Mar 13, 2014

Interview with Dr. Marsigit MA [marsigit] in Whohub




Interview with Dr. Marsigit MA [marsigit] in Whohub

Shared via AddThis

42 comments:

  1. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ketika saya memutuskan untuk sebagai tenaga pendidik berarti saya sepenuhnya mengabdi pada negri untuk mencerdaskan anak bangsa. Sebagai pendidik bukanlah suatu pekerjaan yang hanya mengajar kemudian menerima upah dan selesai. Menjadi pendidik diperlukan skill yang memenuhi sebagai profesionalitas pendidik.

    ReplyDelete
  2. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Seperti dalam pertanyaan “Do you work well under pressure?” dan jawabannya “Please try to convert the pressure into the potentials.” Saya sangat setuju, bahwa jangan melakukan sesuatu hal di bawah tekanan karena dapat meningkatkan tingkat stress dalam diri kita hingga akhirnya mempengaruhi kesehatan. Apapun kegiatan yang kita lakukan hendaknya dilakukan secara ikhlas, sehingga apapun kegiatan tersebut bisa dijadikan sebuah potensi dari kemampuan kita.

    ReplyDelete
  3. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Jika saya diberikan pertanyaan seperti ini, “Please list something you have not yet done, but that you would definitely like to do someday?” maka saya juga akan menjawab “Happiness for all peoples”. Kebahagian orang lain itu sangat berharga. Saya akan senantiasa menebar kebaikan dan kebahagiaan bagi setiap orang karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Aamiin.

    ReplyDelete
  4. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Terimakasih Prof. Marsigit yang telah membagikan wawancaranya. Dengan wawancara ini saya menjadi lebih memahami pemikiran-pemikiran Prof. Marsigit. Seoga saya dapat mengambil ilmu dari wawancara tersebut sehingga dapat membuka wawasan saya.

    ReplyDelete
  5. Tahtalia
    14301241031
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Benar adanya bahwa dalam bekerja, kita tidak boleh memilih dengan siapa kita bekerja. Kita tidak dapat memilih dan memilah orang-orang yang akan menjadi partner kerja kita. Oleh karena itu, kita harus belajar untuk menjaga hubungan baik dengan setiap orang.

    ReplyDelete
  6. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Jika kamu ingin melihat dunia, maka lihatlah ke dalam pikiranmu. Karena dunia itu persis seperti apa yang kamu pikirkan. Seperti yang dapat kita jumpai selama perkuliahan dengan Prof. Marsigit, beliau adalah sosok yang sangat cerdas, hal ini juga terlihat di dalam tulisan-tulisannya yang lain daripada yang lain. Saya sangat mengagumi tulisan elegi-elegi ini. tulisan tersebut tidaklah mungkin lahir dari orang yang biasa-biasa saja. Dan yang membuat saya lebih takjub adalah keterpaduan antara filsafat dengan sastra yang beliau suguhkan. Benar-benar apik dan membuat saya susah berkata-kata. Dan saya benar-benar beruntung dan bangga pernah mengenal dan pernah mengikuti perkuliahan beliau beberapa kali.

    ReplyDelete
  7. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebagai seorang guru diharapkan dapat mengabdi dengan setulus hati tanpa memandang siapa yang akan kita ajar dan siapa partner kita dalam mengajar. jadikan setiap tantangan sebagai suatu cambuk kita untuk meningkatkan kompetensi dalam mengajar.

    ReplyDelete
  8. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Setelah membaca hasil interview pada link di atas, saya bisa mengenal lebih dekat dengan Bapak Prof. Dr. Marsigit MA. Dari profesi, personaliti, hobi, serta ide dan filosofi ada di dalamnya. Yang paling saya ingat adalah ketika ditanya “Your mind is your work tool. How do you take care of it?” kemudian Bapak menjawab, “I do not fully agree with your statement. I do not perceive my mind is as a tool. I perceive it as my life. My mind is my life, without it I can not live. So, for me, it is not in the case of taking care of mind, but making it always lives”.

