May 7, 2015

Perangkat PBM Sekolah Dasar

Bagi yang berkepentingn dengan pengembangan perangkat pbm di SD silahkan simak dan cermati akses berikut:




http://www.teach-nology.com/gold/worksheets.html

Semoga bermanfaat.

Marsigit

70 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Perangkat pembelajaran merupakan salah satu hal yang memegang peran penting dalam suatu proses belajar mengajar. Dalam perangkat pembelajaran terdapat silabus, RPP, LKS, bahan ajar, dan lain-lain yang harus dibuat dan dipersiapkan oleh guru. Dalam perangkat pembelajaran pula, terdapat perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang telah disiapkan oleh guru. Oleh karena itu, guru tidak semata-mata langsung mengajar di depan kelas, tetapi telah merencanakan terlebih dahulu pelaksanaan pembelajaran yang telah disesuaikan dengan keadaan siswa. Salah satu perangkat pembelajaran yang dibuat dan disiapkan oleh guru adalah LKS. Biasanya guru-guru yang menggunakan metode konvensional membuat LKS yang hanya berisi latihan-latihan soal untuk siswa. Padahal, sebaiknya LKS berisi mengenai langkah-langkah yang dilakukan siswa untuk membangun pengetahuannya. LKS sebaiknya dapat mendorong siswa untuk aktif dalam proses belajar mengajar, mendorong siswa untuk melakukan kegiatan, saling berdiskusi, serta mengalami sendiri dalam membangun pengetahuan. Hal ini dapat membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna dan lebih mudah dipahami oleh siswa, sehingga siswa tidak hanya

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Terimakasih atas link yang telah diberikan, hal ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya. Karena pada dasarnya selama ini saya yang tidak terlalu tertarik dalam PBM di SD dapat membuka wawasan dan rasa penasaran saya dalam PBM di SD. Karena menurut saya proses pembelajara di SD tidak bisa disamakan dengan SMP atau SMA, dan bahkan pembelajaran di SD dirasa lebih sulit

    ReplyDelete
  3. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Tugas utama seorang pendidik adalah mengajar dan mendidik siswa/peserta didik di sekolah hingga mereka mendapatkan kesuksesan yang mutlak sebagai generasi penerus bangsa. Untuk menjalankan tugas sebagai pendidik seorang guru atau pendidik harus menmperisiapkan senjata supaya misi mendidik siswa tercapai. Apakah senjata itu? senjata itu disebut perangkat pembelajaran.
    perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.
    Perangkat pembelajaran ini memang seharusnya disiapkan terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  4. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Perangkat pembelajaran merupakan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Perangkat pembelajaran ini menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Pengembangan LKS untuk siswa SD memang seharusnya disesuaikan dengan tingkat perkembangan berpikir siswa dan memperhatikan bahwa hakekat belajar matematika siswa SD adalah aktivitas. Jika guru langsung memberikan definisi, itu sama saja dengan membunuh intuisi siswa. Dalam pembelajaran matematika, LKS yang digunakan sebaiknya menggunakan obyek atau contoh kongkrit dalam menyampaikan materi. LKS disajikan dengan desain yang menarik sehingga dapat menambah antusias siswa dalam mengerjakan LKS tersebut.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Terima kasih buat link nya pak prof, sangat bermanfaat. Dan apalgi kalau yang mau penelitian mencari referensi buat PBM. PBM atau pembelajaran berbasis maslaah atau biasa kita kenal dengan PBL problem based learning, yang mana PBM ini sangat menekankan kepada siswa utnuk belajar aktif, serta sangat cocok untuk diterapkan dengan kurikulum 2013. PBM ini saat mengunakannya siswa yang lebih berperan dari pada guru, guru malah tidak berperan akan tetapi guru menjadi pengamat, abagimana siswa memecahkan masalah yang diberikan oleh guru.

    ReplyDelete
  6. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Perangkat pembelajaran merupakan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.

    ReplyDelete
  7. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Perangkat pembelajaran adalah serangkaian media atau sarana yang digunakan dan dipersiapkan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Sedangkan Pengembangan perangkat pembelajaran adalah serangkaian proses atau kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu perangkat pembelajaran berdasarkan teori pengembangan yang telah ada.

    ReplyDelete
  8. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Tahapan pendidikan sekolah dasar memang benar menjadi dasar pemahaman bagi siswa untuk bekal pendidikan ke jenjang berikutnya. Dasar haruslah benar, maka perangkat pendukungnya pun harus benar-benar mendukung. Namun, berdasarkan pengalaman perangkat dalam pembelajaran sekolah dasar tidak menunjukkan kriteria perangkat bagi anak-anak SD. Contohnya saja LKS yang berisi materi dan latihan saja, padahal seharusnya berisi langkah-langkah kegiatan yang melibatkan siswa dalam belajar. Kemudian guru juga kurang memaksimalkan pembelajaran dengan tidak memanfaatkan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Padahal pada tahapan belajar anak sekolahh dasar menurut Piaget masih dalam tahapan operational kongkrit yang masih membutuhkan benda kongkrit untuk membantu mereka dalam belajar. Oleh karena itu guru perlu meningkatkan kembali kualitas perangkat pemelajaran yang digunakan.

