Feb 19, 2015

Berbagai Macam Video Pembelajaran Matematika

Dear all,

Saya menemukan portal yang berisi berbagai macam video pembelajaran matematika sebagai berikut:



http://search.wn.com/?results_type=videos&language_id=1&search_type=expression&search_string=japanese+mathematics&sort_type=-pub-datetime&template=cheetah-search-adv%2Findex.txt&action=search&corpus=current






Selamat menyimak, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

75 comments:

  1. Anwar Rifa’i
    PMAT C 2016 PPS
    16709251061

    Salah satu link di atas menampilkan pembelajaran matematika di Jepang. Berdasarkan video pembelajaran matematika Team Teaching Jepang yang pernah saya lihat sebelumnya, pembelajaran matematika di Jepang menggunakan hakikat matematika sekolah yang menjadikan matematika sebagai kegiatan atau aktivitas siswa. Dalam video tersebut, siswa melakukan kegiatan mencari pola atau hubungan bilangan-bilangan yang ada pada tabel perkalian. Siswa juga melakukan kegiatan menyelesaikan masalah, melakukan investigasi, dan mengkomunikasikan apa yang telah mereka dapat pada kegiatan-kegiatan sebelumnya. Setelah melihat video pembelajaran matematika di Jepang, pembelajaran matematika dalam video tersebut terlihat sangat mengasyikkan. Siswa terlihat sangat bersemangat dan antusias, serta yang paling penting adalah siswa sangat senang dalam pembelajaran matematika tersebut. Siswa tidak memiliki rasa takut terhadap matematika dan menganggap bahwa matematika itu adalah suatu pelajaran yang menyenangkan. Dalam pembelajaran ini pula, siswa diajak untuk melakukan dan mengalami sendiri kegiatan dalam pembelajaran sehingga siswa menjadi aktif di kelas. Saya sangat senang melihat pembelajaran matematika seperti itu dimana siswa mengikuti pembelajaran tanpa beban, mereka mengikuti pembelajaran matematika dengan senang hati.

    ReplyDelete
  2. Kunny Kunhertanti
    16709251060
    PPs Pendidikan Matematika kelas C 2016

    Terimakasih atas berbagai macam video yang diberikan, dengan ini dapat memperluas wawasan saya tentang berbagai macam pembelajaran matematika. Referensi yang sangat menarik dalam pembelajaran matematika. Terimakasih sekali lagi.

    ReplyDelete
  3. Annisa Hasanah
    16709251051
    PPs Pendidikan Matematika

    Terimakasih atas link link video pembelajaran yang Bapak share, hal ini bisa menjadi referensi bagi saya dan teman-teman untuk ke depannya untuk melakukan pembelajaran di kelas untuk setiap jenjang. sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  4. Desy Dwi Frimadani
    16709251050
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Link video di atas tentang pembelajaran matematika yang bapak share, bisa menjadi referensi saya dalam mengajar kelak di sekolah saya. Pembelajaran matematik pada video pertama Matematika team teaching di jepang yang belum pernah saya liat dan inshaallah bisa menjadi referensi bagi saya kedepaannya.

    ReplyDelete
  5. Ahmad Wafa Nizami
    16709251065
    PPs Pendidikan Matematika D 2016

    Saya berterima kasih kembali kepada pak prof marsigit karena telah memberikan bermacam-macam video tentang bagaimana pembelajaran yang bagus dan berbagai macam jenis pembelajaran. Sehingga mengetahui bagaimana lesson study dilaksanakan di Jepang, math tricks, serta video-video lainnya yang sangat bermanfaat bagi saya.

    ReplyDelete
  6. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Terimakasih atas link video tentang bagaimana pembelajaran yang bagus dan berbagai macam jenis pembelajaran. Video tentang bagaimana Lesson Study itu sebenarnya, yang sudah lama diterapkan dalam pembelajaran di Jepang. Semoga kami nantinya, bisa menerapkan hal demikian, untuk menambah pengalaman dan wawasan kami.

    ReplyDelete
  7. Dessy Rasihen
    16709251063
    S2 P.MAT D

    Setelah saya melihat video tersebut, saya berpendapat bahwa Lesson study itu merupakan proses pengkajian pembelajaran. Siapa yang melaksanakan pengkajian? Tentu saja kelompok guru yang sadar terhadap pentingnya upaya peningkatan kompetensi mereka dalam proses belajar mengajar. Para guru ini sadar bahwa proses pembelajaran yang selama ini telah dilaksanakan harus dikaji dari waktu ke waktu agar dapat lebih meningkat efektivitasnya bagi upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

    ReplyDelete
  8. Heni Lilia Dewi
    16709251054
    PPs Pendidikan Matematika Kelas C 2016

