Jun 17, 2013

Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013


Dear all,

Ass Wr Wb

Boleh dibaca Makalah saya terbaru berjudul "Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013", yang saya presentasikan pada
Seminar Nasional tentang Kurikulum 2013 di Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), pada
Hari Selasa, 18 Juni 2013, dengan akses ke:

http://uny.academia.edu/MarsigitHrd

Demikian semoga bermanfaat.

Wss Wr Wb

Marsigit
__._,_.___

31 comments:

  1. Maulida Yulianti

    123131244010

    International Mathematics Education 2012

    Bismillahirrahmaanirrahiim...

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Kurikulum 2013 merupakan salah satu program terbaru pemerintah terhadap pendidikan di Indonesia. Namun jika diamati, sudah berapak kali pemerintah mengganti kurikulum? Apakah setelah kurikulum 2013 ini bakal ada kurikulum baru lagi yang akan diterapkan?

    Salah satu cara untuk mengetahui sehat tidaknya suatu praktek kependidikan adalah dengan cara melihat konsistensi berbagai produk hukum sertakebijakan implementasi di lapangan. Masih terdapat masalah dalam proses implementasi kurikulum 2013 di masyarakat. Memang benar kurikulum 2013 ini sekarang sudah mulai lebih membiarkan proses belajar menjadi student center dan bukan lagi teacher center, guru pun sudah mulai dituntut agar lebih kreatif lagi dalam mengembangkan media pembelajaran bahkan lks yang akan mereka gunakan, walau demikian masih terdapat beberapa kendala-kendala dan sepertinya itu berasal dari pusat, kita pun hanya bisa menunggu kapan sepenuhnya kurikulum 2013 ini dapat diterapkan serta dipahami oleh semua instansi pendidikan di Indonesia ini, apakah setelah ganti menteri nanti akan ada penggantian lagi?

    Sekian opini dari saya terima kasih.

    Wasaalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  2. Jeaniver yuliane k(14709251006)
    PM A

    upaya dan harapan pemerintah untuk terus memperbaiki pendidikan di Indonesia patut dihargai, tetapi menurut saya untuk berupaya itu tidak cukup dengan berteori tetapi juga dibarengi dengan adanya observasi terlebih dahulu, uji coba kebijakan dan aspek-aspek yang terdapat dalam kurikulum, memperhatikan kesiapan dari berbagai aspek,anggap saja untuk membuat suatu ketetapan,harapan dan upaya itu seperti kita melakukan penelitian, butuh tahapan-tahapan agar kemudia bisa dipergunakan, ketika nanti ada kekurangan, kekurangan tersebut tidak berdampak begitu besar.

    ReplyDelete
  3. PM P2TK (14709259003)

    "Sebagai guru hendaknya selalu berusaha menyelaraskan diri dengan kebijakan pemerintah walaupun pahit sekalipun. Guru yang baik adalah guru yang teruji termasuk teruji dengan hadirnya kurikulum 2013 yang sarat dengan persoalan ontologis, psikologis serta persoalan teknik implementasinya."
    Sungguh kata-kata tersebut sangat menginspirasi. Meskipun pada awal-awal dulu banyak perdebatan pro dan kontra tentang akan diberlakukannya kurikulum 2013, toh kurikulum itu juga sudah secara serentak dilaksanakan di Indonesia pada tahun pelajaran 2014/2015 ini. Selayaknyalah sebagai guru kita harus mengikuti perubahan yang ada demi kemajuan pendidikan Indonesia. Andaikan saja setelah ini ada pergantian kurikulum lagi, sebagai guru kita juga harus mengikutinya. Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk. Semoga kesabaran selalu hidup dalam jiwa guru-guru di Indonesia.

    ReplyDelete
  4. Maria trisna sero wondo(pmatc,14709251050)

    Saya tertarik dengan kalimat"sebagai guru hendaknya selalu berusaha menyelaraskan diri dengan kebijakan pemerintah walaupun pahit sekalipun. Guru yang baik adalah guru yang teruji,termasuk teruji dengan hadirnya kurikulum 2013"
    Guru harus menerima apa yang menjadi kebijakan pemerintah. Walaupun sekarang masih banyak permasalahan yang dihadapi antara penerimaan dan penolakan kurikulum 2013 tetapi tetap saja harus diterapkan di seluruh indonesia. Kita sebagai guru harus bisa menerima perubahan yang ada walaupun sulit untuk menjalankannya...

