Jul 14, 2014

Refleksi Pendidikan Kontemporer Indonesia




Ass Wr Wb, Bacaan menarik dari artikel saya terbaru berjudul:"Refleksi Pendidikan Kontemporer Indonesia: Sebuah Tinjauan Filsafat, Politik dan Ideologi Pendidikan",dapat dibaca di Link berikut:

https://www.academia.edu/7444798/Refleksi_Pendidikan_Kontemporer_Indonesia_Sebuah_Tinjauan_Filsafat_Politik_dan_Ideologi_Pendidikan

Demikian semoga bermanfaat
Wss Wr Wb,
Yogyakarta, 14 Juli 2014
Marsigit

61 comments:

  1. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Isu-isu kontemporer pendidikan di Indonesia saat ini banyak sekali isu-isu tersebut berkembang begitu cepat dan pesat dengan adanya ICT sekarang ini. Kontemporer artinya kekinian, modern atau sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama saat ini. Jadi isu kontemporer pendidikan menurut penulis adalah isu-isu terkait dunia pendidikan yang tidak terikat lagi oleh aturan-aturan zaman dulu, dan berkembang sesuai zaman sekarang. Salah satu isu kontemporer pendidikan di Indonesia yaitu "Komersialisasi Pendidikan". Orientasi pendidikan sebagaimana yang dicita-citakan secara nasional barangkali dalam konteks era sekarang ini menjadi tidak menentu atau kabur kehilangan orientasi mengingat adalah tuntutan pola kehidupan pragmatis dalam masyarakat indonesia. Hal ini patut untuk dikritisi bahwa globalisasi bukan semata mendatangkan efek positif dengan kemudahan yang ada akan tetapi berbagai tuntutan kehidupan yang disebabkan olehnya menjadikan disorientasi pendidikan.

    ReplyDelete
  2. Lana Sugiarti
    16709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Saya setuju dengan pendapat Bapak dalam artikel yang mengatakan bahwa krisis multidimensi bangsa ditandai dengan beragam konflik dalam dimensi kehidupan. Untuk itu diperlukan telaah pendidikan dengan pendekatan filsafat, politik, dan ideologi. Pancasila sebagai filsafat dan ideologi bangsa Indonesia harus dapat diamalkan secara nyata oleh bangsa agar dapat mempengaruhi secara baik semua segi yang ada, misalnya dalam bidang pendidikan. Pendidikan membutuhkan suatu proses dan usaha untuk mencapai kemajuan. Oleh karena itu, konteks latar belakang pendidikan kontemporer Indonesia yang bersifat ontologis dari tribal harus segera dibenahi dengan suatu proses dan usaha yang serius dari semua pihak yang terlibat agar pendidikan dapat berfungsi maksimal dengan baik.

    ReplyDelete
  3. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Dari refleksi kontemporer Indonesia menunjukkan bahwa negeri ini belum terlepas dari krisis multidimensi yang ditandai dengan beragam konflik dalam dimensi kehidupan, kekisruhan bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dekadensi moral, dan sebagainya. Untuk mengatasinya dengan mengembangkan Sistem Pendidikan Nasional agar mampu mengembangkan hakikat keilmuan sebagai Saintifik Spiritualisme yang didukung dengan kurikulum yang mampu mewadahi hermenitika hidup seutuhnya berdasarkan Pancasila.

    ReplyDelete
  4. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Negara yang tangguh berisikan sumber daya manusia yang tangguh, berilmu, rendah hati, tidak sombong, dan selalu berserah kepada Tuhan Yang maha Esa atas apa yang di lakukan di dunia. Salah satu isu kontemporer pendidikan di Indonesia yaitu "Komersialisasi Pendidikan". Orientasi pendidikan, sebagaimana yang dicita-citakan secara nasional, barangkali dalam konteks era sekarang ini menjadi tidak menentu, atau kabur kehilangan orientasi mengingat adalah tuntutan pola kehidupan pragmatis dalam masyarakat indonesia.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Saya sangat setuju dengan artikel yang bapak tulis, bahwa sekarang ini anak didik atau siswa dari kecil sudah di perkenalkan dengan gadget/teknologi yang berdampak positif ataupun negatif. sejak umur (dua) tahun sudah dikenalkan dengan smartphone,komputer, internet dan sebagainya dengan berdampak yang sangat negatif jika tidak diawasi sama orang dewasa. Untuk itu diperlukan telaah pendidikan dengan pendekatan filsafat, politik, dan ideologi. Pancasila sebagai filsafat dan ideologi bangsa Indonesia harus dapat diamalkan secara nyata oleh bangsa agar dapat mempengaruhi secara baik semua segi yang ada, misalnya dalam bidang pendidikan