    Referensi video pembelajaran ini menjadi pembelajaran dan evaluasi bagi para guru. Yang menarik bahwa pembelajaran di Jepang yang menerapkan metode lesson study dapat menjadi referensi bagi guru di Indonesia khususnya untuk berinovasi pula dalam memimpin pembelajaran. Terimakasih Prof atas sharing video pembelajaran, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  9. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidikan Matematika A 2014 (S1)

    Terima kasih Prof sudah memberikan berbagai macam video pembelajaran matematika. Video ini sangat bermanfaat sekali dan bisa menjadi referensi untuk menerapkan pembelajaran matematika. Video pembelajaran di Jepang meanarik dan bisa menginspirasi guru untuk bisa menerapkan pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  10. Syafa'atun Muslimah
    14301241042
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Referensi mengenai video pembelajaran matematika di atas menambah wawasan bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang baik dan dapat memberikan ide-ide atau inspirasi bagi guru maupun calon guru untuk berinovasi dan menerapkannya dalam pembelajaran. Dari inovasi tersebut semoga proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan menggugah semangat siswa. Terimakasih Prof. Marsigit atas postingan yang sangat bermanfaat ini.

    ReplyDelete
  11. Viani Kurniawati
    14301241051
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sebagai guru maupun calon guru, sangat penting untuk aktif meng-update video-video pembelajaran terkini. Karena menjadi "guru" bukan lantas selesai proses belajarnya, namun justru harus terus belajar karena guru harus dapat mengikuti tuntutan jaman. Jika tertinggal oleh jaman, tentu pembelajaran akan kurang relevan dan kurang dapat memfaislitasi kebutuhan siswa. Post ini memfasilitasi para guru maupun calon guru untuk terus belajar mengenai proses pembelajaran yang ideal. Dalam salah satu link yang ada pada post ini termuat video pembelajaran Matematika di Jepang. Sangat menarik dan inspiratif memang. Memberikan motivasi dan inspirasi bagi guru maupun calon guru untuk memperbarui atau mengembangkan pembelajaran yang dilakukan. Semoga dengan begini, pembelajaran matematika yang dilakukan guru Indonesia (terutama yang membaca blog ini) akan semakin bervariasi dan semakin inovatif.

    ReplyDelete
  12. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Terimakasih Prof. Marsigit. Link-link mengenai video pembelajaran diatas sangatlah bermanfaat bagi para guru dan kami sebagai para calon guru tentunya. Sebagai guru tentulah tugas kita adalah untuk mengelola kelas sedemikian sehingga menciptakan suasana yang kondusif sehingga tujuan dari pembelajaran itu sendiri akan tercapai. Oleh karenanya video-video pembelajaran tersebut sangatlah bermanfaat sebagai referensi guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  13. Resvita Febrima
    16709251076
    P-Mat D 2016

    dengan beragam link tentang video pembelajaran diatas, semoga semakin menambah pengetahuan kita tentang trik dalam pembelajaran. dan bisa menjadi acuan bagi para guru dalam mengajar.

    ReplyDelete
  14. Windi Agustiar Basuki
    16709251055
    S2 Pend. Mat Kelas C – 2016

    Ini merupakan salah satu video pembelajaran yang mempunyai tujuan bahwa kita sebagai calon guru harus belajar bagaimana agar pembelajaran menjadi kreatif dan menyenangkan sehingga ini salah satu alternative memilih model pembelajaran. Karena pada dasarnya anak didik yang kreatif juga dihasilkan dari tekhnik pembelajaran yang kreatif.

    ReplyDelete
  15. Tahtalia
    14301241031
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimakasih banyak prof Marsigit untuk link-link video pembelajaran matematika di atas. Referensi video pembelajaran tersebut sangat bermanfaat bagi kami, khususnya saya sendiri sebagai calon guru untuk belajar bagaimana mengelola kelas yang baik sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai dengan baik.

    ReplyDelete
  16. Rahayu Pratiwi
    16709251077
    PPS PM-D 2016

    Video yang sangat menarik dan menginspirasi. Video tersebut berisi pembelajaran yang inovatif, tidak hanya pembelajaran yang itu-itu saja dan membosankan. Pembelajaran di dalam video tersebut baik untuk dipraktikkan langsung dalam pembelajaran matematika sekolah. Dengan adanga video pembelajaran ini kita dapat mengevaluasi mana yg perlu ditingkatkan dan mana yang harus dihilangkan selama proses pembelajaran.

    ReplyDelete
  17. Ahmad Bahauddin
    16709251058
    PPs P.Mat C 2016

    Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.
    Sebagai calon pendidik, baik calon guru atau calon dosen, sangat penting untuk selalu menambah wawasan cara mengajar. Karena dengan semakin banyaknya pengetahuan tentang bagaimana cara mengajar dan bagaimana pelajar belajar, dapat mempermudah proses belajar mengajar. Dengan demikian hasil yang didapatkan dari proses belajar mengajar tersebut lebih baik dan menjanjikan. Dari tulisan ini, saya jadi mendapatkan manfaat tambahan pengetahuan dan motivasi untuk mencari video cara mengajar di luar Indonesia.

