Jul 2, 2013

Foto Pembelajaran Matematika SD




Dear all,

Ass Wr Wb.

Bisa dilihat foto-foto pembelajaran matematika di SD, pada Mata Kuliah yang saya ampu yaitu
Matematika SD 2 pada Program PGSD Semester 2/IIF Kampus UNY Wates Kulon Progo pada Hari Senin 24 Juni 2013.

Kegiatan adalah Simulasi Pembelajaran Pecahan untuk SD Kelas II, oleh Kelompok V.

Kebetulan kegiatan juga diobservasi oleh seorang kerabat profesional Prof. Dr. Kaye Stacey dari Melbourne University.

Untuk melihat foto silahkan akses di:

http://www.flickr.com/photos/98353251@N08/


Selamat menyimak, semoga bermanfaat. Amin

Yogyakarta, 1 Juli 2013

Prof. Dr. Marsigit, M.A
Jurusan Pendidikan Matematika
FMIPA UNY

43 comments:

  1. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Seorang guru tidak bisa setiap waktu hanya melakukan pembelajaran monoton di dalam kelas. Guru dapat melakukan kegiatan yang mengasah tingkat kreativitas siswa, salah satunya dengan menggunakan variasi media pembelajaran atau alat peraga yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Pembelajaran tersebut harus disesuaikan dengan tingkatan sekolah siswa. Untuk tingkat sekolah dasar, kita tidak bisa memaksakan pada siswa tentang definisi yang terlalu abstrak, tetapi menjadikan pembelajaran matematika menjadi menarik bagi siswa, bukan menakutkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ida Siti Mahsunah
      13301244004
      Pendidikan Matematika I 2013

      Karena siswa-siswa SD masih dalam tingkatan berpikir yang nyata. Di mana mereka harus melihat bentuk nyatanya agar mereka mudah menangkap materi yang dimaksudkan.

      Delete
  2. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    DalampPembelajaran matematika harus dapat memfasilitasi siswa agar dapat memahami materi matematika dengan cepat. Dalam gambar yang diberikan bagaimana pentingnya media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas siswa. Untuk siswa SD dengan media-media seperti itu, siswa akan merasa senang, dengan rasa senang tersebut motivasi siswa akan meningkat. Oleh karena itu guru hendaknya mempunyai metode yang melibatkan media pembelajaran kepada siswa SD sehingga pembelajaran tidak cendrung monoton.

    ReplyDelete
  3. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Menarik sekali Prof ketika melihat dari foto-foto pembelajaran matematika tersebut, terlebih lagi jika mendapatkan kesempatan untuk turut serta di dalam kegiatan pembelajaran matematika tadi. Anak SD cenderung senang dengan pembelajaran yang menggunakan alat peraga yang sesuai dengan bahasan materi matematika. Selain membuat para peserta didik tertarik dengan materi pecahan, peserta didik juga didorong untuk melakukan kegiatan di dalam penggunaan alat peraga tadi. Ketika seorang peserta didik melakukan kegiatan dalam pelaksanaan pembelajarannya, maka akan lebih mudah pula mereka untuk mengingat dan memahami materi. Terlebih didukung dengan berbagai warna yang menimbulkan ketertarikan tersendiri, yang akan memunculkan semangat bagi peserta didik.

    ReplyDelete
  4. DARWIS CAHYO NUGROHO
    13301244014
    PENDIDIKAN MATEMATIKA C 2013

    Ketika siswa SD belajar pecahan dengan alat peraga, siswa tersebut akan lebih mudah mengingan konsep dari pecahan. Sehingga dapat memunculkan motivasi bagi anak-anak SD

