Nov 30, 2017

SISTEM PENILAIAN KULIAH FILSAFAT ILMU


  1. Penilaian berlangsung secara akuntabel (ada bukti nyata terpantau, yaitu berupa comment dan kualitasnya) dan sustainabel (berkelanjutan dari awal sd akhir semester)
  2. Akibat dari No.1, maka tidak ada ujian tengah dan ujian akhir.
  3. Penilaian lebih bermakna sebagai asesment, mengandalkan portfolio.
  4. Portfolio terdiri dari Comment dan Refleksi mingguan.
  5. Pencapaian Awal Skor Tertinggi (PAST) yaitu konversi banyak artikel di http://powermathematics.blogspot.com yang dibuatkan commennya ke rentang 0 sd 100
  6. Nilai akhir (NA) = PAST - Unsur Pengurang (UP)
  7. Unsur Pengurang meliputi: ketaktersedianya refleksi (r1), kurang kualitas refleksi (r2), kurang ikhlasnya comment dalam hati/tidak jujur (c1), dan kurang ikhlasnya comment dalam pikir/tidak paham (c2)
  8. Jelas kiranya.

58 comments:

  1. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit

    Kami merasa banyak tercerahkan setelah mengikuti perkuliahan dan membaca artikel-artikel dan elegi-elegi yang ada di blog ini. Kami sudah berusaha semampu kami untuk memahami isi dari elegi-elegi pada blog ini yang memang menuntut kami dan melatih kami untuk berpikir secara mendalam dan luas. Semoga hasil dari belajar kami dan berlatih kami dalam berfilsafat tidak hanya nilai yang kami dapatkan, melainkan juga bisa bermanfaat dalam kehidupan kami baik dalam individu, sosial maupun di dunia pekerjaan kami. Amin

    ReplyDelete
  2. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Trimakasih untuk penjelasan Bapak mengenai penilaian.
    Mohon maaf, saya mungkin tidak dapat menggapai apa yang Bapak harapkan dari mahasiswa untuk selesaikan.
    Meskipun saya tidak bisa maksimal mengerjakan tugas Filsafat Ilmu, Saya sangat bersyukur dapat membangun filsafat bersama kelas B Dan Pak Marsigit. Ada banyak hal yang bisa Saya dapat dari sini, semua berguna bagi saya pribadi, dalam bekerja, dalam rumah tangga, dalam pertemanan... Bahkan ada teman Saya yang jug mulai membaca blog in karena tertarik dengan cerita cerita Saya mengenai isi blog Dan perkuliahan. Saya senang, ketika saya bercerita pada anak anak Saya tentang ayam fenomenologi (makan jagung yg disebar Dan bukannya memakan batu), Dan anak anak tertawa. Mereka jadi ketagihan cerita cerita lucu. Semoga mereka kelak tidak takut filsafat...
    Sekali lagi, terimakasih.
    Dalam perjalanan sampai akhir kelas, Saya tetap akan mencoba untuk berusaha sebaik yang Saya bisa usahakan.

    ReplyDelete
  3. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas informasi ini. Kurang lebih tiga bulan ini saya merasa kehidupan saya lebih cerah dan menyenangkan, setelah memasuki fase perkuliahan jenjang s2 ini, salah satunya dengan mengikuti perkuliahan Filsafat Ilmu. Sangat menarik, hal-hal yang dibicarakan di dalam kelas saya rasa merupakah petuah dan bekal hidup yang harus saya miliki, bagaimana saya harus menempatkan diri, bagaimana saya harus melihat suatu hal, bagaimana saya harus meletakkan sudut pandang tentang suatu fenomena dan lainnya. Metode perkuliahan yang bervariasi juga memberikan ketertarikan tersendiri bagi saya. Apalagi tanya jawab, pernah juga saya utarakan di kelas, perihal keheranan dan ketakjupan saya mengapa semua pertanyaan memperoleh jawaban di kelas itu. Kemudian metode belajar lewat blog ini, hampir sama dengan saudara Kartika Kirana, saya sering menceritakan metode belajar lewat blog ini kepada teman-teman saya, dan respons mereka beragam, ada yang ikut membaca dan ada yang meminta untuk saya ceritakan isinya (tapi saya tidak mampu menceritakan, karena yang saya baca barulah sebagian kecil saja. Perkuliahan ini sedikit demi sedikit menggeser ketakutan ketakutan dalam diri saya tentang filsafat. Bismillah, saya akan berusaha semaksimal mungkin.

