Jul 14, 2014

Refleksi Pendidikan Kontemporer Indonesia




Ass Wr Wb, Bacaan menarik dari artikel saya terbaru berjudul:"Refleksi Pendidikan Kontemporer Indonesia: Sebuah Tinjauan Filsafat, Politik dan Ideologi Pendidikan",dapat dibaca di Link berikut:

https://www.academia.edu/7444798/Refleksi_Pendidikan_Kontemporer_Indonesia_Sebuah_Tinjauan_Filsafat_Politik_dan_Ideologi_Pendidikan

Demikian semoga bermanfaat
Wss Wr Wb,
Yogyakarta, 14 Juli 2014
Marsigit

33 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Beberapa hal menarik yang dibahas pada Refleksi pendidikan kontemporer Indonesia yang didiskusikan adalah adanya tantangan bagi para pelajar dalam dunia pendidikan yang masih belum sesuai menghadapi ujian dengan skala besar yang terjadi secara "continue", dan menjadi kekhawatiran untuk perkembangan para peserta didik. salah satu kalimat yang menurut saya patut untuk menjadi perenungan adalah pendidikan yang didefiniskan sebagai suatu keadaan atau usaha hidup seseseorang yang menjamin hidup akan lebih hidup. Oleh karena itu, untuk mencapai hal tersebut perlu adanya tinjauan dari aspek politik dimana kebijakan-kebijakan yang ditetapkan dalam bidang pendidikan disesuaikan dengan karakteristik metrapoliknya, dari konsep filsafat memberikan sumbangsih dalam menentukan esensi dalam dunia pendidikan dan konsep ideologi menetapkan konsep pendidikan yang tidak terombang-ambing dengan pengaruh dari dunia luar. Ketiga sudut pandang yang apabila dikaji mendalam akan menjadi solusi yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan krisis multidimensi bangsa

    ReplyDelete
  2. Rindang Maaris Aadzaar
    18709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Sebelum mengikuti perkuliahan dengan Pak Marsigit, bagi saya, kontemporer adalah sesuatu yang berbau tradisional. Tetapi ternyata kedua hal tersebut memiliki perbedaan. Dalam artikel yang Pak Marsigit sampaikan, menurut Hypothetical analyses, keadaan ontologis krisis multidimensi dialami oleh bangsa Indonesia. Hal ini ternyata berelasi secara linear dengan forma, wadah, bentuk atau struktur kehidupan Indonesia. Hal ini dapat digambarkan secara bentuk yang belum berbentuk, forma yang belum berforma, dan struktur yang belum berstruktur. Sehingga forma dalam pendidikan Indonesia cenderung menimbulkan ketidakpastian, merugikan, melelahkan, dan merongrong jati diri bangsa daridalam diri sendiri.
    Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    ReplyDelete
  3. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Berbagai aspek bangsa telah dipengaruhi oleh perkembangan zaman yang semakin maju. Tidak terkecuali pendidikan. Pendidikan kontemporer Indonesia dapat dikatakan gagal secara kategoris. Buktinya telah terjadi krisis multi dimensi secara laten, masif, dan terstruktur. Generasi bangsa semakin tidak bermoral dengan arus globalisasi yang begitu cepat. Generasi bangsa tidak dapat memilah-milah mana yang seharusnya diikuti dan yang tidak. Karena pada dasarnya pendidikan karakter yang mereka peroleh belum kuat sebagai pondasi untuk menghadapi ini semua. Oleh karena jika ini tidak diperbaiki khususnya pada pendidikan maka bisa jadi Indonesia akan hancur.

    ReplyDelete
  4. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Dari solusi yang Pak Marsigit tawarkan yaitu pendidikan demokrasi pancasila sebagai solusi dari krisis multi dimensi Saya setuju. Dengan solusi ini akan membawa Indonesia kepada jati diri bangsa Indonesia yang sebenarnya yaitu pancasila. Kembali kepada teori belajar asli Indonesia ing ngarso sung Tuladha, Ing madya mangun karsa, tut wuri handayani. Saya rasa dengan pendidikan demokrasi ini pendidikan di Indonesia tidak hanya tercapai pada tujuan kognitif tetapi tercapai juga dalam mewujudkan pendidikan karakter bangsa.

