May 17, 2013

Rekaman (audio) berbagai Perkuliahan Filsafat (Ilmu) oleh Prof. Dr. Marsigit, M.A.



Ass Wr Wb

Berikut saya tayangkan berbagai rekaman audio perkuliahan filsafat ilmu. Silahkan akses ke:

http://www.4shared.com/account/dir/2PArbV1K/_online.html#dir=2PArbV1K

Demikian semoga bermanfaat.

Salam

Marsigit

19 comments:

  1. MUTIARA KUSUMAWATI
    16701251007
    PEP S2 B

    Kegiatan perkuliahan filsafat dengan memanfaatkan teknologi ini bertujuan untuk dapat merefleksikan kegiatan perkuliahan filsafat yang sewaktu-waktu dapat diputar ulang untuk refleksi diri. Refleksi artinya mengenali, mengerti, dan mengungkapkan kembali dengan bahasa masing-masing individu. Sebenarnya perkuliahan filsafat ini adalah mempelajari tata cara belajar filsafat. Karena manusia yang beradab adalah manusia yang mengenal, mengetahui dan mempunyai tata cara.Hal ini, tertuang dalam Pancasila pada sila ke-2, yang berbunyi Kemanusiaan yang adil dan beradab.Tata cara bermula dari suatu keadaan yang mempunyai potensi dan fakta.Kesimpulannya, karakter filsafat adalah puncak berpikir manusia.

    ReplyDelete
  2. Fatya Azizah
    16709251039
    Pendidikan Matematika B PPS UNY 2016

    dalam perkuliahan mata kuliah filsafat ilmu di kelas bapak marsigit sering berkata bahwa kita memang tidak bisa lepas dan menghindar dari fenomena dunia kontemporer, namun kita juga tidak boleh terlena dengan dunia kontemporer sehingga kita lupa dan menjadi patung dunia kontemporer. salh satu caranya adalah dengan memanfaatkan produk dunia kontemporer sebagai media yang membantu kita dalam berkembang. misalnya merekam pembelajara di kelas utuk sewaktu-waktu didengarkan ulang di tempat lain.

    ReplyDelete
  3. Muhamad Arfan Septiawan
    16701251018
    S2 PEP B 2016

    Teknologi salah satu media yang menunjang dalam proses belajar mengajar.walaupun teknologi adalah hasil dari dunia kontemporer yang di bawa oleh agust comte, namun sebagai insan pendidikan yang telah mempelajari filsafat kita harus bisa mengambil manfaat yang menunjang pendidikan dan menghindari sisi negatif dari pergembangan teknologi.

    ReplyDelete
  4. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    dalam melakukan suatu pembelajaran kita di ajarkan bagaimana pentingnya merekam pada setiap materi pembelajarannya. Ini dikarenakan daya tangkap dari otak manusia itu mempunyai keterbatasan apa lagi terhadap sesuatu yang baru. Dan apabila terjadi rekaman maka kita dapat mendengarkan kembali keseluruhan materi yang diajarkan sehingga dari pembelajaran tersebut kita sendiri dapat melakukan refleksi dari apa yang telah di ajarkan.

    ReplyDelete
  5. Rospala Hanisah Yukti Sari
    16790251016
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A Tahun 2016

    Assalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    Seiring dengan perkembangan teknologi, seharusnya mampu untuk membuat pendidikan kita lebih baik. Namun, perkembangan teknologi harus memiliki standar yang dipakai dalam kepemimpinan berpikir kita, agar penggunaaan teknologi dapat dilakukan dengan bijaksana dan bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat.
    Salah satu penggunaan media teknologi dalam pemeblajaran adalah merekam setiap kegiatan pembelajaran. Agar pengetahuan yang didapat di kelas, dapat dimanfaatkan dalam kondisi manapun dan kapanpun.

