Oct 21, 2017

Urgensi Filsafat dalam Pendidikan Islam untuk Pendidikan Karakter




Dear all,

Ass, boleh dibaca makalah saya terbaru berjudul "Urgensi Filsafat dalam Pendidikan Islam untuk Pendidikan Karakter", dengan akses berikut:

https://www.academia.edu/27850256/KARAKTER_ISLAM_DALAM_SEJARAH_PERGULATAN_MEMPEREBUTKAN_KEKUASAAN_FILSAFAT_IDEOLOGI_ILMU_MATEMATIKA_DAN_PENDIDIKAN_

Demikian semoga bermanfaat.

Wss

Marsigit

39 comments:

  1. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Pendidikan islam adalah aspek keilmuan yang membantu dalam membentuk pola karakter seseorang. Dengan adanya padangan filsafat dari berbagai aspek keilmuan secara tidak langsung memberikan pandangan hidup kepada kita bagaimana dalam membentuk cara berfikir yang bersifat obyektif dan berdasarkan realitas keilmuan dengan berlandaskan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah swt. Dengan adanya pendidikan karakter juga membantu seseorang dalam membentuk watak dan prilaku yang berlandaskan atas kode etik dan nilai-nilai moral budaya.

    ReplyDelete
  2. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B
    Pendidikan karakter merupakan aspek yang penjadi pilar utama bagi pendidikan. Karakter dapat diumbuhkan melalui kegiatan apa saja, tak terbatas oleh ruang atau mata pelajaran. Akan lebiih baik jika pendidikan karakter dapat diintegrasikan ke dalam berbagai macam pelajaran, tidak hanya agama, melainkan kegiatan-kegiatan lain seperti mencintai lingkungan dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  3. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 B

    Agama dan filsafat adalah dua bagian yang berbeda. Karena perbedaan inilah, tidak jarang terjadi pertentangan di antara keduanya, bahkan terlihat seperti dua kubu yang saling berlawanan. Pada beberapa kasus, saya melihat beberapa pemeluk agama sangat anti dengan filsafat. Ada yang beranggapan bahwa terdapat aliran filsafat yang tidak mempercayai keberadaan Tuhan. Akan tetapi, saya rasa statement tersebut terlalu terburu buru dan menghakimi. Karena sebelum kita berbicara tentang aliran filsafat, kita harus paham tentang apa itu filsafat. Dan saya sangat tertarik dengan pernyataan pernyataan pada artikel di atas. Secara ontologi, agama dan filsafat adalah hal yang berbeda, memang iya begitu adanya. Agama adalah Wahyu dari Tuhan, sedangkan filsafat adalah olah pikir manusia. Tetapi tidak berati bahwa agama dan filsafat tidak akan berhubungan positif sama sekali.
    Karena filsafat yang merupakan olah pikir reflektif manusia hadir untuk mengembangkan kemampuan memahami dan menafsirkan ajaran ajaran agama. Sudah jelas bukan, dengan mempelajari dan memahami filsafat, akan membantu kita untuk menafsirkan ajaran ajaran agama, sehingga kita dapat mengamalkannya dengan sebaik baiknya. Toh filsafat adalah olah pikir reflektif, juga berpikir kritis, di mana letak bahayanya? (Dengan catatan asal hati mengikuti pengembaraan pikir kita)

