Feb 19, 2015

Berbagai Macam Video Pembelajaran Matematika

Dear all,

Saya menemukan portal yang berisi berbagai macam video pembelajaran matematika sebagai berikut:



http://search.wn.com/?results_type=videos&language_id=1&search_type=expression&search_string=japanese+mathematics&sort_type=-pub-datetime&template=cheetah-search-adv%2Findex.txt&action=search&corpus=current






Selamat menyimak, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

36 comments:

  1. Harumas Anom
    14301244013
    S1 Pendidikan Matematika I 2014
    Terimakasih atas berbagai macam video yang diberikan. Semoga dengan ini dapat memperbanyak wawasan saya mengenai berbagai macam pembelajaran matematika. Referensi yang sangat menarik dalam pembelajaran matematika.

    ReplyDelete
  2. Rindang Wijayanto
    14301241028
    S1 Pendidikan Matematika A 2014

    Terimaksih atas link video yang Bapak berikan, sangat bermanfaat bagi calon guru maupun guru.

    ReplyDelete
  3. Angga Kristiyajati
    17709251001
    Pps UNY P.Mat A 2017

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.
    Video http://player.mashpedia.com/player.php?q=CP_4YZBi4xM sangat menginspirasi. Alangkah bagusnya jika semua sekolah melakukan hal seperti itu dalam prakteknya. Mempelajari, mengevaluasi kegiatan pembelajaran di kelas untuk memberi masukan dan perbaikan demi kegiatan pembelajaran selanjutnya.

    ReplyDelete
  4. Maghfirah
    17709251007
    S2 Pendidikan Matematika A 2017

    Assalamualaikum Prof, terima kasih banyak atas sharing informasinya. Insya Allah akan saya gunakan sebagai tambahan refrensi dalam proses peningkatan kualitas proses belajar mengajar di kelas saya nantinya.

    ReplyDelete
  5. Dimas Candra Saputra, S.Pd.
    17709251005
    PPs PM A 2017

    Assalamualaikum Prof,
    Video tersebut ialah tentang lesson study. Lesson study merupakan kegiatan kerjasama, baik antar guru di sekolah, antar guru di suatu daerah, guru dengan kepala sekolah, maupun kerja sama dalam lingkup internasional. Lesson study dapat menjadi salah satu sarana untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan juga meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran.

    ReplyDelete
  6. Alfiramita Hertanti
    17709251008
    S2- Pendidikan Matematika

    Untuk menciptakan suasana belajar yang tertib-damai-tata-tentram dibutuhkan kreatifitas tinggi yang dapat menciptakan instrument-intrument belajar yang inovatif. Perkembangan media-media pembelajaran adalah hasil dari dialektika perkembangan kreatifitas pendidik dari masa ke masa. Seiring sejalan dengan kemajuan teknologi, inovasi pendidikan berevolusi menjadi entitas yang ramah teknologi. Misalnya, dengan keberadaan media sosial seperti facebook, youtube dll dapat memudahkan para pendidik dalam proses belajar mengajar. Di lain sisi, peserta didik pun merasa nyaman karena dinamika belajar yang progresif. Salah satu media/instrument belajar yang menarik adalah melalui video. Video tidakhanya merangsang kreatifitas melalui ransangan audio, namun juga memberikan ransangan visual sehingga keseimbangan kognitif dapat terjalin. Untuk itu, kami sangat berterima kasih atas video-video pembalajaran matematika yang bapak bagikan.

    ReplyDelete
  7. Salmaini Safitri Syam
    17709251012
    S2 Pendidikan Matematika Kelas A

    Assalamu'alaikum wr wb
    Terimakasih Pak atas sharing link-link di atas terkait dengan lesson study. Lesson Study merupakan salah satu upaya yang dijadikan pendidik untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran yang dilaksanakan secara kolaboratif dan berkelanjutan. Oleh karena itu dibutuhkan invasi-inovasi dalam pembelajaran agar menarik perhatian siswa untuk mengikuti pembelajaran.
    Maaf sebelumnya Pak, untuk link nomor 2 tidak bisa dibuka ya Pak.

    ReplyDelete
  8. Andi Gusmaulia Eka Putri
    17709251009
    PPs PM A 2017
    Terimakasih pak untuk sharing video pembelajaaran matematika tentang Lesson Study yang sangat bermanfaat untuk menambah wawasan baru terkait inovasi pembelajaran.
    Saya apresiasi sekali terhadap video pembelajaran di kelas bapak yang menampilkan tayangan beberapa perwakilan kelompok yang menanggapi dengan antusias terhadap hasil presentasi suatu kelompok, begitu pula dengan tanggapan balik dari kelompok penyajinya.