    ReplyDelete
  6. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Artikel ini menginformasikan tentang keadaan pendidikan Indonesia dilihat dari sudut pandang filsafat, politik, dan ideologi. Indonesia saat ini belum bisa terlepas dari masalah yaitu krisis multidimensi. Krisis multidimensi bangsa ditandai dengan beragam konflik dalam dimensi kehidupan. Dimana untuk bidang pendidikan, dalam pelaksanaannya masih berada di bawah pengendalian Powernow. Seperti siswa ditakut-takuti dengan pelaksanaan ujian nasional. Mereka menanggap bahwa masa depan sangat ditentukan dengan kelulusan pada saat UN. UN menjadi momok yang sangat menakutkan bagi siswa Indonesia.

    ReplyDelete
  7. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pada dasarnya, masih ada beberapa PR bagi Indonesia dalam pengembangan pendidikan. Salah satunya adalah krisis multidimensi yang menyebabkan penyimpangan implementasi pendidikan dari ideology Pendidikan yang berdasar pada Pancasila dan UUD 1945. Pada masa kontemporer sekarang, sudah seharusnya pendidikan bersifat obyektif artinya tidak memihak kepada golongan tertentu. Pelaksanaan pembelajaran dalam membangun sikap, pengetahuan dan keterampilan berdasarkan Kurikulum 2013 juga harus tuma’ninah, artinya konsisten. Sehingga mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis, kreatif, fleksibel dan dinamis untuk mencapai tujuan pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete
  8. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Politik pendidikan erat kaitannya dengan ideologi pendidikan. Tentu ideologi pendidikan tiap negara berbeda – beda, begitu pula di Indonesia. Berdasarkan hasil bacaan refleksi tersebut saya menemukan ideologi pendidikan di Indonesia adalah mengimplementasikan Ideologi Pendidikan Public Educator yaitu diturunkan dari demokratis Pancasila. Namun pada kenyataannya pelaksanaan ini masih dalam tahap kegamangan serta belum mampu mendudukkan ideologi dan politik strategis bangsa.

    ReplyDelete
  9. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Indonesia masih belum terlepas dari krisis multidimensi. Hal ini terjadi hampir di semua bidang, termasuk pada bidang pendidikan. Krisis multidimensi pada bidang pendidikan ditandai dengan munculnya masalah-masalah pendidikan seperti kegembiraan anak-anak dirampas oleh tuntutan dari lingkungan dalam menghadapi UN. Orang tua/guru selalu mengkondisikan bahwa kegagalan menempuh UN adalah sebuah kegagalan hidup. Sehingga hal ini dapat menjadi tekanan psikologis bagi anak. Masalah lainnya yaitu politik dan sistem pendidikan nasional Indonesia belum menggambarkan pola dan struktur yang konsisten, kompak, dan komperhensif. Dalam politik Pendidikan kontemporer Indonesia terdapat praktek politik demokrasi transaksional dan politik uang, serta menuju pada Egosentrisitas Pasar Bebas. Keadaan ini dapat membawa bangsa Indonesia yang mengalami kemunduran moral, dan menyebarnya praktik KKN. Serta masih banyak masalah-masalah dunia pendidikan lainnya. Oleh karena itu, untuk mengatasi krisis multidimensi, bangsa Indonesia harus mewujudkan Politik dan Ideologi Pendidikan berdasarkan Filsafat Pancasila dan Demokrasi UUD’45.

    ReplyDelete
  10. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Pendidikan kontemporer yang saat ini diterapkan di Indonesia sudah masuk ke diri masing-masing siswa dengan segala informasinya. Ketika siswa tidak memiliki pondasi yang kuat mengenai agama dan akhlak pasti akan terbentuk pribadi yang tidak baik. Pendidikan tata krama dan moral pancasila saat ini harus mulai diterapkan kembali agar siswa menjadi orang nmaju

    ReplyDelete
  11. Eka Dina Kamalina
    14301241055
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Bentuk atau struktur kehidupan Indonesia secara menyeluruh yang dapat digambarkan sebagai bentuk yang belum berbentuk, forma yang belum berforma, dan struktur yang belum terstruktur. Karena hal inilah terjadi krisis multidimensional yang ditandai dengan beragam konflik dalam dimensi kehidupan dan masih dikendalikan oleh PowerNow.
    Saat ini, semua aktivitas sekolah dan metode pembelajaran diarahakan untuk siswa agar lulus UN dengan nilai setinggi-tingginya. Anak-anak umur 2 tahun sudah dikenalkan dengan gadget, yang sebenarnya tidak begitu bermanfaat untuk anak dengan usia tersebut.
    Politik Pendidikan kontemporer Indonesia tersandera oleh praktik Politik Demokrasi Transaksional dan Politik Uang, serta godaan yang sangat besar karena tidak ada alternatif lain kecuali pelan tetapi pasti menuju egosentrisitas Pasar Bebas seperti GATT, WTO, dan AFTA.

