Jul 18, 2009

Sumber Penting untuk Pembelajaran Matematika

Untuk semua guru dan calon guru matematika, berikut saya sampaikan sumber penting untuk pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional. Berbagai sumber pembelajaran matematika dapat di akses: rpp, video, lesson study, dst

Silahkan klik berikut:

http://hrd.apec.org/index.php/Main_Page

Sumber tersebut diberikan oleh Prof. Akihiko Takahashi, Ph.D dari DePaul University, Chicago, Amerika Serikat.

Selamat mmemanfaatkannya.

22 comments:

  1. Indriyani Fatmi
    13301244031
    S1 Pendidikan Matematika C 2013

    Terimakasih linknya pak, tapi mohon maaf kenapa linknya tidak bisa diakses ya pak? Yang muncul di web adalah "Sorry, You type the wrong address".

    ReplyDelete
  2. Mifta Tyas Laksita Sari
    Pend. Matematika A 2013
    13301241005

    Terima kasih Prof. Marsigit untuk informasi yang telah diberikan, ini informasi yang sangat berguna. Saya tertarik tentang artikel " Lesson Study Video for Do I Have a Window Seat or an Aisle Seat? (Grade 5 (Japan)) ". Artikel mereka berbicara tentang guru yang memberi pembelajaran operasi aritmatika pada siswa dengan kontekstual yang mana konsep dipelajari dengan cara mencari tempat untuk duduk di bus di sisi kiri dan kanan berdasarkan jumlah yang telah diberikan oleh guru. Selanjutnya, siswa mencari dengan jumlah mereka dengan membagi 4, sehingga mereka bisa mengetahui lokasi mereka di sisi kiri atau kanan. Pembelajaran operasi aritmatika jika diaplikasikan dengan kontekstual menjadikan siswa belajar menjadi lebih aktif dan memahami dengan lebih cepat.

    ReplyDelete
  3. SUPIANTO
    16701261001
    S3 PEP KELAS A 2016

    meskipun saya bukan guru matematika, tapi link ini layak untuk dibagi kepada kawan-kawan guru matematika agar dapat memperkaya sumber dan referensi dalam menjalankan tugas keguruan. thanks Prof..

    ReplyDelete
  4. Muhammad Aly Sa'id
    13301244007
    Pendidikan Mat Int 2013

    Terima kasih untuk link yang diberikan, semoga bermanfaat Prof Marsigit

    ReplyDelete
  5. Azwar Anwar
    16709251038
    Pendidikan Matematika S2 Kelas B 2016

    Di setiap pembelajaran pasti membutuhkan sumber-sumber yang akan menjadi sebuah rujukan. Misalnya buku, rancangan pembelajaran(RPP), LKS, Lesson study, alat peraga, media pembelajaran dan lain-lain. Dengan begitu siswa akan lebih mudah dalam memahaminya. Semoga sumber-sumber yang diberikan pak Prof.Marsigit dapat bermanfaat

    ReplyDelete
  6. Nilza Humaira Salsabila
    16709251026
    Pendidikan Matematika kelas B PPs 2016

    Assalamu’alaikum Wr. Wb.
    Sebagai seorang pendidik berbagai refrensi sumber pembelajaran matematika sangatlah penting untuk menambah pengetahuan kita dan juga meningkatkan kualitas pembelajaran. Terima kasih atas link yang Bapak bagikan di atas, sangat bermanfaat.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  7. Iqlima Ramadhani Fabella
    13301241017
    Pendidikan Matematika A 2013

    Terima kasih banyak pak atas linknya, semoga bermanfaat untuk perjalanan kami ke depan.

    ReplyDelete
  8. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Terima kasih untuk Pak Marsigit yang telah berkenan membagi link tersebut kepada kami. Semoga dapat bermanfaaat bagi kami calon pendidik di kemudian hari sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar yang menarik dan inovatif. Sehingga siswa tertarik untuk mempelajari matematika.

    ReplyDelete
  9. Intan Fitriani
    13301241024
    Pend. Matematika A 2013

    Terima kasih atas link yang telah bapak berikan. Namun ketika saya klik link tersebut tidak dapat terakses ke alamat yang dituju.

