tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post7508000524691587429..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : Elegi Menggapai Matematika Yang Tidak TUNGGALMarsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger28125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-81480556437610846032020-01-02T12:34:21.041+07:002020-01-02T12:34:21.041+07:00Hajra Yansa
19701251012
S2 PEP A 2019
Aristoteles...Hajra Yansa<br />19701251012<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Aristoteles mendefinisikan MATEMATIKA SEBAGAI PENGALAMAN, paham ini disebut empirisme yang dikemukakan oleh Aristoteles sebagai murid dari Plato. kelompok ini mengatakan matematika tidak berbeda dengan ilmu yang lain. Seperti halnya fisika, kimia, sosiologi, psikologi dan lain-lain, sesungguhnya matematika adalah suatu ilmu yang didapat Hajra Yansa https://www.blogger.com/profile/02083673792144167709noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-42264050169638714622020-01-02T12:30:39.335+07:002020-01-02T12:30:39.335+07:00Hajra Yansa
19701251012
S2 PEP A 2019
Matematika ...Hajra Yansa<br />19701251012<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Matematika sudah SUDAH ADA LENGKAP DARI SONONYA merupakan pandanngan dari Platonisme. <br />Ada pertentangan diantara matematikawan sendiri mengenai matematika sebagai ilmu. Pertentangan ini terbagi menjadi beberapa kelompok. Kelompok pertama mengatakan bahwa semua yang ada dalam matematika itu sudah ada dari dulu bersifat mutlak/absolut Hajra Yansa https://www.blogger.com/profile/02083673792144167709noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-18706421185472316592020-01-01T15:06:38.303+07:002020-01-01T15:06:38.303+07:00Wilis Putri Hapsari
19701251017
S2 PEP A 2019
Ket...Wilis Putri Hapsari<br />19701251017<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Ketunggalan adalah bukan sifat yang dimiliki oleh matematika. Sebuah pelajaran yang ekskak dan pasti namun penuh intrepretasi, maka salah satu manfaat belajar filsafat matematika adalah menjadi paham permaknaan demi permaknaan proses pembelajaran matematika, hakikat matematika itu sendiri, atas dasar apa dapat lahir matematika, MARSIGIT PHILOSOPHY 2019 - WILIS PUTRI HAPSARIhttps://www.blogger.com/profile/02979812745259335504noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-78561178029828198052019-12-08T21:46:49.464+07:002019-12-08T21:46:49.464+07:00Dea Armelia
19709251072
S2 Pend. matematika D 2019...Dea Armelia<br />19709251072<br />S2 Pend. matematika D 2019<br /><br />Matematika memiliki pengertian yang beragam berdasar bidang keahlian matematiknya, sehingga untuk menjawab apa itu matematika, maka jawabannya adalah tidak tunggal. Oleh karena itu, terlepas dari penjelasan dari beberapa filsuf tentang matematika, yang terpenting disini adalah bagaimana kita sebagai guru mampu memahami Dea Armeliahttps://www.blogger.com/profile/08589086882764927348noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-29612394893365393502019-12-08T20:12:30.212+07:002019-12-08T20:12:30.212+07:00Zuari Anzar
19701251006
S2 PEP A 2019
Berdasarkan...Zuari Anzar<br />19701251006<br />S2 PEP A 2019<br /><br />Berdasarkan elegi ini dapat diambil pelajaran bahwa matematika tidaklah tunggal obyeknya memang abstrak namun pembelajarannya dapat dilakukan berbagai metode berdasarkan pengalaman dan kemampuan siswa. Untuk siswa SD/SMP tentunya dimulai dengan hal-hal yang konkrit kemudian baru dibawa ke hal yang abstrak. Untuk mencapai pemahaman Zuari Anzarhttps://www.blogger.com/profile/11231404800503042096noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-57340085150890563932019-09-09T18:29:14.992+07:002019-09-09T18:29:14.992+07:00Puspitarani
19709251062
S2 Pendidikan Matematika D...Puspitarani<br />19709251062<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br />Terima kasih Bapak atas artikel berjudul Elegi Menggapai Matematika yang Tidak Tunggal yang telah Bapak share kepada kami. Menurut saya, Sejatinya matematika memanglah salah satu ilmu yang tidak tunggal, matematika punya banyak cabang ilmu. Matematika itu ilmu yang dinamis, dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman. MenurutRani Puspitahttps://www.blogger.com/profile/00219632095117059331noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-17796180942566752052019-01-01T07:57:46.808+07:002019-01-01T07:57:46.808+07:00Totok Victor Didik Saputro