    ReplyDelete
  12. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Pendidikan merupakan program yang dikaitkan dengan usaha hidupa seseorang untu menjadi lebih hidup di segala aspek dan dimensi dengan cara mengetahui apa yang bisa dilakukan dana pa yang dimengerti dan apa yang tidak dimengerti dengan tujuan untuk menciptakan masyarakat yang ideal.

    ReplyDelete
  13. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Melihat artikel di atas kita akan mengetahui bahwa memposisikan siswa sebagai subjek didik yang bersifat tuma'ninah, istiqamah dan tawakal adalah solusi untuk perwujudan sistem pendidikan indonesia yang ideal. Dengan begitu siswa akan memanfaatkan segenap alam semesta ciptaan Tuhan sebagai sumber belajarnya dalam upaya membangun sikap, pengetahuan, keterampilan bahkan pengalamannya. Semua hal tersebut juga hendaknya didukung oleh guru yang menggunakan metode yang inovatif dalam mengajar yang bersifat kritis, fleksibel, dinamis.

    ReplyDelete
  14. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Sudah sepantasnya politik pendidikan pancasila menjadikan pancasila sebagai landasan pengembangan kurikulum dalam setiap tingkatan pendidikan. Karena, berangkat dari pendidikan pancasila dalam pembuatan kurikulum akan menjadikan implementasi kurikulum sesuai dengan nili-nilai luhur yang terkandung dalam jati diri bangsa. Selain itu, dalam mengembangkan nilai-nilai pancasila sudah sepantasnya Indonesia turut memperhatikan nilai-nilai spiritual yang juga terkandung dalam pancasila.

    ReplyDelete
  15. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Dalam merefleksikan pendidikan indonesia, permasalahan eksternal pendidikan di Indonesia sesungguhnya sangat komplek. Hal ini dikarenakan oleh kenyataan kompleksnya dimensi-dimensei eksternal pendidikan itu sendiri meliputi dimensi sosial, politik, ekonomi, budaya, dan bahkan juga dimensi global. Globalisasi memang belum merupakan kecenderungan umum dalam bidang pendidikan. Namun gejala kearah itu sudah mulai Nampak.Oleh karena itu, globalisasi sudah mulai menjadi permasalahan actual pendidikan. Permasalahan globalisasi dalam bidang pendidikan terutama menyangkut output pendidikan. Salah satu fungsi pendidikan adalah melakukan inovasi-inovasi sosial. Fungsi pendidikan sebagai agen perubahan sosial tersebut, ternyata justru melahirkan paradoks.Kenyataan menunjukkan bahwa, sebagai konsekuansi dari perkembangan ilmu perkembangan dan teknologi yang demikian pesat dewasa ini, perubahan sosial berjalan jauh lebih cepat dibandingkan upaya pembaruan dan laju perubahan pendidikan.

    ReplyDelete
  16. Elli Susilawati
    16709251073
    Pmat D 2016

    Seperti yang telah Bapak tulis, saat ini kita dilanda krisis multidimensi. Krisis yang terkadang membuat kita khawatir bagaimana kehidupan kita di masa depan nantinya. pengaruh gadget hampir membuat semua orang lupa pada dunia nyata, dan sibuk dengan dunia mayanya sendiri. Budaya instan dan hedonisme bahkan sekarang adanya budaya glamor riya, menunjukkan kebaikan yang ada didirinya, kemudian meng-uploadnya di medsos. Semoga kita semua selalu berusaha introspeksi diri dan dapat mengontrol diri kita sendiri supaya tidak mudah terbawa arus yang kiranya tidak jelas/tidak bermanfaat.

    ReplyDelete
  17. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pendidikan di Indonesia sudah mengalami multidimensi. Untuk mengurangi multidimensi ini perlu pedoman yang harus dipatuhi dan dilaksanakan yaitu sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Dengan pedoman ini, diharapkan lebih memperkuat jati diri bangsa dan bisa bersaing secara internasional. Seorang guru sebaiknya ing ngarsa sung tuladha, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayani. Sehingga menghasilkan peserta didik yang kritis dan kreatif karena pembelajaran berpusat pada peserta didik itu sendiri.

