Jul 8, 2013

Pbm Mat S1 PGSD Wates Go Internasional




Dear all,

Pembelajaran matematika S1 PGSD Wates, FIP UNY diapresiasi dan ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne 8 Juli 2013
oleh Dr Wanty dari Deakin University.

Silahkan lihat presentasinya di:

https://www.academia.edu/3887811/Pbm_Mat_S1_PGSD_Wates_FIP_UNY_go_internasional_pada_Kayes_Symposium_oleh_Wanty_6_July_2013

Demikian semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

33 comments:

  1. Raden Muchammad Nurrizal Hasbi Ashshidiqqie
    13301244013
    S1 Pendidikan Matematika C 2013

    Pembelajaran matematika S1 PGSD Wates yang ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne merupakan salah satu contoh yang perlu diapresiasi dan diterapkan oleh sekolah-sekolah lain. Guru harus mampu menciptakan kegiatan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Penerapan metode/pendekatan/strategi yang tepat tentu saja sangat berpengaruh dalam menciptakan kegiatan pembelajaran seperti itu. Harapannya, prestasi ini dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi para guru atau pendidik untuk terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

    ReplyDelete
  2. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Setelah mengkaji tentang pembelajaran matematika S1 PGSD Wates,FIP UNY yang diapresiasi dan ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne 8 Juli 2013 oleh Dr Wanty dari Deakin University, dengan melakukan pembelajaran yang interaktif salah satunya maka dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Selain itu, juga diperlukan diskusi kelompok yang kemudian dilakukan pembahasan bersama dengan diskusi kelas, sehingga peserta didik yang lain dapat memahami lebih dalam mengenai materi kajian dari kelompok lain dan juga dapat menyampaikan tanggapan serta apresiasi mengenai materi tadi. Hasilnya kemudian menjadi bahasan bersama dalam diskusi kelas, maka akan didapatkan hasil yang optimal dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  3. berdasarkan hasil pengkajian tentang pembelajaran matematika S1 PGSD Wates FIP UNY tersebut, sy mengaprisiasi atas keberhasilan nya dalam menembus dunia internasional. hal ini dapat kita jadikan tolak ukur bahwa pembelajaran yang sesulit dan menjadi momok yang menakutkan oleh sebagian peserta didik, dapat menajdi pembelajran yang menyenangkan dan menarik. sehingga pembeljaran matematika berjalan dengan optimal dan mencapai sasaranpembelajaran. inovasi tersebut dapat diduplikasikan oleh guru-guru seluruh inonesia agar mutu pendidikan akan ditingkatkan.

    M. Saufi Rahman
    PEP S3 Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  4. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Sungguh sangat membanggakan prestasi yang telah diukir oleh teman-teman PGSD UNY Wates. Hal ini wajib kita apresiasi karena ini sebagai bukti bahwa pendidikan kita juga berkualitas di kancah internasional. Semoga kegiatan ini dapat memotivasi kita untuk terus berkontribusi untuk Indonesia serta terus berkarya, berinovasi agar kualitas pembelajaran matematika semakin meningkat.

    ReplyDelete
  5. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Setelah mengkaji tentang pembelajaran matematika S1 PGSD Wates apresiasi perlu di berikan atas keberhasilan yang telah dicapai dalam menembus dunia internasional. hal ini dapat kita jadikan barometer bahwa pembelajaran yang sesulit yang menakutkan oleh sebagian peserta didik, dapat menajdi pembelajran yang menyenangkan dan menarik apa bila dikemas dengan sangat baik. sehingga pembeljaran matematika berjalan dengan optimal dan mencapai sasaranpembelajaran.

    ReplyDelete
  6. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Pembelajaran yang interaktif dapat meningkatkan kemampuan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Selain itu, juga diperlukan diskusi kelompok yang kemudian dilakukan pembahasan bersama dengan diskusi kelas, sehingga peserta didik yang lain dapat memahami lebih dalam mengenai materi kajian dari kelompok lain dan juga dapat menyampaikan tanggapan serta apresiasi mengenai materi tadi.Guru harus mampu menciptakan kegiatan pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Penerapan metode yang tepat tentu saja sangat berpengaruh dalam menciptakan kegiatan pembelajaran seperti itu.

    ReplyDelete
  7. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    sangat membanggakan jika pembelajaran di indonesia ditayangkan di negara lain dan dilihat serta menjadi contoh bagi warga internasional. semoga lebih banyak prestasi yang bisa kita perole etrutama dalam bidang pendidikan karean pendidikan adalah kunci masa depan.

