Aug 18, 2009

Syllabus for Philosophy of Mathematics Education

Yogyakarta State University
Faculty of Mathematics and Science
Academic Year 2009/2010
By Dr Marsigit MA


Philosophy of Mathematics Education
Syllabus


Subject Lesson : Philosophy of Mathematics Education
Study Program : Mathematics Education
Lecturer : Dr. Marsigit, M.A.
Code : MMP 211
Credit Semester : 2 (Semester 6)

Standard Competency :
To have experiences in synthesizing the ontological, epistemological, and axiological aspects of mathematics and mathematics education.

Description :
The lesson of Philosophy of Mathematics Education has 2 credit semester. The aim of the lesson is to facilitate the students of mathematics education to have experiences to learn and synthesize the theses and its anti-theses of the ontological, epistemological, and axiological aspects of mathematics and mathematics education. The lesson covers the in-depth study of the nature, the method and the value of mathematics and mathematics education. The material objects the philosophy of mathematics consist of the history of mathematics, the foundation of mathematics, the concept of mathematics, the object of mathematics, the method of mathematics, the development of mathematics, the hierarchy of mathematics and the value of mathematics. The material objects of the philosophy of mathematics education consists of the ideology and the foundation of mathematics education as well as the nature, the method and the value of education, curriculum, educator, learner, aim of teaching, method of teaching, teaching facilities, teaching assessment. Teaching learning activities of this lesson consists of the expositions by the lecture, classroom question and answer, sharing ideas, experiences, students’ assignments, students’ presentation, scientific papers, and browsing as well as developing internet website. The competences of the students cover their motivations, their attitudes, their knowledge, their skills and their experiences. These competencies are identified, assessed, and measured through their teaching learning activities, their assignments, their participations, the mid semester test, the final test and portfolios.

16 comments:

  1. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Menjadi seorang guru perlu membekali diri dengan banyak hal. Guru tidak hanya sekedar memberikan materi dari yang dimiliki kepada siswa dan selanjutnya tidak memperhatikan aspek yang lainnya. Tetapi guru harus memberikan fasilitas yang terbaik untuk siswa. Guru yang mampu memahami karakteristik siswa, hakikat belajar, berbagai metode belajar yang dapat dikembangkan dalam rangka menciptaan pembelajaran bersama siswa agar pembelajaran menjadi bermakna. Hal-hal tersebut diperoleh dengan belajar tentang filsafat pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  2. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Saya tertarik dengan penilaiaan akhir dengan menggunakan portofolio. Dengan menggunakan portofolio, guru/dosen bisa melihat proses mengerjakan siswa/mahasiswa. Ini tentu berbeda jika dibandingkan dengan multiple choice. Dengan portofolio siswa/mahasiswa dituntut berpikir kreatif dengan memberikan langkah-langkah maupun alasan-alasan dalam menjawab soal. Hal ini akan membentuk karakter ulet, tidak gampang menyerah, kreatif, dll.

    ReplyDelete
  3. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Standar Kompetensi dalam mempelajari Filsafat pendidikan matematika adalah mahasiswa memiliki pengalaman dalam sintesis ontologi, epistemologi, dan aksiologi aspek dari matematika dan pendidikan matematika. Ontologi berhubungan dengan hakikat hidup. Epistimologi berhubungan tentang dasar-dasar dan batas-batas ilmu pengetahuan. Sedangkan aksiologi berhubungan tentang etika-etika. Dalam dunia filsafat semua itu relatif dan bergantung pada ruang dan waktu. Contohnya saja selama di dunia ini, aku tidak pernah bisa menunjuk diriku, belum selesai menunjuk diriku aku sudah berubah, yaitu dari diriku yang tadi menjadi diriku yang sekarang. Diriku yang tadi tidak sama dengan diriku sekarang. Diriku yang sekarang beda dengan diriku yang nanti.

    ReplyDelete
  4. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. membaca silabus mata kuliah filsafat untuk mahasiswa S1 ini saya tertarik dengan kalimat ‘Teaching learning activities of this lesson consists of the expositions by the lecture, classroom question and answer, sharing ideas, experiences, students’ assignments, students’ presentation, scientific papers, and browsing as well as developing internet website’ terutama pada kata sharing ideas and experiences. Sebagai pendidik saya merasa bahwa saya kurang menyadari kalau siswa memiliki pengalaman dan idenya sendiri yang terkadang kurang dihargai dikelas. Semoga saya dapat menjadi pendidik yang lebih menghargai siswa kedepannya.

    ReplyDelete
  5. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pedidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Silabus Filsafat pendidikan matematika dimaksudkan agar mahasiswa memiliki pengalaman dalam sintesis ontologi, epistemologi, dan aksiologi aspek dari matematika dan pendidikan matematika. Ontologi berhubungan dengan hakikat hidup. Epistimologi berhubungan tentang dasar-dasar dan batas-batas ilmu pengetahuan. Sedangkan aksiologi berhubungan tentang etika-etika. Dalam dunia filsafat semua itu relatif dan bergantung pada ruang dan waktu. Wassalamu’alaikumussalam

    ReplyDelete
  6. Rosnida Nuhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Mata Kuliah Filsafat meupakan salah satu mata kuliah yang mempelajari pengetauan dari pendekatan lain. Dalam mata kuliah ini kita mempelajari bagaimana menjadi sebaik-baiknya menjadi seorang manusia. Silabus Filsafat Matematika di atas menunjukkan bagaimana pendekatan apa yang diberikan dan materi filsafat yang dipelajari.