    ReplyDelete
  9. Nama : Mirza Ibdaur Rozien
    NIM : 17709251064
    Kelas : Pascasarjana Pendidikan Matematika C

    BISMILLAHIRROHMANIRROHIM
    Setelah saya menonton video pembelajaran matematika di atas, saya sangat tertarik sekali dengan berbagai video pembelajaran matematika yang dilakukan di Jepang. Jika dilihat, begitu kreatifnya mereka dalam mengajarkan matematika kepada murid. Kemampuan warga jepang tentang menerangkan matematika kepada murid-murid mereka dapat dibuktikan dengan kemampuan super mereka pada ajang olimpiade dunia yang kelihatannya memang sederhana namun jika kita lihatmemang kita bisa mengatakan WOW. Untuk olimpiade yang super wow itu dapat dilihat pada link berikut. https://www.youtube.com/watch?v=2_U5y-ZYhNg
    TAMMA BIHAMDILLAH

    ReplyDelete
  10. Tri Wulaningrum
    17701251032
    PEP S2 Kelas B

    Terimakasih saya ucapkan kepada Bapak Marsigit yang telah membagikan "link" yang berisi video terkait pembelajaran matematika. Saya melihat bahwa untuk saat ini pembelajaran apaun dapat disampaikan dan diakses secara mudah, yaitu secara online. Bahkan dengan dengan menyaksikan video-video tersebut, saya sebagai pribadi merasa terbantu untuk beajar kembali, mengingat materi materi matematika yang pernah diajarkan guru-guru saya semasa SD hingga SMA dulu. Apakah ini bisa saya sebut dengan refleksi, Pak? Jika bnar, alangkah banyaknya jalan dan media yang bisa membawa kita pada tahap refleksi diri.

    ReplyDelete
  11. Rahma Hayati
    17709251016
    Pascasarjana PM A 2017

    Assalamualaikum
    Terima kasih Pak Prof. atas link yang Bapak bagikan dalam postingan ini, yang berkaitan dengan video pembelajaran matematika. Link ini akan sangat bermanfaat bagi kami para mahasiswa, sehingga menambah pengetahuan dan wawasan mengenai pembelajaran matematika. Selain itu juga dapat menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan pembelajaran matematika kedepannya, karena kami (mahasiswa) dapat melihat perbandingan pembelajaran matematika di dunia luar, misalnya di negara Jepang.

    ReplyDelete
  12. Nama : Habibullah
    NIM : 17709251030
    kelas : PM B (S2)

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih pak Prof atas study visual yang di sajikan di atas. Dengan melihat video-video pembelajaran dari negara lain sangat menginspirasi kami sebagai mahasiswa bahwa begitu bagusnya proses pembelajaran di negara lain sehingga bisa menjadi refleksi agar ke depannya lebih inovatif dan kreatif lagi dalam membuat iklim belajar yang menyenangkan yang lebih berorientasi pada student center.

    ReplyDelete
  13. Insan A N/ PPs S2 PM C 2017
    Bismillah
    Materi dari video tersebut berkisar tentang lesson studi dan tentuya juga pelaksanaan pembelajaran. Sangat membantu bagaimana penyusunan lesson plan untuk melaksanakan pebelajaran yang kreatif. Termask penggunaan video salah satunya, dan masih banyak lagi. Bahkan dibeberapa negara mempunyai ciri khusus, spserti belanda dengan realistic matematika nya.

    ReplyDelete
  14. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    Link pertama merupakan sharing pembelajaran di Jepang. Menilik salah satu video di sana, terdapat satu segmen yang menayangkan bahwa anak-anak kecil di Jepang belajar perhitungan awal masih menggunakan alat bantu kemudian beranjak remaja, siswa dilatih untuk menghitung secara cepat dan presisi, bahwkan sampai dikompetisikan dengan teman-teman sekelasnya. tidak dipungkiri cepat berhitung sangat mempengaruhi hasil belajar siswa, biarpun demikian ada faktor lain yang perl diperhatikan, yakni salah satunya kecermatan dalam berhitung dan berpikir

    ReplyDelete
  15. Fitri Ni'matul Maslahah
    17709251058
    PPs PM C

    link yang kedua tidak dapat saya akses. dari video ketiga, ditampilkan evaluasi semacam praktik mengajar secara kelompok. Beberapa poin yang saya tangkap yakni mengenai respon siswa, stimulan guru yang kurang menyeluruh, appersepsi yang dinilai kurang. Bioarpun demikian pemapar kemudian mengkonfirmasi bahwa beberapa poin diantaranya memang telah diprediksi dan diusahakan. Dari tayangan tersebut, mengingatkan kami beberapa poin yang memang harus disorot pada saat pembelajaran karena rawan melakukan kesalahan pada titik-titik tertentu.

