May 7, 2015

Perangkat PBM Sekolah Dasar

Bagi yang berkepentingn dengan pengembangan perangkat pbm di SD silahkan simak dan cermati akses berikut:




http://www.teach-nology.com/gold/worksheets.html

Semoga bermanfaat.

Marsigit

122 comments:

  1. Rizki Ayu Amalia
    13301241038
    Pendidikan Matematika A 2013

    Menurut saya, perangkat pembelajaran tidak harus dibuat oleh guru itu sendiri. Bisa saja mengambil dari yang sudah ada di internet ataupun memanfaatkan media yang sudah ada. Asalkan, media tersebut cocok dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Darwis Cahyo Nugroho
      13301244014
      Pendidikan Matematika C 2013

      Saya setuju dengan saudari Rizki bahwa perangkat pembelajaran tidak harus di buat oleh guru, tetapi alangkah lebih baiknya di buat sendri oleh guru. Karena guru lebih mengetahui karakteristik dari siswanya tersebut. Namun, jika ada buku atau media lain yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswanya, maka sah saja guru menggunakan media tersebut.

      Delete
  2. Rizki Ayu Amalia
    13301241038
    Pendidikan Matematika A 2013

    Salah satu dari media pembelajaran yang biasa digunakan adalah LKS atau lembar kerja siswa. dalam penyusunan LKS sendiri sebenarnya harus diperhatikan mengenai kemampuan siswa dalam menerima atau memahami media tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Darwis Cahyo Nugroho
      13301244014
      Pendidikan Matematika C 2013

      Saya setuju dengan saudari Rizki jika dalam penyusunan LKS, guru harus memperhatikan kemampuan dari siswanya. Karena jika LKS tdk sesuai dengan karakteristik siswanya, LKS tidak Efektif digunakan dalam pembelajaran

      Delete
  3. Rizki Ayu Amalia
    13301241038
    Pendidikan Matematika A 2013

    Dalam jenjang SD, ada hal yang tak kalah penting harus diperhatikan adalah sampai pada tahapan mana kemampuan berpikir siswa dalam usia SD tersebut. Itu dikarenakan jika media yang diberikan tidak sesuai dengan kemampuan berpikir siswa, siswa akan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan dengan menggunakan media tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Darwis Cahyo Nugroho
      13301244014
      Pendidikan Matematika C 2013

      Saya setuju jika media yang diberikan tidak sesuai dengan kemampuan berpikir siswa, siswa akan kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan dengan menggunakan media tersebut.

      Delete
  4. Rizki Ayu Amalia
    13301241038
    Pendidikan Matematika A

    Selain LKS, rancangan dalam pembelajaran juga sangat penting. Dalam membuat LKS dan RPP ini terdapat perbedaan, jika LKS atau media kita dapat mengambil dari yang sudah ada, namun untuk RPP sebaiknya guru membuat sendiri. Dikarenakan, dalam langkah – langkah pembelajaran untuk membuat siswa memahami materi tidak akan sama satu sekolah dengan sekolah lain. bahkan bisa jadi tidak akan sama untuk satu siswa dengan siswa yang lain.

    ReplyDelete
  5. Nikma Husna
    13301244024
    Pendidikan Matematika C 2013
    Menurut saya, perangkat pembelajaran seharusnya di buat oleh guru pengampu sendiri, karena guru itulah yang mengetahui karakter murid-muridnya. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan untuk melalui kegiatan yang berhubungan dengan benda nyata atau kejadian nyata yang dapat diterima akal mereka. Sehingga dalam belajar matematika untuk siswa SD pengalaman belajar siswa sangatlah penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Darwis Cahyo Nugroho
      13301244014
      Pendidikan Matematika C 2013

      Saya sependapat dengan pernyataan saudari Nikma, alangkah lebih baiknya di buat sendri oleh guru. Karena guru lebih menegtahui karakteristik dari siswanya tersebut. Namun, jika ada buku atau media lain yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswanya, maka sah saja guru menggunakan media tersebut.

      Delete
  6. Khaerudin
    16701621009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Secara umum baik di tingkat dasar sampai tingkat atas sebelum guru melaksanakan tugasnya untuk mengajar tentunya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh guru yaitu mempersiapkan perangkat pembelajarannya baik itu dibuat oleh guru sendiri maupun memanfaatkan perangkat pembelajaran yang sudah tersedia, sehingga ketika nanti memulai proses pemebalajaran akan sesuai dengan tujuan yang diharapakn oleh guru tersebut, coba bayangkan ketika seorang guru tidak mempersiapkan pembelajaran yang tentunya akan berjalan proses pembelajarannya apa adanya.

    ReplyDelete
  7. Nikma Husna
    13301244024
    Pendidikan Matematika C 2013
    Menurut Piaget, seorang anak mempunyai cara berfikir yang berbeda secara kualitatif dengan orang dewasa dalam melihat dan mempelajari realitas. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran, guru sebaiknya memahami cara berfikir murid dalam memandang suatu objek yang dipelajarinya. Guru hendaknya menyediakan bahan belajar yang sesuai dengan taraf perkembangan kognitif anak agar dapat memudahkan mereka menuntaskan materi pelajaran yang diberikan dan lebih berhasil dalam membentuk konstruksi pengetahuan dalam fikiran anak tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Darwis Cahyo Nugroho
      13301244014
      Pendidikan Matematika C 2013

      Saya setuju lagi dengan saudari Nikma bahwa dalam proses pembelajaran, guru sebaiknya memahami cara berfikir murid dalam memandang suatu objek yang dipelajarinya. Guru hendaknya menyediakan bahan belajar yang sesuai dengan taraf perkembangan kognitif anak agar dapat memudahkan mereka menuntaskan materi pelajaran yang diberikan.

      Delete
  8. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    pendidikan yang selama ini dipandang sudah baik dengan hasil capaian tes yang memuaskan sebenarnya tidak bisa mencerminkan keberhasilan secara menyeluruh untuk kemajuan pendidikan.pasalnya sistem tes itu tidak tepat dilakukan dalam sistem belajar mengajar. hanya siswa yang lebih dapat menggunakan kemampuan otak kiri yang bisa mendapatkan hasil tes yang memuaskan namun untuk siswa yang cenderung menggunakan otak kanan untuk cara berpikir,mereka kesulitan dalam mencapai tes dengan nilai yang maksimal.

    ReplyDelete
  9. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    sehingga sebuah protes yang dilakukan untuk menghilangkan sistem tes itu amatlah baik,karena dengan menyerahkan sepenuhnya pendidikan kepada guru tanpa di ikat oleh sebuat aturan yang bernama kurikulum, maka guru akan mampu memaksimalkan hasil capaian cari para siswa.karena guru dapat membuat rancangan pembelajaran yang sesuai dengan karakter anak didiknya dikelas.sehingga sistem pembelajaran tidak disama ratakan.dengan demikian seorang anak dapat lbh mengeksplor bakat nya dari metode yang dilakukan oleh guru tersebut.

