Aug 17, 2009

Resources for Lesson Plan

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!Kiriman dari Prof Abdul Gafur
>
> -----Original Message-----
> From: "Teacher Tip Newsletter"
>
> Date: Sat, 15 Aug 2009 20:09:32
> To:
> Subject: Start of School Teaching Guide- Teacher Tips #475
>
>
> TeAchnology.com's- Tips for Teachers Issue #475
> =============================================================
>
> The Start School of Teaching Guide can be found here:
>
>
> http://www.teach-nology.com/newsletters/475.html
>
>
> You may need to cut and paste the above link into your web browser.
>
>
> This week's
> newsletter can be found here.

>
> -------------------------------------------------------------
>
> This week's teaching theme is a First Weeks of School Teaching Guide.
>
>
> Start of School Teaching Theme Page:
>
> http://www.teachnology.com/themes/holidays/firstweeks/
>
>
> Start of School Lesson Plans:
>
> http://www.teachnology.com/gold/lessons2.html
>
>
> Start of School Teacher Printables and Worksheets:
>
> http://www.teachnology.com/gold/worksheets3.html
>
>
> Back To School Unit:
>
> http://www.teachnology.com/themes/holidays/back/
>
>
> Start of School Lesson Series:
>
> http://www.teachnology.com/gold/new/startofschool.html
>
>
> Teacher Timesavers Set:
>
> http://www.teachnology.com/gold/new/timesavers.html
>
>
> -------------------------------------------------------------
>
> * Teachers: Ready To Go Back To School?*
>
> Brand New - 25,000+ teacher resources to make your day easy!
>
> Awesome - Worksheets, Lessons, Timesavers everything for you.
>
>
> Print it here:
>
>
> http://www.teachnology.com/gold/worksheets.html
>
> -------------------------------------------------------------
>
> View the Teacher
> Resource Center

>
> -------------------------------------------------------------
>
> "I cannot possibly explain to you how unbelievably helpful
> your web site is. Thank you from the bottom of my heart."
>
> - Mary Donald, Veteran Teacher
>
> Visit: http://www.teachnology.com/gold/worksheets.html
>
> -------------------------------------------------------------
>
> You are receiving teacher tips because you have signed up to
> receive them at AGAFURDA@YOGYA.WASANTARA.NET.ID . See:
> http://teachertipnewsletter.com
> to change your status.
>

36 comments:

  1. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menjadi seorang guru tidaklah mudah. Seorang guru perlu perencanaan dan persiapan yang matang sebelum memulai pembelajaran, meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), media/ alat pembelajaran, maupun Lembar Kerja Siswa (LKS). Kesiapan seorang guru mengenai materi dan kesiapan mental dalam mengajar sangat mempengaruhi keberhasilan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas, serta keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  2. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Sumber belajar berisi segala informasi yang memuat ide, fakta, dan data yang hendak disampaikan kepada siswa. Sumber belajar tidak hanya berasal dari buku saja tetapi juga dapat berasal dari informasi yang disampaikan oleh orang lain (baik guru maupun teman) sebagai narasumber atas infoemasi tersebut, dapat pula informasi tersebut berasal dari lingkungan. Kita dapat melihat gambar, grafik, tulisan, pada buku dan memperoleh informasi dari buku tersebut. Kita juga dapat mendengar dan memperhatikan penjelasan orang lain sebagai narasumber dan memperoleh informasi dari narasumber tersebut. Tidak terlepas dari itu semua, kita juga dapat memperoleh informasi dari lingkungan yang ada di sekitar kita. Informasi tersebut diperoleh dari kondisi dan situasi yang ada di lingkungan. Kondisi dan situasi yang ada di lingkungan tersebut yang akan memberikan informasi kepada kita.

    ReplyDelete
  3. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Terimakasih Prof Marsigit telah memberikan portal link yang dalam hal-hal yang diperlukan pada saat pembelajaran. bagi kita calon pendidik seharusnya menyadari bahwa sumber belajar yang menarik menjadi sangat penting dalam rencana pembelajaran. Karena rencana pembelajaran merupakan pondasi seorang guru untuk menjalankan pembelajaran sesuai dengan rencana yang sudah ditata sedemikian rupa sehingga tepat waktu dan materi bisa tersampaikan. Tentunya yang perlu digaris bawahi bahwa kita harus menjadi guru yang kreatif. Nah, dalam menjadi guru yang kreatif tentunya memilih sumber belajar yang berbeda setiap pertemuannya sangatlah tidak mudah, ia harus terus merevisi juga sumber belajar yang ia pakai. Jika feedback dari murid baik, maka sumber belajar itu terus ia pakai, jika salah satu ide sumber belajarnya membuat murid bosan, maka ia harus merevisi atau menghilangkan sumber belajar tersebut. Website yang Prof Marsigit berikan adalah salah satu website yang sangat berguna untuk membuka ide seorang guru dalam memilih sumber belajar. Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  4. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016


    dengan adanya sumber yang Bapak berikan tentang lesson plan, atau yang sering kita sebut dengan RPP. semoga dapat membawa dampak untuk pembelajaran yang makin baik nantinya. dengan sumber ini diharapkan guru dapat lebih kreatif lagi dalam menyususn RPP.

