Aug 18, 2009

Syllabus for Philosophy of Mathematics Education

Yogyakarta State University
Faculty of Mathematics and Science
Academic Year 2009/2010
By Dr Marsigit MA


Philosophy of Mathematics Education
Syllabus


Subject Lesson : Philosophy of Mathematics Education
Study Program : Mathematics Education
Lecturer : Dr. Marsigit, M.A.
Code : MMP 211
Credit Semester : 2 (Semester 6)

Standard Competency :
To have experiences in synthesizing the ontological, epistemological, and axiological aspects of mathematics and mathematics education.

Description :
The lesson of Philosophy of Mathematics Education has 2 credit semester. The aim of the lesson is to facilitate the students of mathematics education to have experiences to learn and synthesize the theses and its anti-theses of the ontological, epistemological, and axiological aspects of mathematics and mathematics education. The lesson covers the in-depth study of the nature, the method and the value of mathematics and mathematics education. The material objects the philosophy of mathematics consist of the history of mathematics, the foundation of mathematics, the concept of mathematics, the object of mathematics, the method of mathematics, the development of mathematics, the hierarchy of mathematics and the value of mathematics. The material objects of the philosophy of mathematics education consists of the ideology and the foundation of mathematics education as well as the nature, the method and the value of education, curriculum, educator, learner, aim of teaching, method of teaching, teaching facilities, teaching assessment. Teaching learning activities of this lesson consists of the expositions by the lecture, classroom question and answer, sharing ideas, experiences, students’ assignments, students’ presentation, scientific papers, and browsing as well as developing internet website. The competences of the students cover their motivations, their attitudes, their knowledge, their skills and their experiences. These competencies are identified, assessed, and measured through their teaching learning activities, their assignments, their participations, the mid semester test, the final test and portfolios.

17 comments:

  1. Assalamu Alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Besse Rahmi Alimin
    18709251039
    s2 Pendidikan Matematika 2018

    Dalam topik Syllabus for Philosophy of Mathematics Education, jelas dipaparkan bahwa mahasiswa yang mengikuti mata kuliah filsafat pada khususnya akan belajar cara tentang mensintesis tesis dan anti-tesis dari aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis matematika dan matematika. Pelajaran ini mencakup studi mendalam tentang sifat, metode dan nilai pendidikan matematika dan matematika. Materi objek filsafat matematika terdiri dari sejarah matematika, dasar matematika, konsep matematika, objek matematika, metode matematika, perkembangan matematika, hierarki matematika dan nilai matematika. Objek material dari filsafat pendidikan matematika terdiri dari ideologi dan landasan pendidikan matematika serta alam, metode dan nilai pendidikan, kurikulum, pendidik, pelajar, tujuan pengajaran, metode pengajaran, fasilitas pengajaran, penilaian pengajaran. Kegiatan belajar mengajar dari pelajaran ini terdiri dari eksposisi oleh ceramah, pertanyaan dan jawaban kelas, berbagi ide, pengalaman, tugas siswa, presentasi siswa, makalah ilmiah, dan penelusuran serta pengembangan situs web internet. Kompetensi para siswa meliputi motivasi mereka, sikap mereka, pengetahuan mereka, keterampilan mereka, dan pengalaman mereka. Kompetensi ini diidentifikasi, dinilai, dan diukur melalui kegiatan belajar mengajar mereka, tugas mereka, partisipasi mereka, tes pertengahan semester, dll.

    ReplyDelete
  2. Yuntaman Nahari
    18709251021
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Sesuai yang telah dipaparkan dalam silabus di atas, tujuan pembelajaran dalam Filsafat Pendidikan Matematika adalah untuk memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Matematika agar memiliki pengalaman untuk belajar dan mensintesis tesis dan anti-tesis dari aspek ontologis, epistimologis, dan aksiologis matematika. Selain itu, dijelaskan pula mengenai kompetensi apa saja yang harus dimiliki setiap mahasiswa setelah mengikuti pembelajaran ini. Selain tujuan yang telah disebutkan dalam silabus, tujuan utama belajar filsafat yang selalu disebutkan Pak Marsigit dalam pembelajaran adalah untuk menurunkan ego. Pada dasarnya manusia memiliki ego yang cukup tinggi, merasa sudah mampu mengetahui segalanya. Oleh karena itu, diharapkan setelah pembelajaran filsafat mahasiswa merasa belum mengetahui segalanya sehingga mendorong mahasiswa untuk selalu berpikir, untuk selalu berfilsafat.