    ReplyDelete
  9. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    proses guru dalam menyampaikan pembelajaran akan membutuhkan perangkat pembelajara. seperti silabus, RPP, LKS, bahan ajar, dan lain-lain yang dipersiapkan sebelum kelas dimulai. hal ini agar guru dapat memprediksi bagaimana dia mengajar nantinya. dengan adanya bahan ajar yang telah didesain sesuai kebutuhan siswa, diharapkan dapat membantu siswa dalam belajar mandiri dirumah.

    ReplyDelete
  10. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP, LKS, bahan ajar, dan lain-lain menjadi acuan bagi guru dalam mengajar dikelas. ada beberapa ketentuan agar guru bisa menghasilkan suatu bahan ajar yang lebih menarik bagi siswa, seperti dengan meminimalisir gambar yang hanya akan mengalihkan perhatian siswa, petunjuk yang jelas, dan penjelasan yang mudah dipahami oleh siswa, sehingga sedikit banyaknya siswa bisa belajar mandiri dan dengan belajar mandiri tersebut, siswa mendapat pengalaman belajar yang akan membuat siswa mengingat lebih lama apa yang dipelajarinya.

    ReplyDelete
  11. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Seorang guru harus merencanakan tindakan yang akan dilakukan di dalam kelas. Sehingga, sebelum proses belajar mengajar, guru harus menyusun suatu perangkat pembelajaran yang antara lain terdiri dari silabus, RPP, LKS, dan bahan ajar yang lain. Dengan merencanakan apa yang akan dilakukan di dalam kelas, artinya guru telah mempersiapkan apa yang siswa butuhkan dalam pembelajaran tersebut karena pada hakikatnya guru adalah fasilitator yang menyediakan kebutuhan siswa-siswanya. Terlebih untuk anak usia sekolah dasar, mereka membutuhkan suatu treatment khusus untuk mempelajari kemampuan-kemampuan dasar seperti baca, tulis, dan hitung.

    ReplyDelete
  12. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Sesuai dengan Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah bahwasannya setiap pendidik mempunyai kewajiban untuk menyusun perangkat pembelajaran terutama RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran yang berlangsung selama proses belajar mengajar berjalan interaktif, insipratif, menyenangkan, menantang, efisien, dapat memotivasi siswa untuk turut berpartisipasi dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  13. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Pengembangan perangkat pembelajaran sangat penting dalam proses belajar mengajar. Seperti menggunakan worksheet, sangat membantu guru untuk mengaktifkan siswa dalam beraktifitas matematika. Link yang diberikan, menjadi sumber guru untuk digunakan didalam pembelajarannya, karena pada tahap sekolah dasar, penting untuk menumbuhkan rasa ingin tahu dan rasa senang siswa terhadap matematika, sehingga untuk tahap berikutnya siswa tidak merasa takut dan benci dengan matematika.

    ReplyDelete
  14. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Perangkat pembelajaran merupakan suatu yang wajib dimiliki, dikuasai dan dibuat oleh guru yang akan mengajar di kelas. Karena efektif atau tidaknya proses pembelajaran di kelas tergantung dari perangkat tersebut. Di dalam perangkat memuat perencaan, materi dan LKS, proses, evaluasi. Guru yang membuat perangkat pembelajaran saja tidak selalu sama persis dengan yang diharapkan, apalagi dengan guru yang tidak membuat perangkat pembelajaran sama sekali.

    ReplyDelete
  15. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Perencanaan pembelajaran matematika sangatlah penting dilakukan oleh seorang guru agar pembelajaran bisa tercapai tujuannya. Guru harus mempersiapkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri. Guru juga harus mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan didalam kehidupan dan dunia yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efektif, dan efisien. Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  16. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Banyak yang telah mengembangkan perangkat pembelajaran matematika. Dalam skripsi utamanya penelitian pengembangan juga telah banyak dikembangkan berbagai macam perangkat pembelajaran dengan macam model, macam pendekatan dan lain lin. perangkat pembelajaran dapat berupa RPP dan LKS. RPP yang baik adalah RPP yang dapat memfasilitasi siswa mnemukan konsep.

