May 31, 2013

Urgensi Filsafat dalam Pendidikan Islam untuk Pendidikan Karakter




Dear all,

Ass, boleh dibaca makalah saya terbaru berjudul "Urgensi Filsafat dalam Pendidikan Islam untuk Pendidikan Karakter" yang saya presentasikan di Universitas Panca Budi Medan pada Hari Sabtu, 1 Juni 2013, dengan akses berikut:

http://uny.academia.edu/MarsigitHrd

Demikian semoga bermanfaat.

Wss

Marsigit

2 comments:

  1. Dunia saat ini adalah dunia dengan kehidupan akhir zaman. Banyak praktik praktik tindakan manusia yang tidak mencerminkan karakter manusia itu sendiri. Terkhusus dalam keyakinan manusia beragama, yaitu agama islam.
    Sebuah gambaran yang jelas dalam makalah yang telah dipresnetasikan tersebut, harapannya dengab pendekatan filsafat akan membangun pendidikan islam yang mampu menumbuhkan karakter. Karakter yang tidak ikut arus dalam gejolak dunia yabg terlihat aangat jauh dari prinsip kemanusiaan itu sendiri.

    ReplyDelete
  2. Karakter yang muncul tidak lain adalah karena faktOr pola hidup. Pola hidup powernow, dan paham positivisme yang membelenggu seluruh dimensi aspek kemanusiaan. Sehingga yang berkembang atas dasar belenggu posistivisme salah satunya adalah sebagai manusia yang hedon, dan konsumtif.
    Dua sikap yang saya sebutkan diatas itu adalah fenomena yang sudah umun di kehidupan kita, khususnya bagi kawula muda. Jika pemuda yang ada yang diharapkan adalah sebagai tongkat estavet penerus bangsa, lalu bagimana jika pemuda yang ada adalah tidak mempunyai karakter.
    Oleh sebab itu, intropeksi diri, perbaiki diri, dengan membangun pemahaman melalui sistem pendidikan dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi perlu menjadikan media bahwa pendidikan adalah salah satu alat untuk menunbuh kembangkan karakter manusia

    PEP B S2
    16701251016

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.