    ReplyDelete
  18. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Hasil kajian Bapak mengenai filsafat yang telah memberikan petunjuk adanya aliran-aliran pemikiran dari para filsuf, sedangkan untuk politik dan ideologi memberikan konteks, persoalan, dan solusinya. Terdapat titik temu antara filsafat, ideologi dan politik yaitu permasalahan-permasalahan yang terjadi di Indonesia dapat di dekati menggunakan pemikiran para filsuf dan dapat menggunakan kecerdasan lokal. Seperti yang terjadi akhir-akhir ini dimana agama dan suku dari suatu daerah disinggung dalam sebuah permasalahan yang sejatinya jika kita memaklumi bahwasanya negara kita mempunyai semboyan bhineka tunggal ika, maka semuanya dapat diselesaikan dengan baik. Seseorang yang dapat berpikiran dinamis dan kreatif dalam menembus ruang dan waktu itulah sebenar-benarnya individu yang bermanfaat, seperti yang diutarakan Kant jika engkay ingin mengetahui dunia maka tengoklah pikiranmu sendiri.

    ReplyDelete
  19. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Di jaman yang sangat modern ini, teknologi sudah amatlah canggih. Banyak sekali siswa SD yang sudah diperkenalkan dengan gadget yang segala informasi ada di dalam sana. Sebenarnya tidak jadi masalah untuk memperkenalkan gadget ke siswa selama itu masih dalam batas pengetahuan di dimensi siswa tersebut dan tidak mengabaikan nilai pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia. Jangan sampai ideologi bangsa ini hilang karena mengikuti perkembangan jaman.

    ReplyDelete
  20. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Proses pengajaran dalam pendidikan paska reformasi tidak berbeda jauh dengan Orde Baru, dimana kurikulum dibuat agar masyarkat menjadi tenaga ahli/pekerja dalam sektor-sektor industri. Menurut Revrisond Baswir bahwa hampir setiap fakultas ekonomi di seluruh Indonesia merupakan kerangka dari Neo-liberalisme dan Kapitalisme. Para lulusan sekolah dari dasar sampai perguruan tinggi akan dijadikan pasar tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan industri.Masih ada permasalahan lain yang belum dijelaskan terkait apa saja permasalahan pendidikan saat ini. Permasalahan akses terhadap pendidikan, kurikulum yang selalu berganti, kekerasan simbolik maupun kekerasan fisik yang terjadi didunia pendidikan dan sebagainya. Jadi jangan heran ketika keadaan dibidang ekonomi, hukum, politik, dan sosial budaya yang ada tetap menjaga status quo karena itu tidak jauh dari produk pendidikan yang ada.

    ReplyDelete
  21. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Krisis multidimensi masih menjadi masalah untuk bangsa Indonesia. untuk mengatasi hal tersebut, Indonesia harus tetap berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945, pengaruh barat yang semakin lama semakin memperngaruhi bangsa Indonesia, maka pendirian bangsa yang kuat berdasar karakter bangsa Indonesia sangat di butuhkan.

    ReplyDelete
  22. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Sebagai pendidik dan pemerhati pendidikan, tentunya kita harus selalu melakukan evaluasi dan penyesuaian agar bisa menghadapi perubahan globalisasi. Perubahan yang menjadi sorotan mulai dari abad ke 20 dalam pendidikan adalah teknologi. Pendidik atau pemerhati pendidik saat ini tentu harus memilih, apakah menentang teknologi atau malah memanfaatkan teknologi untuk pendidikan. Saya sendiri berpendapat bahwa pendidik dan pemerhati pendidik seharusnya bersahabat dengan teknologi dan menggunakannya untuk pembelajaran. Karena, siswa-siswa kita dilarang atau tidak dilarang, pasti akan berkenalan dengan teknologi, yang saat ini disederhanakan jadi gadget. Siswa-siswi kita saat ini, sudah akrab dengan gadget, sampai-sampai tidak bisa terpisah darinya. Oleh karena itu, (kemarin) sudah saatnya pendidik dan pemerhati pendidik untuk melakukan inovasi dunia pendidikan melalui teknologi.

    ReplyDelete
  23. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pendidikan merupakan persiapan sumber daya manusia untuk masa depan. Akan tetapi tetaplah ada masa lalu yang harus direfleksikan. Dalam hal ini dilakukan refleksi Pendidikan Kontemporer untuk memperjelas posisi kita, dari mana, sedang dimana dan hendak menuju kemana. Hal ini dilakukan agar dalam rangka menatap masa depan pendidikan kita diberikan kemantapan. Selain itu juga dapat digunakan untuk menilik apakah kita sudah ada pada jalan yang tepat.

