Jul 9, 2015

Angket Terbuka Kesulitan Penyusunan RPP

ANGKET


ANALISIS KESULITAN DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SESUAI KURIKULUM 2013



Yth. Semua Mahasiswa PPG Mat Angkatan ke III, Mahasiswa S1 Matkul Etnomatematika dan Ethnomathematics, Mahasiswa S1 Mat Kul Mikroteaching dan Mahasiswa Mat Kul Learning Trajectory S2 Pendidikan Dasar.

Kami memohon dengan hormat kesediaan Saudara/i untuk mengisi angket ini sesuai dengan pengalaman dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembeajaran berdasarkan Kurikulum 2013 (termasuk lampirannya yaitu Lembar Kerja Siswa dan penilaiannya). Pengisian angket ini bertujuan untuk mengumpulkan data mengenai kesulitan atau kendala dalam menyusun RPP sesuai dengan Kurikulum 2013. Dengan diketahuinya letak kesulitan penyusunan RPP ini, kami sebagai peneliti akan berusaha menyampaikan kepada pemangku kebijakan berbagai saran dan usulan sebagai upaya agar calon guru atau guru tidak lagi mendapatkan kendala dalam menyusun RPP sesuai kurikulum 2013 di masa yang akan datang. Lebih khusus hasil penelitian ini akan saya gunakan untuk masukkan perbaikan program PPG Matematika, Matakuliah Etnomatematika dan Learning Trajectory, dan Microteaching.

Atas partisipasi dan kerja sama yang diberikan, disampaikan terima kasih.
Mohon Angket yang sudah diisi dapat dikirim kembali ke alamat emil:  marsigitina@yahoo.com

Yogyakarta, 9 Juli 2015
Hormat kami,

Prof Dr Marsigit, MA dan tim peneliti
Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta


Nama                                   :
Asal Perguruan Tinggi S1 :
Alamat Rumah                  :



Pernyataan:
Angket ini saya isi sesuai dengan pengalaman yang saya miliki selama menyusun RPP berdasarkan Kurikulum 2013 untuk mata pelajaran matematika.

Tanggal           :




Petunjuk pengisian:
Angket ini terdiri dari Bagian A, B dan C.

Jawablah pertanyaan sesuai dengan pilihan yang diberikan dan dengan menuliskan hasil refleksi terhadap pengalaman penyusunan RPP yang dimiliki.


BAGIAN A. Komponen dan Sistematika RPP

1.       Apakah Anda menyusun RPP sesuai dengan sistematika yang ditentukan di dalam kurikulum 2013 yaitu seperti yang tercantum pada Permendikbud No. 103 Tahun 2014? Pilih salah satu jawaban dan tuliskanlah alasan Anda.

Pilihan
Alasan
a.       Ya, selalu






b.      Kadang-kadang






c.       Saya tidak tahu format tersebut








2.       RPP Kurikulum 2013 memiliki banyak komponen. Seberapa mudah atau sulit menyusun komponen tersebut, pilih skor (dengan memberikan tanda x) sesuai hasil penilaian terhadap diri Anda sendiri.
Skor diberikan antara 1 sampai dengan 9, dimana skor 1: sangat mudah ------- Skor 9: sangat sulit

No.
Seberapa mudah atau sulit menyusun komponen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
1.
Identitas sekolah









2.
Kompetensi Inti









3.
Kompetensi Dasar









4.
Indikator Pencapaian Kompetensi









5.
Uraian materi









6.
Pendekatan/metode/strategi pembelajaran









7.
Media/alat pembelajaran









8.
Sumber belajar









9.
Banyaknya pertemuan









10.
Alokasi waktu tahap pembelajaran












No.
Seberapa mudah atau sulit menyusun komponen
1
2
3
4
5
6
7
8
9
11.
Kegiatan pembuka pembelajaran:
mengkondisikan siswa









12.
Kegiatan apersepi (materi prasyarat)









13.
Kegiatan saintifik dalam pembelajaran inti









14.
Lembar kerja siswa









15.
Mengarahkan siswa ke tujuan pembelajaran









16.
Kegiatan penutup pembelajaran









17.
Teknik penilaian hasil belajar









18.
Instrumen penilaian









19.
Remedial









20.
Pengayaan











3.       Komponen manakah dalam RPP yang perlu dan tidak perlu.

No.
Seberapa mudah atau sulit menyusun komponen
Perlu
Tidak perlu
Tidak tahu
1.
Identitas sekolah



2.
Kompetensi Inti



3.
Kompetensi Dasar



4.
Indikator Pencapaian Kompetensi



5.
Uraian materi



6.
Pendekatan/metode/strategi pembelajaran



7.
Media/alat pembelajaran



8.
Sumber belajar



9.
Banyaknya pertemuan



10.
Alokasi waktu tahap pembelajaran



11.
Kegiatan pembuka pembelajaran:
mengkondisikan siswa



12.
Kegiatan apersepi (materi prasyarat)



13.
Kegiatan saintifik dalam pembelajaran inti



14.
Lembar kerja siswa



15.
Mengarahkan siswa ke tujuan pembelajaran



16.
Kegiatan penutup pembelajaran



17.
Teknik penilaian hasil belajar



18.
Instrumen penilaian



19.
Remedial



20.
Pengayaan






4.       Tambahan catatan hasil refleksi/komentar mengenai sistematika dan komponen RPP dalam Kurikulum 2013:






BAGIAN B. Pengembangan RPP

1.       Penyusunan indikator pencapaian kompetensi dasar
a.       Jelaskan perbedaan antara indikator pembelajaran dengan kompetensi dasar.





b.      Jelaskan dasar penyusunan indikator pembelajaran.





c.       Apakah tujuan menyusun indikator pencapaian kompetensi dasar.





d.      Berikut ini adalah salah satu kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013.
Menentukan luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limas.
Tentukan indikator pencapaian kompetensi dasar tersebut:







e.      Berikut ini adalah salah satu kompetensi dasar dalam Kurikulum 2013.
Memprediksi pola barisan dan deret aritmatika dan geometri atau barisan lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya.
Tentukan indikator pencapaian kompetensi dasar tersebut:






f.        Refleksikan kendala atau kesulitan yang dialami ketika menyusun indikator pencapaian kompetensi dasar






2.       Penyusunan skema pencapaian kompetensi
a.       Jelaskan yang dimaksud dengan skema pencapaian kompetensi.





b.      Apakah hubungan antara skema pencapaian kompetensi dengan indikator pencapaian kompetensi dasar.





c.       Apakah tujuan menyusun skema pencapaian kompetensi.





d.      Jelaskan bagaimana Anda menyusun uraian materi dalam RPP.







e.      Jelaskan bagaimana Anda memilih pendekatan/metode/strategi pembelajaran.







f.        Refleksikan kendala atau kesulitan yang dialami ketika menyusun skema pencapaian kompetensi dasar











3.       Pengembangan materi apersepsi
a.       Jelaskan yang dimaksud dengan apersepsi.





b.      Apakah hubungan antara skema pencapaian kompetensi dengan materi apersepsi.





c.       Jelaskan bagaimana Anda menyusun kegiatan apersepsi.





d.      DIberikan indikator pencapaian kompetensi adalahmenentukan panjang garis singgung persekutuan dalam.Menurut Anda, bagaimana kegiatan apersepsi yang diperlukan untuk pencapaian kompetensi ini.







e.      Jelaskan bagaimana Anda memilih strategi atau teknik pelaksanaan apersepsi.






f.        Refleksikan kendala atau kesulitan yang dialami ketika mengembangkan kegiatan/materi apersepsi.