    ReplyDelete
  5. Rosi anista
    18709251040
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr wb
    Matematika adalah ilmu yang mempelajari hubungan pola, bentuk dan struktur; matematika adalah ilmu yang abstrak dan deduktif, matematika adalah aktivitas manusia. Matematika tumbuh dan berkembang karena proses berpikir, oleh karena itu logika adalah dasar untuk terbentuknya matematika. Logika adalah masa bayi dari matematika, sebaliknya matematika adalah masa dewasa dari logika

    ReplyDelete
  6. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Tujuan pendidikan di Indonesia seharusnya diarahkan untuk mewujudkan kehidupan yang sejahtera bagi seluruh rakyat Indonesi. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut maka ideologi pendidikan di Indonesia harus berdasarkan Pancasila. Dimana Pancasila tersebut merupakan jati diri bangsa Indonesia. Oleh karena itu pendidikan yang berlandaskan Pancasila akan mampu mengatasi krisis multi dimensi.

    ReplyDelete
  7. Amalia Nur Rachman
    18709251042
    S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018

    Pendidikan di Indonesia terlihat masih mempunyai dominasi pada aspek kognitif. Hal ini jelas ditunjukkan dari sistem kelulusan yang menggunakan Ujian Nasional. Sedangkan pada aspek afektif dan psikomotorik tampaknya kurang diperhatikan. Seakan akan siswa hanya mempunyai kesempatan selama 3 hari dalam 3 tahun untuk menentukan kelanjutan pendidikannya. Seiring waktu, nilai rapor dari kelas dasar/ awal kini sudah menjadi perhatian khusus sebagai tambahan bahan pertimbangan. Namun, pada Kurikulum 2013 menunjukkan bahwa adanya perubahan sistem yang mengikutsertakan aspek afektif dan psikomotorik secara menyeluruh. Selain itu, pada kurikulum 2013 juga menambahkan aspek spiritual atau moral. Sebagai calon pendidik, kita dapat mengoptimalisasikan kesemua aspek tersebut agar siswa dapat memiliki kompetensi yang memadai dan berkualitas lebih baik

    ReplyDelete
  8. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3

    Saya setuju dengan kalimat pada artikel "Objektivitas sudut pandang suatu konsep dipengaruhi oleh hakikat konsep, pendekatan atau metode serta nilai atau value yang menyertainya". Artinya objektivitas kita terhadap desuatu akan sangat dipengaruhi oleh apa yang kita peroleh atau informasi apapun yang kita peroleh.

    ReplyDelete
  9. Totok Victor Didik Saputro
    18709251002
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Selamat siang Prof.
    Pendidikan kontemporer di Indonesia menunjukkan adanya perkembangan pendidikan itu sendiri. Kontemporer artinya kekinian. Dapat diartikan pendidikan Indonesia yang berdaya saing kekinian atau modern. Hal ini coba dituangkan dalam kurikulum 2013. Kurikulum yang bertujuan membuat semua aspek pendidikan berkontribusi di dalamnya. Dalam implementasinya, pendidikan kontemporer Indonesia mempunyai berbagai jenis tantangan. Salah satunya adalah tantangan teknologi. Teknologi menuntut pendidik untuk dapat bekerja dan berkreasi lebih keras dari biasanya. Teknologi dapat menjadi senjata guru dalam memberikan materi pelajaran. Senjata ini juga bisa mematikan metode pendidikan itu sendiri. Artinya teknologi juga dapat menjadi momok yang menakutkan bagi pendidik karena penguasaan teknologi yang belum baik. Berlatih adalah cara yang dapat diambil dalam mendalami pengetahuan mengenai teknologi sehingga harapannya pendidikan kontemporer Indonesia dapat berkembangan dengan baik. Terima kasih.

