Jul 18, 2009

Sumber Penting untuk Pembelajaran Matematika

Untuk semua guru dan calon guru matematika, berikut saya sampaikan sumber penting untuk pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional. Berbagai sumber pembelajaran matematika dapat di akses: rpp, video, lesson study, dst

Silahkan klik berikut:

http://hrd.apec.org/index.php/Main_Page

Sumber tersebut diberikan oleh Prof. Akihiko Takahashi, Ph.D dari DePaul University, Chicago, Amerika Serikat.

Selamat mmemanfaatkannya.

24 comments:

  1. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP

    Terlepas dari link yang sudah tidak bisa dibuka. Dalam rangka menuju pendidikan bertaraf internasional, harus diakui kita memang masih butuh belajar banyak. Termasuk belajar menyusun rpp, media pembelajaran kepada negara-negara yang lebih maju dibandingkan kita. belajar kepada mereka tidak hanya dengan cara berkunjung langsung ke negara tersebut, melainkan bisa dengan melakukan kajian dokumen dari negara yang bersangkutan. era teknologi memang telah membantu kita untuk mendekatkan kita pada dunia luar sehingga menjadi lebih efisien dan tidak memakan biaya, akan tetapi hanya mempelajarinya melalui kaian dokumen atau dengan memanfaatkan internet tentu tidak bisa disamakan dengan jika kita pergi berkunjung langsung ke negara tersebut.

    ReplyDelete
  2. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Terima kasih untuk link yang telah Prof bagikan. Namun saya tidak dapat mengakses link tersebut. Memang benar, untuk mencapai pembelajaran matematika yang bertaraf internasional maka kita harus mengambil referensi pembelajaran matematika dari negeri yang lebih maju agar kita dapat mencontoh dan meneladani kelebihan pembelajaran matematika dan menerapkannya dalam dunia pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Mohon maaf prof link nya sudah tidak bisa dibuka. Namun mengomentari judulnya, bahwa guru perlu mencari sumber-sumber pembelajaran lain baik nasional maupun internasional dalam rangka meningkatkan pembelajaran matematika. Dengan mengakses berbagai sumber pembelajaran tentu guru akan mendapatkan perspektif yang berbeda. Jika mengambil sumber internasional maka harus disesuaikan dengan sosiokultural pembelajaran di indonesia, yang baik diambil, yang kurang baik sebaiknya ditinggalkan.

    ReplyDelete
  4. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Mohon maaf prof link nya sudah tidak bisa dibuka. Namun mengomentari judulnya, bahwa guru perlu mencari sumber-sumber pembelajaran lain baik nasional maupun internasional dalam rangka meningkatkan pembelajaran matematika. Dengan mengakses berbagai sumber pembelajaran tentu guru akan mendapatkan perspektif yang berbeda. Jika mengambil sumber internasional maka harus disesuaikan dengan sosiokultural pembelajaran di indonesia, yang baik diambil, yang kurang baik sebaiknya ditinggalkan.