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum. Wr. Wb
    Weni Gurita Aedi. P. Mat B (14709251012)
    Salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di indonesia yaitu dengan melaksanakan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 diselenggarakan untuk membentuk watak, membangun pengetahuan, sikap dan kebiasaan-kebiasaan untuk meningkatkan mutu kehidupan peserta didik. Kegiatan pembelajaran diharapkan mampu memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai kompetensi. Dengan demikian guru diharapkan mampu mengimplementasikan metode pembelajaran yang inovatif (students-centered) dan pembelajaran konvensional (teacher-centered) dianggap tidak lagi mampu memenuhi harapan-harapan pendidikan. Banyak pro dan kontra terkait pelaksaan kurikulum 2013. Dan tidaklah mudah mengubah praktek pembelajaran dari suatu kebiasaan lama ke hal baru apalagi beserta mind set nya. Diperlukan waktu yang cukup lama dan perlu dilakukan secara masal atau menjadi gerakan masal (membudayakan) dengan multi pendekatan agar para guru mampu melaksanakan pendekatan tematik dan integratif dalam pembelajaran. Hal ini juga salah satu yang sepertinya diabaikan oleh pemerintah dalam rencana implementasi Kurikulum 2013. Akan tetapi sebagai seorang guru hendaknya selalu berusaha menyelaraskan diri dengan kebijakan pemerintah walaupun pahit sekalipun. Terima kasih
    Wassalamualaikum. Wr. Wb

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Mau tidak mau, dunia akan berubah dengan segala konsekuensinya...berubah dalam banyak hal..dalam dunia pendidikan saat ini, yang sedah panas diperbincangkan adalah dengan diberlakukannya kurikulum 2013...dimana di kurikulum ini menuntut bukan hanya siswa yang aktif, tetapi guru juga harus aktif mencari sumber ilmu lain, tidak hanya mengacu pada buku guru dan buku siswa.tantangan kurikulum 2013 ini bagi guru adalah, guru harus lebih menguasai IPTEK, untuk mencari sumber ilmu lain di dunia maya, guru harus bekerja ekstra keras dalam melakukan penilaian karena penilaian tidak hanya diberikan akumulatif satu poin saja. sedang tantangan bagi siswa, adalah siswa harus banyak membaca, mencari literatur lain dan banyak bertanya kepada guru, atau siapapun. harapan kurikulum 2013 ini adalah semoga pendidikan indonesia semakin maju, karena pembelajaran dalam kurikulum 2013 ini bobot materi lebih ringan, dan dititik beratkan pada fakta, praktek langsund di lapangan dan alam sekitar, sehingga siswa merasa lebih paham tentang apa yang dipelajarinya. terimakasih.Wassalamu'alaikum Wr.wb

    ReplyDelete
  7. Veronica Wiwik Dwi Astuty PMat B (14709251063)
    Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan zaman, dan kemajuan IPTEK menyebabkan pendidikan pun ikut dikembangkan. Adanya Kurikulum yang baru yaitu Kurikulum 2013 diharapkan dapat melengkapi dan memperbaiki kekurangan di kurikulum sebelumnya. Pemerintah telah melahirkan kurikulum baru yang diharapkan mampu menciptkan SDM yang unggul dan berkarakter demi kemajuan bangsa dan negara. Sebagai seorang guru yang profesional diharapkan selalu mampu beradaptasi terhadap kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah, tapi hal itu tidaklah mudah. Perlu adanya persiapan bagi seorang guru dengan diadakannya diklat ataupun pelatihan. Namun, pada dasarnya agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan kurikulum yang perlu ditanamkan dalam benak seorang guru adalah sikap kreatif dan inovatif. Apapun perubahan kurikulum yang ditetapkan pemerintah, guru mampu menyelaraskan diri.

    ReplyDelete
  8. Maria Antonia Y.Meo(14709251089)
    PMatC 2014
    Kurikulum 2013 merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan pendidikan di negara kita.Walaupun banyak kendala.baik berasal dari guru,siswa maupun sarana dan prasarana,kurikulum ini tetap harus dijalankan.Sebagai guru,kita tak boleh putus asa,tetapi berusaha untuk belajar dan selalu belajar karena semua kesulitan ataupun hambatan pasti bisa teratasi asalkan ada kemauan.