    ReplyDelete
  10. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
    guru menjadi korban kebijakan populis pragmatis, guru hanya sebagai pelaksana ketat dari kebijakan pemerintah. Guru yang mampu mengembangkan metode ataupun media pembelajaran berdasarkan hasil refleksi setelah kegiatan pembelajaran, namun karyanya sebagai hasil riset hanya sebatas itu tergantikan oleh produk pemerintah yang gratis tetapi belum tentu tepat sebagai solusi dari permasalahan yang terjadi di kelas. Pembuatan ataupun revisi kurikulum juga harusnya melibatkan para guru sehingga benar-benar tercipta kurikulum ataupun pedoman mengajar yang sesuai dengan karakteristik siswa, lingkungan, serta budaya. terimakasih

    ReplyDelete
  11. Surya Shofiyana Sukarman
    18709251017
    S2 Pendidikan Matematika A 2018

    Perkembangan zaman semakin maju, menyebab arus globalisasi yang tak terbendung lagi, masuknya budaya-budaya barat yang tak terfilter menyebabkan semakin lemahnya morelitas anak bangsa, hal itu tentu menjadi hal yang harus diperhatikan bangsa ini untuk mewujudkan kemabali karakter bangsa ini. salah satu solusi yang dapat dierikan yaitu melalui pendidikan yang berlandasakan demokrasi, pancasila dan UUD 1945.

    ReplyDelete
  12. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Pendidikan kontemporer di Indonesia masih belum terlihat jelas arahnya mau kemana. Memang benar politik pendidikan berkaitan langsung dengan ideologi pendidikannya. Dimana sebagai contoh pendidikan kapitalisme memiliki politik demokrasi-kapitalis serta ideologi kapitalisme (atau liberalism, pragmatism, utilitarianisme, materialisme), contoh lagi pendidikan demokrasi , ideologi nya demokrasi, dan politiknya demokrasi nasionalisme. Semoga kebijakan-kebijakan yang dibuat untuk Pendidikan Indonesia kedepan bisa berlandaskan kultur dan budaya masyarakat Indonesia.

    ReplyDelete
  13. Elsa Apriska
    18709251005
    S2 PM A 2018

    Kontemporer yang biasa kita artikan sebagai kekinian. Seperti yang dijelaskan pada artikel tersebut bahwa implementasi politik pendidikan kontemporer indonesia mempresentasikan filsafat esensialisme, realisme dan eksisrensialisme. Hal ni merepresentasikan bahwa implementasi pendidikan kontemporer kita cenderung atau godaan untuk mengambil jarak dengan spritualisme.

    ReplyDelete
  14. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Kini Indonesia masih mengalami krisis multidimensi. Krisis mutidimensi bangsa ditandai dengan beragam konflik dalam dimensi kehidupan dan kekisruhan bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya. Dalam hal ini, Prof. Marsigit menawarkan solusi untuk menyelesaikan krisis yang sedang dialami Indonesia, yaitu dengan diterapkannya PENDIDIKAN DEMOKRASI PANCASILA yang sangat sesuai dengan Indonesia.

    ReplyDelete
  15. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Pendidikan sangatlah penting bagi kemajuan suatu bangsa karena dengan pendidikan akanmelahirkan generasi penerus bangsa. Pendidikan yang maju akan melahirkan generasi penerus bangsa yang terus berpikir dan bertindak untuk kemajuan bangsa. Oleh karena itu, pendidikan harusnya terus diupayakan untuk bisa mencapai tujuannya.

    ReplyDelete
  16. Dini Arrum Putri
    18709251003
    S2 P Math A 2018

    Kontemporer artinya jaman modern. Pendidikan sekarang sudah berevaluasi sesuai dengan adanya perkembangan jaman, bahkan mental bangsa indonesia terhadap dunia pendidikan menurun karena lebih mementingkan dunia gadget karena itulah tantangan bagi pendidikan sendiri untuk bisa memanfaatkan media belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa sekarang ini seperti contohnya menggunakan media belajar berbasis IT dan sebagainya.

