Aug 18, 2009

Syllabus for Philosophy of Mathematics Education

Yogyakarta State University
Faculty of Mathematics and Science
Academic Year 2009/2010
By Dr Marsigit MA


Philosophy of Mathematics Education
Syllabus


Subject Lesson : Philosophy of Mathematics Education
Study Program : Mathematics Education
Lecturer : Dr. Marsigit, M.A.
Code : MMP 211
Credit Semester : 2 (Semester 6)

Standard Competency :
To have experiences in synthesizing the ontological, epistemological, and axiological aspects of mathematics and mathematics education.

Description :
The lesson of Philosophy of Mathematics Education has 2 credit semester. The aim of the lesson is to facilitate the students of mathematics education to have experiences to learn and synthesize the theses and its anti-theses of the ontological, epistemological, and axiological aspects of mathematics and mathematics education. The lesson covers the in-depth study of the nature, the method and the value of mathematics and mathematics education. The material objects the philosophy of mathematics consist of the history of mathematics, the foundation of mathematics, the concept of mathematics, the object of mathematics, the method of mathematics, the development of mathematics, the hierarchy of mathematics and the value of mathematics. The material objects of the philosophy of mathematics education consists of the ideology and the foundation of mathematics education as well as the nature, the method and the value of education, curriculum, educator, learner, aim of teaching, method of teaching, teaching facilities, teaching assessment. Teaching learning activities of this lesson consists of the expositions by the lecture, classroom question and answer, sharing ideas, experiences, students’ assignments, students’ presentation, scientific papers, and browsing as well as developing internet website. The competences of the students cover their motivations, their attitudes, their knowledge, their skills and their experiences. These competencies are identified, assessed, and measured through their teaching learning activities, their assignments, their participations, the mid semester test, the final test and portfolios.

9 comments:

  1. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu'alaikum. membaca silabus mata kuliah filsafat untuk mahasiswa S1 ini saya tertarik dengan kalimat ‘Teaching learning activities of this lesson consists of the expositions by the lecture, classroom question and answer, sharing ideas, experiences, students’ assignments, students’ presentation, scientific papers, and browsing as well as developing internet website’ terutama pada kata sharing ideas and experiences. Sebagai pendidik saya merasa bahwa saya kurang menyadari kalau siswa memiliki pengalaman dan idenya sendiri yang terkadang kurang dihargai dikelas. Semoga saya dapat menjadi pendidik yang lebih menghargai siswa kedepannya.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Objek Material filsafat ilmu adalah pengetahuan itu sendiri, yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum. Dalam gejala ini jelas ada tiga hal menonjol, yaitu manusia, dunia, dan akhirat. Maka ada filsafat tentang manusia (antropologi), filsafat tentang alam (kosmologi), dan filsafat tentang akhirat.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    “Teaching learning activities of this lesson consists of the expositions by the lecture, classroom question and answer, sharing ideas, experiences, students’ assignments, students’ presentation, scientific papers, and browsing as well as developing internet website”. Dari kalimat tersebut pada silabus ini, jika kita kaitkan dengan pembelajaran matematika maka jelas sekali bahwa dalam pembelajaran siswa harus aktif membangun pengetahuannya sendiri dengan fasilitasi dari guru. Siswa aktif dalam melakukan penelusuran pola dan hubungan, problem solving, investigasi, bertanya, mempresentasikan, mencoba, dsb. Dalam belajar filsafat pendidikan matematika pun juga begitu, mahasiswa harus baca baca dan baca elegi-elegi, baca juga komentar-komentar sebelumnya, temukan antitesisnya, dan buatlah sintesisnya. Dan modal utama belajar filsafat adalah ikhlas hati dan ikhlas pikir serta berpikir kritis.

