Mar 13, 2014

Interview with Dr. Marsigit MA [marsigit] in Whohub




Interview with Dr. Marsigit MA [marsigit] in Whohub

Shared via AddThis

33 comments:

  1. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Education is the most complete model of world and life. pendidikan yang esensial (mendasar), dalam koridor perencanaan pembangunan nasional dalam hal ini perencanaan pendidikan ada keterpaduan atau keterkaitan secara sistemik dengan perencanaan pembangunan bidang ekonomi, politik, hukum dan sebagainya. pendidikan yang mengandung pokok-pokok perencanaan untuk menjawab persoalan opini atau isu mutakhir yang dihadapi oleh dunia pendidikan misalnya persoalan yang dihadapi dunia pendidikan sekarang adalah masalah ‘tranformasi teknologi’, atau masalah ‘rendahnya kualitas guru’, atau masalah ‘keterkaitan antara dunia usaha dengan output lulusan’, dan sebagainya. Jadi, perencanaan ini menyangkut beragam strategi untuk menghadapi persoalan yang muncul.

    ReplyDelete
  2. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Tanpa adanya pikiran yang selalu bekerja dengan baik maka manusia tidak akan bisa menjalani hidup. Memang dalam suatu tim kita memerlukan orang-orang yang berpikir terbuka, jujur, adil, dan berpikir postif hingga menumbuhkan kenyaman dan semangat kerja serta kerja keras yang tinggi untuk mencapai tujuan yang telah kita buat bersama. Keadaan seperti ini seharusnya dapat menjadi motivasi bagi kita untuk terus menimba ilmu tanpa lelah.

    ReplyDelete
  3. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Banyak pelajaran yang dapat saya ambil dari wawancara Prof ini. Belajar itu harus sepanjang hayat, akan selalu ada hal baru di dunia ini, dan akan selalu ada suatu hal yang mungkin ada yang harus kita ubah menjadi ada. Kita harus terbuka dengan pembaruan, jangan berpuas diri dengan ilmu yang kita punya, jika dunia terus saja berkembang, terus saja mengalami pembaruan. Karena luasnya dunia ini adalah seluas apa yang ada di pikiran kita, semakin luas pikiran kita semakin luas pula pandangan kita tentang dunia ini. Selain itu, satu hal lagi yang menjadi pelajaran menarik bagi saya, yaitu kita tidak boleh memilih dengan siapa kita bekerja. Kita tidak bisa, memilih dan memilah orang-orang yang akan menjadi partner di tempat kita bekerja. Oleh karena itu, kita harus mulai belajar untuk menjaga hubungan baik dengan setiap orang.

    ReplyDelete
  4. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pada dasarnya pengetahuan yang kita miliki bukan untuk dinikmati sendiri, melainkan juga untuk berinteraksi dengan orang lain untuk melangsungkan hidup. Maka sudah sepatutnya kita sebagai makhluk social terus belajar dan belajar untuk menambah wawasan pengetahuan. Dan lagi, dalam bekerja baiknya kita ikhlas menerima dengan siapa saja itu, tinggal bagaimana andil dan kontribusi sebaik-baiknya kita dalam bekerja sama.

    ReplyDelete
  5. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Sebaik – baiknya pekerjaan adalah yang membuat hati nyaman dan bahagia dalam menjalaninya. Setinggi apa pun pangkat di dunia kerja jika kita tidak menyukainya maka akan terasa menyiksa. Pilihan yang dijatukan ketika memilih dunia pendidikan akan mencapai kesuksesan apabila peserta didik yang telah diajar oleh pendidik sudah dapat mencapai keberhasilannya sendiri.

    ReplyDelete
  6. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Dari interview kita akan mengenal sosok Prof. marsigit yang sangat terbuka, terbukti dari jawaban jawaban yang Prof utarakan. Banyak hal yang dibicarakan dari interview di atas, dari arti hidup, proses berpikir kritis, sejarah kita, hingga banyak lainnnya yang dapat kita petik untuk di pelajari oleh saya sendiri.

    ReplyDelete
  7. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Salah satu hal yang menarik untuk dikaji dari link tersebut adalah tentang budaya atau kebudayaan. Dimana budaya sendiri merupakan makna dari kehidupan, pikiran, komunikasi, tempat, waktu, nilai, persahabaran, perasaan, kreativitas, tujuan, hubungan, refleksi, cermin, referensi, komunikasi dan masi banyak lagi. Karena sebenar-benar budaya adalah dirimu sendiri.