    ReplyDelete
  8. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    pada proses belajar mengajar matematika yang terjadi di Wates yang di lakukan oleh Mahasiswa S1 PGSD UNY yang telah go Internasional dapat menginspirasi kita, bahwa ternyata apa yang dapat kita lakukan dengan melalui pola pikir kita masing-masing untuk tujuan memajukan pendidikan di Indonesia bahkan dunia sekalipun itu dapat kita lakukan dengan melakukan suatu konsep pengajaran yang mengasyikkan sehingga apa yang tadinya sulit menjadi suatu hal yang mudah, yang nantinya out put yang terjadi dapat maksimum.

    ReplyDelete
  9. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    Pembelajaran matematika yang ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne memang patut diapresiasi. Hal tersebut bisa dijadikan motivasi untuk mengembangkan kreativitas pembelajaran dan membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan

    ReplyDelete
  10. Retno Widyaningrum
    16701261004

    Pembelajaran matematika S1 PGSD Wates yang ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne merupakan salah satu contoh yang perlu diapresiasi. Pembelajaran matematik yang dikatakan momok bagi anak-anak menjadi pembelajarn yang menyenangkan, pembelajaran dengan inovasi-inovasi proses pembelajaran anak-anak merasa nyaman dan termotivasi untuk rindu kepada matematika.

    ReplyDelete
  11. Retno Widyaningrum
    16701261004

    Cukup membagakan ada apresiasi hasil putra terbaik bangsa Indonesia mampu bersaing di kancah internasional. Semoga benar-benar bisa diterapkan di Indonesia agar mutu pendidikan Indonesia di level yang tinggi syukur rangking teratas.

    ReplyDelete
  12. Retno Widyaningrum
    16701261004

    Semoga guru-guru di Indonesia khususnya guru matematika mampu menerapkan pembelaaran dengan inovasi-inovasi yang menyenangkan tapi serius. Dan menjadi referensi calon-calon guru untuk bekal menjadi guru kelak. Guru yang profesional, dengan penuh inovasi-inovasi yang tidak akan kalah dengan negar-negara maju. Aamiin yra....

    ReplyDelete
  13. Pembelajaran matematika S1 PGSD Wates, FIP UNY yang ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne 8 Juli 2013 oleh Dr Wanty dari Deakin University memang perlu diapresiasi. Hal ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan bisa dijadikan teladan serta contoh yang baik bagi para pendidik. Para pendidik perlu menginovasi dan berkreasi dengan metode pembelajarannya agar dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik.

    ReplyDelete
  14. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Pembelajaran matematika S1 PGSD Wates, FIP UNY yang ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne 8 Juli 2013 oleh Dr Wanty dari Deakin University memang perlu diapresiasi. Hal ini merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan bisa dijadikan teladan serta contoh yang baik bagi para pendidik. Para pendidik perlu menginovasi dan berkreasi dengan metode pembelajarannya agar dapat menyampaikan materi pelajaran dengan baik.

    ReplyDelete
  15. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Dari file presentasi yang berjudul Imprints of Kaye Stacey’s research on students’ mathematical thinking and teacher training in Indonesia, setelah dilakukannya pembahasan terkait judul diatas diharapkan agar kedepannya meningkatkan penelitian tentang pemikiran siswa untuk menginformasikan pembelajaran matematika, lebih banyak penelitian logitudinal, mendukung penelitian yang berkembang secara internasional, memperluas eksposur untuk siswa, guru dan akademisi serta meningkatkan penelitian kolaboratif dan publikasi.

    ReplyDelete
  16. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Pembelajaran matematika S1 PGSD Wates yang ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne adalah salah satu inovasi pembelajaran yang menarik. Memberikan motivasi pada semua guru untuk mengemas pembelajaran matematika, ataupun yang lainnya untuk menarik dunia siswa memahami dunia pengetahuan baru tanpa perlu adanya paksaan, yang menajdikan kebutuhan dan minat bagi diri siswa untuk menghadapi kehidupan selanjutnya melalui tahapan dan proses belajar ini.

    ReplyDelete
  17. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Sangat menginsipirasi. Perlu di berikan apresiasi dan berbangga kepada Mahasiswa S1 PGSD UNY yang menerapkan pembelajaran matematika sampai bisa di lihat dunia internasional pada acara Internasional Kayes Symposium Melbourne, sehingga bisa dijadikan pembelajaran untuk guru-guru khususnya matematika dan tentunya guru-guru pada umumnya.