    ReplyDelete
  10. Nikma Husna
    13301244024
    Pendidikan Matematika C 2013
    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat PBM sehingga akan terwujud proses pembelajaran yang variatif, inovatif, dan konstruktif, yaitu : a) situasi kelas yang dapat merangsang anak melakukan kegiatan belajar secara bebas; b) peran guru sebagai pengarah dalam belajar; c) guru berperan sebagai penyedia fasilitas; d) guru berperan sebagai pendorong; dan e) guru berperan sebagai penilai proses dan hasil belajar anak.

    ReplyDelete
  11. Nikma Husna
    13301244024
    Pendidikan Matematika C 2013
    Kegiatan Belajar Mengajar yang baik merupakan pembelajaran yang mampu mengembangkan daya nalar atau kreativitas anak. Maka dalam membuat PBM dibuat kegiatan-kegiatan yang mampu memberi peluang-peluang untuk anak bertanya, berpendapat, menilai, tentang berbagai hal yang terkait dengan pelajaran atau yang terjadi di lingkungan. Adapun upaya yang dapat dilakukan disekolah adalah dengan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti perlombaan, cerdas cermat.

    ReplyDelete
  12. Umi Arismawati
    13301241032
    Pendidikan Matematika A 2013

    Dalam proses pembelajaran diperlukan perangkat pembelajaran memang sangat diperlukan. Perangkat pembelajaran dapat menjadi fasilitas guru kepada siswa agar siswa dapat lebih mudah dalam memahami suatu materi. Perangkat pembelajaran dapat berupa LKS, modul, video, dll.Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. anisa safitri
      13301241014
      pendidikan matematika A 2013

      saya setuju dengan saudara umi arismawati, kenapa media pembelajaran sangat diperlukan dalamkelancaran proses beljar mengajar didalam kelas,karena dengan media ini siswa akan lebih mudah memahami karena melihat media nya secara langsung.

      Delete
  13. Umi Arismawati
    13301241032
    Pendidikan Matematika A 2013

    Dalam proses pembelajaran diperlukan perangkat pembelajaran memang sangat diperlukan. Beberapa perangkat pembelajaran di link tersebut dapat menjadi referensi untuk dapat diterapkan kepada siwa-siswi SD. Dalam perangkat pembelajaran untuk siswa sekolah dasar harus disesuaikan dengan ola pikir anak SD , sehingga materi dapat diterima lebih mudah oleh siswa SD. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. anisa safitri
      13301241014
      pendidikan matematika A 2013

      saya sejutu dengan pendapat saudara, karena dalam memberikan pembelajaran dengan media yang menarik maka akan membuat siswa lebih memahami dalam waktu yang lama, dan penggunaan media pembelajaran yang menarik oleh anak maka akan mejadi kesukaan tersendiriterhadap murid SD yang sudah mengenal modernisasi jaman.

      Delete
  14. Andhita Wicaksono Nugroho
    13301241065
    Pendidikan Matematika C 2013

    Terima kasih Pak, postingan ini sangat bermanfaat bagi saya dalam mencari ilmu

    ReplyDelete
  15. Siti Mufidah
    13301241036
    Pendidikan Matematika A 2013

    Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran diperlukan perangkat pembelajaran yang dapat mendukung salam proses pembelajaran di kelas. Perangkat pembelajaran meliputi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan LKS (Lembar Kerja Siswa). Perangkat tersebut perlu disesuaikan dengan jenjang atau tingkat sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA. Perangkat tersebut sangat diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran agar berlangsung dengan baik dan sesuai dengan rencana.

    ReplyDelete
  16. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Menurut saya perangkat pembelajaran alangkah lebih baiknya di buat sendri oleh guru. Karena guru lebih menegtahui karakteristik dari siswanya tersebut. Namun, jika ada buku atau media lain yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswanya, maka sah saja guru menggunakan media tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anisa safitri
      13301241014
      pendidikan matematika A 2013

      saya setuju dengan saudara darwis, memang perangkat pembelajaran perlu ada memang diperlukan ketika belajar mengajar didalam maupundiluarkelas, akan tetapi tidak menjadi kewajiban seorang guru mmbuat perangkat sendiri, tapi akan jauh lebih bak ketika guru mambuat sendiri karena akan jauh lebih nyata, karena setiap hari melihat teman -teman.

      Delete
  17. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membuat menciptakan pembelajaran yang inovatif, yaitu
    1. guru sebagai pengarah dalam belajar
    2. guru sebagai fasilitator
    3. guru sebagai pendorong;
    4. guru sebagai penilai proses dan hasil belajar anak.

    ReplyDelete
  18. Terimakasih bapak atas link pengembangan perangkat PBM di SD yang telah dishare. Pada dasarnya, guru khususnya guru SD membutuhkan alat bantu sebagai pendukung atau penunjang dalam menyampaikan materi serta untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Alat bantu tersebut bisa berupa Lembar Kerja Siswa. Siswa jenjang sekolah dasar perlu diberikan arahan yang tidak monoton dan diupayakan mampu memberikan gambaran konkret dari materi yang sedang dipelajari. Dalam hal ini, LKS akan sangat bermanfaat dalam membantu variasi belajar dan membangkitkan minat siswa.

    Abidin
    16709251002
    S2 Pmat A 2016

    ReplyDelete
  19. Menurut saya, perangkat pembelajaran tidak harus dibuat oleh guru itu sendiri. Bisa saja mengambil dari yang sudah ada di internet ataupun memanfaatkan media yang sudah ada. Asalkan, media tersebut cocok dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, dan mampu membuat peserta didik cepat paham dalam pembelajaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Darwis Cahyo Nugroho
      13301244014
      Pendidikan Matematika C 2013

      Menurut saya alangkah lebih baiknya di buat sendri oleh guru. Karena guru lebih menegtahui karakteristik dari siswanya tersebut. Namun, jika ada buku atau media lain yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswanya, maka sah saja guru menggunakan media tersebut.

      Delete
  20. Menurut saya, perangkat pembelajaran tidak harus dibuat oleh guru itu sendiri. Bisa saja mengambil dari yang sudah ada di internet ataupun memanfaatkan media yang sudah ada. Asalkan, media tersebut cocok dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik, dan mampu membuat peserta didik cepat paham dalam pembelajaran

    ReplyDelete
  21. Menurut saya, perangkat pembelajaran tidak harus dibuat oleh guru itu sendiri. Bisa saja mengambil dari yang sudah ada di internet ataupun memanfaatkan media yang sudah ada. Asalkan, media tersebut cocok dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.

    Fajrianor Hidayat

    ReplyDelete
  22. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    Sebaiknya guru yang bersangkutan mampu mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS sendiri guna untuk pembelajaran yang lebih bermakna, karena guru tersebut mampu menyesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan siswanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Darwis Cahyo Nugroho
      13301244014
      Pendidikan Matematika C 2013

      Saya setuju dengan saudari Mariana, alangkah lebih baiknya di buat sendri oleh guru. Karena guru lebih menegtahui karakteristik dari siswanya tersebut. Namun, jika ada buku atau media lain yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswanya, maka sah saja guru menggunakan media tersebut.

