Jun 17, 2013

Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013


Dear all,

Ass Wr Wb

Boleh dibaca Makalah saya terbaru berjudul "Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013", yang saya presentasikan pada
Seminar Nasional tentang Kurikulum 2013 di Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), pada
Hari Selasa, 18 Juni 2013, dengan akses ke:

http://uny.academia.edu/MarsigitHrd

Demikian semoga bermanfaat.

Wss Wr Wb

Marsigit
__._,_.___

13 comments:

  1. Menurut saya tantangan bagi kurikulum 2013 didapatkan dari setiap aspek dalam pendidikan. Contohnya dari Guru, guru belum bisa menerapkan pola pendekatan saintifik dalam pembelajarannya, sehingga pembelajaran masih terpusat pada guru, dari aspek siswa: siswa belum siap , belum mampu dan terbiasa untuk bersikap kritis maupun kreatif, belum mempunyai kepercayaan diri untuk mengungkapkan pendapatnya, dari aspek ketiga yakni sarana dan kesiapan sekolah, dan juga tidak kalah penting adalah tantangan dari orang tua dan lingkungan sekitar sekolah.
    Apabila setiap aspek pada pendidikan dapat bekerjasama dengan baik maka tantangan kurikulum 2013 dapat kita hilangkan.
    Butuh kesabaran dan ketekunan agar penerapan kurikulum 2013 dapat dilaksanakan dengan baik

    ReplyDelete
  2. M. Ihsan Ramadhani
    14712251027
    Pendidikan Dasar / Kelas B 2014

    Kurikulum 2013 merupakan tempat di mana siswa terlibat dalam proses menumbuhkan dan mengembangkan kecerdasan kognitif, afektif, dan psikomotorik secara sadar dari dalam dirinya sendiri. Proses ini didukung akan berjalan berkesinambungan apabila seorang guru inovatif,kreatif, kritis dan ikhlas melalui peranannya sebagai fasilitator dalam mengembangkan pola pikir dan potensi siswa.

    ReplyDelete
  3. Nanda Putri Amalia
    11313244012
    Pendidikan Matematika Internasional 2011

    Assalamu'alaykum wr.wb.
    Tantangan dan harapan pada kurikulum 2013 begitu besar. Dimana menuntut siswa untuk berpikir secara runtut, mandiri, kreatif, dan kritis. Kurikulum 2013 juga mengharapkan guru yang kreatif dalam membentuk proses pembelajaran. Namun, hal tersebut memang tantangan yang harus dilakukan dalam pendidikan di Indonesia. Dalam perjalanannya mungkin akan ditemukan banyak permasalahan dan hambatan. Juga akan banyak yang tertatih untuk menggapai harapan tersebut, namun dengan keikhlasan menikmati proses yang ada, akan dipetik suatu masa nanti dimana hal tersebut bukan lagi menjadi tantangan ataupun harapan, melainkan sudah menjadi karakter bagi bangsa Indonesia. Aamiin.

    ReplyDelete
  4. Gamarina Isti R
    11313244002
    Pendidikan Matematika 2011

    Kurikulum 2013 yang menerapkan metode pendekatan saintifik dan menggunakan model penemuan terbimbing membuat siswa bisa memahami matematika secara mendalam. Tetapi dalam implementasinya, masih banyak hal yang harus dibenahi dalam penerapan kurikulum 2013 yang terlahir prematur. Kurikulum 2013 yang merupakan kurikulum baru diterapkan di Indonesia dan menimbulkan banyak pro serta kontra. Kurikulum ni sudah disahkan di Indonesia. Oleh karena itu sebagai seorag pendidik, melaksanakan kurikulum yang sebaik-baiknya merupakan ide terbaik agar tujuan tercapai.

    ReplyDelete
  5. Sis Susanti
    11301241033
    Pendidikan Matematika 2011

    Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang baru diberlakukan selama kurang lebih satu tahun ini. Untuk setiap sistem baru yang diberlakukan, pasti memiliki resiko dan keberhasilannya tersendiri, demikian pula dengan kurikulum 2013 ini, yang menjadi harapan besar bagi bangsa Indonesia untuk kemajuan di bidang pendidikan, namun dengan kondisi bangsa Indonesia yang disertai dengan kekayaan yang melimpah, penduduk yang padat, dan multi kultural ini, merupakan tantangan tersendiri bagi bangsa apakah dengan kurikulum 2013 ini mampu membawa generasi Indonesia yang lebih baik, merata dan meningkatkan kemakmuran rakyat Indonesia ? Inilah tugas besar kita, para pemikir pendidikan, harus berjuang sepenuh hati demi kemajuan bangsa.

