Oct 21, 2017

Urgensi Filsafat dalam Pendidikan Islam untuk Pendidikan Karakter




Dear all,

Ass, boleh dibaca makalah saya terbaru berjudul "Urgensi Filsafat dalam Pendidikan Islam untuk Pendidikan Karakter", dengan akses berikut:

https://www.academia.edu/27850256/KARAKTER_ISLAM_DALAM_SEJARAH_PERGULATAN_MEMPEREBUTKAN_KEKUASAAN_FILSAFAT_IDEOLOGI_ILMU_MATEMATIKA_DAN_PENDIDIKAN_

Demikian semoga bermanfaat.

Wss

Marsigit

29 comments:

  1. Elli susilawati
    16709251073
    Pmat D 16

    Pendidikan karakter sangat dibutuhkan dalam menumbuh kembangkan generasi bangsa. Karena yang dibutuhkan saat ini bukan hanya dalam bidang skil saja tetapi juga personal. Karakter yang kuat jujur pantang menyerah.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Agama memang merupakan suatu keyakinan yang kita yakini didalam hati. Dalam setiap agama pasti menanamkan nilai-nilai kebaikan, disini saya berbicara sesuai dengan agama saya. Dalam agama saya yang selalu mengajarkan untuk berbagi cinta kasih. Yang selalu berusaha untuk hidup damai dengan menyebarkan cinta kasih. Selalu berusaha menjaga tutur kata, bertingkah laku serta bertindak siswa membutuhkan contoh dari guru-gurunya, bukan cuma berdasakan ajakan saja. Hal itu harus senantiasa kita biasakan agar mereka terbiasa dalam sikap di sekolah.

    ReplyDelete
  3. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Dari artikel yang Bapak tulis, kami mempelajari bahwa Agama adalah berupa sebuah keyakinan yang kita yakini sebagai ajaran Tuhan, kami dengar maka kami taati. Dalam Islam untuk menjalani kehidupan sudah ada panduannya yaitu Al-Quran, maka dalam menjalani hidup hendaklah berlandaskan keyakinan dan keimanan terhadap agama, termasuk saat sedang berpikir, jangan sampai berpikir bisa membawa manusia menjauh dengan keimanannya.

    ReplyDelete
  4. Junianto
    17709251065
    PM C

    Filsafat dan pendidikan Islam sebenarnya bisa berjalan seara beriringan dan bisa saling dikaitkan. Mindset orang-orang lah yang mengatakan bahwa filsafat bertentangan dengan agama yang berlandaskan iman. Mereka menilai kebiasaaan filsafat yang selalu mengadalkan pikiran dan logika akan mendangkalkan iman, karena tidak semua ajaran agama bisa dilogika karena keterbatasan manusia. Namu, berdasarkan ertikel bapak setidaknya saya bisa memahami hal yang sebenarnya.

    ReplyDelete
  5. Anisa Safitri
    17701251038
    PEP B

    Agama memiliki kedudukan tertinggi dalam aspek kehidupan manusia.
    Agama adalah ciptaan Allah dan Allah adalah jalan kebaikan. Kalau kita ingin selamat, maka berilmu dan berpedomanlah pada agama termasuk dalam berfilsafat. Agama mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Agama mengatur apa yang harus dilakukan seorang manusia dari bangun tidur sampai tidur kembali. Agama mengatur pikiran manusia. Maka ketika kita berfilsafat hendaklah berpatokan pada agama supaya tidak menjadi liar. Dengan melakukan hal tersebut, maka kita bisa mengolah rasa dan karsa, karakter, sikap yang kita ambil apakah sesuai dengan ajaran agama atau tidak. Kalau kita benar dalam berfilsafat berlandaskan agama, maka pendidikan karakter bisa dengan baik dilaksanakan. Filsafat merupakan proses dimana pola pikir kita terhadap suatu permasalahan menjadi lebih terbuka, sehingga jika diiringi dengan ilmu agama makan akan membentuk karakter kita menjadi karakter yang lebih bijaksana, tidak hanya itu tetapi pembentuk karakter yang baik dengan landasan yang baik pula.