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Dalam proses pembelajaran, seorang guru harus memiliki strategi untuk menyiasati anak didiknya agar terlibat aktif dalam belajar. Ibarat seorang jendral dalam kemiliteran, guru dituntut untuk memiliki siasat atau strategi dalam melaksanakan tugas mengajarnya. Kemampuan guru dalam memahami dan mengimplementasikan strategi mengajarnya merupakan hal yang sangat penting dalam semua peristiwa belajar mengajar. Dengan kemajuan teknologi informasi saat ini, guru dapat memanfaatkan segala macam media, membuat sesuatu yang memiliki daya tarik muird, sehingga meningkatkan daya minat murid untuk memperhatikan dan mempelajarinya sehingga tercapai tujuan pembelajarannya.

    ReplyDelete
  25. Fitri Wulandari
    16701261018
    S3 PEP Kelas A

    Kemajuan teknologi dan infomasi saat ini, berdampak banyak hal disegala bidang, tidak terkecuali pada dunia pendidikan. Banyak sekali bermunculan berbagai macam mediapembelajaran baru untuk mengoptimalkan proses penyerapan materi dalam proses pembelajaran. Hal ini tentu sangat baik dan membantu para guru, namun dalam penggunaannya kita perlu memilih dengan tepat media apa yang ccok dan sesuai serta layak digunakan dalam proses belajar mengajar. Perlu diperhatikan faktor-faktor yang berhubungan dengan anak didk tersebut seperti factor psikologis, anak, kesiapan belajar anak, dan penguasaan anak terhadap media tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melania Desta Maharani
      13301244018
      Pendidikan Matematika C 2013

      Saya juga merasa bahwa kemajuan teknologi dan infoemasi saat ini berdampak banyak hal disegala bidang termasuk di dunia pendididkan. Banyak informasi yang dapat kita temuakan di media baik internet, televis, koran, majalah, buku, ataupun yang lainnya. Dalam hal ini, kita dapat belajar dengan menggunakan teknologi internet untuk mencari tahu inovasi-inovasi pembelajaran yang telah ada dan diharapkan dapat mengembangkan inovasi tersebut menjadi lebih baik.

      Delete
  26. Lazuardi Nugroho
    13301244017
    S1 Pendidikan Matematika C 2013
    Dalam menyusun perangkat pembelajaran sekolah dasar , guru dapat mencari dari berbagai sumber, misalnya dari buku-buku atau internet. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik agar peserta didik merasa nyaman dalam mengikuti pembelajaran dan dapat mencapai tujuan pembelajaran itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Darwis Cahyo Nugroho
      13301244014
      Pendidikan Matematika C 2013

      Sependapat dengan saudara Lazuardi. Dalam menyusun perangkat pembelajaran sekolah dasar , guru dapat mencari dari berbagai sumber, misalnya dari buku-buku atau internet. Pemilihan media pembelajaran yang tepat dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik agar peserta didik merasa nyaman dalam mengikuti pembelajaran

      Delete
  27. Lazuardi Nugroho
    13301244017
    S1 Pendidikan Matematika C 2013
    Perangkat pembelajaran meliputi RPP dan LKS. LKS yang digunanakn dalam pembelajaran dibuat sedemikian rupa sehingga peserta didik merasa senang dan termotivasi, tidak merasa bosan dan aktif. Karena usia anak-anak adalah usia bermain, maka isi LKS dapat divariasikan misalnya dengan misalnya praktik pengukuran dengan memanfaatkan benda-benda di sekitar sekolah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anisa safitri
      13301241014
      pendidikan matematika A 2013

      saya setuju dengan saidara lazuardi, RPP dan LKS yang merupakan perangkat pembelajaran dilakukan, sehingga dibutuhkan strategi-strategi untuk menjadikan siswamenjadi tidak bosan. sehingga ppada masa kanak-kanak LKS yang divariasi dapat menyebabkan anak menjadi lebih aktif dan kreatifkarena dalam masa inianak masih suka bermain

      Delete
  28. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Pengembangan bahan ajar seperti LKS untuk siswa memang harus memperhatikan tingkat perkembangan berpikir siswa. Untuk siswa SD, penyampaian materi pembelajaran yang baik menggunakan obyek konkrit, menyenangkan, serta bermakna.

    ReplyDelete
  29. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pend. Mat I 2013

    Perangkat pembelajaran yaitu sebuah media yang digunakan sebagai pedoman atau petunjuk pada sebuah proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran sendiri memiliki tujuan untuk memenuhi suatu keberhasilan guru dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  30. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pend. Mat I 2013

    Perangkat pembelajaran sangatlah penting sebagai pegangan guru untuk mengajar di setiap jenjang pendidikan, termasuk di jengjang sekolah dasar (SD). Siswa SD memiliki karakter yang berbeda dengan siswa SMP atau SMA, sehingga perangkat pembelajaran yang disusun juga harus disesuaikan dengan karakter siswa.

    ReplyDelete
  31. Rofiah Yusuf
    13301241039
    Pend. Mat I 2013

    Perangkat pembelajaran yang disusun untuk siswa SD hendaknya disusun semenarik mungkin, terutama perangkat pembelajaran yang berupa Lembar Kerja Siswa (LKS). Lks yang dibuat dengan menarik, misalnya LKS yang disajikan dengan animasi gambar, penuh warna, dan cerita dalam kehidupan sehari-hari, akan meningkatkan ketertarikan dan motivasi siswa dalam belajar sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi pelajaran yang disampaikan.

    ReplyDelete
  32. Nurul Purnaningsih
    13301241045
    Pendidikan Matematika Inter 2013

    Terimakasih atas link yang telah Pak Prof. Marsigit berikan tersebut, link tersebut berisi macam - macam students worksheet yang sangat bervariasi baik dari jenis mata pelajaran, topik per mata pelajaran maupun model-model worksheet, dan kesemua itu sangatlah bermanfaat untuk digunakan dalam pembelajaran walaupun harus menjadi member untuk dapat mendownload, namun saya juga mendapatkan banyak ide dan inspirasi untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika yang menarik bagi siswa SD agar mereka lebih tertarik dalam belajar matematika.

    ReplyDelete
  33. Luthfannisa Afif Nabila
    13301241041
    Pendidikan Matematika A 2013
    Terima kasih bapak Marsigit atas link yang bapak share. Link tersebut sangat bermanfaat bagi yang ingin mengembangkan Perangkat PBM di SD. Didalam link tersebut benar-benar berisi Perangkat PBM di SD yang dapat memudahkan guru dalam mengajar serta memudahkan murid dalam belajar.

