May 7, 2015

Perangkat PBM Sekolah Dasar

Bagi yang berkepentingn dengan pengembangan perangkat pbm di SD silahkan simak dan cermati akses berikut:




http://www.teach-nology.com/gold/worksheets.html

Semoga bermanfaat.

Marsigit

46 comments:

  1. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Sebelum melakukan pembelajaran di dalam kelas atau di luar kelas, guru mempersiapkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan materi. Perancangan perangkat pembelajaran juga disesuaikan dengan perkembangan zaman, karena pengetahuan semakin luas dan penggunaan teknologi juga semakin berkembang pesat. Guru yang kreatif akan membuat perangkat pembelajaran yang menyenagkan untuk siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  2. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Guru yang professional, selain dapat menyampaikan materi pada siswanya, guru juga harus memiliki administrasi yang membuktikan bahwa guru dalam prose pembelajaran sesuai dengan aturan/ketentuan yang tidak menyimpang dari perangkat pembelajaran. Jika guru dapat memenuhi semua administrasinya, maka guru tersebut dikategorikan sebagai guru yang professional.

    ReplyDelete
  3. Ameliasari Tauresia Kesuma
    18701261015
    S3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan

    Worksheet yang dibagikan di website tersebut, sangat inspiratif dan menyenangkan. Worksheet diatas dapat dijadikan dasar guru, membuat worksheet yang sesuai dengan subyek pembelajaran kita, yaitu anak anak, dan kemudian disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Jangan terbalik memaksakan worksheet yang sudah kita buat tanpa mengetahui karakteristik belajar anak anak kita di kelas.

    ReplyDelete
  4. Salah satu dari worksheet diwebsite tersebut adalah materi sd dengan visualisi..dengan model ini diharapkan pemahaman siswa akan lebih mudah untuk memahaminya dimana hal ini sangat relevan dan mudah dikembangkan dengan teknologi animasi..secara umum gurujaman now harus bisa menguasai pengajaran dalam segala situasi dan kondisi..tidak hanya mengandalkan alat alat bantu mengajar saja...salah satu penguasaan yg harus dimilimi adalah penguasaan teknologi pengajaran...

    ReplyDelete
  5. Rosi Anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Proses pembelajaran merupakan proses yang terdiri dari belajar dan mengajar. Sebelum melakukan pembelajaran di dalam kelas , guru tentunya harus mempersiapkan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan materi. Dalam membuat perangkat pembelajaran yang sesuai dengan subyek pembelajaran kita, seorang guru harus memperhatikan beberapa hal, seperti karakteristik peserta didiknya dan disesuaikan dengan tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  6. Terima kasih untuk link web tersebut, Prof. Link ini bermanfaat bagi kami, guru, dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Terdapat banyak sekali perangkat pembelajaran dalam website tersebut. Menarik bagi saya karena pembelajaran untuk anak SD pasti berbeda ketika kita membuat perangkat pembelajaran matematika untuk orang dewasa.

    ReplyDelete
  7. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Terimakasih Pak Marsigit atas Link mengenai Student Worksheet untuk siswa SD. Dari Worksheet-worksheet dapat dijadikan referensi dan inspirasi guru dalam membuat worksheet. Worksheet ini tentunya ada yang lansung dapat digunakan da nada pula yang tidak. Karena penggunaan worksheet dalam pembelajaran harus menyesuaikan dengan lingkungan belajar. Sehingga konsep yang dibangun siswa dari worksheet benar-benar sesuai dengan apa yang siswa miliki dan alami.

    ReplyDelete
  8. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Penggunaan worksheet atau LKS menjadi keharusan guru dalam pembelajaran. Karena dengan adanya LKS maka akan membantu guru dalam mengarahkan siswa dalam membangun suatu konsep. Tentunya LKSnya bukan sekedar berisi soal. Karena pengertian LKS sendiri yaitu lembar kerja siswa maka isinya aktivitas-aktivitas yang harus dilakukan siswa dalam pembelajaran. Maka dari itu penting bagi guru untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun LKS yang sesuai.