    ReplyDelete
  3. Dita Aldila Krisma
    18709251012
    PPs Pendidikan Matematika A 2018

    Deskripsi dari silabus tersebut disesuaikan dengan kebutuhan ilmu bagi mahasiswa. Aktivitas pembelajaran telah diterapkan di kelas seperti penjelasan dari dosen, tanya jawab di kelas, berbagi pemikiran dan pengalaman, tugas mahasiswa seperti refleksi. Dengan mengikuti perkuliahan filsafat ini, mahasiswa dapat memiliki pengalaman mensintesis dan antitesis dari aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis matematika dan pendidikan matematika. Aktivitas-aktivitas tersebut memfasilitasi untuk berpikir secara filsafat dengan catatan kemauan belajar harus ada dalam diri mahasiswa. Mahaiswa harus terus menerus mau belajar agar ilmunya terus bertambah dan mampu berpikir tingkat tinggi untuk memahami, memakni, dan menyelesaikan permasalahan di lingkungan sekitar.

    ReplyDelete
  4. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Terimakasih atas silabus yang diberikan. Dengan adanya silabus, dapat memberikan ringkasan, atau pokok-pokok isi dalam pembelajaran filsafat pendidikan matematika. Dalam perkuliahan yang memiliki 2 sks ini memuat beberapa topik pembelajaran. Sedangkan tujuan dari pembelajaran adalah untuk memfasilitasi mahasiswa pendidikan matematika agar memiliki pengalaman belajar, selain itu mahasiswa dapat mensintesis tesis dan anti-tesis dari ontologis, aksiological, dan epistemologis aspek dari matematika dan pendidikan matematika. Kemudian dari materi yang akan diajarkan adalah ideologi dan dasar pendidikan matematika serta sifatnya, metode dan nilai pendidikan, peserta didik, kurikulum, pendidik, tujuan pengajaran, fasilitas mengajar, metode pengajaran, dan mengajar penilaian.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  5. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Terimakasih atas silabus yang diberikan Pak. Dari silabus ini kita bisa memahami mengenai pembelajaran mengenai filsafat ilmu. Dimana tujuan dari mata kuliah ini adalah untuk memfasilitasi para mahasiswa pendidikan matematika untuk memiliki pengalaman belajar dan mensistesis tesis dan antitesisdari aspek ontologis, epistimologis, dan aksiologis dari pendidikan matemtika. Kemudian juga belajar mengenai sejarah matematika, pondasi matematika, konsep matematika, objek matematika, metode matematika, pengembangan matematika dan nilai matematika. Semoga kami semua bisa selalu mempergunakan ilmu yang kami peroleh dalam pembelajaran filsafat.

    ReplyDelete
  6. Septia Ayu Pratiwi
    18709251029
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Syllabus diatas mendeskripsikan kebutuhan perkuliahan mahasiswa. Pelajaran tersebut mencakup studi mendalam tentang alam, metode dan nilai matematika dan pendidikan matematika. Objek materi filsafat matematika terdiri dari sejarah matematika, pondasi matematika, konsep matematika, objek matematika, metode matematika, pengembangan matematika, hierarki matematika dan nilai matematika. Objek material filsafat pendidikan matematika terdiri dari ideologi dan dasar pendidikan matematika serta sifat, metode dan nilai pendidikan, kurikulum, pendidik, pembelajar, tujuan pengajaran, metode pengajaran, fasilitas pengajaran, penilaian mengajar. Kegiatan belajar mengajar pelajaran ini terdiri dari paparan oleh kuliah, tanya jawab di kelas, berbagi ide, pengalaman, tugas siswa, presentasi siswa, makalah ilmiah, dan browsing serta mengembangkan situs web internet. Kompetensi siswa meliputi motivasi, sikap, pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman mereka.