    ReplyDelete
  5. sangat lah menarik ketika menyimak foto-foto tsb, bisa menajdikan peningkatan mutu pendidikan pada bidang matematika. walaupun matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dan kurang disukai banyak siswa. Untuk mencapai tujuan belajar matematika yang maksimal, seorang guru hendakya tidak melaksanakan kegiatan pembelajaran yang bersifat monoton. Hal tersebut dapat mengakibatkan siswa yang belajar kurang paham atau bahkan siswa menjadi bosan akan apa yang dipelajarinya, sehingga tujuan pembelajaran tiak akan tercapai. Oleh karena itu, seorang guru hendaknya bisa menggunakan metode-metode pembelajaran yang bervariasi dalam mengajar matematika. Salah satunya yaitu dengan mnggunakan media atau alat peraga yang menarik dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Dengan demikian siswapun akan senang, tertarik, dan termotivasi untuk belajar matematika. Namun dengan metode pembelajaran seperti ini, mungkin seorang guru harus rela mengeluarkan beberapa rupiah untuk untuk memfasilitasi siswa dengan media pembelajaran tersebut. Namun hal itu bukan masalah besar karena hasil atau tujuan belajar sendiri akan tercapai. Selain memfasilitas siswa, guru juga dapat meminta kepada para siswa untuk membuat media pembelajaran seperti pada gambar. Hal tersebut dapat mengasah kreativitas siswa untuk berkarya dan menciptakan sesuatu yang menarik baginya.

    M. Saufi Rahman
    PEP S3 Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  6. Raden Muchammad Nurrizal Hasbi Ashshidiqqie
    13301244013
    S1 Pendidikan Matematika C 2013

    Pembelajaran semacam ini memberikan gambaran bagi kami calon pendidik bahwa pemeblajaran matematka harus dibawa kearah yang inovatif, menarik dan konstruktif. Sehingga apa yang menjadi tujuan pembelajaran dapat tercapai tanpa harus membebani peserta didik. Kita tahu matematika merupakan mata pelajaran yang sampai sekarang masih jadi momok untuk sebagian anak indonesia. Semoga dengan foto kegiatan pembelajaran matematika SD ini dapat dijadikan contoh kelak kita dalam mengajar.

    ReplyDelete
  7. Sangat mengesankan sekali ketika melihat foto-foto pembelajaran tersebut Prof. Sungguh pembelajaran matematika yang syarat makna ketika siswa dibiarkan bereksplorasi dan diberikan gambaran konkret tentang pecahan. Ini menjadikan siswa mampu memahami lebih mudah dan cepat, tanpa merasa tertekan.

    Abidin
    16709251002
    S2 Pmat A 2016

    ReplyDelete
  8. Mifta Tyas Laksita Sari
    Pend. Matematika A 2013
    13301241005

    Sistem Pembelajaran matematika ini menarik, kreatif, inovatif, dan membuat siswa lebih antusias dalam belajar dan sangat menginspirasi untuk saya bahwa media suatu pembelajaran dapat dibuat yang menarik mungkin dan disesuaikan dengan usia siswa. Saya berharap sistem pembelajaran seperti ini bukan hanya diterapkan oleh guru sekolah dasar tapi juga untuk SMP dan SMA bisa menggunakan pembelajaran semacam ini sehingga siswa lebih menerima karena sistem yang digunakan kontekstual dan menggunakan media yang sangat menarik.

    ReplyDelete
  9. Mifta Tyas Laksita Sari
    Pend. Matematika A 2013
    13301241005

    Dibutuhkan inovasi dan kretivitas yang tinggi untuk membuat suatu pembelajaran yang menarik. Memang tak semua bab pembelajaran dapat dibuat dengan mudah dalam bentuk media pembelajaran. Semoga guru-guru selalu meningkatkan kreativitas dan terus berinovasi dalam melaksanakan pembelajaran.

    ReplyDelete
  10. Mifta Tyas Laksita Sari
    Pend. Matematika A 2013
    13301241005

    Mungkinkah guru menggunakan berbagai media pembelajaran dalam mengajar siswa atau media yang dikerjakan siswa secara berkelompok dalam pembelajaran untuk setiap sub bab yang ada dalam materi, padahal kompetensi yang harus dikuasai siswa itu tidak sedikit dan jam pembelajaran terbatas ?