    ReplyDelete
  5. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Studi perbandingan Internasional menunjukkan bahwa ditemukan perbedaan yang signifikan dari prestasi dan praktik dalam pendidikan matematika di Timur dan Barat. Sistem pendidikan di Asia umumnya menghasilkan siswa dengan pemahaman yang kuat dari pengetahuan, dengan skor yang lebih tinggi pada Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS). Sistem Barat memiliki kekuatan dalam menerapkan pengetahuan di kehidupan nyata. Sehingga banyak negara Barat menjadi Negara yang inovatif seperti adanya paten ilmiah baru. Masalahnya sekarang adalah bagaimana menggabungkan yang terbaik dari kedua sistem tersebut. Pendidikan Matematika merupakan salah satu bidang yang menjadi prioritas yang ditetapkan di “5th APEC Education Ministers Meeting” pada tahun 2012. Mengembangkan efektif, strategi inovatif untuk meningkatkan pendidikan matematika secara lebih lanjut akan mengembangkan siswa untuk berpikir logis dan keterampilan kognitif, selain itu akan mengembangkan kreativitas dan fleksibilitas. Keterampilan ini juga dapat menjadi dasar bagi siswa untuk memperoleh pengetahuan praktis tentang hambatan dan kompetensi terkait serta menerapkannya pada masalah dunia nyata. Menurut Hiroshi Tanaka (2007) dalam menciptakan peserta didik yang dapat berfikir kreatif dan inovatif, guru dapat membiasakan peserta didik untuk menggunakan kata “Contohnya..” “tetapi jika…” “jika…” dan “Dalam masalah ini…”. Dengan penggunaan kata-kata tersebut diharapkan peserta didik dapat memuculkan ide-ide dan kemungkinan-kemungkinan yang ada dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  6. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Dalam pembelajaran matematika, ada beberapa sumber penting yang harus disiapkan oleh guru, seperti RPP, LKS, media pembelajaran dan lain-lain. Sangat disayangkan karena link yang bapak share di postingan ini sudah tidak bisa di akses lagi, padahal saya penasaran ingin melihatnya, terlebih lagi sumber tersebut diberikan oleh Prof. Akihiko Takahashi, Ph.D dari DePaul University, Chicago, Amerika Serikat. Saya akan mencoba mencari akses link untuk video tersebut. Terima kasih banyak pak.

    ReplyDelete
  7. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum. terimakasih Prof Marsigit atas link yang diberikan, semoga dapat saya manfaatkan semaksimal mungkin. Sepengetahuan saya APEC merupakan kerjasama negara-negara asia pasifik. Human and resouces development apec berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan warga negara anggotanya termasuk dalam bidang pendidikan.

    ReplyDelete
  8. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Terimakasih prof atas informasi terkait sumber belajar matematika dalam postingan di atas. Hal ini sangat membantu kami sebagai pendidik dan calon pendidik untuk mendapatkan sumber-sumber pembelajaran yang tepat. Karena sekarang ini dalam melakukan proses pembelajaran, guru sudah seharusnya menggunakan berbagai alternatif sumber belajar agar pengetahuan guru dan siswa semakin luas.

    ReplyDelete
  9. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pedidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu’alaikum wr. wb.
    Judul postingan ini adalah sumber penting untuk pembelajaran matematika. Meskipun link tersebut sudah tidak dapat diakses lagi, bukan menjadi penghalang untuk kita khususnya para pendidik matematika untuk terus berinovasi dalam melakukan proses pembelajaran matematika. Jaman sekarang, sudah sangat banyak video, rpp, lesson study yang dibagi oleh orang-orang yang expert dalam bidang matematika. Sehingga kita tetap dapat berinovasi dalam agar pembelajaran matematika bisa lebih efektif dan menyenangkan.
    Wassalamu’alaikumussalam

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Terimakasih bapak, semoga link tersebut bisa kami manfaatkan untuk pengembangan pembelajaran matematika bagi dunia pendidikan. Agar pembelajaran di Indonesia bisa lebih berkebang dalam rangka mengikuti perkembangan pendidikan internasional.

    ReplyDelete
  12. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Dalam pembelajaran matematika sumber belajar itu merupakan hal yang penting dalam menunkang pengetahuan siswa akan suatu pengetahuan. karena sumber-sumber beajar matematika sendiri dangat diperlukan untuk guru maupun siswa, karena sumber belajar ini dapat digunkan sebagai alat peraga, metode, materi yang dapat diberikan kepada siswa agar lebih paham dan lebih dalam mempelajari suatu ilmu pengatahuan itu sendiri. Adanya sumber belajar matematika menjadikan lebih banyak referensi untuk belajar dengan cara, metode maupun ilmu yang baru.

    ReplyDelete
  13. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Terima kasih atas sumber-sumber ilmu yang sangat bermanfaat prof, namun pada link di atas saya tidak dapat mengaksesnya dengan baik. Dalam pembelajaran, khususnya matematika, mencari sumber-sumber bahan ajar dan kelengkapan perangkat belajar sangat dibutuhkan oleh guru sebagai wujud profesionalitasnya. Belajar dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Semoga kita semua tetap bisa menjadi manusia pembelajar.