    ReplyDelete
  34. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Pembelajaran untuk tingkat dasar memang membutuhkan alat peraga yang bersifat konkret. LKS sebagai media siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan sudah disajikan dalam wujud yang cukup menarik. Diharapkan dengan sajian yang menarik, siswa dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Link ini memberikan banyak masukan bagi guru dalam menyiapkan perangkat dan media pembeajaran. Dengan demikian, guru dapat mengembangkan media pembelajaran lain yang lebih kreatif, inovatif, dan lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  35. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    terimakasih saya sampaikan kepada Prof.Marsigit yang telah memberikan link akses untuk pengembangan PBM di SD.
    yang harus di pahami dalam PBM di SD adalah dalam PBM jangan memberikan definisi kepada siswa, karena hal tersebut akan merusak siswa, namun yang harus dibuat adalah dalam media maupun alat peraga lainnya yang menarik dan bersifat real, siswa akan tertarik apabila guru membuat media belajar yang sesuai dengan keperluan siswa tersebut, sehingga anak akan lebih mudah memahami materi, dan PBM pun menjadi lebih bermakna, maka link seperti di atas memberikan masukan kepada kita media yang bagus dan sesuai sehingga kita lebih kreatif lagi dam melakukan PBM di SD.

    ReplyDelete
  36. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Untuk menunjang KBM, perlu adanya sebuah perangkat dan media pembelajaran. Hal ini diperlukan agar kualitas pendidikan menjadi lebih baik. Apalagi dengan tuntunan zaman sekarang, ketika MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dan globalisasi yang diterapkan, tentu menambah PR kita untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita agar sama atau bahkan lebih dari negara yang lain.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  37. Perangkat pembelajaran merupakan salah satu media yang digunakan guru untuk membuat siswa lebih memahami tujuan pembelajaran bukan malah membuat siswa bingung atau malah membuat siswa tidak paham sama sekali. untuk itu hendaknya dalam menentukan perangkat pembelajaran yang akan digunakan harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswanya, tidak menutup kemungkinan perangkat itu dibuat oleh guru sendiri (dalam artian guru dapat atau mampu membuatnya)atau menggunakan perangkat yang dibuat oleh orang lain yang telah teruji keandalannya yang terpenting adalah sesuai dengan ruang dan waktu tingkat penggunanya.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  38. Menurut saya, perangkat pembelajaran tidak harus dibuat oleh guru itu sendiri. Bisa saja mengambil dari yang sudah ada di internet ataupun memanfaatkan media yang sudah ada. Asalkan, media tersebut cocok dan disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.

    M. Saufi Rahman
    S3 PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
    Replies
    1. Darwis Cahyo Nugroho
      13301244014
      Pendidikan Matematika C 2013

      Berbeda dengan pendapat saudara Saufi Rahman, alangkah lebih baiknya di buat sendri oleh guru. Karena guru lebih menegtahui karakteristik dari siswanya tersebut. Namun, jika ada buku atau media lain yang sesuai dengan materi dan karakteristik siswanya, maka sah saja guru menggunakan media tersebut.

      Delete
  39. Yosi Giyaningsih
    13301244030
    Pendidikan Matematika C 2013

    Perangkat pembelajaran merupakan salah satu unsur untuk menunjang kegiatan pembelajaran. Perangkat pembelajaran bisa berupa RPP, LKS, dan sebagainya. Perangkat pembelajaran sebaiknya dibuat oleh guru yang bersangkutan sebelum melaksanakan kegiatan pembelajaran. Hal ini dilakukan agar kegiatan pembelajaran lebih bisa bermakna, terstruktur, dan lebih baik. Perangkat pembelajaran harus cocok dan sesuai juga dengan kebutuhan peserta didik.

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Cinta Adi Kusumadewi
    13301241056
    Pendidikan Matematika I 2013

    Dalam pelaksanaan kegiatann pembelajaran diperlukan perangkat pembelajaran yang dapat mendukung proses pembelajaran di kelas. Perangkat pembelajaran meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran(RPP) dan Lembar Kerja Siswa)Dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran diperlukan perangkat pembelajaran yang dapat mendukung salam proses pembelajaran di kelas. Perangkat pembelajaran meliputi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) dan LKS Lembar Kerja Siswa(LKS). Perangkat tersebut perlu disesuaikan dengan tingkat sekolah, baik SD, SMP, maupun SMA. Perangkat tersebut sangat diperlukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran agar berlangsung dengan baik dan sesuai dengan rencana dan tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  42. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  43. Cinta Adi Kusumadewi
    13301241056
    Pendidikan Matematika I 2013

    Pembelajaran di SD, SMP, SMA memiliki karakter yang berbeda. Selain dari sisi materi yang berbeda, karakter yang dimiliki siswa juga berbeda beda. Untuk kategori SD, pembelajaran yang digunakan adalah teknik pembelajaran yang konkret, hal-hal yang nyata yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari sehingga pembelajaran dapat dimengerti oleh siswa dengan mudah.

    ReplyDelete
  44. Cinta Adi Kusumadewi
    13301241056
    Pendidikan Matematika I 2013

    Terkait dengan filsafat, pemikiran siswa SD adalah pemikiran yang konkret yang ada di luar pikiran, yang berubah sesuai dengan ruang dan waktu. Pemikiran yang konkret yang dipengaruhi oleh kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, dalam pembelajarannya pun juga harus disesuaikan dengan kondisi pikirnya yang konkret.

    ReplyDelete
  45. Dwi Adityas Rarasati
    133012141015
    PMI 2013

    Perangkat pendidikan dapat diperoleh dari mana saja. Bisa guru membuat sendiri ataupun dengan mengambil dari berbagai macam sumber. Di jaman yang modern sekarang ini tentu saja segala sesuatu bisa menjadi mudah. Media-media pembelajaran pun sangat menarik dan inovatif. Semakin banyak kreasi yang dibuat dalam media membuat murid tidak bosan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  46. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dwi Adityas Rarasati
      13301241015
      PMI 2013

      Perangkat atau media pendidikan haruslah merupakan suatu yang inovatif, merangsang daya pikir siswa, serta mudah dipahami. instrumen perangkat PBM mendorong siswa untuk gemar belajar dan membantu siswa memahami materi. perangkat PBM dapat dikembangkan oleh lembaga teknis maupun guru itu sendiri sehingga disesuaikan dengan materi pembelajaran

      Delete
  47. Arif Dwihantoro
    13301244012
    Pend.Mat C 2013

    Banyak perangkat pembelajaran yang bisa kita dapatkan di link tersebut guna pengembangan perangkat pembelajaran di SD. Dan perangkat pembelajaran bisa kita modifikasi untuk pembelajaran disesuaikan dengan kondisi siswa.

