May 31, 2013

Urgensi Filsafat dalam Pendidikan Islam untuk Pendidikan Karakter




Dear all,

Ass, boleh dibaca makalah saya terbaru berjudul "Urgensi Filsafat dalam Pendidikan Islam untuk Pendidikan Karakter" yang saya presentasikan di Universitas Panca Budi Medan pada Hari Sabtu, 1 Juni 2013, dengan akses berikut:

http://uny.academia.edu/MarsigitHrd

Demikian semoga bermanfaat.

Wss

Marsigit

41 comments:

  1. Wahyu Berti Rahmantiwi
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016
    16709251045

    Dalam makalah di atas membahas mengenai tantangan dalam kehidupan beragama Islam dalam kehidupan kontemporer mengenai bagaimana melampaui pemikiran dikotomi seperti Islam Vs Barat, Potensi Vs Fakta, Absolute vs relatif, iman vs iptek, agama vs kebudayaan dan lain sebagainya. Fungsi agama sebagai pedoman agar umat mampu beribadah dengan sebaik-baiknya, agama sebagai sumber moral (karakter), petunjuk kebenaran, bimbingan rohani, dan telaah metafisika. Dengan demikian untuk membentuk karakter dalam pendidikan Islam menurut cendekiawan perlu adanya revitalisasi.

    ReplyDelete
  2. Syaifulloh Bakhri
    16709251049
    PPs. P.Mat C 2016

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Terimakasih Prof. atas ilmunya yang menambah wawasan saya terkait dengan filsafat dalam pendidikan Islam untuk Pendidikan karakter. Karena pendidikan karakter sangat penting dilakukan di tengah krisis karakter yang melanda negeri ini.

    ReplyDelete
  3. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Dalam kehidupan manusia, tingkah laku atau kepribadian merupakan hal yang sangat penting sekali, sebab aspek ini akan menentukan sikap identitas diri seseorang. Baik dan buruknya seseorang itu akan terlihat dari tingkah laku atau kepribadian yang dimilikinya. Oleh karena itu, perkembangan dari tingkah laku atau kepribadian ini sangat tergantung kepada baik atau tidaknya proses pendidikan yang ditempuh. Proses pembentukan tingkah laku atau kepribadian ini hendaklah dimulai dari masa kanak-kanak. Pada saat ini, orang tua harus memberikan perhatian ekstra terhadap masalah pendidikan anak dan mempersiapkannya untuk menjadi insan yang handal dan aktif di masyarakatnya kelak. Di dalam lingkungan keluarga, orang tua berkewajiban untuk menjaga, mendidik, memelihara, serta membimbing dan mengarahkan dengan sungguh-sungguh dari tingkah laku atau kepribadian anak sesuai dengan ajaran agama. Tugas ini merupakan tanggung jawab masing-masing orang tua yang harus dilaksanakan.

    ReplyDelete
  4. Supriadi / 16709251048
    Kelas C 2016 Pendidikan matematika – S2

    Filsafat dan agama berjalan beringingan. Karena filsafat adalah olah pikir dan mempelajari filsafat ternyata juga tidak terbebas dari ketentuan-ketentuan yang ada. Agama merupakan pedoman moral bagi manusia agar tidak terjerumus kepada perilaku yang tidak bermoral. Nilai-nilai agama menjadi patokan terhadap etika seorang manusia baik secara horizontal maupun vertikal. Dan kemudian kegiatan olah pikir ini butuh pedoman agar tidak salah dan terjerumus dalam pikirannya. Tanpa adanya pedoman dalam berfilsafat, manusia akan menjadi makhluk yang hanya berbuat sesuai dengan pikirannya tanpa menghiraukan kata hatinya. Manusia yang seperti itu hanya akan menjadi manusia yang mencoba ingin tahu tanpa menghiraukan akibat yang muncul dari tindakannya. Oleh karena itu, manusia seharusnya menjadikan filsafat sebagai ‘supporting factor’ untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwanya kepada Allah SWT.