    ReplyDelete
  17. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran di tingkat SD tidak bisa disamakan dengan pembelajaran di SMP maupun SMA. Siswa SD yang berada di tahap operasional kongkrit memiliki kemampuan yang terbatas. Mereka masih memahami benda kongkrit, bukan definisi maupun konsep tertulis. Sehingga diharapkan perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP, LKS, dan lainnya dapat disesuaikan dengan kemampuan siswa. Pembelajaran dapat dikemas dengan permainan, mengeksplorasi contoh di kehidupan sehari-hari, dan sebagainya. Tidak memaksakan anak untuk memahami definisi dan teorema

    ReplyDelete
  18. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Perangkat pembelajaran adalah salah hal mempengaruhi kualitas pembelajaran. Perangkat pembelajaran misalnya silabus, RPP, LKS, lembar penilaian, materi ajar, dsb. Tentu tidak sembarang perangkat pembelajaran dibuat oleh guru. Guru harus kreatif dan inovatif terutama jika mengajarkan materi ke siswa SD, dimana siswa SD belum bisa menerima materi yang abstrak. Guru dituntut untuk mengembangkan perangkat pembelajaran sekreatif dan seinovatif mungkin agar materi yang diajarkan membuat siswa paham akan materi yang diajarkan, senang dan tidak bosan belajar.

    ReplyDelete
  19. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Perangkat pembelajaran seperti RPP dan LKS harus banyak dikembangkan untuk memyesuaikan tuntutan kurikulum 2013 yang berorientasi pada siswa. Semakin banyak pengembangan perangkat pembelajaran maka semakin banyak referensi untuk kita untuk bisa mendidik di dalam kelas. Semua cara tidak ada yang salah akan tetapi setiap kondisi ada cara yang lebih tepat dalam mengatasi permasalahan.

    ReplyDelete
  20. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Keberhasilan pendidikan sangatlah tergantung pada gurunya, jika gurunya profesional maka keterlaksana pendidikan akan menjadi lebih baik. Diamping itu pula ketersediannya media serta alat yang dapat membantu menunjangnya proses pendidikan lebih baik kedepannya. Dengan banyak membaca dan mencari informasi maka kualitas pembelajaran akan lebih baik dengan mengaplikasikan apa yang di baca. Dengan adanya referensi ini akan membantu para guru dalam mengembangkan metode pembelajarannya agar lebih baik

    ReplyDelete
  21. Perangkat pembelajaran terdiri dari KI-KD, silabus, RPP, Materi, bahan ajar, LKS, dan perangkat penilaian. KI dan KD merupakan standar minimal yang dipelajari oleh siswa, guru dapat mengolah atau menambah KD yang akan dipelajari sesuai dengan kemmapuan dan karakteristik siswa. Dengan adanya silabus dan RPP maka pembelajaran yang dilakukan menjadi terarah dan bahan yang akan digunakan telah disiapkan. Segala sesuatu jika telah dipersiapkan maka akan berjalan dengan baik harapannya.

    ReplyDelete
  22. Elli Susilawati
    16709251073
    PMat D pps

    Mempersiapkan bahan ajar secara matang dan sesuai merupakan tugas seorang guru agar kegiatan belajar mengajar bisa lebih terarah dan maksimal. Membuat bahan ajar bagi guru bukanlah pekerjaan yang mudah oleh karenanya tentu link yang Prof berikan sangat bermanfaat bagi kita semua.

    ReplyDelete
  23. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya mengucapkan terimakasih atas link yang telah dibagikan Pak Marsigit. Di dalamnya terdapat berbagai perangkat pbm untuk sekolah dasar. Perangkat pembelajaran untuk SD jelas sangat berbeda dengan SMP maupun SMP. Perangkat tersebut yang antara lain terdiri dari RPP dan LKS harus mampu memfasilitasi siswa dalam membangun konsep-konsep dasar untuk membangun pengetahuan yang lebih lanjut lagi. Sehingga bisa diibaratkan, pembelajaran untuk SD merupakan pondasinya.

    ReplyDelete
  24. Fina Fitri Nurjannah
    14301244005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Perangkat pembelajaran adalah komponen penting dalam pembelajaran. Salah satu perangkat pembelajaran adalah LKS. LKS digunakan guru dalam memfasilitasi berbagai kompetensi yang dimiliki siswa. LKS berisi langkah-langkah sistematis yang membantu siswa dalam mengkonstruk pengetahuan. Oleh karena itu, sangat diperlukan LKS yang berkualitas, inovatif, menarik, dan membantu siswa dalam mengkonstruk pengetahuan.

    ReplyDelete
  25. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Keberhasilan dalam proses pembelajaran sangatlah diharapkan oleh seorang guru. Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan perssiapan yang matang salah satu diantaranya yaitu perangkat pembelajaran. Pengertian perangkat pembelajaran sendiri yaitu sebuah media yang digunakan sebagai pedoman atau petunjuk pada sebuah proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran sendiri memiliki tujuan untuk memenuhi suatu keberhasilan guru dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  26. Endryana Listyarini
    14301241034
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sebelumnya terimakasih atas link yang Bapak berikan. Hal ini akan sangat bermanfaat bagi calon guru dan juga guru yang ingin menerapkan PBM dalam pembelajaran di kelas. PBM merupakan pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif dengan disajikannya sekumpulan masalah yang dapat membantu mereka menemukan konsep untuk mencapai tujuan pembelajaran. Dalam pembelajaran sendiri, seorang guru wajib untuk menyiapkan perangkat pembelajaran yang dapat mendukung aktivitas dikelas. Perangkat pembelajaran yang cukup penting adalah RPP yang didukung LKS. Link yang Bapak berikan sangat menginsipirasi bagi calon guru maupun guru untuk membuat LKS yang mendukung PBM.

