Aug 18, 2009

Syllabus for Philosophy of Mathematics Education

Yogyakarta State University
Faculty of Mathematics and Science
Academic Year 2009/2010
By Dr Marsigit MA


Philosophy of Mathematics Education
Syllabus


Subject Lesson : Philosophy of Mathematics Education
Study Program : Mathematics Education
Lecturer : Dr. Marsigit, M.A.
Code : MMP 211
Credit Semester : 2 (Semester 6)

Standard Competency :
To have experiences in synthesizing the ontological, epistemological, and axiological aspects of mathematics and mathematics education.

Description :
The lesson of Philosophy of Mathematics Education has 2 credit semester. The aim of the lesson is to facilitate the students of mathematics education to have experiences to learn and synthesize the theses and its anti-theses of the ontological, epistemological, and axiological aspects of mathematics and mathematics education. The lesson covers the in-depth study of the nature, the method and the value of mathematics and mathematics education. The material objects the philosophy of mathematics consist of the history of mathematics, the foundation of mathematics, the concept of mathematics, the object of mathematics, the method of mathematics, the development of mathematics, the hierarchy of mathematics and the value of mathematics. The material objects of the philosophy of mathematics education consists of the ideology and the foundation of mathematics education as well as the nature, the method and the value of education, curriculum, educator, learner, aim of teaching, method of teaching, teaching facilities, teaching assessment. Teaching learning activities of this lesson consists of the expositions by the lecture, classroom question and answer, sharing ideas, experiences, students’ assignments, students’ presentation, scientific papers, and browsing as well as developing internet website. The competences of the students cover their motivations, their attitudes, their knowledge, their skills and their experiences. These competencies are identified, assessed, and measured through their teaching learning activities, their assignments, their participations, the mid semester test, the final test and portfolios.

44 comments:

  1. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Di dalam filsafat matematika akan dikaji aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis matematika. Dimana di dalamnya terdapat apa saja yang ada di dalam matematika, bagaimana untuk mendapatkan kebenaran dana pa tujuan yang akan di dalam matematika. Di dalam filsafat ini akan menggali tentang matematika hingga ke akar – akarnya dari pemikiran para filsuf yang masih digunakan hingga sekarang.

    ReplyDelete
  2. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dari silabus filsafat pendidikan matematika diatas terlihat bahwa tujuan pembelajaran ini adalah untuk memfasilitasi siswa pendidikan matematika untuk memiliki pengalaman belajar dan mensintesis tesis dan anti-tesis dari ontologis, epistemologis, dan aksiologis aspek matematika dan matematika pendidikan yang mencakup studi mendalam tentang sifat, metode dan nilai matematika dan matematika pendidikan.

    ReplyDelete
  3. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Berdasarkan silabus di atas, tujuan dari pembelajaran filsafat pendidikan matematika adalah untuk memfasilitasi mahasiswa pendidikan matematika untuk memiliki pengalaman belajar dan mensintesis tesis dan anti tesisnya berdasarkan aspek ontologi, epistomologi, dan aksiologi dari matematika dan pendidikan matematika. Ontologi merupakan hakekat dari ilmu filsafat itu sendiri. Epistemologis adalah pendekatan belajar ilmu filsafat, bagaimana cara penyampainyannya dan bagaimana mengaplikasikan filsafat dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan aksiologis adalah fungsi dan tujuan dari mata kuliah itu sendiri adalah sebagai ilmu pengetahuan yang mengajarkan kita bagaimana cara berbahasa dan olah fikir yang baik, menuntun kita untuk lebih beretika dan memunculkan estetika daari sikap dan perilaku kita sehari-hari, serta mengarahkankan kita untuk berfikir logis dengan berlandaskan spiritualitas dan hati nurani

    ReplyDelete
  4. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Tujuan dari kuliah filsafat ilmu adalah untuk memfasilitasi mahasiswa pendidikan matematika untuk memiliki pengalaman belajar dan mensintesis tesis dan anti tesis - dari ontologis , epistemologis aspek , dan aksiologis dari matematika dan pendidikan matematika. Filsafat ilmu mencakup studi mendalam tentang alam , metode dan nilai matematika dan pendidikan matematika. Saya merasa memang perlu belajar filsafat, mengajarkan saya melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, mengajak saya untuk berfikir berbeda dari biasanya, Karna filsafat adalah diri kita sendiri dan sangat dekat dengan kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  5. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Silabus sangat banyak sekali manfaatnya, karena dengan adanya silabus maka akan memudahkan kita untuk mencapai tujuan. Adapun tujuan dari silabus matematika itu diadakan adalah untuk memudahkan siswa dalam belajar matematika dan untuk memiliki pengalaman belajar dan mensintesis baik dari aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis matematika.