    ReplyDelete
  7. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dalam silabus ini mata kuliah filsafat pendidikan matematika dimaksudkan agar mahasiswa memiliki pengalaman dalam sintesis ontologi, epistimologi, dan aksiologi dari matematika dan pendidikan matematika. Ontologi berhubungan dengan hakikat pendidikan matematika itu sendiri, epistimologi berhubungan dengan metode-metode dalam pendidikan matematika, dan aksiologi berhubungan dengan etika-etikanya. Objek material matematika melitputi sejarah matematika, dasar matematika, metode matematika, perkembangan matematika, hierarki matematika dan nilai matematika. sedangkan objek material dari pendidikan matematika melipuit ideology dan landasan pendidikan matematika, metode dan nilai pendidikan, kurikulum, pendidik, siswa, tujuan pembelajaran, penilaian pembelajaran.

    ReplyDelete
  8. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Perangkat pembelajaran penting disiapkan oleh seorang guru sebelum mengajar. Karena dari hal tersebut, siswa bisa memahami arah dan tujuan yang ingin dicapai. Perencanaan yang matang akan tercipta pembelajaran yang aktif pula. Dalam silabus tersebut, siswa diajarkan tentang studi mendalam tentang dunia lebih dalam dari matematika yaitu filsafat matematika dimana siswa diajak untuk berpikir melintasi ruang dan waktu, berpikir vertikal horisontal tentang matematika. Lebih dari hitung hitungan lebih mendalam dan lebih luas. pembelajaran intepretasidalam pendidikan matematika untuk mengetahui makna dalam pemebaljaran pun juga menjadi salah satu yang diajarkan dalam pembelajaran matamatika. matematika tidak hanya angka saja, namun juga dapat dijelaskan dari harsil perhitungan sehingga untuk menciptakan pembelajaran yang bermakna menjadi hal yang sangat penting.

    ReplyDelete
  9. Fany Isti Bigo
    18709251020
    PPs UNY PM A 2018

    Artikel ini berisi tentang silabus pembelajaran filsafat ilmu. Pembuatan silabus bertujuan untuk memberikan gambaran pembelajaran yang akan diajarkan selama 1 semester kedepan. Pada silabus filsafat ilmu ini berisi tentang tujuan pembelajaran filsafat ilmu yaitu mahasiswa memiliki pengalaman untuk melakukan sistesis terhadap epistemologi, aksiologi dan ontologi matematika dan pendidikan matematika. Tujuan ini sesuai dengan filsafat itu sendiri yang artinya pola pikir, dimana membantu mahasiswa untuk melalukan sintesis terhadap matematika maupun ide-ide dalam pendidikan matematika. Adapun materi yang diajarkan cukup banyak namun sesuai yaitu dimulai dari sejarah, pondasi, konsep matematika hingga objek, metode dan nilai matematika.

    ReplyDelete
  10. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Terimakasih Pak atas silabus filsafat pendidikan matematika yang telah diberikan. Adanya silabus tersebut bisa menjadi sebuah rujukan bagi kami mengenai hal-hal yang akan kami pelajari selama perkuliahan filsafat pendidikan matematika. Tujuan mempelajari mata kuliah filsafat pendidikan ini yaitu untuk memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki pengalaman belajar dan mensintesis tesis maupun antitesis dari aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis dari pendidikan matematika dan matematika. Kemudian, semoga kami dapat memahami mengenai filsafat pendidikan matematika dan pada akhir perkuliahan kami mampu mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan tersebut.