    ReplyDelete
  7. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Silabus, RPP merupakan hal penting yang harus disiapkan seorang guru sebelum mengajar. Karena dari hal tersebut, siswa bisa memahami arah dan tujuan yang ingin dicapai. dalam perencanaan yang matang akan tercipta pembelajaran yang aktif pula. Dalam silabus tersebut, siswa diajarkan tentang studi mendalam tentang dunia lebih dalam dari matematika yaitu filsafat matematika dimana siswa diajak untuk berpikir melintasi ruang dan waktu, berpikir vertikal horisontal tentang matematika. Lebih dari hitung hitungan lebih mendalam dan lebih luas. pembelajaran intepretasidalam pendidikan matematika untuk mengetahui makna dalam pemebaljaran pun juga menjadi salah satu yang diajarkan dalam pembelajaran matamatika. matematika tidak hanya angka saja, namun juga dapat dijelaskan dari harsil perhitungan sehingga untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna menjadi hal yang sangat penting.

    ReplyDelete
  8. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Silabus merupakan perangkat pembelajaran yang sangat penting bagi pembelajaran. Silabus dapat berperan sebagai pedoman dalam keseluruhan proses pembelajaran. Dalam mata kuliah filsafat, juga terdapat silabus yang sangat berguna bagi mahasiswa untuk menentukan dan mencari sumber-sumber pengetahuan yang dibutuhkan. Dalam mata kuliah ini yang menarik bagi saya adalah proses tanya jawab singkat yang kemudian dilanjutkan dengan sharing ide dan gagasan tentang filsafat, selain itu penilaian portofolio juga merupakan salah satu aspek penting untuk mengidentifikasi kekonsistenan mahasiswa dalam proses belajar.

    ReplyDelete
  9. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Silabus adalah salah satu komponen dari perangkat pembelajaran yang penting, karena silabus memberikan gambaran secara umum mengenai kompetensi, dan materi-materi yang akan dipelajari. Dengan mengetahui silabus ini maka kami mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi pembelajaran yang akan di laksanakan.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  10. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Silabus merupakan salah satu hal yang perlu disiapkan oleh seorang guru sebelum pembelajaran dalam suatu tahun ajaran dimulai. Dengan menyiapkan silabus, berarti guru telah merencanakan materi-materi yang akan disampaiaknnya selama pembelajaran, urutan pemebelajaran, serta bagaimana sistem penilaian secara garis besar. Silabus membantu guru dalam menyiapkan RPP secara lebih mendetail.

    ReplyDelete
  11. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Berfilsafat adalah olah pikir yang reflektif. Berfilsafat itu mempelajari yang ada dan yang mungkin ada. Engkau dikatakan berfilsafat itu adalah ketika engkau merefleksikan pikiranmu dan pengalamanmu. Berfilsafat berarti berpikir tentang sesuatu. Dalam belajar filsafat kita perlu berpikir intensif dan ekstensif. Berpikir intensif dan ekstensif yaitu berpikir yang diperluas dan diperdalam. Berpikir sedalam-dalamnya itu berpikir untuk mencari hakikat. Dalam filsafat, sedalam-dalamnya juga termasuk setinggi-tingginya dan seluas-luasnya mengandung pengertian sesempit-sempitnya. Dalam filsafat kita ketahui ada empat dimensi yang begitu terkenal yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Dimensi-dimensi itu berguna untuk mengintesifkan pengertian dari suatu istilah, makna atau bahasa

    ReplyDelete
  12. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C
    assalamualaikum wr wb
    berfilsafat merupakan proses merefleksikan pikiran dan pengalam tentang sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. yang menarik dari mata kuliah ini adalah proses tanya jawab singkat yang kemudian dilanjutkan dengan sharing ide dan gagasan tentang filsafat

    ReplyDelete
  13. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Diketahui bahwa Silabus merupakan produk utama dari pengembangan kurikulum di mana rencana tersebut ditulis dalam satuan terkait dengan pengembangan kurikulum pendidikan wajib produk lainnya dalam proses pembelajaran. Dalam silabus diatas terdapat garis garis besar pokok dan uraian materi pembelajaran filsafat pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  14. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    melanjutkan komentar saya diatas ternyata materi objek filosofi matematika terdiri dari sejarah matematika, dasar matematika, konsep matematika, obyek matematika, metode matematika, pengembangan matematika, hirarki matematika dan nilai matematika. dan disemester 7 ini saya juga sedang mengikuti mata kuliah sejarah matematika.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  15. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Terimakasih pak atas postingan bapak diatas, karena menyadarkan saya sebagai mahasiswa khususnya Pendidikan Matematika bahwa dengan Filsafat pendidikan matematika sangat berguna bagi mahasiswa tidak terkecuali mahasiswa pendidikan matematika karena dengan mempelajari filsafat mahasiswa memiliki pengalaman belajar dan mensintesis tesis dari ontologis, epistemologis, dan aksiologis aspek matematika dan matematika pendidikan.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  16. Arina Husna Zaini
    PEP S2
    17701251024

    Silabus memang penting untuk merencanakan proses pembelajaran terlebih dalam merencanakan pembelajaran matematika. dalam uraian artikel diatas kami tertarik menyoroti tentang kompetensi yang dicapai oleh siswa. Kami setuju bahwa dalam proses pembelajaran matematika kompetensi yang harus dicapai meliputi motivasi, sikap, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman mereka. Kompetensi ini diidentifikasi, dinilai, dan diukur melalui kegiatan belajar mengajar mereka, tugas mereka, partisipasinya, ujian semester pertengahan, ujian akhir dan portofolio.Hal ini mengisyaratkan bahwa dalam pembelajaran tidak melulu mencapai aspek kognitif tetapi lebih dari itu aspek afektif juga penting. Terima Kasih.

    ReplyDelete