    ReplyDelete
  16. Nama : Rosyita Anindyarini
    NIM : 17701251031
    Kelas : PEP B S2 2017

    Bismillah.
    Terimakasih banyak prof. Marsigit, yang telah membagikan link video-video tersebut sebagai referensi dalam pembelajaran matematika. Sumber belajar yang semakin canggih dan relevan, secara langsung maupun tidak, dapat menambah keingintahuan dan ketertarikan siswa untuk terus belajar dan menggali ilmu yang lebih dalam tentang matematika. Mereka juga terbantu untuk membangun konsep yang tepat dan memudahkannya dalam mengingat materi-materi pelajaran. Semoga video-video pembelajaran semakin menarik dan terus memberikan manfaat bagi seluruh pembelajar matematika.

    ReplyDelete
  17. Nama: Hendrawansyah
    NIM: 17701251030
    S2 PEP 2017 Kelas B
    Assalamualaikum wr wb.Terimakasih banyak pak telah banyak berbagi tentang link vidionya.Saya menonton videonya namun saya kurang mengerti bahasanya.Tapi setidaknya, gaya mengajar di dalam video tersebut, akan menjadi bahan pembelajaran kami dalam mengajar jika dihadapkan dengan siswa.Medianya juga bagus,Papan tulisnya bisa digeser ke atas keika tulisan penuh,Suasana belajarnya nyaman.Mudah-mudahan dapat menjadi pedoman dan pegangan kami di dalam mengajar.Wassalamualaikum wr wb.

    ReplyDelete
  18. Rahma Dewi Indrayanti
    17709251038
    PPS Pendidikan Matematika Kelas B

    Saling menghargai adalah kunci dalam hal ini. Saat guru berbicara, siswa haruslah menjadi pendengar yang baik. Saat siswa berbicara, guru dan siswa lain haruslah menjadi pendengar yang baik. Dengan adanya sifat saling menghargai dalam proses pembelajaran, maka akan tercipta suasana belajar yang kondusif.
    Cara interaktif dan respon yang baik dari guru dan siswa akan menciptakan suasana pembelajaran yang aktif. Selain itu, guru sangat berpengaruh penting dalam menciptakan kondisi kelas agar kelas tetap kondusif, pepilihan metode pembelajaran yang sesuai adalah kuncinya.

    ReplyDelete
  19. Charina Ulfa
    17709251039
    PPs Pendidikan Matematika B 2017

    Assalamu'alaikum wr wb.
    Sudah kewajiban kita sebagai guru menciptakan suasana belajar yang aktif, sehingga berbagai cara dilakukan guru untuk menciptakannya, salah satu nya dengan pemberian media belajar. Media pembelajaran dapat berupa video atau aplikasi matematika yang dapat meningkatkan minat belajar dan keaktifan siswa di dalam kelas.
    Ada berbagai sumber vidio yang dapat dijadikan sumber belajar siswa dan guru, ada juga www.youcubed.org yang diciptakan oleh seorang Prof matematika yaiut Jo Boaler untuk membantu para guru dalam membantu pembelajaran di dalam kelas.

    ReplyDelete
  20. Nama : I Nyoman Indhi Wiradika
    NIM : 17701251023
    Kelas : PEP B

    Sesungguhnya saya bukanlah mahasiswa yang berasal dari jurusan matematika. Namun, saya meyakini bahwa matematika adalah cabang ilmu yang sangat aplikatif. Matematika bukanlah kumpulan rumus siap pakai, namun matematika adalah belajar berpikir matematis. Hal inilah yang saya dapatkan dari referensi video pembelajaran yang bersumber dari Prof. Dr. Marsigit, M.A.

    ReplyDelete
  21. Melalui vido yang dishare oleh bapak, kami dapat belajar lebih dalam lagi tentang pembelajaran matematika. Hal ini juga memberikan saya ide untuk ikut dalam membuat dan kemudian menyebarkan ilmu tentang pembelajaran matematika.

