May 31, 2013

Urgensi Filsafat dalam Pendidikan Islam untuk Pendidikan Karakter




Dear all,

Ass, boleh dibaca makalah saya terbaru berjudul "Urgensi Filsafat dalam Pendidikan Islam untuk Pendidikan Karakter" yang saya presentasikan di Universitas Panca Budi Medan pada Hari Sabtu, 1 Juni 2013, dengan akses berikut:

http://uny.academia.edu/MarsigitHrd

Demikian semoga bermanfaat.

Wss

Marsigit

45 comments:

  1. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Dari makalah yang saya abaca, filsafat berfungsi untuk memperjelas dan memperkaya bentuk atau formnya dan juga substansinya agar nilai karakter Islamiah dapat muncul melalui bentuk material, formal, normative dan spiritualnya. komunikasi spiritual memiliki peran yang sangat penting dalam mempelajari ilmu-ilmu lain. Di dunia ini, tetaplah nilai spiritual memiliki kedudukan tertinggi. Sehebat-hebat apapun ilmu di dunia, akan lebih berarti apabila dilandasi dengan nilai spiritual. Intelektual dengan spiritual harus benar-benar imbang. Sehebat-hebatnya orang adalah dia yang memiliki spiritual yang kokoh dalam dirinya. Hal inilah yang perlu ditanamkan dalam pendidikan islam, agar dapat mencetak generasi yang mampu mnggali dan mengembangkan filsafat Islam untuk melawan Power Now.

    ReplyDelete
  2. Fevi Rahmawati Suwanto
    16709251005
    PMat A / S2

    Islam pada dasarnya mewajibkan setiap umatnya untuk terus menuntut ilmu yang positif selama kita hidup sebagai bekal hidup sebagai khalifah di dunia maupun bekal di akhirat kelak. Ilmu yang dituntut sifatnya luas dan tak terbatas maka termasuk jugalah filsafat di dalamnya. Filsafat sebagai sebuah ilmu yang merupakan sumber dan awal bagi tumbuh dan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di semua Negara di dunia ini karena berhubungan dengan olah pikir manusia itu sendiri. Pentingnya filsafat ini bukan hanya bagi perkembangan iptek tetapi juga perkembangan karakter yang handal dalam menghadapi tantangan iptek. Perkembangan karakter dapat dilakukan lebih intens melaui pendidikan formal maupun keagamaan. Maka dari itu sistem pendidikan termasuk pendidikan Islam yang ada harus memadukan seluruh unsur penting pembentuk pendidikan yang unggul (termasuk filsafat didalamnya) untuk mengembangkan iptek dan karakter pembelajar.

    ReplyDelete
  3. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Berdasarkan makalah tersebut bahwa filsafat mmerupakan sumber awal bagi tumbuh berkembangnya ilmu pengetahuan. Pendidikan islam selalu menempatkan ilmu-ilmu barat sebagai dasar untuk menumbuhkan pemikiran islam walaupun dipenuhi sikap menolak ilmu barat. Agama dan filsafat berbeda, agama diyakini dan diamalkan oleh pemeluknya berasal dari tuhan, sedangkan filsafat olah pikir manusia. filsafat merupakan olah pikir refleksif manusia yang memungkinkan untuk mengembangkan kemampuan memahami ajaran agama. Dengan kata lain filsafat itu seagai faktor pendukkung untuk meningkakan nilai spiritualnya.

    ReplyDelete
  4. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Islam merupakan hidayah dari Allah untuk umatNya agar mencapai keselamatan di dunia dan di akhirat. Iman kepada Allah merupakan point awal untuk manusia melaksanakan ibadah dan dalam pemikiran Islam. Pembentuka karakter diawali dengan akidah Islam. Fungsi filsafat adalah memperkaya, memperjelas pembentukan karakter agar karakter Islamiah dapat muncul melalui material, formal, normatif, dan spiritualnya. Oleh karena itu, jika kita sebagai manusia telah mempunyai keyakinan teguh tentang spiritual kita maka dengan filsafat sebenarnya akan lebih menghantarkan kita kepada aspek spiritual dimana dapat menambah keteguhan iman Islam seorang manusia.