    ReplyDelete
  27. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Dalam sebuah pembelajaran tentunya dibutuhkan perangkat-perangkat yang mendukungnya sehingga pembelajaran akan tetap berlangsung dan mempunyai pegangan serta arah yang jelas. Perangkat pembelajaran selain RPP, dapat berupa LKS, PPT, Audio Video, dan lain sebagainya. Setiap guru pasti mempunyai perangkat pembelajaran. Jika tidak berarti guru tersebut tidak sesuai dengan ruang dan waktu. Perangkat pembelajaran yang inovatif tentunya dapat memafasilitasi semua karakter siswa.

    ReplyDelete
  28. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebagai seorang guru, wajib untuk memperhatikan perangkat pembelajaran saat mengajar, perangkat pembelajaran tersebut meliputi RPP, LKS, Silabus dan sebagainya. terlebih untuk mengajar kepada siswa SD, harus diperhatikan media yang akan digunakan, karena dalam pembelajaran SD umumnya dilakukan pembelajaran realistik atau konseptual sehingga persiapan perangkat media yang digunakan harus benar-benar baik.

    ReplyDelete
  29. Isna Nur Hasanah Hariningrum
    14301244009
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sebelum mengajar, guru harus memperhatikan mengenai perangkat pembelajaran. Perangkat pembelajaran antara lain silabus, RPP maupun LKS. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan oleh guru antara lain adalah RPP dan LKS. Dalam menyusun dan mengembangkan RPP dan LKS, guru harus melihat serta menyesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan siswa, Sehingga pembelajaran yang dilakukan akan mudah dipahami oleh siswa dan tidak memberatkan siswa.

    ReplyDelete
  30. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Perangkat pembelajaran merupakan sebuah media yang digunakan sebagai pedoman atau petunjuk pada sebuah proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran memiliki tujuan untuk memenuhi suatu keberhasilan guru dalam pembelajaran. Karena itu, perangkat pembelajaran juga dapat membantu memberi panduan, serta teknik mengajar seorang guru juga dapat berkembang dengan baik pula. Itulah sebabnya, perangkat pembelajaran merupakan bagian yang sangat krusial dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  31. Jeanete Nenabu
    PPS PMat D (15709251004)

    Pembelajaran matematika untuk anak Sekolah Dasar (SD) tentunya sangat berbeda dengan anak tingkatan Sekolah Menengah. Untuk anak SD, pola pikirnya masih pada tahap operasional konkret belum berpikir pada ranah abstrak. Untuk itu, seorang guru harus memahami psikologi dan karakter anak-anak. Perangkat pembelajaran yang dibuat harus sesuai dipertimbangkan dari segala macam segi, dan juga harus menggunakan media alat peraga apabila dibutuhkan, sehingga anak mudah untuk menerima materi dan memahaminya. Sehingga tujuan pembelajaranpun dapat tercapai. Hendaknya seorang guru, dapat menciptakan suasana pembelajaran yang konndusif, nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak, sehingga membuat pembelajaran matematika itu menyenangkan.

    ReplyDelete
  32. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas. Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  33. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    a. Silabus
    Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu kelompok mata pelajaran dengan tema tertentu, yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan. Silabus bisa dikembangkan sendiri sesuai kearifan lokal daerah masing-masing.
    Silabus digunakan untuk menyebut suatu produk pengembangan kurikulum berupa penjabaran lebih lanjut dari standar kompetensi dan kemampuan dasar yang ingin dicapai, dan pokok-pokok serta uraian yang ingin dicapai dan dipelajari siswa dalam mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar.
    Silabus merupakan seperangkat rencana serta pengaturan pelaksanaan pembelajaran dan penilaian yang disusun secara sistematis memuat komponen-komponen yang saling berkaitan untuk mencapai penguasaan kompetensi dasar.
    Pada umumnya suatu silabus paling sedikit harus mencakup unsur-unsur:
    · Tujuan mata pelajaran yang akan diajarkan,
    · Sasaran-sasaran mata pelajaran,
    · Keterampilan yang diperlukan agar dapat menguasai mata pelajaran tersebut dengan baik,
    · Urutan topik-topik yang diajarkan,
    · Aktifitas dan sumber-sumber belajar pendukung keberhasilan pengajaran

    ReplyDelete
  34. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    b. Kalender Pendidikan
    Kalender pendidikan biasanya memuat tanggal-tanggal yang sudah direncakan untuk waktu pembelajaran, baik tanggal ujian tengah semester, tanggal ujian akhir semester maupun hari libur semester. Kalender pendidikan ini juga dapat menjadi panutan untuk memulai maupun mengakhiri pembelajaran.