    ReplyDelete
  9. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Dari link tersebut saya melihat terdapat 20.000 lebih sumber lembar kerja matematika. LKS tersebut disusun secara menarik dan mendukung proses pembelajaran konstruktivis. Sumber-sumber tersebut menarik untuk dapat kita jadikan referensi dalam mengembangkan perangkat pembelajaran. Sumber-sumber tersebut juga mendukung untuk melakukan perubahan paradigma inovasi pembelajaran

    ReplyDelete
  10. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Terimakasih banyak kepada Bapak Marsigit yang telah memberikan link tentang perangkat pembelajaran. dalam link tersebut terdapat banyak sekali lembar kerja. Berbagai lembar kerja tersebut sangat bermanfaat bagi kami para calon guru atau guru untuk bahan kami mengajar di kelas. Sehingga dengan banyaknya sumber perangkat yang dimiliki guru diharapkan guru dapat memberikan fasilitas terbaiknya untuk memberikan pembelajaran bagi siswa.

    ReplyDelete
  11. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Tugas dari seorang guru adalah memfasilitasi siswa dalam pembelajaran dikelas. Banyak sekali hal yang dapat dilakukan guru untuk dapat memfasilitasi siswa diantaranya dengan pembelajaran yang bervariasi, menarik, menggunakan media yang inovatif, lembar kerja siswa yang beragam, dan masih banyak lagi. Link yang diberikan oleh Prof Marsigit yang didalamnya berisi berbagai lembar kerja tentunya sangat bermanfaat bagi kami sebagai pendidik maupun calon pendidik.

    ReplyDelete
  12. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat siang Prof.
    Perangkat pembelajaran sangat diperlukan oleh guru untuk menunjang pembelajaran. Perangkat pembelajaran ini merupakan wujud kesiapan guru dalam mempersiapkan materi yang akan dipelajari. Beranekaragam perangkat pembelajaran yang dapat digunakan dan dapat disesuaikan dengan metode, pendekatan, atau strategi pembelajaran yang diterapkan. Sumber referensi ini membantu guru dalam memilih, memilah, dan menyesuaikan perangkat pembelajaran yang akan digunakan. Terima kasih.

    ReplyDelete
  13. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Dari tulisan kita kita dapat belajar bahwa pembelajaran matematika untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) tentunya sangat berbeda dengan matematika tingkatan Sekolah Menengah. Untuk tingkat SD, pola pikirnya masih pada tahap operasional konkret belum berpikir pada ranah abstrak sesuai dengan perkembangan kognitif Piaget. Untuk itu, seorang guru harus memahami psikologi dan karakter anak-anak. Perangkat pembelajaran yang dibuat harus sesuai dipertimbangkan dari segala macam segi, dan juga harus menggunakan media alat peraga apabila dibutuhkan, sehingga anak mudah untuk menerima materi dan memahaminya. Sehingga tujuan pembelajaranpun dapat tercapai. Hendaknya seorang guru, dapat menciptakan suasana pembelajaran yang konndusif, nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak, sehingga membuat pembelajaran matematika itu menyenangkan.

    ReplyDelete
  14. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Referensi worksheets yang menginspirasi Prof. Sebagai calon guru tentunya kita harus memiliki kemampuan merancang sendiri Lembar Kerja Siswa nya, dimana lembar kerja tersebut dapat dibuat dengan cara menyesuaikan dengan karakteristik anak didiknya masing-masing. Namun, fenomena yang sering terjadi di sekitar tempat tinggal saya para guru berbondong-bondong membeli sebuah LKS kepada sebuah rumah produksi. Dimana LKS tersebut tentunya menyamaratakan kemampuan setiap anak, padahal setiap anak memilik perbedaan dan kemampuan kognitif yang berbeda disetiap daerah, jangankan disetiap daerah diantara satu kelas saja pasti kemampuan siswa saling berbeda. Bahkan, guru-guru terkesan mewajibkan para siswa untuk membeli LKS tersebut. Memang tak dapat dipungkiri, bahwa kehadiran LKS belian tersebut dapat mempermudah pekerjaan guru, tanpa susah payah membuatnya guru tetap dapat memberikan bahan ajar kepada siswanya. Namun, akankah lebih baik jika sebuah lembar kerja dibuat sendiri oleh guru bersangkutan yang lebih mengerti bagaimana karakteristik peserta didiknya.