    ReplyDelete
  5. Raden Muchammad Nurrizal Hasbi Ashshidiqqie
    13301244013
    S1 Pendidikan Matematika C 2013

    Pendidikan karakter harus didasari oleh pendidikan agama. Dalam Islam, segala sesuatunya bersumber pada Al-Qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW. Filsafat sangat dibutuhkan dalam pendidikan agaman Islam untuk pembentukan karakter. Dengan filsafat, seseorang dapat berpikir, membedakan baik dan buruk, salah dan benar dengan berpedoman kepada Al-Qur'an dan Sunnah. Seseorang yang mendapatkan ilmu filsafat akan terbiasa untuk berpikir kritis, dan tidak akan mudah terpengaruh oleh hal-hal yang belum diketahui kebenarannya menurut Al-Qur'an dan Sunnah Rasul. Dengan filsafat Islam, seseorang akan memiliki pemahaman yang lebih kuat dan kaffah (menyeluruh) tentang Islam itu sendiri. Hal ini selanjutnya akan dijadikan sebagai pondasi pembentukan karakter.

    ReplyDelete
  6. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    filsafat titik tolak perkebangan ilmu pengetahuan pada diri seseorang. sedangkan pembentukan karakter itu sediri diawali dengan akidah Islam. kemudian diteruskan dengan perkembangan pengetahuan yang merupakan pross berfilsafat dalam dii seseorang. dengan adaya dasar akidah dan perkemangan pengetahuan tersebut maka terbentuklah karaker yang baik.

    ReplyDelete
  7. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Filsafat sebagai sebuah ilmu yang merupakan sumber dan awal bagi tumbuh dan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi di semua Negara di dunia ini karena berhubungan dengan olah pikir manusia itu sendiri. Pentingnya filsafat ini bukan hanya bagi perkembangan iptek tetapi juga perkembangan karakter yang handal dalam menghadapi tantangan iptek. Dengan kata lain filsafat itu sebagai faktor pendukkung untuk meningkakan nilai spiritualnya.

    ReplyDelete
  8. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    filsafat berfungsi untuk memperjelas dan memperkaya bentuk atau formnya dan juga substansinya agar nilai karakter Islamiah dapat muncul melalui bentuk material, formal, normative dan spiritualnya. Pendidikan karakter harus didasari oleh pendidikan agama.Pendidikan islam selalu menempatkan ilmu-ilmu barat sebagai dasar untuk menumbuhkan pemikiran islam walaupun dipenuhi sikap menolak ilmu barat.

    ReplyDelete
  9. Nuha Fazlussalam
    13301244023
    s1 pendidikan matematika c 2013

    filsafat dalam pendidikan islam bisa menajdi sebuah alat untuk bisa lebih menjadikan dekat dengan pemahaman mendalami agama islam.

    ReplyDelete
  10. Al-Qur'an adalah sumber segala ilmu. Sehingga ayat pertama sudah menekankan Bacalah..Bacalah... sudah tersirat maupun tersurat bahwa alam semesta dan diri sendiri perlu dibaca, dihayati dilakukan. Karena sebenar-benar Filsafat adalah membaca...

    Nur Tjahjono Suharto
    PEP S3 (A)
    16701261007

    ReplyDelete
  11. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Agama adalah sebuah keyakinan yang dianut oleh pemeluknya dan itu berasal dari Tuhan sedangkan Filsafat adalah olah pikir yang dilakukan manusia. Sehingga terkadang dalam beberapa ilmu tertentu filsafat menjadi suatu kajian yang dilakukan oleh manusia untuk mengkaji apa saja yang ada dalam agama, dan itu sudah dilakukan dari dulu seperti Aguste Compte yang meletakkan agama sebagai daerah paling bawah dan sebagai unsur primitf dan meletakkan sains di atas segalanya. sedangkan dalam pendidikan Islam tidaklah seperti itu untuk membangun dunia maka rujukan kita adalah Agama, karena Agama yang akan membawa kita kedalam pencerahan dan jalan yang lurus.

