Jul 16, 2015

Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia

Dear all,



The following reference "

Re-conceptualizing Good Practice of Mathematics Teaching Through Lesson Study in Indonesia"

will be possibly useful for you:


Thanks

Marsigit

38 comments:

  1. Luthfannisa Afif Nabila
    13301241041
    Pendidikan Matematika A 2013
    Terima kasih bapak Marsigit, bacaan tersebut sangat bermanfaat bagi para pembacanya.

    ReplyDelete
  2. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pendidikan Matematika I 2013

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit, bacaan yang sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  3. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pendidikan Matematika I 2013

    Bill Cerbin & Bryan Kopp mengemukakan bahwa Lesson Study memiliki 4 (empat) tujuan utama, yaitu untuk : (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang dapat dimanfaatkan oleh para guru lainnya, di luar peserta Lesson Study; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya. Dalam hal ini, Lesson Study tampaknya dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran di Indonesia menuju ke arah yang jauh lebih efektif.

    ReplyDelete
  4. Andhita Wicaksono Nugroho
    13301241065
    Pendidikan Matematika C 2013

    Terima kasih Pak, postingan ini sangat bermanfaat bagi saya dalam mencari ilmu

    ReplyDelete
  5. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pendidikan Matematika I 2013

    Di Indonesia pun saat ini mulai gencar disosialisasikan mengenai Lesson Study untuk dijadikan sebagai sebuah model dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran siswa, bahkan pada beberapa sekolah sudah mulai dipraktikkan. Meski pada awalnya, Lesson Study dikembangkan pada pendidikan dasar, namun saat ini ada kecenderungan untuk diterapkan pula pada pendidikan menengah dan bahkan pendidikan tinggi.

    ReplyDelete
  6. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    Terimakasih pak Prof, sudah memberikan tambahan sumber belajar saya tentang lesson study

    ReplyDelete
  7. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    Di Indonesia khususnya DIY telah mengembangkan lesson study ini. Banyak kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia, mulai dari melatih guru2 dalam merancang pembelajaran hingga cara mengajar guru agar tercipta pembelajaran yang bermakna.

    ReplyDelete
  8. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    konseptuali pengajaran matematika dalam peraktek sangatlah sesuai dengan lesson study, karena pada hakekatnya adalah untuk memperbaiki mutu dalam mengajar matematika tersebut. Lesson study merupakan suatu model pembinaan profesi pendidik (guru) melalui pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan, berlandaskan prinsip-prinsip colleagues and mutual learning untuk membangun komunitas belajar. Artinya lesson study bukan metode atau strategi pembelajaran, namun melalui lesson study dapat diterapkan berbagai pembaharuan pembelajaran berdasarkan situasi, kondisi dan permasalahan yang dihadapi guru. Lesson study dilaksanakan dalam 3 tahapan, yaitu perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Melalui tahap-tahap ini lesson study merupakan kegiatan yang berkelanjutan dalam memperbaiki kualitas (continuous quality improvement). jadi sangat bermanfaat hal tersebut karena tujuannya adalah untuk memperbaiki kualitas dalam pembelajaran matematika dalam prakteknya.

    ReplyDelete
  9. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dalam proses pembelajaran, perlu adanya upaya perbaikan. Hal ini agar tujuan yang ingin dicapai dalam pembelajaran dapat diperoleh secara maksimal. Lesson study merupakan salah satu upaya dalam memperbaiki proses pembelajaran tersebut. Di indonesia, lesson studi sudah menyebar hampir di seluruh daerah di indonesia. Dalam lesson study, cara pengajaran, penyusunan instrumen, dan serta mempersiapkan rancangan pembelajaran. Dengan lesson study ini harapannya kualitas pendidikan di inidonesia dapat lebih baik dibandingkan sebelumnya.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  10. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Lesson study merupakan upaya terencana dan berkelanjutan untuk melakukan kajian terhadap proses belajar mengajar seorang guru, untuk kepentingan perbaikan atau peningkatan efektivitas pembelajaran bagi guru itu, yang secara kolegial bermanfaat untuk kepentingan perbaikan dan peningkatan efektivitas pembelajaran bagi guru-guru yang lain di sekolah atau di lingkungannya.

    ReplyDelete
  11. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Lesson study merupakan upaya terencana dan berkelanjutan untuk melakukan kajian terhadap proses belajar mengajar seorang guru, untuk kepentingan perbaikan atau peningkatan efektivitas pembelajaran bagi guru itu, yang secara kolegial bermanfaat untuk kepentingan perbaikan dan peningkatan efektivitas pembelajaran bagi guru-guru yang lain di sekolah atau di lingkungannya.