    ReplyDelete
  6. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Filsafat membantu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan menjadi lebih luas lagi cakupannya dan lebih dalam lagi. Landasan dalam filsafat yang ada misalnya ontologi, epistemologi, dan aksiologi dapat membantu matematika mengembangkan keilmuannya. Objek material filsafat pendidikan yang erdiri dari ideologi dan dasar pendidikan matematika dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan matematika lebih luas lagi.

    ReplyDelete
  7. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Dari artikel di atas saya menyimpulkan bahwa silabus merupakan rencana dan pengaturan mengenai isi (topik-topik) maupun bahan kajian serta penyampaian (metode, media, sumber) dan penilaiannya pada mata kuliah. Silabus merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang penting guna mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini berguna pula sebagai langkah awal bagi mahasiswa untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Selain itu, menjadi bahan refleksi sejauh pemahaman mahasiswa terhadap materi yang dipelajari.

    ReplyDelete
  8. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Silabus membantu guru dalam menyiapkan rencana pembelajaran dengan tujuan dapat memfasilitasi kebutuhan siswa dan membantu siswa dalam mengeksporasi pengalaman dan idenya sendiri.

    ReplyDelete
  9. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Terimakasih Pak atas adanya silabus dari filsafat yang termuat di blog ini yang tentunya dapat memudahkan mahasiswa yang mengambil mata kuliah filsafat dalam memahami terlebih dahulu silabusnya, sehingga pembelajaran menjadi lebih lancar.

    ReplyDelete
  10. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Dengan adanya silabus seperti di atas, kita jadi mengetahui tentang bagaimana silabus perkuliahan. Silabus merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang juga dibutuhkan oleh guru sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran. Sejak kurikulum 2013 di tetapkan, guru-guru di sekolah sudah tidak perlu membuat silabus sendiri, karena sudah disediakan oleh pemerintah.

    ReplyDelete
  11. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Filsafat itu adalah diri kita sendiri. Sehingga walaupun kita jurusan pendidikan matematika, saya rasa kita perlu untuk belajar filsafat. Filsafat matematika itu sendiri, bertujuan agar kami mampu untuk mendalami pembelajaran yang dilakukan, sehingga pembelajaran yang terjadi menjadi lancar.

    ReplyDelete
  12. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dengan artikel ini kita makin paham mengenai hakikat dan seluk-beluk matematika secara luas dan tidak sebatas materi saja. Salah satu contoh manfaat filsafat di dalam bidang ilmu matematika, matematika tidak sebatas bidang ilmu yang mempelajari tentang sesuatu yang abstrak tapi juga meliputi berbagai hal yang ada di dalamnya. Apalagi jika dilihat dari hakikatnya, matematika memiliki makna yang sangat luas dan mendalam.

    ReplyDelete
  13. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017


    Terimakasih prof silabus ini sangat membantu saya dalam belajar filsafat matematika saat saya menempuh jenjang S1. Beberapa materi telah bapak sampaikan dikelas dan sangat menarik terlebih lagi dengan membaca postingan dalam blog ini. semua materi terkait filsafat, matematika, bagaiamana mengajarkan matematika, terkait kehidupan dll semua ada disini. Setelah belajar filsafat saya merasa pola pikir saya berubah, berubah menjadi lebih kritis, kreatif, dewasa dalam menghadapi segala hal dan lainnya.