4.       Pengembangan aktivitas pembelajaran inti
a.       Jelaskan yang dimaksud dengan pembelajaran inti.





b.      Apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam mengembangkan aktivitas pembelajaran inti.






c.       Apakah Lembar Kerja Siswa selalu diperlukan dalam pembelajaran inti? Mengapa?







d.      Jelaskan apa saja yang perlu dituliskan di RPP pada komponen pembelajaran inti.







e.      Jelaskan bagaimana Anda memilih pendekatan/metode/strategi pembelajaran inti.







f.        Refleksikan kendala atau kesulitan yang dialami ketika mengembangkan aktivitas pembelajaran inti.









a.       Jelaskan mengapa perlu menarik kesimpulan pada akhir pembelajaran.





b.      Jelaskan strategi/teknik apa saja yang Anda gunakan untuk mengembangkan kegiatan menarik kesimpulan.





c.       Apa yang Anda lakukan ketika alokasi waktu yang direncanakan untuk kegiatan menarik kesimpulan ternyata tidak sesuai dengan pelaksanaan.





d.      Diberikan indikator pencapaian kompetensi: menemukan jaring-jaring kubus.
Menurut Anda, apa kesimpulan pembelajarannya?







e.      Pada akhir pembelajaran, selain menarik kesimpulan apakah ada kegiatan lain yang perlu dikembangkan?





f.        Refleksikan kendala atau kesulitan yang dialami ketika menyusun skema pencapaian kompetensi dasar










BAGIAN C: Aspek Pelaksanaan Kurikulum 2013

A.       Butir-butir angket ini bersifat terbuka. Kami harap Anda berkenan menjawab berdasarkan pengalaman Anda.
1.       Secara umum, aspek apa dari Kurikulum 2013 yang menurut Anda sulit untuk dilaksanakan?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

2.       Menurut Anda, apakah terdapat perbedaan signifikan antara RPP berdasarkan KTSP dengan RPP berdasarkan Kurikulum 2013? Jelaskan.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
3.       Aspek apa yang Anda pertimbangkan saat merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

4.       Apakah Anda mengalami kesulitan saat merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi? Jika iya, apa kesulitan Anda dan strategi apa yang Anda lakukan untuk mengatasi kesulitan tersebut.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

5.       Saat menyusun Tujuan Pembelajaran, aspek apa yang Anda pertimbangkan dan adakah kesulitan yang Anda alami? Jelaskan.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

6.       Saat merencanakan Kegiatan Pembelajaran, sebutkan dua langkah Pendekatan Saintifik (5M) yang menurut Anda paling sulit. Jelaskan alasan Anda.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

7.       Saat merencanakan Kegiatan Pembelajaran, sebutkan dua langkah Pendekatan Saintifik (5M) yang menurut Anda paling mudah. Jelaskan alasan Anda.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..




8.       Jelaskan hal-hal yang Anda pertimbangkan dalam memilih metode/model/strategi pembelajaran.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..




9.       Saat menyusun penilaian, aspek apa yang Anda pertimbangkan dan adakah kesulitan yang Anda alami? Jelaskan.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..





10.   Dari keseluruhan komponen RPP berdasarkan Kurikulum 2013, komponen apa yang menurut Anda sulit untuk dibuat?

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

11.   Informasi ataupun pelatihan seperti apa yang Anda butuhkan untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam menyusun RPP berdasarkan Kurikulum 2013? Jelaskan alasan Anda.

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..

87 comments:

  1. soviyana munawaroh syidhi
    13301244020
    pendidikan matematika C 2013

    membuat RPP yang baik masih kami (mahasiswa S1) pelajari sampai saat ini, khususnya saya sendiri. ada beberapa kesulitan yang saya alami saat membuat RPP berdasarkan K13, sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara RPP pada KTSP dan K13 hanya saja RPP pada K13 lebih kompleks dan lebih spesifik. saya pribadi merasa kesulitan dalam penjabaran KD menjadi indikator, seperti dalam pemilihan kata kerja oprasional yang tepat untuk setiap KD, atau langkah atau urutan yang benar dalam penjabarannya, hal ini mungkin saja terjadi karena kurangnya pengalaman dalam mengajar sehingga cukup kebingungan juga atau sering adanya lompatan tahapan dalam penjabaran KD menjadi indikator- indikator. selain itu hal yang cukup sulit juga dibuat adalah kegiatan menanya, menentukan pertanyaan yang diharapkan ditanyakan oleh siswa dan berkaitan dengan materi yang dipelajari, terkadang saat diterapkan di lapangan (kegiatan PPL) siswa cenderung menanyakan sesuatu diluar konteks pembelajaran atau hal- hal yang tidak berkaitan secara langsung dengan materi ajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melania Desta Maharani
      13301244018
      Pendidikan Matematika C 2013

      Sama dengan saudara Soviyana salah satu kesulitan salam membuat RPP adalah penjabaran KD menjadi indikator. Ketika penjabaran KD menjadi indikator memerlukan pemahaman terhadap KD dan materi apa saja yang ada didalamnya kemudian baru bisa dijabarkan sesuai indikator yang ada didalamnnya. Untuk melakukan hal tersebut perlu banyak pengalaman dan belajara dari sumber belajar mana saja.

      Delete
  2. Rizki Ayu Amalia
    13301241038
    Pendidikan Matematika A 2013

    RPP adalah salah satu perangkat pembelajaran yang penting untuk dipahami oleh guru. Namun pada kenyataannya banyak ditemui guru di sekolah hanya menyalin saja RPP yang sudah ada baik yang mereka miliki sebelumnya ataupun yang sudah ada di internet. Hal tersebut dapat menjadi indikator bahwa sebagian besar guru kesulitan dalam membuat RPP. Dengan angket terbuka ini, saya merasa guru akan menjadi lebih memahami mengenai pembuatan RPP.

    ReplyDelete
  3. Fauzul Muna Afani
    Pendidikan Matematika A 2013
    13301241010

    Proses pembelajaran memerlukan perangkat pembelajaran untuk dapat mencapai tujuan yang ingin dicapai pada pembelajaran tersebut. salah satu perangkat pembelajaran tersebut adalah RPP. Tentu saja guru harus membuat rencana terlebih dahulu mengenai materi apa yang akan disampaikan dan bagaimana menyampaikan serta mengevaluasinya. Karena itulah seorang guru perlu membuat RPP terlebih dahulu agar terencana dengan baik. Akan tetapi ada sebagian guru yang tidak memperdulikan RPP karena bagi mereka mengajar tidak perlu membuat RPP karena mengajar merupakan naluri alami dari diri mereka.