    ReplyDelete
  35. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    c. Rpp
    Rencana pelaksanaan pembelajaran yaitu panduan langkah-langkah yang akan dilakukan oleh guru dalam kegiatan pembelajaran yang disusun dalam skenario kegiatan. Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun untuk setiap pertemuan yang terdiri dari tiga rencana pembelajaran, yang masing-masing dirancang untuk pertemuan selama 90 menit atau 135 menit

    ReplyDelete
  36. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    d. LKS
    Lembar kegiatan siswa adalah panduan siswa yang digunakan untuk melakukan kegiatan penyelidikan atau pemecahan masalah. LKS dapat disusun dengan bersifat panduan tertutup yang dapat dikerjakan siswa, sesuai dengan tuntunan yang ada, atau dapat juga LKS yang bersifat semi terbuka. LKS model ini memberi peluang bagi siswa untuk mengembangkan kreativitasnya, walaupun masih ada peranan guru dalam memberikan arahan. LKS model apapun yang disusun harus mampu memberikan panduan agar siswa dapat belajar dengan benar, baik dari segi proses keilmuan maupun dalam memperoleh konsep.

    terimakasih

    ReplyDelete
  37. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014


    Perangkat pembelajaran merupakan salah satu hal yang penting untuk dipersiapkan , perangkat pembelajaran ini berfungsi untuk mempermudah guru dalam mengajar. salah satu pernagkat pembelajaran adalah dibuatnya LKS, lKS sendiri untuk kegiatan siswa dalam mengkontsruk pengetahuannya sendiri. LKS ini lebih baik bersifat semi terbuka agar siswa dapat mengembangkan kreatifitasnya.

    ReplyDelete
  38. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Teimakasih atas link yang Bapak berikan. Ini sangat bermanfaat sekali untuk calon guru maupun guru di SD untuk mengajarkan siswa tentang matematika misal dengan LKS yang bertahap dari matematika konkrit, model matematika konkrit, model matematika formal dan matematika formal untuk siswa SD.

    ReplyDelete
  39. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Perangkat pembelajaran yang dipersiapkan sebaiknya disesuaikan dengan keadaan siswa, jika siswa nya adalah siswa SD maka sebaiknya perangkat pembelajaran yang dibuat dan dipersiapkan dapat sesuai dengan karakteristik siswa SD, dimana siswa masih aktif dan suka bermain, dengan pembuatan pembuatan perangkat pembelajaran yang sesuai maka pembelajaran akan lebih efektfik untuk siswa.

    ReplyDelete
  40. Isnan Noor Wahid Rohmatulloh
    14301241057
    S1 pendidikan Matematika I 2014

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih karena Prof Marsigit telah membagikan tautan di atas. Dalam pembelajaran matematika di SD yang ada di Indonesia, masih banyak kesalahan konsep yang diajarkan oleh guru. Sehingga saat siswa menempuh jenjang yang lebih tinggi seperti di smp, banyak miskonsepsi yang terjadi dan hal inilah yang harus dibenarkan oleh guru saat di smp.

    ReplyDelete
  41. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Pada tingkat dasar SD/MI, kurikulum 2013 ini lebih fokus pada pembentukan sikap dan ketrampilan hidup, sedangkan keilmuannya lebih 'ringan' di banding KTSP. Pada kurikulum 2013, proses belajar mengajar pada SD/MI menggunakan pembelajaran tematik yang menyesuaikan dengan kemampuan anak SD/MI.

    ReplyDelete
  42. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Menjadi guru tidaklah perkara yang mudah, menjadi guru bukan hanya sekedar mengajar saja, melaikan banyak hal yang dipikirkan selain dari proses mengajar. Salah satu misalnya yang paling berat ketika menjadi guru adalah menyiapkan dan mengembangkan RPP sebelum proses PBM di laksanakan didalam kelas. Hal ini sebagai modal dalam kita mengajar dikelas, sebagai panduan dan pedoman dalam mengajar. Sehingga RPP ataupun LKS tidaklah mudah untuk dibuat, jadi harus disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Berbicara masalah masalah kebutuhan siswa dalam belajar maka kita berbicara masalah (Identifikasi masalah psikologi mengajar matematika, psikologi belajar matematika dan psikologi pembelajaran matematika), outputnya adalah seorang guru dapat mendiagnosis apa kebutuhan dan kesulitan siswa dalam belajar matematika. Sebelum memulai proses belajar, maka guru terlebih dahulu mendiagnosis kondisi dan kebutuhan masing-masing siswa. Sehingga nantinya dari hasil tersebut guru dapat menentukan bagaimana langkah selanjutnya dalam mengajarkan ataupun menanamkan konsep matematika kepada siswa. Maka perlu tepat cara, tepat guna, tepat sasaran yang harus dilakukan guru dalam mengajarkan konsep matematika kepada siswa. Dalam hal ini kaitannya dengan perangkat PBM sekolah Dasar (SD), guru harus benar-benar merancangnya dengan matang. Karena Sekolah Dasar merupakan titik awal penanaman konsep pembelajaran dalam benak siswa, sehingga guru tidak boleh sembarang dalam membuat perangkat pembelajaran pada anak SD. Perangkat pembelajaran anak SD harus menarik dan mengandung pembelajaran dengan model “Learning Trajectory” agar dapat menanamkan konsep secara tersetruktur dan bermakna.