    Wassalamu’alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    ReplyDelete
  6. Asma' Khiyarunnisa'
    16709251036
    PPs PM B 2016

    Salah satu metode pembelajaran yang khas dengan mata kuliah filsafat ilmu yang diampu oleh Prof. Dr. Marsigit, M.A. adalah setiap mahasiswa diminta untuk merekam proses perkuliahan. Percakapan apa saja yang terjadi. Tanya jawab apa saja yang terjadi. Hal ini adalah sebagai bukti bahwa teknologi yang ada, seperti smartphone dapat digunakan dan bermanfaat untuk sebuah proses pembelajaran. Hal tersebut adalah salah satu manfaat dari sekian banyak manfaat teknologi yang ada, tetapi seperti yang kita tahu dimana ada positif pasti ada negatif. Teknologi juga dapat berdampak negatif jika penggunanya tidak dapat menggunakannya dengan baik. Oleh karena itu, hendaklah kita dapa memanfaatkan teknologi yang ada dengan sebaik-baiknya, supaya teknologi dapat mendatangkan banyak manfaat dalam hidup ini.

    ReplyDelete
  7. Fandi Kurnia Giri
    13301241012
    Pend. Matematika A 2013

    Pembelajaran tidak hanya melulu dengan aktifitas mendengar dan mecatat. Dapat saja dianggap kolot jika menolak teknologi. Perkembangan teknologi dan pendidikan mungkin akan erat ikatannya. Bagi seorang pengajar, teknologi dapatlah digunakan sebagai alternatif untuk menjadi seorang pengajar yang tidak biasa-biasa saja serta dapat meningkatkan dirinya ke dalam hal lebih kreatif. Ini merupakan salah satu contoh penggunanan media pembelajaran yang mungkin dapat diterapkan dalam pembelajaran menggunakan audio.

    ReplyDelete
  8. Wan Denny Pramana Putra
    16709251010
    PPs Pendidikan Matematika A

    Menurut saya kegiatan perkuliahan filsafat bersama Prof. Marsigit sangat elegan. Karena selain cara perkuliahannya yang sedikit berbeda dengan perkuliahan pada umumnya karena kami sebagai mahasiswa bebas bertanya dan berdiskusi tentang filsafat dan ilmu yang berhubungan dengannya. Pada perkuliahan ini juga Pak Marsigit menyampaikan bahwa agar mahasiswa tidak menjadi seperti beliau dalam artian kami harus menjadi diri kami sendiri. Sumber belajar bukan hanya di kelas namun di rekaman, internet, seperti blog, 4shared, flickr, academia, youtube dan sumber-sumber lain yang mendukung. Terima kasih Pak Marsigit.

    ReplyDelete
  9. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Salah satu cara untuk lebih memaknai perkuliahan filsafat ilmu adalah sesuai dengan apa yang dihimbau oleh Bapak Marsigit yaitu dengan cara setiap mahasiswa merekam mengenai perkuliahan yang berlangsung pada setiap pertemuan. Pemanfaatan teknologi seperti ini membuat mahasiswa lebih memaknai dan mengulang apa yang telah dipelajari. Tidak sebatas itu, mahasiswa juga dapat merefleksikan ilmu yang telah diperoleh pada tiap pertemuan dengan menyimak kembali apa yang telah disampaikan dalam perkuliahan.

    ReplyDelete
  10. RISKA AYU ARDANI
    16709251021
    PMAT KELAS B PPS UNY 2016

    Terkadang waktu menjadi pembatas seseorang melakukan prose belajar. Sehinggga untuk membuat waktu tersebut menjadi tak terbatas, diperlukan adanya inovasi pembelajaran yang dapat diraih dalam segala kondisi ruang dan waktu yang diinginkan. Salah satunya adalah rekaman pembelajaran filsafat ilmu, memiliki banyak essensi penting dari segi mana mahasiswa melihat dan memanfaatkannya. Belajar bagi pribadi saya bukan satu dua tiga kali, tetapi setiap kali, dan saya belajar sesuai daengan apa yang perlu saya hadapi didalam kehidupan saya, refleksi filsafat terkadang saya dengarkan kembali untuk memberikan kesadaran diri dalam berfikir dan tidak menjadi idealis akan segala sesuatu dalam kehidupan,

    ReplyDelete
  11. Jahidatu Lis Silmi I'la Alhaq
    16701251022
    S2 PEP B 2016

    Saya setuju dengan cara Bapak Marsigit memberikan perkuliahan yang memanfaatkan teknologi dalam perkuliahan Filsafat Ilmu. Hal ini membuat mahasiswa menjadi memiliki dokumen kuliah. Karena rata-rata mahasiswa tidak ingat semua dengan hal yang disampaikan oleh dosen saat perkuliahan. Dengan memanfaatkan teknologi rekaman ini, apabila mahasiswa lupa dengan apa yang disampaikan dosen maka dia bisa mengingat kembali dengan mendengarkan rekaman yang sudah disampaikan. Memang beginilah seharusnya teknologi dimanfaatkan, tidak hanya digunakan untuk mengikuti tren saja tapi juga di manfaatkan dalam hal pendidikan.