    ReplyDelete
  6. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    PPs PMA 2017
    17709251005

    Assalamualaikum Prof,
    Agama merupakan keyakinan yang diamalkan oleh pemeluk. Sumber ajaran Agama berasal dari Tuhan. Agama diturunkan sebagai pedoman moral untuk manusia dengan cara memahami, menafsirkan dan mengamalkannya. Sementara filsafat merupakan olah pikir reflektif manusia. Dengan demikian menurut makalah tersebut, filsafat sebagai olah pikir memiliki kemungkinan untuk dapat mengembangkan kemampuan memahami dan menafsirkan butir-butir ajaran agama. Filsafat diharapkan dapat mendukung pemeluk agama untuk meningkatkan kualitas ibadahnya.

    ReplyDelete
  7. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Filsafat salah satu ilmu yang mendukung manusia untuk menjadi lebih baik dalam menyikapi segala sesuatu. Dan itu sangat berperan dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai manusia yang beragama kita bisa belajar filsafat untuk mempunyai karakter yang baik dalam keseharian, sehingga menunjang kehidupan dalam beragama.

    ReplyDelete
  8. Isoka Amanah Kurnia
    17709251051
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Ilmu pengetahuan sejatinya merupakan karunia Allah SWT yang membuat manusia berbeda dengan makhluk hidup lainnya. Kajian manusia mendalami ilmu filsafat juga tak lepas dari kuasa Allah SWT. Adanya ilmu pengetahuan seharusnya semakin membuat kita menyadari keberadaan dan kekuasaan Allah, salah satunya melalui filsafat. Seperti kata Pak Prof, filsafat adalah olah pikir. Filsafat mengakui bahwa level paling atas dari hirarki kehidupan adalah spiritual, maka pada prinsipnya filsafat bukanlah ilmu yang membuat kita meragukan kepercayaan terhadap Tuhan.

    ReplyDelete
  9. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Bagi umat muslim, agama Islam dan aturan yang ada didalamnya datangnya dari Allah SWT. Agama Islam merupakan agama yang sempurna yang di dalamnya mengatur seluruh kehidupan manusia mulai dari bagaimana beribadah kepada Allah SWT dan berinteraksi dengan sesama manusia dan makhluk ciptaan Allah lainnya. Agama Islam juga mengatur dan memberikan pedoman bagi manusia bagaimana agar ia bisa melakukan kegiatannya sehari-hari dari bangun tidur sampai bangun kembali. Filsafat merupakan ilmu tentang berfikir. Filsafat memikirkan hal sedalam mungkin, bahkan yang tidak pernah dipikirkan oleh orang pada umumnya sekalipun. Sehingga, kita membutuhkan filsafat agar dapat memikirkan, memaknai, dan menggali lebih dalam aturan-aturan dalam agama Islam sehingga temuan-temuan tersebut dapat dimanfaatkan untuk melaksanakan pendidikan karakter di sekolah.

    ReplyDelete
  10. Trisylia Ida Pramesti
    17709251010
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A 2017
    FILSAFAT ILMU

    Terima kasih atas link makalah yang telah diberikan. Menarik sekali membahas tentang pendidikan islam dan pendidikan karakter ini. Awl mula terlahirnya pendidikan islam tentunya terdapat pada perkembangan peradaban islam itu sendiri, dimana mulai dari zaman penciptaan alam semesta, nabi Adam hingga nabi Muhammad. Dimana saat perkembangan peradaban islam itu maka berkembanglah ilmu dan pengetahuan islam tersebut. Sehingga ilmu islam tersebut melahirkan sikap keislaman atau yang disebut akhlaq yang selaras dengan pendidikan karakter yang sekarang berkembangan di Indoneisa. Kesadaran akan pentingnya nilai pendidikan islam dan pendidikan karakter ini haruslah dimiliki oleh seorang guru, bukan hanya semata mengejar aspek kognitif yang sangat berbahaya jika tak diberengi dengan pendidikan karakter ini. agar guru-guru dan murid sekarang tidak terjebak oleh fenomena comte yang mengenyampingkan Tuhan. Sehingga kesimpulannya mari berubah dengan nilai-nilai kebaikan untuk kemajuan bangsa. Semoga kita senantiasa dapat berubah menjadi insan-insan yang lebih baik, menjadi insan cerdas dan berkarakter islami.