    ReplyDelete
  14. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    PPs Pend. Matematika A 2017

    Membaca postingan ini mengenai silabus mata kuliah filsafat pendidikan matematika mengingatkan saya ketika menempuh mata kuliah tersebut. Hal yang paling berkesan tentang kuliah filsafat pendidikan matematika adalah komen blog dan tes jawab singkat. Saat pertama kali membaca postingan-postingan blog ini tentang filsafat saya merasa sangat bingung, bahkan untuk memahami satu postingan dibutuhkan waktu rata-rata 1 jam dan kadang itupun saya belum paham. Namun, pesan bapak yang terus kami ingat adalah saat belajar filsafat bahwa kami bingung, artinya kami belajar, boleh bingung pikir, namun jangan bingung hati.

    ReplyDelete
  15. Assalamu'alaikum wr.wb.

    Terima kasih, Pak atas silabusnya. Membaca materi ini mengingatkan saya saat perkuliahan filsafat pendidikan matematika yang Bapak ampu saat S1 dulu. Terima kasih Pak. Dan saya akan lebih meningkatkan lagi pemahaman saya terhadap filsafat pendidikan matematika agar pembelajaran matematika yang saya ajarkan lebih bermakna.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  16. Gamarina Isti R
    Pendidkan
    17790251036 Matematika Kelas B

    Silabus berisi tentang garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi atau materi dalam pembelajaran selama satu tahun. Silabus digunakan sebagai acuan materi guru dalam mengajar , selain itu terdapat alokasi waktu dan sumber belajar, harapannya dengan silabus ini semua kegiatan pembelajaran dapat terencana dan terlaksana dengan baik. Acuan silabus pada kurikulum 2013 terdapat pada permendikbud nomor 24 tahun 2016. Sama seperti RPP, kini pada silabus ditambahkan IPK (indikator Pencapaian Kompetensi) agar guru mengetahui indikator seperti apa yang menggambarkan keberhasilan pembelajaran.

    ReplyDelete
  17. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Terimakasih Bapak atas silabus yang Bapak posting ini. Silabus ini memberikan informasi kepada kami mengenai tujuan darp mata kuliah filsafat ilmu, kompetensi yang harus kami capai, dan hal apa saja yang akan kami pelajari pada mata kuliah filsafat ilmu khusunya filsafat di bidang pendidikan matematika. Selain itu, silabus ini juga sebenarnya memberikan perintah kepada kami untuk mencari sendiri materi yang bersangkutan tersebut dan mempelajarinya sedalam-dalamnya tanpa harus diperintah dulu secara langsung oleh dosen yang mengampuh.

    ReplyDelete
  18. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Silabus yang di posting disini dapat menjadi gambaran bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini seperti apa proses perkuliahannya. sangat bermanfaat bagi kami. terima kasih pak

    ReplyDelete
  19. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih pak atas syllabus for phylisophy of mathematics education yang bapak posting. Silabus ini memberikan informasi gambaran secara umum perkuliahan filsafat dan apa-apa saja yang akan dipelajari.

    ReplyDelete
  20. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035

    Assalammualaikum, Wr.Wb
    Terimakasih bapak atas postingannya. Ontologi, epistemologi, dan aksiologi adalah aspek penting dalam ifilsafat ilmu dibidang matematika. Untuk itu, sebagai calon pendidik matematika, sangat perlu kami menguasai ilmu filsafat sebagai bagian bagian dari pendidikan matematika . Dengan silabus yang bapak jabarkan, semoga membuka pandangan kami untuk menekuni mata kuliah filsafat ilmu dengan penuh semangat, karena saya menjadi tahu apa apa saja yang akan saya pelajari di mata kuliah filsafat ilmu ini.

    ReplyDelete
  21. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2

    Saya menyadari bahwa filsafat yang bapak ajaran kepada kami adalah filsafat yang hidup. Tidak hanya mempelajari teori- filsafat yang ada, namun langsung menyentuh hal-hal yg sangat dekat dengan kehidupan kami.
    Sampai-sampai batuk, berdehem, bersiul pun ada filsafat nya.

    ReplyDelete
  22. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Dari keterangan silabus filsafat pendidikan matematika ini menggambarkan bahwa pembelajaran yang Bapak gunakan adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga pembelajaran filsafat matematika itu dianggap sebuah pengalaman yang dapat digunakan sebagai belajar filsafat matematika itu sendiri. Dalam pembelajaran ini juga sangat memanfaatnya teknologi yang hampir semua siswa memilikinya. Tidak luput juga tiga pilar filsafat matematika yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu ontologis, epistimologis, dan aksiologis.