    ReplyDelete
  18. Fitri Nur Hidayah
    14301241001
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    sebagai seorang guru tidak teus selesai dalam belajar. tetapi malah seorang guru harus terus meng-update perkembangan yang ada. belajar dan terus belajar kewajiban guru juga tidak hanya kewajiban siswa. guru harus terus belajar dan janganlah sekali kali memiliki sikap otoriter. karena jika memiliki sikap otoriter maka siswa akan merasa tertekan dan seolah oleha dipaksa oleh guru untuk paham akan sesuatu yang bahkan siswa belum paham.

    ReplyDelete
  19. Aditya Raenda A
    14301241036
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Seorang guru harus mampu memberikan bebagai inovasi dalam pembelajaran tertumata matematika agar siswa tertarik dalam mengikuti pembelajaran dikelas. Link-link mengenai video pembelajaran diatas sangatlah bermanfaat terumata bagi kami sebagai calon guru agar dapat memberi inovasi didalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  20. Matematika cenderung tidak disukai oleh oleh siswa, bukan hanya karena materinya yang susah untuk dipahami. Namun ditambah guru yang menyampaikan tidak menggunakan strategi yang dapat menarik perhatian dan minat siswa. video-video ini bisa menjadi tantangan bagi para pendidikan matematika untuk bisa menciptakan proses pembelajaran yang lebih menarik, menyenangkan, agar dapat suasana belajar menjadi tidk membosakan.

    ReplyDelete
  21. Lihar Raudina Izzati
    16709251046
    P. Mat C 2016 PPs UNY

    Banyak sekali metode pembelajaran yang dapat digunakan guru untuk mengajarkan suatu konsep. Metode yang ada di dalam video ini juga bisa menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan oleh guru. Guru bisa menggunakan berbagai metode agar pembelajaran tidak monoton dan siswa tidak bosan untuk belajar.

    ReplyDelete
  22. Elli Susilawati
    16709251073
    Pm matD

    Video di atas memberikan pandangan kepada kita bahwa sebagai pendidik kita harus memiliki kreatifitas serta persiapan dan rancangan pembelajaran yang maksimal. Karena pendidik adalah kunci dari setiap pembelajaran.

    ReplyDelete
  23. Wahyu Lestari
    16709251074
    PPs Pendidikan Matematika 2016 Kelas D

    sebagai pendidik, dengan melihat video di atas menambah wawasan agar kedepanya dalam mengajar terus memperbaiki diri dalam pembelajaran agar lebih inovasi dan kreatif demi kenyamanan anak-anak dalam menerima materi pelajaran

    ReplyDelete
  24. PUTRI RAHAYU S
    S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA_D 2016
    16709251070

    Belajar itu bisa dilakukan dimanapunh kapanpun dengan siapapun. Seorang guru walaupun sudah menjadi guru harus terus belajar dan mengembangkan kemampuan mengajarnya agar siswa bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih lagi. upaya untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan oleh sekelompok guru, dalam merencanakan, melaksanakan, mengobservasi dan melaporkan hasil pembelajaran itulah yang harus dilakukan guru. Agar meningkatkan mutu siswanya dalam banyak hal.

    ReplyDelete
  25. ARNY HADA INDA
    16709251079
    PPS-MAT D 2016
    Terimakasih atas link video tentang ciri-ciri metode pembelajaran yang bagus dan berbagai macam jenis pembelajaran. Semoga kami bisa menerapkan hal demikian, untuk menambah pengalaman dan wawasan kami. Sangat menarik dan inspiratif. Memberikan motivasi dan inspirasi bagi guru maupun calon guru untuk memperbarui atau mengembangkan pembelajaran yang dilakukan. Semoga dengan begini, pembelajaran matematika yang dilakukan guru Indonesia akan semakin bervariasi dan semakin inovatif.

    ReplyDelete
  26. Munaya Nikma Rosyada
    14301241002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Link-link video diatas sangat bermanfaat bagi kami para calon guru. Video tersebut menampilkan variasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Hal tersebut mungkin dapat diadopsi ke pembelajaran di Indonesia, dimana siswa juga sedang membutuhkan pembelajaran yang sesuai dengan minat mereka

