangkat PBM.

    ReplyDelete
  118. Yuni Pratiwi
    15301241005
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Keberhasilan dalam proses pembelajaran sangatlaj diharapkan oleh seorang guru. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut diperlukan persiapan yang matang. Salah satu diantaranya yaitu perangkat pembelajaran. Pengertian perangkat pembelajaran sendiri yaitu sebuah media yang digunakan sebagai pedoman atau petunjuk pada sebuah proses pembelajaran. Perangkat aapembelajaran sendiri memiliki tujuan untuk suatu keberhasilan guru dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  119. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih atas link-linknya, Pak. Sumber tersebut sangat dibutuhkan dan sangat bermanfaat bagi kami sebagai calon pendidik. Banyak sekali contoh-contoh yang dapat kami jadikan referensi untuk menyusun LKS. Terima kasih sekali lagi.

    ReplyDelete
  120. Intan Heryani Putri
    15301241011
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terima kasih banyak atas link yang diberikan, Prof. AKan sangat bermanfaat. Menurut saya, PBM sangat cocok digunakan di sekolah dasar, karena dengan adanya problem maka akan memancing rasa penasaran siswa SD tersebut. Membuat mereka tertarik dengan cerita dalam problem tersebut, kemudian membuat mereka belajar terkait suatu konsep dan pembelajaran yang mereka lakukan itu akan lebih bermakna.

    ReplyDelete