    ReplyDelete
  4. Beberapa guru merasa kesulitan dalam menyusun RPP.Mereka belum mengetahui bagaimana mana mnyususn RPP sebelum pembelajran. Sehingga kebanyakan dari guru hanya menyalin RPP dari sumber lain yang terkadanag tidak cocok untuk diterapkan bagi siswa/ anak didiknya. Salah satu kesulitan dalam membuat RPP yaitu pada penilaian dan menentukan metode yang cocok untuk materi tersebut.

    ReplyDelete
  5. Defy Kusumaningrum
    13301241022 / Pend.Mat.A 2013

    Kesulitan dalam menyusun RPP adalah masalah yang seringkali menghinggapi kehidupan pembelajaran para guru. Berdasarkan pengalaman PPL yang dilaksanakan kemarin, penyusunan rpp menyita waktu yang cukup banyak. Terlebih dalam merumuskan implementasi pendekatan saintifik dalam mentransfer pengetahuan kepada peserta didik.

    ReplyDelete
  6. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  7. Dian Rizki Herawati
    13301241057
    P.Mat A 2013

    Kesulitan dalam menyusun RPP adalah masalah yang seringkali dihadapi dalam kehidupan pembelajaran para guru. Banyaknya kendala dalam penyusunan ini menyebabkan guru menjadi malas. Malas dalam arti kata malas menyusun RPP. Padahal sebagaimana yang kita ketahui, seorang guru itu diharuskan dan diwajibkan untuk menyusun RPP.
    kesulitan dalam penyusunan RPP dirincikan sebagai berikut.
    Kesulitan pertama, guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.Kesulitan kedua, perubahan kurikulum.Kesulitan ketiga, minimnya penguasaan teknologi komputerisasi para guru.

    ReplyDelete
  8. Annisa Nur Arifah
    13301241011
    Pendidikan Matematika A 2013

    Untuk menyusun RPP yang sesuai dengan sistematika kurikulum 2013 menurut saya sangat sulit, karena ketika menysun RPP juga melihat keadaan atau menyesuaikan dengan keadaan real kelas seperti apa.

    ReplyDelete
  9. Annisa Nur Arifah
    13301241011
    Pendidikan Matematika A 2013

    Menurut saya Apersepsi mengandung materi yang memberi jalan pintas ke skema pencapaian kompetensi.

    ReplyDelete
  10. Annisa Nur Arifah
    13301241011
    Pendidikan Matematika A 2013

    Bagian menutup pembelajaran merupakan bagian yang biasanya terlewatkan karena kadang terdesak oleh waktu dan penyelesaian materi. Padahal, menurut saya bagian penutup ini harus benar benar tersampaikan dengan baik, karena konsentrasi siswa pada akhir pelajaran tergolong tinggi.

    ReplyDelete
  11. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara RPP pada KTSP dan K13 hanya saja RPP pada K13 lebih kompleks dan lebih spesifik. saya pribadi merasa kesulitan dalam penjabaran KD menjadi indikator, seperti dalam pemilihan kata kerja oprasional yang tepat untuk setiap KD, atau langkah atau urutan yang benar dalam penjabarannya, hal ini mungkin saja terjadi karena kurangnya pengalaman dalam mengajar sehingga cukup kebingungan juga atau sering adanya lompatan tahapan dalam penjabaran KD menjadi indikator- indikator.

    ReplyDelete
  12. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Tentu saja guru harus membuat rencana terlebih dahulu mengenai materi apa yang akan disampaikan dan bagaimana menyampaikan serta mengevaluasinya. Karena itulah seorang guru perlu membuat RPP terlebih dahulu agar terencana dengan baik. Akan tetapi ada sebagian guru yang tidak memperdulikan RPP karena bagi mereka mengajar tidak perlu membuat RPP karena mengajar merupakan naluri alami dari diri mereka.

    ReplyDelete
  13. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pendidikan Matematika I 2013

    Kesulitan dalam menyusun RPP adalah masalah yang seringkali menghinggapi kehidupan pembelajaran para guru. Banyaknya kendala dalam penyusunan ini menyebabkan guru mengalami kesulitan dalam menyusun RPP.

    ReplyDelete
  14. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pendidikan Matematika I 2013

    Kesulitan menyusun RPP dapat disebabkan karena beberapa faktor, salah satunya adalah perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum akan berimbas kepada perubahan susunan komponen dalam RPP. RPP disusun mengikuti kaidah-kaidah dalam kurikulum. Kurikulum yang berlaku sekarang adalah Kurikulum 2013. Ini artinya RPP Kurikulum 2013 yang disusun sekarang akan berbeda susunannya dengan RPP pada kurikulum sebelumnya (KTSP). Perubahan ini seringkali menyulitkan guru.

    ReplyDelete
  15. Siti Mufidah
    13301241036
    Pendididkan Matematika A 2013

    Angket terbuka kesulitan penyusunan RPP mengenai kurikulum 2013 meliputi beberapa aspek yaitu komponen dan sistematika RPP, pengembangan RPP, dan aspek pelaksanaan kurikulum 2013. Angket tersebut dapat digunakan untuk mengetahui mengenai kesulitan atau kendala dalam menyusun RPP sesuai dengan kurikulum 2013. Hasil dari angket tersebut nantinya dapat digunakan sebagai masukan dan saran untuk pengambil kebijakan yang ada di Indonesia mengenai pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran. Terima kasih.

    ReplyDelete
  16. Andhita Wicaksono Nugroho
    13301241065
    Pendidikan Matematika C 2013

    Terima kasih Pak, postingan ini sangat bermanfaat bagi saya dalam mencari ilmu

    ReplyDelete
  17. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pendidikan Matematika I 2013

    Penerapan kurikulum 2013 yang menggunakan pendekatan saintifik banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari apersepsi dan materi yang akan diajarkan, penyusunan RPP dan LKS oleh guru yang harus sesuai dengan sintaks pendekatan saintifik, pendampingan siswa dalam diskusi kelompok, dan sebagainya. Monitoring, pelatihan guru, dan sosialisasi mengenai kurikulum 2013 juga sudah digalakkan. Namun, pada kenyataannya masih banyak guru yang kesulitan dalam menerapkan kurikulum 2013 dalam proses belajar mengajar di sekolah termasuk dalam penyusunan RPP.

    ReplyDelete
  18. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Terdapat beberapa kesulitan yang dialami saat membuat RPP berdasarkan K13, sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara RPP pada KTSP dan K13 hanya saja RPP pada K13 lebih kompleks dan lebih spesifik. Terutama pada bagian penilaian.

    ReplyDelete
  19. Saya pribadi cukup terkendala dalam menyusun RPP Kurikulum 2013 dikarenakan masih minimnya informasi yang akurat perihal sistematika yang benar dalam penyusunannya. Terutama pada bagian kegiatan pembelajaran yang memiliki beberapa tahapan pembelajaran yang terkadang sulit untuk mengaplikasikannya.