    ReplyDelete
  15. Eka Puspita Sari
    18709251035
    S2 PM B 2018

    Dalam proses pembuatan lembar kerja tersebut mungkin memerlukan waktu dan kreatifitas lebih dari guru, namun semakin sering guru membuatnya nampaknya akan semakin melatih kreatifitas guru dalam membuat Lembar Kerja. Ada berbagai macam referensi unik dan tampaknya dapat membantu siswa agar lebih tertarik dan lebih bersemangat dalam mengerjakan lembar kerja tersebut sebagai wujud proses pembelajaran. Contohnya referensi workseet yang telah Prof sertakan link nya diatas. Memang saya belum melihat semuanya, namun dari beberapa yang saya lihat worksheet tersebut memang sangat bagus. Ada sebuah workseet yang menyajikan dua buah gambar busur derajat disertai tida garis bantu dimana garis tersebut akan menjadi batas sebuah pengukuran dan siswa diminta untuk menentukan ukuran dari sudut yang terbentuk. Dalam benak saya sekilas saat pertama kali melihat, mungkin satu gambar tersebut dapat mewakili 6 soal yang mungkin dapat dijawab siswa bahkan lebihpun bisa. Tetapi, ternyata workset tersebut hanya menanyakan 3 pertanyaan saja setiap gambarnya. Awalnya saya pikir semakin banyak soal yang mungkin dijawab siswa, semakin terasahlah kemampuan siswa tersebut. Dan setelah sama amati ternyata soal yang disajikan atau sudut yang disajikan hanya sudut yang berawal dari nol derajat. Dan dapat saya simpulkan bahwa mungkin maksud dari worksheet tersebut hanya menanyakan 3 sudut saja untuk menghindari kesalahan yang mungkin dibuat siswa saat pengukuran. Dan hal tersebut mengajarkan kepada siswa bahwa mengukur yang baik adalah dimulai dari nol, meskipun memungkinkan saja melakukan pengukuran dari titik berapapun selain nol, namun dengan memulai pengukuran dari nol dapat lebih memudahkan siswa.

    ReplyDelete
  16. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Perangkat pembelajaran merupakan sebuah media yang digunakan sebagai pedoman atau petunjuk pada sebuah proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran memiliki tujuan untuk memenuhi suatu keberhasilan guru dalam pembelajaran. Masih banyak guru pada saat ini yang mengalami kebingungan di tengah - tengah proses pembelajaran. Karena itu, perangkat pembelajaran juga dapat membantu memberi panduan, serta teknik mengajar seorang guru juga dapat berkembang.

    ReplyDelete
  17. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Perangkat pembelajaran merupakan komponen penting pada proses pembelajaran yang di dalamnya tertuang metode dan media yang akan digunakan. Salah satu dari perangkat pembelajaran tersebut adalah LKS. Menurut saya, LKS bukanlah lembar kerja siswa melainkan lembar kegiatan siswa, karena LKS harusnya menuntun siswa untuk beraktivitas selama pembelajaran. Isi dari LKS pun bukan hanya tentang ringkasan mater dan latihan soal. Isi dari LKS harus sesuai dengan metode yang digunakan, langkah-langkah dalam LKS pun harus sesuai dengan metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran, sehingga antara LKS dan pelaksanaaan akan sejalan selama pross pembelajaran.

    ReplyDelete
  18. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Pembelajaran matematika menarik jika PBM menekankan pada aktivitas siswa. Untuk memandu aktivitas siswa, perlu adanya LKS agar tujuan-tujuan pada setiap pembelajaran tercapai. Untuk menunjang hal tersebut, perlu diperhatikan pula konten dan contoh-contoh yang dibuat sedemikian hingga menggunakan hal-hal yang dekat dengan siswa atau konkret bagi siswa.

