Mar 25, 2015

Referensi Berbagai Teori Belajar dan Mengajar

Aslm, berikut saya akseskan referensi untuk mendalami berbagai macam teori belajar dan mengajar



untuk para mahasiswa S1 Ethnomathematics, S2 Learning Trajectory, S3 Kajian Kurikulum Matematika, dan S3 StudiMandiri Bidang Matematika SD:
(Saran: Belajar dari pengalaman yg sudah, agar para mahasiswa menyegerakan diri untuk mengakses kalau perlu mendokumentasi file-file yang dianggap bermanfaat, karena web tersebut bisa saja sewaktu-waktu off-line atau berganti identitas, terlebih jika banyak pengunjungnya). 
http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/User:Cash/test
https://www.youtube.com/watch?v=jm559ucUePg   (Jerome Bruner lengkap)

Salam, dosen ybs,

Marsigit

179 comments:

  1. Ratih Eka Safitri
    16709251059
    PPs Pendidikan Matematika C 2016

    Menanggapi salah satu artikel yang saya baca diatas menerangkan bahwa teori kompleksiti adalah teori yang muncul sebagai implikasi dari perkembangan ilmu pengetahuan, informasi dan teknologi, sehingga teori ini mengajarkan kita sebagai calon guru untuk berupaya menciptakan lingkungan belajar yang sedemikian menariknya sehingga siswa dapat mengaitkan pembelajarn yang dilakukan dengan kehidupan sehari hari. Banyak hal yang bisa kita lakukan seperti menggunakan model pembelajaran RME atau bahkan pembelajaran Open Ended. Semoga guru kita semakin kreatif dan inovatif dari mempelajari teori teori belajar yang ada.

    ReplyDelete
  2. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Perkembangan kognitif seseorang tidak Dalamserta merta dapat mengolah informasi baru yang disebut pengetahuan. Pengetahuan baru muncul karena adanya proir knowledge atau bisa kita sebut dengan skema. Kemudian ditemukan informasi baru kemufian akan muncul disekulibrium atau ekuilibrium. Jika masuk ke dalam ekuilibrium maka dapat berlangsung ke akomodasi, dan begitu seterusnya dimulai dari akomodasi (skema baru).

    ReplyDelete
  3. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    salah satu teori belajar adalah teori konstruktivistik yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari gestalt. teori konstruktivistik dikembangkan oleh John Dewey, Jean Piaget, Jerome Brunner, dan Lev Vygotsky. teori ini sangat dipercaya bahwa siswa mampu mencari sendiri masalah, menyusun sendiri pengetahuannya melalui kemampuan berpikir dan tatangan yang dihadapinya, menyelesaikan dan membuat konsep mengenai keseluruhan pengalaman realistik dan teori dalam satu bangunan utuh.

    ReplyDelete
  4. Azizah Pusparini
    14301244012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih Bapak Prof. Marsigit, link-link di atas sangat bermanfaat bagi kami (calon pendidik). Dengan mempelajari teori belajar dan mengajar dapat menjadikan kami bagaimana menjadi pendidik yang baik, bagaimana cara menjadikan belajar yang bermakna, mengetahui berbagai karakteristik siswa dan lain sebagainya. Hal ini penting guna meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

    ReplyDelete
  5. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih atas link-link yang diberikan Prof. Setelah ssaya membaca http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Collaborative_Learning , saya memahami bahwa pembelajaran kolaboratif adalah salah satu model pembelajaran yang menekankan kerjasama kelompok, semua siswa secara bersama memahami materi tanpa ada yang ketinggalan. Model ini hampir sama dengan pembelajaran kooperatif, hanya saja sedikit berbeda. Diharapkan guru mampu menerapkan model pembelajaran ini dengan tepat sesuai kemampuan siswa

    ReplyDelete
  6. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Terdapat banyak teori belajar dan mengajar yang dikemukaan para ahli dengan tujuan agar mempermudah kita dalam proses mengajar dan proses memahami bagaimana siswa belajar tokoh yang terlibat dalam pengambangan teori-teori ini antara lain Vygotsky, Jean Piaget, Albert Bandura, Jerome Bruner, dst. Kita sebaiknya mempelajari dan memahami teori-teori terkait belajar dan mengajar tersebut. Sehingga kita dapat menentukan sikap kita dalam menghadapi siswa yang memiliki kemampuan dan karakteristik yang berbeda-beda.

    ReplyDelete
  7. Teori-teroi belajar sangat penting untuk dipahami. Sebagai seseorang yang berkecimpung dalam dunia pendidikan wajib memahami teori pendidikan, agar tidak salah penerepannya. kesalahan dalam penerapan dapat mengakibatkan hasil yang diperolehpun tidak akan baik. setiap Teori belajar belum tentu cocok untuk semua bidang keilmuan, maka kita harus memperlajari setiap karakteristik teori belajar agar bisa menentukan teori belajar behavior untuk bidang keilmuan apa, kognitif, construktivis, dan teori-tori lainnya.

    ReplyDelete
  8. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Saat ini banyak sekali referensi teori belajar dan mengajar yang dapat menjadi acuan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Seperti yang dicantumkan oleh Prof. Marsigit dalam artikel ini. Dengan mengetahui teori belajar mengajar, guru menjadi mengerti bagaimana siswa belajar dan guru dapat menentukan cara mengajar apa yang tepat untuk diterapkan ke siswa, sehingga pembelajaran berlangsung dengan baik dan materi yang diajarkan bisa bermakna bagi siswa.

    ReplyDelete
  9. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Referensi-referensi di atas merupakan hal yang penting untuk diimplemetasikan dalam pembelajaran. Misalnya Zone of Proximal Development (ZPD) yang dikemukakan oleh tokoh sosial konstruktivis Lev Vygotsky. ZPD akan membantu guru untuk memahami kemampuan siswanya agar dapat memfasilitasi secara optimal. Dengan ZPD ini guru dapat menentukan porsi scaffolding yang tepat bagi siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  10. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih Pak atas link-link yang telah diberikan sangat bermanfaat sekali bagi saya untuk menambah wawasan saya mengenai proses pembelajaran. teori belajar sangat penting dipelajari oleh guru agar dapat mengerti dan memahami hakekat dari proses pembelajaran, karena disekolah guru sebagai fasilitator utama untuk mentransfer ilmu.

    ReplyDelete
  11. Fina Fitri Nurjannah
    14301244005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam artikel Referensi Berbagai Teori Belajar dan Mengajar salah satu sumber yaitu http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/EvaluationConstructivistLearning diperoleh bahwa evaluasi adalah bagian dari keseluruhan proses pembelajaran. Evaluasi memberikan arahan tentang tujuan guru dan siswa sehingga siswa mampu memberikan umpan-balik terhadap pembelajaran mereka serta membimbing guru dan siswa untuk membuat tugas pembelajaran yang tepat. Evaluasi dalam konstruktivisme memandang bahwa proses pembelajaran ditekankan pada produk akhir dari suatu pembelajaran tertentu. Berbeda dengan behaviorisme dan kognitifisme yang menekankan untuk mengukur hasil yang spesifik secara objektif.

    ReplyDelete
  12. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih Prof. atas diberikannya sumber-sumber referensi tentang teori Belajar dan Mengajar. Hal ini sangat membantu kami dalam menemukan teori yang bisa kami aplikasikan pada kegiatan belajar dan pembelajaran di kelas. Dengan adanya banyak pengetahuan tentang teori belajar dan mengajar maka guru dapat mencari metode yang tepat untuk kelas yang diampunya.

    ReplyDelete
  13. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam artikel http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Situated_Cognition/Learning_Theory, menurut beberapa ahli bahwa ketika sebuah kelas menjadi komunitas pembelajaran, struktur sosial berubah menjadi satu di mana guru dan peserta didik bekerja sama untuk mencapai tujuan penting, tujuan yang mungkin telah terbentuk bersama-sama.

    ReplyDelete
  14. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan referensi tentang teori pembelajaran soaial yang bapak berikan diatas dan berdasarkan hasil pencarian saya, Teori pembelajaran sosial ini dikembangkan oleh Albert Bandura (1986). Hal terpenting dalam teori ini adalah penggunaan penjelasan eksternal dan internal kognitif untuk belajar memahami dari orang lain, karena terkadang apa yang dilakukan orang lain menjadi pembelajaran bagi kita. Menurut Bandura, sebagian manusia belajar dari pengamatan selektif dan mengingat tingkah laku orang lain.

    ReplyDelete
  15. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Berdasarkan referensi http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Collaborative_Learning dan beberapa sumber yang saya cari seperti artikel dari Dr. Ali Mahmudi, pembelajaran kolaboratif adalah suatu metode pembelajaran yang menempatkan siswa dengan latar belakang dan kemampuan yang beragam bekerja sama dalam suatu kelompok kecil untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini diperkuat dengan pendapat Gokhale yaitu "Thus, the success of one student helps other students to be successful".
    Hipotesis saya, pembelajran kolaboratif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis karena dalam kelompok, secara tidak langsung siswa dituntut untuk dapat berkomunikasi dengan siswa yang lain.

    ReplyDelete
  16. Hyldha Wafda Mufida
    14301241026
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Metode pembelajaran yang sering kita dengar dan sudah tidak asing lagi adalah metode pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning. Berdasarkan reerensi http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/PBL_Problem_Design secara langsung mengatakan bahwa PBL adalah Student Centred. artinya adalah, segala sesuatu dalam proses pembelajaran di kelas di design siswa yang merekonstruksi sendiri pengetahuannya, sedangkan guru menjadi fasilitator.
    Design PBL ada 4 tahapan berdasarkan referensi tersebut. Pertama adalah siswa disajikan suatu masalah, kemudian mencari fakta dari data-data yag mendukung, ketiga adalah siswa menghipoptesis dari teori yang telah didapatkannya, dan yang terakhir adalah learning needs maksudnya adalah apa yang dibutuhkan untuk diketahui.

    ReplyDelete
  17. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Desain pembelajaran problem based learning menggunakan masalah nyata sebagai dasar diskusi siswa dan melatih siswa untuk berpikir kritis dalam memecahkan masalah.dalam desain pembelajaran ini melatih siswa untuk mengkosntruksi pengetahuanya sendiri.

    ReplyDelete
  18. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Terimakasih atas referensi teori belajar dan mengajar yang telah Bapak diberikan. Referensi ini sangat membantu saya sebagai calon pendidik untuk lebih memahami berbagai macam teori belajar dan mengajar. Karena sebagai calon pendidik, pengetahuan tentang materi yang akan diajarkan saja tidaklah cukup, seorang pendidik harus dibekali dengan psikologi pendidikan, strategi pembelajaran dsb sebagai jalan dalam menyampaikan pengetahuan yang dimiliki. Seorang pendidik dikatakan berhasil dalam mendidik peserta didiknya apabila pengetahuan tersebut bermakna bagi mereka.

    ReplyDelete
  19. Dalam kaitannya dengan pendidikan, Sistem Berpikir menawarkan perspektif yang belajar didasarkan pada "non-linearitas dari pemikiran dan pada variasi sebagai sumber dan hasil dari pemikiran" (Phelps dkk., 2005, hal. 73). Dalam pandangan complexivist kemudian, "belajar disebabkan, tidak disebabkan" (2005, hal. 74). Kurikulum yang telah ditetapkan dan pra-terstruktur bekerja melawan munculnya dan dengan demikian membatasi belajar dengan meletakkan trek untuk rute yang ditentukan untuk menargetkan pengetahuan. Jadi kompleksitas sebagai teori belajar membutuhkan pembelajaran terbuka dan dalam melakukannya menyediakan untuk desain universal untuk belajar-mana pembelajaran dapat diakses oleh semua jenis peserta didik.
    Pendidikan perlu berevolusi untuk mengatasi kompleksitas dengan membantu peserta didik untuk beradaptasi dengan perubahan konstan. Peserta didik harus diinstruksikan tentang bagaimana menerapkan pengetahuan untuk berbagai konteks untuk membantu mereka untuk memperoleh kemampuan untuk beradaptasi dengan situasi berubah pengetahuan. Pendidikan perlu untuk membantu peserta didik untuk membangun tujuan belajar mereka sendiri, menerima umpan balik dan merefleksikan kemajuan mereka. Pendidikan harus menjadi proses yang berkesinambungan di mana peserta didik terus berkembang untuk meningkatkan kinerja dan menghasilkan pengetahuan baru.

