May 7, 2015

Perangkat PBM Sekolah Dasar

Bagi yang berkepentingn dengan pengembangan perangkat pbm di SD silahkan simak dan cermati akses berikut:




http://www.teach-nology.com/gold/worksheets.html

Semoga bermanfaat.

Marsigit

8 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Perangkat pembelajaran merupakan salah satu hal yang memegang peran penting dalam suatu proses belajar mengajar. Dalam perangkat pembelajaran terdapat silabus, RPP, LKS, bahan ajar, dan lain-lain yang harus dibuat dan dipersiapkan oleh guru. Dalam perangkat pembelajaran pula, terdapat perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran yang telah disiapkan oleh guru. Oleh karena itu, guru tidak semata-mata langsung mengajar di depan kelas, tetapi telah merencanakan terlebih dahulu pelaksanaan pembelajaran yang telah disesuaikan dengan keadaan siswa. Salah satu perangkat pembelajaran yang dibuat dan disiapkan oleh guru adalah LKS. Biasanya guru-guru yang menggunakan metode konvensional membuat LKS yang hanya berisi latihan-latihan soal untuk siswa. Padahal, sebaiknya LKS berisi mengenai langkah-langkah yang dilakukan siswa untuk membangun pengetahuannya. LKS sebaiknya dapat mendorong siswa untuk aktif dalam proses belajar mengajar, mendorong siswa untuk melakukan kegiatan, saling berdiskusi, serta mengalami sendiri dalam membangun pengetahuan. Hal ini dapat membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna dan lebih mudah dipahami oleh siswa, sehingga siswa tidak hanya

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Terimakasih atas link yang telah diberikan, hal ini sangat bermanfaat khususnya untuk saya. Karena pada dasarnya selama ini saya yang tidak terlalu tertarik dalam PBM di SD dapat membuka wawasan dan rasa penasaran saya dalam PBM di SD. Karena menurut saya proses pembelajara di SD tidak bisa disamakan dengan SMP atau SMA, dan bahkan pembelajaran di SD dirasa lebih sulit

    ReplyDelete
  3. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Tugas utama seorang pendidik adalah mengajar dan mendidik siswa/peserta didik di sekolah hingga mereka mendapatkan kesuksesan yang mutlak sebagai generasi penerus bangsa. Untuk menjalankan tugas sebagai pendidik seorang guru atau pendidik harus menmperisiapkan senjata supaya misi mendidik siswa tercapai. Apakah senjata itu? senjata itu disebut perangkat pembelajaran.
    perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran baik di kelas, laboratorium atau di luar kelas.
    Perangkat pembelajaran ini memang seharusnya disiapkan terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  4. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Perangkat pembelajaran merupakan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Perangkat pembelajaran ini menjadi pegangan bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas. Pengembangan LKS untuk siswa SD memang seharusnya disesuaikan dengan tingkat perkembangan berpikir siswa dan memperhatikan bahwa hakekat belajar matematika siswa SD adalah aktivitas. Jika guru langsung memberikan definisi, itu sama saja dengan membunuh intuisi siswa. Dalam pembelajaran matematika, LKS yang digunakan sebaiknya menggunakan obyek atau contoh kongkrit dalam menyampaikan materi. LKS disajikan dengan desain yang menarik sehingga dapat menambah antusias siswa dalam mengerjakan LKS tersebut.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Terima kasih buat link nya pak prof, sangat bermanfaat. Dan apalgi kalau yang mau penelitian mencari referensi buat PBM. PBM atau pembelajaran berbasis maslaah atau biasa kita kenal dengan PBL problem based learning, yang mana PBM ini sangat menekankan kepada siswa utnuk belajar aktif, serta sangat cocok untuk diterapkan dengan kurikulum 2013. PBM ini saat mengunakannya siswa yang lebih berperan dari pada guru, guru malah tidak berperan akan tetapi guru menjadi pengamat, abagimana siswa memecahkan masalah yang diberikan oleh guru.

    ReplyDelete
  6. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Perangkat pembelajaran merupakan hal yang harus disiapkan oleh guru sebelum melaksanakan pembelajaran. Penyusunan perangkat pembelajaran merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dirancang dalam bentuk silabus dan RPP yang mengacu pada standar isi. Selain itu, dalam perencanaan pembelajaran juga dilakukan penyiapan media dan sumber belajar, perangkat penilaian, dan skenario pembelajaran.

    ReplyDelete
  7. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Perangkat pembelajaran adalah serangkaian media atau sarana yang digunakan dan dipersiapkan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Sedangkan Pengembangan perangkat pembelajaran adalah serangkaian proses atau kegiatan yang dilakukan untuk menghasilkan suatu perangkat pembelajaran berdasarkan teori pengembangan yang telah ada.

    ReplyDelete
  8. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Tahapan pendidikan sekolah dasar memang benar menjadi dasar pemahaman bagi siswa untuk bekal pendidikan ke jenjang berikutnya. Dasar haruslah benar, maka perangkat pendukungnya pun harus benar-benar mendukung. Namun, berdasarkan pengalaman perangkat dalam pembelajaran sekolah dasar tidak menunjukkan kriteria perangkat bagi anak-anak SD. Contohnya saja LKS yang berisi materi dan latihan saja, padahal seharusnya berisi langkah-langkah kegiatan yang melibatkan siswa dalam belajar. Kemudian guru juga kurang memaksimalkan pembelajaran dengan tidak memanfaatkan penggunaan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Padahal pada tahapan belajar anak sekolahh dasar menurut Piaget masih dalam tahapan operational kongkrit yang masih membutuhkan benda kongkrit untuk membantu mereka dalam belajar. Oleh karena itu guru perlu meningkatkan kembali kualitas perangkat pemelajaran yang digunakan.

    ReplyDelete