    ReplyDelete
  8. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Interview dengan Pak Prof.Marsigit di Whohub sangat menarik karena dapat mengenal lebih dalam tentang bapak serta mengerti lebih dalam mengenai pandangan bapak tentang ‘creativity, harmony, personality, ideas, dan philosophy’. Selain itu, setelah membaca interview tersebut dapat menjadi motivasi bagi saya supaya menjadi pribadi yang lebih baik.

    ReplyDelete
  9. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Meskipun kebahagiaan tidak bisa di ukur dan tingkat kebahagiaan setiap orang berbeda-beda tetapi menurut saya, kebahagiaan itu sederhana. Apapun kegiatan yang kita lakukan, jika kita melakukan dengan penuh keikhlasan, maka kebahagiaan akan mengikutinya.

    ReplyDelete
  10. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Jika kita mempunyai ilmu, kita tidak boleh sombong, merasa paling puas dan benar. Dalam menggapai ilmu hendaknya dengan hati yang tulus ikhlas dan pikiran yang kritis. Ilmu yang kita miliki akan bermanfaat bagi orang lain jika ilmu itu kita bagikan juga ke orang lain. Semoga dengan interview dengan Prof. Marsigit ini bisa memberikan kita motivasi untuk terus menjadi manusia yang rendah hati dan berbuat baik kepada sesama.

    ReplyDelete
  11. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Sebetulnya saya tidak bisa membuka tautan yang bapak bagikan melalui tulisan ini, sehingga saya bingung mau berkomentar apa. Namun dengan melihat komentar teman-teman, saya akan ikut berkomentar. Interview with Dr. Marsigit berarti dalam tautan tersebut terdapat interview yang dilakukan terhadap pak Marsigit. Interview biasaya dilakukan untuk mengetahui tentang seseorang yang sedang di interview, mengenai siapa dirinya, bagaimana sikapnya, bagaimana pikirannya. Dengan menggunakan keterangan tersebut, saya menduga dalam interview tersebut pak Marsigit menceritakan tentang apa yang sedang dilakukannya saat itu dan bagaimana pikirannya. Adapun apa yang dilakukan pak marsigit dan bagaimana pikirannya dapat dilihat dari komentar teman-teman yang lain.

    ReplyDelete
  12. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Dalam hidup ini tentu akan mengalami banyak masalah. Penyelesaian masalah tiap orang berbeda – beda, dalam wawancara tersebut yang paling berkesan bagi saya adalah belajar merupakan hal yang penting dalam hidup. Menurut saya, dengan belajar mengatasi masalah juga kitaakan belajar menjadi pribadi yang lebih dewasa dan lebih baik lagi. Selain belajar jugabekerja. Dengan bekerja akan ada banyak hal yang kita selesaikan dan yang kita capai. Oleh karena itu belajar dan bekerja merupakan hal yang penting dalam hidup ini.

    ReplyDelete
  13. Pendidikan tidak hanya terjadi di sekolah – sekolah. Sekolah merupakan formalisasi pendidikan. Pendidikan bisa dilakukan dimana saa dan kapan saja. Yang harus menjadi pegangan pada diri manusia adalah untuk selalu mencari pengetahuan. Pengetahuan takkan pernah habis untuk digali atau dicari. Jadikan pendidikan dilakukan sepanang hayat.

    ReplyDelete
  14. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Bahagia menurut saya sederhana, dengan menjalani kehidupan dengan penuh keikhlasn dan jujur menjadi diri sendiri. walaupun untuk mencapai keihklasan yang hakiki itu sulit namun ketika terus berusaha untuk ikhlas insyaallah akan selalu merasa bersyukur. takaran bahagia setiap orang berbeda beda, dan yang mengetahui hanya diri sendiri dan Allah SWT.

    ReplyDelete
  15. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    ilmu dalam kehidupan itu tidak hanya ilmu kognitif yang diajarkan di sekolah namun ilmu kehidupan sehari hari juga perlu di pelajari, belajar tidak hanya ada di sekolah namun ada di mana pun kita berada. berbagai pengalaman yang ada dalam diri merupakan guru yang paling berharga untuk menjalani kehidupan kita selanjutnya.