    ReplyDelete
  20. Untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran maka perlu menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa, lingkungan dan materi. Banyak teori belajar dan mengajar yang dapat mendukung peningkatan kualitas pembelajaran. Teori tersebut dapat diterapkan langsung atau melalui tahap modifikasi atau penyesuaian. Guru yang mungkin tertarik pada suatu teori belajar maka akan melakukan penelitian untuk menemukan teori baru yang sesuai dengan karakter siswanya.

    ReplyDelete
  21. Muhammad Nurfauzan
    14301241015
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Pertama-tama saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Prof MArsigit yang telah memberikan link-link tentang teori belajar dan mengajar. Teori belajar dan mengajar sangat berguna dalam kegiatan belajar dan mengajar. Teori merupakan hasil idealita seseorang atau dapat dikatakan suatu pandangan. Dalam pembelajaran dibutuhkan strategi dalam pembelajaran dengan mengaplikasikan teori-teori tersebut. Sehingga diharapkan hasil belajar siswa optimal dan tujuan pembelajaran tercapai. Semoga bermanfaat.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  22. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih kepada Prof Marsigit yang telah memberikan referensi bagi kami untuk kami pelajari dan kami terapkan nantinya dalam melaksanakan pembelajaran bagi siswa, sehingga dapat terjadi pembelajaran yang mendekati ideal dan siswa dapat belajar secara tepat dan menyenangkan

    ReplyDelete
  23. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Multiples_Approaches_to_Understanding, saya mengetahui tentang multiple intelligences. Menurut Gardner, ada bermacam kecerdasan yang dimiliki oleh setiap orang yang berbeda, yaitu linguistik, logika-matematika, spasial, fisik-kinestetik, musik, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Kedelapan macam kecerdasan tersebut umumnya terdapat pada setiap orang, namun tidak semuanya kuat. Ada beberapa kecerdasan yang baik, namun lemah di kecerdasan yang lain, namun hal tersebut dapat diatasi dengan practice/latihan

    ReplyDelete
  24. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Collaborative_Learning, dijelaskan tentang pembelajaran kolaboratif, yaitu suatu metode pembelajaran berkelompok yang menitikberatkan pada satu tujuan dimana saling ada rasa tanggungjawab suksesnya pembelajaran dengan satu kelompoknya. Siswa yang sudah paham akan membantu teman lain di kelompoknya untuk sama-sama memahami pelajaran. Metode ini dapat diterapkan dengan beberapa strategi, diantaranya jigsaw atau think-pair-share. Diharapkan siswa dapat memiliki rasa tanggungjawab terhadap dirinya sendiri dan teman lain dalam melaksanakan pembelajaran

    ReplyDelete
  25. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014 UNY

    Dari link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Vygotsky%27s_Zone_of_Proximal_Development, saya mempelajari tentang ZPD (Zone of Proximal Development). Teori ini mengatakan bahwa siswa pastilah memiliki area dimana secara mandiri tidak dapat menyelesaikan masalah namun terselesaikan saat didampingi atau dalam kolaborasi dengan orang dewasa (dalam hal ini guru) atau teman sebaya lainnya. Hal ini terjadi karena siswa atau anak tidak lepas dari pengaruh lingkungannya. Penerapan dari teori ini contohnya adalah mengajarkan siswa yang memiliki keterbatasan budaya (adanya perbedaan budaya antar siswa atau peserta didik)

    ReplyDelete
  26. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014 UNY

    Teori perkembangan kognitif oleh Piaget dijelaskan dalam link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Jean_Piaget%27s_Developmental_Stage_Theory. Ada 4 tahap perkembangan anak, yaitu Tahap sensorimotor, Tahap pra-operasional, Tahap operasional kongkret, dan tahap operasional formal. Pada setiap tahap, anak memiliki karakteristik tertentu. Hal tersebut dapat digunakan sebagai acuan dalam menyusun metode dan strategi pembelajaran agar sesuai dengan kemampuan kognitif siswa, sehingga tercapai pembelajaran yang tepat sasaran

    ReplyDelete
  27. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014 UNY

    Dari link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/PBL_and_Math_Education, penerapan pembelajaran PBL dimulai dari masalah kontekstual yang termasuk ill-structured, yang mana nantinya siswa yang memecahkan masalah tersebut menjadi well-defined problem. Pembelajaran ini tidak ada jawaban benar, guru melihat dari kesesuaian siswa menemukan solusi. Sehingga terdapat beberapa kemungkinan jawaban yang ditemukan siswa.

    ReplyDelete
  28. Elli susilawati
    16709251073
    Pmat_D 2016
    Terima kasih kepada prof atas link yang diberikan kpd kami. Link tersebut sangat bermanfaat untuk kami sebagai calon pendidik. Menjadi pendidik dan memahami konsep-konsepnya merupakan tantangan bagi pendidik, sehingga mampu menghadapi situasi kegiatan belajar mengajar dalam kondisi apapun. Pendidik masih harus banyak mencari sumber2 pengetahuan dari berbagai sumber untuk meningkatkan kualitasnya.

    ReplyDelete
  29. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam artikel http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/User-Centred, desain yang berpusat pada pengguna menggunakan metodologi yang memberikan informasi terkait tentang individu, siapa yang akan terlibat dalam produk atau sistem yang dibuat. Metode ini menempatkan fokus langsung pada pengguna individual sepanjang perencanaan, perancangan dan pengembangan suatu produk atau sistem

    ReplyDelete
  30. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam artikel http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/PBL_and_Math_Education, tujuan PBL adalah mempersiapkan siswa untuk siap menghadapi kebutuhan hidup sejati dengan "meningkatkan ketrampilan berpikir tingkat tinggi dengan mengharuskan mereka untuk memikirkan masalah secara kritis dan menganalisis data untuk menemukan solusi" (Sungur et al., 2006).

    ReplyDelete
  31. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dalam artikel http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/PBL_Problem_Design , Problem Based Learning (PBL) adalah Student-Centered, pendekatan konstruktivisme untuk belajar siswa. PBL diidentifikasi sebagai strategi pembelajaran aktif dan mencakup tiga fitur yang menentukannya.

    ReplyDelete
  32. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Menurut John R. Savery, ada dua isu penting dalam menghadirkan masalah.
    1. Jika siswa terlibat dalam pemecahan masalah yang otentik, maka siswa harus memiliki masalahnya.
    2. Untuk menghadirkan masalah ini adalah memastikan bahwa data yang disajikan tidak menyoroti faktor penting dalam kasus ini.

    ReplyDelete
  33. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    Pendidikan Matematika A 2014

    MACAM-MACAM TEORI BELAJAR

    Ada tiga kategori utama atau kerangka filosofis mengenai teori-teori belajar,
    1. Teori Belajar Behavioristik
    2. Teori Belajar Kognitivisme
    3. Teori Belajar Konstruktivisme

    ReplyDelete
  34. Nahrul Pintoko Aji
    14301244008
    Pendidikan Matematika A 2014

    TEORI MENGAJAR
    Mengajar pada hakekatnya adalah kegiatan yang dilakukan seseorang secara sadar untuk merobah tingkah laku atau memberikan keterampilan baru kepada seseorang.
    Beberapa teori mengajar yang dikemukakan oleh beberapa ahli antara lain adalah:
    1. Teori Mengajar Bruner
    2. Teori Mengajar Ausubel
    3. Teori Mengajar Gagne

    ReplyDelete
  35. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sebelumnya saya mengucapkan terimakasih kepada Pak Marsigit yang telah bersedia berbagi link tentang Teori Belajar dan Mengajar. Link-link tersebut sangat bermanfaat untuk menambah wawasan calon guru dan guru tentang Teori Belajar yang dapat digunakan dalam pembelajaran di dalam kelas.

    ReplyDelete
  36. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Salah satu tulisan yang saya baca dari link di atas adalah collaborative learning atau pembelajaran kolaboratif. Collaborative learning merupakan metode pembelajaran dimana siswa dipasangkan dalam sebuah kelompok dan bekerja untuk sebuah tujuan. Setiap siswa memiliki tanggung jawab yang sama dalam kelompoknya.

    ReplyDelete
  37. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Tulisan kedua yang saya baca adalah tentang stage of development (tahap perkembangan) pada anak oleh Jean Pieget. Urutannya adalah sensimotor stage (0-2 tahun), Preoperational stage (2-7 tahun), Concrete operational stage (7-11 tahun) dan Formal operation stage (lebih dari 11 tahun).

    ReplyDelete
  38. Fina Fitri Nurjannah
    14301244005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih Prof.Marsigit atas sumber belajar yang telah Prof berikan melalui blog ini. Salah satu link yang saya buka adalah http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Situated_Cognition/Learning_Theory . Dalam web tersebut terdapat pendapat yang menarik dari Jean Lave. Beliau meyakini bahwa Sebagian besar pembelajaran terjadi secara alami melalui budaya, konteks, dan aktivitas. Oleh karena itu, etnomatematematika sangat diperlukan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  39. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Dalam proses pembelajaran, baik formal, informal maupun nonformal, teori pembelajaran memiliki peran yang penting. Teori pembelajaran akan menentukan bagaimana proses pembelajaran itu terjadi. Sebelum merancang pembelajaran, guru harus menguasai sejumlah teori tentang belajar, termasuk beberapa pendekatan dalam pembelajaran. Penguasaan teori ini dimaksudkan agar guru mampu mempertanggungjawabkan secara ilmiah perilaku mengajarnya di depan kelas.Secara luas teori belajar selalu dikaitkan dengan ruang lingkup bidang psikologi atau dengan kata lain, apabila berbicara masalah belajar, berarti membicarakan sosok manusia. Ini dapat diartikan bahwa ada beberapa aspek yang harus mendapat perhatian. Aspek-aspek tersebut yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Melalui teori-teori pembelajaran ini, guru akan memahami berbagai cara bagaimana peserta didik belajar dan seterusnya menghubungkan prinsip dan hukumnya dengan teknik mengajar untuk mencapai pembelajaran yang berkesan.

    ReplyDelete
  40. Isnan Noor Wahid Rohmatulloh
    14301241057
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih karena Prof Marsigit telah membagian link berbagai teori belajar dan mengajar. Hal ini sangat membantu bagi guru maupun calon guru. Bagi saya selaku calon guru, hal ini sangat membantu dalam memperisapkan saat akan menghadapi magang / PPL. Sehingga daya dapat memilih teori belajar yang tepat dalam menjumpai siswa di kelas.

    ReplyDelete
  41. Isnan Noor Wahid Rohmatulloh
    14301241057
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari teori belajar yang disampaikan pada link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Vygotsky%27s_Zone_of_Proximal_Development . Teori ini hampir sama seperti Cognitive-construction yang disampaikan Jean Piaget. Namun Lev Vygostky menjabarkan ide dari Piaget dan secara spesifik melihat bagaimana interaksi sosial dan colaborasi dalam bagaimana peserta didik belajar.

    ReplyDelete
  42. Isnan Noor Wahid Rohmatulloh
    14301241057
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari teori belajar yang disampaikan pada link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/PBL_Problem_Design tentang Problem based learning. Langkah awal adalah bagaimana guru menampilkan suatu masalah yang masih menjadi kapasitas siswa. Selanjutnya bagaimana siswa belajar melibatkan combinasi dari cara belajar secara individu maupun kelompok. Dan yang terakhir, siswa lebih aktif dalam pembelajaran sedangkan guru memfasilitasi siswa belajar.

    ReplyDelete
  43. Isnan Noor Wahid Rohmatulloh
    14301241057
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari konsep teori belajar yang disampaikan pada http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Collaborative_Knowledge_Building_Model tentang Collaborative Knowledge Building yang siampaikan oleh Scardamalian dan Bereiter (1994). CBK adalah model pembelajaran dimana ada beberapa fase yang dapat dibedakan yang membentuk siklus personal dan pengembangan pengetahuan sosial.

    ReplyDelete
  44. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. terimakasih Prof. Marsigit atas referensi-referensi tenatng teori belajar mengajar yang diberikan. Dengan memanfaatkan teori belajar yang dipelajari dari referensi-referensi ini semoga proses belajar mengajar senantiasa menyediakan inovasi-inovasi yang dapat membantu siswa belajar.

    ReplyDelete
  45. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Sebelumnya terimakasih atas semua referensi tentang teori-teori belajar yang Bapak berikan. Sebagai guru kita wajib mengetahui terori belajar dan mengajar. Meskipun teori tersebut sudah sangat lama, akan tetapi pasti masih ada hal yang relevan yang dapat di terapkan dalam pembelajaran. Teori-teori tersebut juga membantu guru untuk melakukan berbagai macam inovasi dalam pendidikan. Tidak hanya sekedar coba-coba tanpa thu akan berhasil atau tidak. Dengan berdasarkan teori tersebut, maka inovasi yang dilakukan memiliki peluang berhasil jauh lebih besar, karena sebelumnya telah dilakukan penelitian oleh para ahli. Serta arah inovasi yang dilakukan tersebut jelas.

