Jul 18, 2009

Sumber Penting untuk Pembelajaran Matematika

Untuk semua guru dan calon guru matematika, berikut saya sampaikan sumber penting untuk pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional. Berbagai sumber pembelajaran matematika dapat di akses: rpp, video, lesson study, dst

Silahkan klik berikut:

http://hrd.apec.org/index.php/Main_Page

Sumber tersebut diberikan oleh Prof. Akihiko Takahashi, Ph.D dari DePaul University, Chicago, Amerika Serikat.

Selamat mmemanfaatkannya.

67 comments:

  1. Woro Sophia Amirul Kusumawati
    14301241048
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas informasi sumber pembelajaran matematika yang diberikan, namun mohon maaf link yang tercantum tidak dapat dibuka. Saya sangat bersyukur dapat membaca berbagai informasi yang telah bapak share. Blog ini sangat bermanfaat, Melalui blog ini saya dapat membangun pengetahuan mengenai berbagai hal khususnya berkaitan dengan pendidikan matematika. Melalui berbagai postingan yang dibuat bapak juga melatih saya untuk selalu berpikir kritis.

    ReplyDelete
  2. Ari Dhamayanti
    14301241045
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Terimakasih atas informasi yang telah Bapak berikan, namun link yang Bapak berikan sudah kadaluwarsa. Namun karena Bapak juga menyebutkan referensi yang lain, dengan menyebutkan nama penulisnya. Sehingga saya dapat mencari informasi melalui nama tersebut. Banyak tulisan yang telah dibuat oleh beliau, sehingga dapat dijadikan referensi pengetahuan yang lain Terimakasih.

    ReplyDelete
  3. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas link yang diberikan pada postingan ini. Semoga bermanfaat untuk saya dan teman-teman saya.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  4. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih Prof Marsigit. Tulisan pada referensi yang Bapak berikan sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  5. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Link yang ada di artikel ini akan sangat berguna dan bermanfaat bagi pekalu pendidikan, termasuk kami calon guru matematika. Dengan link tersebut, kami bisa jadikan sebagai sumber penting untuk pembelajaran matematika, sebagai sumber belajar. Terimakasih kami ucapkan kepada bapak kami, Prof. Marsigit.

    ReplyDelete

  6. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas info yang Bapak berikan. Alamat web tersebut dapat kami jadikan referensi sumber belajar. Dalam web tersebut telah ada postingan mengenai lesson plan dari negara-negara lain, video pembelajaran, lesson study, dan lain-lain. Dari situ kita dapat belajar membuat dan mengembangkan rpp dari negara-negara yang telah mengembangkan metode pembelajaran inovatif.

    ReplyDelete
  7. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Terimakasih atas informasi yang Bpak berikan. kami sebagai calon pendidik tentunya sangat membutuhkan banyak referensi agar kelak jika mengajar tidak berlaku otoriter kepada siswanya dan kami calon pendidik kelak dapat mendidik dengan baik dan benar sesuai kaidahnya.

    ReplyDelete
  8. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas info yang diberikan, namun link yang bapak bagikan tidak dapat dibuka, namun dengan kata kunci yang bapak berikan, memang sebagai calon pendidik harus mengetahui perkembangan pendidikan di dunia, sehingga dengan mengkaji perangkat pembelajaran International kita dapat meningkatkan pembelajaran di kelas menjadi lebih baik.

    ReplyDelete
  9. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Terima kasih sebelumnya Pak, semua link yang Bapak berikan sangat bermanfaat bagi kami calon guru matematika. salah satu amalan yang tidak akan terputus pahalanya adalah ilmu yang bermanfaat. Semoga kami dapat mencontoh Bapak, melakukan berbagai inovasi pembelajaran dan menghasilkan karya-karya sehingga dapat kita bagikan kepada guru-guru yang lain.

    ReplyDelete
  10. Inung Sundari
    14301241011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih Prof atas referensi yang Anda bagikan. Referensi seperti ini sungguh berguna bagi kami, para calon guru.
    Akan tetapi mohon maaf Prof, setelah link tersebut saya buka kok hasilnya ‘page not found’ ya Prof?
    Apakah ini hanya terjadi pada perangkat/laptop yang saya pakai?
    Ataukah ini terjadi karena kuota internet saya habis?
    Namun saya rasa kuota saya masih. Hmm.

    ReplyDelete
  11. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas informasi yang Bapak berikan, namun link yang Bapak berikan tidak dapat dibuka diperangkat saya. Mungkin bisa diperbaharui lagi link yang Bapak berikan.