    ReplyDelete
  16. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Ketika saya memutuskan untuk sebagai tenaga pendidik berarti saya sepenuhnya mengabdi pada negri untuk mencerdaskan anak bangsa. Sebagai pendidik bukanlah suatu pekerjaan yang hanya mengajar kemudian menerima upah dan selesai. Menjadi pendidik diperlukan skill yang memenuhi sebagai profesionalitas pendidik.

    ReplyDelete
  17. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Seperti dalam pertanyaan “Do you work well under pressure?” dan jawabannya “Please try to convert the pressure into the potentials.” Saya sangat setuju, bahwa jangan melakukan sesuatu hal di bawah tekanan karena dapat meningkatkan tingkat stress dalam diri kita hingga akhirnya mempengaruhi kesehatan. Apapun kegiatan yang kita lakukan hendaknya dilakukan secara ikhlas, sehingga apapun kegiatan tersebut bisa dijadikan sebuah potensi dari kemampuan kita.

    ReplyDelete
  18. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Jika saya diberikan pertanyaan seperti ini, “Please list something you have not yet done, but that you would definitely like to do someday?” maka saya juga akan menjawab “Happiness for all peoples”. Kebahagian orang lain itu sangat berharga. Saya akan senantiasa menebar kebaikan dan kebahagiaan bagi setiap orang karena sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya. Aamiin.

    ReplyDelete
  19. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Terimakasih Prof. Marsigit yang telah membagikan wawancaranya. Dengan wawancara ini saya menjadi lebih memahami pemikiran-pemikiran Prof. Marsigit. Seoga saya dapat mengambil ilmu dari wawancara tersebut sehingga dapat membuka wawasan saya.

    ReplyDelete
  20. Tahtalia
    14301241031
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Benar adanya bahwa dalam bekerja, kita tidak boleh memilih dengan siapa kita bekerja. Kita tidak dapat memilih dan memilah orang-orang yang akan menjadi partner kerja kita. Oleh karena itu, kita harus belajar untuk menjaga hubungan baik dengan setiap orang.

    ReplyDelete
  21. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Jika kamu ingin melihat dunia, maka lihatlah ke dalam pikiranmu. Karena dunia itu persis seperti apa yang kamu pikirkan. Seperti yang dapat kita jumpai selama perkuliahan dengan Prof. Marsigit, beliau adalah sosok yang sangat cerdas, hal ini juga terlihat di dalam tulisan-tulisannya yang lain daripada yang lain. Saya sangat mengagumi tulisan elegi-elegi ini. tulisan tersebut tidaklah mungkin lahir dari orang yang biasa-biasa saja. Dan yang membuat saya lebih takjub adalah keterpaduan antara filsafat dengan sastra yang beliau suguhkan. Benar-benar apik dan membuat saya susah berkata-kata. Dan saya benar-benar beruntung dan bangga pernah mengenal dan pernah mengikuti perkuliahan beliau beberapa kali.

    ReplyDelete
  22. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebagai seorang guru diharapkan dapat mengabdi dengan setulus hati tanpa memandang siapa yang akan kita ajar dan siapa partner kita dalam mengajar. jadikan setiap tantangan sebagai suatu cambuk kita untuk meningkatkan kompetensi dalam mengajar.

    ReplyDelete
  23. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Mungkin kalimat yang cocok dengan hal ini adalah kita memperoleh apa yang kita butuhkan, bukan yang kita inginkan. Contohnya yaitu kita tidak boleh memilih dengan siapa kita bekerja. Kita tidak bisa, memilih dan memilah orang-orang yang akan menjadi partner di tempat kita bekerja. Maka hubungan baik sangat perlu dijaga.

    ReplyDelete
  24. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sungguh sangat memotivasi interview bapak ini. Dalam menggapa kebahagiaan manusia dapat memandang dengan berbagai tolak ukur yang berbeda. Namun kebahagiaan hakiki adalah kebahagiaan atasa ridha’ Allah sehingga dalam melakukan setiap kegiatan haruslah ikhlas dan menyerahkan diri kepada Allah semata.