    ReplyDelete
  18. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Kita patut bersyukur karena ada prestasi anak bangsa yang fantastik sehingga perlu dikembangkan lebih lanjut lagi untuk event-event tingkat internasional lainnya, sehingga pendidikan kita bisa disejajarkan dengan bangsa-bangsa yang maju dalam pendidikannya.

    ReplyDelete
  19. Bismillah
    RatihKartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016



    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh
    Pembelajaran tersebut ditayangkan di forum internasional menandakan bahwa dalam pembelajaran tersebut terjadi pembelajaran yang baik, berkualitas. Guru dan komunikasi saling mengetahui hak dan kewajiban masing masing dan mengikuti prosedur pembelajaran sehingga siswa bisa mendapatkan pengetahuan dengan baik. Pembelajaran inovatif sangat dibutuhkan pada zaman teknologi maju seperti sekarang.



    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  20. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    sungguh menarik dan luarbiasa apa yang di tampilkan oleh pembelajaran matematika S1 PGSD Wates, FIP UNY yang diapresiasi dan ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne 8 Juli 2013 oleh Dr Wanty dari Deakin University. memang benar pemmbelajaran seperti itu lah yang harusnya di terapkan di negeri ini, karena sangat menarik dan memberikan pemahaman kepada siswa dan siswa menjadi senang dan mudah dalam memahami materi ajar sehingga pelajaran menjadi lebih mudah dan bermakna, semoga kedepannya kita bisa mengembangkan seperti yang di lakukan S1 PGSD Wates, FIP UNY tersebut.

    ReplyDelete
  21. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Pembelajaran matematika S1 PGSD Wates, FIP UNY sangat membanggakan dan karena pembelajarannya diapresiasi dan ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne. Peristiwa ini bisa kita jadikan motivasi untuk berusaha mengembangkan pembelajaran matematika yang lebih inovatif lagi.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  22. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs Pendidikan Matematika B 2016

    Apresiasi tinggi perlu kita lakukan dalam pembelajaran matematika S1 PGSD FIP UNY tersebut, yang membanggakan karena pola ajar yang menurut saya sangat baik. semoga dari hal tersebut menjadi cambuk untuk guru yang lain untuk berbuat serupa. guru memeiliki peran yang sangat esensial dalam menentukan kesuksesan pembelajaran.

    ReplyDelete
  23. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Pembelajaran yang baik adalah yang dapat memberikan inspirasi kepada yang lainnya. Untuk itu janganlah cepat puas ketika kita bisa mengajar, tetapi berbagilah kepada yang lainnya lewat karya tulis ataupun jurnal agar bisa menginspirasi pendidik yang lain. Turut bangga dengan kampus Wates FIP yang dapat menayangkan pembelajaran matematika S1 PGSD di Internasional Kayes Symposium Melbourne pada 8 Juli 2013.

    ReplyDelete
  24. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Pembelajaran tersebut dilaksanakan secara hidup dan interaktif. Dalam proses belajar, siswa dilibatkan melalui interaksi dengan benda-benda konkret yang dekat dengan kehidupannya. Pembelajaran matematika tersebut mampu memfasilitas proses berpikir matematika siswa. Siswa dapat membangun pengetahuannya sendiri hingga konsep yang dibangunnya benar-benar bermakna. Pembelajaran ini perlu diapresiasi dan dicontoh oleh guru-guru yang lain. Contoh disini dapat diartikan secara luas, yakni mencontoh untuk turut mengembangkan inovasi pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Guru-guru dapat saling bekerja sama dalam mewujudkannya.

    ReplyDelete
  25. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Pembelajaran matematika S1 PGSD Wates yang ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne adalah salah satu kegiatan yang dapat memotivasi dan menginspirasi sekolah-sekolah lain dalam bagaimana menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dan berkesan untuk siswa. Dengan menggunakan strategi/model/metode/ pendekatan yang sesuai dengan kondisi fisik dan psikologis siswa tentu akan berpengaruh dalam memunculkan minat siswa dalam belajar matematika.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  26. Naja Nusaibah
    13301241042
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Saya ikut bangga dengan PGSD Wates, FIP UNY. Meski saya dari FMIPA, namun masih dalam satu universitas yaitu UNY. Prestasi Go Internasional tersebut membuat saya kagum, dan memberikan motivasi bagi saya dan berkeinginan untuk bisa Go Internasional membawa nama baik UNY. Mungkin suatu saat nanti. Semoga dapat terwujud. Amin.

