Mar 13, 2014

Interview with Dr. Marsigit MA [marsigit] in Whohub




Interview with Dr. Marsigit MA [marsigit] in Whohub

Shared via AddThis

21 comments:

  1. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Setelah membaca hasil interview pada link di atas, saya bisa mengenal lebih dekat dengan Bapak Prof. Dr. Marsigit MA. Dari profesi, personaliti, hobi, serta ide dan filosofi ada di dalamnya. Yang paling saya ingat adalah ketika ditanya “Your mind is your work tool. How do you take care of it?” kemudian Bapak menjawab, “I do not fully agree with your statement. I do not perceive my mind is as a tool. I perceive it as my life. My mind is my life, without it I can not live. So, for me, it is not in the case of taking care of mind, but making it always lives”.

    ReplyDelete
  2. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B (Angkatan 2016)

    Wawancara ini cukup panjang. Mengkaji berbagai aspek dari sudut pandang Bapak Prof.Dr. Marsigit, MA dari segi; Profession, Creativity, Harmony, Personality, Ideas, Philoshophy.
    Yang paling menarik adalah pertanyaan tentang “For you, what is the good life?”..

    Good life is consistent, tolerance, aware, sociable, and responsible.
    Saya setuju, terutama bagian yang terpenting dalam hidup sociable. Manusia itu makhluk sosial, maka harus bersosialisasi agar bisa hidup dan memanusiakan diri sendiri dan orang lain.

    ReplyDelete
  3. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    "We should not sold our idea. If your idea is good, people will buy it." Jika kita berusaha melakukan yang terbaik maka keberhasilan akan datang dengan sendirinya, tapi tidak berlaku jika menginginkan keberhasilan tanpa berusaha

    ReplyDelete
  4. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    dari percakapan pak marsigit dengan who hub, saya tertarik tentang jawaban pak marsigit, salah satu jawaban yang saya tertarik adalah tentang hidup, bekerja untuk hidup, tapi hidup tidak hanya untuk beklerja, tapi unutk merasakan, berkomunikasi, berfikir. jadi, kita bisa hidup karena kita berfikir (pikriran) dan bekerja (pengalaman)

    ReplyDelete
  5. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Dari hasil interview dengan Prof. Marsigit pada link tersebut terkait bagaimana pandangan beliau terkait profesi, kreatifitas, keharmonisan,kepribadian dan filosofi sangat menarik untuk dikaji bersama. Salah satu diantara percakapan tersebut yang sangat menginspirasi saya adalah penyataan beliau yaitu Your culture is your: life, place, time, activity, thinking, communication, relationship, ideal, value, heritage, friend, aim, feeling, creativity, mind, ... Other culture is your: mirror, reflection, comparison, reference, communication, creativity, friend, ... So your culture and others' one have similar space and time to communicate and share. Budaya kita dengan yang lainnya memiliki ruang dan waktu yang sama untuk saling berkomunikasi dan berbagi.

    ReplyDelete
  6. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Sebuah makna atau pembelajaran yang diperoleh dari video ini adalah bahwasanya hidup tidak terfokus pada satu hal saja. Bekerja untuk hidup dan hidup tidak terbatas untuk bejerja saja, kita perlu melakukan hal lainya termasuk bersosialisasi, berkomunikasi dan merasakan bahagia sedih dalam diri sendiri atau pun dengan orang lain. Dalam hidup manusia berfikir untuk keadaanya, bukan dengan keadaaanya manusia akan berfikir.