    ReplyDelete
  5. Ardeniyansah
    16709251053
    S2 Pend. Matematika Kelas C_2016

    Assalamualaikum wr. . wb.
    Komunikasi spiritual memiliki peran yang sangat penting dalam mempelajari ilmu-ilmu di dunia ini, nilai spiritual memiliki kedudukan tertinggi sehebat-hebat apapun ilmu di dunia akan lebih berarti apabila dilandasi dengan nilai spiritual. Fungsi Filsafat adalah memperjelas dan memperkaya bentuk atau formnya dan juga substansinya agar nilai karakter setiap agama dapat muncul melalui bentuk material, formal,normative dan spiritualnya.

    ReplyDelete
  6. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Islam itu indah. Di dalam Islam diajarkan karakter-karakter yang luhur, diajarkan akidah dan akhlak yang berfungsi untuk membentengi diri dari godaan-godaan syaitan. Jika karakter Islam ditanamkan dalam diri seseorang dari kecil maka akan mampu membentengi dirinya menghadapi gemerlap dunia ketika dewasa kelak. Kita mengetahui bahwa saat ini dunia dipenuhi dengan kekuasaan yang dipimpin oleh Power Now yang penuh dengan syaitan-syaitan dunia. Maka dari itu diperlukan benteng atau perisai untuk membatasi diri dari pengaruh ajaran sang power now agar hidup kita tidak sia-sia. Selain itu, perlu diingat bahwa menjaga diri agar selalu istiqomah di jalan-Nya tidaklah mudah. Akan ada banyak sekali godaan yang hinggap silih berganti. Syaitan tidak akan putus asa untuk terus menggoda manusia, menjerumuskan ke dalam pengaruh sang power now. Dengan cara selalu membersihkan hati dengan beristighfar akan membantu kita mempertahankan perisai tersebut. Dan mulailah segala sesuatu dengan ikhlas karena-Nya. Jika setiap langkah kita dilandasi dengan niat karena Allah, niscaya apa yang akan kita lakukan juga terarah pada jalan yang lurus. Aamiiiin

    ReplyDelete
  7. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Karakter sebagai salah satu aspek yang sangat penting untuk dimiliki semua orang harus lah dibelajarkan secara benar. Banyak metode yang telah ditempuh untuk membelajarkan karakter kepada generasi penerus. Berbagai ilmu telah ikut andil bagian pada penanganan kasus karakter. Saat ini, kita ketahui bahwa perkembangan ilmu filsafat sekarang di dominasi oleh paham dan pemikiran barat, meskipun sebenarnya pada zaman dulu begitu banyak cendekiawan muslim yang menyumbangkan pikirannya dalam mengembangkan ilmu filsafat. Filsafat yang dikembangkan oleh paham-paham barat tidak menjadikan agama sebagai dasar dalam tata cara kehidupan bermasyarakat. Hal tersebut dikhawatirkan akan memberikan pengaruh yang buruk bagi perkembangan karakter umat Islam. Ajaran Islam yang bersumber dari kitab suci Al-Qur’an dan Hadits menjadi kunci atau penawar untuk menangkal paham-paham atau pemikiran barat yang tidak sesuai dengan ajaran Islam. Mengapa Filsafat dikaitkan dengan Agama? Karena dalam filsafat fungsi agama adalah sebagai pedoman agar umatnya mampu beribadat sebaik-baiknya, sekaligus sebagai sumber moral (karakter), petunjuk kebenaran dan telaah metafisika religi.

    ReplyDelete
  8. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menghubungkan filsafat pendidikan agama untuk pendidikan karakter adalah suatu hal yang memang terkandung didalam berfilsafat. Kadangkala kita menemui di filsafat kuno bahwa agama tidak dipercaya sehingga ada yang tidak percaya akan ketuhanan. Namun dibalik itu semua filsafat yang modern mengajarkan kita untuk lebih dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa. Dari ajaran tersebut kita akan lebih cenderung untuk mengubah prilaku kita ke arah yang lebih baik. Dalam artian karakter dibangun dari reflektif filsafat.