    ReplyDelete
  43. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Pembelajaran pada SD/MI tentu masih ringan, menyesuaikan dengan kemampuan siswa. Pada level atas penguasaan keilmuannya lebih ditingkatkan lagi porsinya ketika naik ke kelas menengah, karena dianggap pribadinya sudah terbentuk di level dasar.

    ReplyDelete
  44. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Perangkat pebelajaran merupakan hal yang sangat penting bagi siswa dalam belajar menemukan akan suatu konsep. siswa yang paham akan suatu konsep tentunya akan membuat hasil belajarnya meningkat. Lalu bagaimana membuat perangkat pembelajaran matematika agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. mungkin dengan memberi pegarahan kepada guru-guru sehingga guru dapat membuat perangkat pembelajaran yang sesuai sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

    ReplyDelete
  45. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dalam Permendikbud No. 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah disebutkan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Perangkat pembelajaran secara rinci terdiri dari kalender pendidikan, program tahunan, program semester, silabus, rincian minggu efektif, KKM, dan RPP.

    ReplyDelete
  46. ‘Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Marsigit yang telah membagikan tautan di atas. Tautan di atas sangat bagus karena berisikan berbagai macam student worksheet atau yang kita kenal dengan Lembar Kerja Siswa (LKS). Di dalamnya berisikan LKS-LKS untuk berbagai macam mata pelajaran, termasuk matematika. LKS yang dipost pada tautan tersebut bukanlah LKS yang berisikan soal-soal tetapi LKS yang berisikan kegiatan yang menarik bagi siswa. Jika guru membuka tautan tersebut, diharapkan guru dapat mengadaptasinya menjadi LKS yang digunakan untuk pembelajaran di kelas yang diampu. Untuk mata pelajaran matematika, ada berbagai macam LKS untuk beragam materi dengan bentuk-bentuk yang menarik.

    ReplyDelete
  47. ‘Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada judul postingan ini disebutkan bahwa tautan tersebut berisikan perangkat PBM untuk sekolah dasar, tetapi jika dibuka dan diperhatikan, LKS yang ada dapat digunakan untuk PBM di SMP di Indonesia dengan cara guru mengadaptasinya menjadi cocok untuk kurikulum SMP. Seperti contohnya pada tautan berikut http://www.teach-nology.com/gold/samples/worksheets/math/pats.html, pada tautan tersebut berisikan tentang pola dan barisan, materi tersebut ada pada SMP kelas 8. Siswa SMP juga masih memerlukan pengantar yang mudah, bukan langsung rumus layaknya orang dewasa, sehingga perlu LKS yang menarik, dari gambar-gambar atau bahkan benda konkrit untuk mempelajari pola dan barisan, dan mungkin tautan tersebut akan bermanfaat untuk panduan guru membuat LKS tentang pola dan barisan.

    ReplyDelete
  48. ‘Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya mencoba membuka tautan yang berisikan LKS untuk pembelajaran sekolah dasar yaitu pada tautan berikut http://www.teach-nology.com/gold/samples/worksheets/math/mathbingo.html. Pada tautan tersebut, LKS terlihat seperti berisikan soal-soal saja, tetapi sebenarnya LKS tersebut dibuat sedemikian rupa agar menarik. LKS tersebut memang berisikan soal, tetapi untuk mengisinya digunakan aturan seperti permainan bingo, yaitu mengisi 5 kotak berturutan horizontal, vertikal, atau diagonal. Untuk siswa yang sudah mengenal konsep penjumlahan, LKS tersebut dapat digunakan untuk kegiatan di kelas untuk meningkatkan kemampuan siswa, tetapi dengan cara yang menarik sehingga siswa tidak merasa bosan dan terbebani oleh banyak soal. LKS tersebut dapat dikerjakan secara berkelompok dan bersaing antara siswa satu dengan yang lain supaya lebih seru.

    ReplyDelete
  49. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Perangkat pembelajaran diantaranya ada silabus, RPP, dan atau LKS. Perangkat pembelajaran ini adalah komponen yang sangat penting dalam pembelajaran. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan sendiri oleh guru adalah RPP dan LKS. RPP disini merupakan blue print dari proses belajar di kelas. RPP yang baik menjadi salah satu indikator kesuksesan keterlaksanaan pembelajaran. Sedangkan LKS berisi kegiatan-kegiatan yang memfasilitasi siswa untuk terlibat secara aktif dalam pembelajaran sesuai dengan materi pelajaran.

