Nov 28, 2017

SARAN PERBAIKAN PERKULIAHAN

Yogyakarta 28 Nopember 2017

Dear all

Sampaikan saran anda untuk perbaikan perkuliahan anda.

Trims

Admin

18 comments:

  1. Agnes Teresa Panjaitan
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251013

    Terimakasih Pak atas adanya tulian seperti ini, menurut saya, selama saya mengikuti perkuliahan Filsafat ilmu di kelas PM A 2018, saya merasa semakin termotivasi untuk lebih mengenal filsafat ilmu, terlebih filsafat ilmu memiliki banyak teori, dan saya bersyukur Bapak memberikan sumber-sumber yang dapat dijadikan acuan untuk lebih memahami filsafat ilmu. Mungkin untuk saran saya terhadap perkuliahan sejauh ini adalah apabila ada komentar blog yang tidak sesuai dengan teori boleh dibahas pada saat perkuliahan, namun saya tahu bahwa beberapa komenan blog mahasiswa/pembaca, telah Bapak klarifikasi melalui tulisan blog Bapak, mungkin dengan membahas dalam perkuliahan, mahasiswa langsung bisa menyadari miskonsepsi yang terjadi. Tetapi saya sadar, dengan mengklarifikasi beberapa komentar melalui tulisan, semua mahasiswa dapat belajar dari hal tersebut, tidak hanya mahasiswa yang ada di kelas. Secara keseluruhan, mata kuliah filsafat ilmu memberikan metode yang baru yang membuat mahasiswa lebih rajin dalam membaca, dan menurut saya tanpa membaca filsafat akan sulit untuk dipahami.

    ReplyDelete
  2. Restu Widhi Laksana
    S2 Pendidikan Matematika A 2018
    18709251022
    Bismillahirrokhmanirrokhim

    Pengalaman mengikuti kuliah filsafat yang hampir satu semester penuh ini, untuk saya sendiri belum menjadikan saya faham kemana arah saya belajar filsafat. Mungkin hal ini juga yang menyebabkan saya kurang motivasi untuk belajar lebih jauh. Bagi saya pembelajaran filsafat dengan metode ini kurang mengena karena memang filsafat tidak ada justifikasi mana pemahaman yang benar dan mana pemahaman yang salah. Tapi hal ini juga yang menjadikan saya hilang arah. Seperti orang yang tiba tiba di sediakan benyak sekali makanan bahkan 600 makanan dengan cara masak yang berbeda sehingga saya jadi bingung mau makan mulai darimana. Bahkan melihat begitu banyak sekaligus membuat saya hilang fokus. kira-kira itu pengalaman saya dan mungkin nanti Prof Marsigit bisa mencarikan solusi.

    ReplyDelete
  3. Hanif cahyo adi kistoro
    S3 PEP 2018
    18701264004

    assalamualaikum Wr Wb
    salah satu pembelajaran yang menarik selama saya mengkitu program pasca sarjana adalah metode pembelajaran yang disampaikan prof. Marsigit. dengan mengkombinasikan metode berbasis online dan materi langsung memberikan banyak ilmu dan strategi baru yang harus ditempuh dalam menjalani perkuliahan. khusus untuk saya pribadi perlu menambah banyak bahan bacaan yang berhubungan dengan materi kulah filsafat pendidikan. materi filsafat yang banyak berkaitan dengan pemikiran ada maka ada membuat secara pribadi perlu menyiapkan bahan tulisan yang baik.

    ReplyDelete
  4. 1) Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, wb.
    Selama perkuliahan yang telah saya ikuti, saya merasa semakin bingung. Dari berbagai bahasa yang digunakan yang menggunakan bahasa analog yang membuat saya harus bekerja keras dalam memahami isi artikel. Mungkin di awal pembelajaran harus diperkenalkan bahasa tersebut dahulu dan diberikan penjelasan tentang percakapan-percakapan tersebut. Akan tetapi dari keseluruhan pembelajaran sangat menarik dan banyak ilmu yang dapat diperoleh. Terimakasih

    ReplyDelete
  5. Ibrohim Aji Kusuma
    18709251018
    S2 PMA 2018

    Jika boleh memberikan masukan untuk perkuliahan bapak, saya ingin mengusulkan bagaimana jika mahasiswa diberikan peluang untuk berfilsafat di depan kelas. Misalnya, mereka memikirkan suatu topik kemudian bagaimana mereka berfilsafat dalam hal ini menjelaskannya secara intensif dan ekstensif di depan kelas dan ditanggapi oleh mahasiswa lain serta dosen.

    ReplyDelete
  6. R. Samidi
    17730251001
    S2 Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila A 2017

    Assalamualaikum, wr. wb..
    Terimakasih tetap memasukkan mata kuliah Filsafat Ilmu sebagai mata kuliah wajib di Pascasarjana UNY. Dengan mata kuliah ini saya tidak hanya dapat memperdalam kajian keilmuan tentang Filsafat Ilmu secara umum, tetapi juga kajian PPKn yang dipqndang dari segi filsafat. Sejauh ini perkuliahan Filsafat Ilmu yang saya dapatkan sudah cukup menarik. Namun akan tambah menarik pula apabila dosen mata kuliah menggunakan metode pembelajaran lain selain ceramah dan presentasi..sekian.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Puspitarani
      19709251062
      S2 Pendidikan Matematika D 2019
      Terima kasih Prof karena sudah memberikan kesempatan untuk memberikan saran dalam kegiatan perkuliahan, khususnya saya akan memberikan saran dalam kegiatan perkuliahan Filsafat Ilmu. untuk perkuliahan Filsafat Ilmu, lalu untuk materi Filsafat Ilmu saya sendiri belum terlalu memahaminya Pak, jadi mungkin selain mendapat pengetahuan dari Bapak saya akan belajar dari banyak sumber. terima kasih Pak.

      Delete
  8. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Terima kasih Pak telah memberikan kesempatan kepada kami mahasiswa UNY untuk memberikan saran dalam kegiatan perkuliahan, khususnya saya sendiri yang masih kurang dalam memahami filsafat ilmu. Insya Allah, selain mengikuti perkuliahan dari bapak, saya juga akan belajar dari sumber lain untuk lebih memahami lagi apa itu filsafat ilmu. Terima kasih Pak.

    ReplyDelete
  9. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaykum wr wb...
    Terimakasih Prof telah memberikan ruang untuk berpendapat berupa saran yang berkenaan dengan perkuliahan. Sebelumnya, kesan pertama mengenai sistem perkuliahan bersama Prof menurut saya adalah sangat menarik. Jujur saya baru pertama kali dengan sistem seperti yang telah Prof terapkan ini. Perkuliahan yang unik dan menantang, pada awalnya memang sedikit membuat saya terkejut. Namun setelah saya mencoba untuk memahami sistem dari beberapa tulisan yang telah Prof sediakan di Blog ini, sedikit banyaknya saya menjadi tahu kemana arah tujuan dari sistem seperti ini. Saran dari saya, dalam perkuliahan tatap muka baiknya juga dibuka ruang untuk berpendapat seperti perkuliahan basis online seperti ini Prof. Harapannya, agar kami sebagai mahasiswa lebih terlatih bagaimana berpendapat dalam ranah keilmuan yang baik dan benar yang langsung dibimbing oleh Prof secara tatap muka. Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  10. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 pendidikan matematika 2019
    Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih karena bapak mau mendengarkan atau membaca saran dari kami para mahasiswa pak. Secara pribadi saya sangat menghormati dan bersyukur karena bapak mau mengajarkan filsafat filsafat ilmu bagi kami. Tetapi untuk saya, anak dari kalimantan terkadang masih asing untuk mendengar filsafat filsafat yang berhubungan dengan bahasa jawa atau budaya jawa. Oleh karena itu saya menyarankan agar dalam perkuliahan ini sekiranya bapak mau lebih membimbing kami dalam memahami makna makna dalam filsafat filsafat ilmu yang ada.

    ReplyDelete
  11. Rafhi Febryan Putera
    19706261003
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih karena bapak mau mendengarkan atau membaca saran dari kami para mahasiswa bapak. Pertama mata kuliah filsafat adalah mata kuliah yang sangat saya sukai, dan mata kuliah filsafat adalah salah satu mata kuliah yang penting dalam setiap kajian ilmu terutama pendidikan dasar. kedepan saya berharap mata kuliah kita mengkaji filsafat ke SDan agar bisa diterapkan dalam
    pembelajaran nantinya

    ReplyDelete
  12. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C

    Terima kasih atas postingan ini, disini kami seolah dapat bertukar pikiran secara langsung dengan bapak. Saya merasa senang karena dapat mengenal bapak baik dalam mata kuliah filsafat atau mata kuliah yang lain. Sistem kuliah filsafat yang memberikan kita kesempatan untuk bertanya mengenai apapun membuat saya menyadari bahwa sesungguhnya kita sedang berfilsafat, menuliskan apa yang kita pikirkan dan memikirkan apa yang kita tuliskan. Termasuk juga pada tes yang berakhir pada nilai Nol, dulu saya bertanya-tanya mengapa nilai saya tidak pernah lebih dari 1, ternyata memang sampai kapanpun kita tidak akan dapat menandingi pikiran manusia yang satu dengan manusia yang lain. Namun bapak, seandainya kita dikenalkan dengan para filosof melalui buku dunia sophie misalnya, saya rasa kuliah ini akan menjadi semakin mengasyikkan. saya menyukai kuliah matkul ini, sebab saya menjadi manusia bebas sebebas-bebasnya dalam ruang dan waktu tersendiri

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum wr. wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    PEP S2 A 2019

    terimakasih Prof sebelumnya memberi kesempatan untuk saran atas perkuliahan filsafat ilmu. Kesan pertama saya mengikuti perkuliahan ini adalah antusias karena Prof menampilkan dan menyajikan perkuliahan sajian yang berbeda dengan komentar blog, memanfaaatkan teknologi android yang dimiliki semua mahasiswa pada notabennya. Selama beberapa bulan ini juga, Prof mampu menggunakan berbagai metode pembelajaran mulai dari tradisional sampai modern

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  14. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terimakasih bapak, telah memberi kami kesempatan untuk menyampaikan saran khusunya untuk kami dalam belajar filsafat ilmu. Tentu saja kami harus terus membaca dan mencari berbagai referensi untuk menambah wawasan kami mengenai ilmu filsafat. Karena memang menurut saya sendiri, saya tidak bisa langsung paham begitu saja dalam mempelajari filsafat ini, dan diperlukan pengulangan dalam membaca mengenai aliran-aliran filsafat terutama yang berkaitan dengan penjelasan filosofis pendidikan matematika. Untuk itu kami harus selalu mencari tahu apa yang tidak diketahui sebelumnya dan juga melakukan refleksi tiap berakhirnya pembelajaran.

    ReplyDelete
  15. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Bahagia sekali semester ini diampu oleh Prof Marsigit dan Prof Ruyu Hung. Banyak sekali informasi yang tentunya menambah keilmuan saya. Melalui kuis-kuis yang menginspiratif menyadarkan saya untuk terus dan terus belajar tentang filsafat. Pembelajaran tidak membosankan selain penggunaan video, merekam suara, maupun menulis komentar d blog membuat saya senang bisa mengikuti perkuliahan dengan Prof...Terimakasih Prof..semoga semester depan bisa terus belajar dengan Prof....

    ReplyDelete
  16. Saran perbaikan untuk kegiatan perkuliahan ke depan secara baik secara khusus pada mata kuliah Filsafat Penelitian dan Evaluasi Pendidikan maupun secara umum selama kami menempuh studi menurut saya ada tiga yang utama yakni: (1) Perlu dibentuk kelompok diskusi (2-4 orang) dan diwajibkan untuk berdiskusi secara mandiri dengan tema dan target hasil yang ditentukan bersama, (2) Untuk memperdalam refleksi, mahasiswa diminta untuk membuat ringkasan/resume materi pada satu pertemuan dan disampaikan oleh mahasiswa pada awal pertemuan berikutnya, (3) Kuis jawab singkat pada beberapa pertemuan distrukturisasi untuk mendukung proses pembelajaran dan memantau hasil belajar secara formatif. Selanjutnya, beberapa saran perbaikan yang sejenis dan beragam jenis dapat disampaikan oleh kawan-kawan lain. Terima kasih atas kesempatan memberikan saran ini Prof.

    Ikhsanudin (PEP-S3/19701261001)

    ReplyDelete