    ReplyDelete
  4. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Memang dalam islam kita hendaknya menjalani setiap kegiatan berlandasan ajaran agama yang tertulis di dalam Al-Quran. Namun adakalanya kita harus memisahkan agama dengan urusan dunia. Contohnya dalam berfilsafat. Filsafat dan agama tidak boleh dicampur adukkan. Tetapi agama menjadi batasan apabila berfilsafat kita telah melenceng dari sikap spiritual.
    Contoh berfilsafat yang melenceng dari spiritual ialah kasus Stephen Hawking yang tela ditulis pada salah satu artikel di blog ini. Dari pengertianfilsafat merupakan hasil refleksi pemikiran manusia. Maka dapat diartikan bahwa hasil pemikiran Stephen Hawking merupakan filsafat bai dirinya. Setelah melakukan penelitian ia menyimpulkan bahwa alam semesta ini tidak memerlukan tuhan dalam proses penciptaanya. Sehingga ia meyakini bahwa sesungguhnya tida ada tuhan. Hal ini telah melenceng dari ajaran agama manapun bahwa setiap yang ada di alam semesta ini merupakan ciptaan tuhan. Boleh manusia itu mencari ilmu sebanyak-banyaknya. Tetapi akna selau ada batasan dimana manusia tida mampu mengetahui apa yang diketaui tuhannya. Pada batasan inilah kita harus berpegang pada keimanan. Iman adala empercayai sesuatu tanpa perlu melihat atau menyentuhnya, cukup dirasakan dalam hati.

    ReplyDelete
  5. Muhammad Nurfauzan
    14301241015
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Dalam kehidupan sekarang, sering kali kita dapatkan peraduan antara agama dan pemikiran. Peraduan tersebut terkadang membuat orang men'dewa'kan pemikirannya. Mereka terkadang lupa bahwa yang dinamai pemikiran manusia memiliki batas. Pemikiran manusia lah yang memang diciptakan penuh kekurangan. Seperti sebuah pertanyaan yang pernah saya dapat dari seseorang :
    A : "Apa kau percaya Tuhan?"
    Saya : "Ya saya percaya, apakah kamu percaya juga?"
    A : "Maaf saya belum tahu akan itu, tetapi saya ingin bertanya padamu, Apakah Tuhan itu Maha Kuasa?"
    Saya : "Iya, Tuhan itu Maha Kuasa, kenapa?"
    A : "Kalau begitu, saya masih ragu akan itu, Apakah Tuhan dapat menciptakan makhluk yang lebih Kuasa dari-Nya itu?"

    Dalam hal ini, yang terjadi adalah penyempitan oleh pemikiran. Jawaban pertanyaan itu tidaklah dapat kita jawab. Keterbatasan pemikiran itu sendiri yang menyebabkan dirinya sendiri tidak percaya akan Tuhan. Sehingga perlu diketahui bahwa Filsafat tidak dapat menjangkau ranah spiritual (dalam hal ini Agama) yang ada paling dalam.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Arung Mega Ratna
    17709251049
    PPs PMC 2017


    Filsafat memiliki peranan yang penting dalam pembelajaran Islam. Filsafat sangat diperlukan untuk membantu manusia dalam mempelajari bagaimana membuat tesis dan anti tesis. Melalui anti tesis seseorang dapat berfikir kritis dan menghindari dari siasat licik orang-orang yang ingin menghancurkan dunia dan ingin menghancurkan orang-orang serta agama islam.

    ReplyDelete
  7. Luthfi Nur Azizah
    17709251002
    PPS P.Mat A

    Pendidikan karakter memang menjadi isu menarik untuk diperbincangkan. Pendidikan karakter juga menjadi bagian dari proses pembentukan akhlak anak bangsa. Pendidikan karakter menjadi fokus pendidikan di seluruh jenjang pendidikan dari pendidikan dasar, menengah, sampai pendidikan tinggi.
    Pendidikan karakter dapat diselipkan dalam pendidikan formal. Salah satunya dapat dilaksanakan melalui pmebelajaran matematika. Pembelajaran matematika tidak terlepas dari ilmu-ilmu yang lain. Pembelajaran matematika juga dapat diintegrasikan dengan pendidikan agama, khususnya agama Islam. Pembelajaran matematika berbasiskan keIslaman dapat digunakan untuk memperkuat karakter bangsa.

    ReplyDelete
  8. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Pada makalah tersebut yang paling menarik bagi saya adalah percakapan antara penulis dengan Mr X tentang ketidakmengertian Mr X. Seringkali saya tidak mengerti akan suatu hal mengapa harus melakukan A, B, C, dan seterusnya. Padahal sesuatu yang telah Allah perintahkan adalah kebaikan bagi saya, dan yang Allah larang adalah keburukan untuk saya.

    ReplyDelete
  9. Ilma Rizki Nur Afifah
    17709251020
    P. Mat A S2 UNY

    Filsafat merupakan seluruh fenomena kehidupan, dan pemikiran manusia secara kritis, dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Dalam hal ini pendidikan islam (spiritual) berkaitan erat dengan filsafat, dimana pemikiran manusia yang semakin kritis harus didasari spiritual yang kuat agar kita tidak terjerumus ke hal-hal yang negatif.
    Pada dasarnya tidak hanya filsafat saja yang harus didasari oleh pendidikan islam (spiritual), akan tetapi semua ilmu harus didasarkan oleh nilai-nilai spiritual, hal ini agar ilmu yang kita bermanfaat dan kita tidak menyalahgunakan ilmu yang kita peroleh.

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Metia Novianti
    17709251021
    P.Mat A S2 UNY

    Agama adalah suatu keyakinan yang menjadi pedoman dalam menjalani kehidupan. Agama telah ada semenjak zaman Nabi Adam as sampai Nabi Muhammad SAW, hingga saat ini. Dari dulu hingga saat ini, agama selalu mengajarkan kepada kebaikan untuk membentuk akhlak yang baik. Namun saat ini, banyak yang telah melupakan kewajibannya sebagai umat beragama dan lebih memilih mengejar kesenangan dunia. Untuk itulah pendidikan karakter sangat diperlukan agar dapat mengarahkan manusia menuju akhlak mulia. Satu diantara banyak upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mempelajari filsafat. Peran filsafat dalam pendidikan islam adalah sebagai olah pikir dalam mempelajari dan memahami ajaran-ajaran islam agar tidak tersesat.

    ReplyDelete
  12. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Kaum positif menganggap bahwa agama berada di wilayah primitive dan tradisional. Agama dianggap menghambat kemajuan masayarakat sehingga agama tidak dijadikan sentral kehidupan atau malah menjadi sesuatu yang dianggap tidak berarti lagi. Saat ini, tanpa kita sadari, secara halus kaum positif berupaya memerangi islam dengan berbagai cara. Mereka tidak menginjak islam secara terang-terangan namun secara perlahan-lahan menggulung umat islam dari pinggir sehingga tidak sadar. Oleh karena itu, filsafat perlu diajarkan kepada umat islam agar dapat berpikir lebih kritis, tidak hanya menerima apa yang diberikan. Namun, diperlukan komunikasi yang baik antara islam dan filsafat agar terjadi interaksi yang sinergis diantara keduanya

    ReplyDelete
  13. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Filsafat dan agama adalah dua hal yang berbeda. Jikalau filsafat adalah olah pikir manusia sedangkan Islam adalah keimanan/kepercayaan dan peribadatan kita kepada Allah SWT. Akan tetapi filsafat dapat menjelaskan/menafsirkan agama karena filsafat bukan hanya menjangkau yang material saja namun juga menjangkau hingga ranah spritiual. Melalui filsafat kita dapat mencari makna dari semua yang terjadi, memikirkan apakah perbuatan yang telah dilakukan sudah sesuai dengan aturan Tuhan. Semua yang kita lakukan akan berbeda makna dan dampaknya jika sertai oleh spiritual.

    ReplyDelete
  14. Pendidikan karakter adalah yang selalu dikumandangkan, dieluh-eluhkan dalam pendidikan saat ini. Kurikulum 2013 yang saat ini berlaku pun salah satu tujuan nya adalah menanamkan karakter pada siswa (religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas). Semua pendidikan karakter itu tertuang dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) sehingga harus diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Pada KI 1 dalam K 13, karakter yang ingin dicapai adalah nilai religius dan karakter ini dapat tercapai dengan cara memasukkan konsep aktivitas islam dalam pembelajaran, misalnya memulai dan mengakhiri pembelajaran dengan salam dan doa. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  15. Pendidikan karakter adalah yang selalu dikumandangkan, dieluh-eluhkan dalam pendidikan saat ini. Kurikulum 2013 yang saat ini berlaku pun salah satu tujuan nya adalah menanamkan karakter pada siswa (religius, nasionalis, mandiri, gotong royong dan integritas). Semua pendidikan karakter itu tertuang dalam bentuk Kompetensi Inti (KI) sehingga harus diimplementasikan dalam pembelajaran di kelas. Pada KI 1 dalam K 13, karakter yang ingin dicapai adalah nilai religius dan karakter ini dapat tercapai dengan cara memasukkan konsep aktivitas islam dalam pembelajaran, misalnya memulai dan mengakhiri pembelajaran dengan salam dan doa. Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Pendidikan karakter merupakan konsep yang tengah digalakkan pemerintah dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Hal ini bahkan sampai dijabarkan revisi kurikulum yang digunakan. Sebenarnya pendidikan karakter pada kurikulum sebelumnya telah ada dn dilaksanakan, hanya saja pendidikan karakter pada kurikulum sebelumnya bersifat hidden dan dilaksanakan secara tidak "disengaja", konsep kurikulum yang baruy mengharuskan pendidikan karakter dilaksanakan secara formal dan normatif dalam kehidupan di kelas. Hal ini dilakukan sebagai salah satu ikhtiar meningkatkan kualitas generasi muda dan memupuk karakter positif lebih getol dan lebih dini. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  18. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Dalam makalah tersebut salah satunya disebutkan mengenai konsep islamisasi ilmu pengetahuan yang menyebutkan bahwa pad awalnya Islam sangat maju di bidang ilmu pengetahuan, hanya saja seiring k"keraguan dan kegelisahan" yang terjadi, penurunan kemajuan ilmu pengetahuan dalam Islam menjadi sangat nyata. Konsep islamisasi ilmu pengetahuan atau bida diterjemahkan sebagai kontekstualisasi islam dan ilmu pengetahuan dalam kehidupan telah diterapkan sebagai misi beberapa perguruan tinggi islam di Indonesia. Misi ini mencoba menggabungkan atau mencari harmoni antara ilmu pengetahuan kealaman maupun sosial humaniora dengan nilai-nilai keislaman, dan selama ni telah banyak menghasilkan produk positif mengenai hal tersebut. Wallahu a'lam

    ReplyDelete
  19. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs P.Mat C

    penanaman pendidikan karakter pada zaman ini sangat dibutuhkan. dalam kurikulum 2013 ini pemerintah juga manggalakkan permasalahan pendidikan karakter. akan sangat disayangkan jika orang pintar, jenius, inovatif, namun tidak memiliki karakter yang baik. kecerdasan itu hanya akan menjadi bencana bagi dirinya sendiri maupun sekitarnya. untuk mencegah hal tersebut maka perlu adanya penanaman pendidikan karakter dari usia dini, salah satu cara penanaman pendidikan karakter ini adalah dalam proses belajar mengajar, guru dapat menyisipkan beberapa nilai karakter kepada siswa.

    ReplyDelete
  20. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Saya sependapat dengan pemikiran bahwasannya dalam mempelajari Filsafat hendaknya dilandasi keyakinan dan akidah spiritualitas yang kokoh. Sebenarnya dalam mempelajari apapun harus diniatkan karena Allah. Dalam mempelajarinya pun kita harus ikhlas, agar dapat memperoleh ilmu-ilmu yang baik pada apa yang kita pelajari. Filsafat memiliki banyak manfaat jika kita mempelajarinya dengan benar. Salah satu manfaat filsafat adalah memperjelas dan memperkaya bentuk atau formnya dan juga substansinya agar nilai karakter Islamiah dapat muncul melalui bentuk material, formal, normative dan spiritualnya.

    ReplyDelete
  21. Saya juga terkesan dengan kalimat:
    "Jikalau Power Now mengembangkan Filsafat untuk menguasai dunia Selatan dan dunia Islam, maka hendaknya, sebaliknya, dunia Selatan dan dunia Islam mampu menggali dan mengembangkan Filsafat Islam untuk mengkritisi dan melawan Power Now."
    Umat islam sebenarnya bisa lebih unggul dan bisa melawan Power Now. Asal ada niat pasti disitu ada jalan. Tak lupa kita harus senantiasa berdoa, berusaha dan bertawakal. Karena Allah SWT ada bersama orang-orang yang senantiasa bertawakal.

    ReplyDelete
  22. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Pendidikan islam berarti pendidikan yang dilandasi dengan aturan-aturan yang tidak menyalahi aturan dalam islam. Sedang filsafat adalah olah pikir yang direfleksikan. Jika dilihat secara kasat mata memang kedua sangatlah berbeda. Namunpun demikian keduanya dapat saling berkaitan, namun sesuai dengan konteksnya. Maksudnya filsafat dalam melakukan olah pikir juga akan dibatasi oleh aturan agama islam, sehingga manusia tidak terjebak dalam kesesatan. Misalnya meskipun pikiran manusia sangat canggih namun iya tidak dapat memikirkan wujudnya tuhan, karena itu akan mengantarkan manusia kedalam kesesatan. Adapun dalam pendidikan karakter keduanya juga saling melengkapi, yaitu dalam ranah memahami dan memikirkan langkah-langkah apa saja yang dapat menumbuhkan karakter siswa melalui pendidikan yang seperti apa, yang sesuai dengan tuntunan islam.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  23. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Agama dan filsafat memainkan peran yang mendasar dan fundamental dalam sejarah dan kehidupan manusia. Prof selalu menekankan bahwa dalam beragama dengan berfilsafat itu berbeda, jangan dicampur-campur. Agama berada di tempat tertinggi sedang berfilsafat berada pada tingkatan di atas logika namun masih di bawah beragama. Dengan demikian, filsafat tidak lagi dipandang sebagai musuh agama dan salah satu faktor perusak keimanan, bahkan dapat sebagai alat dan perantara yang bermanfaat untuk meluaskan pengetahuan.

    ReplyDelete
  24. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Pendidikan karakter merupakan proses pembentukan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritualitas, dan kepribadian seseorang. Oleh sebab itu, pendidikan karakter merupakan bagian penting dalam membangun jati diri sebuah bangsa. Memang dibutuhkan langkah dan strategi yang besar untuk menuju bangsa yang berkarakter karena pendidikan karakter itu sangat penting untuk mendukung pembangunan bangsa.

    ReplyDelete
  25. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. Terimakasih Prof atas referensi makalah yang diberikan, semoga makalah yang diberikan dapat menabah wawasan saya. Indonesia merupakan negara yang beragama, setiap penduduk Indonesia wajib memiliki agama. Islam sebagai salah satu agama di Indonesia membentuk karakter pada tiap individu yang memeluknya. Islam mengajarkan kebaikan yang dapat membantu untuk membentuk akhlak dan karakter yang baik.

    ReplyDelete
  26. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Berdasarkan tulisan di atau, dapat diketahui bahwa sesungguhnya ada hubungan antara filsafat, pendidikan islam dan pendidikan karakter. Untuk dapat mempelajari pendidikan islam tidak akan terlepas dari filsafat. Hal tersebut dikarenakan filsafat adalah olah pikir yang tidak terlepas dari pikiran dan hati seseorang. Dalam pendidikan islam dipelajari semua aspek kehidupan baik didunia maupun di akherat. Islam mengatur segala sesuatu yang baik untuk dijalani atau dilarang. Dengan mempelajari filsafat secara tidak langsung akan membentuk karakter seseorang.

    ReplyDelete
  27. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Tujuan pendidikan bukan hanya (jika tidak boleh dikatakan tidak) mencetak manusia-manusia yang cerdas. Tapi dalam Undang-undang disebutkan bahwa tujuan pendidikan adalah menghasilkan manusia dengan salah satu indicatornya adalah mandiri. Aspek afektif, spiritual juga dikembangkan dalam pendidikan. Pendidikan tidak semata-mata mendidik kognitif saja. namun juga ranah afektif dan spiritual. Disinilah letak pentingnya agama dan moral, dimana ia menjadi sumber keilmuan serta sumber nilai yang jadi pedoman bagi para peserta didik

    ReplyDelete
  28. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Agama memiliki kedudukan tertinggi dalam aspek kehidupan manusia.
    Agama adalah ciptaan Allah dan Allah adalah jalan kebaikan. Kalau kita ingin selamat, maka berilmu dan berpedomanlah pada agama termasuk dalam berfilsafat. Agama mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Agama mengatur apa yang harus dilakukan seorang manusia dari bangun tidur sampai tidur kembali. Agama mengatur pikiran manusia. maka dalam kehiudpan ini dapat diatus dengan mengkomunikasikan dan menggunakan aturan yang memang harus ditaati, pikiran dan komunikasi dalam membrikan pendidikan agama untuk mencapai tingkat spiritual yang baik.

    ReplyDelete
  29. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017

    Pendidikan karakter beberapa waktu silam sangat digencar-gencarkan oleh pemerintah untuk ditanamkan pada siswa-siswi di sekolah. Karakter yang dimaksud adalah karakter yang sesuai dengan kelima sila yang ada dalam Pancasila. Pendidikan karakter ini sangat penting untuk dicanangkan karena semakin tergerusnya karakter bangsa Indonesia akibat dampak dari masuknya budaya asing terutama budaya asing yang membawa pengaruh negatif.

    ReplyDelete
  30. Nama : Syaiful Anwar
    NIM : 17709251044
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr. wb.

    Pendidikan adalah apek yang penting dalam membangun karakter manusia. pembangunan karakter dari sudut pandang ilmu dan agama itu harus seimbang. Jika kedua hal tersebut tidak seimbang maka akan ada kerusakan dalam karakter seorang manusia tersebut. Menurut saya pandangan islam dan filsafat itu sangat serasi dalam membangun karakter manusia yang luhur. Karena manusia yang luhur itu adalah manusia yang tinggi akal pikirannya dan rendah hatinya.

    Wassalumalaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  31. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Pendidikan islam merupakan pendidikan untuk membangun akhlak/karakter islami. Filsafat merupkan ilmu yang melingkupi yang ada dan yang mungkin ada. Dengan adanya kedua hal ini, dapat berkolaborasi menjadi satu untuk mendapatkan ilmu yang lebih mendalam. Filsafat dapat digunakan untuk mempelajari bagaimana membangun krakter dalam pendidikan islam tersebut.

    ReplyDelete
  32. Atik Rodiawati
    17709251025
    S2 Pendidikan Matematika B 2017

    Secara keseluruhan tidak ada yang bertentangan antar ilmu pengetahuan dan agama islam, bahkan keduanya harus berjalan saling beriringan. Seiring dengan majunya iptek saat ini kalau tidak diiringi dengan iman akan mengakibatkan seseorang akan menyalahgunakan iptek yang dia miliki, misalnya saja dalam hal teknologi, seseorang yang tanpa dilandasi dengan iman akan dengan sangat mudah untuk melakukan tindakan cyber crime dan lain-lain.
    Pendidikan islam adalah kunci dari kemajuan peradaban dunia ini, agama islam tidak hanya tentang ibadah seperti sholat, puasa dll, tetapi lebih dari itu, islam mengajarkan diseluruh aspek kehidupan manusia. Islam mengajarkan umatnya untuk menuntut ilmu mulai dari lahir sampai akhir hayat, termasuk dalam hal ibadahpun harus dengan ilmu. Ada sebuah hadis mengatakan ibadahnya seseorang yang dengan tanpa ilmu maka amalnya tertolak, maka ilmu dalam islam sangatlah penting.
    Ilmu dalam agama islam mencakup ilmu dunia dan akhirat, maka patutlah jika pendidikan islam berada ditempat yang paling puncak atau prioritas dari yang lainnya, selain itu Allah juga akan mengangkat orang yang berilmu beberapa derajat. Sedangkan ilmu filsafat bisa dikatakan salah satu ilmu turunan dari agama islam.

    ReplyDelete
  33. Dheni Nugroho
    17709251023
    PPs Pendidikan Matematika

    Filsafat, agama, dan kehidupan sehari-hari kita saling berhubungan. semua yang kitalakukan dapat ditinjau dari segi agama dan juga filsafat. dalam menjalani kehidupan di dunia, agama atau kehendak Tuhanlah yang mutlak dan harus kita patuhi

    ReplyDelete
  34. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Filsafat ditinjau dari sudut pandang pendidikan Islam, memberikan pandangan tertentu tentang manusia menurut agama Islam. Pandangan yang berkaitan tentang hakikat manusia tersebut berkaitan dengan tujuan hidup manusia dan sekaligus juga merupakan tujuan pendidikan menurut Islam. Filsafat pendidikan berperan untuk menjabarkan tujuan umum pendidikan Islam tersebut dalam bentuk tujuan khusus yang bersifat operasional. Dan tujuan yang operasional ini berfungsi untuk mengarahkan secara nyata gerak dan aktifitas pelaksanaan pendidikan.

    ReplyDelete
  35. Nama : Lalu Muhammad Fauzi
    NIM : 17703261003
    Kelas : IP S3 A (P. Mat)

    Assalamua'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

    Saya kutif dari isi makalah menyatakan bahwa “pendidikan nasional seharusnya mempunyai visi demokrasi Pencasila”. Kata demokrasi memiliki makna yang sangat luas kaitannya dengan pendidikan. Menarik untuk kita renungkan. Dari sini saya mencoba untuk mengambil makna dari tugas seorang pendidik yang salah satunya adalah mempromosikan pendidikan secara demokratis. Dalam mempromosikan pendidikan yang kita hadapi adalah manusia maka banyak hal yang harus kita pahami diantaranya adalah bagaimana cara mengahdapi manusia yang multicultural dengan beragam budaya berdasarkan value bahwa ia adalah manusia, memandang bahwa kita telah siap secara komperensi, mampu memikirkan inovasi sebagai sebuah perubahan, dan mempersiapkan evaluasi yang berdasarkan prilaku pendidikan. Dari uraian itu lah saya mengambil kesimpulan bahwa inilah yang dikatakan karakter (ahlak) yang perlu dikembangkan oleh seorang pendidik.

    ReplyDelete
  36. Nama : Lalu Muhammad Fauzi
    NIM : 17703261003
    Kelas : IP S3 A (P. Mat)

    Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
    Pemerintah telah lama mengembangkan pendidikan karakter melalui kurikulum yang ada, akan tetapi di saat itu muncul insiden yang mencerminkan bahwa prilaku-prilaku siswa menjadi kebablasan dari sisi negative.
    Saya ingin bertanya Prof.
    Dimana letak ketimpangannya, apakah dari kebijakan pemerintah, apakah dari kurikulum, apakah dari orang tua dan keuarga, apakah dari lungkungan ataukah dari guru itu sendiri?

    ReplyDelete
  37. assalamualaikum wr,wb
    Ki nawe… saya IBU linda,tki di malaysia
    mengucapkan banyak2 terima
    kasih kepada ki.Nawe
    atas dana ghaib yang
    kemarin aki berikan alhamdulillah ternyata itu benar2 ada
    dan berkat bantuan
    ki nawe saya bisa
    melunasi semua hutan2
    orang tua saya yang ada di
    BANK BRI dan bukan hanya
    itu AKi NAWE alhamdulillah
    sekarang saya sudah bisa
    bermodal sedikit untuk
    mencukupi kebutuhan
    keluarga saya sehari2. itu
    semua berkat bantuan KI NAWE sekali lagi
    makasih banyak yah KI NAWE…
    yang ingin merubah nasib
    seperti saya hubungi KI NAWE di nomor
    0852-1837-9259 dijamin
    100% ada atau silahkan
    buktikan sendiri PESUGIHAN TAMPA TUMBAL

    ReplyDelete