tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post4686456954770223038..comments2023-12-05T12:14:52.538+07:00Comments on Philosophy, Psychology, Spiritual, Math Education, Lesson Study, Indonesia: Prof Dr Marsigit MA : The Role of Cognitive Development Theory for Mathematics EducationMarsigithttp://www.blogger.com/profile/00400957216266693823noreply@blogger.comBlogger17125tag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-57129062581448885722019-12-23T12:12:59.448+07:002019-12-23T12:12:59.448+07:00Ngaenun Nangim
19709251058
S2 Pendidikan Matematik...Ngaenun Nangim<br />19709251058<br />S2 Pendidikan Matematika D 2019<br /><br />Perkembangan kognitif dalam pendidikan matematika dapat difasilitasi dengan teori belajar konstruktivisme maupun behaviorisme. Tulisan di ataspun ingin memaparkan perbedaan pendapat tentang bagaimana pembelajaran kognitif siswa menurut Piaget dan Vygotsky. Menurut Piaget proses belajar seseorang akan mengikuti pola Ngaenun Nangimhttps://www.blogger.com/profile/09254710155312410961noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-85288154469687829472019-01-05T07:15:13.268+07:002019-01-05T07:15:13.268+07:00Yoga Prasetya
18709251011
S2 Pendidikan Matematika...Yoga Prasetya<br />18709251011<br />S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A<br />Peran teori pengembangan kognitif untuk pendidikan matematika sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Pandangan piaget yaitu asumsi bahwa anak akan membangun cara berpikirnya sendiri melaui interaksinya dengan lingkungan. Sehingga mempengaruhi perkembangan kognitif anak yang diperlukan guna menjadi sarana Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/04047730947002493198noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-51149182170009859862018-12-31T21:09:52.670+07:002018-12-31T21:09:52.670+07:00Nur Afni
18709251027
S2 Pendidikan Matematika B 20...Nur Afni<br />18709251027<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /> <br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.<br />Hal yang perlu diperhatikan dalam elegi ini mengacu pada Piaget (1969) mengakui bahwa setiap penjelasan tentang perkembangan anak harus mempertimbangkan dua dimensi yaitu dimensi ontogenetik dan dimensi sosial sebagai transmisi karya generasi penerus. Piaget menggunakan Nur Afni Yusrinhttps://www.blogger.com/profile/15105792521758487552noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-74802918750236314482018-12-30T16:53:44.862+07:002018-12-30T16:53:44.862+07:00Fabri Hidayatullah
18709251028
S2 Pendidikan Matem...Fabri Hidayatullah<br />18709251028<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Teori perkembangan kognitif menurut Piaget dikenal sebagai konstruktivisme. Teori ini menyatakan bahwa siswa mampu mengkonstruksi pikiran mereka sendiri, sehingga bukan menjadi penerima informasi yang bersifat pasif. Siswa dapat mengkonstruksi pengetahuan sesuai dengan tahapan perkembangan berpikirnya. Dalam fabrihttps://www.blogger.com/profile/03496361897749715407noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-4016092354209946782018-12-29T23:11:49.070+07:002018-12-29T23:11:49.070+07:00Herlingga Putuwita Nanmumpuni
18709251033
S2 Pend...Herlingga Putuwita Nanmumpuni <br />18709251033<br />S2 Pendidikan Matematika B 2018<br /><br />Dalam struktur kognitif setiap individu harus ada keseimbangan antara asimilasi dengan akomodasi. Keseimbangan (equilibrium) ini untuk mendeteksi persamaan dan perbedaan yang terdapat pada stimulus-stimulus yang dihadapi. Perkembangan kognitif pada dasarnya adalah perubahan dari keseimbangan yang telahAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/12385734455895341243noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-71759901185057187542018-12-28T08:24:53.997+07:002018-12-28T08:24:53.997+07:00Dini Arrum Putri
18709251003
S2 P Math A 2018
Me...Dini Arrum Putri <br />18709251003<br />S2 P Math A 2018<br /><br />Metode ceramah memang baik untuk orang dewwasa namun tidak untuk young learners. Untuk mengenalkan sesuatu yang baru kepada orang yang baru memahami lebih baik dimulai dengan mengenalkan benda-benda yang konkret atau dihubungkan dengan konteks masalah dunia yang nyata agar dapat lebih memahami. Apalagi pembelajaran matematika Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06929271158453882959noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-72098394125997119342018-12-27T19:45:48.794+07:002018-12-27T19:45:48.794+07:00Rosi Anista
18709251040
S2 Pendidikan Matematika B...Rosi Anista<br />18709251040<br />S2 Pendidikan Matematika B<br /><br />Dalam penelitian tentang perkembangan kognitif anak sebenarnya bertujuan untuk melihat bagaimana perkembangan pola pikir dan cara berpikir anak yang tentunya dikaitkan dengan saat belajar. Tingkat kesulitan materi pelajaran sangat memperhatikan tingkatan berpikir anak, sehingga dalam memberikan materi pelajaran memang harus Rosi Anistahttps://www.blogger.com/profile/08762797426722719629noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-78009006995748648272018-12-27T16:46:32.562+07:002018-12-27T16:46:32.562+07:00Agnes Teresa Panjaitan
S2 Pendidikan Matematika A ...Agnes Teresa Panjaitan<br />S2 Pendidikan Matematika A 2018<br />18709251013<br /> <br />Seperti yang ada dalam tulisan ini, piaget menyatakan bahwa metode ceramah dalam pembelajaran matematika adalah hal yang cukup baik bila dilaksanakan pada orang yang sudah dewasa. tetapi bagi siswa yang baru mengenal dan memahami matematikam maka hal ini akan menjadi hambatan bagi siswa. Piaget juga Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/11925957528088907246noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-48137119448938872552018-12-26T01:05:29.268+07:002018-12-26T01:05:29.268+07:00Amalia Nur Rachman
18709251042
S2 Pendidikan Matem...Amalia Nur Rachman<br />18709251042<br />S2 Pendidikan Matematika B UNY 2018<br /><br />Dalam menerima suatu informasi, seorang anak akan menggabungkan informasi baru dengan informasi yang telah ada dalam skema anak tersebut. Bila penggabungan informasi tersebut berjalan lancar, maka akan terjadi keadaan seimbang (equilibrium). Karenanya dalam pembelajaran matematika guru harus menggali Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/14084511649584158372noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-21288230107213339792018-12-25T17:26:26.124+07:002018-12-25T17:26:26.124+07:00Septia Ayu Pratiwi
18709251029
S2 Pendidikan Mate...Septia Ayu Pratiwi <br />18709251029<br />S2 Pendidikan Matematika 2018<br /><br />Teori perkembangan kognitif oleh Jean Piaget dan Lev Vygotsky sangat berpengaruh terhadap proses belajar mengajar saat ini. Keduanya memiliki peran masing-masing dalam penerapannya. Jean Piaget menekankan bahwa perkembangan anak harus melalui beberapa tahapan dan tidak dapat dipengaruhi oleh orang lain. sedangkan Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/08203432380887905199noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-74787995678368845112018-12-25T06:23:04.766+07:002018-12-25T06:23:04.766+07:00Sintha Sih Dewanti
18701261013
PPs S3 PEP UNY
Men...Sintha Sih Dewanti<br />18701261013<br />PPs S3 PEP UNY<br /><br />Menanggapi kalimat pada artikel ini “Central to Piaget's view of the child is the assumption that the child actively constructs his own ways of thinking through his interactions with the environment”, ini ada kaitannya dengan proses mental pada anak. Berpikir atau proses mental anak tidak sekedar pada hasilnya dan mengutamakanAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/01601728478598500956noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-90168949312145494622018-12-20T23:37:20.821+07:002018-12-20T23:37:20.821+07:00Anggoro Yugo Pamungkas
18709251026
S2 Pend.Matemat...Anggoro Yugo Pamungkas<br />18709251026<br />S2 Pend.Matematika B 2018<br /><br />Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.<br />Berdasarkan artikel diatas, perkembangan kognitif merupakan dasar bagi kemampuan siswa untuk berpikir. Perkembangan kognitif mempunyai peranan penting bagi keberhasilan siswa dalam belajar karena sebagian aktivitas dalam belajar selalu berhubungan dengan masalah Anggoro Yugo Pamungkashttps://www.blogger.com/profile/16992614964855161232noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-12783614648439050122018-12-20T23:37:09.502+07:002018-12-20T23:37:09.502+07:00Anggoro Yugo Pamungkas
18709251026
S2 Pend.Matemat...Anggoro Yugo Pamungkas<br />18709251026<br />S2 Pend.Matematika B 2018<br /><br />Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.<br />Berdasarkan artikel diatas, perkembangan kognitif merupakan dasar bagi kemampuan siswa untuk berpikir. Perkembangan kognitif mempunyai peranan penting bagi keberhasilan siswa dalam belajar karena sebagian aktivitas dalam belajar selalu berhubungan dengan masalah Anggoro Yugo Pamungkashttps://www.blogger.com/profile/16992614964855161232noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-69885299197585957582018-12-20T23:35:15.270+07:002018-12-20T23:35:15.270+07:00This comment has been removed by the author.Anggoro Yugo Pamungkashttps://www.blogger.com/profile/16992614964855161232noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-30093435066616482172018-12-20T18:37:27.926+07:002018-12-20T18:37:27.926+07:00Bayuk Nusantara Kr.J.T
18701261006
PEP S3
Elegi i...Bayuk Nusantara Kr.J.T<br />18701261006<br />PEP S3<br /><br />Elegi ini menekankan bagaimana interaksi sosial bisa menjadi dasar terhadap kemampuan kognitif siswa. Kemampuan kognitif ttidak hanya didapatkan melalui buku apa yang dibaca oleh siswa tapi juga diperoleh melalui interaksi sosial siswa terhadap lingkungan sekitar. Interaksi tersebut bisa berupa diskusi baik dalam situasi formal (di Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/17573725456345431089noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-76685668242048288012018-12-15T19:24:22.822+07:002018-12-15T19:24:22.822+07:00Rindang Maaris Aadzaar
18709251024
S2 Pendidikan M...Rindang Maaris Aadzaar<br />18709251024<br />S2 Pendidikan Matematika 2018 (PM B 2018)<br /><br />Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh<br />Dari bacaan diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa Luria menyebutkan, proses dasar pikiran bukanlah berasal dari manifestasi kehidupan batin roh atau hasil dari alam, melainkan suatu evolusi yang berasal dari masyarakat. Kemudian Vygotsky melalui Rindang Maaris Aadzaarhttps://www.blogger.com/profile/11464554867301434565noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-2052822561058869656.post-15775192477555964552018-12-15T12:22:11.254+07:002018-12-15T12:22:11.254+07:00Nani Maryani
18709251008
S2 Pendidikan Matematika...Nani Maryani <br />18709251008<br />S2 Pendidikan Matematika (A) 2018<br />Assalamu'alaikum Wr.Wb<br /><br />Menurut Piaget, metode pengajaran matematika dalam bentuk ceramah memang baik bagi orang yang sudah dewasa akan tetapi akan banyak menyebabkan hambatan bagi murid yang masih dalam tingkat pengajaran yang masih rendah. Piaget juga menekankan hal pokok dalam pengajaran matematika Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/06012026052190180314noreply@blogger.com