    ReplyDelete
  5. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu'alaikum. Terimakasih Prof. Marsigit atas link yang diberikan. Link yang diberikan dapat menanbah wawasan saya tetang lesson plan yang baik yang dapat membantu siswa dalam mempelajari matematika. guru perlu membuat lesson plan yang dapat memfasilitasi siswa untuk belajar. Pembuatan lesson plan masuk dalam kegiatan perencanaan pembelajaran oleh guru, dan sebaiknya setiap guru membuat lesson plan sendiri disesuaikan dengan kelas yang diampunya masing-masing. Dengan link-link tersebut semoga dapat membantu saya membuat lessomn plan yang baik untuk siswa saya nantinya.

    ReplyDelete
  6. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Lesson plan adalah perencanaan yang dilakukan seorang guru sebelum melakukan proses belajar mengajar dalam kelas. Perencanaan berasal dari kata rencana, yaitu pengambilan keputusan tentang apa yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, proses suatu perencanaan harus dimulai dengan penetapan tujuan yang akan dicapai melalui analisis kebutuhan serta pengambilan keputusan yang lengkap, kemudian menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, maka pola pikir kita diarahkan bagaimana agar tujuan itu dapat dicapai secara efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  7. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    Kurikulum merupakan salah satu komponen yang memiliki peran penting dalam system pendidikan, sebab dalam kurikulum bukan hanya dirumuskan tentang tujuan yang harus dicapai sehingga memperjelas arah pendidikan, akan tetapi juga memberikan pemahaman tentang pengalaman belajar yang harus dimiliki setiap siswa. Kurikulum memiliki dua sisi yang sama penting, yaitu kurikulum sebagai dokumen dan kurikulum sebagai implementasi. Sebagai sebuah dokumen, kurikulum berfungsi sebagai pedoman bagi guru dan kurikulum sebagai implementasi merupakan realisasi dari dokumen dalam bentuk kegiatan pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  8. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Ketika saya membuka salah satu link yang bapak berikan sungguh kaya akan informasi di dalamnya. Berbagai macam mata pelajaran dari lesson plan terdapat di sana. Berikut dengan materi yang lengkap. Sungguh tiada alasan bagi guru untuk tidak berinovasi di zaman serba canggih seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
  9. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Sekarang kemajuan teknologi sudah semakin pesat. Bahan-bahan teknologi yang dahulu dibuat dalam ukuran yang besar sekarang sudah dapat dikecilkan sehingga lebih praktis dibawa kemana-mana. Agar tidak kalah dengan perkembangan Zaman, pendidikan pun harus diselaraskan. Sudah tercipta alat-alat yang mampu menunjang pendidikan supaya lebih mudah dipahami maupun diajarkan. Guru sebaiknya juga mengikuti perkembangan ini sehingga guru juga mampu memahami tingkat perkembangan maupun karakteristik siswa sehingga guru dapat mengoptimalkan potensi nya.

    ReplyDelete
  10. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Perlulah RPP yang baik untuk membantu menanggapi respos siswa yang unik-unik. Sehingga diperlukan berbagai sumber-sumber yang banyak. Tidak hanya dari dalam negeri, namun perlu mengadaptasi dari sumber-sumber dari luar untuk mengamodasi perkembangan ilmu. Karena bukan saja ilmu yang berkembang, namun anak-anak didik akan semakain banyak keunikan sendiri-sendiri. Sehingga perlu perencanaan yang baik pula untuk meresponnya.

    ReplyDelete
  11. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Terimakasih Prof. atas sumber dalam pelaksanaan pembelajarannya, karena sumber dalam melaksanakan pembelajaran sangat penting sehingga dalam memberika materi kita tidak ragu-ragu. Dengan adanya sumber yang valid maka dalam melaksakan pembelajaran kita akan semakin percaya diri.

    ReplyDelete
  12. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dari salah satu link yang saya baca menjelaskan tentang hal – hal untuk membentuk komunikasi siswa dengan meningkatkan akuntabilitas mereka. Siswa dirangsang untuk dapat menyampaikan pendapat serta ide – idenya dalam matematika. Guru diharapkan mampu menyusun pembelajaran semenarik mungkin untuk memfasilitasi siswa agar dapat mengembangkan kemampuannya dalam bidang matematika maupun dalam disiplin ilmu yang lainnya.