    ReplyDelete
  17. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Dalam artikel tersebut keadaan ontologis krisis multidimensi dialami oleh bangsa Indonesia. Hal ini ternyata berelasi secara linear dengan forma, wadah, bentuk atau struktur masyarakat Indonesia. Hal ini dapat digambarkan secara bentuk yang belum berbentuk, forma yang belum berforma, dan struktur yang belum berstruktur. Sehingga forma dalam pendidikan Indonesia cenderung menimbulkan ketidakpastian, dan melelahkan.

    ReplyDelete
  18. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Selain mengupas permasalahan pendidikan di Indonesia, artikel tersebut juga menawarkan solusi yang layak untuk diterapkan. Seperti yang kita tahu bahwa Pancasila sebagai ideologi telah memuat falsafah hidup bangsa Indonesia, dan itu merupakan cita-cita bangsa. Saya setuju bahwa Pendidikan Demokrasi Pancasila yang Bapak tawarkan dapat menjadi opsi dalam mengatasi krisis multidimensi yang sedang terjadi. Dalam artikel tersebut terdapat gagasan saintifik-spiritualisme, ini merupakan suatu gagasan yang menarik untuk diterapkan. Salah satu penyebab utama terjadinya krisis multidimensi ialah rendahnya kehidupan spiritualisme. Saintifik berakar dari positivism yang meletakkan kehidupan spiritual sebagai sesuatu yang tidak penting. Padahal kita tahu bahwa filsafat orang Indonesia idealnya menempatkan kehidupan spiritual di atas kepentingan yang lain. Oleh karena itu, ilmu pengetahuan tidak dapat lepas dari kehidupan spriritual, perkembangan ilmu pengetahuan harus diimbangi dengan kehidupan spiritual, maka saintifik-spiritualisme ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut

    ReplyDelete
  19. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Untuk mengembangkan kualitas pendidikan kontemporer, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yang pertama, pendidikan diharapkan dapat meningkatkan kualiatas sumber daya manusia. Kemudian dalam dunia kerja, orientasi kepada kemampuan kerja nyata yang dapat ditampilkan oleh lulusan. Selanjutnya, pendidikan juga diharapkan harus mampu menanamkan karakter kesopanan, kesabaran, keberanian, kearifan dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  20. Erma Zelfiana Surni
    18709251009
    S2. P.Matematika A 2018

    Assalamualaikum Wr. Wb
    sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Kontemporer lebih merujuk pada Modernisasi, jadi saya dapat menyimpulkan bahwa Negara Indonesia yang berlandaskan pada Ideologi Pancasila seharusnya sangat perlu penerapan Pendidikan Kontemporer atau pendidikan Modern tetapi kembali pada Pemahaman Agama, agar terciptanya generasi-generasi penerus bangsa yang bermoral dan berakhlah.

    ReplyDelete
  21. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Pendidikan kontemporer harus menyesuaikan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi karena era globalisasi semakin berkembang dan menuntut bangsa bangsa untuk mengikutinya, karena pendidikan dan teknologi tidak dapat terpisahkan. Teknologi dapat membantu perkembangan pendidikan yang ada jika digunakan dengan tepatguna dan tepat sasaran.

    ReplyDelete
  22. Sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pend matematika /D /2019

    Terimakasih Bapak Prof. Marsigit. Bila pendidikan kontemporer tercapai maka sisea berperilaku baik lahir dan batin sebab mempunyai akhlak yang mutia. Biarpun belum menguasai ayat-ayat dal Al- Quran sesame sudah melakukan aklak maka yang terkandung dalam Al Quran seperti : disiplin, jujur, rajin, istikomah, rendah hati, suka menolong dsb. Nilai- nilai luhur dalam pancasila sudah terkandung dalam dirinya.

