Aug 18, 2009

Syllabus for Philosophy of Mathematics Education

Yogyakarta State University
Faculty of Mathematics and Science
Academic Year 2009/2010
By Dr Marsigit MA


Philosophy of Mathematics Education
Syllabus


Subject Lesson : Philosophy of Mathematics Education
Study Program : Mathematics Education
Lecturer : Dr. Marsigit, M.A.
Code : MMP 211
Credit Semester : 2 (Semester 6)

Standard Competency :
To have experiences in synthesizing the ontological, epistemological, and axiological aspects of mathematics and mathematics education.

Description :
The lesson of Philosophy of Mathematics Education has 2 credit semester. The aim of the lesson is to facilitate the students of mathematics education to have experiences to learn and synthesize the theses and its anti-theses of the ontological, epistemological, and axiological aspects of mathematics and mathematics education. The lesson covers the in-depth study of the nature, the method and the value of mathematics and mathematics education. The material objects the philosophy of mathematics consist of the history of mathematics, the foundation of mathematics, the concept of mathematics, the object of mathematics, the method of mathematics, the development of mathematics, the hierarchy of mathematics and the value of mathematics. The material objects of the philosophy of mathematics education consists of the ideology and the foundation of mathematics education as well as the nature, the method and the value of education, curriculum, educator, learner, aim of teaching, method of teaching, teaching facilities, teaching assessment. Teaching learning activities of this lesson consists of the expositions by the lecture, classroom question and answer, sharing ideas, experiences, students’ assignments, students’ presentation, scientific papers, and browsing as well as developing internet website. The competences of the students cover their motivations, their attitudes, their knowledge, their skills and their experiences. These competencies are identified, assessed, and measured through their teaching learning activities, their assignments, their participations, the mid semester test, the final test and portfolios.

6 comments:

  1. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017


    Terimakasih prof silabus ini sangat membantu saya dalam belajar filsafat matematika saat saya menempuh jenjang S1. Beberapa materi telah bapak sampaikan dikelas dan sangat menarik terlebih lagi dengan membaca postingan dalam blog ini. semua materi terkait filsafat, matematika, bagaiamana mengajarkan matematika, terkait kehidupan dll semua ada disini. Setelah belajar filsafat saya merasa pola pikir saya berubah, berubah menjadi lebih kritis, kreatif, dewasa dalam menghadapi segala hal dan lainnya.

    ReplyDelete
  2. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    PPs Pend. Matematika A 2017

    Membaca postingan ini mengenai silabus mata kuliah filsafat pendidikan matematika mengingatkan saya ketika menempuh mata kuliah tersebut. Hal yang paling berkesan tentang kuliah filsafat pendidikan matematika adalah komen blog dan tes jawab singkat. Saat pertama kali membaca postingan-postingan blog ini tentang filsafat saya merasa sangat bingung, bahkan untuk memahami satu postingan dibutuhkan waktu rata-rata 1 jam dan kadang itupun saya belum paham. Namun, pesan bapak yang terus kami ingat adalah saat belajar filsafat bahwa kami bingung, artinya kami belajar, boleh bingung pikir, namun jangan bingung hati.

    ReplyDelete
  3. Assalamu'alaikum wr.wb.

    Terima kasih, Pak atas silabusnya. Membaca materi ini mengingatkan saya saat perkuliahan filsafat pendidikan matematika yang Bapak ampu saat S1 dulu. Terima kasih Pak. Dan saya akan lebih meningkatkan lagi pemahaman saya terhadap filsafat pendidikan matematika agar pembelajaran matematika yang saya ajarkan lebih bermakna.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  4. Gamarina Isti R
    Pendidkan
    17790251036 Matematika Kelas B

    Silabus berisi tentang garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi atau materi dalam pembelajaran selama satu tahun. Silabus digunakan sebagai acuan materi guru dalam mengajar , selain itu terdapat alokasi waktu dan sumber belajar, harapannya dengan silabus ini semua kegiatan pembelajaran dapat terencana dan terlaksana dengan baik. Acuan silabus pada kurikulum 2013 terdapat pada permendikbud nomor 24 tahun 2016. Sama seperti RPP, kini pada silabus ditambahkan IPK (indikator Pencapaian Kompetensi) agar guru mengetahui indikator seperti apa yang menggambarkan keberhasilan pembelajaran.

    ReplyDelete
  5. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Terimakasih Bapak atas silabus yang Bapak posting ini. Silabus ini memberikan informasi kepada kami mengenai tujuan darp mata kuliah filsafat ilmu, kompetensi yang harus kami capai, dan hal apa saja yang akan kami pelajari pada mata kuliah filsafat ilmu khusunya filsafat di bidang pendidikan matematika. Selain itu, silabus ini juga sebenarnya memberikan perintah kepada kami untuk mencari sendiri materi yang bersangkutan tersebut dan mempelajarinya sedalam-dalamnya tanpa harus diperintah dulu secara langsung oleh dosen yang mengampuh.

    ReplyDelete
  6. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Silabus yang di posting disini dapat menjadi gambaran bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini seperti apa proses perkuliahannya. sangat bermanfaat bagi kami. terima kasih pak

    ReplyDelete