Nov 28, 2017

SARAN PERBAIKAN PERKULIAHAN

Yogyakarta 28 Nopember 2017

Dear all

Sampaikan saran anda untuk perbaikan perkuliahan anda.

Trims

Admin

59 comments:

  1. Identifikasi di kelas PMAT C, Selasa 28 Nop 2017
    1. Bimbingan Tesis yang menuju Scopus.
    2. Sit in sudah diganti dengan transfer kredit atau dobel degree
    3. Mohon realisasi bimbingan PA (diintensifkan)
    4. Masih ada perkuliahan yang hanya dilaksanakan beberapa kali.
    5. Mohon WiFi dapat untuk akses HP dan Laptop.
    6. Agar pada suatu semester, seorang dosen hanya mengampu 1 MK pada suatu kelas.
    7. ....

    ReplyDelete
  2. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Terimakasih, sudah boleh memberikan saran, meski saya belum satu semester belajar di UNY.
    Berikut ini beberapa saran dari pengalaman belajar selama kurang lebih 3 bulan:
    1. Jadwal perkuliahan dan alur mata kuliah suatu prodi dapat diakses sebelum KRS, sehingga mahasiswa yang juga bekerja dapat menyusun jadwal dan menyesuaikannya kerja dan kuliahnya.
    2. Mohon agar akses listrik diperbanyak. Di perpustakaan pusat saya merasakan kurangnya akses listrik untuk mahasiswa yang belajar dengan menggunakan laptop di perpustakaan. Demikian pula di kelas-kelas.
    3. Bimbingan dari PA belum saya rasakan, baru sekali bertemu dan itu pun hanya untuk acc KRS pertama saja. Sejauh mana PA membantu mahasiswa, apakah sampai pada pilihan konsentrasi belajar, mohon lebih diperjelas.
    4. Untuk perkuliahan, sejauh ini saya merasakan mendapatkan dosen-dosen yang berpengalaman dalam bidangnya, dan saya bersyukur untuk itu. Tidak banyak perkuliahan yang kosong, dan kalaupun kosong biasanya dosen akan membuat kuliah pengganti atau mengganti jadwal sementara.
    Demikian beberapa hal yang bisa saya sampaikan.
    Sekali lagi, terima kasih atas perhatiannya.

    ReplyDelete
  3. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum wr wb

    Sebelumnya terimaksih banyak Pak, ijinkan saya sedikit memberikan saran :.
    1.Terkait dengan pembangunan gedung baru karena bertingkat-tingkat sampai lantai ketujuh.Menurut saya untuk meringankan akses dosen maupun mahasiswa menuju lantai selanjutnya mungkin keaadan lift perlu ditingkatkan lagi mengingat banyak kapasitas mahasiswanya.
    2.Kapasitas wifinya juga perlu ditingkatkan pula terutama di daerah-daerah yang penting seperti perpustakaan.Pengalaman saya ketika belajar di perpustakaan pusat di lantai tiga, terkadang kalau banyak yang menggunakan wifi maka akan lambat loding jaringannya
    3.Di lantai tiga perpustakaaan pusat biasanya buku tidak dapat dipinjam hanya dapat dicopy.Saya mendapati informasinya karena di lantai tiga perpustakaan lama bukunya sedikit terbatas.Menurut saya mungkin perlu dilakukan pengadaan buku.
    Sebelumnya saya meminta maaf jika saya keliru atau salah dalam memberikan saran maupun masukan.

    ReplyDelete
  4. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Terimakasih pak sebelumnya telah diizinkan untuk menyampaikan saran mengenai perkuliahan. Saran saya untuk perkuliahan :
    1. Akses ke situs jurnal-jurnal internasional terindeks lebih diperbanyak lagi,
    2. Sarana prasarana yang menunjang untuk belajar di perpustakan lebih ditingkatkan lagi, contohnya saja masih kurang tempat duduk dan meja untuk berdiskusi,
    3. Wifi tidak hanya dapat diakses pada salah satu gadget saja, akan tetapi bisa digunakan disemua gadget, baik itu handphone, laptop, atau tablet. Meskipun tidak bisa digunakan secara bersamaan, itu lebih baik daripada hanya pada satu gadget saja.
    4. Submit jurnal sebagai syarat kelulusan semoga bisa diringankan lagi, mengingat menunggu apakah artikel itu diterima atau tidak membutuhkan waktu yang tidak sebentar.
    5. Perbanyak worksop atau sosialisasi mengenai tata cara atau tips penulisan jurnal yang baik, karena tidak semua mahasiswa memahami dengan baik cara menulis artikel yang dapat diterima jurnal terakreditasi,
    Mungkin untuk saat ini, hanya itu saran yang dapat saya sampaikan. Terimakasih

    ReplyDelete
  5. Terima kasih Pak untuk ruang pemberian saran perbaikan perkuliahan ini. Saya ingin menambahkan beberapa point, yaitu:
    1. Ada ruangan perkuliahan dengan proyektor infocus yang kurang jelas sehingga terkadang membuat mata sakit saat belajar. Alangkah baiknya jika segera diperbaiki.
    2. Untuk kegiatan perlombaan yang diadakan sebaiknya ditambahkan dengan kegiatan perlombaan terkait dengan bidang keagamaan. Misalnya, MTQ dan sebagainya.
    3. Konferensi kajian ilmiah baik itu dalam lingkup nasional dan internasional dapat terus diperbanyak lagi.
    4. Untuk tingkat S2 sebagai syarat mengikuti yudisium, submit artikel pada jurnal terakreditasi nasional diperbolehkan meski bukan menjadi penulis pertama.
    5. Mengadakan sosialisasi pada mahasiswa yang memiliki konsentrasi pada peminatan masing-masing fakultas. Misalnya, dapat dilakukan pada forum diskusi ataupun dengan dosen pembimbing akademik. Dengan begitu mahasiswa memiliki gambaran dan informasi yang lebih mendalam serta tidak keliru saat memilih konsentrasi.

    Semoga dapat ditindaklanjuti saran perbaikan perkuliahan yang diberikan oleh para mahasiswa.

    ReplyDelete
  6. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Mengenai perkuliahan yang telah kami ikuti hampir satu semester ini, kami merasa sudah cukup baik. Mungkin untuk beberapa perbaikan yang mungkin bisa dipertimbangkan antara lain:
    1. Akses antar gedung, karena akses nya ini cukup menyulitkan apabila terjadi hujan, misal dari lahan parkir ke gedung pasca lama lalu ke gedung pasca baru, karena tidak ada jalan yang teduh maka akan menyulitkan bagi mahasiswa dan dosen yang akan berpindah tempat ketika hujan.
    2. Beberapa fasilitas LCD Projektor masa hidup lampunya sudah mulai habis, dan mudah saatnya untuk dilakukan penggantian lampu.
    3. Mengenai layanan WiFi, hanya difasilitasi untuk satu perangkat saja, sehingga cukup menyulitkan apabila terjadi masalah dengan perangkat yang didaftarkan, kami tidak bisa menggunakan perangkat lain untuk menggunakan layanan WiFi

    ReplyDelete
  7. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terimakasih banyak Prof.
    Berikut ini beberapa saran dari pengalaman belajar selama kurang lebih 3 bulan:
    1. Kualitas jaringan wifi utamanya di gedung pasca lama sering mengalami gangguan
    2. Sebaiknya penentuan pembimbing tesis dipercepat agar mahasiswa dapat sesegera mungkin mendapatkan bimbingan untuk membuat artikel jurnal.
    3. Selain beberapa kekurangan diatas, selama menempuh pendidikan di UNY saya bertemu dengan dosen yang sangat berpengalam di bidangnya dan perkuliahan berjalan sangat efektif karena jarang sekali dosen yang tidak masuk pada jam perkuliahannya. Semoga Uny ke depannya bisa lebih berkualitas lagi. Amiin.