    ReplyDelete
  23. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Pada bagian pendahuluan, saya sangat tertarik dengan bahasan tentang keadaan anak-anak yang harusnya melakukan kegiatan dengan penuh suka ria dalam belajar, namun tiba-tiba dihantui cerita-cerita dan nasihat-nasihat tentang UN. Selain itu, nasib anak-anak juga terancam karena adanya smartphone, gadget, iphone, komputer dan internet yang tidak digunakan secara bijak dengan pengawasan dari orang tua. Hal tersebutlah dapat menimbulkan krisis multi dimensi bangsa. Dari sini, diperlukan sistem pendidikan yang memposisikan anak sebagai subjek didik yang diharapkan bersifat tuma'ninah, istiqomah dan tawakal dalam membangun sikap, pengetahuan, keterampilan dan pengalaman dengan memanfaatkan alam semesta sebagai sumber belajar.

    ReplyDelete
  24. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terimakasih prof telah membagikan link terkait makalah yang sangat bermanfaat. Link tersebut mengantarkan saya pada makalah yang berjudul Refleksi Pendidikan Kontemporer Indonesia yang ditulis oleh Prof. Marsigit. Yang saya soroti dari bagian pendahuluan ini yaitu banyak anak-anak yang mengalami krisis dan disorientasi mental dan budaya. Hal ini menyebabkan banyak fenomena bersifat massif diantaranya yaitu pelecehan seksual oleh anak-anak, bullying anak di sekolah, bahkan tindak kriminal dan pembunuhan sudah dapat dilakukan oleh anak-anak. Akar dari permasalahan ini adalah banyak orang tua yang mengenalkan anak-anaknya dengan gadget atau SmartPhone semenjak usia dini. Hal ini membuat anak dengan mudah mengintip kehidupan orang dewasa yang kemudian akan merusak intuisi anak. Anak-anak seharusnya masih di masa-masa bermain sambal belajar tetapi dengan adanya gadget anak-anak menjadi lebih dewasa dari pada usia seharusnya. Untuk itu, orang tua hendaknya membatasi putra putrinya dalam hal penggunaan gadget. Adapun dalih mengenalkan teknologi itu ada masanya sendiri.

    ReplyDelete
  25. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Isu-isu kontemporer pendidikan di Indonesia saat ini banyak sekali. Isu-isu tersebut berkembang begitu cepat dan pesat dengan adanya ICT sekarang ini. Kontemporer artinya kekinian, modern atau sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama saat ini. Jadi isu kontemporer pendidikan adalah isu-isu terkait dunia pendidikan yang tidak terikat lagi oleh aturan-aturan zaman dulu, dan berkembang sesuai zaman sekarang.

    ReplyDelete
  26. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Pendidikan di Indonesia masih dipengaruhi oleh politik demokrasi transaksional dan juga politik uang. Sehingga dalam perkembangannya pemerintah kurang mengedepankan tentang inkonsistensi dalam sistem pendidikan itu sendiri. Hal ini membuat guru memiliki peran yang lebih besar dan berat. Banyak permasalahan lain yang kemudian muncul dari sistem yang tidak konsisten. Akibatnya hasil belajar siswa menjadi tidak maksimal dan menimbulkan jati diri Indonesia yang mulai memudar. untuk mengubahnya perlu Ada kajian yang sangat mendalam jelas dan juga lama agar sistem menjadi lebih baik. Namun tentunya hal itu harus dilakukan oleh segala pihak. sebagai seorang pendidik maka peran kita adalah tetap memberikan pembelajaran dengan nilai moral yang baik kepada siswa namun dengan tetap memikul beban sebagai pendidik yang harus menuruti politik pendidikan kontemporer.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  27. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D

    Pada tabel Mikro Filsafat dan Mikro Ideologi Pendidikan, tertulis bahwa kedudukan siswa pada pendidikan kontemporer indonesia seperti empty vessel. Empty vessel disini seperti kapal kosong, maksudnya siswa selalu "disuapin" oleh guru. Ketergantungan inilah yang menyebabkan siswa sulit berproses, sehingga pada tahap-tahap selanjutnya jiwa kemandirian tidak akan muncul. Seharusnya guru memposisikan siswa seperti aktor yang belajar, artinya siswa sebagai subjek bukan objek. Dengan cara itu maka akan tercipta pengalaman-pengalaman yang beragam yang membantu siswa dalam berproses setiap tahapnya.