    ReplyDelete
  19. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Worksheet-worksheet yang sangat menarik, dari worksheet-worksheet tersebut semoga memberikan kami sebuah inspirasi dalam menyusun worksheet yang akan kami gunakan untuk diberikan kepada siswa. Tentunya dalam membuat suatu worksheet tersebut seorang guru harus melihat karakteristik-karakteristik yang dimiliki oleh siswanya. Karakteristik siswa di kelas merupakan suatu hal yang sangat penting, karena tujuan dibuatnya worksheet tersebut adalah tidak lain untuk memfasilitasi siswa dalam memahami sebuah materi.

    ReplyDelete
  20. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Perangkat pembelajaran merupakan sesuatu hal yang sangat penting dalam proses pembelajaran di kelas. Perangkat pembelajaran tersebut dapat digunakan seorang guru untuk mempermudah siswa dalam memahami materi atau memudahkan seorang guru dalam mengajarkan suatu materi. Selain itu dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang bisa berupa bahan ajar atau media pembelajaran dapat membuat pembelajaran yang dilaksanakan menjadi lebih menarik dan bervariasi, sehingga hal tersebut akan mampu menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  21. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Penggunaan worksheet akan sangat membantu siswa dalam mengembangkan pikirannya dalam belajar khususnya siswa SD yang cenderung senang dengan belajar sambil bermain. Berkaitan dengan hal tersebut maka alangkah baiknya isi/konten yang terdapat dalam worksheet tersebut mengandung unsur-unsur yang kontekstual bergambar disertai perpaduan warna agar siswa lebih tertarik dalam penggunaan worksheet di kelas.

    ReplyDelete
  22. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Pemberian bahan ajar berupa worksheet dapat membantu guru dalam mengefisienkan waktu belajar di kelas. Dan harapannya siswa dapat terlibat aktif pada saat proses pembelajaran berlangsung. Worksheet pada sekolah dasar sedikit berbeda dengan worksheet buat siswa SMP dan SMA. Khususnya pada bidang studi matematika akan lebih menarik perhatian siswa dalam belajar jika konten dalam worksheet tersebut terdapat penanaman konsep matematika dasar seperti pengenalan bilangan dan operasinya yang tidak hanya menggunakan unsur angka melainkan unsur-unsur pendukung lainnya seperti kaitannya dengan kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  23. Cahya Mar'a Saliha Sumantri
    18709251034
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Semakin berkembangnya ilmu pengetahuan pada jaman sekarang tidak membuat para pendidik semakin menganggap mereka gaptek, tetapi harusnya lebih penasaran dan ikut mengembangkan. Salah satu caranya dengan membuat inovasi perangkat pembelajaran yang bertujuan membantu siswa untuk ikut mengembangkan pikirannya dan bernalar dengan media yang ada. Bahkan siswa bisa ikut andil dalam mengembangkan perangkat dan bisa menjadi hak patennya kelak. Media untuk sekolah menengah ke atas jarang ditemui kecuali materi-materi tertentu dan kebanyakan yang masih membuthkan media pengajaran adalah siswa sekolah dasar yang masih mindsetnya bermain dan bermain, tetapi juga harus dipaksa untuk berpikir lebih kreatif lagi.sehingga, media apapun baik digunakan oleh siswa sekolah dasar karena siswa pada usia tersebut masih membuthkan banyak contoh nyata dan banyak eksperimen untuk membuat mereka lebih paham lagi kepada materinya.

    ReplyDelete
  24. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Asesmen pendidikan sangat menekankan pengembangan perangkat proses belajar mengajar yang baik, karena ini sangatlah diperlukan. Apalagi dalam proses belajar mengajar tingkat sekolah dasar. Karena pada saat ditingkat sekolah dasar, siswa pertama kali mengalami proses pembelajaran di sekolah. Jadi sedari dini siswa telah diikutkan dalam proses pembelajaran yang sebaik mungkin, agar untuk di tingkat selanjutnya siswa dapat menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  25. Hendra b
    18701261008
    PEP S3 2018

    terimkasih atas khasanah ilmunya yang tertuang pada worksheet yang prof. marsigit bagikan kepada kami sebagai bahan refrensi untuk pembelajaran.

