Aug 17, 2009

Resources for Lesson Plan

Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung
> Teruuusss...!Kiriman dari Prof Abdul Gafur
>
> -----Original Message-----
> From: "Teacher Tip Newsletter"
>
> Date: Sat, 15 Aug 2009 20:09:32
> To:
> Subject: Start of School Teaching Guide- Teacher Tips #475
>
>
> TeAchnology.com's- Tips for Teachers Issue #475
> =============================================================
>
> The Start School of Teaching Guide can be found here:
>
>
> http://www.teach-nology.com/newsletters/475.html
>
>
> You may need to cut and paste the above link into your web browser.
>
>
> This week's
> newsletter can be found here.

>
> -------------------------------------------------------------
>
> This week's teaching theme is a First Weeks of School Teaching Guide.
>
>
> Start of School Teaching Theme Page:
>
> http://www.teachnology.com/themes/holidays/firstweeks/
>
>
> Start of School Lesson Plans:
>
> http://www.teachnology.com/gold/lessons2.html
>
>
> Start of School Teacher Printables and Worksheets:
>
> http://www.teachnology.com/gold/worksheets3.html
>
>
> Back To School Unit:
>
> http://www.teachnology.com/themes/holidays/back/
>
>
> Start of School Lesson Series:
>
> http://www.teachnology.com/gold/new/startofschool.html
>
>
> Teacher Timesavers Set:
>
> http://www.teachnology.com/gold/new/timesavers.html
>
>
> -------------------------------------------------------------
>
> * Teachers: Ready To Go Back To School?*
>
> Brand New - 25,000+ teacher resources to make your day easy!
>
> Awesome - Worksheets, Lessons, Timesavers everything for you.
>
>
> Print it here:
>
>
> http://www.teachnology.com/gold/worksheets.html
>
> -------------------------------------------------------------
>
> View the Teacher
> Resource Center

>
> -------------------------------------------------------------
>
> "I cannot possibly explain to you how unbelievably helpful
> your web site is. Thank you from the bottom of my heart."
>
> - Mary Donald, Veteran Teacher
>
> Visit: http://www.teachnology.com/gold/worksheets.html
>
> -------------------------------------------------------------
>
> You are receiving teacher tips because you have signed up to
> receive them at AGAFURDA@YOGYA.WASANTARA.NET.ID . See:
> http://teachertipnewsletter.com
> to change your status.
>

15 comments:

  1. Dita Nur Syarafina
    NIM. 16709251003
    PPs Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Lesson Plan atau RPP adalah pedoman guru dalam proses pembelajaran. Lesson plan dibuat sendiri oleh guru melalui pertimbangan akan kemampuan siswa dalam ruang dan waktu. Lesson plan suatu guru dapat berbeda dengan lesson plan guru lainnya. Perbedaannya dari pengetahuan yang dimiliki guru, karakteristik guru tersebut, keadaan siswa yang diajar, dsb. Semakin banyak sumber-sumber lesson plan orang lain yang kita amati, maka akan semakin bagus juga pengembangan kita untuk membuat dan menerapkan lesson plan.

    ReplyDelete
  2. Mifta Tyas Laksita Sari
    13301241005
    Pend. Matematika A 2013

    Terima kasih Prof untuk link yang telah dibagikan. Teknologi yang lebih canggih membuat informasi lebih banyak yang saya dapatkan.

    ReplyDelete
  3. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Lesson plan sangat dibutuhkan oleh guru karena di dalamnya termuat sebuah skema/runtuntan pembelajaran yang akan di ajarkan oleh guru. Setiap guru juga harus dapat mengembangkan suatu lesson plan agar dapat disesuaikan dengan karakter pembelajaran di kelas. Salah satunya refernsi yang telah diberikan oleh bapak Prof.Dr.Marsigit,M.A di link ini sehingga dapat memperkaya informasi tentang pengembangan lesson plan.

