Mar 25, 2015

Referensi Berbagai Teori Belajar dan Mengajar

Aslm, berikut saya akseskan referensi untuk mendalami berbagai macam teori belajar dan mengajar



untuk para mahasiswa S1 Ethnomathematics, S2 Learning Trajectory, S3 Kajian Kurikulum Matematika, dan S3 StudiMandiri Bidang Matematika SD:
(Saran: Belajar dari pengalaman yg sudah, agar para mahasiswa menyegerakan diri untuk mengakses kalau perlu mendokumentasi file-file yang dianggap bermanfaat, karena web tersebut bisa saja sewaktu-waktu off-line atau berganti identitas, terlebih jika banyak pengunjungnya). 
http://etec.ctlt.ubc.ca/510wiki/User:Cash/test
https://www.youtube.com/watch?v=jm559ucUePg   (Jerome Bruner lengkap)

Salam, dosen ybs,

Marsigit

15 comments:

  1. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof.
    Beberapa link tersebut merujuk pada teori Bandura tentang teori belajar sosial. Menurut Banduran, pada proses belajar tidak selalu terjadi perubahan perilaku. Tingkah laku manusia bukan hanya respon atas stimulus, melainkan juga akibat reaksi yang timbul sebagai hasil interaksi antara lingkungan dengan sistem kognitif. Menurutnya belajar adalah proses pengamatan dan peniruan pada suatu model. Guru harus memberikan model yang baik dan benar, misalnya dalam penggunaan alat matematika. Guru juga harus menghadirkan model yang menarik perhatian dan mudah diingat siswa.

    ReplyDelete
  2. Nama : Widuri Asmaranti
    NIM : 17709251035
    S2 Pend Matematika B 2017

    Assalammualaikum , Wr.Wb
    Terimakasih pak atas postingannya. Ini adalah postingan yang memberikan informasi penting kepada saya. Kumpulan referensi-referwnsi untuk mendalami berbagai macam teori belajar dan mengajar. Akan saya gunakan untuk saya belajar mendalami mengenai teori belajar dan mengajar. Tujuannya agar nantinya ketika turun ke lapangan, saya dapat menjadi guru yang profesional, yang berkualitas, dan kreatif karena telah mempelajari teori dalam proses belajar mengajar.
    Yang pastinya postingan ini juga akan bermanfaat buat teman-teman, calon guru, bahkan untuk guru, agar meningkatkan kualitas dalam mengajar.

    ReplyDelete
  3. Junianto
    17709251065
    PM C

    Terimakasih untuk link-link yang telah Prof Marsigit sampaikan. Link tersebut sangat membantu guru dalam mengjar dan mempersiapakan materi pembelajaran. Pembelajran kolaboratif juga sangat memudahkan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajran. Sehingga pembelajran bersifat Student centered, dan siswa bisa mengkonstruksi pemahaman mereka sendiri. Guru juga berperan sebagai fasilitator siswa dalam belajar.

    ReplyDelete
  4. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs P.Mat B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.

    Terimakasih banyak pak untuk link-link yang telah bapak bagikan. Link-link tersebut akan sangat membantu guru atau pengajar dalam mengajar dan mempersiapkan proses pembelajaran. Learning Trajectory atau lintasan belajar itu akan sangat berguna untuk memudahkan guru dan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

    ReplyDelete
  5. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A

    Assalamu'alaikum wr. wb
    Terimakasih Pak atas sharing link-link di atas terkait teori belajar mengajar. Semoga kami dapat memanfaatkannya secara optimal. Terdapat berbagai teori belajar mengajar yang ada, sebagai pendidik semoga dengan adanya referensi ini atau mencari referensi-referensi lain di luar ini, bisa memperkaya pengetahuan tentang teori belajar, sehingga pada akhirnya dapat membuat inovasi dalam pembelajaran tanpa menghiraukan karakter siswa, seperti Teori Piaget yang melihat pendidikan siswa berdasarkan kebutuhan sesuai dengan umurnya.

    ReplyDelete
  6. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih kepada Prof Marsigit yang telah membagikan beberapa link referensi berbagai teori belajar dan mengajar. Dari beberapa link yang diunggah, saya tertarik pada link yang memuat Zone of Proximal Development (ZPD) oleh Vygotsky. Dalam artikel yang dimuat dalam link tersebut dipaparkan bahwa ZPD adalah daerah dimana siswa tidak dapat menyelesaikan masalahnya sendiri, tetapi apabila dia diarahkan oleh guru atau dengan bantuan teman, dia dapat menyelesaiakn masalah dengan baik. Pada pelaksanaan pembelajaran di kelas, guru perlu memahami metode pembelajaran yang disukai siswa dan menyesuaikan kegiatan pembelajaran dengan konteks, kebutuhan, situasi, dan kondisi siswa di kelas. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencapai pengajaran yang efektif pada ZPD seorang siswa.