    ReplyDelete
  26. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Terima kasih Bapak atas link tentang perangkat pembelajaran sekolah yang sudah Bapak share kepada kami. Perangkat pembelajaran memang salah satu yang wajib harus ada, tujuannya adalah untuk mendukung proses belajar mengajar di kelas. Salah satu kemampuan yang harus dikuasai guru di semua jenjang pendidikan, termasuk pendidikan dasar adalah mengembangkan perangkat pembelajaran. Sebagai upaya mengembangkan perangkat pembelajaran, guru dapat mencari referensi perangkat pemeblajaran sehingga pembelajarand dapat lebih inovatif. Meskipun begitu perangkat pembelajaran yang diperoleh dari berbagai sumber tetap harus dipelajari oleh guru agar guru dapat menyesuaikan perangkat pembelajaran tersebut dengan kondisi kelas yang diajar.

    ReplyDelete
  27. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Terima kasih Bapak atas informasi mengenai pengembangan LPTK pendidikan guru yang sudah Bapak share kepada kami. Sebelumnya saya memang belum begitu tau apa itu LPTK, setelah membaca saya menjadi sedikit tau LPTK itu apa. LPTK atau singkatan dari Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan merupakan lembaga yang menangani masalah kependidikan di Indonesia. kita tahu bahwa kunci pendidikan di Indonesia adalah guru. dari artikel tersebut dijelaskan bahwa guru mempunyai kelemahan, diantaranya rendahnya kualitas guru, guru hanya mengejar PNS, dan sebagainya. Guru adalah kunci utama kemajuan pendidikan suatu negara. Tidak salah jika tahun ke tahun standar pendidik dan tenaga pendidik terus ditingkatkan. Peningkatan kualifikasi pendidik membuat harapan kepada LPTK sebagai lembaga yang bergerak dalam pembinaan calon pendidik terus meningkat. Peninjauan kurikulum dan pengembangan terhadap program-program LPTK dituntut terus berlangsung agar para lulusan yang dihasilkan memiliki kompetensi sebagaimana yang diharapkan. Permasalahan-permasalahan di lapangan mencatat tidak sedikit pendidik dan calon pendidik yang masih mengalami kekurangpenguasaan baik terhadap materi ajar maupun manajemen kelas. Untuk mengatasi masalah ini, LPTK menjadi tumpuan harapan dalam pengembangan sehingga pendidik Indonesia berdiri sebagai pendidik yang memegang kompetensi pedagogik, professional, sosial, dan kepribadian.

    ReplyDelete
  28. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pendidikan matematika /D

    terimakasih banyak Bapak Prof marsigit.
    saya memahami kurikulum yang berlaku saat ini dalam kegiatan pembelajaran menekankan pada kegiatan pemecahan masalah (problem solving). Sehingga perangkat pembelajaran berbasis masalah yang disajikan ini akan sangat bermanfaat untuk digunakan oleh guru di SD. Jika perangkat ini dapat digunakan oleh banyak guru SD dengan baik dan optimal maka saya yakin bahwa siswa Indonesia pasti akan lebih maju dan bisa menyusun pengetahuannya sendiri. Sehingga ketika pada fase berikutnya siswa akan lebih mudah menerima pembelajaran dan menyusun pengetahuannya.

