Aug 18, 2010

Elegi Pengakuan Para Matematika




Oleh: Marsigit, UNY

Matematika1:
Aku adalah matematika. Matematika ya matematika. Aku bukanlah ilmu alam. Tetapi sebetul-betulnya aku adalah ilmu tentang bicara. Guruku adalah Thales.
Matematika2 :
Aku adalah matematika. Jika aku geometri maka aku bukanlah bilangan. Aku ada di dalam pikiranmu. Sesungguhnya sifatku itu abstrak. Yang konkrit itu hanyalah contohku. Aku telah ada secara lengkap dalam pikiranmu. Jika engkau tidak bisa menemukanku, itu hanyalah kekurang pahamanmu. Guruku adalah Plato.
Matematika3:
Aku adalah matematika. Aku adalah ilmu yang koheren. Bilanganku dapat mengatur alam. Tetapi sulit dibedakan atara aku dengan ilmu alam. Tetapi hidupku memang memerlukan bukti. Bagiku ruang adalah diskret. Dalil Pythagoras adalah diriku yang paling terkenal. Bisa saja orang-orang mengagumiku. Tetapi dalam diriku terdapat incommensurability. Guruku adalah Pythagoras.
Matematika4:
Aku adalah matematika. Aku dikenal sebagai logika pertama. Aku tersusun atas proposisi-proposisi. Jiwaku adalah silogisma. Di dalam diriku terdapat infinite regress. Aku bersifat apodiktic. Postulat dan aksioma adalah landasanku. Guruku adalah Aristoteles.
Matematika5:
Aku adalah matematika. Aku bersifat aksiomatik. Yang utama dari diriku adalah geometri. Metodeku adalah deduksi. Postulat ke 5 adalah yang paling terkenal. Guruku adalah Euclides.
Matematika6:
Aku adalah matematika. Aku bersifat empiris. Aku adalah persoalan konkrit sehari-hari. Bagiku logika tidak memberikan informasi apapun. Guruku adalah Bacon, Locke, Berkely dan Hume.
Matematika7:
Aku adalah matematika. Diriku yang utama adalah geometri. Aku berada di dalam pikiranmu. Aku berangkat dari keragu-raguanmu. Aku bersifat deduktif. Aku sering dianggap sebagai anak rasionalism. Guruku adalag Rene Descartes.
Matematika8:
Aku adalah matematika. Aku bersifat sintetik a priori. Aku berada dalam intuisimu. Ituisimu adalah ruang dan waktumu. Keputusanmu adalah diriku yang tertinggi. A priori itu arahnya dari atas ke bawah. Sintetik itu arahnya dari bawah ke atas. A priori bersifat koheren dan rigor, sedangkan sintetik bersifat dinamik dan kontradiktif. Guruku adalah Immanuel Kant.
Matematika9:
Aku adalah matematika. Sebenarnya diriku adalah logika. Logika itulah matematika. Kalkulus pernyataan adalah contohku. Guruku adalah Leibniz, Frege dan Russell.
Matematika10:
Aku adalah matematika. Intuisimu adalah metodeku. Aku lebih mementingkan membangun dari sekedar diberikan. Aku tidak menggunakan landasan apapun dalam kerjaku selain intuisi. Guruku adalah Brouwer.
Matematika11:
Aku adalah matematika. Aku adalah pengamatanmu. Maka aku adalah kekeliruanmu. Guruku adalah Lakatos.
Matematika12:
Aku adalah matematika. Aku lebih mementingkan sistem. Aku adalah konsistensimu. Aku bersifat rigor. Sistemku benar-benar tunggal. Aku memerlukan dasar yang kokoh. Konsistensi adalah nyawaku. Orang biasa menyebut diriku sebagai formalisme. Guruku adalah Hilbert.
Matematika13:
Aku adalah matematika. Tetapi wujudku adalah bahasa. Walaupun aku itu empiris. tetapi aku tetap logika. Aku kadang-kadang disebut sebagai permainan bahasa. Guruku adalah Wittgenstein.
Matematika14:
Aku adalah matematika. Matematika ya matematika. Aku tidak dipengaruhi oleh benda-benda kongkrit. Kebenaranku terbebas dari nilai-nilai. Orang sering menyebut diriku sebagai absolutisme. Guruku adalah Plato.
Matematika15:
Aku adalah matematika. Jika aku lengkap maka aku tidaklah konsisten. Tetapi jika aku konsisten, maka aku tidaklah lengkap. Guruku adalah Godel.
Matematika16:
Aku adalah matematika. Constructivis adalah jiwaku. Guruku adalah Aristoteles, Piaget, dan Paul Ernest.
Matematika17:
Aku adalah matematika. Diriku yang utama adalah pola-pola dan relasi. Diriku tiada lain adalah komunikasi. Tiadalah diriku yang tidak dapat dikomunikasikan. Diriku adalah investigasi. Kegiatan penelitian itu adalah diriku. Diriku yang lain adalah problem solving. Guruku adalah Ebutt dan Strakker.
Matematika18:
Aku adalah matematika. Diriku bisa obyektif dan bisa subyektif. Diriku obyektif jika berada di luar dirimu. Diriku subyektif jika berada di dalam dirimu. Diperlukan pergaulan agar engkau mengetahui aku yang subyektif dan obyektif. Guruku adalah Paul Ernest.
Matematika19:
Aku adalah matematika. Bidangku tidaklah datar. Bidangku adalah kurva-kurva lengkung. Jumlah besar sudut pada segitigaku tidaklah sama dengan seratus delapan puluh derajat. Guruku bukanlah Euclides. Guruku adalah Lobachevski
Matematika20:
Aku adalah matematika. Aku bersifat tunggal. Guruku semula adalah Hilbert. Landasanku bersifat kokoh. tetapi kebanyakan orang meyebut aku sebagai mitos karena aku kadang-kadang terbukti tidak tunggal. Maka kemudian guruku tidak lain tidak bukan adalah si Mitos itu sendiri.
Matematika21:
Aku adalah matematika. Aku bersifat universal. Tetapi kebanyakan orang juga mengatakan bahwa aku adalah mitos, karena aku kadang-kadang terbukti tidak universal. Maka guruku tidak lain tidak bukan adalah si Mitos itu sendiri.
Matematika22:
Aku adalah matematika. Aku menjamin kepastianku. Tetapi banyak orang sudah mulai menganggapku sebagai mitos, karena aku terkadang terbukti tidak pasti. Maka guruku tidak lain tidak bukan adalah si Mitos itu sendiri.
Matematika23:
Aku adalah matematika. Aku menjamin obyektivitas. Tetapi banyak orang mulai menganggapku sebagai mitos, karena aku terkadang terbukti tidak obyektif pula. Maka guruku tidak lain tidak bukan adalah si Mitos itu sendiri.
Matematika24:
Aku adalah matematika. Aku selalu memulai diriku dengan pra anggapan, anggapan dan definisi. Maka semua matematika deduksi itu adalah diriku. Oleh karena itu maka aku sering disebut sebagai foundamentalism.Ternyata semua matematika aksiomatis, matematika formal dan pure mathematics ternyata adalah diriku juga. Jikalau ada matematika yang tidak dimulai dengan adanya suatu anggapan atau asumsi maka aku sebut dia sebagai anti-foundamentalism.
Matematika25:
Aku adalah matematika. Aku betul-betul disebut sebagai matematika jika aku bersifat sintetik a priori. Sintetik adalah berbedanya predikat dengan subyeknya. Sedangkan a priori itu memikirkannya tanpa harus melihat obyeknya (bendanya). Diriku bukanlah buku, bukanlah guru, bukanlah siswa. Tetapi diriku adalah pikirannya. Guruku adalah Immanuel Kant.
Matematika26:
Aku adalah matematika. Aku yang ingin bersifat tunggal, ternyata diprotes. Aku yang ingin bersifat lengkap ternyata juga diprotes. Daripada repot-repot maka aku proklamirkan saja diriku sebagai multifacet. Guruku adalah Prof. Dr. Ir RMJT Soehakso.
Matematika27:
Aku adalah matematika. Aku dimulai dari benda-benda konkrit, kemudian menuju abstrak. Dengan benda-benda konkrit aku mulai menbentuk skema-skema matematika. Dengan skema matematika aku mulai membangun pengetahuan matematika. Dengan pengetahuan matematika aku berharap mampu bekerja dengan matematika formal abstrak. Oleh karena itu aku sering disebut sebagai Realistic Mathematics. Guruku adalah Freudental.
Matematika28:
Aku adalah matematika. Kerjaku mengandalkan intuisi kesatuan ganda, artinya diriku itu mengalir dari kiri ka kanan, dari muka ke belakang atau dari awal menuju akhir. Coba renungkan bagaimana intuisimu jika engkau harus memikirkan 2y + 6 = 7?. Engkau tidak mampu memikirkan hal itu jika engkau belum memikirkan tentang 2, y, 6 dan 7. Guruku adalah Brouwer.
Matematika29:
Aku adalah matematika. Aku bersifat abstrak, formal dan aksiomatik. Untuk memahamiku diperlukan daya matematis tingkat tinggi, oleh karena itu maka tempat tinggalku kebanyakan di Universitas atau perguruan tinggi. Aku kurang cocok jika digunakan untuk mendidik anak sekolah SD atau SMP. Jika dipaksakan, maka anak-anak akan ketakutan dengan diriku, bahkan mereka bisa menganggapku sebagai monster. Konon aku dituduh sebagai penyebab kurang berhasilnya pendidikan matematika di sekolah. Aku sering disebut sebagai Pure Mathematics. Guruku hampir tersebar di seantero dunia.
Matematika30:
Aku adalah matematika. Aku dikenal sebagai matematika yang ramah dan mudah bergaul dengan siswa-siswa sekolah. Oleh karena itu maka aku sering disebut sebagai matematika sekolah. Aku lebih bersifat konkrit dan akulah yang datang menyesuaikan dengan pikiran dan perasaan para siswa. Karena aku mudah dipahami dengan cara pergaulan, maka aku juga sering disebut sebagai matematika pergaulan. Aku sering disebut sebagai anak emasnya socio-constructivis, karena hakekat diriku adalah diriku yang terbangun oleh pikiran-pikiran mereka melalui interaksi sosialnya. Konon pada saat ini maka matematika seperti diriku inilah yang dianggap cocok untuk pendidikan matematika di sekolah. Guruku adalah Paul Ernest.