    ReplyDelete
  46. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas referensi yang telah bapak bagikan, sangat bermanfaat bagi kami untuk mempelajari berbagai teori belajar dan mengajar. Teori belajar yang sekarang ini sering digunakan adalah teori belajar konstruktivisme.

    ReplyDelete
  47. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada teori konstruktivisme, siswa mengkonstruk pengetahuannya sendiri, sedangkan guru hanya memfasilitasi siswa untuk membentuk pengetahuannya. Teori belajar yang demikian seperti saintifik, discovery learning, guided inquiry dan lain sebagainya. Teori belajar seperti ini dikenal dengan student-centered.

    ReplyDelete
  48. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Teori-teori belajar yang di sebutkan pada artikel di atas memang sangat perlu dipelajari lagi bagi para guru. Contohnya, teori konstruktivisme yang memadukan antara kebiasaan dan teori kognitif. Tujuannya adalah untuk membangun pengetahuan dengan pengalaman sendiri. Melalui pemecahan masalah yang real dan sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari.

    ReplyDelete
  49. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih atas link yang telah Bapak berikan. Sehingga dapat memberikan wawasan yang lebih mendalam kepada calon guru maupun guru mengenai teori belajar sehingga dapat diterapkan didalam kelas.

    ReplyDelete
  50. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    teori belajar mengajar sangatlah penting dalam pelaksanaan pendidikan. Secara umum teori belajar dikelompokkkan menjadi empat aliran yaitu
    a. Teori Behavioristik
    b. Teori Kognitif
    c. Teori Kontruktivisme
    d. Teori Humanisme .
    Masing masing teori menenkankan aspek tertentu dalam proses pembelajaran yang dapat dijadikan pertimbangan bagi seorang guru.

    ReplyDelete
  51. Adelina Diah Rahmawati
    14301241029
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Terima kasih atas link tentang teori belajar mengajar yang telah Bapak berikan. sehingga informasi tersebut dapat dijadikan suatu sumber atau referensi serta pertimbangan bagi guru dan calon guru dalam menerapkan teori belajar mengajar mana yang cocok dan bisa melaksanakan pembelajaran dengan baik sesuai dengan keadaan peserta didik (karakteristik peserta didik).

    ReplyDelete
  52. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sebelumnya, terima kasih atas link yang telah bapak berikan ini. Postingan ini sangat bermanfaat bagi pendidik dan calon pendidik yaitu pendidik dan calon pendidik dapat mempertimbangkan penerpaan teori-teori belajar yang dapat mengembangkan potensi-potensi siswa. Pembelajran juga akan semakin menarik dan tidak monoton dengan menerapkan berbagai teori-teori belajar yang ada.

    ReplyDelete
  53. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Teori konstruktivistik merupakan teroi yang dikembangkan oleh Jean Piaget. Dalam teori ini dijelaskan bahwa pada dasrnya individu sejak kecil sudah memiliki kemampuan untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Pengetahuan dikonstruksi oleh anak sebagai subjek, maka akan menjadi pengetahuan yang bermakna bagi siswa

    ReplyDelete
  54. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam proses pembelajaran pasti setap guru mengingikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. teori konstrukstivistik ini dapat menjadi salah satu teori yang dapat memberikan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. pada dasarnya pengetahuan yang hanya diperoleh melalui proses pemberitahuan tidak akan menjadi pengetahuan yang bermkan bagi siswa.

    ReplyDelete
  55. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam proses membangun pengetahuan melalui proses belajar meliputi tiga fase yaitu dase eksplorasi, fase pengenalan konsep, fase aplikasi konsep. Dalam fase eksplorasi, siswa mempelajari gejala dengan bimbingan. Dalam fase pengenalan konsep, siswa mengenal konsep yang ada hubungannya dengan gejala. sedangkan dalam fase aplikasi konsep, siswa menggunakan konsep untuk meneliti gejala lain lebih lanjut.

    ReplyDelete
  56. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    Pendidikan Matematika A 2014

    Terima kasih Pak atas sumber yang Bapak berikan. Link-link yang diberikan ini sangat bermanfaat dan perlu untuk dicermati oleh guru maupun calon guru. Guru maupun calon guru perlu mempelajari teori-teori belajar dan pembelajaran, karena guru harus mengerti bahwa dalam pembelajaran guru tidak hanya dituntut untuk menguasai materi, tetapi harus tau tahap perkembangan siswanya agar dapat memilih strategi, metode, maupun metode pembelajaran yang sesuai untuk menyampaikan materi.

    ReplyDelete
  57. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas link-link yang telah diberikan oleh Prof. marsigit. Saya merasa sangat terbantu dengan adanya link-link tersebut. Teori belajar dan mengajar perlu diketahui oleh calon guru ataupun guru professional. Hal ini dikarenakan, teori belajar dan mengajar akan membantu guru dalam mengetahui bagaimana proses pembelajaran di kelas, bagaimana cara siswa belajar dan cara guru mengajar secara ideal. Teori belajar dan mengajar memberikan wawasan baru bagi guru dalam mengetahui bagaimana hakikat belajar dan mengajar.

    ReplyDelete
  58. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Belajar adalah rangkaian kegiatan atau aktivitas yang dilakukan secara sadar oleh seseorang dan mengakibatkan perubahan dalam dirinya berupa penambahan pengetahuan atau kemahiran berdasarkan alat indera dan pengalamannya. Sementara itu teori belajar yaitu suatu teori mengenai pelaksanaan dan tatacara pengaplikasian proses pembelajaran antara guru dan siswa atau upaya untuk mendeskripsikan bagaimana manusia belajar, sehingga membantu kita semua memahami proses inhern yang kompleks dari belajar. Teori belajar akan berguna dalam memahami pengetahuan (tingkat intelektual) seseorang (siswa. Banyak teori belajar yang telah berkembang di seluruh dunia. Teori yang berkembang diantaranya: teori belajar behaviouristik, konstruktivistik, humanistik dan lain sebagianya.

    ReplyDelete
  59. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Adanya teori belajar yang berkembang di seluruh dunia yang dikemukankan oleh para ahli dapat membantu guru dalam merencanakan proses pembelajaran dikelas, dengan adanya teori belajar guru menjadi paham mengenai bagaimana siswa belajar, perilaku siswa dalam belajar sehingga guru dapat menemukan cara-cara untuk menyikapinya. Selain itu, guru dapat mengelola kelas dengan baik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung sistematis, efektif dan efisien. Selain itu kondisi kelas menjadi lebih aktif dan juga dinamis, yang dapat mengoptimalkan dan menyalurkan kemampuan siswa secara maksimal. Guru juga dapat mengidentifikasi keberhasilan aplikasi suatu teori.

    ReplyDelete
  60. Harumas Anom
    14301244013
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Terimakasih atas referensinya. Dari teori belajar yang disampaikan pada link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Vygotsky%27s_Zone_of_Proximal_Development . Teori ini hampir sama seperti Cognitive-construction yang disampaikan Jean Piaget. Namun Lev Vygostky menjabarkan ide dari Piaget secara lebih spesifik melihat interaksi sosial dan kerjasama bagaimana peserta didik belajar

    ReplyDelete
  61. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Sangat membantu saya sebagai calon pendidik untuk melakukan riset maupun diterapkan dalam kelas nantinya. Semoga bacaan tersebut dapat terus saya pelajari.

    ReplyDelete
  62. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Alhamdulillah akhinya saya menemukan berbagai sumber mengenai teori belajar. Terimakasih saya ucapkan kepada Prof. Marsigit atas link teori belajar yang sudah disampaikan.

    ReplyDelete
  63. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Marsigit karena telah memberikan link-link tersebut. Sangat membantu untuk saya dan teman-teman. Semoga dengan adanya referensi yang semakin kaya dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya, terutama bagi calon pendidik dan calon pendidik, serta bagi para instansi pendidikan.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  64. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Marsigit karena telah memberikan link-link tersebut. Sangat membantu untuk saya dan teman-teman. Semoga dengan adanya referensi yang semakin kaya dapat membantu meningkatkan kualitas sumber daya, terutama bagi calon pendidik dan calon pendidik, serta bagi para instansi pendidikan.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  65. Saepul Watan
    16709251057
    S2 P.Mat Kelas C 2016

    Bismilahir rahmaanir rahiim..
    Assalamualaikum wr..wb...

    Link-link refrensi teori belajar mengajar ini sangat berguna untuk mengembangkan secara mandiri kemampuan yang dimiliki mahasiswa, guru, dosen ataupun siapa saja yang mengunjungi artikel tulisan ini. Pesan dari Bapak Prof. Marsigit ini yaitu “Belajar dari pengalaman yg sudah, agar para mahasiswa menyegerakan diri untuk mengakses kalau perlu mendokumentasi file-file yang dianggap bermanfaat, karena web tersebut bisa saja sewaktu-waktu off-line atau berganti identitas, terlebih jika banyak pengunjungnya”. Alhamdulillah semoga bermanfaat.

    ReplyDelete
  66. Kusuma Wardani D.S
    1430124107
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Teori belajar Vygotsky menyatakan bahwa peserta didik dalam mengkonstruksi suatu konsep perlu memperhatikan lingkungan sosial atau disebut dengan konstruktivisme social.

    ReplyDelete
  67. Kusuma Wardani D.S
    1430124107
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Ada dua konsep penting dalam teori Vygotsky, yaitu Zone of Proximal Development (ZPD) dan scaffolding

    ReplyDelete
  68. Kusuma Wardani D.S
    1430124107
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Zone of Proximal Development (ZPD) merupakan jarak antara tingkat perkembangan sesungguhnya yang didefinisikan sebagai kemampuan pemecahan masalah secara mandiri dan tingkat perkembangan potensial yang didefinisikan sebagai kemampuan pemecahan masalah di bawah bimbingan orang dewasa atau melalui kerjasama dengan teman sejawat yang lebih mampu.

    ReplyDelete
  69. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam pembelajaran, penting bagi guru untuk memerhatikan tingkat kematangan dan umur siswanya agar dapat memfasilitasi siswanya dengan strategi pembelajaran yang tepat sesuai tingkat kematangan siswanya. Sehingga strategi pembelajaran tersebut akan sesuai dengan cara berpikir siswa dan konsep matematika yang dipelajari siswa akan dibangun dengan baik. Hal inj sesuai dengan teori belajar menurut Jean Piaget.

    ReplyDelete
  70. Muhammad Nur Fariza
    14301241024
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam pembelajaran penting untuk merefer teori-teori belajar. Hal ini dilakukan agar mencoba menerapkannya untuk mencari teori mana yang cocok di kelas tersebut. Selain itu juga dapay dilakukan hal yang sebaliknya. Yaitu dengan mendiagnosis masalah dikelas dan coba dicari solusinya melalui berbagai teori yang ada.

    ReplyDelete
  71. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    Saya tertarik dengan link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/PBL_and_Math_Education. Pada artikel tersebut dibahas perbedaan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran tradisional/konvensional, yaitu pada PBL lebih berpusat kepada siswa, artinya siswa menjadi pelaku/aktor pendidikan dan guru sebagai fasilitator, sedangkan pada pembelajaran tradisional guru lebih banyak menjelaskan dan siswa cenderung pasif dan menerima penjelasan guru.

    ReplyDelete
  72. Ridwan Agung Kusuma
    13301241018
    Pend. Matematika A 2013

    PBL dimulai dengan pemberian masalah, kemudian siswa mengidentifikasi masalah (mencari informasi yang telah diketahui dan yang belum diketahui), melakukan penyelidikan, memperkirakan solusi yang mungkin, Merumuskan solusi yang paling tepat dan menyelesaikan masalah dengan solusi yang dipilih. PBL cocok diterapkan di matematika karena menghubungkan apa yang dipelajari dengan apa yang sudah dialami/diketahui oleh siswa. Dengan PBL siswa akan menjadi lebih kritis dalam menyelesaikan suatu permasalah karena siswa terbiasa melakukan problem solving (pemecahan masalah).