    ReplyDelete
  9. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam menuntut ilmu seyogyanya didasari dengan kerendahan hati, hati yang ikhlas, dan pikiran yang terbuka. Karena, dengan demikian, ilmu yang dimiliki akan selalu bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Serta dengan kerendahan hati itu akan terhindar dari sikap sombong karena telah berilmu. Semoga dengan adanya wawancara dengan Prof. Marsigit ini akan membuka hati, pikiran, dan memberi motivasi dari siapa saja yang membacanya.

    ReplyDelete
  10. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ilmu dapat diperoleh di mana saja dan kapan saja, karena ilmu tidak terbatas pada ruang dan waktu. Ilmu yang kita cari bukan hanya sekadar ilmu kognitif yang didapat di sekolah, tetapi juga ilmu sosial yang didapat di masyarakat karena pada hakekatnya kita juga hidup dalam masyarakat. Oleh karena itu, kita mencari ilmu sepanjang hayat dan jangan cepat berpuas diri dengan ilmu yang kita miliki. Sesungguhnya hanya Allah SWT yang Maha Tahu segala sesuatu.

    ReplyDelete
  11. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut saya, orang yang bahagia adalah orang dapat mensyukuri apapun yang dimilikinya. Dengan rasa syukur tersebut, orang akan memiliki kerendahan hati, keikhlasan, dan juga ketenangan batin. Dengan semua itu, orang akan merasa damai dalam hidupnya, sehingga tercipta kebahagiaan.

    ReplyDelete
  12. Junianto
    PM C
    17709251065

    Dari wawancara tersebut, ada beberapa hal yang dapat saya ambil pelajaran yaitu tentang bagaimana memaknai kehidupan dan menghadapai tantangan kehidupan. Sebagai manusia tentu tidak pernah terlepas dari masalah dan tantangan dan manusia yang hebat adalah manusia yang mampu menghadapi tantangan itu dengan bijak. Tujuan hidup yang telah dirancang oleh masing-masing individu tentu sangat baik dan dalam prosesnya pasti mengalami hambatan dan masalah. Dalam menghadapi masalah pun perlu adanya pemikiran-pemikiran kritis yang mampu mengantarkan pada pemecahan masalah tersebut.

    ReplyDelete
  13. Diasm Candra Saputra, S.pD.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Interview ini membuat saya mengenal lebih banyak tentang Prof. Dr. Marsigit, MA. Di dalam interview tersebut diungkapkan profesi, kepribadian, kreatifitas, ide-ide, harmoni, dan filsafat. Saya tertarik dengan jawaban Prof tentang bagaimana menemukan keseimbangan antara bekerja untuk hidup dan hidup untuk bekerja. Prof menjawab bahwa bekerja ialah untuk hidup. Namun, hidup tidak cukup hanya dengan bekerja. Hidup perlu berpikir, perlu merasakan, perlu berkomunikasi, perlu berbagi, perlu bekerja, dan lain sebagainya. Hidup untuk bekerja perlu bekerja untuk hidup. Lalu apakah bekerja untuk hidup memerlukan hidup untuk bekerja? Petanyaan tersebut perlu dijawab sebelum menjawab bagaimana menemukan keseimbanan antara bekerja untuk hidup dan hidup untuk bekerja.

    ReplyDelete
  14. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Biasanya seseorang yang kemasukan setan tersebut pikirannya dalam keadaan kosong , kondisi tubuhnya sedang lelah serta iman yang kurang kuat. Keadaan ini akan dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh kekuatan gaib yang biasanya tidak dapat terkendali oleh orang yang kesurupan itu. Banyak alasan kenapa mahluk halus merasuki tubuh manusia, salah satunya adalah untuk menakut-nakuti manusia agar percaya kepada hal-hal mistik. Fenomena kerasukan jin adalah kenyataan yang tidak mungkin dibantah. Di samping kejadian di lapangan, realita ini juga dibuktikan dengan dalil Alquran, hadis dan kesepakatan ulama.
    Dari Interview tersebut saya mendapatkan bahwa pendidikan adalah model yang paling lengkap di dunia dan kehidupan. Jangan pernah puas dengan segala sesuatu yang sudah dilakukan orang lain, kadang kita bisa melakukan hal berbeda yang lebih dari orang lain yang sudah dilakukan. Itu artinya kita akan terus berusaha meningkatkan kualitas diri untuk bisa memberikan yang terbaik. Dengan Open minded, jujur, adil, dan berpikir positif, maka apa yang kita lakukan akan lebih dihargai, dihormati dan bisa diterima orang lain, semua itu tentunya dengan komunikasi yang baik.