23 comments:

  1. Raden Muchammad Nurrizal Hasbi Ashshidiqqie
    13301244013
    S1 Pendidikan Matematika C 2013

    Berdasarkan bacaan di atas bisa diketahui bahwa matematika bukan hanya sekedar ilmu. Matematika bisa dipersepsikan dari berbagai sudut pandang oleh matematikawan berdasarkan aliran masing-masing. Menurut salah satu ahli, bahwa matematika itu sudah lengkap dalam pikiran kita, tinggal bagimana kita menemukannya. Namun hal tersebut ditentang olh muridnya yaitu Godel, bahwa matematika itu belum lengkap. Bagimana pandangan guru terhadap matematika itulah yang akan mempengaruhi bagimana pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  2. Dita Nur Syarafina
    NIM. 16709251003
    PPs Pendidikan Matematika Kelas A 2016

    Matematika tidak berdiri sendiri, melainkan matematika mempunyai banyak aliran menurut pandangan masing-masing. Pondasi matematika ialah aliran-aliran cabangnya sebagai pembentuk kesatuan matematika yang utuh. Maka mahasiswa matematika pun tidak akan habis mempelajari matematika karena begitu banyak pandangan tentang matematika. Untuk itu di dalam filsafat dijabarkan pandangan-pandangan para filsuf mengenai matematika sehingga mahasiswa matematika mengetahui makna matematikanya.

    ReplyDelete
  3. Nur Dwi Laili Kurniawati
    13301241063
    Pendidikan Matematika C 2013

    Definisi matematika itu beragam tergantung dari sudut mana kita melihatnya. Matematika bisa jadi sesuatu yang menakutkan dan menyeramkan seperti matematika murni (pure mathematics). Matematika bisa jadi sesuatu yang menyenangkan dan akrab dalam kehidupan seperti matematika pergaulan. Bahkan ada kalanuya matematika dianggap sebagai mitos- mitos yaitu matematika 20 karena kebenarannya tidaklah tunggal. Dan sebenar- benar ilmu yang telah kita pelajari hanyalah secuil dari matematika yang ada. Dan sebagai seorang calon guru hendaklah dapat memilah mana- mana matematika yang perlu diajarkan kepada siswa dan mana yang tidak sehingga matematika tidaklah menjadi ilmu yang membingungkan dan menakutkan bagi siswa.