    ReplyDelete
  9. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Berdasarkan makalah yang bapak tulis yang telah di presentasikan bahwa ketidak siapan kita untuk menyomgsong power now yang man apower now yang menguasi semua aspek, sehingga untuk menyambut power now sekarang kita harus berbenar sebaik mungkin.Di dalam struktur dunia nya Power Now, spiritualitas dipinggirkan dan ditempatkan tidak bolehmelampaui fase Tradisional. Itulah sebabnya mengapa pada jaman sekarang (kontemporer) lebih banyak fenomena bermoduskan non-agamis. Agama dipandang tidak mampu memecahkan persoalan-persoalan teknis dan pragmatis dari kehidupan kontemporer. Sebuah potongan beberfapa kalimat yang mana agama tidak bisa mdijadikan menyelesaikan sebuah permasalahn yang man apada kenyataannya semuan hukum yang seharusnya kita miliki adalah datangnya darii Allah. Hukum dan jawaban permasalhan yang ada sudah ada jawabannya dii dalam Al-Qur’an tinggal kita saja memperdalam apa tidak.

    ReplyDelete
  10. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Filsafat perkembangan titik tolak dari sebuah ilmu ada pada diri seseorang, sedangkan pembentukan karakter itu sendiri terbentuk dari akidah islam, kemudian diteruskan dengan perkembangan pengetahuan yang merupakan proses berfilsafat diri seseorang. dengan adanya dasar akidah islam dan perkembangan pengetahuan tersebut maka akan terbentuk karakter yang baik dalam diri seseorang.

    ReplyDelete
  11. Helva Elentriana
    16709251068
    PPS Pend Matematika Kelas D 2016

    Filsafat adalah olah pikir manusia. Sehingga dengan berfilsafat memungkinkan kita untuk melatih pemikiran yang bertugas untuk memahami dan menafsirkan sesuatu yang dilakukan. Maka dari itu filsafat memiliki urgensi dalam pendidikan Islam. Dimana Islam sebagai agama yang kita anut berisikan pedoman tentang apa yang seharusnya dikerjakan manusia dalam menjalani kehidupan. Setiap agama memiliki kitab suci yang harus kita pahami, tafsirkan serta mengamalkannya. Termasuk agama islam dengan kitab Al-qur’an. Al-quran adalah pedoman bagi umat islam. Umat islam wajib membaca dan memahami isinya kemudian menafsirkan dan mengamalkan. Sehingga agama itu mngarahkan moral umatnya. Seseorang yang memahami ajaran agamanya tentu memiliki karakter yang baik karena tahu mana yang boleh dan tidak dilakukan, serta akan berbeda dengan karakter orang yang kurang memahami ajaran agamanya.

    ReplyDelete
  12. Lana Sugiarti
    16709251062
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Pada dasarnya semua agama mengajarkan kebaikan, begitu juga dengan Islam. Pemahaman agama yang baik akan membawa manfaat baik juga dalam kehidupan termasuk dalam pendidikan karakter. Pendidikan karakter diperlukan untuk membentuk kepribadian yang baik. Pendidikan dalam agama akan membentuk juga karakter seseorang. Setinggi – tinggi ilmu dan pikiran (filsafat) tidaklah mampu mengetahui segala seluk beluk hati (spirtual), dari kata – kata tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa hendaknya perlu menyeimbangkan antara ilmu dengan iman (spiritual) yang kita miliki agar pendidikan karakter dapat berhasil dan terwujud dengan baik.

    ReplyDelete
  13. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Setiap kajian dalam ilmu filsafat memang mengalami transformasi bergantug pada ruang dan waktu. Sama hal nya dengan model spiritual yang dituangkan atau ditransformasikan dalam model karakter. Spiritual dan karakter memang sangat berkaitan, karakter baik seseorang bermula dari spiritual yang baik pula, begitu juga sebaliknya.

    ReplyDelete
  14. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Dalam pendidikan demokrasi ada dua hal yang harus ditekankan, demokrasi sebagai konsep dan demokrasi sebagai praksis. Sebagai konsep berbicara mengenai arti, makna dan sikap perilaku yang tergolong demokratis, sedang sebagai praksis sesungguhnya demokrasi sudah menjadi sistem. Sebagai suatu sistem kinerja demokrasi terikat suatu peraturan main tertentu. Apabila dalam dua sistem itu ada orang yang tidak mentaati aturan main yang telah disepakati bersama, maka aktivitas itu akan merusak demokrasi dan menjadi anti demokrasi.

