Aug 18, 2009

Syllabus for Philosophy of Mathematics Education

Yogyakarta State University
Faculty of Mathematics and Science
Academic Year 2009/2010
By Dr Marsigit MA


Philosophy of Mathematics Education
Syllabus


Subject Lesson : Philosophy of Mathematics Education
Study Program : Mathematics Education
Lecturer : Dr. Marsigit, M.A.
Code : MMP 211
Credit Semester : 2 (Semester 6)

Standard Competency :
To have experiences in synthesizing the ontological, epistemological, and axiological aspects of mathematics and mathematics education.

Description :
The lesson of Philosophy of Mathematics Education has 2 credit semester. The aim of the lesson is to facilitate the students of mathematics education to have experiences to learn and synthesize the theses and its anti-theses of the ontological, epistemological, and axiological aspects of mathematics and mathematics education. The lesson covers the in-depth study of the nature, the method and the value of mathematics and mathematics education. The material objects the philosophy of mathematics consist of the history of mathematics, the foundation of mathematics, the concept of mathematics, the object of mathematics, the method of mathematics, the development of mathematics, the hierarchy of mathematics and the value of mathematics. The material objects of the philosophy of mathematics education consists of the ideology and the foundation of mathematics education as well as the nature, the method and the value of education, curriculum, educator, learner, aim of teaching, method of teaching, teaching facilities, teaching assessment. Teaching learning activities of this lesson consists of the expositions by the lecture, classroom question and answer, sharing ideas, experiences, students’ assignments, students’ presentation, scientific papers, and browsing as well as developing internet website. The competences of the students cover their motivations, their attitudes, their knowledge, their skills and their experiences. These competencies are identified, assessed, and measured through their teaching learning activities, their assignments, their participations, the mid semester test, the final test and portfolios.

12 comments:

  1. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Filsafat itu adalah diri kita sendiri. Sehingga walaupun kita jurusan pendidikan matematika, saya rasa kita perlu untuk belajar filsafat. Filsafat matematika itu sendiri, bertujuan agar kami mampu untuk mendalami pembelajaran yang dilakukan, sehingga pembelajaran yang terjadi menjadi lancar.

    ReplyDelete
  2. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dengan artikel ini kita makin paham mengenai hakikat dan seluk-beluk matematika secara luas dan tidak sebatas materi saja. Salah satu contoh manfaat filsafat di dalam bidang ilmu matematika, matematika tidak sebatas bidang ilmu yang mempelajari tentang sesuatu yang abstrak tapi juga meliputi berbagai hal yang ada di dalamnya. Apalagi jika dilihat dari hakikatnya, matematika memiliki makna yang sangat luas dan mendalam.

    ReplyDelete
  3. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017


    Terimakasih prof silabus ini sangat membantu saya dalam belajar filsafat matematika saat saya menempuh jenjang S1. Beberapa materi telah bapak sampaikan dikelas dan sangat menarik terlebih lagi dengan membaca postingan dalam blog ini. semua materi terkait filsafat, matematika, bagaiamana mengajarkan matematika, terkait kehidupan dll semua ada disini. Setelah belajar filsafat saya merasa pola pikir saya berubah, berubah menjadi lebih kritis, kreatif, dewasa dalam menghadapi segala hal dan lainnya.

    ReplyDelete
  4. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    PPs Pend. Matematika A 2017

    Membaca postingan ini mengenai silabus mata kuliah filsafat pendidikan matematika mengingatkan saya ketika menempuh mata kuliah tersebut. Hal yang paling berkesan tentang kuliah filsafat pendidikan matematika adalah komen blog dan tes jawab singkat. Saat pertama kali membaca postingan-postingan blog ini tentang filsafat saya merasa sangat bingung, bahkan untuk memahami satu postingan dibutuhkan waktu rata-rata 1 jam dan kadang itupun saya belum paham. Namun, pesan bapak yang terus kami ingat adalah saat belajar filsafat bahwa kami bingung, artinya kami belajar, boleh bingung pikir, namun jangan bingung hati.