    ReplyDelete
  4. Yazid Fathoni
    NIM 13301241076
    Pendidikan Matematika C 2013

    Sungguh luar biasa Matematika ini, semakin membuat lebih sadar bahwa matematika itu sangatlah luas sekali bahkan banyak sekali aliran-aliran yang dibawa dalam matematika dengan ilmuwan-ilmuwan yang hebat. Bahkan tidak disangkan mitospun ikut andil dalam matematika. Pengakuan para matematika diatas menjelaskan makna dari matematika masing-masing dari mereka itu sendiri.

    ReplyDelete
  5. Bertu Takaendengan
    16709251034
    P.Mat B

    Dari elegi di atas dapat dilihat bahwa matematika memiliki banyak pengertian tergantung dari perspektif mana kita melihat, Ini jelas berbeda dengan matematika yang sering ditemui di sekolah yaitu dalam bentuk pure mathematics sehingga matematika dianggap menakutkan dan membosankan, matematika yang berbentuk kumpulan angka-angka teratur yang berpola yang harus dihafal segala pola dan rumus-rumusnya untuk digunakan saat ujian untuk memperoleh kelulusan.
    Sehingga perlunya bagi guru agar tidak memberikan pure mathematics secara total di sekolah melainkan guru harus mampu mengkolaborasi matematika dalam berbagai bentuk sehingga dapat mudah diterima dan dicerna oleh pemikiran siswa dan dapat membangun pola pikir siswa tentang matematika.

    ReplyDelete
  6. ERFIANA NUR LAILA
    13301244009
    Pendidikan Matematika C 2013

    Matematika khas akan keabstrakannya, matematika juga kaya akan konsepnya yang begitu luas dan dalam. Namun, untuk memahami matematika dan seluk beluknya, diperlukan usaha yang cukup tinggi. Dalam rangka menggapai kesuksesan dalam memahami matematika ini tentunya antara orang yang satu dengan orang lainnya memiliki perbedaan dalam prosesnya, tidak selalu mulus pastinya, akan ada kesulitan dan hambatan selama proses perjalanannya. Maka yang terjadi pada anak-anak dan orang dewasa pun berbeda keadaannya. Matematika sekolah yang diterapkan untuk anak-anak usia sekolah seharusnya menerapkan pola pikir yang kontekstual dan belum terlalu abstrak. hal ini dikarenakan perkembangan pola pikir siswa yang masih belum matang pula. Oleh karena itu menjadi tugas bagi gurulah untuk menerangkan dengan berbagai macam metode agar siswa mampu mengerti dan menyerap setiap materi pembelajaran.

    ReplyDelete
  7. Mifta Tyas Laksita Sari
    13301241005
    Pend. Matematika A 2013

    Matematika menjadi subjek yang sangat penting dalam sistem pendidikan dan menjadi ilmu yang paling mendasar ilmu lain seperti fisika, kimia, biologi, dan ada dalam kehidupan sehari-hari. Dari elegi di atas dapat kita ketahui bahwa matematika itu tidak tunggal. Matematika memiliki beranekaragam definisi tergantung dari sudut pandang filsuf yang semuanya menurut saya itu tidak salah. Sangat bersyukur bisa mempelajari sesuatu yang memiliki beranekaragam definisi tetapi terangkum dalam satu makna yaitu matematika.

    ReplyDelete
  8. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Matematika adalah salah satu pengetahuan tertua yang terbentuk dari penelitian bilangan dan ruang. Matematika adalah suatu disiplin ilmu yang berdiri sendiri dan tidak merupakan cabang dari ilmu pengetahuan alam. Matematika mempelajari tentang keteraturan, tentang struktur yang terorganisasikan, konsep-konsep matematika tersusun secara hirarkis, berstruktur dan sistematika, mulai dari konsep yang paling sederhana sampai pada konsep paling kompleks. Karena matematika itu luas maka dapat dipandang dalam berbagai sudut pandang yang sesuai dengan ahlinya berdasrkan teori-teori yang mereka miliki. Sekarang intinya bagaiamana kita bisa memaknai matematika itu sendiri dalam lingkup keseharian kita baik di masyarakat maupun di sekolah.

