Jul 14, 2014

Refleksi Pendidikan Kontemporer Indonesia




Ass Wr Wb, Bacaan menarik dari artikel saya terbaru berjudul:"Refleksi Pendidikan Kontemporer Indonesia: Sebuah Tinjauan Filsafat, Politik dan Ideologi Pendidikan",dapat dibaca di Link berikut:

https://www.academia.edu/7444798/Refleksi_Pendidikan_Kontemporer_Indonesia_Sebuah_Tinjauan_Filsafat_Politik_dan_Ideologi_Pendidikan

Demikian semoga bermanfaat
Wss Wr Wb,
Yogyakarta, 14 Juli 2014
Marsigit

2 comments:

  1. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 20116

    Berdasarkan artikel di atas, saya dapat menyimpulkan bahwa sistem pendidikan yang diterapkan di Indonesia berdasar pada saintifik-spiritual. Sistem pendidikan ini mengacu pada pancasila dan Pembukaan UUD 1945. Seharusnya, guru menggunakan metode pendekatan yang inovatif untuk bisa memposisikan siswa sebagai subjek didik yang mengembangkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor dengan memanfaatkan pengalaman yang diperoleh ketika hidupnya.

    ReplyDelete
  2. Meninjau pendidikan dari sisi filsafat, ideologi, dan politis memang menarik. Melihat bahwa ketiga aspek itu sangat mempengaruhi model pendidikan yang diterapkan. Misalnya dilihat dari kasus Indonesia. Dari sisi politis misalnya, penentuan kurikulum pun seringkali dipengaruhi oleh pergantian petinggi yang menangani pendidikan nasional.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.