    ReplyDelete
  12. Syahrial
    16701251015
    S2 PEP kelas B 2016
    Pada dassarnya yang harus kita pahami adalah dalam belajar itu harus dengan banyak media, banyak metode, banyak cara, seperti yang di contohkan oleh Pak Marsigit dengan salah satunya adalah rekaman di atas, jadi teknologi itu benar-benar di manfaatkan secara maksimal dan memberikan dampak yang sangat positif. karena sift manusia itu adalah manusia yang suka lupa, dan lupa itu ada di dalam pikiran, dan filsafat itu adalah olah pikir, maka rekaman tersebut memberikan kita ingatan kembali akan mater filsafat dan membuat kita menjas=di ingat dan bisa melakukan olah pikir dan refleksi.

    ReplyDelete
  13. Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa saat ini teknologi sudah menjadi suatu kebutuhan untuk setiap manusia. kemanapun dimanapun kapanpun pasti selalu berhubungan dengan teknologi, tinggal bagaimana caranya kita mampu menggunakan teknologi tersebut dengan baik. selektif dan pastinya menggunaknnya untuk hal kebaikan.

    ReplyDelete
  14. Pemanfaatan teknologi tersebut seperti untuk pembelajaran seperti apa yang diajarkan bapak. belajar melalui blog seperti yang kami lakukan saat ini sangat bermanfaat, dan inilah sebaiknya dalam menggunakan teknologi.

    Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    ReplyDelete
  15. Pemanfaatan teknologi tersebut seperti untuk pembelajaran seperti apa yang diajarkan bapak. belajar melalui blog seperti yang kami lakukan saat ini sangat bermanfaat, dan inilah sebaiknya dalam menggunakan teknologi.

    Mariana Ramelan
    13301241053
    Pendidikan Matematika I 2013

    ReplyDelete
  16. ULFA LU'LUILMAKNUN
    16709251022
    S2 Pendidikan Matematika 2016 Kelas B

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    Berbagai cara untuk belajar filsafat, salah satunya adalah dengan mendengarkan rekaman yang diberikan oeh Bapak Prof. Dr. Marsigi M.A. . Kita akan mudah belajar kapanpun dan dimanapun dengan mendengar rekaman tersebut. Kita dapat mendengarkan berulang-ulang rekaman tersebut beberapa kali agar lebih memahami isinya. Terimakasih Pak.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    ReplyDelete
  17. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    Kuliah filsafat oleh Bapak Prof Marsigit memang berbeda dari yang lain yaitu dengan melakukan rekaman selama perkuliahan. Selain memanfaatkan perkembangan teknologi, rekaman ini berfungsi untuk mahasiswa membuat refleksi sehingga mahasiswa kembali belajar dengan mendengarkan kembali kapan saja dan dimana saja

    ReplyDelete
  18. Dewi Saputri
    13301241068
    Pendidikan Matematika I 2013

    Masing-masing orang memiliki cara untuk memahami suatu materi. Ada yang cukup dengan menyimak, ada yang harus mencatat, atau ada yang harus belajar berulang-ulang. Dengan rekaman perkuliahan mahasiswa tidak perlu khawatir untuk ketinggalan informasi dan bisa fokus memperhatikan saat pembelajaran berlangsung

    ReplyDelete
  19. Siti Mufidah
    13301241036
    Pendidikan Matematika A 2013

    Arus globalisasi menyebabkan segala perubahan dalam setiap bidang kehidupan, salah satunya bidang pendidikan. Pendidikan mendapat pengaruh globalisasi dengan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran. Bukti nyata tersebut, penggunaan video dalam proses pembelajaran dalam filsafat ilmu oleh Bapak Marsigit. Pembelajaran tidak hanya sekedar menggunakan buku dan berbagai teks terkait materi tersebut. Metode pembelajaran tersebut mejadi menarik dan unik karena belajar filsafat dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun, tidak terikat ruang dan waktu. Peserta didik dapat menjadi tertarik belajar filsafat karena tidk sekedar belajar book teks saja. Terima kasih.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id