Feb 19, 2015

Berbagai Macam Video Pembelajaran Matematika

Dear all,

Saya menemukan portal yang berisi berbagai macam video pembelajaran matematika sebagai berikut:



http://search.wn.com/?results_type=videos&language_id=1&search_type=expression&search_string=japanese+mathematics&sort_type=-pub-datetime&template=cheetah-search-adv%2Findex.txt&action=search&corpus=current






Selamat menyimak, semoga bermanfaat. Amin

Marsigit

36 comments:

  1. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    maaf pak, link tidak dapat dibuka. tetapi menurut saya video tersebut mencontohkan pembelajaran yang kreatif, pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga, sebagai guru atau calon guru dapat menambah pengetahuan serta mengevaluasi diri bagaimana pembelajaran yang menyenangkan dan mudah dipahami oleh siswa-siswanya.

    ReplyDelete
  2. Atin Argianti
    18709251001
    PPs PM A 2018
    Video pembelajaran matematika memberikan motivasi pada guru-guru matematika untuk membuat pembelajaran yang inovatif. Pembelajaran yang inovatif dalam pembelajaran matematika diharapkan siswa memahami materi dengan mndah agar beban kognitif ekstrinsik berkurang dan menambah beban kontruktif siswa. Dengan siswa mengonstruk pengetahuannya sendiri siswa secara mandiri menemukan sendiri pengetahuannya. Sehingga siswa merasa senang dengan hasil temuannya tersebut.

    ReplyDelete
  3. Bayuk Nusantara Kr.J.T
    18701261006
    PEP S3


    Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih atas link ny, prof. Melalui link itu, kami sebagai guru akan bisa memperhatikan video pembelajaran untuk kemudian diterapkan di dalam kelas. Gunakan ini sebagai acuan dalam pembelajaran tetapi jangan digunakan semabrangan. Pastikan dullu kondisi kelas nya sama.

    ReplyDelete
  4. Falenthino Sampouw
    18709251006
    S2 Pendidikan Matematika

    Selamat sore, Prof.
    Mohon maaf Prof, untuk berkas videonya sepertinya telah hilang dari link-1 dan link lainnya sudah tidak aktif.
    Saya berpendapat bahwa video pembelajaran entah aktivitas dalam kelas dalam penerapan suatu desain pembelajaran ataupun video penjelasan tentang pembelajaran perlu untuk diproduksi, melihat minimnya minat membaca dikalangan masyarakat. Selain terus mengkampanyekan minat baca, mungkin perlu alternatif lainnya untuk terus berbagi ilmu dalam kalangan masyarakat. Salah satunya melalui video.
    Terima kasih, Prof.

    ReplyDelete
  5. Fabri Hidayatullah
    18709251028
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Beberapa video tersebut ialah tentang lesson study. Lesson study merupakan kegiatan kerjasama, baik antar guru di sekolah, antar guru di suatu daerah, guru dengan kepala sekolah, maupun kerja sama dalam lingkup internasional. Lesson study dapat menjadi salah satu sarana untuk memperbaiki kualitas pembelajaran dan juga meningkatkan profesionalisme guru dalam melaksanakan pembelajaran

    ReplyDelete
  6. Aizza Zakkiyatul Fathin
    18709251014
    Pps Pendidikan Matematika A

    Mohon maaf Prof, link pada postingan ini tidak bisa dibuka atau webnya sudah di non-aktifkan. Namun, melihat judulnya video tersebut menayangkan contoh pembelajaran yang inovatif yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi penontonnya terutama guru. Guru dapat membuat pembelajaran yang berkualitas dengan berbagai referensi termasuk video-video pembelajaran inovatif seperti ini apalagi berasal dari pembelajaran di luar negeri. Terimakasih Prof.

    ReplyDelete
  7. Umi Arismawati
    18709251037
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamu'alaikum, wr, Wb.
    Terimakasih kepada Prof marsigit yang memberikan berbagai macam link sebagai video pembelajaran walau untuk saat ini tidak bisa dibuka. Tentunya dari berbagai video pembelajaran akan sangat bermanfaat bagi kami untuk kami terapkan didalam kelas. Diharapkan dengan pengetahuan kami ini dapat memfasilitasi siswa dengan baik dalam proses belajar dan pemgetahuan siswa lebih optimal tersampaikan.

    ReplyDelete
  8. Nur Afni
    18709251027
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

    Sayang sekali pak, link video yang diberikan bapak sudah tidak dapat diakses lagi. Tetapi kami masih bisa mencari referensi lain terkait dengan video pembelajaran yang inovatif dan dapat saling berbagi informasi maupun link referensi video pembelajaran matematika yang inovatif guna untuk meningkatkan kompetensi mengajar bersama-sama. terimakasih

    ReplyDelete
  9. Darwis Cahyo Nugroho
    18709251038
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Assalamualaikum wr.wb
    Mohon maaf prof, untuk link yang prof berikan untuk saat ini sudah tidak dapat di buka kembali. Namun saya bisa mengerti maksud dari link tersebut adalah agar kamu memiliki wawasan yang luas agar kami dapat memilih metode pembelajaran yang efektif dan inovatif.

    ReplyDelete
  10. Aan Andriani
    18709251030
    S2 Pendidikan Matematika B

    Assalamualaikum wr.wb.
    Video pembelajaran merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk menambah pengetahuan dari guru sehingga bisa menjadi seorang guru yang lebih baik lagi dan bisa menjadi guru idaman. Video-video pembelajaran saat ini sudah banyak di jejaringan sosial, namun pintar-pintar guru juga untuk mengambil mana yang baik dan mana yang tidak baik, mana yang sesuai dan mana yang tidak sesuai. Jika suatu hal diawali dengan sesuatu yang tidak baik maka dapat mengakibatkan hal yang tidak baik juga. Oleh karena itu jangan sampai sampai salah dan menimbulkan ketidakbaikan tersebut.
    Wassalmualaikum wr.wb.

    ReplyDelete
  11. Hasmiwati
    18709251023
    S2 Pend.Matematika B 2018

    Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
    Video tersebut menggambarkan seorang anak memikirkan perkalian di dalam benaknya. Anak gadis tersebut telah berhasil membangun matematika di dalam dirinya. Dari sana kita dapat belajar matematika dapat membangun dan melatih diri untuk konsentrasi dan fokus. Matematika dapat mengantarkan seseorang untuk ke tingkat yang lebih tinggi.

    ReplyDelete
  12. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Mohon maaf pak untuk link-link video pembelajaran matematika sudah tidak bisa diakses. Namun sudah tugas seorang guru untuk selalu meningkatkan kemampuan yang dimilikinya dalam proses pembelajaran. Untuk dapat merealisasikan hal tersebut seorang guru dapat memvideokan proses belajar mengajar di kelas. Kemudian setelah pembelajaran berakhir seorang guru dapat melakukan evaluasi mengenai hal-hal yang dirasa masih kurang melalui tayangan dari video pembelajaran tersebut.

    ReplyDelete
  13. Deden Hidayat
    18709251032
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Tugas seorang guru adalah melakukan inovasi-inovasi pada setiap pembelajaran. Penggunaan video-video pembelajaran matematika merupakan salah satu media yang dapat digunakan guru untuk menciptakan suatu inovasi baru dalam pembelajaran. Dengan video pembelajaran matematika tersebut, seorang guru akan mengamati bagaimana pembelajaran yang mampu memfasilitasi siswa dalam membangun sebuah konsep matematika dalam dirinya. Setelah guru melihat video-video tersebut, seorang guru kemudian mengevaluasi untuk menerapkan pembelajaran tersebut di dalam kelas.

    ReplyDelete
  14. Muh. Fachrullah Amal
    18709251036
    S2 Pendidikan Matematika B 2018

    Sebelumnya mohon maaf pak, setelah kami membuka link yang disediakan di atas ternyata kontennya sudah tidak ada. Berkaitan dengan video pembelajaran, guru akan terbantu dalam mengajarkan materi kepada siswa dengan bantuan video pembelajaran. Salah satu manfaatnya adalah ketika pembelajaran di kelas terdapat siswa yang belum mengerti terkait materi yang diajarkan di kelas maka siswa dapat dibantu dengan pemberian video pembelajaran dan siswa dapat memutar videonya berulang kali hingga siswa tersebut paham tentang materi yang dipelajari.

    ReplyDelete
  15. Kartianom
    18701261001
    S3 PEP 2018

    Dalam asesmen pendidikan, penerapan Lesson Study sangatlah bermanfaat. Hal ini dikarenakan Lesson Study merupakan salah satu cara efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Selain itu Lesson Study juga memiliki beberapa manfaat seperti, membantu guru untuk memperbaiki proses pembelajaran, memperdalam pengetahun guru tentang materi yang diajarkan, dan juga meningkatkan kolaborasi sesama guru.

    ReplyDelete
  16. hendra B
    18701261008
    PEP S3 2018

    mohon maaf link di atas ada yang tidak bisa saya akses, tapi link yg bisa sudah saya download. Terimkasih sharing ilmunya insyaAllah akan sangat berguna bagi kami sebagai bahan refernsi pengajaran pembelajaran

    ReplyDelete
  17. Sintha Sih Dewanti
    18701261013
    PPs S3 PEP UNY

    Mohon maaf Prof, link pada postingan ini tidak bisa dibuka. Namun, melihat judulnya video tersebut menayangkan contoh pembelajaran yang inovatif. Berdasarkan paradigma konstruktivisme tentang belajar tersebut, maka prinsip media menempati posisi cukup strategis dalam rangka mewujudkan pembelajaran secara optimal. Optimalnya pembelajaran juga merupakan salah satu indikator untuk mewujudkan hasil belajar siswa yang optimal pula. Hasil belajar yang optimal juga merupakan salah satu cerminan hasil pendidikan yang berkualitas. Namun, pendidikan yang berkualitas memerlukan sumber daya guru yang mampu dan siap berperan secara profesional dalam lingkungan sekolah dan masyarakat.

    ReplyDelete
  18. Puspitarani
    19709251062
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    Terima kasih Bapak atas link video pembelajaran yang sudah Bapak share kepada kami. Menurut saya video-video tersebut sangatlah bermanfaat dan menambah wawasan kita. apalagi saya baru sedikit mengetahui model pembelajaran yang diterapkan. dengan video pembelajaran ini, saya bisa lebih paahm untuk bagaimana secara langsung kita menerapkan model-model atu pendekatan-pendekatan yang sudah ada berupa teori. karena saya juga masih bingung jika hanya membaca teori tanpa melihat contoh konkritnya.

    ReplyDelete
  19. Ahmad Syajili
    19709251066
    S2 PMD 2019

    Assalamualaikum wr.wb
    Terima kasih Pak Prof. atas link yang Bapak bagikan dalam postingan ini, yang berkaitan dengan video pembelajaran matematika. Link ini akan sangat bermanfaat bagi kami para mahasiswa, sehingga menambah pengetahuan dan wawasan mengenai pembelajaran matematika. Selain itu juga dapat menjadi bahan evaluasi untuk perbaikan pembelajaran matematika kedepannya, karena kami (mahasiswa) dapat melihat perbandingan pembelajaran matematika di dunia luar, misalnya di negara Jepang.

    ReplyDelete
  20. sintha fardu anggraeni
    19709251071
    S2 pendidikan matematika /D

    terimaksih banyak bapak prof marsigit.
    Video http://player.mashpedia.com/player.php?q=CP_4YZBi4xM sangat menginspirasi. Jika diterapkan pada semua sekolah melakukan hal seperti itu dalam prakteknya dengan mempelajari, mengevaluasi kegiatan pembelajaran di kelas untuk memberi masukan dan perbaikan demi kegiatan pembelajaran selanjutnya akan lebih baik.

    ReplyDelete
  21. Dhamar Widya Safitri
    19701251009
    S2 PEP A 2019

    Assalamualaikum.
    Maaf sebelumnya, link berbagai macam video pembelajaran matematika tidak bisa saya buka. Tetapi menurut saya video pembelajaran matematika memiliki menfaat untuk membangkitkan minat belajar, membangkitkan motivasi belajar siswa, dan bahkan dapat membawa pengaruh-pengaruh psikologi terhadap siswa.
    Terimakasih.

    ReplyDelete
  22. Assalamu'alaikum wr. wb
    Novi Indriyani Kones
    PEP S2 A 2019
    19701251002

    Maaf Prof sebelumnya link-link yang terdapat pada artikel ini tidak dapat dibuka tetapi saya yakin pasti itu video-video pembelajaran matematika yang merupakan inovasi baru yang dapat diterapkan pada pembelajaran matematika dan pastinya untuk kebaikan pembelajaran matematika untuk siswa, guru dan yang lainnya.

    Terimakasih
    Wassalamu'alaikum wr. wb

    ReplyDelete
  23. Sintha Fardu Anggraeni
    19709251071
    S2 Pend Matematika/D/2019

    Terimakasih Bapak Prof Marsigit.Mohon maaf, link-link tersebut tidak dapat dibuka namun saya meyakini bahwa pembelajaran matematika merupakan hal yang penting, karena sejatinya belajar mateatika sudah disampaikan sejak kecil, playgroup sampai ke tingkat pendidikan tinggi yaitu universitas. Akan tetapi sampai saat ini mata pelajaran matematika matematika merupakan suatu pelajaran yang memiliki predikat bahkan stigma yaitu “momok” bagi banyak siswa.

    ReplyDelete
  24. Jewish Van Septriwanto
    S2 Pendidikan Matematika D 2019
    19709251077

    Terimakasi Pak, atas link-link yang sudah diberikan pada dua video teratas saya tidak mengakses informasinya. Tetapi pada video ketiga, yang dapat saya pahami adalah variasi media yang dibuat mahasiswa dan kajiannya dalam langkah-langkah pembelajaran. Dan kalimat yang menarik dari diskusi tersebut adalah penggunaan LKS bukanlah sebagai media yang digunakan untuk menyamakan konsep siswa tetapi untuk mengidentifikasi letak perbedaan dari sudut pandang siswa. Dari perbedaan yang berhasil diidentifikasi oleh siswa maka dapat diperoleh suatu kesimpulan dalam pembelajaran.

    ReplyDelete
  25. Yufida Afkarina Nizar Isyam
    19709251073
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terimakasih bapak, telah sharing video tersebut. Video pembelajaran memang bisa dijadikan salah satu alat pembelajaran karena bagi orang yang memiliki gaya belajar visual akan lebih memahami jika melihat visualnya secara langsung dimana dalam hal ini melalui video. Begitu banyak video pembelajaran yang ada sehingga jika kita lebih explore lagi kita bisa menemukan hal-hal yang belum kita ketahui sebelumnya dan juga meluruskan pemikiran kita yang mungkin belum benar.

    ReplyDelete
  26. Tiara Wahyu Anggraini
    19709251065
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih pak telah berbagi link-link tentang video pembelajaran. Sayang sekali video-video tersebut tidak bisa di akses. Walaupun begitu, kami bisa mencari video-video lainnya yang berkaitan dengan pembelajaran pula di tempat lain, misal di youtube. Dengan adanya video pembelajaran dapat menarik perhatian siswa, sehingga diharapkan siswa-siswa tersebut lebih fokus dalam memahami materi-materi yang di sampaikan di video-video tersebut.

    ReplyDelete
  27. Sri Ningsih
    19709251064
    S2 Pendidikan Matematika kelas D

    Sebelumnya terima kasih Pak telah membagikan link berbagai macam pembelajaran. Dari video ini diharapkan kami sebagai calon pendidik dapat menerakan pembelajaran yang menyenangkan dan juga bermakna sehingga dapat menciptakan suasana kelas yang tidak membosankan.

    ReplyDelete
  28. Fitria Restu Astuti
    19709251069
    S-2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terimakasih Prof sudah bersedia membagikan link-link yang sangat bermanfaat bagi guru maupun calon guru untuk mengembangkan keterampilannya dalam mengajar. Setelah menyaksikan video-video tersebut saya menjadi termotivasi untuk melaksanakan pembelajran dengan kreatif dan menarik. Terlebih lagi dengan adanya link-link video yang Prof. Marsigit bagikan saya menjadi lebih mudah memahami bagaimana mengajarkan matematika dengan elok di hadapan siswa.

    ReplyDelete
  29. Alfiana Dewi
    19701251005
    S2 PEP A 2019

    Bismillah, Mohon maaf Prof, link pada postingan ini tidak bisa dibuka atau webnya sudah di non-aktifkan. Namun, melihat judulnya video tersebut menayangkan contoh pembelajaran yang inovatif yang diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi penontonnya terutama guru.sehingga saya yakin video ini dapat menjadi referensi guru untuk menambah wawsasannya saat dalam belajar mengajar

    ReplyDelete
  30. Vera Yuli Erviana
    NIM 19706261005
    S3 Pendidikan Dasar 2019

    Assalamualaikum Wr. Wb.
    Seiring berjalannya waktu, zaman juga semakin maju, teknologi, informasi dan komunikasi kian berkembang pesat, maka dari itu, pembelajaran matematika di Indonesia perlu di perhatikan, berbagai cara pembelajaran sebaiknya dikurangi untuk hal yang bersifat abstrak, dan menjadikan pembelajaran matematika menjadi pembelajaran yang nyata dengan penayangan berbagai video pembelajaran matematika yang banyak sekali dijumpai ragam jenisnya, dan tidak menjadikan matematika sebagai pelajaran yang abstrak.

    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    ReplyDelete
  31. Aulia Nur Arivina
    18709251051
    S2 Pendidikan Matematika C 2018

    Assalamu’alaikum wr.wb.
    Terimakasih Prof atas sharing link video-video pembelajaran Matematika. Mohon maaf Prof, pada saat ini saya mencoba membuka link tersebut namun ketiganya sudah tidak dapat diakses. Setelah membaca beberapa komentar sebelumnya, menurut saya video tersebut mencontohkan pembelajaran yang kreatif, pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga bagi guru atau calon guru, video tersebut dapat menambah wawasan, pengetahuan serta sebagai sarana evaluasi diri

    ReplyDelete
  32. Assalamu'alaykum wr wb
    Dwi Kawuryani
    19709251061
    Pendidikan Matematika S2 D
    Mohon maaf Bapak sebelumnya, tetapi link diatas tidak dapat saya buka. Selanjutnya saya mencoba mencari tentang contoh video pembelajaran di negara Singapura. Matematika Singapura berfokus pada membangun keterampilan matematika dasar dibandingkan berfokus pada isi. Hal ini mengajari siswa untuk berfokus pada beberapa konsep kunci secara mendalam menggunakan tiga langkah pendekatan belajar konkrit bergambar dan abstrak. Langkah konkrit artinya guru menggunakan sesuatu yang dapat disentuh dan dipegang oleh siswa secara langsung untuk menunjukkan konsep konsep matematika. Setelah itu siswa akan menggunakan gambar berupa diagram yang mewakili sebuah angka. Setelah anak-anak merasa nyaman dengan konsep konkrit dan bergambar maka siswa dibawa untuk dapat memecahkan masalah matematika secara abstrak.
    Wassalamu'alaikum wr wb

    ReplyDelete
  33. Latifa Krisna Ayu
    19709251060
    S2 Pendidikan Matematika D

    Terima kasih sebelumnya atas niat baik Prof. Marsigit untuk berbagi video pembelajaran. Namun sayangnya link yang Prof. Marsigit cantumkan sudah tidak dapat diakses lagi. Kemudian saya mencoba mencari sendiri beberapa video pembelajaran dan menontonnya. Saya menemukan banyak jenis kegiatan yang baru saya kenal melalui berbagai video tersebut. Lalu saya terpikirkan mengapa selama ini saya tidak mencoba mencari video pembelajaran seperti ini untuk mendapatkan inspirasi mengenai pembelajaran yang akan saya gunakan di kelas yang saja ajar. Semoga kedepannya akan makin banyak orang yang berbagi mengenai pembelajaran melalui media video karena saya merasa bahwa melihat melalui video akan lebih mudah dipahami dibandingkan dengan membaca penjelasan mengenai pembelajaran tersebut.
    Terima kasih

    ReplyDelete
  34. Rona Happy Mumpuni
    19709251059
    S2 Pendidikan Matematika D 2019

    Terima kasih sudah berbagi link terkait dengan media pembelajaran matematika, Prof., namun setelah saya klik ternya link tersebut tidak bisa diakses. Saya akan mencoba menjabarkan pentingnya media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Pada hakikatnya bukan media pembelajaran itu sendiri yang menentukan hasil belajar. Namun keberhasilan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar tergantung pada (1) isi pesan, (2) cara menjelaskan pesan, dan (3) karakteristik penerima pesan. Dengan demikian dalam memilih dan menggunakan media, perlu diperhatikan ketiga faktor tersebut. Apabila ketiga faktor tersebut mampu disampaikan dalam media pembelajaran tentunya akan memberikan hasil yang maksimal.

    ReplyDelete
  35. Hima Naili Hidayah
    19701251004
    PEP A 2019

    Meskipun linknya tidak bisa d buka. Namun dapat diambil hikmah, bahawa sumber pembelajaran atau media pembelajaran dapat diambil dari mana saja, salah satunya adalah video. Oleh karena itu inovasi serta kreativitas seorang guru sangat diperlukan agar pembelajara dapat berjalan dengan maksimal dan memperoleh hasil yang terbaik.

    ReplyDelete
  36. Sarah desiana pahu
    19709251063
    S2 PM D 2019
    Mohon maaf bapak, linknya tidak bisa dibuka. Tapi saya yakin bahwa tujuan dari link ini sesuai dengan judulnya berbagai macam video pembelajaran matematika adalah untuk kita bisa belajar dan mendapatkan pengetahuan baru tentang pembelajaran matematika yang baik dan benar. Terima kasih.

    ReplyDelete