    ReplyDelete
  27. Nama : Irna K.S.Blegur
    Nim : 16709251064
    kelas : PM D 2016(PPS)
    Pada lesson study ini mengajarkan kepada kita bahwa betapa pentingya sebuah pembelajaran direvisi. Dengan adanya lesson study tersebut sebagai pembelajaran kepada kita bahwa betapa pentingnya sebuah revolusi pembelajaran menjadi inovatif. Kegiatan ini melibatkan banyak pihak, antara lain guru, kepal sekolah, dosen, dan lain-lain sehingga semua pendidik berkumpul menjadi satu untuk mengevaluasi proses pembelajaran yang terjadi di lapangan dan diharapkan dapat memecahkan/ menentukan solusi untuk memecahkan masalah-masalah yang dijumpai pada saat proses pembelajaran di kelas sehingga kegiatan pembelajaran akan menjadi lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  28. Video bisa menjadi alat bantu dalam pembelajaran. suatu kegiatan yang memerlukan pengamatan tetapi benda atau hal perlu diamati tidak tersedia dapat ditayangkan melalui video. Kemudian dari pengamatan akan memunculkan pertanyaan-pertanyaan yang didiskusikan untuk memeproleh suatu pengetahuan. Video juga digunakan untuk merekan pembelajaran sehingga bisa dianalisis kekurangan dan kelebihan dari pembelejaran tersebut. Kreativitas dan inovasi guru dapat dikembangkan dengan media video.

    ReplyDelete
  29. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Video pembelajaran diatas adalah pembelajaran yang dilakukan oleh Team Teaching di Jepang, dalam video tersebut terlihat bahwa pembelajaran yang dilakukan berpusat kepada siswa, dimana siswa mengkonstruk pengetahuannya sendiri, dalam proses mengkonstruk siswa dibebaskan dengan cara nya masing masing dan dengan kreatifitasnya masing masing, terlihat bahwa siswa sangat senang dengan pembelajaran matematika karena pembelajaran dikemas semenarik mungkin dan menyenangkan,sehingga mitos yang ada bahwa matematika merupakan momok itu akan hilang dengan sendirinya, matematika memang untuk sebagian orang menaggap sulit namun jika pembelajaran dikemas dengan baik maka siswa akan lebih senang untuk memahami materinya.

    ReplyDelete
  30. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Jepang saat ini merupakan negara yang maju, baik dibidang tekhnologi maupun pendidikan, sehingga banyak orang ingin sekolah disana, proses pendidikan yang diterapakn sangat sesuai dengan keinginan dan perkembangan siswa, mereka memang disiplin mengenai hal apapun,tapi hal tersebut sejalan denagn fasilitas dan konsep konsep pendidikan yang digunakan. sesungguhnya pembelajaran itu bukan mentransfer ilmu namun mengkonstruksi pengetahuan, siswa diberi kesempatan untuk mengkostruksi pengetahuannya sendiri.

    ReplyDelete
  31. Muhammad Nurfauzan
    14301241015
    S1 Pendidikan Matematika 2014 A

    Terimaksih kepada Bapak Prof Dr Marsigit yang telah membagi link tentang video pembelajaran yang menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut berpusat pada siswa. Karena pembelajaran tak hanya mentransfer/memindahkan ilmu dari guru ke siswa, tetapi juga pembelajaran harus memberikan wadah siswa untuk kreatif dalam membangun pengetahuannya. Hal tersebut menjadi suatu referensi bagi calon guru matematika untuk mengajar suatu saat nanti.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  32. DIKY SETYA HERNANDA
    14301241043
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih kepada Pak Prof Marsigit yang berkenan untuk berbagi link video pembelajaran matematika. Video tersebut menambah wawasan serta referensi saya untuk menjadi seorang guru yang inovatif dan kreatif agar pembelajaran matematika di kelas bisa menjadi pelajaran yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  33. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih Prof. Marsigit telah memberikan kami referensi dalam pembelajaran matematika yang sangat inovatif. Semoga kami bisa menjadi guru yang super untuk calon murid-murid kami besok.

    ReplyDelete
  34. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Jepang memang terkenal dengan pembelajarannya yang sangat inovatif dan kreatif khususnya pembelajaran matematika. Kita bisa mengadobsi beberapa teknik pembelajaran matematika yang dapat relevan jika dipakai di Indonesia.

    ReplyDelete
  35. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Permainan matematika yang diajarkan di Jepang membuat siswa tertarik untuk belajar berhitung dengan cepat. Contohnya yaitu cara cepat perkalian (Japanese multiplication). Sesekali trik matematika seperti ini bisa diajarkan di dalam kelas agar siswa termotivasi dan tertarik dengan matematika.


    ReplyDelete
  36. Sefti Lailatifah
    14301241040
    S1 Pendidikan Matematika A 2014
    Terimakasih Prof. Video pembelajaran seperti yang ada pada link-link diatas sangat bermanfaat khususnya bagi pendidik dan kami calon pendidik yang dapat dijadikan referensi dalam mengelola kelas dalam kegiatan pembelajaran nantinya.

    ReplyDelete
  37. KHOIRUDIN
    14301244002
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Berdasarkan http://player.mashpedia.com/player.php?q=CP_4YZBi4xM , kita bisa mengetahui bahwa sebagai calon guru harus banyak mengkaji tentang lesson study. Persiapan yang maksimal akan membuat pembelajaran di kelas menjadi lebih baik juga.