    ReplyDelete
  11. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dari foto-foto yang diunggah, terlihat bahwa pembelajaran siswa di SD menggunakan beberapa media pembelajaran untuk membantu siswa dalam memahami sebuah konsep matematika. Hal ini patut ada usaha dalam mengembangkan perangkat media, mengingat media yang sekarang digunakan di sekolah masih terbatas, apalagi jika sekolah tersebut terletak di daerah pelosok. Sehingga, pengembangan media pembelajaran menjadi kebutuhan yang harus direalisasikan, agar siswa mudah dalam memahami konsep matematika.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  12. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dan kurang disukai banyak siswa. Untuk mencapai tujuan belajar matematika yang maksimal, seorang guru hendakya tidak melaksanakan kegiatan pembelajaran yang bersifat monoton. Hal tersebut dapat mengakibatkan siswa yang belajar kurang paham atau bahkan siswa menjadi bosan akan apa yang dipelajarinya, sehingga tujuan pembelajaran tiak akan tercapai.Dibutuhkan inovasi dan kretivitas yang tinggi untuk membuat suatu pembelajaran yang menarik.

    ReplyDelete
  13. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Dengan demikian siswapun akan senang, tertarik, dan termotivasi untuk belajar matematika. Namun dengan metode pembelajaran seperti ini, mungkin seorang guru harus rela mengeluarkan dana yang lebih banyak untuk memfasilitasi siswa dengan media pembelajaran tersebut. Namun hal itu bukan masalah besar karena hasil atau tujuan belajar sendiri akan tercapai.

    ReplyDelete
  14. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Dari foto-foto yang disajikan, telah menggambarkan contoh aktivitas pembelajaran matematika yang sangat menarik di kelas. Dalam pembelajaran matematika, terutama untuk anak SD, diperlukan media pembelajaran seperti alat peraga untuk menarik dan memudahkan siswa dalam menerima materi pelajaran. Oleh karena itu, sebagai calon guru kita harus bisa mempersiapkan media pembelajaran yang menarik sesuai dengan materi yang akan diajarkan ke siswa supaya mereka mudah menerima materi yang kita sampaikan. Hal ini tidak hanya untuk siswa SD, akan tetapi juga untuk siswa SMP dan SMA.

    ReplyDelete
  15. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    pembelajaran seperti ini merupaka contoh pembelajaran yang menarik dan bermakna, pembelajaran bermakna sangat penting dilakukan karena dnegan pembelajaran bermakna siswa tidak hanya mngingat materi pembelajaan namun juga mengetahui maksud dan tujuan dari pembelajaran tersebut sehingga pengetahuan akan membekas di ingatan siswa dan tidak mudah dilupakan.

    ReplyDelete
  16. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    setelah melihat potopoto tentang pembelajaran matematika di SD saya mendapat pencerahan untuk membuat media yag juga dibuat oleh mahasiswa karena saya memiliki adek yang duduk di SD kelas 3 SD. karenadari poto yang ditampilkan, media yang dbuat dan digunakan sangat menarik dan sederhana untuk dipahami. cocok untuk anak usia SD.

    ReplyDelete
  17. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dalam melaksanakan pembelajaran di kelas sebagai guru kita sebaiknya tidak hanya monoton melakukan pengajaran, yang berarti kita harus menggunakan berbagai macam metode, strategi hingga media yang dapat membantu siswa lebih mudah memahami apa yang kita ajarkan. sehingga pengajaran tersebut bukan hanya terjadi dalam pemikiran mereka tetapi mereka bisa rasakan sendiri dan bisa melakukannya sendiri dengan pola pikir dari masing-masing siswa itu.

    ReplyDelete
  18. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Terdapat 46 foto pada link tersebut. Berbagai foto tersebut sangat menarik, menggambarkan sebuah pembelajaran yang sangat inovatif. Jika saya melihat sebagai guru, maka saya akan mencontoh metode pembelajaran tersebut. Dan jika saya menjadi siswa, maka saya akan sangat tertarik mengikuti pembelajaran tersebut.
    Ketertarikan adalah kunci untuk mengenal lebih dalam. Maka ketika siswa tertarik untuk belajar, memahaminya akan jauh lebih mudah.