    ReplyDelete
  9. Rahmi Hidayati (14709251051/Pmat C'14)

    Assalamualaikum Wr.wb
    Tantangan dan harapan kurikulum 2013. Saat kita ingin melakukan perubahan banyak harapan dan tantangan yang harus kita hadapi. Harapan pemerintah ingin meningkatan mutu pendidikan yang ada diindonesia dengan kurikulum 2013 tapi banyak tantangan yang berat dalam menjalninya.
    wassalamualaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  10. Ida Trisnadati P Mat D/14709251033
    Assalammualaikum Bapak Marsigit

    Malalui kurikulum 2013 ini tentunya pemerintah berharap pendidikan di Indonesia semakin maju. Di awal pelaksanaannya pastilah harus dilaksanakan diklat dan pelatihan pelatihan untuk menyeragamkan pemahaman akan kurikulum 2013. Sebagai guru yang bijak seyogyanya kita dapat fleksibel terhadap perubahan yang ada, bersikap terbuka dan selalu berinovasi sejalan dengan perkembangan zaman dan teknologi.

    ReplyDelete
  11. Markus Palobo (14709251041) PMAT B

    kurikulum 2013 menurut saya sangat bagus, demikian juga dengan kurikulum yang sebelumnya juga bagus namun mungkin sudah tidak sesuai dengan kebutuhan jaman.
    Menurut saya tantangan dari kurikulum ini paling berat berada pada siswa dan guru sebagai dua aktor utama dalam pendidikan di sekolah-sekolah.

    Guru dituntut untuk mampu menerapkan metode baru sesuai dengan tuntutan kurikulum, namun dalam kenyataannya di lapangan belum semua guru siap dengan metode baru ini, baik dari segi perangkat pembelajaran maupun dari paradigma guru dalam mengajar.

    Dari segi siswa, Menurut saya proses adaptasi siswa memerlukan waktu yang lama, kita tahu bahwa selama ini kevendrungan siswa dalam pembelajaran lebih banyak tergantung pada guru, namun dalam kurikulum ini siswa di tuntu untuk lebih aktif dalam pembelajaran.

    Sekian Komentar saya Terima KASIH

    ReplyDelete
  12. Ari Kuntoro
    14709251048
    P.Mat B

    Artikel yang berjudul Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013, menurut saya : Kurikulum 2013 merupakan terobosan agar praktek pembelajaran di sekolah lebih baik yaitu menuju inovasi yang berorientasikan kepada siswa dimana dalam artikel diatas disebutkan bahwa kegiatan pembelajaran yang diselenggarakan diharap mampu mengembangkan kemampuan untuk mengetahui, memahami, melakukan sesuatu, hidup dalam kebersamaan, dan mengaktualisasikan diri. Kegiatan pembelajaran perlu menggunakan prinsip yang: (1) berpusat pada peserta didik, (2) mengembangkan kreativitas peserta didik, (3) menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang, (4) bermuatan nilai, etika,estetika, logika, dan kinestetika, dan (5) menyediakan pengalaman belajar yang beragam. Namun penyediaan buku pelajaran secara besar-besaran oleh pemerintah adalah tidak selaras dengan usaha pemberdayaan kompetensi guru. Selain itu pemberlakuan Kurikulum 2013 yang tergesa-gesa dengan persiapan yang tidak matang adalah tidak selaras dengan prinsip akuntabilitas dan sustainabilitas. Walupun demikian guru hendaknya selalu berusaha menyelaraskan diri dengan kebijakan pemerintah walaupun pahit sekalipun. Guru yang baik adalah guru yang teruji, termasuk teruji dengan hadirnya Kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  13. Norma Eka W
    11313244011
    international mathematics education

    menurut pendapat saya terkait makalah dengan judul Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013 oleh Prof Marsigit, kurikulum 2013 adalah kurikulum baru yang diterapkan di Indonesia dan menimbulkan banyak pro serta kontra. menerapkan Kurikulum 2013 yang masih dalam tahap penjajakan adalah hal yang kurang tepat. walaupun, disisi lain, kurikulum 2013 yang menerapkan metode pendekatan saintifik dan juga lebih menggunakan model penemuan terbimbing membuat siswa bisa benar - benar memahami matematika secara mendalam. tapi, masih banyak hal yang harus dibenahi dalam penerapan kurikulum 2013 yang terlahir prematur.