    ReplyDelete
  12. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Satu hal penting yang saya dapatkan dari artikel di atas yakni dalam pembentukan karakter, kekuatan spiritual adalah yang terpenting. Kekuatan spiritual adalah pemahaman tentang agama. Karena agama telah mencakup semuanya, agama memberi batas batas dan membuat kita mampu melampaui batas.
    Hal ini sejalan dengan filsafat hidup orang indonesia, yang sedang berusaha meletakkan spiritual atau agama di struktur paling atas. Negeri ini adalah negeri umat beragama, maka sejatinya pendidikan karakter harus ditekankan agar kaum-kaum terdidik tidak hanya cerdas akademis namun juga cerdas spiritual. Aamiin.

    ReplyDelete
  13. Erni Anitasari
    16709251007
    S2 Pend. Matematika Kelas A

    Kita sebagai pemeluk suatu agama dan sebagai manusia yang memiliki iman tentunya kita mengetahui tentang ajaran agama yang kita anut. Mengetahui tentang perintah yang ada pada agama yang kita anut dan mengetahui larangan yang ada pada ajaran agama yang kita anut. Akan tetapi terkadang kita kurang memahami makna dari suatu larangan atau perintah yang diserukan oleh agama yang kita anut walaupun kita tahu bahwa pada dasarnya agama mengajarkan kebaikan pada setiap umatnya. Menurut saya dengan mempelajari filsafat kita dapat berfikir realistik dan menarik benang merah dari suatu ajaran agama. Apabila kita dapat menemukan benag merahnya, maka kita akan bertambah yakin pada suatu agama tersebut karena kita mengetahui makna yang terkandung pada ajaran agama tersebut. Dan kita memahami makna larangan dan perintah yang diserukan oleh agama yang kita anut. Jadi dengan kata lain apabila kita mempelajari filsafat dengan cara yang baik dan benar maka akan menambah kekuatan iman kita.

    ReplyDelete
  14. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    Pendidikan karakter itu penting dalam mengembangkan individu terutama dalam hal sikap yang baik. Dengan pendidikan karakter, setiap siswa dibiasakan untuk mengembangkan karakternya menjadi karakter yang baik. Sehingga dalam proses pembelajaran, dituntut untuk mengandung pendidikan karakter disana. Terlebih lagi saat ini banyak serangan-serangan dari negara-negara powernow paling banyak melalui perkembangan teknologi. Sehingga jika tidak hati-hati dan bijaksana, maka akan berdampak buruk bagi siswa. Oleh karena itu, perlu diterapkannya pendidikan karakter sejak dini. Pendidikan karakter itu salah satunya dapat bersumber pada adat istiadat, undang-undang, dan juga Al Qur’an dan Hadist sebagai pedoman mana yang baik dan mana yang buruk.  

    ReplyDelete
  15. Fandi Kurnia Giri
    13301241012
    Pend. Matematika A 2013

    Wa’alaykumsalam.
    Saya teringat apa yang Bapak sering katakan ketika pembelejaran. Bahwa untuk membaca blog ini, haruslah dengan hati yang ikhlas serta jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum membacanya. Serta Bapak juga selalu mengatakan, setiap detiknya aktifitas yang kita lakukan berusahalah agar selalu menyebut nama Allah, dari kata-kata tersebut saya dapat memahami pendidikan agama selalu ada ketika dimanapun baik dalam pembelajaran filsafat. Serta untuk mengembangan karakter yang baik, haruslah dibentengi dengan spiritual. Dalam kajian mata kuliah filsafat segala hal mengenai itu dibahas juga turut dibahas.

    ReplyDelete
  16. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Dewasa ini, struktur filsafat di Indonesia mengalami disorientasi. Hal ini bermula dari pemikiran A. Compte yang mengatakan bahwa agama itu tidak logis sehingga struktur yang dibuat olehnya agama diletakkan paling bawah dan paling atas adalah positivisme atau saintifik. Berangkat dari situlah zaman powernow saat ini, spriritual hanya sampai tingkat tradisional saja, jauh sekali dengan tingkat yang bernama powernow/kontemporer pada struktur sekarang. Sehingga spiritual tidak menjadi puncak dalam struktur kehidupan.