    ReplyDelete
  23. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Setiap mata pelajaran atau mata kuliah mempunyai sillaybus yang akan menjadi patokon atau sandaran materi yang akan diajarkan kepada siswa. Thank you for your sharing.

    Terim kasih banyak atas informasi dari silabus filsafat ini, sehingga ini dengan ada silabus ini saya bisa membaca bahan kuliah yang berkaitan dengan silabus yang telah bapak bagikan.

    ReplyDelete
  24. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B

    Menjadi seorang guru perlu membekali diri dengan banyak hal. Guru tidak hanya sekedar memberikan materi dari yang dimiliki kepada siswa dan selanjutnya tidak memperhatikan aspek yang lainnya. Tetapi guru harus memberikan fasilitas yang terbaik untuk siswa. Guru yang mampu memahami karakteristik siswa, hakikat belajar, berbagai metode belajar yang dapat dikembangkan dalam rangka menciptaan pembelajaran bersama siswa agar pembelajaran menjadi bermakna. Hal-hal tersebut diperoleh dengan belajar tentang filsafat pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  25. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Saya tertarik dengan penilaiaan akhir dengan menggunakan portofolio. Dengan menggunakan portofolio, guru/dosen bisa melihat proses mengerjakan siswa/mahasiswa. Ini tentu berbeda jika dibandingkan dengan multiple choice. Dengan portofolio siswa/mahasiswa dituntut berpikir kreatif dengan memberikan langkah-langkah maupun alasan-alasan dalam menjawab soal. Hal ini akan membentuk karakter ulet, tidak gampang menyerah, kreatif, dll.

    ReplyDelete
  26. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Standar Kompetensi dalam mempelajari Filsafat pendidikan matematika adalah mahasiswa memiliki pengalaman dalam sintesis ontologi, epistemologi, dan aksiologi aspek dari matematika dan pendidikan matematika. Ontologi berhubungan dengan hakikat hidup. Epistimologi berhubungan tentang dasar-dasar dan batas-batas ilmu pengetahuan. Sedangkan aksiologi berhubungan tentang etika-etika. Dalam dunia filsafat semua itu relatif dan bergantung pada ruang dan waktu. Contohnya saja selama di dunia ini, aku tidak pernah bisa menunjuk diriku, belum selesai menunjuk diriku aku sudah berubah, yaitu dari diriku yang tadi menjadi diriku yang sekarang. Diriku yang tadi tidak sama dengan diriku sekarang. Diriku yang sekarang beda dengan diriku yang nanti.

    ReplyDelete
  27. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. membaca silabus mata kuliah filsafat untuk mahasiswa S1 ini saya tertarik dengan kalimat ‘Teaching learning activities of this lesson consists of the expositions by the lecture, classroom question and answer, sharing ideas, experiences, students’ assignments, students’ presentation, scientific papers, and browsing as well as developing internet website’ terutama pada kata sharing ideas and experiences. Sebagai pendidik saya merasa bahwa saya kurang menyadari kalau siswa memiliki pengalaman dan idenya sendiri yang terkadang kurang dihargai dikelas. Semoga saya dapat menjadi pendidik yang lebih menghargai siswa kedepannya.

    ReplyDelete
  28. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pedidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Silabus Filsafat pendidikan matematika dimaksudkan agar mahasiswa memiliki pengalaman dalam sintesis ontologi, epistemologi, dan aksiologi aspek dari matematika dan pendidikan matematika. Ontologi berhubungan dengan hakikat hidup. Epistimologi berhubungan tentang dasar-dasar dan batas-batas ilmu pengetahuan. Sedangkan aksiologi berhubungan tentang etika-etika. Dalam dunia filsafat semua itu relatif dan bergantung pada ruang dan waktu. Wassalamu’alaikumussalam

    ReplyDelete
  29. Rosnida Nuhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017

    Mata Kuliah Filsafat meupakan salah satu mata kuliah yang mempelajari pengetauan dari pendekatan lain. Dalam mata kuliah ini kita mempelajari bagaimana menjadi sebaik-baiknya menjadi seorang manusia. Silabus Filsafat Matematika di atas menunjukkan bagaimana pendekatan apa yang diberikan dan materi filsafat yang dipelajari.

