Jun 17, 2013

Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013


Dear all,

Ass Wr Wb

Boleh dibaca Makalah saya terbaru berjudul "Tantangan dan Harapan Kurikulum 2013", yang saya presentasikan pada
Seminar Nasional tentang Kurikulum 2013 di Universitas PGRI Yogyakarta (UPY), pada
Hari Selasa, 18 Juni 2013, dengan akses ke:

http://uny.academia.edu/MarsigitHrd

Demikian semoga bermanfaat.

Wss Wr Wb

Marsigit
__._,_.___

10 comments:

  1. Maulida Yulianti

    123131244010

    International Mathematics Education 2012

    Bismillahirrahmaanirrahiim...

    Assalamualaikum Wr. Wb.

    Kurikulum 2013 merupakan salah satu program terbaru pemerintah terhadap pendidikan di Indonesia. Namun jika diamati, sudah berapak kali pemerintah mengganti kurikulum? Apakah setelah kurikulum 2013 ini bakal ada kurikulum baru lagi yang akan diterapkan?

    Salah satu cara untuk mengetahui sehat tidaknya suatu praktek kependidikan adalah dengan cara melihat konsistensi berbagai produk hukum sertakebijakan implementasi di lapangan. Masih terdapat masalah dalam proses implementasi kurikulum 2013 di masyarakat. Memang benar kurikulum 2013 ini sekarang sudah mulai lebih membiarkan proses belajar menjadi student center dan bukan lagi teacher center, guru pun sudah mulai dituntut agar lebih kreatif lagi dalam mengembangkan media pembelajaran bahkan lks yang akan mereka gunakan, walau demikian masih terdapat beberapa kendala-kendala dan sepertinya itu berasal dari pusat, kita pun hanya bisa menunggu kapan sepenuhnya kurikulum 2013 ini dapat diterapkan serta dipahami oleh semua instansi pendidikan di Indonesia ini, apakah setelah ganti menteri nanti akan ada penggantian lagi?

    Sekian opini dari saya terima kasih.

    Wasaalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  2. Jeaniver yuliane k(14709251006)
    PM A

    upaya dan harapan pemerintah untuk terus memperbaiki pendidikan di Indonesia patut dihargai, tetapi menurut saya untuk berupaya itu tidak cukup dengan berteori tetapi juga dibarengi dengan adanya observasi terlebih dahulu, uji coba kebijakan dan aspek-aspek yang terdapat dalam kurikulum, memperhatikan kesiapan dari berbagai aspek,anggap saja untuk membuat suatu ketetapan,harapan dan upaya itu seperti kita melakukan penelitian, butuh tahapan-tahapan agar kemudia bisa dipergunakan, ketika nanti ada kekurangan, kekurangan tersebut tidak berdampak begitu besar.

    ReplyDelete
  3. PM P2TK (14709259003)

    "Sebagai guru hendaknya selalu berusaha menyelaraskan diri dengan kebijakan pemerintah walaupun pahit sekalipun. Guru yang baik adalah guru yang teruji termasuk teruji dengan hadirnya kurikulum 2013 yang sarat dengan persoalan ontologis, psikologis serta persoalan teknik implementasinya."
    Sungguh kata-kata tersebut sangat menginspirasi. Meskipun pada awal-awal dulu banyak perdebatan pro dan kontra tentang akan diberlakukannya kurikulum 2013, toh kurikulum itu juga sudah secara serentak dilaksanakan di Indonesia pada tahun pelajaran 2014/2015 ini. Selayaknyalah sebagai guru kita harus mengikuti perubahan yang ada demi kemajuan pendidikan Indonesia. Andaikan saja setelah ini ada pergantian kurikulum lagi, sebagai guru kita juga harus mengikutinya. Ambil yang baik dan tinggalkan yang buruk. Semoga kesabaran selalu hidup dalam jiwa guru-guru di Indonesia.

    ReplyDelete
  4. Maria trisna sero wondo(pmatc,14709251050)

    Saya tertarik dengan kalimat"sebagai guru hendaknya selalu berusaha menyelaraskan diri dengan kebijakan pemerintah walaupun pahit sekalipun. Guru yang baik adalah guru yang teruji,termasuk teruji dengan hadirnya kurikulum 2013"
    Guru harus menerima apa yang menjadi kebijakan pemerintah. Walaupun sekarang masih banyak permasalahan yang dihadapi antara penerimaan dan penolakan kurikulum 2013 tetapi tetap saja harus diterapkan di seluruh indonesia. Kita sebagai guru harus bisa menerima perubahan yang ada walaupun sulit untuk menjalankannya...