    ReplyDelete
  38. Isnan Noor Wahid Rohmatulloh
    14301241057
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih Prof, karena telah membagikan link video-video tentang pembelajaran matematika. Setelah saya melihat video ini semoga saya dapat menjadi calon guru yang terus berkembang untuk lebih baik dalam mempersiapkan diri sebagai guru.

    ReplyDelete
  39. Fina Fitri Nurjannah
    14301244005
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pembelajaran inovatif sangat diperlukan dalam memfasilitasi siswa untuk mengkonstruk pengetahuannya. Untuk memberikan pembelajaran inovatif guru harus melihat banyak referensi. Salah satunya adalah video pembelajaran. baik video pembelajaran di dalam negeri dan luar negeri. Dalam salah satu link video tersebut terdapat video proses pembelajaran di Jepang. Video tersebut sangat menarik dan memberikan gambaran serta inspirasi bagaimana pembelajaran di Jepang tidak hanya menekankan kompetensi pengetahuan tetapi juga sangat menekankan pada aspek karakter.

    ReplyDelete
  40. Isnan Noor Wahid Rohmatulloh
    14301241057
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Negara jepang terkenal dengan teknologinya yang maju. Hal ini berkaitan dengan bagaimana tingkat pendidikan di jepang. Salah satu faktornya yaitu bagaimana guru bisa meningkatkan kreativitas siswa melalui proses belajar mengajar di kelas. Melalui pembelajaran yang menyenangkan, kemampuan berpikir siswa akan lebih mudah ditingkatkan.

    ReplyDelete
  41. Isnan Noor Wahid Rohmatulloh
    14301241057
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari salah satu video yang ditampilkan pada link diatas, ada sebuah video tentang bagaimana trik dalam perkalian. Salah satu pembelajaran inovativ seperti inilah yang baiknya diterapkan, karena dengan berbagai cara yang berbeda siswa mampu melakukan operasi perkalian dengan mudah sesuai dengan kemampuannya.

    ReplyDelete
  42. Isnan Noor Wahid Rohmatulloh
    14301241057
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Dari salah satu video tayangan pada link diatas, ada sebuah video yang menayangkan bagaimana siswa melakukan operasi matematika dengan menggunakan sempoa (abacus). Dengan menggunakan media ini , salah satu keuntungan yang dapat diperoleh adalah siswa mampu melakukan oprasi matematika dengan lebih cepat.

    ReplyDelete
  43. Primaningtyas Nur Arifah
    16709251042
    Pend. Matematika S2 kelas C 2016
    Assalamu’alaikum. Terimakasih Prof. Marsigit atas link-link yang diberikan. Semoga dapat saya manfaatkan untuk menambah wawasan dan dapat dipraktekkan dalam kegiatan belajar mengajar matematika nantinya untuk membentu siswa mempelajari matematika agar prestasi matematika siswa meningkat.

    ReplyDelete
  44. Hajarul Masi Hanifatur Rohman
    S2 Pendidikan Matematika C 2016
    16709251052

    Bismillaah....
    Video pembelajaran yang disajikan sangatlah menarik. Harapannya, pendidikan di Indonesia juga dapat menerapkan pembelajaran yang demikian. Karena sebagaimana yang kita tahu bahwa pendidikan di Indonesia belum merata dan masih jauh dari harapan. Sehingga diharapkan bahwa semua komponen atau elemen pendidikan menyadari akan hal tersebut dan bersama-sama melakukan revolusi pendidikan.

    ReplyDelete
  45. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih atas referensi video pembelajaran matematika yang dibagikan, sangat bermanfaat bagi kami, khususnya saya untuk mengetahui bagaimana cara mengajar di negara lain.

    ReplyDelete
  46. Ujang Herlan Permana
    14301249001
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pada link di atas, ada video mengenai pembelajaran matematika di Jepang. Pada pembelajarannya, memang benar-benar siswa mengkonstruk sendiri pengetahuannya, guru tidak mengharuskan siswa menyelesaikan problem sesuai dengan kehendaknya, pemberian masalah yang open-ended menjadikan pembelajaran menjadi lebih bermakna. Siswa sangat aktif dalam pembelajaran. Penggunaan media sangat bervariasi dan menarik.

    ReplyDelete
  47. SUMIATI
    16709251056_PMC 2016
    Pendidikan Matematika-S2

    Bismillaah...
    Terimakasih atas video yang menakjubkan tersebut Bapak, video tersebut menggambarkan cara seorang anak memikirkan perkalian. Dimana ketika kita berpikir maka seseorang telah berhasil membangun konsep matematika di dalam dirinya. Dengan demikian matematika dapat mengantarkan seseorang untuk ke tingkat pemikiran yang lebih tinggi lagi.