    Seperti yang dikatakan pak prof bahwa Suatu system pendidikan juga dikatakan sehat jika diantara komponen pendukungnya yang berupa kebijakan dan produk-produk hukumnya bersifat konsisten. Sistem ujian nasional tidaklah bersifat konsisten dengan student-centered; juga tidak konsisten dengan semangat reformasi dan otonomi daerah. Penyediaan buku pelajaran secara besar-besaran oleh pemerintah adalah tidak selaras dengan usaha pemberdayaan kompetensi guru.
    Pemberlakuan Kurikulum 2013 yang tergesa-gesa dengan persiapan yang tidak matang adalah tidak selaras dengan prinsip akuntabilitas dan sustainabilitas. Namun, sebagai guru hendaknya selalu berusaha menyelaraskan diri dengan kebijakan pemerintah walaupun pahit sekalipun. dan siswa, juga menjadi salah satu korban karena harus beradaptasi dengan cara baru dalam pembelajaran yang gurunya saja juga sedang mempelajari cara tersebut.

    semoga penerapan kurikulum 2013 bisa lebih baik kedepannya. pun dengan hal yg perlu dibenahi, mari kita benahi bersama!

    ReplyDelete
  14. Chindra Triwulan Dhany
    Pendidikan Dasar/ Kelas B
    NIM. 14712251033

    Assalamualaikum wr.wb
    Sebagai seorang guru, praktisi dan akademisi harus dapat memiliki strategi berfikir dalam tantangan kurikulum 2013 ini. Kita dapat menjawab tantangan ini apabila memiliki bekal pengetahuan, memiliki ketrampilan berpikir kritis dan kreatif. Sehingga tidak akan banyak terjadi permasalahan dalam controversial, ontologis, pedagogis, psikologis dan empiris. Tujuan utama dalam kurikulum 2013 ini adalah agar anak belajar dengan selalu melakukan interkoneksi antara pengetahuan awal dan pengetahuan baru. Melatih anak-anak dalam ketrampilan-ketrampilan sebagai upaya capaian pembelajaran harus dimulai sedini mungkin. Sehingga mampu untuk membekali siswa memiliki strategi berpikir kritis dan dapat mempersiapkan anak terampil yang mampu menghadapi tantangan. Semoga pendidik mampu melaksanakan kurikulum 2013 ini dengan semaksimal mungkin.
    Terimakasih

    Wassalamualaikum wr.wb

    ReplyDelete
  15. Bayu Widiya Dwi Santoso (14709251023 / PM C)
    Tujuan dari implementasi kurikulum 2013 ialah untuk meningkatkan mutu pendidikan bangsa Indonesia. Selain itu, alasan pentingnya kurikulum 2013 adalah untuk mempersiapkan generasi muda dam kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan. Diharapkan para guru dapat mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan sebaik-baiknya menggunakan pendekatan-pendekatan yang cocok dengan kurikulum 2013 sehingga dapat menciptakan generasi muda yang memiliki kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan.

    ReplyDelete
  16. RIA DWI HAPSARI
    14709251046
    PM C

    dalam kurikulum 2013, setiap guru dituntut untuk memiliki potensi yang yang tinggi dalam pemebelajaran. metode pembelajaran yang variatif, menuntut guru untuk lebih baik lagi dalam mengajar. hal ini untuk kemajauan pendidikan di Indonesia. banyaknya manfaat yang dapat di ambil dari diadakannya kurikulum 2013 ini. dalam kurilukum ini guru terdorong untuk menjadi kan murid tidak terpaku pada informasi yang guru berikan saja melainkan mencari informasi sendiri. metode yang melegenda yakni metode ceramah ,sekarang beralih metode metode lain yang lebih variatif dari pada itu. semoga kurikulum baru ini memberikan dampak yang positif yang tidak hanya bagi kalanagn guru saja melainkan peserta didiknya.

    ReplyDelete
  17. VENTI INDIANI
    11313244010
    PEND MATEMATIKA INTER 2011

    kurikulum 2013 adalah kurikulum baru yang diterapkan beberapa tahun terakhir ini di Indonesia. Adanya kurikulum baru ini menimbulkan banyak pro dan kontra. Sebagai perumus kurikulum berasumsi bahwa kurikulum 2013 akan membawa perubahan yang lebih baik bagi dunia pendidikan. namun sebagian pelaksana di lapangan (sekolah) beranggapan bahwa kurikulum 2013 membuat pembelajaran bertele-tele dan lain sebagainya. sebagai yang terlibat dalam dunia pendidikan sudah selayaknya lah saling mendukung untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih baik. emoga kurikulum baru ini memberikan dampak yang positif bagi pendidikan.