    ReplyDelete
  50. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Perangkat pembelajaran memegang peranan penting dalam poses pembelajaran yang akan berlangsung karena dengan kita mengembangakan perangkat pembelajaran berarti kita memiliki tujuan tertentu yang akan dicapai. Guru diharapakan dapat mengembangkan perangkat pembelajaran yang inovatif dan variatif.

    ReplyDelete
  51. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pengembangan perangkat pembelajaran yang inovatif dan variatif dapat berdampak pada keantusiasan siswa dalam mengikuti pelajarannya, siswa tidak akan merasa bosan dan jenuh. Terutama dalam penggunaan perangkat pembelajaran untuk SD, sangat diperlukan yang inovatif dan variatif.

    ReplyDelete
  52. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Karena pada usia SD, pembelajaran yang berlangsung harus bersifat nyata dari contoh dan non contoh serta pada jenjang ini anak baru saja akan membentuk konsep. Untuk itu pengembanagan perangkat pembelajaran di SD harus realistik atau kontekstual sehingga pembelajaran akan berakna bagi si anak dan anak akan memahami kebermanfaatan materi tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  53. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Dalam melaksanakan proses pembelajaran di sekolah, guru harus merencakanan terlebih dahulu dan mempersiap kan perangkat pembelajaran, perangkat pembelajaran tersebut berupa LKS, RPP, silabus dll. Jika pembelajaran tidak dipersiapkan maka tidak akan memiliki arah yang jelas saat pelaksanaannya.

    ReplyDelete
  54. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Karakteristik siswa sekolah dasar adalah masih suka bermain dan beraktifitas, dan siswa dapat mencerna ketika mengamati materi secara langsung, untuk itu pembelajaran untuk siswa SD dilakukan semenyenangkan mungkin, dengan mengikutseratakan keaktifan siswa dalam proses belajar, pembelajaran dilakukan dengan diberi benda konkret dulu baru memahami, jika siswa SD langsung diberikan bahasan abstrak maka tidak akan berhasil pembelajarannya.

    ReplyDelete
  55. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan matematika I 2014

    Terimakasi sebelumnya saya ucapkan kepada bapak Prof. Marsigit telah berbagi link mengenai perangkat pembelajaran matematika. Ini sangat membantu saya dalam mengembangkan ide untuk mengembangkan perangkat pembelajaran kelak terlebih lagi tempat mikro saya SMP yang pola pikir siswa SMP masih tidak terlalu jauh dengan siswa SD

    ReplyDelete
  56. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan matematika I 2014

    Pembelajaran yang ideal untuk siswa SD adalah pembelajaran yang berawal dari suatu yang kontekstual. Kita tidak dapat memberikan teori langsuung kepada siswa SD karena tingkatan kognitiv mereka masih sederhana. Seperti yang bapak katakan dalamperkuliahan bahwa belajarnya siswa SD adalah aktivitas ataupun kegiatan. Jadi dalam menyusun PBM sekolah artinya guru menyusun suatu kegiatan yang akan dilakukan oleh siswa.

    ReplyDelete
  57. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perangkat pembelajaran sangat diperlukan guru dalam melakukan proses pembelajaran dikelas. Perangkat pembelajaran dapat berupa RPP,LKS, media/alat peraga dll. Perangkat pembelajaran untuk Sekolah Dasar masih bersifat lebih sederhana bila dibandingkan dengan perangakat pembelajaran untuk jenjang SMP ataupun SMA. Perangkat pembelajaran berupa media yang digunakan guru dalam pembelajaran untuk anak SD harus sesuatu yang berkaitan dengan benda-benda konkrit yang diketahui oleh anak. Hal ini dikarenakan kemampuan dan pola pikir anak yang masih terbatas, sehingga untuk dapat memahami suatu materi dalam pembelajaran siswa membutuhkan bend-benda yang ada disekitar.

    ReplyDelete
  58. Dwi Kawuryani
    S1 Pendidikan Matematika 2014 (14301241049)
    Dalam proses pembelajaran diperlukan berbagi persiapan, salah satu persiapan yang perlu dilakukan oleh guru adalah lembar kerja siswa. Lembar kerja siswa yang baik adalah lembar kerja siswa yang dibuat oleh guru sendiri. Karena lembar kerja siswa tidak hanya berisi latihan-latihan soal, namun juga media yang dapat memudahkan siswa dalam proses belajar.

    ReplyDelete
  59. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Perangkat pembelajaran adalah sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pembelajaran (Rusdi, 2008). Perangkat pembelajaran menurut menurut Permendiknas No 41 Tahun 2007 terdiri atas rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) termasuk silabus di dalamnya serta lembar kegiatan siswa (LKS).