    ReplyDelete
  19. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Dalam melaksanakan pembelajaran, guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang menarik bagi siswa. Setelah melihat foto-foto ini saya menjadi tertarik untuk berlatih membuat media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajar. Media pembelajaran memang tidak semuanya dapat dibuat dengan mudah, kita harus menyesuaikan dengan materi pembelajaran.

    ReplyDelete
  20. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. matematika A 2013

    Pembelajaran seperti yangg ditampilkan pada foto-foto ini merupakan pembelajaran yang menarik dan berkesan untuk siswa. Dengan dilaksanakannya pembelajaran seperti ini dapat menjadikan ingatan atau pemahaman siswa lebih jelas karena kegiatan pembelajaran banyak yang melibatkan siswa untuk berperan aktif.

    ReplyDelete
  21. Kumala Kusuma Putri
    13301241020
    Pendidikan Matematika I 2013

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    In my opinion, mathematics is really complicated subject. Students in the primary school are a challenge for a teacher, especialy, mathematics teacher. Because mathematics is really complicated subject, so mathematics teacher must have interesting method to teach students about mathematics, mathematics problem and problem solving. Based on the photo, there are interesting learning in the classroom that require activity of students. That method is really innovative to make students become active and creative. We know that students in the primary school are still studying while playing, and playing while studying. They are more interested with creative method than usual method. Interesting method is really help teacher to make students become active and make class become students domination. That is not easy, but that is interesting. That photo prove that choose of method is really important in teaching world. I think that is enough. Thank you.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  22. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Proses pembelajaran yang terjadi hendaklah proses pembelajaran yang bermakna, agar siswa dapat mengerti dan paham makna mereka belajar materi tersebut. Bagaimana agar menjadi bermakna? Maka guru harus memperhatikan karakteristik dari para siswa sebagai acuan untuk merencanakan metode, untuk membuat modul, untuk merancang rpp, dan lain-lain. Jika proses pembelajaran bermakna terjadi maka efek nya akan terlihat jangka panjang, materi yang telah dipelajari akan diserap lebih baik oleh siswa dan siswa tidak akan gampang lupa dengan materi yang telah dipelajari.

    ReplyDelete
  23. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan foto-foto yang diperlihatkan, menunjukkan suatu pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Para guru biasanya menyampaikan materi pembelajaran dengan buku-buku teks, hal ini membuat pembelajaran tidak menarik. Hanya sedikit siswa yang tertarik dengan matematika. Rata-rata siswa tidak tertarik karena dirasa sulit dan rumit. Ini adalah tantangan bagi guru untuk membuat siswa menjadi ingin tahu dan tertarik dengan matematika. Foto-foto yang ditampilkan bisa dijadikan teladan serta contoh yang baik bagi para pendidik. Para pendidik perlu menginovasi dan berkreasi dengan metode pembelajarannya agar dapat menyampaikan materi pelajaran yang menarik dan menyenamgkan bagi siswa.

    ReplyDelete
  24. Retno Widyaningrum
    16701261004

    Menarik sekali foto-foto tentang kreatifitas dalam membuat media pembelajaran, dengan mengalami sendiri siswa akan lebih menerima konsep dasar suatu materi yang diberikan. Longterm memory akan berjalan dengan sendirinya, hal ini sangat menguntungkan bagi anak-anak pada masa pertumbuhan. Sehingga untuk mengembangkan lebih ke abstrak kelak akan lebih mudah.

    ReplyDelete
  25. Retno Widyaningrum
    16701261004

    Pembelajaran dengan kreatifitas dan inofatif bagi siswa-siswi akan menyenangkan, mereka akan lebih merindukan dan mencitai matapelajaran yang penuh dengan media-media pembelajaran yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  26. Retno Widyaningrum
    16701261004

    Semoga foto-foto itu menjadi inspirasi bagi calon-calon guru untuk mempersiapkan kelak menjadi guru yang profesional, dan membentuk generasi bangsa yang membagakan dan melindungi ibu pertiwi.

    ReplyDelete
  27. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Dari foto-foto yang ditampilkan pada link tersebut terlihat bahwa untuk pembelajaran matematika terutama di sekolah dasar kita bisa menggunakan simulasi. Pada foto tersebut terlihat bahwa pada materi pecahan, ada media pembelajaran yang unik dan menarik untuk anak-anak. Pembelajaran dengan menggunakan media ini lebih mudah diterima anak-anak karena dengan begitu anak-anak belajar secara kontekstual. Bukan sekedar abstraksi yang digambarkan di papap tulis.

    ReplyDelete
  28. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Dari foto-foto tersebut terlihat bahwa pembelajaran yang dilakukan di kelas menjadi lebih kreatif dan inovstif. Hal ini mendorong ketertarikan siswa dalam belajar sehingga tidak menimbulkan kebosanan bagi siswa dalam belajar terutama mempelajari matematika. Pembelajaran yang tidak monoton dan enuh variasi dapat menjadi tips untuk mengatasi kejenuhan dan kebosanan siswa dalam bermatematika.

    ReplyDelete
  29. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Proses pembelajaran yang terlihat menyenangkan karena adanya inovasi yang diberikan dalam proses pembelajaran. Melibatkan emosi siswa dalam belajar, sehingga pada kemudian siswa semangat dalam menemukan, membangun informasi baru dalam kognitifnya sampai pada ia mengaplikasikan informasi baru tersebut didalam kehidupannya. Maka tugas guru yang lagi lagi perlu adanya keikhlasan , keuletan dalam mencari , mengemas bagaimana menyampaikan informasi baru kedunia siswa.

    ReplyDelete
  30. Ida Siti Mahsunah
    13301244004
    Pendidikan Matematika 2013 I

    Dalam pembelajaran matematika untuk SD, media sangat dibutuhkan untuk membantu proses penyampaian materi. Karena pada tahap ini, siswa masih belum bisa diajak berpikir secara abstrak. Siswa membutuhkan contoh-contoh konkret yang bisa mereka lihat, sehingga mereka bisa membayangkan apa tujuan dana maksud dari materi yang disampaikan oleh guru.

    ReplyDelete
  31. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Dari foto-foto pembelajaran yang ditampilkan ada banyak hal pelajaran yang tentunya harus kita adopsi, untuk dapat diterapkan dalam pembelajaran. Dengan dilaksanakannya pembelajaran yang menarik dan berkesan menjadikan ingatan atau pemahaman siswa lebih jelas karena kegiatan pembelajaran banyak yang melibatkan siswa untuk berperan secara aktif.

    ReplyDelete
  32. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Pembelajaran harus disesuaikan dengan tingkatan usia. Untuk tingkat sekolah dasar, kita tidak bisa mengajarinya pada anak kecil tentang definisi yang tentunya lebih cocok pada anak dewasa, pada anak kecil lebih menekankan pembelajaran matematika yang banyak memberikan contoh-contoh, karena anak kecil tidak mengerti definisi.

    ReplyDelete
  33. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    berdasarkan foto-foto pada link di atas maka saya sangat terkesan dan tertarik,bahwa seperti itu lah yang seharusnya di ajarkan di SD khususnya matapelajaran matematika, karena dengan mengunakan media yang sederhana seperti di atas saja sudah memberikan kebermaknaan dalam belajar dan membuat siswa pasti akan lebih mudah dalam memahami matematika karena dikemas dalam ranah konkrit, bukan dalam ranah abstrak.

    ReplyDelete
  34. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Pembelajaran dengan diskusi dan menggunakan media seperti di sampaikan pada gambar di link tersebut merupakan suatu metode belajar yang efektif dan lebih inovatif, sehingga dengan memberikan objek konkrit dalam matematika siswa SD khususnya akan lebih mudah memahami pelajaran matematika tersebut dan tidak mudah bosan dan jenuh.maka pembelajaran seperti itu harus kita terapkan di sekolah tempat kita mengajar.