    ReplyDelete
  6. Nirma Dwi Febriana (14709251015) P.Mat B
    Assalamualaikum Wr. Wb
    Sesuatu hal yang baru pasti mempunyai tantangan dan harapan. Begitu juga dengan penerapan kurikulum 2013 yang baru saja diterapkan di Indonesia yang mempunyai tantangan dan harapan dalam penerapannya. Pada kurikulum 2013 menggunakan pendekatan saintifik dimana pembelajaran akan lebih bermakna dan terdapat inovasi dalam pembelajaran, serta membuat guru lebih kreatif dan harus bisa mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan nyata. Akan tetapi dalam penerapannya masih terdapat kendala baik itu dari guru maupun dari siswa nya. Itu adalah salah satu tantangan dari penerapan kurikulum 2013 masih terdapat banyak tantangan kedepannya. Sehingga sebagai guru haruslah ikhlas dalam menerapkan kurikulum 2013 dan menjalankannya dengan sebaik-baiknya dengan harapan akan membuat pendidikan di Indonesia akan semakin lebih baik lagi.
    Wassalamualaikum Wr. Wb

    ReplyDelete
  7. Oktaviana Mutia Dewi
    PPS UNY Pmat C
    14709251065

    Assalamu'alaikum Wr. Wb.
    Perubahan dalam sesuatu seringkali akan menimbulkan pro dan kontranya masing-masing. Demikian halnya kurikulum 2013 disamping kelebihan dan kekurangannya. Kurikulum 2013 pasti memiliki tujuannya sendiri, yang saya yakin tujuannya pasti untuk memajukan pendidikan Indonesia. Dalam proses perubahan pasti akan ada hal yang sulit dalam proses yang dijalani. Disamping semua alasan itu, semoga semua aspek yang mencakup dalam pelaksanaan kurikulum 2013. Kedepannya semoga dapat menghasilkan proses pembelajaran yang sanagat diharapkan siswa dapat terfasilitasi dengan baik.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  8. Yeni Wulandari
    11301241011
    Pendidikan Matematika 2011

    Tantangan kurikulum 2013 adalah sarana dan prasarana yang belum memadai dalam menerapkan kurikulum 2013. Tidak semua sekolah memiliki LCD di setiap kelasnya.
    Harapan untuk pendidikan dengan kurikulum 2013 ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  9. Kurikulum 2013. Secara konseptual, telah dimulai pada kurikulum KTSP 2006 sebagai kurikulum yang mengangkat siswa sebagai 'Learning Subject'.Namun seperti yang sudah serig terjadi, dinamika pergantian kurikulum ini tidak murni dengan tujuan akdemik saja.Telah banyak isu yang berkembang, bahwa kurikulum apapun yang mengusung model pendidikan di Indonesia tidak akan ppernah terlepas dari muatan politik. Mengerikan da menyedihkan memang ketika menyadari jika terdapat kebenaran dalam isu ini. Namun lebih dari itu, setiap kurikulum yang dicanangkan oleh pemerintah, hendaknya bermanfaat bagi pengembangan pendidikan di Indonesia. Kurikulum 2013, dalam perjalanannya ke depan tentu akan mendapat banyak tantangan baik yang bersifat tekhnis maupun pragmatis. Oleh karena itu, menjadi tanggung jawab pemerintah dari berbagai steak holder untuk bisa mensinergikan kurikulum 2013 dengan penerapannya di dunia pendidikan, agar nantinya punya manfaat yang signifikan bagi pengembangan dunia pendidikan Indonesia.