    ReplyDelete
  48. Arif Dwihantoro
    13301244012
    Pend.Mat C 2013

    Pembelajaran yang baik pun didukung oleh perangkat pembelajaran yang baik pula sehingga peragkat baik RPP dan LKS diperlukan dalam pembelajaran yang inovatif. agar pembelajaran berjalan menyenangkan dan siswa tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melania Desta Maharani
      13301244018
      Pendidikan Matematika C 2013

      Saya sependapat juga dengan saudara Arif bahwa pembelajaran yang baik tidak akan terlepas dari perangkat pembelajaran yang baik pula. Sehingga diperlukan sebuah inovasi yang menarik di dalam RPP dan LKS yang akan digunakan saat proses pembelajaran. Siswa merasa senang dan tidak bosan itulah salah satu tujuan dalam membuat perangkat pembelajran yang baik.

      Delete
  49. Puspita Sari
    13301241003
    Pend.Matematika A 2013

    LKS atau Lembar Kerja Siswa merupakan bahan ajar yang wajib guru buat untuk pembelajaran berlangsung. Dalam pembuatan LKS kita harus perhatikan sintak metode yang kita gunakan dalam pembelajaran serta kemampuan yang dimiliki oleh siswa.

    ReplyDelete
  50. Farida Riza Umami
    13301241026
    Pendidikan Matematika A 2013

    Perangkat Pembelajaran ( RPP dan Silabus ) tidak dapat dipisahkan dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilakukan di Sekolah. Bagi seorang Guru Perangkat Pembelajaran merupakan acuan dan pedoman dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan.

    ReplyDelete
  51. Farida Riza Umami
    13301241026
    Pendidikan Matematika A 2013

    Perangkat pembelajaran mempermudah seorang guru dalam membantu proses fasilitasi pembelajaran. Dengan perangkat pembelajaran, seorang guru mudah menyampaikan materi hanya dengan melihat perangkatnya tanpa harus banyak berpikir dan mengingat.

    ReplyDelete
  52. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Perangkat pembelajaran maupun media untuk sekolah dasar semestinya disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Bagaimana guru dapat memotivasi siswa dengan belajar yang menyenangkan. Siswa sekolah dasar masih membutuhkan sesuatu yang bersifat visual, atau dapat dikatakan abstraksi mereka masih rendah sehingga perlu adanya metode atau media pembelajaran yang dapat memvisualisasikan konten dari apa yang akan dipelajari sehingga siswa dapat belajar dan ada gambaran tentang apa yang sedang mereka pelajari.

    ReplyDelete
  53. Rizqi Nefi Marlufi
    13301241035
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Guru sekolah dasar mempunyai tantangan tersendiri dalam menyusun perangkat pembelajaran di dalam kelas. Guru harus mempertimbangkan karakteristik kelas dan siswanya, untuk media sendiri guru dapat secara kreatif atau berinisiatif menyusunnya sendiri atau juga dapat diperoleh dari internet, karena perkembangan zaman dalam bidang teknologi sudah maju maka kita atau guru dapat memanfaatkan hal tersebut untuk mengembangkan perangkat pembelajarannya.

    ReplyDelete
  54. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Dalam upaya memberikan pengajaran yang optimal kepada para pesera didik, seorang guru tentu hendaknya memiliki seperangkat pembelajaran yang relevan untuk menunjang proses pembelajaran agar berjalan dengan lancer dan terarah. Dalam menyusun perangkat pembelajaran terutama untuk sekolah dasar, ada baiknya guru memperhatikan keesensian yang terkandung dalam perangkat tersebut. Ada baiknya perangkat pembelajaran yang dibuat bersifat komunikatif dan interaktif agar dapat merangsang kemampuan berpikir peserta didik di sekolah dasar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melania Desta Maharani
      13301244018
      Pendidikan Matematika C 2013

      Perangkat pembelajaran yang dibuat bersifat komunikatif dan interaktif, saya rasa hal tersebut menarik. Memnbuat sebuah perangkat pembelaran tidaklah mudah, namun akan menjadi menarik dan tertangang ketika kita sebagai guru atau pun seorang calon guru dapat membuat pernagkat pembelajaran yang komunikatif dan interaktif.

      Delete
  55. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Sebagai guru, mesti tidak lepas dari perangkat pembelajaran dalam melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yaitu Silabus,Program Semester, RPP, dsb. Dalam link yang dibagikan oleh Pak Marsigit, terdapat puluhan ribu worksheet (lembar kerja) untuk siswa dengan berbagai materi dalam bahasa inggris.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  56. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Terima kasih kepada Pak Marsigit atas informasi mengenai link perangkat PBM sekolah dasar http://www.teach-nology.com/gold/worksheets.html. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi bekal ilmu bagi kami untuk ke depannya.

    ReplyDelete
  57. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Setelah saya mengakses link tersebut, saya menemukan berbagai macam LKS yang sangat menarik. Berbagai macam materi pun tersedia seperti aljabar, geometri, pengukuran, peluang, dll. Desain LKSnya pun akan membuat siswa yang mngerjakannya merasa fun. Selain itu terdapat pula puzzle matematika.

    ReplyDelete
  58. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dalam setiap tingkatan pendidikan dibutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat menunjang proses pembelajaran di setiap tingkatannya, seperti pada tingkatan Sekolah Dasar dibutuhkan perangkat pembelajaran seperti RPP, dan RPP ini dilakukan setiap kali sebelum dimulai pembelajaran dan masing-masing kelas berbeda-beda karena karakteristik siswa di dalam kelas berbeda antara satu dengan yang lainnya.

    ReplyDelete
  59. Pelaksanaan proses pembelajaran perlu didukung dengan adanya perangkat pembelajaran. Tugas guru membuat perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Sehingga perangkat pembelajaran bisa menjadi katalis yang dapat memperlancar proses pembelajaran
    Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    ReplyDelete
  60. Guru tidak perlu bingung lagi mempersiapkan perangkat pembelajaran yang bagus, sesuai dengan bahan yang akan diajarkan. banyak referensi yang ada untuk mempersiapkan itu. Namun penting bagi guru dalam memilih dan memilah, mana referensi yang cocok diambil untuk mempersiapkan perangkat pembelajaran
    Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    ReplyDelete
  61. Perangkat pembelajaran tidak mesti buatan guru sendiri, kecanggihan teknologi sudah memfasilitasi guru untuk mengadopsi dan mengemas dalam bentuk yang layak dan dapat diaplikasikan dalam pembelajaran.
    Miftahir Rizqa
    16701261027
    PEP Kelas A

    ReplyDelete
  62. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Perangkat pembelajaran bertujuan untuk memenuhi suatu keberhasilan guru dalam pembelajaran. Perangkat pembelajaran juga dapat membantu memberi panduan kepada guru. Guru juga harus bisa mengevaluasi sejauh mana perangkat pembelajaran yang sudah dirancangnya dapat diimplementasikan dengan baik di dalam kelas. Perangkat pembelajaran juga dapat meningkatkan kemampuan guru, karena guru harus mengembangkan serta menggunakan perangkat pembelajarannya semaksimal mungkin dan memperbaiki proses pembelajarannya melalui perangkat yang sudah dirancangnya.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Melania Desta Maharani
      13301244018
      Pendidikan Matematika C 2013

      Saya sependapat dengan saudara Ulfa, bahwa harus bisa mengevaluasi sejauh mana perangkat pembelajaran yang sudah dirancang dapat diimpelemtasikan dengam baik di dalam kelas. Dengan demikian guru akan selalu termotivasi untuk mengembangkan perangkat pembelajran dan selalu belajar untuk memperbaiki kekurangan dari perangkat pembelajaran yang telah dievaluasi.