18709251002
S2 Pendidik...Totok Victor Didik Saputro<br />18709251002<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />Selamat pagi dan Selamat Tahun Baru 2019 Prof.<br />Sama halnya dengan filsafat, matematika sangat erat hubungannya dengan kehidupan. Artinya matematika ada di kehidupan. Matematika mencakup banyak aspek, diantaranya pola berpikir, bahasa, tindakan, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, tidaklah mungkin Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/13160007734091021137noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-29160673750418693562018-12-30T06:39:14.280+07:002018-12-30T06:39:14.280+07:00Yoga Prasetya
18709251011
S2 Pendidikan Matematika...Yoga Prasetya<br />18709251011<br />S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A<br />Keterbukaan hati, keikhlasan , dan kelapangan dada untuk tidak membangun hegenominya masing-masing merupakan suatu hal yang sulit terlaksana jika memang masing-masing kedua belah pihak tidak melihat kepentingan bersama yang paling baik yang sedang terjadi saat ini untuk pendidikan matematika di Indonesia.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/04047730947002493198noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-34022718387975008882018-12-29T22:52:34.808+07:002018-12-29T22:52:34.808+07:00Elsa Apriska
18709251005
S2 PM A 2018
Dari elegi ...Elsa Apriska<br />18709251005<br />S2 PM A 2018<br /><br />Dari elegi menggapai matematika tidak tunggal ini bisa saya pahami bahwa sifat matematika itu tidak tunggal dan tidak dapat digabungkan. Setidaknya selalu ada dua pendapat tentang matematika, yaitu Platonisme untuk matematika dewasa dan Aristoteles untuk matematika sekolah. Namun platonisme telah mendominasi matematika hingga menimbulkan Elsa Apriska Bloghttps://www.blogger.com/profile/16187923001638596780noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-67946793760233920042018-12-24T15:17:12.079+07:002018-12-24T15:17:12.079+07:00Luthfannisa Afif Nabila
18709251031
S2 Pendidikan ...Luthfannisa Afif Nabila<br />18709251031<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br />Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh<br />Dari elegi diatas diketahui bersama bahwasanya agar matematika tetap konsisten, maka matematika tidaklah tunggal. Lalu yang menjadi pertanyaan saya, apakah pernyataan tersebut sama halnya bisa dikatakan “Agar matematika tidak konsisten maka matematika tunggal?” bilahttps://www.blogger.com/profile/06160860755601908703noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-72426687606090676012018-12-24T11:24:55.430+07:002018-12-24T11:24:55.430+07:00Rindang Maaris Aadzaar
18709251024
S2 Pendidikan M...Rindang Maaris Aadzaar<br />18709251024<br />S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)<br /><br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh<br />Hilbert pernah mencoba menyatukan matematika hingga berada dalam satu sistem tunggal. Dengan begitu hakekat matematika itu tunggal dan bisa disebut matematika formal. Tetapi muridnya yang bernama Godel menentangnya dengan alasan jika matematika tunggal,Rindang Maaris Aadzaarhttps://www.blogger.com/profile/11464554867301434565noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-24090964752072169802018-12-24T07:58:34.557+07:002018-12-24T07:58:34.557+07:00Dita Aldila Krisma
18709251012
PPs Pendidikan Mate...Dita Aldila Krisma<br />18709251012<br />PPs Pendidikan Matematika A 2018<br /><br />Terdapat dua cabang penerapan matematika yaitu matematika untuk perguruan tinggi dan matematika untuk sekolah. Matematika perguruan tinggi cenderung abstrak sedangkat matematika sekolah cenderung konkrit. Keduanya dipengaruhi oleh pemikiran Plato dan Aristoteles.Menurut Plato, realitas tertinggi adalah apa yang Dita Aldila Krismahttps://www.blogger.com/profile/08660002387758309609noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-50498862945879103702018-12-23T19:21:26.421+07:002018-12-23T19:21:26.421+07:00Eka Puspita Sari