    ReplyDelete
  24. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Keadaan pendidikan di Indonesia dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, seperti yang telah dijelaskan dalam artikel ini bahwa terdapat sudut pandang yaitu filsafat, politik, dan ideologi. Krisis multidimensi membawa berbagai dampak dalam kehidupan, begitu juga dengan pendidikan di Indonesia. Kurangnya guru yang profesional menjadikan pendidikan di Indonesia sulit maju dan berkembang. Mungkin dengan sistem pendidikan yang diperbaiki akan membawa dampak positif bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia untuk selanjutnya.

    ReplyDelete
  25. Kurikulum yang dibuat merupakan standar pendidikan yang harus diselenggarakan. Standar dapat diartikan sebagai hal minimal yang perlu dipelajari oleh siswa. Standar dalam pembelajaran dapat ditambah sesuai dengan karakteristik dari siswa. Jangan sampai materi standar yang diberikan kurang. Standar pendidikan dapat ditinggkatkan tetapi tidak bolah dikurangi. Masih terjadi tarik ulur standar yang harus diberikan pada siswa. Tentang pendidikan yang berbasis pada demokrasi atau ditentukan oleh pemerintah pusat. Pendidikan adalah untuk membebaskan bukan membatasi apalagi mengikat.

    ReplyDelete
  26. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menarik sekali tulisan pak Prof mengenai refleksi pendidikan kontemporer Indonesia. Beliau menawarkan konsep politik pendidikan Indonesia "Pendidikan Demokrasi Pancasila". Konsep ini muncul untuk mengatasi krisis multidimensi yang sedang terjadi di Indonesia. Ciri khas dari konsep tersebut yaitu dengan berlandaskan pancasila berkarakter jati diri Indonesia, dengan kurikulum yaitu hermenitika hidup berlandaskan pancasila. Hal tersebut sangat pas dengan teori mengajar yang direncanakan, yaitu sesuai dengan Ki Hadjar Dewantoro, yaitu ing ngarso sung tuladha, ing madya mangun karsa, tut wuri handayani

    ReplyDelete
  27. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Pendidikan kontemporer memang sedang menjadi perbincangan hangat didunia pendidikan. arus globalisasi tidak selamanya berdampak positif sehingga harus disaring mana yang baik dan tidak. konsep pendidikan Indonesia " pendidikan demokrasi pancasila" ini muncul untuk mengatasi krisis multidimensi. pendidikan yang ada di indonesia harus sesuai dengan pedoman kita Pancasila dan tetap menunjukkan karakter bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  28. Indriyani Fatmi
    13301244031
    S1 Pendidikan Matematika 2013

    Dunia pendidikan di Indonesia masih memiliki beberapa kendala yang berkaitan dengan mutu pendidikan diantaranya adalah keterbatasan akses pada pendidikan, jumlah guru yang belum merata, serta kualitas guru itu sendiri dinilai masih kurang

    ReplyDelete
  29. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Salah satu perkembangan dalam dunia globalisasi saat ini adalah perkebangan IPTEK. IPTEK sangat memberikan perubahan besar terhadap dunia pendidikan dan segala sektor bangsa, namun ironinya Indonesia masih mengalami krisis multidimensi. Krisis mutidimensi bangsa ditandai dengan beragam konflik dalam dimensi kehidupan dan kekisruhan bidang ekonomi, politik, sosial dan budaya. Kini menjadi tugas kita bersama untuk menemukan solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi oleh bangsa ini.

    ReplyDelete
  30. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pendidikan saat ini seperti yang Bapak katakan sedang krisis multidimensi.Dimana orangtua lebih membelikan anaknya HP daripada membayar SPP atau kepentingan sekolah lainnya. Berkembangnya gadget dewasa ini sudah tak lagi bisa dikejar, orang-orang dengan sendirinya akan lebih sibuk pada dunia maya dari pada dunia nyatanya,

    ReplyDelete
  31. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    Saya sangat setuju dengan artikel tersebut. Di indonesia anak kecil selalu berkembang sesuai dengan perkembangan yang sedang terjadi. Bannyaknya krisis kehidupan memerlukan penanganan yang sesuai dengan berbagai macam sudut pandangm kehidupan.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  32. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    Adanya berbagai krisis masalah dalam kehidupan membutuhkan banyak penyelesaian. Penyelesaian yang dapat mengatasi semua krisis tersebut. Hal yang dimaksud adalah penanganan sesuai dengn sudut pandang filsafat, politik dan pendidikan.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  33. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049
    Perkembangan teknologi yang sedang berkembang saat ini tidak lagi dapat diatasi oleh orang tua. Orang tua yang lebih memilih memberikan anaknya gadget dari pada pendidikan yang baik sangat sering ditemui. Gadget yang awalnya hanya menjadi kebutuhan sudah beralih fungsi menjadi gaya hidup dan kebutuhan yang seolah-olah orang tidak dapat hidup tanpa hal itu.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  34. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Pendidikan kontemporer harus menyesuaikan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi. Untuk itu yang perlu dilakukan adalah mengembangkan sistem pendidikan yang berwawasan global agar menghasilkan out put (lulusan) dari lembaga pendidikan yang lebih bermutu, supaya mereka percaya diri dalam menghadapi persaingan global, dan mengedepankan metode interdisipliner, interkonektifitas.