      Delete
  63. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Menurut saya, perangkat pembelajaran sebaiknya dibuat sendiri oleh guru karena guru lebih mengenal karakteristik peserta didik, sehingga akan lebih cocok untuk digunakan di kelas, dan guru pun akan merasa lebih puas. Selain itu, guru juga akan merasa nyaman dalam mengajar.

    ReplyDelete
  64. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    Perangkat dalam proses belajar mengajar meliputi program tahunan, program semester, silabus, RPP, LKS hendaknya dibuat sendiri oleh setiap guru. sehingga sesuai dengan keadaan lingkungan dan keadaan siswa. Setelah membuat RPP dan LKS, guru juga perlu untuk membuat media yang inovatif dan kreatif agar siswa termotivasi dalam belajar dan tertarik. tujuan pembelajaran pun dapat tercapai.

    ReplyDelete
  65. Firda Listia Dewi
    16701251014
    S2 PEP B 2016

    PBM hendaknya dipersiapkan dengan sebaik mungkin, sehingga ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung, guru akan lebih siap. Proses belajar mengajar akan berjalan lancar, siswa juga akan mudah memahami materi yang disajikan, guru pun dapat menyajikan seluruh materi yang diharapkan tersampaikan pada pertemuan tersebut.

    ReplyDelete
  66. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P. Matematika Kelas B 2016

    Agar terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan dan tidak monoton, maka sebaiknya guru mensiasatinya dengan perangkat pembelajaran yang menarik, seperti media pembelajaran yang dibuat oleh guru sendiri atau bisa juga dengan menggunakan internet. hal ini bertujuan agar siswa dapat berperan aktif dan menerima pelajaran dengan baik, karena guru merupakan penggerak utama dalam proses kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di kelas.

    ReplyDelete
  67. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Banyak sekali worksheet yang bisa dimanfaatkan, tidak hanya oleh guru tetapi juga oleh orang tua siswa. Harapannya guru maupun orangtua dapat memanfaatkan dengan baik dan termotivasi untuk mengembangkannya, menyesuaikan dengan karakter anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. anisa safitri
      13301241014
      pendidikan matematika A 2013

      setuju dengan saudara, karenabegitu banyak worksheet nya dapat didari yang sesuai dengan silabus yang ada, karena tidak semua silabus cocokuntuk pendekatan pembelajajaran.

      Delete
  68. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Perncanaan pembelajaran matematika sangatlah penting dilakukan oleh seorang guru agar pembelajaran bisa tercapai tujuannya. Guru harus mempersiapkan materi ajar (buku, internet, ICT) menjadi sangat penting untuk menunjang keberhasilan pembelajaran matematika. Sumber belajar yang terbaik adalah sumber belajar yang dikembangkan oleh guru itu sendiri. Guru juga harus mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perubahan keadaan didalam kehidupan dan dunia yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efektif, dan efisien. Mempersiapkan siswa agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari berbagai ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  69. Mega Puspita Sari
    16709251035
    PPs Pendidikan Matematika
    Kelas B

    Perangkat pembelajaran merupakan komponen yang penting dalam proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran tersebut berupa RPP, Bahan Ajar, Media Pembelajaran dan bentuk-bentuk perangkat pembelajaran yang lainnya. Perangkat pembelajaran ini hakikatnya harus ada karena merupakan sesuatu yang mempermudah siswa maupun guru dalam proses pembelajaran. Adanya perangkat pembelajaran berupa RPP mempermudah guru dalam melakukan proses pembelajaran yang lebih terarah dan terencana, adanya bahan ajar sebagai fasilitas dalam proses pembelajaran untuk mempermudah siswa memahami materi pelajaran, kemudian bisa dilengkapi dengan media pembelajaran untuk lebih memudahkan siswa memahami materi dan menjadikan siswa lebih tertarik mengikuti proses pembelajaran. Dan hal ini bisa disimpulkan bahwa dituntut kemampuan guru dalam mengolah proses pembelajaran seperti apa yang sekiranya membuat proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, dan tentunya harus pula ada kerjasama dengan siswa.

    ReplyDelete
  70. Rsa Tri Oktaviani
    13301241016
    Pendidikan Matematika A 2013

    Dalam pelasanaan pembelajaran guru wajib menyusun perangkat pembelajaran terutama rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di kelas. RPP yang disusun oleh guru seharusnya ia buat sendiri sesuai dengan kebutuhan peserta didik masing-masing kelas. Sehingga RPP yang telah disusun akan cocok di kelas A belum tentu akan cocok di kelas B karena kebutuhan masing-masing kelas berbeda.

    ReplyDelete
  71. Risa Tri Oktaviani
    13301241016
    Pendidikan Matematika A 2013

    Penyusunan perangkat pembelajaran yang baik sangat diperlukan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Sehingga guru yang baik akan menggunakan perangkat perangkat pembelajaran yang memiliki kualitas yang baik. Guru bijaksana dalam membuat RPP berdasarkan karakteristik siswa tersebut, misalnya merencanakan aktivitas bergerak dalam belajar, mengatur siswa untuk belajar berkelompok, dan merancang kegiatan menulis laporan atau hasil pengamatan.

    ReplyDelete
  72. Risa Tri Oktaviani
    13301241016
    Pendidikan Matematika A 2016

    Seorang pendidik haruslah rajin karena sebuah RPP sebaiknya hanya untuk satu pertemuan saja. Dalam pelaksanaan pembelajaran sebaiknya pendidik tidak hanya menyusun RPP saja namun juga media pembelajaran yang dapat menunjang keberhasilan atau mengoptimalkan hasil belajar.

    ReplyDelete
  73. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Perangkat Pembelajaran merupakan hal yang penting di dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat mempermudah baik bagi siswa (di dalam memahami sebuah materi) dan bagi guru (untuk memtransfer suatu materi atau ilmu kepada peserta didik). Perangkat pembelajaran yang dapat digunakan berbagai macam jenisnya seperti RPP, Modul, LKS, Media pembelajaran atau bentuk-bentuk perangkat lainnya yang berpengaruh di dalam proses pembelajaran. Salah satu yag dicontohkan dalam postingan di atas adalah perangkat pembelajaran berupa worksheeet atau lembaran tugas. Lembaran tugas bagi anak SD dengan berbagai bentuk variasi yang menarik sehingga siswa lebih merasa tertantang, lebih bersemangat ketika mengerjakan. Kreativitas guru juga diuji dalam membuat suatu perangkat pembelajaran.