    ReplyDelete
  13. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Lesson Plan atau rencana pembelajaran adalah hal yang harus disiapkan oleh guru ketika hendak melakukan pembelajaran. Hal ini wajib dilakukan agar pada saat pembelajaran kita bisa mencapai tujuan dari satu kali proses pembelajaran. Berdasarkan tautan-tautan yang ada di atas banyak sekali contoh rencana pembelajaran yang bisa kita pelajari, bahkan termasuk lembar kerja yang bisa kita adaptasi.

    ReplyDelete
  14. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas link yang diberikan pada postingan ini. Semoga bermanfaat untuk saya dan teman-teman saya.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  15. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Lesson Plan adalah perencanaan yang dibuat oleh guru sebelum mengajar. Lesson Plan hakikatnya sama dengan RPP, yang membedakannya, Lesson Plan dalam merencanakannya disuguhkan dengan berbagai variasi.

    ReplyDelete
  16. Desinta Armiani
    14301241041
    Pendidikan Matematika A 2014

    Assalamu'alaikum wr wb
    saya mengucapkan terimakasih untuk link yang diberikan dalam postingan ini. link dalam postingan ini terdapat banyak tips untuk guru selalu berinovasi dalam menyusun lesson plan yang dapat membantu siswa dalam membangun potensinya. sehingga tidak ada alasan guru untuk tidak berinovasi terutama untuk pribadi saya. terimakasih

    ReplyDelete
  17. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Dalam perkuliahan terakhir yang diberikan oleh Prof. Marsigit kami mahasiswa jurusan pendidikan matematika belajar mengenai lesson plan di luar negeri yang tentunya antara negara yang satu berbeda dengan negara yang lainnya. kami melihat foto foto hasil dokumentasi Prof. Marsigit selama di luar negeri mengenai pembelajaran disana. hal tersebut membuat kami lebih termotivasi kembali untuk menjadi guru yang lebih baik kelak.

    ReplyDelete
  18. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas link yang telah dibagikan. sangat bermanfaat bagi kami untuk meningkatkan pengembangan RPP, mengingat RPP merupakan perangkat pembelajaran yang penting, setiap kegiatan yang dilakukan di dalam kelas tercantum di RPP sehingga diharuskan membuat RPP yang baik, sistematis, inovatif, dan detail.

    ReplyDelete
  19. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Dalam setiap hal butuh perencanaan yang mantap agar mencapai target yang maksimal. Begitu pula dalam memberikan pembelajaran. Terima kasih atas linknya Pak, ini sangat menginspirasi saya dalam menyusun rencana pembelajaran yang lebih kreatif dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  20. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih Prof atas referensi yang Anda bagikan. Salah satu link yang saya buka memberikan informasi mengenai cara memulai kegiatan pembelajaran di kelas dan berbagai humor yang bisa diceritakan pada siswa untuk menarik perhatian mereka. Sungguh link yang sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  21. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas informasi yang Bapak berikan, dengan ini para calon guru maupun guru bisa lebih memaksimalkan pembelajaran dikelas.

    ReplyDelete
  22. Salma Maulida Karima
    14301241021
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih Bapak atas referensi lesson plan yang diberikan. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.

    ReplyDelete
  23. Ika Austina Fitriani
    14301241018
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih Prof atas informasi yang diberikan. Semoga dengan informasi tersebut dapat digunakan oleh guru dan calon guru dalam proses pembelajaran di sekolah.

    ReplyDelete
  24. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Sumber belajar seorang siswa adalah guru dan lingkungannya. Sumber belajar seorang guru adalah wawasaannya untuk berkebang. Sumber belajar seorang guru bukanlah hanya buku paket yang disediakan dari sekolah, tetapi sumber belajar dapat dari wawasan guru itu sendiri. guru mengeksplore sumber belajarnya sehingga tidak itu-itu saja.

    ReplyDelete
  25. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih kepada Pak Marsigit atas informasi yang telah diberikan kepada kami. Dengan informasi tersebut, dapat menambah wawasan kami tentang pembelajaran di sekolah yang akan sangat bermanfaat untuk kami. Salah satunya adalah bagaimana memulai suatu pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  26. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih pak atas link yang telah diberikan menambah referensi contoh saya dalam mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang menarik. Berikut juga saya berikan referensi sumber bahan ajar matematika http://www.shelovesmath.com/ semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  27. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Membelajarkan berarti siap membuat rencana pembelajaran. rencana pembelajaran atau sering dikenal dengan lesson plan, tidak dibuat dengan sembarang. Rencana pembelajaran yang baik adalah yang dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga dapat memfasilitasi siswa untuk membangun pengetahuannya. Dalam tulisan ini, telah disajikan berbagai sumber yang dapat digunakan guru dalam rangka pembuatan lesson plan yang baik dan inovatif.