    ReplyDelete
  73. Nama: Ilma Rizki Nur Afifah
    NIM: 17709251020
    Kelas: S2 Pendidikan Matematika A

    Saya tertarik membaca link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/PBL_and_Math_Education. Dalam tulisan tersebut dijelaskan bahwa matematika adalah proses menemukan, matematika adalah proses berpikir, dan matematika adalah proses mengkontruksikan. PBL merupakan suatu metode yang efektif untuk mengajarkan matematika kepada peserta didik karena peserta didik deberi kesempatan untuk berpikir dan mengkontruksikan sendiri konsep matematika. Dibendingkan dengan metode tradisional/konvensional/cerama, metode PBL ini lebih baik untuk diterapkan karena metode ceramah lebih menekankan kepada kemampuan gurunya, bukan siswanya. Dan Tujuan dari PBL menurut Sungur (et al., 2006) adalah untuk mempersiapkan siswa untuk siap dengan semua aturan hidup di masyarakat dengan meningkatkatkan kemampuan berpikir tinggi serta mengharuskan mereka untuk berpikir kritis tentang suatu masalah dan menganalisis data untuk menemukan solusi.

    ReplyDelete
  74. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    saya tertarik sekali membaca http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Situated_Cognition/Learning_Theory tentang teori belajar, disini disebutkan bahwa learning is “naturally tied to authentic activity, context, and culture", belajar itu "secara alami terkait dengan aktifitas, konteks dan budaya". menurut saya belajar itu memang harus beraktifitas, dimana kita sebagai pelajar harus mau beraktifitas, dalam hal ini berani melakukan sesuatu atau mencoba hal-hal baru. sama seperti pemikiran Wenger (1998) bahwa pendidikan lebih mendasarkan pada masyarakat dan individu yang terus memperbaiki diri. Terimakasih banyak Pak Prof. Marsigit atas referensi yang Bapak sampaikan sehingga saya mendapatkan lebih banyak lagi ilmu tentang teori belajar.

    ReplyDelete
  75. Gina Sasmita Pratama
    17709251003
    S2 P.Mat A 2017

    Link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Social_Learning_Theory menceritakan tentang teori belajar dan mengajar yang dinamakan "Teori Aktivitas". Landasan teori aktivitas ini ialah 1) pengetahuan sebenarnya dimediasi melalui penggunaan alat 2) sebuah aktivitas adalah dasar untuk menganalisis. Jadi, teori aktivitas bmengatakan bahwa ketika individu terlibat dan berinteraksi dengan lingkungannya, mereka menggunakan berbagai alat untuk mengeksplorasi sesuatu dan pada akhirnya dari proses (menggunakan alat) itulah mereka memperoleh pengetahuan baru. Menurut saya, teori aktivitas ini baik untuk diterapkan pada proses pembelajaran tertentu untuk meningkatkan rasa sosial antar peserta didik. Hal ini karena, teori aktivitas memanfaatkan alat-alat tertentu (tampak secara fisik) untuk mengeksplorasi pengetahuan baru, dengan menggunakan suatu alat, aktifitas belajar ini dapat turut dirasakan dan dilihat oleh peserta didik yang lainnya. Beda jika tidak menggunakan alat tertentu, maka peserta didik hanya menggunakan fikirannya sendiri dalam mengeksplor sesuatu, sehingga hanya dia sendiri yang dapat merasakannya tanpa dapat dirasakan juga oleh peserta didik yang lainnya. Tetapi terlepas dari itu, menurut sumbernya teori belajar ini relatif baru. Oleh karena itu memiliki beberapa ideologi abstrak yang membuat sulit untuk dipahami dan diterapkan sepenuhnya.

    ReplyDelete
  76. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Siap laksanakan pak. Insya alloh ini berguna bagi kita semua. Jangan bosan-bosan memberikan kami semua ilmu agar kami selalu menjadi orang yang selalu haus akan ilmu karena ternyata ilmu itu luas. Ilmu disini merupakan ilmu dari Alloh SWT. Telah dinashkan dalam Al-Qur’an dalam Al-An’am Ayat 6 bahwa Ilmu yang Alloh berikan tidaklah akan habis walaupun seluruh lautan yang ada di dunia ini menuliskannya. Selain itu hal ini juga sebagai rambu-rambu kita agar terhindar dari sifat takabbur karena memiliki jenjang yang bisa dikatakan tinggi ini. Semoga Alloh selalu memberikan kesehatan kepada bapak, sehat akal dan jasmani agar bisa selalu memberikan ilmu bagi kita semua. Aaamiiin
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  77. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Terima kasih banyak Prof atas informasi yang diberikan mengenai teori belajar dan mengajar. Tentunya ini sangat berguna bagi calon guru maupun guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran di kelas. Sangat sangat tertari dengan salah teori yakni teori konstruktivisme.
    Pada teori konstruktivisme dijelaslan bahwa konstruktivisme adalah paham yang mengolaborasikan antara kebiasaan dan teori kognitif.
    Tujuannya adalah untuk membangun pengetahuan dengan pengalaman sendiri. Melalui pemecahan masalah yang real dan sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari, teori ini dapat dijadikan salah satu cara untuk mengembangkan konstruktivisme pengetahuan

    ReplyDelete
  78. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof.
    Beberapa link tersebut merujuk pada teori Bandura tentang teori belajar sosial. Menurut Banduran, pada proses belajar tidak selalu terjadi perubahan perilaku. Tingkah laku manusia bukan hanya respon atas stimulus, melainkan juga akibat reaksi yang timbul sebagai hasil interaksi antara lingkungan dengan sistem kognitif. Menurutnya belajar adalah proses pengamatan dan peniruan pada suatu model. Guru harus memberikan model yang baik dan benar, misalnya dalam penggunaan alat matematika. Guru juga harus menghadirkan model yang menarik perhatian dan mudah diingat siswa.

    ReplyDelete
  79. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum , Wr.Wb
    Terimakasih pak atas postingannya. Ini adalah postingan yang memberikan informasi penting kepada saya. Kumpulan referensi-referwnsi untuk mendalami berbagai macam teori belajar dan mengajar. Akan saya gunakan untuk saya belajar mendalami mengenai teori belajar dan mengajar. Tujuannya agar nantinya ketika turun ke lapangan, saya dapat menjadi guru yang profesional, yang berkualitas, dan kreatif karena telah mempelajari teori dalam proses belajar mengajar.
    Yang pastinya postingan ini juga akan bermanfaat buat teman-teman, calon guru, bahkan untuk guru, agar meningkatkan kualitas dalam mengajar.

    ReplyDelete
  80. Junianto
    17709251065
    PM C

    Terimakasih untuk link-link yang telah Prof Marsigit sampaikan. Link tersebut sangat membantu guru dalam mengjar dan mempersiapakan materi pembelajaran. Pembelajran kolaboratif juga sangat memudahkan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajran. Sehingga pembelajran bersifat Student centered, dan siswa bisa mengkonstruksi pemahaman mereka sendiri. Guru juga berperan sebagai fasilitator siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  81. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Terimakasih banyak pak untuk link-link yang telah bapak bagikan. Link-link tersebut akan sangat membantu guru atau pengajar dalam mengajar dan mempersiapkan proses pembelajaran. Learning Trajectory atau lintasan belajar itu akan sangat berguna untuk memudahkan guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

    ReplyDelete
  82. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A

    Assalamu'alaikum wr. wb
    Terimakasih Pak atas sharing link-link di atas terkait teori belajar mengajar. Semoga kami dapat memanfaatkannya secara optimal. Terdapat berbagai teori belajar mengajar yang ada, sebagai pendidik semoga dengan adanya referensi ini atau mencari referensi-referensi lain di luar ini, bisa memperkaya pengetahuan tentang teori belajar, sehingga pada akhirnya dapat membuat inovasi dalam pembelajaran tanpa menghiraukan karakter siswa, seperti Teori Piaget yang melihat pendidikan siswa berdasarkan kebutuhan sesuai dengan umurnya.

    ReplyDelete
  83. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Prof Marsigit yang telah membagikan beberapa link referensi berbagai teori belajar dan mengajar. Dari beberapa link yang diunggah, saya tertarik pada link yang memuat Zone of Proximal Development (ZPD) oleh Vygotsky. Dalam artikel yang dimuat dalam link tersebut dipaparkan bahwa ZPD adalah daerah dimana siswa tidak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri, tetapi apabila dia diarahkan oleh guru atau dengan bantuan teman, dia dapat menyelesaiakn masalah dengan baik. Pada pelaksanaan pembelajaran di kelas, guru perlu memahami metode pembelajaran yang disukai siswa dan menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan konteks, kebutuhan, situasi, dan kondisi siswa di kelas. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencapai pengajaran yang efektif pada ZPD seorang siswa.

    ReplyDelete
  84. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Terima kasih atas berbagai referensi teori belajar dan mengajar yang bapak bagikan di sini. Memadukan berbagai referensi akan semakin menguatkan pemahaman kita akan teori yang kita dalami, sebab kita tidak hanya melihat dari satu kacamata melainkan dari berbagai perspektif yang berbeda. Tinggal bagaimana kita dapat menggali tendensi dari masing-masing teori (mana yang lebih dalam tingkat kebenarannya). Wassalam

    ReplyDelete
  85. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum
    Terima kasih Pak Prof. atas link yang Bapak bagikan dalam postingan kali ini, yaitu yang berkaitan dengan berbagai macam referensi teori belajar dan mengajar. Link ini akan sangat bermanfaat bagi kami para mahasiswa, sehingga akan menambah sumber referensi mengenai teori belajar mengajar.

    ReplyDelete
  86. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Sebelumnya terimakasih kepada Bapak Marsigit yang telah berbagi link-ink diatas, sehingga bisa menjadi referensi bagi kami. Salah satu teori yang belajar yang terdapat pada link di atas adalah teori belajar konstruktivisme.
    Teori belajar konsruktivisme menitikberatkan pada proses belajar, bukan pada hasil. Ketika proses belajar berjalan dengan baik dan bermakna bagi siswa, hasil belajarnya akan sebanding. kurikulum 2013 menurut pendapat saya mengacu kepada teori belajar konstruktivisme yang merupakan perpaduan antara behaviorisme dan kognitivisme. Teori ini sesuai dengan teori yang dikembangkan oleh Lev Vygotsky.

    ReplyDelete
  87. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Collaborative learning menurut saya adalah hal yang sangat bagus untuk diterapkan, baik pada pembelajaran di SD, SMP, SMA, ataupun perguruan tinggi. Karena dengan hal itu siswa tidak hanya akan berprestasi sendiri, tapi bersama-sama.

    ReplyDelete
  88. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih kepada bapak Prof atas link-link bacaan di atas karena sangat membantu saya dalam menyiapkan tugas-tugas makalah pada mata kuliah lain. Tidak bisa dipungkiri meskipun banyak teori pembelajaran baru yang ditemukan saat ini namun itu juga pada umumnya bersumber pada teori-toeri pembelajaran sebelumnya. tinggal bagaimana kita dalam menggunakan teori tersebut untuk mendesaign pembelajaran yang menarik.

    ReplyDelete
  89. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Banyak sekali rujukan yang dapat digunakan untuk mengetahui berbagai teori belajar dan mengajar. Tidak hanya melalui buku yang berat untuk dibawa kemana-mana namun juga dapat diperoleh melalui internet. Hal ini bermanfaat karena memudahkan mahasiswa dalam mencari sumber referensi yang lainnya.
    Terimakasih prof.

    ReplyDelete
  90. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Video pembelajran PBL yang terdapat dalam laman youtube ini menarik untuk disimak. Video tersebut menceritakan dengan singkat mengapa diperlukan PBL dalam pemebelajaran disekolah serta manfaatnya untuk siswa dikemudian hari. Sangan diharapkan bagi kami semua bahwa perlu untuk memperbanyak produksi video yang menarik sehingga dapat mudah untuk dipahami.

    ReplyDelete
  91. Insan A N/ PPs S2 PM C 2017
    Assalamualaikum, saya ucapkan terimakasih prof Marsigit atas link-link tentang referensi teori belajar serta beberapa hal terkait model pembelajaran. Sangat membantu bagi para guru untuk lebih memahami bagaimana meyusun dan merencakan pebelajaran dengan landasan teori yang kuat, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal.

    ReplyDelete
  92. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih pak, link-link yang bapak bagikan dipostingan ini sangat bermanfaat, sebagai referensi maupun sumber tambahan bagi kami sebagai mahasiswa pendidikan dalam mempelajari dan menambah pengetahuan kami terkait teori-teori belajar dang mengajar.