    ReplyDelete
  4. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih atas petunjuk yang terlah Prof berikan kepada kami. Tidak bisa saya pungkiri bahwa elegi-elegi yang yang adala pada blog ini membutuhkan usaha yang keras untuk memahaminya, namun saya akan berusaha lebih lagi. Semoga dengan blog ini dapat berguna bagi kami semua bukan hanya pada mata kuliah tapi dapat berguna dalam kehidupan kami sehari-hari. Amin.

    ReplyDelete
  5. Junianto
    PM C
    17709251065

    Terimakasih atas pemberitahuannya Prof. Saya merasa blog ini juga sangat membantu mahasiswa dalam meningkatkan pengetahuan tentang filsafat. Selain itu, banyak juga nilai-nilai kehidupan yang terkandung dalam cerita-cerita yang Prof sampaikan. Semoga dengan adanya posting tentang sistem penilaian ini membuat kami para mahasiswa menjadi lebih rajin lagi dalam membaca dan komen blog ini.

    ReplyDelete
  6. Nggih pak, siap, InsyaAllah saya akan memenuhi aktivitas komen ini dengan ikhlas hati dan ikhlas pikir

    ReplyDelete
  7. Mariana Ramelan
    17709251056
    Pps PMC 2017

    Terimakasih prof, dengan adanya pemberitahuan ini kami lebih semangat lagi dalam belajar, baca dan baca. Bukan hanya mengejar kuantitas/jumlah koment namun kualitas berupa ilmu yang kami dapatkan dengan membaca artikel dalam blog ini. Terimakasih atas fasilitas yg prof berikan, saya banyak belajar tidak hanya terkait Matematika dan filsafat, namun nilai² dalam kehidupan sehari-hari, budaya dan juga agama/religi.

    ReplyDelete
  8. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Terimakasih banyak Pak prof atas informasinya. Ini menjadi pegangan terutama buat diri pribadi saya untuk lebih giat lagi di dalam belajar. Saya masih teringat dengan nasehat-nasehat yang di sampaikan di dalam kelas bahwa untuk mengetahui sesuatu maka kita perlu menyelami di dalamnya.Seiring berjalan waktu akhirnya terasa indah ketika belajar filsafat.Saya berpikir bahwa ketika ingin membangun sebuah kemistri maka kita perlu waktu untuk terus bersamanya.Hal yang tidak kalah pentingnya lagi yang selalu saya ingat untuk menghilang sifat sombong dalam diri.Dan itu merupakan point penting untuk membuka diri sehingga ada penerimaan di dalam hati yang berbentuk kehikhlasan.Karena hanya orang-orang yang hati dan pikiran ikhlas yang mampu bertahan untuk menggapai sesuatu yang diinginkannya.

    ReplyDelete
  9. Tari Indriani
    17701251027
    S2 PEP B 2017

    Assalamu'alaikum wr.wb
    Terima kasih, Prof atas pemberitahuan sistem penilaian mata kuliah filsafat ilmu. Belajar filsafat ilmu disini merupakan suatu metode belajar di tingkat perguruan tinggi yang belum pernah saya jumpai sebelumnya. Semoga metode Bapak mengajar bisa jadi inspirasi untuk permbaharuan pembelajaran secara inovatif yang lebih bermakna.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Thanks prof Marsigit atas infonya...
    Azamul Fadhly NM
    S3 Pendidikan Dasar Pascasarjana UNY