    ReplyDelete
  27. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Setelah melihat artikel dari link di atas, banyak sekali gambar-gambar yang ditampilkan. Gambar-gambar tersebut menunjukkan adanya proses pembelajaran aktif dan kreatif. Terlihat pula, anak-anak yang sangat serius dan antusias saat proses belajar menagajar berlangsung.
    Maka, wajar jika pembelajaran matematika yang dilakukan tersebut diapresiasi dan ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne 8 Juli 2013. So proud!

    ReplyDelete
  28. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Salah satu hal yang sangat menarik ada pada bagian “Understanding Students Thinking”. Dimana siswa terlihat sedang menuliskan angka desimal, dimulai dari 0,1 sampai 0,9. Lalu pada penulisan angka 0,10 mereka tidak menuliskannya. Disitu terlihat dialog mengapa merka tidak menuliskan 0,10. Jawabannya, “No, it is 1 because there are ten tenths so 1 should be written up front”. Maka pin pentingnya adalah memahami pikiran anak. Sangat menginspirasi!

    ReplyDelete
  29. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Pada penelitian Kaye Stacey, memperlihatkan kepada pembaca dengan bantuan gambar juga untuk lebih memahami bagaimana proses belajar mengajar dengan menumbuhkan semangat dalam beraktivitas matematika. Karena siswa yang melakukan aktivitas tersebut, maka mereka merasakan perbedaan dan persamaan dari apa yang dipelajarinya. Dan mahasiswa S1 PGSD Wates FIP UNY mendapatkan manfaat yang lebih dengan ikut andil dalam hal ini.

    ReplyDelete
  30. Siti Mufidah
    13301241036
    Pendidikan Matematika A 2013

    Pembelajaran matematika S1 yang dipelajari dan dilaksanakan oleh mahasiswa PGSD S1 Wates menjadi salah satu wujud upaya dalam mengenalkan matematika lebih mudah. Penayangan kegiatan pembelajaran matematika di Internasional Kayes Symposium Melbourne oleh Dr Wanty dari Deakin University menjadi wujud peduli kegiatan pembelakaran khususnya matematika. Guru atau pendidik baik guru yang mengajar matematika di tingkat sekolah dasar maupun matematika di tingkat menengah diharapkan dapat melihat sebagi pedoman dan gambaran dalam mengajarkan matematika menjadi lebih menyenangkan. terima kasih.

    ReplyDelete
  31. Siti Mufidah
    13301241036
    Pendidikan Matematika A 2013

    Pembelajaran matematika S1 PGSD Wates menjadi kebanggaan bagi UNY, khususnya dan patut diberikan sebuah apresiasi yang tinggi. Semoga prestasi tersebut dapat menjadi motivasi dan pendorong untuk kemajuan pendidikan, sehingga tercipta pembelajaran yang menarik, baik, dan berkualitas. Dan prestasi tersebut tidak berhenti di sini, harus dilanjutkan lagi ke ranah yang lebih luas. Terima kasih.

    ReplyDelete
  32. Sebuah pembelajaran matematika yang baik haruslah mampu menghidupkan siswa nya, mampu membuat siswa berpartisipasi secara aktif dalam proses pembelajaran. PBM yang dilakukan oleh S1 PGSD Wates merupakan salah satu contoh bagaimana untuk menciptakan sebuah proses pembelajaran matematika yang baik. Setiap guru harus selalu berinovasi dan kreatif untuk menciptakan sebuah pembelajaran yang menarik bagi siswa dan mampu memfasilitasi kebutuhna siswa.

    ReplyDelete
  33. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Pembelajaran khusunya untuk siswa sekolah dasar sangatlah membutuhkan konteks yang realistik. Pembelajaran perlu dikemas dengan menarik dan interaktif. Pembelelajaran penting untuk melibatkan berbagai aktivitas siswa yang menyenangkan untuk mampu melibatkan siswa secara masif dalam setiap aktivitasnya. Pembelajaran seperti ini kiranya perlu dikembangkan oleh banyak pendidik kita. Sehingga kualitas pendidikan di republik ini dapat tersus mengalami perubahan ke arah yang lebih baik.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id