    ReplyDelete
  93. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Terima kasih atas link yang Bapak share. Insya Allah sangat bermanfaat. Terlebih lagi dalam mendesain pembelajaran sangat diperlukan masukan-masukan yang dapat bersumber dari teori-teori pembelajaran dan teori-teori belajar tersebut. Menangani kelas dan karakter siswa selain dibutuhkan kesabaran, ketelatenan, juga dibutuhkan referensi yang dapat memperkuat atau memunculkan ide untuk melakukan perbaikan dalam pembelajaran di kelas, hal tersebut dapat dilakukan dengan memahami dengan baik teori-teori yang telah dishare oleh Pak Marsigit ini. Terima kasih sekali lagi, Pak

    ReplyDelete
  94. Nama : Dyah Ayu Fitriana
    NIM : 17701251028
    Kelas : PEP B S2

    Bismillah
    Terima kasih sudah memberikan referensi mengenai teori belajar mengajar yang sangat dibutuhkan bagi para pendidik nantinya. Dalam link tersebut, kita juga mendapati sejarah munculnya teori pembelajaran tersebut hingga langkah-langkah yang benar.

    ReplyDelete
  95. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B 2017

    Terimakasih pak atas link yang bapak bagikan. Insyaallah sangat bermanfaat.
    Banyak teori belajar yang disajikan, salah satunya mengenai pembelajaran kolaboratif.

    Pembelajaran kolaboratif mengedepankan bagaimana siswa dapat lebih aktif dan dapat bekerja sama dalam proses penyelesaian masalah. Disini sifat kompetitif siswa seakan ditiadakan karena dalam prosesnya siswa saling berdiskusi satu sama lain. Sedangkan guru lebih membimbing siswa menemukan informasi yang dibutuhkan terkait materi yang disajikan. Dengan demikian siswa lebih memiliki rasa tanggung jawab dalam kerja sama yang dilakukan dan belajar untuk tidak egois.

    ReplyDelete
  96. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Terimaksih banyak pak karena tidak henti-hentinya memberikan suntikan semangat kepada kami untuk belajar dan terus belajar.Dengan berbagai macam informasi yang dishare sangat bermanfaat untuk kelangsungan belajar kami.Ini merupakan penghargaan buat kami.Semoga ilmunya dapat dinikmati oleh semua orang yang membacanya.Dana kebaikannya bapak semoga dibalas oleh Allah baik di dunia maupun di akhirat kelak.Aminn.Wassalamualaikum wr wb

    ReplyDelete
  97. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Banyak sekali teori pembelajaran yang mengatakan seperti apa pembelajaran matematika seharusnya dilakukan. Dari beberapa sumber informasi yang Prof Marsigit sampaikan dalam postingan ini, salah satu yang menurut saya menarik adalah mengenai Collaborative Knowledge-Building (CKB), sebuah metode pembelajaran yang menurut saya sangat cocok diterapkan dalam pembelajaran Matematika. Dalam metode CKB ini guru dan sekolah bertugas sebagai fasilitator yang membantu siswa membangun pengetahuannya secara optimal, bukan sebagai pihak yang memberikan atau mentransfer pengetahuan. Siswa secara bersama-sama membangun pengetahuannya melalui serangkaian kegiatan dikelas yang dibimbing oleh guru. Dengan demikian, diharapkan apa yang dipelajari dapat lebih bermakna dan dapat membekas dalam benak siswa

    ReplyDelete
  98. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Terimakasih banyak atas link-link yang sangat bermamfaat pak. Bermacam teori belajar mengajar yang telah ditemukan memeberikan sebuah makna bahwa perubahan sistem pendidikan kearah lebih baik terus dilakukan oleh para ahli. Sedangkan kita sebagai calon guru harus pintar-pintar mengaplikasikan teori-teori tersebut agar tujuan pembelajaran yang diinginkan dapat tercapai.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  99. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Saya sangat terbantu dengan adanya link yang sudah Bapak berikan. Saya pribadi memiliki minat pada teori belajar dari konteks sosial-kognitif, seperti modelling dari Bandura. Saya merasa lingkungan sosial memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap proses belajar seseorang. Stimulus yang berasal dari lingkungan juga bermacam-macam, mulai dari keluarga, sekolah, teman sebaya dan masyarakat sekitar tempat tinggal. Contoh yang paling sederhana saja, saat anak melihat kebiasaan orangtuanya membaca buku di rumah maka anak akan meniru dan membiasakan diri untuk membaca buku juga.

    ReplyDelete
  100. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Referensi yang dapat dipercaya atau yang dapat dijadikan sebagai acuan baik untuk belajar maupun sebagai bahan tinjauan pustaka untuk penelitian itu sangat sulit karena semua orang dapat memposting apapun dan kapanpun tanpa ada batasan. Postingan bapak yang menampilkan link untuk di-share ke pembaca sangat bermanfaat bagi saya. Beberapa link yang saya buka kebanyakan mengenai pendidikan. Link-link atau informasi-informasi mengenai pendidikan sangat dibutuhkan untuk saya selaku calon pendidik. Sehingga, wawasan saya semakin bertambah dan saya bisa lebih siap lagi untuk nantinya menerapkan apa yang saya baca dan pelajari kepada siswa-siswa atau orang-orang untuk saling sharing ilmu dan pengetahuan.

    ReplyDelete
  101. Muhammad Sabri
    17701251034
    S2 PEP B

    Terimakasih banyak Prof. Atas link yang di berikan, ini memfasilitasi kami dalam memperdalam (ilmu) pengetahuan kami mengenai teori dan proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  102. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Terimakasih pak prof atas link-link tersebut. Akan sangat membantu bagi mahasiswa pada mata kuliah yang bersangkutan dan untuk seluruh stageholder dalam pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

    ReplyDelete
  103. Dewi Saputri
    17701251036
    PEP B S2

    Assalamualaikum wr.wb

    Terimkasih pak prof. marsigit untuk refrensi linknya, ini akan sangat membantu saya sebagai mahasiswa dan calon tenaga pengajar nantinya, saya akan berusaha untuk terus mempelajarinya.

    ReplyDelete
  104. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih Bapak atas share link sebagai referensi untuk kami para calon guru untuk memperbaiki kualitas pengetahuan kami dalam mendesain pembelajaran. Semoga dengan sekian banyak ilmu yang telah kami timba, kami dapat memanfaatkannya sebaik mungkin.

    ReplyDelete
  105. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Trimakasih untuk link-link sumber belajar ini. Sungguh memperkaya Saya sebagai guru. Saya bagikan Juga ke teman-teman guru lain.

    ReplyDelete
  106. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B

    Terimakasih Bapak Marsigit untuk link-link sumber belajar berkaitan tentang teori belajar dan mengajar. Ini sangat membantu untuk mempersiapkan saya menjadi guru yang dapat menyusun pembelajaran sesuai dengan materi dan karakteristik anak dengan tujuan siswa tertarik, berminat, dan memiliki motivasi untuk mengikuti pembelajaran.

    ReplyDelete
  107. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Menurut Piaget, proses belajar terdiri dari 3 tahapan yaitu asimilasi, akomodasi, dan equilibrasi. Piaget juga mengemukakan bahwa proses belajar harus disesuaikan dengan tahap perkembangan kognitif yang dilalui siswa. Proses belajar anak pada masing-masing tahap berbeda-beda, sehingga guru harus menyesuaikan cara mengajar sesuai tahap-tahap itu.

    ReplyDelete
  108. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Terimakasih Pak selalu memberikan sumber-sumber yang sangat menginspirasi dan juga bermanfaat. Tetapi saya belum membuka semua link tersebut, hanya saja link yang sudah saya buka yaitu link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/PBL_Problem_Design. Dijelaskan bahwa PBL merupakan model pembelajaran yang memiliki ciri adanya suatu maslah nyata sebagai bahan untuk siswa belajar berpikir kritis dan memecahkan masalah, sehingga diperoleh pengetahuan sesuai dengan kemampuan siswa. Dalam PBL ini biasaanya siswa dikondisikan untuk berkelompok. Mudahnya bahwa PBL merupakan proses pembelajaran yang berangkat dari suatu masalah dalam kehidupan nyata, kemudian dari masalah tersebut siswa dirangsang untuk menghubungkan masalah tersebut dengan pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka punya sebelumnya, sehingga terebntuklah pengetahuan dan pemahaman baru.

    ReplyDelete
  109. Terimakasih bapak telah berbagi laman untuk referens mengenai macam teori belajar dan mengajar, saya juga seperti bapak segera menyimpan referensi yang dianggap penting karena dikhawatirkan file tersebut sudah tidak on line lagi. Dari http://etec.ctlt.ubc.ca saya baru mengetahui web tersebut yang isinya sangat diperlukan dalam mengembangkan pengetahuan saya mengenai teori belajar, seperti tentang Collaborative Learning, J ean Piaget Developmental Stage Theory, PBL Problem Design, Components of Cognitive Apprenticeship: Modeling dan Scaffolding, Albert Bandura-Social Cognitive Theory, Instructional Design: CAI as a tool facilitating constructivism, dan lainya.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  110. Devi Nofriyanti
    17709251041
    S2 P.Mat UNY kelas B 2017

    terimakasih untuk sharingnya pak, kebetulan saya sedang mencari materi teori belajar untuk mata kuliah psikologi belajar matematika ^^

    ReplyDelete
  111. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Terima kasih untuk link yang telah Bapak bagikan. Pemahaman saya mengenai teori belajar Bandura yang telah dibahas di kuliah Psikologi Pendidikan menjadi bertambah.

    ReplyDelete
  112. Gamarina Isti Ratnasari
    Pendidikan Matematika Kelas B (Pasca)
    17709251036

    Terima kasih Bapak, telah memberikan referensi link teori belajar dan mengajar tersebut. Teori belajar memang diperlukan sebagai bantuan kepada guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Dosen saya pernah berkata bahwa memang tidak semua teori belajar dan mengajar dapat dan sesuai dengan pembelajaran di Indonesia atau mungkin terdapat teori belajar dan mengajar yang tidak relevan lagi dengan kondisi pendidikan di Indonesia, namun tidak ada salahnya untuk mempelajari sebagai referensi apabila hal tersebut bias diambil maka tidak masalah untuk menggunakan teori belajar tersebut namun apabila tidak sesuai dengan kondisi kelas kita maka tidak ada salahnya untuk mempelajari karena tidak ada ilmu yang tidak berguna, tergantung ruang dan waktunya.

    ReplyDelete
  113. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Terimakasih banyak kepada Prof. Marsigit yang telah berbagi link ini kepada kita semua. Link ini pasti sangat bermanfaat bagi kita semua yang berkecimpung dalam dunia pendidikan, khususnya saya sendiri. Seorang pendidik akan sangat terbantu dalam mengajar dengan membaca dan melihat link ini. Di tengah dunia global yang setiap orang dapat berbagi apa saja yang kebenarannya belum dapat teruji, apa yang Prof. bagikan ini sangat bermanfaat bagi kami. Semoga amal kebaikan Prof. selalu mengalir kembali kepada Prof tanpa terbatas pada zaman apapun. Aamiin.
    Wassalamu'alaikum wr. wb.

    ReplyDelete
  114. Arina Husna Zaini
    PEP S2 B
    17701251024
    Assalamualaikum Wr.Wb
    Sebelumnya kami ucapkan terima kasih tatas info link-link diatas yang membuka wawasan kami tentang referensi teori-teori pembelajaran. Tentunya referensi diatas sangat bermanfaat bagi para guru dan pengetahuan bagi kami untuk mengembangkan proses pembelajaran yang menyenangkan, kontekstual dan mampu melahirkan output yang berkualitas. Dari berbagai macam link di atas kami tertarik dengan link “http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Collaborative_Knowledge_Building_Model“. kami tertarik dengan model pembelajaran ini karena kami masih asing mendengar CKB (Collaborative_Knowledge_Building_Model) . Berdasarkan tulisan dalan link yang dapat kami pahami dari model CKB yakni model pembelajaran yang mengajak siswa untuk aktif dalam menemukan konsep pembelajaran dan juga di dukung oleh pengalaman yang sebelumnya mereka miliki juga didukung lingkungan sosial hal ini sejalan dengan yang di katakan dalam artikel bahwa “CBK is inquiry in the service of practical activities”. Selain didukung oleh pengalaman dan lingkungan sosial pada pembelajaaran CBK juga dapat didukung jejaringan komputer tentunya model pembelajarn ini sangat pro dengan perkembangan teknologi. Namun, untuk penerapannya dalam sistem pembelajaran Indonesia perlu di kaji kembali untuk kesiapan tenaga pengajar, fasilitas komputer dan aspek lain yang mendukung keterlaksanaan pembelajaran. Terima Kasih

    ReplyDelete
  115. efi septianingsih
    pep kelas b
    17701251013

    terimakasih pak untuk ilmu yang lebih banyak lagi dalam membaca postingan2 bapak

    ReplyDelete
  116. Elsa Susanti
    17709251024
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas B

    Terimakasih pak atas sharing referensinya. Referensi ini menjadi sarana peningkatan pengetahuan kami terkait berbagai teori belajar dan mengajar. Ini sangat kami perlukan sebagai modal menjadi pendidik yang kreatif dan inovatif di masa yang akan datang. Pengetahuan dan pemahaman guru akan berbagai teori belajar akan mengurangi potensi pembelajaran yang bersifat menoton. Selain itu, referensi yang bapak berikan ini juga mendukung materi pada matakuliah lainnya. Matur nuwun pak.