    ReplyDelete
  35. Tahtalia
    14301241031
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Pendidikan merupakan salah satu aspek penting dalam suatu negara, karena dengan pendidikan akan melahirkan generasi penerus bangsa. Pendidikan yang maju akan melahirkan generasi penerus bangsa yang terus berpikir dan bertindak untuk kemajuan bangsa. Oleh karena itu, pendidikan harusnya terus diupayakan agar tujuan dari pendidikan dapat tercapai.

    ReplyDelete
  36. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Pendidikan merupakan human investment yang sangat strategis untuk menciptakan generasi yang akan datang. Bagaimana generasi kita yang akan datang adalah tergantung bagaimana kualitas pendidikan kita. Pendidikan kontemporer di Indonesia saat ini memiliki banyak perbedaan dengan pendidikan di masa lampau. Salah satu ciri khas pendidikan kontemporer saat ini adalah maraknya penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Pendidikan kontemporer juga mempunyai kelebihan dan kekurangan. penggunaan teknologi dalam pembelajaran terkadang disalahgunakan oleh siswa. hai ini yang menjadi kekurangan dari pendidikan konteporer di Indonesia.

    ReplyDelete
  37. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah...
    Saya setuju jika pendidikan konteporer terkini bagi Indoneisa adalah Pendidikan Demokrasi Pancasila. Hal ini karena pancasila adalah bangsa Indonesia itu sendiri. Pancasila dicetuskan oleh para pemuda asli Indonesia. Pemikiran para pencetus pancasila berasal dari apa yang ada disekitarnya (Indonesia). Dilihat dari sisi religius, kemanusian, persatuan, demokrasi, sosial dan budaya, yang berkembang di Indonesia. Saya belum menemukan satu bangsa lain yang mampu menyusun seperti Pancasila. Pancasila adalah paket lengkap dan di rasa sangat cocok diterapkan berbagai bidang, termasuk pendidikan. Terlebih setelah Bapak uraikan pada makalah di atas, menambah keyakikan inilah pendidikan kontenporer Indonesia.

    ReplyDelete
  38. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016
    Memang demikian adanya bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang belum terlepas dari krisis multidimensi, salah satunya pada bidang pendidikan. Ketika kita membicarakan pendidikan di Indonesia secara kategori masih bernilai gagal, terlihat bahwa politik dan sistem pendidikan nasional Indonesia belum menggambarkan pola dan struktur yang bersifat konsisten dan komprehensif. Pendidikan kontemporer di Indonesia dituntut dalam pengembangan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing dengan dunia internasional.

    ReplyDelete
  39. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Gagasan dalam pendidikan kontemporer yaitu bagaimana mencapai pendiidkan yang demokrasi berlandaskan Pancasila. menarik bahwa, untuk meningkatkan jati diri bangsa dengan berlandaskan identitas ideologi negara. diharapkan pendidikan menjadi lebih student-centered dimana siswa meningkatkan kreatifitasnya dengan mengkonstruk sendiri pengetahuan yang dimilikinya.

    ReplyDelete
  40. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Belajar dimulai sejak kita dilahirkan hingga saat kematian menjemut. Namun belajar ada yang dengan kita sadari da nada juga tanpa disadari. Belajar ada yang merupakan kebutuhan yang harus kita ketahui, namun ada juga yang hanya sekedar mengetahui tanpa membutuhkannya. Begitu juga dengan pendidikan anak kecil yang tidak dapat disetarakan dengan remaja. Baik itu secara konten, pengajaran, maupun pola pikir. Maka dari itu pada tahapan sekolah dasar siswa tidak diharapkan memahami menguasai seluruh materi pada konten, namun mengubah pola pikir siswa, mempertajam penalarannya, merasa bahwa ia membutuhkan pengetahuan khususnya matematika dalam menyelesaikan masalah dan berkreativitas.