    ReplyDelete
  4. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Rencana pembelajaran merupakan hal utama yang harus disiapkan oleh guru. Membuat rencana bagaimana membelajarkan matematika kepada siswa dengan cara yang efektif dan efisien. Terima kasih atas link yang Bapak bagikan di atas, semoga bermanfaat dalam mengembangkan rencana pembelajaran matematika di kelas.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  5. NUR AZIZAH
    16709251017
    PMAT KELAS A PPS UNY 2016

    Lesson Plan adalah perencanaan yang dilakukan guru sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. Lesson plan penting sekali untuk disusun sebab ini berkaitan dengan pedoman operasional pelaksanaan pembelajaran. Dalam penyusunan lesson plan tentunya guru dituntut untuk menyesuaikan strategi pembelajaran dengan tujuan dan materi pembelajaran yang ada. Selain itu guru seyognyanya mempertimbangkan aspek sosial budaya dan psikologi peserta didik pada saat penyusunannya. Tidak semua guru dapan tiba-tiba menyusun lesson plan yang baik. Pengalaman belajar dan membuat adalah bekal penting bagi guru untuk membuat lesson plan yang baik.

    ReplyDelete
  6. Iqlima Ramadhani Fabella
    13301241017
    Pendidikan Matematika A 2013

    Rencana pembelajaran dalah perencanaan yang dilakukan seorang guru sebelum melakukan proses belajar mengajar dalam kelas. Dengan demikian, proses suatu perencanaan harus dimulai dengan penetapan tujuan yang akan dicapai melalui analisis kebutuhan serta pengambilan keputusan yang lengkap, kemudian menetapkan langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan tersebut, maka pola pikir kita diarahkan bagaimana agar tujuan itu dapat dicapai secara efektif dan efisien.

    ReplyDelete
  7. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Terima kasih atas link berisi rencana pembelajaran yang Bapak berikan ini. Rencana pembelajaran ini sangat membantu guru dan calon guru untuk menjadi referensi.

    ReplyDelete
  8. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Lesson plan atau rencana pembelajaran sangat dibutuhkan oleh guru dalam upaya merencanakan proses belajar mengajar dengan efektif dan efisisen. Dengan rencana pembelajaran, guru dapat bergerak memiliki petunjuk mengenai apa yang akan dilakukan dalam kelas. Guru juga harus mempertimbangkan ketersesuaian kuantitas, metode, pendekatan dan strategi dengan materi dan tujuan pelajaran yang akan diberikan.

    ReplyDelete
  9. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Lesson plan atau RPP adalah pedoman guru dalam melakukan pembelajaran di kelas. Seharusnya setiap guru harus menyiapkan lesson plan sebelum melakukan proses pembelajaran di kelas. Karena lesson plan adalah langkah-langkah seorang guru dalam memberikan pengajaran sehingga proses pembelajaran dikelas dapat terlaksana dengan optimal dan efektif. Tentu lesson plan harus juga mempertimbangkan materi, kondisi peserta didik dan fasilitas yang tersedia di dalam kelas, sehingga proses pembelajaran dpat terlaksana dengan lancar.

    ReplyDelete
  10. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Lesson Plan merupakan rencana pembelajaran yang kita sebut dengang RPP. Dalam pembuatan RPP harus mengacu pada kurikulum dan kebutuhan siswa. Lesson Plan atau RPP tersebut merupakan pedoman seorang guru dalam pembelajaran di dalam kelas, oleh karena itu untuk membuat RPP harus benar-benar serius dan efektif dan pembelajaran di kelas harus sesuai dengan RPP yang dibuat. Akan tetapi banyak sekali guru yang kita lihat, bahwa RPP hanyalah sebuah perangkat untuk melengkapi administrasi saja, ketika mrealisasikannya guru mengajar tidak sesuai dengan RPP yang dibuat.