    ReplyDelete
  10. Diah Nuraini Kartikasari
    13301241006
    Pend. Matematika A 2013

    Terima kasih Bapak atas informasi link yang diberikan. Akan tetapi mohon maaf sebelumnya karena setelah saya buka, alamat yang dituju tersebut tidak bisa diakses.

    ReplyDelete
  11. Fitri Ayu Ningtiyas
    16709251037
    S2 P.Mat B UNY 2016


    Memperbanyak referensi mengenai sumber mengajar dan media-media yang menayangkan mengenai sumber mengajar dapat meningkatkan kualitas guru sebagai pendidik, termasuk dengan membaca referensi mengenai pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional yang dibagikan oleh Bapak Marsigit yang berupa rpp, video, lesson study dan lain-lain.

    ReplyDelete
  12. Sumbaji Putranto
    16709251028
    Pend. Matematika S2 Kelas B

    Membuat skema capaian dalam sebuah pembelajaran menjadi sangat penting. Ini bertujuan untuk mempersiapkan siswa melalui pembelajaran untuk menghadapi permasalahan global di masa yang akan datang. Sehingga siswa mampu mengaktualisasi diri dan adaptasi dengan lingkungannya di masa yang akan datang. Itulah mengapa pendidik pun perlu selalu mengupgrade diri agar apa yang diajarkan sesuai dengan keadaan sekarang dan masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  13. Moh. Bayu Susilo
    16709251012
    S2/P. Matematika/A/2016

    Sebagai seorang pengajar diharuskan selalu meningkatkan kemampuan diri dalam melakukan proses pembelajaran. Di era keterbukaan informasi dan teknologi seorang pengajar wajib meningkatkan kualitas dirinya dari waktu ke waktu agar tidak tertinggal oleh kemajuan dan perkembangan jaman. Link diatas yang membahas Lesson study merupakan salah satu metode dalam meningkatkan kemampuan seorang pengajar dalam menyampaikannya kepada peserta didik. Karena itu merupakan sumber penting untuk pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional.

    ReplyDelete
  14. Annisa Eprila Fauziah
    16709251040
    PPs P. Matematika Kelas B 2016

    Untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara ini, khususnya pada pelajaran matematika diperlukan banyak sumber pembelajaran seperti RPP, lesson study, video pembelajaran yang efektif dan bagus untuk perkembangan pembelajaran dll. Selain itu, guru diharuskan memenuhi kriteria 4 standar kompetensi guru, yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional.

    ReplyDelete
  15. Arifta Nurjanah
    16709251030
    PPs P Mat B

    Sumber-sumber tersebut berisi tentang pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional. Kita dapat merujuk sumber-sumber yang kita butuhkan dalam melakukan pembelajaran, seperti RPP, video, lesson study, dan lain sebagainya. Sumber-sumber tersebut juga penting untuk mendukung upaya kita dalam melakukan inovasi pembelajaran. Terima kasih Prof, atas link-link yang diberikan, semoga kami dapat memanfaatkannya dengans sebaik-baiknya dan dapat meningkatkan kompetensi agar dapat menciptakan pembelajaran yang lebih baik.

    ReplyDelete
  16. RAHMANITA SYAHDAN
    16709251013
    PPs Pmat A 2016

    Bismillahirrahmanirrahim
    Dalam makalah Wahyudi Kriswandani tentang merancang pembelajaran matematika. Dia menuliskan, kesuksesan pelaksanaan pembelajaran karena adanya rancangan pembelajaran yang dilakukan dengan baik. Hal ini menjadi kewajiban bagi para guru termasuk guru matematika. Merancang Setiap guru matematika dimanapun dia bertugas dan pada jenjang manapun dia mengajar tentu harus melaksanakan pekerjaan ini. Pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang mudah, karena memerlukan keterampilan yang memadai untuk melakukan telaah yang mendalam dan komprehensif terhadap kurikulum yang berlaku, isu-isu yang berkembang dalam bidang pendidikan, persoalan-persoalan yang muncul di lapangan, minat dan kemampuan siswa, serta perkembangan IPTEK.
    Banyaknya tuntutan dalam merancang pembelajaran matematika, membuat sebagian guru matematika tidak dapat melaksanakan rancangan pembelajaran dengan baik. Bahkan sejumlah fakta menunjukkan bahwa sebagian guru matematika hanya menggunakan produk jadi rencana pembelajarann matematika untuk memenuhi tuntutan administrasi. Hal ini tentu saja sangat memprihatinkan karena pada prinsipnya merancang pembelajaran matematika merupakan salah satu kegiatan penting bagi guru matematika dalam melaksanakan proses pembelajaran yang efektif untuk mengembangkan peserta didiknya.
    Dalam merancang pembelajaran, guru harus memperhatikan beberapa hal supaya pembelajaran benar-benar dapat meningkatkan kemampuan peserta didik. Beberapa hal tersebut antara lain menetapkan tujuan atau kompetensi yang harus dikuasai siswa, materi-materi yang berkaitan dengan kompetensi yang harus dikuasai siswa, penjabaran dan urutan yang logis dari materi-materi tersebut dengan mempertimbangkan media, cara penyajian, dan cara mengevaluasinya.