    ReplyDelete
  5. Assalamualaikum. Wr. Wb
    Weni Gurita Aedi. P. Mat B (14709251012)
    Salah satu langkah pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan di indonesia yaitu dengan melaksanakan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 diselenggarakan untuk membentuk watak, membangun pengetahuan, sikap dan kebiasaan-kebiasaan untuk meningkatkan mutu kehidupan peserta didik. Kegiatan pembelajaran diharapkan mampu memberdayakan semua potensi peserta didik untuk menguasai kompetensi. Dengan demikian guru diharapkan mampu mengimplementasikan metode pembelajaran yang inovatif (students-centered) dan pembelajaran konvensional (teacher-centered) dianggap tidak lagi mampu memenuhi harapan-harapan pendidikan. Banyak pro dan kontra terkait pelaksaan kurikulum 2013. Dan tidaklah mudah mengubah praktek pembelajaran dari suatu kebiasaan lama ke hal baru apalagi beserta mind set nya. Diperlukan waktu yang cukup lama dan perlu dilakukan secara masal atau menjadi gerakan masal (membudayakan) dengan multi pendekatan agar para guru mampu melaksanakan pendekatan tematik dan integratif dalam pembelajaran. Hal ini juga salah satu yang sepertinya diabaikan oleh pemerintah dalam rencana implementasi Kurikulum 2013. Akan tetapi sebagai seorang guru hendaknya selalu berusaha menyelaraskan diri dengan kebijakan pemerintah walaupun pahit sekalipun. Terima kasih
    Wassalamualaikum. Wr. Wb

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum Wr.Wb
    Mau tidak mau, dunia akan berubah dengan segala konsekuensinya...berubah dalam banyak hal..dalam dunia pendidikan saat ini, yang sedah panas diperbincangkan adalah dengan diberlakukannya kurikulum 2013...dimana di kurikulum ini menuntut bukan hanya siswa yang aktif, tetapi guru juga harus aktif mencari sumber ilmu lain, tidak hanya mengacu pada buku guru dan buku siswa.tantangan kurikulum 2013 ini bagi guru adalah, guru harus lebih menguasai IPTEK, untuk mencari sumber ilmu lain di dunia maya, guru harus bekerja ekstra keras dalam melakukan penilaian karena penilaian tidak hanya diberikan akumulatif satu poin saja. sedang tantangan bagi siswa, adalah siswa harus banyak membaca, mencari literatur lain dan banyak bertanya kepada guru, atau siapapun. harapan kurikulum 2013 ini adalah semoga pendidikan indonesia semakin maju, karena pembelajaran dalam kurikulum 2013 ini bobot materi lebih ringan, dan dititik beratkan pada fakta, praktek langsund di lapangan dan alam sekitar, sehingga siswa merasa lebih paham tentang apa yang dipelajarinya. terimakasih.Wassalamu'alaikum Wr.wb

    ReplyDelete
  7. Veronica Wiwik Dwi Astuty PMat B (14709251063)
    Seiring dengan berjalannya waktu, perkembangan zaman, dan kemajuan IPTEK menyebabkan pendidikan pun ikut dikembangkan. Adanya Kurikulum yang baru yaitu Kurikulum 2013 diharapkan dapat melengkapi dan memperbaiki kekurangan di kurikulum sebelumnya. Pemerintah telah melahirkan kurikulum baru yang diharapkan mampu menciptkan SDM yang unggul dan berkarakter demi kemajuan bangsa dan negara. Sebagai seorang guru yang profesional diharapkan selalu mampu beradaptasi terhadap kurikulum yang ditetapkan oleh pemerintah, tapi hal itu tidaklah mudah. Perlu adanya persiapan bagi seorang guru dengan diadakannya diklat ataupun pelatihan. Namun, pada dasarnya agar dapat menyesuaikan diri dengan perubahan kurikulum yang perlu ditanamkan dalam benak seorang guru adalah sikap kreatif dan inovatif. Apapun perubahan kurikulum yang ditetapkan pemerintah, guru mampu menyelaraskan diri.

    ReplyDelete
  8. Maria Antonia Y.Meo(14709251089)
    PMatC 2014
    Kurikulum 2013 merupakan salah satu upaya Pemerintah untuk meningkatkan pendidikan di negara kita.Walaupun banyak kendala.baik berasal dari guru,siswa maupun sarana dan prasarana,kurikulum ini tetap harus dijalankan.Sebagai guru,kita tak boleh putus asa,tetapi berusaha untuk belajar dan selalu belajar karena semua kesulitan ataupun hambatan pasti bisa teratasi asalkan ada kemauan.

    ReplyDelete
  9. Rahmi Hidayati (14709251051/Pmat C'14)

    Assalamualaikum Wr.wb
    Tantangan dan harapan kurikulum 2013. Saat kita ingin melakukan perubahan banyak harapan dan tantangan yang harus kita hadapi. Harapan pemerintah ingin meningkatan mutu pendidikan yang ada diindonesia dengan kurikulum 2013 tapi banyak tantangan yang berat dalam menjalninya.
    wassalamualaikum Wr.Wb

    ReplyDelete
  10. Ida Trisnadati P Mat D/14709251033
    Assalammualaikum Bapak Marsigit

    Malalui kurikulum 2013 ini tentunya pemerintah berharap pendidikan di Indonesia semakin maju. Di awal pelaksanaannya pastilah harus dilaksanakan diklat dan pelatihan pelatihan untuk menyeragamkan pemahaman akan kurikulum 2013. Sebagai guru yang bijak seyogyanya kita dapat fleksibel terhadap perubahan yang ada, bersikap terbuka dan selalu berinovasi sejalan dengan perkembangan zaman dan teknologi.

    ReplyDelete