    ReplyDelete
  18. Libertus di umart alvares s2 PmatD 14709251029
    Kurikulum 2013 yang dikira angin sejuk yang diberikan oleh menteri tapi kesejukan belum terasa oleh guru dan murid. Banyak tantangan yang wajib taklukan.

    ReplyDelete
  19. 14709251060/ P.Mat C
    Kurikulum 2013 merupakan inovasi baru dalam dunia pendidikan. Kurikulum 2013 diharapkan siswa agar menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pada kurikulum ini, siswa tidak hanya menjadi obyek namun bisa menjadi subyek dengan ikut mengembangkan wawasan pembelajaran yang ada. Dengan adanya Kurikulum 2013 guru dan siswa dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran sehingga mampu menghadapai tantangan perkembangan dunia pendidikan yang ada.

    ReplyDelete
  20. ASLIM ASMAN (14709251057) PM. C

    Bismillaahirrohmaanirrohiim..
    Assalamualaikum. Wr. Wb

    Pada intinya pembelajaran dalam Kurikulum 2013 diselenggarakan untuk membentuk watak, membangun pengetahuan, sikap dan kebiasaan-kebiasaan untuk meningkatkan mutu kehidupan peserta didik.
    Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Struktur kurikulum adalah juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam menyelesaikan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Dalam struktur kurikulum menggambarkan ide kurikulum mengenai posisi belajar seorang siswa yaitu apakah mereka harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada siswa untuk menentukan berbagai pilihan.

    ReplyDelete
  21. Tiara Rusnanda Putri P. Matematika Inter. 2012 (12313244020)

    Saya cenderung sependapat dengan ide bapak dalam makalah tersebut, pada dasarnya kurikulum 2013 cukup bagus, namun masih ada beberapa titik lemah yang perlu diperhatikan. Seperti penerapan teknologi IT dalam hampir setiap penerapan mata pelajaran. Ide tersebut memang bagus, namun kita juga perlu mempertimbangkan bagaimana dengan daerah di Indonesia yang terpencil dan belum begitu mengenal perkembangan IT. Penerapan dalam hal ini akan membuat jurang kesenjangan antara sekolah di kota dan sekolah di desa. Selain itu dalam penerapan metode saintifik pada kurikulum 2013, sepertinya tidak semua mata pelajaran dapat diterapkan metode seperti ini. Selain itu harus ada pedoman yang tepat dalam pelaksanaannya untuk para guru. Selain itu integrasi antara satu materi dengan materi lain benar-benar harus dirancang dengan baik, sehingga kolerasinya dapat benar-benar mengena dan anak pun memahami dengan baik tentang materi tersebut

    ReplyDelete
  22. Daud (14709251039) P. Mat - B

    Assalamu'alaikum wr wb ..

    Tantangan tentang kemajuan teknologi informasi, ekonomi berbasis pengetahuan dan mutu, investasi dan transformasi pada sektor pendidikan.
    Harapannya ketersediaannya buku sebagai bahan ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum.
    Pembelajaran yang mengedepankan pengalaman personal melalui observasi (menyimak, melihat, membaca dan mendengar).
    Penilaian berdasarkan proses dan hasil pekerjaan serta kemampuan menilai sendiri.

    Terima kasih ...

    ReplyDelete
  23. PMat P2TK
    14709259004

    Kurikulum 2013 sebenarnya sangat bagus apabila dilaksanakan tepat seperti teorinya. Untuk itu menjadi tanggung jawab dan tantangan kita bersama sebagai salah satu dari sekian banyak unsyur penentu pendidikan nasional.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  24. Dita Puspitawedana
    P.Mat D(14709251068)

    Dengan kurikulum 2013 ini, diharapkan pendiikan diindonesia akan lebih maju. Dengan adanya kemajuan teknologi juga akan membantu proses pembelajaran lebih mudah. Untuk itu bagi para pendidik harus lebih kreatif dan inofatif dalam proses pembelajran serta dapat memanfaatkan teknologi yang ada dengan baik. Siswa tidak hanya menjadi obyek melainkan subyek juga dalam pembelajran sehingga siswa akan menjadi lebih aktif.