    ReplyDelete
  9. Ummi Santria
    16709251008
    S2 Pend. Mat Kelas A – 2016

    Matematika itu luas. Tidak terbatas pada angka, simbol, dan operasi hitung saja. Matematika punya sejarah perkembangannya dari berbagai zaman. semua yang ada dan yang mungkin ada pada matematika, ada suatu ilmu. Dimana prosesnya adalah suatu kegiatan. Kegiatan menemukan pola-pola dalam matematika. Kegiatannya terus berlanjut seiring pikiran yang terus berjalan, dan manfaatnya sangat luas untuk berbagai bidang ilmu lainnya.

    ReplyDelete
  10. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Untuk mengenal matematika di siswa-siswa sekolah, akan lebih mudah jika mereka mengenal matematika sebagai sesuatu yang nyata atau konkrit. Salah satu kesulitan belajar matematika yang dialami oleh siswa dikarenakan siswa mengenal matematika tersebut masih bersifat abstrak. Sehingga peran guru dalam merencanakan pembelajaran di kelas sangatlah penting. Bagaiaman guru mengenalkan dan mengajari siswa bahwa matematika merupakan sesuatu yang nyata, merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari siswa.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  11. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Matematika memiliki banyak persepsi. Matematika dapat didefinisikan berbeda-beda tergantung pada siapa yang mendefinisikan dan dari sudut pandang mana ia mendefinisikannya. Dari banyaknya definisi matematika tersebut, dapat diartikan bahwa matematika merupakan unsur yang mencakup hampir semua ilmu didunia, terutama di bidang teknologi dan sains.

    ReplyDelete
  12. Khomarudin Fahuzan
    16709251041
    PPs Pend. Matematika B

    Tidak ada yang selalu benar di dunia ini, semua orang bebas berpendapat, aristoteles menganggap ilmu itu sebagai pengalaman, plato menganggapnya sebagai ide, mereka bebas berpendapat meskipun sebagai guru dan murid. Jadi, bagaimana pun semua orang bebas mendefinisikan matematika sebagai apa saja yang mereka inginkan, karena memang setiap orang memiliki pemikiran masing-masing.

    ReplyDelete
  13. Muh. Faathir Husain M.
    16701251030
    PPs PEP B 2016

    Matematika memanglah merupakan anak dari rasionalisme. Ialah yang mengajarkan kita logika berpikir. Ialah yang mengajarkan tentang berpikir kritis. Matematika memanglah sifatnya untuk menjadi abstrak, memanglah menjadi sifatnya untuk bermukim dalam pikiran. Ketika kamu berpikir maka kamu bermatematika dengan sifatnya yang rasional. Sehingga apa yang ada diluar pikiranmu yang memiliki sifat matematika maka itu hanyalah wakil dari matematika sebagai salah satu bentuk dalam mewujudkan dirinya.

    ReplyDelete
  14. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Sangat menarik. Cakupan matematika itu luas. Matematika dengan berbagai karakteristik di dalamnya. Matematika tidak hanya sekedar berhitung. Namun terdapat berbagai macam definisi tergantung bagaimana cara kita memandang matematika.

    ReplyDelete
  15. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Matematika dapat diartikan bermacam-macam tergantung kita menafsirkannya. Matematika terbagi menjadi matematika murni dan matematika pendidikan. Semua kategori itu bermanfaat untuk kita dalam kehidupan sehari-hari. Matematika pendidikan ini sering disebut juga matematika sekolah, yaitu matematika yang dipelajari siswa di sekolah. Sebagai calon guru, kita perlu mengurutkan definisi matematika dari yang mudah diterima sampai tingkat yang lebih tinggi. Macam-macam definisi matematika ini menunjukkan bahwa arti matematika sangat luas.