    ReplyDelete
  15. Islam merupakan keyakinan sedang filsafat tentang mencari kebijakan. Zaman awal islam tidak bersentuhan dengan istilah falsafah, generasi intelektual islam berikutnya yang berusaha untuk menggali filsafat dalam islam. Ketika mendengar istilah filsafat maka yang akan terpikir adalah pemikir yunani atau pemikir barat akan asing dalam istilah islam. Sehingga filsafat dalam islam dapat menjadi pengetahuan yang mungkin ada. Tentu akan ada yang suka atau tidak suka. Seperti Imam AlGhozali yang kurang menyukai filsafat, tetapi mempunyai pemikiran sendiri.

    ReplyDelete
  16. Syahlan Romadon
    PM C 2016 / 16709251047

    Kaum positif menganggap bahwa agama berada di wilayah primitive dan tradisional. Agama dianggap menghambat kemajuan masayarakat sehingga agama tidak dijadikan sentral kehidupan atau malah menjadi sesuatu yang dianggap tidak berarti lagi. Saat ini, tanpa kita sadari, secara halus kaum positif berupaya memerangi islam dengan berbagai cara. Mereka tidak menginjak islam secara terang-terangan namun secara perlahan-lahan menggulung umat islam dari pinggir sehingga tidak sadar. Oleh karena itu, filsafat perlu diajarkan kepada umat islam agar dapat berpikir lebih kritis, tidak hanya menerima apa yang diberikan. Namun, diperlukan komunikasi yang baik antara islam dan filsafat agar terjadi interaksi yang sinergis diantara keduanya.

    ReplyDelete
  17. Loviga Denny Pratama
    16709251075
    S2 P.Mat D

    Pada makalah tersebut saya diingatkan kembali bahwa Obyek spiritual mempunyai nilai tertinggi dari ilmu apapun yang ada di dunia ini. Kita harus menyadari bahwa segala yang ada di dunia ini ada yang menciptakan dan ada yang lebih mengetahui.Maka dalam menerapkan segala disiplin ilmu, kita juga harus menyeimbangkan ilmu dunia dengan ilmu akhirat. Sehingga saya sangat setuju bahwa spiritual memiliki peran yang sangat penting dalam mempelajari ilmu-ilmu lain. Bahkan beberapa orang memandang bahwa level spiritual harus lebih tinggi levelnya dari ilmu-ilmu yang lain. Sehingga dari sini dapat dikatakan bawah sehebat-hebatnya orang adalah dia yang memiliki spiritual yang kokoh dalam dirinya.

    ReplyDelete
  18. Pony Salimah Nurkhaffah
    14301241006
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari makalah di atas dapat disimpulkan bahwa komunikasi spiritual memiliki peran yang sangat penting dalam mempelajari ilmu-ilmu lain. Terlebih, melihat adanya pengaruh globalisasi dan kondisi negara yang carut marut membutuhkan suatu pedoman yang kuat, yaitu pemahaman spiritual. Seperti struktur dunia yang telah digambaran, spiritual memiliki kedudukan tertinggi. Yang paling menarik dari makalah tersebut adalah hypothetical-reflections (Marsigit, 2007-2013) sbb:
    “Setinggi-tinggi ilmu dan pikiran (filsafat) tidaklah mampu mengetahui segala seluk beluk hati (spiritual). Sehebat-hebat ucapan, tidaklah mampu mengucapkan semua yang dipikirkan. Sehebat-hebat tulisan,tidaklah mampu menulis semua ucapan. Sehebat-hebat perbuatan, tidaklah mampu melaksanakan semuatulisan. Maka janganlah kita mengandalkan hanya pikiran (filsafat) saja untuk memaknai spiritual (agama), melainkan bahwa gunakan dan jadikan hati kita masing-masing sebagai komandan dalamhidup kita. Sesungguhnya, di dalam hati itulah bernaung ilmu spiritualitas kita masing-masing.”
    Oleh karena itu, hendaknya kita mampu menyeimbangkan ilmu yang kita miliki dengan spiritual yang kokoh pula.