    ReplyDelete
  29. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Marsigit yang telah memberikan sumber belajar pada postingan di atas. seperti yang telah dijabarkan pada postingan yang lain bahwa matematika pada tingkatan sekolah dasar merupakan matematika pengalaman atau siswa belajar melalui pengalaman dengan melakukan suatu kegiatan. namun sebagai seorang guru tentu mengalami kesulitan dalam menyusun lembar kerja siswa yang harus menarik minat belajar siswa tanpa mengurangi esensi konten materi. pada web tersebut dapat ditemui berbagai macam LKS yang dapat membantu siswa dengan kombinasi warna bentuk dan juga konten yang sesuai sehingga dapat digunakan oleh para guru untuk belajar pada tingkat sekolah dasar. semoga postingan ini dapat dilihat dan dapat bermanfaat untuk lebih banyak guru dalam melakukan pembelajaran yang bermakna pada tingkat sekolah dasar.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  30. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PMD 2019

    Saya ingin berterima kasih kepada Bapak atas link yang Bapak bagikan dalam postingan ini. Link ini akan sangat bermanfaat, terutama bagi guru maupun calon guru Sekolah Dasar. Seperti yang saya lihat dari web tersebut, GetWorksheet.com menyajikan berbagai macam worksheet dalam jumlah yang banyak. Contohnya worksheet untuk Matematika, terdapat lebih dari 20.000 worksheet. Worksheet disusun sejelas dan semenarik mungkin, didukung dengan visualisasi dan warna yang menarik. Dengan tampilan yang menarik, tentunya akan menambah ketertarikan siswa untuk belajar dan memahami materi.

    ReplyDelete
  31. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Terimakasih untuk informasinyanya pak. Saya melihat beberapa worksheet yang mata pelajaran matematika yang bisa saya gunakan di kelas. Beberapa worksheet memiliki tampilan menarik yang dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa dalam belajar matematika.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  32. Hima Naili Hidayah
    19701251004

    Penggunaan perangkat belajar mengajar pada sekolah dasar di tujukan untuk menunjang proses pembelajaran dan hasil pembelajaran yang maksimal. Agar para siswa nantinya tidaklah hanya paham namun bisa membangunkan jawaban atas pertanyaan yang di hadapi.

    ReplyDelete
  33. Assalamu'alaikum wr. wb
    Novi Indriyani Kones
    PEP S2 A 2019
    19701251002

    Terimakasih Prof telah berbagi link Get Worksheet pada artikel ini, saya menjadi lebih tau tentang worksheet-worksheet yang unik untuk belajar khususnya matematika yang dominan angka dan rumus. Berdasarkan pengalaman saya mengajar les dan privat untuk anak SD, tampilan-tampilan worksheet matematika yang unik untuk sekolah dasar sangat membantu pemahaman sehingga worksheet matematika pada link ini dapat dijadikan sebagai contoh tampilan yang dapat diterapkan dalam pembelajaran matematika. Akan lebih baik jika guru mengembangan menjadi lebih kreatif dan inovatif.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  34. Jewish Van Septriwanto
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    19709251077

    Terimakasih Prof atas tulisan ini, Website yang di bagikan oleh Bapak berisi mengenai rpp dan lembar kerja siswa. Terdapat lebih dari 200.000 formasi LKS yang disesuaikan dengan pembelajaran yang sedang terjadi. Terdapat perintah atau petunjuk soal yang juga cukup lengkap namun bisa dipahami oleh siswa. Yang saya juga dapatkan dari adalah perlunya kekreatifan guru dalam menyiptakan lks seperti variasi warna dan gambar-gambar sederhana tapi tidak mengalihkan perhatian siswa.

    ReplyDelete
  35. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih sebelumnya pak, telah membagikan worksheet ini kepada kita semua. Hal ini sangatlah membantu untuk para calon guru dan guru-guru sekolah dasar. Perangkat pembelajaran sangatlah penting ketika akan mengajar. Contohnya seperti worksheet di atas yang dapat dijadikan sebagai dasar guru. Ketika akan membuat worksheet, kita harus sesuai dengan subyek pembelajarannya, dan kemudian disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Jangan terbalik memaksakan worksheet yang sudah kita buat tanpa mengetahui karakteristik belajar siswa-siswa di kelas, sehingga konsep yang dibangun siswa dari worksheet benar-benar sesuai dengan apa yang siswa alami.