    ReplyDelete
  10. Tesi Kumalasari
    (14709251034) Pmat B

    Assalamuallaikum …
    Kurikulum 2013 didalam implementasinya terdapat banyak tantangan dan harapannya. Tantangannya adalah di guru dan siswa itu sendiri. Bagaimana guru menerapkan sebenar-benarnya pendekatan saintifik itu sendiri dan bagaimana guru menilai proses pembelajarannya karena sebagaimana yang diketahui penilaian kurikulum 2013 ini sangat berbeda dengan penilaian kurikulum sebelumnya yang hanya berpacu pada penilaian aspek kognitifnya saja, akan tetapi pada aspek afektif dan psikomotoriknya masih kurang diperhatikan. Dikurikulum 2013 ini ketiga aspek harus dinilai. seperti yang tercantum pada PERMENDIKBUD NOMOR 65 TAHUN 2013, Penilaian proses pembelajaran menggunakan pendekatan penilaian otentik atau authentic assessment yang menilai kesiapan siswa, proses, dan hasil belajar secara utuh. Keterpaduan penilaian ketiga komponen tersebut akan menggambarkan kapasitas, gaya, dan perolehan belajar siswa atau bahkan mampu menghasilkan dampak instruksional dan dampak pengiring dari pembelajaran. Tantangan untuk siswa sendiri adalah siswa belum terbiasa aktif untuk mencari pengetahuannya sendiri, siswa masih menganggap bahwa guru adalah satu-satunya sumber belajar. Harapannya pada implementasi kurikulum 2013 ini siswa dalam proses pembelajarannya lebih bermakna, dan dapat menghasilkan Sumber Daya manusia yang lebih berkualitas lagi.

    ReplyDelete
  11. RIA DWI HAPSARI
    14709251046
    Kurikulum 2013 adalah sebuah terobosan baru di dunia pendidikan Indonesia saat ini. Kurikulum ini lahir karena banyak kalangan menilai bahwa kurikulum KBK dan KTSP belum bisa memberikan arah pendidikan seperti yang di harapkan. Tantangan pelaksanaan kurikulum 2013 adalah minimnya waktu sosialisasi dan pelatihan implementasi yang diberikan kepada guru pelaksana kurikulum 2013 tersebut. Saran untuk semua pemangku kepentingan semoga guru yang melaksanakan kurikulum ini dengan pengetahuan tentang implementasi kurikulum ini dengan bekal yang cukup bukan hanya untuk membuat laporan pelaksanaan kegiatan untuk memenuhi tagihan dari para wakil rakyat yang telah menyetujui pelaksanaan kurikulum ini.

    ReplyDelete
  12. Menurut saya, beberapa permasalahan dihadapi dalam implementasi Kurikulum 2013 antara lain: pelaksanaan kurikulum ini terkesan tergesa-gesa, sehingga pada implementasi di lapangan para guru cenderung tidak siap dalam menerima dan menerapkan kurikulum ini. Hampir semua guru yang mengikuti pelatihan bingung dengan pemahaman konsep kurikulum, terlebih pada mata pelajaran yang diterpadukan seperti IPS dan IPA, mereka dipaksakan untuk memahami dan mengajarkan IPS secara terpadu sementara latar belakang pendidikan mereka hanya satu bidang ilmu seperti geografi, sejarah dan sebagainya. Semestinya pemerintah memikirkan peningkatan SDM guru tersebut dengan memberikan muatan ilmu yang lebih kompoten kepada guru melalui jalur pendidikan khusus (IPA dan IPS) sebelum kurikulum tersebut diberlakukan. Masalah lain yang muncul adalah kesulitan dalam implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran. Pendekatan ini sebenarnya memungkinkan pembelajaran berpusat pada siswa berjalan, namun karena kekurang pahaman guru ybs mengakibatkan pendekatan ini dalam pelaksaannya seringkali tidak sesuai dengan standar yang ditetapkan dalam permen tentang kurikulum 2013. Di beberapa daerah, keterlambatan buku siswa yang dijanjikan pemerintah akan diperoleh, ikut banyak menghambat implementasi kurikulum 2013.

    ReplyDelete
  13. Enggar Prasetyawan
    14709251007
    Tentang Kurikulum 2013, berbagai persiapan telah dilaksanakan, seperti penyiapan pelatihan guru, buku pegangan guru, buku peangan siswa , sosialisasi dan sebagainya. Namun, dari observasi yang pernah saya dan rekan saya lakukan di sekolah (terkait tugas Managemen Pendidikan Matematika) masih banyak atau masih ada sekolah yang tidak atau belum mengerti tentang kurikulum 2013. ini merupakan tantangan tersendiri bagi terlaksananya keberhasilan kurikulum 2013 yang diharapkan.
    Disadari bahwa guru merupakan unsur penting keberhasilan proses pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, harapan keberhasilan pendidikan sering dibebankan pada guru. Salah satu hal mendasar yang penting disikapi oleh guru adalah kesiapan mental terhadap perubahan. Guru tidak boleh terjebak dalam rutinitas dan formalitas. Jadi menurut saya yang diharapkan kurikulum 2013 adalah guru mampu memberikan kontribusi membawa siswa aktif dalam belajar sehingga ketercapaian kurikulum 2013 yang diharapkan bisa tercapai.

    ReplyDelete