    Abidin
    16709251002
    S2 Pmat A 2016

    ReplyDelete
  20. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dalam memulai kegiatan pembelajaran, perlu adanya perencanaan dan rancangan yang baik agar mencapai tujuan pendidikan. Berkaitan dengan kurikulum 2013 ini, menurut saya kurikulum ini disusun dengan tergesa-gesa, alhasil yang ditemukan di lapangan, banyak buku-buku siswa yang tidak sesuai dengan konsep dan banyak kesalahan ketik. Sehingga tentu saja akan menyulitkan guru dan siswa. Banyak guru dan calon guru di lapangan yang belum memahami bagaimana tahap-tahap pembelajaran kurikulum 2013 ini. Maka secara langsung akan berakibat kepada terkendalanya pembuatan RPP oleh guru, sehingga akan berdampak kepada tujuan pembelajaran itu sendiri.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  21. SHALEH
    S3 PEP/2016/KELAS A
    16701261010

    Keluh kesah tentang K13, khususnya tentang pembuatan RPP, merupakan bagian dari struktur kehidupan yang selalu berjalan diantara tesis-anti tesis, anget terbuka Prof. Marsigit tersebut diatas bagian dari sintesisnya.

    ReplyDelete
  22. Eka Pravista
    13301241004
    Pendidikan Matematika A 2013

    Angket terbuka yang dipaparkan sangat bermanfaat, selain sebagai refleksi diri sejauh mana memahami dan mengimplementasikan penyusunan RPP (sudah tau, benar dan lengkap belum) juga sebagai data mengenai kesulitan penyusunan RPP yang dapat memberikan gambaran dan seberapa sulit guru dan calon guru dalam hal penyusunan RPP. Selain itu data yang diperoleh dari angket diharapkan dapat pula mendapat tindak lanjut dari pemangku kebijakan untuk dapat dicarikan solusi dari permasalahan yang ditemukan.

    ReplyDelete
  23. Nikma Husna
    13301244024
    Pendidikan Matematika C 2013
    Menurut saya Lembar Kerja Siswa dan media pembelajaran perlu dalam pembuatan suatu RPP. Sebaiknya LKS dibuat oleh guru sendiri, supaya LKS tersebut sesuai dengan pola pikir peserta didiknya sendiri. Media pembelajaran dapat didapatkan dari mana saja asal sesuai dengan materi yang sedang diajarkan dan dapat membantu mempermudah siswa memahami suatu materi.

    ReplyDelete
  24. Nikma Husna
    13301244024
    Pendidkan Matematika C 2013
    Kesulitan yang dirasakan sebagian guru adalah melakukan penjabaran dalam RPP tersebut. Misalnya guru hanya menuliskan 'guru memberikan apersepsi mengenai materi yang berkaitan dengan materi hari ini'. Seharusnya guru menuliskan 'guru memberikan apersepsi tentang materi ...'(guru menuliskan apa saja yang akan dibicarakan saat apersepsi). Hal ini lebih bagus apabila suatu hari guru pembuat RPP berhalangan hadir, maka guru yang menggantikan bisa dengan mudah untuk memahami dan melaksanakan RPP yag telah dibuat tersebut.

    ReplyDelete
  25. Praneswari Kusuma Dewi
    13301241033
    Pendidikan Matematika A 2013

    RPP merupakan suatu perangkat pembelajaran yang sangat perlu untuk disiapkan oleh guru jauh sebelum memulai kegiatan pembelajaran. RPP Kurikulum 2013 memberikan kesan terhadap isinya yang lebih banyak, detail, dan kompleks dibandingkan dengan RPP yang biasanya (RPP pada KTSP). Hal yang paling sulit ketika menyusun RPP Kurikulum 2013 menurut saya adalah ketika akan mensetting kegiatan inti terutama pada kegiatan 5M yang terdiri atas Mengamati, Menanya, Mengumpulkan Informasi, Mengasosiasi, dan Menyimpulkan. Pada Kegiatan 5M ini yang paling sulit bagi saya untuk dibuat adalah pada langkah Menanya. Karena terkadang sulit untuk menerka kira-kira pertanyaan apa yang akan diajukan oleh siswa terkait materi yang sedang dipelajari. Selain itu juga ketika akan memilih dan menuliskan indikator pencapaian kompetensi terkait pada ranah pengetahuan, serta ketika akan membuat apersepsi yang tepat sebelum memasuki topik pembelajaran di kelas pada saat itu.

    ReplyDelete
  26. Jeni Dwi Prasetyo
    13301241043
    Pendidikan Matematika A S1

    Dalam membuat RPP kurikulum 2013 dibutuhkan waktu yang lebih lama dari kurikulum yang sebelumnya. Hal ini dikarenakan ada banyak syarat dan hal yang harus dicantumkan dalam RPP. Angket yang dibuat oleh bapak Marsigit akan sangat berguna sebagai fakta di lapangan yang dihadapi oleh guru dalam membuat RPP kurikulum 2013 yang mana akan dapat menjadi pertimbangan sehingga dilakukan pelatihan atau perbaikan. Sehingga guru dapat ahli dalam pembuatan RPP kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  27. Luthfannisa Afif Nabila
    13301241041
    Pendidikan Matematika A 2013
    Dalam menyusun RPP, saya sebagai mahasiswa masih bingung dalam membedakan antara pendekatan, metode, model, dan strategi pembelajaran, jadi dalam menyusun RPP terkesan “sak-sak e”. Selanjutnya, RPP di Indonesia itu menurut saya terlalu banyak komponennya, yang berbeda dengan Lesson Plan di luar negeri yang sangat ringkas dan berisi, paling hanya 1 halaman saja. Dan entah, di Indonesia terkadang RPP hanya digunakan sebagai formalitas para guru saja dalam mengajar, yang dalam kenyataannya terkadang pembelajaran tidak sesuai RPP. Selain itu, di Indonesia masih sibuk memaksa guru membuat silabus dan RPP mengikuti model dari Pusat dan memaksa guru memakai buku pelajaran yang ditentukan dari Pusat, berbeda dengan di Finlandia yang para guru bebas memilih bentuk atau model persiapan mengajar dan memilih metode serta buku pelajaran sesuai dengan pertimbangannya.

    ReplyDelete
  28. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    RPP merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang sangat penting. Keberadaannya harus dibuat oleh seorang guru sebelum memulai pembelajaran. RPP akan membantu pengajar dalam menjalankan pembelajaran karena semua yang akan disampaikan atau dilakukan dalam prose pembelajaran harus dirancang dan dipersiapkan sebelumnya. Namun, tidak sedikit guru yang masih kesulitan menyusun RPP terutama format RPP pada kurikulum 2013. Format yang masih terus diperbaiki dalam kurikulum 2013 membuat guru harus lebih banyak belajar terkait penyusunan RPP tersebut.

    ReplyDelete
  29. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    sejatinya mengetahui dan membuat RPP adalah sesuatu yang harus dilakukan oleh seorang guru, karena hal tersebut akan lebih mengarahkan kita sebagai guru bahwa apa yang perlu di sampaikan dan teknik penyampaiannya serta hasil yang akan di peroleh dari proses pembelajaran tersebut, sehingga RPP akan mempermudah guru, namun penyusunan RPP yang tidak sesuai ddengan keadaan siswa akan membuat siswa dan guru bingung sehingga tidak tercapai tujuan belajar tersebut, terlebih dalam pengembangan RPP 2013, pengembangan yang sesuai ddengan aturan pemerintah tersebut sangat sulit bagi guru dalam melaksanakan dan sulit bagi siswaa untuk memahami jadi RPP tersebut hanya sebatas kewajiban administrasi guru saja, maka dari hal tersebut harus ada evaluasi untuk kemajuan pendidikan kedepannya.

