Aug 18, 2009

Syllabus for Philosophy of Mathematics Education

Yogyakarta State University
Faculty of Mathematics and Science
Academic Year 2009/2010
By Dr Marsigit MA


Philosophy of Mathematics Education
Syllabus


Subject Lesson : Philosophy of Mathematics Education
Study Program : Mathematics Education
Lecturer : Dr. Marsigit, M.A.
Code : MMP 211
Credit Semester : 2 (Semester 6)

Standard Competency :
To have experiences in synthesizing the ontological, epistemological, and axiological aspects of mathematics and mathematics education.

Description :
The lesson of Philosophy of Mathematics Education has 2 credit semester. The aim of the lesson is to facilitate the students of mathematics education to have experiences to learn and synthesize the theses and its anti-theses of the ontological, epistemological, and axiological aspects of mathematics and mathematics education. The lesson covers the in-depth study of the nature, the method and the value of mathematics and mathematics education. The material objects the philosophy of mathematics consist of the history of mathematics, the foundation of mathematics, the concept of mathematics, the object of mathematics, the method of mathematics, the development of mathematics, the hierarchy of mathematics and the value of mathematics. The material objects of the philosophy of mathematics education consists of the ideology and the foundation of mathematics education as well as the nature, the method and the value of education, curriculum, educator, learner, aim of teaching, method of teaching, teaching facilities, teaching assessment. Teaching learning activities of this lesson consists of the expositions by the lecture, classroom question and answer, sharing ideas, experiences, students’ assignments, students’ presentation, scientific papers, and browsing as well as developing internet website. The competences of the students cover their motivations, their attitudes, their knowledge, their skills and their experiences. These competencies are identified, assessed, and measured through their teaching learning activities, their assignments, their participations, the mid semester test, the final test and portfolios.

24 comments:

  1. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu'alaikum. membaca silabus mata kuliah filsafat untuk mahasiswa S1 ini saya tertarik dengan kalimat ‘Teaching learning activities of this lesson consists of the expositions by the lecture, classroom question and answer, sharing ideas, experiences, students’ assignments, students’ presentation, scientific papers, and browsing as well as developing internet website’ terutama pada kata sharing ideas and experiences. Sebagai pendidik saya merasa bahwa saya kurang menyadari kalau siswa memiliki pengalaman dan idenya sendiri yang terkadang kurang dihargai dikelas. Semoga saya dapat menjadi pendidik yang lebih menghargai siswa kedepannya.

    ReplyDelete
  2. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016 (S2)
    Objek Material filsafat ilmu adalah pengetahuan itu sendiri, yaitu pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dengan metode ilmiah tertentu, sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya secara umum. Dalam gejala ini jelas ada tiga hal menonjol, yaitu manusia, dunia, dan akhirat. Maka ada filsafat tentang manusia (antropologi), filsafat tentang alam (kosmologi), dan filsafat tentang akhirat.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    “Teaching learning activities of this lesson consists of the expositions by the lecture, classroom question and answer, sharing ideas, experiences, students’ assignments, students’ presentation, scientific papers, and browsing as well as developing internet website”. Dari kalimat tersebut pada silabus ini, jika kita kaitkan dengan pembelajaran matematika maka jelas sekali bahwa dalam pembelajaran siswa harus aktif membangun pengetahuannya sendiri dengan fasilitasi dari guru. Siswa aktif dalam melakukan penelusuran pola dan hubungan, problem solving, investigasi, bertanya, mempresentasikan, mencoba, dsb. Dalam belajar filsafat pendidikan matematika pun juga begitu, mahasiswa harus baca baca dan baca elegi-elegi, baca juga komentar-komentar sebelumnya, temukan antitesisnya, dan buatlah sintesisnya. Dan modal utama belajar filsafat adalah ikhlas hati dan ikhlas pikir serta berpikir kritis.