    ReplyDelete
  30. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Silabus, RPP merupakan hal penting yang harus disiapkan seorang guru sebelum mengajar. Karena dari hal tersebut, siswa bisa memahami arah dan tujuan yang ingin dicapai. dalam perencanaan yang matang akan tercipta pembelajaran yang aktif pula. Dalam silabus tersebut, siswa diajarkan tentang studi mendalam tentang dunia lebih dalam dari matematika yaitu filsafat matematika dimana siswa diajak untuk berpikir melintasi ruang dan waktu, berpikir vertikal horisontal tentang matematika. Lebih dari hitung hitungan lebih mendalam dan lebih luas. pembelajaran intepretasidalam pendidikan matematika untuk mengetahui makna dalam pemebaljaran pun juga menjadi salah satu yang diajarkan dalam pembelajaran matamatika. matematika tidak hanya angka saja, namun juga dapat dijelaskan dari harsil perhitungan sehingga untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna menjadi hal yang sangat penting.

    ReplyDelete
  31. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Silabus merupakan perangkat pembelajaran yang sangat penting bagi pembelajaran. Silabus dapat berperan sebagai pedoman dalam keseluruhan proses pembelajaran. Dalam mata kuliah filsafat, juga terdapat silabus yang sangat berguna bagi mahasiswa untuk menentukan dan mencari sumber-sumber pengetahuan yang dibutuhkan. Dalam mata kuliah ini yang menarik bagi saya adalah proses tanya jawab singkat yang kemudian dilanjutkan dengan sharing ide dan gagasan tentang filsafat, selain itu penilaian portofolio juga merupakan salah satu aspek penting untuk mengidentifikasi kekonsistenan mahasiswa dalam proses belajar.

    ReplyDelete
  32. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Silabus adalah salah satu komponen dari perangkat pembelajaran yang penting, karena silabus memberikan gambaran secara umum mengenai kompetensi, dan materi-materi yang akan dipelajari. Dengan mengetahui silabus ini maka kami mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi pembelajaran yang akan di laksanakan.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  33. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Silabus merupakan salah satu hal yang perlu disiapkan oleh seorang guru sebelum pembelajaran dalam suatu tahun ajaran dimulai. Dengan menyiapkan silabus, berarti guru telah merencanakan materi-materi yang akan disampaiaknnya selama pembelajaran, urutan pemebelajaran, serta bagaimana sistem penilaian secara garis besar. Silabus membantu guru dalam menyiapkan RPP secara lebih mendetail.

    ReplyDelete
  34. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Berfilsafat adalah olah pikir yang reflektif. Berfilsafat itu mempelajari yang ada dan yang mungkin ada. Engkau dikatakan berfilsafat itu adalah ketika engkau merefleksikan pikiranmu dan pengalamanmu. Berfilsafat berarti berpikir tentang sesuatu. Dalam belajar filsafat kita perlu berpikir intensif dan ekstensif. Berpikir intensif dan ekstensif yaitu berpikir yang diperluas dan diperdalam. Berpikir sedalam-dalamnya itu berpikir untuk mencari hakikat. Dalam filsafat, sedalam-dalamnya juga termasuk setinggi-tingginya dan seluas-luasnya mengandung pengertian sesempit-sempitnya. Dalam filsafat kita ketahui ada empat dimensi yang begitu terkenal yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Dimensi-dimensi itu berguna untuk mengintesifkan pengertian dari suatu istilah, makna atau bahasa

    ReplyDelete
  35. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C
    assalamualaikum wr wb
    berfilsafat merupakan proses merefleksikan pikiran dan pengalam tentang sesuatu yang ada dan yang mungkin ada. yang menarik dari mata kuliah ini adalah proses tanya jawab singkat yang kemudian dilanjutkan dengan sharing ide dan gagasan tentang filsafat