    ReplyDelete
  11. Gamarina Isti R
    17790251036
    Pendidkan Matematika Kelas B (Pascasarjana)


    Islam merupakan agama yang mengajarkan kita untuk berbuat baik, apapun, dimanapun, kapanpun bahkan bagaimana caranya kita dalam bertingkah dan bererilaku telah disampaika dalam islam yang biasanya disebut dengan adab. Islam sebagai agama yang paling sempurna, sebenarnya sudah lengkap untuk menjadikan manusia mejadi pribadi yang lebih baik. Manusia yang memiliki sifat yang buruk sering mengalahkan maksud dan tujuan utama dari kehidupan yang harus dibangun olehnya. Dalam kurikulum 2013 pada KI 1 telah disampaikan tujuan pemelajaran dalam segi keagamaan dan berperilaku yaitu agar siswa semakin menjadi pribadi yang menjalankan seluruh perintah Tuhan dan menjauhi larangan Tuhan. Saat belajar dan mencari ilmu harusnya siswa semakin menyadari bahwa ilmu yang didapat selama ini merupakan bagian kecil dari ilmu-ilmu yang dimiliki Tuhan, bahkan ilmu manusia tidak akan pernah mendekati ilmu Tuhan bahkan sangat jauh sekali. Oleh karena itu sebagai manusia yang biasa jangan menjadi pribadi yang sombong, apalagi menyombongkan yang bukan hak kita untuk disombongkan karena semua yang ada dan dialami oleh manusia telah sesuai kehendak Tuhan

    ReplyDelete
  12. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami masih teringat dengan pesan Bapak Marsigit, yang senantiasa sering ditekankan pada saat perkuliahan yaitu “jangan ada keraguan di dalam hatimu”. Maka pendidikan Islam dalam pembelajaran matematika tetap perlu diberikan, agar jiwa spiritual siswa tetap teguh dan bahkan jika mmungkinkan keimanan dan ketakwaannya semakin menguat. Karena saat ini fenomena Auguste Comte dengan positivisme-nya sangat berpotensi untuk menurunkan derajat spritiualime kita. Kami juga sangat senang dan berterimakasih dengan grup FORSIDIKMAT yang telah dibuat oleh Bapak Marsigit, karena di grup tersebut Bapak Kusno dari UMP cukup sering juga memberikan pencerahan-pencerahan mengenai mengaitkan pendidikan Islam dengan matematika.

    ReplyDelete
  13. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Filsafat dalam konteks ruang dan waktunya dapat dihubungan dengan semua unsur pendidikan salah satunya pendikan agama. Seperti kampus saya di riau menjadikan filsafat sebagai salah satu mata kuliah yaitu Filsafat Pendidikan Agama Islam. Mata kuliah tersebut dimaksudkan untuk mendidik mahasiswa selain memiliki keyakinan teguh terhadap tuhan penciptanya juga menanamkan karakter berupa akidah dan akhlak mulia, agar di dalam menjalani kehidupan dapat selalu di arahkan kepada jalan yang lurus sesuai tuntutan syari’at yaitu berdasarkan al-qur’an dan hadits.

    ReplyDelete
  14. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Pendidikan Islam dan pendidikan karakter merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Keduanya selalu melibatkan filsafat. Karena filsafat merupakan patokan dasar dalam melakukan segala hal. Di dalam agama Islam mengajarkan ilmu-ilmu kebaikan dan juga pendidikan untuk mencapai kebaikan yang di dalamnya terdapat pendidikan karakter.Dalam kegiatan pembelajaran di sekolah pendidikan karakter selalu dihubungkan dengan proses pembelajaran di kelas untuk materi pembelajaran apapun. Begitu pentingnya pendidikan karakter dalam pembelajaran. Karena pendidikan karakter merupakan pondasi kehidupan. Pendidikan karakter dan pendidikan Islam menempati tempat yang tinggi dalam filsafat. Pendidikan Islam, atau segala sesuatu yang melibatkan spiritual merupakan tingkat tertinggi dari filsafat.

    ReplyDelete
  15. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Ulasan yang begitu menarik. Menurut saya, pendidikan agama merupakan akar pondasi dalam pembentukan karakter. Hal ini dikarenakan nilai-nilai agama cenderung mengarahkan pada perilaku yang baik. Pentingnya menanamkan pendidikan agama pada usia balita. Usia balita merupakan masa emas dalam perkembangan manusia. Dengan agama, seseorang dapat mengendalikan tindakan-tindakannya dan mencegah pada perbuatan yang merugikan/membahayakan. Agama juga dapat mengembalikan seseorang dari kondisi yang terburuk sekalipun pada arah yang baik. Saya semakin yakin agama juga sangat penting dimiliki oleh manusia. Terima kasih Prof atas ilmu yang sudah diberikan.

