Jul 14, 2014

Refleksi Pendidikan Kontemporer Indonesia




Ass Wr Wb, Bacaan menarik dari artikel saya terbaru berjudul:"Refleksi Pendidikan Kontemporer Indonesia: Sebuah Tinjauan Filsafat, Politik dan Ideologi Pendidikan",dapat dibaca di Link berikut:

https://www.academia.edu/7444798/Refleksi_Pendidikan_Kontemporer_Indonesia_Sebuah_Tinjauan_Filsafat_Politik_dan_Ideologi_Pendidikan

Demikian semoga bermanfaat
Wss Wr Wb,
Yogyakarta, 14 Juli 2014
Marsigit

3 comments:

  1. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Hal yang kami pelajari dari paparan Bapak adalah bahwa kondisi pendidikan Indonesia masih sangat terpengaruh oleh paham Positivisme Auguste Comte dan kepentingan Pasar Bebas, sehingga masih jauh dari nilai-nilai filosofis Pancasila. Pendidikan Indonesia juga menghadapi masalah krisis Multidimensional. Kami (saya) melihat solusi yang Bapak tawarkan sangat sesuai dengan kondisi pendidik kita, semoga pengampu kebijakan bisa menggunakan pendekatan tersebut dalam penentuan kebijakan mengenai pendidikan nasional selanjutnya

    Terima kasih Pak, tulisan ini sangat menginspirasi.

    ReplyDelete
  2. Junianto
    PM C
    17709251065
    Isu-isu pendidikan di Inonesia tentu sangat banyak dan selalu menraik untuk dibicarakan. Pendidikan juga salah satu saranan untuk menyiapkan generasi penerus bangsa Indonesia di tengah perkembangan iptek yang kiang pesat. Pendidikan juga menggambarkan tingkat kemajuan suatu bangsa dan berbanding lurus dengan kualitas. Pendidiknn kontemporer diartikan sebagai pendidikan yang kekinian atau modern dan disesuaikan dengan perkembangan zaman. Namun, jika kita melihat kondisi bangsa Indonesia saat ini tentu kita akan sepakat bahwa pendidikan dengan demopkrasi Pancasila lah yang paling tepat diterapkan di negara kita. Hal ini disebabkan karena Pancasila diambil dari nilai-nilai luhur bangsa Indonesia.

    ReplyDelete
  3. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Selain mengupas permasalahan pendidikan di Indonesia, artikel tersebut juga menawarkan solusi yang layak untuk diterapkan. Seperti yang kita tahu bahwa Pancasila sebagai ideologi telah memuat falsafah hidup bangsa Indonesia, dan itu merupakan cita-cita bangsa. Saya setuju bahwa Pendidikan Demokrasi Pancasila yang Bapak tawarkan dapat menjadi opsi dalam mengatasi krisis multidimensi yang sedang terjadi. Dalam artikel tersebut terdapat gagasan saintifik-spiritualisme, ini merupakan suatu gagasan yang menarik untuk diterapkan. Salah satu penyebab utama terjadinya krisis multidimensi ialah rendahnya kehidupan spiritualisme. Saintifik berakar dari positivism yang meletakkan kehidupan spiritual sebagai sesuatu yang tidak penting. Padahal kita tahu bahwa filsafat orang Indonesia idealnya menempatkan kehidupan spiritual di atas kepentingan yang lain. Oleh karena itu, ilmu pengetahuan tidak dapat lepas dari kehidupan spriritual, perkembangan ilmu pengetahuan harus diimbangi dengan kehidupan spiritual, maka saintifik-spiritualisme ini diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut.

    ReplyDelete