    ReplyDelete
  12. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih Prof atas info link yang diberikan. Namun mohon maaf Prof, saya tidak bisa meng-akses link tersebut. Yang pasti link tersebut pasti sagt berguna bagi para pendidik maupun calon pendidik.

    ReplyDelete
  13. Salma Maulida Karima
    14301241021
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terima kasih Bapak atas informasi yang diberikan. Sumber penting pembelajaran matematika yang diberikan akan sangat bermanfaat bagi semua guru dan calon guru matematika. Apalagi sumber penting tersebut adalah pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional. Namun mohon maaf Bapak, link yang tertera di atas tidak dapat diakses kembali. Kemungkinan link tersebut sudah kadaluwarsa. Saya akan sangat berterimakasih sekali, jika link tersebut di atas oleh Bapak atau teman-teman yang membaca komentar saya (yang tahu) dapat memperbaharuinya.

    ReplyDelete
  14. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    Matematika merupakan salah satu bidang ilmu yang mendasari beberapa bidang ilmu yang lain. Sehingga matematika merupakan suatu ilmu yang sangat penting untuk dipelajari dan dipahami secara mendalam. Perkembangan teknologi juga ikut mempengaruhi perubahan yang ada dalam bidang ilmu matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  15. Muh Ferry Irwansyah
    15709251062
    Pendidikan Matematika PPS UNY
    Kelas D
    sebagai seorang guru hendaknya aktif dan kreatif serta senantiasa membuka diri untuk terus memperbaharui pembelajaran yang dilakukan dengan mencari referensi-referensi yang berkaitan dengan pembelajaran matematika itu sendiri. Adanya berbagai macam sumber belajar dapat merangsang siswa untuk belajar dan mempercepat pemahaman serta penguasaan mereka tehadap suatu materi pelajaran.

    ReplyDelete
  16. Arung Mega Ratna
    17709251049
    S2 Pend. Matematika C

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena bapak sudah menyediakan sumber penting untuk Pembelajaran Matematika yang bertaraf Internasional. Studi perbandingan Internasional menunjukkan bahwa ditemukan perbedaan yang signifikan dari prestasi dan praktik dalam pendidikan matematika di Timur dan Barat. Sistem pendidikan di Asia umumnya menghasilkan siswa dengan pemahaman yang kuat dari pengetahuan, dengan skor yang lebih tinggi pada Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Sistem Barat memiliki kekuatan dalam menerapkan pengetahuan di kehidupan nyata. Sehingga banyak negara Barat menjadi Negara yang inovatif seperti adanya paten ilmiah baru. Masalahnya sekarang adalah bagaimana menggabungkan yang terbaik dari kedua sistem tersebut.
    Pendidikan Matematika merupakan salah satu bidang yang menjadi prioritas yang ditetapkan di “5th APEC Education Ministers Meeting” pada tahun 2012. Mengembangkan strategi inovatif untuk meningkatkan pendidikan matematika secara lebih lanjut akan mengembangkan siswa untuk berpikir logis dan memiliki keterampilan kognitif, selain itu akan mengembangkan kreativitas dan fleksibilitas. Keterampilan ini juga dapat menjadi dasar bagi siswa untuk memperoleh pengetahuan praktis tentang hambatan dan kompetensi terkait serta menerapkannya pada masalah dunia nyata.
    Menurut Hiroshi Tanaka (2007) dalam menciptakan peserta didik yang dapat berfikir kreatif dan inovatif, guru dapat membiasakan peserta didik untuk menggunakan kata “Contohnya..” “tetapi jika…” “jika…” dan “Dalam masalah ini…”. Dengan penggunaan kata-kata tersebut diharapkan peserta didik dapat memuculkan ide-ide dan kemungkinan-kemungkinan yang ada dalam pembelajaran matematika.
    Terima kasih
    Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
  17. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Sumber belajarmemberikan manfaat yang besar dalam menentukan hasil belajar. Manfaat sumber belajar adalah mampu untuk membantu peserta didik untuk dapat memahami materi dan memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik serta memudahkan belajar secara umum. Saya sangat tertarik untuk membuka link sumber belajar yang Bapak cantumkan tersebut, namun saat ini tidak bisa di akses lagi, apakah mungkin jika link tersebut bisa diupdate lagi agar kami bisa mempelajari sumber penting untuk pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional.

    ReplyDelete
  18. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A 2017

    Sumber belajar merupakan sarana yang dapat digunakan sebagai referensi untuk mempelajari materi pelajaran. "Sumber Penting untuk Pembelajaran Matematika", dengan melihat judul yang Bapak cantumkan untuk postingan ini membuat saya tertarik untuk membukanya, namun maaf sebelumnya Pak, karena link di atas sudah tidak bisa dibuka lagi jadi apakah ada link lainnya terkait sumber belajar.