    ReplyDelete
  48. Assalamu’alaikum wr wb
    Dwi Kawuryani
    14301241049 (S1 Pendidikan Matematika I 2014)
    Seorang guru harus tetap memperbaiki cara mengajarnya, meningatkan kualitas pembelajaran yang ia lakukan agar sesuai dengan perkembangan zaman dan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan siswanya. Kumpulan link tersebut dapat menjadi salah satu referensi bagi guru dan para calon guru untuk tetap mengembangkan diri dan kemampuannya.
    Terima kasih.
    Wassalamu’alaikum wr wb

    ReplyDelete
  49. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    postingan ini sangat bermanfaat bagi pendidik dan calon pendidik sebagai referensi untuk menerapkan proses pembelajran matematika yang dapat mengembangkan potensi-potensi siswa serta memberikan kesan kepada siswa bahwa pelajaran matematika itu tidak menyeramkan tetapi menyenangkan.

    ReplyDelete
  50. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pada dasarnya, keberhasilan proses pembelajaran tidak lepas dari kemampuan guru mengembangkan model-model/ metode pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan intensitas keterlibatan siswa secara efektif di dalam proses pembelajaran. untuk itu guru harus memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengimplementasikan model-model pembelajaran dengan cara, salah satunya melihat video yang ada di postingan ini.

    ReplyDelete
  51. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Dalam proses pembelajaran, pengembangan potensi-potensi siswa harus dilakukan secara menyeluruh dan terpadu, yang artinya guru tidak hanya berperan dalam mencerdaskan siswa saja tetapi juga pembentukan karakter siswa. Untuk itu guru tidak cukup hanya berbekal pengetahuan satu metode/model/strategi pembelajaran saja.

    ReplyDelete
  52. Hening Carrysa
    14301241012
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Pengembangan suasana juga merupakan hal yang penting untuk proses pembelajaran. Suasana yang memberikan kesempatan luas bagi peserta didik untuk berdialog dan mempertanyakan berbagai hal yang berkaitan dengan pengembangan diri dan potensinya. dalam pengembangan suasana, guru berperan penting untuk mengakomodasi berbagai pertanyaan dan kebutuhan siswa secara transparan, toleran, dan tidak arogan dengan membuka seluas-luasnya kesempatan-kesempatan dialog kepada peserta didik.

    ReplyDelete
  53. Hana' Aulia Dewi
    14301241054
    Pendidikan Matematika A 2014

    Terima kasih Pak atas link video pembelajaran matematika. Video-video tersebut sangat bermanfaat dan memberikan banyak pelajaran bagi saya sebagai calon guru. Saya merasa tertarik dengan video pembelajaran matematika di Jepang. Sudah di ketahui bahwa pendidikan di Jepang sangat bagus. Dari video tersebut saya dapat mempelajari bagaimana guru di Jepang mengajarkan matematika kepada siswanya. Dalam matematika sekolah, pembelajaran matematika adalah berupa kegiatan atau aktifitas, bukan hanya sekedar transfer of knowledge. Sehingga, guru dituntut harus dapat merencanakan pembelajaran yang inovatif. Salah satu cara guru dapat merencanakan pembelajaran yang inovatif itu yaitu melalui Lesson plan.

    ReplyDelete
  54. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terima kasih saya ucapkan kepada Bapak Marsigit yang telah berbagi link yang berkaitan dengan video pembelajaran matematika. Dari link-link di atas saya dapat melihat berbagai macam pembelajaran di luar negeri yang sedikit berbeda bahkan sangat berbeda dengan pembelajaran di Indonesia atau menggunakan media-media yang berbeda dan dapat dijadikan inspirasi untuk pembelajaran di Indonesia.

    ReplyDelete
  55. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya membuka link https://search.wn.com/?results_type=videos&language_id=1&search_type=expression&search_string=japanese+mathematics&sort_type=-pub-datetime&template=cheetah-search-adv%2Findex.txt&action=search&corpus=current
    Link tersebut berisi tentang penjelasan penggunaan media pembelajaran yang terbuat dari semacam kertas karton/kardus dan penggunaannya adalah mirip dengan cara menggunakan sempoa, dan digunakan untuk mempelajari penjumlahan seperti layaknya sempoa pada umumnya.

    ReplyDelete
  56. Endryana Listyarini
    14301241034
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Sebelumnya terimakasih atas link yang sudah diberikan. Ini sangat menginspirasi bagi kami calon guru atau guru untuk melakukan pembelajaran yang bervariasi di kelas. Perlu diketahui bahwa pembelajaran di kelas tentu dibutuhkan variasi agar siswa tidak merasa jenuh di kelas. Kebanyakan guru setiap mengajar selalu melakukan pembelajaran dengan cara yang sama. Mungkin sesekali dalam pertemuan perlu dilakukan pembelajaran yang tidak seperti biasanya. Dengan link yang bapak berikan ini dapat mengisnpirasi guru dan juga saya sebagai calon guru untuk melakukan pembelajaran yang menyenangkan dan tidak biasa-biasa saja.