    ReplyDelete
  25. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Pelajaran yang saya ambil dari wawancara diatas adalah bahwa belajar itu sepanjang hayat, selfreminder untuk saya sendiri agar selalu haus akan ilmu , dimana sebenarnya ilmu itu sangat luas dan tak terbatas, apa yang kita miliki sekarang belum ada apa apanya disbanding luasnya ilmu itu, sehingga dengan sikap selalu haus akan ilmu maka kita akan terus semangat dan belajar itu sepanjang hayat bahkan sampai kita tua kita akan terus belajar, belajar disini tidak hanya di sekolah saja namun juga dalam kehidupan sehari hari pasti ada yang dapat kita jadikan pelajaran dan pengalaman.

    ReplyDelete
  26. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    If I can identify the begin of my creativity, it means that I am less creative. If I can explain why I am creative, it means that I am more creative" maksudnya ketika seseorang dapat menjelaskan bagaimana awal dari kreativitasnya berarti dia masih kurang kreatif. Tetapi jika dia mampu menjelaskan mengapa dia kreatif maka itu berarti dia lebih kreatif.

    ReplyDelete
  27. Yuni Astuti
    14301241035
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Saya tertarik dengan pernyataan "If I can identify the begin of my creativity, it means that I am less creative. If I can explain why I am creative, it means that I am more creative" yang jika saya terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi jika saya dapat mengidentifikasi permulaan dari kreatifitas saya, itu berarti bahwa saya kurang kreatif. Namun, jika saya dapat menjelaskan alasan mengapa saya kreatif, itu berarti bahwa saya lebih kreatif.

    ReplyDelete
  28. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sedih danbahagia itu kita yang menentukan, semuanya datang dari persepsi kita memandang sesuatu apakah ketika kita memandang ataupun mengalaminya kita menajdi bahagia atau sedih ?. Hakikat bahagia itu sendiri menurut saya yakni memutuskan berdamai dengan hati, melapangkan dengan hati kemudian di sinkronkan dengan pikiran sehingga timbulah rasa bahagia.

    ReplyDelete
  29. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Diatas langit masih ada langit tentunya kita sudah sering mendengar istilah tersebut. Dalam tulisannya lainy prof. Marsigit menyatakan bahwa sebenar-benar tetap itu relatif yang tetap hanya kekuasaan-Nya. Sehingga seberapapun tinggi ilmu kita selalu bersikap rendah hati dan tidak sombong karena sebenar-benar pengetahuan adalah pengetahun Sang Maha Kuasa, sebenar-benar pandai adalah Sang Maha Pandai.

    ReplyDelete
  30. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Setelah membaca hasil interview pada link di atas, saya bisa mengenal lebih dekat dengan Bapak Prof. Dr. Marsigit MA. Dari profesi, personaliti, hobi, serta ide dan filosofi ada di dalamnya. Yang paling saya ingat adalah ketika ditanya “Your mind is your work tool. How do you take care of it?” kemudian Bapak menjawab, “I do not fully agree with your statement. I do not perceive my mind is as a tool. I perceive it as my life. My mind is my life, without it I can not live. So, for me, it is not in the case of taking care of mind, but making it always lives”.

    ReplyDelete
  31. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam menuntut ilmu seyogyanya didasari dengan kerendahan hati, hati yang ikhlas, dan pikiran yang terbuka. Karena, dengan demikian, ilmu yang dimiliki akan selalu bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Serta dengan kerendahan hati itu akan terhindar dari sikap sombong karena telah berilmu. Semoga dengan adanya wawancara dengan Prof. Marsigit ini akan membuka hati, pikiran, dan memberi motivasi dari siapa saja yang membacanya.

    ReplyDelete
  32. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Ilmu dapat diperoleh di mana saja dan kapan saja, karena ilmu tidak terbatas pada ruang dan waktu. Ilmu yang kita cari bukan hanya sekadar ilmu kognitif yang didapat di sekolah, tetapi juga ilmu sosial yang didapat di masyarakat karena pada hakekatnya kita juga hidup dalam masyarakat. Oleh karena itu, kita mencari ilmu sepanjang hayat dan jangan cepat berpuas diri dengan ilmu yang kita miliki. Sesungguhnya hanya Allah SWT yang Maha Tahu segala sesuatu.

    ReplyDelete
  33. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Menurut saya, orang yang bahagia adalah orang dapat mensyukuri apapun yang dimilikinya. Dengan rasa syukur tersebut, orang akan memiliki kerendahan hati, keikhlasan, dan juga ketenangan batin. Dengan semua itu, orang akan merasa damai dalam hidupnya, sehingga tercipta kebahagiaan.

    ReplyDelete