    ReplyDelete
  19. Sylviyani Hardiarti
    16709251069
    S2 Pendidikan Matematika Kelas D 2016

    Arus perkembangan teknologi dan informasi menjadikan masyarakat Indonesia cenderung mengalami pengikisan budaya dan karakter bangsa. Banyak generasi muda yang menjadi kebarat-baratan, hedonisme, menyukai yang serba instan tanpa mau berusaha, dsb. Oleh karena itu, salah satu upaya untuk menyelesaikan masalah ini adalah pembelajaran filsafat dalam pendidikan islam untuk pendidikan karakter. Filsafat akan memandu seseorang menggapai dunia spiritualnya sampai batas yang diijinkan. Kecerdasan dan kebijakan berfilsafat mengarah kepada kesimpulan bahwa hanya dengannya saja, maka manusia sebagai makhluk yang banyak kekurangannya, tidaklah mungkin menjangkau aspek spiritual yang paling dalam. Jadi, dengan belajar filsafat dengan ikhlas untuk menggapai ridho Allah SWT secara intensif dan ekstensif dapat menuntun manusia untuk meningkatkan kualitas iman dan taqwa kepada Nya.

    ReplyDelete
  20. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    Pendidikan Matematika A 2014

    Urgensi filsafat dalam pendidikan islam dalam pendidikan karakter adalah pada bidang tashowufna. dengan ilmu tashowuf akan membuat manusia terdidik yang berilmu menjadi lembut hatinya.

    ReplyDelete
  21. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Fungsi filsafat adalah untuk memperjelas dan memperkaya bentuk atau formnya dan juga substansinya agar nilai karakter Islamiah dapat muncul melalui bentuk material, formal,normative dan spiritualnya. Power Now yang menguasai dunia termasuk dunia Islam dengan mengembangkan filsafat, sehingga perlu bagi dunia Islam untuk menggali, mempelajari, memperdalam serta mengembangkan filsafat Islam agar dapat mengkritisi Power Now. Dan agar tidak terombang ambing dalam upaya memahami filsafat itu sendiri.

    ReplyDelete
  22. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Filsafat dapat kita pelajari dimana saja. Kita tidak akan bisa terlepas dari filsafat. Filsafat sangat penting untuk dipahami karena dengan belajar filsafat kita akan mengerti hakekat suatu hal. Filsafat juga penting dalam pendidikan Islam, karena dengan memahami filsafat dalam pendidikan Islam kita mampu mengerti hakekat pendidikan Islam. Filsafat dalam pendidikan Islam ini juga mampu membantu membentuk karakter siswa dalam pendidikan Islam.

    ReplyDelete
  23. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Agama dan filsafat yang saling berkaitan mempunyai perbedaan diantaranya yaitu agama merupakan keyakinan yang berasal dari Tuhan. Sedangkan filsafat olah pikir manusia tentang segala sesuatunya. Agama diposisikan paling tinggi karena dalam melakukan segala sesuatunya spiritual harus seimbang. Peran filsafat dalam agama juga dapat membentuk karakter yang mana ketika seseorang belajar filsafat jika diiringi dengan spiritual yang kuat maka akan semakin kuat spiritualnya.

    ReplyDelete
  24. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Terimakasih Prof atas referensi makalah yang diberikan, semoga makalah yang diberikan dapat menabah wawasan saya. Indonesia merupakan negara yang beragama, setiap penduduk Indonesia wajib memiliki agama. Islam sebagai salah satu agama di Indonesia membentuk karakter pada tiap individu yang memeluknya. Islam mengajarkan kebaikan yang dapat membantu untuk membentuk akhlak dan karakter yang baik.

    ReplyDelete
  25. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Urgensi Filsafat dalam Pendidikan Islam untuk Pendidikan Karakter ini memberikan saya wawasan baru terimakasih prof. seyogyanya memang dalam pembelajaran seharusnya ditanamkan pendidikan karakter sesuai denga norma-norma agama. Sehingga terlahir bukan hanya siswa yang cerdas saja namun santun dan berakhlak mulia.

    ReplyDelete
  26. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Pendidikan apapun itu, agama harus menjadi kerangkanya. Karena agama lah yang telah membawa pencerahan bagi kehidupan jahiliah. Dengan agama pula, kita bisa selamat di dunia dan di akhirat. Pendidikan filsafat juga penting, agar menjadi landasannya, karena pertanyaan filsafat sangat mendasar. Sehingga jika pendidikan dilandasi dengan filsafat, pendidikan tersebut akan semakin kokoh.