    ReplyDelete
  25. Hasbullah (13709251041)
    PPs UNY Pendidikan Matematika Kelas B

    Implementasi kurikulum 2013 adalah salah satu harapan pemerintah, guru, orang tua murid dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia agar mampu bersaing secara global. Visi dan misi kurikulum ini sangatlah bagus, related to constructivism, student centered learning dan lebih mengeksplor siswa dalam proses getting of knowledge. Akan tetapi setelah membaca artikel tersebut saya menjadi harap-harap cemas akan keberhasilannya. Maka dari itu, peran para pakar pendidikan sangatlah penting dalam mengevaluasi masalah-masalah yang mungkin muncul dalam pengimplementasian kurikulum 2013 ini, apa saja yang harus dilakukan ke depannya dan seperti apa jalan keluarnya. Tentu kita semua berharap pendidikan di Indonesia ke depannya bisa lebih maju, mampu bersaing dan sebagai stepping stone untuk kemajuan pendidikan di Indonesia. Amiin Allahumma amiin

    ReplyDelete
  26. Muhammad Munir 14709251017 P.Mat B
    Assalamualaikum Wr Wb...
    Bismillahirrahmannirrahim,,,
    pendidikan indonesia selalu berubah demi memajukan pendidikan di indonesia. ini bertanda bahwa ini indonesia semakin berkembang dalam pendidikan. pada saat ini pendidikan indonesia menerapkan kurikulum 2013. kurikulum 2013 betujuan agar anak bangsa bisa menciptakan ahlak, moral dan pengetahuan. dalam kurikulum 2013 sangat beda dengan kurikulum lain karena kurikulum 2013 lebih mengarahkan siswa dalam mencari (berpusat pada siswa) guru hanya sebagi Fasilitator. sehingga dengan demikian siswa akan dapat mengembangkan sikap (attitude), pengetahuan (knowledge) dan keterampilan (skill).

    ReplyDelete
  27. Assalamualaikum

    Bismilahirohmanirohim

    Tantangan dalam menghadapi kurikulum 2013 ini tentunya beragam mulai dari belum meratnya diterapkan kurikulum 2013 di beberapa daerah karena guru yang belum mendapatkan pelatihan mengenai kurikulum 2013 dan juga mengenai buku pelajaran yang belum merata semuanya tersamipkan ke beberapa sekolah. Pemerintah terus berusaha agar kurikulum 2013 ini bisa merata di semua wilayah di Indonesia karena pemerintah berusaha mewujudkan terciptanya pembelajaran yang kreatif dan inovatif bagi siswa.

    Terima Kasih
    Wassalam

    ReplyDelete
  28. Yang saya baca pada link http://www.academia.edu/3727714/Tantangan_dan_Harapan_Kurikulum_2013 yang bapak Prof berikan, dapat saya simpulkan bahwa kegiatan pembelajaran dalam skema Kurikulum 2013 diselenggarakan untuk membentuk watak, membangun pengetahuan, sikap dan kebiasaan-kebiasaan untuk meningkatkan mutu kehidupan peserta didik.
    Dengan menilik kurikulum 2013, dapat disimpulkan bahwa Struktur kurikulum adalah juga gambaran mengenai penerapan prinsip kurikulum mengenai posisi seorang siswa dalam menyelesaikan pembelajaran di suatu satuan atau jenjang pendidikan. Dalam struktur kurikulum menggambarkan ide kurikulum mengenai posisi belajar seorang siswa yaitu apakah mereka harus menyelesaikan seluruh mata pelajaran yang tercantum dalam struktur ataukah kurikulum memberi kesempatan kepada siswa untuk menentukan berbagai pilihan. Struktur kurikulum terdiri atas sejumlah mata pelajaran, beban belajar, dan kalender pendidikan.