    ReplyDelete
  19. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Sumber belajar adalah segala macam bahan yang dapat di gunakan untuk memberikan informasi maupun berbagai keterampilan kepada murid maupun guru. sumber belajar digunakan agar dapat membantu mencapai tujuan dari pembelajaran tersebut. ya, sangat disayangkan sekali link tersebut sudah tidak bisa dibuka dan tidak mampu memberikan informasi. tapi hal ini tidak mengapa, kita bisa belajar matematika dengan banyak hal, contohnya melalui blog ini. Blog ini juga termasuk sumber belajar yang sangat menarik, selain itu artikel yang diposting juga memberikan link-link informasi lainnya. terimakasih pak

    ReplyDelete
  20. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    PPs Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih banyak atas link sumber informasi penting terutama untuk kami para calon guru matematika. Tidak dapat dipungkiri bahwa globalisasi yang semakin berkembang menuntut kita untuk mampu bersaing di dunia internasional. Maka sumber-sumber untuk kelas internasional seperti yang bapak berikan akan sangat membantu kami untuk meingkatkan kemampuan kami menyampaikan ilmu kepada siswa-siswa dan membimbing mereka menghadapi persaingan internasional. Meskipun link tersebut tidak dapat dibuka lagi namun info ini mengingatkan kami kembali bahwa mempersiapkan diri untuk memberikan pembelajaran matematika bertaraf internasional merupakan tantangan yang harus dihadapai guru-guru matematika.

    ReplyDelete
  21. Vidiya Rachmawati
    17709251019

    Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tentu mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran. Tuntutan jaman sekarang menggeser paradigma pembelajaran yang awalnya teacher centered menjadi student centered. Kini dalam proses pembelajaran siswa diarahkan untuk menguasai kecakapan abad 21 yaitu 4C (Communication, Collaboration, Critical Thingking, and Creativity). Sebaiknya kecakapan 4C ini diintegrasikan dalam proses pembelajaran secara umum, khususnya proses pada pembelajaran matematika. Hal tersebut dapat terwujud apabila seluruh elemen sekolah saling bekerja sama untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Prioses pembelajaran tentunya memuat beberapa komponen di dalamnya, antara lain sumber belajar. Sumber belajar yaitu sesuatu dapat dikatakan sesuatu yang amat penting. Untuk itu link yang dibagikan dalam artikel ini sangat membantu para guru menyiapkan sumber-sumber pelajaran.

    ReplyDelete
  22. Gamarina Isti R
    Pendidkan
    17790251036 Matematika Kelas B

    Sumber belajar matematika merupakan segala macam bahan yang diperlukan dalam pembelajaran matematika, apabila dia bertindak sebagai pendidik dibutuhkan sumber belajar seperti RPP, silabus, prosem, prota, dan evaluasi mengajar. Tetapi apabila berperan sebagai siswa diperlukan sumber belajar seperti buku, e-book dan sumber penunjang lainnya. Pada kurikulum 2013 ini diharapkan baik guru maupun siswa berperan aktif dalam mencari sumber belajar, apabila sumber belajarnya dipilih sendiri oleh setiap individu hal tersebut akan menjadi motivasi sendiri karena telah nyaman dengan apa yang dipilihnya

    ReplyDelete
  23. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Terimakasih bapak, semoga link tersebut bisa kami manfaatkan untuk pengembangan pembelajaran matematika bagi dunia pendidikan. Agar pembelajaran di Indonesia bisa lebih berkebang dalam rangka mengikuti perkembangan pendidikan internasional.

    ReplyDelete
  24. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    saya sangat yakin bahwa link di atas memuat informasi-informasi yang sangat penting. sayangnya saya terlamba, sepertinya situs nya sudah dihapus atau mungkin diganti, karena berkali-kali saya mencoba mengakses tetapi gagal. atau mungkin hanya temporal.

    ReplyDelete
  25. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Barbagai sumber dapat dimanfaatkan dalam mengembangkan pembelajaran matematika. Terimakasih atas link yang bapak bagikan terkait sumber yang dapat diakses seperti RPP, Video, Lesson study, dst. Namun sayang sekali link tersebut tidak aktif dan tidak dapat diakses lagi. Semoga bapak men-sharing lagi another link yang dapat dijadikan sumber dalam mengembangkan pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  26. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Sebagai seorang calon guru, sumber untuk pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional ini sangat bermanfaat. Terimakasih Pak Marsigit atas informasi dan referensinya. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  27. Efi Septianingsih
    17710251013
    pep b

    Indonesia semoga akan lebih baik dalam pendidikan matamatika karena pembelajaran Matematika yang bertaraf Internasional memerlukan penndidik dan teknologi serta pelajar yang ingin menjadi lebih baik. Studi perbandingan Internasional menunjukkan bahwa ditemukan perbedaan yang nampak dari prestasi dan praktik dalam pendidikan matematika di Timur dan Barat.