    ReplyDelete
  4. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Sebagai pendidik sangat penting mempelajari filsafat pendidikan matematika. Filsafat pendidikan matematika merupakan bagian filsafat pendidikan yang mengkaji masalah matematika. Artinya segala macam proses pembelajaran yang ada dalam pendidikan matematika dipelajari juga dalam filsafat pendidikan matematika. Mempelajari filsafat pendidikan matematika juga memberikan beberapa manfaat yaitu dapat menambah pengetahuan dalam berolah kata/bahasa, sehingga menambah kemampuan kita dalam mengajar dan memudahkan anak menerima pelajaran, mengetahui metode-metode yang sesuai dalam proses pembelajaran dalam berbagai kondisi tertentu, menambah pengetahuan dan wawasan kita dalam mengembangkan kurikulum matematika di sekolah dengan adanya inovasi pendidikan dalam PBM.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    Di dalam tugasnya, guru membantu peserta didik yang sedang berkembang untuk mempelajari sesuatu yang belum diketahuinya, membentuk sebuah metode pembelajaran yang disukai siswa, dan memahami materi standar yang dipelajari. Guru sebagai pengajar, harus terus mengikuti perkembangan teknologi, sehingga apa yang disampaikan kepada peserta didik merupakaan hal – hal yang uptodate dan tidak ketinggalan zaman.
    Perkembangan teknologi mengubah peran guru sebagai pengajar yang bertugas menyampaikan materi pembelajaran menjadi fasilitator yang bertugas memberikan kemudahan dalam belajar. Hal itu dimungkinkan karena perkembangan teknologi menimbulkan banyak buku dengan harga relatif murah dan peserta didik dapat belajar melalui internet tanpa batasan waktu dan ruang, belajar melalui televisi, radio, dan surat kabar yang setiap saat hadir di hadapan kita.

    ReplyDelete
  6. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Di dalam filsafat matematika akan dikaji aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis matematika. Dimana di dalamnya terdapat apa saja yang ada di dalam matematika, bagaimana untuk mendapatkan kebenaran dana pa tujuan yang akan di dalam matematika. Di dalam filsafat ini akan menggali tentang matematika hingga ke akar – akarnya dari pemikiran para filsuf yang masih digunakan hingga sekarang.

    ReplyDelete
  7. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dari silabus filsafat pendidikan matematika diatas terlihat bahwa tujuan pembelajaran ini adalah untuk memfasilitasi siswa pendidikan matematika untuk memiliki pengalaman belajar dan mensintesis tesis dan anti-tesis dari ontologis, epistemologis, dan aksiologis aspek matematika dan matematika pendidikan yang mencakup studi mendalam tentang sifat, metode dan nilai matematika dan matematika pendidikan.

    ReplyDelete
  8. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Berdasarkan silabus di atas, tujuan dari pembelajaran filsafat pendidikan matematika adalah untuk memfasilitasi mahasiswa pendidikan matematika untuk memiliki pengalaman belajar dan mensintesis tesis dan anti tesisnya berdasarkan aspek ontologi, epistomologi, dan aksiologi dari matematika dan pendidikan matematika. Ontologi merupakan hakekat dari ilmu filsafat itu sendiri. Epistemologis adalah pendekatan belajar ilmu filsafat, bagaimana cara penyampainyannya dan bagaimana mengaplikasikan filsafat dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan aksiologis adalah fungsi dan tujuan dari mata kuliah itu sendiri adalah sebagai ilmu pengetahuan yang mengajarkan kita bagaimana cara berbahasa dan olah fikir yang baik, menuntun kita untuk lebih beretika dan memunculkan estetika daari sikap dan perilaku kita sehari-hari, serta mengarahkankan kita untuk berfikir logis dengan berlandaskan spiritualitas dan hati nurani

    ReplyDelete
  9. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Tujuan dari kuliah filsafat ilmu adalah untuk memfasilitasi mahasiswa pendidikan matematika untuk memiliki pengalaman belajar dan mensintesis tesis dan anti tesis - dari ontologis , epistemologis aspek , dan aksiologis dari matematika dan pendidikan matematika. Filsafat ilmu mencakup studi mendalam tentang alam , metode dan nilai matematika dan pendidikan matematika. Saya merasa memang perlu belajar filsafat, mengajarkan saya melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, mengajak saya untuk berfikir berbeda dari biasanya, Karna filsafat adalah diri kita sendiri dan sangat dekat dengan kehidupan manusia.

    ReplyDelete