    Tantangan yang harus dihadapi adalah Kurikulum 2013 telah menampilkan dan melengkapi sosok pendidikan Indonesia yang sedari kelahiran republic ini memenag belum pernah dalam keadaan sehat. Keadaan sehat suatu system pendidikan jika dia bersifat komprehensif, akuntabel, sustainable, konsisten, kreatif, fleksibel, membudaya berakar dari kultur bangsa dan daerah serta mampu berinteraksi pada tataran internasional. Suatu system pendidikan juga dikatakan sehat jika diantara komponen pendukungnya yang berupa kebijakan dan produk-produk hukumnya bersifat konsisten. Sistem
    ujian nasional tidaklah bersifat konsisten dengan student-centered; juga tidak konsisten dengan semangat reformasi dan otonomi daerah. Penyediaan buku pelajaran secara besar-besaran oleh pemerintah adalah tidak selaras dengan usaha pemberdayaan kompetensi guru. Pemberlakuan Kurikulum 2013 yang tergesa-gesa dengan persiapan yang tidak matang adalah tidak selaras dengan prinsip akuntabilitas dan sustainabilitas.

    ReplyDelete
  29. Pendidikan Matematika (14709251075)
    Dalam melakukan suatu inovasi, kita biasanya dihadapkan dengan berbagai tantangan. Namun, tantangan yang selalu datang menghadang, hendaknya tidak membuat kita putus asa. Diperlukan mental tahan uji agar kita tetap bertahan dalam menggapai harapan untuk pendidikan yang lebih baik.

    ReplyDelete
  30. Bismillahirahmanirahim
    Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

    Harapan dari pelaksanaan Kurikulum 2013 adalah penyempurnaan pola pikir, penguatan tata kelola kurikulum, pendalaman dan perluasan materi, penguatan proses pembelajaran, dan penyesuaian beban belajar agar dapat menjamin kesesuaian antara apa yang diinginkan dengan apa yang dihasilkan. Pengembangan kurikulum menjadi amat penting sejalan dengan kontinuitas kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni budaya serta perubahan masyarakat pada tataran lokal, nasional, regional, dan global di masa depan. Aneka kemajuan dan perubahan itu melahirkan tantangan internal dan eksternal yang di bidang pendidikan pendidikan. Karena itu, implementasi Kurikulum 2013 merupakan langkah strategis dalam menghadapi globalisasi dan tuntutan masyarakat Indonesia masa depan.

    Permasalahan yang dihadapi pada implementasi Kurikulum 2013 yang terkesan tergesa gesa, adalah ketidaksiapan guru-guru menerima dan menerapkan kurikulum ini, hampir semua guru yang mengikuti pelatihan bingung dengan pemahaman konsep kurikulum, terlebih pada mata pelajaran yang diterpadukan seperti IPS dan IPA, mereka dipaksakan untuk memahami dan mengajarkan IPS secara terpadu sementara latar belakang pendidikan mereka hanya satu bidang ilmu seperti geografi, sejarah dan sebagainya.

    Kendala lain dalam penerapan kurikulum baru adalah mindset guru yang masih mendominasi, sehingga merupakan pekerjaan berat mengubah mindset lama dengan mainset kurikulum 2013.

    Wassalam.

    ReplyDelete
  31. Saifan Sidiq Abdullah (14709251036)
    PMat B (PPs)

    Bismillaahirrohmaanirrohiim
    Pergantian kurikulum yang sering terjadi di Indonesia dan yang terbaru adalah kurikulum 2013 ini bukan semata-mata karena semangat zaman yang selalu berubah. Melainkan juga disebabkan kepemimpinan politik yang acuannya adalah kepentingan ekonomi global. Kebijakan pemerintah mengenai kurikulum 2013 ini memang acap kali dikritik karena banyak kekurangannya. Salah satu kelemahannya adalah guru yang merupaka aspek penting dalam pendidikan tidak dilibatkan secara langsung dalam pengembangan kurikulum 2013, sehingga terlihat sebagai produk instan. Selain kelemahan, dari kacamata optimis saya, ada kelebihan di kurikulum 2013 ini. Salah satunya adalah mendorong pada aspek kreatifitas dan inovasi pada anak didik sebagai upaya pengembangan karakter. Sekarang tantangan dan harapannya adalah bagaimana tujuan dari kurikulum 2013 ini bisa tercapai. Mencetak sumber daya manusia yang unggul dan kreatif. Dan sekali lagi, sebagus apapun konsep, teori, atau paradigm, bila dalam prakteknya tidak maksimal, maka hasilpun tidak maksimal. Sehingga pemerintah, sekolah, lingkungan harus saling bahu membahu untuk mensukseskan sumber scuan pendidikan di Indonesia ini. terima kasih

    ReplyDelete