    ReplyDelete
  17. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Spiritual berada pada hati manusia, sehingga ketika seseorang memiliki spiritual maka ia telah menaruh Tuhan pada dirinya didalam hatiya. Ketika manusia telah menaruh Tuhan didalam Hatinya maka secara tidak disadari karatker, karakter yang terbentuk atas pemikirannya mempertimbangkan apa yang diyakini dihatinya. Meskipun seseorang melaksanakan tuntunan agama tetapi Jika tidak ada Tuhan didalam hatinya, maka mudah bagi dirinya untuk melakukan tindak kejahatan seperti korupsi dan sebagainya. Dan baiknya sisi manusia dapat dilihat dari rasa belas kasihnya yang tinggi terhadap diri sendiri bahkan dengan yang lainnya.

    ReplyDelete
  18. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Berdasarkan makalah yang berjudul Urgensi Filsafat dalam Pendidikan Islam untuk Pendidikan Karakter, yang bisa saya petik adalah bahwa filsafat adalah sumber berkembangnya ilmu pengetahuan yang lainnya. Filsafat juga ada dalam pendidikan karakter yang berdasarkan pendidikan agama. Dalam hidup harus diperkuat spiritualnya agar kehidupan tidak goyah dan terjerumus pada jalan yang sesat.

    ReplyDelete
  19. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    filsafat pendidikan Islam merupakan suatu kajian secara filosofis mengenai berbagai masalah yang terdapat dalam kegiatan pendidikan yang didasarkan pada al-Qur’an dan al-Hadits sebagai sumber primer, serta pendapat para ahli (khususnya para filosof Muslim) sebagai sumber skunder. sehingga sangat penting memahami filsafat dari pendidikan islam terkhusu dalam pendidikan karakter, karena dalam islamlah sebenar-benar karakter yang baik itu di bentuk, yang sesuai dengan ruang dan waktu.

    ReplyDelete
  20. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Dengan mempelajari filsafat pendidikan islam berarti memasuki arena pemikiran yang mendasar, sistematik, logis, dan universal tentang pendidikan yang bersumber dari ajaran-ajaran Islam. sehingga karakter pun akan terbentuk dan tertanam dalam jiwa, sehingga dalam pembelajaranpun karaktertersebut muncul, karena ajaran islam lah sebenar-benar filsafat jika ingin mencapai karakter.

    ReplyDelete
  21. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Dalam pendidikan akhlak, kriteria benar dan salah dalam menilai suatu perbuatan merujuk kepada Alqur’an dan Assunnah. Telaah lebih dalam terhadap konsep akhlak adalah terbentuknya karakter positif dalam perilaku seorang individu. Karakter positif ini tiada lain adalah penjelmaan sifat-sifat mulia Tuhan dalam kehidupan manusia. Namun demikian, dalam implementasinya pendidikan akhlak selama ini masih cenderung pada pengajaran right and wrong seperti halnya pendidikan moral.

    ReplyDelete
  22. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Karakter merupakan titian ilmu pengetahuan dan keterampilan.Pengetahuan tanpa landasan kepribadian yang benar akan menyesatkan, dan keterampilan tanpa kesadaran diri akan menghancurkan. Karakter itu akan membentuk motivasi, yang dibentuk dengan metode dan proses yang bermartabat. Karakter bukan sekedar penampilan lahiriyah, melainkan mengungkapkan secara implisit hal-hal yang tersembunyi.

    ReplyDelete
  23. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Dalam kaitannya dengan pendidikan akhlak, pendidikan karakter mempunyai orientasi yang sama yaitu pembentukan karakter (watak). Pandangan bahwa pendidikan akhlak terkesan timur dan Islam, sedangkan pendidikan karakter terkesan barat dan sekuler, bukan alasan untuk dipertentangkan. Pada kenyataannya keduanya memiliki ruang untuk saling mengisi.