    ReplyDelete
  8. Anwar Novianto
    16706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2016

    Terima kasih Prof. Marsigit..

    Berdasarkan surat Edaran Nomor 01/SE/2017 Syarat Yudisium untuk program doktor mulai dari bulan Februari 2018 dan seterusnya, pada khususnya disebutkan bahwa publikasi harus diterima (Accepted) di jurnal Internasional beruputasi. Ada beberapa pertanyaan yang ingin saya sampaikan terkait persyaratan kelulusan.
    1. Apakah mahasiswa program doktor harus sebagai penulis pertama atau boleh sebagai penulis kedua, dst pada penulisan jurnal internasional bereputasi?
    2. Penulisan Institusi pada jurnal tersebut, penulis dituliskan sebagai mahasiswa S3 PPs UNY atau boleh diisi menggunakan Institusi tempat kami bekerja?

    Usulan/ saran yang ingin saya sampaikan, semoga kebijakan yang ada dapat menguntungkan semua pihak (baik mahasiswa, promotor, dan institusi)

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  9. Irham Baskoro
    17709251004
    S2|Pendidikan Matematika A 2017|UNY

    Terimakasih atas kesempatan yang diberikan. Berikut ini saya mengajukan saran perbaikan perkuliahan (secara umum).
    1. Sebagai syarat untuk yudisium sebaiknya tidak mengacu pada syarat harus submit artikel pada jurnal terindex Scopus, melainkan menggunakan sitem point seberapa banyak publikasi yang telah dilakukan oleh mahasiswa. Misal:
    a. Mahasiswa publish artikel lewat blognya diberi point 0,1
    b. Mahasiswa menjadi pemakalah seminar (prosiding) diberi point =1,
    c. Mahasiswa mengirim artikel di surat kabar lokal dan diterbitkan, diberi point =2,
    d. Mahasiswa mengirim artikel di surat kabar nasional dan diterbitkan diberi point = 3,
    e. Mahasiswa mempublish artikel di jurnal nasional terindex diberi point =5, dan seterusnya.
    Lalu point itu ditotal, misal saja universitas mensyaratkan mahasiswa bisa mengikuti yudisium bila melampaui 10 point.

    2. Transparansi Nilai Ujian. Misalkan setelah ujian, hasil ujian perkuliahan baik UTS maupun UAS dibagikan atau diberitahukan kepada mahasiswa, supaya mahasiswa tahu nilainya.
    3. Mengefektifkan peran dosen PA. Mahasiswa diharapkan dapat berkonsultasi dan berkomunikasi tentang masalah perkuliahan secara lebih intensif pada dosen PA.
    4. Semoga genset berfungsi jika terjadi mati listrik, karena sebagian besar dosen ketika menerangkan atau mahasiswa presentasi menggunakan LCD. Tentu jika terjadi mati listrik akan mengganggu jalannya perkuliahan.
    5. Akses dari tempat parkir ke gedung pascasarjana diberi sedikit tempat yang teduh (misal trotoar dengan ada peneduhnya), supaya mahasiswa yang tidak sempat membawa payung tidak kehujanan.

    Selain itu semua, saya apresiasi kepada Bapak/Ibu para Dosen Pascasarjana UNY terutama Prodi S2 P.Mat yang sangat berpengalaman dan expert untuk ikhlas dalam mendidik kami. Semoga Bapak Ibu selalu dalam keadaan sehat wal afiat dan senantiasa berkenan untuk membagi ilmu dan menebarkan kebaikan pada sesama.

    ReplyDelete
  10. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Terimakasih Prof atas pemberian kesempatan ini. Atas kesempatan dan ijin yang diberikan, saya ingin menambahkan beberapa poin berikut ini:
    1. Penambahan beberapa akses listrik di titik-titik kampus. Hal ini saya sampaikan berdasarkan pengalaman saya. Sejak saya kuliah S1 di UNY, saya sering bertemu beberapa mahasiswa yang kebingungan mencari stop kontak di area perpustakaan (bukan karena tidak disediakan, akan tetapi stop kontak yang sudah ada belum mencukupi, atau tidak sebanding dengan pengunjung perpustakaan).
    2. Merapatkan intensitas seminar atau kajian ilmiah baik tingkat nasional maupun internasional.
    3. Menyelenggarakan sosialisasi kepada mahasiswa sebelum penjurusan.
    4. Perihal peraturan skor minimal TOEFL. Pada masa orientasi pernah disampaikan jika yang telah lulus tes bahasa Inggris ketika seleksi masuk tidak harus mengikuti tes TOEFL lagi. Akan tetapi, ketika saya membuka SIAKAD, meskipun saya dan teman-teman mahasiswa lain sudah lulus, pada SIAKAD tersebut tertulis jika kami "belum pernah mengikuti tes", dan secara sistematis terhubung dengan belum terpenuhinya skor TOEFL jika akan mengikuti yudisium. Mungkin dari pihak kampus dapat memberikan penjelasan dan tindak lanjut. Terimakasih

    Di balik itu semua, terdapat hal paling menggembirakan ketika saya diberikan ijin dan kesempatan oleh Allah SWT untuk melanjutkan jenjang perkuliahan S2 saat ini adalah bertemu dengan dosen dosen yang sangat mumpuni di bidangnya. Di balik kompetensi pedagogik yang dimiliki, saya juga mengagumi kompetensi profesional maupun sosial dosen-dosen. Bapak Ibu dosen memberikan tauladan yang sanat baik bagi saya, salah satunya adalah kedisiplinan beliau-beliau yang selalu tepat waktu ketika hadir di kelas. Bahkan sebagian besar dosen yang mengampu mata kuliah yang saya tempuh saat ini, hadir di kelas sebelum waktu yang ditentukan dalam jadwal perkuliahan.

    ReplyDelete
  11. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Terimakasih sudah memperbolehkan memberikan masukan untuk kebaikan dan kemajuan di Pasca UNY;
    1. Kurangnya fasilitas tempat belajar diluar kelas misalnya, harusnya ada meja dan kursi yang bisa digunakan untuk belajar di depan kelas ataupun di depan tangga lantai 3 serta ruang penghubung untuk ke lantai 4, seperti kampus-kampus diluar UNY.
    2. Kurangnya taman pendukung untuk belajar di alam sekitaran kampus, karena kampus UNY kebanyakan taman atau lahanya untuk parkir kendaraan bukan untuk tempat belajar di alam terbuka.
    3. Sebaiknya ada satu atau dua hari dalam satu minggu di adakan car free day untuk mahasiswa dan dosen, jadi dikampus bebas kendaraan sehingga semua pelaku akademik membudayakan kegiatan berjalan kaki, kecuali untuk dosen atau mahasiswa yang memang kondisinya tidak memungkinkan untuk seperti itu (Saya pernah melihat beberapa kampus melakukan hal tersebut).