    ReplyDelete
  28. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Saya mencoba untuk membuka link yang tertera, http://hrd.apec.org/index.php/Main_Page karena saya seorang guru dan tertarik untuk mencari referensi untuk pengajaran saya di kelas, salah satunya adalah matematika. Namun saya tidak dapat membukanya.. Mudah – mudahan dalam artikel lain saya akan menemukan referensi untuk pembelajaran. Terima kasih

    ReplyDelete
  29. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2

    Sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, sumber pembelajaran matematika dapat diperoleh melalui berbagai macam cara. Salah satunya melalui perantara internet.

    HRD APEC ini merupakan salah satu program yang digagas utk mengembangkan sumber daya manusia melalui pendidikan.
    Saya pernah mengunduh beberapa file dan laporan dari program ini. Dan saya tertarik dengan lesson study. Dimana para pengajar membetuk tim untuk meningkatkan mutu pembelajaran yg dilakukan di sekolah

    ReplyDelete
  30. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Terimaksih Pak sudah membagikan sumber untuk membangun intuisi kami. Tetapi mohon maaf Pak sebelumnya, link tersebut kok tidak bisa dibuka yah Pak?, sepertinya sangat banyak sekali informasi yang dapat diambil dari link tersebut, dan pasti sangat bermanfaat untuk guru maupun calon guru di Indonesia ini dalam mewujudkan pembelajaran matematika bertaraf internasional. Dari situ guru maupun calon guru bisa mendapatkan referensi bagaimana membuat RPP yang tepat sesuai dengan pembelajaran internasional selayaknya, dan mungkin video pembelajarannya juga bisa dijadikan rujukan untuk menseting proses pembelajaran yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  31. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Terimakasih bapak, atas informasinya yang berharga, saya yakin awalanya link diatas berisi tentang materi yang sangat berguna. Namun setelah saya mencoba membuka link tersebut, ternyata link tersebut sudah tidak akti atau kadaluarsa. Terimakasih.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  32. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Bismillah...

    Sumber pembelajaran matematika bukan hanya satu buku yang ada di sekolah atau di perpustakaan, akan tetapi banyak buku dan sumber referensi lainnya misalnya saja website, video, dan aplikasi matematika. Sumber pembelajaran matematika menjadi hal utama untuk menyusun langkah-langkah yang telah disusun guru untuk diimplementasikan kepada siswa. Kemudian sumber belajar juga sangat berguna dalam membantu siswa untuk dapat memahami materi yang akan dan sesudah diajarkan.

    ReplyDelete
  33. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Pembelajaran matematika khususnya di sekolah hakekatnya merupakan kegiatan. Salah satunya adalah kegiatan mengkomunikasikan. Mengapa komunikasi? Karena komunikasi menjadi salah satu dari empat keterampilan yang diusung dalam kerangka pembelajaran abad 21. Hal ini sejalan dengan tujuan dari HRDWG yaitu mengembangkan pengetahuan dan keterampilan pada abad 21 yang dirujuk dari link pada artikel di atas. Komunikasi merupakan kegiatan menyampaikan pesan berisi ide atau konsep kepada orang lain. Pada proses pembelajaran matematika, komunikasi konsep matematika dapat berlangsung dari interaksi yang dibangun antara guru dengan siswa, antara siswa dengan sumber belajar, dan antara siswa dengan siswa. Supaya efektif, penyampaian konsep matematika sebaiknya disesuaikan dengan kemampuan dan karakteristik siswa.

    ReplyDelete
  34. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP

    Terlepas dari link yang sudah tidak bisa dibuka. Dalam rangka menuju pendidikan bertaraf internasional, harus diakui kita memang masih butuh belajar banyak. Termasuk belajar menyusun rpp, media pembelajaran kepada negara-negara yang lebih maju dibandingkan kita. belajar kepada mereka tidak hanya dengan cara berkunjung langsung ke negara tersebut, melainkan bisa dengan melakukan kajian dokumen dari negara yang bersangkutan. era teknologi memang telah membantu kita untuk mendekatkan kita pada dunia luar sehingga menjadi lebih efisien dan tidak memakan biaya, akan tetapi hanya mempelajarinya melalui kaian dokumen atau dengan memanfaatkan internet tentu tidak bisa disamakan dengan jika kita pergi berkunjung langsung ke negara tersebut.