    ReplyDelete
  117. Nur Dwi Laili Kurniawati
    17709251059
    PPs Pendidikan Matematika C

    Terimakasih Prof. Marsigit atas berbagai referensi yang diberikan. Salah satu teori belajar menarik perhatian saya adalah ZPD. Zona Perkembangan Proksimal atau dalam istilah aslinya Zone of Proximal Development (disingkat ZPD), adalah konsep yang pertama kali diperkenalkan oleh Lev Vygotsky. Zone of proximal developmnet merupakan celah antara actual development dan potensial development. Dalam memberikan tugas- tugas penting untuk memperhatikan ZPD ini agar dapat membantu siswa untuk terus berkembang. Jika guru memberikan soal-soal yang terlalu sulit siswa tidak akan berkembang, begitu juga jika soal yang guru berikan terlalu mudah.

    ReplyDelete
  118. Firman Indra Pamungkas
    17709251048
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C
    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh

    Terimakasih atas referensi-referensi yang telah prof. Marsigit bagikan dalam blog ini. Semoga Setelah dilantik menjadi Direktur Pascasarjana UNY prof Marsigit masih dapat meluangkan waktu untuk berbagi artikel-artikel yang bermaanfaat sebagai bahan perkuliahan

    ReplyDelete
  119. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Terimakasih Prof. atas situs web yang dibagikan. Situs ini sangat bermanfaat sekali khususnya bagi yang berkecimpung di dalam dunia pendidikan. Salah satu situs yang menarik perhatian saya yaitu mengenai Multiples Approaches to Understanding yang di dalamnya ternyata juga membahas multiple intelligent atau kecerdasan majemuk. Teori Multiple Intelligences (MI) merupakan teori yang diajukan oleh seorang ahli psikologi perkembangan dari Harvard, yaitu Howard Gardner, pada tahun 1983. Teori tersebut menyatakan bahwa manusia memiliki beberapa jenis “kecerdasan”. Gardner lebih banyak mendasarkan teorinya pada studi tentang orang-orang yang mengalami kerusakan otak dan mempelajari kemampuan relatif atau ketidakmampuan untuk belajar. Gardner menyatakan bahwa kecerdasan merupakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memiliki nilai pada minimal satu budaya.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  120. Nurika Miftahuljannah
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C
    17709251060
    Assalamu'alaikum wr. wb.
    Saya masih tertarik dengan kecerdasan majemuk yang terdapat pada situs web yang Prof. bagikan. Karena terus terang referensi ini juga jarang terpublish. Gardner menjelaskan bahwa kecerdasan majemuk tersebut meliputi verbal-linguistik, logis-matematis, visual-spasial, kinestetik-jasmani, musikal, interpersonal, intrapersonal, dan naturalis. Macam-macam kecerdasan tersebut menyadarkan kepada kita sebagai calon pendidik bahwa sejatinya seorang anak memiliki kecerdasan yang berbeda-beda dengan anak yang lain. Sehingga kita tidak bisa memaksakan bahwa anak harus cerdas misalnya dalam bidang verbal-linguistik, padahal kecerdasannya lebih condong pada logis-matematis.
    Wassalamu'alaikum wr. Wb.

    ReplyDelete
  121. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.

    Kami mendapatkan bahwa teori belajar dan mengajar yang disajikan pada tulisan di sini sangat banyak dan kami yakin akan sangat bermanfaat untuk pendidikan di Indonesia. Terutama bagi kami pendidik dan calon pendidik, baik guru maupun tenaga kependidikan yang lain, hal ini akan menambah wawsan kami dalam menyusun perencanaan pembelajaran yang akan kami laksanakan. Dengan mempelajari dan memahami teori-teori tersebut kami yakin bahwa kami akan dapat menentukan bagaimana cara melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan perkembangan siswa serta dengan keadaan atau lingkungan nya dengan baik dan bijaksana.

    ReplyDelete
  122. Rigia Tirza Hardini
    17701251026
    S2 PEP B

    saya membuka salah satu link yang menurut saya menarik yaitu video tentang Jerome Bruner. Saya sangat tertarik dengan teori Jerome Bruner yang mengedepankan pembelajaran yang aktif oleh siswa. Semakin nyata benda yang ada di sekitar siswa untuk dijadikan bahan pelajaran, tidak melulu hanya simbol.

    ReplyDelete
  123. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu'alaikum.. Terimakasih pak atas referensi yang diberikan. Memberikan saya kesempatan untuk mengupdate pengetahuan mengenai teori belajar dan mengajar. Mempelajari teori-teori belajar mengajar sangat membantu untuk dapat memahami proses pembelajaran sehingga dapat memilih teori belajar mana yang sesuai untuk diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas. Interaksi antara guru, murid, dan materi matematika dapat dikelola dengan menyenangkan, sehingga akan membantu siswa untuk dapat memahami matematika. Wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh..

    ReplyDelete
  124. Metia Novianti
    17709251021
    PPs P.Mat A

    Terima kasih pak karena telah berbagi informasi kepada kami mengenai referensi berbagai teori belajar dan mengajar. Ada begitu banyak link yang bapak posting pada artikel ini untuk menambah pengetahuan dan referensi saya tentang teori belajar dan mengajar. Saya yakin apabila kami dapat memahaminya dengan baik, akan menjadi inspirasi dan motivasi bagi kami sebagai calon pendidik untuk menyajikan pembelajaran yang baik, inovatif dan sesuai kebutuhan peserta didik.

    ReplyDelete
  125. Putri Solekhah
    17709251006
    S2 Pend. Matematika A

    Assalamu'alaikum wr wb,

    Terimakasih Pak Marsigit atas link artikel maupun videonya. Semoga bermanfaat bagi kami, khususnya saya, sebagai calon pendidik untuk mengembangkan inovasi dalam kegiatan belajar mengajar. Tentunya yang sesuai dengan karakteristik peserta didik agar apa yang mereka pelajari bermakna dan mampu membangun pengetahuannya dengan dengan baik.

    ReplyDelete
  126. Latifah Fitriasari
    PM C

    Agar dapat dijadikan penguasaan ilmu tentang teori pembelajaran dan penerapannya dalam ilmu psikologi, tetapi berkat bimbingan yang diberikan oleh berbagai pihak akhirnya penulis pun dapat menyelesaikan. Gaya mengajar guru dilakukan dengan beberapa pengantar dari guru secara searah dan dikontrol guru melalui pengulangan dan latihan. Dalam kegiatan belajar dan mengajar di sekolah terjadi sebuah proses yaitu interaksi antara guru dengan siswa, siswa dengan siswa jika terjadi kegiatan belajar kelompok. Dalam interaksi tersebut akan terjadi sebuah proses pembelajaran, pembelajaran secara umum didefinisikan sebagai suatu proses dari tidak bisa menjadi bisa.

    ReplyDelete
  127. Ramayanti Agustianingsih
    17709251045
    PPs PMat C 2017

    Assalamualaikum, wr.wb.
    Terima kasih Pak Marsigit karena telah memberikan sarana bagi kami untuk menambah wawasan mengenai teori-teori belajar dan mengajar. Teori belajar dan mengajar merupakan hal yang sangat penting dan haruslah dipahami serta ditanamkan bagi kita para-para pendidik karena jika tidak mengetahui hal ini maka pendidik tidak akan mampu membentuk pembelajaran yang bermakna yang sesuai dengan perkembangan serta karakteristik siswa-siswanya.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  128. Assalamualaikum, wr.wb.
    Berbicara tentang teori belajar dan mengajar. Saya dari dulu hingga saat ini masih tertarik dengan PBL (problem based learning), mungkin ini merupakan pembelajaran yang sudah umum dan sudah banyak diteliti, akan tetapi saya masih saja tertarik dengan bagaimana menciptakan masalah yang benar-benar masalah, masalah non rutin, masalah yang menarik, masalah yang kontekstual, yang mampu memotivasi siswa untuk belajar matematika, yang sesuai dengan kemampuan berpikir siswa dan prior-knowledge siswa yang dari masalah tersebut siswa benar-benar mampu membangun pengetahuannya sendiri dan mengembangkan kemampuan berpkir serta problem solvingnya, hal ini karena membuat masalah yang demikian bukanlah hal yang mudah dan saya belum mampu membuat masalah yang demikian. Tujuan dari pembelajaran matematika adalah mengembangkan kemampuan problem solving oleh karena itu sangatlah penting bagi para pendidik dalam pembelajaran menggunakan masalah yang bermakna (masalah seperti yang telah disebutkan sebelumnya). Sekian dan terima kasih.
    Wassalamualaikum, wr.wb.

    ReplyDelete
  129. Rahmi Puspita Arum
    17709251018
    PPs P.Mat A UNY 2017

    Salah satu link teori belajar yang saya buka adalah tentang teori kognitif sosial Albert Bandura. Bandura adalah tokoh yang memperkenalkan istilah esfikasi diri (self-efficacy). Ia mendefinisikan bahwa efikasi diri adalah keyakinan individu mengenai kemampuan dirinya melakukan tugas atau tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil tertentu. Efikasi diri merupakan salah satu aspek pengetahuan diri atau self-knowledge yang paling berpengaruh dalam kehidupan manusia sehari-hari.

    ReplyDelete
  130. Endah Dwi Nur Rahmawati
    17709251046
    S2 Pendidikan Matematika 2017 Kelas C

    Terima kasih Prof untuk refensi yang diberikan kepada kami. Ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama saya yang sebelumnya bukan berasal dari jurusan pendidikan. Dengan adanya referensi ini sangat membantu saya dalam mempelajari teori-teori dalam belajar. Belajar merupakan suatu proses usaha sadar yang dilakukan oleh individu untuk suatu perubahan dari tidak tahu menjadi tahu, dan hal inilah yang sedang saya lakukan.

    ReplyDelete
  131. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Teori belajar dan mengajar memang harus bervariasi. Seorang pengajar memang seharusnya tidak hanya terfokus pada satu teori pembelajaran, namun juga melihat teori-teori yang lainnya sebagai bentuk wacana jika menghadapi peserta didik yang berbeda karakteristik di masing-masing daerah, khususnya di Indonesia ini. Jika seorang pendidik hanya terfokus pada satu teori, maka saya yakin pendidik tersebut tidak akan berpikir terbuka karena terlalu fanatik terhadap satu teori saja.
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  132. Eka Luthfiana Lathifah
    17709251062
    PPs PMat C

    terimakasih pak untuk link yang telah diberikan, link tersebut sangat membantu bagi kami terutama saya yang baru saja mulai belajar pendidikan. karena banyak sekali hal-hal yang belum saya dapatkan, terutama masalah teori belajar dan mengajar.

    ReplyDelete
  133. Pangestika Nur Afnia
    PEP B- S2
    17701251037

    Terima kasih untuk referensi link mengenai teori belajar dan mengajar tersebut Prof. Saya menyadari bahwa menjadi guru tetap harus belajar banyak hal mengenai pedagogis. Dari sekian banyak teori belajar dan mengajar seorang guru yang baik harus mampu menentukan kombinasi mana yang tepat untuk diaplikasikan kepada peserta didiknya.

    ReplyDelete
  134. Ilania Eka Andari
    17709251050
    s2 pmat c 2017

    Saya tertarik membaca link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/PBL_and_Math_Education. Di dalam tulisan tersebut dijelaskan tentang perbedaan pembelajaran menggunakan PBL dan pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan PBL yaitu siswa diberikan suatu permasalahan sebagai pengetahuan awal kemudian siswa diminta untuk menyelesaikannya dengan berbagai instruksi. Siswa akan mencari sendiri informasi yang dibutuhkannya melalui berbagai sumber. Sedangkan pembelajaran konvensional siswa lebih banyak menerima informasi dan pembelajaran dari guru. Pembelajaran juga lebih berpusat kepada guru sehingga siswa cenderung pasif.