    ReplyDelete
  12. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Terimakasih Pak atas penjelasan terkait penilaian perkuliahan filsafat ilmu. Saya terinspirasi dengan cara bapak menggunakan metode ini dalam pembelajaran, karena penilain berlangsung secara sustainabel, maka mau tidak mau, mahasiswa hampir setiap hari membaca membaca dan terus membaca. Sehingga efek yang didapat bukan hanya rajin membaca filsafat ilmu saja, tetapi membaca mata kuliah yang lainnya juga. Dengan berbasis portofolio, mahasiswa bisa menyimpan setiap tugas-tugasnya sendiri dan ketika suatu saat nanti dibutuhkan pun masih tersimpan rapih dan sistematis. Benar-benar sangat bermakna.

    ReplyDelete
  13. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Terimakasih pak Marsigit atas informasi tersebut. saya mengapresiasi sistem penilaianyang transparan dan dapat dipantau oleh mahasiswa. Sehingga tidak menimbulkan tanda tanya tentang bagaimana proses assessment yang kami jalani.

    ReplyDelete
  14. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B
    Terima kasih atas informasi sistem penilaian pada kuliah Filsafat Ilmu ini Prof. Membaca beberapa item penilaian yang telah dituiskan di atas, saya mengapresiasi sistem penilaian yang berorientasi proses. Saya rasa ini adalah metode penilaian yang baik, transparan, dan memacu mahasiswa untuk terus berproses. Semoga kelak, mata kuliah Fisafat Ilmu dan yang lainnya dapat memberi manfaat yang baik pada peradaban dan pendidikan secara khusus.

    ReplyDelete
  15. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Terimakasih Pak, atas ilmu yang diberikan selama perkuliahan satu semester ini. Tidak terasa perkuliahan filsafat telah selesai. Melalui ulasan yang bapak sampaikan tentang sistem penilaian ini, menurut saya dapat dicontoh untuk assesment pada pembelajaran lainnya. Hal ini dikarenakan, assesment dari Bapak berdasar pada penilaian proses. Sehingga tidak hanya hasil akhir saja yang diperhitungkan. Semoga ilmu yang bapak berikan dapat memberikan barokah bagi kami semua. Aamiin..

    ReplyDelete
  16. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Terima kasih Pak atas pemberitahuan cara penilaian filsafat ilmu. Berbagai jenis penilaian ini menjadikan gambaran saya ketika menilai siswa untuk tidak memperhatikan hasil saja namun juga harus memperhatikan proses dan kualitas dari pekerjaan siswa tersebut.

    ReplyDelete
  17. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    PPs PM A

    Terimakasih Pak atas penjelasan system penilaian perkuliahan Filsafa Ilmu semester gasal tahun ajaran 2017/2018. Penilaian yang dilakukan tidak hanya melihat hasil, namun juga penilaian terhadap proses. Hal demikian dapat kami tanamkan untuk melakukan penilaian kelak. Adanya penilaian yang bersifat transparansi dapat dinilai sebagai salah satu cara agar penilaian itu sendiri terpantau oleh mahasiswa. Sehingga seharusnya tidak ada keraguan di dalamnya.

    ReplyDelete
  18. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum prof,
    Terima kasih prof atas penjelasan terkait penilaian mata kuliah filsafat ilmu. Saya rasa penilaian sudah dibuat dengan transparan dan sangat jelas, dimana penilaian tidak hanya dilihat dari kuantitas komen dan refleksi, tetapi juga kualitas dari keduanya.

    ReplyDelete
  19. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Sistem penilaian yang dilakukan dalam perkuliahan filsafat ilmu sudah menunjukkan penilaian yang tidak hanya memandang hasil akhir. Saya sangat mengapresiasi apa yang telah bapak lakukan dan bisa menjadi inspirasi pemilihan dan pengembangan proses penilaian bagi kami.