    ReplyDelete
  17. Bismillah
    Ratih Kartika
    16701251005
    PPS PEP B 2016

    Assalamualaikumwarahmatulahiwabarrakatuh¬
    Sumber sumber belajar bisa berasal dari guru, buku, LKS, alat peraga dan lain lain sebagainya. Dengan berbagai sumber tersebut diharapkan siswa memperoleh referensi belajar sehingga khasanah pengetahuaannya semakin bertambah.

    Wassalamualaikumwarahmatulahiwabarakatuh

    ReplyDelete
  18. Asri Fauzi
    16709251009
    Pend. Matematika S2 Kelas A 2016
    Sebagai pengajar pendidikan matematika harus bisa meningkatkan kualitas diri. Terkait dengan perkembangan zaman yang semakin maju, jika tidak ada inisiatif untuk mengembangkan diri, maka akan tergeser oleh yang lebih berkualitas. Untuk itu perlu adanya pengembangan diri, pengembangan pembelajaran matematika. link tersebut membahas Lesson study merupakan salah satu metode dalam meningkatkan kemampuan seorang pengajar, RPP yang berkualitas.

    ReplyDelete
  19. Wadiyono
    16701251021
    Penelitian dan Evaluasi Pendidikan S2 2016

    Saya kira bukan hanya untuk calon guru matematika tetapi artikel Prof Marsigit juga berguna bagi Kami guru yang bukan dari Matematika…

    ReplyDelete
  20. Taofan Ali Achmadi
    16701251001
    PPs PEP B 2016

    Assalamualikum Wr.Wb , maaf pak untuk link http://hrd.apec.org/index.php/Main_Page memang sudah tidak bisa diakses mungkin link tersebut perlu direupload agar kita bisa menambah wawasan mengenai sumber pembelajaran seperti yang sudah dikomen untuk bisa dipraktekkan dengan ilmu lainnya tidak hanya untuk matematika. Terima Kasih

    ReplyDelete
  21. ROFI AMIYANI
    S2 P.MAT A 2016
    16709251004

    Dalam kegiatan belajar mengajar, guru mempunyai peranan yang tidak kalah pentingnya. Murid yang baik lahir dari guru yang baik pula. Karenanya kualitas guru disini sangatlah penting. Kualitas guru dapat ditinjau dari segi kehidupannya baik itu ekonomi, sosial maupun budayanya. Kita dapat melihat kualitas guru dari hasil yang ia berikan. Jika muridnya mendapatkan hasil yang memuaskan. Itu sebagian nya juga merupakan pencapaian guru. Guru yang baik adalah guru yang mampu mempersiapkan dengan baik. Disini RPP maupun perangkat pembelajaran yang lain perlu sekali ditekankan agar proses yang akan dijalankan berjalan dengan baik.

    ReplyDelete
  22. Ressy Rustanuarsi
    16709251033
    PPs PMAT Kelas B 2016

    Terimakasih atas link yang Bapak diberikan mengenai sumber penting untuk pengembangan pembelajaran matematika bertaraf internasional. Sungguh sangat bermanfaat bagi saya dan teman-teman mahasiswa lainnya sebagai calon guru matematika.

    ReplyDelete

marsigitina@yahoo.com, marsigitina@gmail.com, marsigit@uny.ac.id