    ReplyDelete
  135. Manfaat dari PBL dalam pembelajaran antara lain:
    1. Siswa akan lebih bertanggung jawab dan mandiri
    2. Memberi siswa permasalahan nyata
    3. Menunjukkan kepada siswa bahwa ada lebih dari satu cara untuk menyelesaikan masalah
    4. Menigkatkan kerja kelompok dan kolaborasi dalam matematika
    5. Meningkatkan motivasi diri dan berpikir kritis

    ReplyDelete
  136. Mariana Ramelan
    17709251056
    S2 Pend. Matematika C 2017

    Salah satu cara untuk mengurangi kesulitan belajar atau kesalahan siswa dalam mengerjakan soal adalah menggunakan ZPD. Zone of Proximal Development (ZPD) dicetuskan oleh Lev Semynovich Vygotsky salah seorang ahli psikologi konstruktivist. ZPD adalah zona antara tingkat perkembangan aktual dan tingkat perkembangan potensial. Tingkat perkembangan aktual tampak dari kemampuan anak menyelesaikan tugas-tugas secara mandiri. Sedangkan tingkat perkembangan potensial tampak dari kemampuan anak menyelesaikan tugas atau memecahkan masalah dengan bantuan orang dewasa. Ketika masuk dalam ZPD, maka anak sebenarnya bisa, tetapi akan lebih optimal jika orang dewasa atau pendamping yang lebih tahu, membantunya untuk mencapai tingkat perkembangan aktual.

    ReplyDelete
  137. Bulan Nuri
    17709251028
    PPs PM B 2017

    Teori belajar merupakan sebuah hasil karya dari olah pikir dan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli. Yang mana terus berkembang dari waktu ke waktu. Selain itu teori belajar digunakan sebagai landasan munculnya berbagai model dan pendekatan pembelajarn. Yang kita gunakan saat ini.

    Demikian, terimakasih.

    ReplyDelete
  138. Nama: Dian Andarwati
    NIM: 17709251063
    Kelas: Pendidikan Matematika (S2) Kelas C

    Assalamu’alaikum. terimakasih Prof. Marsigit atas referensi-referensi tenatng teori belajar mengajar yang diberikan. Dengan memanfaatkan teori belajar yang dipelajari dari referensi-referensi ini semoga proses belajar mengajar senantiasa menyediakan inovasi-inovasi yang dapat membantu siswa belajar.

    ReplyDelete
  139. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Warohmatullah Wabarokatuh
    Terima kasih banyak prof atas segala sumber informasi yang telah diberikan kepada kami. Tentunya hal ini sangat kami perlukan sebagai calon tenaga pendidik. Bukan hanya keterampilan mengajar yang harus kami kembangkan tapi pengetahuan akan teori-teori yang mendasarinya harus kami kembangkan pula

    ReplyDelete
  140. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Saya tertarik untuk melihat vidio dalam link ini https://www.youtube.com/watch?v=fxhvQN6B6Pw (Video ZPD dari Vygotsky). Vidio ini sangat menarik, karena dikemas dalam bentuk animasi. Vidio ini menjenlaskan mengenai teori vygostsky mengenai konstruktivisme sosial dengan teorinya yang terkenal yaitu ZPD dan Scaffolding. Dari vidio ini saya belajar bahwa kemampuan siswa itu akan dapat maksimal jika mendapatkan bantuan dari orang lain yang lebih berkompeten. Jadi ada masalah yang sudah mampu dikerjakan oleh siswa, ada masalah yang siswa mampu kerjakan namun harus dengan bantuan orang lain dan ada masalah yang berada diluar jangkaun kognitif siswa sehingga siswa tidak mampu untuk mengerjakannya. Zona ZPD adalah zona dimana siswa mampu menyelesaikan suatu masalah dengan bantuan dari orang laian. Hasil belajar siswa akan maksimal jika siswa belajar dalam area ZPDnya. Terimakasih

    ReplyDelete
  141. Aristiawan
    17701251025
    S2 PEP 2017 B

    Terima kasih Prof Marsigit atas kumpulan link atau referensi, sumber belajar yang sudah Prof Marsigit kumpulkan pada blog ini. Era keterbukaan teknologi dan informasi ini memang membuat pendidik harus menyesuaikan diri. Pembelajaran dikelas harus diinovasi agar selaras dan sesuai dengan karakter peserta didik yang juga ikut berubah. Banyak guru yang sebenarnya sudah mulai mencari sumber ajar di internet-internet, namun terkadang tiap web yang dibuka berisi hal yang sama, dan beberapa ada yang tidak begitu sesuai dengan harapan. Dengan kompilasi link yang sudah Prof Marsigit berikan, akan menjadi referensi yang baik bagi para pendidik maupun calon pendidik dalam upaya meningkatkan kompetensinya.

    ReplyDelete
  142. Muhammad Kamaluddin
    P. Mat B PPs 2017
    17709251027

    Terimakasih Prof. atas berbagai referensi mengenai teori belajar yang disampaikan. Dengan mempelajari teori-teori belajar seperti ini, harapannya setiap guru dan calon guru memiliki pemahaman yang baik tentang bagaimana seharusnya belajar diberikan kepada siswa. Pemahaman tentang berbagai teori akan membantu guru menyusun strategi pembelajaran yang sesuai yang mampu membuat siswa belajar, sebagaimana semangat pendidikan abad ini bahwa kegiatan pembelajaran harus berpusat pada siswa. Berikan kesempatan kepada siswa untuk mengeksplor dirinya, guru hanya berkewajiban untuk memfasilitasi mereka dalam belajar. Dan dengan memahami teori belajar guru akan mampu memberikan menjadi fasilitator yang baik.

    ReplyDelete
  143. Assalamualaikum Wr. Wb. Terima kasih atas referensi yang bapak bagikan. Pemahaman tentang teori belajar dan mengajar dalam pendidikan kita pada banyak kasus memang masih sangat lemah. Sehingga tugas perguruan tinggi untuk merekonstruksi kembali kurikulum pendidikan guru di Indonesia sehingga dapat membanguh keharmonisan antara aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. Sekali lagi terima kasih. Saya akan mencoba mebacanya dengan pelan-pelan.

    ReplyDelete
  144. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  145. Hanifah Prisma Sindarus
    15301244013
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Pak atas informasinya. Referensi berbagai teori belajar mengajar sangatlah penting, sebagai calon guru teori belajar mengajar dapat memberikan inovasi dan peraikan dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dengan memahami dan menerapkan teori belajar dapat membantu memahami bagaimana siswa belajar, membantu proses belajar menjadi lebih efektif, membantu guru dalam merancang dan merencanakan pembelajaran di kelas, menjadi panduan guru untuk mengelola kelas,serta membantu guru dalam memberikan dukungan dan bantuan kepada siswa sehingga dapat mencapai prestasi maksimal.

    ReplyDelete
  146. Siti Efiana
    S-1 Pendidikan Matematika I 2015
    15301241029

    Terima kasih banyak atas sharingnya Prof :). Teori belajar mengajar boleh dibilang memang harus dibaca dan dipahami oleh seorang pendidik sehingga nantinya ketika bertemu dengan situasi dan kondisi tertentu, Ia bisa menerapkan teori belajar mengajar yang menurutnya sesuai, karena tentu saja tidak ada suatu teori yang bisa diterapkan ke semua situasi, semua bergantung pada keadaan yang terjadi saat itu. Bahkan terkadang pendidik harus memadupadankan berbagai teori pendidikan agar pembelajaran yang dilakukan bisa bermakna dan tujuan yang diinginkan tercapai. Selain itu, pendidik pun harus senantiasa mengupgrade pengetahuannya, karena kondisi akan terus berubah dan bukankah sebenarnya saat mengajar pun kita sedang belajar? :)

    ReplyDelete
  147. Siti Nur Fatimah
    15301241045
    Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih banyak Prof informasinya. Teori belajar sangatlah penting bagi seorang pendidik. Teori belajar dapat membantu guru untuk menciptakan pembelajaran yang tepat, efektif dan mencapai tujuan yang diinginkan. Dengan memahami teori-teori belajar nantinya pendidik dapat menerapkannnya dalam pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Dengan teori belajar tersebut pendidik juga bisa lebih memahami bagaimana siswa itu belajar dengan begitu nantinya siswa dapat mencapai prestasi optimalnya.

    ReplyDelete
  148. Puspitarani
    15301244008
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    Terima kasih Bapak atas link yang sudah Bapak share kepada kami. Ada banyak sekali teori belajar yang dapat kita jadikan referensi untuk menyusun skripsi dan untuk melakukan pembelajaran di kelas. Terimakasih Prof. Marsigit atas berbagai referensi yang diberikan. Salah satu teori belajar menarik perhatian saya adalah ZPD. Zona Perkembangan Proksimal atau dalam istilah aslinya Zone of Proximal Development (disingkat ZPD), adalah konsep yang pertama kali diperkenalkan oleh Lev Vygotsky. Zone of proximal developmnet merupakan celah antara actual development dan potensial development. Dalam memberikan tugas- tugas penting untuk memperhatikan ZPD ini agar dapat membantu siswa untuk terus berkembang. Jika guru memberikan soal-soal yang terlalu sulit siswa tidak akan berkembang, begitu juga jika soal yang guru berikan terlalu mudah.

    ReplyDelete
  149. Endar Chrisdiyanto
    Pendidikan Matematika A 2015
    15301244011
    Terimakasih Pak Marsigit atas link yang telah dibagikan, dari link ini saya bisa belajar banyak tentang bagaimana teori belajar dan mengajar dengan baik. Selain itu pula juga menjadi bekal saya nantinya dalam mengajar disekolah agar menjadi guru yang tidak biasa-biasa aja.

    ReplyDelete
  150. Alman Kresna Aji
    15301241022
    S1 Pendidikan Matematika 2015

    Terima kasih pak atas informasinya. Teori belajar dan mengajar tersebut sangat penting dan bermanfaat bagi kami, dan calon-calon pendidik supaya lainnya dalam melaksanakan proses pendidikan di kemudian hari. Dengan adanya artikel di atas, kami bisa memahami apa saja teori belajar dan mengajar serta mampu menggunakan teori belajar dan mengajar sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Karena tidak semua teori berlaku pada semua situasi. Sehingga, dengan hal ini akan membantu kami dalam memberikan suatu pembelajaran yang efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran.

    ReplyDelete
  151. Nur Sholihah
    15301241020
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih Bapak atas ilmunya. Sumber-sumber diatas sangat bermanfaat bagi kami para calon pendidik untuk lebih mendalami lagi terkait teori belajar dan mengajar. Seperti yang kita tahu bahwa tidak ada teori belajar yang terbaik, semuanya baik jika sesuai dengan karakteristik siswa dan materi. Sehingga wawasan mengenai teori belajar dan mengajar sangat penting bagi para pendidik untuk melakukan inovasi pembelajaran yang tepat sesuai karakteristik peserta didik serta materi yang diberikan agar terbentuk pembelajaran yang bermakna.

    ReplyDelete
  152. Norma Galih Sumadi
    15301241038
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terimakasih Pak atas informasinya. Dengan membaca sumber-sumber belajar yang bapak berikan telah membawa manfaat tersendiri bagi kami selaku calon pendidik. Mengingat bahwa tidak ada model pembelajaran yang paling tepat untuk semua siswa dan semua materi, setiap model pembelajaran tentunya memiliki sisi positif dan negatifnya sendiri-sendiri. Sehingga diharapkan dengan mempelajari sumber-sumber belajar tersebut dapat menambah wawasan kami dalam merancang variasi dalam pembelajaran dan melaksanakan pembelajaran yang menarik, bermakna serta sesuai dengan karakter siswa.

    ReplyDelete
  153. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  154. Woro Alma Manfaati
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241002

    Terimakasih Prof atas referensi yang diberikan. Dari referensi tersebut, sebagai calon pendidik nantinya, saya dapat belajar tentang pentingnya suatu teori belajar. Sebab teori belajar tersebut dapat memberikan solusi permasalahan dalam pembelajaran di kelas. Selain itu teori belajar juga dapat memberikan inovasi pembelajaran yang baik untuk diterapkan di kelas yaitu sesuai dengan kondisi peserta didik serta sesuai dengan materi yang akan dipelajari. Sehingga hasil pembelajaran yang diharapkan pun dapat bermakna dan mencapai tujuan.