    ReplyDelete
  15. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Interview adalah jenis wawancara yang biasanya dilakukan bila posisi yang ingin diisi dan jumlah pelamarnya cukup besar. Interview digunakan untuk mengetahui hal yang ingin diketahui dari subjek yang akan diinterview, Berdasarkan interview yang saya baca terdapat interview yang membuat saya tertaik yaitu "What is happiness, and the main obstacle to reaching it?" Beliau menjawab bahwa kebahagiaan merupakan hal yang mampu menerima kenyataan. Kemampuan tersebut yang ada, menjadi terang, menjadi jelas, yang memenuhi, menjadi nyata, menjadi lebih dekat, dan menjadi diri. Sedangkan kendala tersebut datang dari diri sendiri. Jadi kebahagiaan dan kendala sejatinya kita yang memilih. Apabila kita memilih bahagia, maka kegiatan yang membuat kita bahagia yang akan membuat kita bahagia, tetapi apabila kita memilih untuk membawa kendala, maka kegiatan yang membawa kendala itulah yang akan membuat hidup menjadi terkendala.

    ReplyDelete
  16. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    What a poor i am can’t see the video on link above. Actually it’s really want to watch the interview. So, would you give us another link to see the video?. By watching that interview i think we, as prof Marsigit students, will know more about prof. Marsigit than we know now. For me, prof marsigit’s filsafat and religion understanding is really large. But i know that it was a seed of knowledge that prof. Marsigit know. But it was awesome with prof. Marsigit thinking. I appreciate with all his understanding. His understanding is in line with our religion, but he never intimidate another religion. Hope prof. Marsigit will be given long life in this world to share his understanding and thinking. And by all this we hope he will be given the best things in here someday. Aaamiiin...
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  17. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Beberapa hal yang saya dapatkan ketika membaca elegi diatas adalah tentang bagaimana memaknai kehidupan dan menghadapi segala tantangan yang ada dalam kehidupan. Setiap manusia pastinya ingin menjadi seorang yang bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Dalam menjalani kehidupan, seseorang tentunya melewati banyak proses untuk mencapai apa yang menjadi tujuan hidupnya. Salah satunya dengan berpikir dan bertindak sesuai dengan realitas yang ada. Seseorang yang selalu berpikir kritis dalam setiap melakukan segala tindakan atau perbuatan yang akan dilakukannya, kemungkinan besar hidupnya akan lebih bermakna. Selama proses berpikir, apa yang ada di dalam pikiran kita menjadi sesuatu hal yang sangat kompleks. Pikiran manusia dibaratkan sebagai kunci bagi manusia untuk menjalani hidup. Tanpa adanya pikiran yang selalu berpikir dengan baik maka, manusia tidak akan bisa menjalani kehidupannya. Tidak boleh dilupakan juga kita harus senantiasa berdoa kepada Allah agar pemikiran kita selalu berada di jalan-Nya. Amin.

    ReplyDelete
  18. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  19. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Mohon maaf Prof., link yang diberikan tidak dapat saya buka. Tapi saya meyakini bahwa sebenarnya pada link tersebut terdapat ilmu yang bermanfaat, sebagaimana dalam postingan-postingan Prof. Marsigit lainnya.

    ReplyDelete
  20. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Interview ini sudah tidak dapat diakses lagi, sayang sekali apdahal whohub in bisa menjadikan saran kolektif bagi para mahasiswa untuk bisa betukarpikiran dengan dosen.