    ReplyDelete
  30. SHALEH
    S3 PEP A 2016
    1670126101P

    Banyak munculnya kesulitan tentang pengisian RPP K13 dapat disebabkan antara lain oleh belum membuminya konsep K13. Indikasinya adalah konsep K13 yang masih di alam ideal yang tidak mudah ditransformasikan dengan bahasa bumi. Ini yang menyebabkan para guru kesulitan, bahkan dalam pemilihan kata untuk menyusun RPP sekalipun. Ditambah dengan lemahnya sosialisasi K13 kepada para guru, yang sudah mendapatkan sosialiasasi saja masih bingung, apalagi yang belum.

    ReplyDelete
  31. Yosi Giyaningsih
    13301244030
    Pendidikan Matematika C 2013

    Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memang tidak mudah. Terdapat beberapa kendala yang menyebabkan isi dari RPP kadang tidak sesuai dengan prakteknya. Kebanyakan guru menyusun RPP hanya berdasarkan contoh yang diberikan dari pelatihan dan tidak dikembangkan sesuai dengan kurikulum atau kompetensi yang ada di sekolah masing-masing. Minimnya sosialisasi dan kurangnya pelatihan membuat penyusunan RPP menjadi sulit.

    ReplyDelete
  32. Jihan Ulya Mulyani
    13301244015
    Pendidikan Matematika C 2013

    Penyusunan RPP yang saya lihat di lapangan kurang memperhatikan kekhususan materi yang diajarkan. karena sering kali yang saya lihat RPP yang dibuat guru untuk mengajar adalah RPP secara umum, sintak pembelajaran yang sangat umum. kurang memperhatikan karakteristik setiap materi. guru terlihat kurang mengembangkan model pembelajaran.

    ReplyDelete
  33. Jihan Ulya Mulyani
    13301244015
    Pendidikan Matematika C 2013

    model pembelajaran yang monoton, mengakibatkan RPP menjadi umum dan monoton. tak hanya itu, seringkali guru hanya menuliskan "guru memberikan apersepsi, guru memberikan motivasi" yang mana dalam proses pembelajarannya kurang memperhatikan keterkaitan antara apersepsi dan motivasi dengan materi yang diajarkan.

    ReplyDelete
  34. Jihan Ulya Mulyani
    13301244015
    Pendidikan Matematika C 2013

    adapun komponen lain, bagian yang khas dari pembelajaran dengan kurikulum 2013 adalah kegiatan 5M. seringnya dalam pembuatan RPP, guru tidak mencantumkan prediksi pertanyaan yang muncul dari siswa dalam kegiatan "menanya".

    ReplyDelete
  35. Jihan Ulya Mulyani
    13301244015
    Pendidikan Matematika C 2013

    sedangkan pada bagian penutup, seringkali guru yang menyimpulkan. padahal seharusnya, siswa yang menyimpulkan. karena berdasarkan kesimpulan yang diut siswa, maka hal tersebut dapat menjadi indikator bahwa siswa tela memahami konsep yang diajarkan oleh guru.

    ReplyDelete
  36. Nama : Muhammad Abdul Kholiq Arfani
    NIM : 13301241064
    Kelas : Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Kesulitan membuat RPP dari pengalaman saya PPL yaitu tidak adanya format yang baku RPP dari sekolah satu dengan sekolah yang lain, bahkan format RPP yang dibuat saat perkuliahan juga berbeda dengan format dari guru di sekolah lokasi PPL. Jadi dapat diambil kesimpulan bahwa penyusunan RPP belum ada format ang pasti meskipun pada intinya sama.

    ReplyDelete
  37. Nama : Muhammad Abdul Kholiq Arfani
    NIM : 13301241064
    Kelas : Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Skema pembelajaran pada RPP berguna untuk guru agar mengetahui pada materi yang akan diajarkan, siswa harus dipastikan sudah bekajar materi prasyarat(sebelumnya) sehingga ketika proses pembelajaran siswa dapat mengikuti materi dengan bekal materi sebleumnya yang sudah diperoleh.

    ReplyDelete
  38. Nama : Muhammad Abdul Kholiq Arfani
    NIM : 13301241064
    Kelas : Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Kesulitan dalam membuat RPP salah satunya guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Jika guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunannya, maka secara otomatis rasa malas akan muncul ketika hendak menyusunnya. Sebenarnya ini adalah alasan klasik, karena pada tahun-tahun ini pemerintah sudah menggalakkan berbagai program sosialisasi yang menyangkut penyusunan RPP.

    ReplyDelete
  39. Nama : Muhammad Abdul Kholiq Arfani
    NIM : 13301241064
    Kelas : Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Kesulitan dalam membuat RPP salah satunya perubahan kurikulum. Perubahan kurikulum akan berimbas kepada perubahan susunan komponen dalam RPP. RPP disusun mengikuti kaidah-kaidah dalam kurikulum. Kurikulum yang berlaku sekarang adalah Kurikulum 2013. Ini artinya RPP Kurikulum 2013 yang disusun sekarang akan berbeda susunannya dengan RPP pada kurikulum sebelumnya (KTSP). Perubahan ini seringkali menyulitkan guru.

    ReplyDelete
  40. Nama : Muhammad Abdul Kholiq Arfani
    NIM : 13301241064
    Kelas : Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Kesulitan dalam membuat RPP salah satunya minimnya penguasaan teknologi komputerisasi para guru. Guru pada generasi-generasi terdahulu (atau yang disebut sebagai guru-guru yang berusia tua) rata-rata gagap akan teknologi komputerisasi. Segala pekerjaan yang menyangkut penyusunan kata-kata dalam suatu teks, termasuk dalam RPP, akan sangat mudah jika dikerjakan dengan bantuan komputer maupun laptop. Bayangkan saja jika RPP yang kini bisa dicopy-paste dari file buku guru harus ditulis manual dengan tangan. Pasti akan memakan waktu yang cukup lama, dan pastinya akan menjadi permasalahan yang menyulitkan guru

    ReplyDelete
  41. Dwi Adityas Rarasati
    13301241015
    PMI 2013

    Dalam penyusunan RPP tentu setiap guru akan mengalami beberapa kesulitan. Di antaranya apakah rpp tersebut akan sesuai dengan kelas yang akan diampunya atau tidak. Ketika guru sudah menyusun rpp namun kondisi kelas tidak memungkinkan untuk menerimanya maka guru berimprovisasi dalam mengajar di kelas tersebut.

    ReplyDelete
  42. Herwati Dian Saputri
    12313244004
    Pend. Matematika (Inter.)