    ReplyDelete
  12. Junianto
    17709251065
    PM C

    Terimakasih Prof sudah memberikan ruang bagi kami untuk memberikan masukan dan saran bagi perkuliahan baik dari segi fasilitas maupun akademik. Dari segi fasilitas, ada beberapa masukan antara lain yang pertama, mohon area parkir indoor atau minimal ada atap untuk melindungi kendaraan mahasiswa. Kemudian mohon juga di cek kelengkapan surat ketika keluar dari area parkir. Selain itu, mungkin sepeda kampus juga perlu dipertimbangkan untuk diadakan agar mempermudah akses mahasiswa di area kampus. Selain itu, berkaitan dengan akademik kami mohon solusi untuk perkuliahan dosen yang sering kosong karena dosen mempunyai tugas tambahan dari kampus. Harapan kami, tuga tambahan bagi dosen juga tidak mengganggu jadwal dosen dalam mengajar. Terimakasih

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum Wr.Wb
    Sebelumnya terima kasih Prof atas diberi kesempatannya kami untuk memberikan saran guna perbaikan bagi semua kalangan yang terkait. Alhamdulillah sejauh ini pihak Universitas telah memberikan fasilitas yang tentunya orang lain mungkin tidak menikmatinya kecuali di UNY. Namun, semua fasilitas dan keterlaksanaan pembelajaran selama ini tidak terlepas dari hal-hal yang terkadang menjadi kendala.
    1.Dari segi perpustakaan Alhamdulillah buku banyak dan mudah di temukan, hanya saja sistem keamanan untuk barang-barang pribadi mahasiswa ataupun pengunjung menurut kami perlu di tingkatkan. Mungkin bisa di adakan lemari yang dilengkapi kunci untuk tempat tas dan barang pribadi bagi pengunjung.
    2.Koneksi internet di gedung paska lama sering macet.
    3.Alhamdulillah kami dapat menikmati fasilitas terbaru dari gedung paska yang sedang di bangun. Namun, kadang yang membuat kendala adalah akses menuju lantai 7. Mungkin mahasiswa akan lebih cepat lagi menuju lantai 7 jika akan lift
    4.Kejelasan jadwal dan sistem bimbingan dengan pembimbing akademik. sistem jadwal berkala konsultasi dengan pembimbing akademik belum kami dapatkan, apakah system bimbingan ini di serahkan kepada mahasiswa atau ada jadwal tersendiri dari kampus.
    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  14. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    sebelumnya terimakasih telah memberikan kesempatan untuk memberikan saran. selama perkuliahan saya pribadi merasa mendapat pelayanan yang cukup baik, namun untuk memnjadi lebih baik lagi tentunya diperlukan saran dari berbagai pihak. tidak jauh berbeda dari saran teman-teman diatas saran saya adalah
    1. mohon wifi bisa untuk HP dan Laptop dan bisa terkoneksi otomatis jika kita berada dalam wilayah kampus. sehingga tidak terlalu sering login.
    2. akses ruang kelas pada gedung baru pascasarjana supaya segera di adakan lift samapai ke lantai 7.
    demikian kiranya saran yang bisa saya berikan semoga bisa menjadi kebaikan bersama.

    ReplyDelete
  15. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah, terimakasih prof. Marsigit atas kesempatan yang diberikan. Berikut akan saya tambahkan beberapa poin kritik dan saran yang berkaitan dengan perkuliahan:
    1. Koneksi Internet di gedung pasca lama, sering putus nyambung meskipun sinyal ada dan cukup kuat. Bahkan ketika saya di perpustakaan pasca sarjana, beberapa kali sinyal ysu malah unidentified.
    2. Wifi ysu mohon disetting untuk bisa log in di dua devices, karena ketika hanya mengaktifkan di laptop, namun kondisi tidak memungkinkan membuka laptop untuk konek internet, sinyal di handphone pun juga tidak ada (untuk sms atau telepon). Dan itu sering sekali terjadi di pasca lama, dimana sinyal handphone sulit padahal tidak memungkinkan membuka laptop di tempat umum.
    3. Mohon di segerakan pembangunan untuk gedung pasca baru, terutama untuk akses naik ke lantai atas seperti lift.
    4. Mohon disediakan tempat2 belajar yang lebih instan dan mudah dijangkau di area kampus, meskipun ada taman namun ketika hujan kami juga tidak dapat menggunakannya.
    5. Mohon diberikan sosialisasi tentang bagaimana mahasiswa dapat melakukan bimbingan dan konsultasi dengan pembimbing akademik. Apakah ada jadwal-jadwal tertentu atau tidak diserahkan ke mahasiswa.
    6. Mohon diberikan sosialisasi pula tentang penjurusan untuk semester 2 nanti, tentang pengukuran dan evaluasi, agar supaya kami memiliki gambaran dan lebih paham tentang apa yang akan kami pilih.
    Demikian kritik dan saran yang dapat saya berikan, terimakasih.

    ReplyDelete
  16. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Sebelumnya, saya mengucapkan terimakasih kepada seluruh dosen yang sudah berbagi ilmu dan pengalaman yang berharga selama kurang lebih satu semester ini. Selain itu saya ingin menuliskan saran perkuliahan yang dapat diperbaiki dikemudian hari.
    1. Kurangnya tempat untuk mahasiswa pascasarjana dalam melakukan diskusi di luar jam perkuliahan (di luar kelas)
    2. Kurangnya akses ke gedung baru terutama untuk menuju lantai paling atas. Semoga pembangunan bisa selesai secepatnya, sehingga bisa lebih efisien.
    3. Salah satu kelas terdapat LCD/Proyektor yang rusak (kurang jelas). Sehingga pembelajaran melalui PPt atau yang lainnya terganggu karena kurang jelasnya tampilan.

    ReplyDelete
  17. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Terima kasih Prof, karena telah memberikan kami ruang untuk memberi pendapat mengenai perbaikan perkuliahan, tentunya kita sama-sama inginkan bahwa UNY menjadi universitas yang terbuka terhadap saran dan krit yang membangun dan senantiasa melakukan perbaikan. Adapun beberapa saran saya terkait perbaikan perkuliahan sebagai berikut:
    Pertama, kampus memfasilitasi dialog-dialog dengan beberapa tokoh masyarakat. Menurut saya, memperoleh ilmu dari berbagai perspektif sangat dibutuhkan. Selama ini saya mengamati kita terlalu sibuk dengan seminar-seminar internasional yang menghadirkan ilmuan-ilmuan matang di bidangnya, namun tidak jarang mahasiswa dengan ilmu modernnya gagap ketika hadir di tengah masyarakat. Maka dari itu, sebagai bentuk penyeimbang perspektif, saya berharap UNY membuat dialog dengan tokoh masyarakat, tokoh budaya, dan aktivis sosial yang konsen terhadap isu-isu lokal. Saya percaya UNY dapat menjadi pilar pendidikan dan kebudayaan di Yogyakarta bahkan dunia.
    Kedua, sudah saatnya UNY menerapkan Ethical Clearance dalam penelitian kependidikan. Selama ini, Ethical Clearance hanya diterapkan dalam penelitian ilmu kedokteran atau kesehatan untuk menyatakan bahwa suatu proposal penelitian layak dilaksanakan setelah memenuhi persyaratan tertentu yang melibatkan mahluk hidup (manusia, hewan dan tumbuhan). Menurut saya, walaupun pendidikan merupakan penelitian sosial, namun standar etis dalam penelitian yang melibatkan manusia terutama anak-anak perlu lebih serius ditangani melalui komisi etik.
    Ketiga, saya berharap UNY memfasilitasi kami akses terhadap jurnal-jurnal internasional yang banyak. Hal ini dibutuhkan agar kami dapat secara leluasa memilih topik-topik artikel maupun jurnal sesuai dengan bidang yang kami tekuni.