    ReplyDelete
  155. Julialita Muhariani
    15301241004
    S1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih banyak Pak telah membagikan informasi yang sangat penting. Link-link di atas dapat menambah wawasan baru bagi Saya. Mempelajari teori-teori belajar dan mengajar merupakan salah satu cara agar guru bisa merancang hingga menciptakan kegiatan pembelajaran yang tepat/sesuai, efektif digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran semaksimal mungkin.

    ReplyDelete
  156. Rina Anggraeni
    15301241043
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Terima kasih banyak Pak Prof untuk pemberitahuan link-link tersebut. Dengan referensi link tersebut saya dapat mengetahui hal-hal penting mengenai teori belajar dan mengajar, yang semoga dapat saya praktikkan suatu saat ketika saya sudah menjadi pendidik dan mengajar di kelas agar dapat menciptakan kelas yang dapat membuat peserta didik paham dan mencapai tujuan dari pembelajaran itu sendiri.

    ReplyDelete
  157. Yolanda Lourenzia Tanikwele
    15301241033
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    Terimakasih Prof untuk link yang diberikan. Link tersebut sangat bermanfaat bagi saya sebagi calon pendidik karena melalui link yang dibagikan saya dapat mengetahu hal-hal yang berkaitan dengan teori belajar dan mengajar yang membantu guru untuk dapat merencanakan pembelajaran dan mengajar dengan baik sesuai dengan subjek belajar sehingga tujuan dalam pembelajaran dapat tercaai dengan baik.

    ReplyDelete
  158. Rahma Hayati Nurbuat
    15301244007
    S1- Pendidikan Matematika I 2015
    Terima kasih Prof. atas informasi dan ilmunya yang telah dibagikan. Teori belajar dan mengajar sangat penting karena menjadi bagian dari skenario dalam proses pembelajaran. Kembali ke hakikat bahwa tidak ada suatu metode yang cocok untuk ditepkan dalam semua kondisi, itulah alasan mengapa kita harus mengetahui berbagai macam teori belajar dan mengajar untuk memahami teori mana yang paling tepat untuk diterapkan dalam suatu kondisi tertentu.

    ReplyDelete
  159. Eka Susanti
    NIM. 15301241006
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Referensinya sangat bermanffat Prof. Terimakasih. Pengetahuan mengenai teori belajar dan mengajar sangat penting untuk pendidik dan calon pendidik. Dengan adanya sumber belajar ini diharapkan dapat diterapkan dalam pembelajaran sebenarnya agar pembelajaran tidak monoton.

    ReplyDelete
  160. Fitria Restu Astuti
    15301241040
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih prof sudah berkenan membagikan link-link yang bermanfaat sekali untuk memahami berbagai macam teori belajar dan mengajar. Pengetahuan saya sedikit meningkat setelah membaca postingan-postingan prof dan artikel-artikel yang prof bagikan. Semoga menjadi pahala yang selalu mengalir prof. Dari postingan ini saya memperoleh informasi tentang betapa banyak teori belajar yang dapat diterapkan dalam Pendidikan. Dulu sewaktu masih duduk di bangku sekolah saya hanya mengenal pembelajaran teacher center karena hanya guru yang aktif dalam kegiatan pembelajaran sedangkan siswa sebatas menjadi penonton. Namun paradigma yang ada pada masyarakat harus diubah dengan mengalihkan dari teacher center menjadi student center.

    ReplyDelete
  161. Isykarima Nur S
    15301241032
    S1 Pend. Matematika A 2015

    Terimakasih, Prof. Referensi yang diberikan sangat bermanfaat. Teori belajar dan mengajar sangat penting untuk di ketahui oleh para pendidik dan calon pendidik agar dapat menciptakan kegiatan belajar mengajar yg efektif dan efisien sesuai dengan karakteristik siswa.

    ReplyDelete
  162. Bayu Widyanto
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301244010

    Terimakasih Prof. atas link-link referensi yang telah dibagi terkait teori belajar dan mengajar. Sebagai guru maupun calon guru, teori belajar dan mengajar sangat penting karena membantu guru dalam membuat perencanaan pembelajaran dan mengajar sesuai dengan karakteristik siswa agar hasil yang didapat lebih maksimal.

    ReplyDelete
  163. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  164. Rosmiyati Putri UtamiMay 13, 2018 at 4:42 PM

    Rosmiyati Putri Utami
    15301241031
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih prof atasnya informasi terkait link-link yang berisi tentang teori belajar dan mengajar, sangat bermanfaat sekali sebagai referensi dan jika diterapkan bagi kami para calon pendidik.

    ReplyDelete
  165. Almaida Alvi Zahrotunnisa
    15301241046
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    Assalamu'alaikum Wr.Wb.
    Terimakasih Prof telah membagikan link mengenai teori belajar. Teori belajar sangatlah penting untuk sebuah embelajaran. Dengan mengetahui teori belajar kita dapat mengetahui bagaimana kondisi peserta didik, sehingga guru dapat menentukan metode pembelajaran yang tepat dan efektif

    ReplyDelete
  166. Nur'aini Habibah Sa'diyyah
    15301241044
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof atas link yang diberikan terkait berbagai teori belajar. Teori belajar bagi guru dan calon pendidik sangatlah penting untuk menambah pengetahuan dan pengalaman untuk menciptakan pembelajaran yang efektif, tepat, dan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Dengan memahami teori belajar, guru nantinya dapat memilih metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan kondisi kelas dan siswa. Metode pembelajaran yang tepat nantinya akan membawa siswa kepada pemahaman yang baik, sehingga memaksimalkan prestasi belajar mereka.

    ReplyDelete
  167. Malidha Amelia
    S1 Pendidikan Matematika A 2015
    15301241016

    Terimakasih atas link yang dibagikan tentang berbagai teori belajar. teori belajar sangat penting dalam pembelajaran. Dengan membaca berbagai mecam teori belajar makan kita akan mengatahui bagaimana manusia belajar, sehingga sebagai seorang guru bisa memilih dan menentukan metode pembelajaran yang baik dan tepat. Dengan demikian tujuan pembelajaran yang yang diinginkan akan tercapai.

    ReplyDelete
  168. Amayda Ade Pramesti
    15301244012
    S1 Pend.Mat A 2015

    terimakasih Prof atas link yang sudah diberikan mengenai teori belajar dan mengajar. teori belajar ini sangat bermanfaat untuk mengetahui kondisi siswa dan dapat memilih metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi siswa

    ReplyDelete
  169. Terimakasih Prof atas berbagai referensi teori belajar yang sudah Prof bagikan. Mengingat pentingnya seorang guru memahami teori-teori belajar karena ini terhubung dengan metode pembelajaran, strategi pembelajaran, dan seterusnya hingga membentuk suatu sistem pembelajaran.
    Semoga ilmu yang sudah Prof bagikan menjadi ilmu yang bermanfaat. Aamiin

    ReplyDelete
  170. Kristanti
    15301241041
    Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih prof atas referensi yang sudah dibagikan. Sebagai seorang pendidik memanglah hanya sebagai fasilitator. Namun perlu juga mengetahui kebutuhan peserta didik. Sehingga guru juga harus terus belajar, agar pembelajaran yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan siswa dan dapat memfasilitasi siswa dengan baik.

    ReplyDelete
  171. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Terima kasih Prof. Marsigit atas tautan-tautan tentang teori belajar dan mengajar yang telah diberikan pada postingan ini. Saya menyadari bahwa memahami teori belajar dan mengajar dengan baik dapat membantu saya untuk lebih memahami cara memfasilitasi belajar siswa sesuai dengan tingkatan kognitifnya, cara mendesain pembelajaran matematika yang bermakna, dan mendesain rencana pelaksanaan pembelajaran matematika dengan baik.

    ReplyDelete
  172. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Berdasarkan konten pada tautan http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Collaborative_Learning, saya memperoleh pengetahuan bahwa yang dimaksud dengan pembelajaran kolaboratif adalah pembelajaran yang dilakukan dalam setting kelompok di mana masing-masing anggota kelompok memiliki tujuan yang sama (common goal). Untuk mencapai tujuan yang sama tersebut setiap anggota kelompok memiliki tanggung jawab untuk terlibat aktif dalam kelompok tersebut. Dengan demikian, dalam pembelajaran kolaboratif, anggota kelompok yang satu juga menentukan kesuksesan atau keberhasilan dari anggota kelompok yang lain. Berdasarkan beberapa penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kolaboratif dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa, pemahaman terhadap suatu konsep, dan tentunya dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa.

    ReplyDelete
  173. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Perkembangan teknologi yang semakin pesat secara langsung juga berdampak pada strategi pembelajaran. Salah satu dampaknya adalah munculnya pembelajaran berbantuan komputer atau yang dikenal sebagai Computer Assisted Instruction (CAI). Berdasarkan tautan http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/Instructional_Design:_CAI_as_a_tool_facilitating_constructivism, CAI merupakan pembelajaran yang memanfaatkan program komputer yang mampu memfasilitasi siswa belajar dengan dilengkapi sumber pembelajaran, penilaian (assessment) terhadap perkembangan belajar siswa dan fasilitas untuk memantau perkembangan belajar siswa tersebut. Melalui penerapan CAI, guru memiliki kesempatan untuk menyajikan sumber pembelajaran secara lebih menarik--menyisipkan gambar, animasi, video, dll--sedemikian sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu, dengan menyajikan permasalahan-permasalahan yang siswa pelajari melalui permainan (game) dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

    ReplyDelete
  174. Ibnu Rafi
    14301241053
    S1 Pendidikan Matematika Kelas I 2014

    Bahwa salah satu aspek yang tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran adalah kegiatan evaluasi. Seperti yang telah saya baca dan pahami di http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/EvaluationConstructivistLearning, bahwa dengan melakukan kegiatan evaluasi dapat memberikan kesempatan siswa untuk memperoleh umpan balik (feed back) pada apa yang telah mereka lakukan selama proses belajar. Selain itu, melalui evaluasi, guru dan siswa memperoleh kesempatan untuk mendesain tugas pembelajaran secara tepat. Saat ini, paradigma pendidikan/pembelajaran diarahkan pada paradigma konstruktivisme--siswa sendirilah yang membangun pengetahuan mereka--sehingga evaluasi yang dilakukan-pun juga diharapkan dapat bergeser menjadi penilaian kinerja (performance assessment) dan portofolio.

    ReplyDelete
  175. Zayan Nur Ansito Rini
    15301241003
    S1 Pendidikan Matematika

    Sumber-sumber di atas sangat bermanfaat Pak, terimakasih. Dari sumber-sumber tersebut saya dapat tahu bahwa ada banyak sekali teori belajar dan mengajar yang perlu dipahami dan dihayati oleh calon guru atau pun yang sudah benar-benar menjadi guru sehingga ketika di kelas, dapat menerapkannya dengan tepat.

    ReplyDelete
  176. Alfiani Indah P S
    15301241027
    S1-Pendidikan Matematika I 2015

    Terima kasih atas sumber-sumber yang Bapak berikan. Sumber-sumber tersebut sangat bermanfaat bagi kami khususnya sebagai bekal untuk mengajar di masa depan, kita menjadi tahu banyak sekali teori-teori mengenai belajar mengajar yang dapat diterapkan di kelas seperti PBL,teori Paiget, Bandura, pembelajaran kolaboratif, dsb.

    ReplyDelete
  177. Yuni Pratiwi
    15301241005
    S-1 Pendidikan Matematika A 2015

    Terimakasih Prof atas link yang sudah diberikan, sehingga informasi yang termuat dalam link tersebut dapat dijadikan suatu sumber atau referensi serta pertimbangan bagi guru dan calon guru dalam menerapkan teori belajar mengajar mana yang cocok dan bisa melaksanakan pembelajaran dengan baik sesuai dengan keadaan peserta didik (karakteristik peserta didik)

    ReplyDelete
  178. Intan Heryani Putri
    15301241011
    S1 Pendidikan Matematika I 2015

    Terima kasih atas sumber referensi belajar yang telah diberikan, Prof. Menambah wawasan saya untuk menjadi bekal saya mengajar nantinya. Saya khususkan pada bagian PBL di link http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/PBL_Problem_Design, PBL merupakan salah satu teori belajar dan mengajar yang sangat menarik, karena masalah yang ada dalam PBL ini (yang sudah disesuaikan konteksnya) akan menantang siswa untuk mencari berbagai kemungkinan solusi penyelesaiannya. Pembelajaran dalam PBL berbeda dengan pembelajaran tradisional dimana guru lebih aktif dibanding siswanya. PBL merupakan pembelajaran aktif sehingga guru hanya menjadi fasilitator saja.

    ReplyDelete