    Dalam penyususnan RPP, khususnya RPP kurikulum 2013. Terkadang saya mengalami kesulitan dalam penyususnan kegiatan inti. Sebagai contoh pengalaman yang telah saya lakukan saat PPL kemarin. Setelah melakukan observasi kondisi kelas dan siswa, saya menyusun RPP sedemikian rupa, namunternayta siswa masih saja menyukai metode konvensional (ekspositori). Apalagi siswa kelas 10 dalam masa transisi dari kurikulum KTSP.
    Di luar hal tersebut, guru juga perlu menambah pengetahuan dan referensi mengenai K13 agar dalam pelaksanaannya berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
  43. Puspita Sari
    13301241003
    Pend.Matematika A 2013

    Terima kasih Pak atas postingan ini. Dari angket yang Bapak buat ini memberikan informasi yag sangat bermanfaat bagi saya untuk mengetahui kekurangan penyusunan RPP khususnya RPP kurikulum 2013. Sehingga saya dapat belajar dan memahami penyusunan RPP.

    ReplyDelete
  44. Puspita Sari
    13301241003
    Pend.Matematika A 2013

    RPP merupakan perangkat pembelajaran yang wajib dibuat oleh guru ataupun calon guru. Khususnya mahasiswa calon guru yang harus paham terhadap RPP. Namun, guru maupun calon guru dalam kehidupan sehari-hari masih kesulitan dalam menyusun RPP. Apalagi RPP menggunakan kurikulum 2013. Penyusunan RPP kurikulum 2013 memiliki sintak yang perlu dipahami.

    ReplyDelete
  45. Kesulitan dan Kendala dalam penyusunan prota, promes, silabus maupun RPP memang kerap terjadi pada para guru apalagi untuk seseorang yang baru menjadi guru. Para guru juga masih banyak yang belum memahami benar bagaimana penyusunan RPP yang baik. Kerap kali mereka hanya mengedit atau mengcopy data yang sudah ada dan juga mencari di internet. Para guru juga mungkin masih banyak yang GAPTEK (Gagal Tekhnologi) dan malas menyusun RPP jadi mereka biasanya meminta tolong dibuatkan oleh orang lain dalam penyusunan RPP. Tapi tidak bisa dipungkiri dengan kurikullum yang kadang mengalami perubahan para guru menjadi kesulitan dalam penyusunan RPP yang mungkin tidak sama seperti perubahan kurikullum KTSP ke kurikullum 2013. Dengan adanya postingan ini mungkin para guru akan lebih memahami mengenai pembuatan RPP.


    M. Saufi Rahman
    S3 PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  46. Farida Riza Umami
    13301241026
    Pendidikan Matematika A 2013

    Kesulitan yang dialami guru adalah guru belum memahami benar seluk-beluk penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, perubahan kurikulum, minimnya penguasaan teknologi komputerisasi para guru.

    ReplyDelete
  47. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    RPP merupakan salah satu perangkat pembelajaran yang mendukung keberasilan dalam proses pembelajaran. Dalam menyususn RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013, tentunya terdapat komponen yang mudah dan sulit. Salah satu komponen yang sulit yaitu kegiatan inti dalam pembelajaran yang memuat pendekatan saintifik. Dalam kegiatan inti siswa dituntut untuk berperan aktif dengan kegiatan Mengamati, Menanya, Menggali informasi, Mengasosiasi, dan Mengkomunikasikan, kemudian tugas guru adalah memfasilitasi kegiatan tersebut. Maka untuk memfasilitasi siswa agar aktif di kelas, guru harus memiliki pengetahuan yang cukup dan pengalaman yang banyak untuk menguraikan suatu materi.

    ReplyDelete
  48. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Penyusunan RPP memang saat ini masih menjadi kendala bagi sebagian guru yang menjadi pendidik negeri ini, terutama penyusunan RPP untuk kurikulum yang sedang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013. Beberapa guru masih kebingungan menyusun instrument perangkat pembelajaran. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya pertama guru belum terlalu memahami cara pembuatan instrument yang dimaksudkan karena pelatihan-pelatihan yang diberikan juga sering kali dengan waktu yang kurang memadai dan terkesan dipaksakan, kedua terlalu banyak aspek penilaian dalam perangkat pembelajaran yang membuat guru makin kebingungan dalam menerapkan kurikulum 2013 secara optimal.

    ReplyDelete
  49. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Walaupun angket ini sudah 1 tahun yang lalu Pak Marsigit posting, tetapi angket ini menurut saya masih relevan untuk menganalisis kesulitan dalam menyusun RPP kurikulum 2013, apalagi sekarang dengan direvisi kembali kurikulum 2013, saya rasa masih banyak mahasiswa yang kesulitan. Untuk lebih memudahkan pengisian angket dapat mengunjungi link ini :
    https://www.academia.edu/13818960/ANGKET_KESULITAN_PENYUSUNAN_RPP.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  50. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Menyusun RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah salah satu kewajiban guru sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas. Namun terkadang dalam penyusunan RPP ini masih terdapat beberapa kesulitan atau kendala baik dari calon guru maupun guru yang dulunya menerapkan pembelajaran KTSP di kelas dan sekarang berubah menjadi Kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  51. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Dari segi sistematika, tidak terlalu sulit untuk membuat RPP karena sudah ada panduan dari dinas pusat. Akan tetapi berubah-ubahnya sistematika menjadikan guru harus bekerja lebih ekstra untuk mengubah RPP dan menyesuaikannya kembali ke dalam sistematika yang baru.

    ReplyDelete
  52. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Beberapa hal yang menurut saya masih dirasa sulit adalah menentukan apersepsi yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Kita harus mencari materi-materi apa saja yang sekiranya harus dikuasai siswa sebelum siswa mendapatkan materi baru.

    ReplyDelete
  53. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013


    Selain itu, kendala lain yang kadang muncul adalah pada bagian motivasi. Untuk mencari motivasi yang sederhana biasanya kita tinggal mengaitkannya dengan kehidupan sehari-hari. Tapi apakah siswa akan termotivasi? Belum tentu. Kita harus mencari motivasi yang tidak biasa-biasa saja yang akan membuat siswa merasakan benar-benar bahwa matematika itu luar biasa.

    ReplyDelete
  54. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Pada bagian kompetensi inti dan kompetensi dasar saya kira guru dan calon guru tidak merasa kesulitan untuk menuangkannya ke dalam RPP karena sudah termuat dalam permendikbud. Namun ketika akan menyusun indikator kadang kesulitan untuk menguraikan dari kompetensi dasar menjadi beberapa indikator. Penggunaan kata kerja operasional pun juga masih kurang sesuai (belum operasional).

    ReplyDelete
  55. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Pada akhir pembelajaran terkadang guru kehabisan waktu untuk memberikan kesempatan bagi siswa untuk berlatih soal karena di bagian awal dan inti guru terlalu lama dalam pelaksanaannya.

    ReplyDelete
  56. Risa Tri Oktaviani
    13301241016
    Pendidikan Matematika A 2013

    Di dalam lampiran permendikbud no. 65 tahun 2013 dinyatakan bahwa setiappendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.
    Jadi menyusun RPP bagi seorang pendidik adalah Wajib.

    ReplyDelete
  57. Risa Tri Oktaviani
    13301241016
    Pendidikan Matematika A 2013

    Penyusunan perangkat pembelajaran yang baik sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Sehingga guru yang baik akan menggunakan perangkat perangkat pembelajaran yang memiliki kualitas yang baik.