    ReplyDelete
  35. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Dalam pembelajaran matematika, guru menggunakan media pembelajaran yang inovatif dan menyenangkan bagi siswa. Menggunakan media pembelajaran akan meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar sehingga siswa akan tertarik untuk belajar. Selain itu, guru juga harus menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa dengan cara mempertimbangkan pemahaman atau pengetahuan yang dimiliki oleh siswa.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  36. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Pembelajaran di tingkat dasar merupakan salah satu kegiatan pembelajaran yang teramat penting dalam kehidupan kita. Karena berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli menyatakan bahwasanya pembelajaran di tingkat dasar tersebut memberikan pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan individu selanjutnya. Sehingga pendidikan di sekolah dasar haruslah menjadi bahan perhatian yang lebih intensif karena menentukan keberhasilan peserta didik nantinya.

    ReplyDelete
  37. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    Menurut Jean Piaget, pada masa SD, anak-anak berada dalam tahap operasi konkret. Perkembangan pemikiran mereka berdasarkan pada pengalaman atau hal-hal yang langsung dialami. Oleh karena itu, pembelajaran matematika seharusnya dikaitkan dengan hal-hal yang konkret dan mereka ikut serta dalam melakukan kegiatan-kegiatan seperti yang terlihat pada foto-foto simulasi pembelajaran pecahan untuk SD di atas.

    ReplyDelete
  38. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    Pembelajaran matematika untuk anak dan untuk dewasa berbeda. Menurut Piaget, Anak pada masa sekolah dasar berada dalam tahap operasi konkret, sedangkan untuk usia 11 tahun ke atas mereka berada dalam tahap operasi formal. Pada tahap ini mereka sudah bisa berpikir abstrak, tidak lagi bergantung pada sesuatu yang nyata.

    ReplyDelete
  39. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    Berdasarkan pengalaman dari pembelajaran sekolah dasar, sangat disayangkan jika dalam pembelajaran tidak dilakukan kegiatan-kegiatan yang membuat siswa aktif. Siswa seolah dipaksa untuk berpikir secara abstrak dan hanya belajar dari penjelasan guru serta buku yang tersedia. Semoga banyak inovasi yang dilakukan oleh guru-guru SD, karena masa anak-anak penting untuk perkembangannya di kemudian hari

    ReplyDelete
  40. Budi Yanto
    16709251024
    P. Mat S2 Kelas B 2016
    Pembelajaran untuk SD digunakan dengan pembelajaran yang bersifat kongkret. Hal ini agar sesuai dengan perkembangan anak. Penggunaan media yang sesuai yaitu yang dapat dipegang, dirasakan, dan dilihat oleh masing-masing anak akan dapat meningkatkan pemahaman dan motivasi serta minat anak untuk belajar matematika. Karena dengan menggunakan media yang tepat khususnya yang ada disekitar siswa, siswa akan merasakan pengalaman dan manfaat nyata dari belajar matematika karena matematika itu adalah bagian dari lingkunganya.

    ReplyDelete
  41. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs PEndidikan Matematika B 2016

    Melihat foto-foto tersebut sungguh sangat menarik ketika kelas rendah (2 SD) diajarkan oleh seorang profesor. banyak hal yang bisa diambil pelajaran disana dimana pembelajaran dapat dikemas semenarik mungkin dan menyenangkan sehingga anak usia SD dapat terlihat sangat menikmati pembelajaran matematika yang di simulasikan.

    ReplyDelete
  42. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Foto pada pembelajaran matematika di SD tersebut patut untuk ditiru. Dengan melibatkan aktivitas fisik maka siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik akan lebih mudah untuk memahami pelajaran matematika. Selain itu siswa dengan pembelajaran visual juga diuntungkan dengan metode pembelajaran ini. Namun siswa dengan gaya belajar audio perlu melebihkan usahanya.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id