    ReplyDelete
  20. Kartika Pramudita
    17701251021
    PEP S2 B
    Assalamu’alaikum wr.wb
    Terimakasih Pak atas fasilitas yang telah diberikan selama perkuliahan filsafat. Fasilitas berupa bahan bacaan dan bahan untuk belajar dapat memberikan kami kesempatan untuk memperdalam dan memperluas wawasan. Selain itu, menjadikan saya semakin menyadari betapa pentingnya untuk mencari ilmu terus menerus. Dan juga menyadarkan saya tentang kekurangan dan ketidaktahuan saya akan berbagai hal. Sistem penilaian yang Bapak terapkan menurut saya merupakan penilaian yang sesuai dengan proses yang kami lalui.

    ReplyDelete
  21. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Terima kasih bapak karena telah menjelaskan bagaimana proses penilaian untuk mata kuliah Filsafat Ilmu pada semester ini. Dengan mengetahui sitem penilaian ini, kami akan mengetahui alasan-alasan mengapa jika nantinya memperoleh nilai yang kurang memuaskan. Karena nilai yang diperoleh merupakan refleksi bagi diri kami mengenai seberapa besar usaha/proses, kesungguhan, keikhlasan, niat kami mengikuti perkuliahan selama 1 semester ini. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  23. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Baik, Prof. Terima kasih atas transparansi penilaian dalam perkuliahan filsafat Pendidikan ini. Semoga kami dapat menjadi sebenar-benar subyek belajar dan dapat mengaplikasikan apa yang kami dapatkan di kelas dalam kehidupan keseharian kami demi tercapainya pribadi yang lebih baik lagi. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  24. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PM C

    Alhamdulillah, terimakasih atas penjelasan mengenai penilaian dalam mata kuliah filsafat ilmu. dengan mengetahui sistem penilaian ini maka kami dapat mengetahui alasan kami mendapatkan nilai tersebut secara jelas, jadi tidak akan terjadi salah paham.

    ReplyDelete
  25. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017

    Terima kaih Prof Marsigit untuk penjelasan mengenai system pengambilan nilai untuk mata kuliah Filsafat Ilmu. Namun saya punya pertanyaan Prof, mengenai jangka waktu yang disediakan, kapankah batas terakhir penilaian untuk mata kuliah filsafat ilmu ini? Terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
  26. Ilania Eka Andari
    17709251050
    S2 PMat C 2017

    Terimakasih Bapak, atas pemberitahuannya. Memang benar jika kita ingin mendapatkan nilai yang baik, kita harus memberikan komen secara maksimal. Akan tetapi memberikan komen sebanyak-banyaknya ini bukan semata-mata untuk mendapat nilai yang baik, tetapi juga untuk menambah pengetahuan kita. Oleh karena itu, saya setuju dengan cara penilaian Bapak, agar kami memperbanyak bacaan, tidak hanya pada postingan tertentu saja. Sehingga kami dapat meningkatkan kapasitas diri dan mendapatkan banyak ilmu baru

    ReplyDelete
  27. Nurika Miftahuljannah
    17709251060
    P Mat C
    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Terimakasih Prof. Karena sudah terbuka dalam memberikan penilaian perkuliahan Filsafat Ilmu semester ini. Semoga kita sebagai mahasiswa dapat memaksimalkan seluruh aspek penilaian yang menjadi pertimbangan dalam penilaian. Besar harapan saya semoga penilaian yang Prof. Berikan adalah yang terbaik dan sesuai dengan apa yang telah kita usahakan masing-masing.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  28. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Terima kasih untuk penjelasan yang Bapak berikan mengenai sistem penilaian pada perkuliahan filsafat ilmu ini dan terima kasih juga untuk fasilitas yang Bapak berikan kepada kami. Saya akan berusaha untuk mengoptimalkan usaha kami untuk mendapatkan nilai yang terbaik.

    ReplyDelete
  29. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Terimakasih atas pemberitahuannya akan sistem penilian pada mata kuliah ilmu filsafat ini. Karena sistem penilaian sangat mempengaruhi nilai akhir mahasiswa, saya berharap dalam menilai bukan hanya dengan penilaian bukti autentik saja, tetapi bisa juga dari sikap, dan absensi. Terimakasih banyak Pak Prof.

    ReplyDelete
  30. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B
    Terimakasih pak telah menyampaikan cara penilaian dan kriteria penilaian. Sedingga, mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk mencapai target yang diinginkan. Dengan adanya postingan ini, maka kita dapat mengetahui adanya transparansi dalam penilaian perkuliahan. Terimakasih

    ReplyDelete
  31. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terimakasih atas info penilaian mata kuliah Filsafat Ilmu yang telah Prof Marsigit jelaskan. Semoga dengan sistem penilaian yang inovatif ini dapat membuat mahasiswa semakin semangat dalam mengikuti perkuliahan filsafat ilmu dan setelah perkuliahan semester ini berakhir semoga semakin banyak artikel-artikel baru yang diposting di blog https://powermathematics.blogspot.co.id. Sebagai penutup saya ingin bertanya kepada Prof marsigit mengenai tugas akhir sebagai pengganti UAS. Apakah yang kami kumpulkan pada pertemuan terakhir minggu depan hanya kumpulan refleksi tiap pertemuan atau ditambah dengan print out dari tiap komen yang kami publish di blog ini?

    ReplyDelete
  32. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Sistem penilaian yang terbuka seperti ini dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk selalu membaca membac dan membaca. Dengan adanya penilian seperti ini merupakan penilaian terhadap proses yang telah mahasiswa lakukan selama satu semester kemarin. Terimakasih Prof atas informasi penilaian ilmu filsafat ini.

    ReplyDelete
  33. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B

    Terima kasih banyak pak atas informasi terkait sistem penilaian kuliah filsafat ilmu, agar menjadi patokan bagi kami dalam mengikuti proses perkuliahan.

    ReplyDelete
  34. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Terima kasih banyak untuk penjelasan sistem penilaiannya pak. Sangat transparan. Perkuliahan filsafat ini benar-benar mengarahkan kami untuk banyak membaca.

    ReplyDelete
  35. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Terima kasih banyak kepada Bapak Prof. Dr. Marsigit, M. A yang telah memberikan ilmunya terkait dengan filsafat ilmu. Dan terima kasih atas informasi terkait sistem penilaian yang diberikan. Penilaian yang bapak benar-benar mengajarkan kepada kami sebagai guru dan calon guru yaitu bagaimana menilai bukan hanya dengan hasil akhir, tetapi dengan penilaian proses. Pun penilaian yang bagus juga melihat kualitas dari obyeknya.

    ReplyDelete
  36. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Assalamualaikum wr wb
    Terima kasih atas penjelasannya terkait sitem penilaian kuliah filsafat ilmu ini yang menjadi salah satu pedoman kami dalam perkuliahan. Selama perkuliahan filsafat ini banyak sekali pengetahuan baru yang kami dapatkan serta pengalaman-pengalaman berharga yang prof bagikan kepada kami. Semoga ilmu yang bapak prof berikan kepada kami bermanfaat bagi kami kedepannya dan menjadi amal jariah yang tak pernah terputus bagi bapak prof.
    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  37. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Terimakasih pak atas penjelasan yang telah bapak berikan. Metode mengajar yang bapak laukan adalah metode yang baru saya temui. Menurut saya pembelajaran dengan metode yang bapak terapkan itu sangat inovatif dan menarik.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  38. assalamualaikum wr,wb
    Ki nawe… saya IBU linda,tki di malaysia
    mengucapkan banyak2 terima
    kasih kepada ki.Nawe
    atas dana ghaib yang
    kemarin aki berikan alhamdulillah ternyata itu benar2 ada
    dan berkat bantuan
    ki nawe saya bisa
    melunasi semua hutan2
    orang tua saya yang ada di
    BANK BRI dan bukan hanya
    itu AKi NAWE alhamdulillah
    sekarang saya sudah bisa
    bermodal sedikit untuk
    mencukupi kebutuhan
    keluarga saya sehari2. itu
    semua berkat bantuan KI NAWE sekali lagi
    makasih banyak yah KI NAWE…
    yang ingin merubah nasib
    seperti saya hubungi KI NAWE di nomor
    0852-1837-9259 dijamin
    100% ada atau silahkan
    buktikan sendiri PESUGIHAN TAMPA TUMBAL

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof atas penjelasan tentang sistem perkuliahan filsafat ilmu. Dengan menggunakan metode penilaian yang Prof. Marsigit terapkan membiasakan dan membudayakan mahasiswa untuk membaca. Selain itu, saya sebagai mahasiswa menyadari dengan sistem penilaian yang Prof. Marsigit terapkan menjadikan saya sebagai pribadi yang lebih disiplin diri dan disiplin waktu.

    ReplyDelete
  41. Puspitarani
    15301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    Terima kasih Prof atas penjelasannya tentang sistem perkuliahan filsafat ilmu. walaupun saya belum memperoleh perkuliahan filsafat ilmu tetapi dengan adanya postingan tersebut saya bisa sedikit belajar. saya akan berusaha mendapat nilai yang lebih baik dengan rajin membaca, serta lebih bisa membagi waktu saya.

    ReplyDelete
  42. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    Pendidikan Matematika A

    Terimakasih Prof utuk penjelasan sistem penilaian kuliah filsafat ilmu. Memberikan gambaran bahwa perkuliahan ini mendorong mahasiswa untuk terus menerus membaca dan meningkatkan budaya membaca dangan pemahaman sehingga dapat menambah dan mengembangkan ilmu.

    ReplyDelete
  43. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika A 2015

    Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaykum Wr. wb.
    Terimakasih prof, karena telah menyampaikan sistem penilaian mata kuliah ini. Dengan sistem perkuliahan seperti ini dapat mendorong dan memotivasi kami untuk terus membaca agar mendapat pengetahuan yang baru, membuat mahasiswa menjadi lebih aktif dan juga menjadikan kami untuk lebih baik dalam mengatur waktu.

    ReplyDelete
  44. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    Pendidikan Matematika A 2015/S1
    15301241046
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terimakasih Prof atas penjelasannya mengenai sistem penilaian perkuliahan. Dengan penjelasan tersebut memotivasi kami untuk lebih banyak membaca. Metode penilaian yang Prof terapkan merupakan salah satu metode baru yang saya temui dan metode ini sangat mengikuti perkembangan zaman dan perkembangan di dunia pendidikan saat ini.

    ReplyDelete
  45. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Terima kasih Prof atas pemberitahuan sistem penilaian yang diterapkan. Menurut saya, penilaian yang diterapkan merupakan penilaian yang berproses dan transparan. Dari sistem penilaian ini dapat memberikan dorongan bagi kami agar selalu membudayakan membaca serta melatih kami dalam disiplin waktu.

    ReplyDelete
  46. Rina Musannadah
    15301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih Pak atas keterbukaan mengenai sistem penilaian dalam perkuliahan ini. Adapun sistem penilaian yang akuntabel dan sustainable tentu sangat berguna bagi peserta didik. Adanya penilaian yang dilakukan secara sustainable tentu mengurangi kebiasaan kebanyakan mahasiswa yang biasanya disebut dengan “sistem kebut semalam”, karena penilaian dilakukan sejak awal pembelajaran hingga akhir. Mahasiswa dituntut untuk selalu disiplin dalam membaca dan memberikan komentar. Salah satu cara yang sangat tepat untuk menumbuhkan budaya membaca di kalangan mahasiswa.

    ReplyDelete
  47. Bayu Widyanto
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301244010

    Terima kasih Pak atas penjelasan yang diberikan mengenai sistem penilaian perkuliahan. Sistem ini merupakan sistem yang cukup bagus, sehingga mahasiswa lebih banyak membaca dan melatih agar mahasiswa lebih sering membaca.

    ReplyDelete
  48. Julialita Muhariani
    15301241004
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih P atas pemberitahuannya terkait sistem penilaian pada perkuliahan. Dengan adanya sistem penilaian yang transparan dan terbuka dapat memberikan motivasi kepada Saya khususnya sehingga menjadi bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugas yang Prof berikan semaksimal mungkin. Selain itu, dengan adanya sistem penilaian terbuka dapat membuat mahasiswa menyadari kekurangannya dan menjadi sering untuk berintrospeksi diri.

    ReplyDelete
  49. Lisfiyati Mukarromah
    15301241042
    Pendidikan Matematika 2015
    Program S1

    Terimakasih sudah menginformasikan sistem penilaian kuliah filsafat ilmu. Meskipun saya sekarang sedang mengikuti kuliah ethnomatematika, saya setuju dengan sistem penilaian kuliah ini. Saya sangat setuju dengan point no 1, yaitu penilaian berlangsung secara akuntabel (bisa dipantau) dan sustainabel (berkelanjutan). Dengan adanya sistem tersebut, yang dinilai dalam perkuliahan adalah proses, bukan hanya hasil akhir. Dengan sistem penilaian tersebut, mahasiswa bisa menjadi semakin terdorong untuk membaca. Penilaian juga bersifat transparan sehingga mahasiswa bisa semakin termotivasi dalam mengikuti perkuliahan.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  50. Intan Heryani Putri
    15301241011
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Menurut saya sistem penilaian yang akuntabel dan sustainabel memang sangatlah bagus, Pak. Karena dapat benar-benar memotivasi siswa/ mahasiswa (dan saya sendiri) untuk mengikuti perkuliahan serta lebih rajin membaca dan terus belajar, tidak hanya belajar saat akan ujian saja (kemudian dengan cepat melupakan materi pembelajaran tersebut) seperti yang masih terjadi kebanyakan ini.

    ReplyDelete
  51. Rina Anggraeni
    15301241043
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Terima kasih atas informasinya mengenai sistem penilaian perkuliahan filsafat ilmu. Penilaian yang dilakukan sangat bagus dan dilihat dari berbagai aspek yang baik yaitu akuntabel dan sustainabel. Penilaian yang dilakukan juga terbuka/transparan jadi mahasiswa menjadi lebih semangat dan berminat dalam mengikuti perkuliahan. Akibat dari penilaian yang seperti ini yaitu saya selaku mahasiswa menjadi lebih rajin lagi dalam membaca, menambah wawasan dan pengetahuan, serta menjadikan diri menjadi lebih displin lagi terutama dalam mengerjakan tugas dan menjalani kehidupan.

    ReplyDelete
  52. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof atas penjelasan sistem penilaian perkuliahan. Penjelasan tersebut memberikan gambaran perkuliahan yang dilakukan secara akuntabel dan sustainabel. Dengan kegiatan perkuliahan tersebut mendorong mahasiswa untuk terus membudayakan membaca, sehingga mahasiswa mendapatkan wawasan keilmuan yang lebih. Selain itu, juga mendorong mahasiswa untuk lebih aktif serta mengatur waktu secara lebih baik.

    ReplyDelete
  53. Hartanti Siamah
    15301241017
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih prof atas informasi dan penjelasannya mengenai penilian perkulian. Dengan penjelasan tersebut menambah wawasan kami tentang bagaimana penilaian perkuliahan yang diberikan, dan mendorong kami untuk disiplin dalam menhgerjakan tugas-tugas yang diberikan. Dengan penilaian yang transparan ini juga memotivasi kami untuk semangat dalam melakukan perkuliahan dan mendorong untuk rajin membaca.

    ReplyDelete