    ReplyDelete
  35. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Terima kasih untuk link yang telah Prof bagikan. Namun saya tidak dapat mengakses link tersebut. Memang benar, untuk mencapai pembelajaran matematika yang bertaraf internasional maka kita harus mengambil referensi pembelajaran matematika dari negeri yang lebih maju agar kita dapat mencontoh dan meneladani kelebihan pembelajaran matematika dan menerapkannya dalam dunia pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  36. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Mohon maaf prof link nya sudah tidak bisa dibuka. Namun mengomentari judulnya, bahwa guru perlu mencari sumber-sumber pembelajaran lain baik nasional maupun internasional dalam rangka meningkatkan pembelajaran matematika. Dengan mengakses berbagai sumber pembelajaran tentu guru akan mendapatkan perspektif yang berbeda. Jika mengambil sumber internasional maka harus disesuaikan dengan sosiokultural pembelajaran di indonesia, yang baik diambil, yang kurang baik sebaiknya ditinggalkan.

    ReplyDelete
  37. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Mohon maaf prof link nya sudah tidak bisa dibuka. Namun mengomentari judulnya, bahwa guru perlu mencari sumber-sumber pembelajaran lain baik nasional maupun internasional dalam rangka meningkatkan pembelajaran matematika. Dengan mengakses berbagai sumber pembelajaran tentu guru akan mendapatkan perspektif yang berbeda. Jika mengambil sumber internasional maka harus disesuaikan dengan sosiokultural pembelajaran di indonesia, yang baik diambil, yang kurang baik sebaiknya ditinggalkan.

    ReplyDelete
  38. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Studi perbandingan Internasional menunjukkan bahwa ditemukan perbedaan yang signifikan dari prestasi dan praktik dalam pendidikan matematika di Timur dan Barat. Sistem pendidikan di Asia umumnya menghasilkan siswa dengan pemahaman yang kuat dari pengetahuan, dengan skor yang lebih tinggi pada Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Sistem Barat memiliki kekuatan dalam menerapkan pengetahuan di kehidupan nyata. Sehingga banyak negara Barat menjadi Negara yang inovatif seperti adanya paten ilmiah baru. Masalahnya sekarang adalah bagaimana menggabungkan yang terbaik dari kedua sistem tersebut. Pendidikan Matematika merupakan salah satu bidang yang menjadi prioritas yang ditetapkan di “5th APEC Education Ministers Meeting” pada tahun 2012. Mengembangkan efektif, strategi inovatif untuk meningkatkan pendidikan matematika secara lebih lanjut akan mengembangkan siswa untuk berpikir logis dan keterampilan kognitif, selain itu akan mengembangkan kreativitas dan fleksibilitas. Keterampilan ini juga dapat menjadi dasar bagi siswa untuk memperoleh pengetahuan praktis tentang hambatan dan kompetensi terkait serta menerapkannya pada masalah dunia nyata. Menurut Hiroshi Tanaka (2007) dalam menciptakan peserta didik yang dapat berfikir kreatif dan inovatif, guru dapat membiasakan peserta didik untuk menggunakan kata “Contohnya..” “tetapi jika…” “jika…” dan “Dalam masalah ini…”. Dengan penggunaan kata-kata tersebut diharapkan peserta didik dapat memuculkan ide-ide dan kemungkinan-kemungkinan yang ada dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  39. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Dalam pembelajaran matematika, ada beberapa sumber penting yang harus disiapkan oleh guru, seperti RPP, LKS, media pembelajaran dan lain-lain. Sangat disayangkan karena link yang bapak share di postingan ini sudah tidak bisa di akses lagi, padahal saya penasaran ingin melihatnya, terlebih lagi sumber tersebut diberikan oleh Prof. Akihiko Takahashi, Ph.D dari DePaul University, Chicago, Amerika Serikat. Saya akan mencoba mencari akses link untuk video tersebut. Terima kasih banyak pak.

    ReplyDelete
  40. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. terimakasih Prof Marsigit atas link yang diberikan, semoga dapat saya manfaatkan semaksimal mungkin. Sepengetahuan saya APEC merupakan kerjasama negara-negara asia pasifik. Human and resouces development apec berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara anggotanya termasuk dalam bidang pendidikan.

    ReplyDelete
  41. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Terimakasih prof atas informasi terkait sumber belajar matematika dalam postingan di atas. Hal ini sangat membantu kami sebagai pendidik dan calon pendidik untuk mendapatkan sumber-sumber pembelajaran yang tepat. Karena sekarang ini dalam melakukan proses pembelajaran, guru sudah seharusnya menggunakan berbagai alternatif sumber belajar agar pengetahuan guru dan siswa semakin luas.