    ReplyDelete
  7. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Dari tentang pembelajaran matematika S1 PGSD Wates,FIP UNY yang diapresiasi dan ditayangkan pada Internasional Kayes Symposium Melbourne 8 Juli 2013 oleh Dr Wanty dari Deakin University memang patut diapresiasi dan menjadi motivasi bersama untuk terus maju dalam kegiatan keilmuan kita. Menjadi motivasi bagi kita untuk memperbaiki proses pembelajaran yang belum memenuhi kriteria yang diharapkan. Dengan diskusi yang dilakukan oleh kelompok, kemudian dilanjutkan dengan diskusi kelas, maka akan terjadi transfer of knowledge antara satu siswa dengan siswa yang lain. Dan harapannya pula agar sistem yang destruktif yang selama ini diterapkan, dapat diganti dengan sistem yang shahih, yang tentunya bukan berasal dari akal manusia yang lemah dan terbatas dan terkadang diliputi dengan sarat kepentingan kelompok elit tertentu yang memanfaatkan dunia pendidikan sebagai ajang untuk mendapat materi.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  8. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Dari interview di atas kita bisa memetik beberapa makna atau pelajaran yang bisa menjadi pedoman kita kedepannya. Setiap hidup pastinya kita ingin menjadi lebih baik dari setiap waktu ke waktu. Oleh karena itu lakukan lah sebuah perubahan agar apa yang kita inginkan dapat tercapai. Selalu berusaha, berpikir, belajar, sosialisasi, komunikasi, serta tidak lupa untuk selalu berdoa kepada Allah SWT. Dengan begitu hidup akan menjadi sebuah pengalaman dan perjalanan yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  9. Dengan selesainya saya membaca interview Bapak pada link diatas, saya dapat mengenal Prof Marsigit dari segi; Profession, Creativity, Harmony, Personality, Ideas, Philoshophy lebih dekat, dalam interview ini saya dapat menyimpulkan bahwa Bapak adalah orang yang sangat terbuka dan cara anda menjawab dan menjelaskan pun sangat to the point,singkat,padat dan jelas. Interview yang sangat berkesan untuk saya :
    What is happiness, and the main obstacle to reaching it?
    Happiness is capable of receiving reality. It is also a capability of being exist, being bright, being clear, being fulfill, being real, being closer, and being the self. The obstacle is coming from the self. And Please list something you have not yet done, but that you would definitely like to do someday! Happiness for all peoples
    Dan interview ini sangat meninspirasi bagi saya.


    M. saufi Rahman
    PEP S3 Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  10. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Dari wawancara pada link di atas saya mendapatkan banyak inspirasi dari Prof. Marsigit. Yang pertama adalah bahwa kesuksesan dimanapun itu membutuhkan proses. Prof. Marsigit sudah menyukai membaca artikel dalam bahasa inggris sejak beliau SMA. Kedua, Tujuan kita berilmu adalah agar kita bisa mengamalkan ilmu kita dan berkontribusi pada masyarakat. Ketiga, ilmu tanpa diajarkan akan sia-sia. Salah satu bentuk pengajaran ilmu adalah melalui tulisan, seperti misalnya tulisan pada blog ini. Dst

    ReplyDelete
  11. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    Dari link tersebut, banyak sekali ilmu yang bisa kita ambil. sangat menginspirasi. kita harus selalu kreatif dan berpikir positif agar kita bisa menjadi manusia yang maju.

    ReplyDelete
  12. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    Saya setuju dengan jawaban bapak terkait kehidupan. "Good life is consistent, tolerance, aware, sociable, and responsible" dengan melakukan/memiliki sifat tersebut hidup kita akan lebih baik.

    ReplyDelete
  13. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Interview yang terjadi ini sangat banyak memberikan pengetahuan terhadap tentang nilai-nilai kehidupan dan apa yang harus dalam menjalani kehidupan. Kehidupan semata-mata bukan untuk menjalaninya begitu saja tetapi kita perlu maknai dengan bagaimana berpikir untuk terus maju, terus bergerak, terus berusaha, dengan dibantu dengan hati yang bersih berupa ikhlas menerima terhadap apa yang terjadi.

    ReplyDelete
  14. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan wawancara pada link di atas saya mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat dari Bapak Marsigit. Kehidupan memang perlu diperjuangkan dalam setiap perjalanannya. Hargai setiap prosesnya, ambil hikmahnya, ikhlaslah dalam menjalaninya, maka kita akan selalu tenang dan tabah saat apapun yang terjadi.