    ReplyDelete
  7. Assalamualaikum Wr. Wb.
    Terima kasih atas berbagai referensi teori belajar dan mengajar yang bapak bagikan di sini. Memadukan berbagai referensi akan semakin menguatkan pemahaman kita akan teori yang kita dalami, sebab kita tidak hanya melihat dari satu kacamata melainkan dari berbagai perspektif yang berbeda. Tinggal bagaimana kita dapat menggali tendensi dari masing-masing teori (mana yang lebih dalam tingkat kebenarannya). Wassalam

    ReplyDelete
  8. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum
    Terima kasih Pak Prof. atas link yang Bapak bagikan dalam postingan kali ini, yaitu yang berkaitan dengan berbagai macam referensi teori belajar dan mengajar. Link ini akan sangat bermanfaat bagi kami para mahasiswa, sehingga akan menambah sumber referensi mengenai teori belajar mengajar.

    ReplyDelete
  9. iLania Eka Andari
    17709251050
    S2 P.Mat C 2017

    Sebelumnya terimakasih kepada Bapak Marsigit yang telah berbagi link-ink diatas, sehingga bisa menjadi referensi bagi kami. Salah satu teori yang belajar yang terdapat pada link di atas adalah teori belajar konstruktivisme.
    Teori belajar konsruktivisme menitikberatkan pada proses belajar, bukan pada hasil. Ketika proses belajar berjalan dengan baik dan bermakna bagi siswa, hasil belajarnya akan sebanding. kurikulum 2013 menurut pendapat saya mengacu kepada teori belajar konstruktivisme yang merupakan perpaduan antara behaviorisme dan kognitivisme. Teori ini sesuai dengan teori yang dikembangkan oleh Lev Vygotsky.

    ReplyDelete
  10. Shelly Lubis
    17709251040
    S2 Pend.Matematika B

    Assalamu'alaikum wr.wb

    Collaborative learning menurut saya adalah hal yang sangat bagus untuk diterapkan, baik pada pembelajaran di SD, SMP, SMA, ataupun perguruan tinggi. Karena dengan hal itu siswa tidak hanya akan berprestasi sendiri, tapi bersama-sama.

    ReplyDelete
  11. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih kepada bapak Prof atas link-link bacaan di atas karena sangat membantu saya dalam menyiapkan tugas-tugas makalah pada mata kuliah lain. Tidak bisa dipungkiri meskipun banyak teori pembelajaran baru yang ditemukan saat ini namun itu juga pada umumnya bersumber pada teori-toeri pembelajaran sebelumnya. tinggal bagaimana kita dalam menggunakan teori tersebut untuk mendesaign pembelajaran yang menarik.

    ReplyDelete
  12. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Banyak sekali rujukan yang dapat digunakan untuk mengetahui berbagai teori belajar dan mengajar. Tidak hanya melalui buku yang berat untuk dibawa kemana-mana namun juga dapat diperoleh melalui internet. Hal ini bermanfaat karena memudahkan mahasiswa dalam mencari sumber referensi yang lainnya.
    Terimakasih prof.

    ReplyDelete
  13. Novita Ayu Dewanti
    17709251053
    S2 PMat C 2017

    Bismillah
    Video pembelajran PBL yang terdapat dalam laman youtube ini menarik untuk disimak. Video tersebut menceritakan dengan singkat mengapa diperlukan PBL dalam pemebelajaran disekolah serta manfaatnya untuk siswa dikemudian hari. Sangan diharapkan bagi kami semua bahwa perlu untuk memperbanyak produksi video yang menarik sehingga dapat mudah untuk dipahami.

    ReplyDelete
  14. Insan A N/ PPs S2 PM C 2017
    Assalamualaikum, saya ucapkan terimakasih prof Marsigit atas link-link tentang referensi teori belajar serta beberapa hal terkait model pembelajaran. Sangat membantu bagi para guru untuk lebih memahami bagaimana meyusun dan merencakan pebelajaran dengan landasan teori yang kuat, sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai dengan optimal.

    ReplyDelete
  15. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih pak, link-link yang bapak bagikan dipostingan ini sangat bermanfaat, sebagai referensi maupun sumber tambahan bagi kami sebagai mahasiswa pendidikan dalam mempelajari dan menambah pengetahuan kami terkait teori-teori belajar dang mengajar.

    ReplyDelete