    ReplyDelete
  28. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih pak Prof atas link yang dibagikan. Pada website diatas, diberikan banyak referensi mengenai RPP atau jika di luar negeri disebut sebagai lesson plan. Tentu lesson plan yang digunakan disana berbeda dengan di Indonesia, namun tidak menutup kemungkinan bahwa kita sebagai calon guru belajar dari contoh-contoh tersebut untuk kemudian digunakan dalam mengembangkan RPP yang akan dibuat

    ReplyDelete
  29. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Ternyata bukan hanya lesson plan, namun kita dapat menemukan berbagai referensi mengenai student worksheet yang dapat kita terapkan di Indonesia, tentunya dengan beberapa penyesuaian. Seperti yang kita tahu, bahwa worksheet yang diterapkan di luar telah berorientasi pada kegiatan meneliti siswa, dimana kegiatan tersebut adalah hakikat belajar bagi siswa untuk mencapai pembelajaran inovatif

    ReplyDelete
  30. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Berdasarkan salah satu link, saya mendapat sebuah pengetahuan baru bahwa untuk membuat kelas menjadi lebih hidup. “Sebuah kelas yang “hidup” menjadikan tujuan semua guru yang mengajar dengan hati “. Salah satu tantangan yang dihadapi diantaranya adalah mengkondisikan kelas agar menjadi nyaman dan peserta betah belajar dikelas, nyaman dalam artian menyenangkan, dapat membuat peserta senang belajar dan pada gilirannya tujuan pembelajaran akan tercapai. Salah satu cara agar membuat kelas lebih hidup adalah siswa diminta bekerja secara berpasangan atau dalam kelompok. Cara ini membuat peserta meningkatkan kemampuan untuk berbagi ide, dan pada saat yang sama mendapatkan ide lain dari rekan sesama peserta didik. Dengan bekerja secara kelompok, peserta diharapkan aktif dan mempunyai kemampuan bekerja sama dalam tim sehingga terjadi interaksi antara sesama peserta didik.

    ReplyDelete
  31. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas link yang telah diberikan. Saya membuka salah satu link yang diberikan saya dapat mengakses LKS yang sangat inovatif dengan tampilan yang tidak membosankan dan menggunakan pendekatan horizontal karena menggunakan objek-objek yang ada disekitar siswa.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  32. ‘Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Lesson Plan atau yang dalam bahasa kita lazim disebut sebagai RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah perencanaan yang dilakukan seorang guru sebelum melakukan proses belajar mengajar dalam kelas. RPP ini akan memudahkan seorang guru dalam proses mengajar. Dalam membuat RPP atau Lesson Plan tersebut dibutuhkan wawasan yang luas dan perlu membayangkan apa yang akan dilakukan guru pada saat mengajar. Untuk itu, terima kasih kepada Prof. Marsigit yang telah memberikan berbagai link mengenai Lesson Plan. Link tersebut dapat saya jadikan referensi untuk saya menyusun RPP yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  33. ‘Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya membuka salah satu link yang diberikan yaitu http://www.teach-nology.com/gold/new/forms/lesson.html, pada link tersebut berisikan tentang berbagai bentuk LKS dan juga RPP, terdapat pula semacam lembar penilaian yang harus ada di RPP, contoh-contoh yang ada di link tersebut dapat dijadikan contoh dan referensi saya dalam menyusun RPP, dengan catatan perlu sedikit diadaptasi agar sesuai dengan peraturan di Indonesia.

    ReplyDelete
  34. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    sebagai calon guru, kita harus senantiasa belajar dari bagaimaana siswa belajar. dengan demikian, kita akan mampu untuk memberikan fasilitas pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
    terima kasih untuk Prof Marsigit yang sudah memberikan link tersebut sebagai bahan bagi kami para calon guru untuk belajar menjadi seorang guru yang baik.

    ReplyDelete
  35. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan dukungan kepada manusia dalam usaha meningkatkan kesejahteraan hidup, salah satunya dalam bidang pendidikan. Perkembangan teknologi sangat berpengaruh di dalam kehidupan ini baik ke arah positif maupun negatif tergantung dari subyek yang memanfaatkannya.

    ReplyDelete
  36. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Sebagai seorang guru dapat memanfaatkan perkembangan IPTEK itu untuk memperbaharui suatu metode pembelajaran dengan cara mencari sumber-sumber referensi baru yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete