Sep 5, 2016

RPS (Rencana Program Semester) Mata Kuliah Filsafat Pendidikan Matematika (S1)_Filsafat Ilmu (S2) dan Filsafat Pendidikan (S3)




1. Filsafat Pendidikan Matematika S1: 
https://www.academia.edu/28244347/RPS_Filsafat_Pendidikan_Matematika_Prodi_S1_Pendidikan_Matematika

2. Filsafat Ilmu, Prodi S2 Pendidikan Matematika

3. Filsafat Ilmu,  Prodi S2 PEP (Penelitian Evaluasi Pendidikan)

4. Filsafat Pendidikan, Prodi S3 PEP (Penelitian Evaluasi Pendidikan)

23 comments:

  1. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu’alaikum, Wr.Wb.
    Terimakasih pak atas penjelasan tentang Rencana Program Semester dalam mata kuliah filsafat ini. Hal ini dapat menjadi acuan kami dalam belajar filsafat. Semoga dalam mata kuliah filsafat ini kami mendapatkan berbagai ilmu yang berharga khususnya tentang ilmu filsafat dari beberapa postingan bapak diblog ini dan dalam proses pembelajaran di kelas. Terimakasih.

    ReplyDelete
  2. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Rencana Program Semester menjadi salah satu yang harus dipersiapkan oleh setiap dosen. RPS juga menjadi acuan apa saja yang akan disampaikan dan perlu dipahami oleh mahasiswa. Hal ini sangat membantu dalam proses belajar mengajar agar lebih terarah. Semoga dengan adanya RPS baik dalam mata kuliah filsafat maupun yang lainnya bisa membantu mahasiswa lebih mempersiapkan diri lebih awal sehingga apa yag diperoleh dalam pembelajaran bisa lebih maksimal.
    Wassalamaualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  3. Yoga Prasetya
    18709251011
    S2 Pendidikan Matematika UNY 2018 A
    Ketika pendidikan S1, saya belum belajar mengenai mata kuliah filsafat pendidikan matematika. Saat saya menempuh S2 saat ini barulah saya mengetahui dan mempelajari matakuliah filsafat pendidikan matematika. Filsafat mengajarkan untuk olah pikir dengan logika yang dapat diterima oleh pikiran. Terimakasih prof untuk penjelasan mengenai rencana program semester dalam matakuliah filsafat. Dan semoga saya diberikan hati yang ikhlas untuk belajar filsafat sehingga saya lebih mampu memaknai filsafat matematika itu sendiri.

    ReplyDelete
  4. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sama seperti mata kuliah lainnya yaitu pada awal pertemuan atau perkuliahan yang menjadi pembahasan adalah RPS (Rencana Program Semester). Pada RPS ini dosen-dosen telah menuangkan rencana perkuliahan selama satu semester baik itu dari segi materi, penilaian tugas, UTS, UAS, dan Presensi kehadiran. Dengan adanya RPS maka sebagai mahasiswa akan memudahkan kita untuk mempersiapkan hal-hal dalam belajar disetiap mata kuliah. Dan tentunya kami sangat berharap bimbingan para dosen dan semoga setiap pembelajaran memperoleh manfaat dan keberkahan.

    ReplyDelete
  5. Herlingga Putuwita Nanmumpuni
    18709251033
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    RPS (Rencana Program Semester) yang telah dibuat memiliki tujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada mahaiswa terkait materi apa saja yang menjadi pembahasan dari mata kuliah tersebut, sub kompetensi apa yang ingin dicapai, bagaimana penelian yang digunakan dalam perkuliahan, apa saja buku referensi yang digunakan, dan beberapa info lainnya. Selain itu adanya RPS (Rencana Program Semester) juga dapat dijadikan sebagai patokan timeline guna pengalokasian waktu pembelajaran selama satu semester.

    ReplyDelete
  6. Diana Prastiwi
    18709251004
    S2 P. Mat A 2018

    Terimakasih Prof, RPS tersebut merupakan guidline atau pedoman peruliahan satu semester. Tentunya pedoman perkuliahan tersebut dibuat agar tujuan perkuliahan dapat tercapai dengan efektif.

    ReplyDelete
  7. M. Ikhsan Ghozali
    19701261003
    PEP S3 2019

    Assalamu'alaikum wr.wb.
    Terima kasih Prof. sudah diberikan akses RPS ini. RPS Mata Kuliah Filsafat Pendidikan ini sangat membantu. Sebagai pedoman tentunya, RPS ini menjeaskan berbagai hal terkait perkuliahan Filsafat Pendidikan selama satu semester ini: deskripsi MK, capaian pembelajaran dan subnya, materi setiap pertemuan, penilaian, dan referensi yang digunakan.
    Mudah-mudahan dengan RPS ini, saya bisa mengikuti perkuliahan dengan baik dan bermanfaat.
    Wassalamu'alaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  8. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Terima kasih Bapak atas link yang sudah Bapak share kepada kami. menurut saya RPS itu sama halnya dengan RPP. baik RPS maupun RPP sangatlah penting untuk digunakan dan dibuat, karena akan membantu kita untuk mengetahui rencana pembelajaran selama kuliah atau mengajar. Pemberian RPS yang telah bapak bagikan diatas, memberikan suatu gambaran bagi kami mahasiswa bagaimana prose pembelajaran yang akan dilaksanakan. Sehingga nantinya mahasiswa dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi perkuliahan filsafat. Dan ini juga mengindikasikan bahwa setiap proses pembelajaran sudah memiliki rancangan sebelum dilaksanakan.

    ReplyDelete
  9. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pendidikan matematika /D

    Terima kasih Banyak Pak Prof. Marsigit.
    Dengan adanya RPS ini semoga kami (saya) dapat menterjemahkannya dengan baik, sehingga kami dapat memanfaatkan RPS ini sebagai panduan dan arahan dalam mempelajari Filsafat Ilmu lebih lanjut dan lebih bermanfaat.

    ReplyDelete
  10. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Terima kasih atas RPS yang diberikan kepada mahasiswa, dengan adanya RPS ini akan menjadi acuan kepada para mahasiswa untuk belajar dan mencari sumber belajar yang relevan. Dengan adanya arahan dalam belajar maka mahasiswa akan lebih fokus dan memahami mata kuliahnya.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  11. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Terimakasih untuk RPS, khususnya RPS PEP S2 yang bapak sampaikan. Semoga dengan RPS ini akan menjadi panduan dalam mempelajari matakuliah Filsafat Ilmu. Referensi yang terdapat dalam RPS ini semoga menjadi tambahan sumber ilmu pengetahuan.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  12. Indra Kusuma Wijayanti
    18709251046
    Pendidikan Matematika S2 C

    Terima kasih atas RPSnya pak, RPS membuat kami memahami apa yang akan kami pelajari, terjadwal dan teratur.. semoga masih relevan untuk tahun ajaran yang sekarang nggih pak. terima kasih. RPS memang berfungsi membuat pembelajaran lebih terarah dan terencana.

    ReplyDelete
  13. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Terima kasih Pak, saya sudah mengunduh RPS tersebut. Saya akan mencoba memahami filsafat ilmu. Semoga dengan menggunakan RPS, saya dapat belajar lebih terarah.

    ReplyDelete
  14. Sekar Hidayatun Najakh
    19701251007
    S2 PEP A 2019

    Assalamulaykum wr wb...
    Alhamdulillah terimakasih atas penjelasannya di RPS Prof. Dengan adanya informasi tersebut saya menjadi lebih paham bagaimana prosedur dalam menempuh perkuliahan di mata kuliah Filsafat Ilmu ini. Saya menangkap tujuannya agar kiranya kami sebagai mahasiswa paham ranah dan tugas serta tanggungjawab apa saja yang harus dilakukan agar menjadi lebih terarah dan lebih baik dimasa-masa yang akan datang.
    Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  15. Anna Isabela Sanam
    s2 PEP A 2019
    19701251001

    Sebagai seorang pengajar maka persiapan RPS adalah bagian penting sebelum melakukan proses belajar mengajar. RPS akan menjadi learning guide selama proses pembelajaran. Dalam RPS sendiri sudah dipaparkan dengan jelas materi – materi yang akan dipelajari bersama dalam pembelajaran serta learning outcome yang diharapkan diakhir pembelajaran. Terima kasih Prof. setelah membaca RPS filsafat ilmu untuk S2 PEP saya dapat mengetahui capaian yang akan diperoleh di akhir pembelajaran. Semoga materi – materi yang telah dipersiapkan dalam RPS dapat tercapai.

    Terima kasih Prof.

    ReplyDelete
  16. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    RPS yang dibagikan sudah ditulis secara lengkap dan jelas. Dimana dalam perkuliahan akan dikaji 16 poin pembahasan. Mulai dari persoalan-persoalan pokok dalam pengembangan ilmu sampai dengan filsafat Pendidikan Matematika. Sehingga sebelum perkuliahan saya dapat mempelajari materi yang akan dibahas di kelas.

    ReplyDelete
  17. Assalamu'alaikum wr. wb
    Novi Indriyani Kones
    19701251002
    PEP S2 A 2019

    Rencana program semester (RPS) filsafat ilmu berisi satu rangkaian rencana pembelajaran filsafat ilmu untuk satu semester. Penyusunan RPS bertujuan untuk menyiapkan materi kuliah yang akan disampaikan dengan berbagai metode, media. dan hal yang lain yang lebih variatif dan kreatif dalam penyampaian pembelajaran kuliah. Pada RPS juga terdapat penilaian yang dilakukan selama kuliah itu berlangsung, referensi-referensi yang dapat dijadikan sebagai panduan atau pedoman materi kuliah.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr.wb

    ReplyDelete
  18. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Bismillah, Terimakasih prof. atas penjelasan tentang Rencana Program Semester dalam mata kuliah filsafat ini. Hal ini dapat menjadi acuan kami dalam belajar filsafat. Semoga dalam mata kuliah filsafat ini kami mendapatkan berbagai ilmu yang berharga khususnya tentang ilmu filsafat dari postingan prof. diblog ini dan dalam proses pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  19. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih bapak telah membagikan RPS (Rencana Program Semester) kepada kita semua. Dengan begitu, dapat menjadi acuan kami dalam belajar filsafat, sehingga nantinya kami dapat mencari sumber-sumber belajar yang relevan. Diharapkan dengan adanya mata kuliah filsafat ini, kami bisa mendapatkan berbagai ilmu khususnya ilmu filsafat matematika baik itu dari postingan bapak di blog ini maupun dalam proses pembelajaran di kelas.

    ReplyDelete
  20. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D

    Alhamdulillah, terima kasih Pak telah membagikan RPS untuk kami mahasiswa S2 Pendidikan Matematika via academia.edu. Dengan RPS yang telah saya download, insyaallah akan menjadi panduan untuk perkuliahan Filsafat Ilmu dan sumber-sumber belajar. Terima kasih juga Pak, atas berbagai tulisan dalam blog ini yang dapat kami akses dan kami jadikan sumber belajar.

    ReplyDelete
  21. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terimakasih, prof. dengan adanya RPS ini mahasiswa menjadi terbantu untuk menyiapkan materi perkuliahan pada pertemuan-pertemuan berikutnya.

    ReplyDelete
  22. Terima kasih banyak Prof. Marsigit. RPS ini memberikan gambaran keseluruhan materi filsafat yang telah disampaikan. Semoga kami dapat mencapai tujuan yang diharapkan dari mata kuliah ini.

    Ikhsanudin (PEP-S3/19701261001)

    ReplyDelete
  23. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Terimakasih banyak untuk Bapak Prof. Marsigit yang sudah membuat RPS untuk kami terutama untuk pendidikan matematika s2. Sehingga kami bisa mendapatkan gambaran maupun tujuan dari mata kuliah filsafat ini. Semoga Bapak selalu sehat dan diberkati. Amin.

    ReplyDelete