    ReplyDelete
  5. Assalamu'alaikum wr.wb.

    Terima kasih, Pak atas silabusnya. Membaca materi ini mengingatkan saya saat perkuliahan filsafat pendidikan matematika yang Bapak ampu saat S1 dulu. Terima kasih Pak. Dan saya akan lebih meningkatkan lagi pemahaman saya terhadap filsafat pendidikan matematika agar pembelajaran matematika yang saya ajarkan lebih bermakna.

    Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    ReplyDelete
  6. Gamarina Isti R
    Pendidkan
    17790251036 Matematika Kelas B

    Silabus berisi tentang garis besar, ringkasan, ikhtisar, atau pokok-pokok isi atau materi dalam pembelajaran selama satu tahun. Silabus digunakan sebagai acuan materi guru dalam mengajar , selain itu terdapat alokasi waktu dan sumber belajar, harapannya dengan silabus ini semua kegiatan pembelajaran dapat terencana dan terlaksana dengan baik. Acuan silabus pada kurikulum 2013 terdapat pada permendikbud nomor 24 tahun 2016. Sama seperti RPP, kini pada silabus ditambahkan IPK (indikator Pencapaian Kompetensi) agar guru mengetahui indikator seperti apa yang menggambarkan keberhasilan pembelajaran.

    ReplyDelete
  7. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Terimakasih Bapak atas silabus yang Bapak posting ini. Silabus ini memberikan informasi kepada kami mengenai tujuan darp mata kuliah filsafat ilmu, kompetensi yang harus kami capai, dan hal apa saja yang akan kami pelajari pada mata kuliah filsafat ilmu khusunya filsafat di bidang pendidikan matematika. Selain itu, silabus ini juga sebenarnya memberikan perintah kepada kami untuk mencari sendiri materi yang bersangkutan tersebut dan mempelajarinya sedalam-dalamnya tanpa harus diperintah dulu secara langsung oleh dosen yang mengampuh.

    ReplyDelete
  8. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Silabus yang di posting disini dapat menjadi gambaran bagi mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini seperti apa proses perkuliahannya. sangat bermanfaat bagi kami. terima kasih pak

    ReplyDelete
  9. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih pak atas syllabus for phylisophy of mathematics education yang bapak posting. Silabus ini memberikan informasi gambaran secara umum perkuliahan filsafat dan apa-apa saja yang akan dipelajari.

    ReplyDelete
  10. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035

    Assalammualaikum, Wr.Wb
    Terimakasih bapak atas postingannya. Ontologi, epistemologi, dan aksiologi adalah aspek penting dalam ifilsafat ilmu dibidang matematika. Untuk itu, sebagai calon pendidik matematika, sangat perlu kami menguasai ilmu filsafat sebagai bagian bagian dari pendidikan matematika . Dengan silabus yang bapak jabarkan, semoga membuka pandangan kami untuk menekuni mata kuliah filsafat ilmu dengan penuh semangat, karena saya menjadi tahu apa apa saja yang akan saya pelajari di mata kuliah filsafat ilmu ini.

    ReplyDelete
  11. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2

    Saya menyadari bahwa filsafat yang bapak ajaran kepada kami adalah filsafat yang hidup. Tidak hanya mempelajari teori- filsafat yang ada, namun langsung menyentuh hal-hal yg sangat dekat dengan kehidupan kami.
    Sampai-sampai batuk, berdehem, bersiul pun ada filsafat nya.

    ReplyDelete
  12. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Dari keterangan silabus filsafat pendidikan matematika ini menggambarkan bahwa pembelajaran yang Bapak gunakan adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa, sehingga pembelajaran filsafat matematika itu dianggap sebuah pengalaman yang dapat digunakan sebagai belajar filsafat matematika itu sendiri. Dalam pembelajaran ini juga sangat memanfaatnya teknologi yang hampir semua siswa memilikinya. Tidak luput juga tiga pilar filsafat matematika yang digunakan dalam pembelajaran ini yaitu ontologis, epistimologis, dan aksiologis.

    ReplyDelete