Jul 14, 2014

Refleksi Pendidikan Kontemporer Indonesia




Ass Wr Wb, Bacaan menarik dari artikel saya terbaru berjudul:"Refleksi Pendidikan Kontemporer Indonesia: Sebuah Tinjauan Filsafat, Politik dan Ideologi Pendidikan",dapat dibaca di Link berikut:

https://www.academia.edu/7444798/Refleksi_Pendidikan_Kontemporer_Indonesia_Sebuah_Tinjauan_Filsafat_Politik_dan_Ideologi_Pendidikan

Demikian semoga bermanfaat
Wss Wr Wb,
Yogyakarta, 14 Juli 2014
Marsigit

7 comments:

  1. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Isu-isu kontemporer pendidikan di Indonesia saat ini banyak sekali isu-isu tersebut berkembang begitu cepat dan pesat dengan adanya ICT sekarang ini. Kontemporer artinya kekinian, modern atau sesuatu yang sama dengan kondisi waktu yang sama saat ini. Jadi isu kontemporer pendidikan menurut penulis adalah isu-isu terkait dunia pendidikan yang tidak terikat lagi oleh aturan-aturan zaman dulu, dan berkembang sesuai zaman sekarang. Salah satu isu kontemporer pendidikan di Indonesia yaitu "Komersialisasi Pendidikan". Orientasi pendidikan sebagaimana yang dicita-citakan secara nasional barangkali dalam konteks era sekarang ini menjadi tidak menentu atau kabur kehilangan orientasi mengingat adalah tuntutan pola kehidupan pragmatis dalam masyarakat indonesia. Hal ini patut untuk dikritisi bahwa globalisasi bukan semata mendatangkan efek positif dengan kemudahan yang ada akan tetapi berbagai tuntutan kehidupan yang disebabkan olehnya menjadikan disorientasi pendidikan.

    ReplyDelete
  2. Lana Sugiarti
    16709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2016

    Saya setuju dengan pendapat Bapak dalam artikel yang mengatakan bahwa krisis multidimensi bangsa ditandai dengan beragam konflik dalam dimensi kehidupan. Untuk itu diperlukan telaah pendidikan dengan pendekatan filsafat, politik, dan ideologi. Pancasila sebagai filsafat dan ideologi bangsa Indonesia harus dapat diamalkan secara nyata oleh bangsa agar dapat mempengaruhi secara baik semua segi yang ada, misalnya dalam bidang pendidikan. Pendidikan membutuhkan suatu proses dan usaha untuk mencapai kemajuan. Oleh karena itu, konteks latar belakang pendidikan kontemporer Indonesia yang bersifat ontologis dari tribal harus segera dibenahi dengan suatu proses dan usaha yang serius dari semua pihak yang terlibat agar pendidikan dapat berfungsi maksimal dengan baik.

    ReplyDelete
  3. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    S2 Pendidikan Matematika C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Dari refleksi kontemporer Indonesia menunjukkan bahwa negeri ini belum terlepas dari krisis multidimensi yang ditandai dengan beragam konflik dalam dimensi kehidupan, kekisruhan bidang politik, ekonomi, sosial, budaya, dekadensi moral, dan sebagainya. Untuk mengatasinya dengan mengembangkan Sistem Pendidikan Nasional agar mampu mengembangkan hakikat keilmuan sebagai Saintifik Spiritualisme yang didukung dengan kurikulum yang mampu mewadahi hermenitika hidup seutuhnya berdasarkan Pancasila.

    ReplyDelete
  4. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Negara yang tangguh berisikan sumber daya manusia yang tangguh, berilmu, rendah hati, tidak sombong, dan selalu berserah kepada Tuhan Yang maha Esa atas apa yang di lakukan di dunia. Salah satu isu kontemporer pendidikan di Indonesia yaitu "Komersialisasi Pendidikan". Orientasi pendidikan, sebagaimana yang dicita-citakan secara nasional, barangkali dalam konteks era sekarang ini menjadi tidak menentu, atau kabur kehilangan orientasi mengingat adalah tuntutan pola kehidupan pragmatis dalam masyarakat indonesia.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Saya sangat setuju dengan artikel yang bapak tulis, bahwa sekarang ini anak didik atau siswa dari kecil sudah di perkenalkan dengan gadget/teknologi yang berdampak positif ataupun negatif. sejak umur (dua) tahun sudah dikenalkan dengan smartphone,komputer, internet dan sebagainya dengan berdampak yang sangat negatif jika tidak diawasi sama orang dewasa. Untuk itu diperlukan telaah pendidikan dengan pendekatan filsafat, politik, dan ideologi. Pancasila sebagai filsafat dan ideologi bangsa Indonesia harus dapat diamalkan secara nyata oleh bangsa agar dapat mempengaruhi secara baik semua segi yang ada, misalnya dalam bidang pendidikan

    ReplyDelete
  6. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Artikel ini menginformasikan tentang keadaan pendidikan Indonesia dilihat dari sudut pandang filsafat, politik, dan ideologi. Indonesia saat ini belum bisa terlepas dari masalah yaitu krisis multidimensi. Krisis multidimensi bangsa ditandai dengan beragam konflik dalam dimensi kehidupan. Dimana untuk bidang pendidikan, dalam pelaksanaannya masih berada di bawah pengendalian Powernow. Seperti siswa ditakut-takuti dengan pelaksanaan ujian nasional. Mereka menanggap bahwa masa depan sangat ditentukan dengan kelulusan pada saat UN. UN menjadi momok yang sangat menakutkan bagi siswa Indonesia.

    ReplyDelete
  7. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Pada dasarnya, masih ada beberapa PR bagi Indonesia dalam pengembangan pendidikan. Salah satunya adalah krisis multidimensi yang menyebabkan penyimpangan implementasi pendidikan dari ideology Pendidikan yang berdasar pada Pancasila dan UUD 1945. Pada masa kontemporer sekarang, sudah seharusnya pendidikan bersifat obyektif artinya tidak memihak kepada golongan tertentu. Pelaksanaan pembelajaran dalam membangun sikap, pengetahuan dan keterampilan berdasarkan Kurikulum 2013 juga harus tuma’ninah, artinya konsisten. Sehingga mengembangkan kemampuan siswa dalam berpikir kritis, kreatif, fleksibel dan dinamis untuk mencapai tujuan pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete