May 31, 2013

Urgensi Filsafat dalam Pendidikan Islam untuk Pendidikan Karakter




Dear all,

Ass, boleh dibaca makalah saya terbaru berjudul "Urgensi Filsafat dalam Pendidikan Islam untuk Pendidikan Karakter" yang saya presentasikan di Universitas Panca Budi Medan pada Hari Sabtu, 1 Juni 2013, dengan akses berikut:

http://uny.academia.edu/MarsigitHrd

Demikian semoga bermanfaat.

Wss

Marsigit

8 comments:

  1. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dalam makalah di atas membahas mengenai tantangan dalam kehidupan beragama Islam dalam kehidupan kontemporer mengenai bagaimana melampaui pemikiran dikotomi seperti Islam Vs Barat, Potensi Vs Fakta, Absolute vs relatif, iman vs iptek, agama vs kebudayaan dan lain sebagainya. Fungsi agama sebagai pedoman agar umat mampu beribadah dengan sebaik-baiknya, agama sebagai sumber moral (karakter), petunjuk kebenaran, bimbingan rohani, dan telaah metafisika. Dengan demikian untuk membentuk karakter dalam pendidikan Islam menurut cendekiawan perlu adanya revitalisasi.

    ReplyDelete
  2. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    PPs. P.Mat C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Terimakasih Prof. atas ilmunya yang menambah wawasan saya terkait dengan filsafat dalam pendidikan Islam untuk Pendidikan karakter. Karena pendidikan karakter sangat penting dilakukan di tengah krisis karakter yang melanda negeri ini.

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dalam kehidupan manusia, tingkah laku atau kepribadian merupakan hal yang sangat penting sekali, sebab aspek ini akan menentukan sikap identitas diri seseorang. Baik dan buruknya seseorang itu akan terlihat dari tingkah laku atau kepribadian yang dimilikinya. Oleh karena itu, perkembangan dari tingkah laku atau kepribadian ini sangat tergantung kepada baik atau tidaknya proses pendidikan yang ditempuh. Proses pembentukan tingkah laku atau kepribadian ini hendaklah dimulai dari masa kanak-kanak. Pada saat ini, orang tua harus memberikan perhatian ekstra terhadap masalah pendidikan anak dan mempersiapkannya untuk menjadi insan yang handal dan aktif di masyarakatnya kelak. Di dalam lingkungan keluarga, orang tua berkewajiban untuk menjaga, mendidik, memelihara, serta membimbing dan mengarahkan dengan sungguh-sungguh dari tingkah laku atau kepribadian anak sesuai dengan ajaran agama. Tugas ini merupakan tanggung jawab masing-masing orang tua yang harus dilaksanakan.

    ReplyDelete
  4. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Filsafat dan agama berjalan beringingan. Karena filsafat adalah olah pikir dan mempelajari filsafat ternyata juga tidak terbebas dari ketentuan-ketentuan yang ada. Agama merupakan pedoman moral bagi manusia agar tidak terjerumus kepada perilaku yang tidak bermoral. Nilai-nilai agama menjadi patokan terhadap etika seorang manusia baik secara horizontal maupun vertikal. Dan kemudian kegiatan olah pikir ini butuh pedoman agar tidak salah dan terjerumus dalam pikirannya. Tanpa adanya pedoman dalam berfilsafat, manusia akan menjadi makhluk yang hanya berbuat sesuai dengan pikirannya tanpa menghiraukan kata hatinya. Manusia yang seperti itu hanya akan menjadi manusia yang mencoba ingin tahu tanpa menghiraukan akibat yang muncul dari tindakannya. Oleh karena itu, manusia seharusnya menjadikan filsafat sebagai ‘supporting factor’ untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwanya kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  5. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Komunikasi spiritual memiliki peran yang sangat penting dalam mempelajari ilmu-ilmu di dunia ini, nilai spiritual memiliki kedudukan tertinggi sehebat-hebat apapun ilmu di dunia akan lebih berarti apabila dilandasi dengan nilai spiritual. Fungsi Filsafat adalah memperjelas dan memperkaya bentuk atau formnya dan juga substansinya agar nilai karakter setiap agama dapat muncul melalui bentuk material, formal,normative dan spiritualnya.

    ReplyDelete
  6. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Islam itu indah. Di dalam Islam diajarkan karakter-karakter yang luhur, diajarkan akidah dan akhlak yang berfungsi untuk membentengi diri dari godaan-godaan syaitan. Jika karakter Islam ditanamkan dalam diri seseorang dari kecil maka akan mampu membentengi dirinya menghadapi gemerlap dunia ketika dewasa kelak. Kita mengetahui bahwa saat ini dunia dipenuhi dengan kekuasaan yang dipimpin oleh Power Now yang penuh dengan syaitan-syaitan dunia. Maka dari itu diperlukan benteng atau perisai untuk membatasi diri dari pengaruh ajaran sang power now agar hidup kita tidak sia-sia. Selain itu, perlu diingat bahwa menjaga diri agar selalu istiqomah di jalan-Nya tidaklah mudah. Akan ada banyak sekali godaan yang hinggap silih berganti. Syaitan tidak akan putus asa untuk terus menggoda manusia, menjerumuskan ke dalam pengaruh sang power now. Dengan cara selalu membersihkan hati dengan beristighfar akan membantu kita mempertahankan perisai tersebut. Dan mulailah segala sesuatu dengan ikhlas karena-Nya. Jika setiap langkah kita dilandasi dengan niat karena Allah, niscaya apa yang akan kita lakukan juga terarah pada jalan yang lurus. Aamiiiin

    ReplyDelete
  7. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Karakter sebagai salah satu aspek yang sangat penting untuk dimiliki semua orang harus lah dibelajarkan secara benar. Banyak metode yang telah ditempuh untuk membelajarkan karakter kepada generasi penerus. Berbagai ilmu telah ikut andil bagian pada penanganan kasus karakter. Saat ini, kita ketahui bahwa perkembangan ilmu filsafat sekarang di dominasi oleh paham dan pemikiran barat, meskipun sebenarnya pada zaman dulu begitu banyak cendekiawan muslim yang menyumbangkan pikirannya dalam mengembangkan ilmu filsafat. Filsafat yang dikembangkan oleh paham-paham barat tidak menjadikan agama sebagai dasar dalam tata cara kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut dikhawatirkan akan memberikan pengaruh yang buruk bagi perkembangan karakter umat Islam. Ajaran Islam yang bersumber dari kitab suci Al-Qur’an dan Hadits menjadi kunci atau penawar untuk menangkal paham-paham atau pemikiran barat yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Mengapa Filsafat dikaitkan dengan Agama? Karena dalam filsafat fungsi agama adalah sebagai pedoman agar umatnya mampu beribadat sebaik-baiknya, sekaligus sebagai sumber moral (karakter), petunjuk kebenaran dan telaah metafisika religi.

    ReplyDelete
  8. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menghubungkan filsafat pendidikan agama untuk pendidikan karakter adalah suatu hal yang memang terkandung didalam berfilsafat. Kadangkala kita menemui di filsafat kuno bahwa agama tidak dipercaya sehingga ada yang tidak percaya akan ketuhanan. Namun dibalik itu semua filsafat yang modern mengajarkan kita untuk lebih dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa. Dari ajaran tersebut kita akan lebih cenderung untuk mengubah prilaku kita ke arah yang lebih baik. Dalam artian karakter dibangun dari reflektif filsafat.

    ReplyDelete