    ReplyDelete
  36. Choirul Amri
    (19709251078 S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2019)

    Bismillah, terimakasih atas referensinya Bapak. Namun penting bagi Guru yang memilih untuk menggunakan LKS dalam pembelajaran apalagi yang menyusun sendiri perlu memperhatikan banyak hal. Pemilihan LKS ini harus sesuai dengan fungsi dan tujuan penyusunan dan pembuatan Lembar Kerja Siswa (LKS) bahwa fungsi penyusunan dan penggunaan Lembar Kegiatan Siswa (LKs) dalam pembelajaran secara umum adalah sebagai berikut:
     Sebagai bahan ajar yang bisa meminimalkan peran pendidik, namun lebih mengaktifkan peserta didik
     Sebagai bahan ajar yang mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang diberikan
     Sebagai bahan ajar yang ringkas dan kaya tugas untuk berlatih
     Memudahkan pelaksanaan pengajaran kepada peserta didik.

    Oleh sebab itu, diperlukan LKS atau worksheet yang dapat mencapai tujuan tersebut, dan tentunya dipahami oleh anak-anak SD. Terimakasih.

    ReplyDelete
  37. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Secara umum perangkat PBM Guru adalah sebagai berikut silabus, RPP, prota, promes, buku absen, buku jurnal, buku penilaian, bundle portofolio, bank soal,dan media. Silabus merupakan perangkat pembelajaran ini berisi standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai. RPP atau rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan langkah-langkah yang harus ditempuh oleh guru dalam rangka pemberian pelayanan kepada peserta didik. Program tahunan atau prota merupakan batasan materi yang harus diselesaikan dengan batas waktu yang tertera jelas pada table program tahunan. Program semester atau promes merupakan gambaran distribusi materi selama satu semester berdasarkan SK dan KD yang telah dirumuskan dalam Standard Isi. Sumber: https://www.sekolahdasar.net/2017/10/10-perangkat-pembelajaran-yang-harus-dimiliki-guru.html

    ReplyDelete
  38. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Perangkat PBM yang lain yaitu buku absen yang merupakan buku ini berisi sejumlah nama peserta didik dalam kelas yang kita bina serta fungsinya untuk mengontrol kehadiran peserta didik. Buku Jurnal Buku ini berisi beberapa catatan penilaian prilaku peserta didik selama pembelajaran dilaksanakan, mulai dari kedisiplinan, tanggung jawab, kerjasama, dan sebagainya. Bundel portofolio berisi tugas-tugas yang dikerjakan oleh siswa dikumpulkan jadi satu bundel, biasanya digabung perkelas bahkan per individu. Gunanya untuk mengetahui perkembangan kompetensi peserta didik, perubahan peserta didik terhadap penerimaan materi yang disampaikan dapat diukur sehingga memudahkan guru menentukan model dan metode yang akan diberikan. Melalui bundel ini, seorang guru dapat menyimpulkan keberhasilan pembelajaran di kelasnya. Bank soal adalah buku yang berisi kumpulan dari sejumlah soal yang akan diberikan kepada peserta didik. Media digunakan dalam menyajikan pelajaran. Dibutuhkan inovasi dan kreativitas guru untuk menentukan media-media yang diperlukan dalam kaitannya dengan pokok bahasan yang diberikan. Sumber: https://www.sekolahdasar.net/2017/10/10-perangkat-pembelajaran-yang-harus-dimiliki-guru.html

    ReplyDelete
  39. Rifki Rinaldo
    19709251070
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terimakasih prof atas referensinya. Disini saya dapat melihat berbagai macam RPP dan Lembar Kerja Siswa. Dalam pemilihannya tentu sesuai dengan materi yang diajarkan. Pada link tersebut terdapat semua materi yang diajarkan di sekolah. Semoga banyak yang terbantu atas referensi yang telah dibagikan bapak khususnya terhadap pendidik Sekolah Dasar.