    Nama : Frenti Ambaranti
    NIM : 17709251034
    Kelas : S2 Pendidikan Matematika B

    ReplyDelete
  22. Wisniarti
    17709251037
    PM B Pascasarjana

    Terimakasih pak atas link video pembeljarannya. Video-video ini pastinya sangat bermanfaat baik untuk sebagai bahan belajar maupun sebagai referensi ketika mengajar di kelas agar pembelajaran yang disampaikan lebih bervariasi sehingga siswa akan antusias dalam belajar matematika. Pengetahuan dan belajar itu tidak hanya di dapatkan di dalam kelas ataupun di text book namun juga bisa diperoleh dari video-video seperti ini. Video juga membantu untuk orang-orang yang memang cara belajarnya lebih dominan dengan visual-audio.

    ReplyDelete
  23. Vidiya Rachmawati
    17709251019
    PM A

    Terimakasih saya ucapkan kepada Prof yang telah memberikan link video pembelajaran untuk mata pelajaran matematika. Menurut saya video pembelajaran merupakan salah satu media yang disarankan untuk materi-materi tertentu khususnya yang membutuhkan kemampuan spasial. Video pembelajaran menggabungkan visual dan auditori yang dapat membantu optimasi memori kerja. Dengan media pembelajaran yang mampu memfasilitasi siswa melihat sekaligus mendengar penjelasan terkait gambar diharapkan mampu membuat pembelajaran lebih efektif karena mudah memahami materi.

    ReplyDelete
  24. Yusrina Wardani
    17709251057
    PPs PMAT C 2017
    Terimakasih atas video-videonya yang telah diposting pada artikel ini. Sangat bermanfaat bagi pendidik sebagai referensi kegiatan pembelajaran matematika agar pembelajaran yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik dan semakin inovatif sesuai dengan kebutuhan peserta didik yang terus berkembang.

    ReplyDelete
  25. Kholifatun Nur Rokhmah
    17709251011
    Pend. Matematika A 2017

    Terimakasih Bapak atas share link yang akan menambah referensi bagi kami terutama calon guru matematika dan pengamat pendidikan. Semoga kami dapat memanfaatkannya dengan maksimal sehingga kegiatan belajar mengajar yang kami rencanakan nantinya dapat menjadi pembelajaran yang bermakna bagi siswa-siswa kami.

    ReplyDelete
  26. Riandika Ratnasari
    17709251043
    PPs PM B 2017

    Terimakasih Bapak Marsigit atas link yang telah dibagikan. Ini dapat dijadikan referensi untuk mengajar bagi calon guru matematika. Bagaimana pun, guru memiliki peran dalam pembelajaran dan memiliki tugas untuk membuat siswa paham akan sebuah materi. Oleh karena itu, guru perlu memiliki referensi yang banyak tentang pembelajaran khususnya dalam pembelajaran matematika sehingga dapat menentukan model pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristika siswa dan materi yang akan diajarkan.

    ReplyDelete
  27. Hari Pratikno
    17709251032
    Pendidikan Matematika S2 (Kelas B)

    Menarik melihat salah satu video di link diatas dengan judul "super brain : china vs japan". Ternyata ada juga kuis semacam cerdas cermat matematika yang ada di china dalam bentuk reality show yang dikemas menarik.

    ReplyDelete
  28. Kartika Kirana
    17701251039
    S2 PEP B

    Trimakasih atas linknya. Saya buka link pertama, secara khusus tentang trik menghitung perkalian dengan menggunakan pertemuan garis. Menarik. Tapi ini mengingatkan saya juga, untuk tidak hanya sekedar memberikan tips Dan trik, Cara cepat, tapi anak Juga perlu paham konsep terlebih dahulu agar tidak terjebak pada Hal yang instant saja.
    Terutama di SD, perlu ada sentuhan dengan media yang konkret. Saya diingatkan bahwa matematika anak berbeda dengan Matematika dewasa.

    ReplyDelete
  29. Sofi Saifiyah
    17701251033
    S2 PEP B

    Lagi-lagi tak berhentinya saya ucapkan terimakasih banyak kepada Pak Marsigit atas segala kebaikan bapak yang tak henti-hentinya berbagi ilmu, semoga kebaikan Bapak dibalas dengan surga oleh Allah, amin.
    Kali ini saya membuka link video http://player.mashpedia.com/player.php?q=CP_4YZBi4xM. Sangat menginspirasi sekali Pak, semua kelompok saling antusias untuk menanggapi penampilan presentasi kelompok lainnya, sehingga proses pembelajaran tidak monoton, dan sangat hidup.