    ReplyDelete
  36. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Diketahui bahwa Silabus merupakan produk utama dari pengembangan kurikulum di mana rencana tersebut ditulis dalam satuan terkait dengan pengembangan kurikulum pendidikan wajib produk lainnya dalam proses pembelajaran. Dalam silabus diatas terdapat garis garis besar pokok dan uraian materi pembelajaran filsafat pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  37. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    melanjutkan komentar saya diatas ternyata materi objek filosofi matematika terdiri dari sejarah matematika, dasar matematika, konsep matematika, obyek matematika, metode matematika, pengembangan matematika, hirarki matematika dan nilai matematika. dan disemester 7 ini saya juga sedang mengikuti mata kuliah sejarah matematika.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  38. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Terimakasih pak atas postingan bapak diatas, karena menyadarkan saya sebagai mahasiswa khususnya Pendidikan Matematika bahwa dengan Filsafat pendidikan matematika sangat berguna bagi mahasiswa tidak terkecuali mahasiswa pendidikan matematika karena dengan mempelajari filsafat mahasiswa memiliki pengalaman belajar dan mensintesis tesis dari ontologis, epistemologis, dan aksiologis aspek matematika dan matematika pendidikan.

    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  39. Arina Husna Zaini
    PEP S2
    17701251024

    Silabus memang penting untuk merencanakan proses pembelajaran terlebih dalam merencanakan pembelajaran matematika. dalam uraian artikel diatas kami tertarik menyoroti tentang kompetensi yang dicapai oleh siswa. Kami setuju bahwa dalam proses pembelajaran matematika kompetensi yang harus dicapai meliputi motivasi, sikap, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman mereka. Kompetensi ini diidentifikasi, dinilai, dan diukur melalui kegiatan belajar mengajar mereka, tugas mereka, partisipasinya, ujian semester pertengahan, ujian akhir dan portofolio.Hal ini mengisyaratkan bahwa dalam pembelajaran tidak melulu mencapai aspek kognitif tetapi lebih dari itu aspek afektif juga penting. Terima Kasih.

    ReplyDelete
  40. Yuni Pratiwi
    15301241005
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Silabus merupakan suatu hal yang penting untuk disiapkan seorang guru sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai. Hal ini dmaksudkan untuk mnjadi pdoman dan untuk memahami arah dan tujuan dari pembelajara sehingga pembelajaran dapat mencapai tujuan yang hendak dicapai secara maksimal. Dalam tulisan pak prof marsigit diatas terdapat garis-garis besar dari pembelajaran filsafat pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  41. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Dunia filsafat itu relatif tergantung pada ruang dan waktu. Dalam dunia filsafat pendidikan matematika sangat berguna bagi mahasiswa pendidikan matematika dalam mempelajari filsafat. Dengan silabus filsafat diharapkan mahasiswa dapat memiliki pengalaman belajar dan mensintesis tesis dari ontologis, epistemologis, dan aksiologis aspek matematika dan pendidikan matematika.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  42. Farisa Yunilasari
    15301241025
    Pendidikan Matematika A 2015

    Berfilsafat berarti berpikir tentang sesuatu. Dalam belajar filsafat kita perlu berpikir intensif dan ekstensif. Berpikir intensif dan ekstensif yaitu berpikir yang diperluas dan diperdalam. Berpikir sedalam-dalamnya itu berpikir untuk mencari hakikat . Filsafat pendidikan matematika sangat berguna bagi mahasiswa tidak terkecuali mahasiswa pendidikan matematika karena dengan mempelajari filsafat mahasiswa memiliki pengalaman belajar .

    ReplyDelete
  43. Qorry Aina Fitroh
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241047

    Silabus merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang penting. Pentingnya merancang silabus dan memahami serta melakukannya agar efektifitas proses pembelajaran berjalan secara baik. Pembeljaran tidak melulu tentang aspek kognitif, namun juga memperhatikan aspek afektif yang hendak dicapai. Seperti halnya dalam artikel di atas, kompetensi yang dipilih yaitu motivasi, sikap, pengalaman, keterampilan, dan pengetahuan. Kompetensi tersebut kemudian dinilai dengan berbagai cara, seperti pada saat proses pembelajaran, melalui tugas yang diberikan, ujian akhir, dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  44. Julialita Muhariani
    15301241004
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Silabus memiliki manfaat yang sangat banyak baik untuk guru maupun siswa. Guru menyiapkan/merencanakan seluruh proses pembelajaran yang akan dilakukan di kelas dalam mengupayakan agar memberikan yang terbaik untuk siswanya sehingga akan tercapai tujuan pembelajaran yang maksimal.

    ReplyDelete