    ReplyDelete
  27. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Saya teringat apa yang Bapak sering katakan ketika pembelejaran. Bahwa untuk membaca blog ini, haruslah dengan hati yang ikhlas serta jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum membacanya. Serta Bapak juga selalu mengatakan, setiap detiknya aktifitas yang kita lakukan berusahalah agar selalu menyebut nama Allah, dari kata-kata tersebut saya dapat memahami pendidikan agama selalu ada ketika dimanapun baik dalam pembelajaran filsafat. Serta untuk mengembangan karakter yang baik, haruslah dibentengi dengan spiritual. Dalam kajian mata kuliah filsafat segala hal mengenai itu dibahas juga turut dibahas.

    ReplyDelete
  28. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Pendidikan Agama memang pantas untuk dijadikan acuan sebagai pendidikan karakter. Karena semua agama mengajarkan kebaikan, dan juga dalam dasar negara yaitu pancasila, sebagaimana yang kita ketahui bahwa sila yang pertama merupakan Agama (Ketuhanan Yang Maha Esa) yang mana sila pertama ini menyangkup 4 sila lainnya.

    ReplyDelete
  29. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Filsafat pada pendidikan islam menjadi jembatan dan dasar agar pengetahuan islam dapat diajarkan kepada siswa, dengan tercapainya pengetahuan pada pendidikan islam maka akan tertanam pula nilai-nilai karakter kepada siswa.

    ReplyDelete
  30. Sehar Trihatun
    16709251043
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Filsafat merupakan ilmu tentang hakikat (kebenaran) segala sesuatu menurut kesanggupan manusia, yang mencakup ilmu ketuhanan, ilmu keesaan, ilmu keutamaan, ilmu tentang semua cara meraih maslahat dan menghindar dari madharat. Tujuan seorang filosof bersifat teoritis, yaitu mengetahui kebenaran praktis, dan mewujudkan kebenaran tersebut dalam tidndakan. Semakin dekat kepada kebenaran, semakin dekat pula kepada kesempurnaan. Dalam hal ini filsafat yang ada dalam pendidikan islam dapat mendidik karakter seseorang agar menjadi lebih baik, karena filsafat hanya bisa tercapai dengan kepandaian membedakan, yakni antara benar dan salah, dan kepandaian ini hanya bisa tercapai dengan kekuatan pikiran dalam mengetahui kebenaran. Oleh karena itu, kekuatan pikiran hanya bisa terwujud, manakala kita mempunyai kesanggupan mengetahui bahwa perkara salah itu salah, kemudian kita menjauhkannya, dan kita pun sanggup mengetahui kesalahan yang kelihatannya benar, kemudian kita tidak akan tertipu, sanggup pula mengetahui perkara yang hakikatnya benar tetapi tampaknya salah, kemudian kita tidak akan menyalahkannya.

    ReplyDelete
  31. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih Prof, atas postingan ini. Dari makalah Prof, saya mendapatkan banyak wawasan maupun pengetahuan yang belum pernah saya pelajari terkait dengan filsafat pendidikan islam untuk pendidikan karakter. Makalahini sangat berguna karena sejatinya pendidikan karakter itu menurut saya yang paling penting dan juga menjadi tujuan tersirat dari pendidikan formal.

    ReplyDelete
  32. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pedidikan Matematika A 2014

    Pendidikan karakter sangat penting bagi sebuah bangsa karena karakter sebuah bangsa akan ditentukan dari bagaimana pendidikan itu berlangsung. Saat ini di Indonesia bisa dibilang sedang krisis karakter bagi penerus bangsa. Banyak tawuran antar pelajar dan juga banyak pelajar saat ini yang sudah mulai melupakan jati dirinya sebagai bangsa Indonesia. Oleh karena itu menggunakan filsafat pada pendidikan islam menjadi jembatan dan dasar agar pengetahuan islam dapat diajarkan kepada siswa, dengan tercapainya pengetahuan pada pendidikan islam maka akan tertanam pula nilai-nilai karakter kepada siswa.