    ReplyDelete
  41. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Masa depan bangsa ada pada tangan generasi muda. Untuk mewujudkan dan mempertahankan itu maka peran pendidikan sangatlah penting. Pendidikan yang maju akan melahirkan generasi penerus bangsa yang terus berpikir dan bertindak untuk kemajuan bangsa. Oleh karena itu, pendidikan harusnya terus diupayakan untuk bisa mencapai tujuan memajukan dan mempertahankan bangsa ini.

    ReplyDelete
  42. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Majunya sebuang bangsa sangat erat hubungannya dengan aspek pendidikan. Kualitas pendidikan menjadi salah satu indikator posisi negara tersebut dengan negara-negara lainnya. Pendidikan yang baik dan berkualitas melahirkan generasi penerus yang cerdas dan siap memajukan bangsanya. Dengan sistem pendidikan kurikulum 2013 saya yakin sedikit demi sedkit pendidikan Indonesia bisa maju.

    ReplyDelete
  43. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Teknologi berkembang sangat pesat. Dahulu teknologi hanyan untuk kalangan atas dan orang dewasa. Akan tetepi pada masa ini teknologi melekat pada hampir semua kalangan termasuk anak kecil. Adanya teknologi ini akan berdampak positif dan negative bagi anak kecil. Jika orang tua tidak mengawasi penggunaan teknologi anaknya maka hal ini akan menjadi bumerang.

    ReplyDelete
  44. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  45. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pendidikan pada sebuah negara disesuaikan dengan budaya dan nilai-nilai yang ada di negara tersebut. Hal ini juga berlaku di Indonesia. Pendidikan di Indonesia harus sesuai dengan nilai-nilai dalam Pancasila karena Pancasila adalah ideologi bangsa Indonesia. Pancasila berisi nilai demokrasi artinya jika dihibungkan dengan pembelajaran matematika, siswa aktif dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  46. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam tulisan bapak ini menyebutkan bahwa Indonesia itu masih memiliki masalah kontemporer yang belum terlepas dari adanya multidimensi. Sehingga dalam orientasi pendidikannya sedikit kuran gjelas. Dan kurang jelas menjunjung orientasi seperti yang ada di undang-undang dasar. Sehingga dalam mengatasi hal ini Indonesia harus mengembangkan system pendidikan yang berparadigma konstructivisme ini sehingga siswa dengan tidak terpaksa untuk belajara dan membangun sendiri rumah pengetahuannya.

    ReplyDelete
  47. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Kontemporer artinya kekinian, modern atau sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama saat ini. Jadi isu kontemporer pendidikan adalah isu-isu terkait dunia pendidikan yang tidak terikat lagi oleh aturan-aturan zaman dulu, dan berkembang sesuai zaman sekarang. Salah satu isu kontemporer pendidikan di Indonesia yaitu "Komersialisasi Pendidikan".

    ReplyDelete
  48. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Praktik komersialisasi pendidikan yang terjadi di Indonesia saat ini telah menjadi sebuah rahasia umum. Nampaknya gejala komodifikasi pendidikan itu telah menjangkit mulai dari jenjang playgroup hingga perguruan tinggi, baik itu swasta maupun negeri. Contohnya yang paling sederhana yaitu semakin mahalnya biaya untuk masuk ke sebuah perguruan tinggi sekarang ini.

    ReplyDelete
  49. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Adanya praktik komodifikasi atau komersialisasi pendidikan saat ini harus menjadi perhatian serius Pemerintah. Hal ini menunjukkan pengelolaan pembiayaan pendidikan yang ada saat ini masih jauh dari prinsip-prinsip yang telah ditetapkan di dalam UU Sisdiknas Tahun 2003. Dalam pasal 48 UU Sisdiknas dinyatakan bahwa pengelolaan pembiayaan pendidikan harus menegakkan prinsip-prinsip keadilan, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas publik.

    ReplyDelete
  50. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Artikel tersebut menjelaskan bagaiaman kondisi pendidikan di Indoenesia sekarang , perkemabangan teknologi dan informasi memiliki dampak positif dan dampak negative, perlu adanya pembatsan dalam penggunaan tekhnologi, walaupun guru tidak bisa mengwasi siswa 24 jam namun guru dapat memberikan arahan kepada siswa,

    ReplyDelete
  51. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Setiap Negara memiliki ideologinya masing masing, begitu juga Indonesia, dan setiap Negara memiliki ideology yang berbeda beda, sedangkan ideology merupakan dasar perumusan tujuan pendidikan, pendidikan harus seseuai dengan ideology bangsa, karakter bangsa dan pedoman bangsa Indonesia agar pelaksaannya dapat berjalan dengan lancer.