    ReplyDelete
  42. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pedidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Judul postingan ini adalah sumber penting untuk pembelajaran matematika. Meskipun link tersebut sudah tidak dapat diakses lagi, bukan menjadi penghalang untuk kita khususnya para pendidik matematika untuk terus berinovasi dalam melakukan proses pembelajaran matematika. Jaman sekarang, sudah sangat banyak video, rpp, lesson study yang dibagi oleh orang-orang yang expert dalam bidang matematika. Sehingga kita tetap dapat berinovasi dalam agar pembelajaran matematika bisa lebih efektif dan menyenangkan.
    Wassalamu’alaikumussalam

    ReplyDelete
  43. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  44. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Terimakasih bapak, semoga link tersebut bisa kami manfaatkan untuk pengembangan pembelajaran matematika bagi dunia pendidikan. Agar pembelajaran di Indonesia bisa lebih berkebang dalam rangka mengikuti perkembangan pendidikan internasional.

    ReplyDelete
  45. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Dalam pembelajaran matematika sumber belajar itu merupakan hal yang penting dalam menunkang pengetahuan siswa akan suatu pengetahuan. karena sumber-sumber beajar matematika sendiri dangat diperlukan untuk guru maupun siswa, karena sumber belajar ini dapat digunkan sebagai alat peraga, metode, materi yang dapat diberikan kepada siswa agar lebih paham dan lebih dalam mempelajari suatu ilmu pengatahuan itu sendiri. Adanya sumber belajar matematika menjadikan lebih banyak referensi untuk belajar dengan cara, metode maupun ilmu yang baru.

    ReplyDelete
  46. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Terima kasih atas sumber-sumber ilmu yang sangat bermanfaat prof, namun pada link di atas saya tidak dapat mengaksesnya dengan baik. Dalam pembelajaran, khususnya matematika, mencari sumber-sumber bahan ajar dan kelengkapan perangkat belajar sangat dibutuhkan oleh guru sebagai wujud profesionalitasnya. Belajar dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Semoga kita semua tetap bisa menjadi manusia pembelajar.

    ReplyDelete
  47. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Terima kasih Prof atas linknya, ini berguna dalam usaha mengembangkan inovasi pembelajaran matematika di Indonesia tentunya banyak sekali tantangan dan masalahnya. Namun tantangan-tantangan itu harus dihadapi untuk menggapai inovasi yang ditujukan. Salah satu manfaatnya adalah bagaimana mengembangkan lesson plan/rencana pelaksanaan pembelajaran. RPP dikembangkan berdasarkan kurikulum dan silabus. RPP harus sudah rampung sebelum dimulainya tahun ajaran baru dan di dalamnya terdapat prosedur lengkap terkait proses pembelajaran. Pengguanaan metode dan media pembelajaran juga harus diperhatikan karena jika kedua hal itu dipersiapkan dengan baik, maka pembelajaran matematika akan lebih bermakna.

    ReplyDelete
  48. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Terima kasih Prof untuk link yang telah dibagikan mengenai sumber untuk pembelajaran matematikanya. Saya tidak dapat mengakses link tersebut. Dilihat dari judulnya pastilah sebenarnya berisi hal yang sangat bermanfaat, mengingat dalam proses belajar mengajar sumber belajar sangat diperlukan siswa/pembelajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan sumber dalam proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  49. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Mohon maaf Bapak, karena link tersebut sudah tidak dapat diakses. Namun terlepas dari itu, adalah sebuah keharusan bagi seorang guru untuk tidak ketinggalan dalam perkembangan pendidikan di luar sana. Guru harus up to date terhadap perubahan dan perkembangan pembelajaran, guru tidak boleh hanya terpaku pada pembelajaran tradisional saja. Karena setiap tahun pasti banyak riset yang membahas mengenai permasalahan-permasalahan pbm, sehingga dengan guru up to date terhadap hal itu maka pbm nya pun akan mengalami perubahan/perbaikan.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  50. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof atas segala sumber informasi yang telah diberikan. Terlepas dari link diatas yang sudah tidak terbuka, untuk mencapai matetika yang bertaraf internasional ada banyak hal yang harus kita perbaiki. Ini adalah PR kita bersama bukan hanya pemerintah tapi semua komponen pendidikan.