    ReplyDelete
  33. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Sesungguhnya komunikasi spiritual memiliki peran yang sangat penting dalam mempelajari ilmu-ilmu lain. Di dunia ini, nilai spiritual selalu memiliki kedudukan tertinggi. Kita harus menyadari bahwa segala yang ada di dunia ini ada yang menciptakan dan ada yang lebih mengetahui. Dialah Allah, Tuhan semesta alam. Maka dalam menerapkan segala disiplin ilmu, kita juga harus menyeimbangkan ilmu dunia dengan ilmu akhirat. Intelektual dengan spiritual harus benar-benar seimbang. Sehebat-hebatnya orang adalah dia yang memiliki spiritual yang kokoh dalam dirinya.

    ReplyDelete
  34. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Terimakasih Pak atas makalah yang telah bapak berkan linknya, sunggun maklah tersebut dapat menambah wawasan saya mengenai pendidikan islam untuk pendidikan karakter, karan sesungguhnya pendiidkan islam itu sangat penting dan didalmnya terdapat unsur unsur pendidikan karakter, Indonesia sedang mengalami krisis karakter bangsa karna arus globalisasi sehingga hal tersebut perlu dilakukan.

    ReplyDelete
  35. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Adat, sains dan teknologi dibolehkan berkembang selama tidak melanggar prinsip agama. Manusiamanusia diberikan akal oleh Allah supaya mampu menciptakan berbagai macam teknologi untuk kehidupannya. Manusia juga harus melestarikan adat dan budaya yang berkembang, namun tetap tidak meninggalkan ketentuan-ketentuan dalam agamanya.

    ReplyDelete
  36. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam perspektif Islam, manusia dipahami sebagai makhluk yang memiliki potensi fitrah dimana terdapat daya-daya yang dapat memunculkan sebuah sikap dan perilaku yang tidak lepas dari stimulus dari luar. Artinya, Islam memandang, karakter manusia tidak murni karena faktor potensi, tetapi juga faktor lingkungan yang mempengaruhinya. Dengan usaha dan doa, manusialah yang dapat merubah hidupnya melalui izin Allah.

    ReplyDelete
  37. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kebenaran dibagi menjadi dua yaitu kebenaran ilmiah yaitu merupakan sebuah pengetahuan yang jelas dari suatu objek materi yang dicapai menurut objek formal dengan metode yang relevan dan kebenaran non ilmiah yaitu kebenaran yang diperoleh berdasarkan penalaran logika. Kebenaran dalam islam sendiri kebenaran yang bersumber dari wahyu, alam dan manusia.

    ReplyDelete
  38. Listia Palupi Wisnu Aji
    14301241007
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Filsafat dalam pendidikan islam dapat mengembangkan karakter yang positif. Islam dan filsafat mengambil peran penting dan saling membutuhkan. Dengan islam diharapkan filsafat islam dapat melawan dan mengkritisi Power Now yang merusak karakter bangsa.

    ReplyDelete
  39. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    menurut saya, filsafat dalam pendidikan islam itu sangat berkaitan dengan pendidikan karakter.filsafat dalam pendidikan islam itu menumbuhkan atau menghasilkan sikap yang positif mengenai pendidikan karakter. maka disini dari mempelajari filsafat dalam pendidikan islam juga kita sama saja dapat menumbuhkan pendidikan karakter dalam diri.

    ReplyDelete
  40. Elli susilawati
    16709251073
    Pmat D 16

    Pendidikan karakter sangat dibutuhkan dalam menumbuh kembangkan generasi bangsa. Karena yang dibutuhkan saat ini bukan hanya dalam bidang skil saja tetapi juga personal. Karakter yang kuat jujur pantang menyerah.

    ReplyDelete
  41. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Agama memang merupakan suatu keyakinan yang kita yakini didalam hati. Dalam setiap agama pasti menanamkan nilai-nilai kebaikan, disini saya berbicara sesuai dengan agama saya. Dalam agama saya yang selalu mengajarkan untuk berbagi cinta kasih. Yang selalu berusaha untuk hidup damai dengan menyebarkan cinta kasih. Selalu berusaha menjaga tutur kata, bertingkah laku serta bertindak siswa membutuhkan contoh dari guru-gurunya, bukan cuma berdasakan ajakan saja. Hal itu harus senantiasa kita biasakan agar mereka terbiasa dalam sikap di sekolah.

    ReplyDelete