    ReplyDelete
  24. Khaerudin
    16701261009
    S3 PEP Kelas A 2016

    Pada filsafat pendidikan Islam yang bercorak tradisonal, tentunya tidak bisa dipisahkan dengan aliran mazhab filsafat yang pernah berkembang dalam dunia Islam. Filsafat pendidikan Islam berusaha menganalisa pandangan aliran-aliran yang ada terhadap masalah-masalah kependidikan yang dihadapi pada masanya dan bagaimana implikasinya dalam proses pendidikan.

    ReplyDelete
  25. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Dalam belajar filsafat kita tidak boleh terlepas dari dunia spritual. Telah kita ketahui bersama bahwa kedudukan yang paling tinggi adalah dunia spritual. Fisafat dan spritual, keduanya dapat membentuk karakter pada diri manusia. Pendidikan tidak bisa dipisahkan oleh filsafat sebagai pedoman bagaimana seharusnya pendidikan itu. Begitu pula dengan pendidikan Islam yang tidak bisa terlepas dengan filsafat. Filsafat dalam pendidikan Islam sebagai pedoman pendidikan yang berfungsi mengaplikasikan ajaran agama Islam dalam pendidikan karakter.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  26. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Ilmu filsafat menjadi sangat bermanfaat ketika kita mampu menerapkannya dalam segala lini kehidupan kita. Termasuk pula dalam kita beragama. Agama mengandung beberapa perintah tentang apa yang harus dan apa yang seharusnya tidak dilakukan oleh manusia. Terkadang aturan agama itu kita anggap terlalu mengekang kita. Coba gunakanlah ilmu filsafat untuk mengetahui hakekat dari perintah dan larangan Tuhan. Tuhan pasti meletakkan manfaat dari suatu perintahnya dan meletakkan mudharat dibalik sesuau yang dilarangnya. Cobalah untuk memahami secara filsafat tentang ajaran agama yang kita anut agar tidak timbul kontradiksi dalam diri kita tentang apa yang harus dan tidah seharusnya dilakukan manusia menurut ilmu agama. Wallahua’lam..

    ReplyDelete
  27. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    Berdasarkan link tersebut, secara ontologis filsafat dan agama berbeda. Karena filsafat bersumber dari olah pikir manusia sedangkan agama berasal dari Tuhan sesuai yang diyakini. Akan tetapi filsafat dapat menjadi faktor pendukung dalam meningkatkan kualitas ibadah. Dalam struktur hierarkis berdimensional agama berada di paling atas, untuk kemudian berfungsi sebagai pedoman dalam moral atau karakter

    ReplyDelete
  28. Siti Mufidah
    13301241036
    Pendidikan Matematika A 2013

    Dalam membangun ilmu pengetahuan yang berdasarkan Al Quran dan hadist terdapat beberapa syarat untuk menggunakan filsafat anatara lain keterbukaan bahwa filsafat mempunyai kemampuan untuk membangun struktur dunia, keterbukaan diri, kemauan dan kemampuan untuk menggalai pemikiran Islam. Upaya untuk membangun karakter intelektual perlu didukung dengan dasar pendidikan karakter bagi setiap peserta didik baik pendidikan formal maupun pendidikan non formal. Misalnya melalui pendidikan agama Islam untuk membentuk karakter sehingga terwujud karakter atau akhlak yang mulia bagi peserta didik. Maka, pendidikan karakter itu penting dan dapat dibangun melalui pendidikan sekolah ataupun pendidikan dalam agama Islam. Terima kasih.

    ReplyDelete
  29. Pemahaman sy trhadap makalah yang berjudul Urgensi Filsafat dlm Pendidikan Islam untuk Pendidikan Karakter, yang bisa sy ambil kesimpulan adalah bahwa filsafat merupakan sumber dan dasar berkembangnya ilmu pengetahuan yang lainnya. Dalam hidup harus diperkuat spiritualnya agar kehidupan tidak goyah dan terjerumus pada jalan yang sesat. Artinya ilmu pengetahuan harus didasarkan pada sumber agama al quran dan hadits.