18709251035
S2 PM B 2018
Dalam e...Eka Puspita Sari<br />18709251035<br />S2 PM B 2018<br /><br />Dalam elegi ini saya tertarik dengan pernyataan “maka tidaklah mungkin UN dapat dihapus tanpa ridho dan keikhlasan dari mereka (ITB, UI, IPB dan UGM)”. Dan sebelumnya juga dijelaskan bahwa kaum Platonism ada di Perguruan Tinggi sedangkan kaum Aristotelian berada di Sekolah. Terlepas dari perbedaan pendapat yang terjadi antara kaum Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12400937265878919221noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-4276102963098824832018-12-16T11:12:50.063+07:002018-12-16T11:12:50.063+07:00Muh. Fachrullah Amal
18709251036
S2 Pendidikan Mat...Muh. Fachrullah Amal<br />18709251036<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Berkaitan dengan dua pendapat di atas, seyogyanya kita sebagai pendidik tentu membutuhkan konsep matematika dari kedua pendapt di atas, persoalan manakah yang lebih tepat untuk diterapkan adalah melihat situasi dan kondisi dari kebutuhan siswa. Karena mengajarkan matematika tidak semuanya harus kongkrit, Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/17545656674158509577noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-56084783468923891782018-12-16T11:12:08.617+07:002018-12-16T11:12:08.617+07:00Muh. Fachrullah Amal
18709251036
S2 Pendidikan Mat...Muh. Fachrullah Amal<br />18709251036<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Betul yang disampaikan oleh Plato bahwa matematika itu sudah lengkap dari dulunya dan sebagai yang menggunakan konsep matematika hanya perlu untuk menemukannya. Plato menyambungkan pendapatnya bahwa tidak semua orang mampu untuk menemukan matematika. Oleh karena itu, matematika adalah abstrak, absolut, dan Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/17545656674158509577noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-55792207078039862502018-12-16T06:38:33.243+07:002018-12-16T06:38:33.243+07:00Deden Hidayat
18709251032
S2 Pendidikan Matematika...Deden Hidayat<br />18709251032<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Berdasarkan elegi tersebut bahwa matematika tidaklah bersifat tunggal. Berdasarkan obyeknya bahwa matematika berada dalam pikir, bersifat absolut dan ideal. Sedangkan dari segi metodenya bahwa matematika itu bersifat konkret dan relatif karena berasal dari pengalaman. Oleh karena itu matematika tidaklah tunggal, karenaAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/06457351438253543335noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-44946547111102292132018-12-12T00:36:13.306+07:002018-12-12T00:36:13.306+07:00Agnes Teresa Panjaitan
S2 Pendidikan Matematika A ...Agnes Teresa Panjaitan<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br />18709251013<br /> <br />Matematika yang tidak tunggal adalah matematika yang tetap konsisten. Tetap konsisten dengan menyadari keterbukaan ilmu matematika. Artinya matematika yang terbuka dengan ruang dan waktunya. Ketika matematika di ajarkan dalam ruang lingkup sekolah, maka konteks matematika yang digunakan disesuaikan dengan Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/11925957528088907246noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-23665925634003950832018-12-11T18:14:40.879+07:002018-12-11T18:14:40.879+07:00Bayuk Nusantara Kr.J.T
18701261006
Matematika tid...Bayuk Nusantara Kr.J.T<br />18701261006<br /><br />Matematika tidaklah tunggal. Matematika dibagi menjadi Matematika orang dewasa dan matematika sekolah. Matematika sekolah khususnya untuk matematika SD itu intuisinya masih bersifat konkret bukan abstrak. Artinya dalam melakukan aktifitas matematika mereka harus melewati proses merasakan melalui pengalaman indrawi, jadi mereka tau itu keras,lunakAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/17573725456345431089noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-26799317060197973542018-12-06T21:38:44.911+07:002018-12-06T21:38:44.911+07:00Seftika Anggraini