    ReplyDelete
  74. Nurul Purnaningsih
    13301241045
    Pendidikan Matematika Inter 2013

    Terimakasih Pak, link tersebut sangat bermanfaat bagi guru yang akan mengajar siswa SD namun merasa kesulitan untuk membuat LKS yang menarik untuk siswanya.

    ReplyDelete
  75. Perangkat PBM di sekolah dasar maupun di jenjang lainnya tentu tidak hanya yang buatan guru, dengan adanya kecanggihan teknologi sudah memfasilitasi guru untuk mengadopsi dan mengemas dalam bentuk yang layak dan dapat diaplikasikan dalam pembelajaran.



    Memet Sudaryanto
    16701261005
    S-3 PEP UNY A

    ReplyDelete
  76. Media pembelajaran atau bentuk-bentuk perangkat lainnya yang berpengaruh di dalam proses pembelajaran. Salah satu yag dicontohkan dalam laman yang di-link di atas adalah perangkat lembaran tugas

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    S-3 PEP UNY A

    ReplyDelete
  77. Perangkat pembelajaran disusun untuk tujuan mempermudah proses pembelajaran agar lebih terarah dan terencana, adanya bahan ajar sebagai fasilitas dalam proses pembelajaran untuk mempermudah siswa memahami materi pelajaran

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    S-3 PEP UNY A

    ReplyDelete
  78. Perangkat pembelajaran, salah satu media untuk sekolah dasar semestinya disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan kemampuan guru. Ada kalanya, guru tanpa media bisa menjelaskan dengan lebih baik tanpa media.

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    S-3 PEP UNY A

    ReplyDelete
  79. Guru sebagai motor utama yakni penggerak utama dalam proses kegiatan belajar mengajar yang berlangsung di kelas

    Memet Sudaryanto
    16701261005
    S-3 PEP UNY A

    ReplyDelete
  80. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Terimakasih Prof. Marsigit yang telah memberikan link mengenai perangkat PMB untuk sekolah dasar. Semoga informsi yang ada didalam link tersebut dapat bermanfaat untuk memajukan pendidikan sekarang ini.

    ReplyDelete
  81. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Perangkat pemelajaran yang digunakan di sekolah dasar salah satunya adalah LKS. Siswa sekolah dasar dan SMP atau SMA pastilah berbeda-beda karakteristiknya. Oleh karena itu pembuatan LKS untuk anak SD berbeda dengan SMP ataupun SMA. LKS untuk sekolah dasar biasanya dibuat lebih berwana, lebih mudah dipahami, dan masih banyak menggunakan gambar-gambar. Hal tersebut dimaksutkan untuk membuat siswa sekolah dasar lebih memahami materi yang ada di sekolah dasar dan tertarik dengan LKS yang menarik tersebut.

    ReplyDelete
  82. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Perangkat pembelajaran adalah alat atau perlengkapan untuk melaksanakan proses yang memungkinkan pendidik dan peserta didik melakukan kegiatan pembelajaran. Dalam link tersebut banyak inovasi-inovasi untuk membuat pernagkat pembelajaran yang menarik. Ada materi yang dileb]takkan didalam sebuat gambar yang membuat tertarik untuk anak sekolah dasar.

    ReplyDelete
  83. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Perangkat pembelajaran akan lebih baik jika dibuat oleh guru pengampu kelas sendiri. Karena guru pengampu kelas lebih mengetahui karkteristik kelas yang diampu oleh beliau. Jadi, guru dapat menyesiaikan dengan keadaan kelas.

    ReplyDelete
  84. Melania Desta Maharani
    13301244018
    Pendidikan Matematika C 2013

    Di dalam link tersebut banyak sekali worksheet yang dapat dimanfaatkan.Worksheet tersebut tidak hanya bermanfaat bagi siswa maupun guru, worksheet tersebut dapat juga membantu orang tua ketika mereka hendah mengajarkan sebuah materi kepada anak-anaknya. Dengan demikian diharapakan guru dapan memanfaatkan worksheet yang telah diberikan dan dapat mengembangkan menjadi lebih menarik lagi.

    ReplyDelete
  85. Devi Anggriyani
    16701251023
    S2 PEP B 2016

    Kebutuhan para siswa Sekolah Dasar terbilang sangat unik. Sehingga diperlukan kreatifitas dari guru yang bersangkutan sebagai fasilitator. Selain daripada itu pembelajaran untuk tingkat dasar memang membutuhkan alat peraga yang bersifat konkret. LKS sebagai media siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan sudah disajikan dalam wujud yang cukup menarik.
    Web ini sangat membantu guru dalam membuat rencana pembelajaran di kelas, baik dlm membuat lembar kerja, bentuk penilaian, aktivitas pembelajaran dan evaluasi belajar. Terima kasih Prof atas Link nya.

    ReplyDelete
  86. Nurul Imtikhanah
    13301244002
    Pendidikan Matematika C 2013

    Perangkat pembelajaran adalah salah satu aspek penting dalam melakukan kegiatan belajar mengajar di sekolah. Perangkat pembelajaran dapat berupa RPP, LKS, media pembelajaran, atauapun perangkat pembelajaran lainnya.

    ReplyDelete
  87. Nurul Imtikhanah
    13301244002
    Pendidikan Matematika C 2013

    Perangkat belajar mengajar harus disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Untuk sekolah dasar perangkat belajar mengajar dapat dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif.

    ReplyDelete
  88. Nurul Imtikhanah
    13301244002
    Pendidikan Matematika C 2013

    PBM untuk Sekolah Dasar sebaiknya dirancang dengan pembelajaran yang membangkitkan rasa ingin tahu siswa dan kreatifitas siswa. LKS yang disusun sebaiknya dikemas semenarik mungkin agar peserta didik termotivasi dalam mengerjakan.

    ReplyDelete
  89. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    PEP B 2016

    Perangkat PBM anak sekolah dasar merupakan salah satu hal yang harus dipersiapkan dengan matang oleh guru. Dengan mempersiapkan dengan matang segala sesuatunya untuk mengajar, maka PMB akan berjalan dengan lancar. Fungsi guru sebagai fasilitator juga harus kreatif dan berinovasi dalam mengembangkan perangkat belajar bagi siswa SD agar proses pembelajaran tidak membosankan dan siswa menjadi semangat untuk belajar di sekolah setiap harinya.

    ReplyDelete
  90. Tri Puji Astuti
    13301241037
    Pendidikan Matematika A 2013

    Assalamu'alaikum wr wb
    terimakasih Bp.Marsigit atas link mengenai pengembangan perangkat PBM tersebut. link tersebut sangat bermanfaat sebagai referensi mendalami pengembangan perangkat PBM khususnya pada jenjang SD.