    M saufi rahman
    S3 PEP Kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  30. Dari makalah di atas saya menyimpulkan bahwa filasafat merupakan sumber dan dasar bagi ilmu-ilmu yang lain. Komunikasi spiritual memiliki peran yang sangat penting, terlebih dengan melihat adanya pengaruh globalisasi yang makin besar maka dibutuhkan suatu pedoman yang kuat, yaitu pemahaman spiritual. Seperti struktur dunia yang telah digambarkan, spiritual memiliki kedudukan tertinggi. Jadi ilmu pengetahuan harus berlandaskan pada agama yang kuat.

    Triwid Syafarotun Najah
    16701261011
    PEP S3 (A) 2016

    ReplyDelete
  31. Rhomiy Handican
    16709251031
    PPs PEndidikan MAtematika B 2016

    Menghubungkan filsafat pendidikan agama untuk pendidikan karakter adalah suatu hal yang memang terkandung didalam berfilsafat. kadangkala kita menemui di filsafat kuno bahwa agama tidak dipercaya sehingga ada yang tidak percaya akan ketuhanan. Namun dibalik itu semua filsafat yang modern mengajarkan kita untuk lebih dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa. dari ajaran tersebut kita akan lebih cenderung untuk mengubah prilaku kita ke arah yang lebih baik. dalam artian karakter dibangun dari reflektif filsafat.

    ReplyDelete
  32. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Agama merupakan keyakinan yang diamalkan oleh pemeluk. Sumber ajaran Agama berasal dari Tuhan. Agama diturunkan sebagai pedoman moral untuk manusia dengan cara emahami,
    menafsirkan dan mengamalkannya. Sementara filsafat merupakan olah pikir reflektif manusia. Dengan demikian menurut makalah tersebut, filsafat sebagai olah pikir memiliki kemungkinan untuk dapat mengembangkan kemampuan memahami dan menafsirkan butir-butir ajaran agama. Filsafat diharapkan dapat mendukung pemeluk agama untuk meningkatkan kualitas ibadahnya.

    ReplyDelete
  33. Ika Dewi Fitria Maharani
    16709251027
    PPs UNY P.Mat B 2016

    Urgensi filsafat dalam pendidikan yaitu diperlukan komunikasi yang terbuka dan dinamis antara Agama dan Filsafat agar diperolah ruang transisi (buffer) sebagai arena interaksi sinergis untuk memilah dan memilih kriteria unsur-unsurnya. Sikap istikamah adalah karakter tingkat tinggi dalam Islam diharapkan mampu mengundang dan mempersilahkan Filsafat untuk sharing dan presentasi idea atau gagasannya demi kemslahatan bersama. Filsafat akan memandu seseorang menggapai dunia spiritualitasnya sampai batas yang diijinkan.

    ReplyDelete
  34. Naja Nusaibah
    13301241042
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Terima kasih Bapak Prof. Marsigit telah membagikan link tentang urgensi filsafat dalam pendidikan islam untuk pendidikan karakter. InsyaAllah bermanfaat bagi kami selaku pembaca dan selaku calon guru. Pendidikan karakter memang sangat penting bagi anak-anak, dan siswa. Dalam islam pun ada anjuran untuk ngaji tentang ilmu akhlak, agar seorang anak memiliki akhlak dan sopan santun yang baik. Semoga postingan kali ini dapat menjadi amal bagi Bapak sekeluarga. Amin.

    ReplyDelete
  35. Naja Nusaibah
    13301241042
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Filsafat dan Spiritual merupakan dua ilmu yang sangat penting bagi kelangsungan hidup seseorang. Kedua ilmu itu saling mendukung satu sama lain. Sehingga filsafat tanpa adanya dasar spiritual atau iman yang kuat bisa berbahaya bagi seseorang. Sedangkan tanpa ilmu filsafat manusia tidak akan tahu dimana posisinya berada dalam kehidupan. Hal ini bisa mengakibatkan seseorang menjadi sombong.