    ReplyDelete
  51. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Mohon maaf Prof Marsigit, link yang Prof share diatas tidak dapat dibuka. Semoga bisa segera diperbaiki dengan membagikan link baru agar kami dapat mengetahui berbagai sumber pembelajaran matematika berupa rpp, video, lesson study yang telah dibuat oleh Prof. Akihiko Takahashi, Ph.D dari DePaul University, Chicago, Amerika Serikat

    ReplyDelete
  52. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C
    Mohon maaf prof, link nya tidak bisa dibuka. dilihat dari judul artikel,, artikel tersebut sangat berguna untuk menambah pengetahuan dalam meningkatkan pembelajaran matematika

    ReplyDelete
  53. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Mengesampingkan fakta bahwa link tersebut tidak dapat dibuka, sebagi guru maupun calon gu8ru kita haruslah aktif dalam mengetahui kemajuan terkini terkait pendidikan untuk dapat terus meningkatkan kualitas dan kemampuan mendidik kita. saling berbagi sumber merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  54. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B

    ternyata link nya sudah tidak bisa dibuka. tapi sebagai pengajar yang baik, kita harus selalu menyiapkan bahan ajar. sekarang sudah banyak situs-situs yang menyiapkan LKS secara online dan dapat di download. meskipun demikian, sebelum kita menggunakan bahan ajar berupa LKS yang ada di internet, kita juga harus melihat apakah soal-soal yang ada di LKS tersebut sudah relevan. maksudnya apakah soalnya masuk akal atau tidak. karena saya sering melihat soal di LKS siswa yang tidak rasional.

    ReplyDelete
  55. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  56. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Sebagai seorang calon guru, sumber untuk pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional ini sangat bermanfaat. Terimakasih Pak Marsigit atas informasi dan referensinya. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  57. Eka Cahya Sari Putra
    17706261010
    Pendidikan Dasar S3

    Meskipun link nya ternyata sudah tidak bisa diakses. Seorang pendidik sudah seharusnya senantiasa belajar, pendidik harus senantiasa mengikuti perkembangan zaman, jangan terpaku pada apa yang telah ia dapatkan dulu karena kondisi zaman yang senantiasa berubah. Pengetahuan pun tidak dibatasi dari mana saja, yang perlu diperhatikan adalah, apa yang ada di luar dapat kita pilih dan ambil pelajaran kemudian diterapkan dengan tetap memperhatikan nilai-nilai lokal yang ada disini.

    ReplyDelete
  58. Nur Sholihah
    15301241020
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Sebenearnya saya sangat tertarik dengan link yang bapak berikan, namun sayangnya saya tidak dapat mengakses link tersebut. Karena menurut saya, sebagai seorang calon pendidik kita perlu mencari banyak sumber pembelajaran matematika yang berkualitas dan tentunya juga yang bertaraf internasional. Hasil PISA juga menunjukan bahwa kemampuan matematika siswa di Indonesia masih sangat rendah jika dibanding negara lain, hal ini menjadi tanggung jawab kita sebagai calon guru matematika untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa. Oleh karena itu, penting bagi para pendidik untuk mengetahui perkembangan pembelajaran matematika di kancah Internasional agar para pendidik dapat meningkatkan kemampuan matematika siswa sesuai standar Internasional. salah satu caranya yaitu dengan mempelajari sumber-sumber pembelajaran matematika bertaraf internasional tersebut.

    ReplyDelete
  59. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terima kasih Prof sudah mau membagikan sumber-sumber penting mengenai Pendidikan Matematika, akan tetapi mohon maaf link yang Prof cantumkan tidak bisa saya akses. Sejujurnya saya penasaran dengan isi yang terdapat pada link tersebut walapun sudah disebutkan diantanya berisi rpp, video, lesson study, dst. Karena tidak bisa dipungkiri sebagai calon guru, dengan belajar melalui sumber-sumber penting khususnya yang bertaraf internasional dapat menambah wawasan kita mengenai bidang keahlian yang sedang kita tekuni. Dari sumber-sumber itu pula, walaupun kita bisa mempelajarinya secara otodidak, kita juga dapat membandingkannya dengan sumber-sumber yang ada di Indonesia sehingga kita mampu membedakan apa yang masih kurang dari pembelajaran yang ada di Indonesia dan apa yang perlu ditambah atau diperbaiki. Dengan demikian, wawasan dan pemahaman kita semakin berkembang.