    ReplyDelete
  58. Risa Tri Oktaviani
    13301241016
    Pendidikan Matematika A 2013

    Guru bijaksana dalam membuat RPP berdasarkan karakteristik siswa tersebut, misalnya merencanakan aktivitas bergerak dalam belajar, mengatur siswa untuk belajar berkelompok, dan merancang kegiatan menulis laporan atau hasil pengamatan.

    ReplyDelete
  59. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Angket terbuka yang dibuat oleh Prof. Marsigit untuk menganalisis kesulitan dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran sesuai Kurikulum 201 sangat baik untuk diaplikasikan. Tidak hanya mengetahui kesulitan yang dialami atau bahkan kita dapat mendeteksi kelemahan dari kurikulum 2013 itu sendiri. Karena kita tidak tahu praktik di lapangan seperti apa, berbeda daerah mungkin berbeda pula masalahnya, beda pemahaman beda juga tingkat kesulitan yang dialami.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksud saya adalah kurikulum 2013.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  60. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Bagian awal yang diungkapkan dalam angket kesulitan penyusunan RPP adalah komponen dan sistematika RPP. Masih banyak guru atau bahkan calon guru yang masih belum mengetahui atau memahami bagian bagian dari RPP itu sendiri. Meskipun format antar sekolah mungkin saja berbeda-beda akan tetapi isi dari komponen RPP itu sama. Sistematikanya pun juga banyak yang belum paham, bagaimana membuat media pembelajaran yang sesuai dan dituangkan secara apik di RPP mungkin juga banyak yang belum tahu. Maka, menurut saya, memang sangat pas untuk membedah pengetahuan tentang komponen dan sistematika RPP.

    ReplyDelete
  61. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Selanjutnya adalah bagian tentang pengembangan RPP terutama dalam hal kontennya. Sangat penting bagi guru atau calon guru untuk dapat merumuskan indikator dan tujuan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan tingkat kognitif siswa sehingga tergambar secara jelas siswa nanti harus melakukan apa, rujukannya dapat mengacu pada level kognitif taksonomi Bloom. Sehingga guru tidak asal membuat isi dari RPP itu atau copas dari internet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahkan kegiatan dalam RPP pun dikaitkan dengan kurikulum 2013.Sehingga kita juga dapat mengetahui bagian mana dari kurtilas yang sulit diimplementasikan dalam pembuatan RPP.

      Delete
  62. Yurizka Melia Sari
    16701261003
    PPs PEP A 2016

    Selanjutnya adalah pertanyaan terbuka tentang implementasi kurtilas dalam pembelajaran matematika. Sangat penting untuk mengetahui poin ini, agar dapat dilakukan perbaikan sebagaimana mestinya pada pelatihan pelatihan berikutnya agar guru dan calon guru tidak mengulangi kesalahan yang sama, dari yang tidak paham menjadi paham, dari yang paham sedikit menjadi paham banyak, bukan malah sebaliknya.

    ReplyDelete
  63. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran terkadang beberapa guru mengalami kesulitan dikarenakan semakin kompleksnya hal-hal yang tertuang didalamnya, kesulitan tersebut terpengaruh juga akibat dari proses perubahan kurikulum yang ada di Indonesia yang sedemikian singkat sehingga dalam proses pelatihan yang di lakukan oleh guru pula tidak maksimal.

    ReplyDelete
  64. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    RPP adalah bagian perangkat pembelajaran yang harus dibuat oleh guru. Sejak perubahan KTSP menjadi kurikulum 2013, RPP KTSP sedikit berbeda dengan RPP kurikulum 2013, hampir sama tetapi susunannya berbeda. Dari langkah-langkah pembelajaran juga berbeda, dimana KTSP memiliki kegiatan inti seperti eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi, sedangkan kurikulum 2013 memiliki kegiatan inti mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan. Karena perbedaan itulah yang membuat guru masih mengalami kesulitan karena harus beradaptasi lagi dengan kurikulum baru yang berdampak pada perbedaan dalam penyusunan RPP.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  65. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Penyebab dibuatnya Angket Terbuka Kesulitan Penyusunan RPP ini tentunya berawal dari banyaknya guru maupun mahasiswa calon guru yang masih mengalami kesulitan dalam pembuatan RPP. Memang untuk menyusun RPP yan benar-benar sesuai dengan tuntutan kurikulum itu memang tidak mudah. Dengan angket ini, kita bisa merefleksikan diri kita sendiri, seperti mengetahui bagian mana yang kurang, sehingga kita dapat melengkapi hal-hal yang masih kurang dalam penyusunan RPP.

    ReplyDelete
  66. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Postingan angket yang sangat bermanfaat sekali. Dapat dijadikan contoh apabila ingin melakukan penelitian yang berkaitan dnegan RPP Kurikulum 2013. Kurikulum 2013 memang kurikulum yang lebih kompleks dibandingkan dengan kurikulum-kurikulum sebelumnya. Kompleks pada bagian perencanaan pembelajaran, proses pembelajaran, perangkat pembelajaran, penilaian pembelajaran dan faktor-faktor lain yang berpengaruh di dalam proses pembelajaran. Kurikulum 2013 lebih menuntut siswa yang lebih aktif di dalam proses pembelajaran dan menuntuk guru lebih aktif di dalam pembuatan perangkat pembelajaran dan penilaian pembelajaran.

    ReplyDelete
  67. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P. Matematika Kelas B 2016

    Banyak guru yang mengeluhkan penggunaan kurikulum 2013. Dengan pelatihan yang sangat singkat, dan mendapatkan informasinya hanya dari sekolah, tentunya ini membuat beban yang sangat berat untuk guru. K13 ini banyak pro dan kontranya, mulai dari murid, guru maupun orang tua murid. Oleh karena itu, pemerintah terus menerus mengadakan revisi baik itu dari proses pembelajarannya, materi ajar, RPP dll. Angket ini sangat membantu guru untuk mengutarakan keluhan atau kendala apa yang mereka alami selama menggunakan K13. Semoga kedepannya, pendidikan di Indonesia ini semakin baik.

    ReplyDelete
  68. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Jika saat microteaching dan PPL, kita sebagai mahasiwa selalu berusaha untuk membuat RPP sebaik mungkin. Bahkan ada tahap konsultasi dengan dosen. Jika pada saat menjadi mahasiswa kita tidak sungguh-sungguh maka bisa dibayangkan bagaimana saat menjadi guru? Harapannya kita tidak menghakimi guru-guru yang mungkin belum membuat RPP secara maksimal, tapi kita dapat belajar mulai dari diri kita sendiri.

    ReplyDelete
  69. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Di dalam proses pembelajaran tidak dapat terpisahkan oleh sebuah rancangan bagaimana pembelajaran tersebut akan berlangsung. Bagi kita calon guru dan guru membuat sebuah rancangan pembelajaran adalah hal yang dapat memudahkan kita dalam mengenolah waktu dan materi yang akan kita sampaikian. Rancangan tersebut bisa disebut Rencana Pelaksanaan Pembelajaran atau lebih dikenal dengan RPP.