18709251016
S2 PM A 2018
Meskip...Seftika Anggraini<br />18709251016<br />S2 PM A 2018<br /><br />Meskipun sama-sama matematika, namun keduanya memiliki pandangan dan prinsip yang berbeda. Tokoh matematika yang di atas tidak mau melihat matematika yang di bawah. Padahal mereka yang di atas ini berasal dari bawah. Ketika mereka di atas, mereka hanya melihat dari sisi kebenaran menurut mereka, tanpa melihat sisi kebenaran dari Seftika Anggrainihttps://www.blogger.com/profile/00175980097530555335noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-69034162536324275442018-12-06T11:41:30.049+07:002018-12-06T11:41:30.049+07:00Fabri Hidayatullah
18709251028
S2 Pendidikan Matem...Fabri Hidayatullah<br />18709251028<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Matematika yang dibutuhkan untuk anak-anak adalah matematika yang bersifat konkret, tidak tunggal. Matematika yang tidak tunggal adalah matematika sekolah.. Sedangkan matematika yang absolute adalah matematika murni atau matematika untuk perguruan tinggi. Jika matematika murni diberikan untuk anak, maka akan fabrihttps://www.blogger.com/profile/03496361897749715407noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-76542737761140624152018-12-05T13:10:47.665+07:002018-12-05T13:10:47.665+07:00Fany Isti Bigo
18709251020
PPs UNY PM A 2018
B...Fany Isti Bigo <br />18709251020 <br />PPs UNY PM A 2018 <br /><br />Berdasarkan elegi diatas dapat dipahami bahwa matematika terbagi menjadi dua sudut pandang yaitu matematika murni dan matematika sekolah. Tidak ada yang menyatakan diri salah atau benar karena merupakan hasil pemikiran. Matematika murni dan matematika sekolah memiliki skop kebutuhannya masing-masing. Matematika sekolah FanyBigohttps://www.blogger.com/profile/00160304426957179623noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-86939736164043182642018-12-04T20:56:38.305+07:002018-12-04T20:56:38.305+07:00Tiara Cendekiawaty
18709251025
S2 Pendidikan Matem...Tiara Cendekiawaty<br />18709251025<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Matematika yang tidak tunggal. Menurut saya itu berarti dalam mengajarkan matematika kepada siswa, kita sebagai guru tidak boleh hanya memperhatikan dari sisi matematikanya saja tetapi kita juga memperhatikan dari sisi siswanya juga. Ketika mengajarkan matematika, terutama untuk siswa SD dan SMP kita perlu Tiara Cendekiawatyhttps://www.blogger.com/profile/01115650155742991273noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-65676486755829079992018-12-03T07:34:55.143+07:002018-12-03T07:34:55.143+07:00This comment has been removed by the author.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12454384051884601848noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-48405480208304895752018-12-03T07:29:11.932+07:002018-12-03T07:29:11.932+07:00Erma Zelfiana Surni
18709251009
S2. P.Matematika A...Erma Zelfiana Surni<br />18709251009<br />S2. P.Matematika A 2018<br /><br />Assalamualaikum Wr. Wb<br />Baik pendapat Plato tentang matematika tunggal yang bersifat abstrak dan absolut maupun pendapat Aristoteles tentang matematika jamak yang bersifat kongkrit dan relatif keduanya tidak bisa berdiri sendiri melainkan harus saling melengkapi. Matematika itu memang tidak bisa berdasar pada abstrakAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/12454384051884601848noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-34867517067183880982018-12-01T21:19:28.815+07:002018-12-01T21:19:28.815+07:00Herlingga Putuwita Nanmumpuni
18709251033
S2 Pend...Herlingga Putuwita Nanmumpuni <br />18709251033<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Matematika itu tidaklah tunggal. Contoh sederhananya yaitu matematika yang dipelajari siswa-siswa di sekolah (matematika sekolah) dan matematika murni (matematika yang dipelajari para ilmuwan) adalah 2 hal yang berbeda. Matematika di sekolah memang diperuntukkan bagi para siswa karena sifat dari Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12385734455895341243noreply@blogger.com