    ReplyDelete
  36. Naja Nusaibah
    13301241042
    Pendidikan Matematika Internasional 2013

    Dalam agama, sombong adalah perbuatan yang dilarang, sehingga tanpa filsafat kehidupan seseorang juga bisa berbahaya, misal karena sombong tadi. Padahal sesungguhnya diatas langit masih ada langit. Sehingga tidak patutlah seseorang untuk sombong. Yang boleh sombong hanyalah Allah, Pencipta Alam Semesta. Makhluk seperti kita, tidak diizinkan untuk sombong. Kita harus sadar dimana dimensi ruang dan waktu kita berada. Dengan begitu akan mungkin bagi manusia untuk bisa menghindari sifat sombong yang merupakan jelmaan dari syaitan.

    ReplyDelete
  37. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    “Sejarah pemikiran Islam dipenuhi sikap menolak ilmu-ilmu Barat tetapi pada saat yang sama lembaga ilmu dan pendidikan Islam selalu menempatkan ilmu-ilmu Barat sebagai dasar dan instrument yang tidak bisa ditinggalkan.”

    Inilah yang menjadi permasalahan dalam dunia islam, terkadang dalam menempatkan suatu pemikiran belum sesuai dengan porsinya. Ada pemikiran yang memang harsu dipinggirkan oleh kaum muslim yaitu pemikiran yang berada di luar islam seperti ide sistem sekularisme, hedonisme, liberalisme, dll. Islam sangat menolak paham ini, karena manusia memiliki aturan kehidupan yang komprehensif dan tidak hanya menyangkut masalah ibadah semata. Petunjuk dari hal tersebut sangat jelas, ketika Umar bin Al-Khattab meminggirkan lembaran yang berasal dari kaum Yahudi. Tetapi, di sisi lain, Umar mengambil sistem administratif negara Persia . jadi, indikasi ini jelas bahwa Umat islam membolehkan perkara yang bersifat teknis di luar dari islam. Namun, menunggalkan perkara non-teknis berupa pemikiran yang bertentangan dengan islam,.
    ============================================================================
    “Dikarenakan melemahnya kedudukan dunia Islam baik secara ekonomi, politik, sosial, budaya dan pendidikan maka sesuai dengan hukum kodratnya, kedudukan yang diperoleh berkarakter sub-ordinat Lemahnya bargaining position dunia Islam dalam kehidupan kontemporer dikarenakandunia Islam kurang mampu mengembangkan metodologi yang kreatif, fleksibel, objektif, terukur dan saintifik”

    Melemahnya kedudukan islam di mata dunia, bukan disebabkan karena sistem islam itu sendiri. Tetapi, hal ini disebabkan karena, umat islam lemah dalam memahami dan menerapkan syariat islam. Selain itu, melemahnya bahasa arab di kalangan umat islam, sehingga melemahnya ijtihad dalam suatu hukum. Akibatnya, umat tidak lagi mengetahui bagaimana solusi islam dari suatu permasalahan.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh

    ReplyDelete
  38. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Secara ontologi merupakan hal-hal yang menyangkut pembahasan kebenaran suatu fakta. Agama dan filsafat mempunyai perbedaannya, dimana agama merupakan keyakinan yang berasal dari Tuhan, sedangkan filsafat merupakan olah pikir yang diciptakan manusia dalam segala hal. Agama berada di bagian atas, dimana dalam melakukan tindakan atau ucapan, harus ada nilai-nilai ke arah spiritual. Pentingnya filsafat dalam pendidikan agama untuk pembentukan karakter, sangat dibutuhkan bahkan keduanya saling berhubungan satu sama lain. Karakter seseorang dalam berfilsafat dilihat dari seberapa dekat ia dengan Tuhannya. Karena bisa saja ia berpindah jika tidak meyakini secara utuh.

    ReplyDelete
  39. Seftika Anggraini
    13301241013
    Pendidikan Matematika I 2013

    Pendidikan karakter dapat dilakukan melalui Pendidikan Islam. Karena dalam Pendidikan Islam, diajarkan mengenai akidah dan akhlak. Ajaran tentang akhlak ini lah yang sangat dekat dengan pendidikan karakter. Pendidikan Islam mengenai akhlak mengajarkan tentang bertingkah laku, budi pekerti, atau kelakuan. Sedangkan filsafat dalam hal ini berfungsi untuk memperjelas dan memperkaya bentuk atau formnya dan jugasubstansinya agar nilai karakter Islamiah dapat muncul melalui bentuk material, formal,normative dan spiritualnya seperti yang tercantum dalam makalah tersebut.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  40. Seftika Anggraini
    13301241013
    Pendidikan Matematika I 2013