    ReplyDelete
  70. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Membuat sebuah rancangan pembelajran yang baik tidaklah mudah. Begitu juga membuat sebuag Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Salah satu kesulitan yang saya hadapi adalah ketika harus membuat tahap menanya. Membuat siswa bertanya materi yang kita inginkan tidaklah mudah. Membuat mereka teretarik dan akhirnya bertanya merupakan pekerjaan yang memerlukan banyak kretifitas dari guru dan kemampuan pemahaman kelas oleh guru. Guru pun harus membuat kemungkinan-kemungkinan pertanyaan yang muncul dan bagaimana jika di dalam kelas tidak muncul pertanyaan yang diharapkan.

    ReplyDelete
  71. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  72. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Kesulitan lain yang saya hadapi adalah ketika tahap pembukaan khususnya membuat motivasi. Membuat semuah motivasi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari membutuhkan pemikiran dan waktu yang ekstra. Karena sering kali saya tidak menemukan ide yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Kumidian masih ditambah bagaimana membuat siswa tertarik dengan motivasi yang kita buat. Perlu latihan, kemamuan, pengalaman, dan belajar lebih dalam taham embuat motivasi ini.

    ReplyDelete
  73. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran merupakan “skenario” pembelajaran yang akan dilaksanakan. Sehingga ketika proses KBM, tidak ada kebingungan atau out of topic dalam prosesnya. Selain itu RPP merupakan wujud atau bukti nyata metode yang dilakukan siswa dalam pembelajaran. Apakah itu PBL, RME, diskusi atau yang lainnya. Sehingga kita perlu memikirkan dengan matang untuk pembuatan RPP. Sejatinya kesulitan bukan hanya terletak pada penyusunan RPP tetapi juga pada penyusunan LKS yang dapat memfasilitasi kegiatan siswa. selain itu sebagai guru juga perlu menyadari bahwa setiap siswa mempunyai kemampuan yang berbda-beda sehingga dirasa memang tidak mudah untuk menyusun LKS yang memperhatikan keberagaman siswa.

    ReplyDelete
  74. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Khusus dalam penyusunan RPP memang banyak yang diperhatikan. Mulai dari judul, identitas, metode, media pembelajaran, proses pembelajaran dan juga instrumen. Secara garis besar yang menurut saya sulit adalah pembuatan langkah-langkah pembelajaran. Karena kita harus menyusun sehingga siswa merasakan pembelajaran itu merupakan sesuatu yang mengalir. Dan yang paling penting adalah apersepsi. Karena disitu bagaimana kita menghubungkan pengetahuan yang sudah dimiliki siswa dengan materi yang akan diajarkan. Hal lain yang menurut saya sulit adalah pembuatan instrumen penilaian, apalagi jika menggunakan pedoman kurikulum 2013. Dimana kita diminta untuk tidak hanya menilai siswa dari akademiknya saja, namun sikap dan spiritualnya. Dalam instrumen penilain kita juga harus secara rinci mnjelaskan poin-poin penilaian yang kita gunakan.

    ReplyDelete
  75. Nurul Purnaningsih
    13301241045
    Pendidikan Matematika Inter 2013

    Berdasarkan pengalaman saya ketika microteaching dan PPL, hal yang dirasa paling membutuhkan waktu lama dalam penyusunan RPP adalah ketika merancang pembelajaran di kelas, mulai dari memilih metode pembelajaran yang tepat, karena tidak semua metode dapat diterapkan untuk semua jenis materi, sehingga guru harus memilih mana yang cocok untuk materi tertentu yang akan diajarkan.

    ReplyDelete
  76. Nurul Purnaningsih
    13301241045
    Pendidikan Matematika Inter 2013

    Selain menentukan metode pembelajaran yang sesuai, masih ada hal lain yang perlu pemikiran mendalam yaitu merumuskan atau merancang kegiatan pembelajaran yang membuat siswa tertarik dan termotivasi dalam pembelajaran sesuai dengan sintaks pada metode pembelajaran yang akan digunakan.

    ReplyDelete
  77. Nurul Purnaningsih
    13301241045
    Pendidikan Matematika Inter 2013

    Bapak Prof. Marsigit selalu saja memiliki ide dan dapat menjadi fasilitator yang sangat membantu dan bermanfaat dalam perbaikan sistem pendidikan di Indonesia, dengan adanya angket terbuka ini, saya rasa guru-guru akan sangat merasa terbantu karena dapat mencurahan kesulitan-kesulitan yang dihadapi, disertai dengan respon dari Bapak Prof. Marsigit. Selain itu, angket ini juga sangat bermanfaat seperti yang tertulis bahwa hasil angket akan digunakan sebagai bahan untuk diperbaiki salah satunya ketika microteaching dan kuliah PPG, sehingga kedepannya lulusan pendidikan guru sudah terampil membuat RPP yang berkualitas.

    ReplyDelete
  78. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Kesulitan lain yang saya alami saat membuat RPP adalah ketika saya harus memilih metode apa yang tepat untuk saya gunakan saat berada di dalam kelas. Memahami kebutuhan siswa di dalam kelas menurt saya tidak dapat secara instan diketahui. Merancang sebuah pembelajaran dengan metode yang tepat tidaklah mudah, karena tidak setiap materi cocok dengan metode yang kita pilih.

    ReplyDelete
  79. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Angket terbuka ini sangat bermanfaat bagi para calon guru dan guru. Angket terbuka ini dapat menegtahui kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dan calon guru, dapat menjadi bahwa perbaikan saat membuat RPP, bahan perbaikan saat microteaching serta kuliah PPG, dan yang lain-lainnya. Terimakasih Prof. Marsigit

    ReplyDelete
  80. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Berhubungan saya bukan mahasiswa yang dituju jadi mungkin ini bisa jadi referensi untuk mahasiswa yang memiliki penelitian dalam hal penyusunan RPP pada kurikulum 2013. terima kasih pak.

    ReplyDelete
  81. Khintoko Intan Permatasari
    13301244011
    Pendidikan Matematika C 2103

    Kesulitan saya dalam menyusun dan membuat RPP adalah mengaitkan antara KD, indikator, dan tujuan pembelajaran agar sesuai. Karena membuat indikator dan tujuan dari KD yang sudah ditetapkan sangatlah memerlukan waktu yang banyak untuk memikirkan alokasi waktu pembelajaran.

    ReplyDelete
  82. Khintoko Intan Permatasari
    13301244011
    Pendidikan Matematika C 2103

    Selain itu, membuat sebuah apersepsi untuk membangkitkan memori siswa tentang suatu materi yang akan dipelajari memerlukan wawasan dan kesabaran yang ekstra. memotivasi siswa untuk tertarik pada materi yang disampaikan juga memerlukan komunikasi dan gaya bahasa yang disenangi siswa.

    ReplyDelete
  83. Khintoko Intan Permatasari
    13301244011
    Pendidikan Matematika C 2103

    Dengan adanya angket terbuka ini, saya rasa calon guru bahkan guru-guru akan terbantu untuk mengetahui dan mengatasi kesulitan-kesulitan yang dihadapi dalam pembuatan RPP. Selain itu, angket ini juga sangat bermanfaat sebagai bahan untuk perbaikan, sehingga kedepannya calon guru dan guru-guru sudah terampil membuat RPP yang berkualitas.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id