    ReplyDelete
  28. Vera Yuli Erviana
    NIM 197062610005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Dari dialog yang telah tersaji, dapat disimpulkan bahwa berbagai aspek bangsa telah dipengaruhi oleh perkembangan zaman yang semakin maju, tidak terkecuali pendidikan, oleh sebab itu refleksi dalam pendidikan di Indonesia perlu dtekankan kembali untuk menunjang pendidikan yang bersifat membangun dan mengarahkan untuk siswa di Indonesia.
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  29. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    Pendidikan Indonesia memang masih belum menemukan jati dirinya, masih banyak pengaruh yang masuk ke pendidikan Indonesia. Sejak dahulu UN merupakan salah satu hal yang identik dari pendidikan Indonesia. UN bahkan tak pernah absen menjadi bahan perbincangan setiap terjadi pegantian mentri pendidikan. Sejak dahulu UN menjadi senjata ampuh guru dan orang tua untuk memotivasi belajar dan bahkan menjadi syarat kelulusan siswa. Walaupun sebenranya banyak yang menyadari bahwa hal yang salah menentukan kelulusan siswa hanya dengan UN, namun UN tetap dipertahankan hingga sekarang. UN juga digadang-gadang sebagai alat ukur yang digunakan untuk menyamaratakan siswa se-Inddonesia. Padahal siswa di Indonesia tentu memiliki karakter yang berbeda antara satu dengan yang lainnya sehingga kita tidak bisa menggunakan penilaian UN saja untuk menyamaratakan mereka, dan sebenarnya pendidikan tidak boleh menyamaratakan mereka melalui UN. UN menjadi alasan kuat siswa belajar lebih giat di akhir masa sekolahnya, seakan-akan masa yang paling penting selama ini hanyalah pada masa-masa akhir di sekolah. Saya rasa penilaian yang kontinu dan lebih adil diperlukan untuk meggantikan UN, sehingga kita lebih dapat menghargai potensi yang dimiliki oleh siswa.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  30. Assalamualaikum wr. wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    PEP S2 A 2019

    Refleksi pendidikan kontemporer di Indonesia dapat dilihat dari sisi sejarah, politik, dan filsafat. Pendidikan kontemporer merupakan dasar pendidikan Indonesia dari zaman ke zaman. Pendidikan kontemporer merefleksikan pendidikan Indonesia yang pastinya bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan di Indonesia. Secara filsafat kita dapat melihat konsep pendidikan yang sesungguhnya. secara politik kita dapat melihat perjalanan pendidikan dengan segala aspeknya dan secara ideologi kita dapat melihat pendidikan dengan nilai yang terkandung di dalamnya.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  31. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Pendidikan adalah proses mempersiapkan masa depan anak didik dalam mencapai tujuan hidup secara efektif dan efisien. Kontemporer artinya kekinian, modern atau lebih tepatnya adalah sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama atau saat ini. Jadi pendidikan kontemporer yaitu pendidikan yang dilakukan dengan menyesuaikan kondisi lingkungan saat pendidikan berlangsung.

    ReplyDelete
  32. Annisa Nur Arifah
    18709251058
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Beberapa hal yang mampu mengembangkan kualitas pendidikan kontemporer adalah sebagai berikut. Pertama, pendidikan semakin dituntut untuk tampil sebagai kuncul dalam pengembangan kualiatas sumberdaya manusia (output of education). Kedua, dalam perspektif dunia kerja, orientasi kepada kemampuan nyata (what one can do) yang dapat ditampilkan oleh lulusan pendidikan yang amat kuat. Ketiga, sebagai dampak globalisasi, maka mutu pendidikan suatu komunitas atau kelompok masyarakat, tidak hanya diukur berdasarkan kriteria dalam internal mereka melainkan juga harus dibandingkan dengan kualitas pendidikan komunitas lain. Terakhir, sebagai masyarakat religius, maka pendidika yang diharapkan adalah juga harus mampu menanamkan karakter isalmi (kesalehan, kesopanan, kesabaran, keberanian, kearifan dan lain sebagainya).

    ReplyDelete