    ReplyDelete
  18. Sebagian besar perkuliahan sudah berjalan dengan baik akan tetapi menurut saya ada beberapa yang hal yang seharusnya bisa diperbaiki. di UNY asih sedikit taman atau tempat yang memfasilitasi mahasiswa untuk berdiskusi atau mengerjakan tugas kuliah, seringkali mahasiswa mengerjakan di lantai rektorat tidak menggunakan meja. Hal ini selain membuat pengerjaan tugas menjadi tidak nyaman, mahasiswa juga merasa cepat lelah serta mungkin mengganggu kesehatan punggung, jadi alangkah baiknya jika banyak taman yang memfasilitasi mahasiswa untuk hal yang demikian. Taman bukan hanya sekedarnya saja akan tetapi taman yang didesain terbuka dan dapat menghadirkan inspirasi bagi para mahasiswa dalam mereka berkarya, karena dalam mahasiswa berkarya kami butuh inspirasi yang lebih banyak dapatang dari tempat-tempat ruang terbuka daripada ruang kuliah yang tertutup.

    ReplyDelete
  19. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    Terimakasih Prof. atas kesempatan yang telah diberikan untuk ikut mengemukakan pendapat guna kemajuan kampus kita tercinta ini. Berikut ini adalah beberapa hal berupa harapan-harapan saya terhadap perkuliahan dan juga fasilitas kampus yang ingin saya sampaikan:
    1. Saya mengapresiasi fasilitas gedung baru kampus yang sangat nyaman untuk perkuliahan, hanya saja lift untuk mencapai lantai 7 belum ada.
    2. Beberapa kabel LCD/proyektor di kelas sepertinya sudah rusak yang membuat tampilan di layar menjadi berwarna kekuningan atau ungu, hal ini membuat perkuliahan di kelas kurang nyaman.
    3. Fasilitas audio di kelas-kelas sudah cukup memadai dengan adanya speaker dan mic yang tersedia di kelas. Hanya saja kabel AUX untuk menyambung laptop dengan speaker kelas masih belum tersedia sehingga beberapa kali presentasi dengan menggunakan audio menjadi kurang maksimal.
    4. Perpus Pascasarjana sudah sangat nyaman, akan lebih baik jika koleksi buku-buku referensi ditambah dan terus diperbaharui.
    5. Baru-baru ini, kami diminta untuk mengajukan judul skripsi beserta dosen pembimbingnya. Hal ini cukup membuat kami kebingungan karena kami belum mengenal banyak dosen pascasarjana. Alangkah lebih baik jika ada program pengenalan dengan dosen, atau proses pemilihan dosen pembimbing dapat dibantu pihak kampus, agar kami tidak kebingungan.
    Sekian harapan yang dapat saya sampaikan. Terimakasih..

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Terimakasih banyak Pak atas kesempatan yang Bapak berikan. Beberapa saran untuk perbaikan proses perkuliahan yang saya rasakan selama kurang lebih empat bulan ini diantaranya:
    1. Wifi sebenarnya sudah lumayan kencang karena tidak lemot, tetapi setiap beberapa menit digunakan harus log in kembali.
    2. Ketersediaan terminal untuk ngecash laptop di perpustakaan UPT sangat minim sekali.
    3. Contoh tesis-tesis hanya ada pada perpustakaan UPT saja, sedangkan di perpustakaan pasca tidak tersedia. Tesis di perpustakaan UPT pun penempatannya tidak terorganisir sesuai dengan bidangnya masing-masing.
    4. Beberapa sarana pembelajaran di kelas gedung lama banyak terdapat bangku dan meja yang tidak nyaman untuk digunakan.
    5. Ketika ada pemadaman listrik, gedung lama pps tidak ada genset, sehingga tidak bisa mendapatkan aliran listrik untuk ngecash laptop dan tidak bisa mendapatkan jaringan wifi.
    6. Terkait persyaratan publikasi ilmiah pada jurnal internasional terindeks mohon secepatnya diberikan pencerahan dan mekanismenya.

    ReplyDelete
  22. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Mata Kuliah Filsafat Ilmu, merupakan salah satu mata kuliah yang kami dapat disemester ini merupakan salah satu mata kuliah penyeimbang, dimana kami digencar dengan ilmu matematika, filsaat mengajarkan kepada kami bagainama hidup, bagaimana untuk mengambil keputusaan, menentukan suatu pilihan, bersosialisasi dengan makhluk hidup lain, bagaimana ber hermenetika, menyeimbangkan diri dengan lingkungan dan banyak hal. Namun ada beberapa hal yang menjadikan belajar kami kurang bisa efektif, antara lain :
    1. Tulisan di powermathematics.blogspot.co.id ini lebih dari 800, alangkah lebih baik mungkin diberikan tulisan yang tahun berapa yang akan dibahas, jadi mahasiswa akan lebih siap dalam mengikuti perkuliahan.
    2. Nolisasi adalah ujian yang paling menyenangkan, karena kita tidak dituntut untuk menjadi manusia yang sempurna.
    3. Tanyajawab agar lebih sering lagi, supaya kami bisa lebih mendapatkan contoh nyata dari pengalaman bapak.
    Semoga bapak selalu sehat dalam menjalankan amanah, dan terus bisa membimbing kami, memberikan arahan kepada kami agar menjadi manusia yang lebih baik lagi, melalui blog ini ataupun media lain. Trimakasih pak.

    ReplyDelete
  23. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,
    Selama hampir satu semester saya menjalani perkuliahan, khususnya mata kuliah filsafat ilmu, saya merasa pembelajaran berjalan dengan baik. Hal ini karena metode yang bapak gunakan dalam pembelajaran berfariatif, ada ceramah, kuis, Tanya jawab, serta refleksi perkuliahan dan refleksi artikel. Namun suatu ketika dalam perkuliahan di kelas saya, bapa menyampaikan satu materi yang sama, dalam bentuk ppt, diulang sebanyak dua kali. Saya berpikir, mungkin maksud bapa ingin menjelaskan materi tersebut lebi dalam lagi. Tetapi ternyata setiap penjelasan dan kaimat yang bapak sampaikan sama pertemuan sebelumnya. Hal ini menyebabkan saya dan teman-teman berkurang perhatiannya mengikuti perkuliahan pada hari itu. Saran saya, mungkin sebelum bapak mempresentasikan materi khususnya metode ceramah, bapak bisa bertanya terlebih dahulu apakah materi tersebut sudah pernah disampaikan atau belum. Karena bisa jadi pa Marsigit lupa akibat banyaknya kelas filsafat ilmu yang diampu. Mohon maaf apabila ada kalimat yang kurang berkenan. Terimakasih atas perhatiannya.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Gamarina Isti R
    17709251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)

    Terima kasih Pak telah menyediakan sarana untuk menyampaikan saran saya terhadap perkuliahan di Pascasarjana. Saya memiliki saran yaitu mengenai sinyal provider dan sinyal WIFI Pasca saya saat di lantai 1,2, dan 3 gedung Pasca baru, sehingga saya mengalami kesulitan untuk berkomunikasi. Kadang saya untuk mendapatkna sinyal harus ke lantai 4 dan lantai atas seterusnya. Selain itu, saya sering kehabisan tisu toilet, semoga untuk pergantian tisu toilet lebih diperhatikan. Sedangkan saran saya yang terakhir adalah dengan adanya fasilitas mesin foto copy atau printer, hal ini dikarenakan untuk mengeprint kami harus ke FIS atau daerah FMIPA terlebih dahulu dan semoga Pasca segera dilengkapi kantin, agar kami lebih dekat untuk membeli makanan. Terima kasih pak.

    ReplyDelete
  26. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Terima kasih sudah diberikan kesempatan untuk mengeluarkan pendapat terakit saran dan perbaikan perkuliahan. Dua hal penting menurut saya yang perlu diperhatikan adalah akses wifi seharusnya seperti di kampus-kampus lain yang tidak dibatasi satu orang satu gadget saja. Mungkin jika dibatasi satu orang dapat akses di dua gadget tidak masalah. Karena orang-orang umumnya mengakses internet melalui dua gadget yaitu laptop dan smartphone dan fasilitas tempat belajar di luar ruangan kelas di perbanyak, mungkin akan sangat bermanfaat apabila ada tempat-tempat diskusi di luar ruang kelas, kalau menggunakan ruang kelas untuk melakukan diskusi maka waktunya sangat terbatas karena kelas akan digunakan oleh mahasiswa lain.

    ReplyDelete
  27. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Postingan ini rilis tepat sebelum Prof. Marsigit menempuh perjalanan yang amat jauh (Diberi mandat sebagai direktur Pasca), Selamat Prof. Semoga amanah dan dapat menjalankan tugas dengan sebaik mungkin. Adapun beberapa saran perbaikan demi terciptanya perkuliahan dan kehidupan pembelajaran di kampus yang kondusif, saya yakin hal ini pun telah sering digembar-gemborkan oleh teman-teman.
    Mengenai dosen yang mengajar dalam satu semester cukup satu mata kuliah saja, karena sering kali terdapat bias mata kuliah, disiplin dosen dalam absensi atau kehadiran mengajar di kelas, fasilitas wifi yang lebih fleksibel berkaitan dengan perangkan akses, kantin dalam gedung, fasilitas penggandaan dokumen atau fasilitas print, ketersediaan air minum, orientasi kampus secara menyeluruh, meliputi perpustaan, orientasi ruang dan sebagainya. Demikian semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  28. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PM C

    terimakasih pak karena sudah diberi kesempatan untuk dapat menyampaikan saran untuk perbaikan kuliah. terdapat beberapa hal yang menurut saya dapat mengganggu perkuliahan, antara lain yang pertama adalah lahan parkir yang lumayan jauh dari gedung perkuliahan dan tidak terdapat atapnya. yang kedua yaitu tidak adanya kantin didalam gedung, sehingga kalau terdapat jeda perkuliahan dengan waktu yang singkat kami harus buru-buru dan terkadang membuat terlambat ikut perkuliahan. yang ketiga yaitu tidak adanya tempat print dan fotocopy didalam gedung. yang keempat yaitu akses wifi yang hanya terbatas dengan satu gadget dan tidak bisa bergantian, sehingga mahasiswa harus membawa laptop yang sama dengan laptop yang di registrasi untuk menggunakan wifi, akan lebih bermanfaat jika penggunaan wifi hanya dibatasi dengan menggunakan satu akun, tetapi bebas mau menggunakan akun tersebut di gadget manapun. sekian saran dari saya, terimakasih

    ReplyDelete
  29. Nurika Miftahuljannah
    17709251060
    P Mat C
    Sebelumnya saya ingin menyampaikan ucapan terimakasih kepada Prof. Yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk menyampaikan pendapat kami tentang saran perbaikan perkuliahan. Teman-teman saya di atas sebagian besar sudah mewakili saran yang ingin saya sampaikan. Baik terkait wifi, dosen, ataupun tempat parkir. Namun yang ingin saya tekankan adalah proses perkuliahan yang masih agak menyimpang dari tujuan akhir, yaitu tesis dan yudisium. Terkait syarat yang harus melaksanakan seminar internasional. Bagi sebagian besar dari kami, perlu persiapan yang tidak sebentar. Untuk itu sebaiknya perkuliahan dirancang untuk sefokus mungkin menuju ke arah sana dengan berbagai fasilitas yang dapat diusahakan.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  30. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Sebelumnya terima kasih untuk kesempatan yang Bapak berikan kepada kami untuk mengemukakan saran mengenai perkuliahan. Menurut saya, ada beberapa hal yang mengganggu jalannya perkuliahan diantaranya, wify yang hanya bisa digunakan pada satu perangkat saja dan selalu terputus koneksinya dalam waktu yang tidak lama, juga sinyalnya yang kurang lancar. Selain itu, tidak terdapatnya fasilitas tempat fotokopi dan juga jasa ngprint juga menghambat kami dalam mengerjakan tugas. Kurangnya informasi bahan ajar/sumber belajar membuat saya kebingungan dengan materi yang akan saya pelajari, alangkah lebih baik jika diberikan informasi-informasi yang detail mengenai sumber belajarnya. Sekian dari saya, semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  31. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Terimakasih atas kesempatannya untuk dapat menyampaikan pendapat mengenai perbaikan perkuliah di blog ini. Saya ingin menyarankan untuk fasilitas wifi di gedung pasca baru, ada beberapa lantai yang belum terjangkau oleh wifi sehingga mengakibatkan menghambat komunikasi dan kegiatan perkuliahan yang menggunakan jaringan internet. Kamudian mengenai fasilitas lain, saya menyarankan adanya fasilitas kantin dan tempat untuk mencetak dan photo copy. Hal itu sangat menunjang dalam proses perkuliahan, karena selama ini kami harus ke FMIPA ataupun ke perpustakaan untuk mencetak dan photo copy. Untuk fasilitas lain, menurut saya sudah memadahi. Terimakasih

    ReplyDelete
  32. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Menurut saya, fasilitas di UNY sudah cukup baik akan lebih baik apabila jarak tempat parkit tidak jauh dari gedung perkuliahan, lift segera jadi supaya akses ke lantai 7 lebih mudah, tidak adanya kantin untuk pasca, selain itu tisu toilet sering tidak ada. Selain itu, yang lebih urgent adalah tempat print dan foto kopi karena belum ada yang memfasilitasi hal tersebut. Terkait dengan tuntutan bahwasannya syarat lulus adalah terbitnya jurnal dan masing-masing variabel penelitian minimal 10 jurnal mohon dari pihak akademik memfasilitasi hal tersebut. Terimaksih

    ReplyDelete
  33. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Secara garis besar fasilitas perkuliahan di UNY sudah cukup baik, namum perlu beberapa beberapa fasilitas yang belum ada seperti kantin dan koperasi yang menyediakan alat-alat tulis serta tempat print dan foto kopi. Somaga dengan fasilitas gedung pascasarjana yang baru dapat memfasilitasi dan melancarkan semua kegiatan perkuliahan dan memudahkan. Yng terpenting adalah semoga Setiap mahasiswa memiliki kesadaran untuk merawat fasilitas gedung yang sudah cukup bagus ini dengan tidak meninggalkan sampah makanan setiap selesai perkuliahan, karena sebagus apapun fasilitas yang dimiliki gedung pascasarjana baru tidak akan berguna jika tidak dirawat bersama-sama

    ReplyDelete
  34. Nur Dwi Laili K
    17709251059
    PPs PMAT C

    Menurut saya secara keseluruhan fasilitas di pascasarjana UNY sudah cukup baik. Namun memang perlu perbaikan secara terus menerus. Menurut saya wifi yang ada di pascasarjana belum merata, ada tempat-tempat tertentu di area kampus yang minim sinyal wifi. Selain itu belum adanya perpustakaan per jurusan di pascasarjana dan kurang lengkapnya koleksi buku-buku referensi di perpustakaan pasca. Banyak pula mahasiswa yang kesulitan ketika mencari jurnal-jurnal internasional sehingga perlu adanya sosialisasi lebih lanjut terkait jurnal-jurnal yang dilanggan oleh pascasarjana. Terimakasih.

    ReplyDelete
  35. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terima kasih prof untuk kesempatannya memberikan masukan
    1. Dengan beban akademik yang bertambah, khususnya terkait kewajiban membuat jurnal, saya mengusulkan agar pembimbing sudah bias dibagi di akhir semester 1 atau awal semester 2. agar kami bisa mendapatkan bimbingan dan arahan untuk segera melakukan penelitian sebagai tahapan dalam membuat artikel junral
    2. di sekitar gedung pasca, belum ada tempat untuk fotocopy. alangkah baiknya jika ada satu spot tempat fotocopy yang didirikan di sekitar kampus pasca
    3. banyak alamat jurnal internasional yang berbayar. alangkah baiknya jika dari pihak kampus memfasilitasi dengan membuat akun yang juga bisa diakses oleh mahasiswa
    4. gedung pasca sarjana yang baru harapannya ditunjang dengan lift yang bisa menjangkau sampai ke lantai 7

    ReplyDelete
  36. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terima kasih prof untuk kesempatannya memberikan masukan
    1. Dengan beban akademik yang bertambah, khususnya terkait kewajiban membuat jurnal, saya mengusulkan agar pembimbing sudah bias dibagi di akhir semester 1 atau awal semester 2. agar kami bisa mendapatkan bimbingan dan arahan untuk segera melakukan penelitian sebagai tahapan dalam membuat artikel junral
    2. di sekitar gedung pasca, belum ada tempat untuk fotocopy. alangkah baiknya jika ada satu spot tempat fotocopy yang didirikan di sekitar kampus pasca
    3. banyak alamat jurnal internasional yang berbayar. alangkah baiknya jika dari pihak kampus memfasilitasi dengan membuat akun yang juga bisa diakses oleh mahasiswa
    4. gedung pasca sarjana yang baru harapannya ditunjang dengan lift yang bisa menjangkau sampai ke lantai 7

    ReplyDelete
  37. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Kendala yang saya hadapi selama kuliah S2 di UNY adalah fasilitas Wi-Fi yang kurang maksimal. Koneksi wifi hanya dibatasi oleh 1 perangkat saja padahal untk mengakses internet kami perlu dari banyak perangkat. Tidak melulu perangkat leptop tapi juga melalui telepon seluler untk memperingkas waktu. Selain itu tidak tersedianya air minum isi ulang disetiap gedung menyulitkan mahasiswa untk minum didukung tidak tersedianya kantin disetiap gedung pasca, mengakibatkan mahasiswa harus lintas gedung untk mencapai kantin padahal masih ada mata kuliah yg harus dikejar.

    ReplyDelete
  38. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 P.mat B

    Sebenarnya faktor-faktor pendukung efektivitas perkuliahan sudah memadai, walaupun gedung baru yang belum memiliki lift agak sedikit terasa berat jika harus turun naik tangga sampai lantai yang lebih tinggi. namun itu juga bisa kita maklumi karena sedang dalam proses pembangunan. namun yang sangat mengganggu bagi saya jika saya tidak bisa mengakses jurnal dan harus membayar sekitar $30 untuk tiap artikel yang ingin saya jadikan bahan referensi. sedangkan saya tidak berani menggunakan bantuan dari website tertentu yang bisa langsung mendapatkan artikel melewati paywall, karena bagi saya itu seperti mengambil hak orang lain. sehingga saya benar-benar sangat mengharapkan agar kampus dapat memfasilitasi mahasiswa dengan berlangganan jurnal-jurnal seperti kampus lainnya. memang tidak mudah karena untuk berlangganan itu membutuhkan biaya yang sangat mahal. tapi ini hanya sekedar saran dari saya. terima kasih.

    ReplyDelete
  39. Devi Nofriyanti
    17709251041
    PPS P.Mat B 2017

    Hampir satu semester kuliah di UNY alhamdulillah dari segi pengajaran yang diberikan dosen ckup baik. Di kesempatan ini saya mau memberi saran terkait fasilitas, alangkah baiknya jika di gedung pasca baru ini dibuatkan suatu ruangan khusus untuk mahasiswa belajar di luar jam kuliah dan tentunya dengan fasilitas wifi dengan koneksi yang cepat. Mungkin juga butuh perbaikan akses wifi di gedung pasca lama.

    ReplyDelete
  40. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Terimakasih pak untuk semua yang telah bapak berikan hingga saat ini. Menuru saya perkuliahan filsafat yang bapak lakukan selama ini adalah yang terbaik untuk saat ini. Saya sadar bahwa masih banyak kekurangan dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan hingga saat ini. Namun untuk perkuliahan yang telah terlaksana saya kira sudah seoptimal mungkin. Dengan pembelajaran filsafat seperti sekarang ini saya merasa mendapat wawasan yang baru, dan sama sekali belum pernah terjadi sebelumnya. Saran saya adalah tetap melakukan pembelajaran yang mengutamakan membuka wawasan yang baru tersebut.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  41. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Alhamdulilah selama perkuliahan satu semester ini sangat baik bahkan metode pmbelajaran yang digunakan juga menyenangkan. Cuma kalau boleh saya memberikan saran, kedepannya di dalam gedung pascasarjana diberikan fasilitas seperti meja atau bangku/kursi yang berada di luar kelas, agar kami bisa belajar tidak hanya diperpustakaan tapi juga di dalam gedung pascasarjana sendiri. Selain itu kedepannya saya juga berharap proses pembelajaran dapat berlangsung lebih baik lagi dari sekarang dengan pendekatan-pendekatan yang lebih bervariasi dan inovatif.

    ReplyDelete
  42. assalamualaikum wr,wb
    Ki nawe… saya IBU linda,tki di malaysia
    mengucapkan banyak2 terima
    kasih kepada ki.Nawe
    atas dana ghaib yang
    kemarin aki berikan alhamdulillah ternyata itu benar2 ada
    dan berkat bantuan
    ki nawe saya bisa
    melunasi semua hutan2
    orang tua saya yang ada di
    BANK BRI dan bukan hanya
    itu AKi NAWE alhamdulillah
    sekarang saya sudah bisa
    bermodal sedikit untuk
    mencukupi kebutuhan
    keluarga saya sehari2. itu
    semua berkat bantuan KI NAWE sekali lagi
    makasih banyak yah KI NAWE…
    yang ingin merubah nasib
    seperti saya hubungi KI NAWE di nomor
    0852-1837-9259 dijamin
    100% ada atau silahkan
    buktikan sendiri PESUGIHAN TAMPA TUMBAL

    ReplyDelete
  43. Tri Wahyu Nurjanah
    15301241010
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terima kasih Prof karena sudah memberikan kesempatan untuk memberi sedikit masukan. Prof, mungkin untuk perbaikan perkuliahan etnomatematika sebaiknya jangan di liburkan Prof, walopun ada beberapa mahasiswa yang izin. Karena jujur saja saya menunggu Prof untuk menjelaskan kelanjutan materi yang biasa Prof selingi dengan cerita mengenai pengalaman yang pernah Prof alami. Ini sangat memotivasi kami Prof. Matur nuwun.

    ReplyDelete
  44. Finda Ayu Annisa
    15301241024
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan perbaikan perkuliahan etnomatematika. Mungkin sebaiknya dalam perkuliahan etnomatematika jangan diliburkan meskipun ada mahasiswa yang ijin dalam perkuliahan tersebut. Karena menurut saya perkuliahan Prof sangat membantu kami dalam menjelaskan matematika dan membuat matematika menjadi mudah dengan berbasiskan etno.

    ReplyDelete
  45. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof karena telah memberikan kesempatan untuk memberikan saran dalam kegiatan perkuliahan. Sarana prasarana di kelas terutama LCD terkadang tidak bisa dipakai. Sehingga itu cukup membuang-buang waktu ketika kegiatan perkuliahan berlangsung. Selanjutnya, saya harap di kelas lebih banyak di adakan kegiatan tanya jawab. Sehingga sekiranya ada materi yang mahasiswa kurang paham dapat langsung ditanyakan kepada Prof. Selain itu, juga bisa dilakukan kegiatan diskusi kelas bagi setiap mahasiswa. Sehingga, kami dapat saling berbagi informasi dan bertukar pikiran satu sama lain. Kegiatan diskusi juga dapat dilakukan di luar kelas. Sehingga, kami dapat lebih siap dalam mengikuti kegiatan perkuliahan di minggu berikutnya. Terimakasih.

    ReplyDelete
  46. Puspitarani
    15301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    Terima kasih Prof karena sudah memberikan kesempatan untuk memberikan saran dalam kegiatan perkuliahan, khususnya saya akan memberikan saran dalam kegiatan perkuliahan Etnomatematika. untuk perkuliahan etnomatematika, jika ada mahasiswa izin untuk tidak mengikuti perkuliahan, mohon untuk tidak meliburkan kuliahnya Pak. karena bagi kami, khusunya saya perkuliahan itu sangat penting sekali, apalagi menyangkut ilmu pengetahuan yang kami dapatkan. terus untuk materi Etnomatematika saya sendiri belum terlalu memahaminya Pak, jadi mungkin selain mendapat pengetahuan dari Bapak saya akan belajar dari banyak sumber. terima kasih Pak.

    ReplyDelete
  47. Farisa Yunilasari
    15301241025
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terima kasih Prof karena sudah memberikan kesempatan untuk memberi sedikit masukanmasukan tentang perkuliahan. Saran saya, apabila ada mahasiswa yang izin tidak mengikuti perkuliah etnomatematika pada hari tertentu sebaiknya jangan mengosongkan jam kuliah pada hari tersebut. Karena kami mahasiswa yang tidak izin sebenarnya menginginkan diadakan perkuliahan. Terimakasih

    ReplyDelete
  48. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika A 2015

    Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaykum Wr. wb.
    Terimakasih pak karena sudah memberikan kami kesempatan untuk sedikit memberi masukan tentang perkuliahan ini. Mohon maaf sebelumnya, saya menyarankan jika ada mahasiswa yang izin tidak dapat mengikuti perkuliahan, sebaiknya tidak mengosongkan kuliah pada jam itu, karena perkuliahan bapak sangat membantu kami dalam memahami tentang matematika dengan lebih mudah, dan memotivasi kami untuk terus belajar etnomatematika. Menyarankan juga,agar selalu presensi saat pembelajaran etnomatematika, karena itu dapat melatih kami untuk dislipin.
    Terimakasih pak

    ReplyDelete
  49. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    Pendidikan Matematika A 2015/S1
    15301241046
    Assalamu’alaikum Wr.Wb.
    Terimakasih Pak telah memberikan kami sarana untuk menyampaikan saran untuk perkuliahan. Maaf sebelumnya, saran dari saya jika ada beberapa mahasiswa yang izin tidak dapat hadir mengikuti perkuliahan jangan diliburkan satu kelas, karena mengurangi kesempatan mendapatkan ilmu bagi teman-teman sekelasnya yang seharusnya dapat hadir. Kemudian, untuk pemberian tugas diberikan perintah yang lebih jelas mengenai apa yang harus dilakukan. Selain itu juga mohon selalu melakukan presensi untuk mengecek kehadiran mahasiswa. Terimakasih pak.

    ReplyDelete
  50. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Terima kasih Prof, telah memberikan kami kesempatan untuk menyampaikan saran untuk perbaikan perkuliahan. Seperti yang disampaikan teman-teman kelas saya pada kelas Etnomatematika, mungkin ketika ada beberapa mahasiswa yang ijin tidak dapat masuk kuliah lebih baik jangan diliburkan. Karena bagi mahasiswa yang dapat masuk kuliah, kami sangat menginginkan perkuliahan tersebut untuk diadakan.

    ReplyDelete
  51. Rina Musannadah
    15301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih Pak karena sudah memberikan tempat bagi mahasiswa untuk memberikan saran untuk perbaikan perkuliahan. Bagi saya, perkuliahan etnomatematika yang Bapak berikan sudah sangat menyenangkan, karena pembelajaran yang bervariasi, diselingi dengan tawa, dan berbagai pengalaman Bapak yang Bapak berikan kepada kami. Untuk saran, mungkin bisa ditambah sesi diskusi Pak, agar mahasiswa juga mendapat kesempatan untuk bertukar pikiran antar mahasiswa.