    Jika kita lihat sepintas tentang agama dan filsafat adalah dua hal yang berbeda dan tidak memiliki keterkatan. Namun jika kita lihat lebih mendalam lagi, filsafat dapat membantu mencapai peribadatan pemeluk agamanya menjadi lebih baik atau lebih tinggi lagi. Karena filsafat adalah olah pikir manusia.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  41. Seftika Anggraini
    13301241013
    Pendidikan Matematika I 2013

    "Sejarah pemikiran Islam dipenuhi sikap menolak ilmu-ilmu Barat tetapi pada saat yang sama lembaga ilmu dan pendidikan Islam selalu menempatkan ilmu-ilmu Barat sebagai dasar dan instrument yang tidak bisa ditinggalkan." Ini merupakan hal yang sangat menyedihkan. Islam seharusnya dapat menggunakan pedoman yang ia memiliki sendiri dan berasal dari ajaran yang telah disampaikan kepada pememluknya yang dianggap itu adalah hal yang benar.

    Terima kasih

    ReplyDelete
  42. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh.
    Agama memiliki kedudukan tertinggi dalam aspek kehidupan manusia.
    Agama adalah ciptaan Allah dan Allah adalah jalan kebaikan. Kalau kita ingin selamat, maka berilmu dan berpedomanlah pada agama termasuk dalam berfilsafat. Agama mengatur seluruh aspek kehidupan manusia. Agama mengatur apa yang harus dilakukan seorang manusia dari bangun tidur sampai tidur kembali. Agama mengatur pikiran manusia. Maka ketika kita berfilsafat hendaklah berpatokan pada agama supaya tidak menjadi liar. Dengan melakukan hal tersebut, maka kita bisa mengolah rasa dan karsa, karakter, sikap yang kita ambil apakah sesuai dengan ajaran agama atau tidak. Kalau kita benar dalam berfilsafat berlandaskan agama, maka pendidikan karakter bisa dengan baik dilaksanakan.


    Terimakasih.
    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh.

    ReplyDelete
  43. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Pendidikan Islam lebih menekankan kepada pendidikan aqidah. Karena, dengan akidah yang lurus akhlak pun juga akan mengikut. Orang yang akidahnya lurus tentu tak akan melakukan korupsi, tindakan asusila, pencurian, atau tindakan tercela lainnya. Jadi, kunci pembentukan karakter bangsa kita adalah terletak pada pembentukan akidah yang lurus dan filsafat dalam konteks sebagai proses mengenal diri pribadi dan mempelajari hakekat dari semua yang ada dalam kehidupan terkait keberadaan yang ada dan mungkin ada maka urgensi filsafat sangat urgent dalam pendidikan islam karena filsafat juga terkait pembentukan akhlak yang lurus.

    ReplyDelete
  44. Andina Nurul Wahidah
    16701251019
    PEP-S2 Kelas B

    Pendidikan karakter menjadi salah satu isu yang sedang digalakkan di negeri ini. Pentingnya penanaman pendidikan karakter juga dipaparkan dalam artikel di atas. Sebagai umat beragama, kita harus sadar bahwa dalam hidup ini ada yang lebih penting yakni mencapai tujuan untuk kehidupan kekal abadi di akhirat kelak. Mak, patutlah dikatakan bahwa kekuatan spiritual adalah yang terpenting.

    ReplyDelete
  45. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Agama ibarat sebuah patokan bagaimana kita harus melakukan sesuatu. Filsafat merupakan sebuah olah pikir yang mungkin di dalamnya nanti terdapat beberapa hal yang tidak sanggup dipikirkan oleh kita, atau bisa juga di dalam mempelajari filsafat kita akan menemukan berbagai macam aliran, oleh karena itu ketika mempelajari filsafat hendaknya paham juga mengenai agama, karena agama akan membantu kita kembali ke koridor yang seharusnya.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id