    ReplyDelete
  57. Fatmawati
    16709251071
    PM.D 2016
    Pada abad 21 ini begitu pesatnya perkembangan teknologi. Kita dapat memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran, salah satunya adalah dengan menggunakan video pembelajaran. Video pembelajaran dapat menjadi salah satu media pembelajaran. Kemudian, dari video pembelajaran pada artikel di atas kita dapat melihat bagaimana proses pembelajaran di negara lain, bagaimana proses lesson study, sehingga kita dapat menjadikan hal tersebut sebagai referensi untuk memperbaiki permasalahan pembelajaran yang ada pada lingungan kita.

    ReplyDelete
  58. 'Azzanie Karima Arroida
    14301241017
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Saya mencoba membuka link https://search.wn.com/?results_type=videos&language_id=1&search_type=expression&search_string=japanese+mathematics&sort_type=-pub-datetime&template=cheetah-search-adv%2Findex.txt&action=search&corpus=current
    Dari link tersebut, saya mendapatkan inspirasi baru. Video tersebut menayangkan tentang cara perkalian menggunakan garis-garis, menurut saya sangat menarik karena baru pertama kali saya melihatnya. Dan di link yang dibagikan Bapak Marsigit, masih banyak video sejenis. Cara tersebut dapat dicobakan untuk mengajarkan perkalian untuk anak-anak yang kesulitan melakukan operasi perkalian.

    ReplyDelete
  59. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika 2014

    Melalui salah satu link diatas, diberikan contoh pembelajaran yang dilakukan di Jepang, dimana dalam proses pembelajarannya lebih menekankan pada keaktivan siswa dan partisipasi siswa, pembelajaran berpusat pada siswa, dan siswa diberikan kebebasan dalam menemukan langkah dan cara nya sendiri, sehingga siswa akan lebih memahmai konsepnya, terlihat bahwa siswa dikelas terebut sudah sangat terbiasa dengan pembelajaran seperti itu dan terlihat keaktifan dan kreatifitas siswa yang tinggi, hal ini mungkin dapat kita terapkan di Indoensia, agar pendidikan di Indonesia dapat lebih maju lagi.

    ReplyDelete
  60. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Konsep dan praktik Lesson Study pertama kali dikembangkan oleh para guru pendidikan dasar di Jepang, yang dalam bahasa Jepang-nya disebut dengan istilah kenkyuu jugyo. Adalah Makoto Yoshida, orang yang dianggap berjasa besar dalam mengembangkan kenkyuu jugyo di Jepang. Keberhasilan Jepang dalam mengembangkan Lesson Study tampaknya mulai diikuti pula oleh beberapa negara lain, termasuk di Amerika Serikat yang secara gigih dikembangkan dan dipopulerkan oleh Catherine Lewis yang telah melakukan penelitian tentang Lesson Study di Jepang sejak tahun 1993.

    ReplyDelete
  61. Zuliyanti
    14301241009
    S1 Pendidikan Matematika I

    Saat ini di Indonesia mulai gencar disosialisasikan untuk dijadikan sebagai sebuah model dalam rangka meningkatkan proses pembelajaran siswa, bahkan pada beberapa sekolah sudah mulai dipraktikkan. Meski pada awalnya, Lesson Study dikembangkan pada pendidikan dasar, namun saat ini ada kecenderungan untuk diterapkan pula pada pendidikan menengah dan bahkan pendidikan tinggi.

    ReplyDelete
  62. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih pak atas link-link yang telah diberikan. Ini sangat menambah referensi tontonan saya khususnya terkait pembelajaran yang dilaksanakan di jepang yang sekarang memang tengah menjadi fokus saya akhir-akhir ini.

    ReplyDelete
  63. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matemtika I 2014

    Berikut ini juga saya berikan link-link yang berkaitan dengan lesson study di jepang khususnya pada jenjang SD yang telah saya tonton semoga bermanfaat https://www.youtube.com/watch?v=AkKtQeEQNhM . Dalam vidio tersebut yang sangat menarik bagi saya adalah ketika guru tersebut mempersiapkan bahan ajarnya dengan sangat baik dan bagaimana beliau benar-benar menikmati pembelajaran yang ia berikan pada siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  64. ORIZA DEVI FEBRINA
    14301241019
    S1 Pendidikan Matematika I 2014


    Video yang ditampilkan merepresentasikan pembelajaran yang inovatif, pembelajaran seperti ini sangat perlu untuk memancing kreatifitas siswa. Pembelajaran berpusat pada siswa dan mengikutsertakan siswa dalam proses pembalajaran, selain itu penanam karakter juga terlihat didalam video pembelajaran di Jepang, kita bias belajar banyak dari video tersebut.

    ReplyDelete
  65. Nurrita Sabrina
    14301244010
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Dari beberapa vidio yang saya amati pembelajaran di Jepang condong memberikan suatu permasalahan diawal dengan memanfaatkan pengetahuan-pengetahuan yang telah siswa punya. Kebanyakan pembelajaran Matematika di Jepang menggunakan Open-approach teaching dan ini hal yang menarik bagi saya. Sejak dini siswa sudah diajarkan bagaimana cara memberi pendapat dan berkomunikasi mengena ide mereka.