    ReplyDelete
  52. Bayu Widyanto
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301244010

    Terima kasih telah menyedia tempat bagi kami untuk memberikan saran perkuliahan.
    Saran saya, sekiranya ada mahasiswa yang ijin dan tidak terlalu banyak, perkuliahan jangan dikosongkan. Selanjutnya mengenai proses pembelajaran di kelas, menurut saya sudah bagus, Bapak juga memberikan pengalaman-pengalaman kepada kami, pembelajaran juga menyenangkan.

    ReplyDelete
  53. Julialita Muhariani
    15301241004
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Pak telah memberikan wadah/sarana bagi kami untuk memberikan saran dalam kegiatan perkuliahan. Menurut Saya pribadi, sistem perkuliahan yang Bapak terapkan sangat unik dan sarat akan makna kehidupan pada setiap pertemuannya. Menurut Saya, sebaiknya perlu adanya perbaikan dari pihak kampus terkait perlengkapan pembelajaran matematika seperti spidol, jangka, penggaris panjang, dan lain-lain di ruang kuliah.

    ReplyDelete
  54. Lisfiyati Mukarromah
    15301241042
    Pendidikan Matematika 2015
    Program S1

    Terimakasih Pak, sudah memberi kita kesempatan untuk menyampaikan saran perkuliahan. Kesan saya terhadap perkuliahan ethnomatematika ini menurut saya sangat unik dan berbeda dengan yang lain. Dengan kuliah ini, mahasiswa bisa melihat matematika dari sudut pandang yang berbeda, yaitu dari sudut pandang budaya.
    Saran saya untuk perkuliahan ethnomatematika yaitu jika ada beberapa mahasiswa yang ijin tidak mengikuti kuliah, maka sebaiknya kelas tetap diadakan karena masih banyak mahasiswa lain yang tetap menginginkan adanya kuliah tersebut. Saya juga menyarankan agar presensi selalu rutin dilakukan untuk mengecek kehadiran mahasiswa.
    terimakasih.

    ReplyDelete
  55. Intan Heryani Putri
    15301241011
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terima kasih, Pak Marsigit telah memberikan sarana untuk menyampaikan saran terkait perbaikan perkuliahan. Menurut saya perkuliahan Etnomatematika yang saya jalani ini adalah perkuliahan yang unik dan kreatif, sangat berbeda dari perkuliahan yang lain. Semoga kedepan Bapak bisa terus berinovasi untuk menjadi dosen yang menginspirasi mahasiswanya (dalam hal memberikan pengajaran yang "bervariasi" kepada siswa-siswa, dll).

    Saran saya, sebaiknya di setiap akhir perkuliahan mohon disampaikan apa rencana perkuliahan pada pertemuan selanjutnya supaya mahasiswa bisa lebih mempersiapkan hal-hal yang perlu dipersiapkan. Mungkin salah satu contohnya kemarin saat mahasiswa diminta menonton video di dalam pembelajaran, dari saya sendiri sebenarnya lebih nyaman jika mendengarkan suara handphone dari headset daripada speaker langsung karena kurang terdengar jelas, apalagi jika diputar di dalam ruang kelas bersama mahasiswa yang lain. Mungkin jika disampaikan sebelumnya mahasiswa yang kurang memadai fasilitasnya (dalam hal ini speaker handphone) bisa menyiapkan headset sebelumnya supaya dapat lebih mendengar video tersebut dengan lebih baik dan jelas. Terima kasih, Pak.

    ReplyDelete
  56. Rina Anggraeni
    15301241043
    S1 Pend. Matematika 2015

    Terima kasih atas kesempatan yang diberikan kapada mahasiswa termasuk diri saya sendiri untuk memberikan saran perbaikan perkuliahan. Alhamdulillah pada semester ini saya mengikuti perkuliahan etnomatematika, saran saya untuk perkuliahan etnomatematika yaitu untuk perihal kegiatan di luar kelas. Mohon maaf sebelumnya, saya sarankan untuk pemilihan tempat yang tidak terlalu jauh dari kampus (area UNY), karena tidak semua mahasiswa mempunyai kendaraan sendiri. Jika tempatnya jauh sebaiknya itu tempat yang bisa dijangkau dengan transportasi umum. Misalnya jika tempat jauh, tidak bisa dijangkau dengan transportasi umum dan dalam kelompok/kelas tersebut yang mempunyai kendaraan sendiri hanya 1 atau 2 orang maka mereka akan kesulitan dalam menjangkau tempat yang dituju.

    ReplyDelete
  57. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof karena sudah memberikan kesempatan untuk memberikan sedikit masukan tentang perkuliahan, khususnya mata kuliah etnomatematika. Mohon maaf sebelumnya, saya menyarankan saat terdapat beberapa mahasiswa yang izin tidak dapat mengikuti perkuliahan, perkuliahan tetap diadakan. Bagi mahasiswa yang dapat hadir mengikuti perkuliahan, mata kuliah etnomatematika menambah wawasan kami dalam memahami matematika lebih lanjut. Kemudian perlu adanya perbaikan terhadap sarana prasana kelas seperti LCD beserta perangkatnya, sehingga dalam penggunaannya tidak membuang waktu yang cukup lama. Selain itu, saya mengharapkan dalam perkuliahan etnomatematika terdapat sesi tanya jawab atau diskusi, sehingga apabila terdapat hal yang kurang dipahami, mahasiswa dapat bertanya secara langsung. Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  58. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    Pendidikan Matematika I 2015-S1

    Terimakasih atas kesempatannya untuk memberikan saran pada perkuliahan yang Bapak ampu yaitu Etnomatematika. Saya terkesan karena kegiatan perkuliahan diadakan dengan cara yang unik dan bervariasi. Hal ini membuat mahasiswa mendapat kejutan-kejutan kecil di tiap pertemuan. Saran saya untuk perkuliahan etnomatematika yaitu untuk menginfokan diawal perkuliahan mengenai proyek akhir mahasiswa sehingga harapannya mahasiswa dapat mengerjakannya lebih matang lagi. Selain itu, saya berharap jika dalam perkuliahan diadakan semacam diskusi untuk membahas suatu topik etnomatematika sehingga mahasiswa dapat saling bertukar pikiran dan menyampaikan pandangannya terhadap suatu masalah. Mohon maaf apabila terdapat kata yang kurang berkenan, semoga dapat dijadikan bahan pertimbangan untuk perkuliahan etnomatematika kedepannya. Terimakasih Prof :)

    ReplyDelete
  59. Hartanti Siamah
    15301241017
    Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih pak atas kesempatan untuk memberikan saran dalam melaksanakan perkuliahan kepada kami. Menurut saya, kegiatan perkuliahan Etnomatematika yang bapak ampu sangat bervariasi dan unik. Hal ini membuat saya terumata tidak bosan saat mengikuti perkuliahan. Saya berharap, jika dalam perkuliahan diadakan diskusi tanya jawab mengenai materi etnomatematika, sehingga untuk memantapkan pengetahuan yang telah kita tahu dan menambah wawasan lagi mengenai etnomatematika.

    ReplyDelete