    ReplyDelete
  15. Andi Sri Mardiyanti Syam
    16701251031
    PPs S2 PEP Kelas B 2016

    Bismillah.
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    saya setuju dengan salah satu pernyataan prof, yaitu janganlah” jatuh cinta, tetapi sebaiknya kita mulai membangun cinta, membangun cinta denga keikhlasan sehingga akan menghasilkan cinta yang suci tanpa rasa pamrih satu sama lain. Selain itu tidak ada ide yang buruk, saya juga setuju akan hal itu, karena ketika seseorang mengatakan ide orang tersebut itu buruk, secara tidak langsung orang tersebut telah membunuh, yakni membunuh karakter orang tersebut melalui judge ide buruk. Pembunuhan karakter juga merupakan kreativitas seseorang, dan menyebabkan orang tersebut tidak akan bisa berkembang.

    Sekian, terima kasih.
    Wassalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh.

    ReplyDelete
  16. Umi Arismawati
    13301241032
    Pendidikan Matematika A 2013

    I am thinking my creativity in my mind. I am feeling my creativity in my heart. Kreatifitas sangat penting apalagi untuk hidup sekarang ini. sehingga perlu dikembangkan kreatifitas dari anak-anak. Perlunya pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk dapat mengembangkan kreatifitas siswa.

    ReplyDelete
  17. Umi Arismawati
    13301241032
    Pendidikan Matematika A 2013

    Declaration: With what person or business would you like to work?
    I wish to work with all types of person. If you chose to works with a certain person, it means that you reduce your world of life. Saya sangat setuju dengan jawaban Bapak Marsigit. Kita harus dapat bekerja dengan semua orang. Jika tidak kita hanya akan membatasi dunia kerja kita.

    ReplyDelete
  18. Niswah Qurrota A'yuni
    NIM. 16709251023
    PPs S2 Pendidikan Matematika Kelas B 2016

    Assalamu'alaikum Wr.Wb.,

    Wawancara yang sangat menarik dan memberikan saya pandangan baru tentang banyak hal. Salah satunya adalah bahwa pikiran bukanlah sebush alat. Pikiran adalah bagian dari hidup yang tanpanya kita tidak bisa hidup. Oleh karena itu, pikiran bukan untuk dijaga/dipelihara, tetapi bagaimana kita selalu bisa menghidupkannya.

    Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  19. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Setelah saya membaca wawancara dengan Bapak Prof. Marsigit, saya bisa lebih mengenal lagi tentang Bapak. Saya tertarik dengan salah satu kalimat Bapak yaitu “I am satisfied because of I am capable to express my un-satisfication”. Kita seharusnya tidak merasa puas hanya dengan ilmu yang kita miliki, maka teruslah mencari ilmu. Dan kalimat “The secret of happiness if it is still in a secret”. Di dalam wawancara Bapak Prof. Marsigit juga menyebutkan bahwa hidup yang baik itu adalah hidup yang konsisten, toleransi, sadaar, sosial, dan bertaggung jawab.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  20. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Banyak sekali hal menarik yang dapat diambil dari kutipan wawancara di atas. Hal lain yang menarik bagi saya adalah jawaban dari pertanyaan, “Is God an idea? Is God in the brain?”
    Bapak Prof.Dr. Marsigit, MA menjawab “My action can not represent all my writing. My writing can not represent all my talking. My talking can not represent all my thinking. My thinking can not represent all aspects of God.”

    Ya, saya sepakat bahwa disadari maupun tidak, tindakan kita tidak bisa mewakili semua tulisan kita. Tulisan kita tidak bisa mewakili semua yang kita katakan. Perkataan kita tidak bisa mewakili semua pemikiran kita. Maka, pemikiran kita tidak bisa mewakili semua aspek dari Tuhan.
    Tuhanku adalah Allah, sembahlah ia saja.

    ReplyDelete
  21. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Banyak sekali informasi mengenai sosok Prof.Marsigit beserta pemikirannya melalui interview tersebut. Kita harus mampu mengambil pelajaran dari interview tersebut> Banyak hal positif yang dapat kita adaptasi dari Prof.Marsigit mengenai kebiasaan beliau membaca, menulis, mengkomunikasikan, dan lain sebagainya. Salah satu hal yang menarik perhatian saya adalah mengenai peninggalan kita. Apa yang akan kita tinggalkan ketika kita sudah tidak ada di dunia ini. Manusia hanya mampu meninggalkan dua hal, yaitu nama dan manfaat. Oleh karena itu sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id