    ReplyDelete
  21. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Selaras dengan dua komentar di atas, saya menemukan bahwa link tersebut tidak lagi dapat dikunjungi, amat sayang namun hal ini menjadi tantangan tersendiria bagi para mahasiswa untuk mengakses sumber lain yang relevan, Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  22. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb

    Mohon maaf prof karena kelalaian kami membukan postingan diatas, sama dengan komentar diatas bahwa link ini sudah bisa di buka. Namun, ini akan menjadi pr buat kami untuk belajar kembali.Terima Kasih

    ReplyDelete
  23. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Maaf Prof. saya mengalami hal yang sama dengan teman-teman di atas, link yang Prof. share sudah tidak bisa di akses lagi. Namun, saya ingin mengucapkan terima kasih atas ketersediaan Prof. membagi sumber referensi belajar untuk kami.

    ReplyDelete
  24. Insan A N/PPs PmC 2017/17709251052
    Selaras dengan beberapa komentar di atas, link sudah tidak bisa di akses prof. Mungkin dapat ditampilkan lagi untuk menambah nosi kami sebagai mahasiswa. Terimakasih prof

    ReplyDelete
  25. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Saya sangat terkesan dan menemukan begitu banyak ilmu yang saya dapatkan melalui interview ini. Ketika saya memilih dunia pendidikan untuk menjadi masa depan saya nantinya, berbagai alasan saya cari dan beribu-ribu alasan saya temukan. Tiga hal penting yang harus ada dan dikembangkan di dalam kehidupan kita dengan dilandasi berbagai landasan positif dan membangun adalah kritis, komunikatif, dan universal.

    ReplyDelete
  26. Latifah Fitriasari
    17709251055
    PPs PM C

    Belajar itu hrus sepanjang hayat, akan selalu aa hal baru di dunia ini, dan akan selalu ada suatu hal yang mungkin ada yang harus kita ubah menjadi ada. Belajar sepanjang hayat merupakan suatu konsep, suatu idea, gagasan pokok dalam konsep ini ialah bahwa belajar itu tidak hanya berlangsung di lembaga-lembaga pendidikan formal seseorang masih dapat memperoleh pengetahuan kalau ia mau, setelah ia selesai mengikuti pendidikan di suatu lembaga ia akan tetap belajar misalnya melalui lingkungan sekitar. Sehingga adanya sifat ingin tahu untuk menyelidiki dunia yang lebih luas kemudian adanya sifat kreatif yang ada pada manusia dan keinginan untuk selalu maju dan serta adanya keinginan untuk memperbaiki kegagalan yang lalu dengan usaha yang maksimal.

    ReplyDelete
  27. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Mohon maaf pak, link yang tertera di atas sudah tida dapat dibuka lagi. Mungkin terjadi perubahan atau bagaimana. Semoga dapat diperbarui sehingga dapat menjadi tambahan sumber bacaan bagi kami. Terimaksih.

    ReplyDelete
  28. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Terima kasih bapak telah menyediakan sarana bagi kami untuk membangun pengetahuan, pengetahuan dapat diperoleh dengan berpikir dan berpikir dapat dimulai dengan membaca dan bertanya jawab, akan tetapi sangat disayangkan link yang ada pada postingan ini sudah tidak dapat diakses. Namun karena ketidakdapatan diaksesnya malah membuat saya menjadi penasaran dengan apa isi dari hasil interview tersebut dan mengenai apa interview tersebut, serta ilmu apa yang akan kami dapatkan dari interview tersebut. Sekian dan Terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  29. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Maaf prof tentang postingan tautan link diatas, tidak bisa dibuka. Semoga dapat diperbaiki atau disharekan kembali infomasi yang terdapat dalam interview tersebut. Terimakasih prof.

    ReplyDelete
  30. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Meski alamat yang diberikan tidak dapat di akses kembali, tetapi saya penasaran wawancara seperti apa dan konten apa yang diangkat dalam interview bersama Bapak Prof Marsigit. Semoga akses link di atas bisa diperbaiki dan dishare kembali.

    ReplyDelete
  31. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Saya setuju dengan pendapat Profesor mengenai "Education is the most complete model of world and life". Pendidikan adalah model yang paling lengkap dari dunia dan hidup. Pendidikan sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Setidaknya agar tidak mudah dibodohi oleh orang lain. Sangat menyenangkan mengetahui harapan dari Profesor adalah ingin semua orang mendapatkan kebahagian dengan sedirinya. Hal itu dapat dilihat dari kalimat "I expected that all peoples get their own happiness naturally. I strive to accomplish by promoting communication to all peoples." Sangat jarang ada orang yang menginginkan orang lain bahagia dengan hati ikhlas.