    ReplyDelete
  11. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Sumber-sumber tersebut berisi tentang petunjuk untuk guru dalam melukan perencanaan pembelajaran yang sangat berguna bagi kita sebagai calon pendidik. Termasuk juga terdapat sumber-sumber referensi tentang RPP, LKS, penggunaan teknologi dan lain-lain. Mulai dari bahan untuk SD hingga sekolah menengah atas untuk semua materi dapat kita temukan dalam sumber tersebut. Terlebih lagi sumber-sumber tersebut disajikan secara menarik. Menurut saya, sumber-sumber tersebut baik untuk kita jadikan sumber inspirasi dalam merencanakan proses pembelajaran. Terima kasih Prof, atas link-link yang diberikan, semoga kami dapat memanfaatkannya dengans sebaik-baiknya.

    ReplyDelete
  12. RAHMANITA SYAHDAN
    16709251013
    PPs Pmat A 2016

    Bismillahirrahmanirrahim
    RPP merupakan persiapan yang harus dilakukan guru sebelum mengajar. Persiapan disini dapat diartikan persiapan tertulis maupun persiapan mental, situasi emosional yang ingin dibangun, lingkungan belajar yang produktif, termasuk meyakinkan pembelajar untuk mau terlibat secara penuh.
    Landasan RPP adalah PP no 19 tahun 2005 pasal 20. Di dalam PP no 19 tahun 2005 pasal 20 dikatakan bahwa perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pembelajaran yang memuat sekurang-kurangnya tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
    Permendiknas No.41/2007 tentang Standar Proses:
    a. Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang memuat identitas mata pelajaran, standar kompetensi (SK), kompetensi dasar (KD), indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, materi ajar, alokasi waktu, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian hasil belajar, dan sumber belajar.
    b. RPP dijabarkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan belajar peserta didik dalam upaya mencapai KD.
    c. Setiap guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis.

    ReplyDelete
  13. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh.

    Segala seuatu yang bersentuhan dengan ruang dan waktu itu berubah dan dinamis bergerak. Begitu pula dunia pendidikan dan teknologi yang semakin canggih berkembang. Maka sebagai guru dan pembelajar, kita harus up date dan bijak menggunakan sumber sumber yang ada di internet. Kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi harus dibarengi dengan semangat bijak belajar dan menggunakan sumber sumber tersebut.



    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  14. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    link yang sangat bagus untuk dijadikan tambahan referensi, meskipun saya belum membaca semua isi webnya. Salah satu isinya disana adalah terkait teacher jokes menurut saya itu penting dilakukan bagi guru dalam proses Pembelajaran biar siswanya tidak bosen serta tidak menganggap gurunya itu sosok yang menakutkan bisa dibilang teacher jokes sebagai iklan. Biar anda tertarik membacanya dan mempraktikkannya kepada siswa Berikut salah satu joke yang ada di web tersebut.

    While taking a routine vandalism report at an elementary school, I was interrupted by a little girl about six years old. Looking up and down at my uniform, she asked, "Are you a police officer?"

    "Yes," I answered, and continued writing the report.

    "My mother said if I ever needed help I should ask the police. Is that right?"

    "Yes, that's right," I told her.

    "Well, then," she said as she extended her foot toward me, "would you please tie my shoe?"

    ReplyDelete
  15. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Sekarang kemajuan teknologi sudah semakin pesat. Bahan-bahan teknologi yang dahulu dibuat dalam ukuran yang besar sekarang sudah dapat dikecilkan sehingga lebih praktis dibawa kemana-mana. Agar tidak kalah dengan perkembangan Zaman, pendidikan pun harus diselaraskan. Sudah tercipta alat-alat yang mampu menunjang pendidikan supaya lebih mudah dipahami maupun diajarkan. Guru sebaiknya juga mengikuti perkembangan ini sehingga guru juga mampu memahami tingkat perkembangan maupun karakteristik siswa sehingga guru dapat mengoptimalkan potensi nya.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id