    ReplyDelete
  4. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Sebagai pendidik sangat penting mempelajari filsafat pendidikan matematika. Filsafat pendidikan matematika merupakan bagian filsafat pendidikan yang mengkaji masalah matematika. Artinya segala macam proses pembelajaran yang ada dalam pendidikan matematika dipelajari juga dalam filsafat pendidikan matematika. Mempelajari filsafat pendidikan matematika juga memberikan beberapa manfaat yaitu dapat menambah pengetahuan dalam berolah kata/bahasa, sehingga menambah kemampuan kita dalam mengajar dan memudahkan anak menerima pelajaran, mengetahui metode-metode yang sesuai dalam proses pembelajaran dalam berbagai kondisi tertentu, menambah pengetahuan dan wawasan kita dalam mengembangkan kurikulum matematika di sekolah dengan adanya inovasi pendidikan dalam PBM.

    ReplyDelete
  5. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    Di dalam tugasnya, guru membantu peserta didik yang sedang berkembang untuk mempelajari sesuatu yang belum diketahuinya, membentuk sebuah metode pembelajaran yang disukai siswa, dan memahami materi standar yang dipelajari. Guru sebagai pengajar, harus terus mengikuti perkembangan teknologi, sehingga apa yang disampaikan kepada peserta didik merupakaan hal – hal yang uptodate dan tidak ketinggalan zaman.
    Perkembangan teknologi mengubah peran guru sebagai pengajar yang bertugas menyampaikan materi pembelajaran menjadi fasilitator yang bertugas memberikan kemudahan dalam belajar. Hal itu dimungkinkan karena perkembangan teknologi menimbulkan banyak buku dengan harga relatif murah dan peserta didik dapat belajar melalui internet tanpa batasan waktu dan ruang, belajar melalui televisi, radio, dan surat kabar yang setiap saat hadir di hadapan kita.

    ReplyDelete
  6. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Di dalam filsafat matematika akan dikaji aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis matematika. Dimana di dalamnya terdapat apa saja yang ada di dalam matematika, bagaimana untuk mendapatkan kebenaran dana pa tujuan yang akan di dalam matematika. Di dalam filsafat ini akan menggali tentang matematika hingga ke akar – akarnya dari pemikiran para filsuf yang masih digunakan hingga sekarang.

    ReplyDelete
  7. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Dari silabus filsafat pendidikan matematika diatas terlihat bahwa tujuan pembelajaran ini adalah untuk memfasilitasi siswa pendidikan matematika untuk memiliki pengalaman belajar dan mensintesis tesis dan anti-tesis dari ontologis, epistemologis, dan aksiologis aspek matematika dan matematika pendidikan yang mencakup studi mendalam tentang sifat, metode dan nilai matematika dan matematika pendidikan.

    ReplyDelete
  8. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Berdasarkan silabus di atas, tujuan dari pembelajaran filsafat pendidikan matematika adalah untuk memfasilitasi mahasiswa pendidikan matematika untuk memiliki pengalaman belajar dan mensintesis tesis dan anti tesisnya berdasarkan aspek ontologi, epistomologi, dan aksiologi dari matematika dan pendidikan matematika. Ontologi merupakan hakekat dari ilmu filsafat itu sendiri. Epistemologis adalah pendekatan belajar ilmu filsafat, bagaimana cara penyampainyannya dan bagaimana mengaplikasikan filsafat dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan aksiologis adalah fungsi dan tujuan dari mata kuliah itu sendiri adalah sebagai ilmu pengetahuan yang mengajarkan kita bagaimana cara berbahasa dan olah fikir yang baik, menuntun kita untuk lebih beretika dan memunculkan estetika daari sikap dan perilaku kita sehari-hari, serta mengarahkankan kita untuk berfikir logis dengan berlandaskan spiritualitas dan hati nurani

    ReplyDelete
  9. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Tujuan dari kuliah filsafat ilmu adalah untuk memfasilitasi mahasiswa pendidikan matematika untuk memiliki pengalaman belajar dan mensintesis tesis dan anti tesis - dari ontologis , epistemologis aspek , dan aksiologis dari matematika dan pendidikan matematika. Filsafat ilmu mencakup studi mendalam tentang alam , metode dan nilai matematika dan pendidikan matematika. Saya merasa memang perlu belajar filsafat, mengajarkan saya melihat sesuatu dari sudut pandang yang berbeda, mengajak saya untuk berfikir berbeda dari biasanya, Karna filsafat adalah diri kita sendiri dan sangat dekat dengan kehidupan manusia.