    ReplyDelete
  40. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Bismillah, dalam link ini saya bisa menambah pengetahuan mengenai lembar kerja siswa berdasarkan tingkat dari kelas rendah hingga kelas tinggi. Kemudian saya bisa melihat kesukaran didalam setiap LKS yang ada berdasarkan materi yang disediakan terutama untuk matematika,
    dari sini bisa mendapatkan ide untuk mengkombain LKS yang berstandar PISA dan HOTS, karena saat ini Kemendikbud terus menggencar 3 aspek dalam PISA yaitu literasi, numerik dan sains, dari sini mendapatkan ide bagaimana menciptakan suatu assesment yang dapat meningkatkan 3 konten tersebut denggan standar PISA dan HOTS

    ReplyDelete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas, guru harus mempersiapkan perangkat pembelajaran dan seisinya dengan matang dan tersusun dengan jelas dengan menyesuaikan isi materi dengan alat dan teknologi yang ada hingga saat ini, sebab perkembangan teknologi dan informasi saat ini mampu berkembang dengan pesat dan ilmu pengetahuan mampu menyebar dengan luas.
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  43. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    Pembelajaran matemataika bagi siswa SD seharusnya menyenangkan dan menjadi bagian dari pengalaman. Seperti yang tersaji dalam worksheet di laman yang Bapak Marsigit lampirkan. Pada laman tersebut terdapat beberapa jenis worksheet dengan berbagai kegiatan untuk suatu konsep matematika. Contohnya adalah konsep penjumlahan yang tersedia dengan berbagai pilihan aktivitas, diantaranya siswa dapat menggunakan puzzle untuk mempelajari konsep penjumlahan sehingga pembelajaran matematika akan terasa menyenangkan bagi siswa. Kemudian untuk penjumlahan nominal uang, siswa dapat mempelajarinya melalui seuatu aktivitas jual beli sehingga konsep penjumlahan menjadi bagian dari pengalaman siswa. Selain itu worksheet juga disusun dalam tingkatan tertentu. Contohnya ialah terdapat worksheet penjumlahan untuk 1 digit angka, yang kemudian akan dilanjutkan dengan worksheet penjumlahan dua digit angka, dst. Saya rasa worksheet yang terlampir sangatlah bermanfaat untuk digunakan pada pembelajaran matematika SD karena memperhatikan tingkatan konsep dan bagaimana proses pembelajaran konsep yang baik bagi siswa SD.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  44. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Prof. Dr. Marsigit atas link yang diberikan. Link tersebut berisi banyak bahan ajar yang menarik untuk anak SD. Selain itu pembelajaran yang diberikan juga menjadi lebih aktif karena siswa melakukan kegiatan secara mandiri.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  45. Muh. Asriadi AM
    19701251008
    S2 PEP A 2019
    Dari artikel di atas yang saya pahami yaitu Pembelajaran merupakan suatu proses untuk mengembangkan potensi siwa , baik potensi akademik, potensi kepribadian dan potensi sosial ke arah yang lebih baik menuju kedewasaan. Dalam proses ini diperlukan perangkat pembelajaran yang disusun dan dipilih sesuai dengan kompetensi yang akan di kembangkan. Perangkat pembelajaran adalah salah satu wujud persiapan yang dilakukan oleh guru sebelum mereka melakukan proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran juga diartikan sebagai sejumlah bahan, alat, media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses pembelajaran atau digunakan pada tahap tindakan (do) dalam kegiatan belajar dan mengajar. Sebuah kata bijak menyatakan bahwa persiapan mengajar merupakan sebagian dari sukses seorang guru. Perangkat pembelajaran atau yang sering disebut sebagai Kurikulum merupakan bagian yang penting dari sebuah proses pembelajaran. Tetapi tak bisa dipungkiri bahwa masih banyak guru yang tidak memiliki perangkat pembelajaran saat mengajar. bahkan yang lebih memprihatinkan bahwa perangkat pembelajaran digunakan hanya sebatas administrasi dan formalitas. dalam artian bahwa sang guru mengaplikasikan sesuatu yang berbeda dari perangkat mengajarnya

    ReplyDelete
  46. Wow! this is Amazing! Do you know your hidden name meaning ? Click here to find your hidden name meaning

    ReplyDelete