    ReplyDelete
  91. Tri Puji Astuti
    13301241037
    Pendidikan Matematika A 2013

    Perangkat pembelajaran adalah sebuah media yang digunakan sebagai pedoman atau petunjuk pada sebuah proses pembelajaran. Perangkat pembelajaran sendiri memiliki tujuan untuk memenuhi suatu keberhasilan guru dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  92. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Penyusunan perangkat pembelajaran bertujuan agara segala sesuatu yang direncanakan guru dapat tercapai. Perangkat pembelajaran yang mencakup, bahan, alat,media, petunjuk dan pedoman yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar merupakan kunci keberhasilan ketercapain kompetensi siswa. referensi akses yang tercantum di postingan di atas sangat bagus dan bisa dijadikan sebagai referensi bagi guru SD dalam mengajar mengingat siswa yang diajari adalah anak didik yang berada pada dunia bermain sehingga guru SD justru harus lebih kreatif dalam merancang perangkat pembelajaran karena konsepnya pembelajarannya harus selain menyenangkan bagi anak didiknya tapi bisa membuat mereka merasa seperti sedang bermain.

    ReplyDelete
  93. AJI SANTOSO
    13301241034
    PMA 13

    Terimakasih pak atas link sumber perangkat belajar mengajar untuk siswa sd. Banyak sekali worksheet yang bisa diterapkan pada kegiatan belajar mengajar di kelas.

    ReplyDelete
  94. AJI SANTOSO
    13301241034
    PMA 13

    Perangkat belajar mengajar harus disesuaikan dengan kondisi peserta didik. PBM untuk siswa sekolah dasar dapat dirancang sedemikian rupa sehingga menjadi kegiatan pembelajaran yang aktif, kreatif, dan inovatif. Disesuaikan dengan psikologi anak dimana anak lebih suka pada sesuatu yang menarik secara visual dan sederhana.

    ReplyDelete
  95. Jeni Dwi Prasetyo
    13301241043
    Pendidikan Matematika S1

    Menurut saya, guru sah-sah saja apabila menggunakan atau memanfaatkan media pembelajaran dari sumber manapun apabila media tersebut dapat menunjang keberhasilan dari pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  96. Jeni Dwi Prasetyo
    13301241043
    Pendidikan Matematika S1

    Perangkat PBM untuk SD perlulah dipelajari untuk semua guru karena hal ini juga dibutuhkan untuk dapat mengetahui perangkat seperti apa yang cocok untuk pembelajarannya. Untuk Perangkat PBM yang digunakan di SD biasanya yang sering digunakan adalah LKS. Hal yang perlu diperhatikan disini ialah tampilan dari LKS tersebut agar siswa tertarik sehingga antusias dalam mengikuti pembelajaran.

    ReplyDelete
  97. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Sekolah Dasar merupakan tingkat pertama atau dapat dikatakan sebagai “gerbang” bagi anak didik. Kebutuhan para siswa Sekolah Dasar (SD) juga terbilang sangat unik.
    Sehingga dalam pengaplikasiannya diperlukan kreatifitas dari guru yang bersangkutan.

    Terlebih, saya pernah membaca sebuah artikel bahwa usia Sekolah Dasar merupakan masa Golden Age bagi seorang anak didik, mereka baru mulai berinteraksi dengan lingkungan dan mengenal banyak kosa kata dan ilmu pengetahuan baru yang dengan mudah diserap tanpa ilter”. Oleh karena itu, salah satu perangkat yang harus dikembangkan guru sekolah dasar adalag pengembangan LKS yang dibuat menarik dan efesiensi isinya dapat menambah pengetahuan yang cocok bagi siswa Sekolah Dasar.

    ReplyDelete
  98. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Terima kasih atas informasi yang diberikan, Prof. Insya Allah ini sangat bermanfaat untuk semua pengajar, tidak hanya bagi guru Sekolah Dasar saja.

    ReplyDelete
  99. LINA
    16701261022
    PEP-A/2016

    Sekolah Dasar merupakan masa sekolah awal bagi manusia. Untuk itu perencanaan belajar harus dibuat semaksimal mungkin agar proses belajar mengajar dapat berlangsung dengan efektif dan menyenangkan. Guru haru memberikan kesan yang baik supaya para siswa mendapatkan motivasi yang baik dalam belajar, tidak hanya saat SD saja, tetapi sampai tingkat pendidikan selanjutnya.

    ReplyDelete
  100. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Interesting, Completely. Ribuan woorksheet disajikan untuk memandu kita dalam menyiapkan perangkat pembelajaran. Seorang pedidik yang berdedikasi serta mencurahkan hapir seluruh waktunya untuk mengajar harus melihat ini, http://www.teach-nology.com/gold/samples/worksheets/index.html. Pendidik berkunjung untuk melengkapi referensi yang diperlukan, khususnya pendidikan dasar (Primary School). Dapat juga dikembangkan untuk tingkat selanjutnya.

    ReplyDelete
  101. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Media pembelajaran menginisiasi terwujudnya perkembangan belajar yang lebih baik. Sudah semestinya diikuti dan disupport serta dicontoh untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Banyak lagi yang bisa dikunjungi sebagai perangkat pembelajaran, disamping untuk menciptakan lembar kerja (woorksheet) bagi siswa, dalam hal ini pembelajaran saintifik. Juga bisa menambah hasanah pengetahuan para pendidik di tanah air. Kerena itu penting, sebab peradaban bangsa dipengaruhi oleh peradaban pendidikan yang maju.

    ReplyDelete
  102. Achmad Rasyidinnur
    16701251032
    PEP S2 B

    Beberapa juga yang bisa dikunjunngi :
    http://www.scholastic.com/teachers/student-activities
    https://www.tes.com/teaching-resources/hub/primary/
    http://www.discoveryeducation.com/teachers/

    Masih sangat banyak referensi yang bisa dicermati, namun intinya kembali kepada kemauan dan ekspektasi pendidik untuk mengembangkan diri. Maju tidaknya pendidikan ditentukan oleh keperdulian pemerintah dan masyarakat terhadap pendidikan

    ReplyDelete
  103. RAHMANITA SYAHDAN
    16709251013
    PPs Pmat A 2016

    Bismillahirrahmanirrahim
    Perangkat pembelajaran memiliki tujuan untuk memenuhi suatu keberhasilan guru dalam pembelajaran. Masih banyak guru pada saat ini yang mengalami kebingungan di tengah-tengah proses pembelajaran. Karena itu perangkat pembelajaran juga dapat membantu memberi panduan, serta teknik mengajar seorang guru juga dapat berkembang. Selain itu guru juga dapat mengevaluasi sejauh mana perangkat pembelajaran yang sudah dirancang dapat teraplikasi dengan baik, dalam pelajaran yang berlangsung didalam kelas.
    Perangkat pembelajaran juga dapat meningkatkan profesionalisme seorang guru, karena seorang guru harus mengembangkan serta menggunakan perangkat pembelajarannya semaksimal mungkin dan memperbaiki segala hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran melalui perangkatnya. Perangkat pembelajaran juga dapat mempermudah seorang guru didalam proses fasilitasi pembelajaran, karena dengan perangkat pembelajaran guru juga dapat menyampaikan materi tanpa harus banyak mengingat namun hanya perlu melihat perangkat yang dimilikinya.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id