    ReplyDelete
  32. Muh Wildanul Firdaus
    17709251047
    Pendidikan matematika S2 kls C

    Dalam menuntut ilmu seyogyanya didasari dengan kerendahan hati, hati yang ikhlas, dan pikiran yang terbuka. Karena, dengan demikian, ilmu yang dimiliki akan selalu bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Serta dengan kerendahan hati itu akan terhindar dari sikap sombong karena telah berilmu. Semoga dengan adanya wawancara dengan Prof. Marsigit ini akan membuka hati, pikiran, dan memberi motivasi dari siapa saja yang membacanya.

    ReplyDelete
  33. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Wah, lagi-lagi saya kurang cepat mengakses link. Saya padahal penasaran seperti apa interview ini terjadi..

    ReplyDelete
  34. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.Mat B

    Saya juga tidak bisa mengakses link tersebut. bbrp kali saya coba reload tapi gagal.

    ReplyDelete
  35. Dewi Thufaila
    17709251054
    Pendidikan Matematika Pascasarjana C 2017

    Assalamualaikum.wr.wb
    Berdasarkan interview yang saya baca terdapat interview yang membuat saya tertaik yaitu "What is happiness, and the main obstacle to reaching it?" Beliau menjawab bahwa kebahagiaan merupakan hal yang mampu menerima kenyataan. Kemampuan tersebut yang ada, menjadi terang, menjadi jelas, yang memenuhi, menjadi nyata, menjadi lebih dekat, dan menjadi diri. Sedangkan kendala tersebut datang dari diri sendiri. Jadi kebahagiaan dan kendala sejatinya kita yang memilih.
    Wassalamualaikum.wr.wb

    ReplyDelete
  36. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Interview dengan prof marsigit memang salah satu cara yang digunakan mahasiswa untuk mengetahui banyak sekali ilmu berdasarkan kecerdasan bliau juga berdasarkan pengalaman yang bliau alami. Hal ini akan memberikan banyak sekali manfaat bagi para beginer di dunia pendidikan untuk dapat mengambil apa yang patut dicontoh oleh kita semua.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  37. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Mohon maaf Prof, link yang dilampirkan pada elegi ini sudah tidak bisa dibuka lagi. Mungkin juga menjadi kesalahan saya secara pribadi yang baru membuka link tersebut.

    ReplyDelete
  38. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Terlepas dari masalah link yang sudah tidak dapat diakses, dari postingan disini saya masih dapat belajar banyak hal, terutama dari kolom komentar. Ada banyak informasi dan pengetahuan terkait pendidikan yang disampaikan. Ketika link yang disediakan tidak dapat diakses, paling tidak halaman ini menjadi wadah bagi kami untuk tetap dapat berdiskusi dan mengutarakan pikiran kritis. terima kasih pak, semoga selalu dapat menyebarkan kebaikan dan manfaat.

    ReplyDelete
  39. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Belajar filsafat tidak harus berdasarkan elegy atau artikel yang dicantumkan tetapi melalui komentar teman-teman sejawat juga menjadi alternatif untuk menambah ilmu pengetahuan dan wawasan tentang perkembangan pendidikan saat ini, karena melalui komentar kita dapat mereduksi ataupun mengadaptasi berbagai macam pengetahuan terutama dalam menambah notions kita.

    ReplyDelete
  40. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Terima kasih Prof. atas informasi dan ilmunya yang telah dibagikan. Dari sumber informasi pada link tersebut saya banyak belajar bahwa melakukan refleksi diri dengan filsafat tidak harus selalu bersifat kaku. Namun, bisa memanfaatkan komentar kolega maupun teman sejawat.

    ReplyDelete
  41. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Sayang sekali, tampaknya saya kurang cepat dalam mengakses link tersebut. Beberapakali saya reload tapi server tidak ditemukan. Namun, saya mengetahui isi link tersebut dari beberapa komentar sebelumnya bahwa link tersebut berisi interview dengan Prof. Marsigit.

    ReplyDelete