    ReplyDelete
  16. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Agama merupakan suatu keyakinan yang tertanam di dalam diri setiap manusia yang menjadi sarana dan wadah untuk melakukan kebajikan di dalam kehidupan. Salah satu agama yang menjadi akidah manusia adalah islam. Islam merupakan suatu agama yang memberikan pandangan hidup ke arah yang lebih madani. Islam mengajarkan kita untuk selalu toleransi dan mengutamakan kedamaian umat. Dengan adanya akidah yang islami kita akan lebih terbimbing dalam menjalani hidup dan lebih istiqomah serta tawadu’ kepada sang pencipta yang menekankan bahwa kita hanyalah sebuah pion yang bergerak dengan ketentuan sang pencipta sehingga kita akan sadar betapa lemahnya kita sebagai mahluk ciptaan tuhan.

    ReplyDelete
  17. Rosnida Nurhayati
    17709251042
    PPs PM B 2017


    Peranan filsafat dalam pendidikan Islam adalah sebagai penunjang dalam proses berpikir, dalam Pendidikan islam kita diajarkan untuk selalu rendah hati, mawas diri, bersikap positif terhadap orang lain, begitu juga di filsafat, proses pencarian ilmu pengetahuan yang membawa setiap manusia menuju proses pendewasaan sehingga agar menjadi manusia yang bijaksana. Untuk tetap menjadi manusia yang bahagia dengan menggunakan pendidikan Isla sebagai landasan, dan filsafat sebagai ilmu penunjang.

    ReplyDelete
  18. Dheni Nugroho
    17709251023
    Pendidikan Matematika

    Filsafat, agama, dan kehidupan sehari-hari kita saling berhubungan. semua yang kitalakukan dapat ditinjau dari segi agama dan juga filsafat. dalam menjalani kehidupan di dunia, agama atau kehendak Tuhanlah yang mutlak dan harus kita patuhi

    ReplyDelete
  19. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Filsafat dan agama keduanya memiliki peran dalam pembentukan karakter. Keduanya berjalan saling beriringan, akan tetapi landasan yang paling tinggi tetaplah landasan agama, barulah filsafat dan ilmu-ilmu lainnya mengikuti di bawahnya. Filsafat dan agama membentuk karakter untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

    ReplyDelete
  20. Efi Septianingsih
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
    Kelas B
    17701251013

    "keyakinan" yang menjadikan seseorang mengatahui apa yang dilarang dan tidak. Dan "keyakinan" pun yang mengatur semuanya sesuai dengan pedomannya. Dan filsafat ilmu, yang sedang saya pelajari akan berguna untuk masa kini dan masa depan. Oleh karena itu masing-masing memiliki peran penting sesuai dengan ruang dan waktu nya.

    ReplyDelete
  21. I Nyoman Indhi Wiradika
    17701251023
    PEP B

    Pendidikan karakter merupakan aspek yang penjadi pilar utama bagi pendidikan. Karakter dapat diumbuhkan melalui kegiatan apa saja, tak terbatas oleh ruang atau mata pelajaran. Akan lebiih baik jika pendidikan karakter dapat diintegrasikan ke dalam berbagai macam pelajaran, tidak hanya agama, melainkan kegiatan-kegiatan lain seperti mencintai lingkungan dan lain sebagainya.

    ReplyDelete
  22. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Filsafat berfungsi sebagai faktor pendukung bagi pemeluk agama untuk semakin meningkatkan kualitas ibadahnya. Jangan hanya mengandalkan filsafat (pikiran) untuk memaknai spiritual, tapi juga dengan hati. Agama/spiritual bisa menjadi sumber karakter, oleh karena itu sangat berbahaya jika ada paham yang menuhankan sains sehingga agama menjadi terpinggirkan,agama menurut mereka adalah primitif dan tradisional.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  25. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Filsafat pendidikan Islam terbentuk dari kata filsafat, Pendidikan dan Islam. Penambahan kata Islam di akhir itu untuk membedakan filsafat pendidikan Islam dari pengertian filsafat pendidikan secara umum. Sudah menjadi rahasia umum bahwa mayoritas tokoh filsafat bukan merupakan seorang muslim dan bahkan beberapa mengganggap bahwa agama tidak dibutuhkan untuk membangun dunia. Dengan demikian filsafat pendidikan Islam mempunyai pengertian secara khusus yang ada kaitannya dengan ajaran Islam. falsafat pendidikan Islam yang berisi teori umum mengenai pendidikan Islam, dibina atas dasar konsep ajaran Islam yang termuat dalam al-Qur’an dan hadis