    ReplyDelete
  16. RAIZAL REZKY
    16709251029
    S2 P.MAT B 2016

    Matematika merupakan ilmu yang yang riil dengan objek dan strukturnya yang dalam tata bahasa matematika berpikiran logis tentang apa yang terjadi dalam matematika itu sendiri. Matematika dapat berasal dari mana saja pikiran, tindakan, simbol, bahasa, teori, postulat, budaya, agama dst. telah banyak ahli yang telah memaparkan matematika itu apa ? tetapi untuk kesimpulannya kembali kepada diri kita sendiri, sehingga untuk mempelajari matematika itu sangatlah menarik ini di karenakan matematika merupakan ratu dari segala ilmu pengetahuan

    ReplyDelete
  17. Eka Pravista
    13301241004
    Pendidikan Matematika A 2013

    Dari elegi di atas terlihat bahwa matematika memiliki banyak persepsi. Tanpa disadari keberadaan matematika itu dekat dengan kehidupan kita. Matematika memiliki 30 pernyataan yang menyatakan bahwa matematika bukanlah momok melainkan ilmu yang ramah dan mudah bergaul dengan siswa karena matematika dapat dikaitkan dengan hal-hal konkrit di sekitar kita yang mempermudah siswa untuk memahaminya. Dan matematika merupakan ilmu yang dapat menjadi dasar dari berbagai macam ilmu.

    ReplyDelete
  18. Misnasanti
    16709251011
    PPs PMAT A 2016

    Matematika merupakan ilmu tentang kumpulan-kumpulan yang diantara unsur-unsurnya mendapat beberapa relasi. Bermula dari Aristoteles, dan berlangsung selama berabad-abad, matematika didefinisikan sebagai ilmu tentang kuantitas. Tetapi perkembangan dalam matematika yang mempunyai derajat generalitas yang kian abstrak melahirkan definisi-definisi baru. Definisi matematika tidak dapat ditentukan secara pasti, karena setiap manusia memiliki pemikiran yang berbeda.

    ReplyDelete
  19. Ika Nailatul Muna
    13301241050
    Pendidikan Matematika A 2013

    Dari elegi di atas dapat kita ketahui bahwa matematika sangat beragam tergantung dari sudut pandang yang mempelajarinya. Kita pun boleh memaknainya sendiri atau pun menganut definisi yang sudah disampaikan matematikawan sebelumnya.

    ReplyDelete
  20. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016

    Dari elegi pengakuan para matematika diatas terlihat bahwa matematika tidak hanya dilihat dari sudut pandang ilmu, materi ajar, bahan pelajaran dan hal-hal yang terkait dengan pengetahuan. Disini matematika juga dapat dilihat sebagai suatu yang subjektif, objektif, ramah, mudah bergaul, metode, pengamatan, formal dan masih banyak lagi matematika jika dilihat dari sudut pandang lain selain sebagai sebuah ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
  21. Khintoko Intan Permatasari
    13301244011
    Pendidikan Matematika C 2013

    Matematika terbentuk dari pengalaman manusia dalam dunianya secara empiris. Pengalaman itu diproses, diolah secara analisis dengan penalaran sampai terbentuk konsep-konsep matematika. Agar konsep matematika yang terbentuk itu mudah dipahami oleh orang lain maka digunakan bahasa matematika yang universal. Konsep matematika didapat karena proses berpikir, karena itu logika adalah dasar terbentuknya matematika.

    ReplyDelete
  22. Khintoko Intan Permatasari
    13301244011
    Pendidikan Matematika C 2013

    Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari struktur yang abstrak dan pola hubungan yang ada didalamnya. Ini berarti bahwa belajar matematika pada dasarnya adalah belajar konsep, struktur konsep dan mencari hubungan antar konsep dan strukturnya.

    ReplyDelete
  23. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Hakekat matematika bisa bermacam-macam. Para tokoh mendefinisikan matematika berdasarkan persepsi, pengetahuan, pemikiran, serta pengalamannya masing-masing. Objek kajian dalam matematika pun bermacam-macam. Sulit untuk dapat menyatakan matematika ke dalam sebuah kalimat yang tunggal. Setiap satu definisi dengan yang lain bisa saling berlawanan. Yang terpenting bagi kita dalam mengacu pendapat-pendapat tersebut dalam mendefinisikan matematika ialah menggunakan definisi yang sesuai dengan ruang dan waktunya. Ketika kita berbicara matematika untuk anak-anak, matematika yang bersfiat abstrak, normal, dan aksiomatik tidaklah cocok. Jika dipaksakan maka akan menimbulkan ketakukan pada anak. Matematika yang cocok untuk pembelajaran matematika untuk anak adalah matematika sekolah, yaitu matematika yang dikomunikasikan menggunakan benda-benda konkrit serta dibangun dengan cara konstruktivis.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id