Mar 25, 2015

Referensi Berbagai Teori Belajar dan Mengajar

Aslm, berikut saya akseskan referensi untuk mendalami berbagai macam teori belajar dan mengajar



untuk para mahasiswa S1 Ethnomathematics, S2 Learning Trajectory, S3 Kajian Kurikulum Matematika, dan S3 StudiMandiri Bidang Matematika SD:
(Saran: Belajar dari pengalaman yg sudah, agar para mahasiswa menyegerakan diri untuk mengakses kalau perlu mendokumentasi file-file yang dianggap bermanfaat, karena web tersebut bisa saja sewaktu-waktu off-line atau berganti identitas, terlebih jika banyak pengunjungnya). 
http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/User:Cash/test
https://www.youtube.com/watch?v=jm559ucUePg   (Jerome Bruner lengkap)

Salam, dosen ybs,

Marsigit

4 comments:

  1. Seorang pendidik memang sudah semestinya merupakan seorang pembaca yang tekun. Salah satu bacaan wajib bagi seorang pendidik adalah mempelajari teori belajar dan mengajar. Ada banyak sekali referensi yang bisa dibaca di online, dan pak profesor memberikan berbagai link merujuk pada referensi tersebut. Bukan hanya lengkap, kredibilitas referensi yang diberikan juga terjaga. Terima kasih, Pak Profesor Marsigit.

    Dwi Margo Yuwono
    S3 PEP A

    ReplyDelete
  2. Johanis Risambessy
    16701251029
    PPs PEP B 2016

    Referensi di atas dapat digunakan sebagai pengetahuan yang baru kepada kami agar dapat menerapkannya dalam proses pembelajaran. Selain itu, referensi yang ada juga sangat membantu kami dalam menciptkan pembelajaran yang kreatif dan inovatif agar siswa termotivasi untuk mengikuti pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  3. keuntungan dengan pembelajaran yang menggunakan pendekatan PBL dalam kelas yaitu memberi kebebasan bertanggung jawab kepada siswa untuk belajar, memberi permasalahan yang nyata dalam kehidupan, menampilkan solusi yang dilakukan oleh siswa, kerja kelompok, meningkatkan kepercayaan diri siswa, dan memberikan pengalaman pembelajaran yang bermakna. kemudian teori yang menarik yang ada di kegiatan sehari hari seperti teori yang dikemukakan oleh teori Albert Bandura pada modeling, sebagaimana anak belajar dari melihat atau mengamati model yang ada disekitarnya. oleh karena itu ini sama halnya seperti murid dan guru didalam kelas, Murid akan menirukan apa yang dilakukan oleh gurunya. apalagi pemeblajaran untuk SD, teori Albert Bandura ini membuat pembelajaran matematika menjadi menyenangkan.

    M Saufi Rahman
    PEP kelas A
    16701261024

    ReplyDelete
  4. Siska Nur Rahmawati
    16701251028
    PEP-B 2016

    Sebagai seorang pendidik, kita tidak boleh puas dan merasa cukup atas pengetahuan dan pengalaman yang sudah kita miliki. Kita harus terus belajar, belajar, dan belajar untuk memperoleh ilmu yang lebih banyak lagi. Referensi yang sudah dipostingkan oleh Prof Marsigit memberikan kita solusi untuk menerapkan proses pembelajaran yang bersifat inovatif dan konstruktivisme.

    ReplyDelete


Note: Only a member of this blog may post a comment.