    ReplyDelete
  52. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Pendidikan kontemporer artinya pendidikan mengarah ke arah modern, hal ini perlu kita waspadai karna di balik tekhnologi dan informasi yang dapat diakses secara bebasa akan membuat terkikis nya karakter Indonesia. Selian itu kita juga masih belum terlepas dari krisis multidimensi yang ditandai dengan kekisruhan dibidang politik, ekonomi,budaya dst. Sehingga semua yang kita dapatkan dari era globalisasi harus disesuaikan dengan pedoman kita yaitu pancasila.

    ReplyDelete
  53. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasi sebelumnya pak untuk link yang diberikan untuk melihat potret pendidikan kontemporer serta dalam mempersiapkan diri uuntuk menghadapi dunia pendidikan kontemporer itu sendiri.

    ReplyDelete
  54. NUrrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam artikel tersebut menyatakan bahwa pendidikan kontemporer di Indonesia tidaklah murni akan tetapi sudah tercampur dengan politik demokrasi transaksional dan politik uang. Membaca hal ini saya jadi teringat pengalaman saya ketika menjadi pengawas try out UNBK yang diadakan oleh pemerintah. Salah satu pesan yang disampaikan bahwa segala gejolak kebijakan yang pernah dilakukan itu memang salah satu permainan politik.

    ReplyDelete
  55. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sistem pendidikan hendaknya memang mampu memberi kedudukan atau memposisikan siswa sebagai subjek dalam membangun sikap, pengetahuan, ketrampilan dan pengalamannya dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada. Metode pembelajaran yang ditawarkan oleh guru di kelas hendaknya bersifat kritis, fleksibel, dinamis. Penilaian pencapaian belajar juga hendaknya berubah dari konsep mengukur menuju konsep asesmen untuk mencatat atau merefleksikan hidupnya.

    ReplyDelete
  56. Yuni Astuti
    14301241035
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Sistem pendidikan di Indonesia khususnya seharusnya mampu memposisikan para siswa sebagai subyek pendidikan dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada di sekitarnya sehingga mampu mewujudkan tujuan pendidikan yang selama ini didamba-dambakan semua kalangan. Dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas sangat diperlukan adanya metode pembelajaran yang bersifat inovatif.

    ReplyDelete
  57. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Agar bisa berkesinambungan, pendidikan kontemporer harus menyesuaikan perkembangan zaman dan perkembangan teknologi. Untuk itu yang perlu dilakukan adalah mengembangkan sistem pendidikan yang berwawasan global agar menghasilkan out put dari lembaga pendidikan yang lebih bermutu, supaya mereka percaya diri dalam menghadapi persaingan dunia.

    ReplyDelete
  58. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam link diatas terdapat makalah yang berjudul Refleksi Pendidikan Kontemporer Indonesia. Dalam makalah tersebut ada pembahasan mengenai Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Mikro Filsafat dan Mikro Ideologi Pendidikan. Terdapat tabel ontologi mikro filsafat dan mikro ideologi pendidikan yang membagi Pendidikan menjadi Pendidikan kapitalisne, Pendidikan saintisisme, Pendidikan sosialisme, Pendidikan spiritualisne, Pendidikan demokrasi dan Pendidikan kontemporer Indonesia. Berdasarkan taebl tersebut Pendidikan yang sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia adalah Pendidikan demokrasi karena menganut ideologi demokrasi, dengan pembelajaran yang kreatif dan iinteraktif.

    ReplyDelete
  59. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas link yang Bapak berikan, sangat bermanfaat bagi guru maupun calon guru untuk menambah wawasan tentang pendidikan kontemporer.

    ReplyDelete
  60. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pendidikan di Indonesia saat ini masih berada pada posisi yang tidak jelas. Hal ini disebabkan karena Indonesia sedang mengusahakan pendidikan yang inovatif namun masih sering menggunakan pendidikan tradisional. Sehingga banyak aspek dalam pendidikan inovatif yang terlewatkan. Seharusnya, saat ini sistem pendidikan di Indonesia mulai dimantapkan agar dalam pengembangannya menjadi terarah.

    ReplyDelete
  61. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dengan adanya globalisasi saat ini, semua aspek kehidupan ikut terpengaruh, termasuk pendidikan. Pendidikan di Indonesia mendapat banyak pengaruh dengan adanya globalisasi, baik pengaruh positif maupun pengaruh negatif. Oleh karena itu, untuk menghadapi pengaruh negatif dari globalisasi tersebut, pengembangan pendidikan di Indonesia harus selalu sejalan dengan pancasila dan UUD. Sehingga, pendidikan di Indonesia akan selalu selaras dengan cita-cita dan identitas bangsa Indonesia itu sendiri.

    ReplyDelete