    ReplyDelete
  26. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    Kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb

    Agama merupakan suatu kontrol terhadap prilaku manusia dalam menjalani hidup. Dengan agama kebutaan hidup dapat dihindari. Apalagi di zaman cyberspace saat ini agama meruapakan benteng diri yang berperanan sebagai filter masuknya pengaruh-pengaruh negative di dalam kehidupan masyarakat.

    ReplyDelete
  27. PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Filsafat sejatinya merupakan pondasi dasar bagi setiap ilmu, tidak terkecuali agama khususnya pendidikan islam. Berdasarkan gambar Struktur Dunia yang digambar oleh Prof. Marsigit, Filsafat berada di bawah Agama. Itu artinya dimensi Agama lebih tinggi daripada dimensi Filsafat. Meskipun struktur ini merupakan struktur hirarkhis berdimensional yang dikehendaki oleh komunitas spiritual, namun hal tersebut memang tidak dapat dipungkiri mengingat kehidupan orang islam yang sebenarnya adalah di akhirat. Untuk menuju ke akhirat kita memerlukan bekal agar kita selamat dan hidup damai disana. Selain bekal ilmu/pikiran/filsafat, hal terpenting yang lain dan justru paling utama adalah spiritual (agama). Dengan demikian filsafat (pikiran) sebagai landasan dalam mendapatkan ilmu pengetahuan memiliki peranan yang sangat penting untuk mempelajari dan memahami agama (spiritual) agar tidak salah arah sehingga selamat di kehidupan akhirat kelak. Aamiin Allahuma Aamiin
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  28. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B

    Assalamualaikum

    Filasafat adalah berproses berfikir.Meliputi semua yang ada dan mungkin ada.Berfisafat adalah kesadaran , keikhlsaan, kejujuran dan ketundukan terhadap kesombongan.Islampun mengajarkan untuk ikhlas, jujur, dan menjauhkan diri dari sifat sombong.Filasaf dan matematika mempunyai perbedaan dari sisi ontologisnya sebagaimana yang dipaparkan dalam artikel yang berjudul :
    . “KARAKTER ISLAM DALAM SEJARAH PERGULATAN MEMPEREBUTKAN KEKUASAAN, FILSAFAT, IDEOLOGI, ILMU(MATEMATIKA), DAN PENDIDIKAN*)
    Agama adalah sesuatu yang diyakini dan diamalkan oleh umatnya yang bersal dari Tuhan sedangkan filasaft adalah olah pikir.Agama diturunkan berupa pedoman-pedoman kepada manusia untuk dipahami dan diamalkan.Kemudian filasaf berfikir untuk merefleksikan mengenai hal-hal yang kurang jelas di dalam agama.Jikalau saya mengamati dibalik perbedaan mengundang kesamaan. Fisalafat memiliki andil yang penting di dalam pendidikan islam.

    ReplyDelete
  29. Muhammad Kamaluddin
    PMB 2017 PPs UNY
    17709251027

    Filsafat yang mengedepankan olah pikir atau logika seringkali dipertentangkan dengan masalah agama yang didasari oleh keimanan. Padahal jika kita dipahami pada level yang lebih tinggi, filsafat dan agama menjadi dua hal yang sebenarnya dapat saling berkaitan dan dapat berjalan beriringan dalam kehidupan. Terlebih untuk masalah pendidikan karakter. Agama adalah sebenar-benar pedoman hidup yang dapat mengerahkan pemeluknya menuju perilaku yang baik dan membentenginya dari yang buruk, yang secara sederhana merupakan dasar dari karakter. Dalam hal ini, filsafat memegang peranan yang juga cukup penting, sebagai dasar bagi seseorang untuk berpikir, apakah yang kita lakukan tergolong baik atau buruk, tentunya dengan kontrol agama.

    ReplyDelete