    ReplyDelete
  12. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Langkah-langkah Pelaksanaan Lesson Study (1)
    Mengadakan pertemuan guru yang menyadari pentingnya upaya untuk meningkatkan kompetensinya dalam pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran tertentu.

    ReplyDelete
  13. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Langkah-langkah Pelaksanaan Lesson Study (2)
    Jika rencana tersebut sudah matang, dalam pertemuan ini dapat dilanjutkan dengan mencoba membuat lesson plan atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Secara bersama-sama. Guru calon penyaji mencoba membuat konsep RPP, dan kemudian disampaikan kepada kelompok guru tersebut, untuk memperoleh tanggapan dan usulan perbaikan.

    ReplyDelete
  14. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Langkah-langkah Pelaksanaan Lesson Study (3)
    Tahapan berikutnya adalah proses pelaksanaan pembelajaran. Guru penyaji melaksanakan proses pembelajaran di kelas sebagaimana yang biasa dilakukan. Dalam proses pelaksanaan pembelajaran ini, para pengamat mengamati proses pembelajaran, mulai dari membuka pelajaran, sampai dengan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode dan media atau alat bantu pembelajaran, dan akhirnya sampai dengan menutup pembelajaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. DARWIS CAHYO NUGROHO
      13301244014
      PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

      Langkah-langkah Pelaksanaan Lesson Study (4)
      Tahapan berikutnya, para guru mengadakan pertemuan untuk mendiskusikan hasil pengamatan dari guru-guru yang lain. Dalam diskusi ini, sudah barang tentu akan disampaikan tentang apa kelebihan yang telah dilakukan oleh guru penyaji, di samping kemungkinan kekurangan-kekurangan, bahkan kesalahan-kesalahan fatal yang telah dilakukan guru penyaji.

      Delete
    2. DARWIS CAHYO NUGROHO
      13301244014
      PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

      Tahapan-tahapan lesson study ini dapat direplikasi ke dalam tahapan berikutnya, misalnya jika terhadap saran-saran yang penting untuk memperbaiki proses pembelajaran tersebut. Oleh karena itu dalam pertemuan tersebut dapat disepakati misalnya memperbaiki RPP, atau dipilih atau disepakati guru penyaji yang lain untuk menyajikan pembelajaran, atau juga disepakati akan dilaksanakan di kelas atau sekolah yang lain. Jika keputusannya demikian, maka lessson study dapat dilaksanakan dalam tahapan replikasi berikutnya dengan ketiga tahapan berikutnya, dengan tahapan yang mendahului, yakni tahapan Revisi Dengan demikian, jika tahapan lesson study dilakukan dalam tiga tahapan, yakni 1) PLAN, 2) DO, dan 3) SEE, maka lesson study juga dapat dilaksanakan dalam enam tahapan, yakni 1) PLAN, 2) DO, 3) SEE, 4) REVISED PLAN, 5) DO, 6) SEE.

      Delete
  15. Meski pada awalnya, Lesson Study dikembangkan pada pendidikan dasar, namun saat ini ada kecenderungan untuk diterapkan pula pada pendidikan menengah dan bahkan pendidikan tinggi. Lesson Study tampaknya dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif guna mendorong terjadinya perubahan dalam praktik pembelajaran di Indonesia menuju ke arah yang jauh lebih efektif.

    M. Saufi Rahman
    S3 PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  16. Yosi Giyaningsih
    13301244030
    Pendidikan Matematika C 2013

    Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk : (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.

    ReplyDelete
  17. Dwi Adityas Rarasati
    13301241015
    PMI 2013

    Lesson study sangat diperlukan dalam dunia pendidikan. Guru akan berkembang dalam membagikan ilmunya kepada murid. Semakin banyak pengalaman mengajar yang dilihat dapat membawa inovasi baru dalam mengajar. Seperti berbagi pengalaman dalam mengajar. Dan tentunya pemebelajaran tidak stagnan seperti itu-itu saja. Perkembangan pendidikan pun akan maju menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  18. Farida Riza Umami
    13301241026
    Pendidikan Matematika A 2013

    Mata pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua peserta didik mulai dari sekolah dasar untuk membekali mereka dengan kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, kritis dan kreatif serta kemampuan bekerja sama.Oleh karena itu dalam membelajarkan matematika kepada siswa, guru hendaknya lebih memilih berbagai variasi pendekatan, strategi, metode yang sesuai dengan situasi sehingga tujuan pembelajaran yang direncanakan akan tercapai.

    ReplyDelete
  19. Musa Marengke
    S3 PEP Kelas A,2016
    Dalam pembelajaran matematika, konsep lesson Study menjadi hal yang sangat diperlukan oleh guru. karen dalam materi tertentu guru membutuhkan kolaboratif dan berkelanjutan berlandaskan prinsip- prinsip kolegalitas dan mutual learning untuk membangun learning community.

    ReplyDelete
  20. Musa Marengke
    S3 PEP Kelas A, 2016

    Materi matematika terkadang membutuhkan metode dan pendekatan yang beragam dalam menjelaskan kepada siswa . Kenapa dibutuhkan lesson study?. Secara sederhana karena kompleksitas materi matematika dan dialiktika materinya yang tekadang hanya mesti melalui LESSON STUDY, karena itu, guru matematikan dapat menggunakan pendekatan dengan dengan mengikuti langka-langkanya, antara lain :Membentuk kelompok lesson study. • Memfokuskan lesson study. • Menyusun rencana pembelajaran. • Melaksanakan pembelajaran di kelas dan mengamatinya (observasi). • Refleksi dan menganalisis pembelajaran yang telah dilaksanakan. dan Merencanakan pembelajaran tahap selanjutnya.

    ReplyDelete
  21. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Lesson study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Lesson study sendiri bertujuan untukmemperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar, memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran, meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif, membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya. Pada akhirnya, kegiatan lesson study diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk menggeser paradigma pengajaran matematika dan pendidikan matematika kea rah yang lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  22. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.

    Berdasarkan kegiatan Lesson Studi (2006-2014), terdapat beberapa temuan yang terkait dengan konsep untuk meningkatkan praktek mengajar matematika yang baik, yaitu guru harus: 1) lebih peduli tentang perbedaan siswa, 2) memfasilitasi kegiatan siswa, 3) menggunakan metode pengajaran yg bervariasi, 4) menggunakan metode oenilaian yg bervariasi 5) menghubungkan antara materi, 6) mengembangkan pendekatan CTL, 7) mengembangkan interaksi yg bervariasi, 8) membuat grup kecil diskusi 9) mengembangkan skema untuk pencapaian kompetensi, 10) memfasilitasi siswa untuk lebih aktif, 11) menggunakan berbagai alat bantu pengajaran, 12) menggunakan berbagai sumber belajar, 13) menerapkan paradigma baru pengajaran, 14) lebih semangat untuk memfasilitasi siswa mereka, dan 15) membiasakan diri untuk melakukan refleksi. Selain itu pemerintah pusat perlu: (1) mendefinisikan kembali peran guru yaitu mereka harus memfasilitasi kebutuhan siswa untuk belajar, (2) mendefinisikan peran kepala sekolah yaitu mereka harus mendukung pengembangan profesional guru dengan memungkinkan mereka untuk hadir dan berpartisipasi dalam ilmiah, pertemuan dan pelatihan, (3) mendefinisikan kembali peran sekolah yaitu mereka harus mempromosikan manajemen berbasis sekolah, (4) mendefinisikan kembali peran pengawas yaitu mereka harus memiliki latar belakang yang sama dengan guru mereka mengawasi agar dapat melakukan supervisi akademik, (5) mempromosikan kolaborasi yang lebih baik antara sekolah dan universitas, dan (6) mendefinisikan sistem evaluasi nasional.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  23. Risa Tri Oktaviani
    13301241016
    Pendidikan Matematika

    Terima kasih bapak Marsigit yang telah memposting alamat web tersebut yang akan bermanfaat bagi saya dan lainnya.

    ReplyDelete
  24. Risa Tri Oktaviani
    13301241016
    Pendidikan Matematika

    Bacaan tersebut akan sanyat berguna dan menjadisumber pengetahuan bagi kami.

    ReplyDelete
  25. Risa Tri Oktaviani
    13301241016
    Pendidikan Matematika

    Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk : (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya.

    ReplyDelete
  26. Risa Tri Oktaviani
    13301241016
    Pendidikan Matematika A 2013

    Manfaat yang yang dapat diambil Lesson Study, diantaranya: (1) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (2) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota lainnya, dan (3) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study. Lesson Study dapat dilakukan melalui dua tipe yaitu berbasis sekolah dan berbasis MGMP. Lesson Study dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari: (1) perencanaan (plan); (b) pelaksanaan (do); refleksi (check); dan tindak lanjut (act).

    ReplyDelete
  27. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Pembelajaran matematika di Indonesia yang dilakukan saat ini telah menuju kepada tahap pembelajaran yang konseptual yang berarti pembelajaran dengan melihat masalah-masalah yang terjadi di lingkungan sekitar dan tata cara penyelesaiannya di upayakan dengan pemecahan masalah secara matematika. dan salah satu teknik yang perlu digunakan dalam pembelajaran di Indonesia adalah dengan Lesson Study agar dapat melihat sejauh mana upaya yang dilakukan itu berhasil atau tidak dengan melihat refleksi yang dilakukan baik dari guru ataupun dari siswa dengan meninjau cara pengajaran yang dilakukan hingga pemberian instrumennya.

    ReplyDelete
  28. Kartika Nur Oktaviani
    16709251032
    Pendidikan Matematika S2 UNY kelas B

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Pembelajaran menggunakan metode lesson study adalah pembelajaran berbasis riset. Baik guru maupun siswa nantinya akan sama-sama berkembang. Guru dapat meningkatkan kinerjanya untuk mengemban tugas negara sedangkan siswa diharapkan lebih paham konsep dan persoalan.
    Wassalamu'alaikum wr wb.

    ReplyDelete
  29. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran, tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran.

    ReplyDelete
  30. Melani Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Lesson Study bukan sebuah proyek sesaat, tetapi merupakan kegiatan terus menerus yang tiada henti dan merupakan sebuah upaya untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam Total Quality Management, yakni memperbaiki proses dan hasil pembelajaran siswa secara terus-menerus, berdasarkan data. Lesson Study merupakan kegiatan yang dapat mendorong terbentuknya sebuah komunitas belajar (learning society) yang secara konsisten dan sistematis melakukan perbaikan diri, baik pada tataran individual maupun manajerial.

    ReplyDelete
  31. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematiak C 2013

    Ciri-ciri dari Lesson Study yaitu adanya tujuan bersama untuk jangka panjang, adanya materi pelajaran yang penting, adanya studi tentang siswa secara cermat; dan adanya observasi pembelajaran secara langsung.

    ReplyDelete
  32. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Lesson study memberikan banyak manfaat bagi para guru, antara lain, guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota/komunitas lainnya, dan guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study.

    ReplyDelete
  33. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Kegiatan Lesson Study membiarkan guru untuk merefleksikan dan mengevaluasi pembelajarannya dengan bekerja sama dengan dosen atau guru lain. Pendekatan Lesson Study mencakup kerjasama antar siswa dalam belajar, pengajaran dan pembelajaran kontekstual, hidup-keterampilan, tangan-kegiatan, proses interaktif berorientasi kurikulum dan pengembangan silabus, dan otonomi guru dan siswa.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  34. Lesson Study merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru. Tujuan utama Lesson Study yaitu untuk: (1) memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana siswa belajar dan guru mengajar; (2) memperoleh hasil-hasil tertentu yang bermanfaat bagi para guru lainnya dalam melaksanakan pembelajaran; (3) meningkatkan pembelajaran secara sistematis melalui inkuiri kolaboratif. (4) membangun sebuah pengetahuan pedagogis, dimana seorang guru dapat menimba pengetahuan dari guru lainnya. Manfaat yang yang dapat diambil Lesson Study, diantaranya: (1) guru dapat mendokumentasikan kemajuan kerjanya, (2) guru dapat memperoleh umpan balik dari anggota lainnya, dan (3) guru dapat mempublikasikan dan mendiseminasikan hasil akhir dari Lesson Study. Lesson Study dapat dilakukan melalui dua tipe yaitu berbasis sekolah dan berbasis MGMP. Lesson Study dilakukan berdasarkan tahapan-tahapan secara siklik, yang terdiri dari: (a) perencanaan (plan); (b) pelaksanaan (do); (c) refleksi (check); dan (d) tindak lanjut (act).

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  35. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Salah satu masalah atau topik pendidikan yang belakangan ini menarik untuk diperbincangkan yaitu tentang Lesson Study, yang muncul sebagai salah satu alternatif guna mengatasi masalah praktik pembelajaran yang selama ini dipandang kurang efektif. Lesson Study bukanlah suatu strategi atau metode dalam pembelajaran. Tetapi merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran.

    ReplyDelete
  36. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Lesson Study merupakan salah satu upaya pembinaan untuk meningkatkan proses pembelajaran yang dilakukan oleh sekelompok guru secara kolaboratif dan berkesinambungan, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran. Ini merupakan sebuah upaya untuk mengaplikasikan prinsip-prinsip dalam Total Quality Management, yakni memperbaiki proses dan hasil pembelajaran siswa secara terus-menerus, berdasarkan data.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id