    ReplyDelete
  60. Yuni Pratiwi
    15301241005
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Jujur setelah membaca judul dan sekelumit kalimat dalam blog kali ini saya sangat tertarik untuk membuka link tersebut. Tetapi mohon maaf Prof ternyata link tersebut tidak dapat saya akses. Tetapi mengomentari mengenai pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional, kita dan saya khusunya sebagai calon pendidik di masa yang akan datang harus senantiasa belajar serta mengikuti perkembangan jaman, yang kita tahu pada era Globalisasi ini semuanya menjadi tidak terbatas, termasuk seorang guru untuk mengupgrade ilmunya. Oleh karena itu melaui media internet kita bisa mengetahui perkembangan pembelajaran di luar negeri yang tentu kualitas pendidikannya lebih baik dari Indonesia yang nantinya bisa kita adopsi nilai-nilai yang sesuai dengan bangsa kita untuk diterapkan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  61. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof atas link yang telah di share kepada kami. Tapi mohon maaf Prof ternyata link tersebut sudah tidak dapat diakses. Terlepas dari itu, seorang guru sudah dalam mendidik anak didiknya harus mengikuti perkembangan jaman. Semakin berkembangnya jaman semakin banyak pula pengetahuan yang harus dimiliki oleh seorang guru. Dalam hal ini seorang guru atau calon guru harus mencari sumber-sumber penting yang dapat digunakan dalam pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional.

    ReplyDelete
  62. Farisa Yunilasari
    15301241025
    Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih prof telah membagikan sumber sumber pembelajaran berupa RPP , lesson study , dan video tersebut. Akan tetapi sangat disayangkan karena saya tidak bisa mengakses link tersebut . Sejujurnya saya sangat penasaran dengan isi link tersebut. Semoga prof berkenan untuk mengirimnya kembali.
    Terimakasih

    ReplyDelete
  63. Julialita Muhariani
    15301241004
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terima kasih banyak Prof atas informasi yang sangat penting tersebut. Namun, sangat disayangkan ternyata link nya sudah tidak bisa di akses lagi. Benar sekali bahwa RPP atau lesson study merupakan sumber penting untuk pembelajaran, tidak hanya pembelajaran matematika. Agar kegiatan pembelajaran berjalan dengan baik, seorang guru tentunya harus menyusun rencana pembelajaran terbaik pula. Seiring dengan perkembangan jaman, guru juga bisa mengakses informasi dari sumber-sumber terpercaya untuk mengembangkan pembelajaran matematika bertaraf internasional.

    ReplyDelete
  64. Puspitarani
    15301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    Terima kasih Bapak atas link yang sudah Bapak share kepada kami, walaupun saya sudah tidak bisa membuka link tersebut, namun dari yang saya baca dikomentar-komentar kurang lebih link tersebut berisi tentang RPP, LKS dan sumber penting untuk pembelajaran lainnya. namun selain hal tersebut, ada hal yang ingin saya tanyakan kepada Bapak, yaitu seberapakah pentingnya penggunaan sumber untuk pembelajaran seperti RPP dan LKS di era sekarang ini Pak? apalagi dengan siswa yang beraneka ragam karakteristiknya, misalnya siswa yang tidak bisa bekerja dalam kelompok, atau ada siswa yang terlalu menonjolkan dirinya dalam kelompok, serta ada siswa yang kesulitan dalam penguasaan materi dan hanya mengerti jika gurunya yang menjelaskan saja? Apakah RPP dan Lks itu hanya suatu formalitas saja atau adakah fungsi tersendiri dalam aplikasinya? apalagi saat ini banyak sekali metode, pendekatan yang digunakan oleh guru, sedangkan tidak semua metode atau pendekatan tersebut cocok untuk semua materi. Terima kasih Bapak. Saya sangat berharap Bapak menjawab pertanyaan saya entah lewat blog ini atau saat bertatap muka secara langsung.

    ReplyDelete
  65. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1-Pendidikan Matematika

    Terimakasih prof untuk link yang diberikan, namun mohon maaf Prof saya tidak bisa mengakses link tersebut. Dalam mencapai pembelajaran matematika baik itu bertaraf nasional maupun internasional kita memang harus belajar dari negara-negara lain yang notabene kualitas pendidikannya lebih dari negara kita dan mencari referensi yang ada sebagi sumber belajar seperti rpp, lks, lesson study ataupun video pembelajaran sehingga dapat belajar dan meneladani kelebihan dari pembelajaran dari negara lain untuk memajukan pendidikan yang ada.

    ReplyDelete
  66. Bayu Widyanto
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301244010

    Terkait link http://hrd.apecwiki.org/ , sekarang sudah tidak dapat diakses. Jika dalam link tersebut berisikan rpp, video, lesson study, dst. Hal ini dapat sangat bermanfaat dan membantu bagi guru dan calon guru. Mungkin artikel bisa diperbarui dengan link yang mengarah ke sumber lain yang dapat diakses.

    ReplyDelete