    ReplyDelete
  66. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Kualitas pendidik merupakan isu yang harus segera diatasi oleh pemerintah. Sebaik apapun sarana yang disediakan, jika kualitas pendidik rendah maka tidak akan menjadikan kualitas pendidikan menjadi baik.

    ReplyDelete
  67. Rizka Azizatul Latifah
    14301241039
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Terimakasih Prof. Marsigit atas vidio yang telah diberikan. isi vidio sangat bermanfaat untuk kita calon pendidik sehingga tahu bagaimana mengelola kelas agar terjadi pembelajaran yang aktif dan inovatif.

    ReplyDelete
  68. Suci Renita Sari
    14301241052
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Pembelajaran matematika yang ideal adalah pembelajaran yang disesuaikan dengan jenjang pendidikannya. Untuk pembelajaran matematika di SD menggunakan pembelajaran benda-benda konkrit yang ada di lingkungan sekitar anak. Sementara untuk jenjang SMP bisa menggunakan benda konkrit akan tetapi konteksnya jauh lebih rumit dari benda konkrit yang diterapkan di SD, serta bisa menggunakan pembelajaran mengenai pembuktian yang sifatnya lebih sederhana. Sementara itu untuk jenjang SMA bisa menggunakan pembuktian dari rumus-rumus, teorema ataupun aksioma.

    ReplyDelete
  69. Nita Lathifah Islamiyah
    14301244011
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimkasih Prof atas video yang dipost disini mengenai macam-macam jenis pembelajaran. Semoga dengan melihat video tersebut dapat memberikan pencerahan mengenai macam macam metode pembelajaran yang dapat diterapkan di dalam suatu kelas.

    ReplyDelete
  70. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Terimakasih Pak, atas link link yang berisi informasi terkait Lesson Study dan Pembelajaran yang terjadi di setiap negara. Saya sebagai calon guru sangat merasa terbantu. Dengan mengetahui informasi terkaitvideo pembelajaran ini, saya bisa mempersiapkan diri saya untuk menjadi pengajar yang baik.

    ReplyDelete
  71. Dheanisa Prachma Maharani
    14301241037
    S1 Pend. Matematika A 2014

    Salah satu dari link diatas adalah video pembelajaran yang terjadi di Jepang. Berdasarkan video tersebut, pembelajaran matematika yang diterapkan di Jepang sangatlah mengasyikkan. Hal ini dilihat dari keaktifan siswa dalam berkegiatan dan antusias mereka. Siswa melakukan kegiatan mencari pola atau hubungan bilangan-bilangan yang ada pada tabel perkalian. Siswa juga melakukan kegiatan menyelesaikan masalah, melakukan investigasi, dan mengkomunikasikan apa yang telah mereka dapat pada kegiatan-kegiatan sebelumnya. Hal ini membuat siswa tak lagi merasa takut terhadap matematika dan bisa mengikuti pelajaran dengan senang hati.

    ReplyDelete
  72. Nurul Faizah
    14301241022
    Pendidikan Matematika A 2014 (S1)

    Terima kasih atas link yang diberikan mengenai berbagai macam video pembelajaran matematika tersebut Pak. Ini sangat bermanfaat sekali bagi kami sebagai calon guru yang nantinya dapat diterapkan saat mengajar di kelas.

    ReplyDelete
  73. Luki Slamet Purwoko
    14301241008
    S1 Pendidikan Matematika I 2014

    Untuk terlebih dahulu saya ucapkan terima kasih atas telah dibaginya link-link video pembelajaran matematika yang sangat bermanfaat ini. Dalam komentart ini saya menonton video ( https://youtu.be/ZARb5RkvOWI) tentang media pembelajran. Terlepas dari bahasa yang tidak saya pahami, namun dari apa yang saya lihat media ini sangat unik untuk pembelajaran tentang satuan panjang dalam hal ini. Sehingga siswa dengan senang hati menggunakan media ini untuk mempelajarinya. Dan dengan media ini menjadi tambahan media yang akan menjadiakan variasi-variasi bagi media yang sudah ada. Dan ternyata dalam satgu media dapat terdapat ilmu yang dipelajari dalamnya seperti yang saya sebutkan ternyata ada fungsi lainnya yaitu pembelajran tentang pecahan, decimal serta operasinya.

    ReplyDelete
  74. Harumas Anom
    14301244013
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Terimakasih atas berbagai macam video yang diberikan. Semoga dengan ini dapat memperbanyak wawasan saya mengenai berbagai macam pembelajaran matematika. Referensi yang sangat menarik dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  75. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimaksih atas link video yang Bapak berikan, sangat bermanfaat bagi calon guru maupun guru.

    ReplyDelete