    ReplyDelete
  14. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Terima kasih Prof atas linknya, ini berguna dalam usaha mengembangkan inovasi pembelajaran matematika di Indonesia tentunya banyak sekali tantangan dan masalahnya. Namun tantangan-tantangan itu harus dihadapi untuk menggapai inovasi yang ditujukan. Salah satu manfaatnya adalah bagaimana mengembangkan lesson plan/rencana pelaksanaan pembelajaran. RPP dikembangkan berdasarkan kurikulum dan silabus. RPP harus sudah rampung sebelum dimulainya tahun ajaran baru dan di dalamnya terdapat prosedur lengkap terkait proses pembelajaran. Pengguanaan metode dan media pembelajaran juga harus diperhatikan karena jika kedua hal itu dipersiapkan dengan baik, maka pembelajaran matematika akan lebih bermakna.

    ReplyDelete
  15. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Terima kasih Prof untuk link yang telah dibagikan mengenai sumber untuk pembelajaran matematikanya. Saya tidak dapat mengakses link tersebut. Dilihat dari judulnya pastilah sebenarnya berisi hal yang sangat bermanfaat, mengingat dalam proses belajar mengajar sumber belajar sangat diperlukan siswa/pembelajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dijadikan sumber dalam proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  16. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Mohon maaf Bapak, karena link tersebut sudah tidak dapat diakses. Namun terlepas dari itu, adalah sebuah keharusan bagi seorang guru untuk tidak ketinggalan dalam perkembangan pendidikan di luar sana. Guru harus up to date terhadap perubahan dan perkembangan pembelajaran, guru tidak boleh hanya terpaku pada pembelajaran tradisional saja. Karena setiap tahun pasti banyak riset yang membahas mengenai permasalahan-permasalahan pbm, sehingga dengan guru up to date terhadap hal itu maka pbm nya pun akan mengalami perubahan/perbaikan.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  17. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih Prof atas segala sumber informasi yang telah diberikan. Terlepas dari link diatas yang sudah tidak terbuka, untuk mencapai matetika yang bertaraf internasional ada banyak hal yang harus kita perbaiki. Ini adalah PR kita bersama bukan hanya pemerintah tapi semua komponen pendidikan.

    ReplyDelete
  18. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Mohon maaf Prof Marsigit, link yang Prof share diatas tidak dapat dibuka. Semoga bisa segera diperbaiki dengan membagikan link baru agar kami dapat mengetahui berbagai sumber pembelajaran matematika berupa rpp, video, lesson study yang telah dibuat oleh Prof. Akihiko Takahashi, Ph.D dari DePaul University, Chicago, Amerika Serikat

    ReplyDelete
  19. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C
    Mohon maaf prof, link nya tidak bisa dibuka. dilihat dari judul artikel,, artikel tersebut sangat berguna untuk menambah pengetahuan dalam meningkatkan pembelajaran matematika

    ReplyDelete
  20. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb

    Mengesampingkan fakta bahwa link tersebut tidak dapat dibuka, sebagi guru maupun calon gu8ru kita haruslah aktif dalam mengetahui kemajuan terkini terkait pendidikan untuk dapat terus meningkatkan kualitas dan kemampuan mendidik kita. saling berbagi sumber merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  21. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B

    ternyata link nya sudah tidak bisa dibuka. tapi sebagai pengajar yang baik, kita harus selalu menyiapkan bahan ajar. sekarang sudah banyak situs-situs yang menyiapkan LKS secara online dan dapat di download. meskipun demikian, sebelum kita menggunakan bahan ajar berupa LKS yang ada di internet, kita juga harus melihat apakah soal-soal yang ada di LKS tersebut sudah relevan. maksudnya apakah soalnya masuk akal atau tidak. karena saya sering melihat soal di LKS siswa yang tidak rasional.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Sebagai seorang calon guru, sumber untuk pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional ini sangat bermanfaat. Terimakasih Pak Marsigit atas informasi dan referensinya. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete