Jun 28, 2015

Kuliah Pengembangan Instrument Penelitian Pendidikan (PTK)_Prof. Dr. Marsigit, M.A.

Aslm, silahkan akses ke Video berikut yang ditayangkan pada weblognya Sdr Teguh, Ketua Kelas PPG Mat Gel III, sbb:




Semoga bermanfaat. Amin

Wslm

Marsigit

68 comments:

  1. Rizki Ayu Amalia
    13301241038
    Pendidikan Matematika A
    Penelitian jenis PTK adalah penelitian yang dilakukan dengan tujuan hasil akhir yang diperoleh adalah meningkatnya kemampuan siswa atau nilai siswa. Dalam PTK ini minimal terdapat 2 siklus.

    ReplyDelete
  2. Rizki Ayu Amalia
    13301241038
    Pendidikan Matematika A
    Sepengetahuan saya penelitian PTK ini tidak dapat digeneralisasikan. Atau hanya berlaku pada sekolat tersebut, kelas tersebut, dan saat itu.

    ReplyDelete
  3. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    Tugas seorang guru tidak hanya mengajarkan pengetahuan kepada muridnya. setiap berakhir proses pembelajaran guru perlu melakukan refleksi. dari refleksi maka guru akan mengetahui permasalahan yang terjadi dikelas baik proses pembelajarannya maupun masalah pada siswanya. ptk digunakan untuk mencari solusi yang tepat dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.

    ReplyDelete
  4. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    dalam rangka melakukan kegiatan ptk, instrumen merupakan hal penting yang tidak dapat dilepas dari kegiatan ini. . Instrumen merupakan alat ukur dari tujuan penelitian yang akan kita lakukan. Instrument memiliki berbagai macam bentuk diantaranya instrument test berupa soal dan instrument non test (angket, lembar observasi). Instrument-instrument yang akan digunakan di dalam suatu penelitian harus dilakukan validasi sehingga instrumen tersebut diyakini dapat mengukur apa yang hendak

    ReplyDelete
  5. Defy Kusumaningrum
    13301241022
    Pendidikan Matematika A

    dalam rangka melakukan kegiatan ptk, instrumen merupakan hal penting yang tidak dapat dilepas dari kegiatan ini. . Instrumen merupakan alat ukur dari tujuan penelitian yang akan kita lakukan. Instrument memiliki berbagai macam bentuk diantaranya instrument test berupa soal dan instrument non test (angket, lembar observasi). Instrument-instrument yang akan digunakan di dalam suatu penelitian harus dilakukan validasi sehingga instrumen tersebut diyakini dapat mengukur apa yang hendak

    ReplyDelete
  6. Khaerudin
    16701621009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Apa yang disampaikan Prof. Marsigit
    Ada beberapa aturan terkait dengan pembuatan instrumen penelitian diantaranya: Teori formatif, Dokumen formal, Pendahuluan, Kategori, Indikator, Kisi-kisi, Instrumen, Metodologi Penelitian

    ReplyDelete
  7. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    berbicara PTK bearti berbicara sesuatu yang dilakukan oleh seorang guru terhadap siswa, arti nya ada tujuan dari perlakuan itu.yaitu dapat berupa perbaikan metode pembelajaran atau sejenis nya yang tujuan nya adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan perbaikan-perbaikan lain dalam proses belajar mengajar.

    ReplyDelete
  8. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    PTK adalah salah satu jenis penelitian dengan pendekatan kuantitatif, namun walau sifat dari penelitian kuantitaif dapat di generalisasikan ke populasi yang lebih luas,namun untuk PTK tidak dapat digeneralisasikan kepada seluruh populasi, PTK hanya dapat di generalisasikan dalam ruang lingkup yang terbatas, yaitu sekolah yang di adakannya PTK tersebut.karena partisipan di sekolah A belum tentu sama dengan partisipan di sekolah lain.

    ReplyDelete
  9. Andhita Wicaksono Nugroho
    13301241065
    Pendidikan Matematika C 2013

    Terima kasih Pak, postingan ini sangat bermanfaat bagi saya dalam mencari ilmu

    ReplyDelete
  10. Siti Mufidah
    13301341036
    Pendidikan Matematika A 2013

    Perangkat pembelajaran yaitu RPP dan LKS yang dibuat harus sesuai dengan materi yang akan diajarkan atau disampaikan. Selain itu juga harus sesuai dengan tingkat perkembangan anak. Perangkat pembelajaran untuk anak sekolah dasar akan berbeda dengan perangkat pembelajaran yang diberikan kepada anak sekolah menengah. Selain materi yang berbeda juga tahap pemikiran dalam hal penyampaiannya pun berbeda. Perangkat pembelajaran harus dibuat agar kegiatan pembelajaran sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pendidik dan dapat diterima oleh peserta Didik.

    ReplyDelete
  11. Pelaksanaan PTK mutlak diperlukan oleh guru dalam rangka memperbaiki kualitas proses dan hasil pembelajaran. Tidak ada seorang gurupun yang tidak mengalami kendala selama mengajar. Dalam rangka pelaksanaan PTK, guru perlu memahami instrumen penelitian dengan benar agar dalam melakukan kegiatan penelitian dan penggunaan statistik tidak rancu yang diakibatkan oleh kesalahan pengukuran dan penafsiran.

    Abidin
    16709251002
    S2 Pmat A 2016

    ReplyDelete
  12. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    Web dari mas Teguh ini sangat bermanfaat terlebih utk orang yang sedang mengembangkan instrumen PTK.

    ReplyDelete
  13. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    Untuk mahasiswa S1 mungkin belum diperkenankan dalam PTK ini, namun ilmu ini sangat bermanfaat nantinya untuk jenjang selanjutnya.

    Penelitian Tindakan Kelas adalah suatu kegiatan penelitian dengan mencermati sebuah kegiatan belajar yang diberikan tindakan, yang secara sengaja dimunculkan dalam sebuah kelas, yang bertujuan memecahkan masalah atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas tersebut. Tindakan yang secara sengaja dimunculkan tersebut diberikan oleh guru atau berdasarkan arahan guru yang kemudian dilakukan oleh siswa.

    ReplyDelete
  14. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Untuk menghadapi era ekonomi digital dan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini, institusi pendidikan memerlukan banyak persiapan dan perbaikan dalam proses belajar mengajar. Hal ini dilakukan agar guru dan siswa mampu “bersaing” dengan tenaga asing yang datang “membanjiri” indonesia ini. Perbaikan mutu pendidikan secara kontinu dengan penelitian pendidikan memang perlu untuk dilakukan. Hal ini tentu tidak bisa lepas dari peran negara. Namun sayangnya, negara kurang memfasilitasi kebutuhan guru dan siswa. Sehingga, guru dan siswa harus “berjuang” sendiri untuk menghadapi ekonomi digital dan MEA ini.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  15. Lazuardi Nugroho
    13301244017
    S1 Pendidikan Matematika C 2013
    Dalam video tersebut, dipaparkan bagaimana proses dalam menyusun PTK atau Penelitian Tindakan Kelas. Prof Marsigit memberikan materi perkuliahan pada Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru PPG SM-3T UNY 2015

    ReplyDelete
  16. Lazuardi Nugroho
    13301244017
    S1 Pendidikan Matematika C 2013
    Salah satu point yang saya dapat dari video tersebut adalah penelitian tindakan kelas memperbaiki keadaan dari siklus I ke siklus II. Siklus I disimpulkan kemudian siklus II disimpulkan. Langkah selanjutnya adalah membuat kesimpulan umum.

    ReplyDelete
  17. Luthfannisa Afif Nabila
    13301241041
    Pendidikan Matematika A 2013
    Terima kasih Pak Marsigit atas video yang bapak anjurkan untuk kami akses. Video mengenai pemaparan mengenai Penelitian Tindakan Kelas sangat bermanfaat bagi kami untuk mengetahui seluk beluk mengenai Penelitian Tindakan Kelas.

    ReplyDelete
  18. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    PTK itu pada hakekatnya adalah memperbaiki keadaan, dan hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh guru, karena guru tersebut adalah sosok yang mengetahui keadaan di dalam kelas, namun apabila ada orang lain yang ikut meneliti maka kedudukannya sebagai konselor. dalam PTK tersebut juga ada instrumen yang harus di kembangkan apakah itu lembar observasi, tes maupun angket, dan ada juga yang di sebut sebagi instrumen perangkat yaitu RPP dan LKS. namun perlu di perhatikan bahwa dalam PTK itu harus di awali dengan perencanaan dan di akhiri dengan refleksi yang di lakukan dalam beberapa siklus, minimal dua siklus.

    ReplyDelete
  19. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    PTK perlu dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru dalam upaya meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Maka, dalam penilitian ini sangat penting instrument dan kelengkapan pengumpulan data ditentukan validitas dan reliabilitasnya dengan tepat. Sehingga diharapkan hasil penelitian yang diperoleh akan memberikan masukan dan evaluasi cukup baik untuk proses pembelajaran selanjutnya.

    ReplyDelete
  20. PTK merupakan penelitian yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran dimana prosedur penelitiannya dengan menggunakan siklus-siklus, sitiap siklus dilakukan refleksi dari hasil refleksi terlihat kelemahan atau kekurangannya dari proses pembelajarannya akan terdeteksi kemudian dilakukan perbaikan pada siklus ke 2 dan seterusnya sampai pada tujuan akhir yaitu adanya perbaikan atau peningkatan proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa juga meningkat.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  21. PTK adalah salah satu jenis penelitian yang bertujuan untuk meningkat hasil belajar dengan cara memperbaiki proses pembelajaran. Terdapat empat tahapan penelitian PTK, yakni Perencanaan tindakn, Pelaksanaan tindakan, Observasi, dan refleksi. Terdapat dua instrumen primenr yaitu Instrumen tes (pree tes dan pos tes) dan Lembar observasi.

    Muhlis Malaka
    16701269003
    S3 PEP A 2016

    ReplyDelete
  22. Siklus penelitian tindakan kelas bergantung pada ketuntasan siswa secara individual dan klasikal yang mengaku pada KKM setiap mata pelajaran.

    ReplyDelete
  23. Manfaat PTK bagi Guru adalah :
    1. Untuk memperbaiki proses pembelajaran
    2. Dengan melakukan PTK guru dapat berkembang secara profesional
    3. Membuat guru lebih percaya diri
    4. Guru berkesempatan untuk berperan aktif dalam mengembagkan pengetahuan dan ketrampilan sendiri.

    Muhlis malaka
    16701269003
    S3 PEP A 2016

    ReplyDelete
  24. Yosi Giyaningsih
    13301244030
    Pendidikan Matematika C 2013

    Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  25. Jihan Ulya Mulyani
    13301244015
    Pendidikan Matematika C 2013

    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah sebuah jenis penelitian yang mendiagnosis suatu penyakit dalam pendidikan, kemudian mengobatinya dengan pembelajaran yang dapat menjadikan solusi terhadap penyakit tersebut.

    ReplyDelete
  26. Jihan Ulya Mulyani
    13301244015
    Pendidikan Matematika C 2013

    tujuan dari penelitian PTK ini salah satunya adalah untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu pembelajaran di suatu instansi pendidikan tertentu.

    ReplyDelete
  27. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    Di tengah meningkatnya animo penelitian dari berbagaii kalangan akademisi, maka pemahaman mengenai pengembangan instrumen penelitian menjadi sangat penting, guna menghasilkan suatu penelitian yang baik dan berkualitas. lebih dari itu, pemahaman tentang pengembangan instrumen penelitian harus pula dipadukan dengan keteampilan para peneliti untuk menguji kualitas instrumen yang telah dibuat dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas.

    ReplyDelete
  28. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    instrumen penelitian yang baik dan berkualitas adalah instrumne yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas. tanpa dipenuhinya syarat ini, maka instrumen yang akan digunakn dalam penelitian tidak dapat dan tidak layak untuk dipercaya. instrumen yang tidak layak dipercaya tentunya juga akan menghasilkan suatuhasil penelitianyang juga tidak layak dipercaya. maka dapat dibayangkan jika instrumen dan hasil peneltian yang tidak layak kemudian dijadikan sebagai landasan untuk mengambil kebijakan, maka akan berakibat vatal bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan kemanusiaan.

    ReplyDelete
  29. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    setelah guru atau peneliti memahami dan menguasai keterampilan membuat instrumen penltian, maka kemudian penelitian yang kana mereka lakukan akan menjadi mudah. memang selayaknya para guru dimotivasi untukmelakukan penelitian, minimal PTK, sehingga melalui penelitian itu,guru akan dapat memperbaiki kualitas mengajar dan dapat mengukur sejauh mana siswa telah mencapai tujuan pembelajaran, lebih jauh, melalui penelitian guru akan dapat dengan mudah mengidntifikasi kelemahan dan apa yang seharusnya diperbaiki dalam proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  30. Dwi Adityas Rarasati
    13301241015
    PMI 2013

    Dalam bidang pendidikan, khususnya kegiatan pembelajaran, PTK berkembang sebagai suatu penelitian terapan. PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas. Dengan melaksanakan tahap-tahap PTK, guru dapat menemukan solusi dari masalah yang timbul di kelasnya sendiri, bukan kelas orang lain, dengan menerapkan berbagai ragam teori dan teknik pembelajaran yang relevan secara kreatif.

    ReplyDelete
  31. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pend. Mat I 2013

    Dalam menentukan jenis instrumen yang akan digunakan seorang peneliti harus mempertimbangkan beberapa keadaan seperti jenis variable yang hendak diukur, jumlah sample penelitian, lokasi responden, ada tidaknya staf peneliti yang terlatih, dana dan waktu yang tersedia serta metode pengumpulan data yang dipilih.

    ReplyDelete
  32. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pend. Mat I 2013

    Instrumen yang baik harus memenuhi dua persyaratan penting yaitu valid dan reliabel. Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat-tingkat kevalidan atau kesahihan suatu instrumen. Suatu instrumen yang valid atau sahih mempunyai validitas tinggi. Sebaliknya, instrumen yang kurang valid berarti memiliki validitas rendah. Sedangkan Realibilitas menunjuk pada satu pengertian bahwa sesuatu instrument cukup dapat dipercaya untuk digunakan sebagai alat pengumpul data karena instrument tersebut sudah baik.

    ReplyDelete
  33. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pend. Mat I 2013

    Instrumen memegang peranan penting dalam menentukan mutu suatu penelitian dan penilaian. Fungsi instrumen adalah mengungkapkan fakta menjadi data. Menurut Arikunto, data merupakan penggambaran variabel yang diteliti dan berfungsi sebagai alat pembuktian hipotesis, benar tidaknya data tergantung dari baik tidaknya instrumen pengumpulan data.

    ReplyDelete
  34. Puspita Sari
    13301241003
    Pend.Matematika A 2013

    PTK merupakan penelitian yang dapat dilakukan untuk guru yang sudah memiliki pengetahuan dan pengalaman mengajar di sekolah dalam jangka panjang. PTK hanya dapat dilakukan pada satu kelas oleh guru karena PTK harus memahami karakteristik siswa dan keadaan dalam kelas siswa. Jadi jelas PTK harus dapat memiliki insturumen yang mana instrument ini harus valid sehingga kegiatan PTK dapat dilakukan dengan jelas.

    ReplyDelete
  35. Puspita Sari
    13301241003
    Pend.Matematika A 2013

    Penyusunan instrument untuk penelitian harus jelas dan valid, karena dengan adanya instrument yang valid kita dapat mendapatkan informasi atau hasil data penelitian yang akurat.

    ReplyDelete
  36. Pelaksanaan PTK memang diperlukan oleh para guru untuk memperoleh mutu, kenerja guru dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik. Melalui PTK guru dapat melakukan refleksi diri maupun siswa untuk mengetahui permasalah yang terjadi di kelas dalam pembelajarannya di kelas maupun di sekolah. Guru itu diibaratkan seperti psikiater yang memberikan treatment dalam pembelajarannya seperti halnya BK (Bimbingan Konseling). Semoga Pelaksanaan PTK ini para guru akan merasa lebih percaya diri dalam merekfleksi, melakukan evaluasi diri dan menganalisis kinerjanya di dalam kelas.


    M. Saufi Rahman
    S3 PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  37. Farida Riza Umami
    13301241026
    Pendidikan Matematika A 2013

    Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian praktis yang dimaksudkan untuk memperbaiki pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan salah satu upaya guru atau praktisi dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki dan atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  38. Farida Riza Umami
    13301241026
    Pendidikan Matematika A 2013

    Tujuan PTK adalah memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran di sekolah, meningkatkan dan/atau memperbaiki praktik pembelajaran di sekolah, meningkatkan relevansi pendidikan, meningkatkan mutu pendidikan, dan efisiensi pengelolaan pendidikan.

    ReplyDelete
  39. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Penelitian tindakan kelas merupakan jenis penelitian yang salah satunya bertujuan untuk memperbaiki proses belajar dan meningkatkan hasil belajar. Dalam PTK terdapat beberapa siklus yang digunakan untuk memperbaiki proses pembelajaran. PTK sendiri terkait dengan teori, karena orang yang membuat PTK akan menghasilkan kesimpulan yang pada akhirnya jelas merupakan sebuah teori. Sehingga dalam PTK diperlukan banyak bacaan-bacaan yang relevan terkait dengan penelitian yang dilakukan

    ReplyDelete
  40. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Instrumen memegang peranan yang sangat penting dalam menentukan mutu suatu penelitian, karena validitas atau kesahihan data yang diperoleh akan sangat ditentukan oleh kualitas atau validitas instrumen yang digunakan, di samping prosedur pengumpulan data yang ditempuh. Untuk mengumpulkan data dalam suatu penelitian, kita dapat menggunakan instrumen yang telah tersedia dan dapat pula menggunakan instrumen yang dibuat sendiri.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  41. Risa Tri Oktaviani
    13301241016
    Pendidikan Matematika A 2013

    Terimakasih bapak Marsigit. Postingan ini akan sangat bermanfaat bagi semuanya terutama bagi pendidik dan calon pendidik.

    ReplyDelete
  42. Risa Tri Oktaviani
    13301241016
    Pendidikan Matematika A 2013

    Penelitian pengembangan berikatan dengan penyusunan instrumen penelitian. Instrumen yang baik adalah instrumen yang memenuhi persyaratan yang itu praktis, valid dan reliabilita. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kuatitas pendidikan dalam pelaksanaan pembelajaran yang telah terlaksana.

    ReplyDelete
  43. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Penelitian Tindakan Kelas merupakan salah satu jenis penelitian untuk mengetahui bagaimana cara dan strategi yang digunakan oleh guru dalam mengelola pembelajaran di kelas, sehingga dalam mengembangkan instrumen penelitian tindakan kelas ini dapat menjadikan suatu inovasi baru bagi sistem pendidikan yang ada.

    ReplyDelete
  44. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Pada umumnya PTK dilakukan oleh guru untuk meningkatkan atau memperbaiki pembelajaran yang ada di kelas. Dalam video, Pak Prof. Marsigit menjelaskan tentang PTK, bagaimana mengembangkan instrumennya. Dimulai dari pendahuluan, kemudian lahir kategori, indikator, isi, instrumen seperti RPP dan LKS sesuai dengan metode pembeajaran yang digunaka. Lembar observasi atau angket digunakan sebagai instrumen penelitian. Melakukan PTK minomal daam 2 siklus. Pada dasarnya proses belajar itu diterjemahkan dan menerjemahkan, maka terjemahkan kurikulum dengan faktanya dan terjemahkan kurikulum dengan teorinya.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  45. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Setiap guru idelanya melaksanakan PTK dengan tujuan untuk mengatasi masalah-masalah yang ada di kelasnya. Hal-hal yang dapat dijadikan bahan dalam melaksanakan PTK antara lain terkait metode mengajar, strategi belajar, media pembelajaran, prosedur evaluasi, dsb. Dengan melaksanakan PTK, manfaat yang dapat diperoleh antara lain dapat mendorong terwujudnya proses pembelajaran yang menarik, menantang, nyaman, menyenangkan, dan melibatkan siswa karena strategi, metode, teknik, dan atau media yang digunakan dalam pembelajaran demikian bervariasi dan dipilih secara sungguh-sungguh.

    ReplyDelete
  46. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Instrument merupakan hal yang sangat penting di dala suatu penelitian. Instrumen merupakan alat ukur dari tujuan penelitian yang akan kita lakukan. Instrument bermacam-macam jenisnya yaitu instrument test (soal) dan instrument non test (angket, lembar observasi). Instrument-instument yang akan digunakan di dalam suatu penelitian pastinya sudah melalui tahap validasi dan revisi sehingga tidak diragukan jika akan digunakan sebagai contoh oleh peneliti lain yang penelitiannya hampir sama.

    ReplyDelete
  47. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P. Matematika Kelas B 2016

    PTK sebaiknya dilakukan oleh guru yang bersangkutan dalam sebuah kelas yang diampunya, karena kegunaan dari PTK itu sendiri adalah untuk meningkatkan atau memperbaiki kualitas pembelajaran di dalam kelas. Guru yang tahu jelas masalah apa yang terjadi dan treatment apa yang sebaiknya diberikan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dalam PTK digunakan berbagai macam instrument guna untuk mengevaluasi proses pembelajaran. Karena berhubungan dengan siklus, maka setiap siklus yang belum mengalami peningkatan akan kembali lagi terjadinya pengulangan siklus hingga hasilnya jenuh (meningkat).

    ReplyDelete
  48. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Dalam melakukan penelitian tindakan kelas tentunya kita harus mempunyai instrument penelitian untuk melaksanakan penelitian tersebut di kelas kita masing-masing, dalam hal ini penulis mencoba mengemukakan beberapa instrument penelitian yang biasa digunakan ketika seorang guru akan melaksanakan PTK, berikut ini beberapa contohnya.

    3 INSTRUMEN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
    a. Silabus dan Sistem Penilaian
    b. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
    c. LKS

    ReplyDelete
  49. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    PTK adalah penelitian yang dilakukan oleh guru di lingkungan belajar untuk mengetahui permasalahan dan penyelesaian masalah belajar yang terjadi secara langsung dalam dunia pendidikan. PTK sering dijadikan hanya sebagai syarat untuk guru mengejar sertifikasi atau kenaikan pangkat tanpa melihat sebenarnya penting PTK sebagai sumbangsih pengetahuan untuk guru yang lain. PTK pada dasarnya dapat menjadi acuan bagaimana meningkatkan kualitas guru dalam menghadapi siswa dengan beragam karakteristik yang berbeda.

    ReplyDelete
  50. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Instrumen penelitian dalam sebuah penelitian pendidikan merupakan satu hal penting yang perlu untuk diperhatikan. Karena, dengan instrumen penelitian yang baik, yang valid dan reliabel, maka akan menghasilkan data penelitian yang baik pula. Oleh karena itu instrumen penelitian harus selalu dikembangkan, untuk mendapatkan hasil penelitian yang vallid.

    ReplyDelete
  51. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Baik penelitian jenis apapun akan selalu memerlukan instrumen untuk mengumpulkan datanya. Penelitian membutuhkan data empiris, data tersebut hanya diperoleh melalui instrument. Untuk itu, instrumen penelitian harus disusun dengan baik sesuai dengan kaidah-kaidah penelitian ilmiah.

    ReplyDelete
  52. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Dari video pembelajaran Penelitian Tindakan Kelas oleh Prof. Marsigit yang terdapat dakam web tersebut saya mendapatkan tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas adalah memperbaiki keadaan atau memperbaiki pelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  53. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Dalam video tersebut juga dijelaskan bahwa penelitian tindakan kelas memperbaiki dari siklus 1 ke siklus 2. Pertama membuat kesimbulan terhadap siklus 1, kemudian diperbaiki di dalam siklus 2. Setelah itu siklus 2 di simpulkan. Di dapatkan kesimpulan siklus 1 dan kesimpulan siklus 2,kemudian kesimpulan umum dan kedua-duannya dirangkum.

    ReplyDelete
  54. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh¬
    Instrumen merupakan hal yang penting dalam kegiatan penelitian. Instrument memiliki berbagai macam bentuk diantaranya instrument test berupa soal dan instrument non test (angket, lembar observasi). Sebelum dipakai dalam penelitian, instrument harus divalidasi terlebih dahulu agar bisa mengukur apa yang ingin di ukur.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  55. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Video di atas merupakan Proses Belajar Mengajar (PBM) pada perkuliahan yang diampu oleh Bapak Prof. Dr. Marsigit, MA degan judul video terkait Penelitian Tindakan Kelas.

    Penjelasan dimulai dengan adanya pemaparan terkait Teori Normatif dan Dokumen Formal yang kemudian memunculkan kategori.

    PBM menggunakan penjelasan yang sangat runut dan terperinci serta mudah dipahami.

    ReplyDelete
  56. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Ada banyak hal menarik dalam video di atas. Salah satunya, dalam video tersebut juga dipaparkan tentang “memperbaiki keadaan” dalam proses Penelitian Tindakan Kelas”. Dimana dalam memperbaiki keadaan. Siklus 1 yang telah dilakukan disimpulkan, kemudian diperbaiki ke dalam siklus 2 dan disimpulkan lagi. Kemudian, siklus 1 dan 2 disimpulkan. Pada penejelasan lebih lanjut diterangkan bahwa dokumen formal bersifat sebagai akuntabilitas. Teori Normatif bersifat sebagai landasan teori, dan latar belakang adalah pemikiran pendahuluan.

    ReplyDelete
  57. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Instrumen merupakan hal penting yang harus disusun dalam sebuah penelitian. Berawal dari Teori Normatif - Dokumen Formal - Kemudian lahirlah kategori - lahirlah indikator -kemudian lahirlah visi misi - dan dari sinilah lahir instrumen – pada metodologi penelitian lahirlah instrumen seperti RPP, LKS, perangkat lainnya, lembar observasi, angket. Itu semua adalah contoh instrumen dalam PTK . PTK bertujuan untuk memperbaiki keadaan. Minimal dilakukan dua siklus. Dari keadaan tersebut maka dilakukan siklus 1 kemudian disimpulkan selanjutnya dilakukan siklus 2 kemudian disimpulkan. Untuk membuat kesimpulan umum berasal dari rangkuman keduanya

    ReplyDelete
  58. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Penelitian Tindakan Kelas atau yang sering disingkat PTK merupakan penelitian yang bertujuan untuk memperoleh sistem pembelajaran yang baik di kelas dan mendapatkan solusi untuk masalah-masalah yang terjadi di kelas. PTK ini sangat kondusif untuk membuat guru menjadi peka dan tanggap terhadap permasalahan pembelajaran di kelas, sehingga guru akan menjadi reflektif dan kritis terhadap apa yang dilakukan oleh para siswa di kelas saat proses pembelajaran berlangsung

    ReplyDelete
  59. Tri Puji Astuti
    13301241037
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamu'alaikum wr wb
    terimkasih Bp.Marsigit atas link video yang telah diberikan. dari video tersebut, kami jadi tau gambaran mengenai Penelitian Tindakan Kelas.

    ReplyDelete
  60. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pertama kali diperkenalkan oleh ahli psikologi sosial Amerika yang bernama Kurt Lewin pada tahun 1946. PTK ialah suatu penelitian yang dilakukan secara sistematis reflektif terhadap berbagai tindakan yang dilakukan oleh guru yang sekaligus sebagai peneliti, sejak disusunnya suatu perencanaan sampai penilaian terhadap tindakan nyata di dalam kelas yang berupa kegiatan belajar-mengajar, untuk memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilakukan. Sementara itu, dilaksanakannya PTK di antaranya untuk meningkatkan kualitas pendidikan atau pangajaran yang diselenggarakan oleh guru/pengajar-peneliti itu sendiri, yang dampaknya diharapkan tidak ada lagi permasalahan yang mengganjal di kelas.

    ReplyDelete
  61. AJI SANTOSO
    13301241034
    PMA13

    Pemaparan Profesor Marsigit UNY Mengenai Penelitian Tindakan kelas. Dalam video ini, tujuan dari penelitian tindakan kelas adalah memperbaiki keadaan atau memperbaiki pelajaran di kelas.

    Reply

    ReplyDelete
  62. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Terima kasih atas link yang diberikan, Prof. Insya Allah ini sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  63. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016


    PTK merupakan sebuah penelitian tindakan yang digunakan untuk meningkatkan proses belajar mengajar di dalam kelas. Pemberian tindakan tertentu diharapkan dapat meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar.

    ReplyDelete
  64. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau CAR (Classroom Action Research) merupakan penelitian tindakan yang dilkan oleh guru atau praktisi pendidikan sebagai upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan mutu praktik pembelajaran yang dilaksanakan guru demi tercapainya tujuan pembelajaran.

    Salah satu manfaat Penelitian Tindakan Kelas (PTK) bagi para guru adalah memberikan informasi kepada guru lain dan juga bisa menginspirasi guru lain untuk melkan tindakan serupa jika hasilnya baik. Bahkan sekarang, Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menjadi syarat bagi guru untuk mengajukan kenaikan pangkat.

    ReplyDelete
  65. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Penelitian tindakan kelas atau PTK (Calassroom Action Research) memiliki peranan strategis dan sangat penting apabila dilakukan dengan tepat dan benar untuk meningkatkan mutu dan kualitas pembelajaran. Benar tindakannya, maka berhasil pembelajarnnya, berhasil pembelajarannya, maka berhasil siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  66. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Jika berhasil siswa dalam belajar maka berhasillah tujuan pendidikan yang sesungguhnya. Penelitian tindakan kelas yang bak dan terpercaya adalah penelitian yang dilakukan dengan kaidah-kaidah ilmiah dan sesuai dengan metodologi yang sesuai dengan standar ilmiah.

    ReplyDelete
  67. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Salah satu cara untuk melihat kualitas suatu penelitian adalah melihat melalui validitas dan kredibilitas penelitian. Bagaimana proses penelitiannya dan sejauh mana penelitian tersebut direplikasikan. Dan tentunya, akurasi suatu penelitian dan dapat dipercaya haruslah melalui standar kualitas dari latar belakang metodenya.

    ReplyDelete
  68. RAHMANITA SYAHDAN
    16709251013
    PPs Pmat A 2016

    Bismillahirrahmanirrahim
    Pada dasarnya penelitian tindakan adalah penelitian yang berulang dan berkesinambungan Maksudnya, sekali prosedur tertentu diuji, masalah baru dirumuskan berdasarkan temuan pada ujicoba tindakan pertama. Oleh sebab itu, pada akhir laporan peneliti menyajukan rencana tindak lanjut. Peneliti memberikan kerangka beberapa gagasan sementara yang menunjukkan posisi umum peneliti pada waktu siap memasuki putaran berikutnya. Peneliti hendaknya mengerjakan hal itu dengan lebih rinci pada putaran berikutnya, tetapi catatan singkat akan sangat menolong peneliti itu sendiri. Jadi dimuat pada akhir laporan adalah: Rencana umum terevisi (atau mungkin revisi dari rencana terdahulu) termasuk bidang tindakan yang dirumuskan kembali dan langkah-langkah tindakan kedua yang mungkin dilakukan serta teknik pemantauannya.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id