    ReplyDelete
  10. Sumandri
    16709251072
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Silabus sangat banyak sekali manfaatnya, karena dengan adanya silabus maka akan memudahkan kita untuk mencapai tujuan. Adapun tujuan dari silabus matematika itu diadakan adalah untuk memudahkan siswa dalam belajar matematika dan untuk memiliki pengalaman belajar dan mensintesis baik dari aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis matematika.

    ReplyDelete
  11. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Filsafat membantu untuk mengembangkan ilmu pengetahuan menjadi lebih luas lagi cakupannya dan lebih dalam lagi. Landasan dalam filsafat yang ada misalnya ontologi, epistemologi, dan aksiologi dapat membantu matematika mengembangkan keilmuannya. Objek material filsafat pendidikan yang erdiri dari ideologi dan dasar pendidikan matematika dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan matematika lebih luas lagi.

    ReplyDelete
  12. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Dari artikel di atas saya menyimpulkan bahwa silabus merupakan rencana dan pengaturan mengenai isi (topik-topik) maupun bahan kajian serta penyampaian (metode, media, sumber) dan penilaiannya pada mata kuliah. Silabus merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang penting guna mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini berguna pula sebagai langkah awal bagi mahasiswa untuk mempelajari materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. Selain itu, menjadi bahan refleksi sejauh pemahaman mahasiswa terhadap materi yang dipelajari.

    ReplyDelete
  13. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Silabus membantu guru dalam menyiapkan rencana pembelajaran dengan tujuan dapat memfasilitasi kebutuhan siswa dan membantu siswa dalam mengeksporasi pengalaman dan idenya sendiri.

    ReplyDelete
  14. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Terimakasih Pak atas adanya silabus dari filsafat yang termuat di blog ini yang tentunya dapat memudahkan mahasiswa yang mengambil mata kuliah filsafat dalam memahami terlebih dahulu silabusnya, sehingga pembelajaran menjadi lebih lancar.

    ReplyDelete
  15. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Dengan adanya silabus seperti di atas, kita jadi mengetahui tentang bagaimana silabus perkuliahan. Silabus merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang juga dibutuhkan oleh guru sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran. Sejak kurikulum 2013 di tetapkan, guru-guru di sekolah sudah tidak perlu membuat silabus sendiri, karena sudah disediakan oleh pemerintah.

    ReplyDelete
  16. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pentingnya silabus dalam pembelajaran disekolah atau dikampus adalah agar pembelajaran menjadi terarah. Misalnya pada silabus filsafat matematika ini dijelaskan tujuan dari pelajaran ini adalah untuk memudahkan siswa dalam pendidikan matematika untuk memiliki pengalaman belajar dan mensintesis tesis dan anti-tesis dari aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis matematika dan matematika. Pelajaran ini mencakup studi mendalam tentang alam, metode dan nilai matematika dan pendidikan matematika. Selain menjadi terfokus materi pembelajaran juga menjadikan pembelajaran memilki batasan yang jelas agar terarah tidak ngawur.

    ReplyDelete
  17. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdsarkan silabus tentang mata kuliah filsafat matematika tersebut, dipaparkan dengan jelas bahwa tujuan dari mata kuliah tersebut agar siswa mendapatkan pengalaman belajar serta mampu mensintesis tesis dan anti tesisnya dari aspek ontologis, epistemologis dan aksiologis. Meskipun saya tidak mendapatkan mata kuliah tersebut di semester ini akan tetapi, saya tertarik untuk mempelajari filsafat matematika melalui blog bapak, sehingga pengetahuan saya tentang matematika dapat bertambah.