    Rusdi, A. (2008). Perangkat Pembelajaran. Retrieved from https://anrusmath.wordpress.com/2008/09/29/perangkat-pembelajaran/

    ReplyDelete
  60. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Menurut Permendiknas No 41 tahun 2007, RPP yang disusun guru harus lengkap dan sistematis yang memfasilitasi pembelajaran dapat berlangsung secara interaktif, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, memberikan ruang lingkup bagi kretaivitas, bakat, minat dan perkembangan peserta didik. RPP tersebut tidak hanya berisi kegiatan guru melainkan berisi semua kegiatan siswa selama proses pembelajaran

    ReplyDelete
  61. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Adapun prinsip-prinsip dalam penyusunan RPP berdasarkan Permendiknas No 41 Tahun 2007 adalah sebagai berikut:
    a. Memperhatikan perbedaan individu peserta didik
    b. Mendorong partisipasi aktif peserta didik
    c. Mengembangkan budaya membaca dan menulis
    d. Memberikan umpan balik dan tindak lanjut
    e. Keterkaitan dan keterpaduan
    f. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi

    ReplyDelete
  62. Kusuma Wardani D.S
    14301241027
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Aktivitas-aktivitas yang terdapat dalam perangkat pembelajaran tersebut harus berpusat pada siswa karena pembelajaran matematika sebagai suatu proses untuk menciptakan kondisi belajar yang memungkinkan peserta didik dapat mengkonstruksi pengetahuannya sendiri melalui proses berpikir dengan melibatkan pengalaman-pengalaman atau pengetahuan prasyarat sebelumnya demi mencapai tujuan pembelajaran matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  63. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Tugas seorang pendidik adalah mengajar dan membimbing siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dalam mencapai keberhasilan dalam pembelajaran tersebut, dibutuhkan suatu alat pendukung yang disini dapat disebut dengan Perangkat Pembelajaran. Perangkat pembelajaran ini disusun dan dibentuk sedemikian sehingga dapat diterapkan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  64. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidikan Matematika A 2014 (S1)

    Perangkat pembelajaran sebagai peralatan guru menjadi faktor penting dalam mengajar. Melalui perangkat pembelajaran tersebut guru dapat melakukan peran mengajarnya dengan baik sesuai perencanaan. Jika perangkat yang digunakan masih belum memfasilitasi siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran matematika dan tidak ada pembaharuan seiring berkembangnya jaman maka output yang dihasilkan tidak akan baik.

    ReplyDelete
  65. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam menempuh pendidiakn yang baik maka diperlukan berbagai variasi pembelajran yang mendukung nya. Salah satunya perangkat pembelajaran harus bervariasi. Seperti yang telah dibagikan bapak Marsit atas sumber terbet. Maka diharapkan dengan adanya variasi perangkat pembelajaran maka siswa akan termotivasi untuk membangun pengetahuannya sendiri atas kesadaran dan kemauannya.

    ReplyDelete
  66. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    perangkat pbm pada sekolah dasar, yang dibutuhkan adalah menggunakan benda-benda konkrit. karena pada seusia anak sekolah dasar, pemahaman mereka terkait matematika berdasarkan dari aktivitas atau pengalaman. sehingga metode yang sebaiknya diterapkan di dalam kelas adalah berupa aktivitas aktivitas yang dilakukan oleh siswa agar siswa juga dapat berperan aktif.

    ReplyDelete
  67. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran di kelas tentunya membutuhkan persiapan dari guru. Hal yang perlu dipersiapkan adalah perangkat pembelajaran, yang terdiri dari silabus, RPP, LKS, dan penilaian. Semakin matang persiapan sebelum pembelajaran akan semakin ideal pula pembelajaran yang akan dilaksanakan

    ReplyDelete
  68. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perangkat pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan kognitif siswa. Sehingga tercapai pembelajaran yang efektif. Untuk perangkat PBM siswa sekolah dasar, maka siswa membutuhkan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual matematika realistik, atau etnomatematika

    ReplyDelete
  69. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terima kasih pak atas link yang diberikan. Menyusun perangkat pembelajaran sebelum mengajar memang perlu dilakukan oleh guru. Sehingga guru memiliki perencanaan pembelajaran dan evaluasi yang akan dilakukannya. Perangkat pembelajaran diantaranya yaitu ada silabus, RPP, LKS, dan lain-lain. Perangkat pembelajaran tersebut harus disusun dengan baik sedemikian sehingga dapat membuat siswa aktif dalam belajar dan dapat memfasilitasi siswa untuk belajar dengan baik.

    ReplyDelete
  70. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pembelajaran matematika di SD memang berbeda dengan Pembelajaran Matematika bagi orang dewasa. Di SD matematika adalah aktivitas yang dapat memfasilitasi pemahaman siswa. Dengan adanya aktivitas itu siswa tidak menganggap Matematika sebagai suatu sistem yang eksklusif melainkan dekat dengan dunia sehari-hari nya. Harapannya adalah Matematika akan lebih mudah untuk siswa.

    ReplyDelete