    ReplyDelete
  11. Luthfannisa Afif Nabila
    18709251031
    S2 Pendidikan Matematika B 2018
    Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh
    Pembelajaran filsafat yang dikemas oleh Bapak Profesor Marsigit adalah pembelajaran filsafat yang lain dari yang lain. Kalau orang-orang mengenal filsafat sebagai momok yang menakutkan, namun ditangan Bapak Profesor Marsigit filsafat menjadi pembelajaran yang menyenangkan. Filsafat meliputi semua yang ada dan mungkin ada. Filsafatmu itu ya pertanyaanmu itu. Berpikir kritislah dalam berfilsafat sehingga dirimu tidak akan termakan oleh mitos-mitosmu. Terima kasih.
    Wassalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  12. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Sesuai yang ada di postingan di atas bahwa filsafat mengakaji tentang semua hal yang ada di dunia mulai dari ilmu pengetahuan bahkan tentang spiritualitas. Belajar filsafat adalah belajar tentang olah pikir, memandang sesuatu dengan sudut pandang yang berbeda. Filsafat pendidikan matematika adalah suatu wadah untuk bisa memfasilitasi kita dalam berfilsafat, kita bisa mengenal sesuatu yang erat kaitannya dengan matematika bahkan dapat belajar dari segi spiritualitasnya.

    ReplyDelete
  13. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Terimaksih sebelumnya Prof atas silabus tentang Philosophy of mathematic educations yang telah diberikan. Silabus memang sangat penting dalam proses setiap pembelajaran, dimana dalam silabus merupakan garis besar pokok-pokok isi atau materi atau ringkasan rencana pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Sehingga akan mempermudah seorang guru dalam memberikan pelajaran kepada siswa. Silabus juga dikatakan sangat penting guna mencapai tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. Segala pembelajaran memerlukan perencanaan secara garis besar sebelum diterapkan.

    ReplyDelete
  14. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Dari silabus yang Bapak bagikan di atas tujuan dari pembelajaran filsafat pendidikan matematika adalah untuk memfasilitasi mahasiswa pendidikan matematika untuk memiliki pengalaman belajar dan mensintesis tesis dan anti tesisnya berdasarkan aspek ontologi, epistomologi, dan aksiologi dari matematika dan pendidikan matematika.

    ReplyDelete
  15. WIlis Putri Hapsari
    19701251017
    S2 PEP A 2019

    Philosophy had become the foundation of all logos or all of sucbject in education. So I do support this university that place Philosophy to be a compulsory subject for all major in any departments. We should know how the formation of a subject become they are the derivative branch of phylosophy it self. It is provide any question to be reflected in aspects of kognitive, affective, and physchomotor competence perfomed by student at class or teacher performance in the learning system.

    ReplyDelete
  16. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Silabus sangat diperlukan dalam merancang pembelajaran, yang mana dalam silabus merupakan garis besar pokok-pokok materi atau ringkasan rencana pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Dengan begitu akan mempermudah seorang guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswa. Silabus juga dikatakan sangat penting guna mencapai tujuan pembelajaran yang akan dilakukan. Sesuai yang telah dipaparkan dalam silabus di atas, tujuan pembelajaran dalam Filsafat Pendidikan Matematika adalah untuk memfasilitasi mahasiswa Pendidikan Matematika agar memiliki pengalaman untuk belajar dan mensintesis tesis dan anti-tesis dari aspek ontologis, epistimologis, dan aksiologis matematika. Namun tujuan yang penting belajar filsafat ialah untuk menurunkan ego atau tidak sombong. Karena manusia memiliki ego yang cukup tinggi dan merasa diri sudah mengetahui segalanya, diharapkan dengan belajar filsafat mahasiswa merasa belum mengetahui segalanya sehingga mendorong mereka untuk selalu berpikir dan berfilsafat.

    ReplyDelete
  17. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Tujuan dari pelajaran Filsafat Pelajaran Matematika adalah untuk memfasilitasi siswa untuk memiliki pengalaman belajar untuk mensitesis dari aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis. Hal ini saya rasakan saat perkuliahan berlangsung, saya belajar untuk mensitesis matematika dari aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis.
    Terimakasih

    ReplyDelete