    ReplyDelete
  18. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih pak atas silabus yang diberikan. Karena adanya silabus ini saya sedikit memahami sekiranya besok ingin mengambil mata kuliah filsafat pendidikan matematika maka yang akan dipelajari yakni mengenai pengalaman dan mencipta tesis , anti tesis dari aspek ontologikal, epistemologikal, dan aksiologikal pendidikan matematika. Meskipun tidak memahami langsung dengan gamblang maksud dari hal tersebut apa, namun setidaknya ada gambaran sumber belajar yang akan dicari.

    ReplyDelete
  19. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Berfilsafat adalah olah pikir yang reflektif. Berfilsafat itu mempelajari yang ada dan yang mungkin ada. Engkau dikatakan berfilsafat itu adalah ketika engkau merefleksikan pikiranmu dan pengalamanmu. Berfilsafat berarti berpikir tentang sesuatu. Dalam belajar filsafat kita perlu berpikir intensif dan ekstensif. Berpikir intensif dan ekstensif yaitu berpikir yang diperluas dan diperdalam. Berpikir sedalam-dalamnya itu berpikir untuk mencari hakikat. Dalam filsafat, sedalam-dalamnya juga termasuk setinggi-tingginya dan seluas-luasnya mengandung pengertian sesempit-sempitnya. Dalam filsafat kita ketahui ada empat dimensi yang begitu terkenal yaitu dimensi material, formal, normatif, dan spiritual. Dimensi-dimensi itu berguna untuk mengintesifkan pengertian dari suatu istilah, makna atau bahasa.

    ReplyDelete
  20. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Dalam tulisan tersebut disebutkan bahwa “Objek material filsafat pendidikan matematika terdiri dari ideologi dan dasar pendidikan matematika serta sifat, metode dan nilai pendidikan, kurikulum, pendidik, pelajar, tujuan pengajaran, metode pengajaran, fasilitas pengajaran, Penilaian pengajaran”
    Hal ini menjadi refleksi bagi saya sebagai calon pendidik untuk dapat meningkatkan kemampuan saya dalam aspek-aspek yang disebutkan diatas.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  21. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Melalui silabus tersebut sudah sangat jelas apa yang akan dipelajari mahasiswa, apa yang menjadi tujuan pembelajaran. sehingga mahasiswapun tidak merasa kebingungan. karena terdapat beberapa dosen yang memang tidak memberikan silabus dan mahasiswa sendiri juga tidak memiliki inisiatif untuk menanyakan sehingga mahasiswa hanya bingung. tetapi alhamdulillah Bapak telah memberikan sehingga kami menjadi tidak bingung lagi .

    ReplyDelete
  22. Desinta Armiani
    14301241041
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terima kasih pak atas silabus yang diberikan. Berdasarkan silabus tentang mata kuliah filsafat matematika tersebut bertujuan agar siswa mampu mendalami pada saat pelaksanaan pembelajaran. Dan supaya siswa mendapatkan pengalaman belajar serta kemampuan mensintesis tesis dan anti tesisnya dari aspek ontologis,epsitemologis dan aksiologis. Serta memperlancar proses pembelajaran

    ReplyDelete
  23. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Filsafat itu adalah diri kita sendiri. Sehingga walaupun kita jurusan pendidikan matematika, saya rasa kita perlu untuk belajar filsafat. Filsafat matematika itu sendiri, bertujuan agar kami mampu untuk mendalami pembelajaran yang dilakukan, sehingga pembelajaran yang terjadi menjadi lancar.

    ReplyDelete
  24. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Dengan artikel ini kita makin paham mengenai hakikat dan seluk-beluk matematika secara luas dan tidak sebatas materi saja. Salah satu contoh manfaat filsafat di dalam bidang ilmu matematika, matematika tidak sebatas bidang ilmu yang mempelajari tentang sesuatu yang abstrak tapi juga meliputi berbagai hal yang ada di dalamnya. Apalagi jika dilihat dari hakikatnya, matematika memiliki makna yang sangat luas dan mendalam.

    ReplyDelete