    ReplyDelete
  30. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Terima kasih atas tambahan informasinya bapak. Menarik sekali, apalagi link yang menautkan ke video-video bertemakan japanese mathematics, yang beberapa trik tersebut adalah hal baru bagi saya pribadi. Jujur, saya pribadi kagum dengan sistem pendidikan di Jepang. Membuka link yang bapak berikan, menambah informasi saya terhadap pembelajaran matematika di Jepang. Masing-masing link sudah saya bookmark di browser laptop saya pak. Terima kasih.

    ReplyDelete
  31. Latifah Pertamawati
    S2 PM B
    17709251026

    Bismillaah..
    Terima kasih atas tambahan informasinya bapak. Menarik sekali, apalagi link yang menautkan ke video-video bertemakan japanese mathematics, yang beberapa trik tersebut adalah hal baru bagi saya pribadi. Jujur, saya pribadi kagum dengan sistem pendidikan di Jepang. Membuka link yang bapak berikan, menambah informasi saya terhadap pembelajaran matematika di Jepang. Masing-masing link sudah saya bookmark di browser laptop saya pak. Terima kasih.

    ReplyDelete
  32. Devi Nofriyanti
    17709251041
    S2 P.Mat UNY kelas B 2017

    video lesson study nya menarik sekali pak, sayang tidak full video nya.
    untuk link yang kedua tidak bisa dibuka pak. link yang k 3 tentang javanese mathematics sudah saya save, banyak video disana yang bisa dijadikan sumber belajar. Any way thanks for sharing prof :)

    ReplyDelete
  33. Uswatun Hasanah
    17701251022
    S2 PEP B

    Melalui e-learning yang telah Bapak berikan, ini tentunya menjadi sarana belajar yang sangat bermanfaat. Belajar tidak terbatas di ruang kelas saja namun dapat diakses setiap saat. Saat saya membuka link bagian pertama, banyak sekali cara yang dapat digunakan dalam belajar ilmu matematika, dimulai dengan cara yang sangat praktis dan juga pola sistematis. Saya sendiri bukanlah orang yang memiliki background pendidikan matematika namun saya menyadari matematika tidak dapat terlepas dalam kehidupan sehari-hari. Pada suatu ruang tertentu maka pola matematika juga akan terbentuk di dalamnya.

    ReplyDelete
  34. Kartika Pramudita
    17701251021
    S2 PEP B

    Video pembelajaran yang sangat menarik. Video tersebut juga memberikan inspirasi untuk mengajarkan matematika kepada siswa. Untuk melaksanakan pembelajaran matematika yang menarik, kreatif, dan memberikan makna mendalam kepada siswa diperlukan persiapan dan perencanaan yang benar-benar matang. Perencanaan harus mempertimbangkan berbagai hal tentang kondisi siswa, kemampuan yang dimiliki tiap-tiap siswa sehingga tidak ada siswa yang merasa diabaikan dalam proses pembelajaran. Karena minat dan semangat siswa sangat menentukan keberhasilan suatu pembelajaran.

    ReplyDelete
  35. Gamarina Isti Ratnasari
    Pendidikan Matematika Kelas B (Pasca)
    17709251036

    Salah satu cara belajar kekinian pada era digital dan teknologi ini yaitu menggunakan video, video akan lebih mudah dipahami karean penontonnya melihat secara langsung dan dapat mengamati secara langsung hal yang dilakukan pelaku video tersebut. KArena kadang saat kita hanya membaca saja kadang menimbulkan persepsi ganda atau tidak sesuai yang diinginkamn oleh penulisnya namun melalui video akan mudah dalam memahami hal – hal yang sulit dikatakan atau dituliskan. Video juga dapat digunakan guru sebagai salah satu carta dalam mengajr agar sterdpat variasi mengajar dan siswa tidak merasa bosan dalam belajar.

    ReplyDelete
  36. Septi Yana Wulandari
    17709251031
    S2 Pend. Matematika B

    Vidio pembelajaran matematika ini dapat dijadikan inspirasi bagi pendidik untuk lebih kreatif dalam menyampaikan pembelajaran matematika. Hal itu sesuai dengan era digital yang saat ini tengah berkembang. Bantuan vidio ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran, yang mampu menarik minat siswa dalam belajar matematika. Terimakasih.

    ReplyDelete